Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 30 Maret 2016
UANGPEDIA: Tips Investasi di Apartemen

Liputan6.com, Jakarta - Investasi di properti masih menjadi pilihan untuk berinvestasi. Saat ini investasi di hunian seperti apartemen telah populer di kalangan masyarakat. Para pengembang pun giat untuk membangun apartemen.

Untuk berinvestasi di apartemen ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Hal ini agar calon investor dan masyarakat juga mendapatkan keuntungan berinvestasi di apartemen.

Ingin tahu bagaimana propespek investasi di apartemen? Apa saja yang perlu diperhatikan ketika investasi di apartemen?

Berikut wawancara Liputan6.com dengan Direktur PT Synthesis Karya Pratama Julius J. Warouw.

 


Source: liputan6.com
Trik Sukses Agar Kuliah Sambil Kerja Lancar

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini sudah sering sekali kita temukan mahasiswa yang bekerja. Anda mungkin salah satunya.
Tidak jarang beberapa keluhan terdengar karena aktivitas ini.

Ternyata, ada lho cara mudah menjalankan aktivitas ini agar keduanya bisa menguntungkan. Yang paling penting, dua-duanya bisa berjalan beriringan.

Sebagian dari Anda yang menjalankan aktivitas kuliah sambi bekerja tentu memiliki alasan tersendiri. Alasan terbesarnya adalah karena tuntutan dan tujuan hidup hingga Anda mesti bertahan dan menjalankannya.

Semua bisa dijalankan, asalkan Anda disiplin dan pintar mengaturnya. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut tips kuliah sambil kerja biar keduanya bisa berjalan lancar, seperti dikutip dari www.cekaja.com, Senin (28/3/2016):

1. Terapkan skala prioritas

Hal yang pertama perlu Anda lakukan adalah menerapkan skala prioritas. Apakah Anda mengedepankan pekerjaan terlebih dahulu atau kuliah? Semua memiliki kondisi berbeda sehingga prioritas berbeda.

Namun, biasanya untuk Anda yang bekerja dengan jam karyawan pasti akan memprioritaskan pekerjaan terlebih dahulu sehingga Anda mengambil kuliah setelah jam pulang kerja atau Sabtu Minggu.

Sementara untuk Anda yang kuliah dengan jam regular apalagi di Universitas Negeri, maka jadwal bekerjalah yang seharusnya menyesuaikan dengan jadwal kuliah Anda agar keduanya bisa berjalan dengan lancar.

 

Baca Juga

  • Ingin Punya Anak? Jawab Dulu 9 Pertanyaan Keuangan Ini
  • Berapa Lama Jam Tidur Orang Sukses di Dunia?
  • 10 Negara dengan Biaya Tiket Pesawat Termurah 

Source: liputan6.com
Tips Sebelum Berbisnis dengan Pasangan

Liputan6.com, Jakarta - Anda ingin menjalankan usaha bersama pasangan? Itu silahkan saja. Tapi apakah antara Anda dan pasangan sudah benar-benar yakin dan siap untuk lanjut ke tahap selanjutnya yakni menikah?

Sebab tahap selanjutnya menjadi penentu, apakah Anda siap menjalani usaha tanpa harus membawa emosi pribadi dalam jalannya usaha.

Memang, seperti yang sudah disebutkan di awal, sah-sah saja bila Anda ingin berbisnis dengan pasangan. Sebab tidak ada aturan yang melarang anda melakukan hal itu.

Namun, sebelum Anda mulai berbisnis dengan pasangan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal terkait membuka bisnis bersama pasangan berikut ini, seperti dikutip dari www.cermati.com, Rabu (30/3/2016):

1. Butuh Satu Konsep

Dengan siapapun Anda mulai berbisnis, hal yang harus anda lakukan yaitu menyatukan konsep. Konsep seperti apa yang akan diangkat.

Siapa pun pasangan bisnis Anda, entah itu kawan teman sahabat atau yang lainnya, anda membutuhkan hal ini. Berbisnis dalam bidang kuliner, fashion, atau perawatan tubuh saat ini memang sedang booming.

Namun, Anda tidak harus mengikuti tren. Modal hobi dan kesenangan itu lebih dari cukup untuk memulai sebuah bisnis. Oleh sebab itu, temukan satu hal yang membuat Anda dan pasangan menjadi satu. Gunakan itu untuk membuka sebuah bisnis.

Manfaatkan informasi itu sebagai salah satu inspirasi Anda membuka bisnis. Satukan konsep bisnis, mulai dari menentukan nama usaha, lokasi, dan beragam hal detail lainnya. Diskusikan itu sebelum anda melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Baca Juga

  • 6 Kiat Tambah Sumber Penghasilan Baru
  • 8 Tips Hemat Uang yang Bebas Stres
  • Tips Cerdas Manfaatkan Kredit Laptop

Source: liputan6.com
Langkah Arab Saudi Hadapi Harga Minyak yang Rendah

Liputan6.com, Jakarta Kondisi perekonomian dunia yang bergejolak ditambah harga minyak yang jatuh menjadi tantangan sendiri bagi Arab Saudi. Kondisi ini membuat ketidakstabilan ekonomi dan dapat berdampak masif bagi kondisi politik di negara tersebut.

Melansir Business Insider, Rabu (30/3/2016) negara penghasil minyak ini akhirnya memutuskan untuk memberhentikan sementara produksi minyaknya di Bulan Januari. Langkah yang diambil ini dapat membuat harga minyak lebih stabil dalam jangkauan US$ 20 – 40 per barel.

Namun langkah yang diambil Arab Saudi ini juga memiliki konsekuensinya tersendiri. Analis menilai bahwa langkah ini dapat memicu produksi Amerika yang telah menurunkan harga minyaknya.

Selain itu, langkah ini juga dapat membuat harga minyak kembali melambung yang akhirnya dapat berdampak negatif pada Arab Saudi. Negara produsen lain seperti Rusia dan Iran dapat menaikkan dana yang mereka butuhkan untuk mendukung gerakan pemberontak yang mengancam rezim Kerajaan.

Melansir laman Reuters, Selasa (29/3/2016), harga minyak Brent tercatat turun 38 sen, atau 1 persen menjadi US$ 40,06 per barel. Sementara minyak mentah WTI tergelincir 20 sen atau 0,5 persen ke posisi US$ 39,26 per barel.

Data Reuters menunjukkan, volume perdagangan minyak Brent yang berbasis di Inggris hanya mencapai kurang dari 55 ribu, atau sekitar seperenam perdagangan di hari biasa, karena liburan Paskah.

Adapun persediaan minyak mentah AS naik 9,4 juta barel dalam pekan hingga 18 Maret. Ini merupakan stok mingguan tertinggi keenam berturut-turut. Dan tiga kali lebih besar dari ekspektasi analis.

(Vna)


Source: liputan6.com
Tips Produktif Kerja ala Ivanka Trump

Liputan6.com, Jakarta - Wanita cantik berusia 34 tahun ini merupakan putri dari orang terkaya dunia, Donald Trump. Sebagai pewaris yang juga bertindak sebagai pimpinan perusahaan, ia memiliki tanggung jawab yang begitu besar.

Walaupun urusan pekerjaannya sangat padat. Ia masih mampu untuk menyeimbangkan peran utamanya sebagai seorang ibu. Ivanka memiliki dua orang anak.

Satu hal yang dia lakukan agar mampu meraih kesuksesan hingga sekarang ini adalah dengan memanfaatkan waktu yang ia punya sebaik mungkin. Melansir Business Insider, Rabu (30/3/2016) berikut ulasannya:

1. Memprioritaskan pekerjaan

Ivanka memiliki hari yang begitu padat. Wanita ini juga memiliki banyak jadwal pekerjaan yang harus diselesaikan. Satu hal yang dilakukan Ivanka adalah dengan memprioritaskan pekerjaan yang ada.

Setiap orang hanya memiliki waktu 24 jam dalam sehari. Dalam kurun waktu 24 jam itu, ada yang memiliki kemampuan untuk membagi waktu dengan baik sehingga waktunya benar-benar produktif untuk hal-hal yang sangat bermanfaat saja. Namun, ada juga dalam waktu 24 jam, tidak bisa menggunakan waktunya dengan baik sehingga terbuang sia-sia.

Mampu memprioritaskan pekerjaan berarti mampu memilih pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Dengan begini, Anda pun mampu untuk mencapai produktivitas maksimal dalam bekerja.

2. Mendelegasikan pekerjaan

Selain mampu membuat prioritas pekerjaan, satu hal yang harus mampu dilakukan adalah mendelegasikan pekerjaan dengan baik.

Pendelegasian diartikan sebagai pengalihan sebagian wewenang formal manajer kepada bawahannya. Delegasi biasanya dibagi dalam beberapa aspek seperti pengalokasian tugas, pelimpahan wewenang dan pemberian tanggung jawab kepada bawahan dan menerima pertanggungjawaban. (Vna/Ahm)


Source: liputan6.com
LPS Turunkan Suku Bunga Penjaminan

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menurunkan tingkat bunga penjaminan sebesar 25 basis poin (bps) untuk simpanan dalam rupiah dan valuta asing (Valas) di bank umum serta simpanan dalam rupiah di Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Tingkat bunga pinjaman itu antara lain di bank umum untuk denominasi rupiah sebesar 7,25 persen dan valas sebesar satu persen. Sedangkan bunga penjaminan di bank perkreditan rakyat untuk denominasi rupiah sebesar 9,75 persen.

"Tingkat bunga penjaminan itu berlaku efektif mulai 31 Maret 2016 hingga 14 Mei 2016," ujar Sekretaris Lembaga LPS Samsu Adi Nugroho dalam keterangan tertulis, Selasa (29/3/2016).

Ia menuturkan, penurunan tingkat bunga penjaminan sebesar 25 bps dipandang sejalan dengan perkembangan indikator ekonomi makro dan likuiditas perbankan secara umum yang terus membaik.

Baca Juga

  • Tiru BI, LPS Juga Tak Ubah Suku Bunga Penjaminan
  • LPS Berencana Ubah Nilai Premi Jaminan Simpanan Perbankan
  • Ini Risiko yang Harus Dihadapi Ekonomi RI versi LPS

Source: liputan6.com
Punya 2 Slip Gaji, Begini Lapor SPT Pajaknya

Liputan6.com, Jakarta - Bagi masyarakat atau Wajib Pajak (WP) yang mempunyai dua slip gaji pada perusahaan yang berbeda, tetap diwajibkan melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh).

Tidak perlu bingung, berikut petunjuk perhitungan pajak untuk pemegang dua slip gaji dari Kepala KPP Pratama Tanah Abang Dua, Dwi Astuti.

Dwi menuturkan, perhitungan pajak bagi pemilik dua slip gaji tergantung sifat pekerjaannya. Perhitungan pajak maupun pelaporan SPT tidak akan menuai masalah apabila kedua penghasilan tersebut sudah dipotong PPh Pasal 21 oleh perusahaan tempat si karyawan bekerja.

 

Baca Juga

  • Jelang Batas Akhir SPT, Kantor Pajak Ini Tambah Jam Operasional
  • Mau Lapor Pajak via E-Filing, Sistem Direktorat Pajak Malah Mati
  • Ini Denda bagi yang Terlambat Lapor SPT Pajak

Source: liputan6.com
IHSG Berpotensi Naik, Amati 8 Saham Pilihan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Pemerintah telah merilis paket kebijakan ekonomi jilid XI akan  menjadi sentimen yang mempengaruhi laju IHSG.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG masih bergerak dalam fase konsolidasi. Level support IHSG sedang diuji di kisaran 4.743.

"Selama level support dapat bertahan cukup kuat dalam beberapa hari ke depan maka potensi kenaikan akan semakin membesar. Peluang menembus level resistance 4.855 akan semakin terbuka," ujar dia dalam ulasannya, Rabu (30/3/2016).

William menambahkan, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan mempengaruhi pergerakan IHSG.

 

Baca Juga

  • Rilis Paket Ekonomi Picu IHSG Naik Tipis
  • IHSG Dibuka Menguat, Sempat Sentuh Level 4.782,44
  • IHSG Rawan Koreksi, 8 Saham Jadi Pilihan

Source: liputan6.com
Cara Rizal Ramli Persingkat Waktu Tunggu Kapal di Tanjung Priok

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli akan membereskan persoalan klasik yang dimiliki beberapa pelabuhan di Indonesia, yaitu mengenai waktu tunggu sandar kapal di pelabuhan (demmurage time), khususnya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Menurut Rizal, saat ini, kapal-kapal kontainer yang mengangkut berbagai barang itu harus menunggu waktu paling lama 7 hari.‎ Pasalnya sistem yang diterapkan di pelabuhan itu tidak sesuai standar internasional.

‎"Manajemen yang lama itu tidak mengikuti standar paling baik di dunia yaitu first come first serve, jadi kapal yang datang duluan paling dulu dilayani," kata Rizal Ramli di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/3/2016).

 

Baca Juga

  • Menanti Dampak Penyempurnaan Paket Kebijakan Ekonomi
  • Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XI Atur Kembali Soal Dwelling Time
  • Sebelum Umumkan Paket Kebijakan, Jokowi Gelar Ratas Dwelling Time

Source: liputan6.com
Pernyataan Gubernur Bank Sentral AS Dorong Penguatan Wall Street

Liputan6.com, New York - Wall Street melonjak dan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) melemah setelah Gubernur Bank Sentral AS (THe Federal Reserve/The Fed) Janet Yellen mengisyaratkan bahwa bank sentral tetap akan mewaspadai rencana untuk menaikkan suku bunga karena tanda-tanda pemulihan ekonomi AS belum terlihat benar dan perlambatan ekonomi Global masih terlihat.

Mengutip Bloomberg, Rabu (30/3/2016), Dow Jones Industrial Averange (DJIA) naik 07,72 poin atau 0,56 persen ke level 17.633,11. Standard & Poor 500 menguat 17,96 poin atau 0,88 persen ke angka 2.055,01 dan Nasdaq terdongkrak 79,84 poin atau 1,67 persen ke level 4.846,63.

Indeks Standard & Poor 500 melonjak ke level tertinggi dalam 2 pekan terakhir dan mencoba untuk menghapus kerugian yang telah dicetak pada tahun ini.

Baca Juga

  • Data Ekonomi Melemah, Bursa AS Ditutup Bervariasi
  • Data Ekonomi AS Bakal Bayangi Wall Street
  • Akhiri Reli, Wall Street Ditutup Mendatar

Source: liputan6.com
Harga Emas Terangkat Usai Pidato Gubernur Bank Sentral AS

Liputan6.com, New York - Harga emas terus melanjutkan kenaikan pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta). Pernyataan dari Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed) mendorong kenaikan harga emas.

Mengutip Wall Street Journal, Rabu (30/3/2016), harga emas untuk pengiriman Juni ditutup naik 1,3 persen pada angka US$ 1.237,50 per troy ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Ketidakpastian ekonomi global yang didorong oleh perlambatan pertumbuhan ekonomi di China dan jatuhnya harga minyak mendorong The Fed berpikir ulang untuk mengubah kebijakan moneter.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Naik Rp 3.000 per Gram
  • Dolar Tergelincir Bikin Harga Emas Naik
  • Penguatan Dolar AS Bikin Harga Emas Turun

Source: liputan6.com
Pemilik NPWP Wajib Lapor SPT, Termasuk yang Bergaji di Bawah UMR

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) mewajibkan seluruh pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi. Ketentuan ini berlaku pula untuk wajib pajak (WP) berpenghasilan di bawah Upah Minimum Regional (UMR).

Demikian disampaikan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanah Abang Dua, Dwi Astuti saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Rabu (30/3/2016). "Siapa pun yang punya NPWP harus lapor. Begitu dia mempunyai NPWP, maka kewajiban melapor pajak melekat pada dirinya," tegasnya.

Menurut Dwi, seseorang yang mengantongi pendapatan di bawah UMR tidak diharuskan memiliki NPWP mengingat masuk dalam kategori Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Hanya saja diakuinya, saat ini institusi pemerintah maupun perusahaan swasta mensyaratkan kepemilikan NPWP di hampir semua pekerjaan.

Baca Juga

  • Punya 2 Slip Gaji, Begini Lapor SPT Pajaknya
  • KPP Tanah Abang Dua Lampaui Target Laporan Pajak Melalui E-Filing
  • Jelang Batas Akhir SPT, Kantor Pajak Ini Tambah Jam Operasional

Source: liputan6.com
Harga Pertamax Cs Turun Hari Ini, Cek Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Umum non subsidi jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex dan Pertalite masing-masing sebesar Rp 200 per liter. Penurunan harga BBM non subsidi ini merefleksi penurunan harga minyak mentah dunia.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, pada pertengahan Maret lalu Pertamina telah menurunkan harga BBM non subsidi sebesar Rp 200 per liter. Terhitung 30 Maret 2016 pukul 00.00 WIB, Pertamina kembali menurunkan harga Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex dan Pertalite sebesar masing-masing Rp 200 per liter.‎

"Jadi, pada bulan ini Pertamina telah menurunkan harga BBM umum jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, dan Pertalite sebesar Rp 400 per liter. Dengan penurunan harga tersebut diharapkan masyarakat dapat menikmati berkendara dengan BBM yang memiliki kualitas sesuai mesin kendaraan,"‎ kata Wianda, di Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Baca Juga

  • Pertamina Juga Akan Turunkan Harga Pertamax Cs di Akhir Maret Ini
  • Sedang Diuji di Eropa, Berapa Harga Pertamax Turbo?
  • Ini Dampak Jika BBM Dikenai Cukai

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Naik Rp 9.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) naik Rp 9.000 menjadi Rp 572 ribu per gram pada Rabu (30/3/2016) dibandingkan sebelumnya Rp 563 ribu per gram.

Harga pembelian kembali (buyback) emas Antam juga naik Rp 8.000 menjadi Rp 522 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 522 ribu per gram.

Adapun pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kilogram (kg) akan dilakukan maksimal dua hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi.

 

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Naik Rp 3.000 per Gram
  • Dolar Tergelincir Bikin Harga Emas Naik
  • Harga Emas Antam Naik Rp 2.000 per Gram

Source: liputan6.com
Jika Efisien, Bank Bakal Dapat Insentif dari OJK

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memberikan insentif bagi bank yang mampu menjalankan bisnisnya dengan efisien. Aturan pemberian insentif tersebut sedang dalam tahap finalisasi dan diperkirakan bakal keluar pada pekan depan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, insentif akan diberikan kepada bank yang efisien. Bank yang efisien dihitung berdasarkan kolaborasi antara rasio Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) dengan selisih bunga bersih atau Net Interest Margin (NIM) yang rendah.

Bank yang mampu menurunkan rasio BOPO dan NIM besar maka akan mendapat insentif yang besar pula. Sebaliknya, jika bank tak mampu melakukan efisiensi maka bank tersebut tidak akan mendapat insentif.

"Jadi semuanya nanti diplot, Kami akan buat aturan kalau misalnya 1 bank mampu mengurangi NIM-nya,BOPO-nya sehingga itu bank lebih efisien maka dia dapat insentif. Itu nanti ada detailnya terlalu rumit nanti karena ada hitungan," ujarnya, seperti ditulis Rabu (30/3/2016).

Baca Juga

  • OJK Rayu Bank Beraset Kecil untuk Lebih Efisien
  • BI Ingin Bank Efisien Agar Bunga Turun
  • Bank Mandiri Pangkas Bunga Kredit Hingga 0,50%

Source: liputan6.com
Investor Asing Borong Saham, IHSG Menguat ke 4.807,61

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu menguat pada perdagangan Rabu pekan ini. Investor asing melakukan aksi beli di awal perdagangan. 

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Rabu (20/3/2016), IHSG naik 15,85 poin atau 0,33 persen ke level 4.797,15. Penguatan IHSG berlanjut pada pukul 09.00 WIB. IHSG naik 27,88 poin atau 0,59 persen ke level 4.807,61.

Indeks saham LQ45 juga menguat 0,66 persen ke level 834,75. Seluruh indeks saham acuan menguat pada awal sesi perdagangan.

Ada sebanyak 109 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Sementara itu, 12 saham melemah dan 48 saham lainnya diam di tempat.

Baca Juga

  • IHSG Berpotensi Naik, Amati 8 Saham Pilihan Ini
  • IHSG Berpeluang Lanjutkan Penguatan
  • Rilis Paket Ekonomi Picu IHSG Naik Tipis

Source: liputan6.com
KA Logistik Angkut 800 Ton Semen Baturaja

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Logistik (KALOG), anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendorong bisnis perusahaan melalui peningkatan volume angkutannya. Salah satunya meningkatkan volume angkut Semen Baturaja menjadi 800 ton yang dijalankan mulai tanggal 22 Maret 2016.

“Angkutan semen Baturaja telah dilayani perusahaan sejak tahun 2015 dengan relasi Tiga Gajah – Kertapati, Sumatera Selatan yang dijalankan bersama dengan rangkaian KA Klinker," kata Direktur Operasi dan Pemasaran KALOG, Sugeng Priyono dalam keterangannya, Rabu (30/3/2016).

Pada awal pendistribusian, volume angkutan yang dilayani hanya 80 ton stamformasi 2 Gerbong Datar (GD). Selanjutnya volume ditingkatkan menjadi 280 ton stamformasi 7 GD setiap dua hari sekali dan kini ditingkatkan kembali menjadi 800 ton/setiap hari atau setara dengan 20 GD, yang di bagi menjadi dua perjalanan masing-masing 10 GD yang diikutkan dengan KA Klinker rangkaian 20 GD.

 

Baca Juga

  • Rizal Ramli Uji Coba KA Logistik Tanjung Priok
  • Kereta Logistik Beroperasi, Dwelling Time Bisa Kurang 2 Hari

Source: liputan6.com
Jalankan Paket Kebijakan XI, Kemenkop Siapkan Program KURBE

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan mendorong para pelaku koperasi dan UMKM berbasis ekspor untuk memanfaatkan Program Kredit Usaha Rakyat Berorientasi Ekspor (KURBE). Langkah yang dijalankan oleh Kementerian Koperasi dan UKM ini untuk mendorong realisasi paket kebijakan XI yang diumumkan kemarin.

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, pemanfaatan KURBE ini diharapkan bisa menjadi solusi masalah pembiayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).‬

"Selama ini upaya untuk mengekspor produk UMKM masih terkendala, terutama masalah pembiayaan, serta masalah dalam kapasitas UMKM yang menyangkut sumber daya manusia (SDM), pemasaran, dan pemenuhan standar perdagangan internasional yang ketat," ujarnya di Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Baca Juga

  • BUMN Ini Ditunjuk Jadi Penyalur Tunggal KUR Orientasi Ekspor
  • Pemerintah Siapkan Program KUR Orientasi Ekspor
  • Alasan Menkop UKM Siapkan Koperasi Jadi Penyalur KUR

Source: liputan6.com
2 Tantangan Ekonomi RI di Mata Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi ekonomi global yang tidak stabil tentunya turut mempengaruhi Indonesia.  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencatat ada dua tantangan yang dihadapi ekonomi Indonesia saat ini yaitu keterbukaan dan kompetisi.

"Keterbukaan itu tidak bisa ditolak lagi. Seperti kondisi APBN kita tahun lalu, penerimaan tahun kemarin banyak yang ragu, dan itu semua orang-orang tahu angka-angkanya tidak bisa dihadapi," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya di acara Dialog Publik `Membangun Ekonomi yang Berdaya Saing` di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Menurut Jokowi, era keterbukaan akan lebih dratis lagi terjadi pada 2018, saat itu semua bank intenasional akan lebih terbuka sehingga data nasabah bank bisa diakses.

"Bapak simpan yang di Singapura berapa triliun, kita akan tahu. Di Swiss berapa miliar kita semua akan tahun," paparnya.

Baca Juga

  • Jokowi: DPR Jangan Terlalu Banyak Bikin UU
  • 2 Fokus Program Prioritas Jokowi: Deregulasi dan Infrastruktur
  • Jokowi: karena Macet di Jakarta Kita Kehilangan Rp 28 Triliun

Source: liputan6.com
2 Fokus Program Prioritas Jokowi: Deregulasi dan Infrastruktur

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo punya dua fokus pembangunan yang bakal dilakukan. Di antara banyak program pembangunan, Jokowi punya prioritas penyederhanaan perizinan dan pembangunan infrastruktur.

"Dua hal ini kita akan dahulukan," kata Jokowi di acara Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Dikatakan mantan Gubernur DKI Jakarta ini, dua hal itu dianggap penting karena menjadi modal dasar oenignkatan daya saing dan percepatan pembangunan di dalam negeri.

 

Baca Juga

  • Pemerintah Berencana Pangkas Biaya Perizinan Buat Rumah Murah
  • Jokowi Minta Pemda Pangkas Izin Investasi Jadi 3 Jam
  • Demi Genjot Investasi, Jokowi Bakal Pangkas 5 Izin Ini

Source: liputan6.com
Jokowi: DPR Jangan Terlalu Banyak Bikin UU

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo resah masih banyaknya aturan dan perizinan yang menghambat pembangunan. Salah satunya Undang-undang yang terlalu banyak.

Jokowi mengatakan, saat ini Indonesia memiliki 42 ribu aturan yang perlu dirampingkan. Aturan itu mencakup Undang-Undang, Peraturan Daerah, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri aturan lainnya.

"Itu menurut saya akan sangat menyulitkan dan akan menghambat kita sendiri, kecepatan kita bertindak jadi terhambat karena aturan ini. Ini yang akan kita hapus kita kurangi sebanyak-banyaknya," tutur Jokowi di acara Dialog Publik Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

 

Baca Juga

  • Pemerintah Berencana Pangkas Biaya Perizinan Buat Rumah Murah
  • Jokowi Minta Pemda Pangkas Izin Investasi Jadi 3 Jam
  • Demi Genjot Investasi, Jokowi Bakal Pangkas 5 Izin Ini

Source: liputan6.com
Konsultasi Pajak: Data NPWP Bisa Diintip Perusahaan?

Liputan6.com, Jakarta - Selamat siang, saya ingin menanyakan mengenai NPWP.
Misalnya saya sudah resign setahun lalu bulan januari 2015 lalu menganggur. Ketika interview saya info kalau resign di bulan Desember 2015.
Apakah ketahuan jika dilihat dari NPWP saya karena selama Februari hingga Desember saya tidak ada pajak penghasilan yang dbayar perusahaan?

Terima kasih.

Pengirim: ernalesmanaxxxx@gmail.com

Jawaban:

Yth. Sdri Erna

Informasi mengenai data-data perpajakan Saudari adalah bersifat rahasia sehingga tidak dapat diakses oleh pihak lain selain pihak Direktorat Jenderal Pajak. Oleh karena itu, perusahaan baru tempat Saudari melamar tidak dapat menggali informasi apapun hanya dari NPWP Saudari.

Namun demikian, informasi mengenai Saudari terkait perusahaan lama tempat sebelumnya bekerja sebenarnya dapat diketahui oleh perusahaan baru tempat Saudari melamar bilamana perusahaan baru menanyakan langsung kepada perusahaan lama.

Selain itu bisa juga ketahuan ketika perusahaan baru meminta Saudari menunjukkan bukti potong Form 1721 A1 tahun 2015 dari perusahaan lama.

Demikian penjelasan kami. Semoga membantu.

Salam,


Aldonius, S.E.
Konsultan Pajak – Citas Konsultan Global

Logo Citasco
www.citasco.com
Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan


Source: liputan6.com
Ilmuwan dan Peneliti RI Bisa Dapat Dana Gratis dari Lembaga Ini

Liputan6.com, Jakarta - Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI), institusi pendanaan riset resmi beroperasi hari ini (30/3/2016). Kehadiran lembaga tersebut akan membantu pembiayaan penelitian bagi para ilmuwan terbaik Indonesia, sehingga dapat melahirkan karya unggulan dan berdaya saing di kancah global.

Acara peresmian tersebut dihadiri Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti Muhammad Dimyati, Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI), Direktur Eksekutif DIPI J.W. Saputro, ‎Anggota AIPI Emil Salim, serta para perwakilan dari negara Australia, Amerika Serikat dan Inggris.

Ketua AIPI, Sangkot Marzuki mengatakan, DIPI dapat beroperasi atas dukungan dari pemerintah Indonesia melalui Kemenristek Dikti dan Kementerian Keuangan. Sementara komitmen pendanaan berasal dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

 

Baca Juga

  • Menkeu Bambang Iri dengan Penerima Beasiswa LPDP
  • 12 Ribu Peserta Banjiri Pameran Beasiswa LPDP
  • Selain Magister dan Doktor, Dana Beasiswa LPDP Bisa Biayai Riset

Source: liputan6.com
Presiden Jokowi Minta BPD Membentuk Holding

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan industri perbankan Indonesia efisien, termasuk juga Bank Pembangunan Daerah (BPD). Ini untuk meningkatkan daya saing sektor perbankan nasional di era Pasar Bebas Asean.

Keinginan Jokowi ini sekaligus menjawab pertanyaan Ketua Asosiasi Perbankan Daerah (Asbanda) Kresno Sediarsi‎ dalam acara dialog publik bersama Presiden Jokowi yang diadakan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI).

"Kita ini kan berhadapan dengan persaingan. Saya kira BPD yang ada, tapi tergantung pemiliknya yaitu gubernur. Memang sebaiknya bangun sinergi holding, tidak bekerja sendiri-sendiri," kata Jokowi di Balai Kartini, Rabu (30/3/2016).

Baca Juga

  • OJK Rayu Bank Beraset Kecil untuk Lebih Efisien
  • BI Ingin Bank Efisien Agar Bunga Turun
  • Bank Mandiri Pangkas Bunga Kredit Hingga 0,50%

Source: liputan6.com
Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi Bakal Capai Rp 140 Ribu per Kg

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku usaha pesimistis harga daging sapi jelang puasa dan Idul Fitri akan tetap stabil. Harga daging sapi di DKI Jakarta jelang hari besar keagamaan tersebut diperkirakan mencapai Rp 140 ribu per kg jika tidak ada antisipasi dini dari pemerintah.

Ketua Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) Asnawi mengatakan, berdasarkan catatan APDI, pada Juni 2015 harga beli daging tingkat peternak (feedlot) berkisar Rp 37 ribu-Rp 38 ribu per kg dan harga karkas sebesar Rp 74 ribu-Rp 75 ribu per kg.

"Sekarang harga beli di feedlot mencapai Rp 45 ribu-Rp 46 ribu per kg dan karkas di Maret ini Rp 87 ribu-Rp 89 ribu. Harga daging sekarang HPP Rp 105 ribu, kita jual Rp 110 ribu," ujar dia di Jakarta, Rabu (30/3/2016).

 

Baca Juga

  • 500 Ekor Sapi Tiba Besok, Mentan Yakin Harga Daging Rp 85 Ribu
  • Dikeluhkan Masyarakat Soal Harga Daging Sapi, Ini Kata Mentan 
  • Peternak Lokal Tolak Impor Daging Sapi dari India

Source: liputan6.com
Anggaran Riset RI Lebih Rendah Dibanding Tiga Negara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan riset atau penelitian di Indonesia selama ini terbentur pendanaan sehingga pengembangannya kurang maksimal dalam melahirkan inovasi brilian yang bermanfaat bagi negara ini. ‎Anggaran negara untuk membiayai penelitian masih sangat kecil dibanding tiga negara tetangga.

Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Sangkot Marzuki, mengutip data Bank Dunia, besaran investasi yang dialokasikan Indonesia untuk mendanai penelitian sangat kecil, kurang dari 0,01 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada periode lima tahun sebelumnya.

"Jauh di bawah anggaran penelitian dan pengembangan negara tetangga, seperti Singapura (2 persen), Malaysia (1,06 persen), dan Vietnam (0,19 persen)," terangnya saat Peresmian Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI) di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Hal ini diakui Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro. Ia mengatakan, kehadiran DIPI diharapkan dapat menjadi kebangkitan bagi para peneliti dan ilmuwan Indonesia untuk fokus menggarap riset demi meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bangsa.

Baca Juga

  • Anggaran Riset RI Lebih Rendah Dibanding Tiga Negara Ini
  • Penelitian Austria dan NU: Propaganda Terorisme Makin Berbahaya
  • Selain Magister dan Doktor, Dana Beasiswa LPDP Bisa Biayai Riset

Source: liputan6.com
Swiss Berminat Bangun Pabrik Solar Cell di RI

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Swiss berminat mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia, untuk mengurangi emisi karbon yang berasal dari pembakaran energi fosil. Langkah yang dilakukan dengan membangun pabrik Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ‎Rizal Ramli mengatakan, saat ini Indonesia bergantung pada batu bara sebagai sumber energi, padahal berdasarkan konferensi perubahan iklim dunia yang diselenggarakan di Swiss, Indonesia merupakan salah satu negara yang sepakat mengurangi emisi karbon.

"Padahal kita sepakat di Paris untuk kurangi devisa karbon. Kita harus kurangi ketergantungan kita dari batu bara," kata Rizal, di Kantor B‎idang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (30/3/2016).

Baca Juga

  • Kembangkan Energi Terbarukan, Australia Cari Mitra Lokal
  • Energi Baru Bukan Alternatif, Tapi Tumpuan Masa Depan
  • DEN Ingin Energi Baru Terbarukan Buka Lapangan Kerja

Source: liputan6.com
7 Ide Beri Edukasi Keuangan kepada Anak

Liputan6.com, Jakarta - Orangtua merupakan sosok utama yang dapat mengenalkan edukasi keuangan kepada anak.
Cara ini dilakukan agar ketika anak mulai beranjak dewasa, ia akan bisa membuat keputusan yang baik mengenai keuangan.

Bila dilihat dari segi waktu yang tepat dalam mengedukasi anak adalah ketika anak sudah masuk usia Sekolah dasar atau SD.

Sebab di usia tersebut anak akan belajar matematika dasar seperti penambahan dan pengurangan angka yang dapat dilatih dan diterapkan dalam keseharian dengan cara menabung.

Baca Juga

  • Tips Sebelum Berbisnis dengan Pasangan
  • Maksimalkan Kredit Motor dengan 3 Langkah Pintar Ini
  • 8 Tips Hemat Uang yang Bebas Stres

Source: liputan6.com
Ini 10 Kota dengan Kemacetan Terparah di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Kalau Anda berpikir kemacetan di Jakarta ketika jam pulang-pergi kerja atau rush hour sudah paling parah, ternyata ada yang lebih buruk.

Bangkok menempati posisi pertama di dunia sebagai kota termacet. Seperti ditulis CNN Money, Rabu (30/3/2015), berikut 10 kota termacet di dunia saat rush hour:

1. Bangkok

Bangkok punya jalur kereta cepat dan jalur fery di kanal. Namun ternyata hal itu tidak dapat mengurai kemacetan di sana, terutama saat rush hour. Waktu tempuh naik dua kali lipat ketika pagi hari para komuter mulai bergerak, menurut pembuat GPS, TomTom.

"Ini sangat ekstrem," kata ahli lalu lintas TomTom, Nick Cohn. Kondisi tersebut bertambah buruk ketika jumlah kelas menengah di sana terus naik. "Masyarakat hanya mau mengendarai mobil karena menyangkut simbol status sosial."

2. Istanbul

Kota ini punya jembatan yang menghubungkan benua Asia dan Eropa. Menurut survei TomTom, perjalanan yang seharusnya hanya 30 menit menjadi dua kali lipatnya ketika jam pulang-pergi kerja atau rush hour.

Untuk mengatasi kemacetan, pemerintah di sana telah membangun terowongan kereta di dalam Selat Bosphorus dan memperpanjang jalur kereta cepat.

3. Meksiko

Kota ini sudah lama terkenal memiliki kondisi kemacetan yang buruk dan masih berlangsung hingga sekarang. Masalahnya, banyak modal masuk ke kota tersebut sehingga menambah pekerjaan, bisnis, dan orang.

Pemerintahnya sudah membangun infrastruktur untuk mengatasi kemacetan, namun masyarakat masih enggan beralih ke transportasi umum.

4. Moskow

Naik mobil di jalan tol dalam kota Moskow ketika jam pulang-pergi kantor benar-benar cocok untuk orang yang panjang sabar. Jalanan yang harusnya bisa dilalui dalam setengah jam menjadi 57 menit. Bahkan di luar jam tersebut jalanan pun kondisinya tidak jauh berbeda.


Source: liputan6.com
Batas Akhir Lapor Pajak Pakai e-Filling Mundur Jadi 30 April 2016

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan memperpanjang batas waktu pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi. Semula batas akhir pelaporan tersebut adalah 31 Maret 2016. Namun dengan perpanjangan tersebut, maka batas akhir pelaporan menjadi 30 April 2016.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak, Mekar Satria Utama, mengatakan Ditjen Pajak memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Wajib Pajak atas antusiasme melaporkan SPT Tahunan PPh Orang pribadi secara elektronik.

Namun memang terjadi kendala di sistem pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi secara elektronik melalui e-filling dan e-SPT. Oleh karena itu, Ditjen Pajak menyampaikan permohonan maaf terkait adanya kendala teknis di sistem pelaporan tersebut yang mengakibatkan proses pelaporan SPT Tahunan secara elektronik menjadi terhambat.

Baca Juga

  • Begini Cara Lapor SPT Pajak Buat Suami Istri yang Bekerja
  • Punya 2 Slip Gaji, Begini Lapor SPT Pajaknya
  • KPP Tanah Abang Dua Lampaui Target Laporan Pajak Melalui E-Filing

Source: liputan6.com
Pernyataan Yellen Dorong Penguatan Rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali menguat pada perdagangan Rabu pekan ini. Penguatan rupiah ini terjadi setelah Gubernur Bank Sentral AS (The Fed) Janet Yellen melakukan pidato di Economic Club of New York.

Mengutip Bloomberg, Rabu (30/3/2016) rupiah dibuka pada level 13.300 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.395 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang, nilai tukar rupiah berada di kisaran 13.217 per dolar AS hingga 13.377 per dolar AS. Jika dihitung sejak awal tahun, rupiah masih menguat 3,95 persen.

Baca Juga

  • Rupiah Melemah ke 13.312 per Dolar AS di Awal Pekan Ini
  • Rupiah Sentuh 13.323 per Dolar AS, IHSG Susut 17 Poin
  • Rupiah Masih Melemah, Sempat Sentuh 13.206 per Dolar AS

Source: liputan6.com
Harga Premium dan Solar Turun Rp 500

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk jenis Premium dan juga Solar. Besaran penurunan Rp 500 per liter dan akan berlaku mulai 1 April 2016.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menjelaskan, pemerintah telah memutuskan untuk menurunkan harga Premium dan Solar dengan besaran masing-masing Rp 500 per liter. Penurunan tersebut disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku dan juga untuk merefleksikan penurunan harga minyak dunia. 

"Dalam regulasi memang meminta pemerintah untuk tidak melepas harga BBM sepenuhnya ke pasar. Maka tugas dari pemerintah untuk menjaga sehingga tercipta kestabilan, naik atau turun tidak tinggi," jelas Sudirman di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/3/2016). 

Berdasarkan landasan tersebut, pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga Premium dari Rp 6.950 per liter menjadi Rp 6.450 ribu per liter. Sedangkan untuk Solar turun menjadi Rp 5.150 per liter dari sebelumnya Rp 5.650 per liter. "Untuk minyak tanah tetap," tambah Sudirman. 

Pemerintah akan tetap konsisten untuk mengevaluasi harga BBM setiap 3 bulan sekali. "Harga baru ini sudah mempertimbangkan harga pada Juli yang sudah memasuki Lebaran. Mudah-mudahan sampai 6 bulan ke depan harga ini bisa dipertahankan jadi masyarakat bisa merencanakan segala macam," tutur Sudirman. 

Baca Juga

  • Ini Dampak Jika BBM Dikenai Cukai
  • Harga Pertamax Cs Turun Hari Ini, Cek Daftarnya
  • Harga BBM RI Disebut Mahal, Pertamina Angkat Bicara

Source: liputan6.com
Kebiasaan 6 Orang Sukses di Malam Hari

Liputan6.com, Jakarta - Orang sukses tentu memiliki banyak aktivitas. Tetapi, bukan berarti mereka kehilangan kehidupan pribadinya.

Meskipun beberapa dari mereka ada yang memikirkan lagi mengenai pekerjaan, ada juga yang memilih untuk menikmati waktu luangnya.

Mereka tetap melakukan hal yang produktif, di pagi maupun malam hari. Mungkin Anda bisa meniru salah satunya agar rutinitas lebih bermanfaat. Anda bisa memikirkan kegiatan lain yang lebih menyenangkan.

Melansir dari Life Hack, Rabu (30/3/2016) berikut adalah 6 orang sukses dengan kebiasaan mereka di malam hari setelah selesai melakukan aktivitas.

1. Barack Obama

Kebiasaan: persiapan untuk besok

Entah karena sifat atau tuntutan pekerjaan, Presiden Obama sering menghabiskan beberapa jam setiap malam, mengatur jadwal untuk bertugas keesokan harinya. Dia menuliskan kegiatannya secara menyeluruh agar dirinya bisa sesiap mungkin dalam menghadapi hari, bahkan juga memecahkan permasalahan dengan matang. Anda bisa menirunya dengan membuat jadwal kegiatan pada waktu-waktu yang penting.

2. Vera Wang

Kebiasaan: mencari inspirasi

Setelah memeriksa email dari staf, Vera Wang akan mengalokasikan sebagian dari malamnya untuk berekspresi mengenai desain. Karena sifat yang terarah, hal ini membuat Wang lebih lancar dalam mengalirkan ide-idenya di saat yang penting.

Mencontoh Vera Wang, bukan berarti Anda harus terus memikirkan pekerjaan saat pulang. Namun tidak ada salahnya bila Anda melakukan beberapa tindakan kecil untuk menghindari pekerjaan di luar dugaan.

3. Joel Gascoigne

Kebiasaan: berjalan santai

Setiap sore, setelah semua pekerjaannya selesai, CEO Buffer, Joel Gascoigne memanfaatkan 20 menitnya untuk berjalan kaki. Dia akan melakukan ini sebelum akhirnya merelaksasikan diri dan tidur. Gascoigne melakukan ini agar dia merasa lelah hingga akhirnya mudah untuk beristirahat.


Source: liputan6.com
Seskab Pramono: Hanya Harga BBM Malaysia Lebih Murah dari RI

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah mengumumkan penurunan harga BBM untuk berlaku 1 April 2016. Premium menjadi Rp‎ 6.450 dari sebelumnya Rp 6.950 dan Solar menjadi Rp 5.150 dari sebelumnya Rp 5.650.

Dengan harga tersebut maka harga BBM di Indonesia tercatat sebagai yang termurah ke dua di ASEAN. Harga BBM termurah di ASEAN masih dipegang Malaysia dengan Petronas sebagai penyedianya.

"‎Banyak persepsi harga BBM kita termasuk yang mahal, kenyataannya, misalnya di Asean, harga kita dibanding negara lain, yang lebih murah hanya Malaysia, sementara untuk Vietnam, Filipina, Thailand dan negara lainnya itu lebih mahal. Ini untuk Solar," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

 

Baca Juga

  • Harga Pertamax Cs Turun Hari Ini, Cek Daftarnya
  • Ini Dampak Jika BBM Dikenai Cukai
  • Harga BBM Turun, Tarif Angkutan Umum Ikut Direvisi

Source: liputan6.com
Harga Baru BBM Bakal Bertahan Hingga 6 Bulan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri ESDM Sudirman Said‎ telah mengumumkan harga baru BBM untuk jenis Premium dan Solar. Masing-masing turun Rp 500, dengan rincian Premium menjadi Rp 6.450 per liter dan Solar menjadi Rp 5.150 per liter.

Sudirman menjelaskan harga baru ini ditetapkan sudah mempertimbangkan berbagai‎ kondisi ekonomi selama tiga bulan ke depan termasuk perayaan Lebaran yang akan jatuh pada Juni-Juli.

"Karena itu mudah-mudahan sampai enam bulan ke depan harga ini bisa kita pertahankan, sehingga masyarakat bisa menyusun rencana dengan baik dan juga tidak terganggu naik turunnya harga BBM yang telalu berfluktuasi," kata Sudirman Said di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Harga baru BBM ini akan berlaku mulai 1 April 2016 pukul 00.00 WIB. Ia menuturkan, harga BBM menjadi salah satu instrumen dasar untuk menentukan daya beli masyarakat‎. Jadi secara langsung akan mempengaruhi angka inflasi setiap bulan.

 

Baca Juga

  • Harga BBM RI Disebut Mahal, Pertamina Angkat Bicara
  • Harga BBM Turun, Tarif Angkutan Umum Ikut Direvisi
  • Harga Premium dan Solar Turun Rp 500 Mulai 1 April

Source: liputan6.com
Top 3: Pemilik NPWP Wajib Lapor SPT Sedot Perhatian

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) mewajibkan seluruh pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi. Ketentuan ini berlaku pula untuk wajib pajak (WP) berpenghasilan di bawah Upah Minimum Regional (UMR).

Demikian disampaikan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanah Abang Dua, Dwi Astuti saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

"Siapa pun yang punya NPWP harus lapor. Begitu dia mempunyai NPWP, maka kewajiban melapor pajak melekat pada dirinya," tegasnya.

Menurut Dwi, seseorang yang mengantongi pendapatan di bawah UMR tidak diharuskan memiliki NPWP mengingat masuk dalam kategori Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Hanya saja diakuinya, saat ini institusi pemerintah maupun perusahaan swasta mensyaratkan kepemilikan NPWP di hampir semua pekerjaan.

Artikel Pemilik NPWP Wajib Lapor SPT, Termasuk yang Bergaji di Bawah UMR telah menyedot perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu pekan ini. Ingin tahu artikel mana saja yang menyita perhatian? Berikut tiga artikel yang dirangkum pada Rabu sore pekan ini:

1. Pemilik NPWP Wajib Lapor SPT, Termasuk yang Bergaji di Bawah UMR

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) mewajibkan seluruh pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi. Ketentuan ini berlaku pula untuk wajib pajak (WP) berpenghasilan di bawah Upah Minimum Regional (UMR).

Demikian disampaikan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanah Abang Dua, Dwi Astuti saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Rabu 30 Maret 2016.

"Siapa pun yang punya NPWP harus lapor. Begitu dia mempunyai NPWP, maka kewajiban melapor pajak melekat pada dirinya," tegasnya.

Menurut Dwi, seseorang yang mengantongi pendapatan di bawah UMR tidak diharuskan memiliki NPWP mengingat masuk dalam kategori Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Hanya saja diakuinya, saat ini institusi pemerintah maupun perusahaan swasta mensyaratkan kepemilikan NPWP di hampir semua pekerjaan. Selengkapnya baca di sini

2. Harga Pertamax Cs Turun Hari Ini, Cek Daftarnya

PT Pertamina (Persero) menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Umum non subsidi jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex dan Pertalite masing-masing sebesar Rp 200 per liter. Penurunan harga BBM non subsidi ini merefleksi penurunan harga minyak mentah dunia.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, pada pertengahan Maret lalu Pertamina telah menurunkan harga BBM non subsidi sebesar Rp 200 per liter. Terhitung 30 Maret 2016 pukul 00.00 WIB, Pertamina kembali menurunkan harga Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex dan Pertalite sebesar masing-masing Rp 200 per liter.‎ Selengkapnya baca di sini

3. Jokowi: DPR Jangan Terlalu Banyak Bikin UU

Presiden Joko Widodo resah masih banyaknya aturan dan perizinan yang menghambat pembangunan. Salah satunya Undang-undang yang terlalu banyak.

Jokowi mengatakan, saat ini Indonesia memiliki 42 ribu aturan yang perlu dirampingkan. Aturan itu mencakup Undang-Undang, Peraturan Daerah, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri aturan lainnya.
Dia mencontohkan di Kemendagri ada 3.000 perizinan yang tidak perlu dan menghambat pembangunan. Dia meginginkan aturan yang tidak perlu tersebut langsung dibuang tanpa harus dilakukan pengkajian. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Kapal Batu Bara RI Dibajak, Listrik Filipina Terancam

Liputan6.com, Jakarta - Aksi penyanderaan kapal pengangkut batu bara yang berisi 10 orang Warga Negara Indonesia (WNI) membuat ‎pengusaha batu bara waspada mengirim batu bara ke Filipina bahkan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Filipina terancam kehilangan pasokan batubara.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemasok Energi dan Batubara Indonesia (Aspebindo) Ekawahyu Kasih mengatakan‎, pengusaha batu bara Indonesia sudah puluhan tahun memasok ke Filipina tapi belum pernah mengalami masalah keamanan seperti yang terjadi dalam pekan ini.

"Batu bara Indonesia dikirim ke Filipina bukan terjadi saat ini suda puluhan tahun. Itu jalur perdagangan normal walaupun ada yang disebut wilayah konflik," kata Eka, di Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Baca Juga

  • Kemlu: 10 WNI yang Disandera di Filipina dalam Kondisi Sehat
  • Sandera 10 ABK RI, Abu Sayyaf Beri Batas Waktu hingga 8 April
  • Kemlu: 1 Kapal Berbendera RI yang Dibajak di Filipina Dibebaskan

Source: liputan6.com
Tenggat Lapor Pajak E-Filing Mundur, DJP Hapus Denda Rp 100 Ribu

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai kompensasi mundurnya batas waktu pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi menjadi 30 April 2016, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) menghapus sanksi administrasi sebesar Rp 100 ribu. Denda tersebut pada dasarnya dikenakan bagi Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi yang terlambat melaporkan pajaknya.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Mekar Satria Utama mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan keputusan Dirjen Pajak Nomor KEP-49/PJ/2016.

Keputusan ini tentang Pengecualian Pengenaan Sanksi Administrasi Berupa Denda atas Keterlambatan Penyampaian SPT bagi WP Orang Pribadi yang menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Elektronik.

"Untuk pengecualian pengenaan sanksi, pernah kita berikan di 2014. Lalu pada 2015 tidak diberikan lagi karena lancar-lancar saja, tidak ada tumpukan antrean yang banyak. Tapi sekarang diberikan lagi karena melihat kondisinya akan terjadi keterlambatan (laporan SPT)," ujar Mekar saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Dengan perpanjangan tenggat waktu penyerahan SPT melalui e-filing, diakuinya, WP Orang Pribadi dibebaskan dari sanksi administrasi berupa denda Rp 100 ribu. Sanksi tersebut diatur dalam Undang-undang (UU) tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP). "Iya pengecualian pengenaan denda sebesar Rp 100 ribu untuk WP Pribadi," tegasnya.

Baca Juga

  • Citi Indonesia Kumpulkan Setoran Pajak Hingga Rp 60 Triliun
  • Batas Akhir Lapor Pajak Pakai e-Filling Mundur Jadi 30 April 2016
  • Konsultasi Pajak: Data NPWP Bisa Diintip Perusahaan

Source: liputan6.com