Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Jumat, 11 Maret 2016
4 Jenis Kanopi untuk Carport Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Pada kebanyakan rumah baru saat ini, posisi garasi perlahan mulai tergantikan oleh emper mobil atau yang dikenal dengan sebutan carport.

Emper mobil dinilai lebih praktis diterapkan pada rumah sederhana maupun rumah bertingkat, karena tak memerlukan lahan yang terlalu luas.

Garasi umumnya merupakan bagian dari bangunan rumah, sehingga memakan luas bangunan. Padahal, tren saat ini justru mengarah pada bangunan minimalis dengan luas lahan terbatas.

Karena itu, kebanyakan rumah kelas menengah hanya memiliki carport, tanpa garasi. Hal ini seperti tertulis di laman Rumah.com, Jumat (11/3/2016).

Akan tetapi, biasanya rumah dengan carport yang ditawarkan pengembang tidak selalu dilengkapi dengan atap atau kanopi.

Padahal keberadaan kanopi penting untuk melindungi mobil dari teriknya cahaya matahari, hujan, dan kelembaban. Selain itu, kanopi juga dapat memberi nilai estetika tersendiri bagi rupa eksterior sebuah rumah.

Kini beragam model dan jenis kanopi sangat mudah ditemukan. Bahan dasar kanopi pun mulai bervariasi, sehingga bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan masing-masing penghuni. Apa saja contohnya?

Polycarbonate

Jenis kanopi ini terbuat dari lembaran plastik atau fiber berongga, sehingga mampu menahan dan menyerap sinar matahari (UV protection) secara optimal. Bahan polycarbonate ini dapat bertahan hingga 10 tahun lamanya, bila digunakan sebagai material dasar sebuah kanopi.

Selain untuk kanopi carport, bahan ini biasa diaplikasikan pada partisi, skylight, dan penutup sport hall.

Keuntungan yang bisa didapat jika menggunakan kanopi jenis ini adalah bahan material yang kuat dan kokoh juga ringan. Tak hanya itu, polycarbonate juga bersifat fleksibel, tahan panas, modelnya simpel dan elegan, kedap suara, serta tersedia dalam pilihan warna beragam.

Rumah tipe 120 dengan bangunan dua lantai di Griya Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor, telah dibekali kanopi bahan polycarbonate, yang mampu memberi tambahan dekoratif pada fasad rumah.

Zincalum atau spandek

Material kanopi ini bisa diterapkan sebagai penutup carport rumah maupun atap pabrik atau gudang. Terbuat dari campuran aluminium dan seng sehingga jenis ini dinilai lebih tahan lama dibanding polycarbonate. Kekuatan kanopi jenis spandek diperkirakan dapat bertahan hingga 30 tahun lebih.

Meski begitu, penggunaan kanopi zincalum pada carport rumah lebih terkesan kaku, mengingat biasanya dipergunakan sebagai atap gudang. Keunggulan lain yang dimiliki material zincalum adalah harga relatif murah, lebih nyaman, dan ringan.

Alderon (UPVC)

Atap roof top alderon deck merupakan salah satu material kanopi yang terbuat dari bahan UPVC (Unplasticizide Polyvinyl Chloride), dengan konstruksi rongga udara twin wall yang berfungsi sebagai insulasi penahan panas dan tahan akan suara berisik.

Jenis kanopi ini memiliki sifat kokoh dan mampu menahan beban hingga 150 kg, sehingga bisa diinjak tanpa khawatir retak, pecah, atau bocor. Dibanding dua jenis kanopi di atas, bahan alderon lebih tahan lama dengan harga jual lebih mahal.

Onduline

Onduline merupakan atap lembaran 10 gelombang yang pertama kali diperkenalkan kepada pasar dan telah marak digunakan saat ini. Karakteristik bahan onduline yang sangat baik, menjadikannya ideal digunakan pada berbagai jenis bangunan termasuk kanopi untuk carport rumah.

Kelebihan yang ada pada material onduline yaitu dapat menyerap suara yang ditimbulkan oleh curah air hujan, sehingga menciptakan kenyamanan maksimal bagi penghuni rumah.

Satu lagi, onduline juga memiliki jaminan terhadap karat dan korosi seumur hidup, serta mampu menahan angin kencang dengan kecepatan 120 mil per jam. (Fathia A/Ahm)

Foto: Pasadenia Residence


Source: liputan6.com
Ucapkan 3 Kata Ini Bisa Bikin Anda Tambah Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Perbedaan paling besar antara orang kaya dan orang miskin terletak pada pola pikirnya. Padahal sebenarnya, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk meraih sukses dan kaya dalam hidup.

Hal ini didukung oleh penelitian dari Steve Siebold yang telah mempelajari lebih dari 1.200 orang terkaya di dunia.

Perubahan pola pikir tersebut dapat dimulai dengan selalu mengucapkan kata-kata positif. Apa saja yang dapat Anda katakan?

Melansir Business Insider, Kamis (10/3/2016) berikut ulasannya:

“Saya pasti bisa sukses”

Seringkali kita melihat para motivator memberikan kata-kata bijaknya. Mereka melakukan hal tersebut untuk membangun mental dan cara berfikir.

Dengan mendengar kata tersebut kita dituntut untuk dapat mengubah sikap dan bergerak ke arah yang lebih positif. Kata-kata “saya pasti bisa sukses” dapat membuat Anda berpikir lebih positif dan bersemangat dalam hidup.


Source: liputan6.com
Keluar Kerja untuk Bisnis, Wanita Ini Dapat Rp 196 Juta per Bulan

Liputan6.com, Jakarta - Susie Romans bukanlah lahir dari keluarga yang kaya raya. Namun, semangat hidupnya sangatlah besar.

Ia dibesarkan dari keluarga dengan pendapatan pas-pasan. Di umur sepuluh tahun, ia sadar bahwa keluarganya sering kesulitan untuk membiayai kebutuhannya sehari-hari.

Melansir Business Insider, Jumat (11/3/2016) orang tuaRomans merupakan imigran dari Polandia. Setelah pindah ke Amerika Serikat, ayahnya bekerja sebagai buruh pabrik dan ibunya kerja di tempat penitipan anak.

Baca Juga

  • 10 Keluarga Terkaya Sepanjang Masa, Berapa Hartanya?
  • 4 Alasan Sulit Naik Gaji
  • Ini Dia Mentor Para Miliarder Dunia

Source: liputan6.com
Lantaran Pelit, Miliarder Ini Pilih Beli Baju Bekas

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu miliarder terkaya dunia, Ingvar Kamprad jarang membeli pakaian baru di pusat belanja. Dia lebih memilih untuk memakai pakaian bekas lantaran ingin menghemat uang.

Pendiri perusahaan furniture dunia, Ikea ini membeli pakaian di tempat pakaian bekas agar bisa menabung. Hal itu diakuinya kala diwawancara salah satu televisi di Swedia, tempat asalnya.

Kamprad, yang akan menginjak umur 90 pada 30 Maret nanti, dikenal pelit dan irit, yang menurutnya itu membantuIkea menjadi salah satu merek terbesar di dunia.

Baca Juga

  • Ekonomi Terpuruk, Negara Ini Masih Punya Banyak Miliarder
  • Miliarder Ini Tolak Dukung Donald Trump Jadi Presiden AS
  • Ini Dia Mentor Para Miliarder Dunia

Source: liputan6.com
Mau Resign? Pikirkan Dulu 3 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Banyak faktor yang dapat membuat seseorang resign atau berhenti dari pekerjaannya. Keadaan kantor yang tidak kondusif, tidak adanya dukungan keluarga, hingga tekanan yang bertubi-tubi merupakan beberapa faktor yang dapat terjadi.

Walaupun sudah berkeinginan kuat untuk berhenti dari pekerjaan, banyak orang yang tidak memiliki rencana matang akan apa yang mereka ingin lakukan.

Melansir carreerealism.com, Jumat (11/3/2016) berikut beberapa hal yang harus Anda pikirkan apabila ingin berhenti bekerja:

1. Ketahui apa yang diinginkan

Mengetahui minat diri Anda merupakan satu hal yang harus dilakukan. Apabila Anda sudah mengetahui passion, maka akan lebih mudah nantinya bagi Anda untuk menyusun rencana

2. Memiliki CV yang bagus

CV bukan hanya berfungsi sebagai penanda riwayat pekerjaan apa saja yang sudah dilakukan. CV juga merupakan senjata Anda apabila Anda sudah membuat keputusan bulat untuk keluar dari pekerjaan.

Dengan memiliki CV yang bagus Anda mampu untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dibanding sebelumnya


Source: liputan6.com
Mau Wisata Luar Angkasa? Siapkan Rp 3,2 Miliar Naik Pesawat Ini

Liputan6.com, Jakarta - Seiring berkembangnya zaman, kini semakin banyak perusahaan yang menawarkan wisata ke luar angkasa. Setelah perusahaan Amerika Serikat yang melayani hal itu, kini Rusia juga bergabung dalam bisnis itu.

Wisata luar angkasa kini jadi peluang bisnis yang tengah berkembang. Saat ini, yang memipin bisnis tersebut adalah perusahaan Amerika Serikat, Blue Origin juga Virgin Galactica. Perusahaan pesawat luar angkasa Rusia, KosmoKurs sebentar lagi akan bersaing sehat di bisnis ini.

Pekan lalu, agen lembaga luar angkasa Rusia, Roscosmos menerima design KosmoKurs yang menggunakan roket yang bisa digunakan kembali dan pesawat luar angkasa, yang bisa mengangkut turis ke luar angkasa, 124 mil di atas permukaan bumi.

Baca Juga

  • Ini Buah Tangan Scott Kelly dari Luar Angkasa
  • Negara Ini Paling Banyak Habiskan Duit untuk Proyek Luar Angkasa
  • Kesal, Miliarder Ini Mau Kirim Donald Trump ke Luar Angkasa

Source: liputan6.com
Bereskan Rumah di Malam Hari untuk Pagi yang Produktif

Liputan6.com, Jakarta - Pagi hari bisa menjadi waktu yang sangat sempit untuk melakukan semua pekerjaan. Selain disibukkan dengan pekerjaan rumah tangga, masih ada tugas membuat sarapan dan membantu anak-anak bersiap-siap ke sekolah.

Bagi orang yang menyukai kerapian dan kebersihan, situasi yang berantakan akan membuat pagi Anda menjadi tidak produktif.

Sebenarnya Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 30 di malam hari untuk membersihkan rumah. Hal ini terbukti membuat pagi hari Anda lebih terasa damai, karena semua sudah terorganisir dengan baik.

Dilansir dari RumahCom, ini tips membersihkan rumah di malam hari yang bisa Anda praktikkan:

Mulai dari atas

Untuk membersihkan semua ruangan, mulailah dari bagian atas ke bawah, sehingga semua kotoran dan debu akan jatuh ke lantai.

Mulai dari langit-langit rumah, kemudian perabotan rumah tangga. Bersihkan lantai sebagai langkah terakhir untuk membuang semua debu dan kotoran.

Kamar tidur

Bersihkan barang-barang yang berserakan di dalam kamar tidur Anda. Untuk membuat lebih cepat, sediakan satu keranjang atau wadah guna menyimpan barang-barang tersebut sementara waktu. Lap semua perabotan yang berada di kamar Anda menggunakan semprotan khusus perabotan.

Kamar mandi

Periksa kamar mandi apakah masih ada peralatan yang berserakan atau botol tempat menyimpan sabun atau shampo ada yang terbuka, kemudian rapikan. Bersihkan kaca kamar mandi serta pel bagian dalam kamar mandi hingga bersih dan kering.

Ruang keluarga

Rapikan semua barang seperti mainan dan buku yang berserakan. Mulai bersihkan semua debu dan kotoran dari salah satu sudut.

Jika ada kipas angin, bersihkan terlebih dahulu. Terakhir, gunakan pengisap debu untuk membersihkan karpet di ruang keluarga Anda.

Dapur

Cuci semua piring kotor dan atur di rak, kemudian lanjutkan dengan mengeringkan meja dapur. Anda juga bisa menggunakan spons. Rendam dengan air hangat, kemudian lap meja menggunakan spons tersebut.

Setelah selesai mengelap, remas spons hingga airnya keluar. Anda akan terkejut berapa banyak kotoran yang rontok dari spons tersebut.

Bersihkan kompor, lepaskan tungku kompor dan bersihkan sisa-sisa minyak dan juga makanan bila ada. Terakhir, tutup dengan mengepel lantai dapur.

Jika Anda ingin membersihkan oven, bisa dilakukan di malam hari selagi Anda tidur. Caranya, siapkan bubuk amoniak, tuang ke dalam mangkuk yang tahan panas oven, kemudian masukan mangkuk ke dalam oven dalam keadaan mati.

Diamkan semalaman. Di pagi hari semua kotoran yang terdapat di oven akan melunak, Anda bisa langsung membersihkannya dengan spons yang kering dan bersih.

Bersihkan Seluruh Lantai Rumah

Gunakan pengisap debu untuk membersihkan kamar yang menggunakan karpet. Bersihkan dengan cepat dari arah dalam keluar ruangan untuk menghemat waktu.

Bersihkan juga bagian pojok ruangan. Anda bisa menggunakan alat pel modern yang saat ini banyak dijual di toko untuk menghemat waktu.

(Mita Agustina/Ndw)


Source: liputan6.com
Model Tempat Tidur Favorit Si Kecil

Liputan6.com, Jakarta - Saat buah hati Anda tumbuh menginjak usia enam hingga sebelas tahun (kategori anak-anak), biasanya mereka mulai menginginkan adanya area privasi berupa kamar tidur pribadi. Bagi anak-anak, kamar tidur tidak hanya berfungsi sebagai ruang beristirahat, bermain dan belajar.

Faktanya, kamar tidur memiliki peranan penting bagi kehidupan mereka sehari-hari. Menyikapi hal ini, Anda sebagai orang tua tentu dituntut untuk lebih bijak dalam menentukan desain kamar tidur mereka, termasuk pemilihan tempat tidurnya.

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli tempat tidur, ada baiknya terlebih dahulu memahami karakter si kecil, dan cari tahu apa kesukaan mereka, hobi dan warna favorit.

Berikut ini Rumah.com rangkum aneka tempat tidur unik untuk anak-anak, dan siapa tahu bisa menginspirasi Anda dalam memilih seperti ditulis Jumat (11/3/2016).

Warna hijau muda yang melambangkan alam, simbol kesuburan, dan harmoni, pas bagi si kecil yang gemar berpetualang. Anda bisa mengunjungi toko furnitur yang menyediakan jasa custom, dan minta dibuatkan tempat tidur dengan rangka menyerupai tenda kemah seperti gambar di atas. (Sumber: pinterest)

Jika Anda punya dana yang cukup besar untuk sebuah tempat tidur anak, tak ada salahnya jika mewujudkan impiannya akan cerita negeri dongeng di dalam kamar tidur. Dominasi warna merah muda layak diterapkan untuk kamar tidur anak. Sementara bagi anak laki-laki, Anda bisa mendekorasi tempat tidur dengan nuansa biru atau merah. (Sumber: houzz.com)

Luas kamar tidur anak terbatas? Jangan khawatir! Anda bisa menempatkan tempat tidur tingkat yang telah dilengkapi lemari pakaian di bagian bawahnya. Sebagai catatan, pemilihan tempat tidur ini ada baiknya digunakan untuk anak berusia 8 hingga 11 tahun, guna menghindari resiko terjatuh. (Sumber: frankiewasright.blogspot.ca)

Sebuah rumah mini di dalam kamar anak seolah tercipta dari model tempat tidur berikut ini. Desainnya yang simple, membuatnya bisa dipakai hingga si kecil beranjak dewasa. Berikan dua buah lampu di sisi kiri dan kanan tempat tidur untuk tampilan yang lebih menawan. (Sumber: icioulablog.com)

Tak ada salahnya merealisasikan impian anak akan sebuah rumah pohon di dalam kamar. Cari ahli furnitur profesional untuk merancang tempat tidur seperti yang terlihat pada gambar di atas. Untuk warna catnya, Anda bisa menyesuaikan dengan warna kesukaan si kecil. Namun jika ingin membuatnya tetap terlihat alami, pengaplikasian warna cat cokelat kayu bisa menjadi alternatif. (Sumber: theslowlifenc.blogspot.com)

Buah hati Anda penyuka binatang? Hadirkan tempat tidur unik berbentuk hewan favorit di dalam kamar barunya. Biasanya tempat tidur dengan desain seperti ini bisa dijumpai pada jaringan toko furnitur internasional seperti Ikea. (Sumber: decor4all.com)


Source: liputan6.com
Jurus Pemerintah Tekan Biaya Logistik

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah mengeluarkan sejumlah paket kebijakan ekonomi untuk mendorong pertumbuhan investasi dan mendongkrak ekspor. Langkah ini dilakukan untuk menggairahkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sejak September 2015 lalu hingga saat ini, pemerintah telah mengeluarkan 10 paket kebijakan ekonomi. Memang, dalam merealisasikan hingga tahap di lapangan, paket kebijakan tersebut membutuhkan waktu karena harus ada payung hukum yang jelas. 

Salah satu contohnya adalah pusat logistik berikat. Pusat logistik tersebut masuk dalam paket kebijakan ekonomi jilid I dan II yang telah dikeluarkan pada akhir 2015. Namun sampai di tahap realisasi membutuhkan waktu 2 bulan lebih karena memang harus benar-benar disiapkan dengan sungguh-sungguh sehingga pelaksanaannya tidak ada kekurangan. 

Dalam misinya, dengan adanya pusat logistik ini maka perusahaan tidak perlu impor atau mengambil barang dari luar negeri karena cukup mengambil dari gudang berikat.

Selain itu, dengan kehadiran pusat logistik berikat juga diharapkan dapat mengurangi masalah waktu bongkar muat (dwelling time). Kegiatan usaha pun menjadi lebih efisien. Hal ini juga diharapkan dapat menekan biaya logistik.

Ingin tahu bagaimana realisasi kehadiran pusat logistik berikat tersebut, simak ulasannya yang dirangkum pada Kamis (10/3/2016).

Jokowi Resmikan Pusat Logistik Berikat di Jakarta Utara

Presiden Jokowi saat menyambut Kapal Pengangkut Ternak KM Camara Nusantara I yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, (11/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian pusat logistik berikat (PLB) di kawasan industri Cipta Krida Bahari (CKB),  Jakarta Utara pada Kamis pagi 10 Maret 2016. Pembentukan PLB ini realisasi dari paket kebijakan ekonomi yang diluncurkan pada September 2015.

PLB ini tersebar di seluruh Indonesia. Kementerian Perindustrian pernah menyebutkan kalau ada 14 kawasan industri yang sedang dibangunnya akan memiliki PLB. Kawasan industri itu tersebat di Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera yang diharapkan rampung pada 2019.

Ada pun produk antara lain kapas, produk susu dan turunannya di Cikarang. Spare part otomotif di Karawang, peralatan penunjang industri hulu migas di Balikpapan, produk pertanian dan alat berat di Marunda dan penimbunan bahan bakar minyak (BBM) di Merak, Banten.

Pemerintah pun telah merilis payung hukum PLB ini berupa Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 85 Tahun 2015 tentang perubahan atas PP Nomor 32 Tahun 2009 tentang tempat penimbunan berikat serta perubahan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 272/PMK.04/2015 tentang pusat logistik berikat.

Insentif yang Ditawarkan Pemerintah

Komplek Pergudangan di Kawasan Berikat Nusantara (Foto: PT KBN)

Pusat logistik berikat yang merupakan tempat penimbunan barang dari dan untuk luar negeri mendekatkan jarak antara pelaku usaha dengan bahan baku di dalam negeri sehingga dapat mendorong penurunan harga bahan baku dan menurunkan harga produksi pabrik.

Diharapkan pembentukan pusat logistik berikat dapat menarik investasi. Hal itu dengan  pengusaha asing non pabrikan boleh menjadi pemasok bahan baku di pusat logistik berikat.

Karena itu, pemerintah menawarkan lima insentif bagi calon investor di pusat logistik berikat. Pertama, perusahaan yang menyimpan barang ke dalam PLB dari tempat lain di luar daerah pabean dalam jangka waktu tertentu berhak mendapatkan penangguhan bea masuk.

Kedua, perusahaan itu tidak dipungut pajak dalam rangka impor. Ketiga, Dirjen Bea dan Cukai diminta membebaskan cukai bagi perusahaan yang ingin masuk kawasan PLB.

Keempat, barang barang yang dipindahkan dari kawasan PLB satu ke PLB lainnya juga berhak mendapatkan fasilitas serupa ditambah pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atau‎ Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPNBM).

Kelima, barang yang dimasukkan dari tempat lain dalam daerah kepabeanan maupun dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), kawasan bebas, atau kawasan ekonomi lainnya ke kawasan PLB yang ditujukan untuk ekspor, tidak akan dipungut PPN dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM).

Mendorong Perusahaan-perusahaan untuk menyimpan barang di Indonesia

Truk peti kemas tertahan di gerbang pintu masuk JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (28/7/2015). Kegiatan distribusi barang dan peti kemas dari dan ke pelabuhan lumpuh akibat aksi mogok pekerja JICT. (Liputan6.com/JohanTallo)

Jokowi menegaskan agar jajaran di kementerian dan lembaga terutama di bidang ekonomi untuk melakukan efisiensi logistik. Salah satunya menurukan dwelling time di pelabuhan-pelabuhan.

Kalangan dunia usaha pun siap membantu pemerintah menekan biaya logistik serta mengurangi dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok.

Pengusaha pun menarik perusahaan-perusahaan yang selama ini menyimpan berbagai jenis barang kebutuhan industri di gudang-gudang yang tersebar di Singapura dan Malaysia.

"Saat ini, biaya logistik di dalam negeri mencapai 24 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Kami siap. Itu komitmen kami kepada pemerintah. Saat ini, sudah ada lima perusahaan multinasional yang akan kami pindahkan gudangnya dari luar negeri ke Indonesia. Gudang-gudangnya ada di Malaysia dan Singapura," ujar Deputy Chief Executive Officer (CEO) PT Kamadjaja Logistics Ivy Kamadjaja pada peresmian Pusat Logistik Berikat (PLB).

Ivy menuturkan, saat ini sudah ada lima perusahaan multinasional yang  memindahkan barangnya dari luar negeri ke Indonesia. Perusahaan tersebut adalah Nestle, Frisian Flag, Sari Husada, Ultra Jaya, dan Fonterra.

"Pemerintah meminta kami mendukung sektor industri barang konsumsi, khususnya makanan dan minuman. Jadi, fokusnya ke industri itu. Tapi tidak tertutup kemungkinan untuk mendukung industri lainnya," kata dia.

Ia menuturkan, kalangan dunia usaha juga mengapresiasi kebijakan pemerintah menyediakan berbagai insentif menarik bagi investor, baik asing maupun mancanegara, serta menanamkan modalnya di Indonesia. (Ahm/Gdn)


Source: liputan6.com
Dewan Kawasan Batam Emban Misi Tarik Investor

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memutuskan untuk membentuk Dewan Kawasan Batam untuk memperbaiki tata kelola Batam. Dewan kawasan tersebut ‎dikepalai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan beranggotakan perwakilan dari 11 lembaga.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, dewan kawasan memiliki tugas untuk membenahi, mengatur serta membuat Batam lebih menarik bagi investor.

"Dewan kawasan yang akan membenahi mengatur dan juga membuatBatam lebih menarik bagi investor. Hal-hal secara prinsip selama ini menjadi keluhan investor akan dilakukan pembenahan," katanya, diJakarta, Kamis (10/3/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Segera Selesaikan Masalah Investasi di Batam
  • BP Batam Bubar, Pemerintah Cari Solusi Nasib Para Pekerja
  • BP Batam Bubar, Investor Dijamin Tak Bingung Lagi Tanamkan Uang

Source: liputan6.com
Kisah Mantan Gelandangan Sukses Bangun Bisnis Omzet Rp 261 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Namanya Tom Ferry. Pria yang kini seorang miliarder dan sukses menjalankan bisnis pendidikan ini ternyata bukanlah berasal dari kalangan berada.

Ketika muda ia harus rela untuk menjadi seorang tuna wisma dan tidur di kasur usang. Masa muda Ferry dihabiskannya untuk mendengarkan musik punk. Ia pun senang berkelahi hingga akhirnya harus merasakan dinginnya dinding penjara.

Namun pria satu ini mampu untuk keluar dari jerat kemiskinan yang ia alami.

Melansir Entrepreneur.com, Jumat (11/3/2016), titik baliknya bermula saat ia sudah lelah dengan kehidupan yang ia jalani. Ia pun ingin untuk sukses seperti teman seusianya namun ia tidak mengerti cara yang harus diambil.

Baca Juga

  • Kisah Daymond John, Pramuniaga yang Sukses Jadi Miliarder
  • Kisah Sukses Petani Kentang Ubah Nasib Jadi Miliarder
  • Kisah Sukses Bos IKEA, Sang Miliarder yang Rendah Hati

Source: liputan6.com
IHSG Berpeluang Melemah, Cermati 8 Saham Pilihan

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan pelemahan pada perdagangan saham Jumat pekan ini. Pergerakan IHSG tersebut tergantung dari bursa saham global dan harga minyak dunia.

Kepala Riset PT Universal Broker Securities, Satrio Utomo menuturkan IHSG berpotensi melanjutkan pelemahan mengingat gagal bertahan di level support. Hal itu membuat potensi pelemahan IHSG ke 4.750.

Akan tetapi, Satrio menilai kondisi dapat berbeda apa bila bursa saham global dan harga minyak kembali menguat.

Selain itu, Satrio juga memperkirakan, aksi jual investor asing juga akan terbatas menjelang akhir pekan ini. "IHSG akan bergerak di kisaran 4.750-4.825," ujar Satrio saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (11/3/2016).

Baca Juga

  • Investor Asing Jual Saham, IHSG Susut 17 Poin
  • IHSG Tertekan Aksi Jual Investor
  • IHSG Rawan Koreksi, Simak Saham Pilihan Ini

Source: liputan6.com
Ingin Ikut Lelang Jabatan Kemenhub? Ini Syaratnya

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan lelang jabatan untuk mengisi posisi jabatan tinggi madya, yaitu Dirjen Perhubungan Laut (Hubla), Dirjen Perkeretaapian dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang). Lelang Jabatan ini terbuka bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pusat, Daerah dan TNI.

Sekretaris JenderalKemenhub,Sugihardjo selaku Ketua Panitia Seleksi mengumumkan hal tersebut dalam surat No. PG.7 Tahun 2016 tentang seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan, tertanggal 8 Maret 2016.

Baca Juga

  • Cari Dirjen Pajak Baru, Jokowi Tak Harus Lelang Jabatan
  • Ditinggal Sigit, Menkeu Belum akan Lelang Jabatan Dirjen Pajak
  • Menteri Susi Lelang Jabatan untuk Eselon I

Source: liputan6.com
Upaya Pemerintah Dorong Penurunan Suku Bunga Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menggelar rapat koordinasi dengan lembaga keuangan serta perbankan pada Kamis (10/3/2016) malam. Rapat koordinasi kali ini untuk mengetahui kondisi perekonomian saat serta membicarakan langkah untuk menurunkan suku bunga kredit pada di bawah 10 persen.

Menteri Koordinator Bidang PerekonomianDarminNasution mengatakan, secara umum rapat kali ini membicarakan langkah pemerintah untuk menekan laju inflasi sehingga masuk dalam target. Kemudian membicarakan hal lain seperti suku bunga deposito.

Baca Juga

  • OJK Rayu Bank Beraset Kecil untuk Lebih Efisien
  • Bank BTN Diminta Jadi Pelopor Penurunan Bunga KPR
  • Suku Bunga Tinggi Jadi Penyebab Aliran Dana Gelap di RI

Source: liputan6.com
Jelang Akhir Pekan Harga Minyak Turun Lagi

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak AS jatuh pada Kamis atau Jumat waktu Indonesia karena perawatan kilang mengancam kenaikan persediaan minyak. Sumber menyebut pertemuan negara pengekspor minyak (OPEC) tidak mungkin tanpa kehadiran Iran.

Reli awal dalam dolar setelah Bank Sentral Eropa memangkas suku bunga pinjaman nol juga menekan harga minyak dunia. Meskipun harga minyak mentah pulih dari posisi terendah mereka karena euro rebound pada komentar ECB yang lebih pemotongan tidak mungkin.

Minyak mentah berjangka Brent turun US$ 1,02 pada level US$ 40,05 per barel, setelah sebelumnya minggu ini mencapai puncaknya pada US$ 41,48, level tertinggi sejak 9 Desember.

Minyak mentah AS menetap di US$ 37,84 per barel, turun 45 sen, atau 1,18 persen, setelah mencapai US$ 38,51 pada Selasa, juga tertinggi sejak 9 Desember.

Pada hari Rabu, minyak reli sebanyak 5 persen, dengan minyak mentah AS mencapai level tertinggi dalam tiga bulan dari US$ 38,51.

Permintaan global untuk minyak mentah biasanya turun ketika kilang di seluruh dunia memasuki masa pemeliharaan musiman di musim semi, menjelang permintaan puncak musim panas.

Beberapa analis khawatir bahwa meskipun AS menarik besar, stok bensin tetap tinggi di kedua sisi Atlantik, yang bisa melemahkan pemulihan harga minyak berkelanjutan. Minyak mentah naik 30 persen pada bulan lalu sebagian didasarkan pada harapan bahwa driver akan menyerap kelebihan dalam bahan bakar.

"Penarikan bensin besar tetapi kita masih memiliki catatan stok minyak mentah yang tinggi. Pertanyaannya adalah apakah kita hanya akan bergantung pada anjloknya produksi US untuk untuk menurunkan itu, atau OPEC juga akan bertindak bersama-sama pada pembekuan output," kata David Thompson berbasis di Washington komoditas broker Powerhouse dikutip dari Reuters, Jumat (11/3/2016).


Source: liputan6.com
Top 3: Tukang Sampah Bergaji Rp 1,47 Miliar

Liputan6.com, Jakarta Noel Molina dan Tony Sankar telah menjadi tukang sampah selama bertahun-tahun. Mereka menjadi tukang sampah di New York City dan mampu mereguk untung yang tidak sedikit.

Molina mampu mendapat penghasilan US$ 112.000 atau setara dengan Rp 1,47 miliar setahun. Sementara Sankar menerima upah hingga US$ 100.000 atau Rp 1,31 miliar.

Demikian petikan berita paling populer di kanal bisnis Liputan6.com pada Jumat (11/3/2016). Selain itu, dua berita lainnya menjadi perhatian para pembaca.

Berikut berita paling populer seperti dirangkum dalam Top 3 Bisnis


1. Tukang Sampah Ini Digaji Rp 1,47 Setahun

Noel Molina dan Tony Sankar telah menjadi tukang sampah selama bertahun-tahun. Mereka menjadi tukang sampah di New York City dan mampu mereguk untung yang tidak sedikit.

Melansir laman money.cnn.com,  Molina mampu mendapat penghasilan US$ 112.000 atau setara dengan Rp 1,47 miliar setahun. Sementara Sankar menerima upah hingga US$ 100.000 atau Rp 1,31 miliar.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Naik Pesawat Luar Angkasa Bayar Rp 3,2 Miliar

Seiring berkembangnya zaman, kini semakin banyak perusahaan yang menawarkan wisata ke luar angkasa. Setelah perusahaan Amerika Serikat yang melayani hal itu, kini Rusia juga bergabung dalam bisnis itu.

Wisata luar angkasa kini jadi peluang bisnis yang tengah berkembang. Saat ini, yang memipin bisnis tersebut adalah perusahaan Amerika Serikat, Blue Origin juga Virgin Galactica. Perusahaan pesawat luar angkasa Rusia, KosmoKurs sebentar lagi akan bersaing sehat di bisnis ini.

Pekan lalu, agen lembaga luar angkasa Rusia, Roscosmos menerima design KosmoKurs yang menggunakan roket yang bisa digunakan kembali dan pesawat luar angkasa, yang bisa mengangkut turis ke luar angkasa, 124 mil di atas permukaan bumi.

Berita selengkapnya baca di sini

3. Jokowi Sumringah Rupiah Terus Menguat

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menunjukkan penguatan sejak awal tahun. Bahkan pada awal pekan, rupiah sempat menyentuh level 12.984 per dolar AS.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sumringah dengan penguatan rupiah tersebut. Menurutnya, apa yang terjadi dengan rupiah tersebut merupakan respons positif dari investor terhadap ekonomi dalam negeri.

"‎Kalau berbicara rupiah yang semakin menguat, itu baik. Itu artinya adalah kebijakan-kebijakan kita, paket deregulasi, juga kebijakan di BI dan OJK itu direspons positif oleh dunia usaha. Sehingga ada arus uang masuk, arus modal masuk. Itu otomatis," kata Jokowi

Berita selengkapnya lihat di sini


Source: liputan6.com
Pilih Rumah Bergaya Arsitektur Modern atau Tradisional?

Liputan6.com, Jakarta - Selain lokasi, mempertimbangkan gaya atau model desain rumah ternyata menjadi hal penting pada saat Anda memilih rumah untuk dibeli. Desain model rumah ternyata tidak hanya menjadi daya tarik artistik saja, melainkan juga memiliki fungsi yang luas dan lebih rinci.

Dalam perkembangan arsitektur saat ini dikenal dua model rumah yang kerap dijadikan sebagai acuan yakni arsitektur tradisional (klasik) dan modern. Kedua arsitektur tersebut dibatasi pada masa dan pemikiran yang berkembang saat itu.

Arsitektur Modern

Dilansir dari www.rumah.com, arsitektur modern muncul karena adanya kemajuan dalam bidang teknologi yang membuat manusia cenderung memilih sesuatu yang ekonomis, mudah, dan bagus. Hal itu ditandai dengan pertengah abad ke-20.

Karakteristik yang dimiliki arsitektur modern ini pada dasarnya menolak gaya lama (arsitektur tradisional) dan menyederhanakan bangunan sehingga format detail menjadi tidak perlu.

Pada bangunan arsitektur modern lebih fokus pada konsep bentuk, ruang, fungsi, dan konstruksi. Konsep bentuk ditunjukkan dengan bentuk-bentuk geometri yang ditandai dengan penggunaan konstruksi beton bertulang, baja dan bahan-bahan bangunan yang ringan.

Konsep ruang pada arsitektur modern identik dengan bersifat kubisme. Selain itu, konsep ruang haruslah bersifat efisien dan fleksibel.

Kombinasi bentuk, ruang, dan konstruksi itulah yang pada akhirnya mewujudkan fungsi rumah untuk manusia masa kini. Di mana fungsi rumah dianalogikan sebagai mesin untuk tempat tinggal yang murah, mudah digunakan dan mudah dalah hal perawatan.

Contoh perumahan modern di Indonesia antara lain Perumahan Golden Park 2, Sutera Victoria Alam Sutera, dan Perumahan Linea House.


Perumahan Gloden Park 2 berada di Jalan Baru Suradita Tangerang-Banten.


Perumahan Linea House berada di Jalan Sawo Jagakarsa Jakarta Selatan.


Perumahan Victori Alam Sutera ini berada di Kawasan Alam Sutera-Tangerang Banten.

Arsitektur Tradisional

Sedangkan pada arsitektur tradisional atau klasik memiliki kekuatan dalam hal material bangunan dan ornamen yang dijadikan sebagai identitas suatu wilayah.

Pertama arsitektur tradisional memiliki sifat memahami lingkungan. Dilansir dari sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Petra Surabaya dijelaskan hal dasarnya adalah pertama, pemikiran yang menyatakan bahwa kehidupan manusia akan bersentuhan secara umum dengan lingkungan.

Hal dasar kedua adalah lebih menekankan pada pelestarian tempat yang dapat memberikan ciri khusus atau karakter yang bisa menjadi identitas arsitektur.

Kendati arsitektur modern memilik peluang terobosan yang menarik dibanding arsitektur tradisional, bukan berarti arsitektur tradisional habis pamor dalam tren properti perumahan.

Di tengah maraknyanya rumah bergaya modern minimalis pada pasar porperti, ternyata masih ada pengembang properti yang membangun rumah bergaya klasik seperti Perumahan Du Vire Royale Residence dan Perumahan Fuji Home Japan Residence.


Perumahan Du Vire Royale Residence berada di Jalan Pinang 1 Pondok Labu, Jakarta Selatan.


Perumahan Fuji Home Japan Residence ini berada di Nuansa Balian Permai, Renon Bali.

Perumahan Du Vire Royale ini mengusung tema Eropa klasik. Bangunan pada rumah diadopsi dari benteng Château du Nessay yang dibangun pada abad ke-12.

Sedangkan Perumahan Fuji Home Japan Residence mengusung konsep rumah Bali dengan sedikit campuran aksen budaya Jepang.

Feature picture: Pixabay.com

(Kantri/Ndw)


Source: liputan6.com
Mahalnya Harga Properti di Kota Borjuis Madrid

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah And, bahwa Madrid dikenal sebagai Kota Borjuis yang memiliki nilai properti yang tinggi?.

Dilansir dari situs www.rumah.com, semua bermula pada sepertiga tahun abad ke-20 di mana para kaum Borjuis mulai menguasai Madrid dengan cara menjadi aristokrat.

Borjuis adalah sebuah kelas sosial dari orang-orang yang dicirikan kepemilikan modal dan kelakuan yang terkait dengan kepemilikan tersebut. Kaum Borjuis bisa berasal dari kelas menengah atau kelas pedagang yang mendapatkan kekuatan ekonomi dan sosial dari pekerjaan, pendidikan dan kekayaan.

Aristokrat dari kaum Borjuis didefinisikan sebagai penguasa pemilik tanah yang diberikan hak Feodal istimewa oleh raja atau monarki.

Seakan aji mumpung, para borjuis memborong tanah untuk tempat tinggal dan juga digunakan sebagai tempat peribadatan.

Selain membeli tanah, para Borjuis itu juga bermain saham dan mengendalikan roda perekonomian terutama dalam berspekulasi seputar bisnis properti. Hal itu ditandai dengan maraknya pembangunan gedung-gedung yang megah di tahun 1873.

Ternyata, upaya itu cukup berpengaruh dan membawa nama baik untuk beberapa lokasi di Madrid. Sehingga jalan-jalan seperti Recoletos dan Castellana tumbuh menjadi lokasi yang memiliki nilai prestisius.

Di kedua lokasi tersebut rumah-rumah mewah bergaya neo-Mudejar, klasik, italianate, dan bergaya Prancis mulai menjamur, yang tentu saja dimiliki oleh para Borjuis.

Perjalanan itu masih berlanjut setahun kemudian (tahun 1874) pembangunan rumah mewah kian ekspansif. Jika semula hanya berpusat di lokasi Recoletos dan Castellana, para Borjuis kemudian membangun di sepanjang jalan Distrik Salamanca.

Tujuan dari pembangunan ini adalah agar masyarakat kelas menengah seperti pekerja dan profesional dapat menyewa. Antusiasme itu ternyata mendorong pemilik tanah dan kontraktor untuk membangun rumah. Tidak hanya rumah, tetapi fasilitas pendukung seperti plaza, monumen nasional, pusat bisnis, dan taman-taman pribadi.

Setelah bertahun-tahun dikuasai oleh para Borjuis, hegemoni mereka mendorong pemberontakan yang berujung Revolusi. Rakyat tidak lagi tunduk dan menuntut agar segala bentuk pembangunan harus diserahkan kepada pihak swasta, bukan lagi dikuasai oleh aristokrat.

Saat ini, daerah-daerah bekas kekuasaan kaum Borjuis masih tetap menjadi kawasan properti elit. Berdasarkan informasi riset Global Property Guide terhitung sejak Agustis 2015, Madrid dinobatkan sebagai kawasan dengan harga tanah paling tinggi.

Harga tanah di Madrid rata-rata naik berkisar EUR 546.2 per meter persegi atau setara dengan Rp 7,89 juta per meter persegi (berdasarkan asumsi kurs 1 Euro sebesar Rp 14.453.9).

Sebelumnya, dillansir dari thelocal.es di tahun 2014 saja harga tanah di Madrid dapat mencapai EUR6.008 per meter persegi atau sekitar Rp 90,4 juta per meter persegi. Sungguh nominal yang fantastis.

Kenaikan harga properti di Madrid ini disebabkan ikut andilnya investor mancanegara yang membidik potensi yang dimiliki Madrid. Menurut pengamatan yang dilakukan perusahaan properti real estat besar Lucas Fox, beberapa investor seperti Prancis, Rusia, dan Belgia cukup dominan dalam membeli jenis rumah mewah di kawasan Salamanca dan Chamberi.

Dilansir dari situs perusahaan properti real estat Lucas Fox, Madrid memiliki pesona nilai properti yang memukau. Madrid saat ini dikenal sebagai kota terbesar ketiga di Eropa dan memiliki ‘kunci’ area bisnis internasional. Selain itu, nilai historis yang sarat terlihat pada bangunan sekitar juga memberikan keunikan tersendiri.

Sama halnya dengan Madrid, Salamanca ternyata masih menjadi distrik termewah di tahun 2016. Selain bangunan-bangunan peninggalan kaum borjuis, distrik ini menawarkan gaya hidup yang trendi dengan banyaknya butik-butik dari desainer internasional terkenal, bar dan resto mewah yang menyuguhkan atraksi sajian unik, dan Taman Retiro.

Dengan begitu, dengan sentuhan Lucas Fox, Madrid kian menjadi kota Borjuis yang memiliki hotspot budaya, pusat perdagangan, perputaran keuangan yang memiliki gaya hidup kosmopolitan. Tren properti yang diciptakan sangat mendukung investasi properti seperti rumah mewah dan apartemen untuk dijual atau disewa.


Source: liputan6.com
Baru Rampung 42%, Pelabuhan Kuala Tanjung Beroperasi 2017

Liputan6.com, Jakarta PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menargetkan pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung tahap I untuk Terminal Multi Purpose akan selesai pada akhir 2016 dan efektif beroperasi pada kuartal 1 2017. Saat ini pembangunan fisik terminal multi purpose Pelabuhan Kuala Tanjung telah mencapai 42 persen.

Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana mengatakan, proses pembangunan Terminal Multi Purpose Pelabuhan Kuala Tanjung ini relatif cepat sejak peletakan batu pertama (groundbreaking) pada 27 Januari 2015 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tahap I, pelabuhan ini akan memiliki fasilitas trestle sepanjang 2,7 km, dermaga sepanjang 500 meter, container yard dengan kapasitas 500.000 TEUs dan kedalaman kolam 14-17 mLWS.

"Letak strategis wilayah kerja Pelindo I yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka, yang merupakan alur pelayaran terpadat di dunia merupakan potensi dan peluang yang harus dikembangkan," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (11/3/2016).

 

Baca Juga

  • Pelabuhan Kuala Tanjung Ditargetkan Selesai 2016
  • Ini Dampaknya Bila Pelabuhan Kuala Tanjung Jadi Hub Internasional
  • JK Sambut Baik Proyek Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Naik Rp 7.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) naik Rp 7.000 per gram pada perdagangan Jumat (11/3/2016) menjadi Rp 575 ribu per gram, dari harga kemarin Rp 568 ribu

Sementara harga pembelian kembali (buyback) naik Rp 1.000 per gram menjadi Rp 520 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 520ribu per gram.

Ada pun pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kilogram (kg) akan dilakukan maksimal dua hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi.

 

Baca Juga

  • Harga Jual dan Buyback Emas Antam Turun
  • Harga Emas Antam Kembali Turun Jadi Rp 570 Ribu per Gram
  • Harga Emas Antam Naik Lagi Rp 4.000 per Gram

Source: liputan6.com
10 Pekerjaan Bergaji Tinggi dan Cocok untuk Wanita di 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kesetaraan gender dijunjung tinggi dalam dunia kerja. Wanita kini pun tak mau berdiam diri di rumah. Kaum hawa berlomba untuk bekerja dan menghasilkan uang.

Ada beberapa pekerjaan yang cocok bagi wanita. Tentu pekerjaan tersebut mayoritas bukanpekerjaaan kasar yang harus dilakukan para pria.

Baca Juga

  • Daftar Negara Paling Baik untuk Wanita Karier
  • 10 Alasan Bos Wanita Lebih Hebat dari Pria
  • Efek Buruk Kesuksesan ke Sikap Wanita

Source: liputan6.com
BI Harap Keuangan Syariah Berkembang di RI

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyambut positif laporan keuangan syariah Indonesia yang diluncurkan Islamic Research and Training Institute (IRTI) Jumat pagi ini.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, dengan laporan tersebut mendorong pengembangan ekonomi Indonesia secara keseluruhan ke depannya. Dia berharap, keuangan syariah akan terus lebih baik.

"‎Jadi kita tahu pengembangan ekonomi syariah terus sedang dilihat, didorong untuk berkembang sebagai pelengkap dari pengembangan ekonomi Indonesia. Kita menyambut baik Islamic Development Bank, khususnya IRTI menyelesaikan report tentang Indonesia. Kami bersama OJK mendukung peluncuran laporan Islamic finance di Indonesia, kita mengharapkan dorongan ekonomi syariah berkembang di Indonesia," ungkap dia, Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Baca Juga

  • Mandiri Sekuritas: Investasi Syariah di Indonesia Terus Tumbuh
  • OJK Targetkan Pangsa Pasar Industri Keuangan Syariah Capai 5%
  • Kenalkan Produk Keuangan Syariah, OJK Gelar Pameran di Mal

Source: liputan6.com
JK: Pak Jokowi Paling Perhatian dengan Industri Furnitur

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Indonesia Internasional Furniture Expo di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Jusuf Kalla memastikan pemerintah sangat memperhatikan industri mebel Indonesia sehingga para pengusaha tidak perlu khawatir.

Musababnya, lanjut JK, presiden Joko Widodo adalah orang yang sangat mengerti bisnis ini. Maklum saja, sebelum bergelut di politik, Jokowi merupakan pengusaha mebel sukses.

"Jadi jangan khawatir pemerintah tidak perhatian. Karena tidak ada presiden seperti Pak Jokowi. Kalau minta perhatian, kami sudah mendalami lebih dulu," kata JK saat memberikan sambutan, Jumat (11/3/2016).

 

Baca Juga

  • Pengusaha Takut Ekspor Mebel Turun karena Aturan Ini
  • Perajin Meubel dan Batik Jateng Incar Pasar Afrika Selatan
  • Tarif Listrik Naik, Pengusaha Meubel Teriak

Source: liputan6.com
Harga Cabai Rawit Tembus Rp 100 Ribu per Kg

Liputan6.com, Jakarta - Pembeli mengelus dada pagi ini karena harus berpikir dua kali untuk membeli cabai. Hal itu dikarenakan harga cabai yang kembali naik sejak malam tadi. Bahkan harga cabai rawit merah naik Rp 20 ribu menjadi Rp 100 ribu per kilogram (kg).

Sebagai pembeli, Maya (55) merasa kecewa karena kenaikan harga tersebut. "Mau beli jadi enggak yakin. Tapi kan kalau makan tidak pakai sambal rasanya kurang pas gitu", ujarnya saat berbicang dengan Liputan6.com, Jumat (11/3/2016).

Selama seminggu, harga-harga sayuran di Pasar Bogor bisa dibilang cukup stabil. Yono (50) salah satu pedagang di pasar tradisional tersebut merasa tidak ada masalah karena pendapatannya sehari-hari tidak terganggu.

"Malah naik. Sedikit sih naiknya," ungkapnya.

Baca Juga

  • Hujan, Harga Cabai dan Bawang Merah Melonjak
  • Masuk Musim Hujan, Harga Bawang Tembus Rp 40 Ribu per Kg
  • Harga Kebutuhan Pangan Masih Tinggi

Source: liputan6.com
Keputusan Bank Sentral Eropa Picu Rupiah ke 13.037 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan bank sentral Eropa kembali menurunkan suku bunga sekitar 10 basis poin (bps) memberikan sentimen positif untuk pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Mengutip data Bloomberg, Jumat (11/3/2016), nilai tukar rupiah dibuka 58 poin ke level 13.110 per dolar Amerika Serikat (AS) dari posisi di level 13.052 per dolar AS pada penutupan perdaganga Kamis kemarin.

Akan tetapi, menjelang Jumat siang, nilai tukar rupiah makin menguat hingga sempat tembus 13.034 per dolar AS.

Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah berada di posisi 13.087 per dolar AS pada Jumat pekan ini dari posisi kemarin di kisaran 13.149 per dolar AS.

Baca Juga

  • Rupiah Akhirnya Tumbang ke 13.130 per Dolar AS
  • Kebijakan The Fed Masih Pengaruhi Gerak Rupiah
  • Rupiah Terus Menguat, Presiden Jokowi Semringah

Source: liputan6.com
Investor Lebih Selektif Usai Stimulus Bank Sentral Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan aliran dana asing yang masuk ke Indonesia tidak terlalu besar pasca Bank Sentral Eropa atau Europe Central Bank (ECB) mengeluarkan paket stimulus.

Bambang mengatakan, kondisi saat ini berbeda ketika Bank Sentral Amerika (AS) meluncurkan quantitave easing (QE). Bambang mengatakan, dari segi ukuran dampak stimulus Bank Sentral Eropa tak terlalu besar.

"‎Saya rasa agak beda stimulus ECB dan Bank of Japan beda QE Amerika. Pertama QE lebih besar dari sizenya, ke dua QE dilakukan hanya Amerika Serikat sendiri sehingga imbasnya lari emerging ekonomy termasuk kita yang menerima manfaat pada waktu itu," kata dia, Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Bambang melanjutkan, kondisi saat ini aliran dana asing menyasar pada negara berkembang dengan fundamental yang baik. Artinya, penempatan dana asing tersebut cenderung lebih selektif.

Baca Juga

  • Keputusan Bank Sentral Eropa Picu Rupiah ke 13.037 per Dolar AS
  • Bursa Asia Melemah Usai Rilis Stimulus Bank Sentral Eropa
  • Harga Emas Tersandung Pernyataan Bank Sentral Eropa

Source: liputan6.com
Nasabah Bank Mandiri Kaget Saldo Mendadak Jadi Rp 100 Triliun

Liputan6.com, Pekanbaru- Tomedy (32), warga Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau kebingungan dengan apa yang dialaminya pada 8 Maret 2016. Setoran uang tunai Rp 250 ribu ke rekening Bank Mandiri malah membuatnya bingung.

Bagaimana tidak? Mendadak saldo rekeningnya yang tak sampai Rp 500 ribu bertambah hingga nyaris mencapai Rp 100 triliun, usai melakukan transaksi.

"Ini saya lagi konsultasi dengan keluarga, bagaimana cara selanjutnya," sebut Tomedy dikonfirmasi wartawan dari Pekanbaru, Jumat (11/3/2016).

Kejadian bermula saat dirinya berniat menyetorkan uang Rp 250 ke rekeningnya pada Selasa, 8 Maret 2016 sekitar pukul 14.00 WIB.

 

Baca Juga

  • Lapor Uang Hilang, Nasabah Mandiri Dapat Transfer Rp 100 Triliun
  • Bank Mandiri Raup Laba Rp 20,3 Triliun di 2015
  • Pacu Bisnis KPR, Bank Mandiri Bidik Nasabah Lama

Source: liputan6.com
‎6 Wilayah Ini Dapat Proritas Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak enam wilayah di Indonesia Timur akan mendapat perhatian lebih dalam penyaluran listrik Program Indonesia Terang.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said m‎engatakan, enam wilayah tersebut memiliki letak geografis yang hampir sama, sehingga bisa dikelompokkan pengelolaannya dalam penyaluran listriknya.

‎"Karena enam daerah karakter geografisnya mirip-mirip kepulauan, kemudian di Papua pegunungan yang terjal, jadi kita cluster menjadi satu dan diberikan fokus perhatian berbeda dari yang lain," kata Sudirman, di Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Baca Juga

  • Pembangkit Listrik 800 MW Dibangun di Tuban dan Pasuruan
  • Ini Cara PLN Deteksi Pencurian Listrik
  • Jurus PLN dan Swasta Wujudkan Pemerataan Listrik di RI

Source: liputan6.com
Saldo Nasabah Mendadak Rp 100 Triliun, Ini Penjelasan Mandiri

Liputan6.com, Jakarta - ‎Kejadian bertambahnya jumlah saldo rekening nasabah dalam jumlah yang sangat besar kembali terjadi. Kali ini, hal tersebut dialami oleh nasabah Bank Mandiri bernama Tomedy warga Pangkalan Kerinci. Pria berusia 32 tahun ini menyatakan uang di dalam rekeningnya tiba-tiba‎ bertambah hingga hampir mencapai Rp 100 triliun.

Lantas, mengapa itu bisa terjadi, dan apa penjelasan Bank Mandiri?

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, rekening tersebut tengah diblokir oleh pihak bank. Dia menuturkan, ‎sebenarnya deretan angka 9 hingga nominalnya mencapai triliunan tersebut‎ diawali dengan tanda minus (-). Hal ini wajar terjadi pada rekening yang tengah diblokir oleh pihak bank.

 

Baca Juga

  • Nasabah Bank Mandiri Kaget Saldo Mendadak Jadi Rp 100 Triliun
  • Cek Saldo Bakal Dikenai Biaya, BI Beri Usul Ini ke BCA
  • Cek Saldo di ATM BCA Bakal Dikenakan Biaya Rp 1.000

Source: liputan6.com
Kenapa Saldo Nasabah Mandiri Mendadak Jadi Rp 100 Triliun?

Liputan6.com, Jakarta - Warga pangkalan kerinci, kabupaten Pelalawan, Riau mengalami kebingungan pada 8 Maret 2016. Lantaran mendadak isi rekening bank Mandirinya meningkat hingga nyaris mencapai Rp 100 triliun usai melakukan transaksi menyetor uang tunai Rp 250 ribu.

Pengakuan Tomedy, uang awal yang ada di rekeningnya tak sampai Rp 500 ribu. "Ini saya lagi konsultasi dengan keluarga, bagaimana cara selanjutnya," ujar Tomedy, dikonfirmasi wartawan dari Pekanbaru, Jumat (11/3/2016).

Kejadian ini bukan pertama kali dialami oleh nasabah bank Mandiri. Pada Agustus 2015, dua orang nasabah Bank Mandiri cabang Bengkulu mengaku kehilangan uang mereka masing-masing sebesar Rp 49 juta dari rekening tabungannya.

"Saya biasa bertransaksi melalui sms banking dan saat cek saldo, uang saya berkurang Rp 49 juta," kata Firdaus, nasabah Bank Mandiri yang sudah melaporkan kasus ini ke Polda Bengkulu, seperti mengutip Antara.

Baca Juga

  • Nasabah Bank Mandiri Kaget Saldo Mendadak Jadi Rp 100 Triliun
  • Polda Bengkulu Bakal Usut Uang Nasabah Mandiri yang Raib
  • Bos Mandiri: Jaringan Sindikat yang Bikin Uang Nasabah Hilang

Source: liputan6.com
Ingin Berhemat, Pemerintah Akan Lakukan Efisiensi Anggaran

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana melakukan penghematan anggaran dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016. Sebagai langkah awal dari penghematan anggaran ini, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menyisir sektor mana saja yang bisa dilakukan penghematan.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah akan memetakan sektor-sektor apa saja yang bisa dilakukan penghematan. Caranya, pemerintah akan melihat skala prioritas dari sektor tersebut.

"Efisiensi anggaran itu dilakukan dalam beberapa dimensi. Dimensi pertama harus mengutamakan manfaat. Oleh karena itu harus menjadi ukuran yang paling penting. Efisiensi kedua bagaimana kita lihat prioritas. Jadi kita lihat kalau manfaatnya besar tapi prioritasnya kurang itu kita utamakan yang manfaat tinggi dan realitas tinggi," ujar dia di Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Selain itu, lanjut Sofyan, pemerintah juga menyederhanakan nomenklatur kementerian/lembaga (K/L) hingga ke tingkat pemerintah daerah (Pemda). Hal ini telah dilakukan Daerah Istimewa Yogyakarta yang melaksanakan penghematan ‎melalui pemangkasan program-programnya.

Baca Juga

  • Jokowi Minta Tahun Ini Serapan Anggaran ESDM Capai 90%
  • Menkeu Sodorkan Revisi Anggaran Negara Setelah Mei 2016
  • Kemenkeu Anggarkan Rp 1,5 Triliun untuk Renovasi GBK

Source: liputan6.com
Insiden Saldo Rp 100 Triliun, Bank Mandiri Perketat Sistem IT

Liputan6.com, Jakarta - ‎Nasabah Bank Mandiri, Tomedy warga Pangkalan Kerinci, mengaku mendapatkan tambahan uang di dalam rekeningnya secara tiba-tiba‎ hingga hampir mencapai Rp 100 triliun. Diduga hal ini terjadi karena kesalahan teknis atau manusia (human error).

Terkait ini, Bank Mandiri memastikan pihaknya akan lebih meningkatkan sistem teknologi informasi mereka untuk menghindari kejadian serupa terulang kembali.

"Kita akan coba cek terlebih dahulu, dan kita akan terus tingkatkan sistem IT. Terima kasih infonya," jelas Senior Vice President Electronic Banking Group Bank Mandiri Rico Usthavia Frans saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Sementara Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, kejadian ini terjadi karena rekening nasabah yang tengah diblokir pihak bank.

Dia menuturkan, ‎sebenarnya deretan angka 9 hingga nominalnya mencapai triliunan tersebut‎ diawali dengan tanda minus (-). Hal ini wajar terjadi pada rekening yang tengah diblokir oleh pihak bank.

Baca Juga

  • Nasabah Bank Mandiri Kaget Saldo Mendadak Jadi Rp 100 Triliun
  • Cek Saldo Bakal Dikenai Biaya, BI Beri Usul Ini ke BCA
  • Cek Saldo di ATM BCA Bakal Dikenakan Biaya Rp 1.000

Source: liputan6.com
Alasan Tak Boleh Menunda Kredit Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Ada dua alasan utama mengapa orang menunda membeli rumah, meskipun secara kredit, yaitu uang dan waktu.

Jika masalahnya masih terhambat tidak punya uang muka, maka ada beberapa jalan keluar yang bisa dilakukan.

Akan tetapi, bagi orang yang sudah memiliki cukup uang, menunda beli rumah justru bisa menimbulkan kerugian finansial di masa depan.

Lantaran karena penundaan dua atau tiga tahun, bisa-bisa impian memiliki rumah bisa buyar selamanya. Berikut adalah alasannya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Jumat (11/3/2016):

1. Harga Makin Tinggi

Salah satu alasan investasi properti sangat diminati adalah harga properti tidak pernah mengalami penurunan. Malah, harga properti bisa dikerek naik 30 persen-40 persen dalam hitungan tahun.

Dengan menunda KPR, harga rumah bisa tidak lagi terjangkau oleh penghasilan karena cicilan semakin tinggi.

2. DP Tidak Terjangkau

Jika harga rumah semakin tinggi, sudah pasti dana yang harus disiapkan untuk DP alias uang muka bertambah tinggi.

Memang, tahun ini pemerintah telah menurunkan syarat ketentuan DP dari semula 30 persen dari harga pokok menjadi cuma 20 persen dari harga pokok. Namun, mengingat kenaikan harga rumah yang cepat, kebijakan DP murah tidak akan banyak berpengaruh. (Baca juga: Inilah Daftar Terbaru Orang Terkaya di Dunia)

3. Pengajuan KPR Dapat Ditolak

Jika Anda seorang karyawan, ketahuilah batas pelunasan KPR adalah usia 55 tahun. Sedangkan bagi wiraswasta, batasnya mencapai 65 tahun.

Oleh karena itu, semakin tua usia saat mengajukan KPR, semakin kecil pula kemungkinan bank mengabulkannya. Alasannya, bank tidak ingin mengambil risiko lantaran saat memasuki usia pensiun, orang tidak lagi memiliki penghasilan tetap.


Source: liputan6.com
Pertamina Targetkan US$ 100 Juta dari Efisiensi Pengadaan Minyak

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menargetkan nilai efisiensi dari proses pengadaan minyak dan produk minyak melalui Integrated Supply Chain (ISC) mencapai US$ 100 juta‎ pada 2016. Perubahan pengadaan minyak dan produk minyak oleh ISC dikatakan menjadi salah satu bagian penting dalam  terobosan Pertamina.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, sepanjang 2016 Pertamina terus melanjutkan penataan sistem ISC sehinga menciptakan efisiensi bagi perusahaan.

‎"Kami targetkan efisiensi dari pengadaan minyak dan produk minyak sebesar US$ 100 juta,” kata Wianda, di kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Nilai efisiensi tersebut diharapkan diraih dari beberapa strategic initiatives. Ini meliputi maksimalisasi pembelian minyak mentah domestik, efisiensi dalam kegiatan pengadaan minyak mentah, BBM, dan elpiji, pemrosesan minyak mentah di kilang luar negeri, dan sourcing minyak mentah, kondensat, BBM, dan elpij dari beberapa negara dalam kerangka government to government (g to g).

Pada 2016, permintaan gasoline diperkirakan mencapai 164,6 juta barel. Adapun gasoil sebesar 171,1 juta barel dalam setahun. Sedangkan permintaan elpiji diperkirakan bisa mencapai 7,45 juta Metrik Ton (MT).

Baca Juga

  • Pertamina Dapat Prioritas Bangun Kilang Mini
  • Pemerintah Tugaskan Pertamina Bangun Infrastruktur Migas
  • Presiden Ingin Pertamina Borong Minyak Saat Harga Anjlok

Source: liputan6.com
Begini Keuntungan Pengelolaan Blok Masela di Darat

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menjamin pembebasan lahan untuk‎ fasilitas pengolahan gas Blok Masela di darat (on shore) tidak sulit karena membawa dampak positif bagi perekonomian.

Tenaga Ahli bidang Energi‎ Kemenko bidang Kemaritiman Haposan Napitupulu mengatakan, pembebasan lahan untuk fasilitas pengolahan gas bumi menjadi gas alam cair (Liquid Natural Gas/LNG) tersebut jauh lebih mudah ketimbang pembebasan lahan untuk sumur gas.

"Ada orang yang mengatakan pembebasan tanahnya sulit, nggak. Yang susah membebaskan tanahnya itu kalau kita bangun sumur," kata Haposan, di Kantor Kordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Haposan melanjutkan, untuk membangun pengolahan gas blok Masela di darat akan menciptakan peluang perekonomian baru, sehingga masyarakat bersedia menyerahkan lahan dibangun fasilitas tersebut.

 

Baca Juga

  • Dibangun di Darat, Blok Masela Disebut Bisa Jaga Kedaulatan RI
  • Sudirman Said: Keputusan Blok Masela di Tangan Presiden
  • Cara Agar Blok Masela Tak Bebani Negara

Source: liputan6.com
Ikuti Bursa Asia, IHSG Naik 20 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak variasi pada perdagangan saham menjelang akhir pekan ini. Akan tetapi, IHSG dapat berbalik arah sehingga ditutup di zona hijau.

Pada penutupan perdagangan saham Jumat (11/3/2016), IHSG naik 20,57 poin atau 0,43 persen ke level 4.813,77. Indeks saham LQ45 menguat 0,52 persen ke level 838,61. Seluruh indeks saham acuan kompak menghijau.

Ada sebanyak 144 saham menghijau sehingga berbalik arah ke zona hijau. Sementara itu, 145 saham melemah sehingga menahan penguatan IHSG. 89 saham lainnya diam di tempat.

Pada Jumat pekan ini, IHSG sempat berada di level tertinggi 4.813,77 dan terendah 4.776,99. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 227.931 kali dengan volume perdagangan 4,6 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 5,7 triliun.

Baca Juga

  • IHSG Berpeluang Melemah, Cermati 8 Saham Pilihan
  • IHSG Berpeluang Naik Jelang Akhir Pekan
  • Sambut Akhir Pekan, IHSG Lanjutkan Pelemahan

Source: liputan6.com
Selamatkan Bank Berdampak Sistemik, LPS Siapkan Beberapa Opsi

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat untuk tidak memakai sistem bail out atau penyuntikan dana segar dari luar alias dari negara untuk menyelamatkan bank berdampak sistemik. Pemerintah dan DPR memutuskan untuk menggunakan sistem bail in atau memaksimalkan modal bank untuk menyelamatkan bank sistemik.

Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Fauzi Ichsan mengatakan, mekanisme bail in berarti meningkatkan modal pada bank sistemik. Nantinya, penambahan modal tersebut bisa melalui surat utang yang dikonversi saham.

"Ini semua ada dijurisdiksi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," kata dia usai membahas Rancangan Undang-undang (RUU) Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) di Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Baca Juga

  • LPS: Ada Penjaminan, Investor Tetap Percaya dengan Bank di RI
  • LPS Gandeng Filipina Demi Perkuat Penanganan Bank
  • Tiru AS, LPS Cari Cara Lain Selamatkan Bank‎ Gagal

Source: liputan6.com
Konsumen Mulai Tinggalkan Premium

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyatakan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium akan menurun pada 2016. Hal tersebut disebabkan migrasinya konsumen ke jenis BBM lebih baik.

VP Marketing Development Integrated Supply Chain ISC PT Pertamina Hasto Wibowo mengatakan konsumsi Premium 2016 diperkirakan mencapai 164,6 juta barel atau 15 juta barel per bulan. Konsumsi tersebut menurun dari posisi 175 juta barel pada 2015.

"Demand premium ‎mengalami penurunan tahun ini," kata Hasto, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Hasto mengatakan, penurunan konsumsi BBM dengan kadar  Reserch Octane Number (RON) 88 tersebut disebabkan perpindahan konsumen ke jenis BBM yang lebih baik kualitasnya, yaitu Pertalite dengan kadar RON 90, Pertamax 92 dengan kadar RON 92 dan Pertamax Plus 95 dengan kadar RON 95.

"Ada penurunan karena penyebabnya ada kenaikan konsumsi dari Pertalite, Pertamax," tutur Hasto.

Baca Juga

  • Ini yang Terjadi Jika Premium Hilang di Jakarta
  • Menteri ESDM Kaji Usulan Ahok Hapus Premium di Jakarta
  • Premium Pantas Lenyap Jika Transportasi Publik Sudah Bagus

Source: liputan6.com
PLN Manfaatkan Aliran Sungai untuk Pemerataan Listrik

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) memanfaatkan aliran sungai Sengkarang untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) Lebak Barang agar rasio elektrifikasi di Pekalongan, Jawa Tengah meningkat.

Direktur Bisnis PLN Regional Bagian Tengah Nasri Sebayang  mengatakan, PLN fokus meningkatkan  rasio elektrifikasi Nusantara, dengan memanfaatkan penggunaan energi baru terbarukan. Salah satunya dengan mengoperasikan PLTMH Lebak Barang berkapasitas 7 Mega Watt (MW).

"PLN memanfaatkan aliran sungai sengkarang untuk membangkitkan listrik," kata Nasri, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Nasri menuturkan, jika PLTMH Lebak Barang ini bisa berfungsi maksimal dan bisa dimanfaatkan dengan baik akan menerangi 7 ribu rumah tangga di wilayah tersebut. Karena itu, perlu dukungan masyarakat agar PLTMH tersebut terus beroperasi dengan baik.

Baca Juga

  • Tetapkan Harga Batu Bara, ESDM Panggil Pengusaha hingga PLN
  • Ini Cara PLN Deteksi Pencurian Listrik
  • Jurus PLN dan Swasta Wujudkan Pemerataan Listrik di RI

Source: liputan6.com
Begini Proses Pengadaan Minyak Pertamina

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mengaku telah mengubah proses pengadaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan minyak mentah‎ setelah mengganti peran Pertamina Energy Trading Limited/Petral ke Integrated Supply Chain (ISC).

VP Marketing Development ISC PT Pertamina (Persero) Hasto Wibowo ‎mengatakan, ISC membuka kesempatan seluasnya kepada penjual minyak (trader) untuk mengikuti tender dalam proses pengadaan BBM. Dengan begitu diharapkan akan mendapat harga minyak yang paling murah.

"Kami paham semakin banyak orang menawarkan semakin ada peluang untuk mendapatkan harga lebih baik. Logika rasionalnya seperti itu," kata Hasto, di Kantor Pusat Pertamina,Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Hasto melanjutkan, setelah membuka kesempatan tender, trader akan menawarkan harga melalui surat elektronik dan ISC tidak bisa membuka penawaran tersebut sampai batas waktu tender yang ditentukan habis.

Baca Juga

  • Pertamina Targetkan US$ 100 Juta dari Efisiensi Pengadaan Minyak 
  • Ini Peran Serta Pertamina dalam Program 35 Ribu MW
  • Petral Dibubarkan, Pertamina Klaim Hemat Rp 2,87 Triliun di 2015

Source: liputan6.com