Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Selasa, 26 April 2016
7 Rahasia untuk Jadi Orang Kaya

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin sukses dalam hidupnya. Layaknya para miliarder, banyak orang yang ingin memiliki harta berlimpah dan mampu untuk hidup bahagia. Namun begitu, tidak semua orang mampu mewujudkannya.

Walaupun Anda mampu untuk mencetak uang berlimpah, Anda harus memiliki kemampuan lain yang bisa membuat kekayaan tersebut tetap bertahan. Melansir laman Time, Selasa (26/4/2016) berikut 7 rahasia miliarder yang bisa buat mereka selalu kaya:

1. Selalu menekan pengeluaran

Para miliarder mengerti betul bahwa mereka harus mampu menekan pengeluaran yang dimiliki. Agar mampu menjadi lebih kaya, mereka harus mampu untuk menekan pengeluarannya seminimal mungkin. Satu kebiasaan yang sering mereka lakukan adalah dengan menekan pengeluarannya agar tidak melebihi pendapatan yang mereka peroleh.

2. Selalu sabar

Mereka mengerti betul bahwa kesabaran adalah kunci dari kesuksesan. Oleh karenanya, mereka tidak pernah melakukan suatu hal dengan tergesa-gesa. Para miliarder selalu mempertimbangkan resiko dari setiap langkah yang mereka lakukan.

3. Hidup sederhana

Walaupun memiliki harta berlimpah, para miliarder selalu memilih untuk hidup sederhana. Dibanding menghabiskan uangnya untuk membeli barang-barang mewah, mereka lebih memilih untuk menginvestasikan uangnya untuk keperluan yang lebih penting


Source: liputan6.com
Berapa Ongkos Warren Buffett untuk Sekali Potong Rambut?

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder Warren Buffett ternyata memiliki kebiasaan yang unik. CEO dari perusahaan Berkshire Hathaway ini ternyata hanya mau untuk memotong rambut di tukang cukur yang itu-itu saja. Kabarnya, ia selalu memotong rambut di tukang cukur tersebut selama lebih dari 20 tahun.

Berapa uang uang harus dirogoh Buffett saat memotong rambutnya? Melansir laman Time, Selasa (26/4/2016) sekali potong rambut Warren Buffett ternyata hanya membayar US$ 18 atau Rp 236 ribu. Ia merapikan rambutnya setiap dua atau tiga minggu sekali.

Baca Juga

  • Jadi Tetangga Warren Buffett, Banyak Orang Rela Bayar Mahal
  • 7 Fakta Unik tentang Kekayaan Miliarder Warren Buffet
  • 3 Kebiasaan Sukses Ala Warren Buffet

Source: liputan6.com
5 Pekerjaan Bergaji Besar dengan Tingkat Stres Tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang menginginkan pekerjaan dengan gaji besar. Nyatanya, tidak semua pekerjaan dengan gaji besar dapat membuat Anda bahagia.

Banyak pekerjaan yang menawarkan gaji besar yang justru dapat membuat pegawainya makin stres. Melansir laman Time, Selasa (26/4/2016), berikut lima pekerjaan tersebut:

1. Dokter

Dokter merupakan salah satu profesi yang banyak diminati orang. Iming-iming gaji besar dan dapat membantu orang banyak membuat profesi ini banyak digandrungi masyarakat. Namun ternyata, menjadi dokter tidaklah semudah yang dibayangkan.

Data survei mengungkap, hanya 6 persen dokter di Amerika Serikat yang senang akan profesi mereka. Sisanya menganggap profesi tersebut memiliki tingkat stres yang tinggi

2. Bankir junior

Pekerjaan sebagai pegawai bank merupakan salah satu pekerjaan bergengsi. Banyak orang yang berebut untuk mampu menempati posisi ini. Namun ternyata, pekerjaan ini tidaklah sesenang yang dibayangkan.

Gaji yang didapat untuk bankir investasi di Amerika Serikat mencapai US$ 75 ribu atau setara dengan Rp 986,8 juta per tahun. Namun pekerjaan yang harus mereka lakukan sangatlah banyak. Banyak bank yang memaksa pekerjanya untuk bekerja 120 jam seminggu demi menyelesaikan beberapa proyek.


Source: liputan6.com
3 Alasan Anda Tak Boleh Terlalu Keras Bekerja

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi pegawai berprestasi merupakan impian banyak orang. Karena itu, banyak orang tidak segan untuk mengeluarkan segenap kemampuan yang dimiliki agar mampu menonjol di tempat kerja.

 

Baca Juga

  • 5 Pekerjaan Bergaji Besar dengan Tingkat Stres Tinggi
  • Lakukan Cara Ini Agar Cepat Dapat Kerja Setelah Dipecat
  • 4 Tanda Anda Harus Pensiun Kerja

Source: liputan6.com
Tips Irit Atur Belanja Bulanan untuk Ibu Muda

Liputan6.com, Jakarta - Belanja bulanan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan para ibu-ibu untuk memenuhi kebutuhan di rumah.

Biasanya, anggaran bulanan untuk belanja kebutuhan hidup sehari-hari ini sudah dipisahkan sejak awal Anda dan pasangan, saat menerima gaji pada akhir atau awal bulan.

Bagi Anda yang masih berstatus sebagai ibu muda, seringkali keinginan dan nafsu berbelanja memuncak ketika telah memasuki pasar swalayan. Tidak jarang juga, anggaran yang telah di siapkan sudah habis sebelum semua kebutuhan yang dimiliki terbeli.

Baca Juga

  • 5 Hal yang Bikin Kantong Kamu Jebol Saat Berbelanja di Supermarket
  • Tiga Tips Agar Tidak Terjebak Gimmick Diskon Saat Belanja Online
  • Pasangan Muda, Ini Keuntungannya Jika Kalian Melewatkan Akhir Pekan Dengan Masak Bersama

Source: liputan6.com
Ini Lokasi Aksi Unjuk Rasa Buruh Saat Peringati May Day

Liputan6.com, Jakarta - Massa buruh yang tergabung dalam serikat pekerja di seluruh Indonesia akan menggelar aksi unjuk rasa besar-besaran pada 1 Mei 2016. Hal ini dalam rangka memperingati hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh setiap 1 Mei.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyatakan, aksi buruh ini akan digelar serempak pada 32 provinsi dan 250 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Jumlah buruh yang ikut dalam aksi diperkirakan mencapai 1 juta orang.

"Perayaan May Day serempak di 32 provinsi dan 250 kabupaten/kota. Prediksi 1 juta buruh akan terlibat dalam May Day di seluruh Indonesia‎," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

 

Baca Juga

  • Kapolri Badrodin Haiti Berharap May Day Diisi Bakti Sosial
  • Senangnya Buruh, Kerja 1 Bulan Bisa Dapat THR
  • Pengusaha dan Buruh Diminta Perbaiki Komunikasi

Source: liputan6.com
Top 3: Orang Rela Bayar Mahal Jadi Tetangga Warren Buffet

Liputan6.com, Jakarta - Warren Buffett dikenal sebagai salah satu miliarder paling kaya di dunia. Daftar yang dilansir Forbes pada 2016 mendapuk pria ini sebagai orang nomor kaya ketiga di dunia.

Namun begitu, Buffett ternyata dikenal sebagai miliarder yang memilih hidup sederhana. Melansir laman Time, Senin 25 April 2016, Buffett tinggal di rumah yang sudah ia tempati sejak 1958. Rumah tersebut ia beli seharga US$ 31.500 atau setara dengan Rp 414,47 juta (Kurs 1 US$ = Rp 13.157).

Harga rumah tersebut masih jauh apabila dibandingkan dengan harga rumah para miliarder lainnya. Salah seorang tetangga Warren Buffett, Phil Huston menyebutkan rumah yang ditempati Buffett tersebut juga kini telah menjadi aset perusahaan.

Namun berbeda ceritanya apabila Anda ingin menjadi tetangga Buffett. Phil Huston menceritakan bahwa orang-orang akan rela membayar sangat mahal agar mampu menjadi tetangga dari miliarder ini. Meski tak disebutkan nilai yang harus dikeluarkan.

Artikel jadi tetangga Warren Buffett, banyak orang rela bayar mahal telah menyedot perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada awal pekan ini.

Penasaran dengan artikel terpopuler lainnya di kanal bisnis?Berikut tiga artikel terpopuler seperti dirangkum pada Selasa (26/4/2016).

1. Jadi Tetangga Warren Buffett, Banyak Orang Rela Bayar Mahal

Warren Buffett dikenal sebagai salah satu miliarder paling kaya di dunia. Daftar yang dilansir Forbes pada 2016 mendapuk pria ini sebagai orang nomor kaya ketiga di dunia.

Namun begitu, Buffett ternyata dikenal sebagai miliarder yang memilih hidup sederhana. Melansir laman Time, Senin (25/4/2016), Buffett tinggal di rumah yang sudah ia tempati sejak 1958. Rumah tersebut ia beli seharga US$ 31.500 atau setara dengan Rp 414,47 juta (Kurs 1 US$ = Rp 13.157).

Harga rumah tersebut masih jauh apabila dibandingkan dengan harga rumah para miliarder lainnya. Salah seorang tetangga Warren Buffett, Phil Huston menyebutkan bahwa rumah yang ditempati Buffett tersebut juga kini telah menjadi aset perusahaan. Selengkapnya baca di sini

2. 7 Anak Paling Berpengaruh di Dunia

Usia ternyata tak menjadi hambatan seseorang bisa menciptakan sebuah perubahan. Hal ini diperlihatkan ketujuh anak ini.

Walaupun usianya masih sangat muda, mereka diprediksi mampu untuk memiliki kekuasaan yang besar nantinya. Salah satunya pangeran George. Walaupun usianya masih satu tahun, pangeran ini ternyata merupakan pewaris tahta kerajaan Inggris.

Putra dari Kate Middleton dan Pangeran William ini juga merupakan salah satu anak yang selalu mendapat sorotan besar dari media dan dunia. Selengkapnya baca di sini

3. Libur Panjang Operator Tol Cipali Siapkan Uang Receh Rp 1 Miliar

‎PT Lintas Marga Swadaya (LMS), operator jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menyiapkan uang receh senilai Rp 1 miliar untuk kembalian transaksi tol selama periode libur panjang 5-8 Mei 2016.

Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan sepanjang long weekend yang diperkirakan naik dua kali lipatnya.

Wakil Direktur Utama ‎LMS, Hudaya Arryanto mengungkapkan, arus kendaraan keluar dari wilayah Jakarta dan sekitarnya melalui jalan tol Cipali saat libur panjang 5-8 Mei diprediksi mengalir sejak Rabu sore (4 Mei) hingga Jumat (6 Mei). Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Jokowi Bakal Hadiri Puncak Hari Konsumen Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada Selasa (26/4/2016).

Dikutip dari agenda Presiden melalui Biro Pers Kepresidenan, Jokowi dijadwalkan akan hadir pada pukul 09.00 WIB. Turut mendampingi dalam acara itu sejumlah menteri Kabinet Kerja, salah satunya Menteri Perdagangan RI Thomas Lembong.

Dalam perayaan Hari Konsumen Nasional ‎kali ini, Kementerian Perdagangan juga bakal menetapkan pencanangan Strategi Nasional Perlindungan Konsumen. Sebagai salah satu bentuknya, awal bulan ini Kemendag telah mengenalkan nomer pengaduan konsumen yang bisa dilakukan via WhatsApp dan Hotline.

 

Baca Juga

  • Oleh-oleh Jokowi dari Eropa: Kesepakatan Bisnis US$ 20,5 Miliar
  • Tiket Pesawat Jadi Aduan Terbanyak ke Badan Perlindungan Konsumen
  • RI-Jepang Sepakat Tingkatkan Promosi Barang dan Jasa

Source: liputan6.com
KAI Operasikan 4 Kereta Super Eksekutif Sebelum Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali meningkatkan kapasitas angkut penumpangnya pada 2016. Salah satu yang dilakukan yaitu dengan melakukan penambahan pengoperasian rangkaian kereta jarak jauh.

Rangkaian baru yang akan dioperasikan yaitu untuk kelas eksekutif (K1) sebanyak empat rangkaian kereta. Empat rangkaian ini akan dioperasikan sebelum musim mudik lebaran 2016.

 VP Public Relation KAI Agus Komarudin mengungkapkan empat rangkaian kereta eksekutif baru ini berbeda dengan rangkaian kereta eksekutif yang selama ini dioperasikan KAI.

 

Baca Juga

  • KAI Bakal Operasikan 19 Kereta Tambahan Hadapi Mudik Lebaran
  • KAI Minta Koneksi Bus Transjakarta Diperbanyak
  • Promo KAI, Ini Daftar Kereta dengan Harga Tiket Lebih Murah

Source: liputan6.com
Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi 1 dan 2 Beroperasi Mei 2016

Liputan6.com, Brebes - Perlahan namun pasti, bagian ruas dari proyek pembangunan jalan tol Trans Jawa tersambung. Salah  satunya ruas tol Pejagan-Pemalang seksi 1 dan 2 sepanjang 20 Kilometer (Km) yang ditargetkan beroperasi pada Mei 2016.  

Kepala Seksi Integrasi Jalan Tol Kanci-Pejagan- Pemalang Seksi 1 dan 2 Zulmarlian Iskandar mengungkapkan, pembangunan secara fisik untuk ruas jalan tol Pejagan-Pemalang seksi 1 dan 2 sudah rampung 100 persen, seperti jalan utama. Seksi jalan ini akan mempunyai dua pintu keluar, yakni di Brebes Barat dan Brebes Timur.

"Jadi diharapkan bisa beroperasi Mei ini. Karena yang belum selesai itu Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4 dengan panjang 36 Km. Sehingga total ruas jalan tol dari 1-4 sepanjang 56 Km," ujar Zulmarlian saat berbincang dengan wartawan di Brebes Timur, Jawa Tengah, seperti ditulis Selasa (26/4/2016).

 

Baca Juga

  • Kementerian PUPR: Tol Kanci-Pejagan Harus Mulus Sebelum Lebaran
  • Pemerintah Minta Swasta Talangi Dana Pembebasan Lahan Tol
  • Hingga 8 Mei, Truk yang Melintas di Tol Cipali Dapat Diskon 30%

Source: liputan6.com
Pencabutan Subsidi Listrik Pelanggan Mampu Tunggu Arahan Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Penerapan subsidi listrik tepat sasaran dengan mencabut subsidi untuk golongan pelanggan 900 Volt Ampere (VA) yang mampu, masih menunggu keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman mengatakan, Menteri ESDM Sudirman Said telah melaporkan ke Presiden Jokowi terkait hasil pendataan pelanggan 900 VA untuk menjalankan program subsidi tepat sasaran.

 "Pak Menteri ESDM sudah melaporkan," kata Jarman seperti yang dikutip di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Jarman menuturkan, saat ini pihaknya menunggu arahan Presiden Jokowi untuk menerapkan program tersebut.‎ Namun, sebelum menerapkan, laporan tersebut akan dibahas dalam Rapat kabinet terbatas dengan mengacu pada kondisi ekonomi dan inflasi.

 

Baca Juga

  • Kementerian ESDM: FSRU Lampung Bikin Ketahanan Energi Makin Kuat
  • 3 Jurus Kementerian ESDM Menerangi Wilayah Terpencil
  • Jurus Kementerian ESDM Dorong Pengembangan Listrik Panas Bumi

Source: liputan6.com
RI Perluas Pasar Furnitur ke Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Minat investor Tiongkok di sektor furnitur untuk melakukan relokasi ke Indonesia direspons aktif oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Kepala BKPM Franky Sibarani dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke kota Dongguan, Provinsi Guangdong untuk berbicara di hadapan 200 investor furnitur Tiongkok pada Selasa (26/4/2016)

Forum bisnis tersebut juga akan menghadirkan Konsul Jenderal Republik Indonesia di Guangzhou Ratu Silvi Gayatri, Direktur Jenderal Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Ketua Umum Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) dan Ketua Umum Asosiasi Konsultan dan Pengembang Investasi Indonesia (Askopin), serta President of Dongguan Furniture Association, Mr. Chen Zhongqiou.

Franky menyampaikan, potensi investasi di sektor furnitur patut untuk dikembangkan. BKPM mencatat antara tahun 2010 dan 2015, investasi di industri hulu kayu hulu mencapai US$ 466 juta dan tumbuh sebesar 50 persen dalam lima tahun.

 

Baca Juga

  • Kawasan Industri Pacu Pengembangan Industri Furnitur Jepara
  • Perusahaan Ini Bikin Funitur RI Makin Dikenal di Taiwan
  • RI Baru Bisa Kuasai 1,1% Pasar Furnitur Dunia

Source: liputan6.com
Bayar Tol Sekali Bayar hingga Brebes Timur Mulai Juni

Liputan6.com, Subang - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menginstruksikan PT Lintas Marga Sedaya (LMS) dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR) siap mengintegrasikan sistem pembayaran jalan tol pada pertengahan Juni 2016.

Ruas jalan tol yang akan menerapkan sistem ini adalah Jakarta-Cikampek-Palimanan hingga Brebes Timur.

LMS merupakan operator jalan tol Cikampek-Palimanan/Cipali, sedangkan Jasa Marga mengelola jalan tol Jakarta-Cikampek. Sementara Pejagan-Pemalang termasuk Brebes Timur dikelola PT Waskita MNC Trans Jawa Toll Road.

Wakil Direktur Utama ‎LMS Hudaya Arryanto mengungkapkan, pemerintah telah mengamanatkan penyatuan sistem pembayaran tol ‎di dua klaster. Klaster I, ia menuturkan, jalan tol Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Palimanan (Cipali). Sementara klaster II dari Cipali, Kanci-Pejagan, sampai Brebes.

 

Baca Juga

  • Mulai Juni, Masuk Tol Jakarta-Cikampek-Palimanan Sekali Bayar
  • Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi 1 dan 2 Beroperasi Mei 2016
  • Libur Panjang Operator Tol Cipali Siapkan Uang Receh Rp 1 Miliar

Source: liputan6.com
Pemerintah Kaji Ulang Peta Pembangunan Papua

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah‎ tengah mengkaji ulang peta pembangunan di wilayah Indonesia timur, khususnya untuk wilayah Papua. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil di sela-sela puncak Hari Konsumen Nasional (Harkonas) di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2016).

Menurut Sofyan langkah kaji ulang peta pembangunan wilayah Papua itu dikarenakan sebelumnya belum ada fokus di wilayah pembangunan sekaligus mekanisme pengawasan dari pembangunan dan pasca-pembangunan. 

"Hasil kajian yang kami lakukan menyimpulkan bahwa proyek-proyek di Papua selama ini sangat terkonsentrasi di beberapa daerah saja. Kemarin kami sudah rapat di Menkopolhukam untuk pendekatan baru bagaimana kita memperbaiki proses pembangunan di Papua‎," kata Sofyan, Selasa (26/4/2016).

Baca Juga

  • Punya Bandara Megah, Wisata Papua Makin Menggeliat
  • Semangat Kartini dari Papua, Jaga Bandara di Timur Indonesia
  • Listrik Bandara Kambuaya Papua Barat Masih Andalkan Genset

Source: liputan6.com
Menteri PPN Usul Perubahan Aturan Izin Eksplorasi di Papua

Liputan6.com, Jakarta - Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil merekomendasikan‎ perubahan aturan izin kegiatan eksplorasi di Papua. Perubahan antara lain terkait lokasi dan waktu eksplorasi.

Rekomendasi yang telah dikirimkan ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) ini, mengacu pada aktivitas eksplorasi di hutan konservasi yang mayoritas berada di Papua.

‎"Rekomendasi kita adalah di sana (Papua) banyak sekali sumber daya mineral, tapi kurang bisa digarap maksimal, karena selama ini kendalanya pada ketentuan soal kehutanan," kata Sofyan di Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Mengacu pada aturan yang saat ini berlaku, kegiatan eksplorasi tak boleh berlangsung di wilayah hutan-hutan konservasi yang berada di sekitar 2.000-3.000 di atas permukaan air laut.

Baca Juga

  • Pemerintah Kaji Ulang Peta Pembangunan Papua
  • Punya Bandara Megah, Wisata Papua Makin Menggeliat
  • Semangat Kartini dari Papua, Jaga Bandara di Timur Indonesia

Source: liputan6.com
Produsen Ingkar Janji, Konsumen Bisa Lapor ke sini

Liputan6.com, Jakarta - Produsen yang tidak bertanggung jawab sering merugikan konsumen. Sering kali produk atau jasa yang diberikan tidak sesuai dengan yang telah mereka janjikan kepada konsumen. Sayangnya, selama ini konsumen tidak pernah mengeluh dan menerima begitu saja. 

Padahal sebenarnya, konsumen bisa lapor jika merasa rugi. Pemerintah tekah membentuk Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) yang bertugas menyelesaikan masalah tersebut. Lantas apa saja tugas dan kewenangan BPSK?

‎Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, Selasa (26/4/2016), BPSK adalah lembaga non struktural yang berkedudukan di kabupaten dan kota yang berfungsi sebagai alternatif konsumen untuk menyelesaikan sengketa di luar pengadilan.

Landasannya ialah pasal 49 Undang-undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang menyebutkan pemerintah membentuk badan penyelesaian sengketa konsumen di daerah tingkat II untuk menyelesaikan sengketa di luar pengadilan.

Baca Juga

  • Jokowi Bakal Hadiri Puncak Hari Konsumen Nasional
  • ‎Kemendag Kesulitan Awasi Penjual Makanan Online
  • Lindungi Konsumen, Pemerintah Tindak Produsen Baja Banci

Source: liputan6.com
Bagaimana Penetapan Harga BBM pada Mei 2016?

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk jenis solar subsidi dan premium pada awal April 2016, lalu bagaimana untuk harga BBM pada Mei 2016?

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, harga Solar dan Premium Mei tetap.

Hal itu lantaran pemerintah telah menetapkan harga ‎solar subsidi dari April hingga September 2016 atau dalam enam bulan dipatok Rp 5.150 per liter. Sedangkan Premium RON 88 Penugasan Luar Jawa-Madura-Bali tetap Rp 6.450 per liter.

"Nggak kita sampai September stabil," kata Wiratmaja, di Kantor Direktorat Jenderal Migas, Jakarta, Selasa (26/4/2016).

 

Baca Juga

  • Cek Daftar Lengkap Harga BBM pada 15 April
  • Perjuangan Warga Papua Barat demi Dapatkan BBM
  • Pertamina Jual Pertamax Turbo Pertama Kali di Sirkuit Monza 

Source: liputan6.com
Kemenhub Siap Resmikan Pelabuhan Baru di Kendari

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyelesaikan pembangunan pelabuhan Bungkutoko di Sulawesi Tenggara. Operasional pelabuhan ini siap diresmikan pekan depan.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hemi Pamurahardjo menjelaskan, informasi Pelabuhan yang dibangun dengan dana APBN sebesar Rp 204,217 miliar sejak 2009 hingga 2015 ini berlokasi terpisah dari pelabuhan Kendari saat ini.

"Lokasinya persis di mulut Teluk Kendari yang menjadi tempat pertemuan arus keluar masuk air laut dari Teluk Kendari serta dari Laut Banda," kata Hemi, Selasa (26/4/2016).

Letak geografis ini membuat daerah tersebut kaya dengan plankton yang disenangi berbagai jenis ikan laut dalam maupun ikan pesisir.

 

Baca Juga

  • Belgia Siap Kucurkan Rp 7 Triliun untuk Investasi Pelabuhan
  • Jokowi Siap Resmikan 6 Pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia
  • Kemenhub Rampungkan Pembangunan Pelabuhan Wasior

Source: liputan6.com
Pemerintah Bantah Telah Putuskan Harga Divestasi Saham Freeport

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah belum memutuskan besaran harga saham yang akan ditawarkan ke PT Freeport Indonesia. Seperti diketahui, Freeport telah mengajukan harga US$ 1,7 miliar ‎atau setara dengan Rp 23 triliun kepada pemerintah untuk mengakuisisi 10,64 persen saham Freeport. Saat ini giliran pemerintah yang menawar harga yang telah diajukan tersebut. 

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot mengatakan, saat ini Kementerian ESDM masih mendiskusikan besaran harga saham yang tepat untuk menawar harga saham yang telah diajukan oleh perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut. "Masih menghitung harga saham. Masih diskusi," kata Bambang, di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Bambang pun membantah, pemerintah telah menentukan atau menetapkan harga sivestasi untuk 10,6 saham Freeport sebesar ‎US$ 360 juta dengan metode perhitungan replacment cost. Harga yang ditawarkan oleh pemerintah tersebut jauh lebih rendah dari yang ditawarkanFreport.

Baca Juga

  • Tambang Emas Freeport di Papua Terbesar di Dunia, Ini Buktinya
  • Aneka Tambang Tunggu Mandat Pemerintah Soal Akuisisi Freeport
  • Saham Freeport Kemahalan, Pemerintah Ajukan Keberatan

Source: liputan6.com
Faktanya Nilai Matematika di SMA Tentukan Gaji di Masa Depan

Pikir matang-matang sebelum Anda memilih bolos di kelas Matematika. Penelitian terbaru dari The Federal Reserve Bank of Cleveland menemukan, nilai matematika di sekolah menengah atas ternyata dapat menjadi salah satu faktor penentu gaji Anda di masa depan.

Melansir laman Business Insider, Selasa (26/4/2016), semakin baik Anda mempelajari matematika, semakin mudah bersaing di dunia kerja. Para siswa yang menyelesaikan level matematika lebih tinggi di sekolah menengah cenderung menerima gaji lebih tinggi dibandingkan teman-temannya yang tak menyukai ilmu hitung tersebut.

Menggunakan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, peneliti di bank tersebut menemukan, sebagian besar karyawan tetap di negaranya mampu mendapatkan gaji lebih tinggi meski tidak mengenyam perguruan tinggi. Hal itu dapat terjadi, selama nilai matematika di sekolah menengah terbilang tinggi.

Baca Juga

  • 5 Pekerjaan Bergaji Besar dengan Tingkat Stres Tinggi
  • Ini Perusahaan yang Berani Beri Gaji Paling Tinggi Seantero AS
  • Gaji Rp 3 Juta per Bulan, Karyawan Bisa Beli Mobil?

Source: liputan6.com
Astra International Kantongi Pendapatan Rp 41,8 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Harga komoditas melemah dan permintaan otomotif yang rendah masih mempengaruhi kinerja PT Astra International Tbk (ASII) pada awal 2016.

Perseroan membukukan laba bersih turun 22 persen menjadi Rp 3,11 triliun pada kuartal I 2016 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 3,99 triliun. Pendapatan perseroan turun tujuh persen menjadi Rp 41,88 triliun.

Dengan melihat kondisi itu, laba bersih per saham susut 22 persen menjadi Rp 77 pada kuartal I 2016. Ekuitas yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik tiga persen menjadi Rp 104,77 triliun.

Kas perseroan di luar grup jasa keuangan mencapai Rp 3,1 triliun dibandingkan kas bersih pada akhir tahun 2015 sebesar Rp 1 triliun. Anak perusahaan grup segmen jasa keuangan mencatat utang bersih sebesar Rp 42 triliun dibandingkan Rp 44,6 triliun pada akhir 2015.

 

Baca Juga

  • Astra International Masih Hadapi Tantangan
  • Dua Faktor Ini Bebani Kinerja Astra International
  • Astra International Belum Minat Akuisisi Penuh Bank Permata

Source: liputan6.com
BI Perkirakan April Bakal Deflasi 0,37 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) menyimpulkan bahwa laju Indeks Harga Konsumen (IHK) pada minggu ke tiga‎ April 2016 berada di angka deflasi 0,33 persen. Sedangkan hingga akhir April 2016, diperkirakan bakal deflasi 0,37 persen. 

Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Juda Agung mengungkapkan, angka itu diperkirakan akan terus membaik hingga akhir bulan nantinya. "Survei minggu ke tiga bulan April terjadi deflasi 0,33 persen, nanti akhir bulan perkiraan kami hasilnya 0,37 persen deflasi‎," kata Juda Agung di Gedung Bank Indonesia, Selasa (26/4/2016).

Menurut Juda, rendahnya IHK tersebut tidak terlepas dari komitmen Bank Indonesia yang terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah, dalam menjaga harga kebutuhan pokok dan bahan makanan di pasar.

Baca Juga

  • Jaga Inflasi, BI Salurkan 8 Ton Benih Bawang Putih
  • Begini Strategi Mendag Kendalikan Inflasi Tahun Ini
  • Jokowi Minta Kepala Daerah Kendalikan Inflasi

Source: liputan6.com
Hanya Mobil Pribadi yang Bisa Lewat Tol Bawen Saat Lebaran Nanti

Liputan6.com, Jakarta - ‎Jalan tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,5 Kilometer (Km) dibangun dua jembatan tinggi yang bisa dinikmati pemudik pada saat Lebaran 2016. Jalan tol dan dua jembatan ini hanya dapat dilalui kendaraan golongan I, yakni mobil pribadi, minibus, dan sedan.

Project Manager Pembangunan Tol Semarang-Solo Seksi 3 Bawen-Salatiga, Indroyono mengatakan, jembatan pertama adalah Jembatan Tuntang di Desa Delik, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jembatan ini digarap kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

"‎Jembatan Tuntang sepanjang 370 meter dengan 8 pilar di bawahnya. Paling tinggi tiangnya 59 meter. Jembatan ini berada di Paket 3.1 Ruas Bawen-Polosiri sepanjang 3,5 Km yang merupakan bagian dari tol Bawen-Salatiga," ujarnya saat berbincang dengan wartawan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (26/4/2016).

Baca Juga

  • Trans Marga Yakin Operasikan Tol Bawen-Salatiga Sebelum Lebaran
  • ‎Sambut Lebaran, Begini Penampakan Jalan Tol Bawen-Salatiga
  • Jasa Marga Mulai Konstruksi Ruas Tol Bawen-Salatiga

Source: liputan6.com
Pemerintah Segera Terbitkan Perpres Badan Otoritas Danau Toba

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya terus menggenjot pengembangan 10 destinasi wisata yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya, Danau Toba di Sumatera Utara.

Tenaga Ahli Kemenko Maritim dan Sumber Daya Bambang Susanto P mengatakan, untuk mendorong pengembangan destinasi wisata yang digadang-gadang sebagai Monaco of Asia tersebut, pemerintah segera menerbitkan Peraturan Presiden (Pepres) Badan Otoritas Danau Toba. Saat ini Perpres tersebut telah berada di Sekretaris Negara (Sekneg).

"Saat ini rancangan Perpres sudah ada di Sekneg, praktis Danau Toba sudah bisa bergulir," ujar dia di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Saat ini pembangunan instruktur penunjang pengembangan Danau Toba tengah digalakkan pemerintah. Salah satunya pembangunan Bandara Silangit. Pengembangan bandara ini ditargetkan selesai pada Desember 2016.

Baca Juga

  • Sriwijaya Air Mulai Terbangi Silangit
  • Rute Penerbangan Silangit Dorong Danau Toba Jadi Ikon Dunia
  • Investor Australia Ingin Kembangkan Danau Toba

Source: liputan6.com
Kementerian PANRB Minta Pemda Revisi Pengajuan Formasi CPNS 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) meminta ke pimpinan instansi pemerintah untuk melakukan koreksi atas usulan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2016. Pasalnya, sekitar 50 persen usulan tambahan formasi yang disampaikan melalui e-formasi untuk jabatan tenaga adminstrasi.

Hal itu tidak sesuai dengan kebijakan pemerintah, yang menegaskan bahwa pengadaan CPNS baru hanya untuk mendukung program Nawacita.

"Rekruitmen CPNS tahun ini diarahkan untuk mendukung program Nawacita," ujar Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Baca Juga

  • Bulan Ini Batas Akhir Pengajuan Formasi CPNS 2016
  • Seleksi CPNS Bakal Dibuka, ‎Ini Bocoran Formasinya
  • Tak Lama Lagi, Pemerintah Bakal Umumkan Jadwal CPNS 2016

Source: liputan6.com
Tarif Listrik 12 Golongan Pelanggan Bakal Naik Mei Ini?

Liputan6.com, Jakarta - Tarif Tenaga Listrik (TTL) bagi 12 golongan pelanggan yang terkena skema tarif penyesuaian (adjustment) seharusnya naik kembali pada Mei 2016.

Direktur Utama PLN Sofyan Basyir mengatakan, berdasarkan perhitungan, kenaikan tarif ‎listrik bagi golongan yang sudah tidak mendapatkan subsidi tersebut mencapai Rp 0,7 rupiah per Kilo Watt Hour (KWH).

"Tarif bulan depan harusnya naik 0,7. Naiknya kecil," kata dia di Gedung DPR Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Dia menuturkan, adapun faktor yang mempengaruhi kenaikan tarif listrik tersebut adalah harga rata-rata minyak Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) yang meningkat pada tiga bulan sebelumnya yaitu periode Februari-Maret 2016.

Baca Juga

  • Pencabutan Subsidi Listrik Golongan 900 VA Tunggu Sidang Kabinet
  • Sudirman Said Luncurkan Program Indonesia Terang di Papua Barat
  • 6 Wilayah Ini Dapat Prioritas Listrik

Source: liputan6.com
Proyek Reklamasi Bisa Ganggu Pasokan Listrik Jakarta?

Liputan6.com, Jakarta - Proyek reklamasi di Teluk Jakarta berpotensi mengganggu keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Karang dan Tanjung Priok. Bila proyek tersebut berjalan tidak benar, proyek reklamasi bahkan bisa membuat pasokan listrik Jakarta padam.

Direktur Pengadaan‎ PT PLN (Persero) Supangkat Iwan Santoso‎ menuturkan, gangguan bisa terjadi karena pasokan gas bagi pembangkit Muara Karang dan Tanjung Priok dipasok melalui pipa dari Floating Storage Regasification (FSRU) Jawa Barat yang terletak di perairan laut Jakarta.

Jika pipa gas tersebut terganggu oleh proyek reklamasi, maka kedua pembangkit listrik dengan total kapasitas 3.750 Mega Watt (MW) tersebut akan berhenti mengalirkan listrik ke wilayah di Jakarta.

"Pipa gas dari floating storage. Pipa gas jangan sampai terganggu maka kalau terganggu pembangkit mati," jelas Supangat saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Baca Juga

  • Penjelasan Agung Podomoro soal Proyek Reklamasi
  • Kegiatan Usaha Agung Podomoro Tetap Berjalan Normal
  • Ahok: Pengembang Keberatan Bayar 15 Persen di Reklamasi Pantai

Source: liputan6.com
Kebijakan Tax Amnesty Bisa Bikin Rupiah Menguat

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan penerapan kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) bisa mendorong nilai tukar rupiah menguat. Nilai tukar rupiah menguat seiring pembalikan dana yang masuk dari luar ke dalam negeri.

Meski demikian, Darmin mengaku belum menghitung sejauh mana penguatan rupiah bisa terjadi. Sebab perhitungan pastinya harus menunggu putusan final kebijakan Rancangan Undang-undang (RUU) Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) yang saat ini sedang dibahas di DPR.

"Tergantung. Kalau permintaannya banyak, kalau penempatannya diatur tetap saja akan ada dampaknya terhadap penguatan rupiah," kata dia di kantornya, Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Baca Juga

  • Begini Langkah Persiapan BI Bila Tax Amnesty Berlaku
  • Sektor Ini Bakal Berkembang Jika Pemerintah Terapkan Tax Amnesty
  • Penerimaan Negara Tambah Rp 45,7 Triliun dari Pengampunan Pajak

Source: liputan6.com