Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Senin, 28 Maret 2016
8 Tanda Pegawai Bakal Berhenti Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan seorang pegawai berkualitas ternyata bukan persoalan ringan. Menurut pakar ketenagakerjaan asal Amerika Serikat Lynn Taylor, kehilangan pegawai handal berarti guncangan bagi perusahaan.

Bahkan Taylor mengatakan, berhentinya seorang pegawai berkualitas bisa sama dengan kehilangan beberapa pekerja biasa. Tak jarang, keluarnya seorang pegawai membuat sebuah bisnis targanggu.

Taylor menjelaskan, berhentinya pegawai dengan keahlian luar biasa dapat memberikan dampak negatif yang besar bagi perusahaan dan budaya kerja. Itulah mengapa Taylor menekankan pentingnya mengenali tanda-tanda karyawan yang berniat untuk berhenti dan mencari pekerjaan lain.

Berikut delapan tanda pegawai akan berhenti kerja seperti dilansir dari Business Insider, Senin (28/3/2016):

1. Tampil beda


Jika rekan kerja Anda secara menonjol memiliki penampilan berbeda, mungkin itu lantaran dirinya baru saja melakukan wawancara di kantor lain pada jam kerja. Tak hanya itu, saat seseorang merasa jenuh dengan pekerjaannya, dia mulai tidak memperhatikan cara berpakaian.

Itu lantaran dirinya merasa tak seorangpun akan memperhatikannya. Atau bisa saja, itu karena dirinya tak peduli lagi dengan pekerjaan di kantor.

2. Selera humor berkurang

Pegawai yang hendak berhenti dari pekerjaannya cenderung tak berselera untuk bercanda dengan rekan kerja lainnya. Kebanyakan berpikir dirinya tak perlu lagi membuat orang lain terkesan atau bersikap suportif pada yang lain.

3. Sering tidak masuk

Niatan untuk keluar dari pekerjaan, membuat sebagian besar pegawai menjadi abai dan sering tidak masuk. Dirinya akan sering minta izin karena sakit atau mengambil cutinya dalam waktu lama.

Menghindari kantor berarti dirinya sudah merasa tidak nyaman berada di dalam tim. Bisa saja, waktu cuti tersebut dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan lain.

4. Terlihat murung

Pernahkah Anda melihat beberapa rekan kerja tak tertarik lagi dengan berbagai tugasnya di kantor? Terlihat murung dan enggan bekerja terlalu keras juga merupakan tanda bahwa dirinya sudah ingin berhenti dari pekerjaan tersebut.

Pegawai seperti ini biasanya lebih pasif saat rapat dan berhenti menyumbangkan ide-ide positif untuk perusahaan.


Source: liputan6.com
Ingin Punya Anak? Simak Dulu 9 Pertanyaan Keuangan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan untuk memiliki anak membutuhkan banyak pertimbangan dan persyaratan.
Alasan umur yang sudah cukup atau tekanan orang tua belaka bukanlah ukuran untuk memutuskan berketurunan.

Buat kalian pasangan baru, memiliki bayi adalah persoalan komitmen dan kesiapan, khususnya dari sisi finansial. Akan ada banyak pengeluaran yang muncul saat keluarga kedatangan anggota baru.

Mulai dari kebutuhan dasar seperti makan minum dan pakaian hingga asuransi kesehatan dan tabungan pendidikan. Nah, untuk membantu Anda yang berniat memiliki bayi, ada baiknya menjawab sembilan pertanyaan finansial penting di bawah ini.

Pertanyaan ini juga berfungsi sebagai indikator yang dapat menentukan apakah Anda siap memiliki bayi atau tidak. Berikut ini pertanyaannya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Senin (28/3/2016):

1. Apakah Anda mampu membiayai pengeluarannya?

Biaya yang dibutuhkan untuk membesarkan bayi tidak sedikit. Mulai dari popok hingga kereta dorong, baju bayi hingga ranjang bayi membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Buatlah daftar kebutuhan yang diperlukan bayi dan hitung total jumlahnya. Lihat apakah penghasilan yang saat ini Anda miliki cukup untuk membayarnya.

2. Apakah siap untuk melahirkan tidak normal?

Semua orang tua menginginkan anaknya lahir secara normal. Selain lebih baik untuk pertumbuhan si anak, melahirkan secara normal juga jauh lebih murah. Namun, ada kalanya kondisi kandungan mengharuskan sang ibu melahirkan secara caesar.

Jika sudah begini, biaya yang dikeluarkan cukup besar. Bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Apakah Anda sudah menyiapkan dana yang cukup untuk kebutuhan ini?


Source: liputan6.com
IHSG Bakal Naik Terbatas di Awal Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih konsolidasi dengan kecenderungan menguat pada perdagangan saham awal pekan ini.

Analis PT Investa Saran Mandiri Hans Kwee menuturkan IHSG masih konsolidasi dengan kecenderungan menguat. IHSG akan bergerak di level support 4.796-4.817 dan resistance 4.849-4.886 pada perdagangan saham awal pekan ini.

Hans menuturkan, saat ini masih minim sentimen dari dalam negeri. Sentimen global antara lain data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) lebih bagus dan pernyataan pejabat bank sentral AS akan mempengaruhi laju IHSG.

Sementara itu, Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG naik terbatas. Saat ini level support IHSG yang sedang diuji di kisaran 4.821.

 

Baca Juga

  • IHSG Koreksi 27 Poin Sambut Libur Panjang
  • IHSG Bakal Melemah Terbatas, Cermati Saham Pilihan Ini
  • Seluruh Sektor Melemah, IHSG Dibuka Turun ke 4.836,62

Source: liputan6.com
Putri Donald Trump Selalu Minta Ini Sebelum Tawarkan Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Ivanka Trump, salah satu putri orang terkaya Donald Trump memiliki harapan tinggi kepada seseorang yang direkrutnya. Ia pun ingin memastikan kalau pilihannya tepat sebelum menawarkan pekerjaan.

Itu sebabnya ia selalu meminta referensi calon karyawan. Wakil Presiden The Trum Organization Ivanka Trump menuturkan, pihaknya ingin seseorang yang baru memulai karier. Seseorang yang mempunyai keyakinan, dan melihat tantangan sebagai peluang.

"Orang-orang yang berdedikasi, benar-benar bertanggung jawab satu sama lain dan mencapai tujuan bersama, ambisius. Saya suka dengan orang yang tidak malu-malu tentang penggunaan kata itu," ujar dia seperti dikutip dari laman Business Insider, Senin (28/3/2016).

Baca Juga

  • Tiffany Trump Ikuti Jejak sang Kakak Manggung di Catwalk
  • Ini yang Bakal Terjadi Jika Donald Trump Jadi Presiden AS
  • Miliarder Ini Tolak Dukung Donald Trump Jadi Presiden AS

Source: liputan6.com
Ekonomi Membaik Dukung Penguatan IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi masih bergerak positif dalam sepakan ke depan. Analis HD Capital Yuganur Wijanarko mengatakan, kondisi perekonomian yang membaik menjadi penopang IHSG.

"Prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2016 yang dapat naik di atas level 5 persen dan BI rate di bawah 7 persen. SEA Games 2016 yang akan berlangsung di Jakarta akan berdampak pada geliat ekonomi terutama infrastruktur," kata dia dalam ulasannya, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Dari sisi ekternal, pergerakan IHSG dipengaruhi oleh stabilitas perekonomian China. Kemudian perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS) setelah menaikkan suku bunga dan ditopang belanja konsumen dan sektor manufaktur.

"Walaupun sempat didera aksi jual akibat volatilitas jangka pendek regional namun kami masih optimis bahwa IHSG akan breakout di atas resistance psikologis 4.900 menuju psikologis selanjutnya 5.000," ujar dia.

Baca Juga

  • IHSG Koreksi 27 Poin Sambut Libur Panjang
  • IHSG Bakal Melemah Terbatas, Cermati Saham Pilihan Ini
  • Mengekor Bursa Asia dan Wall Street, IHSG Kompak Melemah

Source: liputan6.com
Ayo Beli, Tiket KA Lebaran Bisa Dipesan Pukul 00.00 WIB Senin Ini

Liputan6.com, Jakarta - Momen Lebaran baru akan berlangsung beberapa bulan ke depan. Namun PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero sudah membuka pemesanan tiket kereta api (KA) Lebaran 2016 pada Senin (28/3/2016) pukul 00.00 WIB.
 
Itu artinya masyarakat dapat mulai berburu tiket mudik dini hari malam ini. "Ya, pemesanan tiket KA Lebaran 2016 kita mulai buka Senin ini pukul 00.00 WIB. Jadi malam ini ya," kata VP Corporate Communication KAI Agus Komarudin saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Minggu malam (27/3/2016).      

Baca Juga

  • Libur Panjang, Tiket Kereta Api Tujuan Jawa Ludes
  • Jelang Libur Paskah Tiket KA Jawa Timur Ludes
  • Sambut Libur Panjang Tiket KA Ludes, Ini yang Masih Tersisa

Source: liputan6.com
Top 3: Tiket KA Lebaran Bisa Dipesan Pukul 00.00 WIB Senin Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kereta api menjadi salah satu alat transportasi alternatif saat momen Lebaran. Tak heran, kereta api kerap menjadi buruan para pemudik.

Meski baru berlangsung beberapa bulan, namun PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero sudah membuka pemesanan tiket kereta api (KA) Lebaran 2016 pada Senin (28/3/2016) pukul 00.00 WIB.

Artikel ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Simak 3 berita paling dicari, Senin (28/3/2016):

1. Ayo Beli, Tiket KA Lebaran Bisa Dipesan Pukul 00.00 WIB Senin Ini

Momen Lebaran baru akan berlangsung beberapa bulan ke depan. Namun PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero sudah membuka pemesanan tiket kereta api (KA) Lebaran 2016 pada Senin (28/3/2016) pukul 00.00 WIB.
 
Itu artinya masyarakat dapat mulai berburu tiket mudik dini hari malam ini. "Ya, pemesanan tiket KA Lebaran 2016 kita mulai buka Senin ini pukul 00.00 WIB. Jadi malam ini ya," kata VP Corporate Communication KAI Agus Komarudin saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Minggu malam (27/3/2016).      

Untuk KA reguler, KAI menyiapkan sekitar total 1,7 juta kursi ke berbagai jurusan untuk sekali perjalanan. Diantaranya dari Jakarta, menuju kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meliputi, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan sebaliknya. Simak berita selengkapnya di sini!

2. Pertamina Akan Legalkan Penjual BBM Eceran

PT Pertamina (Persero) akan melegalkan penjual Bahan Bakar Minyak (BBM) eceran dengan menjadikan badan usaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mini. Langkah ini dilakukan agar penjualan  BBM terkoordinasi dan aman.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan, ‎Pertamina akan menerima segala macam bentuk penjual BBM eceran untuk diubah jadi SPBU mini.

"Izin masih proses, ini partner untuk yang kecil," kata Bambang, di Manado, Sulawesi Utara, Minggu (27/3/2016).

Bambang menuturkan, pengusaha BBM eceran akan dibina oleh rekanan Pertamina Garuda Mas dengan memakan biaya sekitar Rp 25 juta untuk menjadi SPBU mini.Simak berita selengkapnya di sini!

3. 4 Kesalahan yang Dilakukan Pengguna Kartu Kredit

Generasi milenium saat ini banyak yang tidak mengerti bagaimana cara kerja kartu kredit. Hal tersebut termasuk pengetahuan soal limit kredit dan bunga yang dibebankan.

"Mereka pikir mereka tahu, padahal sebaliknya," kata manager bidang pendidikan konsumen Experian, Sandra Bernardo, seperti dikutip dari Washington Post, Minggu (27/3/2016).

Kurangnya pengetahuan ini membuat konsumen muda sering membuat kesalahan dan berakhir dengan kesulitan membayar tagihan sampai mendapatkan pinjaman dari bank.

Berikut empat kesalahan yang dilakukan generasi milenium ketika memakai kartu kredit. Simak berita selengkapnya di sini!


Source: liputan6.com
KAI Siapkan 4,4 Juta Kursi Kereta Reguler pada Mudik Lebaran 2016

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero menyiapkan lebih dari 4 juta kursi kereta api (KA) reguler untuk angkutan mudik Lebaran 2016. Tiket tersebut sudah dapat dipesan dan dibeli mulai Senin (28/3/2016) pukul 00.00 WIB.   

VP Corporate Communication KAI Agus Komarudin mengungkapkan, perseroan telah menyediakan tiket untuk keberangkatan dan kepulangan mudik Lebaran tahun ini sebanyak 200 ribu kursi setiap harinya.

"Masa angkutan tanggal 29 Juni sampai 17 Juli. Program tempat duduk rencananya per hari kereta api reguler 200.080. Kalau dikalikan periode angkutan 22 hari jadi total 4,40 juta kursi," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, seperti dikutip Senin (28/3/2016).

Jutaan kursi KA reguler tersebut, kata Agus, ditujukan untuk keberangkatan dan kepulangan pemudik dari Jakarta ke berbagai jurusan di Jawa serta Sumatera, dan sebaliknya.  

Pada angkutan Lebaran 2016, ada 344 perjalanan KA reguler untuk jurusan mudik ke Jawa dan Sumatera yang disiapkan. Jumlah ini naik dari Lebaran tahun lalu sebanyak 340 perjalanan. Namun tiket ini dipastikan belum termasuk KA tambahan.

Baca Juga

  • Ayo Beli, Tiket KA Lebaran Bisa Dipesan Pukul 00.00 WIB Senin Ini
  • Libur Panjang, Tiket Kereta Api Tujuan Jawa Ludes
  • Jelang Libur Paskah Tiket KA Jawa Timur Ludes

Source: liputan6.com
Ini yang Harus Diperhatikan Usai Blok Masela Diputuskan di Darat

Liputan6.com, Jakarta - Rencana pengembangan fasilitas gas (Plan Of Development/POD) di daratan (onshore) pada Blok Masela harus matang untuk meminimalisir terjadinya bencana pada proyek tersebut.

Demikian diungkapkan Wakil Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Mukhtaso‎r. Dia mengatakan, setelah Presiden Joko Widodo memutuskan pembangunan fasilitas pengolahan gas di darat maka sudah menjadi hal yang mutlak bagi semua pihak untuk dapat melaksanakannya dengan baik.

‎“Semua pihak mesti saling dukung untuk dapat merealisasikan proyek ratusan triliun ini agar bermanfaat besar bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Mukhtasor di Jakarta, Senin (28/3/2016).

Menurut Mukhtasor, sudah saatnya pertimbangan utama dalam setiap kebijakan itu adalah Ketahanan nasional di bidang sosial, ekonomi, politik, serta pertimbangan finansial dan investasi menjadi hal yang penting.

Kemudian menjadi hal utama untuk menempatkan pilihan teknologi, baik untuk sistem di darat ataupun laut, sebagai pendukung tujuan nasional yang lebih besar.

Selain itu, perlunya mitigasi lanjutan agar dapat meminimalkan resiko dalam pelaksanaan proyek di Blok Masela.  “Pemerintah dan investor harus memberi perhatian utama pada mitigasi bencana kelautan dalam tindak lanjut pembangunan LNG sistem perpipaan ke darat," ungkap dia.

Baca Juga

  • Pertamina Siap Investasi di Blok Masela
  • Hipmi: Pengusaha Lokal Jangan Jadi Penonton di Masela
  • SKK Migas Dorong Pertamina Terlibat Pengelolaan Blok Masela

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Naik Rp 2.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Di awal pekan ini, harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) naik Rp 2.000 menjadi Rp 560 ribu per gram pada Senin (28/3/2016) dibandingkan sebelumnya Rp 558 ribu per gram.

Sementara harga pembelian kembali (buyback) emas Antam naik Rp 1.000 menjadi Rp 511 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 511 ribu per gram.

Adapun pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kilogram (kg) akan dilakukan maksimal dua hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi.

Baca Juga

  • Harga Emas Naik Pasca Serangan Brussels
  • Suku Bunga AS Bakal Naik Tekan Harga Emas
  • Emas Antam Dijual Rp 565 Ribu per Gram

Source: liputan6.com
Membaiknya Data Ekonomi AS Topang Penguatan Bursa Asia

Liputan6.com, Tokyo - Bursa saham Asia bergerak menguat ke level tertinggi pada perdagangan saham awal pekan ini. Penguatan bursa saham Asia ditopang sentimen positif dari pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) pada kuartal IV 2015.

"Selama pemulihan ekonomi AS terus berlanjut, saya berpikir reli di bursa saham global terus berlanjut," ujar Takeru Ogihara, Chief Strategist Mizuho Trust Bank, seperti dikutip dari laman Reuters, Senin (28/3/2016).

Indeks saham Jepang Nikkei naik 0,8 persen. Indeks saham Topix naik 0,6 persen ke level 1.374,80.

 

Baca Juga

  • Bursa Asia Bergerak Variatif Jelang Akhir Pekan
  • Seluruh Sektor Melemah, IHSG Dibuka Turun ke 4.836,62
  • Penguatan Dolar AS dan Kejatuhan Harga Minyak Tekan Bursa Asia

Source: liputan6.com
Rupiah Sentuh 13.323 per Dolar AS, IHSG Susut 17 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan koreksi pada awal pekan ini. Pergerakan IHSG ini berlawanan dengan bursa saham Asia yang menguat.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Senin (28/3/2016), IHSG turun 17,9 poin atau 0,37 persen ke level 4.809,18. Koreksi IHSG berlanjut pada pukul 09.00 WIB. IHSG melemah 16,62 poin atau 0,3 persen ke level 4.810,4.

Indeks saham LQ45 susut 0,41 persen ke level 835,92. Seluruh indeks saham acuan tertekan pada awal sesi perdagangan.

Ada sebanyak 61 saham melemah sehingga menyeret IHSG ke zona merah. Sementara itu, 61 saham menguat dan 58 saham lainnya diam di tempat.

 

Baca Juga

  • IHSG Bakal Naik Terbatas di Awal Pekan
  • Ekonomi Membaik Dukung Penguatan IHSG
  • IHSG Koreksi 27 Poin Sambut Libur Panjang

Source: liputan6.com
Kejar Target Rp 1.360 Triliun, Dirjen Lantik 643 Pemeriksa Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Ken Dwijugiasteadi melantik 643 tenaga fungsional pemeriksa pajak di lingkungan Kantor Pusat dan Kantor Wilayah DJP Jakarta.

Ratusan pemeriksa pajak tersebut akan memuluskan Unit Eselon I Kemenkeu itu untuk meraup penerimaan pajak sebesar Rp 1.360 triliun di 2016.

"Kita melantik 643 pemeriksa pajak secara serentak. Mereka akan melakukan pekerjaan penting ini di tahun penegakan hukum dan ekstensifikasi," kata Ken saat Konferensi Pers di kantornya, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Ia mengakui, fungsi tenaga pemeriksa pajak ini bukan sekadar memeriksa secara detail setiap laporan pajak dari Wajib Pajak, tapi juga melakukan ekstensifikasi atau perluasan pajak.

 

Baca Juga

  • Menkeu: Banyak Warga Super Kaya, tapi Rasio Pajak RI Rendah
  • Strategi Dirjen Pajak Baru Dongkrak Setoran Pajak
  • Pemerintah Sulit Tambah Wajib Pajak Tanpa Tax Amnesty

Source: liputan6.com
Menperin Ingin Bangun Industri Pengolahan Ikan di Aceh

Liputan6.com, Jakarta - Provinsi Aceh memiliki potensi industri pengolahan perikanan laut yang besar. Ini terlihat dari garis pantai mencapai 1.660 kilometer (km) dan luas perairan laut seluas 295 ribu km persegi, baik teritorial dan zona ekonomi eksklusif.

Ikan laut tangkapan nelayan berasal dari perairan di Aceh yang meliputi Samudera Hindia di bagian barat, Selat Malaka di sisi timur dan Laut Andaman di sebelah utara Aceh.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, potensi sektor perikanan yang dimiliki Aceh terdiri dari penangkapan, budidaya, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. Ke depan, industri olahan bakal dipacu guna mendongkrak nilai tambah dan serapan tenaga kerja.

"Semangat kita adalah mengembangkan industri olahan di Aceh karena ini memberi manfaat bagi masyarakat Aceh. Pendapatan yang meningkat dapat dinikmati nelayan, pelaku usaha, tenaga kerja serta memberi pendapatan bagi daerah," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (28/3/2016).

 

Baca Juga

  • Investor Tiongkok Minat Bangun Pabrik Pengolahan Sagu di Papua
  • RI Punya Peluang Besar Kuasai Pasar Perikanan Global
  • Pria Ini Sukses Berbisnis Ikan Olahan Beromset Rp 40 Miliar

Source: liputan6.com
Indofood Kantongi Penjualan Rp 64 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada tahun lalu cukup mempengaruhi kinerja PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF).

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) membukukan penjualan konsolidasi tumbuh 0,73 persen menjadi Rp 64,06 triliun hingga 2015 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 63,5 triliun.

Kontribusi penjualan terbesar dari kelompok usaha strategis produk konsumen bermerek yang mencapai 49 persen.

Lalu disusul kelompok Bogasari sebesar 24 persen, perkebunan sebesar 19 persen dan distribusi sebesar delapan persen terhadap penjualan.

 

Baca Juga

  • Divisi Perkebunan Membaik Bakal Topang Indofood
  • Indofood Tambah Saham di Salim Ivomas
  • Indofood Kantongi Laba Rp 1,68 Triliun

Source: liputan6.com
10 Negara dengan Pendapatan Tertinggi di Asia

Liputan6.com, Jakarta - Di luar benua Amerika, Australia maupun Eropa yang kerap menjadi tujuan wisata yang mahal, Asia tergolong sebagai benua yang paling beragam dalam hal budaya, geografi, dan kinerja ekonominya. 

Beberapa negara di Asia ternyata mampu menjadi negara yang mampu memberikan pendapatan yang cukup tinggi bagi warganya. Pendapatan tersebut karena industrinya yang cukup maju, baik industri di sektor sumber daya alam maupun yang lainnya.

Melansir dari Gazette Review, Senin (28/3/2016), terdapat 10 negara di Asia yang memberikan pendapatan tinggi kepada warganya. Pemeringkatan tersebut disusun oleh Bank Dunia (World Bank). Berikut rinciannya:

1. Arab Saudi

Arab saudi merupakan negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di timur tengah dengan penghasilan rata-rata US$ 53.149 per tahun atau setara dengan Rp 708 juta per tahun (estimasi kurs 13.333 per dolar AS). Arab Saudi merupakan negara terkaya di Asia.

Setelah bergabung dengan World Trade Organization pada tahun 2005 dan menjadi anggota pendiri OPEC, Arab Saudi bertahan sebagai salah satu pilar ekonomi dan produksi primer dari produk minyak bumi.

Seperti yang diharapkan dari industri yang menguntungkan, negara ini membuat dirinya menjadi negara terkaya di Asia dalam hal Purchasing Power Parity dan PDB.

2. Taiwan

Taiwan merupakan markas dukungan IT dengan pendapatan rata-rata US$ 43.599 per tahun atau Rp 581 juta per tahun. Pada kisaran 1960, Taiwan memiliki ekonomi di bidang pertanian cukup sukses. Lalu selama beberapa dekade terakhir negeri ini lebih terbuka pada perbaikan teknologi dan pelatihan lembaga dari negara lain. Dengan begitu Taiwan memiliki negara impor dan mitra ekspor utama yaitu Jepang, China dan Amerika Serikat.

3. Jepang

Negara ini merupakan raksasa di industri otomotif, elektronik dan pinjaman. Jepang memiliki perekonomian yang sangat kuat dengan rata-rata penghasilan US$ 38.216 per tahun atau Rp 509 juta per tahun. Jepang memiliki beberapa kota yang modern dan akomodatif dalam dunia industri pengembangan penelitian yang tiada duanya.

Meskipun begitu, Jepang tidak terlalu kaya dalam hal sumber daya alam. Berkat budaya yang berorientasi kerja keras dan inovasi dalam bidang teknologi, bangsa ini berhasil menempati kedudukan ketiga negara dengan penghasilan terbanyak.

4. Korea Selatan

Korea Selatan adalah salah satu dari sekian negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi dengan gambar skala logaritmik. Korea Selatan mengalami masa sulit sejak Perang Korea sampai tahun 1970-an. Hal tersebut membuat negara ini cukup miskin.

Berkat inovasinya dalam produksi otomotif, bangunan kapal, dan bidang elektronik, kini Korea Selatan memiliki perekonomian yang cepat berkembang di Asia. Hal tersebut juga menjadi kemajuan besar dalam kualitas hidup dan pendidikan bagi rakyat secara umum dengan penghasilan rata-rata US$ 36.528 per tahun atau Rp 487 juta per tahun.

5. Uni Emirat Arab

Menjadi pusat beberapa bangunan terbesar di planet ini, dan kemacetan lalu lintas oleh mobil mewah, menjadikan UEA raksasa ekonomi. 90 persen hasil ekonominya berdasarkan minyak bumi dan produk minyak bumi, menjadikan Emirates pemain utama di Organisasi Perdagangan Dunia dan OPEC. Dengan penghasilan rata-rata US$ 35.400 per tahun atau Rp 471 juta.


Source: liputan6.com
Tips Cerdas Manfaatkan Kredit Laptop

Liputan6.com, Jakarta - Komputerisasi dan digitalisasi menjadi ciri khas dari kehidupan manusia modern. Tak heran jika saat ini banyak ditemukan perangkat komputer dan digital untuk menunjang aktivitas dan produktivitas kerja.

Salah satunya adalah laptop. Untuk bisa memenuhi kebutuhan semua kalangan, kini laptop hadir dengan beragam spesifikasi dan harga yang semakin terjangkau.

Apalagi sekarang ini fasilitas kredit yang ditawarkan oleh lembaga perbankan ataupun pembiayaan telah menjamur. Harapan untuk bisa memiliki laptop idaman pun makin mudah untuk diwujudkan.

Tak bisa dipungkiri masyarakat memang memiliki lapisan ekonomi yang berbeda. Bagi mereka yang tergolong dalam ekonomi menengah ke bawah tentunya cukup sulit untuk memiliki laptop jika harus membeli secara tunai.

Meski di satu sisi butuh, tentu saja mereka akan lebih memprioritaskan kebutuhan lain yang lebih pokok. Fasilitas kredit dari bank ataupun lembaga pembiayaan dirasakan bagai angin surga oleh mereka yang ingin segera memiliki laptop tetapi terkendala masalah budget.

Untuk memiliki laptop yang diidamkan, mereka tak harus menunggu pundi-pundi uang terisi penuh. Sebaliknya, mereka bisa segera membawa pulang laptop dan memilikinya dengan sistem pembayaran angsuran setiap bulan hingga jangka waktu yang disepakati bersama.

Meski tawaran fasilitas kredit laptop semakin marak, namun Anda harus tetap berhati-hati ketika ingin memanfaatkannya.

Jangan mudah terpengaruh bujuk rayu marketing officer dari lembaga pembiayaan dan terbawa perasaan, tetaplah berpikir logis juga rasional. Pertimbangkan persyaratan juga beban bunga yang diberlakukan.


Source: liputan6.com
2.000 Perusahaan Asing Gelapkan Pajak Selama 10 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) menyatakan sebanyak 2.000 perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia tidak membayar Pajak Penghasilan (PPh) Badan Pasal 25 dan Pasal 29 karena alasan merugi. Perusahaan asing tersebut menggunakan tiga modus utama supaya bisa mangkir dari kewajiban menyetor pajak di Indonesia.

Direktur Jenderal Pajak, Ken Dwijugiasteadi saat Konferensi Pers Pelantikan Pemeriksa Pajak mengungkapkan, 2.000 perusahaan tersebut merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) yang ditangani Kantor Wilayah (Kanwil) Pajak Khusus.

"Yang dimaksud tidak membayar pajak adalah mereka tidak membayar PPh Badan Pasal 25 dan 29 karena merugi terus-menerus. Tapi perusahaannya masih eksis," tegas Ken di kantornya, Jakarta, Senin (28/3/2016).

DJP harus menelusuri lebih dalam terkait kebenaran hal tersebut. Menurut Ken, sebanyak 2.000 perusahaan multinasional mengemplang pajak PPh Badan 25 dan 29. Sementara pajak lainnya, diakui Ken, perusahaan asing tersebut memenuhi kewajiban.

"Kalau dikatakan tidak membayar pajak bukan berarti dia tidak membayar semuanya. PPh Final bayar, PPh 21 bayar. Tidak membayar pajak atas dirinya sendiri, dan itu yang paling sulit menarik PPh 25 dan 29 karena melekat pada Badan itu sendiri," tutur Ken.

Sebanyak 2.000 PMA tersebut, sambungnya, terdiri dari perusahaan di sektor perdagangan, dan sebagainya. Ken menegaskan, perusahaan asing ini tidak membayar pajak selama 10 tahun. Praktik penghindaran pajak ini dilakukan dengan modus transfer pricing atau mengalihkan keuntungan atau laba kena pajak dari Indonesia ke negara lain.

Baca Juga

  • Ditjen Pajak Targetkan Lapor SPT Lewat E-Filing Tembus 4 Juta
  • Dirjen Pajak: Petugas Tak Pandang Bulu Periksa Wajib Pajak
  • Kejar Target Rp 1.360 Triliun, Dirjen Lantik 643 Pemeriksa Pajak

Source: liputan6.com
Sudirman Said Jamin Pegawai Kementerian ESDM Taat Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menjamin seluruh  pegawai instansinya telah taat pajak. Lantaran pajak merupakan bagian Bela negara.

Sudirman mengatakan, pajak merupakan sumber pendapatan negara. ‎Dengan kepatuhan membayar pajak maka keuangan negara akan semakin kuat. Ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, mencapai pertumbuhan ekonomi.

"Kalau keuangan kita kuat, kita bisa penuhi semua atau sebagian besar kebutuhan dari masyarakat dan ekonomi bisa jadi yang diharapkan dan ada multiplier," kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Sudirman melanjutkan, sebagai ‎pelayan masyarakat, pegawai Kementerian ESDM harus memberi contoh yang baik patuh membayar pajak dan melaporkan SPT Tahunan yang sudah diwajibkan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

Baca Juga

  • Sudirman Said Soal Blok Masela: Saatnya Move On, Setop Polemik
  • Jaga Integritas, Sudirman Said Usul Remunerasi Pegawai ESDM
  • Menteri ESDM: Proyek 35 Ribu MW Bukan Target tapi Kebutuhan

Source: liputan6.com
Wijaya Karya Raih Proyek Pembangunan Pabrik Minyak Goreng

Liputan6.com, Jakarta - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) ditetapkan sebagai pemenang proyek pembangunan pabrik minyak goreng berkapasitas 600.000 ton per Tahun di Kawasan Ekonomi Khusus, Sei Mangke, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Nilainya mencapai Rp 501,08 miliar.

Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya Tbk Suradi menjelaskan pengumuman pemenang tender tersebut berdasarkan evaluasi administrasi, teknis, harga, kualifikasi, dan verifikasi yang dilakukan oleh PT Perkebunan Nusantara III (Persero).

WIKA ditunjuk oleh PT Perkebunan Nusantara III (Persero) sebagai pemenang pada 21 Maret 2016 sesuai dengan Surat Keputusan Direksi Nomor: 3.06/SKPTS-SP2/01-S/2016 tentang hasil Evaluasi Dokumen Penawaran Harga Pelelangan Umum Pekerjaan Pembangunan Pabrik Minyak Goreng Kapasitas 600.000 ton CPO/tahun.  

"Rencananya proyek ini akan berlangsung selama 18 bulan kalender kerja," kata Suradi, Senin (28/3/2016).

Baca Juga

  • Wijaya Karya Akan Setor Modal untuk Proyek Kereta Cepat
  • Wijaya Karya Kantongi Pendapatan Rp 13,62 Triliun
  • BUMN Ini Dipercaya Bangun Mal di Arab Saudi

Source: liputan6.com
Alasan Penurunan Harga BBM Kecil

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan penurunan harga Bahan Bakar Minyak‎ (BBM) untuk periode April tidak terlalu besar.

Sejak Januari ‎tidak melakukan perubahan harga BBM, Pemerintah akan melakukan perubahan harga pada April 2016. Sudirman mengatakan pengumuman perubahan harga dilakukan dalam waktu dekat.

"BBM sedikit lagi diumumkan,‎" kata Sudirman, di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Sudirman mengungkapkan, Pemerintah terus berupaya agar harga BBM tetap stabil. Karena itu, penurunan harga BBM pada April 2016 dipastikan tidak terlalu besar sebagai antisipasi jika kembali harus alami kenaikan.

 

Baca Juga

  • Berapa Idealnya Harga BBM Turun Versi Pertamina?
  • Harga BBM Turun, Pengusaha SPBU Bakal Dapat Kompensasi
  • Pertamina Tolak Rencana Pengenaan Cukai untuk BBM

Source: liputan6.com
Rupiah Melemah ke 13.312 per Dolar AS di Awal Pekan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali tertekan pada perdagangan di awal pekan ini. Pelemahan rupiah tersebut karena memang dolar AS melanjutkan penguatannya.

Mengutip Bloomberg, Senin (28/3/2016), rupiah berada di level 13.312 per dolar AS pada perdagangan pukul 12.00 WIB. Level tersebut melemah jika dibandingkan dengan pembukaan yang ada di angka 13.249 per dolar AS maupun jika dibandingkan dengan penutupan pekan lalu yang ada di angka 13.245 per dolar AS.

Sepanjang pagi hingga siang hari ini, rupiah berada di kisaran 13.242 per dolar AS hingga 13.349 per dolar AS. Jika dihitung sejak awal tahun, rupiah masih mampu menguat 3,47 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Date (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.323 per dolar AS. Patokan tersebut melemah jika dibandingkan dengan patokan pada pekan lalu yang ada di angka 13.2500 per dolar AS.

Baca Juga

  • Rupiah Sentuh 13.323 per Dolar AS, IHSG Susut 17 Poin
  • Rupiah Masih Melemah, Sempat Sentuh 13.206 per Dolar AS
  • BI: Rupiah Terlalu Kuat Bisa Membuat Ekonomi Rentan

Source: liputan6.com
BEI dan OJK Sepakat Soal Perubahan Fraksi Harga Saham

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan telah mencapai kesepakatan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengubah fraksi harga saham.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Alpino Kianjaya mengatakan meski belum diputuskan, kedua belah pihak telah satu suara untuk perubahan fraksi saham. Dia menuturkan fraksi saham akan diubah menjadi lima kelompok sesuai usulan BEI.

"‎Itu clear. Itu sama-sama clear jadi pemahaman antara Bursa dan SRO sudah capai satu kesepakatan untuk ‎kepentingan bersama bursa kita‎," kata dia di Gedung BEI, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Dia mengatakan ‎perubahan fraksi tersebut dilakukan lantaran terjadi penurunan nilai transaksi dan volume pada kelompok tertentu. Bahkan, penurunannya sampai 40 persen.

 

Baca Juga

  • OJK Umumkan Fraksi Saham di Semester I
  • BEI Usul 5 Kelompok Fraksi Saham, Ini Rinciannya
  • BEI Bakal Dongkrak Dana Perlindungan Investor

Source: liputan6.com
Kenaikan Tarif Pajak Rokok Dikaji Sampai 10 Persen

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) tengah mengkaji kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas produk hasil tembakau atau rokok hingga mencapai 10 persen pada 2019. Rencananya penetapan tarif tersebut dilakukan secara bertahap.

Direktur Peraturan Perpajakan II DJP, Irawan mengatakan, Kemenkeu masih pikir-pikir memungut kenaikan tarif PPN rokok pada 2017, mengingat tahun ini sudah diberlakukan penyesuaian tarif menjadi 8,7 persen mulai 1 Januari 2016. Sebelumnya pemerintah mengenakan tarif PPN rokok 8,4 persen.

"Tahun depan belum (dinaikkan). Nanti kita evaluasi kalau 8,7 persen berjalan dengan baik, kita akan ubah (tarifnya)," tegas Irawan saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (28/3/2016).

 

Baca Juga

  • Strategi Dirjen Pajak Baru Dongkrak Setoran Pajak
  • 2.000 Perusahaan Asing Gelapkan Pajak Selama 10 Tahun
  • Ditjen Pajak Targetkan Lapor SPT Lewat E-Filing Tembus 4 Juta

Source: liputan6.com
Sensus Ekonomi 2016 Terancam Mundur

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) akan menyelenggarakan Sensus Ekonomi pada Mei 2016. Namun hal ini terancam mundur jika terjadi pemotongan anggaran BPS yang dilakukan pemerintah.

Kepala BPS Suryamin mengatakan, anggaran yang dibutuhkan untuk sensus ini mencapai Rp 2,3 triliun. Anggaran tersebut dialokasikan untuk kebutuhan pelatihan dan honor para petugas pendataan di masing-masing daerah.

Dia menjelaskan, jumlah petugas pendataan yang akan diterjunkan pada bulan Sensus Ekonomi tersebut mencapai 340 ribu orang. Untuk satu orang petugas, setidaknya mendapatkan honor sebesar Rp 2,4 juta-Rp 3 juta.

 

Baca Juga

  • Bisnis Online Shop Jadi Prioritas di Sensus Ekonomi 2016
  • Berapa Gaji 340 Ribu Petugas Sensus Ekonomi 2016?
  • 340 Ribu Petugas BPS Siap Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

Source: liputan6.com
Harga Beras Turun, Inflasi Maret Bakal Terkendali

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Badan Statistik (BPS) Suryamin memperkirakan tingkat inflasi pada Maret 2016 masih akan terkendali. Hal ini berdasarkan pantauan harga 20 komoditas strategis di pasar sepanjang bulan ini.

"Dari pemantauan harga yang 20 komoditas, banyak yang terkendali harganya. Mudah-mudah (inflasi terkendali)," ujar dia di Jakarta, Senin (28/3/2016).

Dia mengatakan, meski sempat terjadi lonjakan harga cabai pada pertengahan bulan ini, namun bobot komoditas pangan tersebut terhadap keseluruhan tingkat inflasi masih relatif kecil.

Baca Juga

  • Harga Pangan Stabil, Inflasi di Februari Diramal Rendah
  • Data Inflasi Pacu Gerak IHSG
  • Pembeli Sepi, Harga Beras Justru Naik

Source: liputan6.com
PPh 1 Persen bagi UKM Omzet Rp 4,8 Miliar Bakal Turun

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) berencana menurunkan Tarif Pajak Penghasilan (PPh) Final bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM) sebesar 1 persen terhadap penghasilan bruto alias omzet maksimal Rp 4,8 miliar setahun. Penyesuaian ini mempertimbangkan keuntungan tipis yang diperoleh pedagang retail.

Hal ini disampaikan Direktur Peraturan Perpajakan II DJP, Irawan, usai Konferensi Pers Pelantikan Pemeriksa Pajak di kantor DJP Pusat, Jakarta, Senin (28/3/2016). "Iya nanti diturunin (tarif PPh Final). Tapi saya belum tahu berapa persen karena 1 persen masih dianggap masih terlalu besar," ujarnya.

Lebih jauh Irawan mengatakan pelaku usaha UMKM didominasi pengusaha kecil, bahkan pedagang retail. Catatan ini diperkuat data Kementerian Koperasi dan UKM yang menyebut 50 juta pelaku usaha UMKM kebanyakan bergerak di bidang perdagangan, bukan kategori industri.

 

Baca Juga

  • Kenaikan Tarif Pajak Rokok Dikaji Sampai 10 Persen
  • Ketua DPR Laporkan SPT Tahunan Pajak Miliknya
  • 2.000 Perusahaan Asing Gelapkan Pajak Selama 10 Tahun

Source: liputan6.com
Pernikahan Super Mewah Artis China Ini Telan Biaya Rp 413 Miliar

Liputan6.com, Jakarta Artis kenamaan asal China Angela Yeung baru saja melangsungkan pernikahannya. Tidak tanggung-tanggung, pernikahannya dengan aktor Huang Xiaoming menghabiskan dana hingga US$ 31 juta atau setara dengan Rp 413 miliar.

Melansir Forbes, Senin (28/3/2016), dikabarkan biaya yang dikeluarkan untuk pernikahan tersebut mampu melebihi dana yang dikeluarkan untuk pernikahan aktris Hollywood Kim Kardashian dan Kanye West.

Angelababy Huang Xiaoming Wedding Spotlight

Angelababy Wedding Bridal Party

Pernikahan tersebut diselenggarakan di Shanghai Exhibition Center dan mengundang tamu hingga 2000 orang.

Sebelum masuk ke dalam gedung resepsi, tamu yang datang disuguhkan dengan layar besar yang menampilkan foto pre-wedding dari kedua mempelai. Pemotretan foto tersebut dilakukan di Paris.

Angelababy Wedding Screens

Angelababy Dior Wedding Dress Sophie Carre

Angelababy Wedding Credit Xinhua Press

Prosesi pernikahan di lakukan secara mewah, tamu yang datang pun dapat menyaksikan prosesi pernikahan ini secara online. Selain dekorasi yang megah, pernikahan Angela Yeung dan Huang Xiaoming juga dilengkapi dengan kue pengantin setinggi tiga meter. (Vna)


Source: liputan6.com
Ini Usul Indonesia dalam Pertemuan OPEC April Mendatang

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia akan menghadiri pertemuan organisasi negara-negara pengekspor minyak (Organization of the Petroleum Exporting Countries/OPEC) yang digelar pada April mendatang. Dalam pertemuan tersebut, pemerintah akan memberi masukan kepada negara-negara produsen minyak agar segera mengambil sikap terhadap penurunan harga minyak.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, ‎Indonesia memiliki dua posisi dalam industri perminyakan dunia. Posisi pertama sebagai importir sedangkan posisi kedua sebagai eksportir.

"Kita negara importir, tapi juga sebagai produser. Jadi kita di dua sisi maka sebagai sebuah negara kita harus pandai menempatkan diri," kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, ‎Senin (28/3/2016).

Baca Juga

  • Negara OPEC Kukuh Batasi Output Angkat Harga Minyak
  • Genjot Stok Cadangan Energi, RI Rayu Negara OPEC
  • Rencana OPEC Bikin Harga Minyak Melonjak

Source: liputan6.com
Magang di Tempat Ini Digaji Rp 160 Juta dan Bisa Keliling Dunia

Liputan6.com, Jakarta World of Beer, sebuah jaringan kedai pembuat bir di Amerika serikat baru saja membuka kesempatan magang selama musim panas. Kesempatan ini ditunjukan bagi mereka yang ingin merasakan sensasi untuk membuat bir.

Tak hanya itu, pegawai magang nantinya pun akan mendapat pengalaman tak terlupakan. Mereka berkesempatan untuk keliling dunia dan mendapat gaji hingga US$ 12.000 atau setara dengan Rp 160 juta.

Melansir laman Business Insider, Senin (28/3/2016), pelamar yang berminat harus memiliki beberapa persyaratan, antara lain sudah cukup umur, memiliki minat tinggi dengan bir, dan memiliki kemampuan mumpuni di media sosial.

Selain beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, pelamar juga harus membuat sebuah video yang menggambarkan semangat serta antusiasme untuk mempelajari bir. Video tersebut harus diunggah ke media sosial. Semakin populer konten video tersebut, maka semakin besar pula kesempatan pelamar untuk diterima.

Setelah mengunggah video, nantinya pelamar juga akan berkesempatan untuk melakukan wawancara dengan juri yang kompeten.

Sejak didirikan, world of beer telah memiliki 75 kedai yang tersebar di seluruh penjuru Amerika Serikat. Kompetisi ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan World of Beer. (Vna/Zul)

 


Source: liputan6.com
Investor untuk Proyek Pelabuhan Patimban Ditentukan dalam Ratas

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan soal investor yang akan mengembangkan Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, akan diputuskan dalam rapat terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pelabuhan tersebut merupakan pengganti Pelabuhan Cilamaya yang batal dibangun.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengakui memang ada surat dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan soal rencana pembangunan pelabuhan tersebut oleh investor Jepang. Namun keputusannya akan ditentukan dalam ratas di Istana Negara.

"Iya surat Pak Jonan sudah dikirimkan dan itu tentu harus ada keputusan yang lebih lanjut. Kita nanti adaratas yang nanti akan diputuskan bagaimana tentang pembangunan pelabuhan tersebut," ujarnya di Jakarta, Senin (28/3/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Sudah Tentukan Lokasi Pengganti Pelabuhan Cilamaya
  • Nasib Pelabuhan Pengganti Cilamaya Ditentukan Bulan Ini
  • Pergeseran Cilamaya Bukti Komitmen Pemerintah ke Sektor Migas

Source: liputan6.com
Pemerintah Buka Peluang Timbun Minyak di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana menimbun minyak pada tempat penampungan yang berada luar negeri‎. Hal tersebut untuk mengatasi keterbatasan tangki penyimpanan di dalam negeri.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, saat harga murah, pemerintah berencana memborong ‎minyak untuk dijadikan cadangan yang akan meningkatkan ketahanan energi.

"Kita harus memupuk cadangan, dan kalau belinya sekarang, kalau punya uang nih sekarang," kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (28/3/2016).

 

Baca Juga

  • Komitmen Investasi AS Capai US$ 15 Miliar di Kilang Minyak
  • Rencana Pertamina Olah BBM di Luar Negeri Didukung ESDM
  • Pertamina Bakal Gunakan Jasa Pengolahan Minyak di Luar Negeri

Source: liputan6.com
4 Strategi Kementerian PUPR Sediakan Perumahan di 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan menyiapkan empat stategi untuk penyediaan perumahan untuk masyarakat.

Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Deddy Permadi menjelaskan, strategi ini dilakukan untuk meningkatkan realisasi pembangunan perumahan dari tahun lalu yang hanya sekitar 699 unit.

“Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan membentuk bantuan yang diperuntukkan bagi MBR berupa bantuan pembangunan rumah bagi masyarakat berupa rusunawa dan rumah khusus serta bantuan stimulan perumahan seperti bantuan pembangunan baru dan peningkatan kualitas rumah swadaya dan bantuan PSU rumah umum,” ujar dia di kantornya, Senin (28/3/2016).

Deddy menerangkan, sasaran Rumah Susun Sewa adalah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang belum mempunyai kemampuan untuk membeli atau memiliki rumah layak huni. Saat ini target grup pembangunan Rusunawa meliputi Instansi Pemerintah yaitu Kementerian, Lembaga, TNI dan atau POLRI. Instansi Pemerintah Daerah yaitu Provinsi, Kabupaten dan Kota. Pekerja dan Lembaga penerima bantuan lainnya  seperti Lembaga Pendidikan Tinggi, Lembaga Pendidikan Berasrama, Koperasi, dan Yayasan.

Sedangkan Rumah Khusus adalah rumah yang diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan khusus. Target sasaran bantuan rumah khusus adalah masyarakat dan petugas di kawasan perbatasan negara  seperti tenaga medis, guru, petugas mercusuar. Selain itu juga masyarakat daerah terluar dan terpencil, nelayan, rumah cagar budaya, transmigran, korban bencana, masyarakat yang terkena program Pemerintah, dan masyarakat lanjut usia, miskin, yatim piatu dan atau anak terlantar.

Baca Juga

  • Bangun Rumah Murah, Pengembang Daerah Harus Proaktif
  • Tapera Bisa Atasi Kekurangan Rumah di RI dalam 4 Tahun
  • Alasan Buruh Girang Ada Tabungan Perumahan

Source: liputan6.com
Top 3: Hobi Ibu Rumah Tangga yang Hasilkan Duit

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang ibu rumah tangga adalah hal yang tidak mudah. Apalagi berperan sebagai ibu rumah tangga sering sekali dihubungkan dengan kejenuhan karena aktivitas yang lebih banyak dihabiskan di dalam dibandingkan di luar rumah.

Untuk itu, biasanya para ibu rumah tangga dan mungkin Anda salah satunya memiliki beberapa hobi yang berfungsi untuk mengalihkan kebosanan dalam menjalankan peran sebagai seorang ibu yang tidak memiliki karir.

Namun, jangan remehkan hobi yang biasanya dimiliki para ibu rumah tangga. Beberapa hobi tersebut ternyata dapat begitu menghasilkan bahkan bisa dibilang memiliki potensi untuk mendapatkan penghasilan besar. Apa saja hobi yang dimaksud?

Demikian petikan artikel paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com edisi Senin (28/3/2016). Ada beberapa artikel lainnya yang juga menjadi perhatian.

Berikut daftarnya seperti dirangkum dalam Top 3 Bisnis.

1. 5 Hobi Ibu Rumah Tangga yang Hasilkan Pendapatan Besar

Menjadi seorang ibu rumah tangga adalah hal yang tidak mudah. Apalagi berperan sebagai ibu rumah tangga sering sekali dihubungkan dengan kejenuhan karena aktivitas yang lebih banyak dihabiskan di dalam dibandingkan di luar rumah.

Untuk itu, biasanya para ibu rumah tangga dan mungkin Anda salah satunya memiliki beberapa hobi yang berfungsi untuk mengalihkan kebosanan dalam menjalankan peran sebagai seorang ibu yang tidak memiliki karir.

Namun, jangan remehkan hobi yang biasanya dimiliki para ibu rumah tangga. Beberapa hobi tersebut ternyata dapat begitu menghasilkan bahkan bisa dibilang memiliki potensi untuk mendapatkan penghasilan besar. Apa saja hobi yang dimaksud?

Berita selengkapnya baca di sini

2. 10 Negara dengan Biaya Tiket Pesawat Termurah

Italia terkenal karena keunikan menara Pissa dan kanal-kanal romantis di Vienna. Untuk berpindah kota, Anda tidak perlu naik bis jika harga tiket pesawat masih terjangkau.

Pasalnya di negara pizza ini, tiket pesawat per 100 km dihargai US$ 16,75 (Rp 217.750). Semakin murah harga tiketnya, tentu Anda bisa semakin banyak menyantap pizza dan pasta karena budget transportasi jadi lebih hemat.

Daftar selengkapnya baca di sini

3. 7 Sikap Ini Bikin Anda tak Akan Pernah Kaya

Ribuan cara dapat membuat Anda menjadi kaya dan terbebas dari jerat kemiskinan. Hal itu termasuk kebiasaan, sikap dan keyakinan dalam mengumpulkan kekayaan.

Para miliarder dan pengusaha sukses sangat memperhatikan sikapnya sehari-hari. Sebab hal itu dapat menentukan seberapa sukses dirinya secara finansial di masa depan.

Tentu saja, tak ada jaminan bahwa seseorang dapat memprediksi masa depan dengan tepat. Meski begitu, terdapat beberapa sikap yang dapat menghindarkan Anda dari kesuksesan.

Berita selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Besok Pemerintah Rilis Paket Kebijakan Ekonomi XI

Liputan6.com, Jakarta Pemerintahan Jokowi-JK akan kembali menerbitkan paket kebijakan besok. Terdapat 5 kebijakan yang akan dirilis.

"Yang ada besok adalah pengumuman paket kebijakan ke XI," kata Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/3/2016).

Dari 5 kebijakan tersebut, salah satunya membahas tentang persoalan dwelling time atau lama bongkar muat di pelabuhan. Dalam kebijakan tersebut akan diatur mengenai koordinasi 18 kementerian yang terlibat.

 

Baca Juga

  • Cara Pemerintah Perbaiki Peringkat RI dalam Kemudahan Berbisnis
  • Paket Kebijakan 10 Tarik Minat Uni Eropa Berinvestasi di RI
  • Menko Darmin: Jangan Khawatir Laba Usaha Lari ke Luar

Source: liputan6.com