Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Kamis, 21 April 2016
Ketahui Tujuan Hidup Jadi Awal Kesuksesan

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang ingin mencapai kesuksesan dalam setiap aspek kehidupan mereka. Bahkan, kata-kata sukses tidak jarang terucap dalam keseharian Anda. Penting untuk diingat setiap orang memiliki batas kesuksesan yang berbeda-beda. 

Namun, pernahkah Anda berpikir sejenak, apakah pengertian sukses itu bagi Anda sendiri? Keinginan sukses seseorang jarang sekali dilengkapi dengan detail sukses yang seperti apa. Hal tersebut yang justru sering membuat seseorang mengarah pada hidup yang tidak jelas.

Melansir dari Forbes, Senin (18/4/2016) Anda bisa memulainya dengan mencari gambaran mengenai kesuksesan yang Anda inginkan. Dengan memiliki tujuan, maka Anda akan mencari arah yang membantu Anda untuk mencapai keinginan tersebut.

Baca Juga

  • 5 Hal yang Dilakukan Orang Sukses di Umur 20 Tahun
  • Tak Kuliah, Pemuda 19 Tahun Ini Sukses Bangun Perusahaan
  • 5 Alasan Mengapa Melajang Bisa Buat Anda Sukses

Source: liputan6.com
Samsung Rumahkan 10.000 Pekerja

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan teknologi besar asal Korea Selatan, Samsung mengurangi jumlah karyawannya dalam jumlah besar. Pada akhir tahun 2015, total pekerja yang bekerja di perusahaan tersebut berjumlah 222.821. Jumlah ini menurun 5,8 persen dari tahun sebelumnya.

Melansir koreantimes, Kamis (21/4/2016)Samsung merupakan satu-satunya perusahaan besar di Korea Selatan yang merumahkan hingga 10.000 pekerjanya.

Baca Juga

  • Intel Akan PHK 12.000 Karyawan
  • Kata Ketua KEIN Soal Fenomena PHK di Industri
  • Volkswagen Jerman PHK 3.000 Pekerja

Source: liputan6.com
Mau Jadi Pengusaha? Siap-siap Hadapi 5 Tantangan Ini

Liputan6.com, Jakarta Menjadi pengusaha merupakan impian banyak orang. Namun ternyata, jalan yang harus ditempuh tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak tantangan yang harus dihadapi demi mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Seorang penulis asal Amerika Patrick J. McGinnis mengungkap bahwa banyak orang yang cenderung memilih untuk keluar dari pekerjaan demi membuka sebuah usaha. Padahal, hal tersebut belum tentu menjamin kesuksesan diri menjadi seorang pengusaha.

McGinnis menulis bahwa keluar pekerjaan demi membuka sebuah bisnis merupakan keputusan yang sangat berisiko. Risiko apa sajakah yang harus mampu ditanggung? Melansir Business Insider, Kamis (21/4/2016) berikut ulasannya:

1. Kondisi finansial dapat terganggu

Memilih untuk terjun menjadi pengusaha dan memutuskan untuk keluar kantor memiliki tantangan yang berat. Selain harus mampu berdiri di kaki sendiri, pengusaha juga harus siap untuk mendukung kondisi finansial yang dimiliki. Anda harus mampu untuk mencari penghasilan tetap yang sebelumnya datang dari gaji bulanan.

2. Harus memulai koneksi dari awal

Memiliki pekerjaan tetap membuat Anda mampu untuk membangun koneksi yang baik. Namun dengan memilih untuk keluar dan terjun berbisnis, Anda pun harus memulai untuk membangun koneksi yang lebih besar. Agar mampu untuk memulai hal ini maka Anda pun harus dapat untuk membangun koneksi dari awal.


Source: liputan6.com
7 Hal Ini Bisa Hancurkan Karier Anda

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pekerjaan tetap merupakan pilihan dari banyak orang. Tak heran banyak orang rela untuk bekerja keras demi menggapai karier yang mereka impikan. Namun tahukah Anda ternyata kesuksesan karier tidak hanya ditentukan dari seberapa keras Anda bekerja. Karier yang sukses juga ditentukan dari cara Anda bersikap di tempat kerja.

Banyak orang yang tidak mampu memiliki pergaulan yang baik di kantor karena sikap buruk yang mereka miliki. Melakukan beberapa sikap ini juga ternyata dapat berdampak buruk bagi karier Anda nantinya.

 

Baca Juga

  • 5 Hal Ini Bisa Jamin Kesuksesan Berkarier
  • Mau Karir Sukses, Jangan Tanya 5 Hal Tabu Ini Ke Bos
  • 3 Rahasia Karir Orang-orang Sukses

Source: liputan6.com
5 Barang Unik Ini Pernah Dipakai Jadi Pengganti Uang

Liputan6.com, Jakarta Uang merupakan alat tukar yang banyak dipakai oleh orang. Namun ternyata, ada beberapa wilayah di dunia yang pernah memakai barang-barang unik sebagai pengganti uang.

Barang-barang ini dipakai untuk menggantikan fungsi uang sebagai alat tukar untuk membeli barang tertentu.

 

Baca Juga

  • Mau Dapat Uang Tambahan? Coba Pekerjaan Ini
  • Uang Bisa Memberi Kebahagiaan, Ini Syaratnya
  • Hati-hati, Terlalu Khawatir Soal Uang Bisa Bikin Stres

Source: liputan6.com
Tips Jitu Dapat Uang Tambahan Setelah Ngantor

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan rutin di kantor kadang sering membuat kita jenuh. Tuntutan kerja yang banyak serta jam kantor yang padat membuat kita terkadang sulit untuk memiliki pekerjaan tambahan. Padahal, pekerjaan sampingan ini dapat membuat Anda mendapat uang tambahan.

Namun ternyata, ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan untuk selepas jam kantor. Beberapa pekerjaan ini bahkan bisa dilakukan di atas jam lima sore.

Melansir laman Entrepreneur.com, Rabu (20/4/2016) berikut ulasannya:

1. Lihai cari peluang

Apabila Anda ingin memulai bisnis sampingan, maka satu hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah mampu lihai melihat peluang yang ada. Bisnis dapat datang dari mana saja, untuk itulah Anda perlu pandai dalam merubah kesempatan tersebut menjadi bisnis yang menguntungkan.

2. Jual apa yang Anda tahu

Selain peluang, uang tambahan juga dapat datang dari kemampuan Anda untuk memanfaatkan ilmu yang dimiliki. Anda dapat memanfaatkan kesempatan untuk menjadi seorang konsultan di bidang yang Anda geluti sekarang.

3. Bisnis di bidang edukasi dan hiburan

Selain kebutuhan primer seperti sandang, pangan dan papan, bisnis di bidang edukasi dan hiburan juga cukup menjanjikan. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjadi guru privat setelah jam kantor ataupun menjadi pembawa acara sampingan


Source: liputan6.com
Top 3: Tipe Orang yang Butuh Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang memudahkan orang bertransaksi. Bukan cuma simpel, kartu kredit juga menawarkan berbagai macam keuntungan bagi penggunanya.

Meski tidak semua orang membutuhkan kartu kredit, tetapi ada beberapa tipe orang yang sebenarnya sangat membutuhkan kartu sakti ini.

Artikel mengenai tipe orang yang membutuhkan kartu kredit tersebut menjadi salah satu tulisan yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang juga menarik untuk disimak.

Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Kamis (21/4/2016):

1. 5 Ciri Orang yang Butuh Kartu Kredit
Anak muda juga perlu tahu apa bedanya kartu kredit Visa dan MasterCard.
Kalau Anda merupakan seorang traveler yang sering berpergian ke luar negeri, Anda termasuk tipe orang yang sangat membutuhkan kartu kredit. Dengan memanfaatkan kartu kredit, berbagai keuntungan bisa didapatkan.

Mulai dari promosi ataupun diskon barang dan jasa, akses tol gratis, airport lounge, hingga asuransi bisa Anda dapatkan apabila memiliki kartu kredit. Selengkapnya baca di sini.

2. 4 Cara Terbaik Untuk Investasi Emas
Ilustrasi Emas (Liputan6.com/Johan Fatzry)
Emas selalu menjadi investasi dengan nilai tinggi. Investasi ke logam mulia ini bisa melalui banyak cara seperti kepemilikan logam itu sendiri, membeli reksadana, atau bahkan bisa juga dengan mempunyai tambang emas. Ketiganya memberikan efek langsung terhadap dolar AS.

Bila dolar sedang jatuh, emas pasti akan naik. Bila hal ini terjadi secara signifikan, pertumbuhan emas akan terlihat melesat di masa depan. Kemungkinan, emas akan menjadi standar ekonomi dunia.

Anda punya banyak pilihan untuk menginvestasikan emas. Melansir Dalam tulisan ini terdapat 4 cara yang bisa Anda pilih. Selengkapnya baca di sini.

3. Cerita Tjahjo Kumolo Soal Beda Gaji Menteri dan Anggota DPR
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat mengikuti rapat kerja dengan Komite I DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/3/2016).(Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku sempat kaget dengan perbedaan signifikan antara gaji pokok Menteri dan Anggota Parlemen. Hal ini dialami ketika dirinya masuk dalam jajaran Kabinet Kerja dari sebelumnya yang menyandang status anggota DPR RI.

"Gaji pokok Menteri Rp 20 juta per bulan, itu saya alami setelah diangkat jadi Menteri 20 Oktober 2014. Sebelumnya jadi anggota DPR, penerimaan sudah di atas Rp 200 juta per bulan," kata Tjahjo di acara Musrenbangnas 2016, Hotel Bidakara, Rabu (20/4/2016).

Ia menilai, gaji pokok pejabat publik perlu disesuaikan mengingat gaji pokok Gubernur saja kurang dari Rp 10 juta, bahkan gaji pokok Bupati dan Walikota hanya berkisar Rp 6,5 juta sampai Rp 7 juta sebulan. Selengkapnya baca di sini.

(Gdn/Zul)


Source: liputan6.com
Penurunan Stok Minyak Olahan Bantu Penguatan Harga

Liputan6.com, New York - Harga minyak melonjak ke level tertinggi dalam lima bulan terakhir pada penutupan perdagangan Rabu (Kamis pagi waktu Jakarta) setelah stok minyak olahan (dislitasi) mengalami penurunan cukup tajam dan tak terduga. Penurunan stok tersebut membuat pelaku pasar yakin bahwa surplus minyak mentah bisa berkurang.

Mengutip Wall Street Journal, Kamis (21/4/2016), minyak mentah jenis Light Sweet untuk pengiriman Mei ditutup naik US$ 1,55, atau 3,8 persen ke level US$ 42,63 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan untuk Kontrak Juni yang merupakan kontrak lebih aktif diperdagangkan naik US$ 1,71 atau 4 persen ke level US$ 44,18 per barel.

Baca Juga

  • OPEC Gagal Sepakati Pembekuan Picu Harga Minyak Naik
  • Stabilnya Pasokan Minyak Tergantung Situasi Iran
  • Kesepakatan Doha Gagal, Harga Emas Naik Tipis

Source: liputan6.com
Harga Emas Stabil Jelang Rapat Bank Sentral Eropa

Liputan6.com, New York - Harga emas berjuang untuk terus berada di zona hijau pada perdagangan Rabu. Penguatan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) dan aksi ambil untung membebani gerak emas.

Mengutip Wall Street Journal, Kamis (21/4/2016), harga emas untuk pengiriman Juni bergerak mendatar di kisaran US$ 1.254,40 per troy ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. Sepanjang perdagangan Rabu, harga emas bergerak di dua zona yaitu positif dan negatif. Harga emas sempat menyentuh level tertinggi di US$ 1.258,10 per troy ounce.

Baca Juga

  • Pelemahan Dolar AS Angkat Harga Emas
  • 4 Cara Terbaik Untuk Investasi Emas
  • Kesepakatan Doha Gagal, Harga Emas Naik Tipis

Source: liputan6.com
Kunjungi Inggris, Jokowi Tarik Investasi Rp 237 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ke Inggris berhasil mengantongi 12 kesepakatan bisnis senilai US$ 19,02 miliar atau setara dengan Rp 237 triliun (estimasi kurs 12.500 per dolar AS).

Dari jumlah tersebut terdapat tiga investor lama yang memperluas bisnis mereka, lima perusahaan yang menandatangani komitmen investasi serta empat perusahaan yang menandatangani nota kesepahaman dengan mitra lokal mereka dari Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani yang memberikan pengantar sebelum keynote speech Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Inggris merupakan negara yang telah lama menjadi sumber investasi bagi Indonesia.

“Realisasi investasi dari Inggris tercatat US$ 4,8 miliar sejak 2010 dan menyerap 214 ribu tenaga kerja di Indonesia,” ujarnya Franky dalam keterangannya, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • ‎Indonesia Sepakati Peningkatan Pasar Kertas ke Eropa
  • Ini Misi yang Dibawa Mendag Selama Kunjungan ke Eropa
  • Jokowi Ungkap `The Power of Blusukan` di Depan Para CEO Inggris

Source: liputan6.com
Antisipasi Mudik Lebaran, ASDP Bakal Operasikan Kapal Besar

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rapat koordinasi persiapan angkutan Lebaran 2016 di pelabuhan penyeberangan Merak, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bersama dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, optimistis dapat memberikan pelayanan transportasi penyeberangan yang lancar, aman dan selamat selama arus mudik.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Danang S Baskoro menyatakan, ASDP telah mempersiapkan sejumlah langkah antisipasi dan upaya peningkatan pelayanan terhadap pengguna jasa penyeberangan.

Pada tahun ini diperkirakan jumlah penumpang akan mengalami kenaikan 13 persen, truk sebanyak 4 persen, sepeda motor 5 persen, mobil kecil 8 persen, dan bus sebanyak 5 persen. Jumlah total penumpang diperkirakan mencapai lebih dari 1 juta orang, sedangkan total jumlah kendaraan mencapai lebih dari 200 ribu unit kendaraan, yang akan diseberangkan tahun ini.

Berdasarkan data ASDP, jumlah trip kapal akan naik 2 persen, dari 1.566 trip pada tahun lalu menjadi 1.597 trip tahun ini.

"Prediksi adanya lonjakan pengguna jasa ini harus kita antisipasi semaksimal mungkin. Mulai dari pola operasi kapal berukuran besar,‎ penambahan loket tiket, hingga koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait demi lancarnya operasional angkutan penyeberangan," kataDanang dalam keterangannya, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • Cuaca Ekstrem, ASDP Perketat Muatan Kapal dan Sekoci
  • ASDP Bakal Bangun 10 Dermaga di Pelabuhan Merak
  • Tarif Baru Tol Suramadu Bikin Pendapatan ASDP Turun 10%

Source: liputan6.com
Ini Keuntungan yang Didapat oleh Negara Surga Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Singapura, Cayman Island, British Virgin Island, Panama, Swiss merupakan beberapa dari puluhan negara surga bebas pajak (tax havens) terbesar di dunia. Negara-negara suaka pajak ini menjadi tujuan utama orang-orang dan perusahaan dari segala penjuru dunia menyimpan uang maupun asetnya untuk menghindari pajak.

Negara tax haven tersebut menawarkan pajak penghasilan (PPh) Badan maupun Orang Pribadi sangat rendah, bahkan sampai nol persen. Tak heran bila perusahaan cangkang atau offshore menjamur di negara-negara surga bebas pajak itu.

Menurut Pengamat Perpajakan dari Universitas Indonesia, Ruston Tambunan, negara tax haven meraup keuntungan besar dari maraknya pendirian perusahaan cangkang atau perusahaan dengan tujuan tertentu  (Special Purposed Vehicle/SPV). Namun, pendapatan terbesar mereka bukan dari pajak SPV ataupun offshore.

"Mereka (tax haven) tidak mendapatkan keuntungan dari pajak, tapi di luar itu. Paling penting, mereka bisa meraup dana murah dalam jumlah besar dari uang atau aset yang disimpan di negara tersebut. Tentunya dengan jaminan keamanan pula," katanya saat dihubungi Liputan6.com,Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • Ini 3 Modus Orang Simpan Harta di Surga Pajak
  • 7 Negara Surga Pajak yang Tanamkan Investasi di RI
  • BKPM: Investasi Negara Tax Haven di RI Capai US$ 9 Miliar

Source: liputan6.com
Negara Surga Pajak Bisa Kolaps

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tercatat dalam 10 besar negara yang memiliki aliran uang gelap (illicit financial flows/IFF) dengan nilai lebih dari Rp 2.400 triliun dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Koordinator Publish What You Pay Indonesia (PWYP), Maryati Abdullah mengutip dari data Global Financial Integrity (GFI) 2015, melaporkan Indonesia berada pada peringkat 7 besar dunia sebagai negara yang memiliki aliran uang gelap tertinggi ke negara surga bebas pajak.

Dalam rentang waktu 2003-2012, ia menyebut, Indonesia tercatat mengalirkan dana gelap sebesar US$ 187,84 miliar atau sekitar Rp 2.442 triliun (kurs Rp 13.000 per dolar AS). Itu artinya, rata-rata per tahun total aliran uang haram di Indonesia sebesar Rp 244,20 triliun.

Dari data PWYP yang bersumber dari GFI 2015, China merupakan negara di urutan teratas dengan aliran dana gelap menembus US$ 1,25 triliun. Disusul posisi ke-2 ada Rusia dengan nilai US$ 937,86 miliar, dan diperingkat ke-3 Meksiko dengan aliran dana gelap US$ 514,26 miliar.

India dan Malaysia masing-masing berada di peringkat ke-4 dan ke-5 dengan nilai dana gelap US$ 439,59 miliar dan Rp 394,87 miliar.

Aliran uang gelap dari Brasil mencapai US$ 217,10 miliar dan menempatkannya di urutan ke-6, sedangkan Thailand ada di peringkat ke-8 sebesar US$ 171,68 miliar.

Terakhir di posisi buncit adaNigeria ke-9 dan Afrika Selatan ke-10 dengan masing-masing memiliki dana gelap sebesar US$ 157,45 dan US$ 122,15 miliar pada periode 2003-2012.

Baca Juga

  • Ini 3 Modus Orang Simpan Harta di Surga Pajak
  • 7 Negara Surga Pajak yang Tanamkan Investasi di RI
  • BKPM: Investasi Negara Tax Haven di RI Capai US$ 9 Miliar

Source: liputan6.com
BI Rate Diperkirakan Bertahan di 6,75 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan penyesuaian suku bunga acuan (BI Rate) setelah melangsungkan rapat Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulanan selama dua hari. Ini adalah RDG bulanan pertama setelah BI menyatakan akan mengubah sistem acuan suku bunga dari BI Rate ke Seven Days Reserve Repo Rate.

Pada Pengumuman kali ini, BI akan mengumumkan dua bunga acuan. Pertama adalah BI Rate dan kedua adalah Repo Rate. Pengumuman dua acuan ini karena bank sentral melakukan transisi suku bunga acuan dari BI Rate ke Seven Days Reserve Repo Rate. Bunga acuan repo 7 hari tersebut akan berlaku mulai pada 19 Agustus 2016.

Untuk RDG kali ini, Bank Indonesia diperkirakan akan mempertahankan BI Rate. Saat ini BI Rate mengacu pada suku bunga dengan tenor 12 bulan, yaitu 6,75 persen.

"‎Tetap (BI Rate,) karena BI fokus pada penguatan mekanisme transmission moneter, bukan stimulus moneter‎," kata Chief Economist and Director for Investor Relation Bahana TCW Investment Management Budi Hikmat saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • BI Rate Kembali Turun Jadi 6,75%
  • BI Ubah Sistem Acuan Suku Bunga
  • Perubahan Sistem BI Rate Bakal Dorong Penurunan Suku Bunga

Source: liputan6.com
Megahnya Bandara Domine Eduard Osok Sorong

Liputan6.com, Sorong - Provinsi Papua Barat kini memiliki bandara yang bisa dibanggakan sebagai pintu gerbang datangnya para wisatawan. Pengembangan Bandara Domine Eduard Osok (DEO) di Sorong, Papua Barat yang dimulai sejak 2011 lalu kini telah selesai.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I DEO Paryono mengatakan, pengembangan bandara ini telah dimulai sejak 2011, namun sempat terhenti pada 2012. Kemudian pengembangannya kembali dilanjutkan pada 2013 dan siap diresmikan dalam waktu dekat.

"Konon sudah dilakukan sebagian tiang pancang di 2011, kemudian 2012 terhenti. Pada 2013 mulai dilanjutkan dengan tiang pancang dan pondasi. Di 2014 mulai pengerjaan struktur sampai ke atap. Dan di 2015 pengerjaan oleh sipil arsitektur dan peralatannya," ujar dia di Sorong, Papua Barat, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • Pengembangan Bandara Domine Eduard Rampung, Ini Fasilitas Barunya
  • Bandara Domine Eduard Osok Selesai Januari 2016
  • Jokowi Tinjau Pembangunan Bandara Sorong

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Turun Rp 5.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang dijual oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada perdagangan Kamis (21/4/2016), turun Rp 5.000 per gram jika dibandingkan dengan harga sehari sebelumnya. Pada hari ini, Antam mematok harga emas di angka Rp 567 ribu per gram sedangkan sebelumnya di angka Rp 572 ribu per gram.

Untuk harga pembelian kembali alias buyback emas Antam turun Rp 4.000 menjadi Rp 520 ribu per gram dari harga buyback sehari sebelumnya yang ada di angka Rp 524 ribu per gram. Harga buyback ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, maka Antam akan membelinya di harga Rp 520 ribu per gram.

Baca Juga

  • Harga Emas Stabil Jelang Rapat Bank Sentral Eropa
  • Harga Emas Antam Naik Rp 6.000 per Gram
  • Pelemahan Dolar AS Angkat Harga Emas

Source: liputan6.com
IHSG Menguat Ikuti Bursa Asia dan Wall Street

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu menguat pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Penguatan IHSG ini mengikuti bursa Asia dan Wall Street yang perkasa karena kenaikan harga minyak dunia.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Kamis (21/4/2016), IHSG naik tipis 8,32 poin atau 0,17 persen ke level 4.887,68. Penguatan IHSG berlanjut pada pukul 09.00 WIB. IHSG menguat 13,57 poin atau 0,26 persen ke level 4.890,38. Indeks saham LQ45 naik 0,31 persen ke level 848,53.

Sebagian besar indeks saham acuan nerasa di zona hijau. hanya ada dua indeks yang melemah yaitu DBX dan Pefindo25.

Ada sebanyak 93 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. Sedangkan 29 saham melemah dan 48 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 9.333 kali dengan volume perdagangan 188,4 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 242,2 miliar.

Baca Juga

  • IHSG Berpotensi Naik, Simak Saham Pilihan Ini
  • Laju IHSG Konsolidasi Menanti Laporan Keuangan Emiten
  • Sepi Sentimen, IHSG Melemah Tipis

Source: liputan6.com
10 Perusahaan dengan Gaji Terbesar di Dunia, Mana Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Jika uang merupakan prioritas utama, maka Anda dapat memilih untuk bekerja di beberapa perusahaan berikut. Data terbaru yang dikeluarkan Glassdor mengungkap beberapa perusahaan teknologi dan konsultan manajemen merajai peringkat perusahaan dengan gaji paling tinggi.

Selain jenis perusahaan, Glassdor juga mengungkap bahwa rata-rata perusahaan tersebut memiliki markas besar di kota-kota besar Amerika. Kota New York dan daerah Sillicon Valey banyak mendominasi daftar tersebut.

Melansir CNNMoney, Kamis (21/4/2016) berikut sepuluh perusahaan dengan gaji paling besar dalam setahun:

10. Cadence Design Systems

Rata-rata tunjangan: US$ 150 ribu atau Rp 1,97 miliar (Kurs: 13.157)
Rata-rata gaji: US$ 140 ribu atau Rp 1,84 miliar

9. Guidewire

Rata-rata tunjangan: US$ 150ribu atau Rp 1,97 miliar
Rata-rata gaji: US $135 ribu atau Rp 1,77 miliar


Source: liputan6.com
Acuan Moneter Diubah, Bunga Kredit Mandiri Bakal Turun

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk menyambut baik kebijakan Bank Indonesia (BI) yang bakal mengganti acuan dari BI rate menjadi seven days reverse repo rate. Acuan mone‎ter baru ini diharapkan menurunkan suku bunga kredit perbankan.

Direktur Finance and Treasury Bank Mandiri Pahala Mansury ‎mengatakan, kebijakan ini lebih mencerminkan kondisi pasar.

"‎Dengan perubahan policy rate ini tentunya akan benar-benar didasarkan transaksi di market. Jadi transmisi pelaksana operasi moneter bisa lebih konkret dilakukan BI," kata dia, di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • BI Rate Kembali Turun Jadi 6,75%
  • BI Ubah Sistem Acuan Suku Bunga
  • Perubahan Sistem BI Rate Bakal Dorong Penurunan Suku Bunga

Source: liputan6.com
Buruh Minta Pengusaha yang Tak Bayar THR ‎Dipidana, Bukan Denda

Liputan6.com, Jakarta - Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia ‎(KSPI) mengkritisi Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR). Aturan tersebut tidak tegas memberikan sanksi keras bagi perusahaan yang tidak memenuhi kewajiban membayar THR kepada buruh.

Untuk diketahui, dalam Permenaker Nomor 6/2016‎ tentang THR Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan menyebut, pekerja atau buruh yang baru bekerja satu bulan berhak memperoleh THR. Perhitungannya satu dikali sebulan gaji dibagi 12.

PresidenKSPI,SaidIqbal mengatakanPermenaker baru itu bukan lagi hal istimewa karenaimplementasinya perusahaan sudah memberikanTHR kepada pekerja atau buruh lepas, bahkan yang baru bekerja dalam hitungan hari. Aturan sebelumnya menyebut, pekerja atau buruh yang berhak mendapatTHR adalah yang sudah memasuki masa kerja tiga bulan.

Baca Juga

  • Senangnya Buruh, Kerja 1 Bulan Bisa Dapat THR
  • Begini Aturan yang Harus Dipenuhi Pengusaha Saat Beri THR
  • Ini Sanksi bagi Pengusaha yang Tak Taati Aturan Baru THR

Source: liputan6.com
Listrik Bandara Kambuaya Papua Barat Masih Andalkan Genset

Liputan6.com, Jakarta - Kelistrikan di Wilayah Indonesia Timur ‎masih belum optimal, bahkan untuk fasilitas umumnya masih mengandalkan genset sebagai sumber listrik. Hal tersebut terjadi pada Bandara Kambuaya Kabupaten Maybrat provinsi Papua Barat.

Supervisor PLN Transaksi Sorong Rayon Teminambuan Billyansen Epa ‎mengatakan, bandara tersebut menggunakan genset karena belum terpasang listrik. Padahal sudah ada jaringan kelistrikan di sekitar bandara tersebut.

"Bandara Kambuaya, sudah ada jaringan tapi belum teraliri listrik," kata Billy, di Sorong Selatan, Papua Barat, Rabu (21/4/2016).

Baca Juga

  • Pengembangan Bandara Domine Eduard Rampung, Ini Fasilitas Barunya
  • Bandara Domine Eduard Osok Selesai Januari 2016
  • Jokowi Tinjau Pembangunan Bandara Sorong

Source: liputan6.com
Kegiatan Ini Jadi Momen RI Tambah Ilmu Industri Keuangan

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah acara keuangan tahunan dunia bertajuk The 55th ACI World Congress. Kongr‎es tahunan tersebut akan digelar di The Ritz-Carlton Pasific Place Jakarta pada 26-30 April 2016. Acara akan dihadiri oleh pelaku industri keuangan serta dari regulator.

Direktur Finance and Treasury Bank Mandiri Pahala Mansury menuturkan, acara ini akan menjadi momen untuk memperbaiki standar industri‎ keuangan Indonesia. ACI sendiri telah memiliki 13 ribu anggota dari 64 negara.

"‎Satu event bagaimana memiliki good of conduct yang lebih baik, standar bagaimana, pelaksanaan transaksi yang ada di pasar instrumen uang, efek, obligasi dan sebagainya. Ini yang mau kita tekankan di Indonesia," kata dia, di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (21/4/2016).

 

Baca Juga

  • Serangan Hacker di Industri Keuangan Semakin Kompleks
  • Lembaga Jasa Keuangan Kini Bisa Proses Izin ke OJK Lewat Online
  • OJK Targetkan Pangsa Pasar Industri Keuangan Syariah Capai 5%

Source: liputan6.com
Menunggu Rapat BI, Rupiah Melemah ke 13.180 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Kamis pekan ini. Pelaku pasar fokus kepada pengumuman BI Rate pada siang ini.

Mengutip Bloomberg, Kamis (21/4/2016) rupiah dibuka di level 13.180 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan pada perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.144 per dolar AS.

Dalam perdagangan dari pagi hingga siang hari ini, rupiah sempat menyentuhlevel terkuat di 13.168 per dolar AS danterlemah di 13.194 per dolar AS. Jika dihitung sejak awal tahun, rupiah menguat 4,44 persen.

Baca Juga

  • Rupiah Kembali Menguat ke 13.112 per Dolar AS
  • Tunggu Rapat BI, Rupiah Menguat Tipis ke 13.168 per Dolar AS
  • Pelonggaran Kebijakan Moneter Singapura Tekan Nilai Tukar Rupiah

Source: liputan6.com
Saatnya RI Belajar Pendidikan Vokasi Jerman

Liputan6.com, Jakarta - Model pendidikan vokasi Jerman telah terbukti mendukung kemajuan industri dan ketahanan ekonomi Jerman, sehingga banyak negara di dunia meniru sistem pendidikan vokasi ini.

Hal ini juga menjadi salah satu agenda penting kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ke Republik Federasi Jerman yang diprakarsai oleh KBRI Berlin yakni membicarakan peningkatan kerja sama pendidikan vokasi agar sumber daya manusia Indonesia memiliki daya saing dalam menghadapi persaingan pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Indonesia pun secara serius meniru pendidikan vokasi Jerman ini untuk memajukan industri Indonesia, khususnya di bidang kelistrikan, tekstil, maritim dan bidang lainnya," tutur Jokowi saat kunjungan ke Jerman seperti dikutip dari keterangan tertulis Kamis (21/4/2016).

Keunggulan pendidikan vokasi Jerman karena didukung oleh Duales System (kombinasi praktik di industri dan di kelas serta teori) yang berbasiskan pada kolaborasi yang sangat erat antara institusi pendidikan, perusahaan/industri, dan pemerintah.

Baca Juga

  • Kunjungi Inggris, Jokowi Tarik Investasi Rp 237 Triliun
  • Jokowi Ingin Politeknik RI Contoh Jerman
  • Jika Ekonomi RI Tumbuh 7 Persen, Jokowi Janji Naikkan Gaji PNS

Source: liputan6.com
5 Wilayah Ini Jadi Proyek Percontohan Desa Digital

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan pemerintah pusat, daerah dan desa menginisiasi proyek percontohan (pilot project) Desa Digital yang akan diimplementasikan di 5 lokasi.  Yakni Kepulauan Mentawai, Gunung Kidul, Lombok Timur, Raja Ampat, serta Cirebon.

Desa Digital adalah suatu wilayah yang dalam pelaksanaan transaksi pembayaran, baik dalam proses penyaluran maupun pemanfaatan dana desa dilakukan melalui elektronikfikasi.

Sebagai kick off pilot project Desa Digital tersebut, pada Rabu (20/4/2016) kemarin, dilakukan peresmian Desa Digital dengan tema Elektronifikasi Penyaluran dan Pemanfaatan Dana Desa di Desa Sindangjawa Kabupaten Cirebon.

Dalam keterangan BI seperti dikutip Kamis (21/4/2016) mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari implementasi program GNNT dan keuangan inklusif melalui Layanan Keuangan Digital (LKD). ​​

Dana Desa adalah dana yang berasal dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara dan ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota, dengan tujuan untuk digunakan dalam pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Baca Juga

  • Pendamping Dana Desa Bisa Direkrut dari PNPM Mandiri
  • Mendes: Dana Desa Lebih Besar, Ketimpangan Ekonomi Berkurang
  • Program Dana Desa Dongkrak Pembangunan

Source: liputan6.com
Lepas Saham, Solusi Tunas Incar Dana Rp 950 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR) akan menambah modal tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau private placement. Perseroan akan mengeluarkan sebanyak-banyaknya sekitar 113,75 juta saham.

Jumlah saham itu sekitar 10 persen dari modal disetor Perseroan. Harga pelaksanaan saham baru Perseroan sekurang-kurangnya Rp 8.352 per saham. Jadi jumlah dana yang diperkirakan diterima oleh Perseroan sekitar Rp 950,10 miliar.

Perseroan akan menggunakan dana tersebut untuk pengembangan usaha dan tambahan modal kerja.

Baca Juga

  • Emiten Menara Telekomunikasi Incar Dana Investor Asing
  • Menang Tender Penjualan Menara XL Axiata, Saham Solusi Naik 17%
  • Keluarkan Saham Baru, Sarana Menara Incar Rp 4,15 Triliun

Source: liputan6.com
Bos GarudaFood Sarankan Aturan Baru THR Ditunda Pelaksanaannya

Liputan6.com, Jakarta - ‎Terbitnya Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) semakin memberatkan beban pengusaha. Alasannya, saat bisnis pengusaha sedang lesu, pemerintah justru memberlakukan kebijakan pekerja atau buruh yang baru bekerja satu bulan berhak memperoleh THR.

Pendiri GarudaFood Group, Sudhamek AWS, mengungkapkan dunia usaha tengah terguncang akibat perlambatan ekonomi dunia dan nasional. Kondisi ini makin diperparah dengan kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada pengusaha.

"‎Kebijakan pemberian THR buat buruh yang masa kerjanya baru sebulan, itu akan semakin memberatkan dunia usaha. Saat ini, bisnis sedang lesu di mana kuartal I 2016 turun 4-7 persen dibanding kuartal I 2015," ucap dia melalui pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • Buruh Minta Pengusaha yang Tak Bayar THR ‎Dipidana, Bukan Denda
  • Senangnya Buruh, Kerja 1 Bulan Bisa Dapat THR
  • Begini Aturan yang Harus Dipenuhi Pengusaha Saat Beri THR

Source: liputan6.com
BI Rate Diputuskan Tetap di Angka 6,75 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang berlangsung dalam dua hari sejak Rabu hingga kamis (20-21/4/2016) ini memutuskan untuk menahan suku bunga acuan BI rate. Langkah BI menahan BI Rate ini sesuai dengan tujuan bank sentral untuk menjaga stabilitas makroekonomi, khususnya kebijakan untuk mengendalikan inflasi di 2016 dan 2017.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank IndonesiaTirta Segara menjelaskan, dewan gubernur memutuskan untuk menahan BI Rate di angka 6,75 persen. Selain itu, RDG BI juga menahan suku bunga Deposit Facility di angka 4,75 persen dan Lending Facility di angka 7,25 persen.

"Untuk Seven Days Reserve Repo Rate juga tetap di 5,5 persen. Dengan demikian struktur bunga 7 hari 5,50 persen dan 2 minggu 5,60 persen," jelas dia di Gedung BI, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • Perubahan Sistem BI Rate Bakal Dorong Penurunan Suku Bunga
  • OJK: BI Ubah Acuan Suku Bunga Jadi Sinyal Positif ke Ekonomi
  • Ini Alasan BI Ubah Sistem Acuan Suku Bunga

Source: liputan6.com
Semangat Kartini dari Papua, Jaga Bandara di Timur Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pekerjaan menjadi seorang petugas keamanan memang identik dengan kaum pria. Namun bukan berarti wanita tak bisa mengerjakan pekerjaan ini. Di bandara Eduard osok, Sorong, Papua Barat, Anike Marini adalah salah satunya.

Wanita yang menjadi petugas keamanan bandara atau aviation security (Avsec) memang lumrah di bandara-bandara lainnya. Tapi bandara Domine Eduard Osok masih kekurangan personil Avsec. Termasuk untuk golongan wanita.

Saat ini, Avsec yang bertugas di bandara tersebut berjumlah 39 orang. Dari jumlah tersebut, petugas wanita hanya 7 orang.

Baca Juga

  • Pengembangan Bandara Domine Eduard Rampung, Ini Fasilitas Barunya
  • Bandara Domine Eduard Osok Selesai Januari 2016
  • Jokowi Tinjau Pembangunan Bandara Sorong

Source: liputan6.com
Lahir 1.500 Setiap Tahun, Perusahaan Startup Harus Dapat Insentif

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan perusahaan baru atau biasa disebut dengan startup di Indonesia sedang menggeliat. Siklus hidup perusahaan tersebut perlu diperhatikan pemerintah melalui pemberian insentif pajak dalam rangka pengembangan startup menjadi perusahaan raksasa.

Wakil Menteri Keuangan ‎(Wamenkeu), Mardiasmo mengungkapkan, pemerintah melalui Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan sedang mengkaji fasilitas insentif pajak bagi perusahaan startup tersebut.

"Jadi harus ada insentif, startup jangan langsung dikenakan pajak tinggi. Ibaratnya digemukkan dulu, setelah mandiri dan berkembang, baru dikenakan pajak normal. Ini sudah dikaji oleh BKF, apakah instrumennya lewat tarif atau apapun," katanya di acara Seminar Jamkrindo, Hotel Shangrila, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • Tax Amnesty Jadi Penopang Pembiayaan Pembangunan
  • Dirjen Pajak: Tax Amnesty Bukan Hanya Soal Penerimaan Pajak
  • Apindo: Singapura Pakai Banyak Cara untuk Gagalkan Tax Amnesty RI

Source: liputan6.com
Genjot Kredit UKM, Jamkrindo Luncurkan 34 Mobil Layanan

Liputan6.com, Jakarta - Perum Jamkrindo, perusahaan penjaminan kredit akan meluncurkan 34 mobil layanan ‎keliling di seluruh wilayah di Indonesia pada tahun ini. Langkah ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan penjaminan kredit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ditargetkan mencapai Rp 115 triliun hingga akhir 2016.

Direktur Utama Perum Jamkrindo ‎Diding S Anwar saat acara Seminar Mendukung Pertumbuhan Perusahaan Start Up Dengan Penjaminan Kredit dan Modal Ventura mengungkapkan, peluncuran mobil layanan keliling di Jakarta ini menjadi proyek percontohan. Nantinya setiap Ibukota Provinsi di Indonesia akan kebagian satu unit mobil.

"Kita sedang siapkan 34 mobil layanan keliling Jamkrindo. Jadi nanti disebar di setiap Ibukota Provinsi. Mobil ini akan bergerak dan beroperasional ke daerah yang belum memiliki kantor cabang, serta melayani penjaminan kredit, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan lainnya," kata Diding di Hotel Shangrila, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • Kisah Nasabah Kaya Sekejap Gara-gara Kesalahan Bank
  • Jamkrindo Jamin KUR Rp 8 Triliun Hingga Februari
  • Insiden Saldo Rp 100 Triliun, Bank Mandiri Perketat Sistem IT

Source: liputan6.com
Sri Mulyani Angkat Bicara Soal Panama Papers

Liputan6.com, Jakarta - Panama Papers menjadi pembicaraan hangat dalam beberapa pekan terakhir. Lebih dari 11,5 juta dokumen yang dimiliki oleh perusahaan hukum berbasis di Panama, Mossack Fonseca bocor. Dokumen tersebut terdapat nama sejumlah tokoh dunia yang diduga mendirikan perusahaan offshore di luar negeri.

Nama-nama tersebut diduga menjalankan praktik penyembunyian harta dan penghindaran pembayaran pajak. Kebocoran informasi ini juga menunjukan satu hal lain yaitu kepercayaan publik akan tercedera ketika perusahaan besar serta kelompok kaya dan kuat dapat menyembunyikan kekayaanya tanpa melanggar hukum.

World Bank Group Managing Director and Chief Operating Officer Sri Mulyani Indrawati pun ikut angkat bicara mengenai kasus Panama Papers ini. Menurutnya, Kebocoran Panama Papers dapat menginspirasi adanya sistem pajak internasional yang lebih kuat dan adil, berdasarkan sistem yang kokoh, lembaga yang bagus, dan berintegritas.

Sebelum bocornya dokumen tersebut, ada serangkaian upaya dari negara G20 dan forum internasional lainnya untuk menciptakan sistem pajak yang kuat dan mempromosikan kerja sama perpajakan internastional yang mengikat.

"Kini saatnya mengubah janji itu menjadi aksi," jelasnya seperti ditulis Liputan6.com pada Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • Isu Panama Papers Jadi Sorotan di Pertemuan Negara G20
  • 8 Hal yang Perlu Diketahui Soal Panama Papers
  • 10 Nama `Mengejutkan` dalam Skandal Panama Papers

Source: liputan6.com
Sudirman Said Luncurkan Program Indonesia Terang di Papua Barat

Liputan6.com, Maybrat - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meluncurkan Program Indonesia Terang (PIT) dengan membangun pembangkit dan mengalirkan listrik ke wilayah terpencil.

Sudirman mengatakan, PLTMH tersebut masuk dalam program Indonesia Terang dengan target desa-desa yang belum teraliri listrik atau sudah mendapatkan listrik tetapi belum maksimal. Saat ini ada 12.659 desa yang mengalami kondisi tersebut.

‎"Di seluruh Indonesia ada 12.659 desa masih dapat pasokan secara terputus, bisa pembangkit tidak cukup, pembangkit tidak sampai," kata Sudirman, saat meluncurkan Program Indonesia terang, di Desa Temel, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • RI Bakal Jadi Negara Pengguna Energi Panas Bumi Terbesar
  • Anak Usaha Pertamina Kebut Proyek PLTP Lahendong
  • Chevron Berencana Jual Aset Panas Bumi di Indonesia

Source: liputan6.com
Pemerintah Bentuk Tim Pendataan Program Sejuta Rumah 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan bersama dengan sejumlah mitra kerja bidang perumahan membentuk Tim Pendataan Program Satu Juta Rumah Tahun 2016.

Adanya tim tersebut diharapkan dapat menghimpun data-data pembangunan rumah untuk masyarakat sehingga hasilnya bisa lebih akurat.

“Kami bersama para mitra kerja bidang perumahan telah membentuk tim pendataan Program Satu Juta Rumah Tahun 2016. Kami harap tim ini bisa menghimpun data-data pembangunan rumah yang sudah dibangun untuk masyarakat,” ujar Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dedy Permadi dalam keterangannya, Kamis (21/4/2016).

Dedy menjelaskan, tujuan pembentukan tim untuk membahas strategi pendataan Program Satu Juta Rumah 2016 agar lebih optimal demi mencapai target satu juta rumah. Adapun Strategi Pendataan Program Satu Juta Rumah 2016 berbeda dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga

  • REI Akan Evaluasi Target FLPP 2016
  • Program Bedah Rumah 2016, Pemerintah Bantu 95.000 Unit
  • Pemerintah Bangun Rumah Instan untuk Nelayan di Jepara

Source: liputan6.com
Sempat Jadi Tempat Sapi Cari Rumput, Bandara Ini Kini Megah

Liputan6.com, Sorong - Kondisi Bandara Domine Eduard Osok (DEO) yang semrawut dan tidak tertata kini tidak akan lagi dirasakan oleh masyarakat dan para wisatawan.

Sebab, bandara yang berlokasi di Sorong, Papua Barat ini sekarang telah berubah menjadi lebih megah dan modern.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I DEO Paryono mengatakan, dulu kegiatan operasional bandara seperti take off dan landing pesawat sering mendapatkan gangguan.

Salah satunya karena sering kali masyarakat sekitar masuk ke area landasan pacu (runway) bandara.

"Sepanjang runway dulu itu hunian masyarakat, terdapat sarana ibadah. Biasanya jam 13.30 itu penduduk latihan mobil, ada juga motor, mobil angkot sampai ke situ. Sudah terbiasa seperti itu," ujar dia di Sorong, Papua Barat, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • Megahnya Bandara Domine Eduard Osok Sorong
  • Jokowi Tinjau Pembangunan Bandara Sorong
  • Batik Air dan Citilink Bakal Terbangi Bandara Domine Eduard Osok

Source: liputan6.com
Belanja Pemerintah Masih Topang Pertumbuhan Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi di level 5,1 persen-5,2 persen pada kuartal I 2016. Pertumbuhan ekonomi didorong oleh belanja pemerintah.

Direktur Eksekutif Depertemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung‎ mengatakan, belanja pemerintah meningkat signifikan pada kuartal I 2016.

"Belanja modal naik di kuartal I 2016 naik 161 persen dibanding kuartal I 2015. Luar biasa akselerasi belanja modal pengeluaran infrastruktur pemerintah. Belanja barang naik 56 persen year on year," kata dia di gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • Ini Bocoran Asumsi Makro Ekonomi pada 2017
  • Jokowi: Reformasi Ekonomi Terus Berjalan
  • Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,1 Persen di 2016

Source: liputan6.com
3 Jurus Kementerian ESDM Menerangi Wilayah Terpencil

Liputan6.com, Papua Barat - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memiliki tiga jurus yang akan digunakan mewujudkan program Indonesia Terang untuk melistriki wilayah terpencil.

"Ada tiga pendekatan membangun listrik di daerah semacam ini (terpencil),‎" ‎kata Menteri ESDM Sudirman Said saat meluncurkan Program Indonesia terang, di Desa Temel, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Kamis (21/4/2016).‎

Sudirman mengungkapkan, jurus yang dilakukan adalah dengan menarik transmisi kelistrikan ke rumah penduduk jika di wilayah tersebut sudah terdapat pembangkit listrik. "Kalau ada pembangkit perlu disambung transmisi itu kita lakukan," tutur Sudirman.

 

Baca Juga

  • Listrik Bandara Kambuaya Papua Barat Masih Andalkan Genset
  • Menteri ESDM: Harga Anjlok Saat Tepat Terapkan Moratorium Tambang
  • Jurus Kementerian ESDM Dorong Pengembangan Listrik Panas Bumi

Source: liputan6.com
Terapkan Acuan Baru, BI Bakal Tambah Instrumen Keuangan

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan menambah instrumen keuangan sejalan dengan penerapan acuan baru Seven Days Reverse Repo Rate (Reverse Repo). Suku bunga kebijakan BI tersebut baru mulai diberlakukan pada 19 Agustus 2016.

"Stok Surat Utang Negara (SUN) nya sih akan terus secara gradual ditambahkan. BI pada akhirnya fully akan gunakan Surat Berharga Negara (SBN) pemerintah dalam operasi moneter. Gradual dilakukan. Untuk BI 7 days itu tidak terbatas hanya pada SBN, bisa Surat Perbendaharaan Negara  (SPN), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), jadi surat berharga berkualitas tinggi," kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung di Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • BI Rate Diputuskan Tetap di Angka 6,75 Persen
  • Perubahan Sistem BI Rate Bakal Dorong Penurunan Suku Bunga
  • OJK: BI Ubah Acuan Suku Bunga Jadi Sinyal Positif ke Ekonomi

Source: liputan6.com
Aliran Modal Asing Topang Penguatan Rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyatakan penguatan rupiah yang terjadi belakang ini disebabkan oleh aliran modal asing. Aliran modal asing yang terjadi pada kuartal I 2016 mencapai US$ 4,9 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung mengatakan, aliran modal asing masuk melalui pasar modal, Surat Utang Negara (SUN), dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

"Penguatan rupiah masih berlanjut. Terutama didorong inflow terus masuk di kuartal I 2016 sudah US$ 4,9 miliar baik di pasar saham, SUN, SBI‎," kata dia di Gedung BI, Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • Menunggu Rapat BI, Rupiah Melemah ke 13.180 per Dolar AS
  • Aliran Dana Asing Picu Penguatan IHSG
  • The Fed Tahan Suku Bunga, Modal Asing Berebut Masuk RI

Source: liputan6.com
Terendam Banjir, Cek Wilayah Jakarta yang Kena Mati Lampu

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) melakukan pemadaman 39 gardu induk akibat banjir yang merendam sejumlah wilayah di Jakarta.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya‎ Mambang Hertadi mengatakan, hujan deras di Jakarta sejak semalam menyebabkan beberapa daerah tergenang banjir.

Demi keamanan dan keselamatan pelanggan, PLN memutus aliran listrik dengan memadamkan gardu distribusi. ‎"Hingga pukul 14.32 WIB, ada 39 gardu padam akibat banjir," ujar Mambang di Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Baca Juga

  • Sulut Byar Pet Lagi, Apa Kabar Kapal Pembangkit Listrik?
  • Pemadaman Listrik Nias Mesti Jadi Pelajaran Pemerintah
  • Listrik Padam, Ujian Nasional di Bogor Terganggu

Source: liputan6.com
10 Negara Paling Dihujat Penduduk Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Ada sejumlah negara yang sering dihujat penduduk dunia. Ada beberapa alasan untuk membenci negara-negara ini. Yang positif, negara ini dibenci oleh alasan yang positif, seperti menjadi negara paling berkuasa, maju dan lain sebagainya.

Sementara yang negatif karena negara ini penduduknya penuh dengan kekerasan, kriminal, korupsi, terorisme, hubungan pemerintah dengan negara lain dan lainnya.

Dilansir dari ABC News Point, berikut 10 negara paling sering dihujat penduduk dunia, Kamis (21/4/2016).

10. China

Pesawat C919 buatan China, yang akan menjadi pesaing Airbus dan Boeing. (Shanghaiist)

China adalah negara dengan populasi terbesar di dunia yang dikenal dengan negara produsen. Barang-barang dari China sudah tersebar hampir di seluruh penjuru dunia karena pemerintah menerapkan bea ekspor yang sangat rendah ke beberapa negara.

Produk berbiaya rendah yang diekspor tersebut mencakup obat-obatan, makanan, dan material yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Belum lagi China lihai dan terkenal memproduksi barang tiruan atau KW.


Source: liputan6.com