Prev Mei 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
01 02 03 04 05 06 07
08 09 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 01 02 03 04
05 06 07 08 09 10 11
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 04 Mei 2016
10 Rumah Sewa Termahal

Liputan6.com, Jakarta - Ketika memiliki pekerjaan yang berpindah-pindah, menyewa rumah mungkin akan menjadi pilihan Anda. Dengan biaya yang dibayar per bulan, bukanlah masalah bagi Anda dibandingkan harus membeli rumah, karena memang tidak berniat untuk menetap.

Melansir laman Business Insider, Selasa (3/5/2016) harga sewa rumah di Amerika misalnya, rata-rata mencapai US$ 3.050 per bulan atau sekitar Rp 40 juta (estimasi kurs 13.180 per dollar AS).

Tetapi, jangan kaget bila harga sewa sebuah pondok kayu di dekat Jackson Hole bisa dihargai hingga US$ 300 ribu per bulan atau Rp 3 miliar.

Berdasarkan database sewa rumah dari RENTCafé, merinci daftar properti sewa bulanan paling mahal yang tersedia saat ini di Amerika dan mungkin dunia.

Tempat seperti Miami dan New York memiliki harga sewa yang tinggi di pasar. Padahal, untuk beberapa lokasi menawarkan rumah dengan beberapa kamar tidur besar dengan harga bulanan yang jauh lebih masuk akal. Berikut adalah 10 daftar rumah sewa di beberapa kota:

1. Los Angeles, California

Di wilayah super eksklusif di Holmby Hills, Anda akan menemukan rumah dengan harga sewa US$ 150 ribu (Rp 1,9 miliar) per bulan. Tempat ini dinamai Mediterania Villa dengan delapan kamar tidur, dan ruang tamu seluas 20 ribu kaki persegi. Ditambah dengan kolam renang, taman, dan lapangan tenis.

2. Farmington, Connecticut

Rumah di Farmington ini memiliki luas 50 ribu kaki persegi hingga rupanya hampir seperti resor. Terdapat keamanan di sekitar jalan masuk, 21 kamar tidur, lengkap dengan bioskop dalam ruangan.

Segala yang Anda harapkan dalam kemewahan bisa didapatkan seharga US$ 100 ribu (Rp 1,3 miliar) per bulan.

3. Miami Beach, Florida

Menempati daftar termahal, rumah sewa di Miami Beach dihargai US$ 300 ribu (Rp 395 juta) per bulan. Rumah sewa ini memiliki delapan kamar tidur yang terletak tepat di atas air lengkap dengan kolam renang.


Source: liputan6.com
Ingin Efektif Menabung? Yuk Simak Panduan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Setinggi apapun jabatan formal yang disandang seseorang dalam sebuah perusahaan besar, ketika statusnya bukan sebagai pemilik, ia tetap seorang karyawan bagi bisnis orang lain.

Ia tetap seseorang yang bekerja bukan untuk kesejahteraan dirinya semata, namun lebih kepada memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan itu.

Sebaliknya, sekali pun Anda seorang pekerja dalam usaha bisnis Anda sendiri, Anda adalah bos yang bisa menentukan keputusan berkaitan dengan usaha Anda.

Apa pun pekerjaan Anda saat ini, hal yang pasti dan wajib dilakukan oleh semua orang yang sudah bekerja adalah menabung. Dengan menabung, apa pun metode yang digunakan, seseorang dikatakan telah mampu mempersiapkan masa depan Anda baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

 

Baca Juga

  • 4 Tips Cerdas Hidup Sehat dan Hemat
  • Hindari Gaya Hidup yang Bisa Bikin Bangkrut
  • 5 Kebiasaan Investor Sukses

Source: liputan6.com
Ulang Tahun Pertama, Putri Charlotte Terima Hadiah Mewah

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai bangsawan Inggris, anak dari Duke dan Duchess of Cambridge, Putri Charlotte baru berusia satu tahun tentu belum memiliki hal spesifik yang dia inginkan.

Namun, saat hari ulang tahun pertama, Putri Charlotte mendapatkan hadiah mahal untuk anak-anak seumurannya dari beberapa pemimpin di dunia.

Melansir dari International Business Times, Rabu (4/5/2016) The Kensington Palace merilis daftar hadiah yang telah diterima sang putri. Lebih dari 12 bulan terakhir sejak ia lahir, benda yang paling mahal merupakan mainan bayi, yaitu rattle dari emas putih yang bertahtakan berlian, rubi dan safir dari Natural Sapphire Company.

Mainan yang berbunyi saat digoyangkan tersebut memiliki nilai £ 30.000, atau sekitar Rp 580 juta (estimasi kurs Rp 19.342 per pound sterling). Mainan bayi sejenis namun berbahan perak juga diberikan oleh Presiden Meksiko, Enrique Peña Nieto dan istrinya Angelica Rivera.

Baca Juga

  • Kate Middleton Jadi Redaktur Tamu di Situs Ternama Inggris
  • 7 Fakta tentang Putri Charlotte Sebelum Usia Satu
  • Bakat Baru Putri Charlotte

Source: liputan6.com
5 Makanan Termahal di Dunia. Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Semua orang pasti membutuhkan asupan makan agar mampu menjalani kehidupannya. Tak heran, perkembangan bisnis di bidang ini pun kini sudah semakin pesat. Semakin banyak orang yang tidak ragu lagi menapaki bisnis di bidang ini.

Beberapa restoran di dunia bahkan tidak segan untuk menyajikan masakan dengan harga yang sangat mahal.

Apa saja? Melansir therichest, Rabu (4/5/2016) berikut daftarnya:

6. Posh Pie

via:www.groupon.com.au

Makanan ini dibanderol dengan harga US$ 9.484 atau setara dengan Rp 124,7 juta. Makanan ini disajikan oleh The Lord Dudley Hotel di Australia. Kue ini disajikan dengan daging sapi terbaik dan didalamnya dimasak dengan taburan emas.

5. Louis XIII Pizza

via:restauraniza.com

Pizza eksklusif ini dibuat oleh Chef Renato Viola. Selain memiliki cita rasa yang enak, pembuatan pizza ini juga membutuhkan waktu yang sangat lama. Total waktu pembuatan pizza ini mencapai 72 jam. Tak heran apabila satu Loyang pizza dibandrol dengan harga hingga US$ 12 ribu atau setara dengan Rp 157,8 juta.


Source: liputan6.com
Bos Jasa Marga Keberatan Tarif Tol Gratis Saat Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Operator jalan tol PT Jasa Marga (Persero) keberatan dengan usulan untuk menggratiskan tarif tol saat momen mudik Lebaran tahun ini, seperti permintaan Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan.

Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman menilai, membebaskan tarif bukan menjadi satu-satunya jalan untuk mengurai kemacetan saat momen mudik Lebaran.

"Saya kira jangan sampai gratis lah, karena ini kan momen yang luar biasa, kalau gratis itu tidak ada artinya," kata dia di Kementerian BUMN, Selasa (3/5/2016).

Adit‎ mengaku dengan meningkatnya volume kendaraan saat momen mudik Lebaran menjadi peluang perusahaan untuk meningkatkan pendapatan. Pendapatan tersebut yang nantinya akan dialokasikan untuk peningkatan pelayanan dan pemeliharaan jalan tol yang dikelola perusahaan.

Baca Juga

  • Tarif Tol Diusulkan Gratis Saat Lebaran, Ini Kata Menteri PUPR
  • Menhub Jonan: Jalan Tol di China dan AS Juga Macet Saat Hari Raya
  • Menhub Jonan Usul Tarif Tol Gratis Selama Mudik Lebaran

Source: liputan6.com
Layani Mudik Lebaran, Garuda Indonesia Tambah 22 Ribu Kursi

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai Garuda Indonesia akan meningkatkan volumenya untuk memenuhi peningkatan calon penumpang saat mudik‎ lebaran tahun ini. Sebanyak 22 ribu kursi bakal ditambah.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengungkapkan pihaknya memperkirakan akan ada peningkatan jumlah penumpang sekitar 3 persen jika dibandingkan mudik lebaran tahun lalu.

"Tahun lalu kan dengan kenaikan 2,7 persen itu penumpangnya 4 jutaan orang saat lebaran, tapi tahun ini kita perkirakan juga akan naik 3 persen lah," kata Arif di Kementerian BUMN, Selasa (3/5/2016).

Baca Juga

  • Menag Ingatkan Garuda Indonesia Selektif Pilih Agen Perjalanan
  • Garuda Indonesia Buka Rute Baru Jakarta-Madinah
  • Garuda Indonesia-Airbus Sepakati Kerja Sama Rp 18,8 Triliun

Source: liputan6.com
IHSG Diproyeksi Bergerak Variatif Dekati Libur Panjang

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak variatif pada perdagangan saham Rabu (4/5/2016) ini.

Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi mengatakan, pada perdagangan saham kemarin IHSG melemah tipis karena investor mengantisipasi pendeknya perdagangan saham pada pekan ini. IHSG ditutup menguat tipis 3,94 poin atau 0,08 persen ke level 4.812,26.

Lanjar juga mengatakan pelaku pasar mengantisipasi pertumbuhan ekonomi kuartal I 2016. "Hasil survei pertumbuhan PDB Indonesia yang melambat di level 4,9 persen menjadi alasan investor masih berhati-hati dalam mengambil keputusan," kata dia dalam ulasannya.

Baca Juga

  • IHSG Turun 30 Poin Terdorong Aksi Jual Investor Asing
  • IHSG Naik 10 Poin Tersengat Sentimen Positif Bursa Global
  • Sepi Sentimen, Laju IHSG Variatif

Source: liputan6.com
Olah Air Limbah, JK Ingin Indonesia Contek Jepang dan Singapura

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla ingin Indonesia tak melulu memikirkan bahan baku air untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Indonesia juga harus memikirkan teknologi untuk mendaur ulang air limbah menjadi air bersih.

Hal ini dinilai sudah harus dilakukan mengingat jumlah lahan hijau sebagai area resapan air terus berkurang. Penyebabnya antara lain karena pembakaran hutan.

"Maka solusinya recycling seperti banyak dilakukan di Singapura, Jepang. Kalau di Singapura air minimal dipakai 3 kali, di Jepang 5 kali. Artinya semua sistem drainase. Menteri PU, semua dirubah dari ke sungai ke darat. Kalau dulu umumnya drainase jatuhnya ke laut, akhirnya pantai rusak. Sekarang harus ke sistem pembersihan air yang seperti di Kuningan itu," ujar JK, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Baca Juga

  • JK: Biaya Sambung Pipa Air Bersih Cuma 8% dari Proyek 35 Ribu MW
  • Pemerintah Ingin Air Bersih Dapat Subsidi
  • Iran Berhasil Manfaatkan Air Jadi Bahan Bakar Mesin Mobil

Source: liputan6.com
IHSG Akan Menguat, Cermati 8 Saham Pilihan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi konsolidasi pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Rilis data ekonomi masih akan mempengaruhi laju IHSG.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya menuturkan pelaku pasar menanti rilis data produk domestik bruto (PDB) kuartal I 2016. Sentimen rilis data ekonomi itu akan mempengaruhi laju IHSG. Selain itu, harga komoditas juga masih akan mempengaruhi gerak saham emiten.

"Level support IHSG terlihat mulai menguat di level 4.798 dengan target resistance pada level 4.881 yang perlu ditembus untuk perkuat pola kenaikan IHSG," ujar William dalam ulasannya, Rabu (4/5/2016).

 

Baca Juga

  • IHSG Menguat Tipis ke 4.812,26, Sektor Keuangan Jadi Pendorong
  • IHSG Naik 10 Poin Tersengat Sentimen Positif Bursa Global
  • IHSG Berpotensi Melemah, Amati Saham Pilihan Ini

Source: liputan6.com
Harga Emas Tertekan Penguatan Dolar AS

Liputan6.com, New York - Harga emas turun pada perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta) karena tertekan penguatan dolar AS. Harga emas kembali jatuh ke bawah level US$ 1.300 per troy ounce setelah sebelumnya mampu menembus angka tersebut.

Mengutip Wall Street Journal, Rabu (4/5/2016), harga emas berjangka untuk pengiriman Juni, merupakan kontrak yang paling aktif diperdagangkan, turun 0,3 persen menjadi US$ 1.291, 80 per troy ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Sejak awal tahun atau dalam hitungan year to date, harga logam mulia ini telah naik sekitar 21 persen karena investor melakukan akumulasi beli terhadap instrumen investasi save haven ini karena ketidakpastian perekonomian global.

Baca Juga

  • Tambang Emas Martabe Setor Royalti Rp 31,5 Miliar ke Negara
  • Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 586 Ribu per Gram
  • Harga Emas Menguat ke Level US$ 1.300 per Ounce

Source: liputan6.com
Top 3: Cara Cepat Jadi Miliarder

Liputan6.com, Jakarta - Mampu sukses dalam hidup merupakan impian semua orang. Hampir semua orang ingin bisa meraih mimpi yang selama ini mereka cita-citakan. Salah satunya adalah menjadi seorang miliarder.

Banyak cara yang dapat ditempuh agar seseorang mampu untuk menjadi miliarder. Tidak semua cara tersebut mampu dijalankan dengan mudah. Anda harus mau untuk serius dan memaksimalkan potensi yang ada. 

Namun ada juga cara yang lumayan mudah untuk ditempuh dan cara tersebut bisa membuat Anda cepat meraih kekayaan.

Artikel mengenai cara cepat untuk menjadi miliarder tersebut menjadi berita terpopuler. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang juga layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu (4/5/2016) pagi:

1. Ingin Jadi Miliarder dalam Lima Tahun? Begini Caranya
Ini dia tips dari para miliarder agar kamu bisa kaya dengan dengan cara yang mudah.
Modal awal yang harus dimiliki setiap miliarder adalah mampu mengelola keuangan dengan baik. Kemampuan ini nantinya berguna bagi Anda ketika harus mengatur keuangan yang dimiliki.

Selain itu, pengusaha yang baik adalah mereka yang mampu mengesampingkan kepentingan pribadinya dengan lebih mempedulikan orang lain. Mampu memiliki hal ini dapat membuat Anda lebih sukses dalam hidup. Berita selengkapnya baca di sini.

2. 7 Negara dengan Pertumbuhan Ekonomi Tercepat di Dunia
Ilustrasi pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian besar di setiap negara di dunia. China, selama ini menjadi salah satu negara yang dikenal dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia.

Namun, China ternyata bukan satu-satunya dengan tingkat pertumbuhan yang terbesar. Berikut 7 negara dengan perkiraan tingkat rata-rata pertumbuhan tahunan tertinggi kurun 2014 hingga 2017, berdasarkan prediksi Bank Dunia. Berita selengkapnya baca di sini.

3. Mau Jadi Pengusaha Sukses? Hilangkan Dulu 5 Sifat Ini
Ilustrasi Pengusaha (Liputan6.com/Johan Fatzry)
Mampu menjadi pengusaha dan memulai bisnis sendiri merupakan impian banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang bisa mewujudkan hal tersebut.

Satu hal yang dapat dilakukan agar Anda mampu menjadi pengusaha sukses adalah merubah perilaku. Rata-rata orang sukses dunia adalah mereka yang memiliki perilaku yang baik. Berita selengkapnya baca di sini.


Source: liputan6.com
Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,01 Persen pada Kuartal I 2016

Liputan6.com, Jakarta - Ekonomi Indonesia pada kuartal I 2016 diperkirakan mampu tumbuh lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya atau pada kuartal I 2015. Pendorong utama pertumbuhan ekonomi tersebut masih konsumsi rumah tangga. 

Kepala Ekonom PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) Juniman memperkirakan, perekonomian Indonesia tumbuh 5,01 persen. Angka tersebut tercipta karena konsumsi rumah tangga dan swasta masih tinggi ditambah dengan belanja pemerintah (government spending).

Estimasi tersebut di atas pencapaian pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2015 yang berada di angka 4,71 persen. Namun memang lebih rendah jika dibandingkan dengan realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal IV 2015 yang tercatat 5,04 persen. "Secara kuartal per kuartal, pertumbuhan ekonomi diprediksi minus 0,25 persen," ujar Juniman saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Baca Juga

  • 7 Negara dengan Pertumbuhan Ekonomi Tercepat di Dunia
  • IMF Ingatkan Potensi Krisis Keuangan Baru
  • Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,1 Persen di 2016

Source: liputan6.com
Gayus Tambunan ‎Menggugat, Ditjen Pajak Siap Melawan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan membenarkan gugatan yang dilayangkan Gayus Tambunan atas pemecatannya saat masih berstatus sebagai pegawai pajak. Gugatan tersebut ditujukan untuk Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Ditjen Pajak.

"Iya benar (menggugat), tapi kemarin (3/5/2016) sidang ditunda," ucap Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan  Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak, Mekar Satria Utama melalui pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Mekar menegaskan, Ditjen Pajak siap memberikan pembelaan atas materi gugatan Gayus Tambunan, terpidana kasus suap dan korupsi yang ditangkap aparat penegak hukum pada 2010 silam.

"Kami siap untuk memberikan argumentasi hukum atas materi gugatannya. Karena dia (Gayus) sudah dipecat lama. Nah dia gugat kalau pemecatannya tidak sah," Mekar menjelaskan.

Saat dikonfirmasi soal tuntutan tunggakanGayus atas gaji yang belum dibayarkanKemenkeu dan Ditjen Pajak sejak Mei 2010-2014 dengan besaran Rp 8,6 juta per bulan dan besaran tuntutanimmateriil senilai Rp 7 miliar, Mekar belum dapat memberikan jawaban pasti. "Nanti saya cek dulu angka-angkanya itu,"paparnya.

Baca Juga

  • Gayus Tambunan Mendadak Datangi PN Jaksel, Ada Apa?
  • Sapaan Menteri Yasonna dan Jawaban Dingin Gayus Tambunan
  • Negara Ini 59 Kali Terapkan Kebijakan Pengampunan Pajak

Source: liputan6.com
OJK: Kami Siap Terima Kedatangan Lembaga Pemeringkat S&P

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa lembaga tinggi negara di sektor keuangan dan pemerintah sedang mempersiapkan diri menyambut kedatangan rombongan lembaga pemeringkat internasional. Persiapan yang matang ini diharapkan bisa membantu lembaga tersebut dalam melakukan pemeringkatan. 

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad mengatakan OJK telah melakukan persiapan yang matang untuk menyambut kedatangan lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor`s (S&P). S&P dijadwalkan mengunjungi Indonesia pada awal Mei 2016.

Persiapan tersebut tidak hanya dilakukan OJK, tapi pemerintah juga melakukan persiapan dengan baik. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah berpesan agar S&P dilayani dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga

  • Saat Peringkat Negara Lain Anjlok, RI Naik Kelas
  • Fitch Tegaskan Prospek RI Stabil
  • Lembaga Pemeringkat Jepang Tegaskan Ekonomi Indonesia Stabil

Source: liputan6.com
Perubahan Fraksi Harga Saham Tak Langsung Terasa

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan fraksi harga saham tidak akan langsung terasa pada perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia. Perubahan fraksi saham tersebut diperkirakan baru akan terasa dalam 6 bulan ke depan.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan, saat ini rata-rata frekuensi transaksi saham di BEI sekitar 210-220 ribu kali. Dengan perubahan fraksi harga saham, BEI menargetkan frekuensi transaksi saham menjadi 250 ribu kali per hari.

"Sekarang 210-220 ribu menurut kita sampai 250 ribu per hari frekuensinya kita lihat 6 bulan ke depan itu kan proses," kata dia di GedungBEI,Jakarta, Selasa malam (3/5/2016).

Baca Juga

  • ‎BEI Incar 250 Ribu Kali Transaksi Saham per Hari
  • Otoritas Bursa Ubah Fraksi Harga Saham
  • BEI dan OJK Sepakat Soal Perubahan Fraksi Harga Saham

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Turun Rp 1.000 Jadi Rp 585 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 1.000 per gram pada perdagangan Rabu pekan ini. Harga emas Antam di angka Rp 585 ribu per gram pada Rabu (4/5/2016), jika dibandingkan dengan perdagangan sehari sebelumnya yang ada di angka Rp 586 ribu per gram.

Sedangkan harga pembelian kembali alias buyback emas Antam turun Rp 1.000 per gram menjadi Rp 530 ribu per gram. Itu artinya jika Anda hendak menjual emas Antam makan akan dihargai Rp 530 ribu per gram.

Pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kg akan dilakukan maksimal 2 (dua) hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi.

Baca Juga

  • Harga Emas Tertekan Penguatan Dolar AS
  • Tambang Emas Martabe Setor Royalti Rp 31,5 Miliar ke Negara
  • Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 586 Ribu per Gram

Source: liputan6.com
Jelang Libur Panjang, IHSG Bergerak Melemah ke 4.804,88

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah pada awal sesi perdagangan saham Rabu pekan ini. Pelemahan IHSG ini mengikuti bursa Asia dan juga Wall Street.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Rabu (4/5/2016), IHSG turun 3,61 poin atau 0,08 persen ke level 4.808,65. Indeks saham LQ45 juga melemah 0,11 persen ke level 826,30.

Pelemahan IHSG berlanjut pada pukul 09.00 WIB. IHSG turun 8,08 poin atau 0,16 persen ke level 4.804,88. Indeks saham LQ45 juga melemah 0,19 persen ke level 825,65. Sebagian besar indeks saham acuan kompak di zona merah. hanya Indeks DBX yang mampu bertahan di zona hijau.

Pada awal sesi perdagangan saham Rabu pekan ini, ada sebanyak 45 saham menghijau namun tak mampu mendorong IHSG ke zona hijau. Sedangkan 59 saham melemah sehingga menekan IHSG. Di luar itu, 49 saham lainnya diam di tempat. IHSG sempat berada di level tertinggi 4.808,64 dan terendah 4.801,75.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 6.214 kali dengan volume perdagangan saham 192,8 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 211,3 miliar.

Baca Juga

  • IHSG Akan Menguat, Cermati 8 Saham Pilihan Ini
  • IHSG Diproyeksi Bergerak Variatif Dekati Libur Panjang
  • IHSG Diproyeksi Bergerak Variatif Dekati Libur Panjang

Source: liputan6.com
Menko Darmin Panggil Menteri ESDM, Bahas Diskon Tarif Listrik?

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyambangi kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Rabu (4/5/2016) pagi. Sudirman tiba di kantor Darmin nasution sekitar pukul 08.45 WIB.

Sudirman menyatakan tidak ada agenda khusus yang akan dibicarakannya dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. "Tidak ada agenda khusus," ujar dia di Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Sudirman juga m‎embantah kedatangannya ke Kementerian Perekonomian ini untuk membahas masalah diskon listrik bagi industri yang belum berjalan dengan baik. "Itu tanya PLN. Pertemuan ini tidak ada kaitannya dengan diskon listrik," kata dia.

Seperti diketahui, pemerintah telah meluncurkan 12 jilid paket kebijakan ekonomi dalam kurun waktu setahun. Dari paket kebijakan deregulasi tersebut, dua kementerian masih mempunyai pekerjaan rumah terhadap pelaksanaan diskon pajak dan potongan tarif listrik di malam hari.

Baca Juga

  • Diskon Tarif Listrik Malam Hari Belum Jalan, Ini Kata Pemerintah
  • PLN Ikuti Aturan Pemerintah Soal Harga Beli Listrik Mikro Hidro
  • Rogoh Kocek Lebih Dalam Usai Tarif Listrik Naik

Source: liputan6.com
Pemerintah Mampu Runtuhkan Mitos Soal Energi Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dikatakan berhasil meruntuhkan beberapa mitos di sektor energi yang selama ini menghalangi pembangunan energi di Indonesia.

Mitos tersebut antara lain menyangkut subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang selama ini sulit dipangkas pemerintah, pembangunan fa‎silitas pengolahan minyak (kilang) yang tidak menguntungkan.

Kemudian, pembubaran Pertamina Energy Trading Limited (Petral) yang menjadi sarang mafia minyak, serta sulitnya pengembangan energi baru terbarukan dan proyek pembangkit listrik 35 ribu Mega Watt (MW).

"Mitos ini satu persatu kita runtuhkan‎," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral‎ (ESDM) Sudirman Said saat Wawancara Khusus dengan Liputan6 di SCTV Tower, Jakarta, Rabu‎ (4/5/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Belum Berencana Gabungkan PLN ke Holding BUMN Energi
  • Begini Cara Pemerintah Atasi Masalah Energi di Wilayah Terpencil
  • Kementerian ESDM: FSRU Lampung Bikin Ketahanan Energi Makin Kuat

Source: liputan6.com
Rizal Ramli Siap Tindak Pengembang Pulau Reklamasi yang Tak Taat

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan berpegang kepada undang-undang yang berlaku untuk menyelesaikan masalah reklamasi. pemerintah pun berjanji akan menindak pengembang yang tidak tunduk kepada aturan yang ada. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan, para pengembang tidak bisa berjalan sendiri untuk mengembangkan proyek reklamasi. Pembangunan pulau-pulau reklamasi harus berpedoman kepada aturan. Bahkan, Rizal Ramli mengancam untuk menindak pada pengembang proyek reklamasi jika tidak mengikuti aturan negara.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rizal saat mengunjungi Pulau C dan D yang menjadi bagian dari proyek reklamasi di utaraDKIJakarta. Dalam kunjungan tersebut, Rizal didampingi oleh menteri terkait dan juga Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Baca Juga

  • Penampakan Pulau Reklamasi C-D: Ruko dan Apartemen Berdiri Kokoh
  • Status Moratorium, Proyek Reklamasi Jakarta Terus Jalan?
  • Proyek Reklamasi Bisa Ganggu Pasokan Listrik Jakarta?

Source: liputan6.com
BPS: Ekonomi RI Tumbuh 4,92 Persen di Kuartal I

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal I 2016 mencapai 4,92 persen (year on year). Angka ini lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi di kuartal I 2015 sebesar 4,73 persen.

Meski demikian, jika dibandingkan kuartal IV 2015, pertumbuhan ekonomi di kuartal I 2016 lebih rendah 0,34 persen. "Hampir selalu kuartal I itu, kegiatan ekonomi yang didukung APBN dan sektoral baru mulai," jelas Kepala BPS Suryamin di kantornya, Rabu (4/5/2016).

Adapun nilai produk domestik bruto (PDB) atas dasar harga konstan (ADHK), tercatat mencapai Rp 2.262,6 triliun. Sementara PDB atas dasar harga harga berlaku (ADHB) sebesar Rp 2.947,6 triliun.

Suryamin menuturkan, pertumbuhan ekonomi di kuartal I ini, masih dipengaruhi berbagai kondisi di pasar global. Seperti harga komoditas di pasar internasional yang masih rendah.

"Perekonomian global pada kuartal I masih lemah. China melambat dari 6,8 persen menjadi 6,7 persen. AS tumbuh 2,0 persen atau sama dengan kuartal sebelumnya. Singapura tumbuh 1,8 persen atau sama dengan kuartal sebelumnya," jelas dia.

Sementara di dalam negeri, jelas Suryamin, pertumbuhan ekonomi juga dipengaruhi inflasi yang kurun Januari-Maret tercatat sebesar 0,62 persen. Kemudian nilai tukar rupiah yang menguat 3,76 perse dan realisasi belanja yang tumbuh 6,16 persen.

Kepala Ekonom PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) Juniman sebelumnya memperkirakan, perekonomian Indonesia tumbuh 5,01 persen. Angka tersebut tercipta karena konsumsi rumah tangga dan swasta masih tinggi ditambah dengan belanja pemerintah (government spending).

Baca Juga

  • Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,01 Persen pada Kuartal I 2016
  • 7 Negara dengan Pertumbuhan Ekonomi Tercepat di Dunia
  • Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,1 Persen di 2016

Source: liputan6.com
Konstruksi Pembangkit Listrik 35 Ribu MW Baru 10 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan hingga saat ini proyek pembangunan pembangkit listrik 35 ribu megawatt (MW) masih berjalan sesuai target. Saat ini dari proyek 35 ribu MW, 10 persennya sudah masuk tahap konstruksi.

"Hari ini kalau lihat progresnya yang sudah konstruksi 10 persen. Ya 10 persen konstruksi ini lumayan baik," ujar dia di Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Selain yang masuk tahap konstruksi, sekitar 36 persen telah masuk dalam proses lelang proyek. Sekitar 31 persen sudah melakukan kontrak jual-beli listrik atau power purchase agreement (PPA). "Sisanya masih awal lah (tahap perencanaan)‎," kata dia.

Berdasarkan data Kementerian ESDM per 13 April 2016, dari proyek listrik 35 ribu MW, sebanyak 12.226,8 MW ‎telah masuk dalam tahap perencanaan atau sekitar 34,4 persen. Kemudian, sebanyak 8.377,7 MW atau sekitar 23,6 persen sedang dalam tahap pengadaan.

 

Baca Juga

  • Ini Peran Serta Pertamina dalam Program 35 Ribu MW
  • Menteri ESDM: Proyek 35 Ribu MW Bukan Target tapi Kebutuhan
  • Realisasi Proyek 35 Ribu MW Baru 1 Persen

Source: liputan6.com
Menanti Ketangguhan Bukit Asam Saat Batu Bara Lesu

Liputan6.com, Jakarta - Efisiensi dan strategi pemasaran penjualan batu bara akan menjadi potensi pertumbuhan kinerja PT Bukit Asam Tbk (PTBA) pada 2016.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mencatatkan laba bersih turun dua persen menjadi Rp 332,86 miliar pada kuartal I 2016. Laba bersih turun itu didorong dari pertumbuhan pendapatan lambat. Pendapatan perseroan mencapai Rp 3,54 triliun atau naik 8 persen hingga kuartal I 2016 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 3,27 triliun.

Analis PT Sinarmas Sekuritas James Wahjudi menuturkan perseroan mampu menjaga cost of goods sold(cogs) dan mengurangi biaya operasional. Hal ini membuat marjin laba kotor stabil 23 persen dan marjin laba operasional naik menjadi 13 persen.

 

Baca Juga

  • Bukit Asam Targetkan Penjualan Batu Bara 29,17 Juta Ton
  • Bukit Asam Bagi Dividen Rp 289,73 per Saham
  • Indonesia Segera Ekspor Listrik ke Malaysia

Source: liputan6.com
Rizal Ramli: Swasta Tak Bisa Kendalikan Reklamasi

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli kembali mengingatkan kepada perusahaan-perusahaan swasta untuk mematuhi aturan pemerintah mengenai rencana reklamasi teluk Jakarta.

Saat mengunjungi pulau C dan D yang menjadi salah satu pulau reklamasi, Rizal Ramli menegaskan untuk menjalankan sebuah proyek, segala aturan harus terlebih dahulu dipenuhi.

"Seperti dikatakan presiden, tidak bisa kalau reklamasi dikendalikan swasta, swasta yang atur begini, bikin peta begini, rancangan udah ada, dan sebagainya. Tugas kami bagaimana semua kepentingan bisa dioptimalkan tapi harus di-drive (dikendalikan) negara," kata Rizal di Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Baca Juga

  • Penampakan Pulau Reklamasi C-D: Ruko dan Apartemen Berdiri Kokoh
  • Status Moratorium, Proyek Reklamasi Jakarta Terus Jalan?
  • Proyek Reklamasi Bisa Ganggu Pasokan Listrik Jakarta?

Source: liputan6.com
Ini Sektor Penyelamat RI Saat Terjadi PHK

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan penurunan jumlah pengangguran di Indonesia sebanyak 430 ribu orang selama setahun (Februari 2015-Februari 2016).

Padahal dalam kurun waktu itu, marak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di berbagai sektor karena ribuan buruh menjadi korban rasionalisasi perusahaan.

Kepala BPS Suryamin mengungkapkan, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2016 sebesar 5,50 persen sebanyak 7,02 juta orang. Realisasi angka pengangguran ini menurun 430 ribu orang sebanyak 7,45 juta orang dengan TPT 5,81 persen di Februari 2015.

"Dalam setahun terakhir TPT turun dan jumlah penganggur berkurang sebanyak 430 ribu orang," kata dia saat Konferensi Pers Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2016 di kantor BPS, Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Baca Juga

  • Pengangguran RI Turun 430 Ribu Orang dalam Setahun
  • Kemenaker Minta Buruh Tak Khawatir Soal Gelombang PHK
  • 4.000 Pekerja Kena PHK hingga April 2016

Source: liputan6.com
Gebrak Meja, Rizal Ramli Tantang Jagoan Proyek Reklamasi Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengadakan dialog dengan para nelayan di Muara Angke mengenai proyek pulau reklamasi di teluk Jakarta.

Dalam dialog tersebut, secara keseluruhan para nelayan menolak rencana reklamasi pulau yang saat ini tengah dikerjakan oleh salah satu pengembang swasta, Agung Podomoro Land .

Salah satu nelayan menyerukan dalam pengerjaan proyek itu, tidak semua orang bisa memasuki wilayah itu. Bahkan para nelayan yang biasa berlayar melewati wilayah itu, tidak boleh menginjakkan kakinya di pulau-pulau itu.

Nelayan itu menuduh pihak APL‎ membatasi masyarakat masuk ke lokasi karena enggan dilakukan pengawasan. Hal ini diyakini karena proyek tersebut belum memenuhi perizinan yang memadahi dari pemerintah pusat. Hal itu senada dengan laporan yang diterimanya dari Menteri Susi.

 

Baca Juga

  • Rizal Ramli: Tidak Bisa Reklamasi Dikendalikan Swasta
  • Rizal Ramli Siap Tindak Pengembang Pulau Reklamasi yang Tak Taat
  • Status Moratorium, Proyek Reklamasi Jakarta Terus Jalan?

Source: liputan6.com
Ada Integrasi Pengelola Tol, Cikarang-Brebes Hanya 3 Jam

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga Tbk memastikan waktu tempuh dari Cikarang, Jawa Barat menuju Brebes Timur, Jawa Tengah, menggunakan tol hanya 3 jam saja. Jasa Marga mampu mempercepat waktu tempuh karena adanya integrasi dari para operator jalan tol.

Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman menjelaskan, perjalanan mudik selalu lebih lama dari hari-hari biasa karena macet akibat jumlah kendaraan membludak. Salah satu penyebab macet tersebut antrean di pintu gerbang tol. 

Oleh karena itu, Jasa Marga dan juga operator jalan tol lain terus mengatur strategi untuk meminimalisir kemacetan. Salah satu langkah yang dilakukan oleh para operator tersebut adalah intergasi. 

Dengan integrasi yang akan dilakukan tersebut, jasa Marga memperkirakan waktu tempuh antaraCikarang hinggaBrebes Timur di kisaran 3 jam. "Cepat sekali. Kami yakin bisa 3 jam, dariCikarang sampai Brebes‎ Timur itu 3 jam," katanya diJakarta, Rabu (4/5/2016).

Baca Juga

  • Bayar Tol Sekali Bayar hingga Brebes Timur Mulai Juni
  • 2 Juta Kendaraan Bakal Padati Jalan Tol Saat Mudik Lebaran 2016
  • Kementerian PUPR: Tol Kanci-Pejagan Harus Mulus Sebelum Lebaran

Source: liputan6.com
Penganggur Lulusan SMK dan Universitas Naik, Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2016 menjadi 5,50 persen dengan jumlah 7,02 juta orang. Orang yang menganggur paling banyak dan mengalami kenaikan berpendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Universitas.

Kepala BPS, Suryamin mengungkapkan, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2016 sebesar 5,50 persen sebanyak 7,02 juta orang. Realisasi angka pengangguran ini menurun 430 ribu orang sebanyak 7,45 juta orang dengan TPT 5,81 persen di Februari 2015.

"Dalam setahun terakhir TPT turun dan jumlah penganggur berkurang sebanyak 430 ribu orang," katanya saat Konferensi Pers Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2016 di kantor BPS, Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Suryamin menyebut, tingkat pengangguran pada jenjang SMK dan Universitas selama setahun terakhir naik masing-masing 9,84 persen dan 6,22 persen di Februari 2016. Sementara TPT di pendidikan ini pada periode yang sama 2015 sebesar 9,05 persen dan 5,34 persen.

"Dalam setahun terakhir, Tingkat Pengangguran Terbuka yang meningkat terjadi pada jenjang SMK 0,79 persen poin dan Universitas 0,88 persen poin. Jadi memang TPT tertinggi pada jenjang pendidikan SMK 9,84 persen," ujarnya.

Baca Juga

  • Pengangguran RI Turun 430 Ribu Orang dalam Setahun
  • Di Jakarta, Lebih Banyak Orang yang Bekerja atau Pengangguran?
  • Kontrak Habis, 20 Ribu Pekerja Blok Banyu Urip Bisa Menganggur

Source: liputan6.com
Strategi Jitu Bikin Tabungan untuk Liburan

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja terus menerus tanpa liburan bakal membuat kamu penat. Ujung-ujungnya kamu stres dan berdampak pada tingkat produktivitas kerja Anda di kantor.

Untuk itu, sebisa mungkin sisihkan biaya dan waktu luang untuk pergi jalan-jalan.  Minimal tiga bulan sekali menikmati keindahan alam atau budaya, baik di dalam maupun luar negeri ampuh membunuh stres.

Akan tetapi untuk urusan liburan seringkali terpentok masalah biaya. Padahal kalau dipikir-pikir gaji bulanan kamu mencukupi untuk berpergian ke tujuan wisata baik di dalam dan luar negeri.

Baca Juga

  • Susah Sisihkan Uang Gaji untuk Ditabung? Bikin Saja Tabungan Rencana
  • Khusus Wanita, Ini Alasan Kamu Agar Berani Negosiasi Gaji
  • Begini Cara Dongkrak Omzet Usaha 

Source: liputan6.com
Menko Darmin Ungkap Penyebab Ekonomi RI Melambat di Kuartal I

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2016 mencapai 4,92 persen. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan kuartal IV 2015 yang sebesar 5,04 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, meski lebih rendah dari kuartal sebelumnya, pertumbuhan ekonomi itu masih lebih baik jika dibandingkan dengan kuartal I 2015 yang sebesar 4,73 persen.

"Ya memang pertumbuhan ekonomi kuartal ini tidak sebagus kuartal IV 2015, tapi masih lebih bagus dari kuartal I 2015," ujar dia di Jakarta, Rabu (4/5/2016).

‎Darmin mengaku ada beberapa hal yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi melambat. Pertama, akibat pertumbuhan kredit usaha yang juga mengalami perlambatan.

Baca Juga

  • BPS: Ekonomi RI Tumbuh 4,92 Persen di Kuartal I
  • Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,01 Persen pada Kuartal I 2016
  • 7 Negara dengan Pertumbuhan Ekonomi Tercepat di Dunia

Source: liputan6.com
PLN Ingin MUI Terbitkan Fatwa Haram Pencurian Listrik

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Persero) meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram untuk  kegiatan pencurian listrik baik di sengaja maupun tidak di sengaja.

General Manager PLN Distribusi Jaka‎rta Raya Syamsul Huda mengatakan, saat ini PLN sedang melakukan pendekatan dengan MUI untuk melakukan pengkajian terhadap pencurian listrik agar lembaga tersebut mengeluarkan fatwa haram.

"PLN Disjaya melakukan pendekatan pada MUI mengkaji untuk dapat fatwa MUI mencuri listrik haram," kata Syamsul, di Kantor PLN Disjaya, Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Syamsul mengungkapkan, pencurian listrik tidak selamanya di sengaja. Ada pihak yang tidak sengaja dan tidak tahu karena ‎ada pihak yang menawarkan jasa penghematan listrik padahal caranya dengan merusak meteran penghitung konsumsi listrik (kilo Watt hour/kWh meter).

Baca Juga

  • Menteri ESDM: PLN Harus Terapkan Diskon Tarif Listrik Industri
  • PLN Klaim Telah Jalankan Penundaan dan Diskon Pembayaran Listrik
  • Pemerintah Belum Berencana Gabungkan PLN ke Holding BUMN Energi

Source: liputan6.com
PP Revisi DNI Tinggal Tunggu Tanda Tangan Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan Peraturan Pemerintah (PP) terkait revisi daftar negatif investasi (DNI) akan segera diterbitkan. Saat ini PP tersebut telah selesai dibahas dan tinggal menunggu ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"PP-nya sudah kita final semua. Tinggal tunggu ditandatangani," ujar dia di Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Dia menjelaskan, belum bisa diterbitkannya PP tersebut selama ini lantaran masih ada perbedaan penafsiran antara kementerian dan‎ lembaga. Namun perbedaan tersebut kini telah selesai.

Baca Juga

  • BKPM Buka Investasi dari Berbagai Negara
  • BKPM: Pusat Logistik Berikat Dorong Daya Saing Produk RI
  • DNI Berubah, BKPM Gencar Tarik Investor

Source: liputan6.com
Ekonomi RI Sulit Tumbuh 5 Persen di Kuartal I

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) telah melaporkan realisasi pertumbuhan ekonomi 4,92 persen pada kuartal I 2016. Sayangnya pencapaian tersebut meleset dari optimisme pemerintah dan pengamat yang memproyeksikan ekonomi Indonesia mampu bertumbuh 5 persen.

Kepala BPS Suryamin mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I 2016 berada pada angka 4,92 persen atau lebih tinggi dibanding realisasi periode yang sama 2015 sebesar 4,73 persen. Namun lebih rendah dibanding kuartal IV-2015 sebesar 5,04 persen.

"Hampir selalu kalau di kuartal I kegiatan ekonomi yang didukung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan sektoral baru dimulai. Tapi ini start di 2016 yang sangat baik dibanding kuartal I 2015 lalu," ujar Suryamin di kantornya, Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Baca Juga

  • BPS: Ekonomi RI Tumbuh 4,92 Persen di Kuartal I
  • 7 Negara dengan Pertumbuhan Ekonomi Tercepat di Dunia
  • Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,1 Persen di 2016

Source: liputan6.com
Jumlah Pengangguran Terbanyak Ada di Provinsi Ini
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia mencapai 5,5 persen dengan jumlah 7,02 juta orang pada Februari 2016. Wilayah dengan tingkat pengangguran paling tinggi terdapat di Kepulauan Riau (Keppri) dan terendah di Bali. 
Source: liputan6.com
Lahirkan SDM Berkualitas, Pemerintah Butuh Rp 44 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berupaya keras meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Untuk mendukung program peningkatan kualitas SDM dengan meningkatkan kualitas sekolah kejuruan, Politeknik, Balai Latihan Kerja (BLK) dan sejenisnya, pemerintah siap mengalokasikan dana dalam APBNP 2016.

"Alokasi dana pendidikan kita yang selama ini masih bersifat umum itu cukup besar, Rp 114 triliun. Ancer-ancernya kita ingin alokasikan Rp 44 triliun‎ khusus untuk meningkatkan kualitas jumlah alumni untuk pendidikan kejuruan‎ dan sejenisnya," kata Menko bidang kemaritiman Rizal Ramli di kantornya, Rabu (4/5/2016).

Rizal mengungkapkan, dalam menghadapi persaingan pasar bebas ASEAN, peningkatan kualitas SDM menjadi satu hal yang wajib. Selama ini,dikatakanRizal, alumni asal Indonesia masih kurang diminati negara lain, karena kurang memiliki kemampuan khusus.

Baca Juga

  • 200 Ribu Angkatan Kerja Bakal Bisa Magang di Perusahaan Nasional
  • Kemnaker dan Kadin Jalin Kerja Sama Dorong Kompetensi Pekerja RI
  • Pemerintah Targetkan 10 Juta Kesempatan Kerja hingga 2019

Source: liputan6.com
Ini Sanksi Tegas Bagi Pencuri Listrik

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menyatakan, PLN bersama pemerintah telah menyiapkan sanksi untuk pelanggar penggunaan listrik salah satunya pencuri listrik.

General Manager PLN Disjaya, Syamsul Huda mengatakan, pengguna yang melakukan pelanggaran penggunaan listrik dengan menaikkan daya tidak sesuai yang disepakati anta‎ra pelanggan dan PLN, akan dikenakan sanksi pemutusan sementara sampai penggunaan listrik secara tidak resmi yang telah dihitung tersebut dibayar pelanggan.

"Pelanggaran yang melakukan pelanggaran diberikan sanksi, pemutusan sementara, sampai pembayaran dilakukan," kata Syamsul, di kantor PLN Disjaya, Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Baca Juga

  • Menteri ESDM: PLN Harus Terapkan Diskon Tarif Listrik Industri
  • PLN Klaim Telah Jalankan Penundaan dan Diskon Pembayaran Listrik
  • Pemerintah Belum Berencana Gabungkan PLN ke Holding BUMN Energi

Source: liputan6.com
Top 3: Makanan Termahal di Dunia Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta - Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Semua orang pasti membutuhkan asupan makan agar mampu menjalani kehidupannya. Tak heran, perkembangan bisnis di bidang ini pun kini sudah semakin pesat. Semakin banyak orang yang tidak ragu lagi menapaki bisnis di bidang ini.

Beberapa restoran di dunia bahkan tidak segan untuk menyajikan masakan dengan harga yang sangat mahal. Salah satu makanan mahal yaitu Posh Pie.

Makanan ini dibanderol dengan harga US$ 9.484 atau setara dengan Rp 124,7 juta. Makanan ini disajikan oleh The Lord Dudley Hotel di Australia. Kue ini disajikan dengan daging sapi terbaik dan didalamnya dimasak dengan taburan emas.

Artikel lima makanan termahal di dunia. Apa saja? telah menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu pekan ini.

Tak hanya itu saja, unggahan tak boleh dilakukan di media sosial jika ingin dapat kerja juga bikin penasaran pembaca. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di kanal bisnis? Berikut tiga artikel terpopuler di kanal bisnis seperti dirangkum pada Rabu (4/5/2016).

1. 5 Makanan Termahal di Dunia. Apa Saja?

Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Semua orang pasti membutuhkan asupan makan agar mampu menjalani kehidupannya. Tak heran, perkembangan bisnis di bidang ini pun kini sudah semakin pesat.

Semakin banyak orang yang tidak ragu lagi menapaki bisnis di bidang ini.Beberapa restoran di dunia bahkan tidak segan untuk menyajikan masakan dengan harga yang sangat mahal. Salah satu makanan mahal yaitu Posh Pie.

Makanan ini dibanderol dengan harga US$ 9.484 atau setara dengan Rp 124,7 juta. Makanan ini disajikan oleh The Lord Dudley Hotel di Australia. Kue ini disajikan dengan daging sapi terbaik dan didalamnya dimasak dengan taburan emas. Selengkapnya baca di sini

2. Jangan Unggah Hal Ini di Media Sosial Jika Ingin Dapat Kerja

Dunia digital yang berkembang semakin pesat membuat banyak orang pun tidak mau tertinggal dari kemajuan teknologi tersebut. Banyak orang yang membuat akun media sosial untuk terus terhubung dengan teman dan kerabat terdekat.

Media sosial ini ternyata juga merupakan salah satu media yang dilihat oleh HRD ketika menyeleksi karyawan. Mereka dapat melihat tindak tanduk seseorang dari konten yang mereka tunjukan di media sosial.

Apa saja sebaiknya yang tidak Anda tunjukan di media sosial agar karir Anda dapat terus berjalan mulus? Selengkapnya baca di sini

3. Gebrak Meja, Rizal Ramli Tantang Jagoan Proyek Reklamasi Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengadakan dialog dengan para nelayan di Muara Angke mengenai proyek pulau reklamasi di teluk Jakarta.

Dalam dialog tersebut, secara keseluruhan para nelayan menolak rencana reklamasi pulau yang saat ini tengah dikerjakan oleh salah satu pengembang swasta, Agung Podomoro Land.

Salah satu nelayan menyerukan dalam pengerjaan proyek itu, tidak semua orang bisa memasuki wilayah itu. Bahkan para nelayan yang biasa berlayar melewati wilayah itu, tidak boleh menginjakkan kakinya di pulau-pulau itu. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Pilihan Hari Baik Saat Mudik Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Memilih hari  mudik merupakan satu hal sulit bagi masyarakat khususnya yang saat ini tinggal di Jakarta. Terlebih, bagi masyarakat yang mudik menggunakan mobil pribadi.

Ada kekhawatiran karena salah memilih hari akan terjebak macet dan menghabiskan waktu seharian di jalan.

Direktur Utama PT Jasa ‎Marga Tbk (JSMR) Adityawarman mengatakan, masyarakat yang mudik sebaiknya menghindari hari Jumat pada 1 Juli 2016. Hal itu lantaran hari tersebut diperkirakan menjadi beban puncak mudik.

"Untuk antisipasi Lebaran 6-7 Juli Rabu-Kamis. Senin-Selasa libur bersama. Berarti kami antisipasi Jumat siang dan malam. Jumat itu H-5 mulai berduyun masih panjang kita jangan emosional Jumat semua," kata dia, di Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Baca Juga

  • Tol JORR Bakal Macet Saat Lebaran, Ini Penyebabnya
  • Bos Jasa Marga Keberatan Tarif Tol Gratis Saat Mudik Lebaran
  • Tarif Tol Diusulkan Gratis Saat Lebaran, Ini Kata Menteri PUPR

Source: liputan6.com
Kasus Pencurian Listrik Sering Menimpa Pembeli Properti Bekas

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) mengingatkan masyarakat yang yang akan membeli atau menyewa properti bekas untuk waspada terhadap pelangaran penggunaan listrik‎. Salah satu yang paling banyak terjadi adalah pada pembelian rumah bekas.

General Manager PLN Disjaya, Syamsul Huda mengatakan, ‎pelanggaran penggunaan tenaga listrik biasanya terjadi pada properti yang berpindah tangan kepemilikan. Pasalnya pemilik baru tidak mengetahui pemilik lama melakukan pelanggaran.

"Biasa terjadi pada properti jual beli, seringkali pembeli baru tidak tau sesungguhnya ada masalah yang melanggar," kata ‎Syamsul, di Kantor PLN Disjaya, Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Baca Juga

  • Ini Sanksi Tegas Bagi Pencuri Listrik
  • PLN Ingin MUI Terbitkan Fatwa Haram Pencurian Listrik
  • Menteri ESDM: PLN Harus Terapkan Diskon Tarif Listrik Industri

Source: liputan6.com
Bulog Minta Ini Agar Tekan Harga Bawang Merah

Liputan6.com, Jakarta - Perum Badan Urusan Logisti/Bulog menilai lonjakan harga bawang merah di kota-kota besar seperti Jakarta lebih disebabkan oleh kurangnya informasi ketersediaan komoditas tersebut di daerah sentra produksi.

Kepala Divisi Penjualan Perum Bulog Subali Agung Gunawan mengatakan, ‎selama ini kenaikan harga bawang merah di kota besar dipicu oleh penurunan pasokan bawang merah yang disebabkan oleh berbagai hal. Padahal pada saat yang sama, ‎di daerah sentra produksi bawang tengah mengalami panen raya.

"Bawang merah karena faktor informasi, di daerah mana yang butuh, di daerah mana yang surplus dan defisit. Sekarang misalnya di Brebes banyak, sementara di Jakarta harganya mahal,‎" ujar dia di Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Baca Juga

  • Harga Bawang Merah Melonjak, Pemerintah Cek Kebenaran Data Pangan
  • Ini Biang Kerok Naiknya Harga Bawang Merah
  • Harga Bawang Merah Meroket, Pemerintah Tak Perlu Impor

Source: liputan6.com
Bulog Beli 23 Ribu Ton Bawang Merah dari Petani Lokal

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menginstruksikan kepada Perum Bulog untuk membeli 23 ribu ton bawang merah dari petani lokal di 13 wilayah di Indonesia.

Dengan upaya tersebut, harga jual bawang merah diharapkan turun drastis sehingga tidak memberatkan masyarakat.  Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Garjita Budi mengungkapkan, pemerintah menyepakati dan memerintahkan Bulog menyerap bawang merah sebanyak 23 ribu ton untuk periode Mei 2016. Sementara produksi bawang merah mencapai 100 ribu ton.

"Komitmennya bawang merah yang bisa diserap Bulog sebanyak 23 ribu ton. Itu di Mei saja dan sudah pasti tersedia di depan mata. Karena kalau bisa diserap seperlima dari itu (100 ribu ton), sudah cukup," kata dia usai Rapat Koordinasi Pangan di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (4/5/2016).

 

Baca Juga

  • Curhatan Pedagang Pasar Minta Pemerintah Impor Bawang Merah
  • Harga Bawang Merah Melonjak pada Awal Mei
  • Ini Biang Kerok Naiknya Harga Bawang Merah

Source: liputan6.com