Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Senin, 04 April 2016
Tengok yang Dilakukan 7 Orang Sukses Ini Saat Berumur 25 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Nama Bill Gates atau Mark Zuckerberg mungkin tidak asing di telinga Anda. Mereka merupakan orang sukses dan kaya raya, yang berkuasa di bidang teknologi.

Tentunya dalam meraih hidup sukses, mereka memiliki sepak terjang sendiri. Pernahkah terpikir oleh Anda apa yang mereka lakukan di usia 25 tahun?

Baca Juga

  • Enggan Jadi Sosialita, Putri Miliarder Ini Pilih Arena Balap
  • Miliarder Ini Ekspansi Bisnis Minuman Soda di Afrika
  • Miliarder Ini Pernah Lupakan Keluarga demi Bisnis

Source: liputan6.com
10 Wanita Terkaya Sepanjang Masa

Liputan6.com, New York - Secara historis, perempuan memiliki masa yang sulit untuk menjadi kaya. Aturan mengenai warisan untuk laki-laki dan pengendalian properti harus di tangan kali-laki telah membatasi jumlah taipan wanita selama berabad-abad.

"Wanita dengan kekayaan pribadi yang cukup besar adalah fenomena modern," kata profesor sejarah kuno Stanford University, Walter Scheidel, kepada MONEY awal Februari lalu.

Daftar wanita terkaya sepanjang masa ini memakai teknik yang dikembangkan ahli sejarah dan ekonom di MeasuringWorth. Teknik tersebut membandingkan kekayaan seseorang terhadap pertumbuhan ekonomi global saat itu.

Daftar ini juga hanya fokus pada perempuan yang berhasil kaya melampaui warisannya dan mengambil bisnis aktif atau berperan politik dalam mengelola kekayaannya. Berikut 10 nama tersebut:

1. Permaisuri Wu (624-705)


Wanita Terkaya Dunia Sepanjang Masa Permaisuri Wu (Time)
Permaisuri Cina ini meraih kekuasaan setelah menjadi selir untuk dua kaisar Dinasti Tang. Ketika Kaisar Gaozong naik tahta, Wu dengan kejam menghilangkan orang-orang kesayangan kaisar.

Ia bahkan membunuh putrinya yang lemah dan menuduh kejahatan itu ke istri Gaozong, Permaisuri Wang, yang akhirnya dipenjara dan dibunuh.

Setelah Gaozong meninggal, Wang memaksa anaknya melepas kekuasaan supaya ia bisa naik tahta. Taktik ini terbayar bagi perekonomian Tiongkok.

Di masa 15 tahun pemerintahannya, kekaisaran bisa memperluas kekuasaannya jauh ke Asia Tengah dan menjadi kerajaan terbesar di dunia kala itu. Kekayaan nasional tumbuh berkat perdagangan teh dan sutra dengan negara-negara Barat.

2. Hatshepsut (1507-1458 SM)


Wanita Terkaya Dunia Sepanjang Masa Hatshepsut (Time)

Ia adalah firaun wanita pertama di Mesir. Hatshepsut bekerja keras meyakinkan rakyatnya kalau pemerintahan yang ia jalankan berdasarkan kehendak para dewa. Yang dipertaruhkan kala itu adalah tambang emas seharga US$ 2 miliar dengan nilai saat ini.

Hatshepsut naik ke kekuasaan setelah kematiang suaminya, Thutmose II, dan melanjutkan kontrol kerajaan kuno terbesar di dunia, dari Mesir sampai Timur Tengah. Selama dua dekade pemerintahan, ia juga mengendalikan tambang tembaga dan batu mulia.


Source: liputan6.com
3 Pertanda Kondisi Keuangan Anda Sudah Memburuk

Liputan6.com, Jakarta - Merasa bahwa keuangan Anda baik-baik saja? Tidak pernah merasa kesulitan, setiap ada tagihan bulanan yang datang? Bisa jadi keuangan Anda memang baik-baik saja.

Mungkin, kebiasaan orang yang mengerti kondisi keuangannya, seperti kasus ini, tidak akan terlalu menemui masalah keuangan yang terlalu buruk.

Namun, bagaimana jika yang terjadi adalah sebaliknya? Keadaan finansial yang buruk ini dialami rata-rata orang yang hidup di zaman serba modern ini. Anda bisa menghindari saat di mana keuangan menuju ke arah yang kurang baik.

 

Baca Juga

  • 6 Cara Dapat Uang Tanpa Bekerja
  • 20 Tanda Anda Perlu Pinjam Uang ke Bank
  • 7 Kesalahan Pengelolaan Uang yang Sering Tak Disadari Orang

Source: liputan6.com
Cara Aman Cicil Emas di Pegadaian

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan investasi merupakan cara tepat untuk merencanakan keuangan di masa depan. Melalui investasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan dan termasuk cara mengelolah keuangan agar menjadi lebih baik.

Banyak yang masih menganggap, bahwa investasi bisa mendatangkan banyak risiko. Mereka lebih memilih menyimpan dana dalam bentuk tabungan deposito di bank.

Padahal, cara itu justu membuat dana Anda terpotong karena bunga per bulannya. Agar kekayaan Anda bisa berkembang, lebih baik alokasikan uang Anda untuk investasi. Beberapa investasi yang bisa Anda pilih, antara lain reksa dana, properti, atau emas.

Saat ini, pegadaian memiliki program investasi berupa cicilan emas. Melihat, bahwa investasi emas merupakan investasi yang bisa menghasilkan keuntungan lebih besar. Mengingat harga emas terus naik dari tahun ke tahun.

Baca Juga

  • Bersinarkah Investasi Emas di Tahun Monyet Api?
  • UANGPEDIA: Harga Melempem, Investasi Emas Masih Menarik?
  • 3 Fakta yang Anda Harus Tahu Seputar Investasi Emas

Source: liputan6.com
IHSG Bakal Lanjutkan Penguatan di Awal Pekan

Liputan6.com, Jakarta Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal menguat terbatas pada perdagangan saham awal pekan ini. Sentimen data dalam negeri dan Amerika Serikat (AS) akan pengaruhi laju IHSG.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG berpotensi terus melaju naik. Hal itu asal didukung dari aliran dana investor asing. Selain itu, level resistance IHSG yang perlu ditembus.

"Saat ini support terlihat di level 4.801 yang wajib terjaga kuat dengan target resistance berada di level 4.881 yang wajib ditembus untuk kembali memperkuat kenaikan jangka pendek," ujar William dalam ulasannya, Senin (4/4/2016).

William mengatakan, kondisi ekonomi Indonesia terlihat cukup stabil ditandai dengan inflasi Maret masih rendah. Namun rilis kinerja emiten 2015 yang beragam telah menjadi beban bagi IHSG.

 

Baca Juga

  • Investor Asing Beli Saham, IHSG Melemah Terbatas
  • Menunggu Data Inflasi, IHSG Melemah ke Level 4.835,25
  • IHSG Lanjutkan Penguatan, Cermati Saham Pilihan Ini

Source: liputan6.com
Izin Frekuensi Penerbangan Dicabut Jika Maskapai Melakukan Ini

Liputan6.com, Jakarta - AirNav Indonesia, lembaga penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan meminta kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mencabut izin penambahan frekuensi penerbangan bagi maskapai yang melanggar ketentuan. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut akan terus mengevaluasi implementasi izin tersebut di lapangan.

Direktur Operasi AirNav Indonesia, Wisnu Darjono mengungkapkan, pihaknya bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub akan kembali menggelar rapat terkait rencana pemerataan atau pengalihan frekuensi penerbangan dari jam-jam sibuk ke waktu-waktu tertentu yang masih longgar.

"Saya akan rapat lagi dengan Ditjen Perhubungan Udara untuk mengevaluasi, yang pasti sekarang kita masih berlakukan rata-rata frekuensi penerbangan 72 per jam," tegas Wisnu saat dihubungi Liputan6.com,Jakarta, Senin (4/4/2016).

Baca Juga

  • Alasan Menhub Jonan Batal Kurangi Frekuensi Penerbangan di Soetta
  • Begini Wajah Baru Bandara Husein Sastranegara Bandung
  • Jonan Batal Pangkas Frekuensi Penerbangan di Bandara Soetta

Source: liputan6.com
Begini Cara Pemerintah Urai Kepadatan Bandara Soetta

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan AirNav Indonesia sebagai penyelenggara navigasi penerbangan masih berharap bisa memeratakan frekuensi penerbangan setiap jamnya di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Cengkareng. Dengan begitu, otomatis frekuensi penerbangan akan terpangkas dari 72 menjadi 60 frekuensi per jam.

Direktur Operasi AirNav Indonesia, Wisnu Darjono mengatakan, frekuensi penerbangan dari dan menuju Bandara Soetta ramai di jam-jam tertentu yang disebutnya sebagai golden time. Namun ternyata jadwal penerbangan bisa dalam kondisi sepi di waktu-waktu tertentu pula.

"Pesawat numpuk di jam-jam tertentu, misalnya jam 3-4 sore, itu bisa 72-73 movement per jam. Tapi jam 12-1 siang, cuma 50 movement," tegasnya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Minggu (3/4/2016).

Wisnu menyebut, jam-jam sibuk alias golden time adalah pukul 05.00-06.00 WIB (dari Jakarta menuju ke luar kota atau luar negeri). Kemudian berlanjut jadwal penerbangan ramai antara pukul 15.00-16.00 WIB, hingga pukul 20.00-21.00 WIB.

"Di luar waktu tersebut, tidak menjadi pilihan maskapai penerbangan. Makanya frekuensi penerbangannya hanya 50-55 movement. Tapi saat golden time ini, jadi pilihan maskapai minta waktu di jadwal tersebut," terangnya.

Baca Juga

  • Alasan Menhub Jonan Batal Kurangi Frekuensi Penerbangan di Soetta
  • Begini Wajah Baru Bandara Husein Sastranegara Bandung
  • Jonan Batal Pangkas Frekuensi Penerbangan di Bandara Soetta

Source: liputan6.com
Tarif Angkutan Umum di Jakarta Turun, Berlaku Mulai Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi Angkutan Darat (Organda) secara resmi menurunkan tarif sejumlah moda angkutan umum yang beroperasi di DKI Jakarta. Hal ini sebagai respons dari penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar yang mulai diterapkan di awal April ini.

Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan mengatakan, moda angkutan umum yang mengalami penurunan antara lain jenis bus kecil atau mikrolet, bus kota (untuk ukuran sedang dan bus besar reguler) dan taksi. Untuk mikrolet, tarif turun dari Rp 3.500 menjadi Rp 3.000.

"Bus kecil itu mikrolet, tadinya untuk jarak terdekat Rp 3.500, dan setelah itu tambah Rp 1.000 per km. Nah sekarang (jarak terdekatnya) jadi Rp 3.000," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com diJakarta, Senin (4/4/2016).

Baca Juga

  • Harga BBM Turun, Tarif Transjakarta Tak Berubah
  • Tarif Angkutan Umum Turun Mulai 7 April 2016
  • Ini Daftar Penurunan Tarif Angkutan di Jakarta

Source: liputan6.com
DNI Berubah, BKPM Gencar Tarik Investor

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah pada pertengahan Februari 2016 telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi jilid X yang isinya tentang perubahan Daftar Negatif Investasi (DNI). Sayangnya, sampai saat ini belum ada implementasi dari kebijakan itu.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengungkapkan belum ada implementasi tersebut karena peraturan-peraturan pendukungnya masih dalam tahap finalisasi, seperti salah satunya Peraturan Menteri (PM).

"Sudah hampir selesai, tapi setelah diumumkan itu kita sudah jualan, dan antusiasme para investor luar biasa, terutama yang berkaitan tentang industri film dan industri farmasi," tegas Franky saat berbincang dengan wartawan yang ditulis, Senin (4/4/2016).

 

Baca Juga

  • Seminggu Lagi, Paket Kebijakan Jilid XII Bakal Dirilis
  • Pengusaha Yakin Paket Kebijakan XI Bisa Jadi Stimulus
  • Paket Kebijakan 10 Tarik Minat Uni Eropa Berinvestasi di RI

Source: liputan6.com
Cara PLN Atasi Kekurangan Listrik di Nias

Liputan6.com, Jakarta - ‎PT PLN (Persero) mengirimkan genset-genset yang ada di seluruh Wilayah Sumatera Utara serta melakukan peminjaman genset dari Wilayah Sumatera Barat, sebanyak 17 genset dengan total kapasitas 1,25 Mega Volt Ampere (MVA). Rencananya, genset tersebut akan dikirim ke Nias untuk mengatasi kekurangan pasokan listrik di daerah tersebut.

Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi mengatakan,‎ pemadaman listrik yang terjadi di Nias, disebabkan karena dua Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang disewa PLN dengan kapasitas 2 x 10 Mega Watt (MW) yang berada di Nias berhenti beroperasi. "Kedua mesin PLTD itu terletak di Moawo dengan kapasitas 10 MW dan Idanoi dengan kapasitas 10 MW," kata Agung, di Jakarta, Senin (4/4/2016).

Baca Juga

  • Ini Alasan PLN Turunkan Tarif Listrik pada April 2016
  • Setelah 25 Tahun Beroperasi, PLN Akan Kelola PLTU Batang
  • Jurus PLN Salurkan Subsidi Listrik Tepat Sasaran

Source: liputan6.com
Bos Jadi Tersangka, Saham Agung Podomoro Merosot

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali pekan pertama April 2016, saham PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) mencatatkan penurunan tajam.

Berdasarkan data RTI pada Senin (4/4/2016), saham PT Agung Podomoro Land Tbk merosot 10 persen ke level Rp 270 per saham. Saham APLN sempat berada di level tertinggi Rp 280 dan terendah Rp 270 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 444 kali dengan volume 59.272. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 1,6 miliar.

Analis PT Investa Saran Mandiri Hans Kwee menuturkan, saham PT Agung Podomoro Land Tbk merosot akibat penangkapan Direktur Utama PT Agung Podomoro Land Tbk Ariesman Widjaja oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat malam.

Hans menilai, harga saham PT Agung Podomoro Land Tbk itu akan turun agak panjang. Hal itu lantaran penangkapan direktur utama berkaitan dengan perusahaan.

"Harga saham akan terpengaruh dan fluktuasi sepanjang proses hukum," kata Hans saat dihubungi Liputan6.com.

Baca Juga

  • Alasan Ahok Lanjutkan Reklamasi 17 Pulau Buatan
  • KPK Tetapkan Bos APL Jadi Tersangka, Ini Komentar Manajemen
  • Petinggi Jadi Tersangka, Saham APLN Diproyeksikan Tetap Stabil

Source: liputan6.com
Biaya Ekspor-Impor RI 2 Kali Lebih Mahal Dibanding Singapura

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus berupaya meningkatkan kinerja logistik Indonesia. Pasalnya, saat ini kinerja logistik Indonesia masih kalah jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan, berdasarkan Logistic Performance Index yang dirilis oleh Bank Dunia pada 2014 lalu, kinerja logistik Indonesia berada jauh di bawah Singapura dan Malaysia. "Bahkan di bawah Thailand dan Vietnam," ujarnya di Jakarta, Senin (4/4/2016).

Rata-rata waktu proses ekspor dan impor Indonesia saat ini mencapai 3,5 hari. Sementara di Singapura hanya selama 2 hari. Bahkan proses ekspor dan impor di Vietnam hanya selama 1 hari.

Baca Juga

  • Seminggu Lagi, Paket Kebijakan Jilid XII Bakal Dirilis
  • Begini Strategi RI untuk Naik Peringkat Kemudahan Berbisnis
  • 57 Kabupaten/Kota Jadi Percontohan Peningkatan Pelayanan Publik

Source: liputan6.com
Presiden Jokowi Bakal Resmikan Jembatan Merah Putih

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dijadwalkan akan meresmikan jembatan Merah Putih di Kota Ambon, Maluku pada Senin sore (4/4/2016).

Menteri Basuki mengatakan sempat terjadi gempa pada saat rencana penyambungan jembatan pada tahun baru 2016 yang mengakibatkan terjadinya pergeseran 9 cm. Namun Menteri Basuki memastikan bahwa saat ini kondisinya baik.

"Waktu gempa geser cuma 9 cm, toleransi pergeseran sampai 30 cm," kata Basuki‎, Senin (4/4/2016).

Jembatan Merah Putih yang membentang di Teluk Dalam Pulau Ambon menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka), Kecamatan Sirimau pada sisi utara dan Desa Hative Kecil/Galala, Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan.

Jembatan ini menjadi ikon Kota Ambon dan merupakan bangunan kebanggaan Indonesia dan Masyarakat Maluku khususnya.

 

Baca Juga

  • Jembatan Merah Putih di Ambon Beroperasi Februari 2016
  • Wika Ditugaskan Bangun Jembatan ke Pulau Buatan di Pluit
  • Jokowi Siap Resmikan 6 Pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia

Source: liputan6.com
Ribuan Miliarder Hengkang dari Negara Asalnya

Liputan6.com, Jakarta - Hengkangnya para miliarder dari suatu negara merupakan pertanda buruk. Seperti yang terjadi di Prancis dan beberapa negara lain.

New World Wealth, perusahaan analisis kekayaan global melaporkan pada 2015, sekitar 10 ribu miliarder meninggalkan negaranya.

Melansir laman CNN Money, Senin (4/4/2016), Paris menjadi kota yang mengalami eksodus miliarder terbesar. Sekitar 7.000 miliarder meninggalkan kota ini. Jumlah tersebut sekitar 6 persen dari total populasi miliarder yang mencapai 126 ribu orang.

Kebanyakan dari miliarder Paris pindah ke berbagai negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Australia dan Israel.

Baca Juga

  • Kenapa Tiongkok Lebih Cepat Cetak Miliarder Meski Ekonomi Lesu?
  • Miliarder Ini Ekspansi Bisnis Minuman Soda di Afrika
  • 6 Trik Miliarder Siapkan Dana Pensiun

Source: liputan6.com
Pendiri Zalora Indonesia Berlabuh ke Alfaonline.com

Liputan6.com, Jakarta - Catherine Hindra Sutjahyo menduduki jabatan baru sebagai chief executive officer (CEO) Alfaonline.com, situs belanja online yang terintegrasi dengan jaringan minimarket Alfamart. Dengan bergabungnya Catherine diharapkan penetrasi penjualan Alfaonline.com semakin besar.

Catherine mengawali karir di sebuah perusahaan konsultan manajemen ternama dan sempat bergabung di perusahaan modal ventura. Setelah itu, ia bersama rekannya mendirikan Zalora Indonesia, salah satu situs e-commerce pada 2012. Zalora kemudian menjadi ritel fashion online yang terbesar di Indonesia.

Dari perjalanan karir yang sudah cukup mumpuni tersebut membuat Catherine terpilih menjadi CEO Alfaonline dan dipercaya memperkuat rencana Alfaonline untuk mendominasi pasar e-commerce di Indonesia. “Saya merasa sangat terhormat dan senang atas kesempatan untuk menjadi bagian dariAlfaonline,” ujarCatherine, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (4/4/2016).

Baca Juga

  • Bayar Tiket Garuda Bisa Lewat Alfamart
  • Cegah Kerugian, Alfamart Bakal Pasang Tombol Panik
  • Bus Tingkat Sumbangan Tak Bisa Operasi, Ini Penjelasan Alfamart

Source: liputan6.com
BKPM Buka Investasi dari Berbagai Negara

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menegaskan hingga saat ini tidak ada rencana untuk menutup investasi dari negara tertentu, termasuk dari Israel. Indonesia masih terbuka terhadap masuknya investasi dari berbagai negara di dunia.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, pihaknya selama ini tidak melihat adanya kekhususan terhadap masuknya investasi satu negara. Pasalnya, ada sejumlah negara yang hanya menjadi hub investasi dari negara lain, seperti Israel.

"Investasi yang terkait dengan Israel begini, kita tidak melihat adanya kekhususan terhadap investasi satu negara. Tetapi memang nilainya tidak besar, bahkan mungkin saya melihat lebih banyak investasi di berbagai negara itu sekarang kecenderungannya itu tidak selalu tercatat dari asal negaranya," ujar dia di Jakarta, Senin (4/4/2016).

Dia mencontohkan, sebenarnya jumlah investasi dari para investor China yang masuk ke Indonesia cukup besar. Namun investasi tersebut sering tercatat bukan berasal dari China, melainkan masuk melalui negara lain.

 

Baca Juga

  • BPS: RI Impor Senjata dari Brasil, Bukan Israel
  • Uang Logam Langka Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Israel
  • Menlu Retno: Lantik Konsul Kehormatan Tak Perlu Bicara ke Israel

Source: liputan6.com
Angkutan Umum di Jakarta Belum Turunkan Tarif

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar angkutan umum di DKI Jakarta belum menurunkan tarif meskipun telah keluar keputusan Dewan Pimpinan Daerah Organda Provinsi DKI Jakarta mengenai penurunan tarif angkutan yang berlaku pada hari ini (4/4/2016).

Penumpang moda transportasi di Jakarta masih harus membayar jasa angkutan dengan harga yang sama seperti sebelumnya ketika harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar belum disesuaikan pemerintah.

Hal ini diakui salah satu penumpang angkutan umum, Sari Utami (29). Karyawan swasta ini masih harus merogoh tarif yang sama untuk angkutan Kopaja dan KWK rute Tanjung Duren menuju kantornya di bilangan Green Garden, Jakarta Barat. Padahal pemerintah sudah meminta perusahaan angkutan umum menurunkan tarif 3 persen.

"Katanya turun, tapi mana buktinya. Dari Tanjung Duren-Grogol naik KWK tetap bayar Rp 3.000 dan Grogol-Green Garden naik Kopaja masih ditagih Rp 4.000," ucapnya saat berbincang dengan Liputan6.com,Jakarta, Senin (4/4/2016).

Baca Juga

  • Tarif Angkutan Umum di Jakarta Turun, Berlaku Mulai Hari Ini
  • Ini Daftar Penurunan Tarif Angkutan di Jakarta
  • Tarif Angkutan Umum Turun Mulai 7 April 2016

Source: liputan6.com
Ongkos Angkutan Umum Belum Turun, Ini Dalih Pengusaha

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha angkutan meminta seluruh penumpang agar bersabar menanti penurunan ongkos sejumlah moda transportasi umum yang beroperasi di DKI Jakarta. Alasannya, ada beberapa perusahaan angkutan yang masih membutuhkan waktu untuk dapat menyesuaikan tarif.

"Penumpang harus sabar, ini kan proses waktu saja. Kita harap ada satu sistem teratur, karena ini bisa jadi pembelajaran bagi masyarakat dan pengemudi," ujar Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta Shafruhan Sinungan saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (4/4/2016).     

Ia mengimbau agar penumpang dapat mengingatkan supir angkutan yang belum juga menerapkan aturan penurunan tarif sebesar 3 persen mulai 4 April ini. Tentunya dengan cara-cara halus, bukan membentak atau marah seperti yang biasa terjadi.

Baca Juga

  • Tarif Angkutan Umum di Jakarta Turun, Berlaku Mulai Hari Ini
  • Tarif Angkutan Umum Turun Mulai 7 April 2016
  • Pengusaha: Harga BBM Turun Bakal Pangkas Tarif Angkutan Umum

Source: liputan6.com
Ini Alasan Organda Jakarta Turunkan Tarif Angkutan Umum

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta telah menetapkan penurunan tarif angkutan umum yang beroperasi di ibukota. Penurunan tarif ini mulai berlaku pada hari ini, 4 April 2016.

Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan mengatakan, penurunan tarif angkutan umum tersebut merupakan respons dari pengusaha angkutan terkait penurunan harga bahan bakar minyak (BBM). Seperti diketahui, pemerintah beberapa kali telah menurunkan harga Solar dan Premium sebagai imbas atas penurunan harga minyak dunia.

"Itu akumulasi dari Januari saat penurunan harga BBM," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (4/4/2016).

Baca Juga

  • Angkutan Umum di Jakarta Belum Turunkan Tarif
  • Tarif Angkutan Umum di Jakarta Turun, Berlaku Mulai Hari Ini
  • Ini Daftar Penurunan Tarif Angkutan di Jakarta

Source: liputan6.com
Orang Kaya Dunia Ini Lelang 20 Ribu Botol Anggur

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder dunia William Koch juga merupakan seorang kolektor anggur atau wine. Kini, anggur yang telah lama dia kumpulkan akan dilelang.

Calon pembeli harus menyiapkan kocek yang dalam karena anggur-anggur dalam botol koleksi dari Koch dibanderol dengan harga yang tak murah.

Anggur-anggur ini bakal dijual melalui rumah lelang Sotheby. Tak tanggung-tanggung, akan ada 20 ribu botol anggur yang bakal dilelang dari koleksi pribadi William Koch dan ditaksir nilainya mencapai US$ 10 sampai US$ 20 juta.

Pria berumur 78 tahun itu memiliki koleksi anggur hingga mencapai 43 ribu botol. Namun Koch yang punya kekayaan mencapai US$ 3,6 miliar ini mengaku tak mungkin mengkonsumsinya semua.

Baca Juga

  • Surat Cinta Ini Dilelang dengan Nilai Rp 1,02 Miliar
  • Pistol Terkecil Dunia Dilelang Rp 28 Juta, Tertarik?
  • Pele Lelang Benda Pusaka, Anda Tertarik?

Source: liputan6.com
Kementerian ESDM: Krisis Listrik di Nias Jadi Tanggung Jawab PLN

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan krisis listrik yang terjadi di Nias harusnya menjadi tanggung jawab manajemen PT PLN (Persero). Pasalnya, krisis listrik disebabkan oleh berhenti operasinya Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) 2x10 MW yang disewa PLN.

Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Alihuddin Sitompul menerangkan, dalam UU Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan menyatakan PLN wajib memenuhi kebutuhan listrik di wilayah usaha PLN. Itu berarti, PLN wajib menyediakan kebutuhan listrik di hampir seluruh Indonesia.

"‎Kejadian di Nias hilangnya 20 MW merupakan domain perusahaan sendiri, korporat, bukan keputusan pemerintah," kata dia di Gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Jakarta, Senin (4/4/2016).

Baca Juga

  • Cara PLN Atasi Kekurangan Listrik di Nias
  • Ini Alasan PLN Turunkan Tarif Listrik pada April 2016
  • PLN Beri Diskon Penyambungan Listrik

Source: liputan6.com
Konsumsi Pertamax dan Pertalite Meningkat

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mencatat konsumsi Pertamax meningkat karena perbedaan harga yang tipis dengan Premium saat menjelang perubahan harga Premium pada 1 April 2016.

Vice President Fuel Retail Marketing Pertamina Afandi mengatakan, konsumsi Pertamax sempat meningkat menjadi 9 ribu Kilo liter (Kl) per hari dari sebelumnya 6 ribu Kl per hari. Hal itu terjadi saat menjelang penurunan harga Premium karena harga Pertamax turun dua hari lebih awal.

"Akhir Maret, Pertamax karena turun lebih awal sempet naik 9 ribu Kl dari 6 ribu,  karena selisihnya kecil dengan Premium, kata Afandi, di Jakarta, Senin (4/4/2016).

Afandi melanjutkan, setelah harga Premium menurun, konsumsi Pertamax menjadi 8 ribu Kl per hari. Sedangkan Pertalite meningkat dari 4 ribu Kl menjadi 8 ribu Kl per hari yang juga disebabkan oleh perbedaan harga yang tipis dengan Premium.

 

Baca Juga

  • Pertalite Beredar, Bagaimana Konsumsi Premium dan Pertamax?
  • Pertalite Masuk Sumatera Selatan di Akhir 2015
  • Harga Pertalite Bakal Turun Seperti Pertamax Cs

Source: liputan6.com
Organda: Tarif Bus di Jakarta Sudah Murah

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Angkutan Darat (Organda) menilai penurunan tarif 3 persen untuk sejumlah moda transportasi umum di DKI Jakarta sudah melalui perhitungan. Utamanya adalah mempertimbangkan biaya investasi perawatan kendaraan yang harus ditanggung pengusaha angkutan.

Ketua Organda DKI Jakarta, Shafruhan Sinungan menyebut, ongkos bus kecil (mikrolet) turun Rp 300 dari Rp 3.500 menjadi Rp 3.000. Bus kota (sedang dan besar reguler) dari Rp 3.800 menjadi Rp 3.500, sedangkan argo taksi turun Rp 1.000 menjadi Rp 6.500 dari sebelumnya Rp 7.500 sekali buka pintu.

"Organda menghitungnya akumulasi penurunan harga BBM dari Januari-Maret, bukan di Maret saja karena kalau di bulan itu saja turunnya kecil, kalau kita lakukan perubahan menjadi tidak ada artinya. Jadi kita akumulasi, sehingga ketemu angka itu (tarif)," jelasnya saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (4/4/2016).

 

Baca Juga

  • Ongkos Angkutan Umum Belum Turun, Ini Dalih Pengusaha
  • Tarif Angkutan Umum Turun Mulai 7 April 2016
  • Angkutan Umum di Jakarta Belum Turunkan Tarif

Source: liputan6.com
Ada Pusat Logistik Berikat untuk BBM, RI Hemat Rp 7,2 Triliun

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mewacanakan pembentukan pusat berikat logistik (PBL) sebagai tempat penimbunan minyak mentah (crude) dan bahan bakar minyak (BBM). Keberadaan PBL ini diyakini akan menghemat biaya logistik BBM di Indonesia.

Direktut Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Heru Pambudi mengatakan, ada dua hal penting yang bisa didapat dari keberadaan PBL BBM di Indonesia. Selain soal efisiensi logistik, PBL ini juga akan menjamin ketersediaan BBM di dalam negeri.

"Satu, tujuannya supaya ketersediaan minyak bisa kita jamin karena ada di Indonesia. Kedua, tentunya biaya logistik lebih murah karena kita nggak ambil sedikit. Kita ambil variabel besar dan itu nanti akan ada investor yang akan berminat ke sana," ujarnya di Jakarta, Senin (4/4/2016).

Baca Juga

  • BKPM: Pusat Logistik Berikat Dorong Daya Saing Produk RI
  • Penurunan Harga BBM Pangkas Biaya Logistik 5 Persen
  • Perluas Pasar, Perusahaan Logistik Ini Buat Aplikasi Online

Source: liputan6.com
Menteri Pangan Jerman Temui Menko Darmin, Ini yang Dibahas

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia akan berjuang menggolkan negosiasi perdagangan bebas Comprehensive Economic Partnership Aggreement (CEPA) dengan Uni Eropa (UE) dalam kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Jerman beberapa pekan mendatang. Dengan langkah ini, peluang kerjasama perdagangan maupun investasi antara negara-negara UE dan Indonesia semakin meningkat.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat menerima kunjungan Menteri Pangan dan Pertanian Jerman Cristian Schmidt di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, siang ini (4/4/2016).

"Harapan adanya kemajuan dari UE CEPA, karena jika disepakati, perjanjian ini akan berlaku untuk 28 negara UE termasuk Jerman. Ini akan memberikan manfaat luar biasa bagi Indonesia," ujar Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi Internasional, Rizal Affandi Lukman.

 

Baca Juga

  • Menko Darmin Tawarkan Jerman Investasi Bahan Baku Obat di RI
  • Masuk TPP dan CEPA, Ekspor Tekstil RI Bakal Melonjak
  • Pererat Kerja Sama, Belgia Gelar Misi Ekonomi ke RI

Source: liputan6.com
BKPM Cabut Izin 5 Proyek Investasi

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencabut izin prinsip lima proyek investasi. Pencabutan izin tersebut lantaran terjadi penyalahgunaan atau pemalsuan izin dalam proyek tersebut.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, proyek yang izinnya dicabut antara lain portal web dan kegiatan konsultasi manajemen, proyek perdagangan besar, bidang usaha penangkapan ikan, serta industri pengolahan dan pengawetan ikan. Total nilai investasi dari lima proyek tersebut mencapai Rp 322 miliar.

"Rata-rata perusahaan menjalankan kegiatan usaha berbeda dengan izin yang diterbitkan BKPM. Terkait penangkapan ikan, KKP telah mencabut izin usaha karena mereka melakukan pelanggaran," ujarnya di Jakarta, Senin (4/4/2016).

 

Baca Juga

  • BKPM Buka Investasi dari Berbagai Negara
  • BKPM Tawarkan Kemudahan Investasi di Kalbar
  • Investor Abu Dhabi Minat Investasi Layar Bioskop di Indonesia

Source: liputan6.com
OJK dan BI Diminta Bikin Aturan DJP Intip Transaksi Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) diminta untuk membuat kesepakatan dengan Direktorat Jendral Pajak (DJP) mengenai kebijakan berbagi (sharing) data nasabah melalui kartu kredit.

Ini diungkapkan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartiko Wirjoatmodjo yang mengakui sebagai warga negara yang baik, setiap wajib pajak memang memiliki kewajiban untuk membayarkan pajak.

Hanya saja dia khawatir kalau tidak ada aturan main, akan menimbulkan gejolak di industri perbankan.

"‎Saya rasa untuk penerapan peraturan pajak individu perlu untuk perpajakan perlu dibicarakan Bank Indonesia dan OJK sebagai regulator perbankan, apakah ini diatur spesifik regulasi perbankan supaya perbankan tidak timbulkan gejolak‎," papar Kartiko di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (4/4/2016).

Baca Juga

  • Pengusaha Keberatan Ditjen Pajak Intip Data Nasabah Bank
  • Bisa Lacak Kartu Kredit Nasabah, Ini Keuntungan Ditjen Pajak
  • Intip Data Kartu Kredit Nasabah Tak Langgar UU Perbankan

Source: liputan6.com
Terbongkar, Negara Tempat Orang Kaya Dunia Sembunyikan Uang

Liputan6.com, Jakarta - Firma hukum yang berbasis di Panama, Mossack Fonseca merilis beberapa negara yang menjadi tujuan para orang kaya dunia menyembunyikan uangnya.

Bocoran informasi yang disebut Panama Paper itu membeberkan 10 negara yang masuk dalam kategori tax haven, atau surga pajak, negara yang menetapkan pajak rendah atau bahkan bebas pajak.

Dilansir dari Marketwatch, Senin (4/4/2016), laporan data tersebut keluar pada Minggu waktu setempat. Itu merupakan hasil laporan dari kolaborasi antara International Consortium of Investigate Journalist (ICIJ) dan lebih dari 100 outlet baru di 80 negara.

Baca Juga

  • Dokumen Rahasia Bocor, Tokoh Dunia Ini Diduga `Sembunyikan` Harta
  • Jurus Pemerintah Kejar Penerimaan Pajak
  • 2.000 Perusahaan Asing Gelapkan Pajak Selama 10 Tahun

Source: liputan6.com
Pertamina Likuidasi Petral, Bagaimana Nasib Pekerjanya?

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) telah melikuidasi Petral Group. Seiring dengan langkah ini, Pertamina membebastugaskan karyawan Pertamina Energi Trading Limited (Petral) yang terindikasi melakukan kecurangan semasa bekerja.

Bahkan, diantara karyawan ada yang sedang menjalani pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengungkapkan setelah dilakukan likuidasi dan mengalihkan perannya terkait pengadaan minyak mentah dan Bahan Bakar Minyak (BBM), beberapa karyawan Petral Group dikenakan pembebasan tugas.

"Untuk karyawan kita saat ini beberapa karyawan terindikasi kita non job-kan," kata Dwi di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (4/4/2016).

Dia melanjutkan, setelah audit forensik terhadap Petral yang dilakukan auditor independen Kordamenta rampung, KPK pun ikut memeriksa karyawan Petral.

Baca Juga

  • Pertamina Rampungkan Proses Likuidasi Petral Group
  • Petral Dibubarkan, Pertamina Klaim Hemat Rp 2,87 Triliun di 2015
  • BPK Siap Audit Ulang Petral

Source: liputan6.com