Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Kamis, 24 Maret 2016
CEO Ini Bagikan Hadiah Perpisahan Rp 131 Miliar ke Pekerja

Liputan6.com, Jakarta - Tak semua pimpinan perusahaan bersedia melakukan ini menjelang akhir masa tugasnya. CEO perusahaan asuransi kendaraan di Inggris dengan rela membagikan uang 7 juta pound sterling (US$ 10 juta) atau setara Rp 131,6 miliar kepada pekerjanya sebagai hadiah perpisahan.

Melansir laman CNBC, Kamis (24/3/2016), adalah CEO Admiral Group Henry Engelhardt yang mengumumkan akan membagikan uang sebesar US$ 1.445 atau setara Rp 19 juta (estimasi kurs 13.157 per dolar AS) kepada pekerja yang sudah mengabdi selama minimal satu tahun. Sementara staf lain diberikan 500 pound sterling setara dengan Rp 9 juta.

Perusahaan saat ini mempekerjakan sekitar 7.000 karyawan yang beroperasi di negara-negara seperti Inggris Raya, India, dan Italia. Pemberian hadiah akan dibayarkan berbarengan pemberian gaji dan akan dikenakan pajak seperti biasa. 

"Hadiah ini sebagai pengakuan atas kerja keras dan semangat tim yang telah mendukung keberhasilan perusahaan sebagai sebuah start-up dengan nilai 5 miliar pound sterling hingga hari ini," demikian penjelasan Engelhardt melalui surat elektroniknya.

Engelhardt telah mengumumkan pengunduran diri dari perusahaan yang berdiri sejak 1991 tersebut, pada mei tahun lalu.

Selama ini, dia dikenal karena gaya kepemimpinan yang sedikit berbeda. Sebab kerap membantu pekerjanya dan menyelenggarakan acara bagi semua orang di perusahaan. Ini untuk memastikan perusahaan selalu memberikan hiburan bagi pekerja.

Pembayaran dengan uang tunai sedikit berbeda dibandingkan hadiah khas CEO yang selama ini dalam bentuk penawaran saham. (Shabrina Aulia Rahmah/Nrm)


Source: liputan6.com
Miliarder Ini Pernah Lupakan Keluarga demi Bisnis

Liputan6.com, Jakarta - Hidup miskin semasa kecil, membuat salah satu miliarder dunia, Lee Shau Kee harus bekerja sangat keras hingga terpaksa mengacuhkan keluarganya sendiri. Dia mengaku harus memprioritaskan bisnis dibandingkan keluarga.

"Saat saya masih muda, bisnis adalah yang utama. Lalu kekayaan, setelah itu kesehatan. Barulah yang terakhir keluarga," ujar Lee seperti dilansir dari laman Forbes, Kamis (24/3/2016).

Namun setelah kaya raya, pria yang tercatat memiliki total kekayaan senilai US$ 21,5 miliar tersebut mengaku tak lagi memprioritaskan bisnis. Baginya, kesehatan jauh lebih penting agar tetap bisa berbahagia dengan keluarga.

"Tapi sekarang, kesehatan menjadi yang paling penting lalu keluarga. Setelah itu bisnis dan kesehatan," tutur pria asal Hong Kong tersebut.

 

Baca Juga

  • Hal yang Dilakukan 5 Miliarder Teknologi dengan Hartanya
  • 5 Fakta Aneh Para Miliarder Terkaya Dunia
  • Kenapa Tiongkok Lebih Cepat Cetak Miliarder Meski Ekonomi Lesu?

Source: liputan6.com
7 Ketakutan yang Tak Dimiliki Orang Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang dikontrol oleh emosi, bukan sebaliknya. Salah satu emosi yang membuat gagal adalah rasa takut.

Ketakutan tersebut berasal dari diri sendiri seperti takut memulai atau takut mengambil keputusan.

Jika Anda ingin meraih sukses, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatasi ketakutan terbesar. Karena kebanyakan orang sukses dan kaya di dunia tidak memiliki ketakutan-ketakutan berikut dalam hidupnya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Rabu (23/3/2016).

1. Takut Dikritik

Banyak orang takut untuk hidup dalam impian mereka karena takut dengan apa yang akan orang lain katakan. Misalnya, orangtua bersikeras agar Anda melanjutkan sekolah untuk meraih gelar master. Namun di sisi lain Anda merasa sudah siap untuk mulai berbisnis.

Hal ini merupakan masalah paling umum yang dialami banyak orang, yakni membuat keputusan berdasarkan apa yang orang pikirkan. Bahkan membuat keputusan berdasarkan pendapatan  sahabat terdekat, keluarga, pacar bisa membuat menyesal seumur hidup.

Sebaliknya, pikirkan tentang apa yang orang lain katakan jika Anda mencapai kesuksesan. Jika Anda dalam posisi di atas, pikirkan tentang apa yang orangtua katakan jika bisnismu berhasil. Bukankah mereka akan mereka bangga pada Anda? Bagaimana jika itu adalah keputusan terbaik yang pernah  Anda buat? Semuanya sangat mungkin bukan?


Source: liputan6.com
6 Tanda Pasangan Anda Calon Orang Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah hubungan, uang memang bukan segalanya. Walaupun berbagai fasilitas mampu dibeli dengan uang, sebuah hubungan yang baik didasari dengan rasa saling percaya dan komunikasi yang baik.

Banyak orang yang kesulitan untuk mencari pendamping hidup yang sesuai. Banyak dari mereka yang menginginkan pasangan mapan dan mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Melansir positivemed.com, Kamis (24/3/2016) berikut enam tanda pasangan mapan:

1. Percaya diri

Satu tanda yang dimiliki orang sukses adalah mereka selalu percaya terhadap kemampuan yang dimiliki. Apabila Anda ingin pasangan Anda sukses, mereka harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

2. Punya tujuan hidup

Hampir semua orang sukses di dunia pasti selalu memiliki tujuan besar dalam hidupnya. Selain itu mereka juga punya semangat yang besar untuk menghalau segala rintangan yang mampu terjadi.

3. Pekerja keras

Pasangan yang mampu sukses merupakan mereka yang rela bekerja keras. Apapun tujuan hidupnya, mereka rela untuk mencurahkan tenaga demi mewujudkan mimpi yang selama ini dimiliki.


Source: liputan6.com
Sering Dikritik di Tempat Kerja? Ini Cara Atasinya

Liputan6.com, Jakarta - Kritik bagi sebagian orang merupakan sesuatu yang tidak mengenakkan, apalagi bagi orang yang sensitif. Bagaimana tidak, usaha yang selama ini dikerahkan ternyata masih saja mengundang rasa tidak puas dari orang lain. 

Daripada menghindari kritik, tentu akan jauh lebih baik bila kita belajar menerima atau menghadapinya dengan baik serta mengambil manfaatnya. Bagi sebagian orang, hal ini ternyata tidaklah mudah.

Lalu apa yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi kritik di tempat kerja? Melansir Lifehack.org, Kamis (24/3/2016) berikut ulasannya:

1. Jangan langsung emosi

Usahakan untuk mengambil sudut pandang yang sama dengan si pemberi kritik. Jika berhasil, maka kita akan benar-benar memahami alasan inti si pemberi kritik dalam melontarkan kritik tersebut.

Kalau sudah demikian, maka biasanya kita tidak akan terlalu “panas” dan terganggu sehingga bisa lebih rileks dalam menyusun argumen yang efektif dalam menjawab kritik tersebut.

2. Memandang kritik dari sisi yang positif

Kritik pada dasarnya bisa digolongkan ke dalam dua hal, yakni yang berlandaskan maksud baik dan maksud jahat.

Namun, sebagai pribadi yang merdeka, kita punya pilihan untuk memandang bahwa semua kritik tersebut dilontarkan atas maksud baik (positif). Cara pandang seperti ini sangat menguntungkan karena membuat pikiran kita lebih jernih sehingga bisa mengambil manfaat kritik dengan maksimal.


Source: liputan6.com
IHSG Diprediksi Lanjutkan Pelemahan

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan saham Kamis (24/3/2016). Pelaku pasar yang optimistis terhadap kinerja emiten dinilai akan mempengaruhi laju IHSG.

Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi mengatakan, pada perdagangan saham kemarin IHSG ditutup melemah 1,93 poin atau 0,04 persen ke level 4.854,93. Dia mengatakan, IHSG melemah dipengaruhi oleh Bursa Asia yang terkena imbas faktor geopolitik di Eropa.

"Pergerakan yang relatif tertekan di Bursa Asia membebani pergerakan IHSG," kata dia dalam risetnya.

Namun begitu, IHSG masih menunjukkan tren yang positif. Hal tersebut ditandai oleh aliran modal asing yang masuk. Pada perdagangan saham kemarin, investor asing mencatatkan beli bersih Rp 331,92 miliar. Lanjar memperkirakan IHSG bergerak pada support 4.794 dan resistance pada level 4.910.

Baca Juga

  • IHSG Bakal Variatif dengan Kecenderungan Melemah
  • Investor Asing Beli Saham, IHSG Turun Tipis ke 4.885
  • IHSG Melemah 14 Poin Tersengat Bursa Asia

Source: liputan6.com
Wall Street Kembali Melemah Akibat Penurunan Harga Minyak

Liputan6.com, New York - Wall Street kembali melemah pada penutupan perdagangan Rabu (Kamis pagi waktu Jakarta). Pelemahan Wall Street didorong oleh penurunan saham-saham di sektor energi. Investor masih berhati-hati melakukan transaksi setelah adanya serangan bom mematikan di Belgia.

Mengutip Reuters, Kamis (24/3/2016), Dow Jones Industrial Averange (DJIA) melemah 79,98 poin atau 0,45 persen ke level 17.502,59. S&P 500 turun 13,09 poin atau 0,64 persen ke level 2.036,71. Sedangkan Indeks Nasdaq tertekan 52,80 poin atau 1,09 persen ke angka 4.768,86.

Penurunan indeks acuan saham di Amerika Serikat (AS) ini karena tertekan penurunan saham-saham di sektor energi. Harga minyak memang mengalami penurunan setelah otoritas energi di AS mengumumkan bahwa stok minyak di negara tersebut menunjukkan kenaikan.

Baca Juga

  • Wall Street Melemah Dipicu Serangan Brussels
  • Sektor Saham Telekomunikasi Picu Wall Street Naik Tipis
  • Wall Street Positif Ditopang Harga Komoditas

Source: liputan6.com
Pasokan yang Berlimpah Tekan Harga Minyak

Liputan6.com, New York - Harga minyak kembali turun pada penutupan perdagangan Rabu (Kamis pagi waktu Jakarta) karena data menunjukkan bahwa stok di Amerika Serikat (AS) terus meningkat dan produksi belum dikendalikan. Sebelumnya ada rencana untuk menahan produksi untuk menjaga penurunan yang lebih dalam harga minyak.

Mengutip Wall Street Journal, Kamis (24/3/2016), minyak mentah jenis Light Sweet untuk pengiriman Mei turun US$ 1,66 atau 4 persen menuju US$ 39,70 per barel di New York Mercantile Exchange. Presentase penurunan terburuk sejak 23 Februari lalu. Sedangkan harga minyak Brent yang merupakan patokan harga dunia, juga mengalami penurunan US$ 1,32 atau 3,2 persen menuju US$ 40,47 per barel di ICE Futures Europe.

Baca Juga

  • Harga Minyak Naik Tipis Dipicu Pelemahan Dolar
  • Harga Minyak Jatuh, Kampus Ini Pangkas Pegawai
  • Harga Minyak Tekan Bursa Saham Asia

Source: liputan6.com
Penguatan Dolar AS Bikin Harga Emas Turun

Liputan6.com, New York - Harga emas berjangka para penutupan perdagangan Rabu (Kamis pagi waktu Jakarta) kembali turun. Penurunan harga emas karena adanya tekanan dari penguatan dolar Amerika Serikat (AS). Tragedi Brussels tak mampu dorong penguatan harga emas yang merupakan instrumen safe haven.

Mengutip Wall Street Journal, Kamis (24/3/2016), harga emas untuk pengiriman April, yang merupakan kontrak paling aktif diperdagangkan, turun 2 persen menjadi US$ 1.224 per troy ounce. Harga tersebut merupakan harga terendah sejak 26 Februari lalu.

Beberapa analis melihat bahwa penurunan harga emas tersebut lebih dipicu oleh komentar dari pejabat Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atauThe Federal Reserve (TheFed) yang menyarankan untuk menaikkan suku bunga acuan. Pejabat tersebut melihat bahwa data-data ekonomi yang ada sudah cukup stabil dan mampu dijadikan landasan kenaikan suku bunga.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Naik Rp 2.000 per Gram
  • Harga Emas Naik Pasca Serangan Brussels
  • Harga Emas Bersinar Pekan Ini

Source: liputan6.com
KAI Butuh 1.000 Pegawai Baru, Minat Bergabung?

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sedang menggarap jalur Kereta Api (KA) pertama di Sulawesi. Jalur KA sepanjang 145 kilometer (km) yang akan menghubungkan Kota Makassar dengan Parepare ini ditargetkan bisa beroperasi pada 2018 mendatang.

Presiden RI, Joko Widodo, saat meninjau lokasi pembangunan jalur tersebut pada November 2015 berpesan agar nantinya PT KAI yang menjadi operator kereta api Trans Sulawesi tersebut.

"Presiden juga berpesan agar PT KAI memberdayakan potensi yang dimiliki putra-putri daerah di Sulawesi dengan merekrut mereka sebagai pegawai yangnantinya akan mengoperasikan kereta apiTrans Sulawesi," kata VPCorporateCommunication PT KAI, AgusKomarudin, Kamis (24/3/2016).

Baca Juga

  • Sambut Libur Panjang Tiket KA Ludes, Ini yang Masih Tersisa
  • Dampak Longsor, KA Bogor-Sukabumi Berhenti 5 Hari
  • Cerita Jonan Benahi Kereta Api Kala Jadi Bos KAI

Source: liputan6.com
Menhub Jonan Resmikan Kantor Otoritas Pelabuhan Tarakan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja ke Tarakan, Kalimantan Utara pada Rabu, 23 Maret 2016 kemarin. Kunjungan tersebut untuk mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Internasional Juwata, Tarakan. 

Dalam Kunjungan kerja tersebut, Jonan juga meresmikan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Juwata Tarakan. Turut hadir dalam acara peresmian Kantor Kesyahbandaran adalah Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Laut Umar Aris dan sejumlah pejabat di Lingkungan Kementerian Perhubungan.

Jonan mengatakan Kementerian Perhubungan senantiasa melakukan pembenahan, pengembangan sarana dan prasarana transportasi khususnya di Kalimantan Utara. "Pembenahan dan pengembangan sarana prasarana transportasi dilakukan di Kalimantan Utara, ini sesuai dengan Nawacita, membangun daerah pinggiran, terluar, terpencil, dan terdalam," kata Jonan dalam keterangannya, Kamis (23/3/2016).

Baca Juga

  • Menhub Jonan Sebut Taksi Online Ilegal, Ini Alasannya
  • Menteri Perhubungan Ignasius Jonan - INSPIRATO
  • Syarat Menhub Jonan untuk Angkutan Umum yang Beroperasi di RI

Source: liputan6.com
Penguatan Dolar AS dan Kejatuhan Harga Minyak Tekan Bursa Asia

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Asia terjatuh. Penyebab pelemahan saham-saham di kawasan Asia Pasifik tersebut karena penguatan dolar Amerika Serikat (AS). Selain itu, penurunan harga minyak juga ikut turut andil dalam penurunan Bursa Asia.

Mengutip Reuters, Kamis (24/3/2016), Indeks MSCI Asia Pasifik turun 0,5 persen pada pukul 09.19 waktu Tokyo Jepang. Jika penurunan terus terjadi maka kinerja hari ini akan menjadi kerugian Indeks MSCI Asia Pasifik terbesar sejak 16 Maret atau sejak pekan lalu.

Baca Juga

  • Saham Industri Pimpin Pelemahan Bursa Asia
  • Bursa Asia Tertekan, IHSG Susut 14 Poin
  • Sentimen The Fed Bebani Bursa Saham Asia

Source: liputan6.com
Cara Mentan Genjot Produksi dan Harga Karet RI

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan menggelar Rapat Upaya Pengembangan Komoditi Karet Nasional di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (23/3/2016) malam.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman yang didampingi Dirjen Perkebunan Gamal Nasir dan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Nurdin memberikan arahan kepada petani dan pengusaha karet di Sumatera Selatan. 

Rapat pengembangan komoditas karet ini membahas upaya atau rencana aksi untuk meningkatkan produksi dan harga karet nasional serta peningkatan pendapatan petani yang bekerja di perkebunan.

Mentan Amran menyampaikan pemerintah telah menyusun solusi untuk mengurai permasalahan produksi dan harga karet yang rendah akhir-akhir ini. 

Baca Juga

  • Industri Karet Dibuka Buat Asing untuk Genjot Serapan Lokal
  • Dorong Penggunaan Karet, Pemerintah Siap Terbitkan Inpres
  • Tiga Negara Produsen Berkongsi Perbaiki Harga Karet

Source: liputan6.com
Jaringan Gas PGN di Mal Mudahkan Pengelola Gerai Makanan

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan jaringan gas milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN) bukan hanya memberikan manfaat bagi pelanggan rumah tangga. Adanya pasokan gas tersebut juga membawa kemudahan bagi pengelola tenant makanan dan minuman di pusat perbelanjaan.

CEO Emporium Pluit Mall Ellen Hidayat mengatakan, dengan adanya gas ini, pengelola gerai tidak perlu repot memasok gas dalam bentuk tabung. Sebab, masing-masing gerai makanan telah mendapat jaringan gas untuk kebutuhan memasak.

"Ini memudahkan tenant juga, mereka kan tidak repot angkat-angkat tabung gas," ujar Ellen saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta,Kamis (24/3/2016).

Baca Juga

  • Lebih Murah, Pengusaha Restoran Senang Pakai Gas Bumi
  • PGN Pasok Gas 24 Jam bagi Pelanggan Rumah Tangga
  • Pelanggan Tak Kesulitan Soal Perawatan Jaringan Pipa Gas PGN

Source: liputan6.com
Energi Baru Bukan Alternatif, Tapi Tumpuan Masa Depan

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Energi Nasional (DEN) menegaskan bahwa Energi Baru Terbarukan (EBT) harus menjadi energi utama di masa depan menggantikan peran energi fosil. Energi baru terbarukan harus menjadi tumpuan karena energi fosil kian menipis.

Anggota DEN Sonny Keraf‎ mengatakan, peralihan dari penggunaan energi fosil ke energi baru terbarukan tak bisa dielakkan. Hanya saja apakah peralihan tersebut akan bergerak cepat atau lambat tergantung dari kemauan.

Ia memastikan, energi baru terbarukan seharusnya sudah menjadi kebutuhan. "Salah satu keinginan bersama itu adalah kita akan beralih zaman dari  era fosil ke era EBT," kata Sonny, seperti dikutip di Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Dengan kondisi tersebut, EBT yang banyak sumbernya di Indonesia, bukan lagi menjadi energi alternatif, tetapi harus menjadi energi utama di masa depan. "Jadi bukan lagi alternatif energi, EBT sudah menjadi energi masa depan karena potensi yang kita miliki sangat banyak," ujar Sonny.

Saat ini DEN‎ hampir menyelesaikan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), nantinya RUEN akan dijadikan acuan pengembangan energi diantaranya energi baru.

Baca Juga

  • DEN Ingin Energi Baru Terbarukan Buka Lapangan Kerja
  • Strategi Universitas Pertamina Agar Lulusannya Tak Menganggur
  • DEN Siapkan Skenario Pengembangan Energi Nuklir

Source: liputan6.com
Ekspor Benang RI ke Brasil Mencapai US$ 1 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Program buying mission yang dilakukan Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali memberikan kontribusi bagi ekspor nasional. Salah satu komoditi yang akan diekspor yaitu produk benang dengan tujuan Brasil.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak mengatakan, perusahaan asal Negeri Samba, CTM Representacao e Gestao Corporativa Ltda (CTM) telah menandatangani kontrak pembelian produk benang dari PT Ramagloria Sakti Tekstil dan PT Excellence Qualities Yarn asal Indonesia dengan total nilai kontrak sebesar US$ 1 juta.

"Kontrak tersebut merupakan hasil program buying mission yang menjadi inisiatif baru Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan ekspor sejak 2014. Kali ini buying mission kembali berhasil menguatkan potensi ekspor ke negara nontradisional," ujarnya di Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Dia menjelaskan, kontrak kerja sama ini merupakan tindak lanjut promosi bersama Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Sao Paolo dengan PT Ramagloria Sakti Tekstil dan PT Excellence Qualities Yarn pada Brazil International Apparel Sourcing/Yarn &Fabric Fairs di kota Sao Paulo pada 27-29 Mei 2015.

Baca Juga

  • BPS: RI Impor Senjata dari Brasil, Bukan Israel
  • Pabrik Benang Rp 556 Miliar Diresmikan di Subang
  • Bappenas Dorong Peningkatan Ekspor Non Migas

Source: liputan6.com
Tambang Tumpang Pitu Ditetapkan Jadi Objek Vital Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan lokasi tambang emas dan mineral Tumpang Pitu, Banyuwangi, Jawa Timur ‎yang dioperatori PT Bumi Suksesindo (BSI) di wilayah sebagai obyek vital nasional (Obvitnas).

Kepala Biro Kementerian ESDM Gufron Asrofi mengatakan penetapan tersebut tertuang dalam SK Menteri KESDM No 631 k/30/MEM/2016 yang ditandatangani pada 16 Februari 2016.

Penetapan tambang Tumpang Pitu sebagai Obvitnas merupakan upaya pemerintah untuk memastikan bahwa iklim investasi dan perekonomian di wilayah Banyuwangi tetap terjaga. Sehingga keberadaan tambang ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang optimal dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Banyuwangi dan umumnya bagi perekonomian nasional.

“Sebagai obyek vital nasional tambang BSI di Tumpang Pitu harus mampu memberikan dampak ekonomi langsung kepada masyarakat sekitar dan negara," kata Hufron dalam keterangan tertulis, di Jakarta,Kamis (24/3/2016).

Baca Juga

  • Jet Pribadi Jatuh, Mantan Bos Tambang Raksasa Brasil Meninggal
  • Daerahnya Dinilai Rawan Longsor, Dedi Minta Stop Penambangan
  • Inalum Bakal Jadi Induk Holding BUMN Tambang

Source: liputan6.com
Jalan Tol Pertama di Kalimantan Selesai pada 2018

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda Seksi V km 13 Balikpapan - Sepinggan, Balikpapan Utara, pada Kamis (24/3/2016). Proyek jalan tol ini sebenarnya telah dimulai sejak  2010, tapi terkendala pembebasan lahan.

Dalam konferensi pers di proyek tersebut, Jokowi mengakui masalah pembebasan lahan tidak hanya terjadi di proyek jalan tol tapi, terjadi di banyak proyek, antara lain di kawasan industri, jalur kereta api dan jalan tol.

Oleh karenanya, kini pemerintah tengah membuat terobosan agar masalah lahan tidak lagi menghambat. "Kalau pembebasan lahan selesai, konstruksi itu cepat selesai," ucap Jokowi.

Ruas jalan tol yang tengah ditinjau Presiden ini telah dimulai kembali pembangunannya sejak November 2015.

Baca Juga

  • RI Bakal Punya Jalan Tol Sepanjang 6.115 Km
  • Kementerian BUMN Bakal Bentuk Holding Perusahaan Jalan Tol
  • Hasil Lelang Dini, 6 Proyek Infrastruktur Dimulai Awal 2016

Source: liputan6.com
Jokowi Bangun Kilang Masela di Darat, Menteri ESDM Pilih Mundur?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan proyek kilang gas alam cair (LNG) Blok Masela dibangun di darat (onshore). Keputusan tersebut, menurut Jokowi ditentukan setelah mendengar berbagai masukan dari berbagai pihak.

Keputusan ini berbeda dari rekomendasi yang telah diberikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said kepada Presiden Jokowi. Sudirman lebih merekomendasikan untuk membangun kilang di laut (offshore) dengan konsep floating liquefied natural gas (FLNG).

Pilihan Sudirman ini berdasarkan hasil analisis dari Potern &Partners, lembaga independen yang ditunjuk Kementerian ESDM untuk melakukan kajian terhadap skema pengembangan Lapangan Abadi Blok Masela tersebut.

Selain itu, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) pun juga merekomendasikan hal yang sama yaitu di laut.

Baca Juga

  • Kilang LNG Blok Masela Dibangun di Darat, Ini Komentar SKK Migas
  • Inpex Tunggu Keputusan Resmi Pemerintah soal Blok Masela
  • Jokowi: Proyek LNG Masela Dibangun di Darat

Source: liputan6.com
Jokowi Bangun Kilang Masela di Darat, Sudirman Said Pilih Mundur?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan proyek kilang gas alam cair (LNG) Blok Masela dibangun di darat (onshore). Keputusan tersebut, menurut Jokowi ditentukan setelah mendengar berbagai masukan dari berbagai pihak.

Keputusan ini berbeda dari rekomendasi yang telah diberikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said kepada Presiden Jokowi. Sudirman lebih merekomendasikan untuk membangun kilang di laut (offshore) dengan konsep floating liquefied natural gas (FLNG).

Pilihan Sudirman ini berdasarkan hasil analisis dari Potern &Partners, lembaga independen yang ditunjuk Kementerian ESDM untuk melakukan kajian terhadap skema pengembangan Lapangan Abadi Blok Masela tersebut.

Selain itu, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) pun juga merekomendasikan hal yang sama yaitu di laut.

Baca Juga

  • Kilang LNG Blok Masela Dibangun di Darat, Ini Komentar SKK Migas
  • Inpex Tunggu Keputusan Resmi Pemerintah soal Blok Masela
  • Jokowi: Proyek LNG Masela Dibangun di Darat

Source: liputan6.com
Jaringan ATM Prima Buat Daftar Bank Tercepat Selesaikan Komplain

Liputan6.com, Jakarta - PT Rintis Sejahtera pemegang jaringan ATM Prima mengeluarkan daftar bank terbaik dalam memberikan solusi cepat kepada nasabah yang mengajukan komplain. Daftar tersebut dibuat berdasarkan riset yang dilakukan Rintis Sejahtera. 

Dari hasil penelitian tersebut, tercatat PT Bank Pundi Indonesia Tbk dan PT Bank Permata Tbk terpilih menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan keluhan nasabah yang bertransaksi melalui jaringan Prima di mesin ATM. Waktu rata-rata yang didapat dari kedua bank tersebut untuk penyelesaian setiap keluhan kurang dari satu hari. 

Baca Juga

  • Tak Mau Kalah dengan Tarif Parkir Alasan Biaya Transaksi ATM Naik
  • Mesin ATM Bank Pundi Masuk Jaringan Asian Payment Network
  • Biaya Cek Saldo di ATM BCA Berlaku Jika Dilakukan Berkali-kali

Source: liputan6.com
Kisah Phoung, Wanita Terkaya Pemilik Maskapai Pramugari Berbikini

Liputan6.com, Jakarta - Seorang miliarder wanita pertama Vietnam punya cara unik menjadikan dirinya jadi orang kaya. Wanita ber‎nama Nguyen Thi Phuong ini jadi miliarder berkat pramugari berbikini.

Phoung sudah jadi pebisnis sejak usia muda. Di umur 21 adalah pertama kalinya dia menghasilkan uang hingga jutaan dolar. Dia berjualan mesin fax dan karet latex.

Hampir seperempat abad kemudian, dia menjadi wanita pertama di Asia Tenggara yang menjadi kaya raya atas keringat sendiri. Sumbernya adalah dari maskapai penerbangan dia VietJet yang punya pramugari berbikini.

Dilansir dari Bloomberg, Kamis (24/3/2016), wanita ini punya kekayaan bersih sekitar US$ 1 miliar. Harta itu yang membuatnya jadi wanita terkaya pertama di Vietnam. Sumber kekayaan terbesarnya berasal dari saham di Vietjet dan Dragon City, sebuah proyek real estate 65 hektar di Hi Chi Minh City.

"Aku tak pernah diam dan menghitung aset sendiri," ujar wanita berumur 45 tahun ini.

"Aku hanya fokus bagaimana mempercepat pertumbuhan perusahaan, bagaimana meningkatkan gaji rata-rata karyawan, bagaimana untuk memimpin perusahaan untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas dan menjadikannya nomor satu," imbuhnya.

Maskapai penerbangan ini terbang ke 47 lokasi di Vietnam dan Asia, termasuk Seoul, Bangkok, dan SIngapura. Dia ingin membuat perusahaan seperti Emirates of Asia.


Source: liputan6.com
PGN Siap Salurkan 8 Kargo LNG di Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Fasilitas Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) Lampung, yang dikelola PT PGN LNG Indonesia, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), akan menerima dan menyalurkan 1,1 juta meter kubik gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG).‎

Sekretaris Perusahaan PGN Heri Yusup‎ mengatakan, LNG yang setara 8 kargo tersebut diterima oleh PGN mulai April 2016 hingga akhir tahun dari Kilang LNG Tangguh Papua. 

"Dari awal April hingga akhir tahun,FSRU Lampung menerima dan menyalurkan 8 kargo atau setara 1,1 juta meter kubikLNG," kataHeri, diJakarta, Kamis (24/3/2016).

Baca Juga

  • FSRU Lampung Raih Tambahan Pasokan LNG Kargo Ketiga
  • FSRU Lampung Kembali Raih Pasokan Gas dari Tangguh
  • PGN Siap Operasikan FSRU Lampung Awal Juli

Source: liputan6.com
Menko Rizal Sebut Blok Masela di Darat Untungkan Rakyat

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyambut positif keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait ‎pembangunan kilang Blok Masela di darat (onshore).

Dia pun menegaskan rasa syukur atas keputusan tersebut. "Jawaban saya cuma tiga kata. Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah,"‎ kata dia di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Dia mengatakan, banyak manfaat jika pembangunan kilang dilakukan di darat. Manfaat langsung yang diterima ialah besarnya pendapatan yang diterima ketimbang jika dibangun di laut.

"Yang diuntungkan rakyat Indonesia. Kenapa, kalau cuma menyedot gas diekspor pakai floating dapatnya setahun US$ 2,5 miliar. Tapi kalau kalau bikin kota Balikpapan baru, 90 kilometer dari situ, bikin pabrik pupuk, bikin industri petrochemical setahun dapat US$ 6,5 miliar," tutur dia.

Baca Juga

  • Kilang LNG Blok Masela Dibangun di Darat, Ini Komentar SKK Migas
  • Inpex Tunggu Keputusan Resmi Pemerintah soal Blok Masela
  • Jokowi: Proyek LNG Masela Dibangun di Darat

Source: liputan6.com
Sudirman Said Bantah Mundur dari Jabatan Menteri ESDM

Liputan6.com, Jakarta - Sudirman Said membantah mengundurkan diri dari jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Menurutnya, ia akan menyelesaikan semua tugas yang dimandatkan oleh Presiden.

Sudirman mengatakan, tidak ada niat sedikit pun dari dirinya untuk mundur dari jabatan Menteri ESDM. Alasannya, masih banyak permasalahan yang belum diselesaikan. "‎Soal mundur, urusan masih banyak, kita jalani tugas negara," kata Sudirman, di Kementerian ESDM,Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Baca Juga

  • Jaga Integritas, Sudirman Said Usul Remunerasi Pegawai ESDM
  • Sudirman Said: Keputusan Blok Masela di Tangan Presiden
  • Pemerintah Bakal Evaluasi Harga BBM di Akhir Maret Ini

Source: liputan6.com
Sudirman Said Soal Blok Masela: Saatnya Move On, Setop Polemik

Liputan6.com, Jakarta Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan sudah waktunya beranjak dari masalah pembangunan fasilitas pengolahan gas Blok Masela, Maluku. Pasalnya, saat ini Presiden Joko Widodo sudah memutuskan pembangunan di darat (onshore).

Sudirman mengatakan setelah Presiden memutuskan pembangunan fasilitas pengolahan gas, ia telah menindaklanjuti keputusan tersebut dengan melakukan komunikasi dengan investor agar mengkaji ulang seluruh rencana yang telah diajukan sebelumnya, yakni pengembangan fasilitas ‎pengolahan gas di tengah laut (offshore) menjadi onshore.

"Kita mengirim surat ke SKK Migas untuk merespons usulan revisi POD pertama. Isi suratnya meminta SKK Migas mengembalikan usulan POD dan mengkaji kembali sebagai sesuai keputusan Presiden," kata Sudirman di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (24/3/2016).

 

Baca Juga

  • Akhir Tarik Ulur Lokasi Kilang LNG Masela
  • Menko Rizal Sebut Blok Masela di Darat Untungkan Rakyat
  • Jokowi: Proyek LNG Masela Dibangun di Darat

Source: liputan6.com
Lippo Karawaci Bagikan Dividen Rp 3,51 per Saham

Liputan6.com, Jakarta - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) akan membagikan dividen untuk tahun buku 2015 sebesar Rp 80 miliar atau Rp 3,51 per saham. Keputusan tersebut diambil Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseoran yang berlangsung pada Kamis (24/3/2016) ini. 

Presiden Direktur LPKR Ketut Budi Wijaya menjelaskan, pembagian dividen sebesar Rp 80 miliar, merupakan komitmen dari perseroan untuk mempertahankan imbal hasil kepada para pemegang saham dengan mendistribusikan dividen tahunan 15 persen dari laba bersih.

"Kami akan terus memfokuskan upaya kami untuk mempertahankan arus kas yang sehat demi pertumbuhan perseroan di masa depan," jelasnya seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Dalam RUPST tersebut, pemegang saham Lippo Karawaci juga menyetujui untuk mengangkat Richard Setiadi, Lee Heok Seng dan Chan Chee Meng sebagai anggota baru direksi perseroan.

Baca Juga

  • Lippo Karawaci Bukukan Pendapatan Rp 8,9 Triliun pada 2015
  • Lippo Topping Off Proyek Apartemen The New Ambassador Tower
  • Lippo Karawaci Bukukan Laba Bersih Rp 775 Miliar

Source: liputan6.com
Ahok Ingin Taksi Online Ditandai Stiker Jika Mau Beroperasi

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tengah berusaha mencari solusi atas kisruh taksi online dan taksi konvensional. Dalam penyelesaiannya, pemerintah provinsi (Pemprov) ingin menerapkan keadilan bagi semua pihak, terutama di bisnis transportasi massal.

"Kami bukan anti aplikasi online, tapi kami juga tidak mau membela perusahaan sudah besar. Kami ingin ada keadilan," tegasnya di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Ia menilai, perusahaan taksi konvensional melakukan monopoli harga. Menurutnya, tarif argo taksi tetap saja tinggi meski harga bahan bakar minyak (BBM) terus turun. Meski demikian, Ahok tidak ingin warga Jakarta merasa sombong dengan menjamurnya taksi online ilegal tanpa stiker.

Baca Juga

  • Siap Bantu Taksi Uber dan Grab Jadi Legal, Ini Syarat Ahok
  • Ini Penyebab Ahok Kesal kepada Taksi Konvensional dan Online
  • Jonan dan Ahok Kompak LRT Jakarta Pakai Rel Standar Internasional

Source: liputan6.com
Tergerus Proyek PLTU Batang, Petani Bakal Dapat Lahan Pengganti

Liputan6.com, Jakarta - Proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Batang, Jawa Tengah sempat terkendala pembebasan lahan seluas 12,5 hektar. Sejumlah bidang adalah lahan sawah milik petani. Petani terjamin bakal mendapat ganti rugi yang layak.

Presiden Direktur PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) Mohammad Effendi mengatakan total pengadaan lahan seluas 226 ha untuk PLTU ini telah selesai dilakukan. Proses pembebasan lahan untuk 12,5 ha dilakukan dengan menerapkan Undang-Undang No 2 Tahun 2012. Dokumen hasil pembebasan lahan pun telah diserahkan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) kepada PT PLN (Persero) pada 8 Desember 2015 lalu.

"Jadi rencana awal 2017 selesai. Tetapi masalah pembebasan lahan hampir 4 tahun. Sekarang yang 12,5 ha ini pengerjaan dilakukan oleh BPN, PLN bersama dengan Gubernur," ujarnya di Batang, Jawa Tengah, Kamis (24/3/2016).

 

Baca Juga

  • Teknologi di PLTU Batang Satu-satunya di ASEAN
  • Proyek PLTU Batang Masuk Tahap Pra Konstruksi
  • PLTU Batang Diharapkan Jadi Daya Tarik bagi Investor

Source: liputan6.com
RI dan Belanda Sepakat Perkuat Sektor Maritim

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli melakukan pertemuan bilateral dengan pemerintah Belanda. Pertemuan itu merupakan upaya pemerintah Indonesia untuk mendorong poros maritim dunia.

Rizal menuturkan, Belanda memiliki banyak pengalaman di sektor kemaritiman. Apalagi, Indonesia dan Belanda memiliki hubungan sejarah yang panjang.

"Kita sepakat untuk perkuat hubungan maritim, terutama di dalam ship building, dalam navigasi, dalam infrastruktur pelabuhan dan juga perikanan," ujar dia, Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Baca Juga

  • 17 BUMN Ini Tekan MoU Kerja Sama di Sektor Maritim
  • BKPM Promosikan Sektor Maritim dan Logistik di APEC
  • Setahun Jokowi-JK, RI Lebih Serius Tegakkan Hukum Kelautan

Source: liputan6.com
Pemerintah Bakal Perpanjang Kontrak Shell dan Inpex di Masela

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said memberi sinyal perpanjangan kontrak Inpex Corporation dan Royal Dutch Shell‎ untuk mengelola Blok Masela pasca habis kontrak 2028‎.

Sudirman mengatakan, jika rencana pengembangan blok masela telah dijalankan perus‎ahaan, maka Blok gas abadi tersebut akan berproduksi sekitar 2024. Sedangkan kontrak blok tersebut akan habis pada 2028, sehingga masa Inpex dan Shell dalam menikmati produksi Masela hanya empat tahun.

Kalau pun jadwal sudah dijalankan, 2024 selesai (proyek pengembangan) masa 2028 selesai (masa operasi)," kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Baca Juga

  • Sudirman Said Soal Blok Masela: Saatnya Move On, Setop Polemik
  • Sudirman Said Bantah Mundur dari Jabatan Menteri ESDM
  • Menko Rizal Sebut Blok Masela di Darat Untungkan Rakyat

Source: liputan6.com
SKK Migas Bebaskan Investor Pilih Pulau untuk Kilang Masela

Liputan6.com, Jakarta Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas memberikan kebebasan kepada investor dalam hal ini Inpex dan Shell untuk memilih pulau yang akan dijadikan Plan of Development (PoD) Blok Masela.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi menjelaskan selama ini pemerintah Maluku bersama masyarakat Maluku yang mengusulkan untuk pembangunan Blok Masela di Pulau Selaru, Pulau Babar atau Pulau Aru.

"Biarkan kontraktor ini hitung sendiri, analisa sendiri untuk menentukan lokasi terbaik di mana, lokasinya di mana, perhitungannya macam-macam," kata Amien di kantornya, Kamis (24/3/2016).

 

Baca Juga

  • Inpex dan Shell Tak Akan Cabut dari Blok Masela
  • Jokowi: Proyek LNG Masela Dibangun di Darat
  • Investasi Inpex dan Shell di Blok Masela Bakal Tertunda

Source: liputan6.com
SKK Migas Dorong Pertamina Terlibat Pengelolaan Blok Masela

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) akan melibatkan PT Pertamina (Persero) untuk mengelola Blok Masela, Maluku.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan, SKK Migas telah mempertemukan Pertamina dengan kontraktor Blok Masela yaitu Inpex Corporation untuk menjajaki kemungkinan keterlibatan Pertamina dalam me‎ngelola blok gas abadi tersebut.

"‎SKK Migas arrange pertemuan Inpex dgn Pertamina untuk pertemuan awal sebagai pembicaraan nanti apabila Pertamina mungkin masuk ke blok Masela‎," kata Amien, di Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Baca Juga

  • Pertamina Siap Investasi di Blok Masela
  • Inpex dan Shell Tak Akan Cabut dari Blok Masela
  • Menko Rizal Tak Khawatir Investor Masela Bakal Hengkang

Source: liputan6.com
Meski Gas Dunia Turun, Pemerintah Tak Ubah Harga Elpiji

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan harga elpiji subsidi ukuran 3 Kilogram (Kg) stabil. Pemerintah memutuskan tidak ada penurunan harga tabung melon meskipun harga patokan gas Saudi Aramco anjlok.

"Kita tahu harga patokan gas Saudi Aramco turun, tapi mungkin tidak kita turunkan dan naikkan harga elpiji. Jadi harga stabil," tegas Menteri ESDM Sudirman Said saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Kamis (24/3/2016).

Stabilitas harga ini, sambungnya, menjadi keputusan pemerintah walaupun dalam Nota Keuangan 2016 disebutkan rencana menaikkan harga tabung elpiji 3 Kg sebesar Rp 1.000 per Kg. "Tapi kita tidak lakukan itu," ucapnya.

 

Baca Juga

  • Ini Rincian Proyek Penambahan Terminal BBM dan Elpiji Pertamina
  • Pertamina Tambah Terminal BBM dan Elpiji di Indonesia Timur
  • Benarkah Harga Elpiji di RI Lebih Murah dari Negara Tetangga?

Source: liputan6.com