Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Sabtu, 26 Maret 2016
Harga BBM Turun, Pengusaha SPBU Bakal Dapat Kompensasi

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tergabung dalam‎ Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas)‎ siap menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hiswana Migas wilayah DKI Jakarta, Jawa barat dan Banten Juan Tarigan mengatakan, meski akan ada penurunan harga pada April mendatang, Hiswana Migas tidak akan mengalami kerugian, karena pemerintah telah memberikan kompensasi untuk pengusaha.

‎"Yang pasti secara bisnis sudah ada kompensasi, keyakinan kami tidak jauh beda dengan Januari," kata Juan, saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti yang dikutip di Jakarta, Jumat (25/3/2016).

Baca Juga

  • Menteri ESDM: 1 April, Harga BBM Turun Tak Sampai Rp 1.000
  • Pengusaha SPBU: Pemerintah Sudah Informasikan Harga BBM Turun
  • Pemerintah Beri Sinyal Penurunan Harga BBM pada April Nanti

Source: liputan6.com
Perempuan Ini Mampu Raup Jutaan Dolar dari Youtube

Liputan6.com, Jakarta - Lilly Singh punya delapan juta pelanggan dan satu miliar orang yang melihat videonya di situs berbagi video, YouTube.

Tahun lalu, ia meraup US$ 2,5 juta dan membuatnya menjadi salah satu bintang YouTube dengan pendapatan terbesar di dunia.

Film panjangnya yang berjudul "A Trip to Unicorn Island" adalah salah satu yang pertama kali didistribusikan dalam versi premium situs itu, YouTube Red. Keberhasilannya terus berlanjut.

Ia memenangkan Streamy Award pada 2015. Forbes 2005 dan 2016 memasukkan namanya ke dalam 30 orang yang sukses di usia di bawah 30 tahun.

Baca Juga

  • Tak Disangka, Konsep Awal YouTube Adalah Situs Kencan Video
  • Kaesang Jokowi Pamer Otot dengan Singlet di Video YouTube
  • Aplikasi YouTube Akan Hadir dengan Tampilan Baru?

Source: liputan6.com
5 Insinyur Wanita Paling Berpengaruh di Dunia
Hampir seluruh kegiatan manusia di dunia dapat terjadi karena bantuan dari para insinyur. Dari mulai mengalirkan air dan listrik, membangun rumah, menyalakan mobil, telepon, komputer, dan televisi, sampai menemukan teman kencan lewat aplikasi.
Source: liputan6.com
40 BUMN Tolak Ikut Program Pensiun BPJS Ketenagakerjaan

Liputan6.com, Jakarta - Dari 119 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia, sebanyak 40 perusahaan tercatat tidak ikut serta dalam program Jaminan Pensiun (JP) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Penyebabnya, perusahaan menghindari pembayaran dua kali iuran program Jaminan Pensiun.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Santoso mengungkapkan, BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan 4 program jaminan, yakni Jaminan Kecelakaan (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

"Sebanyak 40 BUMN telah mengikuti 3 program, yaitu JKK, JKM, JHT. Tapi sampai saat ini masih enggan ikut program JP," kata Agus saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (25/3/2016).

Baca Juga

  • Jokowi Lantik Pengurus Baru BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan
  • BPJS Ketenagakerjaan Bidik Dana Kelola Rp 246 Triliun
  • Sekarang, Bayar Iuran BPJS Kesehatan Bisa di Pegadaian

Source: liputan6.com
Hal yang Dibutuhkan untuk Jadi Pengusaha Sejati

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang kini dengan mudah menyebut dirinya sebagai enterpreneur atau pengusaha. Padahal, menjadi pengusaha sejati bukanlah hal yang mudah.

Bahkan saat ini terdapat istilah wantepreneur untuk membedakan pengusaha sejati atau enterpreneur. Kosakata wanteprenuer merupakan isitlah yang diciptakan pebisnis Amerika Mark Cuban.

Dikutip dari Themalaymail, Jumat (25/3/205), seorang pengusaha sejati ialah orang yang selalu mengatasi kegagalan. Mereka bangkit dengan cepat ketika terjatuh dan menjadi pengalaman hidup.

Pengusaha sejati juga terus belajar pada hal-hal baru. Ibaratnya, seseorang tidak hanya tinggal di sekolah untuk belajar. Seperti halnya Richard Branson yang mengatakan bahwa motivasi terbesarnya ialah menantang dirinya sendiri.

"Motivasi terbesar saya? Hanya menantang diri saya sendiri," kata dia.

Seorang pengusaha sejati juga harus memiliki mimpi besar. Pengusaha sejati harus berani menciptakan hal yang orang sebut tidak mungkin menjadi terwujud.

Lebih lanjut, pengusaha sejati identik dengan pengorbanan. Entah itu sesuatu yang kecil ataupun yang besar.

Pengusaha sebenarnya ialah bekerja dengan keras dan cerdas untuk kesuksesan sejati. Berbeda dengan wantpreneur yang bermain dengan pencitraan sukses yang sekarang.

"Aku tidak tahu siapa saja yang berada di puncak tanpa kerja keras. Itu resepnya. Itu tidak akan selalu membawa Anda  ke puncak, tetapi akan membuatmu sangat dekat," kata Margaret Thatcher.

Kunci lain untuk menjadi pengusaha sukses adalah kerjasama tim. Ide besar tidak berhasil tanpa pemimpin yang tepat, mampu mengatur, dan kerja sama dalam hal apapun. "Komitmen individu untuk kelompok," ujar Vince Lombardi.(Amd/Nrm)


Source: liputan6.com
Strategi Pertamina Percepat Penyaluran BBM di Perairan Sulut

Liputan6.com, Manado - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VII mengoperasikan Kapal  Self Propelled Oil Barge (SPOB) Fajar Mekar 1 untuk mendistribusikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah kepulauan Sulawesi Utar. Pengoperasian kapal ini bertujuan memangkas waktu penyaluran BBM di wilayah tersebut.

GM Marketing Operation Region VII Sulawesi Tengku Badarsyah mengatakan,‎ sebelumnya pendistribusian BBM di wilayah tersebut terbilang rumit karena dari terminal BBM diangkut menggunakan mobil tanki. Selanjutnya mobil tangki dipindahkan ke drum yang diangkut dengan kapal kayu. Proses tersebut tentunya memakan waktu.

"Sebelumnya pendistribusian BBM di wilayah tersebut dilakukan menggunakan drum yang diangkut dengan kapal kayu," kata dia di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (25/3/2016).

Menurut Badarsyah, dengan penggunaan SPOB, proses loading BBM menjadi lebih cepat karena BBM dari terminal langsung ke kompartemen kapal.

Baca Juga

  • Harga Jatuh, Pertamina Bor Minyak di Luar Negeri
  • Sumur Terbakar Tidak Pengaruhi Produksi Pertamina EP
  • Produksi Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Naik Pesat

Source: liputan6.com
Pekerjaan dengan Kesenjangan Penghasilan Terbesar

Liputan6.com, Jakarta - Pegawai perempuan mendapatkan kesenjangan penghasilan cukup besar dengan pegawai laki-laki. Sejumlah studi menemukan kesenjangan penghasilan dilihat dari jenis kelamin berdasarkan bidang pekerjaan.

Dari laporan dirilis Glassdoor menyebutkan kalau pegawai perempuan lebih kurang dibayar ketimbang pria dalam posisi sama yang berkualitas dan perusahaan sama.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 505 ribu laporan gaji dari sejumlah pegawai di 25 sektor industri menyebutkan kalau pegawai perempuan yang merupakan ahli komputer menanggung kesenjangan terbesar. Penelitian itu dilakukan dengan melihat usia, pengalaman, perusahaan, negara, industri, tingkat pendidikan, dan jabatan.

"Uang dianggap batas akhir. Orang sering enggan untuk berbicara tentang berapa banyak mereka membuat dan bagaimana berinvestasi, dan yang dapat menyebabkan wanita tidak menyadari seberapa besar kesenjangan upah sebenarnya," ujar Sallie Krawcheck, Chief Executive Officer and co-Founder Ellevest, seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (26/3/2016).

 

Baca Juga

  • Gaji Besar, Apa Karyawan Facebook Bahagia?
  • Ini Alasan Pekerja Bergaji Besar Tetap Wajib Ikut Tapera
  • Ingin Penghasilan Tinggi? Yuk Cermat Pilih Jurusan Kuliah

Source: liputan6.com
Top 3: Hal yang Dibutuhkan Pengusaha Sejati

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang kini dengan mudah menyebut dirinya sebagai enterpreneur atau pengusaha. Padahal, menjadi pengusaha sejati bukanlah hal yang mudah.

Bahkan saat ini terdapat istilah wantepreneur untuk membedakan pengusaha sejati atau enterpreneur. Kosakata wanteprenuer merupakan isitlah yang diciptakan pebisnis Amerika Mark Cuban.

Dikutip dari Themalaymail, Jumat 25 Maret 2016, seorang pengusaha sejati ialah orang yang selalu mengatasi kegagalan. Mereka bangkit dengan cepat ketika terjatuh dan menjadi pengalaman hidup.

Artikel hal yang dibutuhkan untuk jadi pengusaha sejati telah menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com menyambut akhir pekan ini.

Ingin tahu artikel mana saja yang terpopuler di kanal bisnis? Berikut tiga artikel terpopuler seperti dirangkum pada Sabtu (26/3/2016):

1. Hal yang Dibutuhkan untuk Jadi Pengusaha Sejati

Banyak orang kini dengan mudah menyebut dirinya sebagai enterpreneur atau pengusaha. Padahal, menjadi pengusaha sejati bukanlah hal yang mudah.

Bahkan saat ini terdapat istilah wantepreneur untuk membedakan pengusaha sejati atau enterpreneur. Kosakata wanteprenuer merupakan isitlah yang diciptakan pebisnis Amerika Mark Cuban.

Dikutip dari Themalaymail, Jumat (25/3/205), seorang pengusaha sejati ialah orang yang selalu mengatasi kegagalan. Mereka bangkit dengan cepat ketika terjatuh dan menjadi pengalaman hidup. Selengkapnya baca di sini

2. Begini Kondisi Nelayan dan Industri Perikanan RI

Anggota Komisi IV DPR RI Mindo Sianipar menggambarkan kehidupan para nelayan tradisional lokal yang saat ini membaik. Itu dampak dari berbagai kebijakan yang dikeluarkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.
 
Kondisi berbeda justru terjadi pada perusahaan perikanan kecil sampai besar terkait sejumlah kebijakan Menteri Susi tersebut. Mereka pun dikabarkan melakukan aksi demo menuntut perubahan kebijakan.

"Demo berasal dari perusahaan perikanan yang punya kapal di sini tapi tidak bisa beroperasi. Mungkin ada ribuan kapal ya," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat 25 Maret 2016.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) seperti diketahui telah menerbitkan dan menjalankan aneka ragam aturan, diantaranya melarang kapal eks asing beroperasi di laut Indonesia, membatasi penangkapan tiga spesies perikanan, melarang penggunaan alat tangkap ikan jenis pukat harimau (trawls), pukat tarik, dan kebijakan lainnya. Selengkapnya baca di sini

3. Yuk, Ikutan Sayembara Beri Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Ada hal unik seiring pelaksanaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menggelar sayembara pemberian nama kereta cepat Jakarta-Bandung yang dibuka untuk masyarakat umum.

Mengutip laman media sosial Facebook Kereta Cepat Indonesia, sayembara ini akan berakhir pada 31 Maret 2016. Adapun syarat untuk ikut sayembara ini, antara lain merupakan warga negara dan bertempat tinggal di Indonesia. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Libur Panjang, Okupansi Hotel di Kota Besar Turun

Liputan6.com, Jakarta - Libur panjang akhir pekan ini membuat tingkat isian kamar (okupansi) hotel di kota-kota besar Indonesia menurun. Namun demikian, okupansi hotel di daerah tujuan wisata juga meningkat hingga dua kali lipat.

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Haryadi Sukamdani mengatakan, pada libur panjang ini, tingkat okupansi hotel di kota-kota besar seperti Jakarta mengalami penurunan dari biasanya 70 persen menjadi 30 persen.

"Kalau kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Makasar itu rendah. Di kota besar, bisa drop sekitar 30 persen. Normalnya bisa running 70 persen," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (26/3/2016).

Baca Juga

  • Duo Jangkung Ini Jadi Magnet Pengunjung Ragunan
  • Libur Panjang Paskah, Ragunan Masih Sepi Pengunjung
  • Libur Panjang Tak Keluar Kota, ke Pasar Santa Saja

Source: liputan6.com
Konsumsi Rumah Tangga Topang Ekonomi AS

Liputan6.com, New York - Ekonomi Amerika Serikat (AS) tumbuh lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Hal itu didukung dari belanja rumah tangga lebih kuat sehingga membantu dari ekspansi melambat akibat pelemahan ekonomi global.

Pertumbuhan ekonomi alami kenaikan 1,4 persen dari perkiraan sebelumnya 1 persen. Hal itu berdasarkan laporan Departemen Perdagangan pada akhir pekan ini. Pada kuartal III, pertumbuhan ekonomi mencapai dua persen.

Berdasarkan survei Bloomberg kepada 73 ekonom, pertumbuhan ekonomi hanya satu persen pada kuartal IV 2015. Pada 2015, ekonomi AS tumbuh 2,4 persen. Angka pertumbuhan kuartal IV ini tercermin dari biaya dihabiskan pada layanan terutama rekreasi dan transportasi.

 

Baca Juga

  • Suku Bunga Diputuskan Tetap Bikin Bursa AS Menguat
  • Bank Dunia: Ekonomi RI Bakal Tumbuh 5,1%
  • Dihantui The Fed, Wall Street Ditutup Bervariasi

Source: liputan6.com
700 Bajaj per Hari Serbu Pengisian BBG PGN di Monas

Liputan6.com, Jakarta - Langkah PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyediakan unit pengisian bahan bakar gas (BBG) berjalan atau mobile refueling unit (MRU) banyak dimanfaatkan oleh pengendara angkutan umum maupun pribadi.

Saat ini anak usaha PGN yaitu PT Gagas Energi Indonesia mengelola empat MRU yang berlokasi di Pluit, Grogol, Monas dan Bogor.

Staf Administrasi MRU Monas Agus Supriyono mengatakan, MRU tersebut melayani pengisian BBG untuk bajaj, angkutan umum, kendaraan pribadi hingga kendaraan dinas pemerintah untuk setiap hari. Untuk bajaj saja, setidaknya MRU yang terletak di Lapangan Irti Monas ini melayani sekitar 700 bajaj per hari.

"Per hari kurang lebih 700 bajaj. Kemudian ada juga kendaraan dinas kementerian seperti dari Kementerian BUMN, Kementerian Pertahanan dan kendaraan pribadi," ujar Agus saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti di tulis Sabtu (26/3/2016).

 

Baca Juga

  • PGN Siap Salurkan 8 Kargo LNG di Tahun Ini
  • Jaringan Gas PGN di Mal Mudahkan Pengelola Gerai Makanan
  • PGN Pasok Gas 24 Jam bagi Pelanggan Rumah Tangga

Source: liputan6.com
BUMN Gelar Penanaman 10 Ribu Pohon di Jalan Tol Cikampek

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencanangkan Program Sinergi BUMN Hijaukan Negeri sebagai bagian untuk melestarikan lingkungan dalam rangka mengatasi efek rumah kaca dan mengurangi global warming.

Sinergi BUMN ini diinisiasi oleh PT Jasa Marga Tbk dan PT Bank Negara Indonesia Tbk melalui program Penanaman 10.000 Pohon Sepanjang Ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Adityawarman mengatakan, program penghijauan tahap I dilakukan pada di KM 59 kawasan I Tol Jakarta Cikampek. Adapun Jasa Marga sebagai pemilik lahan kawasan tol dan BNI sebagai penyedia bibit pohon.

Dia menjelaskan, jalan Tol Jakarta-Cikampek menjadi salah satu ruas yang banyak dilalui oleh kendaraan. Pada 2015, pihaknya mencatat ada sekitar 2,5 miliar kendaraan yang melintasi ruas tersebut.

 

Baca Juga

  • Kurangi Risiko Rugi Kurs, SKK Migas Gandeng Tiga Bank BUMN
  • Sinergi BUMN Bakal Dongkrak Bayar Tol Pakai e-Payment
  • 40 BUMN Tolak Ikut Program Pensiun BPJS Ketenagakerjaan

Source: liputan6.com
Miliarder Ini Ekspansi Bisnis Minuman Soda di Afrika

Liputan6.com, New York - Mohammed Dewji memiliki rencana ambisius untuk menantang merek besar di Afrika. Daftar merek besar jadi sasarannya antara lain Coca Cola, Red Bull dan Fanta.

"Kami mengambil Coca Cola dengan merek kami sendiri disebut Mo Cola. Kami juga berjuang untuk ambil merek Red Bull dengan Mo Energy Drink. Seperti mereka memiliki fanta, kami juga memiliki merek sendiri," tutur CEO Grup MeTL Mohammed Dewji, seperti dikutip dari laman CNN Money, Sabtu (26/3/2016).

Coca Cola berada di Afrika mencapai 88 tahun, dan dapat ditemui di mana-mana. Dengan kehadiran merek minuman bersoda Dewji, pihaknya mengambil pangsa pasar 3,5 persen dari total pangsa pasar di Tanzania sejak diluncurkan dua tahun lalu.

"Jika saya dapat mengambil pangsa pasar 15 persen maka saya akan membuat uang besar," tutur dia.

Hal itu tidak menjadi tantangan baru bagi Dewji. Ia mengambil bisnis ayahnya senilai US$ 30 juta, dan meningkatkan pertumbuhan hingga menjadi konglomerat di Afrika. Pendapatan perseroan mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 19,88 triliun (asumsi kurs Rp 13.258 per dolar Amerika Serikat) dalam 10 tahun.

Baca Juga

  • Miliarder Ini Pernah Lupakan Keluarga demi Bisnis
  • 6 Hal yang Bikin Uang Miliarder Makin Melimpah
  • Kenapa Tiongkok Lebih Cepat Cetak Miliarder Meski Ekonomi Lesu?

Source: liputan6.com
Menteri Rini: BUMN Siap Kelola Blok Masela

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan BUMN siap ditugaskan untuk mengelola Blok Masela.

Pengelolaan terkait lapangan gas abadi tersebut kembali mencuat setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memutuskan pembangunan kilang akan dilakukan di darat (onshore).

Rini mengatakan, pemerintah belum memutuskan siapa yang nantinya akan mengelola blok tersebut. Namun, jika Presiden Jokowi menugaskan BUMN untuk mengelolanya, dia memastikan perusahaan plat merah yang bergerak di sektor minyak dan gas (migas) siap melaksanakan tugas tersebut.

"Kami dari BUMN siap. Ya kemungkinan (masuk) Insya Allah. Kami berharapnya begitu, tapi belum tahu," ujar dia di Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (26/3/2016).

Baca Juga

  • Pertamina Siap Investasi di Blok Masela
  • Hipmi: Pengusaha Lokal Jangan Jadi Penonton di Masela
  • SKK Migas Dorong Pertamina Terlibat Pengelolaan Blok Masela

Source: liputan6.com
Kajian Independen soal Holding BUMN Telah Rampung

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan pihaknya masih merampungkan sejumlah kajian terkait rencana holding BUMN. Ada holding ini diharapkan membuat perusahaan-perusahaan pelat merah lebih kuat dan berdaya saing.

Rini mengatakan, hingga saat ini proses kajian tersebut masih berlangsung. Sejauh ini, pihaknya telah menentukan sektor BUMN yang akan dibentuk holding.

"Holding itu lagi jalan. Kan ada perbankan, perumahan, infrastruktur, keuangan, energi," ujar dia di Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (26/3/2016).

Dia menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam rangka finalisasi rencana ini, salah satunya terkait dengan peninjauan Peraturan Pemerintah (PP) terkait dengan BUMN.

 

Baca Juga

  • Kementerian BUMN Segera Realisasikan Holding Perbankan
  • Nasib Holding BUMN Ada di Tangan 3 Perusahaan Ini
  • DPR Minta Holding Perbankan Tak Timbulkan PHK

Source: liputan6.com
Biaya untuk Anak Perempuan Lebih Mahal Ketimbang Laki-laki?

Liputan6.com, Jakarta - Untuk membesarkan anak memang tidak mudah. Orangtua ingin anaknya tumbuh sehat, memiliki sikap baik dan pintar. Selain itu, setiap orangtua juga menyiapkan dana mulai dari pendidikan, kesehatan, pakaian dan lainnya.

Berdasarkan penelitian dan survei menyebutkan kalau jenis kelamin anak juga mempengaruhi besaran anggaran orangtua. Dari survei yang dilakukan memang terdapat kesimpulan yang berbeda.

Ada yang menyebutkan biaya anak perempuan jauh lebih mahal ketimbang laki-laki. Bahkan sebaliknya ada juga sebutkan kalau biaya anak laki-laki jauh lebih besar. Demikian mengutip laman Marketwatch, Sabtu (26/3/2016).

Di Amerika Serikat, apakah memiliki seorang putra, putri atau keduanya satu hal yang jelas sangat mahal untuk membesarkannya. Data pemerintah menunjukkan, biaya rata-rata keluarga sekitar US$ 245.340 atau sekitar Rp 3,25 miliar (asumsi kurs Rp 13.258 per dolar Amerika Serikat) hingga usia 17 tahun.

Baca Juga

  • 5 Cara Didik Anak Supaya Tidak Boros
  • 4 Pertanyaan Penting tentang Uang Sebelum Menikah
  • 3 Tips Menyiapkan Anggaran Anak

Source: liputan6.com
Menteri Rini Harap BI Rilis Izin Perusahaan Switching pada Mei

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan izin dari Bank Indonesia (BI) terkait pembentukan perusahaan switching akan diperoleh pada Mei 2016.

Dengan demikian, perbankan BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank-Bank Umum Milik Negara (Himbara) tidak perlu lagi mengakuisisi perusahaan switching yang telah ada.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, pada awalnya bank-bank yang tergabung dalam Himbara berniat untuk mengakui perusahaan switching yang telah ada yaitu Artajasa. Namun lantaran nilai akuisisi yang terlalu mahal maka BUMN memutuskan untuk membentuk perusahaan switching sendiri.

"Kami bicara dengan Artajasa, tetapi kelihatannya pembicaraannya belum memberikan hasil," ujar dia di Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (26/3/2016).

Untuk membentuk perusahaan switching sendiri, lanjut Rini dibutuhkan izin dari Gubernur Bank Indonesia (BI). Sebab, dalam aturan BI, perusahaan perbankan tidak boleh memiliki anak usaha di luar sektor jasa keuangan.

Baca Juga

  • Jaringan ATM Prima Buat Daftar Bank Tercepat Selesaikan Komplain
  • BI Ingin Bank Efisien Agar Bunga Turun
  • ATM Himbara Diluncurkan, 4 Bank Ini Hemat Rp 7 Triliun per Tahun

Source: liputan6.com
Antisipasi Arus Balik, Petugas Tol Cipali Bertambah 40%

Liputan6.com, Jakarta - Operator jalan tol PT Lintas Marga Sedaya (LMS) menambah jumlah petugas gardu transaksi hingga 40 persen di gerbang Jalan Tol Cikopo-Palimanan.

Ini sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan dan mengantisipasi lonjakan pengguna jalan tol selama libur panjang Hari Raya Paskah, 25–27 Maret 2016.

Wakil Direktur Utama LMS Hudaya Arryanto, mengatakan lalu lintas harian rata-rata sepanjang tol Cipali yang normalnya 25 ribu kendaraan per hari diperkirakan meningkat sampai 40 persen.

Untuk itu, LMS melakukan langkah antisipasi dengan sejumlah persiapan di lapangan antara lain dengan membuka maksimal gerbang-gerbang tol utama, yaitu 15 gardu di pintu tol Cikopo dan 11 gardu di Palimanan.

Jumlah ini masih ditambah lagi dengan 6 gardu satelit tambahan. Di dua gardu utama tersebut, LMS menambah jumlah petugas tol hingga 40 persen.

"Kami berupaya untuk memberikan pelayanan yang cepat dan baik untuk masyarakat pengguna jalan tol Cipali. Karena itu, kami membuka lebih banyak gardu pembayaran dan menambah personil di Gerbang Tol Cikopo dan Palimanan," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (26/3/2016).

Baca Juga

  • Libur Paskah, Antrean di Gerbang Tol Cipali Mencapai 1 Kilometer
  • Tarif Tol Cipali Diskon 30% Mulai Bulan Depan
  • Lima Ruas Tol Ini Siap Beroperasi pada Mudik Lebaran 2016

Source: liputan6.com
Garuda Indonesia Buka Rute Solo-Jeddah pada April 2016

Liputan6.com, Cikampek - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan menambah rute baru dengan tujuan Jeddah, Arab Saudi sebagai langkah untuk meningkatkan pelayanan penerbangan bagi jamaah umroh dan haji Indonesia. Rute baru ini akan mengangkut penumpang dari Kota Solo menuju Jeddah.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Arif Wibowo mengatakan, saat ini pihaknya telah melayani penerbangan ke Jeddah melalui lima kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Makassar, Medan, dan Balikpapan.

Untuk Jakarta, frekuensi penerbangannya sebanyak 14 kali seminggu. Sedangkan empat kota lainnya masing-masing sebanyak 3 kali seminggu.

"Kita miliki hampir 8 frekuensi setiap hari ke Middle East (Timur Tengah). Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, dan Medan. Dan rencana ada juga ke Solo," ujar Arief di Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (26/3/2016).

 

Baca Juga

  • BNI dan Garuda Indonesia Luncurkan Kartu Debit Baru
  • Garuda Buka Rute Penerbangan Soetta-Bandara Silangit 
  • Garuda Indonesia Tak Lagi Jadi Sponsor Liverpool FC

Source: liputan6.com
BNI Pertimbangkan Ekspansi ke Myanmar

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) tengah mempertimbangkan untuk ekspansi ke negara lain. Salah satu negara yang menjadi tujuan ekspansinya yaitu Myanmar.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengatakan banyak hal yang harus dipertimbangkan bagi perbankan jika ingin melakukan pengembangan pangsa pasar ke negara lain. Salah satunya yaitu soal potensi bisnis yang bisa digarap di negara tersebut.

"Tergantung potensi bisnisnya, kalau kita masuk ke sana ada nggak bisnis yang mau kita garap. Kenapa kita melihat bisnis yang kita garap? Karena itu yang akan menghasilkan revenue," ujar dia di Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (26/3/2016).

Dia menjelaskan, Myanmar jadi salah satu negara yang punya potensi besar bagi perbankan Indonesia, khususnya BUMN untuk melakukan ekspansi. Salah satu faktornya yaitu banyak BUMN di sektor lain yang juga telah masuk ke negara tersebut.

Baca Juga

  • Libur Paskah, BNI Tetap Operasikan 111 Outlet
  • Bayar Tol Sumo, Pengendara Bisa Gunakan BNI TapCash
  • BNI Gandeng Sisfo Salurkankan KUR Mikro ke Nelayan

Source: liputan6.com
Pertamina Luncurkan Pertalite di Sulawesi Utara dan Tengah

Liputan6.com, Manado - PT Pertamina (Persero) ‎meluncurkan penjualan Pertalite di Sulawesi Utara dan Tengah.

‎Kehadiran Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan kadar Resrach Octane Nummber (RON) 90 tersebut memberi kesempatan masyarakat untuk mengkonsumsi bahan bakar dengan kualitas lebih baik.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan,‎ dari 54 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ( SPBU) di Sulawesi Utara, sampai hari ini sudah ada 18 SPBU sudah menjual Pertalite.

"Dengan uji pasar berati saat ini sudah terdapat lebih dari 2.500 SPBU di seluruh Indonesia yang menjual Pertalite," kata Bambang saat meluncurkan Pertalite di SPBU 71.951.03 Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (26/3/2016).

Bambang menambahkan, pada saat yang hampir bersamaan, di Sulawesi Tengah juga dilakukan uji pasar Pertalite pada tujuh SPBU. Total SPBU yang menjual Pertalite di Sulawesi saat ini sebanyak 103 SPBU.

 

Baca Juga

  • Kian Diminati, Pertalite Terjual 269 Juta Liter dalam 4 Bulan
  • Pertalite Bikin Konsumsi Premium di Yogyakarta Turun 11%
  • Pertamina Perluas Penjualan Pertalite ke Gorontalo

Source: liputan6.com
Malaysia Jadi Tujuan Ekspansi Bank BUMN

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong perbankan pelat merah untuk mengembangkan usahanya. Salah satu cara dengan ekspansi yaitu membuka cabang di negara lain.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, dalam rangka pengembangan bank BUMN, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, perbankan BUMN bisa melakukan akuisisi terhadap perusahaan di sektor jasa keuangan lain untuk mengembangkan porsi usahanya.

"Bank BUMN harus melihat kan ada dua bagaimana mengembangkan BUMN. Pertama, dengan konvensional, atau kedua dengan hybrid. Berarti kita melihat kemungkinan kita take over perusahaan, pengembangan dengan take over perusahaan seperti yang dilakukan oleh Semen Indonesia," ujar dia di Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (26/3/2016).

 

Baca Juga

  • BNI Pertimbangkan Ekspansi ke Myanmar
  • Setelah Malaysia, Singapura Jadi Target Ekspansi Perbankan RI
  • Banyak Perusahaan BUMN Mampu Bersaing di Luar Negeri

Source: liputan6.com
Top 3: Perempuan Ini Mampu Raup Jutaan Dolar dari Youtube

Liputan6.com, Jakarta - Lilly Singh punya delapan juta pelanggan dan satu miliar orang yang melihat videonya di situs berbagi video, YouTube.

Tahun lalu, ia meraup US$ 2,5 juta dan membuatnya menjadi salah satu bintang YouTube dengan pendapatan terbesar di dunia.

Film panjangnya yang berjudul "A Trip to Unicorn Island" adalah salah satu yang pertama kali didistribusikan dalam versi premium situs itu, YouTube Red. Keberhasilannya terus berlanjut.

Artikel Perempuan Ini Mampu Raup Jutaan Dolar dari Youtube telah menarik perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com saat akhir pekan ini.

Penasaran artikel terpopuler lainnya yang menarik perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com? Berikut tiga artikel terpopuler di kanal bisnis yang dirangkum pada Sabtu sore (26/3/2016) :

1. Perempuan Ini Mampu Raup Jutaan Dolar dari Youtube

Lilly Singh punya delapan juta pelanggan dan satu miliar orang yang melihat videonya di situs berbagi video, YouTube.

Tahun lalu, ia meraup US$ 2,5 juta dan membuatnya menjadi salah satu bintang YouTube dengan pendapatan terbesar di dunia.

Film panjangnya yang berjudul "A Trip to Unicorn Island" adalah salah satu yang pertama kali didistribusikan dalam versi premium situs itu, YouTube Red. Keberhasilannya terus berlanjut. Selengkapnya baca di sini

2. 7 Sikap Ini Bikin Anda Tak Akan Pernah Kaya

Ribuan cara dapat membuat Anda menjadi kaya dan terbebas dari jerat kemiskinan. Hal itu termasuk kebiasaan, sikap dan keyakinan dalam mengumpulkan kekayaan.
 
Para miliarder dan pengusaha sukses sangat memperhatikan sikapnya sehari-hari. Sebab hal itu dapat menentukan seberapa sukses dirinya secara finansial di masa depan.
 
Tentu saja, tak ada jaminan bahwa seseorang dapat memprediksi masa depan dengan tepat. Meski begitu, terdapat beberapa sikap yang dapat menghindarkan Anda dari kesuksesan. Selengkapnya baca di sini

3. Libur Panjang, Okupansi Hotel di Kota Besar Turun

Libur panjang akhir pekan ini membuat tingkat isian kamar (okupansi) hotel di kota-kota besar Indonesia menurun. Namun demikian, okupansi hotel di daerah tujuan wisata juga meningkat hingga dua kali lipat.

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Haryadi Sukamdani mengatakan, pada libur panjang ini, tingkat okupansi hotel di kota-kota besar seperti Jakarta mengalami penurunan dari biasanya 70 persen menjadi 30 persen. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com