Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Selasa, 12 April 2016
Ini Daftar 25 Negara Termiskin di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Tentu setiap negara memiliki angka kemiskinan, terutama pada negara berkembang. Negara-negara di benua Afrika mendominasi daftar 25 negara termiskin di dunia.

Melansir dari Business Insider, Selasa (11/4/2016), menurut analisis dari majalah Global Finance, dari 25 daftar tersebut hanya ada lima negara yang tidak berasal dari benua Afrika.

Berdasarkan data dari World Bank dan International Monetary Fund, peringkat tersebut diberikan pada negara-negara di dunia sesuai dengan produk domestik bruto  (PDB) mereka berdasarkan paritas daya beli per kapita.

Baca Juga

  • RI Masih Berjuang Berantas Kemiskinan dan Pengangguran
  • Orang Kaya di Negara Ini Lebih Panjang Umur dari yang Miskin
  • Yunani, Sarang Kemiskinan di Eropa

Source: liputan6.com
OPINI: Panama Papers, Wake-up Call yang Harus Direspons Hati-hati

Liputan6.com, Jakarta - Harus diakui, heboh nama-nama asal Indonesia yang tercatat dalam Panama Papers telah memberikan kesan bagi sebagian kalangan, bahwa mereka adalah segelintir warga negara berpenghasilan sangat tinggi yang melakukan pelanggaran hukum terutama berupa praktik penggelapan pajak.

Tentu, impresi seperti itu tidak sepenuhnya keliru atau benar. Adanya fitur kerahasiaan yang lekat dalam bisnis offshore di tax haven memungkinkan disembunyikannya pemilik aset yang sebenarnya, asal-usul aset, sekaligus menghindari pajak atas kepemilikan aset tersebut.

Panama Papers sejatinya berupaya mengupas seluk beluk industri kerahasiaan yang terdiri atas empat komponen, yaitu: tax haven, nasabah, perantara, dan aliran dana gelap.

 

Baca Juga

  • OPINI: Mengapa Orang Kaya AS Tak Masuk Daftar Panama Papers?
  • OPINI: Panama Papers, Salahkah WNI Taruh Uang di Luar Negeri?
  • OPINI: Kereta Api Cepat yang Memang Perlu Cepat-cepat

Source: liputan6.com
Ini Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini program asuransi terus berkembang. Melihat banyak asuransi yang dijual terpisah masyarakat lebih memilih asuransi yang terpisah. Hal ini tentu tidak salah, karena membeli asuransi merupakan cara awal dalam menanggulangi keuangan pada masa mendatang.

Justru membeli asuransi harus dilakukan karena bisa membantu Anda ketika keadaan yang merugikan menimpa Anda.

Persiapan keuangan melalui asuransi inilah yang bisa membantu Anda memperbaiki keuangan dengan mendapat tanggungan dari asuransi tersebut.

Sekarang ini, asuransi jiwa sudah bisa membantu Anda dalam melakukan perencanaan keuangan mendatang. Namun, masyarakat masih belum percaya dengan asuransi jiwa.

Baca Juga

  • 4 Tips Memilih Asuransi Murah dan Aman
  • Manfaat yang Didapatkan dari Asuransi
  • Ingin Liburan Tenang, Gunakan Asuransi Perjalanan

Source: liputan6.com
Dexlite, Solar Terbaru Pertamina Meluncur Pekan Ini

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) bakal meluncurkan varian baru solar dengan label Dexlite pada pekan ini. Produk baru ini akan melengkapi ragam bahan bakar yang dijual dan memberikan pilihan lebih banyak jenis bahan bakar ke masyarakat.

"Rencananya Dexlite akan mulai dijual pekan ini," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (12/4/2016).

Dexlite memiliki cetane number 51 dan kadar sulfur yang lebih rendah 1.000 hingga 1.200. Sementara solar bersubsidi yang dijual saat ini hanya memiliki cetane number 35 dan kadar sulfur 3.500. Produk ini pun diharapkan dapat memperbaiki kualita sBBM yang ada.

Baca Juga

  • Mulai Disalurkan April, Ini Kelebihan Solar Dexlite
  • Pertamina Siapkan Solar Varian Baru, Ini Kisaran Harganya
  • Harga Premium dan Solar Turun Rp 500 per Liter

Source: liputan6.com
RI Bakal Cetak Sejarah di Pertemuan IMF dan Bank Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro akan menghadiri rangkaian Pertemuan Musim Semi Bank Dunia dan Dana Moneter lnternasional (the IMF-World Bank Spring Meetings) di Washington D.C.‚ Amerika Serikat.

Bambang mengatakan, pertemuan berlangsung 12 April-18 April 2016 tersebut akan dihadiri Dewan Gubernur anggota IMF dan Bank Dunia‎ yang umumnya dijabat oleh Menteri Keuangan atau Menteri Ekonomi dan Gubernur Bank Sentral.

Pertemuan itu juga dihadiri oleh berbagai lembaga dan organisasi keuangan internasional lain, media massa, serta organisasi-organisasi non-pemerintah, akademisi dan juga sektor swasta.

"Kegiatan utama pada Spring Meetings adalah pertemuan Development Committee (DC) atau disebut juga Joint Ministerial Committee on the Boards of Governors of the Bank and the Fund on the Transfer of Real Resources to Developing Countries dan pertemuan International Monetary and Financial Committee (IMFC) pada 15-17 April," kata Bambang, di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta , Rabu (11/4/2016).

 

Baca Juga

  • Jurus Pemerintah agar Uang WNI Kembali ke RI
  • Menkeu: Belum Ada Konglomerat Infrastruktur di RI
  • Ini Isu yang Dibawa Menteri Bambang dalam Pertemuan G20

Source: liputan6.com
RI Bakal Curi Ilmu dari AS soal Buru Pajak di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan Republik Indonesia akan belajar dari Direktorat Pajak Amerika Serikat (AS) (Internal Revenue Service/IRS)‎ agar bisa mengejar pajak ke luar negeri.

Menteri Keuangan Bambang ‎Brodjonegoro mengatakan, pihaknya akan menjalin kerja sama dengan IRS untuk mempelajari aturan yang dimiliki IRS sehingga memiliki otoritas memburu pajak ke luar negeri. Dengan cara itu diharapkan pendapatan pajak akan meningkat.

"Intinya kita belajar dari IRS bagaimana otoritas yang mereka miliki, apa saja aturan yang dimiliki mereka sampai punya otoritas seperti sekarang. Bagaimana mengejar pajak di luar negeri," kata Bambang, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (11/4/2016).

 

Baca Juga

  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak, Menkeu Cari Akal Tambal APBN
  • Jurus Pemerintah agar Uang WNI Kembali ke RI
  • Tax Amnesty Jadi Cara Ampuh Tarik Uang Orang RI di Luar Negeri

Source: liputan6.com
AP II Rogoh Rp 20 Miliar untuk Perbaiki Runway Bandara Halim
Paska insiden tabrakan pesawat Batik Air dan Trans Nusa pada awal April lalu membuat PT Angkasa Pura II (Persero) meningkatkan upaya untuk memperbaiki layanan dan fasilitas di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.
Source: liputan6.com
IHSG Lanjutkan Koreksi, Amati Saham Pilihan Ini

Liputan6.com, Jakarta Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih akan melanjutkan tekanan pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Lantaran kekhawatiran pelaku pasar terhadap kinerja bank pada kuartal I 2016 masih membayangi IHSG.

Kepala Riset PT Universal Broker Securities Satrio Utomo menuturkan, IHSG akan bergerak di kisaran 4.750-4.845 pada perdagangan saham Selasa pekan ini.

Sejumlah sentimen yang pengaruhi IHSG antara lain konsolidasi bursa saham global dan kekhawatiran terhadap laporan kinerja bank pada kuartal I 2016.

Baca Juga

  • Investor Asing Lepas Saham Bank, IHSG Melemah 59 Poin
  • Ikuti Bursa Asia, IHSG Melemah ke 4.840,93
  • IHSG Bakal Melemah Terbatas di Awal Pekan

Source: liputan6.com
Sepi Sentimen Positif, IHSG Akan Bervariasi

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung mendatar pada perdagangan saham Selasa (12/4/2016). Belum nampaknya sentimen positif membuat IHSG cenderung tak bergairah.

"Saat ini fase konsolidasi yang terjadi terlihat masih cukup wajar. Walaupun secara jangka pendek IHSG terlihat dalam kategori sideways yang cukup kuat," kata Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya dalam ulasannya.

William mengatakan, kondisi itu menjadi peluang bagi investor untuk akumulasi saham. Dia memperkirakan, IHSG bergerak pada support ‎4.756 dan resistance 4.863.

Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi memperkirakan IHSG bergerak pada support 4.760 dan resistance pada level 4.840.

Baca Juga

  • Investor Asing Lepas Saham Bank, IHSG Melemah 59 Poin
  • Ikuti Bursa Asia, IHSG Melemah ke 4.840,93
  • Data Ekonomi AS dan China Bayangi IHSG Sepekan

Source: liputan6.com
Jelang Rilis Laporan Keuangan Picu Wall Street Merosot

Liputan6.com, New York - Wall street melemah pada perdagangan saham awal pekan ini. Sektor saham konsumsi menghambat penguatan bursa saham AS lantaran investor juga mengantisipasi laporan keuangan yang diperkirakan suram.

Pada penutupan perdagangan saham Senin (Selasa pagi WIB), indeks saham Dow Jones melemah 20,55 poin atau 0,12 persen ke level 17.556,41. Indeks saham S&P 500 merosot 5,61 poin atau 0,27 persen ke level 2.041,99. Indeks saham Nasdaq tergelincir 17,29 poin atau 0,36 persen ke level 4.833,40. Dari 10 sektor saham, sektor saham keuangan dan bahan baku menguat.

Di awal pekan ini, investor sedang mencari sinyal laporan keuangan perusahaan pada kuartal I 2016.

Musim laporan kinerja ini dimulai dari laporan Alcoa. Perusahaan logam tersebut melaporkan laba kuartalan lebih rendah seiring harga aluminium tertekan. Harga saham Alcoa turun lebih dari dua persen.

Baca Juga

  • Kenaikan Harga Minyak Topang Penguatan Wall Street
  • Lonjakan Harga Minyak Angkat Bursa Saham AS
  • Wall Street Melemah Dipicu Penurunan Harga Minyak

Source: liputan6.com
Kekhawatiran Investor Dorong Harga Emas Menguat

Liputan6.com, Chicago - Harga emas menguat pada perdagangan saham awal pekan ini seiring harapan investor terhadap suku bunga lebih rendah. Hal itu membantu penguatan harga komoditas.

Harga emas untuk pengiriman Juni naik US$ 14,20 atau 1,1 persen menjadi US$ 1.258 per ounce di divisi Comex. Harga emas itu tertinggi sejak 17 Maret.

Penguatan harga emas ditopang sejumlah sentimen antara lain kekhawatiran investor terhadap kinerja keuangan perusahaan dan pertumbuhan ekonomi. Musim laporan kinerja diawali dari laporan kinerja Alcoa Inc.

 

Baca Juga

  • Harga Emas Naik Imbas Pelemahan Dolar AS
  • Harga Emas Antam Naik Rp 5.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Masih Dijual Rp 569 Ribu per Gram

Source: liputan6.com
DPR: Pemerintah Tak Perlu Revisi Pertumbuhan Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi XI DPR, Donny Imam Priambodo menilai pemerintah tidak perlu melakukan revisi terhadap target pertumbuhan ekonomi tahun ini dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) 2016. Target tersebut dianggap masih sesuai dengan kondisi ekonomi saat ini.

Donny menyatakan dirinya yakin dalam menentukan target pertumbuhan ekonomi, pemerintah telah melakukan melakukan kajian secara matang.

Selain itu, penentuan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen merupakan hak dari pemerintah sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Mungkin Presiden mempunyai way out lain bagaimana menaikkan pertumbuhan ekonomi di situasi pelambatan ekonomi baik nasional maupun global," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (12/4/2016). ‎

 

Baca Juga

  • Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,1 Persen di 2016
  • Bank Dunia: Tiongkok Jadi Penahan Pertumbuhan Ekonomi Asia Timur
  • Program Nawacita Harus Sesuaikan Perekonomian Terkini

Source: liputan6.com
Bangun Jaringan Gas Jadi Jurus Pemerintah Kurangi Subsidi Elpiji

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan jaringan gas kota dengan menggunakan pipa menjadi salah satu langkah pemerintah untuk mengurangi konsumsi subsidi Elpiji. Saat ini pemerintah tengah mendorong pemerataan jaringan gas kota. 

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, pemerintah terus mengusahakan untuk memperluas jaringan gas kota. Langkah ini guna mendorong peralihan penggunaan dari Elpiji ke gas bumi. Dengan adanya peralihan tersebut diharapkan konsumsi Elpiji subsidi akan terus berkurang.

"Secara bertahap kami akan bangun secara masif jaringan gas. nanti secara langsung daerah yang sudah memiliki jaringan gas maka konsumsi Elpiji subsidi akan berkurang," kata Wiratmaja di Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Baca Juga

  • Subsidi BBM dan Elpiji Bakal Dipangkas Rp 23,8 Triliun
  • Subsidi Elpiji Berkurang, Ini Usul Pertamina
  • Pemerintah Batalkan Kenaikan Harga Elpiji

Source: liputan6.com
Ingin Liburan? KAI Jual Tiket Kereta Murah di April

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengadakan promo tiket di bulan ini. Promo ini ditujukan bagi para pelancong yang ingin berpetualangan keliling Pulau Jawa dan Sumatra dengan menggunakan kereta api.

Corporate Secretary KAI Agus Komarudin dalam keterangannya kepada Liputan6.com mengungkapkan promo ini salah satu tujuannya untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan moda kereta api dan meningkatkan wisatawan di masing-masing kota tujuan.

"Program ini memberikan tarifpromo yakni diskon 20 persen dari tarif batas bawah tiap-tiap kereta untuk Kereta Api kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomitertentu‎," kata Agus, Selasa (12/4/2016).

Baca Juga

  • Ini 3 Kota Tujuan Mudik Terlaris Jelang Lebaran
  • KAI Siapkan 4,4 Juta Kursi Kereta Reguler pada Mudik Lebaran 2016
  • Tarif Kereta Ekonomi Jarak Jauh Turun per 1 April 2016

Source: liputan6.com
Promo KAI, Ini Daftar Kereta dengan Harga Tiket Lebih Murah

Liputan6.com, Jakarta - Satu lagi suguhan promo dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) bagi para traveler dan pengguna jasa transportasi di Indonesia. Pada April 2016, PT KAI menghadirkan program `April Holiday 2016`.

Program ini memberikan tarif promo yakni diskon 20 persen dari tarif batas bawah tiap-tiap kereta untuk Kereta Api kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi tertentu. Tidak tanggung-tanggung, program promo tersebut berlaku untuk 30 kereta api di Jawa maupun Sumatera.

Dalam program promo tersebut, PT KAI menyiapkan kuota ‎sampai 60 tempat duduk per kereta api. Dengan ada promo ini diharapkan lebih mendorong masyarakat untuk berlibur maupun bepergian dengan menggunakan angkutan KA dengan tarif terjangkau.

 

Baca Juga

  • KAI Siapkan 4,4 Juta Kursi Kereta Reguler pada Mudik Lebaran 2016
  • KAI Operasikan Kereta Panjang Jurusan Surabaya dan Semarang
  • Operasikan Rangkaian Panjang, KAI Pensiunkan Kereta Tegal Arum

Source: liputan6.com
Pencabutan Subsidi Listrik Golongan 900 VA Tunggu Sidang Kabinet

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, pencabutan subsidi listrik bagi pelanggan PT PLN (Persero) golongan 900 Volt Ampere (VA) yang masuk dalam kategori masyarakat mampu‎ belum bisa dieksekusi secepatnya. Pencabutan Subsidi listrik tersebut masuh menunggu persetujuan dalam sidang kabinet. 

Sudirman mengatakan, Kementerian ESDM telah memilah pelanggan golongan 900 VA yang masih berhak mendapat subsidi dengan yang sudah tidak berhak mendapat subsidi. Hasil dari memilah tersebut telah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Proses selanjutnya adalah melakukan eksekusi pencabutan listrik bagi mereka yang mampu. Namun untuk melakukan eksekusi tersebut, Kementerian ESDM dan PLN masih menunggu waktu penerapan yang tepat. Pembahasan waktu yang tepat tersebut akan dilakukan dalam sidang kabinet.

"Sampai saat ini belum tahu penerapannya kapan, nanti prosesnya dalam sidang kabinet terbatas. Terakhir itu prosesnya kami diminta untuk melakukan verifikasi dan itu sudah selesai. Nanti keputusan pemerintah bagaimana akan segera atau ditunda tergantung situasi‎," kata Sudirman, di Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Baca Juga

  • Jurus PLN Salurkan Subsidi Listrik Tepat Sasaran
  • Pelanggan Listrik 900 Va Boleh Minta Kembali Disubsidi
  • Tarif Listrik Bagi 18 Juta Pelanggan PLN Ini Bakal Naik

Source: liputan6.com
150 Pengusaha Oman dan Kuwait Minati Kerja Sama di RI

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menggelar misi dagang ke Oman dan Kuwait pada 27 Maret-1 April 2016. Hasilnya, ratusan pengusaha di dua negara itu berkomitmen menjalin kerja sama perdagangan dengan para pengusaha Indonesia.

"Hasilnya sangat positif. Pemerintah Oman dan Kuwait serta 150 pengusaha di kedua negara itu tertarik menjalin kerja sama pada lima sektor, yaitu perdagangan, energi, investasi, perbankan, dan tenaga profesional," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Nus Nuzulia Ishak di Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Nus menuturkan misi dagang ke Oman dan Kuwait itu sangat strategis. Oman menjadi pintu masuk perdagangan Indonesia ke negara-negara Timur Tengah dan Afrika.

"Kuwait dan Oman tengah giat melakukan pembangunan berbagai sektor, antara lain energi, infrastruktur, pariwisata, serta investasi. Hal ini menjadi peluang produk barang dan jasa Indonesia untuk mengambil alih pasar," kata dia.

Di Kuwait, tim misi dagang Kemendag bertemu Kuwait Investment Authority, Kementerian Perdagangan dan Industri Kuwait, Kuwait Investment Company, serta counterpart tenaga kerja, yaitu Gulf Spec, ONG, Management Grand Hyper Supermarket, dan Salman Al-Dabbous Holding Co.

Sebanyak 14 pelaku usaha Indonesia membawa produk barang dan jasa yang terdiri atas 10 pelaku usaha ekspor, tiga Perusahaan Penempatan TKI Swasta (PPTKIS), dan PT Pupuk Indonesia.

Dalam salah satu kesempatan, General Manager Daud Al-Dabbous menawarkan pembentukan House of Indonesian (3 ribu-5 ribu meter persegi) di Hawalli Kuwait. Rencana ini disambut baik dan diharapkan format kerja samanya dapat disepakati dalam tahun ini.

Selain itu, tercatat pembelian (produk contoh) perhiasan Indonesia senilai US$ 3.600. Lebih lanjut, Salman Al-Dabbous Holding Co. dan Grand Hyper Supermarket juga meminta perusahaan perhiasan Indonesia untuk mengisi gerainya di Kuwait.

"Untuk tenaga kerja profesional Indonesia, tercatat beberapa permintaan yang perlu ditindaklanjuti segera, khususnya untuk posisi scaffolders sebanyak 35 orang dari Kharafi National, tenaga perawat sebanyak 450 orang, dan caregiver & midwife sebanyak 200 orang, serta tenaga hospitality sebanyak empat orang dari Rumah Sakit Al Shifa Kuwait dan Al Essa Kuwait Home Medical Care Co," tutur Nus.

Beberapa permintaan kerja sama dari mitra bisnis Oman antara lain penawaran pembangunan pusat distribusi dan penyimpanan obatan-obatan dan farmasi yang akan menjangkau kawasan Afrika, yaitu Tanzania dan Angola, dengan nilai US$ 1,3 juta per tahun.

Ada pula permintaan impor wooden charcoal dari Indonesia senilai US$ 42 ribu, satu kontainer stick charcoal sebesar US$ 9.800, serta aksesori kamar mandi senilai US$ 38 ribu.

Selain itu, ada pula initial order untuk produk kertas sebanyak enam kontainer per tahun senilai US$ 250 ribu.

Di lain pihak, peralatan listrik dan ducting mendapatkan empat distributor dengan nilai transaksi senilai US$ 200 ribu. Supplier industri penerbangan Oman menawarkan mengisi kebutuhan selimut, termasuk juga untuk hotel.

Sementara itu, produk perhiasan tak ketinggalan mencatatkan transaksi senilai US$ 2.400 untuk barang contoh dan adanya pemesanan mencapai US$ 7.200 yang masih dalam tahap negosiasi serta mendapatkan tawaran mengisi tiga toko, salah satunya adalah di toko serba Grand Avenue Mall.

Selain itu, tercatat enam inquiry produk ikan olahan (tuna dan makarel) serta permintaan kayu gaharu yang cukup besar dan perlu segera ditindaklanjuti.

Di sisi lain, PPTKIS mendapatkan tawaran pemintaan 10 tenaga kesehatan, dua fisioterapis, 200 tenaga hospitality (butcher, baker, general cook, foreign food cook, confectioner, waiter, waitress, presser, steam pressing, dry cleaning worker, washing machine operator), lima assistant driller, serta 12 tenaga kerja untuk posisi aquaculture supervisor, barista, chocolate assistant, pastry chef, dan operator mesin.

Melihat antusiasme pelaku usaha Kuwait dan Oman terhadap produk Indonesia, kata Nus, Kemendag akan terus melakukan upaya promosi terpadu yang berkesinambungan.

"Kuwait dan Oman akan menjadi pasar yang sangat potensial bagi peningkatan perdagangan berbagai produk ekspor barang dan jasa potensial Indonesia," kata dia. (Dny/Ahm)


Source: liputan6.com
Pemerintah Pangkas Puluhan Izin Demi Permudah Program Rumah Murah

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan memangkas dan menyederhanakan puluhan izin yang selama ini menghambat pembangunan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Langkah tersebut diharapkan mendorong pengembang dapat merealisasikan program rumah murah dan membuat masyarakat berpenghasilan rendah bisa mendapatkan rumah dengan harga terjangkau.  

Hal ini menjadi kesepakatan beberapa Kementerian/Lembaga dalam Rapat Koordinasi Penyederhanaan Regulasi Perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang digelar di kantor Kementerian Bidang Perekonomian, Jakarta pada hari ini.

Rakor antara lain dihadiri Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, serta Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Maurin Sitorus.

Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkap, banyak aturan yang tumpang tindih dan seharusnya tidak diperlukan untuk pembangunan perumahan MBR. Selain itu pengembang pun dihadapkan pada ketidakpastian harga pengurusan izin.

Baca Juga

  • Pengembang Rumah Murah di Jambi Terkendala Pembiayaan
  • Bangun Rumah Murah, Pengembang Daerah Harus Proaktif
  • Peserta MBR Bisa Langsung Dapat Rumah dengan 2 Syarat 

Source: liputan6.com
BPK Temukan Kerugian Negara Capai Rp 710 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan 2.537 masalah pengelolaan negara yang berdampak pada keuangan  senilai Rp 9,87 triliun sela‎ma semester II  2015. Dari temuan masalah tersebut mengakibatkan kerugian negara senilai Rp 710,91 miliar.

Ketua BPK Harry Azhar Aziz mengatakan, dalam temuan tersebut juga terdapat potensi kerugian negara senilai Rp 1,15 triliun, dan kekurangan penerimaan senilai Rp 8 triliun.

"Pada semester II 2015 BPK menemukan 2.537 temuan‎," kata Harry, dalam acara penyerahan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) beserta Laporan Hasil  ‎Pemeriksaan (LHP) Semester II Tahun 2015 kepada DPR RI dalam Rapat Paripurna, di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Baca Juga

  • Pengusaha Batu Bara Minta Menkeu Jalankan Rekomendasi BPK
  • BPK Perbarui MoU Laporan Keuangan Bersama DPR
  • BPK Soroti Kontrak Freeport Indonesia

Source: liputan6.com
Harga Komoditas Membaik Dorong Penguatan Rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah masih menguat pada perdagangan Selasa pekan ini. Spekulasi bahwa Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed) belum akan segera menaikkan suku bunga menjadi pendorong penguatan rupiah.

Mengutip Bloomberg, Selasa (12/4/2016), rupiah dibuka di angka 13.126 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan sehari sebelumnya yang ada di angka 13.133 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, nilai tukar rupiah berada di kisaran 13.113 per dolar AS hingga 13.144 per dolar AS. Jika dihitung sejak awal tahun, rupiah telah menguat 4,80 persen.

Baca Juga

  • Rupiah Menguat Bersama Mata Uang Asia Lainnya
  • Rupiah Bakal Bawa IHSG ke Zona Hijau
  • Rupiah Sentuh 13.214 per Dolar AS, IHSG Turun Tipis

Source: liputan6.com
Aberdeen Luncurkan Produk Reksa Dana Syariah

Liputan6.com, Jakarta - PT Aberdeen Asset Management meluncurkan produk investasi reksa dana syariah dengan tajuk Aberdeen Syariah Asia Pasific Equity USD Fund pada Selasa (12/4/2016) ini. Penempatan reksa dana ini 100 persen di saham syariah di negara Asia Pasifik termasuk Jepang.

Presiden Direktur Aberdeen Asset Management Sigit Wiryadi mengatakan, produk Aberdeen Syariah Asia Pasific Equity USD Fund bakal memberikan imbal hasil yang maksimal. Pasalnya, pasar regional kini mulai menunjukkan perbaikan.

Baca Juga

  • Aberdeen Berencana Luncurkan Reksa Dana Saham Syariah
  • Melirik Portofolio Investasi Aberdeen Asset Management
  • BNP Paribas Siapkan 2 Produk Reksa Dana Baru

Source: liputan6.com
Ingin Mudah Dapat Sertifikat Tanah? Begini Saran Menteri Agraria

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) mengimbau kepada masyarakat untuk mengurus penerbitan sertifikat tanah langsung datang ke ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Dengan cara ini, pemerintah menjanjikan proses pengurusan [sertifikat tanah](sertifikat tanah "") yang mudah, cepat, dan murah, bahkan gratis.

Menteri ATR Ferry Mursyidan Baldan mengungkapkan, Kementeriannya telah mengatur tarif khusus pelayanan sertifikat tanah dalam sebuah Peraturan Pemerintah (PP). Layanan tersebut, ia mengakui memasang tarif berbeda untuk pengurusan sertifikat tanah.

"Ada 7 pelayanan yang bisa cepat, di antaranya seperti one day, one hour, bahkan yang tarif Rp 50 ribu juga ada," ujar dia di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (12/4/2016).

 

Baca Juga

  • Ditegur Jokowi Soal Sertifikat Tanah, Ini Kata Menteri Agraria
  • Menteri Agraria Ferry Usul Upah Minimum Jabodetabek Sama
  • Menteri Agraria: Kenaikan Harga Tanah di Tangsel Tak Masuk Akal

Source: liputan6.com
Studi: Orang Kaya Hidup 15 Tahun Lebih Lama

Liputan6.com, Jakarta - Menurut penelitian yang dilakukan oleh Profesor Ekonomi Stanford, pria kaya memiliki kemungkinan untuk hidup hingga berumur 87,3 tahun. Usia ini terhitung 15 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang hidup miskin.

Sementara itu, wanita terkaya memiliki ekspetasi hidup selama 89 tahun. Usia ini termasuk lebih lama daripada wanita miskin.

Melansir dari gantdaily.com, Selasa (12/4/2016), terdapat data lainnya yang berfokus mengenai kehidupan orang miskin. Wanita miskin hidup enam tahun lebih lama dibandingkan pria. Tapi wanita kaya hidup hanya 1,5 tahun lebih lama daripada pria kayanya.

 

Baca Juga

  • Ini Daftar 25 Negara Termiskin di Dunia
  • 4 Presiden Amerika Termiskin Sepanjang Sejarah
  • Bos Pertamina Rutin Minta Surat Miskin Demi Bisa Sekolah

Source: liputan6.com
Reksa Dana Syariah Global Beri Kemudahan Investasi di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Manajer investasi di Indonesia mulai berlomba-lomba mengeluarkan produk reksa dana syariah berbasis saham global.

Langkah tersebut sebagai tindak lanjut dari kebijakan Otoritas Jasa Keuangan ‎(OJK) yang mengizinkan manajer investasi menerbitkan produk  syariah berbasis 100 persen efek ke luar negeri.

Anggota Dewan Pengawas Syariah Mohammad B Teguh mengatakan, produk reksa dana syariah global memberikan efisiensi bagi para investor yang ingin investasi ke luar negeri.  Manajer investasi tak perlu jauh-jauh ke luar negeri lantaran manajer investasi berada di Indonesia.

"Dengan ‎produk semacam ini agar tidak usah jauh-jauh, investasi di Aberden Indonesia bisa mengcover offshore," kata dia saat meresmikan produk reksa dana syariah Aberdeen Syariah Asia Pasific Equity USD Fund, di Jakarta, Selasa (12/4/2016).

 

Baca Juga

  • Aberdeen Luncurkan Produk Reksa Dana Syariah
  • OJK Targetkan Pangsa Pasar Industri Keuangan Syariah Capai 5%
  • Kenalkan Produk Keuangan Syariah, OJK Gelar Pameran di Mal

Source: liputan6.com
Siap-siap, Botol Plastik Bakal Kena Cukai

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah mengkaji rencana pungutan cukai untuk kemasan plastik dalam bentuk botol minuman. Tujuannya untuk mengurangi konsumsi terhadap produk tersebut dan menjaga lingkungan.

Kepala Kepabeanan dan Cukai Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Nasrudin Joko Suryono menjelaskan, saat ini objek cukai di Indonesia meliputi, produk hasil tembakau seperti rokok, cerutu, dan lainnya, etil alkohol, dan minuman mengandung etil alkohol atau minuman keras.

"Usulan barang kena cukai lainnya, yakni sedang dikaji untuk kemasan plastik dalam bentuk botol minuman," ujarnya saat menjadi pembicara di Seminar Nasional Efektivitas Kebijakan Ekstensifikasi Cukai Terhadap Iklim Investasi dan Ketenagakerjaan, di Hotel Sahid Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Baca Juga

  • Objek Cukai Baru Bisa Tambah Penerimaan Negara
  • Ini Dampak Jika BBM Dikenai Cukai
  • Target Penerimaan Cukai 2016 Dinilai Sulit Tercapai

Source: liputan6.com
Perusahaan Masuk Panama Papers, Begini Komentar Ketua BPK

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Aziz ‎ angkat bicara atas tercantum nama perusahaannya ke daftar data milik perusahaan firma hukum Mossacak Fonseca di Panama (Panama Papers).

Harry mengatakan, perusahaan dengan‎ nama Sheng Yue International Limited, ‎tersebut didirikan atas permintaan anaknya ketika sekolah di luar negeri.

"Ya ini ceritanya begini ini, anak saya sekolah di luar negeri kawin dengan orang Chili dan dia minta saya bagaimana kalau kita buat perusahaan," kata Harry, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Harry menuturkan, selama dirinya menjabat menjadi direktur tidak ada transaksi apapun yang dilakukan perusahaan yang didirikan 2010, hingga dia berhenti menjabat.

 

Baca Juga

  • Nama Orang RI di Panama Papers Belum Tentu Pengemplang Pajak
  • Menkeu: Nama di Panama Papers Ada yang Sesuai Data Ditjen Pajak
  • 3 Negara Surga Pajak Favorit Orang Kaya RI

Source: liputan6.com
Masyarakat Maluku Dapat Pendidikan Pengembangan Blok Masela

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mendukung pengembangan blok Masela, Maluku.

Dengan memberikan pendidikan dan pelatihan (diklat) teknis bidang energi dan sumber daya mineral bagi masyarakat Maluku atau di sekitar wilayah blok itu.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, diklat yang dirancang untuk masyarakat di sekitar blok Masela, sesuai dengan sumber daya minyak dan gas (migas) yang ada di wilayah tersebut,  meliputi aspek operasional migas.

Diklat ini dilaksanakan  sebagai tindak lanjut  dari arahan Presiden Joko Widodo di Ambon pada minggu lalu.

"Dalam kesempatan tersebut, Presiden meminta proyek pembangunan kilang gas bumi cair (liquefied natural gas/LNG) di Blok Masela menggunakan tenaga kerja dari Maluku," kata Sudirman, di Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Sudirman mengungkapkan, diklat ini merupakan hasil kerja sama Badan Pengembangan Sumber Daya Mineral (BPSDM) ESDM dengan Universitas Pattimura (UNPATTI).

 

Baca Juga

  • Konsorsium BUMN Diminta Kelola Masela Bila Investor Asing Mundur
  • Pertamina Cari Dana untuk Kelola Blok Masela
  • Pertamina Siap Investasi di Blok Masela

Source: liputan6.com
Barang Kena Cukai Indonesia Paling Sedikit di ASEAN

Liputan6.com, Jakarta - Di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), pemerintah terus melakukan harmonisasi kebijakan cukai di Indonesia demi menggenjot penerimaan negara.

Indonesia disebut hingga kini hanya memiliki tiga objek cukai. Ini berbeda dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya yang menerapkan pengenaan cukai ke segala macam barang. 

Demikian diungkapkan Kepala Kepabeanan dan Cukai Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Nasrudin Joko Suryono.

Dia menyebutkan, saat ini objek cukai di Indonesia meliputi, produk hasil tembakau (rokok, cerutu, dan lainnya), etil alkohol, dan minuman mengandung etil alkohol atau minuman keras.

"Objek cukai di Indonesia paling sedikit dibanding negara-negara ASEAN," ujar dia saat menjadi pembicara di Seminar Nasional Efektivitas Kebijakan Ekstensifikasi Cukai Terhadap Iklim Investasi dan Ketenagakerjaan, di Jakarta, Selasa (12/4/2016).  

Dia mencontohkan Thailand yang menerapkan pengenaan cukai ke hampir semua barang. Mulai dari bensin atau bahan bakar minyak (BBM), minuman beralkohol (minol), diskotek, perjudian, hasil tembakau, kendaraan bermotor dan sepeda motor, sampai minuman nol beralkohol.

Baca Juga

  • Objek Cukai Baru Bisa Tambah Penerimaan Negara
  • Ini Dampak Jika BBM Dikenai Cukai
  • Target Penerimaan Cukai 2016 Dinilai Sulit Tercapai

Source: liputan6.com
RI Terus Jajaki Rencana Bergabung Trans-Pacific Partnership

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah masih terus menjajaki kemungkinan Indonesia untuk masuk dalam kerja sama perdagangan Trans-Pasific Partnership (TPP). Dengan masuk TPP, Indonesia mempunyai peluang memperluas pasar.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak mengatakan, sebelum memutuskan untuk masuk dalam TPP, Menteri Perdagangan Thomas Lembong telah terlebih dahulu melakukan sejumlah penjajakan awal.

Beberapa perjanjian awal tersebut antara lain kesepakatan perdagangan bebas dengan Uni Eropa atau European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (EU-CEPA).

"TPP masih dalam kajian kami. Di Menko Perekonomian juga sudah ada pembahasan soal ini. Tapi ada beberapa agreement EU-CEPA yang Pak Menteri sudah melakukan penjajakan tiga kali," ujar dia di Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Baca Juga

  • Masuk TPP dan CEPA, Ekspor Tekstil RI Bakal Melonjak
  • Pemerintah Diminta Tak Buru-buru Putuskan Masuk TPP
  • Jokowi: TPP Tidak Akan Dibahas dalam US-ASEAN Summit

Source: liputan6.com
AP II Bakal Bangun Pembangkit Listrik 60 MW di Bandara Soetta

Liputan6.com, Jakarta - Tiga BUMN yakni PT Angkasa Pura II, PT Wijaya Karya dan PT Perusahaan Gas Negara bekerjasama membangun pembangkit listrik tenaga gas (PLTG). Listrik yang dihasilkan dipakai untuk memasok kebutuhan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

"Kita bangun dengan Wika dan PGN," tutur Direktur PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi ditemui di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Budi mengatakan, ketiga BUMN ini sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dalam rencananya membangun pembangkit listrik ini. Diharapkan, dalam waktu dekat pembangunan ini bisa dimulai.

 

Baca Juga

  • Terminal 3 Ultimate Bisa Bikin Bandara Soetta Saingi Changi
  • Bos AP II: Keselamatan Penerbangan RI Selalu Diledek
  • Jonan Batal Pangkas Frekuensi Penerbangan di Bandara Soetta

Source: liputan6.com
Ingin RUU Pengampunan Pajak Disahkan, Menkeu Sambangi DPR

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah berjuang menggolkan Rancangan Undang-undang Pengampunan Pajak (RUU Tax Amnesty), agar dapat dieksekusi pada Juni 2016. Kebijakan pengampunan pajak mendesak dilakukan untuk mengejar penerimaan pajak yang ditargetkan Rp 1.360 triliun tahun ini.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro saat Rapat Kerja Penjelasan Pemerintah dan Pandangan Fraksi Atas RUU Tax Amnesty, menyampaikan harapan agar rangkaian proses pembahasan RUU Pengampunan Pajak antara pemerintah dengan DPR supaya berjalan dengan lancar dan konstruktif.

"RUU Pengampunan Pajak ini diharapkan dapat disetujui untuk kemudian implementasinya bisa dimulai pada Juni 2016," tegasnya saat Raker dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Baca Juga

  • Menkeu: Nama di Panama Papers Ada yang Sesuai Data Ditjen Pajak
  • Tax Amnesty Jadi Cara Ampuh Tarik Uang Orang RI di Luar Negeri
  • Kepala Bappenas: Tax Amnesty Tarik Dana Orang RI di Luar Negeri

Source: liputan6.com
Tarif Cukai Botol Plastik Dipastikan Tak Sampai Rp 200

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) siap membawa usulan pungutan cukai kemasan plastik dalam bentuk botol minuman dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016. Rencananya pengenaan cukai botol plastik tidak lebih dari Rp 200 per buah.

Kepala Kepabeanan dan Cukai Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Nasrudin Joko Suryono mengungkapkan, pemerintah masih mengkaji besaran cukai botol plastik. Namun dipastikan tarif cukai yang bakal dipungut tidak lebih dari pungutan kantong plastik berbayar sebesar Rp 200.  

"Kalau kantong plastik berbayar kan dipungut Rp 200, tapi tarif cukai botol plastik tidak sampai segitu. Jadi memang tidak akan tinggi pengenaannya," ujar dia di Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Menurut dia, botol plastik sangat potensial menjadi calon barang kena cukai guna mengurangi konsumsi serta menjaga kelestarian lingkungan. Ini karena pertumbuhan konsumsi plastik di Indonesia mencapai 7 persen atau lebih tinggi dari pertumbuhan nasional. Konsumsi plastik diperkirakan menembus 3,2 juta ton dari sebelumnya 3 juta ton di 2015.

Baca Juga

  • Objek Cukai Baru Bisa Tambah Penerimaan Negara
  • Siap-siap, Botol Plastik Bakal Kena Cukai
  • Ini Dampak Jika BBM Dikenai Cukai

Source: liputan6.com