Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Jumat, 22 April 2016
Kartu Kredit Anda Dicuri? Jangan Panik, Lakukan 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit telah menjadi salah satu kebutuhan bagi hampir semua orang memilikinya. Beberapa dari kita bahkan memiliki lebih dari satu kartu kredit.

Namun kita harus selalu waspada akan kemungkinan terburuk yang dapat terjadi. Kartu kredit yang kita miliki mungkin saja hilang, dicuri, atau terjatuh. Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami hal tersebut.

 

Baca Juga

  • 5 Ciri Orang yang Butuh Kartu Kredit
  • 5 Tanda Anda Sangat Butuh Kartu Kredit
  • 5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Bayar Tagihan Kartu Kredit

Source: liputan6.com
Selain Kaya, Ini 4 Keuntungan Jadi Pengusaha

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi pengusaha merupakan impian banyak orang. Namun tidak semua orang mampu mewujudkannya.

Mampu menjadi seorang pengusaha sukses bukanlah tujuan yang mudah. Akan tetapi banyak tantangan dan hal berliku yang harus Anda hadapi.

Walaupun begitu, menjadi pengusaha juga memiliki keuntungannya tersendiri. Melansir laman Forbes, Jumat (22/4/2016) berikut ulasannya:

1. Selalu belajar

Agar mampu menjadi pengusaha sukses maka Anda harus mau untuk belajar dan terus berusaha. Hal inilah yang akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Seorang pengusaha sukses merupakan mereka yang senantiasa memanfaatkan waktu yang mereka miliki untuk belajar akan hal baru. Dengan begini, bisnis yang dijalankan pun akan mampu menjadi lebih sukses

Baca Juga

  • 3 Tips Sukses yang Sering Diabaikan Pengusaha
  • 5 Cara Cepat Dapat Modal Buat Bisnis
  • Anda Belum Siap Jadi Pengusaha Kalau Masih Punya 5 Hal Ini

Source: liputan6.com
5 Kota Tempat Tinggal Para Orang Kaya di AS

Liputan6.com, Jakarta - Kaya bagi setiap orang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Namun biasanya, rata-rata orang mendefinisikan kekayaan sebagai mereka yang mampu memiliki harta paling banyak.

Studi yang dilakukan Charles Schwab baru-baru ini mengungkap, kekayaan seseorang ternyata bisa dipengaruhi dari faktor lain tak hanya pendapatan.

Data tersebut mengungkap bahwa kekayaan seseorang dapat dilihat dari daerah tempat ia tinggal.

Berikut lima kota di Amerika Serikat, yang menjadi tempat tinggal orang kaya seperti dikutip dari cnbc.com, Jumat (22/5/2016):

1. Chicago

Rata-rata orang kaya di Chicago memiliki pendapatan US$ 2,5 juta atau Rp 32,8 miliar. Hampir sama dengan New York City. Maklum, Chicago juga merupakan salah satu kota bisnis di Amerika Serikat.

2. San Fransisco

Berbeda dengan Chicago, San Fransisco merupakan area favorit para miliarder kelas kakap. Tak tanggung-tanggung, Anda harus mampu memiliki pendapatan US$ 6,4 juta atau Rp 84,2 miliar agar mampu dianggap sebagai orang kaya di daerah ini.


Source: liputan6.com
Laju IHSG Bakal Menguat, Cermati Saham Pilihan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan saham menjelang akhir pekan ini. Sentimen regional masih positif akan menopang penguatan IHSG.

Kepala Riset PT Koneksi Kapital Alfred Nainggolan menuturkan penguatan IHSG masih berlanjut pada perdagangan saham Jumat pekan ini. Penguatan IHSG itu asal didukung dari kondisi bursa saham Amerika Serikat (AS) dan Jepang yang positif.

Selain itu, sentimen global lainnya seperti AS dan Eropa mendukung agar Inggris tetap berada di Uni Eropa juga akan menjadi sentimen positif. Alfred menilai, hal itu dapat membuat pasar keuangan lebih stabil ke depan.

Dari dalam negeri, Alfred menilai suku bunga acuan/BI Rate tetap di level 6,75 persen tidak akan terlalu mempengaruhi IHSG. Alfred menambahkan, kalau BI Rate tetap maka menandakan kalau BI hati-hati untuk memutuskan BI Rate.

Baca Juga

  • Sentimen Global Positif Dorong IHSG Sentuh 4.903
  • IHSG Menguat Ikuti Bursa Asia dan Wall Street
  • Sepi Sentimen, IHSG Melemah Tipis

Source: liputan6.com
BI Rate Masih Bayangi Gerak IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bervariasi dengan kecenderungan menguat terbatas pada Jumat (22/4/2016).

Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi mengatakan, ‎pada perdagangan saham kemarin IHSG menguat setelah Bank Indonesia (BI) mengumumkan BI rate dengan keputusan tetap 6,7 persen dan seven days revers repo rate di 5,5 persen. IHSG ditutup menguat sebanyak 26,49 poin atau 0,54 persen di level 4.903,09.

"Stabilnya nilai tukar dan inflasi namun masih adanya kekhawatiran perlambatan ekonomi global terutama China membuat BI menahan penurunan suku bunga guna mengendalikan inflasi," kata dia dalam ulasannya.

Sementara, Bursa saham Asia mayoritas menguat sering penguatan harga minyak. Sementara, Bursa China diwarnai aksi jual karena spekulasi pertumbuhan utang.

Baca Juga

  • Laju IHSG Konsolidasi Menanti Laporan Keuangan Emiten
  • IHSG Berpotensi Naik, Simak Saham Pilihan Ini
  • Sentimen Global Positif Dorong IHSG Sentuh 4.903

Source: liputan6.com
Wall Street Melemah Dipicu Laporan Kinerja Perusahaan

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham AS ditutup melemah setelah 3 kali berturut-turut berada di zona positif. Pelemahan dipicu laporan keuangan kuartalan yang mixed.

Indeks acuan S & P 500 dalam beberapa hari terakhir telah rally sekitar 1 persen dari rekor bulan Mei, didukung oleh pergerakan dolar yang lebih lembut dan membaiknya harga minyak dunia.

Namun investor telah melihat ada sedikit kesabaran untuk laporan kuartalan yang sedikit tidak sesuai harapan.

Baca Juga

  • Sentimen Global Positif Dorong IHSG Sentuh 4.903
  • IHSG Menguat Ikuti Bursa Asia dan Wall Street
  • Sepi Sentimen, IHSG Melemah Tipis

Source: liputan6.com
Produksi Diramal Naik, Harga Minyak Dunia Tergelincir

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak tergelincir pada Kami, imbas dari produsen mengindikasiikan akan memproduksi lebih banyak output. Sementara saham AS mengalami pelemahan pertamanya dalam 4 sesi.

Euro melemah terhadap dolar setelah para pedagang melihat potensi Bank Sentral Eropa (ECB) untuk akhirnya meningkatkan langkah-langkah stimulus jika diperlukan.

Dalam komentarnya Kamis,Presiden ECB Mario Draghi menepis kritik Jerman kebijakan moneter yang sangat longgar dan bersumpah untuk menggunakan semua alat selama diperlukan.

Baca Juga

  • OPEC Gagal Sepakati Pembekuan Picu Harga Minyak Naik
  • Stabilnya Pasokan Minyak Tergantung Situasi Iran
  • Kesepakatan Doha Gagal, Harga Emas Naik Tipis

Source: liputan6.com
26 Gardu Listrik Masih Mati karena Tergenang, Ini Lokasinya

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) sampai pagi ini masih memadamkan 26 gardu listrik karena tergenang banjir. Jumlah ini berkurang jika dibandingkan pada sore kemarin yang total gardu padam mencapai 39 gardu distribusi listrik.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya‎ Mambang Hertadi‎ menjelaskan beberapa gardu sudah dioperasikan kembali mengingat banjir di wilayah tersebut sudah mulai surut.

"Pagi ini masih ada 26 gardu yang padam, jumlahnya menurun tapi untuk lokasi wilayahnya, sebagian besar masih sama seperti kemarin," kata Mambang dalam pesannya kepada Liputan6.com, Jumat (22/4/2016).

Baca Juga

  • Terendam Banjir, Cek Wilayah Jakarta yang Kena Mati Lampu
  • PLN Perkuat Pasokan Listrik di Jakarta
  • Ada 3 Gardu Induk, Pasokan Listrik Aman di Jawa Timur

Source: liputan6.com
RI Bertekad Kemudahan Bisnis Masuk Peringkat 40 Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong menegaskan komitmen pemerintah untuk masuk jajaran 40 besar dunia dalam Indeks Kemudahan Berbisnis (Ease of Doing Business Index).

Ia menyampaikan tekad itu saat menjadi Panelis dalam Indonesia-Germany Business Forum di Berlin, Jerman.

"Pemerintah Indonesia bertekad menempatkan diri pada 40 besar dalam Ease of Doing Business Index," ujar Thomas dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Dia menjelaskan, berdasarkan data Bank Dunia (World Bank), saat ini Indonesia menempati peringkat ke-109 dalam Ranking of Doing Business pada 2016. Ranking ini mengalami kenaikan sebesar 11 peringkat dari posisi tahun sebelumnya yang hanya menempati peringkat ke-120.

Selain itu, ia menyampaikan kalau pemerintah Indonesia kini lebih terbuka dan kompetitif dalam menjalin hubungan kerja sama bisnis dan dagang dengan negara lain.

Baca Juga

  • RI-Jepang Sepakat Tingkatkan Promosi Barang dan Jasa
  • Dubes Inggris: RI Butuh Kerja Keras Raih Target Kemudahan Bisnis
  • Begini Strategi RI untuk Naik Peringkat Kemudahan Berbisnis

Source: liputan6.com
KPPU Putuskan Kasus Dugaan Kartel Daging Sapi Siang Ini

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akan mengumumkan putusan kasus dugaan kartel daging sapi. Hal ini dilakukan setelah lembaga tersebut melakukan proses investigasi dan pemeriksaan selama lebih dari empat bulan.

"Setelah melalui proses Pemeriksaan Pendahuluan dan Lanjutan selama kurang lebih 120 (seratus dua puluh) hari kerja, saat ini Majelis Komisi yang dipimpin oleh Chandra Setiawan tengah mempersiapkan Putusan terkait Dugaan Kartel Perdagangan Sapi," ujar KPPU dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Proses pemeriksaan yang dilakukan KPPU terhadap dugaan kartel ini telah dilakukan sejak tahun lalu. Munculnya dugaan kartel ini lantaran terjadinya lonjakan harga daging sapi pada waktu-waktu tertentu di tahun lalu.

Baca Juga

  • Alasan Pemerintah Batalkan PPN 10% untuk Sapi Impor
  • Mentan Amran: Kapal Ternak Untungkan Peternak dan Konsumen
  • KPPU Cium Adanya Praktik Kartel dalam Distribusi Daging

Source: liputan6.com
IHSG Melemah Terbatas Jelang Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) belum dapat melanjutkan kenaikan perdagangan saham menjelang akhir pekan ini. IHSG melemah terbatas mengikuti gerak bursa saham Asia dan Amerika Serikat (AS).

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Jumat (22/4/2016), IHSG melemah 4,36 poin atau 0,09 persen ke level 4.898,72. Pelemahan indeks saham itu berlanjut pada pukul 09.00 WIB. IHSG turun 5,88 poin atau 0,12 persen ke level 4.897,73. Indeks saham LQ45 tergelincir 0,13 persen ke level 849,55.

Sebagian besar indeks saham acuan tertekan pada Jumat pekan ini kecuali indeks saham DBX naik 0,26 persen ke level 674.

Ada sebanyak 52 saham melemah sehingga membuat IHSG berada di zona merah. Akan tetapi, 74 saham menguat sehingga membuat IHSG hanya turun terbatas. 70 saham lainnya diam di tempat.

 

Baca Juga

  • Laju IHSG Bakal Menguat, Cermati Saham Pilihan Ini
  • BI Rate Masih Bayangi Gerak IHSG
  • Sentimen Global Positif Dorong IHSG Sentuh 4.903

Source: liputan6.com
Punya Bandara Megah, Wisata Papua Makin Menggeliat

Liputan6.com, Jakarta - Selesainya pengembangan Bandara Domine Eduard Osok (DEO) di Sorong diyakini akan berdampak positif bagi pertumbuhan sektor pariwisata di Papua Barat.‎ Terlebih lagi, lokasi bandara tidak jauh dari salah satu destinasi wisata yang telah mendunia yaitu Raja Ampat.

‎Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I DEO, Paryono mengatakan, selama ini wisatawan mancanegara yang ingin ke Raja Ampat terlebih dahulu harus masuk melalui bandara internasional seperti Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta, Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar atau ‎Bandara Sam Ratulangi di Manado.

‎"Kalau saat ini kan kebanyakan unschedule (penerbangan tak berjadwal) karena ada peraturan menteri di mana registrasi asing hanya bisa di bandara internasional sehingga untuk ke sini harus gunakan armada domestik," ujar dia di Sorong, Papua Barat, Jumat (22/4/2016).

Baca Juga

  • Megahnya Bandara Domine Eduard Osok Sorong
  • Pengembangan Bandara Domine Eduard Rampung, Ini Fasilitas Barunya
  • Jokowi Siap Bangun Pelabuhan Raksasa di Sorong

Source: liputan6.com
Ekonomi Dunia Lesu, ISIS Kesulitan Cari Duit

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan kelompok radikal ISIS makin tersudut. Kondisi perekonomian dunia yang melemah ditambah harga minyak dunia yang menurun membuat kelompok radikal ini kesulitan untuk mendapat dana yang mereka butuhkan.

Melansir laman CNNMoney, Jumat (22/4/2016), pendapatan bulanan ISIS mengalami penurunan 30 persen di beberapa bulan terakhir.

Data yang dikeluarkan dari biro analisHIS juga mengungkap, kelompok radikal ini hanya mampu mengantongi pendapatan US$ 56 juta pada bulan Maret 2016. Angka ini jauh lebih rendah dari bulan sebelumnya yang mencapai US$ 80 juta.

Baca Juga

  • 6 Cara ISIS Raup Lebih dari Rp 13 Triliun per Tahun
  • Jadi Teroris Terkaya di Dunia, ISIS Bisa Bangkrut Karena Boros
  • Bukan Bom yang Mampu Taklukan ISIS, Tapi Uang

Source: liputan6.com
Sadis, Demi Duit ISIS Jual Organ Tubuh Anggotanya

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi perekonomian dunia yang melemah dan harga minyak yang rendah membuat kelompok radikal ISIS makin tersudut. Laporan yang dikeluarkan  media lokal bahkan menyebut bahwa demi mendapatkan uang, ISIS diduga membunuh anggotanya sendiri dan mengambil organ tubuhnya.

Organ tubuh tersebut kemudian dijual di pasar gelap demi mendapat uang yang mereka butuhkan.

Melansir laman Ibtimes, Jumat (22/4/2016), pendapatan kelompok radikal ini menurun 30 persen ke angka US$ 56 juta pada 2015. Untuk mengatasi permasalahan finansial tersebut, ISIS pun membunuh tentara yang terluka di Kota Mosul dan mengambil organ tubuhnya.

Beberapa media lokal di Timur Tengah dan Eropa menyebutkan, organ yang paling banyak dijual ISIS adalah hati dan ginjal.

“Dokter di sana diancam untuk mengeluarkan organ tubuh dari tentara ISIS yang terluka,” ungkap salah satu sumber di kota Mosul yang tidak ingin disebutkan namanya.

Baca Juga

  • Ekonomi Dunia Lesu, ISIS Kesulitan Cari Duit
  • 6 Cara ISIS Raup Lebih dari Rp 13 Triliun per Tahun
  • Jadi Teroris Terkaya di Dunia, ISIS Bisa Bangkrut Karena Boros

Source: liputan6.com
Buat Izin Usaha Syaratnya Harus Taat Bayar Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak, Ken Dwijugiasteadi telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan 8 Pemerintah Daerah (Pemda) di wilayah kerja Kanwil DJP Jawa Barat II terkait pemberlakuan Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) untuk layanan publik tertentu.

Sebanyak 8 Pemda itu meliputi daerah Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Bekasi.

Dirjen Pajak Ken, mengatakan, selama ini hampir seluruh masyarakat baik perorangan maupun badan hukum telah menikmati layanan publik yang disediakan pemerintah.

  • Tax Amnesty Jadi Penopang Pembiayaan Pembangunan
  • Dirjen Pajak: Tax Amnesty Bukan Hanya Soal Penerimaan Pajak
  • Apindo: Singapura Pakai Banyak Cara untuk Gagalkan Tax Amnesty RI

Namun kontribusi masyarakat penikmat layanan publik tersebut masih kurang atau bahkan tidak ada sama sekali untuk membiayai layanan publik yang mereka nikmati yang 75 persen bersumber dari penerimaan pajak.

"Akan sangat sulit untuk menyelenggarakan layanan publik yang baik tanpa didukung dengan pembiayaan yang memadai dari peran masyarakat dalam membayar pajak," tegas Ken dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (22/4/2016).

KSWP adalah aplikasi berbasis web yang dijalankan di badan perizinan Pemda untuk memastikan bahwa pemohon izin, seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Tanda Daftar Perusahaan telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan sudah menyampaikan SPT (Surat Pemberitahuan) Tahunan selama 2 tahun berturut-turut.

"Pelaksanaan program KSWP sendiri merupakan implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015," ucapnya.

Dijelaskannya, pemberlakuan KSWP akan menguntungkan pihak Pemda dan DJP. Bagi Pemda sambung Ken, penerapan KSWP akan membantu meningkatkan penerimaan daerah karena KSWP akan dapat menjaring wajib pajak yang belum terdaftar atau wajib pajak yang telah terdaftar namun tidak pernah melaporkan SPT Tahunannya, untuk melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan tertib.

Sedangkan bagi DJP, lanjutnya, kerjasama tersebut menguntungkan karena dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak yang masih relatif rendah. "Dengan pemberlakukan KSWP pada layanan publik yang dilaksanakan badan perizinan di Pemda akan membuat masyarakat pemohon izin dipaksa untuk patuh dan sadar akan kewajiban perpajakannya," terang Ken.

DJP berharap, KSWP diterapkan secara lebih luas sehingga dapat mencakup setiap kementerian atau lembaga yang menyelenggarakan perizinan di tahun-tahun mendatang. "Jadi masyarakat yang tidak berkontribusi pada layanan publik yang dinikmatinya, tidak akan diberikan izin apapun sebelum kewajiban perpajakannya diselesaikan," imbuh Ken.


Source: liputan6.com
BNI Beri Pinjaman ke Semen Indonesia Senilai Rp 1 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mengucurkan kredit senilai Rp 1 triliun ‎kepada PT Semen Indonesia Tbk. Dana ini akan digunakan oleh Semen Indonesia untuk modal kerja.

Penyaluran kredit ditandai dengan penandatangan fasilitas kredit oleh Direktur Semen Indonesia Suparni dan Direktur Bisnis Korporasi BNI Herry Sidharta di Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Jumat (22/4/2016). 

Herry mengatakan, salah satu tujuan dari kerja sama ini adalah meningkatkan sinergi antar perusahaan BUMN. Sinergi antar BUMN memang terus digalakkan untuk meningkatkan efisiensi dalam perusahaan BUMN dan peningkatkan peran perusahaan BUMN untuk pembangunan Indonesia. 

Baca Juga

  • Menguji Ketangguhan Semen Indonesia
  • Begini Cara Dwi Soetjipto Ubah Citra Buruk BUMN
  • ‎Pemerintah Tagih Semen Indonesia Bangun Pabrik di Wilayah Timur

Source: liputan6.com
Satu Juta Buruh Gelar Aksi Peringati May Day 2016

Liputan6.com, Jakarta - Serikat pekerja yang tergabung dalam Gerakan Buruh Indonesia (GBI) bersiap melakukan aksi unjuk rasa besar-besaran dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada 1 Mei 2016. Sebanyak satu juta buruh serentak berdemo di 32 Provinsi di Indonesia.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal saat Konferensi Pers mengungkapkan aksi buruh pada peringatan May Day bakal digelar serentak di 250 Kabupaten/Kota dan 32 Provinsi di Indonesia.

"Sementara May Day di Jabodetabek dipusatkan di Istana Negara dan Gelora Bung Karno (GBK). Titik kumpul di Bundaran Hotel Indonesia, kemudian long march sampai ke Istana dan bergerak menujuGBK," ujarnya di Hotel Mega Proklamasi,Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Baca Juga

  • Buruh: Hindari Bayar THR, Modus Perusahaan PHK Karyawan
  • Buruh Minta Pengusaha yang Tak Bayar THR ‎Dipidana, Bukan Denda
  • Senangnya Buruh, Kerja 1 Bulan Bisa Dapat THR

Source: liputan6.com
Skema Holding BUMN Energi Tunggu Restu Pemegang Saham

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sedang merampungkan proses pembentukan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di beberapa sektor, salah satunya energi. Tujuan pembentukan holding supaya ke depan perusahaan negara ini bisa semakin kuat dan berdaya saing.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan, untuk skema holding BUMN energi masih menunggu keputusan pemegang saham atau pemerintah. "Skema (holding) kita tunggu pemegang saham," kata dia di Kementerian BUMN di Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Dwi menuturkan, keberadaan holding menunjukkan adanya sinergi BUMN. Selain itu, holding mendorong terciptanya keuangan yang lebih kuat.

Baca Juga

  • Bentuk Holding BUMN, Menteri Rini Tak Perlu Lapor DPR
  • Nasib Holding BUMN Ada di Tangan 3 Perusahaan Ini
  • Kajian Independen soal Holding BUMN Telah Rampung

Source: liputan6.com
Pemerintah Bakal Legalkan Ojek?

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melegalkan moda transportasi roda dua seperti ojek.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto mengungkapkan hal itu saat ditemui di kantornya.

Pudji mengaku proses pembuatan landasan hukumnya saat ini tengah diajukan oleh beberapa kalangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara. Ia menuturkan, langkah itu patut diapresiasi.

"‎Saya bilang, ojek itu ada yang sudah mulai dia melakukan pengajuan ke PN Utara, minta payung hukum. Memang belum ada aturannya saat ini, ini bagus," kata Pudji, Jumat (22/4/2016).

 

Baca Juga

  • Kementerian Perhubungan Bakal Atur Gojek dan Taksi Uber
  • GoJek Kini Layani Antar Produk BBM Pertamina
  • Akhirnya, Kemenhub Terbitkan Aturan Taksi Online 

Source: liputan6.com
Buruh Klaim Karyawan yang Kena PHK Capai 32.680 Orang

Liputan6.com, Jakarta - Perbedaan data jumlah tenaga kerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dalam kurun waktu Januari-Maret 2016 masih terjadi antara pemerintah dan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Sepanjang tiga bulan ini, data PHK dari KSPI menunjukkan telah terjadi PHK sebanyak 32.680 orang di berbagai sektor industri.

"PHK masih mengancam para buruh, karena faktanya ada sekitar 32.680 buruh yang kena PHK pada Januari-Maret 2016," ungkap Presiden KSPI, Said Iqbal saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Dirinya merinci, data PHK yang dimiliki KSPI selama periode tersebut sesungguhnya hanya 22.680 buruh. Namun kabar terakhir yang diterima Said, buruh di Cirebon yang terancam kena PHK sebanyak 2.600 orang dan 6.000 buruh sudah dirumahkan berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja Jombang, Jawa Timur. Sedangkan sisanya di daerah lain.

Baca Juga

  • 3.795 Pekerja Kena PHK, Sektor Mana Saja?
  • Kemenaker: 3.795 Karyawan Kena PHK di Kuartal I 2016
  • Buruh: Hindari Bayar THR, Modus Perusahaan PHK Karyawan

Source: liputan6.com
OJK dan Pemprov Lanjutkan Pendirian Bank Banten

Liputan6.com, Serang - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap pemerintah provinsi Banten untuk memiliki Bank Pembangunan Daerah (BPD) sehingga mempercepat akses keuangan daerah.

"Provinsi Banten untuk juga inline dengan percepatan ekonomi daerah. Banten sedang melakukan proses pendirian Bank Banten. Tidak ada yang melarang mendirikan bank sendiri, karena di daerah lain sebagian besar punya BPD," kata Kepala Kantor Regional 1 OJK wilayah Jakarta-Banten, Bambang Widjanarko, usai mengadakan rapat tertutup dengan Gubernur Banten Rano Karno, di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Jumat (22/04/2016).

Sementara itu, Gubernur Banten Rano Karno meminta dukungan OJK dan pemerintah pusat untuk membantu pembentukan Bank Banten. Dengan pembentukan bank banten itu dapat mempercepat akses keuangan daerah.

 

Baca Juga

  • Mendagri Segera Terbitkan Aturan Izin Pendirian Bank Banten
  • Ini Dakwaan Wakil Ketua DPRD dalam Suap Bank Banten
  • Dirut BGD Tertangkap, Bagaimana Nasib Pendirian Bank Banten?

Source: liputan6.com
Menkeu: Negara yang Rahasiakan Data Pajak Bakal Kena Sanksi

Liputan6.com, Jakarta - Negara-negara dengan perekonomian terbesar di dunia (G20) sepakat bakal mengenakan sanksi tegas bagi negara-negara yang tidak kooperatif dan bersedia membuka data pajak dan perbankan pada akhir 2017. Kesepakatan ini lahir dari pertemuan G20 dan Spring Meeting IMF/Bank Dunia di Washington, AS yang berlangsung pada pekan ini. 

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan, negara-negara anggota G20 masih berkoordinasi untuk menentukan sanksi apa yang akan dikenakan, termasuk lembaga yang dapat menerapkan sanksi tersebut.

"Intinya sudah ada keputusan di G20, semua sepakat bahwa sanksi itu diperlukan. Tinggal diputuskan lembaga mana yang bisa mengenakan sanksi itu, berikut bentuk sanksi seperti apa," kata Bambang di kantornya, Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Baca Juga

  • Sri Mulyani Angkat Bicara Soal Panama Papers
  • Isu Panama Papers Jadi Sorotan di Pertemuan Negara G20
  • Ketua KPK Sayangkan Nama Ketua BPK Muncul di Panama Papers

Source: liputan6.com
Bank Mandiri Kucurkan Rp 1,2 Triliun‎ demi Terangi Gili Trawangan

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, memberikan bantuan sebesar Rp 1,2 triliun untuk membangun sistem penerangan jalan dan pengelolaan sampah di kawasan Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo kepada Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyan serta disaksikan Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Barat Muhammad Nur di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (22/4/2016).

Menurut Kartika, dari total bantuan tersebut, sebesar Rp 588 juta dialokasikan untuk penerangan jalan di pesisir pantai Gili Trawangan, kemudian dana senilai Rp 680 juta dialokasikan untuk membangun sistem pengolahan sampah.

Baca Juga

  • Acuan Moneter Diubah, Bunga Kredit Mandiri Bakal Turun
  • Dongkrak Dana Infrastruktur, Mandiri Gandeng Bank Asal Jerman
  • Bank Mandiri Salurkan KUR Rp 3,66 Triliun

Source: liputan6.com
Jurus Pemerintah Atasi Harga BBM Mahal di Indonesia Timur

Liputan6.com, Papua Barat - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membangun infras‎truktur Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk mengatasi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang mahal di Indonesia Timur.

Menteri ESDM Sudirman Said mengungkapkan, pembangunan infrastruktur tersebut berupa tangki penyimpanan dan fasilitas penyaluran BBM. Dengan begitu harga BBM yang disalurkan sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah.

"Kita punya program tangki dan penyaluran di Indonesia Timur," kata‎ Sudirman, di Maybrat, Papua Barat, seperti yang dikutip Jumat (22/4/2016).

Sudirman melanjutkan, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM akan menjalankan program pembangunan infrastruktur hilir BBM tersebut. ‎Namun untuk membangunnya perlu dipastikan kebutuhan BBM.

Baca Juga

  • Jokowi Marah Soal PLTS, Ini Jawaban Kementerian ESDM
  • Hadirnya Listrik Jadi Anugerah bagi Warga Temel Papua Barat
  • 3 Jurus Kementerian ESDM Menerangi Wilayah Terpencil

Source: liputan6.com
Elvyn G Masassya Ditunjuk Jadi Dirut Pelindo II

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelindo II (Persero) telah memiliki direktur utama baru, yaitu Elvyn G Masassya. Penetapan ini sesuai dengan‎ Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara nomor SK-82/MBU/04/2016 tanggal 22 April 2016.

Kepala Pusat Informasi Publik Kementerian BUMN Teddy Poernama mengungkapkan, penyerahan SK dilakukan langsung oleh Deputi Bidang usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Pontas Tambunan.

"Betul, penyerahan SK dilakukan langsung oleh Pak Pontas langsung diterima Pak Elvyn," kata Teddy kepada Liputan6.com, Jumat (22/4/2016).

Baca Juga

  • Cara Pelindo II Perlancar Arus Ekspor Impor Barang
  • Kadin Minta Pelindo II Cabut Kenaikan Tarif Progresif Kontainer
  • Pengusaha Sebut Kenaikan Tarif Timbun Kontainer 900% Salah Kaprah

Source: liputan6.com
IHSG Naik 11 Poin Ditopang Aliran Dana Investor Asing

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bervariasi dengan kecenderungan menguat pada perdagangan saham Jumat pekan ini. Aksi beli investor asing dan harga minyak masih mempengaruhi laju IHSG.

Pada penutupan perdagangan saham, Jumat (22/4/2016), IHSG naik 11,64 poin atau 0,24 persen ke level 4.914,73. Indeks saham LQ45 menguat 0,27 persen ke level 852,86. Sebagian besar indeks saham acuan menghijau.

Ada sebanyak 147 saham menghijau sehingga mengangkat IHSG. Sementara itu, 148 saham melemah sehingga menekan penguatan IHSG. 89 saham lainnya diam di tempat. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 252.853 kali dengan volume perdagangan saham 4,9 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 5,4 triliun.

Secara sektoral, sebagian besar sektor saham tertekan kecuali sektor saham barang konsumsi naik 0,69 persen, sektor saham infrastruktur mendaki 0,93 persen, sektor saham keuangan menguat 0,80 persen dan sektor saham manufaktur menanjak 0,01 persen.

 

Baca Juga

  • Sentimen Global Positif Dorong IHSG Sentuh 4.903
  • IHSG Melemah Terbatas Jelang Akhir Pekan
  • Laju IHSG Bakal Menguat, Cermati Saham Pilihan Ini

Source: liputan6.com
Tanggapan Menkeu Soal Penangkapan Samadikun Hartono

Liputan6.com, Jakarta - Samadikun Hartono, buronan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) selama 13 tahun, akhirnya tertangkap.

Kejaksaan Agung (Kejagung) menyebut Samadikun berniat mengganti kerugian uang negara senilai Rp 169 miliar akibat kasus tersebut.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro, menganggap kasus BLBI merupakan tindak kejahatan karena telah menyalahgunakan dana talangan BLBI senilai Rp 2,5 triliun.

"Saya tidak tahu pasti sejarah BLBI, tapi BLBI itu kejahatan. Mereka sudah dapat uang untuk menyelamatkan banknya, tapi malah dibawa lari," kata Bambang di kantornya, Jumat (22/4/2016).

 

Baca Juga

  • Jaksa Agung Berjanji Kejar Harta Samadikun Hartono
  • Jadi Korban Alphard di Senopati, Ini Permintaan Anak Mendagri
  • ICW: Kejaksaan Harus Telusuri Kembali Aset Samadikun Hartono

Source: liputan6.com
Jadi Pusat Teknologi di Eropa, Kadin Rayu Belgia Investasi di RI

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengajak pengusaha Belgia untuk meningkatkan dan menanamkan investasi di Indonesia.‬

‪Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani mengatakan, Belgia mempunyai potensi yang sangat besar untuk berinvestasi dalam bidang ekonomi, perdagangan, dan industri di Indonesia. Hal ini karena negara tersebut terkenal sebagai pusat teknologi di Eropa.   ‬

‪"Saya yakin, investasi Belgia di Indonesia akan terus berkembang. Kadin akan bekerja keras untuk membantu pemerintah menjadikan investasi sebagai motor pertumbuhan ekonomi nasional. Meski terbilang kecil investasi Belgia dibandingkan Singapura, Tiongkok, dan Jepang, tapi ada komitmen untuk berinvestasi di Indonesia," ujar dia di Jakarta, Jumat (22/4/2016).

‪Saat ini, Belgia menempati peringkat  ke-27 dalam daftar investasi di Indonesia dengan nilai sebesar US$ 132 juta.

Baca Juga

  • Belgia Siap Kucurkan Rp 7 Triliun untuk Investasi Pelabuhan
  • Kadin Dorong Investasi Inggris Bertambah di Indonesia
  • Dato Sri Tahir Jadi Ketua Kadin Komite Tiongkok‬

Source: liputan6.com
RI Dinilai Sulit Ikuti Perjanjian Keterbukaan Data Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dinilai sulit untuk mengimplementasikan kesepakatan keterbukaan informasi perpajakan yang dibuat oleh negara-negara yang tergabung dalam G20. Alasannya, hukum di Indonesia sendiri belum mendukung keterbukaan informasi perpajakan tersebut.

Direktur Eksekutif Center of Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo sangsi dengan kesepakatan mengenai keterbukaan data perpajakan yang diterapkan pada 2018 bakal efektif mengejar dana orang Indonesia yang parkir di luar negeri. Keterbukaan ini mengacu pada kesepakatan KTT negara G20 yang direalisasikan dalam program Automatic Exchange of Information (AEoI).

Yustinus menerangkan, keterbukaan data seharusnya bisa mengejar dana-dana orang di Indonesia yang di luar negeri . Namun demikian, hal tersebut sulit tercapai mengingat keterbukaan ini berlaku timbal balik. Artinya, Indonesia baru dapat data jika Indonesia memberikan data yang lengkap.

Baca Juga

  • Peneliti Pajak RI Sabet Penghargaan Bergengsi di Eropa
  • Dana Hasil Pengampunan Pajak Dapat Ditampung Perusahaan Ini
  • Menkeu: Negara yang Rahasiakan Data Pajak Bakal Kena Sanksi

Source: liputan6.com
5 Cara Bebas dari Pekerjaan di Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan merupakan waktu yang paling ditunggu oleh para pegawai. Selain dapat bersantai, akhir pekan juga biasanya dimanfaatkan sebagai waktu untuk bersantai.

Namun terkadang, banyak pegawai yang tidak bisa memanfaatkan waktunya dengan baik. Hal ini karena mereka harus mengurus urusan pekerjaan.

Melansir laman Forbes, Sabtu (23/4/2016), berikut 5 langkah yang bisa Anda lakukan agar bisa bebas dari jeratan pekerjaan di akhir pekan:

Mengevaluasi to-do-list

Setiap orang pasti memiliki to-do-list yang biasanya dipakai untuk memudahkan bekerja. Satu hal yang dapat Anda lakukan di akhir pekan adalah melihat kembali to-do-list yang sudah Anda buat.

Dari situ Anda pun dapat mengetahui pekerjaan mana saja yang sudah rampung ataupun yang perlu perbaikan kembali.

Pergi bersama rekan kerja

Pergi bersama rekan kerja dapat membuat Anda merasa lebih rileks. Selain itu, bercengkrama dengan rekan kerja juga dapat membuat Anda bisa melepaskan beban pikiran selama satu minggu bekerja.

Anda dapat pergi menikmati ke makanan favorit atau hanya menghabiskan waktu mengobrol bersama.


Source: liputan6.com
Tarik Balik Duit Warga, Italia Sebar Intelejen

Liputan6.com, Jakarta - Langkah pengampunan pajak atau tax amnesty untuk menarik dana orang kaya yang diparkir di luar negeri tidak semuanya berhasil. Ada beberapa negara yang gagal menarik dana-dana yang diparkir di luar negeri dengan menggunakan kebijakan tax amnesty. Tapi memang, ada juga negara yang berhasil melakukannya. 

Direktur Eksekutif Center of Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo‎ menuturkan, beberapa negara yang sukses menerapkan kebijakan tax amnesty adalah Italia dan Afrika Selatan. Oleh sebab itu, ia menyarankan agar Indonesia meniru cara yang dilakukan oleh kedua negara tersebut.

Italia sendiri tak semata-mata langsung menerapkan tax amnesty. Prastowo bilang, sebelum menerapkan kebijakan tersebut Italia lebih dahulu mengirim intelejen ekonomi untuk melacak ‎keberadaan dana-dana warganya.

Baca Juga

  • Industri Keuangan RI Perlu Siap Tangkap Peluang Tax Amnesty
  • Tax Amnesty Jadi Penopang Pembiayaan Pembangunan
  • Tax Amnesty Bisa Bikin RI Kalahkan Jepang dan Korea

Source: liputan6.com
Dua Negara Surga Pajak Ini Tolak Buka Data

Liputan6.com, Jakarta - Masih ada dua negara yakni Bahrain dan Panama yang menolak membuka akses data dan informasi pajak maupun perbankan di akhir 2017. Kedua negara tersebut adalah negara surga bebas pajak (tax havens).

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (BKF Kemenkeu) Suahasil Nazara saat Konferensi Pers Hasil Pertemuan IMF-World Bank Spring Meetings mengungkapkan, terkuaknya data skandal pajak Panama Papers semakin membuka mata dunia bahwa transaksi keuangan internasional sangat mungkin digunakan untuk menghindari pajak dan menyembunyikan identitas.

Kasus penggelapan pajak, sudah diprediksi seluruh negara di dunia. Sehingga negara-negara yang tergabung dalam OECD memeranginya dengan penerapan Base Erosion and Profit Shifting (BEPS) serta negara-negara G20 yang berkomitmen membuka data dan informasi pajak (Automatic Exchange of Inforation/AEoI) di akhir 2017.

Baca Juga

  • Sri Mulyani Angkat Bicara Soal Panama Papers
  • Isu Panama Papers Jadi Sorotan di Pertemuan Negara G20
  • Menkeu: Negara yang Rahasiakan Data Pajak Bakal Kena Sanksi

Source: liputan6.com
Pemerintah Diminta Mantapkan Tujuan Pengampunan Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah diminta memantapkan tujuan penerapan pengampunan pajak (tax amnesty). Sebab  tujuan penerapan kebijakan ini dinilai masih bersifat dua arah. Hingga kini RUU Pengampunan Pajak masih dalam pembahasan DPR RI.

Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Andreas Eddy Susetyo mengatakan, berdasarkan penuturan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pengampunan pajak untuk mendorong repatriasi modal. Dengan harapan, tax amnesty kemudian dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

‎"‎Ini tepat, ‎ pertumbuhan ekonomi kita untuk bergerak 5,3 persen butuh kerja luar biasa keras," kata dia dalam diskusi RUU Tax Amnesty vs Skandal Panama Papers: Quo Vadis Reformasi Pajak, di Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Andreas juga mengatakan, aliran modal yang masuk akan menjaga stabilitas rupiah. "Kalau tidak ada terobosan, tidak akan tercapai salah satunya lewat peningkatan daya likuiditas dengan arus modal masuk. Itu betul Rp 1.000 triliun - Rp 2.000 triliun masuk membuat rupiah stabil, akan mengungkit pertumbuhan ekonomi kita," jelas dia.

Baca Juga

  • Tax Amnesty Bisa Bikin RI Kalahkan Jepang dan Korea
  • Negara Surga Pajak Bisa Kolaps
  • Tax Amnesty Jadi Penopang Pembiayaan Pembangunan

Source: liputan6.com
Menanti Terbentuknya Holding BUMN

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menetapkan enam sektor perusahaan yang akan dijadikan prioritas holding‎ di masa pemerintahan Presiden RI Joko Widodo. Enam sektor tersebut yaitu jalan tol, pertambangan, minyak dan gas atau energi, perbankan, perumahan serta jasa konstruksi ‎dan rekayasa.

Dari enam sektor tersebut ada beberapa sektor yang menjadi prioritas jangka‎ pendek seperti di antaranya sektor jalan tol, pertambangan dan sektor energi.

Holding BUMN ini memang dipandang perlu karena jumlah perusahaan pelat merah saat ini sebanyak 118 perusahaan. Jumlah ini dinilai kurang efisien dan menimbulkan biaya operasional cukup besar. Untuk itu, pemerintah berencana merampingkan jumlah BUMN tersebut dengan sistem holding.

Untuk melaksanakannya, Kementerian BUMN pun langsung membentuk tim kajian untuk melaksanakan rencana pembentukan holding BUMN tersebut. Kajian yang dilakukan adalah kajian legal dan kajian keuangan.

Secara legal, jika ada beberapa peraturan yang harus disesuaikan, itu akan dilakukan komunikasi antara Kementerian BUMN dengan Presiden. Secara keuangan, apakah dengan dilakukan holding, BUMN benar-benar akan lebih lincah, kuat dan besar atau tidak.

Seperti apa kemajuan dari rencana holding BUMN tersebut? Berikut ulasannya:


Source: liputan6.com
BERANI BEDA: Pemuda Ini Sukses Rintis Usaha Sofa Tanpa Rangka

Liputan6.com, Jakarta - Unik dan berbeda tapi terasa nyaman. Kesan pertama saat merasakan kursi duduk beanbag. Produk inovatif yang sukses dibesut pengusaha muda Gary Sangitan di bawah bendera Bottom Dock (BD).

“Waktu itu mulainya tahun 2009, saya keluar negeri ke Singapura. Saya lihat mereka di sana membuat beanbag cuma satu tipe satu pilihan bahan. Kemudian untuk kualitas sangat rendah nggak bagus, nggak memudahkan buat konsumen mereka dan harganya nggak reasonable dalam arti mahal banget untuk kualitas seperti itu. Menurut saya nggak worth it untuk dibeli, akhirnya saya bawa kembali ide ini ke Indonesia,” jelas dia, Jumat (22/4/2016).

Beanbag merupakan sofa tanpa rangka yang bisa diduduki secara fleksibel mengikuti lekuk tubuh penggunanya. Bermodal Rp 10 juta yang dikumpulkan dari hasil jerih payah bekerja sebagai fotografer, kini Gary mampu menciptakan belasan varian beanbag yang diminati tak hanya pelanggan perorangan tapi juga perusahaan.

Pria kelahiran Jakarta 27 tahun silam ini mengaku bukan hal mudah  untuk mengembangkan bisnisnya. Di satu sisi menjadi peluang pasar yang menjanjikan, tetapi di sisi lain perlu kerja keras untuk membangun pasarnya. Simak selengkapnya dalam video ini:


Source: liputan6.com