Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Kamis, 31 Maret 2016
Masuk Kerja Usai Cuti Melahirkan? Persiapkan 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melalui masa cuti melahirkan yang cukup panjang, para ibu tentunya harus segera bersiap kembali ke rutinitas sebelumnya yaitu bekerja. 

Bagi sebagian wanita, berat untuk kembali bekerja setelah melahirkan. Tapi beberapa wanita lainnya, justru tidak sabar dan rindu dengan dunia kerjanya.

Kembali ke dunia kerja memang memiliki sisi positif dan negatif. Untuk itu, perencanaan yang matang sangat perlu Anda lakukan.

Berikut ini lima tips kembali bekerja setelah melahirkan melansir Carreralism, Kamis (31/3/2016):

1. Rencanakan dengan Matang

Beberapa hari sebelum masuk kerja, buatlah daftar perencanaan dengan matang. Hal ini dapat berupa memilih pengasuh yang tepat atau membuat jadwal pengaturan rumah tangga ketika Anda sedang berada di kantor.

2. Stok ASI di Rumah

ASI sangat penting bagi bayi, jadi walaupun Anda memutuskan untuk bekerja, tetaplah memberikan ASI untuk si kecil. Maka dari itu, Anda juga perlu melihat kondisi kantor apakah di kantor ada tempat yang nyaman dan aman untuk bisa memompa ASI.

3. Buat Transisi Bertahap

Para ahli menyarankan, agar ibu meninggalkan anak dengan pengasuh untuk periode satu atau dua minggu sebelum hari pertama kembali pada pekerjaan.

4. Selalu Terhubung

Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk dapat selalu terhubung dengan anak di rumah. Sediakan juga waktu beberapa jam di kantor untuk selalu mengecek kondisi buah hati di rumah.

5. Buat Rencana Darurat

Sesuatu yang tidak terduga bisa muncul kapan saja, seperti babysitter yang sakit, anak demam, atau bos kamu memerlukan kamu datang setiap waktu. Agar mampu siap melakukan hal ini, Anda pun dituntut untuk selalu siap dengan rencana darurat. (vna/nrm)


Source: liputan6.com
Ini Dia 5 Pemimpin Terbaik Dunia

Liputan6.com, Jakarta Majalah Fortune baru saja mengeluarkan daftar World’s Greatest Leader atau Pemimpin Terbauk di Dunia pada 24 Maret kemarin. Dalam daftar tersebut memuat beberapa nama yang mampu memakai kemampuannya untuk mengubah dunia dan menginspirasi orang lain untuk berbuat hal yang sama.

Nama-nama besar seperti CEO Amazon, Jeff Bezos dan CEO Apple Tim Cook, masuk e dalam daftar tersebut.

Berikut adalah lima nama pemimpin terbaik dunia seperti dikutip dari Fortune, Kamis (31/3/2016):

5. Tim Cook

Timothy D. Cook adalah chief executive officer di perusahaan multimedia Apple Inc. Ia sudah bekerja di Apple sejak tahun 1988. Tugas utamanya adalah mengelola operasi harian di perusahaan tersebut.

Tim Cook menggantikan posisi CEO Apple yang sebelumnya dipegang oleh Steve Jobs. Ia naik menjadi CEO sejak Steve Jobs mundur dari jabatannya pada 24 Agustus 2011.

4. Paus Fransiskus

Paus Fransiskus adalah Paus ke-266. Ia adalah pemimpin Gereja Katolik dan sekaligus kepala negara dari Negara Kota Vatikan. Sebelumnya ia menjabat sebagai Uskup Agung Buenos Aires, Argentina dan diangkat sebagai Kardinal pada tahun 2001 oleh Paus Yohanes Paulus II. Paus Fransiskus dapat berbicara dalam bahasa Spanyol, Italia, dan Jerman secara fasih.


Source: liputan6.com
Begini Cara Donald Trump Raih Kekayaan

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan yang dimiliki Donald Trump saat ini bukanlah sepenuhnya karena usaha sendiri. Fred Trump, ayah Donald Trump memiliki kisah sepak terjangnya sendiri, melewati masa menjadi orang kaya. Sementara Donald Trump membuat kekayaan mereka semakin bertambah.

Melansir dari Business Insider, Kamis (31/3/2016) Trump mengatakan ayahnya meraih kekayaan dari membangun rumah sewa di Queens dan Brooklyn. 

Fred menemukan sebuah program pemerintah yang menyediakan dana pembangunan swasta untuk membangun perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah.

Baca Juga

  • Menang Super Tuesday, Donald Trump Hapus Mimpi Capres AS Termuda
  • Bos Perusahaan Teknologi Coba Jegal Donald Trump
  • Miliarder Ini Tolak Dukung Donald Trump Jadi Presiden AS

Source: liputan6.com
7 Hal Berbeda yang Dilakukan Orang Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Sukses merupakan satu hal yang diimpikan oleh banyak orang. Tak heran demi mampu mewujudkan hal tersebut, orang rela untuk mengerahkan seluruh tenaganya.

Akan tetapi, banyak faktor lain yang mampu membuat orang meraih kesuksesan yang diimpikan. Sebagian besar diantaranya adalah dengan mengubah beberapa perilaku kita sehari-hari. Apa saja? Melansir themuse.com, Kamis (31/3/2016), berikut ulasannya:

1. Tidak takut perubahan

Dibandingkan takut menghadapi perubahan, orang sukses justru berani mengambil langkah dalam menghadapi perubahan yang ada. Dengan ini ia mampu sukses menggapai tujuan yang ia inginkan.

2.  Selalu ingin mencapai kesuksesan bersama

Orang sukses selalu mempunyai mimpi besar dalam menggapai kesuksesan. Namun mereka percaya, bahwa untuk mencapai hal tersebut, ia butuh bantuan dari orang-orang yang memiliki visi yang sama. Mereka percaya bahwa kesuksesan merupakan buah hasil dari kerja keras bersama.

3. Menerima tanggung jawab

Salah satu tanda orang sukses adalah mereka selalu menerima setiap tanggung jawab yang diberikan. Ketika melakukan kesalahan, mereka siap untuk menanggung konsekuensinya. Mereka tidak pernah menyalahkan orang lain atas kesalahan yang mereka lakukan.


Source: liputan6.com
Pengusaha: Harga BBM Turun Bakal Pangkas Tarif Angkutan Umum

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memutuskan kembali menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar masing-masing Rp 500 per liter. Penurunan ini berlaku per 1 April 2016.

Hal ini pun mendapat sambutan positif dari Organisasi Angkutan Darat (Organda). Ketua Umum Organda Andrianto Djokosoetono mengatakan, penurunan harga BBM ini akan menjadi dasar bagi para pengusaha angkutan umum untuk mengkaji penurunan tarif.

"Organda menyambut baik penurunan harga BBM. Penurunan harga BBM tentu akan menjadi dasar pertimbangan pemerintah dalam menetapkan tarif angkutan umum yang baru," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

 

Baca Juga

  • Seskab Pramono: Hanya Harga BBM Malaysia Lebih Murah dari RI
  • Harga Baru BBM Bakal Bertahan Hingga 6 Bulan
  • Jokowi: Harga BBM Turun Harus Diikuti Pemangkasan Tarif Angkutan

Source: liputan6.com
Kebijakan Pemerintah Topang Penguatan IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan saham Kamis (31/3/2016).  Penguatan IHSG ditopang dari kebijakan pemerintah.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG mulai meninggalkan area konsolidasi. IHSG terlihat mencoba naik akan tetapi fluktuasi harga minyak dunia dan pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) membebani laju IHSG.

"Namun sentimen positif dari kebijakan pemerintah. Ini yang menjadi faktor kenaikan IHSG. Level support IHSG akan cukup kuat bertahan di 4.767 dengan target resistance 4.855 yang perlu ditembus untuk kembalikan kekuatan naik IHSG," kata William dalam ulasannya.

Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi menerangkan, penguatan IHSG kemarin dipengaruhi oleh bank sentral Amerika Serikat atau the Federal Reserve yang menegaskan akan fokus pertumbuhan ekonomi dunia dengan menahan suku bunga acuan meski data ekonomi yang dirilis di atas ekspektasi.

 

Baca Juga

  • Transaksi Saham Rp 7,4 Triliun, IHSG Naik 35 Poin
  • Investor Asing Borong Saham, IHSG Menguat ke 4.807,61
  • IHSG Berpotensi Naik, Amati 8 Saham Pilihan Ini

Source: liputan6.com
Mau Makin Sukses? Jalani 7 Kebiasaan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki keinginan yang besar untuk sukses dalam hidup. Itulah mengapa sebagian besar dari kita terus berjuang untuk menggapai mimpi yang selama ini dimiliki.

Walaupun jalan kesuksesan yang ditempuh oleh setiap orang berbeda-beda, beberapa perilaku sehari-hari ternyata dapat menjadi pengaruh besar. Melansir themuse.com, Kamis (31/3/2016)

Beberapa kebiasaan ini dapat membuat Anda makin sukses. Berikut ulasannya:

1. Bersikap spontan

Tidak semua hal di dunia ini berjalan sesuai rencana. Terkadang, kita harus mampu cepat beradaptasi dengan berbagai situasi yang ada. Orang sukses merupakan mereka yang mampu bersikap spontan dan berpikir cepat dalam menghadapi permasalahan yang ada.
 
2. Rutin Meditasi

Meditasi singkat di pagi hari ternyata mampu memberikan efek yang signifikan pada tubuh. Anda tidak hanya akan merasa lebih damai dan santai.

Anda juga akan lebih waspada, merasa lebih positif, dan memiliki rasa empati yang lebih besar. Melakukan meditasi dengan rutin juga dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.
 
3. Terus berolahraga

Kesehatan merupakan faktor yang sangat penting. Agar mampu tetap menjaganya, Anda harus mampu untuk berolahraga secara rutin.

Olahraga ini tidak harus dilakukan dalam waktu yang lama. Cukup menyisihkan sepuluh hingga dua puluh menit sehari untuk berolahraga maka Anda pun akan merasa lebih prima.


Source: liputan6.com
Sentimen The Fed Angkat Wall Street

Liputan6.com, New York - Pernyataan pimpinan bank sentral Amerika Serikat (AS) Janet Yellen soal potensi kenaikan suku bunga membantu penguatan bursa saham AS.

Pada penutupan perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), indeks saham Dow Jones naik 0,47 persen ke level 17.716,66. Indeks saham S&P 500 menguat 0,44 persen ke level 2.063,96 dan indeks saham Nasdaq mendaki 0,47 persen ke level 4.869,29.

Sentimen bank sentral AS mempengaruhi laju bursa saham AS. Janet Yellen menuatakan bank sentral AS hati-hati untuk menaikkan suku bunga. Kemungkinan sulit menaikkan suku bunga pada April seiring inflasi rendah.

"Kebijakan bank sentral Amerika Serikat dan global masih akan mempengaruhi pelaku pasar. Risiko juga meningkat," ujar Jeff Carbone, Pendiri Connerstone Financial Partners seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (31/3/2016).

 

Baca Juga

  • Komentar The Fed Bikin Bursa Asia Menguat
  • Data Ekonomi AS Bakal Bayangi Wall Street
  • Penguatan Dolar AS dan Kejatuhan Harga Minyak Tekan Bursa Asia

Source: liputan6.com
Top 3: 5 Cara Utama Jadi Kaya Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi kaya adalah sebuah pola pikir, bukan sekedar nilai uang. Ibaratnya, ada keluarga dengan lima anggotanya merasa kaya dengan sepotong roti.

Ada pula keluarga dengan jumlah anggota yang sama punya rumah dengan 12 kamar tidur tapi tetap terus mencari uang yang lebih banyak. Intinya, menjadi kaya berarti memiliki segalanya dan menikmatinya.

Artikel lima cara utama menjadi kaya telah menyedot perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com.

Tak hanya cara utama jadi kaya, harga baru bahan bakar minyak (BBM) yang diharapkan bakal bertahan hingga enam bulan juga membuat penasaran pembaca.

Ingin tahu artikel lainnya yang terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com, berikut rangkumannya seperti ditulis Kamis (31/3/2016).

1. 5 Cara Utama Jadi Kaya

Menjadi kaya adalah sebuah pola pikir, bukan sekedar nilai uang. Ibaratnya, ada keluarga dengan lima anggotanya merasa kaya dengan sepotong roti.

Ada pula keluarga dengan jumlah anggota yang sama punya rumah dengan 12 kamar tidur tapi tetap terus mencari uang yang lebih banyak. Intinya, menjadi kaya berarti memiliki segalanya dan menikmatinya. Selengkapnya baca di sini

2. Harga Baru BBM Bakal Bertahan Hingga 6 Bulan

Menteri ESDM Sudirman Said‎ telah mengumumkan harga baru BBM untuk jenis Premium dan Solar. Masing-masing turun Rp 500, dengan rincian Premium menjadi Rp 6.450 per liter dan Solar menjadi Rp 5.150 per liter.

Sudirman menjelaskan harga baru ini ditetapkan sudah mempertimbangkan berbagai‎ kondisi ekonomi selama tiga bulan ke depan termasuk perayaan Lebaran yang akan jatuh pada Juni-Juli.

"Karena itu mudah-mudahan sampai enam bulan ke depan harga ini bisa kita pertahankan, sehingga masyarakat bisa menyusun rencana dengan baik dan juga tidak terganggu naik turunnya harga BBM yang telalu berfluktuasi," kata Sudirman Said di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 30 Maret 2016

Harga baru BBM ini akan berlaku mulai 1 April 2016 pukul 00.00 WIB. Ia menuturkan, harga BBM menjadi salah satu instrumen dasar untuk menentukan daya beli masyarakat‎. Jadi secara langsung akan mempengaruhi angka inflasi setiap bulan. Selengkapnya baca di sini

3. Batas Akhir Lapor Pajak Pakai e-Filling Mundur Jadi 30 April 2016

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan memperpanjang batas waktu pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi. Semula batas akhir pelaporan tersebut adalah 31 Maret 2016. Namun dengan perpanjangan tersebut, maka batas akhir pelaporan menjadi 30 April 2016.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak, Mekar Satria Utama, mengatakan Ditjen Pajak memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Wajib Pajak atas antusiasme melaporkan SPT Tahunan PPh Orang pribadi secara elektronik.

Namun memang terjadi kendala di sistem pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi secara elektronik melalui e-filling dan e-SPT. Oleh karena itu, Ditjen Pajak menyampaikan permohonan maaf terkait adanya kendala teknis di sistem pelaporan tersebut yang mengakibatkan proses pelaporan SPT Tahunan secara elektronik menjadi terhambat. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
KAI Operasikan Kereta Panjang Jurusan Surabaya dan Semarang

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI (Persero) menyatakan akan operasikan kereta KA Kertajaya rangkaian panjang secara reguler mulai 1 April 2016. Langkah tersebut diambil karena menimbang permintaan masyarakat serta tingkat keterisian kereta.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Bambang S Prayitn‎o menerangkan, KA Kertajaya merupakan  kereta dengan rute Stasiun Pasar Senen (Jakarta)-Stasiun Pasar Turi (Surabaya).

Sebelumnya, kereta rangkaian panjang ini hanya beroperasi pada Rabu, Jumat dan Senin dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 23.15 WIB.

"KA Kertajaya melayani rute Stasiun Pasar Senen (Jakarta) - Stasiun Surabaya Pasar Turi (Surabaya) yang semula hanya terdiri dari 8 kereta (gerbong) penumpang, menjadi 13 kereta (Gerbong) penumpang kelas ekonomi dalam satu rangkaian keretanya," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Kamis (31/3/2016).

 

Baca Juga

  • KAI Kembali Beri Tiket Promo, Cek Daftarnya di Sini
  • Mulai 1 April Ini, KAI Terapkan Tarif Kereta Api Baru
  • Tiket Kereta Berubah di 2016, Bagaimana dengan yang Sudah Dibeli?

Source: liputan6.com
Laporan Pajak via E-Filing Bakal Tembus 5 Juta dalam 2 Hari

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) optimistis dapat meraup pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi secara online atau E-Filing menjadi 5 juta hingga Kamis (31/3/2016).

Padahal angka lima juta pelapor E-Filing ditargetkan tembus sampai dengan akhir April 2016.
Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Mekar Satria Utama mengungkapkan, hingga kemarin pagi 30 Maret 2016, pelaporan SPT melalui E-Filing yang masuk ke sistem DJP sudah mencapai 4,47 juta. Angka ini diyakini terus bertambah.

 

Baca Juga

  • Pemilik NPWP Wajib Lapor SPT, Termasuk yang Bergaji di Bawah UMR
  • Batas Akhir Lapor Pajak Pakai e-Filling Mundur Jadi 30 April 2016
  • Ini Alasan Batas Waktu Lapor Pajak E-Filling Mundur ke 30 April

Source: liputan6.com
Bandara Supadio Akan Tampung 3,2 Juta Penumpang

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Supadio, Pontianak ditargetkan mampu menampung 3,2 juta penumpang per tahun pada 2017. Untuk mencapai target tersebut bandara yang terletak di ibu kota Kalimantan Barat tersebut dikembangkan hingga lima kali lebih besar dari kapasitas yang ada saat ini.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II  Budi Karya Sumadi menilai, kapasitas terminal penumpang Bandara Supadio dinilai telah mengalami kelebihan kapasitas (over capacity), sehingga perlu diatasi dengan membangun terminal penumpang yang baru. Pada 2011, pengembangan Bandara Supadio  dimulai dan sampai kini telah mencapai tahap III.

"Pengembangan Bandara Supadio memang dilakukan bertahap, mengingat pelaksanaannya tanpa menghentikan operasional bandara," kata Budi, Kamis (31/3/2016).

Pembangunan Tahap I diawali pemancangan tiang pertama dengan dana Rp 65 miliar. PT Angkasa Pura II sebagai pengelola menggandeng  dua kontraktor nasional yaitu PT Hutama Karya dan PT Adhi Karya Tbk. Pengembangan Bandara Supadio bakal menghabiskan total dana sebesar Rp 400 miliar.

 

Baca Juga

  • Ini Tujuan Menhub Jonan Perpanjang Landasan di Bandara Perintis
  • Pemerintah Dorong Swasta Bangun Pelabuhan dan Bandara
  • Bandara Pondok Cabe Akan Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Susut Rp 9.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 9.000 menjadi Rp 563 ribu per gram pada Kamis (31/3/2016) dibandingkan sebelumnya Rp 572 ribu per gram.

Demikian pula harga pembelian kembali (buyback) emas Antam turun Rp 9.000 menjadi Rp 513 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 513 ribu per gram.

Adapun pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kilogram (kg) akan dilakukan maksimal dua hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Naik Rp 3.000 per Gram
  • Dolar Tergelincir Bikin Harga Emas Naik
  • Harga Emas Antam Naik Rp 2.000 per Gram

Source: liputan6.com
Alasan Harga Baru BBM Bakal Bertahan Hingga 6 Bulan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah memutuskan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk periode April 2016 sebesar Rp 500 per liter. Kemudian hingga enam bulan ke depan tidak ada perubahan harga. Apa penyebabnya?

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM Sujatmiko mengungkapkan, ‎penetapan penurunan harga BBM sebesar Rp 500 per liter didasari oleh harga referensi minyak periode tiga bulan terakhir.

Kemudian proyeksi harga referensi minyak periode tiga bulan ke depan yang diperkirakan naik, rata-rata nilai tukar (kurs) Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat periode tiga bulan‎.

"Selain itu juga biaya penyimpanan, biaya distribusi BBM untuk menjangkau seluruh wilayah Republik Indonesia, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dan Marjin SPBU sebagai badan usaha penyalur," kata Sujatmiko, di Jakarta, Kamis (31/2/2016).

 

Baca Juga

  • Pengusaha: Harga BBM Turun Bakal Pangkas Tarif Angkutan Umum
  • Harga BBM Turun Lagi di Awal April
  • Harga Baru BBM Bakal Bertahan Hingga 6 Bulan

Source: liputan6.com
Harga BBM Turun, Ini 5 Tuntutan Lembaga Konsumen

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memberikan beberapa catatan terkait kebijakan pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar sebesar Rp 500 per liter.

Salah satu poin penting permintaan YLKI, agar pemerintah memperbaiki kualitas BBM di Indonesia supaya bisa mengimbangi Negara tetangga di ASEAN.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi dalam keterangan resminya menyatakan, pihaknya memiliki lima catatan kepada pemerintah menyusul penyesuaian harga BBM dan tarif angkutan umum sebesar 3 persen.

Permintaan pertama, ‎selain menurunkan harga BBM, pemerintah perlu secara serius memperbaiki rantai distribusi BBM, khususnya di luar Pulau Jawa.

Di wilayah tersebut, masalah bukan hanya terjadi pada harga, tapi juga rantai distribusi yang panjang karena minimnya infrastruktur seperti Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

"Akibatnya masyarakat di luar Pulau Jawa, apalagi di remote area masih membeli BBM jauh di atas harga resmi," kata Tulus di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Baca Juga

  • Pengusaha: Harga BBM Turun Bakal Pangkas Tarif Angkutan Umum
  • Harga BBM Turun Lagi di Awal April
  • Harga Baru BBM Bakal Bertahan Hingga 6 Bulan

Source: liputan6.com
Konsultasi Pajak: Gaji Rp 2,2 Juta Wajib Lapor SPT Pajak?

Liputan6.com, Jakarta - Saya bekerja di perusahaan pembiayaan dengan gaji Rp 2,2 juta per bulan. Yang mau saya tanyakan apakah saya wajib lapor SPT Tahunan? Karena menurut teman saya jika tidak lapor SPT Tahunan maka Akan di denda Rp 100 ribu. Terima kasih
 

Pengirim:aryanti_liXXXX@ymail.com


Jawaban:

Berdasarkan Pasal 18 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 243/PMK.03/2014, Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) dikecualikan dari kewajiban menyampaikan Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan (SPT PPh) apabila selama 1 (satu) tahun pajak menerima penghasilan neto tidak melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).

Batasan PTKP per tahun yang berlaku untuk tahun 2015 sampai dengan saat ini adalah:

a. Rp 36.000.000 untuk diri Wajib Pajak orang pribadi;

b. Rp 3.000.000 tambahan untuk Wajib Pajak yang kawin;

c. Rp 36.000.000 tambahan untuk seorang isteri yang penghasilannya digabung dengan penghasilan suami;

d. Rp 3.000.000 tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat, yang menjadi tanggungan sepenuhnya, paling banyak tiga orang untuk setiap keluarga.

Gaji yang Saudari terima untuk tahun 2015 adalah sebesar Rp 2.200.000 per bulan atau sebesar Rp 26.400.000 setahun sehingga jelas masih dibawah PTKP Rp 36.000.000 per tahun untuk WPOP dengan status  tidak tidak kawin dan tidak mempunyai tanggungan.

Berhubung jumlah penghasilan Saudari selama satu tahun pajak tidak melebihi batasan PTKP, maka Saudari tidak berkewajiban untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi.

Demikian penjelasan kami. Semoga membantu.

Salam,

Fitrah Purnama Megawati, S.Sos

Citas Konsultan Global

www.citasco.com

Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan


Source: liputan6.com
SDM Filipina Bakal Jadi Pesaing Ketat Saat MEA

Liputan6.com, Batam - Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menjadi salah satu tantangan terbesar bagi Indonesia khususnya di sektor pariwisata.  Penerapan MEA maka terjadi pergerakan tenaga kerja antar negara ASEAN.

Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan (BPKK) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ahman Sya  mengatakan, ancaman terbesar saat MEA ialah datangnya pekerja asing ke Indonesia. Dia mengatakan, pekerja Filipina memiliki peluang besar untuk datang ke Indonesia.

Dia bilang, Filipina memiliki kondisi ekonomi yang mirip dengan Indonesia. Karena itu, mereka bisa menerima standar upah seperti yang berlaku di Indonesia.

"Kalau Singapura income per kapita US$ 50 ribu per tahun. Malaysia kerja tidak mungkin dia US$ 20 ribu per tahun. Kalau orang Filipina hampir sama dengan Indonesia US$ 5 ribu per tahun," kata dia di Batam, Kamis (31/3/2016).

 

Baca Juga

  • Latih Keterampilan Negosiasi, Kemnaker Gandeng 28 Serikat Pekerja
  • Langkah BKPM Atasi Masalah Tenaga Kerja Asing
  • Bersaing di MEA, Pekerja RI Tak Kalah dari Negara Lain

Source: liputan6.com
Tarif Angkutan Umum Turun Bakal Tak Mudah

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan akan berlaku 1 April 2016. Penurunan harga BBM ini nanti juga akan diikuti penurunan rata-rata tarif angkutan umum sebesar tiga persen.

Namun, menurut pengamat transportasi darat Djoko Setijowarno, rencana Menteri Perhubungan untuk mewujudkan penurunan tarif angkutan umum itu diperkirakan tidak mudah.

Dia menilai hambatan utama karena formula penetapan tarif angkutan umum yang diatur dalam Peraturan Menteri dan Keputusan Dirjen Perhubungan Darat tidak dilakukan penyesuaian.

"Formula yang lama harus segara direvisi, karena tidak mengakomodir kondisi terkini‎," kata Djoko melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (31/3/2016).

 

Baca Juga

  • Pengusaha: Harga BBM Turun Bakal Pangkas Tarif Angkutan Umum
  • Jokowi: Harga BBM Turun Harus Diikuti Pemangkasan Tarif Angkutan
  • Harga BBM Turun, Tarif Angkutan Umum Ikut Direvisi

Source: liputan6.com
INKA Siap Ekspor 15 Gerbong Kereta Buatan Madiun ke Bangladesh

Liputan6.com, Jakarta - PT INKA (Persero) mulai mengekspor 15 gerbong kereta penumpang pesanan Bangladesh Railway pada Kamis (31/3/2016).

Pengiriman tersebut merupakan tahapan pertama dari total orderan 150 gerbong kereta periode Maret sampai dengan Agustus 2016.

Dari keterangan resmi Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan di Jakarta, Kamis ini, INKA dipercaya memproduksi sebanyak 150 gerbong kereta penumpang pesanan Bangladesh Railway. Ekspor bakal dilakukan secara bertahap sepanjang Maret hingga Agustus ini.

"Tahap pertama di awali dengan shipment 15 gerbong dari 150 gerbong kereta ke Bangladesh pada hari ini," tulis rilis tersebut.

 

Baca Juga

  • Jawa Barat Bakal Jadi Pusat Kereta Modern
  • KCIC Bakal Bentuk Anak Usaha Bangun Pabrik Gerbong Kereta
  • SMI dan ICBC Dukung INKA Siapkan KRL Bandara

Source: liputan6.com
Harga Kebutuhan Pokok Bisa Turun 20 Persen Jika Premium Rp 5.000

Liputan6.com, Jakarta - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium menjadi Rp 5.000 per liter. Saat ini harga BBM RON 88 ini masih di angka Rp 6.950 per liter dan akan turun menjadi Rp 6.450 per liter pada 1 April 2016 pukul 00.00 WIB.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan diturunkannya harga Premium menjadi Rp 5.000 per liter akan memberikan dampak yang lebih signifikan bagi masyarakat, terutama kaum buruh. Dengan harga BBM di angka sekian maka akan diikuti oleh penurunan tarif angkutan umum dan harga bahan kebutuhan pokok hingga 20 persen.

"Perhitungan KSPI dengan penurunan harga BBM menjadi Rp 5.000 ini maka biaya transportasi, sewa rumah, dan harga kebutuhan bahan pokok juga akan turun secara signifikan sekitar 15-20 persen," ujarnya di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Penurunan harga bahan pangan akan meningkatkan daya beli masyarakat. Sehingga pada ujungnya juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Ini berarti akan meningkatkan daya beli buruh dan masyarakat. Dapat meningkatkan konsumsi domestik dan secara bersamaan meningkatkan pertumbuhan ekonomi," kata dia.

Baca Juga

  • Harga Pertamax Cs Turun Hari Ini, Cek Daftarnya
  • Harga BBM Turun, Ini 5 Tuntutan Lembaga Konsumen
  • Harga Premium dan Solar Turun Rp 500 per Liter

Source: liputan6.com
Pangkas Pajak DIRE Untungkan Sektor Properti

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memangkas pajak untuk mendorong penerbitan dana investasi real estate (DIRE). Insentif pajak itu tertuang dalam paket kebijakan ekonomi jilid XI yang disambut positif oleh pelaku usaha di properti.

Direktur PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), Minarto Basuki menuturkan insentif pajak untuk menerbitkan dana investasi real estate (DIRE) positif bagi sektor properti. 

Paket kebijakan ekonomi jilid XI yang mengatur penerbitan DIRE memberikan kepastian soal pajak penghasilan (PPh).

"Tentu itu menarik jika tax cost jadi 1,5 persen," ujar Minarto saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (31/3/2016).

Namun Minarto menuturkan pihaknya masih menunggu kepastian soal Bea Perolehan Atas Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB). Pemerintah daerah berminat untuk mengembangkan penerbitan DIRE juga perlu menerbitkan peraturan daerah (Perda).

 

Baca Juga

  • Pemerintah Sempurnakan Aturan Penerbitan DIRE
  • Satu Emiten Minati Penerbitan Dana Investasi Real Estat
  • Jurus Pemerintah Dongkrak Penerbitan DIRE

Source: liputan6.com
Pasokan Gas dari Jaringan Pipa Diakui Lebih Pasti

Liputan6.com, Jakarta - Para pengusaha lontong yang tinggal di Kampung Lontong Banyu Urip Lor, Kelurahan Kupang Krajan, Kecamatan Sawahan, Surabaya, jawa Timur, mengakui kehandalan pasokan gas bumi atau liquefied natural gas (LNG) jika dibandingkan dengan pasokan gas dari liquid petroleum gas (LPG).

Aris Siswanto, salah satu pengusaha lontong di desa yang sebagian besar warganya adalah pembuat lontong tersebut mengaku lebih mendapat kepastian pasokan bahan bakar dengan mengunakan gas bumi.

Aris bercerita, untuk memasak lontong membutuhkan waktu kurang lebih 10 jam. Untuk itu, ia dan beberapa pengusaha lontong lainnyamembutukan pasokan bahan bakar yang tak pernah putus selama memasak lontong tersebut.

Baca Juga

  • Lebih Murah, Pengusaha Restoran Senang Pakai Gas Bumi
  • Keberadaan Jaringan Gas Untungkan Bisnis Perhotelan
  • Pakai Jaringan Gas Pipa Untungkan Pedagang Skala Rumah Tangga

Source: liputan6.com
Tarif Listrik April Turun, Ini Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menurunkan tarif listrik untuk 12 golongan pelanggan yang menggunakan skema tarif penyesuaian (adjustment). Penurunan tersebut akan berlaku untuk periode 1 April 2016.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengatakan, penurunan tarif untuk 12 golongan pelanggan tersebut berkisar Rp 8 hingga Rp 12 per Kilo Watt Hour (kWh). 

Baca Juga

  • Tarif Listrik Bagi 18 Juta Pelanggan PLN Ini Bakal Naik
  • Diskon Tarif Listrik Dorong Pertumbuhan Industri
  • Harga BBM hingga Tarif Listrik Kompak Turun

Source: liputan6.com
Studi: Uang Pengaruhi Cara Pria Tentukan Sosok Pasangan Ideal

Sebagian besar orang boleh saja berkata uang tak bisa membeli kebahagiaan. Tapi tetap tak bisa dipungkiri, memiliki banyak uang membuat Anda dapat membeli hampir segalanya.

Hal tersebut yang lantas membuat banyak pria menggunakan uang sebagai alat untuk menarik perhatian para wanita.

Tak heran, baru-baru ini sebuah penelitian di China berhasil menemukan fakta, semakin kaya seorang pria, maka semakin berkurang ketertarikannya pada sang istri. Artinya, uang ternyata mempengaruhi cara pria menentukan sosok ideal pasangannya.

Melansir laman Nextshark.com, Kamis (31/3/2015), dengan dua eksperimen berbeda, para peneliti dari berbagai kampus ternama di China melakukan simulasi kekayaan pada para partisipan.

Partisipan dibagi ke dalam dua kategori simulasi, pemilik banyak uang dan yang kesulitan finansial. Setelah dikondisikan, seluruh partisipan diberikan pertanyaan tentang apa yang dipikirkan mengenai pasangannya.

Studi tersebut membuktikan, para pria yang dibuat merasa memiliki banyak uang, menjadi tak puas dengan penampilan sang istri. Artinya, uang ikut mempengaruhi cara pria menentukan sosok pasangan idealnya.

Uniknya, para wanita justru tak menunjukkan hasil tes serupa. Uang ternyata tidak mempengaruhi cara pandang wanita pada paras atau penampilan sang suami.

Para wanita tak lantas mengubah sosok ideal pria idaman hanya karena dirinya memiliki lebih banyak uang atau menjadi lebih kaya dari saat ini.

Meski demikian, uang yang lebih banyak meningkatkan harapan pria dan wanita untuk mendapatkan sosok pasangan yang lebih menarik secara fisik.

Studi yang dilakukan pada ratusan mahasiswa di China ini menunjukkan adanya dampak yang signifikan dari uang terhadap strategi menjaga hubungan percintaan. Tetap saja, harus diketahui, studi tersebut mengandung persepsi para partisipan. Cinta tetap dianggap harus dapat mengalahkan berbagai godaan lainnya termasuk harta.(Sis/Nrm)


Source: liputan6.com
Ini Alasan PLN Turunkan Tarif Listrik pada April 2016

Liputan6.com, Jakarta - ‎PT PLN (Persero) menurunkan Tarif Tenaga Listrik (TTL) untuk 12 golongan pelanggan. Besaran penurunannya di kisaran Rp 8 hingga 12 per Kilo Watt Hour (kWh) dan berlaku mulai awal April 2016.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengungkapkan, pembentukan TTL untuk 12 golongan pelanggan yang mengalami penurunan tersebut dipengaruhi oleh 3 variabel yaitu harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP), nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan inflasi.

Baca Juga

  • Tarif Listrik April Turun, Ini Daftarnya
  • PLN Beri Diskon Penyambungan Listrik
  • Jurus PLN Salurkan Subsidi Listrik Tepat Sasaran

Source: liputan6.com
Buka Akses Bank RI, OJK Gandeng Bank of Thailand‎

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meningkatkan kerjasama di tingkat regional dengan Bank of Thailand (BoT) melalui penandatanganan Letter of Intent (LoI) mengenai kesepakatan atas penyusunan bilateral agreement sebagai implementasi ASEAN Banking Integration Framework (ABIF) antara Indonesia dan Thailand.

Penandatanganan LoI dilakukan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dan Gubernur BoT Veerathai Santiprabhob di Bangkok, Thailand, Kamis (31/3/2016) ini.

Muliaman mengatakan, kerjasama ini selain bertujuan membuka jalan bagi industri jasa keuangan Indonesia mengembangkan bisnisnya di Thailand melalui kehadiran institusi perbankan di kedua yurisdiksi, juga untuk meningkatkan hubungan dagang antar kedua yurisdiksi.

"Potensi bisnis di Thailand sangat besar karena Indonesia adalah mitra dagang nomor 3 Thailand. Kami mendukung pelaku industri keuangan Indonesia untuk mengembangkan bisnis ke Thailand untuk mendukung perdagangan antara Indonesia dan Thailand,” kata Muliaman, Kamis (31/3/2016).

Bilateral agreement merupakan bagian dari proses implementasi ABIF. Dengan dua negara anggota ASEAN melakukan negosiasi, berdasarkan prinsip timbal balik, terkait penetapan Qualified ASEAN Banks (QABs), dan akses pasar serta fleksibilitas operasional yang diberikan.

Baca Juga

  • OJK Rayu Bank Beraset Kecil untuk Lebih Efisien
  • BI Ingin Bank Efisien Agar Bunga Turun
  • Bank Mandiri Pangkas Bunga Kredit Hingga 0,50%

Source: liputan6.com
Kementerian Kelautan Bakal Atur Kapal Angkut Perikanan Budidaya

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mengeluarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) terkait perikanan budidaya.

Melalui Permen ini, kapal asing kembali diperbolehkan untuk mengangkut hasil perikanan budidaya di perairan Indonesia dengan syarat tertentu.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto mengatakan, pada Februari lalu pihaknya telah mengeluarkan surat edaran (SE) Nomor 721/DPB/PB.510.S4/II/2016 tentang Kapal Pengangkut Ikan Hasil Pembudidayaaan Berbendera Asing.

Isi SE tersebut menghentikan sementara kegiatan kapal asing pengangkut ikan hasil budidaya di wilayah Indonesia.

"Pada 2014 Ibu Menteri mengeluarkan moratorium perikanan tangkap. Dalam rangka menindaklanjuti Permen itu, kami menerbitkan SE tentang penghentian sementara izin kapal pengangkut ikan di bidang pembudidayaan ikan. Tujuannya kembali melakukan pengecekan tentang kapal itu karena banyak hal yang kurang sesuai dengan perizinan," ujar dia di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

 

Baca Juga

  • Cara Menteri Susi Kembangkan Sektor Perikanan di Indonesia
  • Pemerintah Ingin Jadikan NTT Pusat Budidaya Rumput Laut
  • Menteri Susi: Mengamankan Laut RI Butuh Kecanggihan

Source: liputan6.com
Kabar Gembira, Kini Buruh Baru Kerja 1 Bulan Dapat THR

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. Aturan ini diundangkan mulai 8 Maret 2016.

Aturan ini secara resmi menggantikan Permenaker Nomor PER.04/MEN/1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja di Perusahaan. Dengan adanya aturan ini, pekerja dengan masa kerja satu bulan berhak mendapatkan THR.

"Dalam peraturan baru, pekerja dengan masa kerja minimal satu bulan kini berhak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) yang besarannya dihitung secara proporsional sesuai dengan masa kerja," ujar Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

 

Baca Juga

  • Anggota DPR Belum Tahu Dapat THR
  • Menteri Dapat THR, Ini Tanggapan Sofyan Djalil
  • Pemberian THR Diharapkan Sesuai Kinerja PNS

Source: liputan6.com
KKP Minta Pengusaha Lebih Terbuka Soal Data

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan membuat kebijakan terkait pengembangan produk perikanan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk perikanan Indonesia dan memperluas pasar ekspor.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk KKP, Nilanto Perbowo mengatakan, Kementerian Kelautan akan mengundang semua asosiasi dan pelaku industri yang terkait dengan kegiatan pengolahan perikanan di dalam negeri. Hal ini guna meminta masukan dan data terkait dengan kebutuhan dari bahan baku, ekspansi bisnis dan segala kebutuhan yang dapat menunjang berjalannya bisnis pengolahan perikanan.

"Kami minta semua pelaku di sektor perikanan terutama prossesing agar mereka lebih terbuka dan transparan terhadap data agar kami tepat dalam mengambil kebijakan," ujarnya di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Baca Juga

  • Kementerian Kelautan Bakal Atur Kapal Angkut Perikanan Budidaya
  • Cara Menteri Susi Kembangkan Sektor Perikanan di Indonesia
  • Menteri Susi: Dunia Tak Akui Traditional Fishing Zone Tiongkok

Source: liputan6.com