Prev Mei 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
01 02 03 04 05 06 07
08 09 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 01 02 03 04
05 06 07 08 09 10 11
Berita Kurs Dollar pada hari Selasa, 03 Mei 2016
Mengacau di Tempat Kerja? Kendalikan Diri dengan 7 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Saat melakukan kekacauan di kantor, maka hal tersebut akan mempengaruhi reputasi maupun hubungan dengan kolega ataupun atasan Anda. Tentunya saat hal tersebut terjadi, Anda akan merasa panik. Kekhawatiran dari berbagai arah akan timbul.

Sebagai manusia Anda tidak akan luput dari kesalahan. Anda memang berharap tidak akan pernah melakukan hal yang parah di kantor. Tetapi tidak akan ada yang tahu apakah Anda akan selalu berada di wilayah yang aman seperti sekarang ini atau tidak.

Saat hal tersebut terjadi, mungkin Anda akan merasa sangat ketakutan hingga sulit untuk pulih kembali. Namun selalu ada cara untuk menghadapinya.

Melansir dari money.usnews.com, Selasa (2/5/2016) berikut adalah kiat-kiat untuk mengembalikan kredibilitas Anda:

Baca Juga

  • 5 Cara Bawa Tim Kerja Menuju Kesuksesan
  • Jurus Ampuh Bersaing Sehat di Dunia Kerja
  • 5 Cara Berkomunikasi dengan Baik di Tempat Kerja

Source: liputan6.com
Miliarder Pemilik Lego Wariskan Usaha pada Anaknya

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder asal Denmark, Kjeld Kirk Kristiansen mengungkapkan putranya, Thomas, akan menggantikan dirinya sebagai Vice Chairman produsen mainan Lego A/S. 

Melansir dari Wall Street Journal, Selasa (3/5/2016) Thomas Kirk Kristiansen, berumur 37 tahun ini mengambil tanggung jawab perusahaan Lego setelah ekspansi global yang menuai laba sebesar US$ 1,39 miliar pada 2015.

Thomas menghadapi tantangan untuk mempertahankan pertumbuhan bisnis Lego sebagai perusahaan yang membuat mainan berkonsep batu bata ini. Mainan lego pun telah dijual di lebih dari 140 negara. Pihaknya ingin mempromosikan gagasan kalau Lego adalah mainan pendidikan yang menyenangkan.

Baca Juga

  • Terlalu Kaya, Miliarder Ini Tak Sadar Kehilangan Lukisan Picasso
  • Ajarkan 5 Hal Ini Agar Anak Anda Jadi Miliarder
  • Ingin Anak Jadi Miliarder? Para Orang Tua Ikuti 7 Panduan Ini

Source: liputan6.com
10 Rumah Sewa Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Ketika memiliki pekerjaan yang berpindah-pindah, menyewa rumah mungkin akan menjadi pilihan Anda. Dengan biaya yang hanya per bulan, bukanlah masalah bagi Anda dibandingkan harus membeli rumah karena tidak berniat untuk menetap.

Melansir laman Business Insider, Selasa (3/5/2016) harga sewa rumah di seluruh negeri, rata-rata mencapai US$ 3.050 per bulan atau sekitar Rp 40 juta (estimasi kurs 13.180 per dollar AS).

Tetapi, jangan kaget bila harga sewa sebuah pondok kayu di dekat Jackson Hole bisa dihargai sebesar US$ 300 ribu per bulan atau Rp 3 miliar.

Berdasarkan database sewa rumah dari RENTCafé, merinci daftar properti sewa bulanan paling mahal yang tersedia saat ini di dunia.

Tempat seperti Miami dan New York memiliki harga sewa yang tinggi di pasar. Padahal, untuk beberapa lokasi di sekitaran metropolitan menawarkan rumah dengan beberapa kamar tidur besar dengan harga bulanan yang jauh lebih masuk akal.

Berikut adalah 10 daftar rumah sewa di beberapa negara berbeda yang memiliki harga mahal.

1. Los Angeles, California

Di wilayah super eksklusif di Holmby Hills, Anda akan menemukan rumah ini dengan harga sewa US$ 150 ribu (Rp 1,9 miliar) per bulan. Tempat ini dinamai Mediterania Villa dengan delapan kamar tidur, dan ruang tamu seluas 20 ribu kaki persegi. Ditambah dengan kolam renang, taman, dan lapangan tenis.

2. Farmington, Connecticut

Rumah di Farmington ini memiliki luas 50 ribu kaki persegi hingga rupanya hampir seperti resor. Terdapat keamanan di sekitar jalan masuk, 21 kamar tidur, lengkap dengan bioskop dalam ruangan.

Segala yang Anda harapkan dalam kemewahan bisa didapatkan seharga US$ 100 ribu (Rp 1,3 miliar) per bulan.

3. Miami Beach, Florida

Menempati daftar termahal, rumah sewa di Miami Beach dihargai US$ 300 ribu (Rp 395 juta) per bulan. Rumah sewa ini memiliki delapan kamar tidur yang terletak tepat di atas air lengkap dengan kolam renang.

4. Sandy Springs, Georgia

Bentuk arsitektur yang mencolok ini terletak di Sandy Spring, Atlanta. Properti ini dapat disewa dengan harga US$ 25 ribu (Rp 329 juta) per bulan. Fasilitasnya adalah empat kamar tidur yang pernah muncul dalam sebuah film dan pernah menjadi tempat tinggal selebriti sebelumnya.

5. New Orleans, Louisiana

New Orleans memiliki rumah sewa, French Quarter, yang menghadap Sungai Mississippi. Memiliki kolam renang di atap, lima kamar tidur, yang dapat dinikmati dengan harga US$ 27.000 (Rp 355 juta) sebulan.

6. Boston, Massachusetts

Sebuah penthouse mewah dengan teras pribadi di Boston ini disewakan dengan biaya US$ 35.000 (461 juta) per bulan. Tempat ini memberikan fasilitas empat kamar tidur dan restoran terdekat.

7. Las Vegas, Nevada

Tempat seluas 11.000 kaki persegi dilengkapi delapan kamar tidur rumah di Las Vegas ini juga merupakan salah satu hotel besar. Pintu masuk tertutup penuh dan kolam renang dihiasi air terjun batu. Cukup dengan biaya sewa US$ 15 ribu (Rp 197 juta) per bulan.

8. New York

Menyewa sebuah apartemen di Waldorf Astoria Hotel dengan biaya US$ 150 ribu (Rp 1,9 miliar) per bulan. Tempat dengan lima kamar tidur suite mewah ini dulunya merupakan rumah bagi legenda seperti Cole Porter dan Frank Sinatra. Fasilitas seperti layanan kamar dan spa juga bisa didapatkan disini.

9. Houston, Texas

Kondominium mewah bertingkat yang terletak di Houston ini memiliki pemandangan cakrawala dari jendela lantai hingga ke atap. Tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas kolam renang mewah. Dengan biaya US$ 30 ribu (Rp 395 juta) per bulan, Anda bisa menikmati tiga kamar tidur.

10. McLean, Virginia

Properti gaya Perancis beratap merah ini berlokasi di McLean, Virginia. Dengan harga sewa US$ 32 ribu (Rp 421 juta) sebulan, Anda akan mendapatkan lima kamar tidur seluas 16.000 kaki persegi ruang tamu. Posisi rumah ini berdekatan dengan Sungai Potomac. (Shabrina Aulia Rahmah/nrm)

 


Source: liputan6.com
Tak Hanya Perabot, Ikea Bakal Jual Panel Surya di Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Ikea, perusahaan retail furnitur asal Swedia, bakal menjual panel surya di tiga tokonya di Inggris. Ketika toko itu berada di Glasgow, Birmingham, dan Lakeside.

Inggris menjadi percobaan pertama dalam penjualan produk ini. Sebab menurut riset perusahaan, sebanyak 33 persen rumah tangga di sana mau membeli panel surya untuk mengurangi biaya listrik.

Survei itu juga menunjukkan pengurangan biaya listrik dari pemakaian panel surya bisa mencapai 50 persen.

Baca Juga

  • Kisah Sukses Bos IKEA, Sang Miliarder yang Rendah Hati
  • Pelanggan IKEA Dapat Layanan Pembiayaan dari Home Credit
  • IKEA Blue Bags Selesaikan 100 Septic Tank di Penjaringan

Source: liputan6.com
Alasan Mahalnya Jam Tangan Mewah

Liputan6.com, Jakarta - Jam tangan dengan kualitas mekanik terbaik memiliki harga mahal, bahkan terkadang memiliki nilai yang tidak masuk akal. Akan tetapi, ada alasan di balik harga tersebut. Faktanya, pembuatan jam tangan ke dalam ukuran yang kecil tersebut adalah hal rumit.

Melansir dari Business Insider, Senin (2/5/2016) pendiri sekaligus editor eksekutif dari ahli jam Hodinkee, Ben Clymer mengungkapkan penggunaan utama jam tangan ialah sebagai alat pada awal abad ke-20.

Misalnya, ada seorang penyelam yang membutuhkan sesuatu yang tahan air dan bekerja pada kedalaman 100 meter, pembalap mobil yang membutuhkan suatu metode untuk menghitung lap waktu, dan ahli bedah yang membutuhkan alat untuk mengukur waktu operasi.

Baca Juga

  • Mengintip Gaya Hidup Super Mewah ala Putin 
  • Kado Natal Rp 70 Miliar Beyonce untuk Sang Suami
  • Jam Tangan Super Mario Dibanderol Rp 262 Juta

Source: liputan6.com
Mau Jadi Pengusaha Sukses? Hilangkan Dulu 5 Sifat Ini

Liputan6.com, Jakarta - Mampu menjadi pengusaha dan memulai bisnis sendiri merupakan impian banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang bisa mewujudkan hal tersebut.

Satu hal yang dapat dilakukan agar Anda mampu menjadi pengusaha sukses adalah merubah perilaku. Rata-rata orang sukses dunia adalah mereka yang memiliki perilaku yang baik.

Lalu sifat apa saja yang harus Anda tinggalkan agar mampu menjadi pengusaha sukses? Melansir entrepreneur.com, Selasa (3/5/2016) berikut ulasannya:

1. Terlalu sering pegang kendali

Pengusaha yang baik adalah mereka yang mampu mendelegasikan setiap pekerjaan pada orang yang mereka percaya. Terkadang, masih banyak orang yang sulit untuk melakukan hal ini. Anda harus mampu memilih orang yang tepat untuk melakukan setiap pekerjaan yang berbeda.

Baca Juga

  • Miliarder Pemilik Lego Wariskan Usaha pada Anaknya
  • Ingin Lepas Pekerjaan buat Jadi Pengusaha? Pikirkan 6 Hal Ini
  • Ingin Raup Penghasilan Rp 3 Juta per Minggu? Coba Usaha Ini

Source: liputan6.com
IHSG Berpotensi Melemah, Amati Saham Pilihan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal melanjutkan pelemahan tetapi terbatas. Sentimen rilis kinerja keuangan emiten masih membayangi bursa saham.

Kepala Riset PT Universal Broker Securities Satrio Utomo menuturkan tren IHSG kembali melemah. Apalagi IHSG ditutup di bawah level 4.815. Satrio memperkirakan, IHSG akan bergerak di kissaran support 4.750-4.788 dan resistance 4.825 pada perdagangan saham Selasa pekan ini.

"Pasar masih mencermati laporan keuangan kurang baik. Selain itu, pelaku pasar juga menunggu rilis data pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2016. Jadi pemodal berhati-hati menanti angka pertumbuhan ekonomi. Diharapkan pertumbuhan ekonomi sekitar 5,04 persen," ujar Satrio saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (3/5/2016).

Baca Juga

  • IHSG Turun 30 Poin Terdorong Aksi Jual Investor Asing
  • April Deflasi 0,45 Persen, IHSG Susut 34 Poin
  • Pembukaan IHSG Turun ke 4.830,99, Investor Menunggu Data Inflasi

Source: liputan6.com
Wall Street Menguat Kena Imbas Dolar AS Melemah

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS)/ wall street menguat pada perdagangan saham awal pekan ini. Sektor saham keuangan positif dan dolar AS melemah menjadi sentimen penggerak bursa saham AS.

Pada penutupan perdagangan saham Senin (Selasa pagi WIB), indeks saham Dow Jones naik 117,52 poin atau 0,66 persen menjadi 17.891,16.

Indeks saham S&P 500 mendaki 16,13 poin atau 0,78 persen ke level 2.081,43, dan indeks saham Nasdaq menguat 42,24 poin atau 0,88 persen ke level 4.817,59.Indeks saham Nasdaq dapat menguat meski Apple turun dalam delapan sesi perdagangan. Ini merupakan terpanjang sejak pertengahan 1998.

Baca Juga

  • Wall Street Merosot Terbebani Kinerja Keuangan 
  • Keputusan The Fed Bikin Bursa Asia Menguat 
  • Wall Street Melemah Jelang Pertemuan The Fed

Source: liputan6.com
Pasokan Meningkat Picu Harga Minyak Susut 3 Persen

Liputan6.com, New York - Harga minyak dunia turun sekitar tiga persen seiring produksi minyak dari negara produsen minyak tergabung dalam Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) mendekati puncak tertinggi. Hal itu juga memicu spekulasi aksi beli untuk harga minyak acuan Brent.

Pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), harga minyak Brent untuk pengiriman Juli melemah US$ 1,54 atau 3,3 persen menjadi US$ 45,83 per barel setelah sempat sentuh level terendah US$ 45,72. Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) merosot US$ 1,14 atau 2,5 persen menjadi US$ 44,78 per barel.

Produksi minyak mentah OPEC naik menjadi 32,64 juta barel per hari pada April 2016. Angka itu mendekati level tertinggi dalam sejarah.

 

Baca Juga

  • Harga Minyak Naik 20 Persen Sepanjang April
  • Jelang Akhir Pekan Harga Minyak Naik
  • Harga Minyak Naik Terdorong Keputusan Suku Bunga AS

Source: liputan6.com
Harga Emas Menguat ke Level US$ 1.300 per Ounce

Liputan6.com, New York - Harga emas menguat ke level tertinggi dalam 15 bulan. Harga emas menyentuh level di atas US$ 1.300 per ounce pada perdagangan awal pekan ini seiring perdagangan tipis dan dolar Amerika Serikat (AS) melemah.

Sebagian besar pasar keuangan Asia dan London libur nasional juga mempengaruhi momentumen pergerakan harga emas. Harga emas telah naik lebih dari lima persen pada pekan lalu, dan terbesar sejak awal Februari.

Penguatan harga emas ini didorong dari dolar Amerika Serikat (AS) melemah, dan mencatatkan kinerja mingguan terburuk sejak 2008.

 

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Tetap di Rp 588 Ribu per Gram
  • Harga Emas Melambung ke Level Tertinggi dalam 15 Bulan
  • Masyarakat Makin Mudah Beli Emas, Ini Penyebabnya

Source: liputan6.com
Begini Cara Dongkrak Omzet Usaha

Liputan6.com, Jakarta - Setelah bertahun-tahun menjalankan bisnis, omzet atau penjualan masih mentok di level jutaan rupiah.

Untuk menaikkan ke level puluhan juta atau ratusan juta sepertinya susah, apalagi hingga miliaran, mustahil. Padahal, segala upaya sudah dilakukan, tapi angka penjualan masih belum memuaskan.

Bila mengalami kondisi seperti itu, sepertinya ada yang luput dari perhatian kamu. Padahal, hal ini sifatnya mendasar bagi pertumbuhan bisnis. 

Baca Juga

  • 7 Tindakan yang Membuat Utangmu Makin Menumpuk
  • Agar Tidak Kurang Piknik, Ini Strategi Efektif Bikin Tabungan untuk Liburan
  • 7 Perilaku yang Bikin Utang Makin Menumpuk

Source: liputan6.com
Bursa Saham Asia Menguat Ikuti Wall Street

Liputan6.com, Sydney - Bursa saham Asia bervariasi dengan kecenderungan menguat pada pembukaan perdagangan saham Selasa pekan ini. Hal ini juga mengikuti bursa saham Amerika Serikat (AS)/wall street yang menguat.

Indeks saham acuan Australia/ASX 200 dibuka melemah 0,35 persen pada pembukaan perdagangan. Sektor saham keuangan membebani bursa saham Australia. Kemudian indeks saham Australia menguat 0,2 persen. Indeks saham Korea Selatan Kospi naik 0,41 persen. Indeks saham Selandia Baru naik 0,5 persen.

Sedangkan bursa saham Jepang tutup pada perdagangan saham Selasa pekan ini seiring libur Constitution Day. Pada awal pekan ini, indeks saham Jepang Nikkei melemah 3,11 persen yang didorong yen menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Baca Juga

  • Wall Street Menguat Kena Imbas Dolar AS Melemah
  • Ikuti Gerak Wall Street, Bursa Asia Dibuka Melemah
  • Wall Street Merosot Terbebani Kinerja Keuangan

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 586 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 2.000 per gram pada perdagangan Selasa pekan ini. Harga emas Antam di angka Rp 586 ribu per gram pada Selasa (3/5/2016), jika dibandingkan dengan perdagangan sehari sebelumnya yang ada di angka Rp 588 ribu per gram.

Sedangkan harga pembelian kembali alias buyback emas Antam turun Rp 1.000 per gram menjadi Rp 531 ribu per gram. Itu artinya jika Anda hendak menjual emas Antam makan akan dihargai Rp 531 ribu per gram.

Pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kg akan dilakukan maksimal 2 (dua) hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi.

Baca Juga

  • Harga Emas Menguat ke Level US$ 1.300 per Ounce
  • Harga Emas Antam Tetap di Rp 588 Ribu per Gram
  • Masyarakat Makin Mudah Beli Emas, Ini Penyebabnya

Source: liputan6.com
Pemerintah Dorong Asing Kelola Pelabuhan Patimban

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mendorong perusahaan asing untuk mengelola Pelabuhan Patimban yang akan dibangun mulai 2017.‎ Pelabuhan Patimban berada di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Jonan menuturkan meski akan dioperasikan oleh investor asing, pelabuhan ini 100 persen milik pemerintah. Pelabuhan ini berbeda dengan pelabuhan-pelabuhan yang selama ini dioperasikan oleh badan usaha milik negara (BUMN).

"Iya (asing), tapi tidak apa-apa kalau ada patungan asing dengan Indonesia. Yang penting pelabuhannya milik Indonesia 100 persen, hanya saja yang mengoperasikan kita buka," kata Jonan saat berbincang dengan wartawan yang ditulis, Selasa (3/5/2016).

Baca Juga

  • Menhub Jonan Usul Tarif Tol Gratis Selama Mudik Lebaran
  • Menperin: Patimban Bisa Jadi Alternatif Pelabuhan Tanjung Priok
  • Pemerintah Butuh Rp 40 Triliun Bangun Pelabuhan Patimban

Source: liputan6.com
IHSG Naik 10 Poin Tersengat Sentimen Positif Bursa Global

Liputan6.com, Jakarta - Mengikuti bursa saham global positif, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun berbalik arah ke zona hijau pada awal sesi perdagangan saham. Penguatan IHSG juga ditopang dari wall street berada di zona positif.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Selasa (3/5/2016), IHSG naik 10,65 poin atau 0,22 persen ke level 4.818.97. Indeks saham LQ45 mendaki 0,32 persen ke level 829,24. Seluruh indeks saham acuan kompak menghijau.

Penguatan IHSG berlanjut pada pukul 09.00 WIB. IHSG naik 12,43 poin atau 0,25 persen ke level 4.820,75. Indeks saham LQ45 menguat 0,31 persen ke level 829,15. Seluruh indeks saham acuan pun kompak menghijau.

Pada awal sesi perdagangan saham Selasa pekan ini, ada sebanyak 88 saham menghijau sehingga mengangkat IHSG. 25 saham melemah dan 58 saham lainnya diam di tempat. IHSG sempat berada di level tertinggi 4.822,78 dan terendah 4.817,03.

Baca Juga

  • IHSG Turun 30 Poin Terdorong Aksi Jual Investor Asing
  • Laju IHSG Bakal Variasi Menanti Data Pertumbuhan Ekonomi
  • IHSG Bakal Menguat Jelang Rilis Data Ekonomi RI

Source: liputan6.com
Buruh Minta UMP 2017 Naik Rp 650 Ribu

Liputan6.com, Jakarta - Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta pemerintah menaikkan upah minimum provinsi 2017 sebesar Rp 650 ribu. KSPI berharap kenaikan upah minimum bisa mendorong kesejahteraan para pekerja. 

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, selama ini buruh terus berjuang agar pemerintah menaikkan komponen kebutuhan hidup layak (KHL) dari 60 item menjadi 84 item. ‎Jika pemerintah menerapkan komponen kebutuhan hidup layak 84 item, maka akan ada kenaikan upah sekitar Rp 900 ribu untuk setiap provinsi.

"Kami tetap berorientasi pada KHL 84 item sebagai dasar penetapan upah layak. Hitungan kami dengan 84 item, setelah survei di pasar ketemu angka Rp 4 juta (untuk UMP DKI Jakarta). Dari 60 item ke 84 item itu ada kenaikan Rp 900 ribu," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Baca Juga

  • Upah Dihitung per Jam, Buruh di Negara Maju Lebih Produktif
  • Dinilai Tak Selesaikan Masalah PHK, DPR Kaji PP Pengupahan
  • Bos Serikat Pekerja: Iuran Anggota untuk Organisasi

Source: liputan6.com
Salurkan Gas Bumi ke 1,3 Juta Rumah, Negara Hemat Rp 936 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan 1,3 juta rumah tangga akan menggunakan energi dari gas bumi yang disambungkan menggunakan jaringan gas hingga akhir 2019. Jika target tersebut tercapai, pemerintah bisa melakukan penghematan kurang lebih Rp 936 miliar per tahun. 

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, sejauh ini pemerintah telah menyambungkan jaringan gas bumi kepada 204.766 rumah. Oleh karena itu masih membutuhkan 1.096.000 sambungan baru lagi dalam jangka waktu tiga sampai empat tahun ke depan. 

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah menggandeng beberapa pihak. Langkah pertama yang dilakukan oleh Kementerian ESDM adalah menggunakan dana Angaran Pendapatan Belanja ‎(APBN) untuk menambah 900 ribu sambungan rumah baru.

Selain itu, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) juga akan membangun jaringan kurang lebih untuk 106.627 rumah. PT Pertamina (Persero) juga ikut andil dengan membangun jaringan bagi 88.607 rumah. 

"Diharapkan dengan semua pihak ini di 2019 sudah terbangun jaringan gas untuk 1,3 juta rumah, ‎" kataSudirman, diSurabaya, Selasa (2/5/2016).

Baca Juga

  • 38 Kota Berpotensi Dibangun Jaringan Gas Bumi
  • PGN Bertugas Bangun 24 Ribu Sambungan Gas Rumah Tangga
  • 2.900 Rumah Tangga di Surabaya Kini Teralirkan Pasokan Gas Bumi

Source: liputan6.com
Jawa Timur Jadi Penyerap Investasi Dalam Negeri Tertinggi di RI

Liputan6.com, Jakarta - Provinsi Jawa Timur menempati peringkat pertama dari realisasi investasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) di periode pertama tahun 2016 ini. Nilai investasi di Jawa Timur mencapai Rp 13 triliun terdiri dari 196 proyek dan menyerap 23.218 tenaga kerja.

Posisi Jawa Timur sebagai peringkat teratas PMDN tersebut mengukuhkan posisi Jawa Timur sebagai pilihan utama investor dalam negeri untuk menempatkan modalnya.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyampaikan bahwa capaian penyerapan tenaga kerja di Jawa Timur melalui sektor PMDN merupakan buah dari kerjasama dan komitmen pemerintah daerah setempat dengan pemerintah pusat.

“Dengan penyerapan 23.218 tenaga kerja, Jawa Timur menyumbang 17 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional," jelas dia Selasa (3/5/2016). 

Baca Juga

  • BKPM Minta Malaysia Investasi Industri Pengolahan Sawit di RI
  • Kini BKPM Buka Pelayanan Khusus Investor Tiongkok
  • BKPM Targetkan Tarik Investasi Tiongkok Rp 390 Triliun di 2016

Source: liputan6.com
Dirjen Pajak: Pengampunan Pajak Kali Ini Pasti Berhasil

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan optimistis kebijakan tax amnesty atau pengampunan pajak yang direncanakan kali ini akan berhasil mengingat tujuan utamanya lebih membidik investasi masuk ketimbang penerimaan pajak. Penegasan tersebut menjawab keraguan sejumlah pihak atas keberhasilan pelaksanaan tax amnesty.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Ken Dwijugiasteadi mengungkapkan, kebijakan pengampunan pajak bukan hal baru lagi bagi Indonesia. Negara ini sebelumnya telah mengimplementasikan dua kali kebijakan pengampunan pajak, yakni pada periode 1964 dan 1984. Sayangnya, dua kali pelaksanaan tax amnesty yang dilakukan pemerintah saat itu mengalami kegagalan.

"Pada 1964, tujuan tax amnesty untuk mengembalikan dana revolusi. Saat itu, Presidennya Soekarno dan implementasinya dilandasi Keputusan Presiden (Keppres). Tidak berhasil karena ketika tax amnesty disahkan 1964, lalu muncul Gerakan 30 September PKI pada 1965," jelasnya di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Baca Juga

  • Tax Amnesty Berlaku, Bank Kecil Jadi Naik Kelas
  • Kebijakan Tax Amnesty Tak Hanya untuk Orang Kaya
  • Wapres Beberkan 2 Manfaat Kebijakan Pengampunan Pajak

Source: liputan6.com
Libur Panjang, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 4 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Bank Mandiri menyiapkan uang tunai Rp 4 triliun untuk memenuhi kebutuhan kantor cabang dan untuk mengisi mesin ATM selama libur panjang akhir pekan ini pada 5-8 Mei 2016, yang bertepatan dengan peringatan kenaikan Isa Almasih dan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
 
Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp 1,8 triliun dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan di wilayah Jabodetabek dan Rp 2,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan di luar Jabodetabek, terutama di lokasi-lokasi yang menjadi tujuan wisata.
 
Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, langkah ini dimaksudkan untuk memastikan agar nasabah dapat menikmati masa liburan dengan tenang dan nyaman.

Baca Juga

  • Bank Mandiri Kucurkan Rp 1,2 Triliun‎ demi Terangi Gili Trawangan
  • Acuan Moneter Diubah, Bunga Kredit Mandiri Bakal Turun
  • Dongkrak Dana Infrastruktur, Mandiri Gandeng Bank Asal Jerman

Source: liputan6.com
7 Kota Ini Bakal Kembangkan Pembangkit Listrik Berbasis Sampah

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah memiliki program Percepatan Pembangunan Listrik Berbasis Sampah yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2016. Program percepatan tersebut dilakukan di 7 kota, apa saja?

Direktur Jenderal Energi Baru dan Terbarukan dan Konservasi Energi Rida Mulyana mengatakan, 7 kota tersebut adalah DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Surabaya dan Kota Makassar. Tujuh kota sebagaimana tercantum berurusan terhadap pembangunan PLTSa tahun 2016-2018.

DalamPerpres tersebut disebutkan, dalam pembangunan PLTSa, pemerintah daerah (pemda) dapat menugaskan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau menunjuk badan usaha swasta. Rida mengatakan, untuk bahan baku pembangkit yak‎ni sampah mesti dikuasai oleh pemerintah daerah.

Baca Juga

  • Cerita Wali Kota Risma Penuhi Kebutuhan Listrik dengan Sampah
  • Wali Kota Surabaya Risma Ogah Jual Kantong Plastik Lebih Mahal
  • Darmin: PLN Wajib Beli Listrik dari Pembangkit Berbasis Sampah

Source: liputan6.com
Genjot Harga, Pemerintah Bakal Buka Pelabuhan Ekspor Ikan

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman berencana membuka pelabuhan baru untuk memfasilitasi ekspor ikan nasional. Keberadaan pelabuhan baru tersebut diharapkan bisa mendongkrak harga ikan yang saat ini turun karena kelebihan pasokan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan, pasokan yang melimpah merupakan imbas kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiasti yang membabat habis aksi pencurian ikan.

Sebab itu dikatakan perlu solusi untuk menaikkan harga ikan supaya menguntungkan para nelayan. "Jadi kita putuskan, kita akan buka pelabuhan baru supaya ekspor ikan meningkat," kata dia usai rapat koordinasi pengembangan pelabuhan ekspor ikan, di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Nam‎un begitu, dia menuturkan untuk pelabuhan tersebut tak terlepas dengan impor barang yang masuk. Jadi, kontainer yang kembali tidak kosong.

"‎Kita akan review karena di setiap lokasi yang akan buka harus ada CIK (custom office, imigration, dan karantina), supaya kita tidak kesusupan barang yang ada penyakit," tambah dia.

Baca Juga

  • Begini Cara Menko Rizal Angkat Kesejahteraan Nelayan RI
  • Pemerintah Tanggung Asuransi 1 Juta Nelayan Tanah Air
  • Nelayan Bakal Dapat Perlindungan Asuransi

Source: liputan6.com
PLN Perkuat Pasokan Listrik Sumatera Barat

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) kembali menambah pasokan daya untuk didistribusikan kepada pelanggan, khususnya pelanggan di Sumatera Barat.

Penambahan daya  untuk meningkatkan rasio elektrifikasi serta mendorong geliat industri ekonomi dan pariwisata.‎

Senior Manager Public Relation PLN Agung Murdifi mengungkapkan, tambahan pasokan daya listrik ini berasal dari penambahan daya Gardu Induk Padang Luar yang berada di Bukittinggi dari semula hanya berkapasitas 20 Mega Volt Ampere (MVA) menjadi 60 MVA atau naik tiga kali lipat dari kapasitas semula.

Dengan masuknya daya ini, total kapasitas trafo di GI Padang Luar berubah menjadi 90 MVA. Dengan rincian trafo I memiliki kapasitas sebesar 60 MVA dan trafo II sebesar 30 MVA. Sedangkan beban puncak pada Gardu Induk Padang Luar pada siang hari mencapai 33 MW dan 41 MW pada malam hari.

"Penambahan daya ini telah dimulai sejak pertengahan April lalu dan kondisi ini diharapkan dapat menambah keandalan listrik untuk pelanggan di Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Pasaman," kata Agung, di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

 

Baca Juga

  • PLTU Ketapang Beroperasi, PLN Mampu Hemat Rp 92 Miliar per Tahun
  • Subsidi Listrik Dicabut, PLN Untung?
  • PLN: Masyarakat Kini Lebih Mudah Dapat Listrik

Source: liputan6.com
Negara Ini 58 Kali Terapkan Kebijakan Pengampunan Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) seperti barang baru bagi Indonesia. Padahal negara ini sudah dua kali menerapkan kebijakan tersebut di era pemerintahan Soekarno dan Soeharto.

Sementara di Italia, telah menerapkan kebijakan pengampunan pajak hingga 58 kali.

Pengamat Perpajakan Darussalam mengungkapkan, Italia sudah mengimplementasikan kebijakan pengampunan pajak sebanyak 58 kali sejak 1900. Itu artinya, negara ini mengeksekusi kebijakan tax amnesty sekali dalam dua tahun.

"Tapi ini tidak boleh ditiru Indonesia ya. Kalau bisa tax amnesty sekali dalam seumur hidup. Bahkan pemerintah harus mengkampanyekan bahwa tax amnesty kali ini adalah yang terakhir di Republik Indonesia," ujar dia di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Lebih jauh Darussalam menjelaskan, selama 58 kali mengimplementasikan tax amnesty, baru sekali Itali tersebut berhasil menarik uang banyak dari warga negaranya yang menyimpan harta kekayaan di luar negeri, termasuk negara surga pajak (tax havens). Keberhasilan tersebut diraih pada 2007.

Baca Juga

  • Tampung Dana Tax Amnesty, Pemerintah Siapkan Instrumen Keuangan
  • Tax Amnesty Jadi Alat Kepastian Hukum bagi Wajib Pajak
  • Wapres Beberkan 2 Manfaat Kebijakan Pengampunan Pajak

Source: liputan6.com
Negara Ini 59 Kali Terapkan Kebijakan Pengampunan Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) seperti barang baru bagi Indonesia. Padahal negara ini sudah dua kali menerapkan kebijakan tersebut di era pemerintahan Soekarno dan Soeharto.

Sementara di Italia, telah menerapkan kebijakan pengampunan pajak hingga 59 kali.

Pengamat Perpajakan Darussalam mengungkapkan, Italia sudah mengimplementasikan kebijakan pengampunan pajak sebanyak 59 kali sejak 1999. Itu artinya, negara ini mengeksekusi kebijakan tax amnesty sekali dalam dua tahun.

"Tapi ini tidak boleh ditiru Indonesia ya. Kalau bisa tax amnesty sekali dalam seumur hidup. Bahkan pemerintah harus mengkampanyekan bahwa tax amnesty kali ini adalah yang terakhir di Republik Indonesia," ujar dia di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Lebih jauh Darussalam menjelaskan, selama 59 kali mengimplementasikan tax amnesty, baru sekali Itali tersebut berhasil menarik uang banyak dari warga negaranya yang menyimpan harta kekayaan di luar negeri, termasuk negara surga pajak (tax havens). Keberhasilan tersebut diraih pada 2007.

Baca Juga

  • Tampung Dana Tax Amnesty, Pemerintah Siapkan Instrumen Keuangan
  • Tax Amnesty Jadi Alat Kepastian Hukum bagi Wajib Pajak
  • Wapres Beberkan 2 Manfaat Kebijakan Pengampunan Pajak

Source: liputan6.com
Pengusaha Siap Bawa Pulang Uang dari Luar Negeri, Ini Syaratnya

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha menyatakan sangat antusias membawa pulang dananya yang diparkir di luar negeri apabila pemerintah sunguh-sungguh mampu menciptakan rasa nyaman setelah uang masuk ke Indonesia. Apalagi jika pemerintah dapat menghapus bukan saja sanksi pidana pajak, tapi juga pidana hukum.

Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI), Eddy Ganefo mengungkapkan, keinginan pengusaha untuk mendeklarasi maupun merepatriasi dana ke Indonesia diliputi rasa takut dan khawatir yang digembar-gemborkan pihak lain.

"Ini kesempatan yang baik dengan kemudahan dan keringanan dari pemerintah. Saat ini, keresahan itu ada yang menakut-nakuti bahwa tax amnesty adalah sebuah perangkap, padahal bukan," tegasnya saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Baca Juga

  • Tampung Dana Tax Amnesty, Pemerintah Siapkan Instrumen Keuangan
  • Tax Amnesty Jadi Alat Kepastian Hukum bagi Wajib Pajak
  • Wapres Beberkan 2 Manfaat Kebijakan Pengampunan Pajak

Source: liputan6.com
Program Patriot Energi Bakal Tumbuhkan Ekonomi Desa Terpencil

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menggelar Program Patriot Energi. Sebanyak 85 petugas diterjunkan ke 123 desa terpencil dan terluar yang masih belum memiliki ketersediaan energi seperti listrik untuk mendukung Program Patriot Energi.

Penanggungjawab Program Patriot Energi Tri Mumpuni mengatakan, selain mengatasi masalah ketersediaan listrik di desa-desa terpencil, keberadaan program ini bakal membawa dampak yang besar bagi masyarakat, yaitu terciptanya kegiatan ekonomi.

"Target kita, harus ada pertumbuhan dan kegiatan ekonomi di situ. Bahkan diharapkan daerah itu (desa sasaran Patriot Energi) bisa tumbuhkan pusat ekonomi bagi wilayahnya," ujar dia di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Dia mengungkapkan, selama ini wilayah-wilayah yang belum teralirkan listrik sebenarnya memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah dan potensial menjadi sumber energi. Sayang, di wilayah tersebut belum ada sumber daya manusia (SDM) yang bisa mengubah SDA tersebut menjadi sumber energi yang berkelanjutan.

Baca Juga

  • Salurkan Gas Bumi ke 1,3 Juta Rumah, Negara Hemat Rp 936 Miliar
  • ESDM Optimistis Rasio Elektrifikasi 2016 Lampaui Target
  • Jurus Pemerintah Atasi Harga BBM Mahal di Indonesia Timur

Source: liputan6.com
Kemenaker Minta Buruh Tak Khawatir Soal Gelombang PHK

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meminta para pekerja dan buruh lokal tidak khawatir akan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK).

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan industrial dan Jaminan Sosial Tenaga kerja (PHI dan Jamsos) Kemenaker Haiyani Rumondang mengatakan, PHK yang menimpa para pekerja biasanya tidak terjadi secara tiba-tiba.

Sebelum memberhentikan pekerjanya, perusahaan pasti telah melakukan proses negosiasi dengan pekerjanya sesuai dengan perjanjian kerja bersama (PKB) yang sebelumnya telah ditandatangani antar kedua belah pihak.

Baca Juga

  • Upah Dihitung per Jam, Buruh di Negara Maju Lebih Produktif
  • Dinilai Tak Selesaikan Masalah PHK, DPR Kaji PP Pengupahan
  • Bos Serikat Pekerja: Iuran Anggota untuk Organisasi

Source: liputan6.com
Apersi Bangun 20 Ribu Rumah Murah di Januari-April

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) menyatakan telah menjual rumah subsidi alias rumah murah sekitar 20 ribu unit sepanjang Januari-April 2016. Lambannya penyerapan atau penjualan rumah murah itu karena kesulitan pengajuan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) dari perbankan.

Ketua Umum APERSI, Eddy Ganefo mengungkapkan, realisasi tersebut hampir sama dengan pencapaian periode yang sama tahun lalu sekitar 20 ribu unit rumah murah di seluruh Indonesia. Penjualan paling banyak terjadi di kawasan industri yang mencapai 1.000 unit rumah per tahun.

"Penjualan masih merangkak ya, karena yang terjual sekitar 20 ribu unit sampai April ini," ujarnya saat ditemui di Balai Kartini,Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Baca Juga

  • Realisasi Program Sejuta Rumah Capai 667.668 Unit di 2015
  • Pengembang Bakal Bangun 240 Ribu Rumah Subsidi
  • Ini Usulan Pengembang untuk Program Sejuta Rumah

Source: liputan6.com
Pemerintah Siap Kembangkan Secara Massal Budidaya Mina Padi

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan mengembangkan secara masal budidaya ikan mina padi atau ikan padi pada tahun depan. Mina padi sendiri merupakan pengembangan ikan dengan memanfaatkan lahan pertanian.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto mengatakan, ‎pengembangan mina padi mendorong ketahanan pangan nasional. Selain itu, sistem mina padi juga mendorong efisiensi penggunaan pupuk.

"‎Denganmina padi terintegrasi lingkungan terjagakelestarianya. Tidak menggunakanpupuk‎ anorganik secara banyak bahkan akan mengurangi penggunaan pupuk," kata dia usai rapat koordinasi pengembanganmina padi nasional di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman,Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Baca Juga

  • Rizal Ramli: Kebijakan Ibu Susi Bikin Kerugian Negara Berkurang
  • Genjot Harga, Pemerintah Bakal Buka Pelabuhan Ekspor Ikan
  • Status Moratorium, Proyek Reklamasi Jakarta Terus Jalan?

Source: liputan6.com
890 Gerbong Penumpang‎ KAI Tak Layak Jalan dan Uzur

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus memutar otak demi memperbarui semua gerbong penumpang yang saat ini beroperasi. Setidaknya ada 890 gerbong penumpang yang sebenarnya sudah tidak layak jalan.

Namun, mengingat kemampuan PT INKA dalam memproduksi kereta penumpang terbatas, KAI terpaksa harus terus melakukan perbaikan-perbaikan demi tetap menjadikan kereta tersebut nyaman saat beroperasi.

"Total kereta yang akan kita ganti adalah 890 kereta (k1,k2,k3), di mana 51 persen usianya sudah 30-50 tahun. Life time-nya seharusnya 33 tahun, sehingga kalau ada kelebihannya dan diperbaiki, maka akan beresiko," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro saat berbincang dengan wartawan di Kementerian BUMN, Selasa (3/5/2016).

Baca Juga

  • KAI Sebar Tiket Promo Mudik Diskon Hingga 60%
  • KAI Bakal Operasikan 19 Kereta Tambahan Hadapi Mudik Lebaran
  • KAI Operasikan 4 Kereta Super Eksekutif Sebelum Lebaran

Source: liputan6.com
Diskon Tarif Listrik Malam Hari Belum Jalan, Ini Kata Pemerintah

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah meluncurkan 12 jilid paket kebijakan ekonomi dalam kurun waktu setahun. Dari paket kebijakan deregulasi tersebut, dua kementerian masih mempunyai pekerjaan rumah terhadap pelaksanaan diskon pajak dan potongan tarif listrik di malam hari.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan, dalam rapat koordinasi evaluasi paket kebijakan ekonomi, kebijakan pemberian diskon tarif listrik sebesar 30 persen bagi pelanggan industri golongan 3 dan 4 ternyata belum dijalankan sampai dengan saat ini.

Diskon tarif listrik ini masuk dalam paket kebijakan ekonomi jilid III yang dirilis Oktober 2015. Diskon 30 persen ini berlaku untuk pemakaian listrik dari pukul 23.00 hingga 08.00 WIB.

Baca Juga

  • Terlena dengan Subsidi yang Bikin Masyarakat Masih Boros Listrik
  • Tarif Listrik 12 Golongan Pelanggan Belum Tentu Naik Mei Ini?
  • Orang Kaya Paling Banyak Nikmati Subsidi Listrik

Source: liputan6.com
Ambil Alih INKA, KAI Ingin Jadi Perusahaan Kereta Jawara di ASEAN

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengambil alih PT Industri Kereta Api / INKA (Persero)‎. Rencana pengambil alihan tersebut sudah tertuang dalam rencana strategis Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).  Langkah akuisisi ini dilakukan untuk mendukung efisiensi dan peningkatan daya saing industri perkeretaapian Indonesia.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengakui, dalam beberapa diskusi yang pernah ia hadiri dengan Kementerian BUMN, memang KAI sangat mendukung rencana akuisisi tersebut.‎

"Beberapa diskusi lalu, pernah membicarakan hal ini, dan saya menyuarakan itu juga," kata Edi saat berbincang dengan wartawan di Kementerian BUMN, Selasa (3/5/2016).

Baca Juga

  • KAI Jual Tiket Mudik Tambahan, Bisa Dipesan Sabtu Pukul 00.00
  • Hadapi Mudik Lebaran, KAI Siapkan Jasa Angkut Motor Gratis
  • KAI Operasikan 4 Kereta Super Eksekutif Sebelum Lebaran

Source: liputan6.com
Pemerintah Belum Berencana Gabungkan PLN ke Holding BUMN Energi

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana menggabungkan sejumlah BUMN energi menjadi satu holding. Di antara beberapa perusahaan energi yang bakal disatukan, pemerintah belum berencana mengikutsertakan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan, di sektor energi, pemerintah dalam hal ini akan fokus menyatukan BUMN yang memiliki lini bisnis di sektor minyak dan gas (migas) serta mineral dan batu bara (minerba). Yakni antara lain PT Perusahaan gas Negara (Persero) dan PT Pertamina (Persero). Juga PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero), PT Bukit Asam (Persero) dan PT Timah (Persero).

"Nggak (belum ada rencana PLN masuk dalam holding), Sekarang ini migas dulu, Pertamina,PGN, listriknya belum‎," kataSudirman, di Surabaya,Jawa Timur, Selasa (3/5/2016).

  • Bentuk Holding BUMN, Menteri Rini Tak Perlu Lapor DPR
  • Nasib Holding BUMN Ada di Tangan 3 Perusahaan Ini
  • Kajian Independen soal Holding BUMN Telah Rampung

Source: liputan6.com
Sudirman Said: Ada Investor Ajukan Izin Bangun Kilang Mini

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan, sudah ada investor yang berminat membangun fasilitas pengolahan minyak mentah skala kecil (kilang mini). Kilang mini bisa jadi salah satu solusi ketahanan energi karena biaya pembangunannya murah.

Sudirman mengatakan, ada 8 lokasi yang berpotensi untuk dibangun kilang mini. Lokasinya, lanjut dia, berdekatan dengan sumur minyak tua yang produksinya sudah tidak optimal.

"Ada delapan Kilang Mini untuk lapangan marginal,"‎ kata Sudirman, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (3/5/2016).

Baca Juga

  • Pertamina Dapat Prioritas Bangun Kilang Mini
  • Ini Manfaat Langsung Keberadaan Kilang Mini bagi Masyarakat
  • Kilang Mini Dapat Tingkatkan Ketahanan Energi RI Saat Perang

Source: liputan6.com
Tambang Emas Martabe Setor Royalti Rp 31,5 Miliar ke Negara

Liputan6.com, Jakarta - PT Agincourt Resources pengelola tambang emas Martabe membayar royalti sebesar sebesar US$ 2.348.156 (US$ 2,3 juta) setara dengan Rp 31.5 miliar atas penjualan emas dan perak selama 2015.

"Royalti tersebut langsung dibayarkan ke kas negara dan masuk dalam katagori Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP)," kata Presiden Direktur PT Agincourt Resources Tim Duffy, dalam keterangannya, Selasa (3/5/2016).

Duffy menyebutkan rincian penjualan emas dan perak Tambang Emas Martabe selama 2015 adalah penjualan emas mencapai US$ 351.285.243 (US$ 351,2 juta) dari hasil produksi emas sebesar 302.448,38 ounce setara dengan 9,41 ton dan penjualan perak mencapai US$ 40.183.345 (US$ 40,1 juta) dari hasil produksi perak sebesar 2.568.455,12 ounce setara dengan 79,89 ton. Sehingga total penjualan emas dan perak 2015 sebesar US$ 391.468.589 (US$ 391,4 juta).

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Tetap di Rp 588 Ribu per Gram
  • Harga Emas Melambung ke Level Tertinggi dalam 15 Bulan
  • Masyarakat Makin Mudah Beli Emas, Ini Penyebabnya

Source: liputan6.com