Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Jumat, 25 Maret 2016
4 Cara Kembangkan Keterampilan Pemasaran

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan pemasaran telah berkembang banyak selama dekade terakhir. Di era perkembangan teknologi, banyak kesempatan datang di dunia pemasaran, terutama dalam hal karir. Kesempatan ini pun harus dimanfaatkan.

Keterampilan sendiri merupakan titik tumpu dalam lintasan karir. Untuk pemasar, keterampilan dalam marketing harus mencakup pembangunan infrastruktur pemasaran, proses dan keterampilan untuk membuat konten hingga menganalisis hasil.

Melansir dari marketingland.com, Jumat (25/3/2016) berikut 4 keterampilan marketing yang bisa membawa karir Anda ada satu tingkat lebih maju.

Memahami Teknologi

Sebesar 39 persen dari eksekutif pemasaran mencari bakat di bidang teknologi digital dan operasi pemasaran teknologi. Keterampilan teknologi mengarahkan keterlibatan pemasaran melalui marketing automation, prediksi analitis and SEO.

Teknologi pemasaran terus berkembang seiring waktu. Untuk bisa beradaptasi, pemasar harus memiliki pengetahuan tentang komponen-komponennya agar dapat saling mencocokkan. Tanpa keterampilan di bidang teknologi, pemasar akan terbatasi ruang geraknya.

Memperluas Kreativitas

Salah satu tanggung jawab bagian marketing adalah mengetahui perubahan dalam pasar. Mereka akan dihadapkan dengan berbagai tantangan. Pemasar yang ingin bertahan harus mencari cara untuk memecahkan masalah secara kreatif.

Misalnya, pemasar membutuhkan keterampilan kreatif dalam menganalisis data untuk menentukan saluran yang digunakan untuk berkomunikasi. Dengan begitu, dia akan mempertahankan relasi yang baik dengan konsumen. Kreativitas diperlukan untuk mempertahankan integritas brand.

Asah Kemampuan Analitis

Salah satu tren analisis dalam pemasaran adalah data mining dan analisis untuk mencari tahu apa yang pelanggan lakukan dan memprediksi kejadian di masa depan.

Kemampuan analitis diperlukan untuk memvalidasi dan menyelidiki data-data di pasaran. Keterampilan ini juga termasuk transisi dari analisis intelijen, mengendalikan pelanggan melalui metadata dan memahami pelanggan dari berbagai perspektif.

Asah Kemampuan Komunikasi

Hampir setiap pekerjaan memiliki persyaratan untuk bisa melakukan komunikasi secara tertulis dan lisan. Ini dikarenakan komunikasi menjadi hal penting dalam menentukan dan melaksanakan strategi organisasi. Keterampilan komunikasi yang kuat adalah kunci untuk keberhasilan pemasaran. Dengan komunikasi lisan meupun tertulis akan memperjelas tujuan, tanggung jawab, bahkan rencana kesuksesan. (Shabrina Aulia Rahmah/nrm)


Source: liputan6.com
Kuasai 5 Hal Ini Bisa Bikin Hidup Makin Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Hal terbaik dalam hidup bukan hanya soal kemampuan terus berusaha menggapai cita-cita. Agar mampu sukses dalam hidup, Anda pun harus menguasai beberapa kemampuan yang jarang orang ketahui.

Kemampuan untuk dapat mengerti orang lain hingga mampu mengatur waktu merupakan kunci sukses Anda di masa depan.

Melansir Business Insider, ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menjadi sukses,  Jumat (25/3/2016), berikut ulasannya:

1. Mampu mengatur jadwal tidur

Banyak orang yang masih sulit untuk mengatur jadwal tidur dengan baik. Alhasil, produktivitas mereka ketika melakukan kegiatan pun akan menurun. Walaupun sulit, disiplin terhadap waktu istirahat merupakan hal yang harus Anda lakukan.

2. Berempati

Kata empati sering diartikan sebagai pengenalan dan pemahaman akan keadaan, dan perasaan orang lain. Kata ini juga tepat untuk melukiskan kesanggupan untuk menempatkan diri pada posisi orang lain.

Oleh karena itu, agar dapat berempati, pertama-tama, kita harus memahami keadaan orang lain lalu kita berbagi perasaan yang timbul dalam dirinya karena keadaan itu.


Source: liputan6.com
10 Cara Kelola Keuangan Secara Kreatif

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti pernah mendengar istilah “spend smart, save smart”. Istilah ini pasti sering Anda dengar sebelumnya.

Anda tidak menghabiskan lebih dari apa yang Anda butuhkan, kemudian simpan berapa pun yang Anda bisa. Untungnya lagi, di abad ke-21 ini terdapat beragam teknologi cerdas yang bisa memberi kita banyak bantuan berupa tools untuk menghemat keuangan di masa depan.

Berikut ini merupakan daftar cara-cara kreatif yang bisa membuat sistem keuangan di tabungan Anda menjadi lebih efisien, seperti dikutip dari www.cermati.com, Jumat (25/3/3016).

1. Membuat Semuanya Otomatis

Hampir setiap bank akan membiarkan Anda membuat sebuah sistem yang secara otomatis dapat menambahkan sedikit uang ke rekening tabungan setiap kali Anda membayarkan sesuatu dengan kartu debit tersebut. Dengan tabungan secara otomatis ini, dijamin Anda akan bisa menghemat uang.

2. Meminta Bunga yang Lebih Rendah

Anda bisa meminta tingkat bunga yang lebih rendah kepada beberapa perusahaan kartu kredit yang Anda gunakan. Hal ini bisa membuat masalah pembayaran bunga pada tagihan Anda bisa menjadi sedikit berkurang.

3. Menggunakan Uang Tunai

Sebaiknya alokasikan beragam kebutuhan tiap minggunya menggunakan uang tunai. Anda bisa mengalokasikan jumlah tertentu untuk kebutuhan makanan, transportasi, hiburan, dan lainnya dalam hitungan secara tunai. Tuliskan secara detail apa saja dan berapa dana yang harus Anda keluarkan tiap minggunya.


Source: liputan6.com
Harga Perumahan di Australia dan Asia Terus Menanjak

Liputan6.com, Jakarta - Harga perumahan di Australia dan Asia naik cukup signifikan sejak tahun lalu. Harga di Australia dan New Zealand meningkat hingga 10 persen. Sementara negara di Asia seperti Singapura dan Taiwan menurun.

Melansir CNBC, Kamis (24/3/2016), hal ini disampaikan oleh konsultan properti, Knight Frank. Secara keseluruhan, harga perumahan di Australia dan Asia naik 12,4 persen apabila dibandingkan dengan rata-rata harga global. Laporan yang dikeluarkan Knight Frank mengatakan harga perumahan meningkat 2,3 persen pada 2014.

Lebih lanjut laporan tersebut juga mengatakan harga tempat tinggal yang ditawarkan di Australia dan New Zealand masih cukup mahal. Laporan yang dikeluarkan oleh Knight Frank tersebut menggunakan data yang dihimpun dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Baca Juga

  • Ini Kota dengan Kenaikan Harga Hunian Tertinggi
  • 4 Hunian Layak Beli di Tangerang Selatan
  • Proyek LRT Bisa Angkat Harga Lahan dan Rumah Hingga 30%

Source: liputan6.com
20 Tanda Anda Perlu Pinjam Uang ke Bank

Liputan6.com, Jakarta - Dulu, keputusan meminjam uang biasanya didasarkan pada keadaan mendesak. Tapi kini, meminjam uang justru dilakukan demi neraca keuangan yang sehat setiap bulannya.

Sayangnya, masih banyak orang ragu mengajukan pinjaman ke bank dengan berbagai alasan. Kalau masih pusing dan bingung harus atau tidak meminjam uang ke bank (Baca juga: Cara Ajukan Pinjaman Bunga Rendah), 20 alasan berikut ini akan membuatmu makinyakin untuk pinjam uang ke bank dikutip dari CekAja.com, Jumat (24/3/2016): 

1.    Ketika sudah berusaha pinjam ke saudara atau teman tapi tidak kunjung dapat.

2.    Ketika ada anggota keluarga inti yang mendakak butuh biaya operasi untuk penyakit berat. Misalnya operasi transplantasi hati, ginjal, jantung, dan lain-lain.

3.    Saat Anda harus membayar uang muka (DP) rumah.

4.    Saat anakmu butuh uang mendesak untuk masuk sekolah/universitas.

5.    Saat Anda ingin membeli kendaraan bermotor.

6.    Saat Anda ingin mendirikan usaha tapi kekurangan modal.

7.    Saat rumahmu rusak akibat bencana alam dan Anda tidak punya asuransi bangunan sehingga harus melakukan renovasi segera.

8.    Saat biaya untuk nikah kurang tapi calon mertua sudah mendesak.

9.    Sebagai dana emergensi. Kesannya memang tidak mendesak, tapi lebih baik mencicil setiap bulan pada bank daripada tidak punya dana emergensi sama sekali. Anda pasti panik jika sesuatu yang buruk terjadi dalam situasi tidak punya dana cadangan.

10.    Kalau Anda berusia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun.
(Baca juga: 3 Cara Anda Layak Diberi Pinjaman Bank)

11.    Ketika Anda ingin berinvestasi properti tapi tidak mau pakai uang sendiri

12.    Karena meminjam ke bank lebih aman daripada meminjam ke rentenir.

13.    Meminjam ke bank membuat Anda terlindung dari berbagai risiko yang mungkin menimpa.

14.    Dengan membeli bancassurance, Anda tidak takut keluarga terbebani utang kalau sewaktu-waktu Anda meninggal atau cacat tetap.

15.    Saat catatan kreditmu baik alias tidak terkena BI checking.

16.    Kalau penghasilanmu sebagai karyawan Rp 3 juta per bulan.
(Baca juga: Berapa Pinjaman Anda? Gunakan Kalkulator Simulasi Kredit Bank untuk Hitung Cicilannya)

17.    Kalau Anda seorang wiraswasta dan punya penghasilan Rp 7 juta per bulan.

18.    Ketika Anda siap menyisihkan maksimal 30 persen dari gajimu untuk membayar cicilan pinjaman.

19.    Kalau Anda sudah punya kartu kredit.

20.    Kalau Anda sudah menghitung menggunakan kalkulator KTA Cekaja.com.

(Ndw/Ahm)


Source: liputan6.com
10 Negara dengan Biaya Tiket Pesawat Termurah

Liputan6.com, Jakarta - Traveling dengan biaya semurah mungkin seakan telah jadi prinsip bagi para backpacker. Namun, seringkali biaya tiket pesawat memakan bujet paling besar. Beruntungnya, di beberapa negara ini tiket pesawat murah malah bisa didapatkan. Penasaran?

Dikutip dari website tiket GoEuro, Jumat (25/3/2016), inilah indeks ongkos transportasi negara-negara di dunia dengan membandingkan harga di 51 negara.

Hasilnya didapatkan kesimpulan 10 negara dengan biaya naik pesawat termurah yang dihitung per 100 kilometer (62 mil) jarak terbang.

Di Indonesia, kira-kira 100 kilometer (km) adalah jarak dari Surabaya ke Malang. Kencangkan sabuk pengamanmu karena negara-negara tersebut adalah:

10. Polandia

Meskipun terletak di Eropa, rupanya tiket di Polandia termasuk yang paling murah dibandingkan dengan negara lain. Untuk terbang per 100 km, Anda cukup mengeluarkan US$ 18,32 (Rp 238.160).

Bandingkan dengan negara tetangganya Lithuania yang harga per 100 kilometer US$ 116,72 (Rp 1.517.360), padahal luas Lithuania jauh lebih kecil daripada Polandia.

(Baca juga: Traveling ke Pulau Jawa, Pilih Naik Pesawat atau Kereta Api?)

9. Rusia

Sebagai negara terluas di dunia dengan wilayah 17.075.200 km2, harga tiket pesawat di Rusia lebih terjangkau daripada Kanada sebagai negara terluas kedua.

Untuk terbang sejauh 100 km, biayanya hanya US$ 16,86 (Rp 219.1890). Cukup murah jika dibandingkan biaya hidup di Rusia yang tinggi.

8. Italia

Italia terkenal karena keunikan menara Pissa dan kanal-kanal romantis di Vienna. Untuk berpindah kota, Anda tidak perlu naik bis jika harga tiket pesawat masih terjangkau.

Pasalnya di negara pizza ini, tiket pesawat per 100 km dihargai US$ 16,75 (Rp 217.750). Semakin murah harga tiketnya, tentu Anda bisa semakin banyak menyantap pizza dan pasta karena budget transportasi jadi lebih hemat.


Source: liputan6.com
6 Aset yang Dapat Jadi Jaminan Kredit Multiguna

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini tidak jarang kita temui masyarakat awam telah mengenal istilah kredit. Bahkan mayoritas bank saling bersaing dalam mengeluarkan produk yang bisa menjadi daya tarik masyarakat untuk menggunakannya, entah dalam bentuk apapun, baik itu produk investasi ataupun kredit.

Khusus untuk kredit, risiko atas pengambilannya bisa dibilang cukup tinggi. Dengan beban jumlah bunga yang harus dibayarkan tentu membuat peminjam membayar hampir dua kali lipat peminjaman.

Untuk mengurangi risiko tersebut, maka beberapa bank mulai menawarkan produk lain yang terlihat lebih aman dan terjangkau  yaitu kredit multiguna.

Kredit multiguna atau disingkat dengan KMG merupakan salah satu produk dari perbankan yang memberikan tawaran peminjaman dengan agunan atau jaminan oleh si peminjam yang telah disepakati.

Namun tidak semua benda atau harta milik bisa menjadi jaminan. Ada beberapa kriteria benda atau harta bisa dijadikan agunan.

Inilah beberapa hal yang dapat dipergunakan sebagai jaminan pada saat mengajukan kredit multiguna di bank seperti dikutip dari www.cermati.com, Jumat (25/3/2016):

1. Tanah

Diakui atau tidak, tanah adalah harta atau aset tidak bergerak yang menjadi investasi berharga saat ini. Saat kurs rupiah melemah maupun meninggi, tanah akan tetap menjadi barang incaran.

Kenapa? Karena harganya yang semakin melambung dari tahun menahun. Hanya saja, untuk tanah yang digunakan sebagai agunan adalah tanah yang telah memiliki sertifikat hak milik (SHM) sehingga bisa dipertanggungjawabkan secara hukum. Baik hak milik, hak guna usaha, hak pakai atas tanah negara, dan lain–lain.

2. Gedung atau Bangunan

Gedung atau bangunan berupa rumah tinggal, rumah susun, pabrik, gudang dan hotel bisa digunakan sebagai agunan. Syarat yang mesti dipenuhi adalah bangunan tersebut telah dilengkapi dengan IMB  yaitu Izin Mendirikan Bangunan dan PBB yaitu Pajak Bumi Bangunan.


Source: liputan6.com
Penguatan Dolar Bebani Harga Minyak

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak dunia turun pada perdagangan Kamis waktu Amerika Serikat menyusul penguatan dolar yang memukul pasar saham AS.

Dolar naik untuk hari kelimanya sebesar 0,07 persen ke level 96,116 terhadap sekeranjang mata uang lain.

Penguatan dolar ini membebani harga minyak, meski beberapa bagian mengalami rebound dalam perdagangannya.

 

Baca Juga

  • Penguatan Dolar AS dan Kejatuhan Harga Minyak Tekan Bursa Asia
  • Pasokan yang Berlimpah Tekan Harga Minyak
  • Wall Street Kembali Melemah Akibat Penurunan Harga Minyak

Source: liputan6.com
Top 3: 7 Ketakutan yang Tak Dimiliki Orang Kaya

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang takut untuk hidup dalam impian mereka karena takut dengan apa yang akan orang lain katakan. Misalnya, orangtua bersikeras agar Anda melanjutkan sekolah untuk meraih gelar master. Namun di sisi lain Anda merasa sudah siap untuk mulai berbisnis.

Hal ini merupakan masalah paling umum yang dialami banyak orang, yakni membuat keputusan berdasarkan apa yang orang pikirkan. Bahkan membuat keputusan berdasarkan pendapatan sahabat terdekat, keluarga, pacar bisa membuat menyesal seumur hidup.

Sebaliknya, pikirkan tentang apa yang orang lain katakan jika Anda mencapai kesuksesan. Jika Anda dalam posisi di atas, pikirkan tentang apa yang orangtua katakan jika bisnismu berhasil. Bukankah mereka akan mereka bangga pada Anda? Bagaimana jika itu adalah keputusan terbaik yang pernah Anda buat? Semuanya sangat mungkin bukan?

Demikian petikan artikel paling banyak dibaca di kanal bisnis Liputan6.com hari ini, Jumat (25/3/2016). Selain itu ada beberapa berita lain yang menjadi sorotan. Berikut daftarnya seperti dirangkkum dalam Top 3 Bisnis.


1. 7 Ketakutan yang Tak Dimiliki Orang Kaya

Banyak orang takut untuk hidup dalam impian mereka karena takut dengan apa yang akan orang lain katakan. Misalnya, orangtua bersikeras agar Anda melanjutkan sekolah untuk meraih gelar master. Namun di sisi lain Anda merasa sudah siap untuk mulai berbisnis.

Hal ini merupakan masalah paling umum yang dialami banyak orang, yakni membuat keputusan berdasarkan apa yang orang pikirkan. Bahkan membuat keputusan berdasarkan pendapatan sahabat terdekat, keluarga, pacar bisa membuat menyesal seumur hidup.

Sebaliknya, pikirkan tentang apa yang orang lain katakan jika Anda mencapai kesuksesan. Jika Anda dalam posisi di atas, pikirkan tentang apa yang orangtua katakan jika bisnismu berhasil. Bukankah mereka akan mereka bangga pada Anda? Bagaimana jika itu adalah keputusan terbaik yang pernah Anda buat? Semuanya sangat mungkin bukan?

Berita selengkapnya baca di sini

2. KAI Butuh 1.000 Tenaga Kerja Baru

Untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) bagi KA Trans Sulawesi, PT KAI mulai membuka penerimaan pegawai. Total kebutuhan SDM untuk operasional KA Trans Sulawesi ini sebanyak 1.144 pegawai. Kebutuhan pegawai itu akan dipenuhi dengan beberapa gelombang rekrutmen yang akan digelar PT KAI di Sulawesi.

Untuk tahap awal, PT KAI bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin, Makassar menggelar job fair pada 28-29 Maret 2016 nanti di Gedung Baruga Andi Pangerang Peta Rani, kampus Universitas Hasanuddin Tamalanrea, Makassar.

Pada tahap awal ini, PT KAI akan menerima 179 pegawai dengan rincian 70 orang untuk calon masinis KA Trans Sulawesi dan 109 orang untuk administrasi yang akan ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT KAI.

Selengkapnya baca di sini

3. Kisah Phoung, Wanita Terkaya Pemilik Maskapai Pramugari Berbikini

Seorang miliarder wanita pertama Vietnam punya cara unik menjadikan dirinya jadi orang kaya. Wanita ber‎nama Nguyen Thi Phuong ini jadi miliarder berkat pramugari berbikini.

Phoung sudah jadi pebisnis sejak usia muda. Di umur 21 adalah pertama kalinya dia menghasilkan uang hingga jutaan dolar. Dia berjualan mesin fax dan karet latex.

Hampir seperempat abad kemudian, dia menjadi wanita pertama di Asia Tenggara yang menjadi kaya raya atas keringat sendiri. Sumbernya adalah dari maskapai penerbangan dia VietJet yang punya pramugari berbikini.

Berita selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Apindo Tolak Iuran Tapera, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan terus berkoordinasi dengan pemerintah terkait implementasi Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Pihak Apindo menyatakan menolak iuran tersebut karena akan menjadi beban tambahan pengusaha.

Ketua Apindo Haryadi Sukamdani mengatakan, masalah perumahan sebenarnya sudah tertutupi dalam BPJS Ketenagakerjaan dalam Jaminan Hari Tua (JHT).

"Tapera masih koordinasi dengan kantor Wapres untuk mencari titik temunya. Intinya dunia usaha nggak mau kenaikan tambahan iuran. JHT sudah ada iuran di sana," ungkapnya, Jakarta, Jumat (25/3/2016).

 

Baca Juga

  • Pemerintah Minta Dukungan REI Soal Tapera
  • Merasa Tak Dilibatkan, Buruh Tolak Program Tapera
  • [OPINI] Tapera, Harapan Baru Rakyat untuk Miliki Rumah

Source: liputan6.com
Ini Denda bagi yang Terlambat Lapor SPT Pajak

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) mengingatkan para Wajib Pajak untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan (SPT PPh) Tahunan 2016 hingga batas waktu 31 Maret untuk Orang Pribadi (OP) dan Badan Usaha 30 April. Jika terlambat akan ada denda yang dikenakan.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Satria Mekar Utama, mengungkapkan sanksi berupa denda diatur dalam Undang-Undang tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP).

"Sanksi normalnya bagi yang terlambat melapor SPT Pajak Tahunan sebesar Rp 1 juta bagi WP Badan dan Rp 100 ribu untuk WP OP," katanya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (25/3/2016).

 

Baca Juga

  • Mau Lapor SPT? Ini Lokasi dan Jam Operasional Pojok Pajak
  • Jokowi: Sinergi Jadi Kunci Penegakan Hukum Penggelapan Pajak
  • Konsultasi Pajak: Gaji di Bawah UMR, Wajibkah Bayar Pajak?

Source: liputan6.com
Pertamina Tolak Rencana Pengenaan Cukai untuk BBM

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) menolak rencana Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atas pungutan cukai bahan bakar minyak (BBM). Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut menilai pengenaan cukai terhadap komoditas ini akan memberatkan masyarakat lantaran berpengaruh terhadap harga BBM.

"Harusnya jangan dikenakan cukai ya karena BBM kan kebutuhan masyarakat," tegas Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto di Jakarta, seperti ditulis Jumat (25/3/2016).

Menurutnya, pungutan cukai sangat tidak tepat jika diterapkan pada BBM mengingat bahan bakar, seperti minyak dan gas dibutuhkan masyarakat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Cukai justru cocok dikenakan pada rokok atau produk lain yang memang tidak boleh atau mesti dibatasi konsumsinya karena mengganggu kesehatan.

 

Baca Juga

  • Target Penerimaan Cukai 2016 Dinilai Sulit Tercapai
  • Ini Biang Kerok Setoran Bea Cukai Amblas
  • Hingga Februari 2016, Setoran Bea Cukai Meleset dari Target

Source: liputan6.com
Pertamina Geothermal Bor Sumur 3.203 Meter, Terdalam di RI

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE), operator ‎wilayah kerja panas bumi Hululais Bengkulu berhasil menancapkan bor sumur terdalam di Indonesia, dengan kedalaman akhir mencapai 3.203 meter kedalaman ukur (mku).

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Geothermal Energy Tafif Azimudin mengatakan,‎ sumur HLS-E/1 ini tajak pertama kali pada 28 November 2015 menggunakan rig PDSI type N110/M3-28 dan dinyatakan selesai pada 12 Maret 2016, sesuai target yang telah ditetapkan.

"Sumur geothermal terdalam di Indonesia sebelumnya adalah sumur AWI 9-9 di lapangan panas bumi Gunung Salak dengan kedalaman akhir mencapai 3170 mku," kata Tafif, di Jakarta, Jumat (25/3/2016).

 

Baca Juga

  • Harga Jatuh, Pertamina Bor Minyak di Luar Negeri
  • Sumur Terbakar Tidak Pengaruhi Produksi Pertamina EP
  • Produksi Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Naik Pesat

Source: liputan6.com
Jokowi Ingin Krisis Air di Balikpapan Segera Tuntas

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta persoalan krisis air Balikpapan Kalimantan Timur tuntas pada tahun ini. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum membantu pembiayaan proyek Waduk Teritip sebagai sumber air baku Balikpapan.

“Kementerian PU akan bantu agar tampungan air Balikpapan segera selesai,” kata Jokowi ini usai membagikan Kartu Program Keluarga Harapan di Balikpapan, ditulis Jumat (25/3/2016).

Jokowi mengaku sudah menerima laporan soal krisis air dari Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi. Pemerintah Kota Balikpapan sedang mempercepat pembangunan Waduk Teritip untuk penampungan air baku bagi masyarakat.

 

Baca Juga

  • Ahok Pastikan Bakal Gusur Lagi Rumah Warga di Waduk Pluit
  • Jokowi Resmikan Pengoperasian Waduk Nipah di Madura
  • Jokowi: Kerja Siang Malam, Waduk Gondang Selesai Tahun Depan

Source: liputan6.com
Pencabutan Subsidi Solar Bakal Bikin Nelayan Kian Miskin

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Serikat Nelayan Nusantara (FSNN) menolak rencana pemerintah melenyapkan subsidi bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar sebesar Rp 1.000 per liter. Kebijakan tersebut dinilai semakin memiskinkan nelayan tradisional yang mengandalkan bahan bakar tersebut. 

Ketua Umum FSNN Sutrisno meminta pemerintah, khususnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengkaji ulang rencana pencabutan subsidi Solar sebesar Rp 1.000 per liter. Diakuinya, selama ini nelayan tradisional sudah menderita dengan tingginya kebutuhan hidup yang semakin mencekik.

"Dipikir ulang deh kalau mau cabut subsidi Solar, karena dampaknya ke nelayan tradisional," tegas Sutrisno saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (25/3/2016).

Dia menyebut, konsumsi Solar untuk kapal nelayan tradisional berukuran 3 Gross Tonnage (GT), atau ke bawah menyedot 5-10 hari liter setiap harinya. Sementara apabila berhari-hari di laut membutuhkan Solar lebih banyak, hingga 30 liter-50 liter untuk 3 hari melaut.

Baca Juga

  • Pemerintah Perlu Ubah Pengalihan Subsidi Solar
  • Subsidi Solar Dicabut, Pemerintah Diminta Lakukan Ini
  • Pencabutan Subsidi Solar Sedang Dikaji

Source: liputan6.com
Perlukah Khawatir dengan Serbuan Tenaga Kerja Asing?

Liputan6.com, Jakarta - Era Masyarakat Ekonomi ASEAN sudah bergulir. Siap-siap, banyak serbuan barang-barang impor dari negara di Asia Tenggara makin mudah masuk ke Indonesia. Tak hanya itu, tenaga kerja juga dikhawatirkan bakal menyerbu Indonesia.

Perlukan kita khawatir?

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengatakan, meski MEA sudah bergulir, bukan berarti tenaga kerja asing tersebut bebas masuk ke Indonesia dan menggeser posisi dari tenaga kerja di dalam negeri.

Baca Juga

  • Ini Peluang Besar di Balik Berlakunya MEA
  • Langkah BKPM Atasi Masalah Tenaga Kerja Asing
  • Tenaga Kerja RI Disukai Negara Lain karena Pelayanannya

Source: liputan6.com
Lindungi Pengusaha, RI Diminta Adopsi Aturan E-Commerce Ini

Liputan6.com, Jakarta - Perdagangan online (e-commerce) di Indonesia terus berkembang seiring kemajuan teknologi serta meningkatnya kebutuhan masyarakat. Namun, tak dapat dipungkiri jika perkembangan bisnis e-commerce juga diwarnai praktik tidak sehat.

Salah satunya dengan merusak reputasi pesaing dengan mengunggah komentar negatif ataupun melakukan pemesanan fiktif.

Ketua Dewan Pengawas Indonesia E-Commerce Association (idEA) William Tanuwijaya mengatakan pemerintah bisa mengeluarkan peraturan dengan mengadopsi Safe Harbour Policy guna melindungi pemain usaha e-commerce. Safe Harbour Policy sendiri muncul di Amerika Serikat (AS) pada tahun 1998. Kebijakan tersebut berguna sebagai filter untuk mencegah user nakal melakukan kegiatan merusak.

Dia mencontohkan, beberapa waktu lalu masyarakat dikejutkan adanya iklan penjualan bayi di salah satu toko online Indonesia. Masyarakat pun bereaksi dan mengancam e-commerce tersebut untuk segera dihukum. Dengan Safe Harbour Policy, jika ada oknum mengunggah konten yang mengganggu, maka oknum tersebut yang mendapat sanksi.

Baca Juga

  • UANGPEDIA: Tips Sukses Bangun Bisnis E-Commerce
  • Tips Memulai Bisnis E-Commerce Tanpa Pinjaman
  • Lakukan 4 Hal Ini Jika Ingin Bangun Bisnis Bermodal Minim

Source: liputan6.com
Hipmi: Pengusaha Lokal Jangan Jadi Penonton di Masela

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) mendukung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun kilang LNG Masela di darat (onshore). Putusan ini dinilai sudah sesuai dengan usulan Hipmi ke pemerintah.

“Hipmi mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Presiden, sebab beliau mendengarkan aspirasi mayoritas warga Maluku dan sekitarnya. Usulan Hipmi memang di darat,” ujar Ketua Umum BPP Hipmi Bahlil Lahadalia, Jumat (25/3/2016).

Namun Bahlil meminta agar dalam pengerjaan pembangunan dan pengelolaan lapangan gas tersebut ikut melibatkan pengusaha lokal.

“Apakah pengusaha lokal jadi pemasok, subkontraktor, atau pengerjaan jasa apapun, pengusaha lokal dilibatkan. Pengusaha lokal jangan jadi penonton di daerahnya sendiri,” ujar Bahlil.

Dia mengatakan, dampak turunan dari pengelolaan Blok Masela akan sangat besar. Ekonomi daerah akan menggeliat, memperkuat industri nasional, dan negara akan menerima banyak pemasukan.

Baca Juga

  • Pertamina Siap Investasi di Blok Masela
  • Inpex dan Shell Tak Akan Cabut dari Blok Masela
  • Menko Rizal Tak Khawatir Investor Masela Bakal Hengkang

Source: liputan6.com
Yuk, Ikutan Sayembara Beri Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Liputan6.com, Jakarta - Ada hal unik seiring pelaksanaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menggelar sayembara pemberian nama kereta cepat Jakarta-Bandung yang dibuka untuk masyarakat umum.

Mengutip laman media sosial Facebook Kereta Cepat Indonesia, sayembara ini akan berakhir pada 31 Maret 2016. Adapun syarat untuk ikut sayembara ini, antara lain merupakan warga negara dan bertempat tinggal di Indonesia.

"Kuis akan berlangsung di Facebook dan Twitter. Peserta harus like dan follow akun Kereta Cepat Indonesia," tulis pengumuman tersebut seperti dikutip Liputan6.com, pada Jumat (25/3/2016).

Syarat lain, peserta wajib menyertakan hashtag #NamaKeretaCepat saat menjawab pertanyaan. Nama kereta yang diajukan tidak melanggar hak cipta pihak manapun.

Baca Juga

  • Kemenhub Keluarkan Izin Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung
  • Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 30 Mei 2019
  • Biaya Bangun Kereta Cepat Kini Lebih Murah US$ 400 Juta

Source: liputan6.com
Top 3: Denda bagi yang Terlambat Lapor SPT Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Pajak menjadi kewajiban warga negara. Saban tahun, pemerintah mengingatkan arti pentingnya pembayaran pajak bagi pembangunan di Indonesia.

Seperti di tahun ini, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) mengingatkan para Wajib Pajak untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan (SPT PPh) Tahunan 2016 hingga batas waktu 31 Maret untuk Orang Pribadi (OP) dan Badan Usaha 30 April. Jika terlambat akan ada denda yang dikenakan.

Artikel ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Simak 3 berita paling dicari, Jumat (25/3/2016):

1. Ini Denda bagi yang Terlambat Lapor SPT Pajak

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) mengingatkan para Wajib Pajak untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan (SPT PPh) Tahunan 2016 hingga batas waktu 31 Maret untuk Orang Pribadi (OP) dan Badan Usaha 30 April. Jika terlambat akan ada denda yang dikenakan.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Satria Mekar Utama, mengungkapkan sanksi berupa denda diatur dalam Undang-Undang tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP).

"Sanksi normalnya bagi yang terlambat melapor SPT Pajak Tahunan sebesar Rp 1 juta bagi WP Badan dan Rp 100 ribu untuk WP OP," katanya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta. Simak berita selengkapnya di sini!

2. Kisah Phoung, Wanita Terkaya Pemilik Maskapai Pramugari Berbikini

Seorang miliarder wanita pertama Vietnam punya cara unik menjadikan dirinya jadi orang kaya. Wanita ber‎nama Nguyen Thi Phuong ini jadi miliarder berkat pramugari berbikini.

Phoung sudah jadi pebisnis sejak usia muda. Di umur 21 adalah pertama kalinya dia menghasilkan uang hingga jutaan dolar. Dia berjualan mesin fax dan karet latex.

Hampir seperempat abad kemudian, dia menjadi wanita pertama di Asia Tenggara yang menjadi kaya raya atas keringat sendiri. Sumbernya adalah dari maskapai penerbangan dia VietJet yang punya pramugari berbikini.

Dilansir dari Bloomberg, Kamis (24/3/2016), wanita ini punya kekayaan bersih sekitar US$ 1 miliar. Harta itu yang membuatnya jadi wanita terkaya pertama di Vietnam. Sumber kekayaan terbesarnya berasal dari saham di Vietjet dan Dragon City, sebuah proyek real estate 65 hektar di Hi Chi Minh City. Simak berita selengkapnya di sini!

3. 7 Ketakutan yang Tak Dimiliki Orang Kaya

Banyak orang yang dikontrol oleh emosi, bukan sebaliknya. Salah satu emosi yang membuat gagal adalah rasa takut.

Ketakutan tersebut berasal dari diri sendiri seperti takut memulai atau takut mengambil keputusan.

Jika Anda ingin meraih sukses, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatasi ketakutan terbesar. Karena kebanyakan orang sukses dan kaya di dunia tidak memiliki ketakutan-ketakutan berikut dalam hidupnya seperti dikutip dari www.cekaja.com. Simak berita selengkapnya di sini!


Source: liputan6.com
Begini Kondisi Nelayan dan Industri Perikanan RI
Anggota Komisi IV DPR RI Mindo Sianipar menggambarkan kehidupan para nelayan tradisional lokal yang saat ini membaik. Itu dampak dari berbagai kebijakan yang dikeluarkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.
 
Kondisi berbeda justru terjadi pada perusahaan perikanan kecil sampai besar terkait sejumlah kebijakan Menteri Susi tersebut. Mereka pun dikabarkan melakukan aksi demo menuntut perubahan kebijakan.
 
"Demo berasal dari perusahaan perikanan yang punya kapal di sini tapi tidak bisa beroperasi. Mungkin ada ribuan kapal ya," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (25/3/2016).
 
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) seperti diketahui telah menerbitkan dan menjalankan aneka ragam aturan, diantaranya melarang kapal eks asing beroperasi di laut Indonesia, membatasi penangkapan tiga spesies perikanan, melarang penggunaan alat tangkap ikan jenis pukat harimau (trawls), pukat tarik, dan kebijakan lainnya.
Source: liputan6.com