Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 20 April 2016
BERANI BEDA: Grow Little Garden, Pelopor Bisnis Taman Mini Indah

Liputan6.com, Jakarta - Ketika lahan rumah benar-benar terbatas untuk menerapkan ruang terbuka hijau, justru melahirkan ide bisnis bagi dua sahabat ini, yakni Dih Sing Mahadi dan Arlyna Pandjaitan.

Tepatnya sejak Januari 2014, keduanya menjadi pelopor usaha taman mini indoor berjuluk Grow Little Garden. Usaha mereka bahkan menjadi pelopor pertama di bidang terarium di Indonesia.

Bahkan mereka kini menjadi inspirasi masyarakat dalam menghadirkan sebuah taman mungil untuk memperindah ruangan yang terbatas.

Harga taman mungil ini dibanderol mulai dari Rp 325 ribu sampai Rp 2 juta, tergantung dari kerumitan pembuatannya.

Menggunakan bahan-bahan dari alam dalam pembuatannya dan mempunyai bentuk yang unik membuat grow little garden kian menjadi produk yang diminati. Ingin tahu ulasan lengkapnya, simak video Berani Beda berikut.


Source: liputan6.com
4 Cara Terbaik Untuk Investasi Emas

Liputan6.com, Jakarta Emas selalu menjadi investasi dengan nilai tinggi. Investasinya dapat melalui kepemilikan logam itu sendiri, reksadana, atau tambang emas. Ketiganya memberikan efek langsung terhadap dollar.

Bila dolar sedang jatuh, emas pasti akan naik. Bila hal ini terjadi secara signifikan, pertumbuhan emas akan terlihat melesat di masa depan. Kemungkinan, emas akan menjadi standar ekonomi dunia.

Anda punya banyak pilihan untuk menginvestasikan emas. Melansir dari Daily Reckoning, Rabu (20/4/2016) berikut adalah 4 cara yang bisa Anda pilih.

Baca Juga

  • Harga Emas Susut Jelang Rilis Hasil Pertemuan The Fed
  • Simpan Emas di Pegadaian dengan Cara Mudah Ini
  • Bersinarkah Investasi Emas di Tahun Monyet Api?

Source: liputan6.com
Ini Perlindungan Asuransi bagi yang Sudah Menikah

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menikah, kebutuhan setiap orang akan semakin bertambah. Salah satu pos pengeluaran yang semakin membesar adalah biaya asuransi.

Sebab, setelah menikah tanggung jawab seseorang, terlebih yang bertugas mencari penghasilan, akan semakin besar.

Oleh karenanya, perlindungan tambahan atas diri sendiri dan pasangan mutlak diperlukan. Dengan menambah manfaat tambahan (rider) pada asuransi yang sudah dimiliki, seseorang sebenarnya telah melindungi keluarga barunya dari risiko finansial yang bisa saja terjadi.

Baca Juga

  • Kenapa Hemat Tidak Sama dengan Pelit? Ini Jawabannya
  • Beda Mobil Beda Pula Biaya Asuransinya. Ini Simulasi Perhitungannya
  • 5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Ambil KPR dari Sekarang

Source: liputan6.com
5 Ciri Orang yang Butuh Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang memudahkan orang bertransaksi.
Bukan cuma simpel, kartu kredit juga menawarkan berbagai macam keuntungan bagi penggunanya.

Meski tidak semua orang membutuhkan kartu kredit, tetapi ada beberapa tipe orang yang sebenarnya sangat membutuhkan kartu sakti ini.

Berikut ini 5 ciri-ciri-nya. Apakah Anda salah satu di antaranya?, seperti dikutip dari www.cekaja.com, Rabu (20/4/2016):

1. Traveler yang sering ke luar negeri

Kalau Anda merupakan seorang traveler yang sering berpergian ke luar negeri, Anda termasuk tipe orang yang sangat membutuhkan kartu kredit. Dengan memanfaatkan kartu kredit, berbagai keuntungan bisa didapatkan.

Baca Juga

  • 7 Risiko yang Menghantui Pemilik Kendaraan Pribadi
  • Inilah 7 CEO Terbaik Dunia Tahun 2016
  • 15 Trik Hemat Belanja di Supermarket

Source: liputan6.com
Ini Kelebihan Perempuan Jika Jadi Agen Asuransi

Liputan6.com, Jakarta - PT AIA Financial Indonesia membuka kesempatan untuk para perempuan berkarier seperti laki-laki. Perusahaan ini menawarkan peluang bagi perempuan untuk menjadi agen asuransi jiwa. Langkah tersebut dilakukan agar wanita bisa mandiri secara finansial. 

Chief Agency Officer PT AIA Financial Indonesia, Cicilia Nina Triana Wuryanti, menjelaskan perempuan memiliki beberapa karakteristik yang membuat mereka bisa lebih unggul untuk menjadi agen asuransi dibandingkan dengan laki-laki. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya survei yang dijalankan oleh perusahaan. 

Baca Juga

  • AIA Gandeng CIMB Niaga Luncurkan Fortuna Harvest Assurance
  • Bepe Cari Tim di Ajang AIA Championship
  • Ini Perlindungan Asuransi bagi yang Sudah Menikah

Source: liputan6.com
Tak Bayar Pajak, Pria Ini Didatangi Pasukan Drum

Liputan6.com, Jakarta - Seorang developer real estate asal India Prahul Sawant tidak mempedulikan kewajiban pemerintah untuk membayar pajak dalam lima tahun terakhir.

Alhasil, pemerintah India pun mendatangkan hukuman baginya. Pemerintah mengirim pasukan dengan drum untuk memaksa Sawant membayar pajak.

Melansir laman Wall Street Journal, Rabu (20/4/2016) pasukan tersebut akhirnya sukses untuk membuat Sawant membayar pajak. Dalam beberapa jam saja, Sawant akhirnya keluar rumah untuk dan menyerahkan cek sejumlah uang untuk bayar pajak.

Program ini diberi nama Shame. Dalam program ini pemerintah India mendatangkan sejumlah pemain drum. Mereka nanti diberi wewenang untuk memainkan drum di depan rumah penduduk yang nakal membayar pajak.

Baca Juga

  • Berapa Uang yang Dihasilkan Keluarga Obama dalam Setahun?
  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak, Ini Dampaknya bagi Ekonomi RI
  • Begini Modus Perusahaan Asing Tak Bayar Pajak di RI

Source: liputan6.com
Ada Holding, Anak Usaha BUMN Karya Diusul Bisa Tetap Ikut Tender

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono mengusulkan anak usaha BUMN karya tetap bisa ikut tender, saat holding BUMN perumahan berhasil dibentuk.

Pembentukan holding BUMN perumahan saat ini masih dalam kajian pemerintah. Holding dibentuk dengan tujuan meningkatkan efisiensi serta guna mempercepat pemenuhan rumah di Indonesia.

"Saya usulnya, bahwa semua karya masih boleh tender. Kalau biasanya, holding anak perusahaan kan nggak boleh ikut tender," kata dia di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Pembentukan holding ‎BUMN perumahan masuk dalam 6 sektor prioritas pemerintah. Rencananya,, Basuki mengatakan, induk perumahan bakal dipegang Perum Perumnas.

"‎Kalau holding kan Perum Perumnas dengan PT PP Tbk, karena 100 persen negara itu Perumnas," jelas Basuki.

Baca Juga

  • Bentuk Holding BUMN, Menteri Rini Tak Perlu Lapor DPR
  • Nasib Holding BUMN Ada di Tangan 3 Perusahaan Ini
  • Kajian Independen soal Holding BUMN Telah Rampung

Source: liputan6.com
Harga Minyak Bayangi IHSG, Simak Saham Pilihan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Laju harga komoditas minyak masih mempengaruhi laju IHSG.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG sedang mencoba menggeser posisi konsolidasi ke arah penguatan. Level support IHSG terlihat akan kuat bertahan di level 4.833.

William menuturkan, level resistance IHSG yang perlu ditembus di kisaran 4.909 sehingga dapat terus memperkuat pola kenaikan IHSG.

Baca Juga

  • Sektor Konstruksi Dorong Penguatan IHSG
  • IHSG Berpotensi Menguat, Awasi Saham Pilihan Ini
  • Naik 41 Poin, IHSG Sendirian Menghijau di Bursa Asia

Source: liputan6.com
Proyek PUPR Jalan Terus Meski Anggaran Dipangkas Rp 8,4 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan memangkas anggaran sebesar Rp 8,4 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2016. Meski dipangkas, pembangunan proyek kementerian ini dijamin tak terganggu.

Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono mengatakan, ‎dalam APBNP tersebut, pemerintah akan menyisir proyek pemerintah yang belum dilelang. Saat ini, masih ada sekitar proyek senilai Rp 5,9 triliun yang belum dilelang.

"Sekarang ini yang belum lelang Rp 5,9 triliun yang akan kita petakan (sisir)," kata dia, di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Baca Juga

  • Fokuskan Alokasi Anggaran, Jokowi Bakal Keluarkan Inpres 
  • Jokowi Minta Harus Fokus Perencanaan dan Anggaran Pembangunan
  • Anggaran Jaringan Gas Rumah Tangga di 2017 Capai Rp 3 Triliun

Source: liputan6.com
Laporan Kuartalan Bikin Bursa AS Menguat

Liputan6.com, New York - Bursa Amerika Serikat (AS) menguat pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta) dengan indeks S&P 500 naik mendekati rekor tertinggi. Indeks terangkat kenaikan saham energi dan laporan kuartalan Johnson & Johnson yang meningkat.

Melansir laman Reuters, setelah sempat masuk ke wilayah negatif dan kemudian pulih, indeks S&P 500 berakhir naik kurang dari 2 persen, mendekati rekor penutupan tertinggi pada Mei, dengan investor tengah fokus pada perkembangan laporan kuartalan perusahaan.

Pada penutupan, indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,27 persen menjadi 18.053,6 poin dan  indeks S&P 500 naik 0,31 persen menjadi 2.100,8 poin.

Sementara indeks Nasdaq Composite turun 0,4 persen menjadi 4.940,33 poin. Penurunan terpicu saham Illumina yang susut sebesar 23,16 persen setelah muncul hasil laporan kinerja awal yang jauh dari harapan.

Baca Juga

  • Wall Street Melemah Dipicu Anjloknya Harga Minyak
  • Saham Bank Dorong Wall Street Naik Tipis
  • Wall Street Menguat Dipimpin Saham Keuangan

Source: liputan6.com
OPEC Gagal Sepakati Pembekuan Picu Harga Minyak Naik

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak mentah dunia melonjak pada Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta) dipicu kegagalan kelompok negara penghasil minyak (OPEC) untuk menyepakati pembekuan produksi, dan fokus pada pengurangan pasokan yang bisa membatasi kekenyangan stok minyak mentah dunia.

Melansir laman Wall Street Journal, kontrak minyak mentah AS naik 3,3 persen menjadi US$ 41,08 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara kontrak minyak Brent, patokan global, naik 2,6 persen menjadi US$ 44,03 per barel di bursa ICE Futures Europe.

Kegagalan perjanjian pembatasan produksi di Doha, Qatar, memiliki dampak negatif pada sentimen pasar, yang mendasari kondisi pasokan dan permintaan meningkat sedikit. Sebab, pembekuan produksi diharapkan bisa mengurangi output hingga sekitar 2 juta barel per hari, tingkat di mana kelebihan pasokan global akan terjadi.

Di sisi lain, pemogokan minyak pekerja di Kuwait di hari ketiga juga telah mendorong penurunan ke pasar hingga 1,3 juta barel per hari. Demikian pula masalah pipa di Nigeria membuat stok berkurang 440 ribu, meskipun beberapa pipa sudah kembali normal pada Selasa.

Baca Juga

  • Wall Street Melemah Dipicu Anjloknya Harga Minyak
  • Usul Pengusaha ke Pemerintah Buat Hadapi Turunnya Harga Minyak
  • Harga Minyak Amblas Jelang Pertemuan Pemimpin OPEC

Source: liputan6.com
Top 3: Bulan Ini Batas Akhir Pengajuan Formasi CPNS 2016

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah kembali membuka beberapa formasi tertentu untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2016. 

Sebagai langkah awal, Kementerian PANRB tengah melakukan proses pengumpulan formasi dari masing-masing daerah. Untuk itu, Kementerian PANRB mengajak pemerintah daerah (pemda) untuk secepatnya menyelesaikan pengisian e-formasi.

Berita ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Simak 3 berita paling dicari Rabu (20/4/2016):

1. Bulan Ini Batas Akhir Pengajuan Formasi CPNS 2016

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan akan membuka beberapa formasi tertentu untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2016. Formasi tersebut seperti tenaga pengajar, tenaga medis dan beberapa lain.

Sebagai langkah awal, Kementerian PANRB tengah melakukan proses pengumpulan formasi dari masing-masing daerah. Untuk itu, Kementerian PANRB mengajak pemerintah daerah (pemda) untuk secepatnya menyelesaikan pengisian e-formasi.

“Batas waktu pengisian e-formasi hingga akhir April 2016,” ujar Asisten Deputi Perencanaan dan Sistem Informasi SDM Aparatur Kementerian PANRB Subowo Djoko Widodo dalam keterangannya, Selasa (19/4/2016). Simak berita selengkapnya di sini!

2. Alasan Mengapa Miliarder Selalu Tampak Sederhana

Anda mungkin akan melihat kehidupan para selebriti yang begitu mewah. Untuk berjalan di atas karpet merah saja, mereka akan menggunakan pakaian dari desainer terkenal. Kehidupan mereka tampak begitu sempurna.

Namun hal ini tidak berlaku bila Anda mengamati para orang kaya yang tidak menekuni profesi di dunia dengan kamera dimana-mana. Bahkan, momen karpet merah pun tidak terjadi setiap hari, sehingga masyarakat tidak akan pernah tahu bagaimana keseharian mereka.

Misalnya, bila Anda melihat pada penemu Apple, Steve Jobs, dia jarang menggunakan pakaian selain kerah tinggi berwarna hitam. Anda tidak akan menemukan banyak pakaian dalam lemari orang-orang seperti mereka. Bahkan beberapa diantaranya memiliki selera biasa saja. Simak berita selengkapnya di sini!

3. 3 Tanda Anda Siap Jadi Orang Kaya

Semua orang ingin menjadi kaya raya. Untuk membuatnya menjadi kenyataan, maka Anda memerlukan kemandirian secara finansial. Namun, memang ada sebagian orang yang tidak memiliki peluang untuk mengarah ke sana entah karena faktor pendidikan ataupun keterampilan kerja.

Untuk berada di barisan miliarder, Anda harus memiliki usaha lebih dan kemauan untuk belajar hal baru. Dengan begitu, akan terbuka banyak jalan yang mengantarkan Anda sebagai pemilik kekayaan.

Di bawah ini terdapat prediksi dari para ahli mengenai kepribadian seseorang yang memiliki potensi menjadi miliarder. Melansir dari The Motley Fool, Senin (18/4/2016) berikut ulasannya. Simak berita selengkapnya di sini!


Source: liputan6.com
Impor Beras dan Daging RI Naik di Kuartal I, dari Negara Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi kenaikan impor beras dan daging sapi sepanjang kuartal I 2016. Nilai impor beras Indonesia mencapai US$ 393,14 juta, sementara impor daging jenis lembu senilai US$ 79,23 juta selama Januari-Maret ini.

Dari data resmi BPS yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Rabu (20/4/2016), realisasi impor beras Indonesia dari sejumlah negara pada tiga bulan pertama ini mengalami kenaikan signifikan dibanding periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar US$ 29,21 juta.

Sedangkan posisi per Maret 2016, Indonesia mengimpor beras senilai US$ 116,26 juta atau sedikit turun dari bulan sebelumnya yang sebesar US$ 121,22 juta. Padahal di Maret 2015, impor beras hanya US$ 17,76 juta.

Baca Juga

  • Bulog Bakal Jamin 3 Komoditas Pangan
  • Bulog Siap Beli 445.500 Ton Jagung Impor untuk Pakan Ternak
  • Jaga Harga Daging Sapi, Ini Pesan Mendag untuk Bulog

Source: liputan6.com
Kementerian PUPR Butuh Anggaran Rp 166 Triliun di 2017

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) melaksanakan kegiatan pra Konsultasi Regional (Konreg) berdasarkan lokasi berbasis pulau dan wilayah.

Pra Konreg yang berlangsung sebanyak empat kali merupakan wahana komunikasi antara Satuan Administrasi Pangkal (Satminkal) pusat di daerah dan wahana konsolidasi antara pusat dan daerah.

Dari hasil pra konreg tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, diketahui total kebutuhan anggaran Kementerian PUPR di 2017 mencapai Rp 166 triliun pada tahun depan. Namun nilai tersebut nantinya akan menyesuaikan dengan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di 2017.

“Dari hasil pra konreg, total kebutuhan Rp 166 triliun (2017) nanti akan dicoba dijadikan Rp 104 triliun yang ada berdasarkan pagu indikatif kami. Dari nilai tersebut, 34 persennya tetap menjadi prioritas, harus dipertahankan, sisanya baru bisa dipotong,” tutur Basuki dalam keterangannya, Rabu (20/4/2016).

Baca Juga

  • Proyek PUPR Jalan Terus Meski Anggaran Dipangkas Rp 8,4 Triliun
  • Fokuskan Alokasi Anggaran, Jokowi Bakal Keluarkan Inpres 
  • Jokowi Minta Harus Fokus Perencanaan dan Anggaran Pembangunan

Source: liputan6.com
Ini Sanksi bagi Pengusaha yang Tak Taati Aturan Baru THR

Liputan6.com, Jakarta - Terhitung mulai tahun ini, perusahaan wajib memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan kepada pekerja atau buruh yang baru menjalani masa kerja 1 bulan. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Pemenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan, sebagai tindak lanjut dari aturan ini, pihaknya telah menyiapkan sanksi yang akan diberikan kepada perusahaan yang tidak membayar THR kepada pekerja dengan masa kerja 1 bulan.

"Jika ada perusahaan yang tidak membayarkan THR sesuai ketentuan yang telah diatur, maka perusahaan tersebut akan diproses sesuai dengan mekanisme sanksi yang telah ditetapkan," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Dalam peraturan baru, bila ada pengusaha atau perusahaan yang tidak menjalankan aturan THR yang baru itu atau terlambat membayarkan THR, maka siap-siap terkena denda dengan membayar 5 persen dari total THR para pekerjanya.

"Ya harus diterapkan dan dijalankan. Prinsipnya orang pada saat memiliki hubungan kerja, maka dia berhak terhadap THR," katanya.

Hanif mengatakan Kementerian Ketenagakerjaan siap mengawal penerapan aturan baru pembayaran THR yang mulai berlaku sejak 8 Maret 2016 ini. Pada aturan sebelumnya, pemberian THR oleh pengusaha atau perusahaan kepada pekerja atau buruh dilakukan apabila masa kerja minimal sudah mencapai 3 bulan.

Baca Juga

  • Pengusaha Protes Terkait Kebijakan Baru Pemberian THR
  • Buruh Minta Penegakan Hukum soal THR Lebih Tegas
  • Kabar Gembira, Kini Buruh Baru Kerja 1 Bulan Dapat THR

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Naik Rp 6.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang dijual oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada perdagangan Rabu (20/4/2016), melonjak Rp 6.000 per gram jika dibandingkan dengan harga sehari sebelumnya. Pada hari ini, Antam mematok harga emas di angka Rp 572 ribu per gram sedangkan sebelumnya di angka Rp 566 ribu per gram.

Sedangkan harga pembelian kembali alias buyback emas Antam naik Rp 4.000 menjadi Rp 524 ribu per gram dari harga buyback sehari sebelumnya yang ada di angka Rp 520 ribu per gram. Harga buyback ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, makaAntam akan membelinya di harga Rp 524 ribu per gram.

Baca Juga

  • Pelemahan Dolar AS Angkat Harga Emas
  • 4 Cara Terbaik Untuk Investasi Emas
  • Harga Emas Antam Tetap di Rp 566 Ribu per Gram

Source: liputan6.com
Tingkatkan Cadangan BBM Jadi 30 Hari, Pertamina Gandeng Swasta

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan menggandeng swasta untuk meningkatkan cadangan Bahan Bakar Minyak (BBM) di dalam negeri menjadi 30 hari pada 2020. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan energi.

Saat ini, cadangan BBM di Indonesia tergolong sedikit dibanding negara-negara lain, hanya sekitar 18-22 hari.

Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, saat ini perseroan sedang menyiapkan peningkatan cadangan BBM. Namun langkah ini tidak secara keseluruhan dilakukan Pertamina secara mandiri.

"Kita akan mengajak swasta untuk berpartner dengan Pertamina," kata ‎Dwi di Jakarta, seperti yang dikutip Selasa (20/4/2016).

Dia mengungkapkan, meski menggandeng swasta, Pertamina tetap memegang kontrol dari rencana tersebut dan menginginkan adanya biaya dan kontrak kerjasama yang wajar.‎

Baca Juga

  • Pertamina Akui Keandalan Memproduksi BBM Masih Rendah
  • Tak Ingin Bergantung pada Minyak, Arab Siapkan Rp 26 Ribu Triliun
  • 25 Negara dengan Harga Bensin Termurah, Indonesia Urutan Berapa?

Source: liputan6.com
Begini Aturan yang Harus Dipenuhi Pengusaha Saat Beri THR

Liputan6.com, Jakarta - Pekerja atau buruh yang baru bekerja 1 bulan kini berhak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dengan perhitungan tertentu.

Ini tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

"Pemerintah pun berharap kepada pengusaha untuk menjalankan peraturan tersebut. Pemerintah tidak segan-segan untuk memberikan sanksi kepada pihak-pihak yang melanggar aturan pembayaran THR," ujar Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Lantas apa saja yang diatur dalam Permenaker tersebut?

Aturan tersebut menyebutkan pekerja atau buruh yang telah memiliki masa kerja 12 bulan secara terus-menerus atau lebih berhak mendapatkan THR sebesar upah satu bulan.

Sedangkan pekerja atau buruh yang masa kerjanya baru 1 bulan atau lebih namun kurang dari 12 bulan, akan mendapat THR secara proporsional sesuai masa kerja.

Misalnya dengan masa kerja 1 bulan maka 1 dikali gaji 1 bulan dibagi 12. Begitu juga untuk masa kerja 2 bulan, 3 bulan, dan seterusnya.

Baca Juga

  • Ini Sanksi bagi Pengusaha yang Tak Taati Aturan Baru THR
  • Pemerintah Siap Awasi Pelaksanaan Aturan Pemberian THR
  • Pengusaha Protes Terkait Kebijakan Baru Pemberian THR

Source: liputan6.com
KAI Minta Koneksi Bus Transjakarta Diperbanyak

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mengapresiasi langkah PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dalam mengintegrasikan layanan bus dengan KRL Jabodetabek. 

Direktur Utama KAI Commuter Jabodetabek M Fadhil menjelaskan sejauh ini sudah ada empat stasiun yang terintegrasi dengan layanan Transjakarta. Empat stasiun tersebut adalah Tebet, Cawang, Palmerah, dan Pesing. Dengan integrasi tersebut, maka saat penumpang turun dari KRL ia bisa langsung melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Transjakarta.

Dalam waktu dekat ini jumlah stasiun KRL yang terintegrasi akan bertambah. Saat ini KCJ tengah mengembangkan sarana dan prasarana dia stasiun agar bisa tersambung dengan Transjakarta. "Stasiun yang telah siap berintegrasi adalah Manggarai dan Duren Kalibata," ucapnya di Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Baca Juga

  • Promo KAI, Ini Daftar Kereta dengan Harga Tiket Lebih Murah
  • Ini yang Terjadi Saat Ada Keterlambatan Kereta di Jepang
  • Operasikan Rangkaian Panjang, KAI Pensiunkan Kereta Tegal Arum

Source: liputan6.com
Presiden Jokowi Temui Ratusan Pengusaha‎ Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri‎ UK-Indonesia Business Forum pada Rabu (20/4/2016) ini. Dalam acara ini, Jokowi akan menjadi pembicara kunci. Selain Jokowi, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani juga dijadwalkan akan berbicara mengenai kemudahan investasi di Indonesia.

Franky menjelaskan, forum yang akan dihadiri sekitar 300 pengusaha Inggris ini cukup strategis, mengingat posisi Inggris sebagai salah satu sumber investasi dunia. Menurut data Financial Times, outward investment dari Inggris ke seluruh dunia pada tahun 2015 mencapai US$ 229 miliar, dari jumlah tersebut yang mengalir ke Indonesia kurang dari 1 persen.

“Inggris masih banyak menanamkan modalnya ke AS, India dan Australia,” jelas Franky, Rabu (20/4/2016).

Kunjungan Presiden Jokowi ini diharapkan bisa meningkatkan keyakinan investor Inggris tentang reformasi kebijakan dan layanan investasi yang telah dilakukan pemerintah Indonesia.

Franky menjelaskan bentuk reformasi layanan investasi yang dilakukan BKPM adalah menjadikan lembaga tersebut sebagai one stop shop untuk investasi.

Baca Juga

  • Ini Misi yang Dibawa Mendag Selama Kunjungan ke Eropa
  • Kunjungan Kerja 5 Hari di Eropa, Ini Agenda Jokowi
  • Rapat Singkat Jokowi, JK, dan Luhut Sebelum Bertolak ke Eropa

Source: liputan6.com
Rayu 300 Pengusaha Inggris Berinvestasi, Begini Cara Kepala BKPM

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani dijadwalkan menjadi pembicara pada UK-Indonesia Business Forum yang digelar di London, Inggris pada hari ini waktu setempat.

Dalam kesempatan ini, Franky mengaku bakal memberikan informasi mengenai kemudahan bisnis di hadapan sekitar 300 pengusaha Inggris. Negara ini dinilai merupakan salah satu sumber investasi di dunia.

Menurut data Financial Times, Franky menyebutkan, investasi Inggris ke seluruh dunia mencapai US$ 229 miliar. Sementara, nilai yang masuk ke Indonesia kurang dari 1 persen.

"Inggris masih banyak menanamkan modalnya ke AS, India dan Australia,” kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Baca Juga

  • Ini Misi yang Dibawa Mendag Selama Kunjungan ke Eropa
  • Kunjungan Kerja 5 Hari di Eropa, Ini Agenda Jokowi
  • Rapat Singkat Jokowi, JK, dan Luhut Sebelum Bertolak ke Eropa

Source: liputan6.com
Menteri Rini Usul PNM Dapat Subsidi Bunga Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengusulkan PT Permodalan Nasional Madani (Peresero) untuk mendapatkan subsidi dari pemerintah. Rencananya, subsidi ini akan dialokasikan ke bunga kredit pada beberapa program yang dimiliki PNM, seperti Membina Keluarga Sejahtera (Mekaar).

"Kita sedang minta PNM untuk bisa dapat subsidi dari pemerintah. Kita sudah kirim surat ke Pak Menko Perekonomian, tolong dikasih subsidi di bunganya ini," kata Rini saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Menurut Rini, Mekaar merupakan program baru yang dimiliki PNM. Program ini memberikan kredit kepada ibu-ibu rumah tangga dengan besaran maksimal Rp 5 juta. Dengan program ini, diharapkan akan meningkatkan jiwa wirausaha dari masing-masing ibu rumah tangga.

Saat ini, Program Mekaar ini sudah diikuti 16 ribu ibu rumah tangga di seluruh Indonesia. Diharapkan dengan adanya subsidi bunga ini akan membantu meningkatkan kesejahteraan setiap keluarga di Indonesia.

Baca Juga

  • BRI Beri Pinjaman Modal ke PNM Rp 500 Miliar
  • PNM Diminta Fokus Dukung UKM Hadapi Pasar Global
  • PNM dan Kejaksaan Agung Tingkatkan Kerja Sama‎ Pembinaan Debitur

Source: liputan6.com
15 Alasan Perlu Punya Asuransi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Bangkrut karena tidak punya asuransi kesehatan sangat mungkin terjadi. Apalagi penyakit kronis tidak pilih-pilih korban.

Misalnya saja aktris Pevita Pearce yang tiba-tiba mengumumkan kalau dia memiliki tiga tumor payudara. Pevita pun langsung menjadwalkan operasi pengangkatan tumor.

Bukannya menakut-nakuti, tapi risiko terkena penyakit mematikan ada pada setiap orang. Meski pengobatan semakin canggih, fasilitas ini diikuti dengan harga yang mahal pula. Peluang untuk sembuh sama besarnya dengan peluang menjadi bangkrut.

Baca Juga

  • Sakit Dulu, Asuransi Dulu : 2 Alasan Besar Anda Malas Ikut Asuransi Kesehatan
  • Pedoman Memilih Asuransi Kesehatan Murah
  • Tidak Pernah Klaim, Inilah Jumlah Premi yang Akan Kembali

Source: liputan6.com
Rupiah Kembali Menguat ke 13.112 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus melanjutkan penguatan pada perdagangan Rabu pekan ini. Pelaku pasar fokus kepada Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang dimulai pada hari ini dam disimpulkan sehari kemudian. 

Mengutip Bloomberg, Rabu (20/4/2016), rupiah dibuka di level 13.112 per dolar AS, menguat dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di level 13.135 per dolar AS.

Rupiah sempat melemah ke 13.150 per dolar AS namun juga sempat menguat ke 13.112 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah telah menguat  4,71 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs ReferensiJakarta InterbankSpot DollarRate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.133 per dolar AS. Menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 13.150 per dolar AS.

Baca Juga

  • Tunggu Rapat BI, Rupiah Menguat Tipis ke 13.168 per Dolar AS
  • Pelonggaran Kebijakan Moneter Singapura Tekan Nilai Tukar Rupiah
  • Rupiah Lanjutkan Penguatan, Sempat Sentuh 13.077 per Dolar AS

Source: liputan6.com
5 Perkataan Orang Terkaya Dunia yang Dianggap Konyol

Liputan6.com, Jakarta Nama Bill Gates pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Ya, siapa yang tidak mengenal miliarder nomor satu di dunia ini. Namun ternyata, miliarder satu ini pun tidak luput dari kesalahan. Ia ternyata pernah mengatakan beberapa hal yang salah selama berkarir sebagai seorang pengusaha.

 

Baca Juga

  • Ingin Sukses dalam Karier? Ini Nasihat dari Bill Gates
  • Cerita Bill Gates, Microsoft hingga Jadi Orang Terkaya Dunia
  • Ternyata Ini yang Bikin Bill Gates Jadi Orang Terkaya Dunia

Source: liputan6.com
Garuda Indonesia-Airbus Sepakati Kerja Sama Rp 18,8 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan perjanjian kerja sama antara PT Garuda Indonesia dengan Airbus, saat lawatannya ke Inggris. Kedua perusahaan tersebut sepakat kerja sama senilai 1 miliar pounds atau setara Rp 18,8 triliun (kurs 18.872 per pound sterling).

Penandatanganan itu juga terjadi si sela Pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron, di Downing Street Number 10, London, Selasa (19/4) Pukul 11.30 waktu setempat.

Duta Besar Inggris Moazzam Malik mengatakan, selain membicarakan masalah ekstremisme yang dihadapi oleh semua negara di masa sekarang ini, juga dibahas upaya untuk mempererat hubungan perekonomian kedua negara.

Baca Juga

  • Jokowi dan Merkel Bahas Kerja Sama Maritim hingga Terorisme
  • Jokowi Tiba di London untuk Memulai Lawatan 2 Hari di Inggris
  • Bertemu PM Inggris, Jokowi Perkuat Kerja Sama Ekonomi Kreatif

Source: liputan6.com
Cerita Tjahjo Kumolo Soal Beda Gaji Menteri dan Anggota DPR

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku sempat kaget dengan perbedaan signifikan antara gaji pokok Menteri dan Anggota Parlemen. Hal ini dialami ketika dirinya masuk dalam jajaran Kabinet Kerja dari sebelumnya yang menyandang status anggota DPR RI.

"Gaji pokok Menteri Rp 20 juta per bulan, itu saya alami setelah diangkat jadi Menteri 20 Oktober 2014. Sebelumnya jadi anggota DPR, penerimaan sudah di atas Rp 200 juta per bulan," kata Tjahjo di acara Musrenbangnas 2016, Hotel Bidakara, Rabu (20/4/2016).

Ia menilai, gaji pokok pejabat publik perlu disesuaikan mengingat gaji pokok Gubernur saja kurang dari Rp 10 juta, bahkan gaji pokok Bupati dan Walikota hanya berkisar Rp 6,5 juta sampai Rp 7 juta sebulan.

Baca Juga

  • Cair Sebelum Lebaran, Ini Bocoran Gaji ke-14 PNS
  • Ahok: PNS DKI yang Paling Rendah Dapat Gaji Rp 13 Juta
  • PNS Dapat Gaji ke-14, Bagaimana dengan Honorer?

Source: liputan6.com
Dongkrak Dana Infrastruktur, Mandiri Gandeng Bank Asal Jerman

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan bank asal Jerman, KFW Inpex-Bank‎ untuk meningkatkan pendanaan di proyek-proyek infrastruktur di Indonesia.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Finance & Treasury Bank Mandiri Pahala N Mansury dan Managing Director KFW IPEX-Bank Christian Bevc ‎di Plaza Mandiri, Jakarta.

Pahala mengungkapkan, ini akan menjadi alternatif bagi para pengusaha infrastruktur untuk mendapatkan akses pendanaan, terutama yang melibatkan bahan baku yang diimpor dari Eropa.

"Banyak perusahaan di Indonesia yang masih membutuhkan pendanaan sebagian dalam bentuk rupiah, sebagian dalam bentuk dolar. Jadi nanti yang ada bahan baku atau peralatan dari Eropa, mereka bisa gunakan fasilitas pendanaan dengan KFW ini," kata Pahala di Plaza Mandiri, Rabu (20/4/2016).

Baca Juga

  • Bank Mandiri Salurkan KUR Rp 3,66 Triliun
  • Mandiri Berikan Fasilitas Bank Garansi kepada Nasabah Jasindo
  • Bank Mandiri Pangkas Bunga Kredit Hingga 0,50%

Source: liputan6.com
Waskita dan Jasa Marga Garap Tol Batang-Semarang

Liputan6.com, Jakarta - Konsorsium PT Waskita Toll Road dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk menjadi pemenang tender jalan tol Batang-Semarang. Proyek sepanjang 75 km tersebut merupakan bagian dari tol Trans Jawa.

Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk M Choliq mengatakan, minggu depan akan menandatangani keputusan terkait pembangunan tol Batang-Semarang.

"Batang-Semarang sudah diumumkan, kami pemenang. Tapi belum tanda tangan Badan Pengatur Jalan Tol (BUJT). Paling lambat minggu depan tanda tangan (BUJT)," kata dia di gedung DPR, Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Dia menuturkan, setelah itu, perseroan akan langsung menggarap tol Batang-Semarang. Proyek ini sendiri akan menghabiskan waktu 2,5 tahun. "Paling lama 30 bulan, atau 2,5 tahun," tambah dia.

Baca Juga

  • Tol Pejagan-Pemalang Ditargetkan Bisa Digunakan Saat Mudik
  • Waskita Karya Dirikan Anak Usaha di Bidang Energi
  • Bisnis Jalan Tol Penopang Kinerja Waskita Karya

Source: liputan6.com
Ini Bocoran Asumsi Makro Ekonomi pada 2017

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyusun asumsi makro ekonomi Indonesia pada 2017 sebagai dasar penetapan pagu indikatif anggaran Kementerian/Lembaga (K/L). Ada optimisme pemerintah terhadap beberapa indikator makro, kecuali kurs rupiah, serta lifting minyak dan gas bumi.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Mardiasmo, pemerintah harus memperhatikan kondisi ekonomi dunia untuk menetapkan asumsi dasar makro pada tahun depan.

Salah satunya menyoroti gambaran ekonomi Amerika Serikat yang semakin membaik ketika perekonomian Jepang dan China yang diramalkan masih melemah pada 2017.

"Kita juga perlu waspada terkait rencana kenaikan suku bunga The Fed pada Juni 2016, serta waspada adanya pertumbuhan ekonomi yang ditimbulkan dari utang sehingga berpotensi memicu bubble. Harga komoditas juga masih akan mengalami penurunan," kata dia di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (20/6/2016).

 

Baca Juga

  • Ini Revisi Asumsi Makro dalam RAPBNP 2016
  • Harga Minyak Jatuh, Menkeu Siap Revisi APBN 2016
  • Penurunan Target Asumsi Makro Pengaruhi Pendapatan Negara

Source: liputan6.com
Pertamina Jajaki Ekspor Solar

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mengklaim bahwa perusahaan sudah tidak mengimpor Solar lagi. Hal tersebut bisa dilakukan karena terjadi penurunan konsumsi pada dua bulan terakhir. Bahkan karena kelebihan pasokan, Pertamina berencana untuk ekspor Solar

Direktur Pemasaran Pertamina Rachmat Hardadi mengatakan, sejak awal Maret 2016 kemarin, fasilitas pengelolaan minyak mentah (kilang) milik Pertamina mengalami kelebihan pasokan. Oleh karena itu, perseroan memutuskan untuk tidak lau mengimpor Solar untuk memenuhi kebutuhan.

"Hari-hari ini kami sudah kelebihan Solar. Jadi impor Solar‎ stop," kata Hardadi, di Jakarta, Rabu (20/4/2016). Ia melanjutkan, penyebab pasokan Solar milik Pertamina berlebih karena dalam beberapa bulan terakhir terjadi penurunan konsumsi.

Baca Juga

  • Biodiesel Solar PLN Dapat Subsidi
  • Pertamina Kelebihan Pasokan Solar
  • Ini Keunggulan Dexlite Dibandingkan Solar Biasa

Source: liputan6.com
Ini Rincian Kesepakatan Kerja Sama Garuda Indonesia dengan Airbus

Liputan6.com, London - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah melaksanakan penandatanganan kesepakatan dengan Airbus terkait restrukturisasi armada A330-300 yang telah dipesan Garuda dengan armada A330-900Neo.

Penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo dan Chief Operating Officer Airbus Tom Williams, disaksikan oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Presiden RI Joko Widodo, di London, Inggris.‎

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengungkapkan, kerja sama dengan Airbus ini merupakan bagian dari langkah strategis Perusahaan dalam program restrukturisasi armada untuk mendukung perkembangan bisnis dan jaringan dan melanjutkan pertumbuhan positif yang telah diraih, maskapai nasional milik Negara.

"Kesepakatan kerja sama Garuda Indonesia dan Airbus ini merupakan salah satu realisasi kerja sama Indonesia dan Uni Eropa untuk memperkuat ekonomi kedua Negara,"‎ kata Arif dalam keterangannya tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (20/4/2016).

Baca Juga

  • Garuda Indonesia-Airbus Sepakati Kerja Sama Rp 18,8 Triliun
  • Ingin Cari Tiket Murah, Datangi Saja Travel Fair Ini
  • Laba Bersih Garuda Indonesia Anjlok di Kuartal I 2016

Source: liputan6.com
PLN Gandeng Jerman untuk Terangi Wilayah Kepulauan

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) bekerjasama dengan Siemens untuk mengembangkan pembangkit listrik dengan total kapasitas sekitar 500 Mega Watt (MW) yang akan disebar di Indonesia Timur. Hal tersebut upaya untuk meningkatkan rasio elektrifikasi.

Direktur Perencanaan Korporat PT PLN Nicke Widyawati mengungkapkan, small mobile power plant ini akan dibangun di Indonesia timur dengan total kapasitas sekitar 500 MW. Pembangkit listrik itu terutama untuk daerah yang banyak memiliki pulau-pulau kecil.

"Program strategis dalam MoU PLN - Siemens tersebut adalah National Capacity Building, yang mencakup pengembangan manufaktur lokal, pengembangan kemampuan O&M, serta pengembangan SDM," kata Nicke, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Baca Juga

  • PLN Bakal Listriki Pulau Sumba dengan Energi Baru
  • PLN dan BP Berau Sepakati Amandemen Jual Beli Gas
  • Menteri ESDM Minta PLN Kaji Semua Perjanjian Pembangkit Sewa

Source: liputan6.com
Investor Tiongkok Beli Peternakan Seluas Irlandia

Liputan6.com, London - Investor Tiongkok, Dakang Australia, bersama Australian Rural Capital membeli perusahaan peternakan Kidman dan lahannya yang seluas 77.300 kilometer persegi seharga US$ 288 juta atau sekitar Rp 3,78 triliun (asumsi kurs Rp 13.144 per dolar Amerika Serikat). Luasan itu serupa dengan negara Irlandia.

Dakang menggandeng Australian Rural Capital supaya bisa mengikuti lelang yang diselenggarakan pemerintah setempat. Seperti ditulis CNN Money, Rabu (20/04/2016), pemerintah Australia melarang lahan ini dijual ke pihak asing.

Karena itu, aksi jual-beli ini membutuhkan persetujuan dari Foreign Investment Review Board Australia. Kalau transaksi ini berjalan mulus, Dakang bakal menguasai 80 persen perusahaan itu, sementara sisanya dimiliki Australian Rural Capital.

Baca Juga

  • Tingkatkan Investasi, BKPM Bakal Buat Desk Khusus‎ Tiongkok
  • Investor Tiongkok Minat Bangun Pabrik Pengolahan Sagu di Papua
  • Menperin Bakal Fasilitasi Investor Mebel Tiongkok Bangun Pabrik 

Source: liputan6.com
‎Indonesia Sepakati Peningkatan Pasar Kertas ke Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungannya ke Eropa juga menyaksikan penandatanganan kesepakatan peningkatan pasar pulp dan kertas di Eropa.

Perluasan pasar ke Eropa ini dilakukan Indonesia melalui perusahaan swasta asal Indonesia, APRIL Group. APRIL Group telah menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Roxcel Group senilai US$15 juta di London.

Managing Director APRIL Group Tony Wenas menjelaskan, kerja sama ini adalah bentuk kepercayaan Eropa terhadap industripulpandpaper Indonesia.

Baca Juga

  • Presiden Jokowi Temui Ratusan Pengusaha‎ Inggris
  • Bertemu PM Inggris, Jokowi Perkuat Kerja Sama Ekonomi Kreatif
  • Jokowi: Reformasi Ekonomi Terus Berjalan

Source: liputan6.com
Hambat Investasi, Pemerintah Siap Cabut 3.000 Perda

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah merampungkan evaluasi 3.000 peraturan daerah (perda) yang selama ini menghambat izin investasi di daerah. Targetnya awal Juni ini selesai, termasuk aturan perizinan di sektor energi.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat ditemui di acara Musrenbangnas 2016, mengungkapkan, pihaknya telah membatalkan atau menghapus 270 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) hingga kini dan 970 perda yang mengganjal izin investasi di daerah.  

"Kita sudah lihat ada 3.226 perda yang bertentangan dengan aturan perundang-undangan di atasnya. Perda ini dikategorikan menghambat izin investasi. Ada 40-50 persen Pemendagri, surat edaran dan aturan Dirjen Kemendagri yang malah bikin bingung Gubernur, Bupati, Walikota," ujar dia di Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Atas evaluasi perda tersebut, Tjahjo mengaku, pihaknya akan merampungkan kajian ulang atas 3.000 perda tersebut di awal Juni 2016. Upaya tersebut menyusul perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Kemendagri menghapus 3.000 perda yang menghambat izin investasi.

 

Baca Juga

  • Kadin Dorong Investasi Inggris Bertambah di Indonesia
  • Menteri ESDM Sudirman Ajak Investor Investasi di Indonesia Timur
  • Izin Investasi Perusahaan Asing Pengemplang Pajak Bisa Dicabut 

Source: liputan6.com
Kesenjangan Sosial Masih Jadi Ancaman Masa Depan RI

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah penguatan fundamental makro ekonomi Indonesia, ada beberapa ancaman besar yang mengintai masa depan bangsa ini. Pemerintah berupaya mengatasi permasalahan tersebut melalui kebijakan yang tepat.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan, pemerintah sedang berusaha memacu pertumbuhan ekonomi yang lebih merata dan berkelanjutan.

Salah satunya dengan memangkas dan menyederhanakan perizinan yang selama ini menghambat perkembangan investasi di Tanah Air.

"Kita sudah lihat ada 3.226 perda yang bertentangan dengan aturan perundang-undangan di atasnya. Perda ini dikategorikan menghambat izin investasi. Ada 40-50 persen Pemendagri, surat edaran dan aturan Dirjen Kemendagri yang malah bikin bingung Gubernur, Bupati, Walikota. Ini kita sedang benahi," ujar Tjahjo di Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Baca Juga

  • Cerita Tjahjo Kumolo Soal Beda Gaji Menteri dan Anggota DPR
  • Tak Siap Perencanaan, Proyek Kementerian Terancam Ditunda
  • Kesenjangan Orang Kaya dan Miskin Turun, Ini Pemicunya

Source: liputan6.com
Pengusaha Hotel Yakin Target Kunjungan 20 Juta Wisatawan Tercapai

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Badan Pimpinan Pusat (BPP) Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Haryadi Sukamdani yakin target 20 juta kunjungan wisatawan meski tinggi namun dapat tercapai.

Haryadi menyampaikan hal itu saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Tahun 2016 di Bali International Convention Center, Nusa Dua pada 20-24 April 2016.

"Target tersebut memang tinggi, namun realistis untuk bisa kita capai bersama. Mengingat, masih sangat terbuka peluang untuk meraihnya," kata Haryadi di Nusa Dua, Rabu (20/4/2016).

Pada Rakers I Tahun 2016 itu juga mengambil tema `Wujudkan Target Pariwisata 2019`. Ia menuturkan, tema itu diambil sebagai bentuk komitmen untuk mengoptimalkan peran serta PHRI dalam mensukseskan target yang dicanangkan pemerintah yaitu 20 juta kunjungan wisatawan, dan target devisa sebesar Rp 240 triliun.

 

Baca Juga

  • Kementerian Koperasi Bakal Kembangkan Model Desa Wisata
  • 170 Negara Bakal Bebas Visa di 2016
  • Menteri Pariwisata Gandeng Pelni Kembangkan Wisata Bahari

Source: liputan6.com