Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Senin, 11 April 2016
3 Kalimat Ini Jadi Kunci Orang Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Kekuatan keyakinan jangan diremehkan. Kalimat diulang seperti saya pikir saya bisa dapat berpengaruh bagi kehidupan. Pikiran dapat mempengaruhi dari pada yang Anda sadari.

Sejumlah orang sukses pun melakukan hal tersebut. Mereka berbicara kepada dirinya untuk tetap positif, sehingga dapat menimbulkan rasa percaya diri dan berhasil.

Berikut tiga kalimat yang diungkapkan oleh orang sukses seperti dikutip dari Inc.com, Senin(10/4/2016):

1. Saya berharap dan pantas untuk menang

Salah satu masalah banyak orang adalah memiliki harapan rendah. Mereka tidak mengharapkan yang terbaik, dan tak sungguh-sungguh berharap untuk berhasil.

Mungkin Anda telah menetapkan tujuan yang tinggi tetapi harapannya hanya setengah saja. Karena itu, Anda tidak hanya harus berharap untuk menang tetapi juga perlu merasakan kalau layak mendapatkannya.

Baca Juga

  • Ingin Jadi Miliarder, Ubah Sikap Sok Tahu Anda
  • Ini Kebiasaan Hemat Orang Sukses
  • Tengok yang Dilakukan 7 Orang Sukses Ini Saat Berumur 25 Tahun

Source: liputan6.com
Lakukan 7 Hal Ini Agar Terhindar dari Keuangan Buruk

Liputan6.com, Jakarta - Mulai siapkan tujuh hal yang bisa menghindarkan keuangan pribadi dari masa paceklik. Ketika musim paceklik datang melanda, tentu memiliki uang yang banyak saja tentu tidak cukup jika diikuti dengan pengelolaan keuangan yang salah, sehingga risiko kekurangan uang tidak akan terelakkan.

Ditambah lagi dengan penghasilan yang sangat pas pasan, itu membuat keuangan kita semakin berbahaya.

Karena itu pada saat situasi seperti itu semua orang harus pandai pandai mengatur keuangan. Lebih berhati-hati untuk mengeluarkan uang. Untuk itu harus memperhatikan pengeluaran, apakah pengeluaran sudah sesuai kebutuhan atau belum.

Baca Juga

  • 4 Tips Memilih Asuransi Murah dan Aman
  • 5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Bayar Tagihan Kartu Kredit
  • Cara Aman Cicil Emas di Pegadaian

Source: liputan6.com
Kuasai 5 Bahasa Asing Ini Beri Keuntungan

Liputan6.com, Jakarta - Belajar bahasa asing ternyata tidak hanya berguna untuk meningkatkan kemampuan berbahasa tetapi juga dapat membantu Anda menghasilkan banyak uang.

Seperti ungkapan yang dikatakan salah satu miliarder Warren Buffet, semakin Anda banyak belajar maka semakin banyak yang didapatkan. Hal ini juga berlaku saat mempelajari bahasa baru.

Ini menunjukkan kalau belajar bahasa merupakan salah satu investasi baik bagi perseroan. Belajar bahasa merupakan investasi bagi seseorang dengan usia berapa pun.

Baca Juga

  • 9 Keterampilan Baru ini Dapat Dipelajari Hanya Dalam 6 Bulan
  • Kebiasaan Mabuk Mempengaruhi Bahasa Negara Ini?
  • Aplikasi Belajar `Bahasa Indonesia` Terpopuler di Australia

Source: liputan6.com
Top 3: Presiden AS Termiskin Sepanjang Masa

Liputan6.com, Jakarta Profesi presiden biasanya diidentikkan sebagai pekerjaan prestisius dengan gaji selangit. Belum lagi pengawalan ketat dan barikade penjagaan yang sering mengikuti setiap kali mereka bepergian. Hal tersebut pasti membuat orang berdecak kagum dan memiliki cita-cita sebagai seorang presiden.

Namun ternyata, tidak semua presiden bisa menikmati fasilitas mewah seperti yang sering Anda lihat sekarang. Beberapa presiden Amerika Serikat bahkan ada yang hanya memiliki kekayaan dalam jumlah sedikit. Siapa saja mereka?

Demikian petikan artikel paling banyak dibaca di kanall Bisnis Liputan6.com pada Senin (11/4/2016). Selain itu ada beberapa artikel lain yang mencuri perhatian. Berikut daftarnya seperti dirangkum dalam T0p 3:

1. 4 Presiden Amerika Termiskin Sepanjang Sejarah

Profesi presiden biasanya diidentikkan sebagai pekerjaan prestisius dengan gaji selangit. Belum lagi pengawalan ketat dan barikade penjagaan yang sering mengikuti setiap kali mereka bepergian. Hal tersebut pasti membuat orang berdecak kagum dan memiliki cita-cita sebagai seorang presiden.

Namun ternyata, tidak semua presiden bisa menikmati fasilitas mewah seperti yang sering Anda lihat sekarang. Beberapa presiden Amerika Serikat bahkan ada yang hanya memiliki kekayaan dalam jumlah sedikit. Siapa saja mereka?

Berita selengkapnya baca di sini

2. Ini Kriteria PNS yang Bakal Diberhentikan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi menegaskan pemerintah akan merasionalisasi para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak kompeten. Pemerintah ingin agar Aparatur Sipil Negara (ASN) berasal dari sarjana. Namun bukan berarti ASN atau PNS non sarjana atau lulusan SMA akan terkena rasionalisasi.

Hal tersebut diungkapkan Yuddy dalam acara Forum Komunikasi Pendayagunaan Aparatur Negara (Forkonpanda) di Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat seperti dikutip dari keterangan resminya. Dalam acara tersebut hadir seluruh Deputi Kementerian PANRB, Sekda Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar, Sekda Kota Bukittinggi Yuen Karnova, dan seluruh jajaran SKP Provinsi Sumatera Barat.

“Untuk mengerjakan tugas pemerintah bukan SDM yang banyak tetapi orang yang handal," kata Yuddy Chrisnandi.

Berita selengkapnya baca di sini

3. 10 Negara dengan Aliran Uang Gelap, RI Urutan Berapa?

Indonesia tercatat dalam 10 besar negara yang memiliki aliran uang gelap (illicit financial flows/IFF) dengan nilai lebih dari Rp 2.400 triliun dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Koordinator Publish What You Pay Indonesia (PWYP), Maryati Abdullah mengutip dari data Global Financial Integrity (GFI) 2015, melaporkan Indonesia berada pada peringkat 7 besar dunia sebagai negara yang memiliki aliran uang gelap tertinggi ke negara tax havens atau negara surga pajak.

Berita selengkapnya bada di sini


Source: liputan6.com
Pertamina Cari 367 Karyawan Baru, Berminat?

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) membuka kesempatan lulusan baru perguruan tinggi (fresh graduate) untuk bergabung miniti karir di perusahaan energi pelat merah tersebut.

‎Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan meski kondisi harga minyak dunia sedang lesu, Pertamina membuka kesempatan kepada putra dan putri terbaik Indonesia untuk bergabung menjadi energi baru bagi Pertamina melalui program Fresh Graduate PT Pertamina (Persero) tahun 2016. BUMN ini akan merekrut 367 pekerja baru.

"Dari jumlah lowongan kerja tersebut, 233 orang adalah fresh gradute S1 dan 134 orang adalah fresh graduate D3," kata Wianda, di Jakarta, Senin (11/4/2016).

 

Baca Juga

  • Mampu Berhemat US$ 600 Juta, Pertamina Tak PHK Pegawai
  • Ingin Bekerja? Cek Saja Lowongan Kerja di Pertamina Ini
  • Pertamina Luncurkan Bright Gas di Surabaya

Source: liputan6.com
Bank Mandiri Salurkan KUR Rp 3,66 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk terus merealisasikan komitmen dalam membangun ekonomi kerakyatan melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pada periode Januari–Maret 2016, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp 3,66 triliun kepada 78.678 debitur baru atau sekitar 28 persen dari target penyaluran tahun ini.

Dari nilai tersebut, KUR sebesar Rp 2,75 triliun diteruskan ke sektor ritel, sedangkan KUR Rp 908 miliar disalurkan kepada sektor mikro. Adapun target penyaluran KUR pada tahun ini adalah Rp 13 triliun dimana Rp 6,5 triliun untuk KUR Ritel, Rp 6 triliun untuk KUR Mikro serta Rp 500 miliar diberikan untuk KUR Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Baca Juga

  • BUMN Ini Ditunjuk Jadi Penyalur Tunggal KUR Orientasi Ekspor
  • Pemerintah Siapkan Program KUR Orientasi Ekspor
  • BNP2TKI Minta Bank Permudah TKI Dapat KUR

Source: liputan6.com
Bursa Asia Melemah Jelang Pengumuman Data Inflasi Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Membuka perdagangan pekan ini, bursa saham Asia jatuh, menjelang pengumuman data inflasi dan harga produk Tiongkok. Indeks saham Jepang tergelincir di tengah anjloknya pesanan mesin.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,4 persen menjadi 125,83 pada 09:08 waktu Tokyo. Saham global jatuh minggu lalu di tengah kekhawatiran atas potensi usaha stimulus bank sentral dan aksi jual di saham Jepang. Fokus sekarang beralih ke data hari Senin dari laba China dan kuartal pertama di AS.

"Tampaknya bagi kita bahwa reli mencolok di aset berisiko yang terlihat dalam beberapa pekan terakhir goyah," kata Stewart Richardson, kepala investasi di RMG Wealth Management LLP di London dilansir dari Bloomberg, Senin (11/4/2016).

 

Baca Juga

  • Saham Bank Tertekan, Bursa Asia Melemah
  • Bursa Asia Menguat Dipicu Lonjakan Harga Minyak
  • Ikuti Bursa Asia, IHSG Menguat Tipis

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Masih Dijual Rp 569 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Membuka perdagangan pekan ini, harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) masih dibanderol Rp 569 ribu per gram pada perdagangan Senin (11/4/2016) ini.

Sementara harga pembelian kembali (buyback) emas Antam naik Rp 1.000 menjadi Rp 521 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 521 ribu per gram.

Pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kilogram (kg) akan dilakukan maksimal dua hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi.

 

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Naik Rp 5.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Hanya Turun Rp 2.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Lebih Mahal Rp 7.000 per Gram

Source: liputan6.com
Pagi Ini, Jokowi Kumpulkan Menteri di Brebes

Liputan6.com, Brebes - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan mengunjungi Brebes, Jawa Tengah, pada Senin (11/4/2016) untuk menghadiri acara Peluncuran Program Sinergi Aksi Untuk Ekonomi Rakyat. Dijadwalkan‎, Jokowi akan tiba menggunakan helikopter Super Puma yang diberangkatkan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada pukul 11.00 WIB.

Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Arief Hartawan menjelaskan, dipilihnya Brebes sebagai lokasi peluncuran ini, karena Brebes merupakan kota yang menjadi basis bawang merah di Indonesia.

Sinergi ekonomi rakyat yang akan diluncurkan ini akan dimulai dari Usaha Kecil Menengah (UKM) di masyarakat Brebes yang dimaksudkan untuk menciptakan ketahanan pangan terutama di bawang merah.

Baca Juga

  • Bawang Filipina & Malaysia Takut Lawan Bawang Brebes
  • 340 Ribu Petugas BPS Siap Sukseskan Sensus Ekonomi 2016
  • Menko Darmin: Hapus Ego Sektoral untuk Bantu Rakyat

Source: liputan6.com
Negara G20 Berkomitmen Buka Data Pajak Mulai Akhir 2017

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dan seluruh negara anggota G20 berkomitmen mengakhiri rezim kerahasiaan bank untuk perpajakan yang dimulai pada akhir 2017. Negara surga pajak (tax haven) dipaksa ikut berperan dalam era keterbukaan informasi atau automatic exchange of information (AEoI).

Pengamat Perpajakan dari Universitas Indonesia, Ruston Tambunan mengungkapkan, negara anggota G20 termasuk Indonesia mendesak 34 negara yang tergabung dalam Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) supaya memaksa negara suaka pajak kooperatif untuk melakukan pertukaran informasi pajak.

"Pada akhirnya nanti semua negara termasuk negara surga pajak akan terbuka. Sebab nanti dikucilkan jika tidak melakukannya. Mereka bisa di bawah tekanan, orang-orang akan berpikir ulang menjalin hubungan dengan negara yang tidak kooperatif dalam pertukaran informasi," terangnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Senin (11/4/2016).

 

Baca Juga

  • Ini Alasan Orang Punya Perusahaan di `Surga Pajak`
  • Menakar Keabsahan Data Panama Papers
  • OPINI: Mengapa Orang Kaya AS Tak Masuk Daftar Panama Papers?

Source: liputan6.com
Ikuti Bursa Asia, IHSG Melemah ke 4.840,93

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih melanjutkan tekanan pada perdagangan saham di awap pekan ini. Bursa saham Asia memberikan dampak negatif ke IHSG.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, IHSG turun 13,34 poin atau 0,28 persen ke level 4.833,35. Tekanan terhadap IHSG tetap berlanjut pada pukul 09.00 WIB. IHSG susut 4,97 poin atau 0,11 persen ke level 4.840,93. Indeks saham LQ45 tergelincir 0,19 persen ke level 838,84. Seluruh indeks saham acuan kompak tertekan.

Ada sebanyak 39 saham merosot sehingga mendorong IHSG ke zona merah. 65 saham lainnya menguat namun tak mampu mendorong penguatan IHSG dan 56 saham diam di tempat. Pada awal pekan ini, IHSG sempat berada di level tertinggi 4.843,35 dan terendah 4.833,35.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 7.662 kali dengan volume perdagangan 180 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 189 miliar.

Investor asing melakukan aksi beli sekitar Rp 12 miliar pada awal sesi perdagangan. Sedangkan pemodal lokal melakukan aksi jual sekitar Rp 12 miliar. Dolar AS berada di posisi Rp 13.120.

Baca Juga

  • IHSG Bakal Melemah Terbatas di Awal Pekan
  • Data Ekonomi AS dan China Bayangi IHSG Sepekan
  • IHSG Susut 20 Poin Jelang Akhir Pekan

Source: liputan6.com
Tarif Taksi Turun Mulai 16 April 2016

Liputan6.com, Jakarta Tarif angkutan taksi di Jakarta mulai turun pada 16 April 2016. Penurunan tarif ini mengikuti penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Ketua Umum DPP Organisasi Angkutan Daerah (Organda) Andrianto Djokosoetono menerangkan, penurunan harga bakal ditetapkan senilai Rp 1.000. Artinya, konsumen membayar Rp 6.500 untuk buka pintu, turun dari sebelumnya Rp 7.500 dan setiap kilometernya dibebani biaya Rp 3.500.

" Tarif batas bawah buka pintu Rp 6.500, per km Rp 3.500," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (11/4/2016).

 

Baca Juga

  • Harga BBM Hari Ini Turun Rp 500 per Liter
  • Organda Pastikan Tarif Baru Angkutan Umum Berlaku Hari Ini
  • Tarif Angkutan di Jakarta Turun Mulai Hari Ini

Source: liputan6.com
Cara Bank Indonesia Ikut Pangkas Rantai Distribusi Bawang Merah

Liputan6.com, Brebes - Bank Indonesia telah memberdayakan sejumlah petani di Indonesia, salah satunya petani bawang merah di Brebes, Jawa Tengah. Pemberdayaan ini sebagai salah satu cara mencerdaskan petani mulai dari penanaman, hingga pemasaran hasil panennya.

Yunita Resmi Sari, Direktur Departemen Pengembangan UMKM Bank Indonesia dengan petani yang semakin cerdas, untuk menjalankan berbagai program yang bertujuan untuk mengurangi rantai distribusi bawang merah jadi mudah dilakukan. Mahalnya harga bawang merah‎ salah satunya karena panjangnya rantai distribusi.

"Kita cari terobosan untuk pangkas distribusi. Di Brebes kita bangun training center, jadi petani ingin ada forum tukar pikiran baik antar para petani atau pemerintah," kata Sari, Senin (11/4/2016).

‎Forum ini, dijelaskan Sari, hanya beranggotakan para petani bawang di Jawa Tengah (Jateng) dan sekitarnya. Namun mengingat pentingnya forum ini, dikatakan Sari juga dimanfaatkan para petani di luar provinsi Jateng. Tercatat ada 7 provinsi di Indonesia yang bekerjasama dengan training center ini.

Bank Indonesia yang bekerjasama dengan pemerintah memberikan pelatihan dan pembimbingan para petani yang ingin mendapatkan hasil panen yang maksimal.

‎"Di Brebes, kami bangun klaster bawang merah. Di Jateng hampir sumbang 50 persen produksi nasional dan di Brebes hampir 80 persen penyumbang produksi Jateng sendiri," tegasnya.

Selain itu, untuk mengurangi rantai distribusi, BI juga memfasilitasi petani untuk memasarkan hasil panennya di Sub Terminal Agribisnis. Di terminal ini petani akan langsung ditemukan dengan para konsumen.

Tak hanya itu, Bank Indonesia juga memfasilitasi para petani bawang aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk memantau harga‎ bawang di pasaran. Dengan begitu, akan meningkatkan kesejahteraan para petani itu sendiri. Aplikasi ini dinamakan Sistem Informasi Harga Pangan Strategi‎ (SIHATI).

"Jadi kalau para petani tahu harga di pasaran, paling tidak mereka bisa menentukan harga jual hasil panennya, tidak jual murah," papar Sari. (Yas/Zul)


Source: liputan6.com
Marzuki Daham Diangkat Jadi Kepala Badan Pengelola Migas Aceh

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said melantik Marzuki Daham sebagai Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA). Pelantikan ini untuk menunaikan amanat dari Undang-Undang.

Sudirman mengatakan, pelantikan Kepala BPMA yang dilakukan pada Senin (11/4/2016) ini merupakan langkah awal terbentuknya organisasi BPMA yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh dan juga Pasal 93 Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Bersama Sumber Daya Alam Minyak dan Gas Bumi di Aceh.

"Paraturan tersebut mengamanatkan penyelesaian penataan organisasi BPMA dalam jangka waktu paling lama satu tahun, yaitu 4 Mei 2016,"kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (11/4/2016).

"Pemilihan KepalaBPMA telah melalui proses yang cukup panjang, dari tahap seleksi yang dilakukan oleh Gubernur Aceh dan seleksi yang dilakukan oleh Panitia Seleksi KementerianESDM," tuturSudirman.

Baca Juga

  • Jokowi Izinkan Pemprov Aceh Kelola Migas Sendiri
  • Pengesahan RPP Migas Aceh Tunggu Tanda Tangan Jokowi
  • Pemerintah Perpanjang Empat Blok Migas

Source: liputan6.com
Bank Dunia: Tiongkok Jadi Penahan Pertumbuhan Ekonomi Asia Timur

Liputan6.com, Jakarta - Bank Dunia (World Bank) melaporkan data terbaru terkait pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Timur dan Pasifik . Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi di Asia Timur dan Pasifik bakal melambat di 2016 ini. Tantangan terbesar perlambatan ekonomi ini karena faktor masih lesunya ekonomi Tiongkok, termasuk negara-negara berpendapatan tinggi.

Wakil Presiden terpilih Bank Dunia untuk kawasan Asia Timur dan Pasifik, Victoria Kwakwa mengungkapkan, laju pertumbuhan di kawasan Asia Timur dan Pasifik diperkirakan akan melambat dari 6,5 persen di tahun lalu ke level 6,3 persen di ‎2016, dan terus menurun 6,2 persen pada periode 2017-2018.

"Pertumbuhan kawasan Asia Timur dan Pasifik tetap bertahan, dan hanya sedikit melambat untuk kurun 2016-2018. Tapi prediksi tersebut mencerminkan transisi Tiongkok menuju arah berkelanjutan, hanya saja melambat," terangnya di kantor Bank Dunia,Jakarta, Senin (11/4/2016).

Baca Juga

  • Ekonomi China Melambat, Penjualan Produk Mewah Merosot
  • Kini Komoditas dari Papua Bisa Langsung Diekspor ke Tiongkok
  • Ikuti Sanksi PBB, Tiongkok Hentikan Perdagangan Minyak ke Korut

Source: liputan6.com
Konsultasi Pajak: Tak Dapat Bukti Potong Bisa Lapor SPT?

Liputan6.com, Jakarta - Saya sudah bekerja mulai Januari 2014. Pada pertengahan tahun 2014 saya mengurus NPWP di KPP Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara, sesuai dengan domisili saya.

Saya bekerja dengan gaji Rp. 1,45 juta per bulan di perusahaan tersebut. Dengan pola pikir bahwa gaji masih di bawah UMR, maka saya tidak pernah melaporkan SPT.

pada saat perusahaan melapor pajak, seluruh pegawai yang memilki NPWP disertakan pada laporan pajak, tapi kami tidak pernah diberikan bukti potongan pajak.

Pada April 2015 saya mendapat surat dari KPP Pratama Lubuk Pakam, bahwa saya belum menyampaikan laporan SPT tahunan. Karena masih dengan pola pikir gaji masih di bawah UMR, surat tersebut saya abaikan.

Pada Desember 2015 terjadi PHK besar-besaran di kantor saya dan saya pun terkena dampaknya.

Pertanyaan saya, apakah saya tetap harus melaporkan SPT dengan gaji di bawah UMR? Bisakah melapor SPT, tanpa ada bukti potongan pajak dari perusahaan? sementara kantor saya yang lama sudah ditutup, dan tidak beroperasi.

Mohon pencerahannya?

Pengirim: efranciskosinxxxxx@yahoo.co.id


Jawaban:

Yth. Saudara Efran

Berdasarkan pasal 18 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 243/PMK.03/2014, Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) dikecualikan dari kewajiban menyampaikan Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan (SPT PPh) apabila selama 1 (satu) tahun pajak menerima penghasilan neto tidak melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).

Batasan PTKP yang berlaku pada tahun 2014 adalah sebagai berikut:
a. Rp 24,30 juta untuk diri Wajib Pajak orang pribadi
b. Rp 2,025 juta tambahan untuk Wajib Pajak yang kawin
c. Rp 24,30 juta tambahan untuk seorang isteri yang penghasilannya digabung dengan penghasilan suami
d. Rp 2,025 juta tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat, yang menjadi tanggungan sepenuhnya, paling banyak 3 (tiga) orang untuk setiap keluarga.

Gaji yang Saudara terima adalah sebesar Rp 1,45 juta per bulan atau sebesar Rp 17,40 juta setahun. Jumlah yang Saudara terima jelas masih lebih rendah dari batasan PTKP Rp 24,30 juta per tahun untuk WPOP dengan status tidak menikah dan tidak mempunyai tanggungan.

Berhubung jumlah penghasilan Saudara selama satu tahun pajak tidak melebihi batasan PTKP, maka Saudara tidak berkewajiban untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi untuk tahun 2014.

Terkait dengan pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi tahun 2015 Saudara perlu memastikan apakah gaji yang Saudara peroleh telah melewati batasan PTKP per tahun yang berlaku untuk tahun 2015 sebagai berikut:

a. Rp 36 juta untuk diri Wajib Pajak orang pribadi
b. Rp 3 juta tambahan untuk Wajib Pajak yang kawin
c. Rp 36 juta tambahan untuk seorang isteri yang penghasilannya digabung dengan penghasilan suami
d. Rp 3 juta tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat, yang menjadi tanggungan sepenuhnya, paling banyak 3 (tiga) orang untuk setiap keluarga.

Jika jumlah penghasilan Saudara selama satu tahun pajak tidak melebihi batasan PTKP, maka Saudara tidak berkewajiban untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi juga untuk tahun 2015. Jika penghasilan Saudara sudah melebihi batasan PTKP maka Saudara wajib menyampaikan penghasilan Saudara di SPT PPh Orang Pribadi dengan melampirkan bukti potong 1721-A1 sebagai kredit pajak PPh Pasal 21.

Demikian penjelasan kami. Semoga membantu.

Salam,
Fitrah Purnama Megawati, S.Sos
Citas Konsultan Global
Logo Citasco
www.citasco.com
Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan


Source: liputan6.com
Punya Aplikasi Baru, Pendapatan Petani Bakal Naik 11 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat di Sub Terminal Agribisnis (STA) Desa Larangan, Brebes, pada Senin (11/4/2016).

Dalam kesempatan ini beberapa program berbasis teknologi selular aplikasi khusus untuk petani diperkenalkan kepada publik oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2003 dan 2013, Indonesia telah kehilangan lima juta petani dalam kurun waktu 10 tahun menjadi fondasi peluncuran aplikasi-aplikasi karya anak bangsa ini.

Sebuah perusahaan konsulting dunia telah menyimpulkan bahwa dari studi 26 negara di luar Eropa, teknologi selular dapat meningkatkan pendapatan petani sebesar 11 persen.

Baca Juga

  • Manfaatkan Gravitasi, Petani Malang Hemat Air dengan Sprinkle
  • Martha Tilaar Ingin Petani RI Sejahtera seperti di Prancis
  • Lindungi Petani, Pemda Minta Pemerintah Batasi Impor Tembakau

Source: liputan6.com
Bangun Proyek Infrastruktur, Adhi Karya Cari Dana Rp 770 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - PT Adhi Karya (Persero) Tbk menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 1,1 triliun di 2016 ini. Belanja modal ini akan digunakan perseroan untuk mempercepat pembangunan proyek yang telah ditetapkan dalam rencana perseroan. 

Direktur Keuangan Adhi Karya Harris Gunawan menjelaskan, ada dua sumber pendanaan untuk capex tersebut. Pertama dana internal dan kedua pinjaman. Untuk dana internal perusahaan menyiapkan kurang lebih 30 persen. Sementara 70 persen atau kurang lebih Rp 770 miliar akan didapat dari fasilitas pinjaman perbankan.

"Minggu ini kami akan tandatangan fasilitas pinjaman dengan nilai Rp 500 miliar dariBRI," kataHarris dalam keterangan tertulis, Senin (11/4/2016).

Baca Juga

  • LRT Bikin Waktu Tempuh Jakarta-Bekasi Hanya 30 Menit
  • Adhi Karya Raih Kontrak Rp 1,7 Triliun Sampai Februari
  • Tanggapan Menhub Jonan Soal Permintaan Adhi Jadi Operator LRT

Source: liputan6.com
Antam Luncurkan Produk Tabungan Emas

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Aneka Tambang Tbk (Antam) meluncurkan produk jasa depositori logam mulia yakni Berencana Aman Kelola Emas (Brankas). Dengan begitu, masyarakat bisa lebih mudah menabung emas.

Direktur Pemasaran Antam Hari Widjajanto mengatakan, dengan produk jasa tersebut diharapkan masyarakat dapat membeli emas dan dapat melakukan perencanaan keuangan yang baik di masa depan.

"Brankas memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian sekaligus penyimpanan emas baik dalam jumlah kecil maupun besar dengan penarikan emas yang fleksibel. Nilai tambah ini merupakan komitmen Antam kepada pelanggan," kata dia di Balai Kartini Jakarta, Senin (11/4/2016).

 

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Masih Dijual Rp 569 Ribu per Gram
  • Pegadaian Dapat Jaminan Pasokan Emas dari Antam
  • Simpan Emas di Pegadaian dengan Cara Mudah Ini

Source: liputan6.com
Tol Pejagan-Pemalang Ditargetkan Bisa Digunakan Saat Mudik

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II sepanjang 20,2 kilometer (km) dapat beroperasi pada Mei atau lebih cepat dari rencana penyelesaian semula yaitu di Agustus 2016. langkah tersebut untuk memperlancar arus mudik pada Lebaran nanti.

"Saat ini sedang dalam proses layak fungsi, mudah-mudahan Mei sudah bisa dioperasikan sambil diselesaikan rambu-rambu dan prasarana lainnya," tutur Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna dalam keterangan tertulis, Senin (11/4/2016).

Mengenai tarif, Herry mengatakan bahwa saat ini sedang disusun surat keputusan (SK) diBPJT.

Baca Juga

  • Lima Ruas Tol Ini Siap Beroperasi pada Mudik Lebaran 2016
  • SMI Danai Pembangunan Tol Pejagan-Pemalang
  • Truk Besar Dilarang Lintasi Tol Pejagan-Cipali hingga 26 Juli

Source: liputan6.com
Pemerintah Usul Perubahan Subsidi Solar di APBN-P 2016

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, subsidi solar akan ditinjau kembali dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P)2016.

Sudirman mengatakan, harga minyak rendah perlu dimanfaatkan untuk mengurangi subsidi solar untuk meringankan beban negara.  Hal tersebut berdasarkan masukan dari berbagai diskusi dengan pengamat dan anggota DPR.

"Melalui public dialogue, beberapa pengamat maupun anggota DPR membuka kemungkinan mumpung harga minyak lagi rendah. Kita secara bertahap ingin menyelesaikan masalah subsidi, ada opsi meninjau kembali subsidi," ‎kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (11/4/2016).

Baca Juga

  • Subsidi BBM dan Elpiji Bakal Dipangkas Rp 23,8 Triliun
  • Pencabutan Subsidi Solar Bakal Bikin Nelayan Kian Miskin
  • Pemerintah Perlu Ubah Pengalihan Subsidi Solar 

Source: liputan6.com
Saham Freeport Kemahalan, Pemerintah Ajukan Keberatan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah mengajukan keberatan terkait harga 10,64 persen saham PT Freeport Indonesia yang ditawarkan sebesar US$ 1,7 miliar ‎atau setara dengan Rp 23 triliun.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot mengatakan, keberatan tersebut sudah disampaikan melalui surat tanggapan pemerintah atas harga saham yang diajukan Freeport Indonesia.

‎"Kita sudah kasih. Surat tanggapan. Bahwa keberatan harganya kemahalan. Iya lah keberatan (surat dikirim ke) Ke Freeport kemarin," kata Bambang, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (11/4/2016).

 

Baca Juga

  • Pemerintah Sudah Tentukan Harga Pembelian Saham Freeport?
  • Menko Maritim Kritisi Soal Ekspor Konsentrat Freeport
  • Curah Hujan Tinggi di Papua, Tambang Freeport Kebanjiran

Source: liputan6.com
Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak, Ini Dampaknya bagi Ekonomi RI

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan segera mengumumkan kenaikan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari 3 juta sebulan menjadi Rp 4,5 juta per bulan pada Juni 2016.

Kebijakan bebas pajak tersebut akan memberikan imbas terhadap penerimaan negara maupun makro ekonomi Indonesia.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro membeberkan, dampak kenaikan batas PTKP menjadi Rp 54 juta setahun atau Rp 4,5 juta sebulan akan berdampak pada penerimaan negara.

Secara keseluruhan, penerimaan pajak akan melayang sebesar Rp 18,92 triliun akibat kebijakan penyesuaian gaji bebas pajak tersebut.

 

Baca Juga

  • Komentar Pengusaha Soal Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak
  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak Bakal Dongkrak Daya Beli
  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak, Menkeu Cari Akal Tambal APBN

Source: liputan6.com
10 Kota dengan Angkutan Umum Paling Berbahaya, Jakarta ke Berapa?

Liputan6.com, Jakarta - Transportasi publik merupakan salah satu solusi yang dapat ditawarkan pemerintah dalam mengurai masalah kemacetan. Sayangnya, tidak semua kota di dunia memiliki sarana transportasi publik yang memadai.

Studi yang dilakukan Reuters, menemukan terdapat beberapa kota di dunia yang memiliki transportasi publik berbahaya. Sebagian besar dari transportasi publik ini terdapat di beberapa kota di negara berkembang.

Namun begitu, pemerintah di beberapa negara tersebut telah melakukan berbagai cara untuk memastikan jika permasalahan transportasi dapat ditanggulangi dengan baik.

Di New York misalnya, pemerintah Amerika Serikat telah menambah jumlah kamera keamanan CCTV. Selain New York, kota-kota lain seperti Tokyo juga melakukan tindakan pencegahan yang sama.

Baca Juga

  • Tarif Taksi Turun Mulai 16 April 2016
  • Punya Layanan Taksi Udara, Perusahaan Ini Beri Jaminan Keamanan
  • Intip Kinerja Kemenhub Benahi Industri Penerbangan RI

Source: liputan6.com
Baru 3 Bulan, Pemerintah Habiskan Rp 40 Triliun Buat Gaji PNS

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan realisasi belanja Kementerian atau Lembaga, khususnya belanja untuk membayar gaji dan tunjangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah mencapai hampir Rp 40 triliun dalam kurun waktu Januari-Maret 2016. Penyerapan tersebut naik dibanding realisasi periode yang sama tahun sebelumnya.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI DPR mengungkapkan, pos belanja pegawai di lingkungan K/L hingga 31 Maret ini mencapai Rp 38,8 triliun atau 18,6 persen dari pagu di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 sebesar Rp 208,2 triliun.

Penyerapan tersebut mengalami kenaikan dari realisasi belanja pegawai di periode yangsam 2015 yang sebesar Rp 31,8 triliun atau 17,3 persen dari target APBN Perubahan tahun lalu sebesar Rp 183,7 triliun.

Baca Juga

  • Pemerintah Anggarkan Gaji PNS Rp 347 Triliun Tahun Ini
  • Tunjangan Kinerja PNS Naik, Anggaran Negara Jebol
  • Wapres JK: Pemerintah Bakal Potong Anggaran Kementerian

Source: liputan6.com
Panama Papers Tak Pengaruhi Investasi di RI

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyatakan dokumen Panama Papers yang terkuak tidak memberikan dampak pada proses investasi asing di Indonesia.

Dia mengatakan, sejauh ini proses realisasi investasi asing yang masuk ke Indonesia, termasuk dari negara-negara surga pajak (tax heaven) masih berjalan sesuai rencana. "Tidak ada dampaknya," ujar dia di Jakarta, Senin (11/4/2016).

Franky mengungkapkan, selama ini pihaknya tidak pernah mempermasalahkan asal negara masuknya investasi asing, termasuk soal asal dana tersebut. Tugas BKPM, lanjut dia, bagaimana dapat menarik investasi baik lokal maupun asing bisa masuk sebanyak-banyaknya ke Indonesia.

"Yang menjadi tanggung jawab kita memberikan kepastian bagi investor, Indonesia menjadi tempat yang menarik bagi investasi. Karena BKPM lebih sektor riil, bangun pabrik, bangun kebun, menciptakan lapangan kerja," jelas dia.

 

Baca Juga

  • OPINI: Mengapa Orang Kaya AS Tak Masuk Daftar Panama Papers?
  • Ini Alasan Orang Punya Perusahaan di `Surga Pajak`
  • OPINI: Panama Papers, Salahkah WNI Taruh Uang di Luar Negeri?

Source: liputan6.com
Upah Minimum Tertinggi di RI Bakal Bebas Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mengumumkan kenaikan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) menjadi Rp 54 juta setahun atau Rp 4,5 juta per bulan pada Juni mendatang. Dengan kebijakan tersebut, pemerintah berharap buruh dengan upah minimum tertinggi di Indonesia bebas dari pungutan pajak.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, PTKP merupakan bagian pendapatan masyarakat yang digunakan untuk konsumsi pokok, sehingga Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten (UMK) dapat dijadikan sebagai indikator penyesuaian PTKP.

"Jadi basis penetapan PTKP adalah UMP/UMK. Kita juga menetapkan gaji Rp 4,5 juta per bulan bebas pajak supaya tidak menyesuaikan PTKP lagi setiap tahun," kata Bambang saat Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (11/4/2016).

 

Baca Juga

  • Komentar Pengusaha Soal Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak
  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak Bakal Dongkrak Daya Beli
  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak, Menkeu Cari Akal Tambal APBN

Source: liputan6.com
Ingin Nabung Emas di Antam? Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) meluncurkan produk jasa depositori logam mulia dengan nama Berencana Aman Kelola Emas (Brankas) Senin (11/4/2016).

Dengan ada produk ini diharapkan masyarakat dapat membeli emas dan melakukan perencanaan yang baik di masa depan.

Produk Brankas terdiri dari tiga kelompok, yakni Brankas Individu untuk pelanggan personal, ‎Brankas Corporate untuk korporasi yang ingin membuka akses investasi untuk karyawannya, dan Brankas Berzakat untuk pelanggan yang ingin menunaikan zakat. Lantas, bagaimana cara untuk mengakses produk ini?

Berdasarkan data yang dihimpun Liputan6.com, untuk pembukaan Brankas, pelanggan cukup menyediakan identitas berupa KTP dan NPWP. Kemudian, pelanggan melakukan registrasi di jaringan Antam yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga

  • Antam Luncurkan Produk Tabungan Emas
  • Pegadaian Dapat Jaminan Pasokan Emas dari Antam
  • Harga Emas Antam Masih Dijual Rp 569 Ribu per Gram

Source: liputan6.com
Jokowi: Orangtua Jangan Ajarkan Anak Beli Pulsa

Liputan6.com, Brebes - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Brebes, Jawa Tengah, dalam rangka peluncuran Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat pada Senin (11/4/2016) siang. Hadir dalam peluncuran tersebut para petani dan pelajar dari beberapa sekolahan di wilayah Brebes dan sekitarnya.

Dalam rangkaian acaranya, Presiden Jokowi berkenan untuk menyaksikan penyerahan simbolis beberapa tabungan pelajar oleh bank BUMN dan penyerahan sertifikat tanah dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) ke warga Brebes.

Saat memberikan arahan, Jokowi memanggil beberapa pelajar dan penerima sertifikat tanah yang sebelumnya sudah naik panggung untuk kembali naik panggung berdiri di sampingnya. "Coba, bawa tabungannya. Saya mau cek dulu berapa isinya," pinta Jokowi ke tiga pelajar yang mewakili ke depan.

"Uang tabungan ini untuk apa?" lanjutnya.

"Untuk mempersiapkan kelas 9," jawab salah satu siswa SMP.

Baca Juga

  • Kunjungi Brebes, Jokowi Luncurkan Program Pengentasan Kemiskinan
  • Pagi Ini, Jokowi Kumpulkan Menteri di Brebes
  • Tol Pejagan-Pemalang Ditargetkan Bisa Digunakan Saat Mudik

Source: liputan6.com
Rupiah Menguat Bersama Mata Uang Asia Lainnya

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah mampu menguat di awal pekan ini. Penguatan rupiah berbarengan dengan mata uang negara Asia lainnya.

Mengutip Bloomberg, Senin (11/4/2016), rupiah dibuka di angka 13.129 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan pada perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.143 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang ini, rupiah berada di kisaran 12.102 per dolar AS hingga 13.159 per dolar AS. Jika Dihitung sejak awal pekan, rupiah mampu menguat 4,75 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.134 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 13.169 per dolar AS.

Baca Juga

  • Rupiah Bakal Bawa IHSG ke Zona Hijau
  • Rupiah Sentuh 13.214 per Dolar AS, IHSG Turun Tipis
  • Jelang Akhir Pekan, Rupiah Kembali Menguat ke 13.206 per Dolar AS

Source: liputan6.com
DPR Sepakat Batas Gaji Bebas Pajak Naik Jadi Rp 4,5 Juta

Liputan6.com, Jakarta Komisi XI DPR RI menyetujui usulan pemerintah menaikkan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari semula Rp 36 juta setahun atau Rp 3 juta per bulan menjadi Rp 54 juta setahun atau Rp 4,5 juta sebulan. Itu artinya, batasan gaji bebas pajak akan diumumkan pada Juni ini dan mulai berlaku untuk tahun pajak 2016.

"Kita setujui penyesuaian PTKP yang dikonsultasikan Menteri Keuangan (Menkeu)," tegas Ketua Komisi XI DPR, Ahmadi Noor Supit saat membacakan kesimpulan Rapat Kerja dengan Pemerintah di Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/4/2016).

 

Baca Juga

  • Komentar Pengusaha Soal Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak
  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak Bakal Dongkrak Daya Beli
  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak, Menkeu Cari Akal Tambal APBN

Source: liputan6.com
Berikut Besaran Gaji Karyawan yang Bebas Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana menaikkan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari semula Rp 36 juta setahun atau Rp 3 juta sebulan menjadi Rp 54 juta setahun atau Rp 4,5 juta sebulan mulai Juni 2016. Penyesuaian gaji bebas pajak hingga 50 persen ini akan berlaku untuk tahun pajak 2016.

"Kenaikan rencana PTKP 2016 dibanding PTKP sebelumnya sebesar 50 persen. Pengumumannya dilakukan pada Juni 2016, tapi berlaku untuk tahun pajak 2016," tegas Menteri Ke‎uangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro di Gedung DPR Komisi XI, Jakarta, Senin (11/4/2016).

Bambang membeberkan, bagi pekerja lajang diusulkan pembebasan pajak untuk penghasilan Rp 54 juta setahun atau Rp 4,5 juta sebulan.

Sedangkan untuk Wajib Pajak kawin atau sudah menikah, tinggal ditambahkan PTKP Rp 4,5 juta dan Rp 4,5 juta lagi untuk tambahan setiap tanggungan atau anak.

Baca Juga

  • Komentar Pengusaha Soal Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak
  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak Bakal Dongkrak Daya Beli
  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak, Menkeu Cari Akal Tambal APBN

Source: liputan6.com
Jokowi Temukan PLTS Rusak, Kementerian ESDM Kirim Tim Verifikasi

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengevaluasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) rusak yang ditemukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Morotai, Maluku Utara.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulayana mengatakan, saat pembangunan proyek PLTS tidak semua dilakukan Kementerian ESDM, tetapi ada instansi lain yang juga membangun.‎ Karena itu Kementerian ESDM akan memastikan PLTS yang rusak tersebut.

"Repotnya yang membangun itu bukan kita saja, ada KKP (Kementerian Keluatan dan Perikanan) Kemendes PDT, ada dari pemda juga. Yang disebut rusak yang mana?‎," kata Rida, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (11/4/2016).

Rida akan mengirim petugas ke lapangan untuk melihat langsung PLTS yang rusak tersebut dan mengukur  tingkat kerusakannya.

Baca Juga

  • Sidak ke PLTS di Morotai, Jokowi Temukan Banyak Alat yang Rusak
  • PLN: PLTS Rusak yang Ditemukan Presiden Bukan Milik Kami
  • Kementerian ESDM: Krisis Listrik di Nias Jadi Tanggung Jawab PLN

Source: liputan6.com
Ini 10 Ras Anjing Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Harga sesungguhnya dari memiliki anjing ras bukan hanya ketika membeli. Tapi juga terkait dengan proses pemeliharaannya.

Kalau Anda sedang memikirkan untuk membeli anjing ras, maka penting untuk membandingkan dari semua ras anjing yang ada.

Laman GOBangkingRates, melakukan studi tentang 30 ras anjing termahal yang bisa dipelihara manusia. Faktor yang masuk dalam perhitungan tersebut adalah harga pembelian, pemeliharaan, dan potensi kesehatan yang akan dihadapi.

Berikut 10 ras anjing termahal di dunia, Senin (11/4/2016):

1. Tibetan Mastiff

Harga pembelian: US$ 3.000 per ekor
Biaya pemeliharaan: US$ 70 per visit
Umur harapan hidup: 10-12 tahun
Biaya kesehatan: US$ 3.000

2. Black Russian Terrier

Harga pembelian: US$ 2.000
Biaya pemeliharaan: US$ 105 per visit
Umur harapan hidup: 10-11 tahun
Biaya kesehatan: US$ 6.000

3. Portuguese Water Dog

Harga pembelian: US$ 2.500 per ekor
Biaya pemeliharaan: US$ 53 per visit
Umur harapan hidup: 12-15 tahun
Biaya kesehatan: US$ 2.700

4. Irish Wolfhound

Harga pembelian: US$ 1.900
Biaya pemeliharaan: US$ 65 per visit
Umur harapan hidup: 6-8 tahun
Biaya kesehatan: US$ 7.700

5. Golden Retriever

Harga pembelian: US$ 1.500 per ekor
Biaya pemeliharaan: US$ 56 per visit
Umur harapan hidup: 10-13 tahun
Biaya kesehatan: US$ 17.500


Source: liputan6.com
Di Depan Petani Brebes, Jokowi Tegur Menteri Ferry Soal Tanah

Liputan6.com, Brebes - Presiden RI Joko Widodo menegur Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursidan Baldan. Teguran ini karena banyaknya keluhan dari masyarakat mengenai lamanya proses pengurusan sertifikat tanah.

Teguran ini langsung dilakukan Jokowi di depan para petani dan masyarakat Brebes dalam acara‎ Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat‎.

"‎Masalahnya jelas, masalah sertifikat tanah. Saya beri peringatan BPN, urusan sertifikat saya tidak mau dengar lagi terlalu lama, terlalu ruwet. Kalau saya ngomong seperti ini, berarti betul apa yang terjadi di masyarakat," kata Jokowi di Brebes, Jawa Tengah, Senin (11/4/2016).

 

Baca Juga

  • Kementerian PUPR Butuh Dana Rp 16 Triliun Buat Bebaskan Lahan Tol
  • Mau Pecah Sertifikat Tanah? Ini Prosedurnya
  • Gandeng BPN, Peruri Ingin Tekan Pemalsuan Sertifikat Tanah

Source: liputan6.com
Biaya Beli Pulsa Lewat Bank Atas Permintaan Operator

Liputan6.com, Jakarta - Para pelanggan operator Telkomsel protes atas pemberlakuan biaya sebesar Rp 1.500 per transaksi atas pembelian pulsa lewat aplikasi mobile banking dan juga ATM. Pihak bank mengaku, pengenaan biaya tersebut atas permintaan dari operator. 

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiaatmadja mengatakan, sebelumnya, untuk pembelian pulsa baik melalui aplikasi maupun melalui ATM tidak dikenakan biaya. Namun pada akhir Maret kemarin BCA memberlakukan biaya sebesar Rp 1.500 per transaksi kepada nasabah yang melakukan pembelian pulsa. 

Menurut Jahja, adanya biaya tersebut merupakan permintaan dari Telkomsel dan bukan dari BCA. "Itu kebijakan dari Telkomsel bahwa bank diminta charge ke nasabah minimal Rp 1.500. Kalau kami tidak mau ikuti ini maka kerja sama dengan Telkomsel akan diputus," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Senin (11/4/2016).

Baca Juga

  • Beli Pulsa Telkomsel Lewat Bank Kini Kena Biaya
  • ATM Bank BUMN Disatukan, Biaya Administrasi Harus Lebih Murah
  • Dorong Transaksi Non-Tunai, BCA Gandeng Pengelola Tol Cipali

Source: liputan6.com
Menerawang Peruntungan Zodiak Anda di April 2016

Liputan6.com, Jakarta - Zaman yang semakin berkembang membuat banyak orang memiliki kepentingan yang semakin banyak. Berbagai urusan menjadi sangat penting untuk diketahui di setiap bulannya.

Sehingga tak jarang, berbagai ramalan berdasarkan zodiak atau shio menjadi sangat menarik untuk disimak. Tidak terkecuali ramalan horoskop tentang karier dan keuangan.

Baca Juga

  • Ramalan Karier dan Keuangan 2016 Menurut Zodiak Anda
  • 3 Shio yang Perlu Waspada di Tahun Monyet Api
  • Ramalan Zodiak Soal Karier dan Keuangan Pekan Ini

Source: liputan6.com
Menkeu Telah Selidiki Data Panama Papers, Ini Hasilnya

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran 11,5 juta dokumen Panama Papers menarik perhatian bagi sejumlah negara, termasuk Indonesia. Alasannya, beberapa nama yang terdapat di dalam daftar tersebut diduga melakukan penghindaran pajak, bahkan diduga sebagai pengemplang pajak. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan langsung bergerak cepat menelusuri kebenaran nama-nama pebisnis, politikus, maupun perusahaan yang terseret dalam kasus tersebut.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro, mengaku telah melakukan pencocokan data terutama nama orang-orang Indonesia di Panama Papers dengan nama Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki rekening di luar negeri berdasarkan data Ditjen Pajak.

"Kami meyakini kecocokan 79 persen. Artinya 79 persen nama orang Indonesia yang ada di Panama Papers diyakini punya rekening di luar negeri," ucap Bambang saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Senin (11/4/2016).

Baca Juga

  • Ada Orang RI di Daftar Panama Papers yang Belum Lapor Pajak
  • OPINI: Panama Papers, Salahkah WNI Taruh Uang di Luar Negeri?
  • Menakar Keabsahan Data Panama Papers

Source: liputan6.com
Bunga KUR 9 Persen, Jokowi Minta Masyarakat Tak Utang ke Rentenir

Liputan6.com, Brebes - Presiden RI [Joko Widodo](Joko Widodo "") (Jokowi) terus menawarkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dijalankan pemerintahannya. Dulu untuk mendapatkan KUR, masyarakat dikenai bunga hingga 22 persen, tapi kini berkurang hanya 9 persen.

Kali ini Jokowi mempromosikan KUR di hadapan para petani dan masyarakat Larangan, Brebes, Jawa Tengah. Promosi itu dilakukan dalam peluncuran Sinergi Aksi untuk ‎Ekonomi Rakyat.

"Masalah modal, sudah ada KUR sekarang hanya 9 persen per tahun, dulu 22 persen. Itu sudah murah banget. Gunakan ini, jangan ke rentenir," kata Jokowi di Brebes, Senin (11/4/2016).

Baca Juga

  • Bank Mandiri Salurkan KUR Rp 3,66 Triliun
  • BUMN Ini Ditunjuk Jadi Penyalur Tunggal KUR Orientasi Ekspor
  • Pemerintah Siapkan Program KUR Orientasi Ekspor

Source: liputan6.com
Top 3: Kalimat Ini Tak Pernah Diucapkan Orang yang Paham Uang

Liputan6.com, Jakarta - Uang, siapa yang tak ingin memilikinya. Maklum, segala kebutuhan di dunia ini baru bisa dimiliki jika dibayar dengan uang.

Namun patut diingat, Anda juga harus memiliki pengetahuan soal mengelola keuangan. Karena pengetahuan ini bisa menentukan apakah Anda bisa tetap kaya atau sebaliknya.

Artikel perihal uang bertajuk Kalimat Ini Tak Pernah Diucapkan Orang yang Paham Uang ini menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Simak 3 berita paling dicari, Senin (11/4/2016):

1. Kalimat Ini Tak Pernah Diucapkan Orang yang Paham Uang

Pengetahuan soal mengelola keuangan memang penting. Karena pengetahuan ini bisa menentukan apakah Anda bisa tetap kaya atau sebaliknya.

Misalnya meski Anda punya uang Rp 1 miliar tapi tidak tahu cara mengelola, uang Anda bisa habis dengan cepat tanpa Anda sadari.

Sudah banyak selebritas Hollywood yang bangkrut gara-gara tidak bisa manajemen uang yang buruk atau terlilit utang. Simak berita selengkapnya di sini!

2. 3 Kalimat Ini Jadi Kunci Orang Sukses

Kekuatan keyakinan jangan diremehkan. Kalimat diulang seperti saya pikir saya bisa dapat berpengaruh bagi kehidupan. Pikiran dapat mempengaruhi dari pada yang Anda sadari.

Sejumlah orang sukses pun melakukan hal tersebut. Mereka berbicara kepada dirinya untuk tetap positif, sehingga dapat menimbulkan rasa percaya diri dan berhasil.

Berikut tiga kalimat yang diungkapkan oleh orang sukses seperti dikutip dari Inc.com, Senin(10/4/2016). Simak berita selengkapnya di sini!

3. Pertamina Cari 367 Karyawan Baru, Berminat?

PT Pertamina (Persero) membuka kesempatan lulusan baru perguruan tinggi (fresh graduate) untuk bergabung miniti karir di perusahaan energi pelat merah tersebut.

‎Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan meski kondisi harga minyak dunia sedang lesu, Pertamina membuka kesempatan kepada putra dan putri terbaik Indonesia untuk bergabung menjadi energi baru bagi Pertamina melalui program Fresh Graduate PT Pertamina (Persero) tahun 2016. BUMN ini akan merekrut 367 pekerja baru.

"Dari jumlah lowongan kerja tersebut, 233 orang adalah fresh gradute S1 dan 134 orang adalah fresh graduate D3," kata Wianda. Simak berita selengkapnya di sini!


Source: liputan6.com
Pemerintah Batalkan Kenaikan Harga Elpiji

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) membatalkan rencana kenaikan harga elpiji bersubsidi 3 Kilo gram (Kg) Rp 1.000 per Kg yang tercantum dalam nota keuangan.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, pemerintah berencana mengurangi subsidi elpiji 3 Kg sekitar Rp 1.000 per Kg yang berujung pada kenaikan harga untuk mengurangi beban negara.

"Tadinya di nota keuangan Presiden ke DPR dulu ada rencana mengurangi subsidi Rp 1.000 per Kg," kata Wiratmaja, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (11/4/2016).

 

Baca Juga

  • Subsidi BBM dan Elpiji Bakal Dipangkas Rp 23,8 Triliun
  • ESDM Minta Masukan Cara Penyaluran Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran
  • Pemerintah Perluas Penyaluran Elpiji 3 Kg

Source: liputan6.com