Prev Mei 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
01 02 03 04 05 06 07
08 09 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 01 02 03 04
05 06 07 08 09 10 11
Berita Kurs Dollar pada hari Senin, 02 Mei 2016
3 Trik Jitu Cepat Dapat Kenaikan Gaji

Liputan6.com, Jakarta Selain memiliki karir yang cemerlang, setiap pegawai pasti ingin memiliki gaji yang besar. Tidak heran apabila banyak orang yang rela bekerja sangat keras demi menggapai keinginan tersebut.

Satu hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapat kenaikan gaji adalah dengan mencoba berkonsultasi dengan bos. Walaupun begitu, banyak orang yang masih belum berani untuk melakukan hal ini.

Berikut adalah tiga cara yang dapat Anda pakai agar mampu dengan mudah meminta kenaikan gaji pada bos. Dikutip dari Carrerealism, Senin (2/5/2016) berikut ulasannya:

1. Tingkatkan kinerja di kantor

Apabila ingin mendapat kenaikan gaji, maka Anda pun harus memperlihatkan kinerja yang baik. Kinerja yang baik ini akan memberikan bukti nyata pada pimpinan bahwa Anda merupakan pegawai yang cocok untuk mendapat apresiasi dari kantor.

Salah satu apresiasi yang bisa di dapat adalah dengan peningkatan gaji.

2. Maksimalkan kemampuan

Setiap pegawai memiliki kemampuannya masing-masing. Agar bisa dengan mudah mendapat apresiasi tinggi dari atasan, Anda harus mampu menonjolkan kemampuan yang dimiliki. Hal ini dapat mulai dilakukan dengan memahami betul apa kekurangan dan kelebihan yang Anda miliki.


Source: liputan6.com
Punya 5 Hal Ini Bisa Bikin Anda Cepat Dapat Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Cepat dapat kerja adalah impian semua orang. Terlebih lagi bagi mereka yang sedang menganggur. Persaingan industri yang semakin besar membuat banyak orang berlomba-lomba untuk dapat mendapatkan pekerjaan yang mereka impikan.

Walau begitu, tiap perusahaan ternyata akan lebih menilai kemampuan soft skill yang dimiliki setiap orang. Kemampuan apa sajakah itu? Melansir glassdoor, Senin (2/5/2016) berikut ulasannya:

1. Bisa belajar cepat

Setiap perusahaan pasti mencari mereka yang memiliki kemampuan belajar cepat. Orang-orang seperti ini nantinya tidak akan sulit apabila diminta untuk mengerjakan sesuatu. Mereka juga mampu untuk memahami permasalahan lebih baik dibanding kebanyakan orang.

2. Bisa gunakan teknologi

Di era teknologi yang sudah berkembang pesat sekarang, sangat penting bagi Anda untuk bisa menggunakan teknologi dengan baik. Teknologi ini nantinya akan berguna untuk memudahkan pekerjaan. Pegawai yang bisa menggunakan teknologi dengan baik akan lebih mudah menyesuaikan dengan perkembangan zaman.


Source: liputan6.com
Saat Interview Pelamar, Ini yang Dipikirkan Para HRD

Liputan6.com, Jakarta - Wawancara kerja sering menjadi momok yang menakutkan bagi beberapa orang. Selain harus mampu menjawab beberapa pertanyaan dari HRD, para pelamar juga harus bisa menjaga diri agar terlihat maksimal saat wawancara berlangsung.

Banyak orang yang tak segan berlatih agar mampu melewati proses wawancara kerja dengan baik. Namun ternyata ada hal lain yang dapat mendukung kesuksesan wawancara kerja. Beberapa perlakuan bahkan bisa menciptakan kesan negatif bagi HRD atau pewawancara.

Melansir laman themuse.com, Senin (2/5/2016) berikut lima hal yang ada dalam pikirkan HRD ketika melakukan wawancara kerja:

1. Orang ini bisa diatur tidak?

Hampir semua manajer HRD pasti memikirkan hal ini ketika sedang mewawancara seorang kandidat pegawai. Mereka akan mencoba menebak bagaimana kepribadian dari sang calon pegawai. Untuk itu, Anda harus menunjukkan sikap yang baik agar mampu menggaet hati dari pewawancara.

2. Apa orang ini benar-benar mengerti pekerjaannya?

Terkadang, banyak orang yang hanya ingin mendapatkan pekerjaan tanpa benar-benar mengerti apa tugas yang akan ia kerjakan. Mengerti akan tugas dan pekerjaan utama dari profesi tertentu akan sangat membantu Anda mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan.


Source: liputan6.com
Mau Kerja Lebih Produktif? Pakai 4 Taktik ini

Liputan6.com, Jakarta - Satu hal yang terkadang sulit dilakukan ketika bekerja adalah menggunakan waktu dengan lebih produktif. Banyak orang yang sering menyepelekan hal ini dan akhirnya mereka pun harus bekerja lebih lama dari waktu yang ditentukan.

Lalu apa yang dapat Anda lakukan agar waktu kerja dapat menjadi lebih produktif? Melansir entrepreneur.com, Minggu (1/5/2016) berikut ulasannya:

1. Lihat jadwal kembali 

Sebelum bekerja, coba lihat kembali jadwal kerja yang Anda miliki. Apakah Anda memiliki beberapa agenda yang harus didatangi?.

Setelah melihat jadwal tersebut, cobalah untuk memilah-milah mana jadwal yang harus di kerjakan lebih dahulu.

Baca Juga

  • Ingin Ciptakan Kesan Baik di Hari Pertama Kerja? Simak Tips Ini
  • Masih Ingin Tetap Bekerja di Usia Pensiun? Simak Tips Ini
  • 3 Alasan Anda Tak Boleh Terlalu Keras Bekerja

Source: liputan6.com
Berapa Ongkos Keamanan yang Dikeluarkan Para CEO Dunia?

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki uang yang banyak mendorong para pesohor seperti CEO perusahaan global untuk lebih berhati-hati menjaga keamanannya. Sebab, bukan tidak mungkin banyak pihak yang ingin mengambil keuntungan.

Seperti Bos Facebook Inc, Mark Zuckerberg. Perusahaan melaporkan total biaya keamanan Zuckerberg pada 2015 mencapai US$ 4,26 juta atau setara Rp 56,1 miliar (kurs US$ 1=Rp 13.186).

Adapun selama tiga tahun terakhir, total biaya untuk keamanan pribadi sang pendiri perusahaan telah mencapai US$ 12,5 juta atau Rp 164,8 miliar.

Seperti mengutip Bloomberg, Senin (2/5/2016),Facebook melaporkan semua pengeluaran tersebut muncul karena adanya ancaman yang spesifik terhadap keselamatanZuckerberg.

Baca Juga

  • Berapa Ongkos untuk Kawal Mark Zuckerberg Bepergian?
  • Miliarder Paling Banyak Tinggal di Kota Ini
  • Ajarkan 5 Hal Ini Agar Anak Anda Jadi Miliarder

Source: liputan6.com
Masih Efektif, PLN Tetap Lakoni Pemasaran Listrik Rumah ke Rumah

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (persero) menyebutkan jika metode pemasaran listrik secara keliling rumah ke rumah (door to door) masih diminati masyarakat. Metode ini berlangsung jauh sebelum teknologi internet berkembang pesat.

Pemasaran listrik keliling, salah satunya lazim dilakukan petugas PLN di Jawa Barat untuk menawarkan sambungan listrik kepada masyarakat.

Manajer Senior Public Relations PT PLN Agung Murdifi menyebutkan, berdasarkan data PLN Distribusi Jawa Barat, dari sekitar satu juta pelanggan yang mengajukan pemasangan listrik pada tahun lalu, sebesar 95 persen di antaranya melakukan pendaftaran melalui Contact Center 123 dan website PLN www.pln.co.id.

"Sementara sisanya 5 persen masih mendaftar secara manual melalui loket pelayanan PLN, melalui program Listrik Pedesaan, termasuk melalui program pemasaran keliling," jelas dia, Minggu (1/5/2016).

Di daerah Garut misalnya, pemasaran listrik dari rumah ke rumah masih rutin dilakukan petugas PLN setiap seminggu sekali. Hal ini mengantisipasi warga yang belum memiliki akses telepon maupun internet untuk mengajukan pasang baru listrik.

Baca Juga

  • Subsidi Listrik Dicabut, PLN Untung?
  • PLN: Masyarakat Kini Lebih Mudah Dapat Listrik
  • Jurus PLN Cari Pegawai Terbaik

Source: liputan6.com
Miliarder Ini Yakin Bisa Hidup Abadi di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Hidup dan tak pernah bisa meninggal dunia hingga saat ini merupakan hal yang mustahil bagi seluruh makhluk hidup. Namun begitu, seorang miliarder asal Rusia Dmitry Itskov sangat yakin dirinya bisa memiliki kehidupan abadi di dunia.

Melansir laman Blastingnews, Senin (2/5/2016), pengusaha super kaya berusia 35 tahun ini memiliki target untuk hidup selamanya di dunia. Dia sangat berharap dan yakin kehidupan abadi dapat diraih dalam 30 tahun ke depan.

Keinginan untuk hidup abadi yang lantas mendorongnya membangun "2045 Initiative Foundation", sebuah organisasi yang mempekerjakan para ilmuwan untuk menciptakan teknologi bernama `cybernetic immortality`. Teknologi tersebut diyakini dapat membuat manusia hidup selamanya.

Sang miliarder beserta para ilmuwan di organisasi tersebut memiliki target yang harus selesai dalam 10 tahun. Melalui teknologi tersebut, Itskov ingin membuat kehidupan abadi layaknya menciptakan sebuah avatar abadi.

Baca Juga

  • Miliarder Ini Tetap Lakukan Kebiasaan Saat Masih Miskin
  • 5 Kesamaan Miliarder Wanita, Apa Saja?
  • Kapal Pesiar Mewah Miliarder Ini Dilego Rp 5,26 Triliun

Source: liputan6.com
Realisasi Investasi Jabar Tertinggi di Indonesia pada Kuartal I

Liputan6.com, Jakarta - Provinsi Jawa Barat (Jabar) menempati peringkat teratas sebagai lokasi realisasi investasi di kuartal pertama 2016. Peringkat ini berdasarkan nilai investasi maupun penyerapan tenaga kerja.

Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Provinsi Jawa Barat mencatat, realisasi investasi di Jawa Barat mencapai Rp 28,6 triliun dan menyerap 55.382 tenaga kerja. Realisasi investasi Jawa Barat ini mengungguli provinsi-provinsi lain di Pulau Jawa.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, penyerapan tenaga kerja dan realisasi investasi di Provinsi Jawa Barat itu merupakan kontribusi dari investasi asing maupun dalam negeri.

“Untuk penyerapan tenaga kerja PMA Jawa Barat menempati posisi teratas dengan jumlah tenaga kerja yang diserap 42.460 tenaga kerja. Sedangkan untuk PMDN Jawa Barat penyerapannya sebesar 12.922 tenaga kerja di bawah Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Sumatera Selatan,” ujar dia dalam keterangan resminya, Minggu (1/5/2016).

Menurut Franky, porsi Penanaman Modal Asing (PMA) yang mendominasi berdampak signifikan terhadap peringkat Jawa Barat sebagai tujuan utama investasi di Indonesia.

Baca Juga

  • Di Belgia, Kepala BKPM Temui 15 Pimpinan Perusahaan
  • Gaet Investor Jerman, BKPM Akan Fokus 6 Sektor
  • BKPM Minta Denmark Tingkatkan Investasi di RI

Source: liputan6.com
IHSG Bakal Menguat Jelang Rilis Data Ekonomi RI

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat terbatas pada awal pekan ini. Rilis data ekonomi Indonesia yaitu inflasi akan mempengaruhi laju IHSG.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG masih berputar di dalam konsolidasi wajar menyambut awal Mei. Rilis data ekonomi yaitu inflasi yang akan cukup stabil sehingga dapat memberikan sentimen positif untuk kembali mendongkrak IHSG.

Ia menambahkan, jelang rilis pertumbuhan ekonomi Indonesia juga akan memberikan pengaruh terhadap pola gerak IHSG. Selain itu, pada pekan ini juga cukup pendek sehingga akan memberikan sentimen tersendiri untuk pola gerak pasar saham.

Baca Juga

  • IHSG Turun Tipis Sambut Akhir Pekan
  • 10 Sektor Saham Melemah Bebani IHSG
  • IHSG Berpotensi Menguat, Cermati Saham Pilihan Ini

Source: liputan6.com
Otoritas Bursa Ubah Fraksi Harga Saham

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menetapkan perubahan fraksi harga saham. Dengan perubahan fraksi harga saham ini diharapkan dapat meningkatkan frekuensi perdagangan saham.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio menuturkan, perubahan fraksi harga saham tersebut mulai berlaku efektif 2 Mei 2016. 

Pihaknya telah melakukan sosialisasi perubahan tersebut hingga uji coba perdagangan selama sebulan terakhir. Ia mengharapkan, perubahan fraksi harga saham itu dapat meningkatkan frekuensi perdagangan saham.

"Kami sudah melakukan dengar pendapat dengan semua anggota bursa, asosiasi serta group discussion yang melibatkan investor. Boleh dibilang 100 persen pelaku pasar menyetujui perubahan ini," ujar Tito saat dihubungi Liputan6.com seperti ditulis Senin (2/5/2016). 

Baca Juga

  • BEI dan OJK Sepakat Soal Perubahan Fraksi Harga Saham
  • BEI akan Kembali Ubah Fraksi Harga Saham
  • BEI Usul 5 Kelompok Fraksi Saham, Ini Rinciannya

Source: liputan6.com
Top 3: Ongkos Mengawal CEO Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki uang yang banyak mendorong para CEO perusahaan global untuk lebih berhati-hati menjaga keamanan diri. Sebab, bukan tidak mungkin banyak pihak yang ingin mengambil keuntungan.

Seperti Bos Facebook Inc, Mark Zuckerberg. Perusahaan melaporkan total biaya keamanan Zuckerberg pada 2015 mencapai US$ 4,26 juta atau setara Rp 56,1 miliar (estimasi kurs 13.186 per dolar AS).

Adapun selama tiga tahun terakhir, total biaya untuk keamanan pribadi sang pendiri perusahaan jejaring sosial tersebut telah mencapai US$ 12,5 juta atau Rp 164,8 miliar.

Artikel mengenai besaran dana yang dikeluarkan oleh para CEO perusahaan dunia untuk jasa pengawalan tersebut menjadi berita yang banyak dibaca. Selain itu ada beberapa artikel lain yang juga layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Senin (2/5/2016):

1. Berapa Ongkos Keamanan yang Dikeluarkan Para CEO Dunia?
Jeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon, telah menjadi subjek berita utama di seluruh dunia baru-baru ini. Seperti apakah dia sebenarnya? (Forbes.com)
Untuk mengawal Bos Facebook Inc, Mark Zuckerberg. Perusahaan melaporkan total biaya keamanan Zuckerberg pada 2015 mencapai US$ 4,26 juta atau setara Rp 56,1 miliar.

Biaya keamanan Zuckerberg boleh dibilang tertinggi di antara bos-bos perusahaan terkenal dunia. Sebagai perbandingan, tahun lalu Oracle Corp mengeluarkan biaya US$ 1,53 juta (Rp 20,1 miliar) untuk keamanan bosnya, Larry Ellison.

Lalu, untuk keselamatan bos Amazon.com, Jeff Bezos, biaya mencapai US$ 1,6 juta (Rp 21,09 miliar). Pendiri Twitter Jack Dorsey misalnya, hanya mengeluarkan US$ 68.500 untuk biaya keamanan. Simak berita selengkapnya di sini.

2. Punya 5 Hal Ini Bisa Bikin Anda Cepat Dapat Kerja
Di Indonesia, mencari pekerjaan bukanlah hal yang gampang, lantaran tidak seimbangnya lapangan kerja yang tersedia.
Cepat dapat kerja adalah impian semua orang. Terlebih lagi bagi mereka yang sedang menganggur. Persaingan industri yang semakin besar membuat banyak orang berlomba-lomba untuk dapat mendapatkan pekerjaan yang mereka impikan.

Walau begitu, tiap perusahaan ternyata akan lebih menilai kemampuan soft skill yang dimiliki setiap orang. Kemampuan apa sajakah itu? Simak berita selengkapnya di sini.

3. Hindari Gaya Hidup yang Bisa Bikin Bangkrut
Daripada ribet pergi shopping, mending belanja lewat online shop biar lebih praktis.
Zaman modern ini menuntut kita mengikuti perkembangan yang ada. Mulai dari gadget yang semakin canggih tiap tahunnya, dengan berbagai model baru yang membuat setiap orang ingin memilikinya.

Selain itu banyaknya restoran mahal atau café yang tersedia memungkinkan kita bergaya hidup tidak semestinya, dan demi mengikuti zaman juga eksistensi, setiap orang rela menghabiskan uang hanya untuk mengikuti gaya hidup saat ini.

Tidak sedikit mereka yang lebih mementingkan gaya hidup dibanding untuk memenuhi kebutuhan primer seperti menabung untuk membeli rumah. Selain itu, tak jarang pula mereka yang mengikuti gaya hidup tidak dibarengi dengan pendapatan yang sesuai. Simak berita selengkapnya di sini.


Source: liputan6.com
Ini Langkah Indosat buat Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Turut memperingati Hari Buruh Internasional 2016 serta sebagai salah satu pelaku dunia usaha yang memiliki perhatian besar terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), Indosat Ooredoo mendukung program peningkatan kompetensi tenaga kerja.

Dukungan itu dilakukan dengan diselenggarakannya berbagai program, antara lain program magang tenaga kerja, program peningkatan keahlian para TKI, serta pemberian wawasan dunia kerja melalui Program Company Visit bagi berbagai komunitas, siswa SD, SMP, SMA, dan mahasiswa.

Program magang tenaga kerja merupakan bagian dari dukungan Indosat Ooredoo terhadap pemerintah melalui Program Magang Tenaga Kerja di 2.000 perusahaan. Indosat Ooredoo menjadi salah satu perusahaan yang akan menampung 100 tenaga kerja magang setiap tahun, untuk memberikan mereka pengalaman kerja, keterampilan dan keahlian, sehingga mereka siap terjun ke dunia usaha sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.


"Pengembangan SDM merupakan salah satu fokus dan bagian penting dari Program Transformasi Perusahaan, yang kami laksanakan tidak hanya untuk karyawan internal, tetapi  juga para calon tenaga kerja dan mahasiswa," kata Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo, RipyMangkoesoebroto, dalam keterangannya, Senin (2/5/2016).

Baca Juga

  • 200 Ribu Angkatan Kerja Bakal Bisa Magang di Perusahaan Nasional
  • Kemnaker dan Kadin Jalin Kerja Sama Dorong Kompetensi Pekerja RI
  • Pemerintah Targetkan 10 Juta Kesempatan Kerja hingga 2019

Source: liputan6.com
Bursa Asia Dibuka Melemah di Awal Bulan

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Asia melemah setelah yen menguat 107 per dolar, para eksportir Jepang menambahkan pendapatan pada outlook mereka, sementara data di China menyarankan bahwa bank sentral perlu sedikit melonggarkan kebijakan moneter.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (2/5/2016), MSCI Asia Pacific Index kehilangan 1,2 persen menjadi 129,64 pada 09:08 waktu Tokyo. Indeks Topix Jepang jatuh 3,5 persen setelah yen pada Jumat ditutup naik dua hari terbesar terhadap dolar sejak krisis keuangan global, didorong oleh keputusan bank sentral untuk tidak menambah stimulus.

Pasar termasuk Hong Kong dan China ditutup Senin di minggu liburan di seluruh wilayah.

Baca Juga

  • IHSG Turun Tipis Sambut Akhir Pekan
  • 10 Sektor Saham Melemah Bebani IHSG
  • IHSG Berpotensi Menguat, Cermati Saham Pilihan Ini

Source: liputan6.com
ESDM Optimistis Rasio Elektrifikasi 2016 Lampaui Target

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) optimistis target pemerataan kelistrikan (rasio elektrifikasi) tahun ini sebesar 90 persen dapat tercapai. Kementerian ESDM yakin elektrifikasi di 2016 bahkan bisa melampaui target.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman mengatakan, dengan melebihinya target rasio elektrifikasi dua tahun tahun lalu, pemerintah optimistis target rasio elektrifikasi 2016 tercapai.

"Sekarang target 90‎ persen tahun ini, tapi melihat akhir tahun lalu kami optimis bahwa tercapai," kata Jarman, seperti yang dikutip Senin (2/5/2016).

Baca Juga

  • Subsidi Listrik Dicabut, PLN Untung?
  • PLN: Masyarakat Kini Lebih Mudah Dapat Listrik
  • Jurus PLN Cari Pegawai Terbaik

Source: liputan6.com
Pembukaan IHSG Turun ke 4.830,99, Investor Menunggu Data Inflasi

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah di awal Mei 2016 ini. Pelemahan IHSG tersebut mengikuti bursa Asia.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Senin (2/5/2016), IHSG melemah tipis 9,62 poin atau 0,20 persen ke level 4.828,96. IHSG merosot berlanjut pada pembukaan perdagangan saham pukul 09.00 WIB.

IHSG tergelincir 5,66 poin atau 0,13 persen ke level 4.830,99. Indeks saham LQ45 melemah 0,23 persen ke level 830,84. Sebagian besar indeks saham acuan tertekan di awal Mei ini.

Ada sebanyak 68 saham melemah sehingga menyeret IHSG ke zona hijau. Sedangkan 63 saham menguat dan 52 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan saham tercatat 5.095 kali dengan volume perdagangan saham 113,7 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 100 miliar.

Pada awal sesi, investor asing melakukan aksi jual sekitar Rp 500 juta. Sedangkan pemodal lokal melakukan aksi beli bersih sekitar Rp 500 juta.IHSG sempat berada dilevel tertinggi 4.835,52 dan terendah 4.821,80.

Baca Juga

  • IHSG Bakal Menguat Jelang Rilis Data Ekonomi RI
  • Sepi Sentimen, Laju IHSG Variatif
  • IHSG Turun Tipis Sambut Akhir Pekan

Source: liputan6.com
Peringati Mayday, Puluhan Go-Jek Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 50 orang driver Go-Jek di DIY Yogyakarta menggunakan momen May Day untuk mendaftarkan diri ikut BPJS Ketenagakerjaan. Mereka memilih untuk tidak ikut turun ke jalan di hari buruh kemarin.

Salah satu driver Gojek yang daftar program BPJS Ketenagakerjaan, Aulia mengatakan, pekerjaan yang digelutinya sangat rentan terhadap resiko kecelakaan.

Dengan ikut dalam program BPJS Ketenagakerjaan dia dan driver Go-Jek yang lain tidak khawatir terhadap pembiayaan pengobatan penyakit akibat kecelakaan kerja, karena semuanya akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan sampai sembuh.

Baca Juga

  • Begini Sanksi Perusahaan Tak Ikut Program BPJS Ketenagakerjaan
  • Reaksi Kementerian Soal BUMN Tak Ikut Jaminan Pensiun BPJS
  • 40 BUMN Tolak Ikut Program Pensiun BPJS Ketenagakerjaan

Source: liputan6.com
BPS: April 2016 Deflasi 0,45 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pada April 2016 terjadi deflasi sebesar 0,45 persen. Kondisi ini berkebalikan dengan bulan sebelumnya atau pada Maret 2016 kemarin yang mencatatkan inflasi sebesar 0,19 persen.

Adapun tingkat inflasi untuk tahun kalender (Januari–April) 2016 tercatat sebesar 0,16 persen. Untuk tingkat inflasi dari tahun ke tahun (April 2016 terhadap April 2015) sebesar 3,60 persen. Sementara untuk komponen inti mengalami inflasi 0,15 persen, dan tingkat inflasi komponen inti tahun ke tahun 3,41 persen.

Kepala BPS Suryamin menjelaskan, dari 82 kota yang disurvei oleh BPS, terdapat 77 kota yang mengalami deflasi. "Sedangkan 5 kota mengalami inflasi," tutur dia di Kantornya, Jakarta, Senin (2/5/2016).

Baca Juga

  • Tren Deflasi Diramal Berlanjut hingga Mei
  • Jokowi Minta Kepala Daerah Kendalikan Inflasi
  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak Tak Pengaruhi Inflasi

Source: liputan6.com
‎BEI Incar 250 Ribu Kali Transaksi Saham per Hari

Liputan6.com, Jakarta - ‎PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan 250 ribu kali transaksi per hari setelah menerapkan perubahan fraksi harga saham baru yang berlaku pada hari ini. Fraksi harga saham yang berlaku mulai hari ini menjadi 5 kelompok dari sebelumnya 3 kelompok.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, sebelumnya frekuensi transaksi rata-rata ‎per hari mencapai 230-240 ribu kali per hari.

"Moga-moga naik 250 ribu. Saya mengharapkan frekuensi bisa di atas 250 ribu per hari. Saat ini average 230-240 ribu," kata dia d iGedung BEI, Jakarta, Senin (2/5/2016).

Baca Juga

  • BEI dan OJK Sepakat Soal Perubahan Fraksi Harga Saham
  • BEI akan Kembali Ubah Fraksi Harga Saham
  • BEI Usul 5 Kelompok Fraksi Saham, Ini Rinciannya

Source: liputan6.com
Miliarder Ini Koleksi Mobil Mewah Berlapis Emas

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada saja tingkah para miliarder dunia. Turki Bin Abdullah salah satunya. Miliarder asal Arab ini mampu menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Melansir gqindia.com, Senin (2/5/2016), miliarder satu ini terkenal setelah mengunggah beberapa foto yang menunjukkan gaya hidup mewahnya.

Tidak tanggung-tanggung, ia mengkoleksi beberapa mobil mewah berwarna emas. Beberapa di antaranya Range Rover, Mercedes AMG G63 AMG 6X6, Lamborghini dan Rolls-Royce.

Goldplated-car-collection-1

Goldplated-cars-

Gold cars belonging to Turki Bin Abdullah Al Saud receive parking tickets while parked outside a restaurant in Kinghtsbridge

Media lokal juga memberitakan ia tidak segan untuk mengeluarkan dana lebih dari US$ 2 juta atau Rp 26,3 miliar untuk membeli beberapa mobil mewah tersebut.

Selain senang mengkoleksi beberapa mobil mewah, ia juga sering terlihat bepergian menggunakan mobil mewah berwarna emas tersebut di jalanan kota London. Dalam beberapa foto media sosialnya, ia juga pernah mengunggah foto seekor cheetah yang sedang berada di dalam mobilnya.

cheetah

Baru-baru ini Bin Abdullah dikabarkan tengah mendapat karcis tilang akibat tidak memarkir mobil dengan benar di sebuah jalanan London. Akan tetapi, miliarder ini nampaknya tidak mengambil pusing dengan hal tersebut.

Gold cars belonging to Turki Bin Abdullah Al Saud receive parking tickets while parked outside a restaurant in Kinghtsbridge

Gold cars belonging to Turki Bin Abdullah Al Saud receive parking tickets while parked outside a restaurant in Kinghtsbridge

(Vna/Ahm)

 


Source: liputan6.com
BEI Kejar Asuransi Jiwa Asing Catatkan Saham di Bursa

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) ‎mendorong perusahaan asuransi jiwa asing untuk mencatatkan sahamnya di bursa. Sebab ini bisa meningkatkan kapitalisasi pasar bursa.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, sesuai kebijakan yang ada, sebesar 20 persen saham perusahaan asuransi asing harus dimiliki domestik. Hal ini yang bisa menjadi peluang agar perusahaan asing mau melantai di bursa.

"Ada satu peraturan asuransi itu, dalam tahun tertentu harus minimum 20 persen buat rakyat Indonesia, dimiliki domestik. Saat ini mereka pegang 100 persennya. Sebentar lagi jatuh tempo, kita harus kejar," kata dia di Jakarta, Senin (2/5/2016).

Baca Juga

  • Antisipasi Tekanan IHSG, BEI Masih Terapkan Aturan Ini
  • BEI dan OJK Sepakat Soal Perubahan Fraksi Harga Saham
  • Dorong Pasar Modal Syariah, BEI Rangkul Investor Rumah Tangga

Source: liputan6.com
9 Perusahaan Bakal Melantai di Bursa

Liputan6.com, Jakarta - Pasar saham Indonesia bakal kedatangan 9 emiten baru dalam 2 bulan ke depan. Semakin banyak perusahaan yang melantai di bursa melalui mekanisme Initial Public Offering (IPO) akan mendorong peningkatan kapitalisasi pasar di pasar saham Indonesia. 

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan, telah ada 9 perusahaan yang telah melakukan komunikasi dengan BEI. Perusahaan tersebut ingin melepas sahamnya di BEI dalam waktu dekat ini dan saat ini sedang mengurus perizinan. BEI sendiri menargetkan 35 perusahaan atau emiten bisa melantai di bursa pada tahun ini.

"Emiten yang IPO memang belum banyak tapi yang sedang proses dan daftar sudah banyak. Kami masih pegang, mestinya dalam satu-dua bulan yang sudah ada 9 yang masuk. Tapi yang public hearing hampir setiap hari ada," kata dia di Gedung BEI, Jakarta, Senin (2/5/2016).

Baca Juga

  • Menteri Rini Siapkan IPO Anak Usaha BUMN pada 2016
  • IPO, Gelombang Seismic Tawarkan 42% Saham
  • IPO, Mega Manunggal Property Lepas 30% Saham

Source: liputan6.com
Dunia Akui Garbarata RI, Menperin Dorong Menular ke Industri Lain

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin), Saleh Husin meninjau pabrik garbarata atau jembatan untuk naik dan turun penumpang pesawat buatan PT Bukaka Teknik Utama di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (2/5/2016).

Saleh didampingi Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan, berkeliling melihat proses pembuatan garbarata.

Ia juga sempat naik ke garbarata yang masih dalam pengerjaan. Setelah itu Saleh Husin juga melihat garbarata bermotif batik yang sudah siap dipakai.

 

Baca Juga

  • Geser China dan Jepang, RI Bisa Jadi Raja Industri Kertas di Asia
  • Kawasan Industri Pacu Pengembangan Industri Furnitur Jepara
  • Menperin: Ada Perusahaan Tutup, Namun yang Tumbuh Lebih Banyak

Source: liputan6.com
Kini BKPM Buka Pelayanan Khusus Investor Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan jalur khusus bagi investor Tiongkok yang ingin merealisasikan rencana investasinya di Indonesia. Jalur khusus ini diberi nama Desk Khusus Tiongkok.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengungkapkan keberadaan desk khusus ini karena melihat Tiongkok menjadi salah satu negara yang tengah dalam kondisi over investment. Potensi investasi di Indonesia dinilai bisa menjadi daya tarik bagi investor Tingkok.

"China itu dalam report tiga empat tahun sebelumnya, kuartal satu tahun ini China pertama kalinya menjadi nomor empat realisasi investasi terbesar di Indonesia. Kita secara resmi membuka China Desk di BKPM dan menempatkan officer yang mampu berbahasa Mandarin dengan baik‎," kata Franky di kantornya, Senin (2/5/2016).

Franky menyebutkan, realisasi investasi Tiongkok di Indonesia pada 2015 mencapai US$ 2,1 miliar, meningkat 47 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan BKPM membuat desk khusus.

Baca Juga

  • Di Belgia, Kepala BKPM Temui 15 Pimpinan Perusahaan
  • Gaet Investor Jerman, BKPM Akan Fokus 6 Sektor
  • BKPM Minta Denmark Tingkatkan Investasi di RI

Source: liputan6.com
Ingin Sukses Dapat Bunga Kredit Rendah? Simak Trik Ini

Liputan6.com, Jakarta - Rumah sebagai tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan yang kini banyak dicari anak muda. Apalagi tren yang berkembang kini, mapan sebelum memiliki keluarga.

Tentu saja hal ini akan membantu dan mendukung orang muda saat berkeluarga. Mereka tak harus sempat menumpang di rumah orang tua, tak harus mengeluarkan biaya sewa rumah kontrak, dan berbagai keuntungan lain yang lebih banyak didapat dengan memiliki rumah pribadi.

Banyaknya orang yang ingin memiliki rumah pribadi ini terkadang belum didukung dengan kondisi finansial yang bisa dikatakan masih kecil.

Baca Juga

  • Pilihan Cari Penghasilan Tambahan di Luar Kantor
  • Hindari Gaya Hidup yang Bisa Bikin Bangkrut
  • 5 Kebiasaan Investor Sukses

Source: liputan6.com
6 Desainer Terkaya di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Desainer merupakan salah satu profesi yang bergengsi. Selain mampu menciptakan tren fashion, banyak desainer dari beberapa merk terkenal dunia yang mampu mendulang keuntungan yang begitu besar.

Beberapa desainer ini salah satunya. Tidak tanggung-tanggung, mereka bisa menempatkan diri di jajaran desainer terkaya dunia. Siapa sajakah mereka? Melansir laman celebritynetworth.com, Senin (2/5/2016) berikut ulasannya:

6. Stefano Gabbana

Kekayaan: US$ 1,7 mililar atau Rp 22,3 triliun

Stefano Gabbana merupakan seorang desainer dibalik kesuksesan merek fashion Dolce & Gabbana. Bersama mitra bisnisnya, Domenico Dolce mereka memulai bisnis fashion ini dari kota kecil di Milan, Italia. Mereka mulai menjual pakaian wanita sejak tahun 1982.

5. Domenico Dolce

Kekayaan: US$ 1,7 miliar atau Rp 22,3 triliun

Pria yang lahir di Polizzi Generosa, Italia ini merupakan otak dibalik kesuksesan brand fashion Dolce & Gabbana. Mereka memulai bisnis pakaian tersebut sejak tahun 1982.


Source: liputan6.com
Tertinggi Sejak 2000, Ini Penyumbang Deflasi April

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan realisasi deflasi April 2016 yang mencapai 0,45 persen. Pencapaian tersebut merupakan yang tertinggi pada setiap periode April sejak 2000.

"Deflasi April 2016 merupakan yang tertinggi sejak periode 2000. Hanya kalah di April 1999 yang tercatat deflasi 0,68 persen," kata Kepala BPS, Suryamin, saat menggelar konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (2/5/2016).

Baca Juga

  • Tren Deflasi Diramal Berlanjut hingga Mei
  • Jokowi Minta Kepala Daerah Kendalikan Inflasi
  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak Tak Pengaruhi Inflasi

Source: liputan6.com
BTN Perpanjang Batas Usia Penerima KPR

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menyepakati kerja sama dengan PT Taspen (Persero) terkait Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pensiunan PNS. Dalam kerja sama tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk memperpanjang batas usia nasabah khusus PNS. 

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, dalam kerja sama ini, BTN dan Taspen sepakat untuk memperpanjang batas usia pengambil KPR dari sebelumnya 60 tahun menjadi 70 tahun. Ini artinya, batas angsuran terakhir bagi PNS atau pensiunan PNS bertambah 10 tahun. Taspen memberikan jaminan kepada BTN dalam penyaluran KPR ini. 

"Selama ini maksimum pemberianKPR diberikan dengan batas usia PNS 60 tahun. Dengan sinergi ini BTN dapat memberikanKPR untuk usia sampai dengan 70 tahun," kata dia dalam keterangan pers,Jakarta, Senin (2/5/2016).

Baca Juga

  • Program Sejuta Rumah Topang Kinerja BTN
  • Bank BTN Diminta Jadi Pelopor Penurunan Bunga KPR
  • BTN Berikan KPR dengan Bunga 6,6%

Source: liputan6.com
PGN Bertugas Bangun 24 Ribu Sambungan Gas Rumah Tangga

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah ‎menugaskan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk/PGN membangun 24 ribu sambungan gas rumah tangga di Surabaya, Jawa Timur.

Menteri ESDM Sudirman Said  mengatakan, proyek pembangunan 24 ribu sambungan gas rumah tangga di Surabaya tersebut telah resmi dimulai, dengan panjang pipa 167 Kilo meter (Km). PGN menunjuk kontraktor pengembang PT Hutama Karya (Persero). Nilai proyek pembangunan gas itu mencapai Rp 285,21 miliar.

"Pemerintah bersama PGN akan terus memperbanyak jaringan gas rumah tangga di berbagai daerah," kata Sudirman, ‎di acara Peresmian dan Groundbreaking Jaringan Gas Kota di Surabaya, Jawa Timur, Senin (2/5/2016).

Sambungan 24 ribu terbagi dalam tiga kluster besar di Surabaya Timur, Tengah, dan Selatan. Surabaya Timur meliputi empat kelurahan sebanyak 7.514 sambungan rumah tangga. Kemudian Surabaya tengah meliputi lima kelurahan sebanyak 8.763 sambungan rumah tangga, dan Surabaya selatan meliputi empat kelurahan sebanyak 7.721 sambungan rumah tangga.

 

Baca Juga

  • PGN Raih Laba Rp 1,36 Triliun pada Kuartal I 2016
  • PGN Pasok Gas Bumi untuk Anak Usaha Krakatau Steel
  • PGN Pasok Gas 24 Jam bagi Pelanggan Rumah Tangga

Source: liputan6.com
Harga Bawang Merah Meroket, Pemerintah Tak Perlu Impor

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang merah terus merangkak naik sejak April lalu hingga sebulan menjelang puasa. Harga bahan pangan ini bahkan sudah menyentuh Rp 40 ribu-Rp 50 ribu per Kilogram (Kg) di pasar tradisional akibat kekurangan pasokan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suryamin melaporkan bawang merah menjadi salah satu penghambat deflasi di April 2016 karena mengalami perubahan atau kenaikan harga rata-rata 7,05 persen.

Komoditas ini menyumbang inflasi 0,05 persen. Dari 74 kota IHK yang mengalami kenaikan harga, tertinggi di Bulukumba 47 persen dan Ternate 41 persen.

 

Baca Juga

  • BPS: April 2016 Deflasi 0,45 Persen
  • Tertinggi Sejak 2000, Ini Penyumbang Deflasi April
  • Curhatan Pedagang Pasar Minta Pemerintah Impor Bawang Merah

Source: liputan6.com
IHSG Turun 30 Poin Terdorong Aksi Jual Investor Asing

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tetap bertahan di zona merah pada perdagangan saham Senin pekan ini. Tekanan bursa saham regional dan libur dua hari selama pekan ini mempengaruhi laju IHSG.

Pada penutupan perdagangan saham, Senin (2/5/2016), IHSG melemah 30,26 poin atau 0,63 persen ke level 4.808,31. Indeks saham LQ45 turun 0,71 persen ke level 826,62. Seluruh indeks saham acuan kompak tertekan.

Ada sebanyak 192 saham melemah sehingga menyeret IHSG ke zona merah. Sedangkan 135 saham menghijau sehingga menahan pelemahan IHSG. 73 saham lainnya diam di tempat. Pada awal pekan ini, IHSG sempat berada di level tertinggi 4.835,52 dan terendah 4.770,55.

 

Baca Juga

  • April Deflasi 0,45 Persen, IHSG Susut 34 Poin
  • Pembukaan IHSG Turun ke 4.830,99, Investor Menunggu Data Inflasi
  • IHSG Bakal Menguat Jelang Rilis Data Ekonomi RI

Source: liputan6.com
7 Perilaku yang Bikin Utang Makin Menumpuk

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang mau punya banyak utang? Hampir setiap orang pasti berkata tidak. Utang terlunasi ibarat lepas dari jeruji.

Karena harus membayar utang setiap bulan, kamu tidak bisa menikmati gaji secara utuh. Jika utangmu lunas pastinya kamu bisa menabung lebih banyak bahkan bisa investasi.

Namun dari banyaknya utang yang harus dilunasi, tanpa sadar kamu malah membuat tumpukan utang semakin parah. Misalnya menunda membayar kartu kredit atau mengambil cicilan mobil padahal cicilan rumah belum lunas.

Baca Juga

  • 5 Kondisi yang Memastikan Kamu Butuh Pinjaman Uang Cepat
  • Kenapa Finansialmu Lebih Aman Jika Miliki Dana Darurat?
  • Hal Buruk Ini Bisa Menimpa Kamu Jika Tidak Punya Dana Darurat

Source: liputan6.com
Pedagang Minta Pemerintah Antisipasi Lonjakan Harga Daging Sapi

Liputan6.com, Jakarta - Pedagang daging sapi di pasar tradisional meminta pemerintah mewaspadai potensi kenaikan harga daging jelang Ramadan dan Lebaran. Pemerintah harus memiliki strategi meredam gejolak kenaikan harga pada dua momen keagamaan tersebut.

Arifin (42) salah satu pedagang sapi di PD Pasar Jaya Pasar Buncit, Jakarta Selatan mengatakan, ‎saat ini harga daging sapi relatif stabil pada harga Rp 120 ribu per kg. Bila harga ini tidak juga mengalami penurunan maka pada Ramadan dan Lebaran dikhawatirkan akan menembus angka Rp 140 ribu per kg.

"Sekarang harganya stabil di Rp 120 ribu. Kalau mau puasa dan lebaran, biasanya naik. Mungkin bisa sampai Rp 140 ribu. Bisa saja," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (2/5/2016).

 

Baca Juga

  • Sapi Lokal Hanya Penuhi 3 Persen Kebutuhan Daging di Jakarta
  • Antisipasi Lebaran, Pemerintah Bakal Impor Daging dari Australia
  • Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi Bakal Capai Rp 140 Ribu per Kg

Source: liputan6.com
Ini Biang Kerok Naiknya Harga Bawang Merah

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan bahwa produksi bawang merah lebih besar dibanding kebutuhan masyarakat. Namun pada praktiknya, terjadi penimbunan sehingga mengerek harga bawang merah di pasar hingga menembus Rp 50 ribu per kilogram (kg).

Direktur Jenderal Holtikultura Kementan, Spudnik Sujono Kamino usai Rakor Pangan mengatakan, hasil produksi bawang merah dari petani tidak seluruhnya didistribusikan ke pasar oleh para pedagang. Dengan kata lain, telah terjadi penimbunan.

"Yang jelas antara produksi dan yang masuk ke pasar tidak sesuai. Tidak semua masuk ke pasar. Itu bahasa saya ya. Namanya pedagang boleh ngatur toh, barangnya ada, lebih baik ditahan sedikit," tegas dia di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (2/5/2016).

Baca Juga

  • BPS: April 2016 Deflasi 0,45 Persen
  • Tertinggi Sejak 2000, Ini Penyumbang Deflasi April
  • Curhatan Pedagang Pasar Minta Pemerintah Impor Bawang Merah

Source: liputan6.com
Pemerintah Target Bangun 5 Juta Sambungan Gas Sampai 2025

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah menargetkan pembangunan 5 juta sambungan jaringan gas (jargas) rumah tangga hingga 2025. Nilai kebutuhan investasi untuk mendukung bauran energi ini mencapai Rp 70 triliun.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, gas bumi untuk rumah tangga merupakan pemanfaatan energi alternatif yang sangat potensial karena penggunaannya lebih efektif dan efisien.

Ini sesuai dengan target bauran energi nasional jika pada 2025 penggunaan minyak bumi berkurang dan penggunaan gas bumi meningkat. "Salah satu caranya adalah melalui penggunaan Jaringan Gas Bumi untuk rumah tangga," kata dia di Surabaya, Senin (2/5/2016).

Baca Juga

  • 2.900 Rumah Tangga di Surabaya Kini Teralirkan Pasokan Gas Bumi
  • PGN Bangun Jaringan Pipa Gas Bumi Muara Karang – Muara Bekasi
  • Bangun Jaringan Gas Jadi Jurus Pemerintah Kurangi Subsidi Elpiji

Source: liputan6.com
Top 3: Lepas Pekerjaan buat Jadi Pengusaha? Pikirkan 6 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Di era saat ini, banyak orang yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha yang sukses. Mereka bahkan rela meninggalkan pekerjaan yang sedang digeluti dengan harapan, menjadi pengusaha bisa merubah kehidupan menjadi lebih baik.

Namun bila ingin menjadi salah satunya, maka Anda harus siap untuk melakukan  banyak pengorbanan, karena menjadi pengusaha juga menyangkut dedikasi dan keseriusan hati.

Artikel ini pun menuai perhatian pembaca kanal bisnis di Liputan6.com. Berikut 3 berita paling dicari, Senin (2/5/2016):

1. Ingin Lepas Pekerjaan buat Jadi Pengusaha? Pikirkan 6 Hal Ini

Saat ini menjadi pengusaha semakin menjadi tren di seluruh dunia. Bila ingin menjadi salah satunya, maka Anda harus siap untuk melakukan banyak pengorbanan, karena menjadi pengusaha juga menyangkut dedikasi dan keseriusan hati.

Untuk memulainya saja Anda membutuhkan modal. Ada yang berpendapat, untuk memulai bisnis baru maka harus mengorbankan segala gaya hidup. Namun ada juga yang mengatakan Anda bisa membuat apapun yang disukai menjadi bisnis.

Tidak peduli bagaimanapun, Anda tetap harus memikirkan apakah keputusan untuk menjadi pengusaha sudah dipikirkan dengan baik. Melansir laman Forbes.com, Minggu (1/5/2016), berikut adalah 6 hal yang wajib Anda pikirkan saat memutuskan jadi pengusaha. Simak berita selengkapnya di sini!

2. Kisah Pemerah Sapi Miskin yang Sukses Jadi Miliarder

Rasa frustasi dan penat ternyata tak selalu berdampak buruk dan dapat berbuah manis. Kiranya hal itulah yang terjadi pada seorang pemerah sapi miskin di distrik Nyagatare, Rwanda yang kini telah berubah menjadi seorang miliarder melalui bisnis penjualan beras.

Sejak kecil, Peter Muyongo selalu hidup serba kekurangan dan harus bergelut dengan kemiskinan. Dia lahir dari keluarga miskin yang pendapatannya hanya cukup untuk makan sehari-hari.

Melansir laman blastingnews, Minggu (1/5/2016), dia bahkan tak bisa mengenyam pendidikan terlalu lama karena alasan biaya. Muyongo kecil harus putus sekolah dan membantu memikul beban finansial keluarga dengan menjadi pemerah sapi milik sang ayah. Simak berita selengkapnya di sini!

3. Berapa Ongkos Keamanan yang Dikeluarkan Para CEO Dunia?

Memiliki uang yang banyak mendorong para pesohor seperti CEO perusahaan global untuk lebih berhati-hati menjaga keamanannya. Sebab, bukan tidak mungkin banyak pihak yang ingin mengambil keuntungan.

Seperti Bos Facebook Inc, Mark Zuckerberg. Perusahaan melaporkan total biaya keamanan Zuckerberg pada 2015 mencapai US$ 4,26 juta atau setara Rp 56,1 miliar (kurs US$ 1=Rp 13.186).

Adapun selama tiga tahun terakhir, total biaya untuk keamanan pribadi sang pendiri perusahaan telah mencapai US$ 12,5 juta atau Rp 164,8 miliar.

Seperti mengutip Bloomberg, Senin (2/5/2016), Facebook melaporkan semua pengeluaran tersebut muncul karena adanya ancaman yang spesifik terhadap keselamatan Zuckerberg. Simak berita selengkapnya di sini!


Source: liputan6.com
Wali Kota Risma Ingin Sejahterakan Warga Surabaya dengan Gas Bumi

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Jawa Timur, Tri Rismaharini, ingin mensejahterakan war‎ganya dengan menggunakan gas bumi sebagai sumber bahan bakar industri dan rumah tangga.

Risma mengaku ingin pasokan gas bumi dari PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) untuk Kota Surabaya sejak 2010. Keinginan tersebut didasari dari penghematan yang didapat dengan digunakannya gas bumi dibandingkan dengan gas Liquid Petroleum Gas (LPG).

"Sejak 2010 saya merayu, ketemu Direktur PGN di Yogyakarta, di mana saja. Tapi sejak tahun lalu sesuai mimpi saya,‎" kata ‎Risma, di acara Peresmian dan Groundbreaking Jaringan Gas Kota di Surabaya, Jawa Timur, Senin (2/5/2016).

Risma melanjutkan, ia ingin kesejahteraan warga Surabaya meningkat hingga akhir masa jabatan lima tahun ke depan. Salah satu cara menekan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar dengan menggunakan gas bumi.

Baca Juga

  • Modal Ini Jadi Cara Tri Risma Ubah Surabaya Lebih Tertata
  • Tri Risma Banggakan Surabaya di Depan Investor AS
  • PGN Bertugas Bangun 24 Ribu Sambungan Gas Rumah Tangga

Source: liputan6.com
Pemerintah Butuh Rp 40 Triliun Bangun Pelabuhan Patimban

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memastikan akan membangun pelabuhan Patimban yang berada di Subang, Jawa Barat. Pelabuhan ini dibangun sebagai pengganti Pelabuhan Cilamaya yang batal dibangun.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menjelaskan pembangunan tahap pertama ini direncanakan dimulai pada 2017 dan selesai pada 2019

"Tahap pertama itu nanti kapasitasnya 1,5 juta Teus untuk kontainernya dan mampu menampung 250 ribu mobil, karena ini nanti akan ada terminal kendaraan juga," kata Jonan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/5/2016).

Baca Juga

  • Investor untuk Proyek Pelabuhan Patimban Ditentukan dalam Ratas
  • Menperin: Patimban Bisa Jadi Alternatif Pelabuhan Tanjung Priok
  • Kemenhub Siap Resmikan Pelabuhan Baru di Kendari

Source: liputan6.com
Muluskan Pelabuhan Patimban, Jokowi Bakal Terbang ke Jepang

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah memastikan akan membangun pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pelabuhan ini dibangun untuk mendukung arus logistik di Jawa agar lebih efisien.

Untuk memuluskan proyek tersebut, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan terbang ke Jepang untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan beberapa pengusaha di Jepang.

"‎Pak Presiden pada 26-27 Mei akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang. Tentu saja dalam pertemuan di Jepang, ini akan jadi salah satu pertanyaannya (Pelabuhan Patimban)," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Kepresidenan, Senin (2/5/2016).

Baca Juga

  • Menperin: Patimban Bisa Jadi Alternatif Pelabuhan Tanjung Priok
  • Investor untuk Proyek Pelabuhan Patimban Ditentukan dalam Ratas
  • Pergeseran Cilamaya Bukti Komitmen Pemerintah ke Sektor Migas

Source: liputan6.com
RI-AS Saling Tukar Data Pajak Mulai September 2016

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan segera memulai implementasi pertukaran data dan informasi perpajakan dengan Amerika Serikat (AS) pada September 2016. Kerja sama ini ditunjukkan dengan penandatanganan Foreign Account Tax Compliance Act (FATCA).

Dalam keterangan resmi yang diterima Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Senin (2/5/2016) menyatakan, dalam waktu dekat pemerintah Indonesia akan meneken FATCA dalam waktu dekat.

"Dengan penandatanganan tersebut, Indonesia akan memulai pertukaran informasi secara bertahap dengan pemerintah AS pada September 2016," tulis rilis itu.

Kebijakan FATCA dari AS telah menginspirasi pertukaran informasi secara otomatis untuk kepentingan perpajakan atau Automatic Exchange Of Information (AEoI).

FATCA mewajibkan lembaga keuangan yang berada di luar Amerika Serikat, Foreign Financial Institution (FFI) untuk melakukan pelaporan kepada pemerintah AS.

Pelaporan ini mengenai informasi terkait akun keuangan yang dimiliki penduduk AS memegang kepemilikan yang cukup signifikan. Kewajiban ini diiringi dengan pemberlakuan non-compliance penalty berupa 30 persen with holding tax atas dana yang dikeluarkan AS.  

Di samping itu, pemerintah Indonesia akan mempersiapkan penerapan keterbukaan informasi atau AEoI dengan 94 yurisdiksi lain yang akan berlaku sejak September 2018. Dalam pelaksanaan FATCA dan AEoI, Kemenkeu mendukung keterbukaan informasi perbankan dalam kerangka pertukaran informasi perpajakan.

"Hal ini sangat penting dalam rangka menjaga posisi Indonesia agar tidak dianggap yurisdiksi yang tidak kooperatif atau non cooperative jurisdiction yang akan membawa dampak luas bagi sektor finansial dan industri di Indonesia," keterangan resmi Kemenkeu menjelaskan.

Masih dari rilis Kemenkeu, era keterbukaan informasi yang dipioniri AS dalam bentuk kebijakan FATCA direspons negara lain untuk melakukan hal serupa. Pada 2013, Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari negara-negara anggota G20 dan OECD melakukan pertemuan untuk memberikan dukungan atas pertukaran informasi secara otomatis sebagai suatu standar pertukaran informasi global dengan tujuan perpajakan.

Kemudian disusul dengan persetujuan formulasi kebijakan semacam FATCA melalui Common Reporting Standard pada 2014. Kebijakan ini menjadi dasar dalam pertukaran informasi secara global.

OECD melaporkan, per 14 April 2016, dari 94 yurisdiksi, 55 di antaranya berkomitmen melakukan pertukaran informasi secara otomatis di 2017 termasuk yurisdiksi yang selama ini dikenal sebagai negara surga pajak atau tax havens, seperti Bermuda, British Virgin Island, Cayman Island, Luxembourg, dan lainnya. Juga Singapura, Jepang dan Indonesia pada 2018.

"Kerja sama internasional pertukaran informasi dengan tujuan perpajakan sangat penting untuk mengatasi krisis keuangan dunia, mencegah aktivitas penghindaran dan pengemplangan pajak. Apalagi dengan kasus Panama Papers sehingga negara G20 sepakat memberi defensive measures bagi yang tidak kooperatif membuka datanya," tulis rilis itu. (Fik/Ahm)


Source: liputan6.com