Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Sabtu, 02 April 2016
Kebijakan Dikritik, Ini Tanggapan Menteri Susi

Liputan6.com, Jakarta - Mente‎ri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan tanggapan atas teguran yang dilayangkan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sebelumnya, Wapres JK meminta menteri Susi untuk mengevaluasi beberapa kebijakan pemberantasan illegal fishing karena kebijakan tersebut memengaruhi perekonomian daerah. 

Susi menjelaskan, memang banyak Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang operasionalnya terhenti. Namun Penghentian operasional tersebut tidak hanya terjadi setelah Menteri Susi mengeluarkan kebijakan penghentian illegal fishing, melainkan juga sebelum kebijakan tersebut diterapkan.

Ia melanjutkan, di Bitung, Sulawesi Utara, memang terdapat UPI yang tidak beroperasi. UPI tersebut sengaja tidak dioperasikan karena pembangunannya bertujuan memenuhi syarat mendapat izin impor ikan‎ yang menjadi celah kapal asing mencuri ikan di Perairan laut Indonesia. "Karena tujuanya bukan untuk pengolahan, untuk memenuhi syarat bawa ikan dari kapal luar negeri jadi kosong," tutur Susi seperti ditulis, Sabtu (2/4/2016).

Baca Juga

  • Menteri Susi: Kebijakan Pemberantasan Illegal Fishing Tetap Jalan
  • Menteri Susi: Jangan Adu Saya Sama Pak JK
  • Kebijakan Menteri Susi Bikin Pembudidaya Kerapu Sumbar Pusing

Source: liputan6.com
Jelang Akhir Pekan, Intip Kegiatan Orang Sukses Sepulang Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang akhir pekan, sebagian besar orang merasa memiliki lebih banyak waktu luang. Begitu juga yang dirasakan orang sukses yang selama sepekan fokus pada berbagai pekerjaan.

Demi menjaga produktivitas, banyak orang sukses memanfaatkan waktu pulang kerja untuk berbagai kegiatan yang menyenangkan. Khususnya menjelang akhir pekan, di mana keesokan harinya mereka tak perlu pergi ke kantor dan bekerja.

Meski bukan resep untuk menjadi sukses, tak ada salahnya mengintip kegiatan orang kaya dan sukses menjelang akhir pekan.

Berikut enam hal yang dilakukan orang sukses dan kaya sepulang kerja seperti dilansir dari Huffington Post, Jumat (1/4/2016):

1. Membuat rencana liburan

Banyak penelitian menunjukkan, orang yang sering berlibur jauh lebih bahagia dibandingkan yang tidak. Tak heran, banyak orang sukses merencanakan liburan yang matang sepulang kerja. Dia akan berusaha melakukan berbagai kegiatan menyenangkan di akhir pekan.

2. Berkumpul dengan teman dan keluarga

Menjelang akhir pekan merupakan waktu yang paling menyenangkan untuk berkumpul dengan teman dan keluarga.

Sepulang kerja, Anda bisa menghabiskan banyak waktu hingga larut malam berbincang dengan teman dan keluarga tanpa khawatir akan datang terlambat ke kantor keesokan harinya.

Begitulah orang-orang sukses dan kaya mengatur waktunya hingga selalu bisa membuat keluarga merasa bahagia.


Source: liputan6.com
Kebab Termahal di Dunia Seharga Rp 17,4 Juta, Anda Mau Coba?

Liputan6.com, Jakarta - Seorang chef di sebuah restoran terkemuka di kota London memiliki misi besar untuk merubah citra dari makanan Kebab. Kepala Chef dari Hazev restaurant Onder Sahan berhasil membuat kebab yang dijual dengan harga yang sangat mahal.

Tidak tanggung-tanggung, harga untuk mencicipi sepotong kebab tersebut mencapai 925 poundsterling atau setara dengan Rp 17,4 juta.

Melansir laman Dailymail, Sabtu (2/4/2016) kebab tersebut dihidangkan dengan daging sapiWagyu terbaik asal jepang yang dimasak dengan jamur morel dan minyak Italia berkualitas tinggi.

 

Baca Juga

  • Harga Rokok Termahal Dunia Ada di Kota-kota Ini
  • 7 Barang Lelang Termahal di Dunia
  • 10 Rumah Termahal di Dunia dan Sang Pemilik

Source: liputan6.com
Mengintip Mewahnya Pesta Pernikahan Anak Miliarder

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pernikahan mewah digelar di kota Moskow, Rusia. Pernikahan megah tersebut merupakan pesta dari anak konglomerat minyak asal Rusia Mikhail Gutseriev.

Putranya Said Gutseriev meminang seorang wanita cantik bernama Khadija Uzkakhovs. Tidak tanggung-tanggung pesta pernikahannya tersebut menghabiskan dana hingga US$ 1,3 juta atau Rp 17,1 miliar (Kurs: Rp 13.157 per dolar AS)

GALERI FOTO: Putra Konglomerat Rusia Menikah, Disebut Termahal dan Termegah Sepanjang Masa

Melansir laman afr.com, Sabtu (2/4/2016), pesta pernikahannya juga dimeriahkan dengan penampilan dari musisi kelas dunia. Nama penyanyi kelas dunia seperti J.Lo, Enrique Iglesias dan Sting hadir untuk menghibur tamu undangan.

Resepsi pernikahan luar biasa ini dihelat di Safisa, sebuah restoran sekaligus gedung acara paling mahal di Rusia. Dekorasinya dipercantik dengan bunga-bunga penuh warna nan cantik yang menutupi dinding, kanopi, dan setiap lengkungan dekorasi area resepsi.

Pesta kembang api yang semarak juga melengkapi kemeriahan pesta pernikahan dua sejoli itu. Kue pernikahan yang disajikan dalam resepsi ini pun dipesan khusus dan memiliki sembilan tingkat.


Source: liputan6.com
5 Tanda Kalau Anda Sudah Siap Punya Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Saat sudah berkeluarga, rumah menjadi kebutuhan yang penting. Namun, membeli rumah pertama membutuhkan banyak pengorbanan, komitmen dan kesabaran. Terlebih jika Anda ingin melakukan pembelian rumah secara kredit.

Di sini Anda harus mempelajari tanggungjawab apa saja yang muncul sebagai pemilik rumah. Jika Anda sudah siap, coba lihat dulu 5 tanda yang biasanya digunakan bank untuk menentukan menerima permohonan KPR.

 

Baca Juga

  • Trik Pakai Kartu Kredit Tapi Bebas Utang
  • Alasan Kenapa Kamu Harus Kredit Rumah Dari Sekarang
  • Trik Sukses agar Kuliah Sambil Kerja Lancar

Source: liputan6.com
6 Trik Miliarder Siapkan Dana Pensiun

Liputan6.com, Jakarta - Usia tua adalah keniscayaan. Karena setiap orang pasti menua, wajib dipikirkan bagaimana Anda harus bertahan hidup (bahkan hidup senang) selepas pensiun.

Meski usiamu masih 20-an dan pensiun terasa masih lama, Anda tidak boleh menyepelekan simpanan untuk hari senja ini.

Karena faktanya, orang-orang kaya sekelas Warren Buffet saja sangat peduli dengan masa depan pensiun.

Baca Juga

  • Kenapa Orang Asing Lebih Senang Menghabiskan Masa Pensiun Sambil Berlibur?
  • Kenapa Orang Kaya Sering Tidak Sadar Kalau Mereka Kaya?
  • Kamu Bisa Keliling Dunia Saat Pensiun Jika Sudah Melakukan Persiapan Ini di Usia 20-an

Source: liputan6.com
7 Negara Paling Kaya di Dunia, Mana Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Daftar terbaru yang dikeluarkan oleh Global Finance Magazine mengungkap beberapa kota di dunia dengan pendapatan per kapita terbesar. Beberapa kota ini pun sukses menjadikan diri sebagai kota terkaya di dunia.

Analisis tersebut didasarkan dari data yang didapat oleh World Bank dan International Monetary Fund (IMF). Dari data tersebut dapat dilihat bahwa negara dengan luas wilayah kecil masih mampu mendapuk peringkat atas.

Melansir Business Insider, Sabtu (2/4/2016) berikut daftarnya:

7. Uni Emirat Arab
PDB per kapita: US$ 67.201

Uni Emirat Arab adalah sebuah negara federasi dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi. Jabatan Presiden dan Wakil Presiden negara ini dilantik oleh Majelis Tertinggi setiap lima tahun sekali.

Baca Juga

  • 7 Negara Paling Tidak Bahagia di Dunia
  • Negara Ini Paling Banyak Habiskan Duit untuk Proyek Luar Angkasa
  • Ini Dia 5 Pemimpin Terbaik Dunia

Source: liputan6.com
5 Hal Finansial Ini Wajib Anda Terapkan Saat Usia Kepala Tiga

Liputan6.com, Jakarta - Ketika memasuki usia 30 tahun seseorang seringkali mengalami perubahan besar dalam cara hidup, terutama mengenai urusan finansial. Di usia ini, orang biasanya sudah memiliki pekerjaan tetap dan kondisi keuangan yang lebih stabil.

Namun, kebutuhan hidup pun semakin banyak. Jika perubahan tersebut tidak disikapi dengan bijak, bisa-bisa menjadi masalah yang merepotkan. Untuk itu, cobalah pelajari lebih dini pengetahuan finansial yang wajib diketahui orang di usia 30 tahun seperti dikutip dari CekAja.com, Sabtu (2/4/2016):

Jangan memaksakan diri membeli sesuatu

Di usia 30 tahun, sebagian dari Anda mungkin sudah berkeluarga. Jika saat ini Anda termasuk orang yang memaksakan diri jika menginginkan sesuatu, kebiasaan tersebut harus dihilangkan.

Sebab, bagi orang berkeluarga, kebutuhan utama yang harus dipenuhi bukan keinginan pribadi melainkan kebutuhan keluarga.

Baca Juga

  • Alasan Kenapa Kamu Harus Kredit Rumah Dari Sekarang
  • Trik Hindari Jebakan Diskon Saat Belanja Akhir Tahun
  • Trik Sukses agar Kuliah Sambil Kerja Lancar

Source: liputan6.com
Ini Hobi yang Bisa Bikin Kantong Tebal

Liputan6.com, Jakarta - Sewaktu kecil, kita semua pasti hobi mengumpulkan mainan atau senang mengoleksi sesuatu. Sayangnya saat besar, kita seringkali kehilangan koleksi kita. Entah karena alasan bosan, sudah besar sehingga diberikan ke saudara yang masih kecil, atau rusak karena tidak dirawat.

Padahal, jika Anda tetap mempertahankan koleksimu, benda-benda tersebut bisa mendatangkan keuntungan. Kok bisa? Kalau termasuk barang langka atau limited edition dan masih dalam kondisi bagus,  koleksimu ini bisa membuatmu kaya mendadak jika dijual pada kolektor.

Nah, coba bongkar gudang di rumah. Siapa tahu Anda menemukan benda-benda dari masa kecilmu seperti berikut, seperti dikutip dari www.cekaja.com, Sabtu (2/4/2016):

1. Hobi Mengoleksi action figure

Waktu kecil, Anda pasti punya tokoh idola. Tokoh idola anak kecil biasanya seorang jagoan alias superhero. Mainan action figure yang sewaktu kecil harganya tidak seberapa, ternyata bisa membuatmu punya mobil baru jika dijual di zaman sekarang.

Misalnya, kalau Anda punya action figure Anakin Skywalker dari Star Wars dengan kondisi masih terawat, sekarang action figure tersebut sangat dicari-cari kolektor mainan Star Wars dan bisa dihargai hingga US$ 3.400 atau sekitar Rp 44,3 juta (asumsi kurs Rp 13.168 per dolar AS).

Skywalker tadi belum seberapa. Ada lagi yang lebih fantastis karena harganya sampai menembus angka US$ 200 ribu. 

Baca Juga

  • 10 Merchandise Star Wars Termahal yang Pernah Dijual
  • Kebiasaan Sepele Sejak Kecil Inilah yang Membuat Kamu Jadi Miskin Saat Dewasa
  • 20 Tanda Anda Perlu Pinjam Uang ke Bank

Source: liputan6.com
KPK Tetapkan Bos APL Jadi Tersangka, Ini Komentar Manajemen

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) menyatakan pihaknya tengah mempelajari secara mendalam terkait kasus penangkapan Direktur Utama (Dirut) PT Agung Podomoro Land Tbk Ariesman Widjaja oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ariesman ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan suap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Wilayah Zonasi Pesisir Pulau-pulau Kecil (RWZP3K) dan Raperda Rencana Tata Ruang (RTR) kawasan strategis pantai utara Jakarta.

Dalam keterangan tertulis, Jumat malam (1/4/2016) manajemen PT Agung Podomoro Land Tbk menyebutkan, Ariesman Widjaja sudah hadir di KPK pada Jumat malam untuk mengikuti semua proses hukum yang diperlukan.

Direksi PT Agung Podomoro Land Tbk dan tim kuasa hukum tengah mempelajari secara mendalam mengenai kasus tersebut. Perseroan berkomitmen untuk mematuhi seluruh proses hukum yang perlu dijalankan.

 

Baca Juga

  • Sebelum Serahkan Diri ke KPK, Presdir APL Sembunyi di Kantornya
  • Presdir APL Menyerahkan Diri ke KPK Terkait Dugaan Suap
  • Kronologi OTT Sanusi Terima Dugaan Suap Reklamasi Teluk Jakarta

Source: liputan6.com
Data Ekonomi Dorong Penguatan Wall Street

Liputan6.com, Jakarta - Wall Street Menguat pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi waktu Jakarta) pekan ini. Penguatan Wall Street terjadi karena membaiknya data tenaga kerja dan juga data sektor manufaktur yang mendorong keyakinan bahwa ekonomi AS akan tumbuh sesuai harapan.

Mengutip Wall Street Journal, Sabtu (2/4/2016), Dow Jones Industrial Averange (DJIA) menguat 107,66 poin atau 0,61 persen ke angka 17.792,75. S&P 500 naik 13,04 poin atau 0,63 persen ke angka 2.072,78. Nasdaq menguat 44,70 poin atau 0,92 persen ke angka 4.914,54. 

Baca Juga

  • Bursa Saham Asia Menguat Tersengat Wall Street
  • Sentimen The Fed Angkat Wall Street
  • Pernyataan Gubernur Bank Sentral AS Dorong Penguatan Wall Street

Source: liputan6.com
Harga Minyak Kembali Turun ke US$ 36,79 per Barel

Liputan6.com, New York - Harga minyak jatuh menuju level terendah dalam satu bulan terakhir pada perdagangan Jumat (Sabtu pagi waktu Jakarta). Penurunan harga minyak ini terjadi karena adanya tanda-tanda bahwa eksportir terbesar minyak dunia gagal menyelesaikan kesepakatan untuk mengontrol produksi mereka.

Mengutip Wall Street Journal, Sabtu (2/4/206), minyak mentah jenis Lights Sweet untuk pengiriman Mei turun US$ 1,55 atau 4 persen ke level US$ 36,79 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak Brent yang merupakan patokan global turun US$ 1,66 atau 4,1 persen ke level US$ 38,67 per barel di ICE Futures Europe. Baik Lights Sweet maupun Brent telah turun 6 persen sepanjang pekan ini.

Baca Juga

  • Menutup Bulan Maret, Harga Minyak Naik Tipis
  • Minim Sentimen, Harga Minyak Naik Tipis
  • Harga Minyak Kembali Turun ke Bawah US$ 39 per Barel

Source: liputan6.com
Tarif Angkutan Umum Turun Mulai 7 April 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan menetapkan penyesuaian tarif angkutan umum kelas ekonomi sehubungan dengan kebijakan pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM). Penyesuaian tarif ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 15 Tahun 2016 tentang Penyesuaian Tarif Angkutan Umum Kelas Ekonomi yang dikeluarkan pada 1 April 2016.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kementerian Perhubungan JA Barata menjelaskan, surat edaran tersebut ditujukan kepada seluruh gubernur, bupati, dan wali kota untuk segera melakukan penyesuaian tarif. 

Tarif yang harus disesuaikan adalah tarif angkutan penumpang antarkota dalam provinsi kelas ekonomi, angkutan perkotaan dan angkutan pedesaan serta angkutan penyeberangan lintas antar-kabupaten atau kota dalam provinsi dan lintas dalam kabupaten atau Kota. "Penyesuaian tarif ini berlaku mulai tanggal 7 April 2016," kata Barata, Sabtu (2/4/2016).

Baca Juga

  • Penurunan Harga BBM Pangkas Biaya Logistik 5 Persen
  • Harga BBM Hari Ini Turun Rp 500 per Liter
  • Harga BBM Turun, Pemda Bogor Belum Berencana Pangkas Tarif Angkot

Source: liputan6.com
Penguatan Data Ekonomi AS Tekan Harga Emas

Liputan6.com, New York - Harga emas melemah pada perdagangan Jumat (Sabtu pagi waktu Jakarta) setelah keluarnya laporan ekonomi Amerika Serikat (AS) yang menunjukkan penguatan untuk periode Maret kemarin.

Mengutip Wall Street Journal, Sabtu (2/4/2016), harga emas untuk pengiriman Juni ditutup turun 1 persen menjadi US$ 1.223,50 per troy ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Ekonomi AS pada kuartal I 2016 kemarin menunjukkan penguatan yang terlihat dari membaiknya data tenaga kerja dan juga data manufaktur. Para pengusaha terus menambah pekerjaan dan aktivitas pabrik terus berkembang untuk pertama kalinya sejak musim panas tahun lalu.

Baca Juga

  • Tambang Emas Martabe Diakuisisi Perusahaan Australia
  • Harga Emas Antam Naik Jadi Rp 564 Ribu per Gram
  • Harga Emas Catat Rekor Terbaik Sejak 1986

Source: liputan6.com
Kemenhub Rampungkan Pembangunan Pelabuhan Wasior

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka mendukung konektivitas dengan moda transportasi laut dan menggerakkan roda perekonomian di Provinsi Papua Barat, Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan pembangunan fasilitas Pelabuhan Wasior,  Teluk Wondama, Papua Barat.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kementerian Perhubungan JA Barata mengungkapkan, pengembangan pelabuhan tersebut dijalankan secara multiyears dari dana APBN Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2005 sampai dengan 2015. Nilai investasi dari proyek tersebut mencapai Rp 79 miliar.

"Rencananya pelabuhan tersebut akan diresmikan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan besok Senin," kata Barat, Sabtu (2/4/2016).

Baca Juga

  • Kemenhub Rampungkan Pembangunan 5 Pelabuhan di Sulawesi Tenggara
  • Pemerintah Dorong Swasta Bangun Pelabuhan dan Bandara
  • Pelabuhan Sunda Kelapa Bakal Jadi Tempat Parkir Tamu Luar Negeri

Source: liputan6.com
Korea dan Tiongkok Ingin Jadikan RI Hub Industri Farmasi ASEAN

Liputan6.com, Jakarta - Dua negara di Asia, Korea Selatan dan Tiongkok menjadi negara yang paling agresif untuk berinvestasi industri farmasi di‎ Indonesia. Bahkan mereka ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat farmasi di ASEAN.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengungkapkan, dari hasil kunjungannya ke beberapa negara di Asia, dua negara tersebut yang diperkirakan akan mendominasi investasi asing di sektor farmasi.

"Setelah adanya revisi DNI, industri farmasi kita menjadi menarik, Tiongkok dan Korea, mereka melihat Indonesia sebagai hub ASEAN di industri ini," kata Franky saat berbincang dengan wartawan, Sabtu (2/4/2016).

Keinginannya menjadikan Indonesia sebagai pusat farmasi ASEAN, dikatakan Franky didasari oleh dua alasan. Pertama, dengan jumlah penduduk Indonesia mencapai 250 juta jiwa, dan adanya porgram BPJS Kesehatan, menjadikan adanya kepastian pasar farmasi.

Kedua, bersamaan dengan memenuhi kebutuhan obat-obatan di Indonesia, para investor tersebut juga bisa melakukan ekspor obat mengingat adanya komitmen Presiden Jokowi dalam memangkas biaya logistik dan penyederhanaan perizinan.

Baca Juga

  • Investor Korea Ingin Tanam Modal di Sektor Farmasi
  • Indonesia Capai Swasembada Garam Farmasi di 2017
  • Komitmen Investasi Sektor Farmasi Meningkat 118% di 2015

Source: liputan6.com
Kurangi Pengangguran, Pemerintah Siapkan Program Bagi Mantan TKI

Liputan6.com, Jakarta = Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama Kementerian Sosial dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BPN2TKI) tengah mempersiapkan program pemberdayaan kepada para TKI yang telah kembali ke Indonesia dan memutuskan untuk tidak lagi kembali ke luar negeri.

Kepala BKPM Franky Sibarani menjelaskan, program ini untuk menyelaraskan program penciptaan lapangan kerja yang diarahkan untuk industri padat karya, terlebih di dalam kawasan industri.

"Kami di BKPM bersama Kemensos dan BNP2TKI, sedang menyiapkan mekanisme supaya mereka yang sudah pulang ke Indonesia bisa diterima kerja," kata Franky saat berbincang dengan wartawan, Sabtu (2/4/2016).

Dijelaskan Franky, setiap tahunnya ada paling tidak 1.000 hingga 1.500 TKI yang dipulangkan ke Indonesia. Untuk mengurangi tingkat pengangguran, program ini diyakini nanti akan efektif dan meningkatkan produktifitas para sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga

  • 1 Bulan Operasi, Poros Perbatasan Nunukan Layani 503 TKI
  • BNP2TKI Minta Bank Permudah TKI Dapat KUR
  • TKI Diberi `Gelar` Duta Budaya Bangsa RI

Source: liputan6.com
Menperin: Ada Perusahaan Tutup, Namun yang Tumbuh Lebih Banyak

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian RI Saleh Hu‎sin menegaskan Indonesia bahwa Indonesia tidak dalam masa deindustrialisasi. Deindustrialisasi adalah penurunan kontribusi sektor industri terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

‎Saleh menjelaskan, banyak yang melihat bahwa perkembangan sektor industri di Indonesia stagnan sehingga tidak bisa berkontribusi kepada pembangunan ekonomi. Namun tuduhan tersebut meleset. menurut Saleh, Indonesia justru sedang mendorong pertumbuhan ekonomi dari sektor industri. 

Apa yang dilakukan oleh pemerintah saat ini adalah meningkatkan jumlah industri. Contoh nyatanya adalah pembangunan beberapa kawasan industri yang ditunjang dengan infrastruktur pendukungnya. Selain itu, pemerintah juga terus mendorong peningkatan kapasitas industri yang sudah ada dengan membuka peluang investasi sebesar-besarnya.

"Saya pikir tidak perlu kekhawatiran. Kami tidak tutupi memang ada beberapa industri yang kolaps. Tapi kebalikannya, yang lahir, yang tumbuh itu lebih banyak," kata Saleh di Jakarta, Sabtu (2/4/2016).

Baca Juga

  • Indonesia Kalah dari Vietnam di Sektor Industri Ini
  • Sektor Industri Bakal Jadi Andalan Pembiayaan Eximbank
  • Menko Darmin: Industri Pilar Ekonomi Tak Tergantikan

Source: liputan6.com
Cliff Indonesia Ciptakan Aplikasi Pendanaan Buat Pekerja Kreatif

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendukung inisiatif Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengembangkan potensi industri kreatif yang memacu pertumbuhan ekonomi nasional, PT Cliff Indonesia Kreatif meluncurkan platform ekosistem pembiayaan bernama cliffword.com. Platform ini diklaim dapat mendukung para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia memperoleh bantuan pendanaan.

 Creative Director PT Cliff Indonesia Kreatif Barry Maheswara menjelaskan, cliffworld.com, merupakan program yang dapat membantu mempertemukan para pengusaha kreatif dengan para pemodal dan menjawab permasalahan terkait kemudahan akses permodalan. Website cliff sudah dapat diakses oleh masyarakat Indonesia. Namun memang fitur yang ada dikembangkan secara bertahap.

"Pada tahapan awal ini, hanya fitur sign up dan fitur post a project saja yang baru bisa diakses. Target kami pada awal bulan Mei 2016, fitur crowdfunding sudah dapat dijalankan, dan pada bulan Juni, fitur investment dan loan pun sudah bisa diakses,"tutur dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (2/4/2016). 

Baca Juga

  • Mendag Lembong: Aturan Jangan Sulitkan Ekonomi Kreatif
  • Presiden Jokowi: Ekonomi Digital Dukung Pengembangan UMKM
  • ‎BKPM Terima Usulan Panduan Investasi Sektor Ekonomi Digital

Source: liputan6.com
Pengusaha Protes Terkait Kebijakan Baru Pemberian THR

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) memprotes kebijakan Kementerian Ketenagakerjaan yang mengharuskan kepada pengusaha untuk memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada para pekerja dengan masa kerja satu bulan kini. 

Ketua Umum HIPMI Bahlil‎ Lahadalia mengungkapkan, kebijakan tersebut sudah dipastikan akan memberatkan para pengusaha. Menurutnya, hal ini perlu dikaji ulang mengenai penerapannya.

"Kami membayar THR yang masa kerjanya 1 tahun saja sudah klapak-klipuk saat ini, bagaimana orang yang kerja 1-3 bulan minta THR, Masya Allah, bingung saya kadang-kadang," cerita Bahlil di Jakarta, Sabtu (2/4/2016).

Baca Juga

  • Pengusaha Keberatan dengan Aturan Baru Pemberian THR
  • Buruh Minta Penegakan Hukum soal THR Lebih Tegas
  • Kabar Gembira, Kini Buruh Baru Kerja 1 Bulan Dapat THR

Source: liputan6.com
Harga BBM Murah, Industri Diminta Tingkatkan Produksi

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk jenis Solar dan Premium masing-masing Rp 500 per liter. Penurunan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para pelaku industri.

Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Econimic and Finance (Indef) Didik‎ J Rachbini menilai, dengan harga BBM yang murah ini akan mengurangi biaya operasional dan biaya produksi para pelaku industri.

"‎Dengan harga bensin murah, ditambah kebijakan industri yang kuat maka UKM untuk orientasi ekspor itu mendapat angin baru dengan BBM murah dan dia akan menjadi lebih efisien bersama dengan kebijakan industri. Jadi ada satu momentum yang harus diambil," papar Didik di Jakarta, Sabtu (2/4/2016).

Untuk itu, Didik meminta kepada pemerintah khususnya Menteri Perindustrian Saleh husin untuk lebih agresif dan terus mendorong dalam meningkatkan daya saing dan produksi dari industri-industri di Indonesia, baik yang eksisting ataupun industri baru di Indonesia.

Baca Juga

  • Harga Premium dan Solar Turun Rp 500 per Liter
  • Pengusaha: Harga BBM Dapat Turun Lebih Besar
  • Penurunan Harga BBM Pangkas Biaya Logistik 5 Persen

Source: liputan6.com
Perluas Pasar, Perusahaan Logistik Ini Buat Aplikasi Online

Liputan6.com, Jakarta - PT Multi Jasa Niaga atau lebih dikenal merek Raja Pindah mencoba mengikuti tren industri start up dengan meluncurkan sistem terbarunya, yaitu mobile application. Raja Pindah merupakan perusahaan yang bergerak di sektor logistik khususnya jasa pindahan.

Chief Executive Officer (CEO) Raja Pindah M Akbar Djohan berharap pengembangan layanan ini bisa diterima masyarakat. Perusahaan menargetkan transaksi yang didapat untuk pangsa pasar di dalam negeri dan luar negeri bisa mencapai Rp 250 miliar dari mobile application. Komposisinya, Rp 150 miliar untuk di dalam negeri, dan sisanya akan didapat dari pasar luar negeri.

"Untuk yang regional Rp 100 miliar itu bisa dicapai, tapi tergantung dari kesiapan operational dan SDM yang tersedia di masing-masing negara. Jika operasional dan SDM siap, maka bukan hal yang sulit untuk mencapai target tersebut," kata Akbar Djohan dalam keterangannya, Sabtu (2/4/2016).

Baca Juga

  • Demo Taksi Ganggu Distribusi Logistik Ibu Kota
  • Penurunan Harga BBM Pangkas Biaya Logistik 5 Persen
  • KA Logistik Angkut 800 Ton Semen Baturaja

Source: liputan6.com
Buka Data ke Pajak, Bank Harus Taat UU Kerahasiaan Nasabah

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jendral Pajak (DJP) Kementerian Keuangan bisa mengakses data transaksi kartu kredit nasabah perbankan. Kebijakan ini menjadi perhatian para pangusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Ketua Umum HIPMI Bahlil Lahadalia menjelaskan, dengan terbukanya akses DJP tersebut para pengusaha menginginkan agar industri perbankan tetap harus memperhatikan batas-batas yang bisa dibagikan.

"Jangan dibuka semua dong, kalau perbankan dilakukan semua, kan melanggar kerahasiaan nasabah. Kalau semua nasabah semua dibuka oleh perbankan, kita tuntut perbankan, kan kita dijamin Undang-Undang," kata Bahlil, di Jakarta, Sabtu (2/4/2016).

Baca Juga

  • Pengusaha Keberatan Ditjen Pajak Intip Data Nasabah Bank
  • Bisa Lacak Kartu Kredit Nasabah, Ini Keuntungan Ditjen Pajak
  • Intip Data Kartu Kredit Nasabah Tak Langgar UU Perbankan

Source: liputan6.com
Jembatan Atas Laut di Papua Bakal Rampung 2018

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan Pembangunan Jembatan layang Holtekamp di Jayapura, Papua, sepanjang 732 meter telah mencapai 12 persen. Jembatan yang ditargetkan rampung 2018 tersebut sudah memasuki tahap pemasangan tiang pancang di atas laut.

Kepala Balai Jembatan Wilayah X Papua Oesman H Marbun mengatakan, keberadaan Jembatan Holtekamp ini memiliki nilai strategis dan kontribusi positif, antara lain sebagai solusi terhadap kepadatan kawasan perkotaan, permukiman, dan kegiatan perekonomian di dalam kota Jayapura.

Selain itu juga sebagai jembatan untuk mendorong hubungan perekonomian antara Indonesia dan Papua New Guinea yang selama ini telah berjalan melalui pintu perbatasan Negara di Skouw.

Nilai strategis lainnya yaitu adanyaintergasi pengembangan potensi pariwisata yang cukup besar di sepanjang trase jalan diantaranya tempat-tempat pariwisata Pantai Hamadi, Teluk Youtefa, Pantai Holtekam, dan Pintu Perbatasan RI-PNG.

Baca Juga

  • Pos Lintas Batas RI-Papua Nugini Rampung Tahun Ini
  • Mendag Lembong Klaim Harga Pangan di Papua Turun Berkat Tol Laut
  • Bangun Jembatan Gantung, Kementerian PUPR Anggarkan Rp 150 Miliar

Source: liputan6.com