Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Sabtu, 09 April 2016
Tengok 10 Jurusan Kuliah yang Dipilih Para Miliarder

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin pernah mendengar cerita mengenai miliarder dunia, seperti Mark Zuckerberg yang sukses meski drop out kuliah. Kenyataannya, pendiri Facebook hanyalah satu dari sekian banyak orang sukses yang hanya sebentar mengenyam pendidikan. Beberapa miliarder lain berhasil menyelesaikan kuliah dan meraih sukses setelahnya.

Mungkin ada beberapa dari Anda yang masih bingung menentukan jurusan kuliah apa yang akan diambil. Jika memiliki uang dalam jumlah besar merupakan salah satu tujuan setelah lulus, mungkin Anda bisa mengikuti jejak para miliarder dunia ini.

Tetapi perlu diingat bahwa kesuksesan tidak datang begitu saja, melainkan harus diusahakan. Melansir dari telegraph.co.uk, Sabtu (9/4/2016) berikut adalah 10 jurusan yang biasa oleh para miliarder.

1. Filsafat

Menurut Complete University Guide (CUG) Oxford, Cambridge, London School of Economics (LSE) dan Exeter merupakan tempat yang baik untuk belajar filsafat. Selama dua dekade terakhir, hanya ada empat dari 100 miliarder telah mempelajari subjek ini. Salah satu dari mereka adalah George Soros. Para miliarder ini membuktikan bahwa pemikiran yang mendalam dapat menguntungkan.

2. Pemasaran

Pembelian, penjualan, bahkan perdagangan merupakan hal-hal yang dipelajari di jurusan ini. Tak heran bahwa jurusan ini juga diambil 5 dari 100 miliarder terbaik. Walaupun jumlah tersebut sangat kecil, namun keterampilannya sangat bermanfaat untuk dunia bisnis. Sebanyak 5 dari 100 miliarder terbaik mengambil jurusan ini, dengan Robert Kuok diantaranya.

3. Matematika

Complete University Guide (CUG) menobatkan Universitas Cambridge menjadi kampus terbaik untuk mereka yang ingin mempelajari matematika. Oxford menempati posisi kedua. Bukan suatu hal yang mengejutkan bila miliarder bisa melakukan perhitungan statistik.

Oleh karena itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan tersebut. Salah satu dari 5 dari 100 miliarder mengambil jurusan ini. Salah satunya adalah James Simons.

4. Ilmu Komputer

Dalam era media sosial, setiap pengusaha akan mulai memanfaatkan internet demi membangun usahanya. Ilmu komputer menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang teknologi. Sebanyak 6 dari 100 miliarder terkaya memilih Ilmu Komputer. Co-founder Google, Sergey Brin adalah miliarder yang mengambil jurusan ini.


Source: liputan6.com
7 Atlet Terkaya Sepanjang Masa

Liputan6.com, Jakarta - Atlet dikenal tidak hanya karena  memiliki tubuh yang bugar dan stamina yang baik. Mereka juga memiliki kemampuan yang mumpuni untuk dapat berprestasi di bidangnya.

Industri olahraga yang berkembang pesat membuat banyak atlet mampu meraup kekayaan yang cukup besar. Tidak heran apabila sebagian dari mereka pun sukses didapuk sebagai atlet terkaya sepanjang masa. Melansir laman Huffingtonpost.com, Sabtu (9/4/2016) berikut ulasannya:

7. Aryton Senna

Kekayaan: Rp 5,26 triliun

Aryton Senna merupakan seorang pembalap asal Brazil. Selama menjalani kiprahnya, ia juga berhasil menjadi salah satu pembalap yang diperhitungkan di ajang Formula One.

Ia mampu memenangkan tiga kejuaraan dunia dan memiliki kekayaan mencapai US$ 400 juta atau Rp 5,26 triliun (Kurs 1 Rupiah = Rp 13.157).

6. Eddie Jordan

Kekayaan: Rp 6,25 triliun

Eddie Jordan merupakan seorang pembalap, pengusaha, dan dokter gigi asal Republik Irlandia. Ia dikenal sebagai bos tim Jordan F1 dari tahun 1991 hingga akhir 2004.


Source: liputan6.com
4 Presiden Amerika Termiskin Sepanjang Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Profesi presiden biasanya diidentikkan sebagai pekerjaan prestisius dengan gaji selangit. Belum lagi pengawalan ketat dan barikade penjagaan yang sering mengikuti setiap kali mereka bepergian. Hal tersebut pasti membuat orang berdecak kagum dan memiliki cita-cita sebagai seorang presiden.

Namun ternyata, tidak semua presiden bisa menikmati fasilitas mewah seperti yang sering Anda lihat sekarang. Beberapa presiden Amerika Serikat bahkan ada yang hanya memiliki kekayaan dalam jumlah sedikit. Siapa saja mereka?

Melansir voiceofamerica, Sabtu (9/4/2016) berikut daftarnya:

1. William McKinley (1897-1901)
Presiden Amerika Serikat ke-25
Total kekayaan: US$ 1 juta dolar setara Rp 13 miliar (kurs Rp 13.000 per dolar)

William McKinley memulai karir politiknya sebagai calon Presiden dari Partai Republik dalam pemilihan tahun 1896. Ia berhasil memenangkan lebih dari setengah suara yang pendukungnya

Dibawah komando Presiden McKinley, pemerintah Amerika Serikat sibuk dengan kegiatan-kegiatan di bidang politik luar negeri.

2. Harry S Truman (1945-1963)
Presiden Amerika Serikat ke-33
Total Kekayaan: kurang dari US$ 1 juta dolar setara kurang dari Rp 13 miliar

Pada 1944, Harry Truman menjadi wakil presiden di bawah Presiden Franklin Roosevelt. Ketika Presiden Roosevelt meninggal dunia pada 12 April 1945, Harry S. Truman diangkat menjadi presiden.

Sebagai Presiden, Harry Truman mengambil beberapa keputusan yang paling berarti dalam sejarah. Salah satu keputusan terbesarnya adalah ketika ia memerintahkan pasukan Amerika Serikat untuk menjatuhkan bom atom di dua kota Jepang, Hiroshima dan Nagasaki.


Source: liputan6.com
3 Wanita Pengusaha Paling Berpengaruh di Asia

Liputan6.com, Jakarta - Wanita pebisnis Indonesia diakui di dunia internasional. Buktinya, beberapa nama wanita pebisnis asal Tanah Air mendapatkan predikat sebagai wanita pebisnis paling berpengaruh di Asia.

Majalah Forbes merilis sejumlah nama wanita pebisnis yang di Asia peran mereka cukup berpengaruh. Yang membanggakan ada beberapa nama dari Indonesia. Meski tak banyak, itu cukup membuktikan bahwa wanita pengusaha Indonesia pun bisa sukses dan tak bisa dipandang sebelah mata.

Dari 50 orang wanita pebisnis paling berpengaruh tersebut, ada tiga nama yang berasal dari Indonesia. berikut nama mereka seperti dilansir dari Forbes, Sabtu (9/4/2016).

1. Shinta Widjaja Kamdani - CEO Sintesa Group

Wanita berumur 49 tahun ini lahir dari keluarga pengusaha. Shinta belajar berbisnis dari sang Ayah Johnny Widjaja dan kakeknya Oey Kim Tjiang. Sintesa adalah perusahaan yang dimulai dari bisnis perkebunan karet yang dinamai Tigaraksa di 1919 dan sekarang menjadi distributor terbesar dari produk konsumsi.

Melalui Sintesa, Shinta mengendalikan 17 perusahaan yang bergerak di bermacam-macam industri, mulai dari properti, manufaktur energi, dan produk konsumsi.


2. Parwati Surjaudaja - Presdir dan CEO Bank OCBC NISP

Parwati Surjaudaja (Foto: Forbes)

Parwati adalah satu dari sedikit bankir sukses di Indonesia. Wanita ini telah mengepalai bank NISP sejak Desember 2008 setelah bergabung di 1990 sebagai direktur. Bank tersebut didirikan pada 75 tahun lalu di Bandung dan dimiliki oleh kakeknya.

Ayahnya, Karmaka, mengubah bank ini menjadi salah satu bank terbesar dan sekarang berada di peringkat 12 dengan aset mencapai US$ 9,2 miliar.


3. Wendy Sui Cheng Yap - Co-founder, President Director & CEO Nippon Indosari

Wendy Sui Cheng Yap  (Foto: Forbes)

Wendy adalah CEO dari produsen roti Nippon Indosari atau yang lebih terkenal dengan merek Sari Roti. pada Februari lalu, perusahaannya melakukan kerja sama joint venture untuk membuka pabrik di Filipina. Nippon akan berinvestasi sekitar US$ 6,8 juta dan menjadi pemegang saham terbesar di kerja sama tersebut.

Perusahaannya terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan memiliki pendapatan US$ 121,9 juta pada sembilan bulan pertama di 2015. Yap adalah anak dari Piet Yap, mantan eksekutif Salim Group.

Nippon Indosari listed on the Indonesia Stock Exchange in 2010 and had revenue of $121.9 million in the first 9 months of 2015, up 15% on year. Yap is the daughter of former Salim Group executive Piet Yap. She also oversees family assets in natural resources, real estate and food.


Source: liputan6.com
Trik Pahami Polis Asuransi dalam 30 Menit

Liputan6.com, Jakarta - Tantangan terberat saat membeli asuransi rupanya bukan konsistensi dalam membayar premi, melainkan membaca dan memahami polis.

Kalimat panjang hingga berlembar-lembar yang ditulis dalam huruf-huruf kecil membuat banyak orang malas meluangkan waktu untuk membacanya.

Padahal, tidak membaca dan memahami polis merupakan blunder paling fatal bagi orang yang ingin dilindungi asuransi. Apesnya, Anda bisa salah paham dan tidak mendapatkan keuntungan yang selama ini Anda anggap ada.

Baca Juga

  • Boleh Ditiru, Inilah Kebiasaan Hemat Para Tokoh Dunia
  • 7 Kalimat “Sakti” Saat Teman Mau Pinjam Uang Tapi Tidak Dikembalikan
  • Trik Pakai Kartu Kredit Tapi Bebas Utang

Source: liputan6.com
Kementerian PUPR Butuh Dana Rp 16 Triliun Buat Bebaskan Lahan Tol

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengajukan dana talangan untuk pembebasan lahan semua proyek jalan tol kepada Kementerian Keuangan. Pihaknya meminta dana sebesar Rp 16 triliun tahun ini dari total kebutuhan anggaran pembebasan lahan Rp 61 triliun sampai 2018.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkapkan, pengajuan dana talangan tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2016 terkait Proyek Percepatan Strategis. Dalam aturan tersebut, pembebasan lahan untuk proyek strategis oleh pemerintah pusat bisa ditalangi Badan Usaha.

"Untuk menalangi perlu dibikin Badan Layanan Umum (BLU) oleh Menteri Keuangan (Menkeu) sebagai land banking. Jadi nanti pembebasan atau pembelian lahan dilakukan oleh BLU tersebut," ujarnya di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (7/4/2016) malam.

Baca Juga

  • Lembaga Ini Bisa Beri Dana Buat Bangun Tol Trans Jawa
  • Sempat Alami Hambatan, 27 Proyek Investasi Kembali Dilanjutkan
  • Pajak Jalan Tol 10% Bakal Berlaku Tahun Ini

Source: liputan6.com
Kontrak Habis, 20 Ribu Pekerja Blok Banyu Urip Bisa Menganggur

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina EP Cepu (PEPC) mengungkapkan, sekitar 20 ribu orang akan kehilangan pekerjaan setelah pengembangan Lapangan Banyu Urip selesai. Mereka menganggur karena kontrak pekerja sesuai dengan tenggang waktu pengembangan Lapangan Banyu Biru.

Direktur Utama ‎PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Adriansyah‎ menuturkan, hilangnya pekerjaan tidak secara drastis terjadi pada 20 ribu pekerja.

‎"Jadi sebenarnya 20 ribu itu bukan mendadak kehilangan pekerjaannya, Banyu Urip ini sekarang pekerjaan pelan-pelan berkurang, memang saat peak 20 ribuan dan sebagian memang tenaga kerja lokal. Dengan pekerjaan Banyu Urip yang hampir selesai kalau kita bilang kehilangan nggak sih memang kontraknya sampai pekerjaan itu selesai," kata dia, Jakarta, Jumat (8/4/2016).

Baca Juga

  • Produksi Minyak Lapangan Banyu Urip Capai Target
  • Produksi Lapangan Banyu Urip Blok Cepu Meningkat 130 Ribu BPH
  • Lapangan Banyu Urip Jadi Andalan Produksi Minyak Nasional

Source: liputan6.com
BERANI BEDA: Nasihat Ayah Bikin Gadis Ini Sukses Berbisnis Sepatu

Liputan6.com, Jakarta - Awalnya, Nabila Samhana Bawazier membuat sepatu hanya untuk dipakai sendiri. Siapa sangka, sang Ayah kemudian memberi ide untuk menjadikan kebutuhan itu sebagai peluang bisnis. Perkataan sang Ayah pun membawanya sukses menggeluti bisnis fashion sepatu wanita.

Dengan modal Rp 30 juta, Abil panggilan akrab gadis muda ini, memberanikan diri  menjual produk sepatu yang diberi merek NSBWZ. Singkatan dari Nice Shoes Be Wonder Zhoe.

Anak muda asal Bogor ini awalnya hanya mengenalkan bisnisnya melalui media sosial seperti Instagram. 

Kini, dia bisa mengecap untung dengan bisnis yang kian berkembang sangat baik. Dia mampu mengantongi pendapatan sekitar Rp 60 juta setiap bulan, dan memiliki outlet sepatu sendiri di Kota Bogor. Simak perjalanan bisnisnya di video ini.


Source: liputan6.com
Kenaikan Harga Minyak Topang Penguatan Wall Street

Liputan6.com, Jakarta Reli tajam yang terjadi pada harga minyak mentah dan energi berhasil mengangkat wall street ke zona hijau pada penutupan perdagangan bursa saham AS, Jumat waktu setempat.

Minyak mentah naik lebih dari 6 persen setelah data menunjukkan stok AS yang lebih rendah, membuat keuntungan dari 2 persen pada indeks S & P energi.

Dalam komentar terbaru dari pejabat Federal Reserve, Gubernur Fed Janet Yellen mengatakan, ekonomi AS berada di halua yang solid, sementara Presiden Fed New York William Dudley mengatakan pendekatan hati-hati dan bertahap untuk menaikkan suku bunga adalah langkah yang tepat.

 

Baca Juga

  • Harga Minyak Kembali Tekan Wall Street
  • Wall Street Melemah Dipicu Penurunan Harga Minyak
  • Lonjakan Harga Minyak Angkat Bursa AS

Source: liputan6.com
Komentar The Fed Angkat Harga Minyak

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak melonjak ke salah satu titik terkuat mereka tahun ini karena pasokan berkurang dan penguatan ekonomi global. Itu memicu investor untuk bertaruh pada rebound komoditas ini.

Harga minyak melonjak 8 persen pada pekan ini, minggu terbaik mereka dalam satu bulan, sebagian besar dari reli Jumat. Untuk minyak AS, itu adalah sesi ke-12 dalam sedikit lebih dari dua bulan bahwa harga naik sekitar 5 persen atau lebih.

Pejabat Federal Reserve Kamis malam dan Jumat pagi membuat komentar yang dianggap optimistis terhadap perekonomian AS dan suku bunga datar AS. Kedua faktor yang dapat membantu mendukung harga minyak. Dan banyak pedagang juga masih berharap bahwa eksportir global dapat menyelesaikan kesepakatan untuk membatasi output pada pertemuan puncak-taruhan tinggi dijadwalkan 17 April.

 

Baca Juga

  • Kenaikan Harga Minyak Topang Penguatan Wall Street
  • Harga Minyak Rendah, Produksi Lapangan Banyu Biru Tak Dikurangi
  • Akhirnya Lifting Minyak RI Capai Target

Source: liputan6.com
Di Indonesia Naik Taksi Udara Rp 13 Juta/Jam, Berapa Tarif di AS?

Liputan6.com, Jakarta Bisnis transportasi di Indonesia kini tengah naik daun. Hal ini pun coba dimanfaatkan oleh perusahaan penyedia jasa charter helicopter, PT Whitesky Aviation, dengan membuat model bisnis `taksi` udara.

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan, sebenarnya model bisnis ini sudah sejak lama berkembang di negara maju seperti Amerika Serikat (AS). Bahkan kini populasi helicopter di AS telah mencapai 12 ribu unit.

"Di AS, populasi helicopter sudah 12 ribu. Dari situ kelihatan berapa untuk layanan charter inter city," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Sabtu (8/4/2016).

 

Baca Juga

  • Pesan Taksi Udara Bisa Lewat Aplikasi di Ponsel
  • Ingin Coba Taksi Udara? Begini Caranya
  • Mau Naik Taksi Udara di Jakarta? Ini Tarifnya

Source: liputan6.com
Stok Thorium RI Ditaksir Cukup untuk Seribu Tahun

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki banyak sumber daya alam yang bisa dijadikan sumber energi, salah satunya thorium. Sumber daya alam ini merupakan bahan baku untuk pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) hijau.

Chief Representative Martingale Inc, perusahaan AS yang berencana membangun pembangkit listrik thorium, Bob Soelaiman Effendi, mengatakan ketersediaan thorium di Indonesia sebenarnya sangat berlimpah. Namun sayangnya selama ini belum dimanfaatkan secara optimal.

"Thorium itu sumber daya alam yang jumlahnya berlimpah di Indonesia. Tapi pemanfaatannya masih sangat kecil," ujar dia di Jakarta, seperti ditulis Sabtu (9/4/2016).

 

Baca Juga

  • Perusahaan AS Ingin Bangun Pembangkit Listrik Thorium di Sumatera
  • PT Timah Akan Kembangkan Torium
  • RI Akan Bangun Pembangkit Nuklir Thorium Pertama di ASEAN

Source: liputan6.com
Ini Alasan Orang Punya Perusahaan di `Surga Pajak`

Liputan6.com, Jakarta Swiss, British Virgin Island, Cayman Island, dan Panama merupakan beberapa negara surga pajak (tax haven) di dunia. Negara-negara tersebut adalah destinasi utama bagi orang Indonesia membuat perusahaan offshore dengan beragam motif.

Pengamat Perpajakan dari Universitas Indonesia, Darussalam menegaskan belum tentu orang Indonesia yang masuk dalam bocoran data Panama Papers merupakan para penggelap pajak.

"Belum tentu karena banyak faktor yang mendorong seseorang atau korporasi menggunakan offshore companies untuk kepentingan keuangannya," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (7/4/2016).

 

Baca Juga

  • Menakar Keabsahan Data Panama Papers
  • OPINI: Panama Papers, Salahkah WNI Taruh Uang di Luar Negeri?
  • Ada Orang RI di Daftar Panama Papers yang Belum Lapor Pajak

Source: liputan6.com
Cara PLN Cukupi Pasokan Listrik Kota Palu

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) Area Palu melakukan percepatan pemulihan pasokan listrik di kota Palu dan sekitarnya. Salah satu caranya yaitu dengan memastikan proses penambahan suplai listrik dari beroperasinya unit 3 dan unit 4 PLTU Mpanau.

General Manager PLN Suluttenggo, Baringin Nababan mengatakan, ‎dalam kondisi normal, pasokan listrik yang dibutuhkan oleh pelanggan PLN di area ini dapat dipenuhi dari beberapa Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD) tersebar baik yang dimiliki dan dioperasikan oleh PLN maupun sewa. Suplai listrik juga didapatkan dari Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mpanau serta suplai listrik dari Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA) Sulewana di Poso.

‎"Saat ini beban puncak sistem kelistrikan Kota Palu mencapai sekitar 70 MW pada siang hari dan 80 MW pada malam hari," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (9/4/2016).

 

Baca Juga

  • Setelah 25 Tahun Beroperasi, PLN Akan Kelola PLTU Batang
  • Menanti Penyelesaian Proyek PLTU Terbesar di ASEAN
  • Tergerus Proyek PLTU Batang, Petani Bakal Dapat Lahan Pengganti

Source: liputan6.com
Ini Dampaknya Bila Uang WNI di Luar Negeri Kembali ke RI

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berupaya menarik kembali uang WNI yang selama ini disimpan di negara lain. Salah satunya melalui kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty).

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation (CITA) Yustinus Prastowo menyatakan pemerintah jangan hanya bersemangat untuk mengembalikan uang tersebut ke Indonesia. Tetapi juga harus mampunyai persiapan jika ada uang masuk dalam jumlah yang besar.

Dia mengakui, dengan adanya uang yang masuk ke Indonesia akan memberikan efek positif pada penerimaan negara. Namun hal tersebut juga akan membawa dampak negatif bagi perekonomian.

 

Baca Juga

  • KEIN: Terapkan Tax Amnesty, RI Harus Tiru Italia
  • Ada Orang RI di Daftar Panama Papers yang Belum Lapor Pajak
  • Tax Amnesty Jadi Cara Ampuh Tarik Uang Orang RI di Luar Negeri

Source: liputan6.com
Menperin: Jangan Tanggung-tanggung Bisnis Otomotif di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perindustrian Saleh Husin optimistis Indonesia mampu menjadi basis produksi industri otomotif dunia. Bukan hanya sebagai negara tujuan pemasaran, produksi mobil dan sepeda motor nasional juga diyakini akan mampu unjuk gigi di pasar ekspor.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Saleh mengatakan, produsen otomotif jangan hanya berinvestasi pada pabrik perakitan. Perusahaan-perusahaan otomotif tersebut harus membangun pabrik mesin dan komponennya di Indonesia.

"Kita terus terang bilang jangan tanggung-tanggung berbisnis otomotif di Indonesia. Pemerintah sudah serius, jangan sampai momentum baik ini dilewati mereka dan justru diambil kompetitor," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (9/4/2016).

 

Baca Juga

  • Sebagai Trigger, Pameran Ujung Tombak Industri Otomotif
  • Intip Kebijakan Industri Otomotif Negara Tetangga
  • Taiwan Siap Bangun Pabrik Komponen Otomotif di Cikarang

Source: liputan6.com
Pemerintah Diminta Revisi Target Penerimaan Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation (CITA) Yustinus Prastowo menyatakan pemerintah harus melakukan revisi terhadap target penerimaan pajak 2016. Revisi tersebut bisa dimasukan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) pada Mei mendatang.

Dia mengungkapkan, revisi ini harus dilakukan mengingat rendahnya realisasi penerimaan pajak di kuartal I tahun ini. Melihat hal tersebut, Pras pesimistis jika target Rp 1.360 triliun bisa tercapai pada akhir tahun.

"Sampai akhir Maret itu baru 14 persen. (Pemerintah) empot-empotan. Harusnya 25 persen. Padahal (wajib pajak) sudah melaporkan SPT. Trennya sudah Maret seperti nggak nendang juga," ujar dia di Jakarta, Sabtu (9/4/2016).

 

Baca Juga

  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak Bakal Dongkrak Daya Beli
  • Ini Alasan Orang Punya Perusahaan di `Surga Pajak`
  • DJP Periksa Pajak Google hingga Twitter, Ini Kata Mendag

Source: liputan6.com
Komentar Pengusaha Soal Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyambut baik kebijakan pemerintah yang akan menaikkan batas Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP). Kebijakan ini dinilai akan mendongkrat daya beli masyarakat, terutama para pekerja. Tapi di sisi lain kebijakan ini dinilai membebani pengusaha.

"PTKP itu bagus, di satu sisi akan meningkatkan daya beli masyarakat, khususnya dari kalangan pekerja. Ini tentu kita harapkan ada pengaruhnya di situ," ujar Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani di Jakarta, Sabtu (9/4/2016).

Namun, kenaikan batas bawah PTKP ini juga dinilai akan memberikan beban tambahan bagi pengusaha. Pasalnya, selama ini iuran program Jaminan Kesehatan yang harus dibayar perusahaan untuk para pekerjanya mengacu pada besaran PTKP.

 

Baca Juga

  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak Bakal Dongkrak Daya Beli
  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak, Menkeu Cari Akal Tambal APBN
  • Menkeu: Besaran Gaji Bebas Pajak RI Sudah Tinggi di ASEAN

Source: liputan6.com
2 Investor Positif Tanam Modal di KEK Palu

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola bersama Sekretaris Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Enoh Suharto Pranoto dan Wakil Ketua Tim Pelaksana Dewan Nasional KEK Budi Santoso melakukan diskusi pematangan pembahasan KEK Palu. Hingga kini, sudah ada dua investor yang berminat menanamkan modalnua di KEK tersebut.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola mengatakan Berbagai persiapan dan antisipasi permasalahan mendesak untuk segera dituntaskan.

“Kami terus mematangkan pembahasan KEK Palu menuju tenggat waktu Mei 2017 mendatang,” ujar Longki diskusi bersama Tim Dewan Nasional KEK, dalam keterangannya, Sabtu (9/4/2016).

 

Baca Juga

  • Gubernur Sulteng Ajak Swasta Tanam Duit di KEK Palu
  • Pertamina Siap Pasok Energi Bersih ke KEK Palu
  • BKPM Usul Izin Kawasan Ekonomi Khusus Berkonsep Satu Pintu

Source: liputan6.com
Berniat Mengemis, Gelandangan Ini Malah Diberi Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kafe di Minneapolis, Amerika Serikat berhasil membuat banyak orang berdecak kagum karena kebaikan pemiliknya, Ces Abi. Bagaimana tidak, Abi mempekerjakan gelandangan yang datang meminta belas kasih dan mengemis ke kafenya.

Melansir laman 9News.com, Sabtu (9/4/2015) kisahnya dimulai saat seorang gelandangan pria meminta uang pada Abi. Namun Abi tak lantas memberinya uang begitu saja.

"Kenapa Anda tak bekerja, saya tak pernah menerima apapun secara gratis, selalu ada yang harus dibayar," ucap Abi pada sang pengemis.

Pria tersebut menjelaskan bahwa dirinya juga sangat ingin bekerja, tapi tak pernah berhasil mendapatkan satu pun pekerjaan. Itu karena dulu dirinya pernah terbelit kasus kriminal.

"Jadi beginilah saya, berakhir di jalanan dan mendapatkan uang dengan meminta atau mencuri jika sudah sangat terpaksa," tutur sang gelandangan pada Abi.

Penjelasan sang gelandangan lantas membuat Abi berpikir sejenak. Tak lama, Abi justru memperbolehkan pria tersebut bekerja di kafenya. Sang gelandangan terbelalak dan tertawa bahagia.

"Saya akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan makanan," katanya.

Kini pria tersebut telah dua bulan bekerja di kafe milik Abi. Dia mencuci piring, membuang sampah, mengantarkan makanan, dan berbagai hal yang bisa dilakukannya sendiri. Dia juga menyesuaikan gaya hidupnya dengan sangat baik sesuai dengan gaji miliknya.

Abi bercerita, gelandangan yang dulu hanya tahu mengemis itu bahkan membeli makanan dari restoran miliknya. Abi tak minta bayaran, tapi sang gelandangan memaksa untuk membelinya karena itu akan membuatnya merasa berguna.

"Berbuatlah baik hari ini, dan jangan menilai oranglain dari luar hanya karena mereka meminta-minta uang. Kita tak pernah tahu apa yang membuatnya menjadi pengemis," ungkap Abi.

Kisahnya itu juga dituliskan di akun Facebook pribadinya dan langsung menjadi viral di dunia maya.


Source: liputan6.com
Ini Kriteria PNS yang Bakal Diberhentikan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi menegaskan pemerintah akan merasionalisasi para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak kompeten. Pemerintah ingin agar Aparatur Sipil Negara (ASN) berasal dari sarjana. Namun bukan berarti ASN atau PNS non sarjana atau lulusan SMA akan terkena rasionalisasi.

Hal tersebut diungkapkan Yuddy dalam acara Forum Komunikasi Pendayagunaan Aparatur Negara (Forkonpanda) di Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat seperti dikutip dari keterangan resminya. Dalam acara tersebut hadir seluruh Deputi Kementerian PANRB, Sekda Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar, Sekda Kota Bukittinggi Yuen Karnova, dan seluruh jajaran SKP Provinsi Sumatera Barat.

“Untuk mengerjakan tugas pemerintah bukan SDM yang banyak tetapi orang yang handal," kata Yuddy Chrisnandi.

Meski begitu, lanjut Yuddy, pemerintah tidak akan memberhentikan ASN yang bukan lulusan sarjana. PNS yang akan dirasionalisasi atau dipensiundinikan merupakan pegawai yang tidak kompeten, tidak berkinerja, tidak produktif dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Yuddy mengatakan, realisasi untuk kebijakan ini akan dilakukan pada tahun 2017 dan sedang disiapkan formulasinya. "Jumlah PNS idealnya 1,5 persen dari jumlah penduduk. Jadi kira-kira hanya 3,5 juta PNS yang bekerja tetapi yang kompeten," ujar Guru Besar FISIP Universitas Nasional Jakarta (Unas) ini.

Menurutnya, rasionalisasi pegawai ini untuk membangun good and clean governance. Tanpa itu, akan sulit bererkompetisi dengan negara-negara lain karena kualitas tata kelola pemerintahan yang buruk.

"Dengan situasi dan sistem yang buruk tidak mungkin negara kita menjadi daya tarik bagi para pelaku ekonomi bisnis, baik dalam maupun luar negeri," kata Yuddy.

 


Source: liputan6.com