Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 27 April 2016
Orang Narsisme Cenderung Sukses dan Bergaji Tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Narsisme, atau keadaan mencintai diri sendiri secara berlebihan ternyata tak selamanya berdampak negatif. Terbukti dari penelitian psikologi sosial terbaru yang dimuat di Sage Journals, kelompok narsisme ternyata memiliki kecenderungan sukses yang lebih tinggi.

Melansir situs resmi Sage Journals, Rabu (26/4/2016), para peneliti tengah mempelajari bagaimana kepribadian yang buruk dapat membantu Anda sukses dalam bekerja. Lebih spesifik, sebuah studi fokus membahas bagaimana narsisme ternyata justru dapat memuluskan karir seseorang.

Penelitian itu menemukan, para partisipan yang memiliki kecenderungan tinggi dalam narsisme ternyata memiliki potensi mendapatkan gaji lebih tinggi. Padahal, golongan narsisme dinilai sangat rentan terhadap berbagai hal yang dapat menyinggung dirinya.

Baca Juga

  • Dari Kota Kecil, Wanita Ini Sukses Jual Kopi Sampai Mancanegara
  • BERANI BEDA: Pemuda Ini Sukses Rintis Usaha Sofa Tanpa Rangka
  • Dari Pembantu, Wanita Ini Sukses Ubah Nasib Jadi Miliarder

Source: liputan6.com
Tengok Kebiasaan Tidur 4 Orang Sukses Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Tidur sudah menjadi kebutuhan dasar semua orang. Tidak terkecuali para orang-orang sukses dunia. Walaupun memiliki kegiatan yang begitu padat, mereka tidak lupa untuk menyisihkan waktu untuk istirahat. Tidak jarang pula, para orang sukses ini pun memiliki kebiasaan unik saat tidur. Apa saja?

Melansir Business Insider, Selasa (26/4/2016) berikut ulasannya:

1. Winston Churchill

Winston Churchill merupakan seorang tokoh politik berpengaruh di Inggris. Ia berhasil didapuk sebagai Perdana Menteri Britania Raya sewaktu perang dunia kedua. Walaupun memiliki karir yang sangat baik di dunia politik, Churchill ternyata memiliki kebiasaan tidur yang unik.

Setiap jam 5 sore, perdana menteri ini selalu minum whiskey dan tidur siang selama dua jam. Ia mengatakan bahwa hal ini membantunya untuk dapat mengembalikan energinya kembali.

2. Marissa Mayer

Marissa Mayer merupakan CEO dari perusahaan teknologi besar dunia, Yahoo. Wanita satu ini dikenal sebagai seorang pemimpin yang selalu bekerja keras. Oleh karena itu, ia sering untuk melupakan waktu tidur dan bekerja hingga 130 jam dalam seminggu.

Untuk mengisi kekurangan waktu tidurnya, ia sering mengambil liburan panjang di akhir pekan setiap empat bulan sekali.


Source: liputan6.com
Mengejar Mimpi Mudik Nyaman

Liputan6.com, Jakarta - Sudah menjadi tradisi, penduduk Jakarta berbondong-bondong ke Jawa (sebutan untuk daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, termasuk Yogyakarta) untuk mudik Lebaran. Sudah menjadi tradisi juga, waktu yang diperlukan untuk mudik berlipat-lipat jika dibandingkan wajarnya.

Sebagai gambaran, waktu yang diperlukan untuk perjalanan dari Jakarta menuju Semarang paling lama kurang lebih 8 jam. Namun jika mudik Lebaran, waktu yang ditempuh bisa mencapai dua kali lipat atau 16 jam. Menjadi perjalanan yang cukup melelahkan.

Penyebab utama lonjakan waktu tempuh tersebut tentu saja karena volume kendaraan yang juga meningkat tajam. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) memprediksi terjadi kenaikan volume lalu lintas arus mudik dan arus balik Lebaran periode 29 Juni-5 Juli 2016. Lonjakan trafik masing-masing bisa menembus lebih dari 2 juta kendaraan.

Direktur Operasional Jasa Marga, Christianto Priambodo mengungkapkan, arus mudik Lebaran pada tahun ini dari H-7 sampai dengan H-1 diperkirakan meningkat 6,17 persen dibanding realisasi tahun lalu.

"Prediksinya volume lalu lintas arus mudik mencapai 2,23 juta kendaraan atau naik 6,17 persen dibanding periode lalu sebanyak 2,09 juta kendaraan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Subang, Jawa Barat, Senin 25 April 2016 kemarin.

Setiap tahun, pemerintah mencoba untuk terus memperbaiki hal yang terus terjadi setiap musim mudik tersebut. Untuk tahun ini, apa saja yang dilakukan pemerintah? Sejauh apa persiapan pemerintah untuk lebaran tahun ini? Berikut ulasannya:


Source: liputan6.com
7 Tips Sukses Ala Albert Einstein

Liputan6.com, Jakarta - Albert Einsten tidak hanya dikenal sebagai salah satu ilmuwan tersukses sepanjang sejarah. Masyarakat juga mengenal sosoknya sebagai seorang yang inspiratif.

Walaupun pernah mengalami masa sulit dalam hidupnya, Einstein ternyata mampu meraih kesuksesan yang selalu diimpikan orang.

Melansir laman lifehack.org, Rabu (27/4/2016) berikut 7 hal yang bisa ditiru dari Einstein:

1. Berani hadapi perubahan

Albert Einstein pernah berkata untuk selalu berani menghadapi perubahan yang ada. Berani menghadapi perubahan akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu, berani menghadapi perubahan juga akan membuat Anda mengerti tentang kondisi yang terjadi di sekeliling.

2. Selalu belajar

Orang yang tidak pernah berhenti belajar akan mampu meneguk kesuksesan besar dalam hidupnya. Pembelajaran ini tidak hanya didapat di bangku sekolah formal, Anda juga bisa mendapat pelajaran penting dari pengalaman sehari-hari.

3. Rasa ingin tahu besar

Orang yang memiliki rasa ingin tahu yang besar mampu memiliki wawasan yang luas. Orang yang memiliki rasa ingin tahu yang besar juga akan lebih aktif. Mereka cenderung terus bertanya dan berusaha mencari jawaban atas pertanyaan yang selama ini ditanyakan.


Source: liputan6.com
Mau Cepat Naik Jabatan? Pakai 5 Taktik Ini

Liputan6.com, Jakarta - Semua pegawai menginginkan karier yang cemerlang. Tidak sedikit dari mereka pun rela bekerja keras demi mampu menggapai posisi kunci di perusahaan.

Akan tetapi, kerja keras tidaklah cukup untuk menggapai posisi tersebut. Melansir laman Lifehack.org, berikut 5 tips yang dapat Anda pakai agar mampu cepat menggapai posisi puncak perusahaan, Rabu (27/4/2016):

1. Mengapresiasi rekan kerja

Setiap orang terlahir unik dengan kemampuan dan bakatnya masing-masing. Seorang pemimpin yang baik mengerti betul akan hal ini.

 

Baca Juga

  • Ini Karier dan Bisnis yang Bakal Moncer pada 2016
  • 7 Hal Ini Bisa Hancurkan Karier Anda
  • 3 Cara Jitu Temukan Karier Impian

Source: liputan6.com
Kinerja Emiten Topang IHSG, Awasi Saham Pilihan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Sentimen laporan keuangan emiten kuartal I 2016 masih mempengaruhi laju IHSG.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG kembali menguji level support 4.774. Sedangkan target level resistance di kisaran 4.881.

William menuturkan, laporan kinerja emiten kuartal I 2016 akan cukup memberikan warna dalam pergerakan IHSG menjelang pergantian bulan. Ia menambahkan, investor juga dapat memanfaatkan tekanan IHSG untuk aksi beli.

 

Baca Juga

  • IHSG Susut 64 Poin Imbas Aksi Jual Investor Asing
  • IHSG Koreksi 12 Poin pada Awal Sesi Perdagangan
  • Laporan Keuangan Emiten Jadi Pendorong Kenaikan IHSG

Source: liputan6.com
Wall Street Tak Banyak Bergerak, Investor Menunggu Rapat The Fed

Liputan6.com, New York - Saham sektor energi menguat seiring kenaikan harga minyak pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta). Namun penguatan saham sektor energi ini tak begitu berpengaruh kepada gerak Wall Street karena investor lebih memilih untuk menunggu kebijakan yang siap dikeluarkan oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed.

Mengutip Wall Street Journal, Rabu (27/4/2016), Dow Jones Industrial Averange (DJIA) naik 13,08 poin atau 0,07 persen ke level 17.990,32. S&P 500 menguat 3,91 poin atau 0,19 persen ke 2.091,70. Nasdaq melemah 7,48 poin atau 0,15 persen ke 4.888,31.

DJIA dan S&P 500 dalam beberapa hari terakhir memang bergerak mendekati rekor tertinggi yang pernah dicetak. Para investor bertanya-tanya faktor apa yang menggerakkan indeks sehingga bisa mendorong ke level tersebut.

Baca Juga

  • Wall Street Melemah Jelang Pertemuan The Fed
  • Laporan Kinerja Emiten Dorong Penguatan Wall Street
  • Wall Street Melemah Dipicu Laporan Kinerja Perusahaan

Source: liputan6.com
Harga Minyak AS Sentuh Level Tertinggi di 2016

Liputan6.com, New York - Harga minyak di Amerika Serikat (AS) mampu ditutup di level tertinggi sepanjang 2016, pada perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta). Penyebab kenaikan harga minyak AS adalah pelemahan nilai tukar dolar AS dan juga keyakinan dari pelaku pasar bahwa produksi minyak AS akan terus menurun.

Namun memang, beberapa analis memperingatkan bahwa meskipun produksi minyak di AS telah menurun tetapi masih terjadi kelebihan pasokan. Hal tersebut bisa menahan kenaikan harga minyak ke level yang lebih tinggi lagi.

Mengutip Wall Street Journal, Rabu (27/4/2016), harga minyak mentah jenis Light Sweet untuk pengiriman Juni naik US$ 1,40 atau 3,3 persen ke level US$ 44,04 per barel di New York Mercantile Exchange. Merupakan penutupan tertinggi sejak 10 November 2015 lalu.

Sedangkan untuk harga minyak Brent yang merupakan patokan harga minyak global, naik US$ 1,26 per barel atau 2,8 persen kelevel US$ 45,75 per barel di ICE Futures Europe.

Baca Juga

  • Harga Minyak Turun Terdorong Pasokan Global Meningkat
  • Harga Minyak Turun, Total Belum Mau Lakukan PHK
  • Keyakinan Soal Pasokan Picu Harga Minyak Naik

Source: liputan6.com
Harga Emas Naik karena Pelemahan Data Ekonomi AS

Liputan6.com, New York - Harga emas mampu naik pada perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta). Pendorong kenaikan harga emas adalah pelemahan data ekonomi Amerika Serikat (AS) sehingga membuat Bank Sentral AS (The Fed) berpikir ulang untuk menaikkan suku bunga.

Mengutip Wall Street Journal, Rabu (27/4/2016), harga emas berjangka untuk pengiriman Juni, merupakan kontrak yang paling aktif diperdagangkan, ditutup naik hampir 0,3 persen menjadi US$ 1.243,40 per troy ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Harga emas memang terus menguat sepanjang tahun ini. Pada kuartal I 2016 kemarin, kenaikan harga emas mencetak kenaikan kuartalan terbaik dalam 30 tahun terakhir. Harga emas telah naik 17 persen sepanjang tahun ini.

Baca Juga

  • Ini Cara Investasi Emas Murah dan Aman
  • Harga Jual Emas Antam Lebih Mahal Rp 1.000 per Gram
  • Harga Emas Naik Jelang Rapat The Fed

Source: liputan6.com
Tiket Kereta Mudik Lebaran Masih Tersedia, Cek Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan sebagian besar tiket kereta api pada masa angkutan H-10 hingga H+10‎ Lebaran untuk tanggal-tanggal favorit sudah terjual. Namun masih ada beberapa kursi pada tanggal tertentu di masa angkutan Lebaran tersebut yang masih tersedia.

Dikutip Liputan6.com dari data penjualan KAI per 26 April 2016‎, setidaknya masih ada 277.648 tempat duduk yang masih belum terjual. Jumlah tersebut terbagi dari jumlah tempat duduk untuk kereta kelas ekonomi sebanyak 120.837 kursi, kelas bisnis 44.338 kursi dan kelas eksekutif 112.473 kursi.

‎Data tersebut menampilkan memang mulai H-7 hingga H-1 lebaran menjadi tanggal favorit. Mayoritas tiket kereta menuju beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah ludes terjual.

Baca Juga

  • KAI Bakal Operasikan 19 Kereta Tambahan Hadapi Mudik Lebaran
  • KAI Operasikan 4 Kereta Super Eksekutif Sebelum Lebaran
  • Waktu Pemesanan Tiket Kereta Lebaran Tinggal 4 Hari Lagi

Source: liputan6.com
PLN Cari 5.558 Pegawai Baru Lulusan SMA hingga S2

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) mencari 5.558 orang lulusan terbaik untuk direkrut menjadi karyawannya. Lulusan pendidikan terakhir yang dibutuhkan dari SMA hingga S2.

Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi mengatakan, ‎sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar yang bergerak di bidang kelistrikan di Indonesia, kesempatan berkarier di PLN sangatlah luas, karena proses bisnis yang digeluti PLN meliputi hulu sampai hilir, mulai dari pembangkitan, transmisi hingga distribusi listrik ke pelanggan serta jasa-jasa pendukungnya.

"Kinerja PLN juga didukung oleh sembilan anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang antara lain, pembangkitan, telekomunikasi, penyedia tenaga listrik, perdagangan batubara, jasa enjinering, serta pelayaran," kata Agung, di Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Menurut Agung, tahun ini PLN merekrut sekitar 5.558 pegawai baru lulusan mulai dari SMA atau SMK, D3, S1 hingga S2. Segala informasi rekrutmen PTPLN (Persero) dapat dilihat pada situs resmi pln.co.id.

Baca Juga

  • Ingin Ikut Produksi Senjata? PT Pindad Buka Lowongan Kerja
  • PLN dan 9 Anak Usaha Buka Lowongan Kerja, Tertarik?
  • Ingin Bekerja? Cek Saja Lowongan Kerja di Pertamina Ini

Source: liputan6.com
Pemerintah Bangun Toilet Berstandar Internasional di Objek Wisata

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka menarik minat wisatawan asing berkunjung ke Indonesia, pemerintah berupaya melakukan perbaikan pada sarana dan prasarana penunjang objek wisata. Salah satunya yaitu soal ketersediaan toilet yang baik.

Tenaga Ahli Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Bambang Susanto P mengatakan, selama ini banyak turis asing yang enggan berkunjung ke destinasi wisata di Indonesia karena kurangnya sarana dan prasarana yang memadai. Sebagai contoh yaitu kondisi toilet di lokasi wisata yang kotor dan bau.

"Kebersihan aspek budaya. Dalam hal ini Kementerian Pariwisata yang akan menyelesaikan masalah itu," ujar dia diJakarta, seperti ditulis Rabu (27/4/2016).

Baca Juga

  • Luar Biasa, Borobudur akan Dilengkapi Fasilitas Toilet Bintang 4
  • Toilet Umum Standar Internasional Segera Hadir di Palembang
  • Menteri Jonan: Toilet Bandara Wamena Tak Kalah dengan Istana

Source: liputan6.com
Ini Bocoran Formasi CPNS pada 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan akan tetap membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2016. Namun memang dengan catatan bahwa seleksi CPNS tersebut hanya untuk beberapa jabatan atau formasi tertentu.

‎Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja menjelaskan, formasi yang dibuka penerimaan pegawai baru tersebut dipastikannya akan diumumkan dan dilakukan seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

"Rekrutmen CPNS tahun ini diarahkan untuk mendukung program Nawacita," kata dia dalam keterangannya, Rabu (27/4/2016).

Baca Juga

  • Kementerian PANRB Minta Pemda Revisi Pengajuan Formasi CPNS 2016
  • Menteri Yuddy Minta Pemda Bengkulu Pangkas Belanja Pegawai
  • Siap-siap, Rekrutmen CPNS 2016 Kembali Dibuka

Source: liputan6.com
Harga Emas Naik Jadi Rp 569 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) naik Rp 3.000 per gram menjadi Rp 569 ribu per gram pada perdagangan Rabu (27/4/2016) jika dibandingkan dengan harga sehari sebelumnya yang ada di angka Rp 566 ribu per gram.

Harga pembelian kembali atau buyback emas Antam juga naik dengan nilai Rp 2.000 per gram menjadi Rp 520 ribu per gram dari sebelumnya Rp 518 ribu per gram. Harga buyback ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, makaAntam akan membelinya di harga Rp 520 ribu per gram.

Baca Juga

  • Ini Cara Investasi Emas Murah dan Aman
  • Harga Emas Naik karena Pelemahan Data Ekonomi AS
  • Ini Alasan Investasi Emas Masih Sangat Menggiurkan

Source: liputan6.com
Penumpang Telantar, Lion Bantah Ada Masalah di Sistem Komputer

Liputan6.com, Jakarta - Lion Group mengklaim tidak ada masalah dengan sistem komputer di seluruh terminal termasuk konter check in Batik Air Terminal 1 C Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. 

Public Relation Manager Lion Air Andy M Saladin menjelaskan, setelah dilakukan pengecekan di seluruh terminal, perusahaan memastikan tidak ada masalah dengan sistem komputer Batik Air di Bandara Soekarno-Hatta.

"Barusan saya cek ke seluruh terminal, semuanya aman sih. Tapi coba saya cek sekali lagi," kata Andy kepada Liputan6.com, Rabu (27/4/2016). Batik Air adalah perusahaan milik Lion Group yang memberikan layanan penerbangan full-service.

Baca Juga

  • Gangguan Sistem Komputer, Antrean Check In Batik Air Mengular
  • Mengintip Latihan Pramugari Lion Group
  • Tertahan Lama di Pesawat, Penumpang Lion Air Yogya-Jakarta Kecewa

Source: liputan6.com
IHSG Bergerak di Zona Negatif, Berlawanan dengan Bursa Asia

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona merah pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Laju IHSG tersebut berkebalikan dengan bursa Asia maupun Wall Street.

Pada pembukaan perdagangan saham, Rabu (27/4/2016), IHSG susut 4.808,13 poin atau 0,12 persen ke level 4.807,12. Indeks saham LQ45 tergelincir 0,27 persen ke level 829,17. Sebagian besar indeks saham acuan tertekan kecuali indeks saham DBX dan Pefindo25.

Ada sebanyak 63 saham melemah sehingga menyeret IHSG ke zona merah. Sementara itu, 88 saham menguat namun tak mampu menahan pelemahan IHSG. Sedangkan 66 saham lainnya diam di tempat.

Pada awal sesi perdagangan, IHSG sempat berada di level tertinggi 4.814,31 dan terendah 4.803,20. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 21.462 kali dengan volume perdagangan saham 510 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 544 miliar.

Secara sektoral, sebagian besar sektor saham tertekan kecuali sektor saham pertambangan naik 0,96 persen dan sektor saham barang konsumsi yang naik 0,85 persen.

Baca Juga

  • Kinerja Emiten Topang IHSG, Awasi Saham Pilihan Ini
  • Dibayangi Rupiah, IHSG Masih Potensi Menguat
  • IHSG Susut 64 Poin Imbas Aksi Jual Investor Asing

Source: liputan6.com
Maskapai Singapura Jajaki Penerbangan ke Silangit

Liputan6.com, Jakarta - Dua maskapai penerbangan yaitu Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air telah menerbangi Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten. Maskapai penerbangan asing pun berencana menyusul langkah yang telah dilakukan Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi sejak awal optimistis bandara ini punya potensi besar karena jadi gerbang ke destinasi wisata Danau Toba. Danau Toba diketahui adalah salah satu dari 10 primadona wisata di Indonesia. "Bagaimana mungkin suatu daerah dengan wisata yang baik tak ada bandara yang baik," ucap Budi di Tapanuli Utara, ditulis Rabu (27/4/2016).

Baca Juga

  • AP II Gelontorkan Rp 119 Miliar untuk Percantik Bandara Silangit
  • Sriwijaya Air Mulai Terbangi Silangit
  • 2 Maskapai Minat Terbang ke Bandara Silangit

Source: liputan6.com
Presiden Jokowi Ingin e-Commerce Dukung Produk UMKM

Liputan6.com, Tangerang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para technopreneur turut membantu pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Ini dikatakan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Indonesia E-Commerce Summit & Expo yang berlangsung  di ICE, Tangerang, Banten.

Dikatakan Jokowi, sebagai negara berkembang, peningkatan kualitas UMKM berbasis teknologi harus dilakukan. Ini mengingat UMKM merupakan salah satu penggerak utama ekonomi dalam negeri di tengah kondisi perekonomian global yang bergejolak.

‎"Saya titip e-commerce bisa digunakan untuk membantu saudara kita. Utamanya petani, menjual produk nelayan, UMKM yang ingin jual produknya, produk dari kampung, desa, pelosok bisa tolong disambungkan dengan aplikasi," kata Jokowi di Tangerang, Rabu (27/4/2016).

Baca Juga

  • 1.000 UMKM Pasar Tanah Abang Mulai Rambah Jualan Online
  • Angka Kemiskinan Naik karena UMKM Tak Siap Hadapi MEA
  • UMKM Jadi Pendorong Ekonomi Daerah

Source: liputan6.com
‎Lewat Tol Bawen-Salatiga Gratis Saat Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - ‎PT Trans Marga Jateng (TMJ) akan menggratiskan tarif jalan tol Bawen-Salatiga pada musim mudik Lebaran 2016. Tapi memang, jalan tol sepanjang 17,5 kilometer (km) tersebut tidak bisa dilalui oleh semua jenis kendaraan namun hanya bisa dinikmati oleh kendaraan golongan I, yakni mobil pribadi.

Direktur Teknik dan Operasi TMJ, Arie Irianto mengungkapkan, jalan tol Semarang-Solo Seksi 3 ruas Bawen-Salatiga ditargetkan beroperasi sementara pada Juni 2016 atau sebelum Lebaran. Rencananya, saat melayani arus mudik dan balik Lebaran, TMJ tidak akan mengenakan tarif tol bagi pemudik‎ alias gratis.

"Nantinya jalan tol ini free saat Lebaran. Ini bagian dari layanan kita kepada pengguna jalan," ujarnya di Desa Delik, KabupatenSemarang, Jateng, seperti ditulis Rabu (27/4/2016).

Baca Juga

  • Tol Bawen-Salatiga Bakal Punya Dua Jembatan
  • Hanya Mobil Pribadi yang Bisa Lewat Tol Bawen Saat Lebaran Nanti
  • Trans Marga Yakin Operasikan Tol Bawen-Salatiga Sebelum Lebaran

Source: liputan6.com
UU Pengampunan Pajak Terancam Mundur, Jokowi Siapkan PP

Liputan6.com, Tangerang - Pembahasan mengenai Rancangan Undang-Undang (RUU) tax amnesty atau pengampunan pajak saat ini tengah dibahas di DPR RI. Sayangnya, mulai 29 April 2016 atau dua hari lagi, DPR RI sudah dalam masa reses. Tentu saja target RUU tersebut bisa disetujui di masa sidang kali ini akan meleset.

Mundur persetujuan RUU pengampunan pajak dari target awal ini tampaknya sudah diantisipasi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Antisipasi yang dilakukan Jokowi dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) mengenai Deklarasi Pajak.

"Kami juga sudah siapkan PP kalau UU Tax Amnesty di sana ada masalah. PP mengenai deklarasi pajak, tidak harus tergantung Undang-Undang tax amnesty,"paparnya di Tangerang, Banten, Rabu (27/4/2016).

Baca Juga

  • Posisi KPK dalam UU Pengampunan Pajak
  • Darmin: Tak Perlu Khawatir RI Jadi Negara Surga Pajak
  • Begini Langkah Persiapan BI Bila Tax Amnesty Berlaku

Source: liputan6.com
Lama Mangkrak, Pemerintah Mulai Lagi Proyek Tol Batang-Semarang

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol Batang-Semarang dengan PT Jasamarga Semarang Batang. Dengan begitu, jalan tol Batang-Semarang bisa tersambung pada 2018.

Tujuan penandatanganan ini demi memuluskan dan mempercepat proyek pembangunan jalan tol Trans Jawa.

Penandatanganan ini dilakukan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dengan Jasamarga Semarang Batang, perusahaan konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Waskita Karya Toll Road (Persero) di Gedung DJPK Kemenkeu, Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Menteri PUPR, Basuki ‎Hadimuljono mengatakan, proyek tol Batang-Semarang adalah proyek dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan merupakan proyek tol pertama yang diberikan penjaminan oleh Menkeu melalui PT PII.

"Proyek tol Batang-Semarang sudah lama tidak dikerjakan terkendala lahan. Beberapa tahun lalu diputus dan ditenderkan. Semoga tidak ada masalah lagi ke depan, dan tidak ada alasan lagi tidak ada pelaksanaan di lapangan," jelas Basuki.

Baca Juga

  • Mulai Juni, Masuk Tol Jakarta-Cikampek-Palimanan Sekali Bayar
  • Tol Bawen-Salatiga Bakal Punya Dua Jembatan
  • Hanya Mobil Pribadi yang Bisa Lewat Tol Bawen Saat Lebaran Nanti

Source: liputan6.com
Jokowi Ingin Anggaran Pengembangan Startup RI Lampaui Thailand

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan terus mendorong perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Karena itu, pihaknya siap memberikan dukungan pendanaan untuk perkembangan ekonomi digital.

Mengenai ekonomi digital ini, Jokowi ternyata memiliki obsesi untuk bisa melampaui Thailand dalam hal penganggaran demi mendukung berkembangnya ekonomi digital di negaranya. Thailand mengalokasikan anggaran Rp 7 triliun pada 2016.

"Itu untuk riset-riset, coba-coba aplikasi baru. Kita ini kalau negara lain sudah seperti itu, kalau tidak berani melebihi mereka, saya pastikan kita akan ditinggal," kata Jokowi di Tangerang, Banten, Rabu (27/4/2016).

 

Baca Juga

  • Presiden Jokowi Ingin e-Commerce Dukung Produk UMKM
  • Buka Acara IESE, Jokowi: Startup Disiapkan Sebaik-baiknya
  • Pulang dari Eropa, Jokowi Langsung Gelar Rapat Bahas Investasi

Source: liputan6.com
Orang Malas Bisa Jadi Lebih Sukses, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Orang malas biasanya dianggap akan sulit untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Namun hal ini ternyata tidak sepenuhnya benar. Siapa sangka bahwa banyak orang sukses dunia yang ternyata memiliki sikap malas.

Tokoh besar dunia seperti Einstein, Newton, dan Picaso ternyata dikenal sebagai salah satu tokoh yang memiliki sikap malas. Mereka diketahui sering menunda pekerjaan sampai batas waktu tertentu. Hal ini membuktikan bahwa rasa malas ternyata mampu berkontribusi bagi kesuksesan Anda.

Apa alasannya? Melansir lifehack.org, Rabu (27/4/2016) berikut ulasannya:

1. Merupakan orang yang kreatif

Orang malas ternyata memiliki sifat kreatif dalam dirinya. Mereka mampu untuk memikirkan cara dan strategi yang efektif untuk menjawab tantangan yang ada.

Baca Juga

  • 7 Tips Sukses ala Albert Einstein
  • Orang yang Suka Narsis Cenderung Sukses dan Bergaji Tinggi
  • Makin Sejahtera, Rakyat RI Malah Malas Nabung

Source: liputan6.com
Subsidi Dicabut, Tagihan Pelanggan 900 VA Naik Rp 100 Ribu

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan mencabut subsidi listrik bagi 18 juta pelanggan golongan 900 Volt Ampere (VA) yang masuk dalam kategori mampu. Dengan pencabutan subsidi ini maka para pelanggan tersebut akan membayar tagihan listrik sesuai dengan harga sebenarnya.

Kepala Divisi Niaga PT PLN (Persero) Benny Marbun menjelaskan, dengan adanya subsidi, para pelanggan golongan 900 VA hanya perlu membayar Rp 585 per kilo Watt Hour (kWh). Penggunaan rata-rata para pelanggan tersebut mencapai 127 kWh per bulan. 

"Jadi tarif 900 VA itu Rp 585 per kWh, dengan konsumsi 127 kWh per bulan. Pembayaran listrik mereka itu Rp 76 ribu per bulan," kata Benny, dalam diskusi subsidi listrik tepat sasaran, di Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Baca Juga

  • Ribuan Desa Gelap Gulita, Alasan Pemerintah Cabut Subsidi Listrik
  • Pencabutan Subsidi Listrik Pelanggan Mampu Tunggu Arahan Jokowi
  • Tak Dapat Subsidi, 2 Kabupaten Ini Bersedia Tambah Daya Listrik

Source: liputan6.com
Jalan Tol Jakarta-Solo Bukan Lagi Mimpi pada 2018

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pihak swasta berusaha mewujudkan cita-cita menyambungkan tol Trans Jawa sepanjang 1.000 kilometer (km).

Target pada dua tahun mendatang, rute Jakarta-Semarang, bahkan sampai Solo terhubung jalan tol sehingga terbangun konektivitas lebih luas di jalur darat.  

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengungkapkan, pemerintah tengah menyelesaikan kendala besar pada konsesi jalan tol Batang-Semarang.

Untuk secepatnya, pemerintah akan mengoperasikan jalan tol Pejagan-Brebes Timur, kemudian sampai ke Pemalang. Dilanjutkan dengan pengoperasian jalan tol Pemalang-Batang.

 

Baca Juga

  • Lewat Tol Bawen-Salatiga Gratis Saat Mudik Lebaran
  • Operator Tol Semarang-Solo Siapkan Rp 500 Miliar Buat Ganti Rugi
  • Proyek Tol Semarang-Solo Serap 100 Ribu Tenaga Kerja

Source: liputan6.com
Menkeu Dukung Penghentian Survei Lembaga dan Kementerian

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendukung instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Kementerian/Lembaga menghentikan kegiatan survei demi menghindari duplikasi data ekonomi. Paling penting, penghentian survei akan menciptakan penghematan anggaran negara.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, survei biasanya dilakukan Kementerian/Lembaga untuk mendapatkan data-data ekonomi yang lebih spesifik atau sektoral. Dan dalam hal ini, Badan Pusat Statistik (BPS) tidak melakukan survei.

"Kan ada survei yang dilakukan BPS, ada yang tidak, yang harus dihindari itu duplikasi data," tegas Bambang saat ditemui dikantornya,Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Baca Juga

  • Kesenjangan Orang Kaya dan Miskin Turun, Ini Pemicunya
  • BPS: Ketimpangan Orang Kaya dan Miskin di RI Turun
  • Studi: Ini Alasan Orang Miskin Bisa Meninggal Lebih Cepat

Source: liputan6.com
5 Cara Bawa Tim Kerja Menuju Kesuksesan

Liputan6.com, Jakarta - Dalam melakukan pekerjaan, sebuah tim akan menjadi faktor penentu kesuksesan. Bila memiliki tim yang punya motivasi sama, maka keberhasilan Anda akan berada di jalan lebar.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan kesuksesan, Anda harus memiliki tim yang juga cakap dalam mengatasi masalah.

Sebuah tim beroperasi dalam sistem yang menjalankan model penjualan sebagai permainan angka. Mereka juga melakukan penelitian maupun memberikan layanan. Tim yang sukses bekerja dalam sinergi yang baik dan positif.

Oleh karena itu, Anda harus mulai melibatkan tim dalam pekerjaan mulai saat ini juga. Melansir dari SmartCompany, Rabu (27/4/2016) berikut lima tips yang perlu Anda gunakan untuk membawa tim menuju kesuksesan:

Baca Juga

  • 5 Cara Memotivasi Karyawan agar Bisa Sukses
  • 5 Cara Berkomunikasi dengan Baik di Tempat Kerja
  • Karyawan Seharusnya Tidak Bekerja Buat Perusahaan

Source: liputan6.com
Pemerintah Lelang Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek pada Mei 2016

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera melelang jalan tol layang (elevated) rute Jakarta-Cikampek. Harapannya lelang bisa dimulai pada Mei 2016 guna mengurai kemacetan parah di sekitar ruas tol tersebut.

Demikian disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono usai Penandatanganan Perjanjian Penjaminan Jalan Tol Batang-Semarang di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (27/4/2016).

"Yang mau dilelang itu jalan tol Serang-Panimbang. Tapi saya prioritaskan elevated Jakarta-Cikampek," ujar Basuki.

Baca Juga

  • Jalan Tol Jakarta-Solo Bukan Lagi Mimpi pada 2018
  • Lama Mangkrak, Pemerintah Mulai Lagi Proyek Tol Batang-Semarang
  • Lewat Tol Bawen-Salatiga Gratis Saat Mudik Lebaran

Source: liputan6.com
Pengusaha Desak DPR Percepat Pengesahan RUU Jasa Konstruksi

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) mendorong percepatan pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Jasa Konstruksi menjadi UU. Pengesahan UU dinilai sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“RUU ini mendesak untuk disahkan, sebab RUU ini yang memberi jaminan pertumbuhan ekonomi yang dalam dua tahun terakhir ini cenderung menurun tiap tahun,” ujar Ketua Umum BPP Hipmi Bahlil Lahadalia di Jakarta, Rabu (27/4/2016). 

Bahlil mengatakan, pertumbuhan ekonomi akhir-akhir ini kurang memuaskan. Salah satu penyebabnya adalah serapan anggaran tidak optimal. Rendahnya serapat tersebut, selain karena tender yang terlambat, juga rendahnya minat para pelaku usaha kontraktor untuk mengikuti tender. Apalagi pemerintah daerah tidak cukup berani menggelar tender lebih cepat.

Baca Juga

  • Hipmi Dukung BUMN Akuisisi Newmont
  • Hipmi: Pengusaha Lokal Jangan Jadi Penonton di Masela
  • HIPMI Minta Tax Amnesty Terbuka untuk Semua Pengusaha

Source: liputan6.com
Gerakan Potong 10 Persen Dorong Warga RI Kompak Hemat Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencanangkan Gerakan Potong 10 Persen.

Gerakan ini mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk kompak melakukan penghematan energi sehingga menciptakan penghematan konsumsi listrik nasional 10 persen per tahun.

Menteri ESDM, Sudirman Said meminta kepada pemerintah, pelaku bisnis, organisasi masyarakat sipil serta warga masyarakat untuk melakukan aksi bersama mengurangi pemakaian energi. Ini merupakan langkah pemerintah untuk konservasi energi.

 

Baca Juga

  • Menteri ESDM: Listrik Hak Setiap Manusia
  • Ribuan Desa Gelap Gulita, Alasan Pemerintah Cabut Subsidi Listrik
  • Jurus Pemerintah Atasi Harga BBM Mahal di Indonesia Timur

Source: liputan6.com
Pakai Gas Bumi, Pengelola Mal Ini Hemat Bahan Bakar 50 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Pelanggan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) mengaku mendapat banyak manfaat ‎saat menggunakan gas bumi sebagai bahan bakar. Pelanggan yang dimaksud adalah pengelola pusat perbelanjaan dan hotel.

Seperti diungkapkan manajemen PT ‎Senayan Trikarya Sempana, pengelola pusat perbelanjaan Plaza Senayan dan Hotel Fairmont. Manajemen menyebut manfaat menggunakan gas bumi adalah pada penghematan pengeluaran bahan bakar yang bisa mencapai 50 persen.

‎"Manfaat yang dirasakan menggunakan gas sangat ekonomis, saving dibandingkan dengan Liquified Petroleum Gas (LPG) di atas 50 persen," kata Direktur Umum PT Senayan Trikarya Sempana Teguh Budiono di Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Baca Juga

  • Pakai Gas Bumi, Pengusaha Restoran Ngaku Lebih Hemat
  • PGN Operasikan 76 Persen Pipa Gas Bumi di RI
  • Pengusaha Mie Nyaman Pakai Gas PGN

Source: liputan6.com
Produksi Garam Lokal Belum Mampu Penuhi Kebutuhan Industri

Liputan6.com, Jakarta - Meski memiliki wilayah laut yang luas, namun sebagian besar produksi garam nasional belum mampu memenuhi kebutuhan industri. Itu karena kebutuhan garam industri berbeda dengan yang konsumsi rumah tangga.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan, kebutuhan garam industri nasional rata-rata mencapai 2,6 juta ton per tahun. Sektor industri yang paling banyak menggunakan garam adalah industri chlor alkali plant (soda kostik), aneka pangan dan farmasi.

"Satu hal yang perlu diinformasikan adalah industri membutuhkan garam yang kualifikasinya memang berbeda dengan garam konsumsi. Garam industri mensyaratkan NaCL di atas 97 persen, sedangkan garam konsumsi hanya 94 persen," ujar dia di Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Saleh mengaku, meski Indonesia memiliki wilayah luas yang luas serta garis pantai yang panjang, namun secara alami garam yang dihasilkan tidak memenuhi kebutuhan garam industri.

"Hanya daerah tertentu saja yang punya potensi mampu menghasilkan garam dengan NaCL di atas 97 persen dan ini faktor alam. Begitu juga dengan negara lain. Jadi perlu dipahami, tidak semua daerah atau negara yang memiliki wilayah laut luas bisa menghasilkan garam industri," kata dia.

Baca Juga

  • Menperin: Ada Perusahaan Tutup, Namun yang Tumbuh Lebih Banyak
  • Korea dan Tiongkok Ingin Jadikan RI Hub Industri Farmasi ASEAN
  • Indonesia Kalah dari Vietnam di Sektor Industri Ini

Source: liputan6.com
Penuhi Syarat, Grab dan Uber Legal Operasi pada 1 Oktober 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera melegalkan taksi berbasis aplikasi seperti Grab Bike dan Uber.

Hal ini menyusul terbitnya Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 32 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Tidak Dalam Trayek yang berlaku efektif 6 bulan sejak diundangkan pada 1 April 2016 atau jatuh pada 1 Oktober 2016.

Direktur Angkutan dan Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Cucu Mulyana mengatakan, dalam ketentuan tersebut perusahaan atau lembaga penyedia aplikasi tidak boleh bertindak sebagai penyelenggara angkutan umum.

Baca Juga

  • Akhirnya, Kemenhub Terbitkan Aturan Taksi Online 
  • Kemenhub: 75 Prasarana Perhubungan Terkendala Masalah Akses
  • Intip Kinerja Kemenhub Benahi Industri Penerbangan RI

Source: liputan6.com
Top 3: PLN Cari Pegawai Baru Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) mencari 5.558 orang lulusan terbaik untuk direkrut menjadi karyawannya. Lulusan pendidikan terakhir yang dibutuhkan dari SMA hingga S2.

Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi mengatakan, ‎sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar yang bergerak di bidang kelistrikan di Indonesia, kesempatan berkarier di PLN sangatlah luas, karena proses bisnis yang digeluti PLN meliputi hulu sampai hilir, mulai dari pembangkitan, transmisi hingga distribusi listrik ke pelanggan serta jasa-jasa pendukungnya.

"Kinerja PLN juga didukung oleh sembilan anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang antara lain, pembangkitan, telekomunikasi, penyedia tenaga listrik, perdagangan batubara, jasa enjinering, serta pelayaran," kata Agung, di Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Artikel PLN cari 5.558 pegawai baru lulusan SMA hingga S2 telah menyedot perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu (27/4/2016).

Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di kanal bisnis? Berikut tiga artikel terpopuler di kanal bisnis yang dirangkum pada Rabu pekan ini:

1. PLN Cari 5.558 Pegawai Baru Lulusan SMA hingga S2

‎PT PLN (Persero) mencari 5.558 orang lulusan terbaik untuk direkrut menjadi karyawannya. Lulusan pendidikan terakhir yang dibutuhkan dari SMA hingga S2.

Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi mengatakan, ‎sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar yang bergerak di bidang kelistrikan di Indonesia, kesempatan berkarier di PLN sangatlah luas, karena proses bisnis yang digeluti PLN meliputi hulu sampai hilir, mulai dari pembangkitan, transmisi hingga distribusi listrik ke pelanggan serta jasa-jasa pendukungnya.

"Kinerja PLN juga didukung oleh sembilan anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang antara lain, pembangkitan, telekomunikasi, penyedia tenaga listrik, perdagangan batubara, jasa enjinering, serta pelayaran," kata Agung, di Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Menurut Agung, tahun ini PLN merekrut sekitar 5.558 pegawai baru lulusan mulai dari SMA atau SMK, D3, S1 hingga S2. Selengkapnya baca di sini

2. 7 Tips Sukses ala Albert Einstein

Albert Einsten tidak hanya dikenal sebagai salah satu ilmuwan tersukses sepanjang sejarah. Masyarakat juga mengenal sosoknya sebagai seorang yang inspiratif.

Walaupun pernah mengalami masa sulit, Einstein ternyata mampu meraih kesuksesan yang selalu diimpikan orang. Ada tujuh hal yang bisa ditiru dari Einstein. Salah satunya berani hadapi perubahan. Albert Einstein pernah berkata untuk selalu berani menghadapi perubahan yang ada.

Berani menghadapi perubahan akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Selengkapnya baca di sini

3. Tiket Kereta Mudik Lebaran Masih Tersedia, Cek Daftarnya

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan sebagian besar tiket kereta api pada masa angkutan H-10 hingga H+10‎ Lebaran untuk tanggal-tanggal favorit sudah terjual. Namun masih ada beberapa kursi pada tanggal tertentu di masa angkutan Lebaran tersebut yang masih tersedia.

Dikutip Liputan6.com dari data penjualan KAI per 26 April 2016‎, setidaknya masih ada 277.648 tempat duduk yang masih belum terjual. Jumlah tersebut terbagi dari jumlah tempat duduk untuk kereta kelas ekonomi sebanyak 120.837 kursi, kelas bisnis 44.338 kursi dan kelas eksekutif 112.473 kursi.

‎Data tersebut menampilkan memang mulai H-7 hingga H-1 lebaran menjadi tanggal favorit. Mayoritas tiket kereta menuju beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah ludes terjual. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Bangun Kilang, Perusahaan Minyak Rusia Tawarkan Ini ke Pertamina

Liputan6.com, Jakarta - Rosneft, perusahaan minyak terbesar di Rusia tengah menjajaki kerja sama pembangunan kilang minyak di Tuban, Jawa Timur bersama dengan investor lain. Perusahaan tersebut juga menawarkan bisnis lain kepada PT Pertamina (Persero) untuk ekspansi di Rusia.

Dari pantauan Liputan6.com, Jakarta, Rabu (27/4/2016), Chairman dan CEO Rosneft Igor Ivanovich terlihat mengunjungi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.
Ivanovich datang didampingi Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Pertemuan berlangsung sejak siang hingga pukul 16.00 WIB di kantor Kementerian ESDM.

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, pihaknya tengah melakukan pendalaman dengan calon partner pembangunan kilang minyak di Indonesia, yakni Rosneft. Pendalaman tersebut, Ia menuturkan, menyangkut isu-isu untuk mempercepat realisasi pembangunan kilang di Tuban.

 

Baca Juga

  • Butuh Rp 23 Triliun untuk Tambah Cadangan Minyak Selama 15 Hari
  • Mahalnya Bangun Kilang Minyak di RI
  • Pemerintah Buka Peluang Timbun Minyak di Luar Negeri

Source: liputan6.com
Matikan Listrik 1 Jam/Hari, Bisa Terangi Satu Rumah di Pelosok

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencanangkan Gerakan Potong 10 Persen melalui berbagai cara untuk mengurangi pemakaian listrik. Dengan langkah tersebut, pemerintah optimistis konsumsi listrik secara nasional akan hemat 18 Gigawatt per hour (GWh) senilai Rp 20 triliun per tahun.

Menteri ESDM Sudirman Said saat Konferensi Pers Gerakan Potong 10 Persen meminta kepada pemerintah, pelaku bisnis, organisasi masyarakat sipil serta warga masyarakat untuk melakukan aksi bersama mengurangi pemakaian energi.

"Gerakan Potong 10 Persen adalah gerakan atau aksi bersama masyarakat supaya bisa menghemat konsumsi listrik 10 persen. Ada beberapa cara yang sudah disepakati untuk mengurangi penggunaan listrik," ujar Sudirman di kantornya, Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Dia menyebutkan, ada tiga cara yang perlu dilakukan masyarakat dalam upaya penghematan listrik mulai sekarang. Pertama, matikan lampu dan mencabut listrik dari peralatan elektronik yang tidak sedang dipakai, serta cabut saklar.

Baca Juga

  • Gerakan Potong 10 Persen Dorong Warga RI Kompak Hemat Listrik
  • Menteri ESDM: Listrik Hak Setiap Manusia
  • Ribuan Desa Gelap Gulita, Alasan Pemerintah Cabut Subsidi Listrik

Source: liputan6.com
Pemerintah Diminta Antisipasi Kenaikan Harga Pangan Jelang Puasa

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) berharap pemerintah mengambil langkah persiapan dan koordinasi intensif guna mengantisipasi lonjakan harga pangan yang biasanya terjadi jelang Ramadan. Sebab selama ini pedagang yang selalu disalahkan bila terjadi kenaikan harga jelang momen Ramadan dan Lebaran.

Ketua umum IKAPPI Abdullah Mansuri mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan hingga menjelang Lebaran, budaya konsumsi masyarakat Indonesia cenderung naik. Situasi ini sebenarnya positif bila pemerintah sigap dalam mengelola ketersediaan pangan.

Baca Juga

  • Curah Hujan Tinggi, Pedagang Khawatir Kenaikan Harga Pangan
  • Harga Cabai Hingga Emas Jadi Penyebab Inflasi Maret
  • Meski BBM Turun, RI Masih Dibayangi Mahalnya Harga Bawang

Source: liputan6.com
Orang Kaya Paling Banyak Nikmati Subsidi Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) menyatakan, saat ini lebih banyak orang kaya yang menikmati subsidi listrik ketimbang masyarakat kurang mampu. Karena itu pemerintah ingin menerapkan subsidi tepat sasaran.

Sekretaris Eksekutif TNP2K Bambang Widianto mengatakan,‎ subsidi listrik saat ini sama seperti kondisi subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) sebelum dicabut. Orang yang tidak berhak mendapat subsidi malah menikmati subsidi paling besar.

"Pada waktu subsidi, BBM subsidi diberikan pada komoditas. Pada BBM itu sendiri jadinya orang yang tidak berhak menerima subsidi mendapat subsidi. Subsidi yang pernah Rp 180 triliun hampir setengahnya dinikmati 20 persen orang kaya," ‎kata Bambang, di Jakarta, Rabu (27/4/2016).

 

Baca Juga

  • Subsidi Dicabut, Tagihan Pelanggan 900 VA Naik Rp 100 Ribu
  • Ribuan Desa Gelap Gulita, Alasan Pemerintah Cabut Subsidi Listrik
  • Pencabutan Subsidi Listrik Pelanggan Mampu Tunggu Arahan Jokowi

Source: liputan6.com
Kisah Haru Masa Kecil Dirut Pertamina yang Miskin dan Lemah

Liputan6.com, Jakarta - Kekurangan, lemah namun gigih mengubah hidup mungkin bisa menggambarkan perjuangan hidup Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto semasa kecil.

Dwi membagi kisah masa kecilnya yang menyentuh hati siapa saja yang mendengar, saat menjadi pembicara di acara Inspirato Liputan6.com, pada Selasa 5 April 216 yang lalu.

Berasal dari keluarga dengan ekonomi minus, Dwi bertekad harus mampu mengenyam pendidikan tinggi. Dimulai dari upayanya mengurus surat miskin setiap tahun hanya demi memperoleh potongan uang sekolah sebesar 50 persen saat masih di bangku sekolah dasar.

Perjuangannya berlanjut saat masuk bangku kuliah. Pria kelahiran Surabaya, 60 tahun silam itu berupaya mengejar bea siswa untuk bisa menamatkan kuliah di Institut Teknologi Surabaya (ITS).

"Semua orang di kampung saya bilang tidak mungkin orang seperti saya bisa kuliah di ITS waktu itu. Tapi dengan keseriusan saya, belajar giat, toh kita lulus," ucap Dwi. Berkat bea siswa, Dwi meraih gelar insinyur dari jurusan Teknik Kimia ITS.

Keterbatasan fisik turut membawa Dwi menggeluti seni bela diri silat. Kerasnya kehidupan juga menjadi alasan Dwi untuk membentengi diri dengan ilmu bela diri.

Kegigihannya ini berbuah manis. Dia terpilih menjadi juara nasional yang juga membuka pintu kesuksesan di masa depan.

"Satu poin saya ingin bercerita jika berangkat dari kekurangan, kekurangan diri kita yang lemah fisik, ternyata saya bisa juara nasional. Dan itu nanti menjadi modal saya untuk berkarir ketika saya kerja," Dwi berkisah.


Source: liputan6.com
Produk RI Ini Punya Potensi Rajai Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia mesti memiliki produk unggulan untuk diekspor ke Uni Eropa bila Comprehensive Economi‎cs Partnership Agreement (CEPA) terealisasi.

‎Dengan memiliki produk unggulan maka Indonesia tak hanya sekadar pasar yang mendapat limpahan barang dari Eropa.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Mohammad Faisal mengatakan, Indonesia memiliki produk potensial khususnya makanan dari ikan.

Hal tersebut tentu menguntungkan, apalagi Indonesia tengah fokus pada sektor perikanan. Sayangnya, saat ini standar produk perikanan masih rendah sehingga kualitas perlu ditingkatkan.

"Ekspor udang sempat ditahan karena katanya standar safety yang tidak memenuhi standar Eropa. Mereka membantu sistem sertifikasi. Kita dari kualitas memang rendah," kata dia, Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Dia mengatakan, produk potensial lain adalah alas kaki. Dia mengatakan sebaran atau pangsa pasar produk alas kaki Indonesia masih besar. Namun begitu, perlu diperbaiki tarif atau harganya sehingga makin kompetitif.

Dia melanjutkan, produk tekstil Indonesia berpeluang merajai Eropa. Namun begitu, produk tekstil memiliki persoalan dari segi harga karena disebabkan oleh jarak. "‎Kita dari tahun ke tahun tekstil terus turun sebetulnya faktor jarak," tambah dia.

Produk potensial Indonesia yang memiliki punya peluang ialah crude palm oil (CPO). Produksi CPO Indonesia masih menjadi salah satu terbesar di dunia. Akan tetapi, CPO Indonesia masih kalah saing karena minim produk turunan.

"‎Itu yang semestinya didorong sejalan dengan hilirisasi. Tren kita produk turunan lebih tinggi, tinggal penetrasinya‎," tutur dia. (Amd/Ahm)


Source: liputan6.com
Tarif Listrik 12 Golongan Pelanggan Belum Tentu Naik Mei Ini?

Liputan6.com, Jakarta Rencana kenaikan tarif listrik 12 golongan non subsidi pada Mei 2016, seperti keinginan PT PLN belum mendapatkan restu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Menteri ESDM Sudirman Said menilai kenaikan tarif listrik saat ini belum perlu terjadi. Alasannya. harga minyak dunia masih bergerak pada level rendah. 

"Saya kira tidak ada alasan menaikkan tarif karena harga bahan bakar minyak (BBM) masih dalam kondisi stabil. Jadi menurut saya belum (naik tarif listrik)," tegas Sudirman di Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Hal berbeda disampaikan Direktur Jenderal Kelistrikan Kementerian ESDM Jarman yang menilai  tarif tenaga listrik untuk 12 golongan di bulan kelima ini akan mengalami kenaikan. Namun besarannya sedang dihitung pemerintah berdasarkan laporan PLN.

Baca Juga

  • Orang Kaya Paling Banyak Nikmati Subsidi Listrik
  • Subsidi Dicabut, Tagihan Pelanggan 900 VA Naik Rp 100 Ribu
  • Tarif Listrik 12 Golongan Pelanggan Bakal Naik Mei Ini?

Source: liputan6.com