Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Selasa, 05 April 2016
Anak Pamer Harta di Instagram, Rahasia Keluarga Terbongkar

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa ahli waris kekayaan yang naif, kerap memamerkan aset keluarga mereka di media sosial. Padahal, dengan memamerkan gaya hidup mewah tersebut, mereka secara tak sengaja telah menempatkan keluarganya pada risiko keamanan di dunia maya.

Salah satu media yang sering dipakai adalah Instagram, tempat para pewaris keluarga mengekspos kemegahan mereka. Seperti mobil sport, kapal pesiar maupun jet pribadi.

Dalam beberapa kasus, hal ini memancing bahaya yang menyangkut aset keluarga, yang sebagian terkait kasus di pengadilan.

Melansir dari telegraph.co.uk, Selasa (5/4/2016) perusahaan terkemuka Cybersecurity mengatakan foto-foto yang diunduh, 75 persen kerap menjadi barang bukti kasus di pengadilan.

Managing Director K2 Intelligence di London Oisin Fouere mengakui, jika media sosial menjadi alat pertama ketika menyangkut kasus yang melibatkan orang kaya.

Seperti dalam salah satu kasus utang. Saat seorang pria mengaku tidak memiliki barang yang berharga, salah satu anaknya justru berpose di kapal pesiar milik keluarga di Bahama.

Direktur Global Judgment Enforcement di Burford Capital Daniel Hall mengatakan kepada surat kabar Observer, orang yang terlibat dalam kasus cenderung tidak memahami jangkauan global situs-situs media sosial terhadap masalah mereka.

Baru-baru ini terdapat perusahaan yang menyita jet pribadi terkait kasus penipuan. Salah satu dari dua penipu memiliki seorang putra yang memposting foto dirinya dan sang ayah tengah berdiri di depan pesawat ke Instagram.

Selain itu pada Maret, rapper 50 Cent diperintahkan pengadilan Amerika Serikat untuk menjelaskan bagaimana bisa berpose dengan tumpukan uang US$ 100 dengan kata ‘Broke’ (miskin), setelah dirinya mengajukan kebangkrutan. Dalam pembelaannya, dia mengaku jika uang itu palsu. (Shabrina Aulia Rahmah/Nrm)

 


Source: liputan6.com
Fasilitasnya Manjakan Karyawan, Ini Kantor Terbaik di Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan perjalanan online, Expedia membagi-bagikan bonus bagi para karyawannya. Perusahaan ini memberikan tunjangan perjalanan gratis bagi karyawannya. 

Melansir dari Business Insider, Senin (4/4/2016) manajeman memberikan banyak fasilitas untuk karyawan Expedia. Hal ini ditujukan agar karyawan merasa betah. Fasilitas tersebut di antaranya tunjangan perjalanan antara US$ 8.515 atau setara Rp 112 juta - US$ 14.192 atau setara Rp 186 juta (estimasi kurs 13.157 per dollar AS) untuk sebagian besar karyawan yang telah bekerja lebih dari 12 hingga 18 bulan.

Expedia punya dua kantor yang terletak di London. banyak fasilitas yang bisa memanjakan karyawannya. Contohnya seperti ruangan simulator F1, atap teras besar yang dilengkapi tempat barbeque, berbagai bar gratis, dan "zona santai" yang bisa ditemukan pada festival musik Glastonbury.

Meskipun begitu, jelas tidak ada pekerjaan yang sempurna. Menurut Direktur Teknologi Expedia, Liz Estaugh, bagian terburuk dari Expedia kemungkinan adalah "jet lag".

Selain itu, di kantor ini juga, karyawan merasa betah karena lingkungan kerja menyenangkan. Pada Kamis malam, para karyawan berkumpul untuk minum dan bercengkerama bersama mulai pukul 5 sore hinga 8.30 malam. 

Atas fasilitas dan lingkungan kantor yang menyenangkan tersebut, Expedia dinobatkan sebagai tempat terbaik untuk bekerja di Inggris di 2016 oleh Glasdoor. 

(Shabrina Aulia Rahmah)

 


Source: liputan6.com
Izin Investasi Perusahaan Asing Pengemplang Pajak Bisa Dicabut

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan tidak segan-segan mencabut izin investasi perusahaan asing yang tidak taat membayar pajak. Hal ini merupakan respon dari pernyataan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro yang menyatakan sekitar 2.000 perusahaan asing melakukan pengemplangan pajak selama 10 tahun terakhir.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, selama ini pihaknya hanya berwenang untuk mengeluarkan izin prinsip bagi penanaman modal asing (PMA). Sedangkan soal perpajakannya menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pajak.

"Jika ada izin prinsip itu sampai izin usaha tetap, maka akan menjadi konstruksi. Tapi proses dari izin prinsip sampai dapat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) itu monitoring-nya di Dirjen Pajak," katanya, Senin (4/4/2016).

Baca Juga

  • Jurus Pemerintah Kejar Penerimaan Pajak
  • 2.000 Perusahaan Asing Gelapkan Pajak Selama 10 Tahun
  • DJP Bakal Kejar Pajak Orang Biasa, Konglomerat Sampai Artis

Source: liputan6.com
Pertamina Cari Dana untuk Kelola Blok Masela

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) ingin mengelola Blok Masela Maluku yang saat ini dioperasikan Royal Dutch Shell. Untuk berperan menggarap blok tersebut Pertamian akan mencari dana.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, Pertamina telah menyampaikan minatnya untuk menggarap Blok Masela dan telah mendapat akses data untuk dipelajari.

"Kita menyampaikan keberminatan kita, sekarang sedang dibahas di pemerintahan," kata Dwi, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (4/4/2016).

 

Baca Juga

  • Keterlibatan Pemda Maluku di Blok Masela Tunggu POD
  • Kilang Masela Diputuskan di Darat, Ini yang Perlu Diperhatikan
  • Konsorsium BUMN Diminta Kelola Masela Bila Investor Asing Mundur

Source: liputan6.com
Laju IHSG Diprediksi Bervariasi

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak variatif pada perdagangan saham Selasa (5/4/2016).

Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi mengatakan, penguatan IHSG kemarin ‎didorong oleh penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS)‎. IHSG sendiri ditutup mengua‎t 6,99 poin ke level 4850,18.

"Cadangan devisa yang akan rilis pekan ini. Kuatnya rupiah yang mampu kembali di level 13.100 per dolar AS membua‎t investor asing masih terlihat masih melakukan aksi beli sebesar Rp 282,37 miliar," kata dia dalam ulasannya.

 

Baca Juga

  • Bursa Saham Global Minim Sentimen, IHSG Naik Terbatas
  • IHSG Melemah Terbatas di Awal Perdagangan
  • IHSG Bakal Lanjutkan Penguatan di Awal Pekan

Source: liputan6.com
Harapan Pembekuan Produksi Memudar, Harga Minyak Merosot

Liputan6.com, New York - Harga minyak dunia turun lebih dari dua persen pada awal pekan ini. Investor ragu terhadap negara produsen utama minyak akan membekukan produksi minyak telah menekan harga minyak dunia.

Pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), harga minyak Brent turun 98 sen atau 2,5 persen menjadi US$ 37,69 per barel, dan menyentuh level terendah sejak 4 Maret 2016 di kisaran US$ 37,60. Harga minyak Brent merosot 11 persen dari level tertinggi US$ 42,54 pada 18 Maret.

Sementara itu, harga minyak Amerika Serikat (AS) susut US$ 1,09 atau sekitar tiga persen menjadi US$ 35,70 per barel. Harga minyak AS melemah 15 persen dari level tertinggi US$ 41,90 sejak 22 Maret 2016. Pelemahan harga minyak itu dipicu dari kabar pasokan minyak bertambah di kilang minyak Cushing, Oklahoma.

Pelaku pasar pun khawatir kalau pasokan minyak AS akan sentuh level tertinggi. Harga minyak telah naik 40 persen dari level terendah dalam 12 tahun.

Baca Juga

  • Tak Ingin Bergantung pada Minyak, Arab Saudi Siapkan Rp 26 Ribu Triliun
  • Harga Minyak Kembali Turun ke US$ 36,79 per Barel
  • Minim Sentimen, Harga Minyak Naik Tipis

Source: liputan6.com
Harga Komoditas Bebani Wall Street

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) melemah setelah bergerak reli. Harga komoditas melemah dan sektor saham industri tertekan menjadi sentimen yang pengaruhi laju bursa saham AS.

Pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), indeks saham Dow Jones melemah 55,75 poin atau 0,31 persen ke level 17.737. Indeks saham S&P 500 merosot 6,65 poin atau 0,32 persen ke level 2.066, dan indeks saham Nasdaq susut 22,75 poin atau 0,46 persen ke level 4.891,80.

Sektor saham bahan material turun satu persen setelah harga tembaga menyentuh level terendah dalam sebulan. Sektor saham energi juga ikut tertekan tersengat harga minyak.

"Harga minyak dan komoditas kembali menjadi sentimen setelah berbalik arah. Investor sangat fokus terhadap komoditas karena harga komoditas sempat naik," ujar Adam Sarhan, Chief Executive Sarhan Capital, seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa (5/4/2016).

 

Baca Juga

  • Bursa saham Global Minim Sentimen, IHSG Naik Terbatas
  • Prospek Suku Bunga The Fed Angkat Bursa Asia
  • Sentimen The Fed Angkat Wall Street

Source: liputan6.com
Kebijakan The Fed Tekan Harga Emas

Liputan6.com, London - Harga emas tertekan pada perdagangan awal pekan ini setelah laporan data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang menguat mendorong sentimen di bursa saham. Selain itu, kenaikan suku bunga bank sentral AS juga membayangi harga emas.

Harga emas turun 0,5 persen ke level US$ 1.216 per ounce. Sementara itu, harga emas AS untuk pengiriman Juni merosot 0,3 persen menjadi US$ 1.219 per ounce.

Harga emas di pasar spot cenderung menguat selama kuartal I 2016. Spekulasi bank sentral AS tidak terburu-buru menaikkan suku bunga memberikan sentimen positif ke pasar.

Baca Juga

  • Awal Pekan, Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 562 Ribu per Gram
  • Cara Aman Cicil Emas di Pegadaian
  • Penguatan Data Ekonomi AS Tekan Harga Emas

Source: liputan6.com
ASDP Siapkan Rp 2,3 Triliun untuk Lancarkan Tol Laut

Liputan6.com, Jakarta - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengklaim menjadi bagian langkah sukses Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mewujudkan program tol laut.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Danang S Baskoro mengungkapkan hal itu dibuktikan dengan semakin efektifnya perusahaan dalam melayani angkutan penyeberangan.

"Selama ini arus barang dan orang dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia sudah terhubung dengan pelayanan 24 jam. Sudah tidak ada lagi kendala distribusi barang dan orang di lintasan ASDP Indonesia Ferry, khususnya jalur sabuk selatan," ucap Danang, Selasa (5/4/2016).

 

Baca Juga

  • Dukung Tol Laut Jokowi, ASDP Minta Suntikan Rp 1 Triliun
  • BPS: Tol Laut Dapat Kendalikan Inflasi
  • Mendag Lembong Klaim Harga Pangan di Papua Turun Berkat Tol Laut

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Turun Rp 3.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang dijual oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) kembali turun Rp 3.000 per gram menjadi Rp 559 ribu per gram pada perdagangan Selasa pekan ini. Kemarin, harga emas Antam berada di angka Rp 562 ribu per gram. Dalam dua hari ini harga emas Antam turun Rp 5.000 per gram.

Sedangkan harga pembelian kembali (buyback) emas Antam juga turun Rp 3.000 menjadi Rp 510 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 510 ribu per gram.

Baca Juga

  • Kebijakan The Fed Tekan Harga Emas
  • Awal Pekan, Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 562 Ribu per Gram
  • Cara Aman Cicil Emas di Pegadaian

Source: liputan6.com
Rupiah Sentuh 13.214 per Dolar AS, IHSG Turun Tipis

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah meski pelemahannya terbatas pada perdagangan saham Selasa pekan ini.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, IHSG melemah tipis 1,3 poin atau 0,02 persen ke level 4.848,84. Pada pembukaan perdagangan saham pukul 09.02, IHSG turun tipis 6,25 poin atau 0,12 persen ke level 4.844,13. Indeks saham LQ45 melemah 0,12 persen ke level 841,87.

Seluruh indeks saham acuan kompak melemah pada Selasa pagi ini. IHSG sempat berada di level 4.849,65 dan terendah 4.843,16.

Ada sebanyak 59 saham melemah sehingga menyeret IHSG ke zona merah. Sementara itu, 52 saham menguat sehingga menahan pelemahan IHSG. 71 saham lainnya diam di tempat.

 

Baca Juga

  • IHSG Berpeluang Menguat, Amati 7 Saham Pilihan
  • Laju IHSG Diprediksi Bervariasi
  • Bursa Saham Global Minim Sentimen, IHSG Naik Terbatas

Source: liputan6.com
Hingga Maret 2016, Pemerintah Telah Tarik Utang Rp 262 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu) telah menarik utang sebesar Rp 262,4 triliun melalui penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) hingga 31 Maret 2016. Sementara dari Bank Dunia (World Bank), pemerintah telah menyerap komitmen pinjaman senilai US$ 500 juta.

Demikian disampaikan Direktur Strategis dan Portofolio Utang DJPPR, Schneider Siahaan kepada wartawan di Jakarta, seperti ditulis Selasa (5/4/2016). "Realisasi penerbitan SBN netto sampai dengan 31 Maret ini sebesar Rp 165,5 triliun atau secara gross mencapai Rp 262,4 triliun," ucapSchneider.

Baca Juga

  • Realisasi Penerbitan SBN di Awal 2016 Capai Rp 102,2 Triliun
  • Sentuh Rp 3.220,98 Triliun, Utang Pemerintah Masih Aman
  • Sampai 18 Februari, Kemenkeu Telah Tarik Utang Rp 135,9 Triliun

Source: liputan6.com
Menkeu Minta Dirjen Pajak Telusuri Data dalam Panama Papers

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro langsung meminta Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi untuk mempelajari data dalam Panama Papers. Langkah tersebut untuk mengkonfirmasi data yang dimiliki oleh Kementerian Keuangan dengan data yang telah disebarkan oleh  International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ).

"Saya sudah minta Pak Ken, tolong data yang di online itu yang disebut Panama Papers untuk dipelajari," ujarnya di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Bambang menyatakan, dirinya belum bisa memastikan apakah data yang dirilis tersebut merupakan data yang valid atau tidak. Namun demikian, adanya data tersebut bisa menjadi bahan bagi DJP untuk melakukan penelusuran.

"Kami tidak bisa katakan valid atau tidak, yang pasti kita akan menelusuri aset-asetnya apakah dalam bentuk uang, apakah dalam bentuk aset tetap yang belum pernah dilaporkan dalamSPT. Ini jadi fokusDJP tahun ini," kata dia.

Baca Juga

  • Terbongkar, Negara Tempat Orang Kaya Dunia Sembunyikan Uang
  • 8 Hal yang Perlu Diketahui Soal Panama Papers
  • Mereka yang Membantah Terlibat dalam Skandal Panama Papers

Source: liputan6.com
Menteri Susi Tenggelamkan 23 Kapal Pencuri Ikan

Liputan6.com, Jakarta - Satuan tugas pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal atau Satgas 115 ‎memusnahkan 23 kapal asing pencuri ikan. Pemusnahan dilakukan di tujuh lokasi yang berbeda di Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) sekaligus Komandan Satgas 115 Susi Pudjiastuti mengungkapkan, pemusnahan ini merupakan pemusnahan ketiga yang dilakukan pada 2016. ‎Susi mengatakan, 23 kapal yang dimusnahkan terdiri dari 13 Vietnam dan 10 dari Malaysia.

Baca Juga

  • Menteri Susi: Mengamankan Laut RI Butuh Kecanggihan
  • Kapal Buruan Menteri Susi Jadi Incaran Interpol
  • Menteri Susi Kembali Tangkap 5 Kapal Asing Pencuri Ikan

Source: liputan6.com
Medco Bakal Akuisisi Seluruh Saham Newmont

Liputan6.com, Jakarta - Isu terkait akuisisi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) oleh Medco Energy tampaknya bukan hanya isapan jempol belaka. Bos Medco Energy, Arifin Panigoro menyatakan dalam waktu dekat pihaknya akan mengumumkan secara resmi akuisisi tersebut.

"Nanti saja itu. Tidak lama lagi kami umumkan. Press rilis lagi disiapkan. Dari pada salah menyebutkan. Kan saya harus patuh," ujarnya di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Baca Juga

  • Dikabarkan Akuisisi Newmont, Saham Medco Melejit
  • Medco Energi Mulai Kembangkan Blok A di Aceh
  • Melihat Prospek Saham Medco Energi Saat Harga Minyak Tertekan

Source: liputan6.com
Intip Kinerja 4 Emiten BUMN Konstruksi

Liputan6.com, Jakarta - Kinerja emiten Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi masih cukup baik di tengah perlambatan ekonomi. Proyek yang terhambat menjadi beban bagi kinerja perseroan.

PT Waskita Karya Tbk (WSKT) membukukan laba bersih naik signifikan sepanjang 2015. Laba bersih yang diatribusikan ke pemilik entitas induk naik 104,68 persen menjadi Rp 1,04 triliun. Pendapatan tumbuh 37,88 persen menjadi Rp 14,15 triliun sepanjang 2015.

Kinerja itu didukung dari pendapatan bunga naik menjadi Rp 72,80 miliar pada 2015 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 43,44 miliar. Selain itu, perseroan juga mendapatkan keuntungan selisih kurs sebesar Rp 13,19 miliar pada 2015 dari periode sama tahun sebelumnya rugi Rp 3,45 miliar.

PT Adhi Karya Tbk (ADHI) mencetak pertumbuhan laba bersih 40,9 persen menjadi Rp 463,7 miliar pada 2015. Kenaikan laba didukung dari pertumbuhan pendapatan menjadi Rp 9,4 triliun pada 2015. Perseroan mampu memperoleh kontrak baru sebesar Rp 13,9 triliun.

 

Baca Juga

  • Wijaya Karya Kantongi Pendapatan Rp 13,62 Triliun
  • Adhi Karya Bukukan Laba Rp 463,7 Miliar pada 2015
  • Waskita Karya Dirikan Anak Usaha di Bidang Energi

Source: liputan6.com
Kadin Minta Paket Kebijakan Lebih Fokus ke Pengentasan Kemiskinan

Liputan6.com, Jakarta - Pe‎ngusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memandang paket kebijakan Ekonomi Jilid I hingga paket kebijakan Ekonomi Jilid XI yang telah dikeluarkan oleh pemerintah belum memiliki fokus dan tujuan yang spesifik.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani menjelaskan, Kadin Indonesia belum bisa melihat kerangka yang jelas dalam paket kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah.

"Kadin melihat paket itu harus mempunyai kerangka dan arah tujuan mau kemana, kalau tidak paket ini sifatnya tidak lebih hanya dari sekedar sporadis. Kita melihat kerangka tujuan kemana belum tahu," kata Rosan di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Baca Juga

  • DNI Berubah, BKPM Gencar Tarik Investor
  • Seminggu Lagi, Paket Kebijakan Jilid XII Bakal Dirilis
  • Pengusaha Yakin Paket Kebijakan XI Bisa Jadi Stimulus

Source: liputan6.com
BPDP Sawit Fasilitasi Kerja Sama Peremajaan Lahan Perkebunan

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit memfasilitasi dan mendukung peremajaan perkebunan rakyat melalui kesepakatan kerja sama‎ petani, perbankan dan perusahaan sawit.

Direktur‎ Utama BPDP Sawit Bayu Krisnamurthi mengatakan, kerja sama peremajaan perkebunan rakyat untuk meningkatkan kualitas tanaman sawit, sehingga dapat memperbaiki produksi sawit.

"Bisa membuat bibit baru yang bagus yang tahan kekeringan," kata Bayu, saat menghadiri penandatanganan kerja sama, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Bayu menyebutkan yang melakukan  kerja sama tersebut adalah Koperasi Unit Desa (KUD) Mulus Rahayu, Desa Delima Jaya Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak Riau, dengan Bank Syariah Mandiri serta dukungan teknis pembelian hasil oleh PT Indo Sawit Subur.

 

Baca Juga

  • Dana Pungutan Sawit Ditargetkan Rp 9,5 Triliun pada 2016
  • Dana Celengan Sawit Nyaris Tembus Rp 1 Triliun dalam Sebulan
  • Petani Kelapa Sawit Bisa Manfaatkan KUR

Source: liputan6.com
Konsultasi Pajak: Belum Lapor Pajak Apakah Kena Denda?

Liputan6.com, Jakarta - Saya sudah terdaftar sebagai wajib pajak. Terakhir saya bekerja bulan desember lalu. Lalu saya menganggur hingga dapet pekerjaan bulan maret ini. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya harus lapor SPT juga? Kalo saya belum melapor apakah ada denda?

Email: stonxxxx@gmail.com

Jawaban:

Yth. Saudara Tono,

SPT Tahunan PPh Orang Pribadi yang paling lambat harus dilaporkan ke Kantor Pajak pada tanggal 31 Maret 2016 adalah terkait dengan kewajiban perpajakan Tahun Pajak 2015. Jika Saudara Tono sudah berhenti bekerja sejak akhir Desember 2015, maka Saudara minta bukti potong 1721-A1 Masa Januari sampai dengan Desember 2015 ke kantor lama dan melaporkannya ke Kantor Pajak dengan mengisi dan menyampaikan SPT Tahunan Orang Pribadi.

Namun, Saudara tidak wajib menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi untuk tahun 2015 walaupun memiliki NPWP penghasilan Saudara tidak melebihi batasan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) sebagai berikut :

a. Rp 36 juta untuk diri Wajib Pajak orang pribadi;

b. Rp 3 juta tambahan untuk Wajib Pajak yang kawin;

c. Rp 36 juta tambahan untuk seorang isteri yang penghasilannya digabung dengan penghasilan suami sebagaimana

d. Rp 3 juta tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat, yang menjadi tanggungan sepenuhnya, paling banyak 3 (tiga) orang untuk setiap keluarga.

Apabila Saudara tidak melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi maka Saudara akan dikenakan sanksi administrasi berupa denda sebesar Rp 100.000.

Demikian penjelasan kami. Semoga membantu.

Salam,
Fitrah Purnama Megawati, S.Sos
Citas Konsultan Global
Logo Citasco
www.citasco.com
Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan


Source: liputan6.com
Dirjen Pajak: Kami Punya Data Lebih Akurat dari Panama Papers

Liputan6.com, Jakarta - Firma hukum yang berbasis di Panama Mossack Fonseca merilis nama sejumlah negara yang diduga menjadi tujuan para orang kaya dunia menyembunyikan uangnya.

Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi menyatakan, sebenarnya selama ini DJP telah memiliki data yang lebih akurat terkait dengan pengemplang pajak dan negara tujuannya. Data tersebut langsung berasal dari negara-negara G-20 di mana Indonesia juga termasuk di dalamnya.

"Kami peroleh data itu bukan dari Panama Papers. Kita peroleh data dari tax authority atau dirjen pajak di negara-negara G-20. Jadi data kita lebih resmi," jelas dia di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Baca Juga

  • Menkeu Minta Dirjen Pajak Telusuri Data dalam Panama Papers
  • 8 Hal yang Perlu Diketahui Soal Panama Papers
  • Begini Proses Pengungkapan Skandal Panama Papers

Source: liputan6.com
Mulai Disalurkan April, Ini Kelebihan Solar Dex Lite

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) berencana mengeluarkan varian baru solar dengan label Dex Lite pada pertengahan April 2016. Produk baru ini akan melengkapi ragam bahan bakar yang dijual dan memberikan pilihan lebih banyak jenis bahan bakar ke masyarakat.

Lantas apa kelebihan Dex Lite dibandingkan yang lain?

Vice President Fuel Retail Marketing Pertamina Afandi mengungkapkan, Dex Lite memiliki cetane number 51 dan kadar sulfur yang lebih rendah 1.000 hingga 1.200. Sementara solar bersubsidi yang dijual saat ini hanya memiliki cetane number 35 dan kadar sulfur 3.500. Produk ini pun diharapkan dapat memperbaiki kualitas BBM yang ada.

"Konsumen yang menghendaki cetane number 51 berlari ke Dex Lite. Selama ini yang ingin cetane number 51 menggunakan solar bersubsidi cetane number 48‎," jelas Afandi, Selasa (5/4/2016).

 

Baca Juga

  • Dex Lite Siap Uji Pasar di Jakarta pada Pertengahan April Ini
  • Dex Lite Bisa Kurangi Konsumsi Solar Subsidi
  • Pertamina Siapkan Solar Varian Baru, Ini Kisaran Harganya

Source: liputan6.com
Siapa yang Senang Jika Menteri Susi Kena Reshuffle?

Liputan6.com, Jakarta - ‎Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan, Susi Pudjiastuti merupakan orang yang tepat untuk menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP). Pasalnya, sikapnya yang tegas dibutuhkan untuk membabat habis para pencuri ikan.

Namun, Rizal me‎ngakui bahwa dengan sikap Susi yang tegas tersebut memicu rasa tidak senang banyak pihak. Alhasil, Rizal menuturkan ada oknum-oknum tertentu melakukan lobi dan berniat menggeser Susi dari posisi yang dia jabat saat ini. 

Baca Juga

  • Menteri Susi: Kebijakan Pemberantasan Illegal Fishing Tetap Jalan
  • Menteri Susi Minta Tiongkok Tak Intervensi Penegakan Hukum RI
  • Kapal FV Viking Diledakkan, Pemiliknya Diburu

Source: liputan6.com
Ada Kereta Bandara, Check In Pesawat Bisa di Dukuh Atas

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) tengah menjalankan proyek pembangunan kereta bandara tahap I yang menyambungkan rute Manggarai-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Cengkareng. Dengan transportasi umum tersebut, jarak tempuh Manggarai-Soetta terpangkas menjadi 45 menit saja.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi mengungkapkan, kereta api bandara merupakan proyek pembangunan langka. Fasilitas tersebut sangat dibutuhkan setiap bandara, apalagi sekelas bandara internasional Soetta. "Kereta bandara jadi barang langka, tapi kereta api adalah pilihan tepat untuk bandara di saat manajemen parkir kendaraan di Ibukota relatif belum baik," ujarnya menjadi pembicara di acara Inspirato Liputan6.com, Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Baca Juga

  • Ada Kereta, 50 Persen Lalu Lintas ke Bandara Bisa Dialihkan
  • Raillink Targetkan Pembangunan Kereta Bandara di Kota Besar
  • AP II Bakal Gratiskan Monorel Bandara Soetta

Source: liputan6.com
Batik Air Tabrakan, Pilot Dilarang Terbang Sementara

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Lion Group sebagai induk maskapai penerbangan Batik Air memutuskan untuk melarang terbang sementara pilot yang mengendarai pesawat dengan nomor penerbangan ID 7703 yang mengalami tabrakan dengan pesawat Trans Nusa pada Senin malam (4/4/2016).

Presiden Direktur Lion Group Edward Sirait mengungkapkan, pelarangan terbang tersebut merupakan murni kebijakan manajemen untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Untuk pilot, sementara masih kita tunggu hasil penyelidikan dari KNKT, jadi pilot tidak kita terbangkan dulu," kata Edward di kantornya, Selasa (5/4/2016).

Namun begitu, Edward memastikan kejadian itu murni bukan karena sikap tidak profesional pilot dan seluruh kru pesawat Batik Air.

Baca Juga

  • Ini Penjelasan Batik Air dan Trans Nusa Soal Tabrakan Pesawat
  • Batik Air Tabrakan di Lanud Halim, Ini 4 Instruksi Menhub
  • Pesawat Batik Air Tabrakan dengan Pesawat Lain di Halim

Source: liputan6.com
Pertamina Salurkan Pertalite ke Palu

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) meluncurkan Pertalite di Palu Sulawesi Tengah sehingg penyebaran Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan kadar Research Octane Nummber (RON) 92 tersebut kian meluas.

General Manager MOR VII, Tengku Badarsyah mengatakan, saat ini terdapat 11 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dari 57 SPBU di Kota Palu yang menyediakan Pertalite.

Sejak dipasarkan beberapa hari lalu, Pertamina sudah mencatat penjualan 2.000 liter per hari di masing - masing SPBU.

"Saat ini konsumen di Palu juga sudah dapat menggunakan BBM jenis Pertalite," kata Tengku, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

 

Baca Juga

  • Pertamina Cari Dana untuk Kelola Blok Masela
  • Pertamina Harus Beri Jaminan Kualitas Jika Legalkan BBM Eceran
  • Ini Antisipasi Pertamina Hadapi Kelangkaan BBM Saat Harga Turun

Source: liputan6.com
Tax Amnesty Jadi Cara Ampuh Dorong Penerimaan Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menjadikan kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) sebagai salah satu jalan mendorong penerimaan pajak. Kementerian Keuangan menargetkan penerimaan pajak di 2016 ini mencapai Rp 1.360 triliun. 

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, jika tidak masalah yang berarti, kebijakan tax amnesty akan disahkan menjadi Undang-Undang (UU). Dirinya berharap pada masa sidang paripurna tahun ini UU tersebut bisa disahkan.

"Kami Insya Allah dengan DPR membahas undang-undang pengampunan pajak. Insya Allah pada masa sidang yang akan datang di DPR ini," ujarnya di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Baca Juga

  • RI Bisa Contek Program Pengampunan Pajak dari 3 Negara Ini
  • Presiden Jokowi: Target Pajak Tak Tergantung Tax Amnesty
  • Pemerintah Diminta Yakinkan DPR Soal Pengampunan Pajak

Source: liputan6.com
Cerita Dwi Soetjipto Didemo 4 Bulan Saat Jadi Bos BUMN

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto mengisahkan cerita yang tak terlupakan sepanjang berkarir di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pria kelahiran Surabaya, 60 tahun silam itu mengaku pernah didemo saat menjabat sebagai orang nomor satu di PT Semen Indonesia Tbk.  

Mengepalai sebuah perusahaan besar milik negara bukanlah hal mudah. Banyak tantangan yang dihadapi oleh Dwi.

Mengutip pepatah "semakin tinggi pohon menjulang, semakin kencang pula angin menerpa," begitulah yang dialami Dwi. Jebolan gelar Doktoral Universitas Indonesia itu terus menerus "diserang" demo dari berbagai pihak.

 

Baca Juga

  • Dwi Soetjipto Bakal Awasi Langsung Pengadaan BBM Pertamina
  • Pertamina Cari Dana untuk Kelola Blok Masela
  • Sisi Lain Bos Pertamina, Belajar Silat Buat Kelola Perusahaan

Source: liputan6.com
Atasi Pemadaman Listrik Nias, PLN Ambil Genset dari Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) mempercepat pengadaan genset guna mengatasi pemadaman di Pulau Nias akibat penghentian operasi dua Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) sewa 2 x 10 Mega Watt (MW). Genset tersebut tidak hanya didatangkan dari sekitar Niar saja namun hingga dari Jakarta dan diangkut menggunakan pesawat untuk mempersingkat waktu pengadaan.

Manajer Senior Public relation PLN Agung Murdifi mengatakan, PLN terus berupaya untuk menyelesaikan permasalahan pemadaman listrik yang terjadi di Pulau Nias.Salah satu cara yang dilakukan oleh PLN adalah dengan mengerahkan sejumlah genset yang didatangkan dari Jakarta, Riau, Medan, Sumatera Barat dan Langsa (Aceh).

Dari Jakarta, mobilisasi genset dilakukan melalui jalur udara, yang akan dikirimkan pada Selasa (5/4/2016) ini dengan kapasitas 4,7 Mega watt. “Untuk hari ini, kami sedang berupaya untuk mengirimkan genset dari Jakarta melalui udara, diharapkan malam nanti telah tiba di Nias, sehingga bisa dimanfaatkan pada hari yang sama.” kata Agung, di Jakarta.

Pengiriman genset dari Jakarta ini akan disebar dengan prioritas untuk perumahan mengingat tempat pelayanan masyarakat telah menyala dengan genset yang didatangkan sebelumnya.

Sedangkan genset yang berasal dari Riau dan Medan rencananya juga akan ada penambahan genset masing-masing berkapasitas antara 100 hingga 400 kw yang dikerahkan melalui jalan darat dan laut dengan harapan akan segera tiba di Nias pada esok hari. Keseluruhan genset ini bisa langsung dinyalakan begitu tiba di Nias.

Baca Juga

  • Mahasiswa Nias Galang Pengumpulan Koin Untuk Listrik
  • PLN Janji Listrik Nias Pulih 5 Hari ke Depan
  • Begini Penjelasan PLN Soal Krisis Listrik di Nias

Source: liputan6.com
Genjot Eksplorasi Migas, Elnusa Beli 1 Kapal Seismik

Liputan6.com, Jakarta - PT Elnusa Tbk (ELSA) membeli sebuah kapal seismik pada kuartal II 2016 yang dipergunakan untuk survei marine seismic sehingga mendukung kegiatan eksplorasi minyak dan gas (migas) nasional.

Perseroan melihat peluang untuk mengembangkan seismic Indonesia mengingat masih banyak cadangan migas nasional di laut dalam yang dapat digarap secara optimal.

Ada pun kapal yang dibeli tersebut memiliki kapasitas untuk membawa 12 streamer dengan panjang setiap streamer mencapai 10 kilometer (KM) sehingga ideal untuk melakukan pekerjaan survei seismik di area lautan luas.

 

Baca Juga

  • Penurunan Harga Minyak Dunia Jadi Peluang Bagi Elnusa
  • Elnusa Belum PHK Karyawan Meski Harga Minyak Anjlok
  • Harapan Pembekuan Produksi Memudar, Harga Minyak Merosot

Source: liputan6.com
Dapat Sokongan Dana Besar, 10 Kampus Ini Jadi Terkaya di AS

Liputan6.com, Jakarta - Universitas yang bagus memiliki kualitas yang bagus pula. Untuk membuatnya tetap terjaga, tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bahkan dana finansial tambahan seperti sumbangan juga diperlukan.

Bahkan Universitas Harvard yang dikenal salah satu yang terbaik di dunia, mendapatkan dana sumbangan atau sokongan yang besar, tertinggi di Amerika Serikat.

Melansir dari CNN Money, Selasa (5/2/2016), 10 kampus terkaya di Amerika Serikat punya dana sokongan setidaknya US$ 10 miliar. Rata-rata pengembalian investasi dari dana sokongan tersebut turun di 2015 dari angka 15,5 persen di 2014 menjadi 2,4 persen.

Tak heran mengingat pasar lesu di 2015 lalu. Tak juga mengherankan kalau dana sokongan di tahun itu turun 0,3 persen.

Rata-rata perguruan tinggi menghabiskan sekitar 4 persen dari sumbangan mereka tahun lalu. Dana tersebut mencakup sekitar 10 persen dari anggaran operasional mereka.

Berikut adalah 10 daftar kampus Amerika dengan sokongan dana besar (estimasi kurs 13.157 per dollar Amerika Serikat).

1. Harvard University: US$ 36,4 miliar (Rp 478,9 triliun)
2. Yale University: US$ 25,6 miliar (Rp 336,84 triliun)
3. University of Texas: US$ 24,1 miliar (Rp 317,1 triliun)
4. Princeton University: US$ 22,7 miliar (Rp 298,68 triliun)
5. Stanford University: US$ 22,2 miliar (Rp 292,1 triliun)
6. Massachusetts Institute of Technology: US$ 13.5 miliar (Rp 177.631 triliun)
7. Texas A&M University system: US$ 10,5 miliar (Rp 138,1 triliun)
8. Northwestern University: US$ 10,2 miliar (Rp 134,21 triliun)
9. University of Pennsylvania: US$ 1011 miliar (Rp 132,8 triliun)
10. University of Michigan: US$ 10 miliar (Rp 131,5 miliar)

(Shabrina Aulia Rahmah)

 


Source: liputan6.com
Dana Kampanye Capres AS Tembus Lebih dari Rp 13 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Dana kampanye bakal calon presiden Amerika Serikat telah melebihi US$ 1 miliar setara Rp 13 triliun (Kurs Rp 13.000 per dolar AS) dan diyakini termahal sepanjang sejarah. Dana tersebut didapat dari berbagai sumber, satu sumber yang terbesar terdapat dari pengumpulan dana masal yang biasa disebut dengan fundraising.

Melansir laman washingtontimes.com, Selasa (5/4/2016), dana tersebut dinilai yang termahal. Dana kampanye pada tahun 2012 saja hanya mencapai US$ 314 juta. Sementara di tahun 2008 para bakal calon presiden mampu mengumpulkan dana hingga US$ 812 juta. Dana tersebut pun masih mungkin meningkat seiring dengan kampanye yang berlangsung.

Bakal calon presiden dari Partai Republikan Donald Trump dikabarkan akan menghabiskan dana kampanye hingga US$ 1 miliar.

Sementara itu bakal calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton mengatakan bahwa ia akan menghabiskan dana kampanye hingga US$ 29,5 juta. Ia bahkan menghabiskan dana tambahan hingga US$ 6,1 juta untuk menyukseskan acara partainya yaitu Democratic National Committee pada bulan Maret lalu.

Sementara bakal calon presiden Bernie Sanders mengatakan bahwa ia memberikan kontribusi kecil untuk kampanyenya. Ia mengaku menghabiskan US$ 44 juta pada bulan Maret untuk keperluan kampanye.

Pemilihan umum Presiden Amerika Serikat 2016 akan diadakan pada hari Selasa, 8 November 2016 dan menjadi pilpres empat tahunan ke-58. Pada pemilu ini pula pemilih presiden dipilih, yang kemudian memilih Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat, akan dipilih.

Bakal calon presiden Amerika Serikat datang dari partai Republik dan Demokrat. Ada perbedaan mencolok dari Demokrat dan Republik dalam hal ideologi. Bila partai Demokrat menomorsatukan persamaan kesempatan dan kesetaraan bagi setiap warga negara Amerika, sedangkan partai Republik mengagungkan kebebasan berpendapat dan individu tanpa adanya intervensi dari manapun, termasuk pemerintah.

(vna)


Source: liputan6.com
Ikuti Sanksi PBB, Tiongkok Hentikan Perdagangan Minyak ke Korut

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Persatuan Bangsa Bangsa memberikan sanksi pada Korea Utara, giliran Tiongkok yang melarang perdagangan dengan negara tersebut.

Kementerian Perdagangan Tiongkok menyatakan bahwa mereka melarang impor emas dari Korea Utara juga komoditas tambang tanah jarang (rare earth).

Selain itu juga Tiongkok menghentikan ekspor bahan bakar jet dan produk minyak lainnya. Sebab dikhawatirkan minyak itu bakal dibuat bahan baku roket.

Langkah ini sejalan dengan sanksi terbaru PBB pada Pyongyang.

Dewan Keamanan PBB secara tegas mengeluarkan resolusi pada awal Maret untuk memperpanjang sanksi yang ditujukan pada Korea Utara, terkait pendanaan nuklir dan program roket balistik, setelah negara beribu kota Pyongyang itu meluncurkan percobaan nuklir keempatnya pada Januari dan meluncurkan roket jarak jauh pada Februari.

Sektor tambang adalah kunci perekonomian Korea Utara, yang telah jatuh di beberapa belahan negara di dunia. Para ahli percaya, pendapatan dari sektor tersebut memberikan kontribusi besar terhadap pengeluaran militer Korea Utara.

Seperti diketahui pernyataan mengandung ancaman makin sering dilontarkan oleh Korut setelah PBB dan AS memberikan sanksi yang lebih berat.

Pada Senin, 14 Maret, Kim mengklaim rudal balistiknya mampu melejit menuju AS dan menyapu bersih kota Manhattan di New York.

Korea Utara diduga menggelar tes nuklir keempat pada 6 Januari 2016. Namun, Pyongyang mengklaim pengetesan itu hanya menggunakan bom hidrogen. Namun, sejumlah pakar meragukannya.

AS dan PBB di bawah Dewan Keamanan telah membuat rancangan sanksi paling keras untuk Pyongyang agar segera menghentikan program nuklir serta memberi sanksi ekonomi.

Sanksi ekonomi itu antara lain mempengaruhi komoditi penting Korut, seperti ekspor mineral serta melarangnya menggunakan sistem transportasi internasional.


Source: liputan6.com
Jumlah Wajib Pajak yang Melapor SPT Capai 8,9 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan hingga 31 Maret 2016, jumlah wajib pajak yang telah melaporkan SPT pajak telah mencapai 8,9 juta. Wajib pajak (WP) tersebut berasal dari perorangan maupun badan.

Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Humas DJP Mekar Satria Utama mengatakan, dari 8,9 juta pelapor tersebut, 5,5 juta berasal dari pelaporan SPT online (e-filling) dan 3,3 juta secara manual.

"Kita perkirakan sampai akhir April dari 7 juta (untuk e-filling), sudah terpenuhi 5 juta. Dan sisa 2 juta akan terpenuhi pada Mei-Desember 2016. Tapi dari perkiraan 5 juta ini, sudah bisa dipenuhi," ujar dia di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Mekar menyatakan, untuk mengakomodasi wajib pajak yang belum melaporkan SPT, DJP telah memperpanjang masa lapor SPT khusus untuk e-filling hingga akhir April. Dengan demikian, semakin banyak wajib pajak yang melaporkan SPT.

Baca Juga

  • Ini Alasan Ditjen Pajak Intip Data Kartu Kredit Nasabah
  • Menkeu Minta Akses Data Ditjen Pajak Diperluas
  • Pemerintah Sulit Tambah Wajib Pajak Tanpa Tax Amnesty

Source: liputan6.com
Begini Cara Dwi Soetjipto Ubah Citra Buruk BUMN

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mampu mematahkan anggapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai perusahaan berkinerja rendah melalui kerja keras.

Berkat tangan dinginnya, kinerja beberapa perusahaan semen di bawah kepemimpinannya melejit, termasuk Pertamina yang baru dinaungi selama setahun.

Dwi menjadi Dirut Semen Padang di periode 2003-2005, kemudian berlanjut di PT Semen Gresik periode 2005-2012. Nama Dwi makin bersinar ketika memimpin PT Semen Indonesia Tbk sebagai holding atau induk usaha dari perusahaan-perusahaan semen milik negara.

"Ketika diberikan tanggungjawab memimpin di beberapa perusahaan semen itu, saya melihat selama ini BUMN selalu dianggap sebuah usaha yang kinerjanya pasti rendah," ujar Dwi saat menjadi pembicara Inspirato Liputan6.com, Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Puncaknya, diakui Pria kelahiran Surabaya, 60 tahun silam itu, kinerja keuangan dan harga saham Semen Indonesia selalu kalah dengan perusahaan semen lain, Indocement. Padahal kapasitas Semen Indonesia lebih besar.

"Selalu dikatakan Semen Padang harus dikelola dengan cara Semen Padang sendiri, Semen Gresik harus dengan budaya Jawa Timurnya. Kemudian kita pecahkan, kalau kita bisa bersinergi, harusnya bisa," papar Dwi.

Baca Juga

  • Cerita Dwi Soetjipto Didemo 4 Bulan Saat Jadi Bos BUMN
  • Dwi Soetjipto Bakal Awasi Langsung Pengadaan BBM Pertamina
  • Sisi Lain Bos Pertamina, Belajar Silat Buat Kelola Perusahaan

Source: liputan6.com
Medco Caplok Saham Newmont

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) Arifin Panigoro bersiap untuk mengakuisisi saham Perusahaan tambang asal Amerika Serikat, PT Newmont Nusa Tenggara.

Dalam waktu dekat Arifin mengaku bakal segera mengumumkan pernyataan resminya terkait rencana pembelian saham perusahaan tambang tembaga dan emas yang berada di Nusa Tenggara Barat tersebut.

Arifin menyebut akan membeli seluruh saham Newmont melalui Medco Energi, perusahaan minyak dan gas (migas) nasional miliknya. Namun dia tidak menyebut secara pasti, berapa nilai dana yang bakal dikeluarkan perusahaan untuk mencaplok Newmont.

 

Ilustrasi Tambang Newmont

Arifin masih menutup rapat informasi terkait hal ini. Namun yang pasti, dia mengatakan tengah mempersiapkan pernyataan resmi mengenai akuisisi ini.

"Tunggu pengumumannya lah pokoknya diambil‎alih seluruhnya. Ya diresktruturisasi semua. Tenang saja enggak lama lagi (diumumkan). Saya kira minggu ini," kata dia.

Dia mengungkapkan, dana untuk akuisisi tersebut berasal dari pinjaman perbankan. PT Bank Mandiri Tbk disebut sebagai salah satu bank yang akan memberikan pinjaman. Namun saat ditanya berapa besar nilai pinjamannya, Arifin memilih untuk bungkam.

"Tunggu berapa hari lagi, nanti saya undang semua," ucapnya.

Menurut Arifin, rencana ini telah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Orang nomor 1 di Indonesia itu pun disebut telah merestui akuisisi ini.

"(Bertemu Presiden Jokowi) Lapor saja bahwa ini sudah hampir selesai. (Pak Jokowi merestui?) Oh iya ini kan kemampuan nasional, tentu dia bantu," tandasnya.

Diversifikasi bisnis

Arifin mengaku, salah satu alasannya ingin mengakuisisi Newmont, sebagai upaya pengembangan perusahaan. Selama ini Medco bergerak di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi.

Medco juga mempunyai industri hilir yang memproduksi elpiji, distribusi bahan bakar diesel dan pembangkit tenaga listrik.

"Diversifikasi. Saya kira baik diversifikasi, karena minyak itu baru oke 2-3 tahun lagi. Lama. Kalau kita hanya rely on minyak saja berat menahannya. Kalau 2015 ini US$ 160 juta kita jeblok. Dua tahun lagi begitu ya bubar perusahaan," ungkap dia.

Oleh sebab itu, menurut dia, sangat penting bagi perusahaan untuk menambah lini bisnis. Bahkan untuk merealisasikan hal ini, Arifin mengaku tidak segan membangun pabrik pemurnian (smelter) seperti yang telah diatur pemerintah.

"Emas relatif stabil. Kalaupun turun tapi enggak sejeblok komoditi kayak batu bara. (Smelter) Itu harus. Itu kita sudah janji," tandas dia.

Harga saham medco melejit

(Foto: Liputan6.com)

Tak lama setelah pernyataan Arifin Panigoro yang bakal mencaplok Newmont, saham perusahaan migas tersebut langsung melejit.

Pada penutupan perdagangan saham sesi pertama, saham PT Medco Energi International Tbk naik 9,76 persen menjadi Rp 1.575 per saham. Harga saham PT Medco Energi International Tbk sempat sentuh level tertinggi Rp 1.595 dan terendah Rp 1.410 per saham.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 1.680 kali dengan volume perdagangan saham 91.401. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 14 miliar.

Gerak saham PT Medco Energi International Tbk telah menguat sejak pekan lalu. Kabar grup Medco akuisisi PT Newmont Nusa Tenggara membayangi laju saham MEDC.

Bahkan manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memasukkan saham MEDC dalam unusual market acitivity (UMA) pada perdagangan saham Jumat 1 April 2016. Saham MEDC masuk UMA lantaran telah terjadi peningkatan harga dan aktivitas saham yang di luar kebiasaan.

Dalam situs PT Newmont Nusa Tenggara, pemegang saham antara lain Nusa Tenggara Partnership B.V sekitar 56 persen, PT Pukuafu Indah sebesar 17,8 persen, PT Indonesia Masbaga Investama sekitar 2,2 persen, PT Multi Daerah Bersaing sekitar 14 persen.(Zul/Ndw)


Source: liputan6.com
Rupiah Bakal Bawa IHSG ke Zona Hijau

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan saham Rabu (6/4/2016). Laju IHSG didorong ekspektasi pelaku pasar terhadap nilai tukar rupiah.

"‎Rupiah relatif juga di level yang cukup diharapkan," kata Analis PT Samuel Sekuritas Muhammad Alfatih kepada Liputan6.com.

‎Dia mengatakan, penguatan IHSG juga didorong rilis indeks kepercayaan konsumen. Meski tidak banyak berubah, namun lebih baik dari periode yang sama tahun lalu.

Dia menambahkan, laporan keuangan emiten juga menjadi tenaga pendorong IHSG. Meski begitu, pergerakan IHSG memang relatif terbatas.

Baca Juga

  • Aksi Beli Asing Dorong Penguatan IHSG ke 4.858,07
  • Rupiah Sentuh 13.214 per Dolar AS, IHSG Turun Tipis
  • Laju IHSG Diprediksi Bervariasi

Source: liputan6.com