Prev Mei 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
01 02 03 04 05 06 07
08 09 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 01 02 03 04
05 06 07 08 09 10 11
Berita Kurs Dollar pada hari Sabtu, 07 Mei 2016
Kebanyakan Es, Wanita Ini Tuntut Starbucks Rp 65,7 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita di negara bagian Illinois, Amerika Serikat (AS), nekat untuk menuntut Starbucks akibat kopi yang dipesannya. Ia menutut perusahaan minuman tersebut ganti rugi mencapai US$ 5 juta atau setara dengan Rp 65,7 miliar (Kurs US$ 1 = Rp 13.157).

Mengutip nbcnews.com, Sabtu (7/5/2016), wanita bernama Stacy Pincus memasukkan gugatannya ke pengadilan negeri di Illionis Utara pada Rabu pekan lalu.

Ia menuturkan bahwa Starbucks telah melakukan kecurangan padanya. Menurutnya, minuman kopi yang ia pesan lebih banyak kandungan es dibanding kopi. Pincus menganggap bahwa hal ini merupakan salah satu taktik Starbucks pada pelanggannya.

Kuasa hukumnya Pincus Hart McLaughlin & Eldridge mengatakan bahwa minuman yang dipesan tersebut harusnya dapat memenuhi permintaan konsumen. Kopi yang dibuat Starbucks pada Pincus tidaklah mengacu pada permintaannya.

Stacy Pincus menuntut Starbucks dengan angka yang sangat besar untuk mewakili suara dari konsumen lain yang telah membeli minuman tersebut selama 10 tahun terakhir.

Sementara lewat juru bicaranya pihak Starbucks menuturkan bahwa tuduhan tersebut tidak berdasar. Juru bicara Starbucks Jaime Riley juga menambahkan bahwa apabila konsumen tidak menyukai kopi yang dibuat maka mereka boleh untuk meminta membuatkannya kembali.

Starbucks Corporation adalah sebuah perusahaan kopi dan jaringan kedai kopi global asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Seattle, Washington.

Sejak didirikan tahun 1971 di, Starbucks terus merambah sebagai salah satu perusahaan paling sukses di dunia. Kedai pertama di luar Amerika Serikat dibuka pada pertengahan 1990. Kini, jumlah kedai Starbucks di luar negeri mewakili sepertiga dari total kedai Starbucks di seluruh dunia. (vna/Gdn)


Source: liputan6.com
Ketahui Jumlah Uang yang Anda Butuhkan Saat Pensiun

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang memiliki kekhawatiran masing-masing mengenai masa pensiun. Salah satunya ketika menyangkut masalah keuangan. Tidak semua orang yang memasuki masa pensiun memiliki kesiapan secara finansial.

Bila mengikuti perkembangan jaman, jumlah uang yang dibutuhkan untuk pensiun akan berbeda-beda. Tentu saja, jika Anda memiliki banyak uang di tabungan dan berinvestasi dengan cerdas, Anda tidak akan memiliki kekhawatiran yang besar.

Untuk mendapatkan masa pensiun yang nyaman, Anda perlu memperhatikan jumlah pendapatan dan faktor gaya hidup saat ini. Biaya hidup, biaya medis, waktu dan hobi adalah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan.

Baca Juga

  • Ingin Berbisnis Saat Pensiun? Pertimbangkan 3 Hal Ini
  • Masih Ingin Tetap Bekerja di Usia Pensiun? Simak Tips Ini
  • 4 Tanda Anda Harus Pensiun Kerja

Source: liputan6.com
Mau Libur Panjang Jadi Produktif? Pakai 6 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan atau libur panjang biasanya merupakan waktu yang sering dipakai orang untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu, banyak orang juga yang menghabiskan waktu libur untuk menenangkan diri dari penatnya pekerjaan.

Walau begitu, terkadang banyak orang yang tidak bisa untuk memanfaatkan waktu libur dengan baik. Alhasil mereka pun kewalahan ketika harus kembali untuk bekerja.

Mengutip morganmckinley.com, Sabtu (7/5/2016), berikut 6 cara yang dapat Anda lakukan agar waktu libur panjang dapat dimanfaatkan dengan produktif:

1. Buat rencana

Banyak orang yang tidak memiliki rencana yang baik ketika akhir pekan tiba. Alhasil mereka pun memanfaatkan akhir pekan untuk mengerjakan pekerjaan yang itu-itu saja. Apabila Anda ingin akhir pekan Anda produktif maka Anda dapat membuat rencana kegiatan apa saja yang dapat Anda lakukan.

2. Tetap bersantai

Walaupun memiliki beberapa pekerjaan yang harus tetap dilakukan, Anda juga tetap menyisihkan waktu untuk bersantai. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menjadwalkan istirahat tiap 15 menit sekali.

3. Buat daftar kegiatan

Anda mungkin memiliki beberapa kegiatan yang ingin Anda kerjakan namun belum memiliki waktu yang tepat untuk melakukannya. Hal ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan waktu libur panjang yang tersedia.


Source: liputan6.com
Pemenang Sayembara Nama Kereta Cepat Bakal Terbang ke Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC)‎ akan memberikan hadiah yang cukup bergengsi kepada pemenang sayembara pemberi nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung. PT KCIC akan menerbangkan pemenang sayembara tersebut perjalanan ke Tiongkok.

Direktur Utama KCIC Hanggoro Budi Wiryawan mengatakan, usulan nama kereta cepat diberikan oleh masyarakat melalui Twitter dan Facebook. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada akhir Mei 2016. "Pemenang jalan ke Beijing," kata dia, Jakarta, Jumat (6/5/2016).

Nama untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung harus menggunakan bahasa Indonesia. Itu pula yang menentukan kriteria pemenang sayembara. "Nama Indonesia-lah masa China," ujar dia.

Baca Juga

  • Pengembangan Kota Walini Mampu Serap 7 Ribu Tenaga Kerja
  • Dilewati Kereta Cepat, Walini Disulap Sekeren Korea dan Jepang
  • Yuk, Ikutan Sayembara Beri Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Source: liputan6.com
Pertengahan Mei, Harga Bawang Merah Turun Jadi Rp 25 Ribu per Kg

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menjanjikan harga bawang merah di pasar bakal segera turun menjadi Rp 25 ribu per kilogram (kg) pada pertengahan Mei 2016. Patokan harga jual ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Sub Bidang Sayuran Daun ‎Direktorat Holtikultura Kementan,  Gabriella Susilowati mengungkapkan, Dewan Bawang meramalkan harga bawang merah di pasar akan turun pada pertengahan Mei ini. Tak tanggung-tanggung dari harga jual saat ini Rp 40 ribu-Rp 50 ribu per kg, bakal turun ke harga Rp 25 ribu per kg.

"Mudah-mudahan bisa turun seperti yang diinginkan Presiden yaitu Rp 25 ribu per kg. Harga bawang merah turun di pertengahan Mei ini," ujarnya saat acara Pameran Investasi di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (6/5/2016).

Baca Juga

  • Timbun Bawang Merah, Bos Bulog Sebut Itu Hak Pedagang
  • Bulog Beli 23 Ribu Ton Bawang Merah dari Petani Lokal
  • Bulog Minta Ini Agar Tekan Harga Bawang Merah

Source: liputan6.com
Warren Buffett Kagum dengan Kehebatan CEO Ini

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang mengagumi investor kelas dunia pemilik perusahaan investasi Berkshire Hathaway,Warren Buffett. Namun ternyata, pria kelahiran 30 Agustus 1930 ini juga memiliki sebuah idola. 

Miliarder Warren Buffett memuji kehebatan pendiri dan bos Amazon.com, Jeff Bezos. "Kami belum melihat banyak pengusaha seperti dia," kata CEO Berkshire Hathaway itu seperti dikutip dari CNBC, Jumat (6/5/2016).

Kehebatan Bezos, menurut Buffet, karena dia menemukan cara membuat orang bahagia membeli produk sehari-hari, baik dengan pengiriman atau harga yang murah.

Baca Juga

  • 10 Tips Sukses dan Kaya ala Warren Buffett
  • Punya Kemampuan Ini Bisa Bikin Sekaya Warren Buffett
  • Berapa Ongkos Warren Buffett untuk Sekali Potong Rambut?

Source: liputan6.com
Ini Tiket Pesawat Termahal di Dunia

Liputan6.com, New York - Maskapai penerbangan Etihad Airways meluncurkan tiket pesawat termahal di dunia untuk rute New York-Mumbai. Penumpang bisa membeli tiket ini seharga US$ 38 ribu atau Rp 497,80 juta (estimasi kurs: 13.100 per dolar AS) untuk sekali perjalanan dan mendapat fasilitas ruangan eksklusif bernama The Residence.

The Residence terdiri dari tiga ruangan penthouse dengan fasilitas pelayan pribadi, chef, dan pengasuh anak. Untuk perjalanan pulang-pergi dengan rute ini, yang sekali transit di Abu Dhabi, harga tiketnya mencapai US$ 76 ribu atau mencapai Rp 995,60 juta.

Etihad, maskapai penerbangan asal Uni Emirat Arab, menyediakan ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi di dalamTheResidence.

Baca Juga

  • Guncangan Etihad di Langit Selat Sunda
  • Korban Etihad Turbulensi: Plafon Beradu dengan Kepala Penumpang
  • Etihad Airways Tunjuk General Manager Baru Untuk Indonesia

Source: liputan6.com
7 Cara Siapkan Dana Darurat

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kehidupan yang dijalani saat ini, kondisi keuangan berputar ibarat sebuah roda, kadang memiliki keuangan dengan jumlah banyak atau pas-pasan. Oleh karena itu, diperlukan manajemen keuangan yang baik agar tidak mengalami kondisi kekurangan uang setiap hari.

Salah satu manajemen yang baik dalam mengatur keuangan adalah memikirkan kebutuhan untuk masa depan, karena hidup yang dijalankan tidak hanya hari ini saja. Masa depan dengan gaya hidup yang seperti apa yang diinginkan ditentukan dari sekarang, termasuk bila terjadi kondisi yang tidak diinginkan seperti sakit dan sejenisnya yang membutuhkan dana cukup besar dalam waktu singkat.

Hidup penuh dengan ketidakpastian, oleh sebab itu disarankan agar Anda bisa mengelola keuangan yang dimiliki dengan sebaik-baiknya. Banyak contoh nyata yang sudah terjadi, sebagai contoh bangkrutnya usaha, kemudian terjadi musibah kecelakaan, hingga PHK besar-besaran.

Segala kondisi tersebut membutuhkan anggaran dana segar yang siap dipakai dalam jumlah yang cukup besar. Agar dapat lebih cermat menyiapkan dana darurat. berikut 7 cara siapkan dana darurat seperti dikutip dari Cermati.com pada Sabtu (7/5/2016): 

Baca Juga

  • 3 Strategi Berhemat Tanpa Mengorbankan Gaya Hidup
  • 5 Tips Kelola Keuangan untuk Mahasiswa
  • 5 Kebiasaan Investor Sukses

Source: liputan6.com
Wall Street Menguat Terdorong Data Tenaga Kerja

Liputan6.com, New York - Wall Street mampu ditutup menguat pada perdagangan Jumat (Sabtu pagi waktu Jakarta) setelah sebelumnya sempat diperdagangkan di zona negatif. Penguatan Wall Street karena data tenaga kerja tidak begitu mengecewakan.

Mengutip Reuters, Sabtu (7/5/2016), Indeks Dow Jones Industrial Averange (DJIA) menguat 7,9,92 poin atau 0,45 persen ke level 17.740,63. Indeks S&P 500 naik 6,51 poin atau 0,32 persen ke angka 2.057,14. Sedangkan indeks NAsdaq melonjak 19,06 poin atau 0,40 persen ke level 4.736,16.

Dalam laporan yang dikeluarkan oleh Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS), data nonfarm payrolls mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut di bawah perkiraan atau konsensus dari para ekonom. Kenaikan data tenaga kerja pada April tersebut terkecil sejak September 2015 lalu.

Baca Juga

  • Wall Street Tumbang ke Level Terendah dalam 3 Minggu
  • Wall Street Melemah karena Ekonomi China dan Eropa Tertekan
  • Wall Street Menguat Kena Imbas Dolar AS Melemah

Source: liputan6.com
Harga Minyak Tertekan, Investor Menata Kembali Portofolio

Liputan6.com, New York - Patokan harga minyak di Amerika Serikat (AS) maupun global naik pada perdagangan Jumat pekan ini. Namun jika dihitung secara mingguan, pada pekan pertama Mei ini harga minyak mengalami penurunan setelah sebelumnya selama empat pekan berturut-turut membukukan kenaikan.

Penurunan harga minyak pada pekan pertama di Mei ini terjadi karena investor sengaja mengerem reli harga minyak. Pelaku pasar ingin melihat kembali keseimbangan antara permintaan dan penawaran.

Baca Juga

  • Harga Minyak Anjlok, Wilayah Kerja Migas RI Sepi Peminat
  • Harga Minyak Meroket Dipicu Kebakaran di Kanada
  • Stok Membanjir Turunkan Harga Minyak

Source: liputan6.com
Top 3: Jakarta Pernah Kehilangan 6 Pulau

Liputan6.com, Jakarta - Eksploitasi pasir laut di Teluk Jakarta dan gugusan Kepulauan Seribu telah mengakibatkan 6 pulau tenggelam sejak periode 1913-1999. Ironisnya, penambangan pasir itu diperuntukkan bagi pembangunan proyek reklamasi maupun infrastruktur, seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Peneliti Balitbang Kementerian Kelautan dan Perikanan, Aulia Riza Farhan mengatakan, Teluk Jakarta dan Kepulauan Seribu dikenal sebagai `Sheltered Intra Archipelagic Seas` dan bagian dari `Stable Geo Syncline` dengan pengaruh alam yang sangat minim.

Hanya saja, maraknya penambangan pasir untuk kebutuhan membangun pulau buatan dan proyek infrastruktur telah melenyapkan beberapa pulau dalam kurun waktu 86 tahun di Teluk Jakarta atau Kepulauan Seribu.

Artikel mengenai tenggelamnya pulau di sekitar Jakarta tersebut menjadi berita yang banyak dibaca. Selain itu masih ada artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Sabtu (7/5/2016):

1. Jakarta Pernah Kehilangan 6 Pulau Buat Bangun Bandara Soetta
Gundukan pasir menimbun sebagian teluk Jakarta di Muara Angke untuk dijadikan pulau , Jakarta, (17/4). Rencananya, Tempat yang menjadi lokasi sumber penghidupan para nelayan Muara Angke itu mulai disulap menjadi daratan. (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Maraknya penambangan pasir untuk kebutuhan membangun pulau buatan dan proyek infrastruktur telah melenyapkan beberapa pulau dalam kurun waktu 86 tahun di Teluk Jakarta atau Kepulauan Seribu.

"Berdasarkan bukti dan pengamatan 1913-1999, sudah ada 6 pulau di Kepulauan Seribu yang hilang akibat penambangan pasir laut. Karena pasir disedot," ujar Aulia saat berbincang dengan Liputan6.com. Baca selengkapnya di sini!

2. Warren Buffett Kagum dengan Kehebatan CEO Ini
Ternyata sukses bagi Warren Buffett enggak berhubungan dengan kekayaan dan uang.
Banyak orang yang mengagumi investor kelas dunia pemilik perusahaan investasi Berkshire Hathaway,Warren Buffett. Namun ternyata, pria kelahiran 30 Agustus 1930 ini juga memiliki sebuah idola.

Miliarder Warren Buffett memuji kehebatan pendiri dan bos Amazon.com, Jeff Bezos. "Kami belum melihat banyak pengusaha seperti dia," kata CEO Berkshire Hathaway itu. Baca selengkapnya di sini!

3. Ini Penampakan Ikan Seharga Mobil Alphard di Pameran Investasi
Ikan tuna sirip kuning dalam acara 12th Indonesia Investment Week 2016. (Foto: Fiki Ariyanti/Liputan6.com)
Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, merupakan salah satu sentra penghasil ikan tuna sirip kuning (yellowfin). Ikan ini paling diburu kapal ikan asing lantaran harga jual yang mencapai Rp 1,2 juta per kilogram (kg) di pasar ekspor.

Staf Dinas Perikanan Kabupaten Halmahera Utara‎, Ongen Tambariki‎ mengungkapkan, ikan tuna sirip kuning bisa ditemukan di Pulau Doi yang berbatasan dengan Samudra Pasifik. Para nelayan lokal dapat menangkap ikan tersebut mulai dari yang berbobot 3 kg sampai paling besar 102 kg. Baca selengkapnya di sini!


Source: liputan6.com
Data Tenaga Kerja AS di Bawah Perkiraan, Harga Emas Naik

Liputan6.com, New York - Harga emas naik pada penutupan perdagangan Jumat (Sabtu pagi waktu Jakarta) setelah data tenaga kerja Amerika Serikat (AS) menunjukkan pertumbuhan di bawah perkiraan. Dengan keluarnya data tersebut membuat rencana kenaikan suku bunga Bank Sentral AS (The Fed) kemungkinan tertunda.

Mengutip Wall Street Journal, Sabtu (7/5/2016), harga emas untuk pengiriman Juni ditutup naik 1,7 persen ke angka US$ 1.294 per troy ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Pasar tenaga kerja AS pada April kemarin tumbuh lebih lambat jika dibandingkan dengan perkiraan para analis. Hal tersebut menandakan bahwa perusahaan masih sangat berhati-hati dalam melakukan ekspansi setelah terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi di kuartal I 2016 ini.

Baca Juga

  • Dolar AS Perkasa, Harga Emas Turun
  • Harga Emas Antam Turun Rp 1.000 Jadi Rp 585 Ribu per Gram
  • Harga Emas Tertekan Penguatan Dolar AS

Source: liputan6.com
Pembebasan Lahan Kereta Cepat Bandung-Jakarta Sudah 60 Persen

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) telah membebaskan 60 persen lahan yang nanti akan dilalui atau menjadi jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Proyek Kereta Cepat Jakarta-bandung ini membentang sepanjang 142 kilometer (km) dengan melalui beberapa kota antara lain Jakarta, Bekasi, Cikarang, karawang, Walini dan Bandung.

Direktur Utama KCIC Hanggoro Budi Wiryawan mengatakan, sebagian besar lahan yang telah dibebaskan oleh perusahaan adalah lahan yang berada ‎di sekitar lajur tol. 

"Sudah siap sepanjang jalan tol sekitar 50 persen hingga 60 persen. Sisanya ‎memang masih harus dibebaskan. Pembebasan itu perlu waktu‎," kata dia di Jakarta seperti ditulis, Sabtu (7/5/2016).

Jalur kereta cepat Jakarta-Bandung memang ada yang menempel ruas tol yakni jalur dari Halim Perdanakusuma sampai ke kilometer (KM) 39 dan dari Purwakarta sampai KM 142. 

"Kami membangun sepanjang jalan tol dari Halim sampai KM 39 ini tol . Kemudian KM 39 memotong KM 85 di daerah Purwakarta. Setelah KM 85 sampai KM 142 sepanjang jalan tol," kata dia.

Baca Juga

  • Pemenang Sayembara Nama Kereta Cepat Bakal Terbang ke Tiongkok
  • Pengembangan Kota Walini Mampu Serap 7 Ribu Tenaga Kerja
  • Kemenhub Keluarkan Izin Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Source: liputan6.com
PLN Bakal Sulap Jakarta Mirip Tokyo dan Paris

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) akan menjadikan Jakarta ‎layaknya kota besar di negara maju lain yang bebas dari pemadaman listrik. Untuk mewujudkannya, langkah yang dilakukan oleh PLN Disjaya dengan memperkuat sistem jaringan kelistrikan.

General Manager PLN Disjaya, Syamsul Huda mengatakan, meskipun menyandang predikat sebagai kota metropolitan, masih terdapat ancaman pemadaman listrik di Jakarta. PLN ingin menghilangkan ancaman tersebut. PLN ingin menjadikan Jakarta seperti kota besar di negara maju yang risiko pemadaman listriknya sangat minim.

Tentu saja, untuk mewujudkan hal tersebut membutuhkan pasokan energi listrik yang handal. "Kami ingin Jakarta seperti kota di negara maju lain. Kami ingin Jakarta seperti Tokyo, Paris, Hong Kong," jelasnya seperti yang dikutip di Jakarta, Sabtu (7/5/2016‎).

Baca Juga

  • PLN Tambah Trafo, Pemadaman Listrik di Cianjur Berkurang
  • Pemadaman Listrik Nias Mesti Jadi Pelajaran Pemerintah
  • Begini Penjelasan PLN Soal Krisis Listrik di Nias

Source: liputan6.com
Subsidi Dicabut, Anggaran Infrastruktur Naik Jadi Rp 300 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menjalankan program reformasi anggaran sejak 2015 lalu. Hal tersebut tercermin dari besarnya anggaran untuk infrastruktur yang hampir mencapai Rp 300 triliun.

Direktur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Kunta WDNugraha mengatakan, tingginya anggaran untuk infrastruktur karena pemangkasan dari subsidi pemerintah

"Hanya orang yang benar-benar membutuhkan yang akan dapat subsidi," kata dia diJakarta, Sabtu (7/5/2016).

Baca Juga

  • Subsidi BBM dan Elpiji Bakal Dipangkas Rp 23,8 Triliun
  • Subsidi Listrik dan Gas Mulai Terintegrasi Kartu Sakti pada 2016
  • Jangan Tinggalkan Bom Waktu dengan Tak Hapus Subsidi BBM

Source: liputan6.com
Ini Keunggulan dan Kekurangan Pariwisata Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menargetkan20 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada 2019. Target tersebut dicanangkan oleh pemerintah karena sebenarnya Indonesia memiliki potensi pariwisata yang cukup besar. Namun memang, potensi tersebut banyak yang masih belum digarap.

Kepala Bidang Strategi Pemasaran Eropa dan Timur Tengah Kementerian Pariwisata ‎Dwi Ratih Siswarini‎ mengungkapkan, pariwisata di Indonesia memiliki banyak kelebihan. Namun selain itu ternyata juga ada kekurangannya. 

Kekurangan dari pariwisata di Indonesia adalah minimnya infrastruktur akses menuju tempat wisata. Hal tersebut membuat biaya transportasi ke lokasi yang dipromosikan menjadi mahal.

"‎Pelayanan infrastruktur ke wilayah destinasi yang kami promosikan terkadang terbentur dengan infrastruktur yang kurang memadai," kata‎Ratih, dalamacara‎ 12th IndonesiaInvestmentWeek, diJIExpo,Kemayoran,Jakarta, Sabtu (7/5/2016).

Baca Juga

  • Wakatobi Targetkan 500 Juta Dolar dari Sektor Pariwisata
  • Kemenpar Gandeng OJK Kembangkan Pariwisata RI
  • Garuda Indonesia Perkuat Rute ke 10 Destinasi Pariwisata

Source: liputan6.com
Penyelesaian Utang PDAM Tunggu Ketuk Palu APBNP 2016

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan menyelesaikan utang Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di tahun ini. Namun penyelesaian utang tersebut masih harus menunggu pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja ‎Perubahan (APBNP) 2016. Sebagaimana diberitakan, PDAM menanggung utang sampai Rp 3,2 triliun.‎

Direktur Penyusunan APBN Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Kunta WD Nugraha‎ menuturkan, penyelesaian masalah utang tersebut sudah dibahas di rapat kabinet. "Utang PDAM bukan dihapus, tapi diselesaikan, kalau hapus uang hilang" kata dia di Jakarta, Sabtu (7/5/2016).

Mekanisme yang memungkinkan ialah hibah. Pemerintah pusat akan memberikan dana hibah kepada pemerintah daerah untuk kemudian disuntikkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam hal iniPDAM.

Baca Juga

  • Tunggakan Tagihan Air Rumah Jokowi Dicicil, PDAM Buka Segel
  • Pemerintah Hapuskan Utang 114 PDAM Sakit

Source: liputan6.com
‎Kepala BKPM Dapat Keluhan dari Produsen Susu Selandia Baru

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengunjungi fasilitas pengolahan susu milik Fonterra di Te Rappa Selandia Baru. ‎Kunjungan ini merupakan tindak lanjut usai bertemu Chief Financial Officer Fonterra Lukas Paravicini untuk mendiskusikan tentang rencana ekspansi perusahaan ke Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, Franky juga menerima keluhan dari perusahaan terkait kendala peluncuran produk ke pasar Indonesia. Perusahaan mengalami kendala dari sisi regulasi.

"Fonterra mengharapkan dukungan dan bantuan BKPM dalam merealisasikan rencana perluasan investasinya di Indonesia, termasuk dalam menghadapi beberapa kendala yang dihadapi di bidang perpajakan dan pendaftaran produk,” kata dia dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (7/5/2016).

Baca Juga

  • BKPM Incar Investor dari Selandia Baru
  • BKPM Targetkan Tarik Investasi Tiongkok Rp 390 Triliun di 2016
  • Kini BKPM Buka Pelayanan Khusus Investor Tiongkok

Source: liputan6.com
Pertumbuhan Wisata RI Lebih Baik Dibanding Negara Tetangga

Liputan6.com, Jakarta - Sektor pariwisata Indonesia mampu tumbuh cukup tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Pertumbuhan tersebut karena pemerintah terus mengembangkan destinasi wisata. Kondisi sektor pariwisata di Indonesia ini berkebalikan dengan beberapa negara tetangga.

Kepala Bidang Strategi Pemasaran Eropa dan Timur Tengah Kementerian Pariwisata ‎Dwi Ratih Siswarini‎ mengatakan, sektor pariwisata Indonesia ‎tumbuh 10,3 persen pada periode Januari hingga Desember 2015. Sedangkan negara tetangga atau negara yang bersebelahan dengan Indonesia justru anjlok 6,3 persen.

Sedangkan jika dibandingkan dengan Singapura, pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia juga tumbuh masih besar. Untuk periode yang sama, pertumbuhan pariwisata Singapura hanya 0,9 persen.

"Pariwisata Indonesia memiliki pertumbuhan cukup tinggi dibanding negara lain seperti Malaysia dan Singapura," kata Ratih, dalam acara‎ 12th Indonesia Investment Week, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/5/2016).

Baca Juga

  • Ini Keunggulan dan Kekurangan Pariwisata Indonesia
  • Kemenpar Gandeng OJK Kembangkan Pariwisata RI
  • Garuda Indonesia Perkuat Rute ke 10 Destinasi Pariwisata

Source: liputan6.com
Jokowi Ingin RI Menjadi Bangsa Pemenang, Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin Indonesia menjadi bangsa pemenang. Untuk ‎mewujudkan hal tersebut, presiden menginginkan adanya terobosan untuk memenangkan persaingan dengan memangkas peraturan yang menghambat.

Jokowi mengatakan, Indonesia merupakan bangsa besar tetapi kerap kali terhambat dalam mengambil keputusan guna mendorong pertumbuhan. Penghambat tersebut adalah berbagai aturan yang dibuat ‎pemerintah sendiri.

"Kita bangsa besar, tapi kecepatan bertindak atau kecepatan mengambil keputusan terhambat aturan kita sendiri," kata Jokowi, ‎saat menutup acara‎ 12th Indonesia Investment Week, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/5/2016).

Baca Juga

  • Menteri ESDM: PLN Harus Terapkan Diskon Tarif Listrik Industri
  • Isi Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XII
  • Jokowi: Saya Akan Awasi Langsung Pelaksanaan Paket Kebijakan

Source: liputan6.com
Target Peringkat Kemudahan Berbisnis Tak Bisa Ditawar

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menargetkan kemudahan berbisnis atau ease of doing business Indonesia berada di peringkat 40. Target tersebut sangat jauh di atas posisi Indonesia pada akhir tahun lalu yang ada di peringkat 109.

Jokowi mengatakan, Indonesia telah memasuki era persaingan. Sayangnya, peringkat kemudahan bisnis Indonesia masih jauh jika dibandingkan dengan negara dalam satu kawasan. 

"Jauh sekali jika dibandingkan dengan Singapura yang ada di nomor 1. Malaysia yang peringkat 18. Kita ada di 109, jauh sekali," kata Jokowi saat penutupan gelaran Apkasi International Trade and Investment Summit, 12 th Indonesia Investment Week 2016, di Jakarta, Sabtu (7/5/2016).

Baca Juga

  • Paket Ekonomi Jilid XII Dirilis: Fokus pada Kemudahan Berbisnis
  • Presiden Jokowi: Saya Pernah Mengalami Urus Izin yang Melelahkan
  • Jokowi: Saya Akan Awasi Langsung Pelaksanaan Paket Kebijakan

Source: liputan6.com
Jakarta Perlu Tambahan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi

Liputan6.com, Jakarta - kondisi kelistrikan Provinsi DKI Jakarta dalam taraf memprihatinkan. Hal tersebut terjadi karena adanya kelebihan beban pada Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) yang ada. Oleh sebab itu PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) perlu menambah GITET baru.

General Manager PLN Disjaya Syamsul Huda mengatakan, PLN Disjaya terus pengembangan infrastruktur kelistrikan di Jakarta untuk memperbaiki kondisi listrik di Jakarta. 

"Infrastruktur kelistrikan dibangun sesuai kebutuhan sebagian besar sumber listrik untuk Jakarta. Jadi memang seperti disampaikan sebelumnya bahwa kondisi kelistrikan di Jakarta memprihatinkan,"‎kata Syamsul, seperti yang dikutip di Jakarta, Sabtu (7/5/2016).

Baca Juga

  • PLN Bakal Sulap Jakarta Mirip Tokyo dan Paris
  • PLN Tambah Trafo, Pemadaman Listrik di Cianjur Berkurang
  • Ini Cara PLN Cegah Pencurian Listrik oleh Pedagang Kaki Lima

Source: liputan6.com
‎Gaji ke-14 untuk PNS Segera Cair

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan segera membayar gaji ke-14 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pembayaran gaji ke-14 PNS dilakukan sebelum Lebaran yang jatuh pada 6-7 Juli 2016.

Direktur Penyusunan APBN Direktorat Jenderal Anggaran‎ Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Kunta WD Nugraha mengatakan, kemungkinan pembayaran gaji ke 14 berdekat dengan pembayaran gaji ke 13. "Lebaran kapan? Juli. Mungkin 14 dulu, mungkin dekat-dekatan. Mungkin," kata dia kepada Liputan6.com, Sabtu (7/5/2016).

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, tahun ini menjadi pertama kali dalam sejarah PNS menerima gaji ke-14. Gaji ini sebagai pengganti dari kenaikan gaji PNS setiap tahunnya.

Baca Juga

  • Gaji ke-14 Bakal Cair H-10 Lebaran
  • Jika Ekonomi RI Tumbuh 7 Persen, Jokowi Janji Naikkan Gaji PNS
  • Cair Sebelum Lebaran, Ini Bocoran Gaji ke-14 PNS

Source: liputan6.com
4 Alasan Lebih Baik Jadi Pegawai Dibanding Berbisnis

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang berlomba-lomba terjun ke dunia bisnis dengan harapan mendapatkan untung dalam jumlah besar. Tak sedikit juga, orang yang berhenti bekerja demi mendirikan bisnis sendiri.

Meski begitu, berbisnis tak senantiasa menjamin kecukupan finansial dalam hidup Anda. Dalam beberapa studi, berbisnis bahkan dianggap lebih berisiko dibandingkan bekerja pada orang lain.

Benar memang, bekerja di bawah pantauan atasan seringkali mengundang rasa tidak nyaman. Belum lagi rutinitas yang tak banyak berubah mengundang rasa jenuh hingga penat.

Namun sebelum Anda memilih meninggalkan pekerjaan dan mulai berbisnis, sebaiknya Anda memiliki rencana yang sangat matang. Gagal berbisnis, Anda akan mendapatkan kerugian ganda karena sudah terlanjur tak memiliki pekerjaan.

Berikut empat alasan lebih baik menjadi pegawai daripada berbisnis seperti dilansir dari lamanboldsky.com, Sabtu (7/5/2016):

Baca Juga

  • Mau Sukses Bisnis Kuliner? Kuasai 3 Hal Ini
  • Tips Sebelum Berbisnis dengan Pasangan
  • Mau Jadi Pengusaha Sukses? Simak 7 Tips Jitu Ini

Source: liputan6.com
‎Jokowi Ingin Indonesia Punya Kota Seperti Ini

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah fokus pada pengembangan potensi di daerahnya. Dia meminta supaya pemerintah tida‎k terlalu banyak fokus pengembangan sehingga konsentrasi terpecah. Selain itu, terlalu banyak yang dikembangkan juga akan membuat anggaran tidak efisien.

"Saya titip ke daerah harus berani fokus," kata dia, di Jakarta, Sabtu (7/5/2016).

Jokowi mencontohkan, seperti Sunnyland, sebuah kota di Amerika Serikat (AS). Di sana, kata Jokowi hanya fokus pada pengembangan lapangan golf. Jokowi mengatakan, justru kota tersebut banyak didatangi karena daerah tersebut hanya fokus pada satu bidang.

Baca Juga

  • Jokowi Tutup Ajang Apkasi International di JIExpo Kemayoran
  • Jokowi Ingin RI Menjadi Bangsa Pemenang, Ini Caranya
  • Presiden Jokowi Bakal Putuskan Pengembangan Proyek LRT

Source: liputan6.com