Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Minggu, 13 Maret 2016
Membuat Galeri Foto di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda memiliki banyak foto keluarga di rumah dan bingung untuk tempat yang tepat memajangnya, pilih salah satu area dinding di rumah Anda untuk dijadikan galeri foto.

Dengan penataan yang simetris dan apik, sebuah galeri foto dapat memberikan aksen dekoratif yang sangat kuat. Dikutip dari Rumah.com, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan seperti ditulis Minggu (13/3/2016):

Temukan Inspirasi yang Tepat

Pertama yang harus dilakukan adalah menemukan inspirasi yang tepat. Apakah mungkin Anda menyukai penataan foto yang rapi dalam satu garis lurus, atau mungkin Anda lebih menyukai penataan yang tidak beraturan.

Apakah Anda hanya ingin memajang foto atau mungkin Anda ingin menggabungkannya dengan beberapa lukisan? Bingkai foto dengan satu, dua warna atau mungkin beragam?

Jangan batasi diri Anda dalam berkreasi. Temukan gaya yang paling sesuai untuk rumah dan karakter Anda.

Membuat Rancangan

Setelah Anda selesai menentukan desain layout bingkai foto, kini Anda dapat mencoba menata di lantai rumah. Penataan dimulai dengan bingkai foto yang besar yang menjadi center piece kemudian tata bingkai foto yang lain.

Agar tidak kesulitan dalam mengatur komposisinya, simpan foto galeri yang menginspirasi di dalam smart phone Anda. Anda bisa mencoba menata dalam beberapa alternatif, dengan mengambil gambar bingkai foto yang sudah ditata, bandingkan dan pilih mana yang terbaik.

Beberapa website juga menyediakan template layout pengaturan bingkai foto untuk mempermudah. Anda bisa langsung mencetaknya dari komputer dan mulai mengatur bingkai foto menggunakan template tersebut.


Source: liputan6.com
Inspirasi Bentuk Headboard Unik untuk Kamar Tidur

Liputan6.com, Jakarta - Tidur berkualitas adalah salah satu kebutuhan yang kerap terabaikan. Padahal tidur yang berkualitas berpengaruh pada kesehatan fisik, mental, dan produktivitas.

Perlu Anda ketahui, suasana ruang tidur bisa juga memengaruhi kualitas tidur Anda. Nah, untuk menambah mood dan kenyamanan di kamar tidur, Anda bisa berkreasi dengan menggunakan kepala tempat tidur (headboard).

Berikut ini beberapa inspirasi bentuk headboard yang dikutip dari Rumah.com seperti ditulis Minggu (13/3/2016).

Memajang Karpet

Karpet yang dihamparkan di lantai atau di dinding cukup sering dijumpai. Coba keluar dari kebiasaan ini.

Memajang karpet pada kepala tempat tidur bisa menghadirkan nuansa interior yang tak terduga. Apalagi jika kepala tempat tidur Anda terbuat dari kayu dengan desain simpel nan alami.

Perpaduan karpet, terlebih yang berwarna gelap, dengan tekstur kayu dapat membawa nuansa etnis atau tradisional. Tak harus karpet tebal dan kaku yang sudah biasa dijumpai, Anda pun bisa memajang kain-kain tradisional Indonesia untuk mendapatkan kepala tempat tidur unik semacam ini.

Menyatukan Tempat Tidur Kembar

Ide ini boleh dicoba untuk kamar anak-anak. Jika Anda memiliki dua tempat tidur anak yang sama persis, Anda bisa menyandingkan keduanya dengan satu kepala tempat tidur yang panjang.

Warna-warna cerah namun tak mencolok juga cukup bagus untuk membangun mood di dalam kamar tidur anak-anak. Sebagai contoh, Anda bisa mencoba motif garis-garis vertikal aneka warna yang akan membuat waktu rehat buah hati Anda lebih berwarna.

Memanfaatkan Daun Pintu Antik

Daun pintu merupakan salah satu bagian rumah yang biasanya memiliki detail menawan. Apalagi, daun pintu antik kerap dihiasi dengan ukiran-ukiran memesona.

Jika ingin menjadikan pesona ini lebih intim, Anda bisa mencoba memasang daun pintu bukan di depan rumah layaknya pintu-pintu normal, tapi di kepala tempat tidur. Daun pintu bermotif ukir antik bisa memberi kesan mewah dan elegan di peraduan.

Menyatukan Tema

Menyatukan tema untuk dinding, kepala tempat tidur, dan sprei patut dicoba agar kamar tidur terasa lebih padu dan tidak terlalu semarak. Ini bisa kita lakukan dengan memilih warna yang sama untuk ketiganya.

Untuk kamar dengan ukuran yang tidak terlalu besar, cara ini dapat membantu membangun kesan luas dan lebih leluasa.

Agar tidak terlalu monoton dan membosankan, Anda juga bisa memilih warna-warna yang agak kontras untuk selimut atau sarung bantal. Bisa juga kontras itu didapat dari karpet di lantai atau furnitur lain seperti kursi santai.

Memasukkan Unsur Alam

Lagi-lagi, kayu adalah material serba guna yang dapat diandalkan untuk mendekatkan rumah dengan alam sekitar. Jika Anda ingin juga mendapatkan kedekatan alami ini di kala istirahat, Anda bisa mencoba menghiasi kepala tempat tidur Anda dengan potongan-potongan batang pohon yang disusun sedemikian rupa.

Dengan cara ini, dinding-dinding kamar yang dicat terang akan memperoleh kontras yang dapat menghidupkan keseluruhan ruang tidur.

Menggantungkan Kain

Terakhir, Anda pun juga bisa mengganti kepala tempat tidur dengan kain atau gorden yang digantung membentang pada dinding.

Bukan hanya Anda bebas memajang motif atau warna yang Anda sukai, cara ini juga memudahkan setiap kali Anda ingin berganti suasana dan memasang corak lain yang sesuai dengan suasana hati.

(Astrid Septriana)


Source: liputan6.com
Indonesia Timur, Target Baru Berlibur dan Berinvestasi Properti

Liputan6.com, Jakarta - Orang tua yang gemar berpetualang, entah itu ke pantai atau ke gunung, biasanya menularkan hobi yang sama kepada anak-anaknya. Alhasil, dari minat selaras inilah tercipta suatu misi bersama yakni melakukan liburan keluarga minimal dua kali dalam setahun.

Tak heran jika pada akhirnya daftar libur panjang yang tertera pada kalender diberi lingkaran dari spidol merah serta catatan berupa destinasi wisata tahun ini. Kemudian, masing-masing anggota keluarga mulai mempersiapkan bujet untuk berlibur, dan orang tua mulai mengajukan cuti tahunan ke kantor tempat mereka bekerja.

Sebelum menentukan tujuan wisata, keluarga terlebih dahulu bermusyawarah dan memberi suara tentang target liburan. Jika Bali, Yogya dan Lombok sudah terlampau sering dijelajahi, mengapa tak menyasar objek wisata di belahan timur Indonesia?

Seperti mengutip laman Rumah.com, pulau-pulau yang ada di Flores, Sumba, Maluku, Raja Ampat dan Makassar hingga kini masih menjadi juara dalam hal keindahan pemandangan bawah lautnya.

Pas untuk keluarga yang menyukai aktivitas snorkeling dan diving. Atau bagi pecinta gunung, di Maluku Utara terdapat Gunung Gamalama yang juga memiliki mitos serta pesona alam luar biasa.

Siasati hari libur nasional

Raja Ampat adalah surga bagi para diver (sebutan untuk penyelam), karena lansekap alam bawah lautnya yang sangat indah dan mengagumkan. Beberapa pantai yang bisa dikunjungi untuk melakukan snorkeling atau diving di Raja Ampat antara lain Pantai Yefpian, Pantai Olobi, Pantai Banos, Ganan, dan Pantai Teteruga.

Jika tertarik berwisata ke sini, segeralah cek kalender Anda karena di bulan Mei terdapat hari libur nasional yang pas dijadikan waktu berpiknik. Contohnya Kamis, 5 Mei dan Jumat, 6 Mei. Dua hari libur berturut-turut ini bisa digunakan untuk liburan penuh selama seminggu, dengan mengambil cuti tanggal 2, 3, dan 4 Mei.

Sumber: pixabay

Lalu bagaimana cara menuju Raja Ampat? Wisatawan yang datang dari Jakarta, Surabaya, atau Indonesia bagian barat lainnya tentu membutuhkan akomodasi perjalanan berupa pesawat terbang. Sebaiknya, beli tiket pesawat jauh-jauh hari agar mendapat harga tiket yang terjangkau, atau siapa tahu Anda bisa menemukan promo perjalanan.

Di jaman yang serba praktis, traveler hanya perlu membuka website pemesanan hotel dan tiket pesawat yang marak tersedia. Mengecek jadwal penerbangan menuju Makassar atau destinasi wisata lainnya juga bisa dilihat melalui situs tersebut. Selain cepat dan mudah, beberapa portal juga kerap memberi potongan harga menarik agar bujet liburan Anda tak menguras kantong.

Hobi traveling dapat dijadikan ide berinvestasi

Makassar, sebagai destinasi yang sedang ramai diperbincangkan tak hanya menarik karena perkembangannya yang pesat. Banyak spot wisata cantik yang mengagumkan di sini. Salah satunya Taman Laut Taka Bonerate yang menjadi surga bagi para penyelam.

Di sana, wisatawan bisa berenang bersama dengan ratusan jenis ikan, kura-kura dan penyu. Tak hanya itu, kecantikan terumbu karangnya juga akan membuat siapapun betah berlama-lama berada di sini. Tertantang untuk diving di taman laut ini?

Sumber: wisatasulawesi.com

Sebelum ke sana, Anda dan keluarga harus mempersiapkan akomodasi dan penginapan sejak beberapa hari sebelumnya. Akan tetapi perlu diingat, Makassar kini menawarkan cukup banyak properti yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat menginap keluarga di kala liburan sekaligus sarana berinvestasi yang tepat. Misalnya, rumah tapak seperti Ilma D’Mansion yang berlokasi di Jl. Tamangappa Raya, Makassar.

Perumahan berkonsep modern minimalis ini berjarak 13,8km dari Anjungan Pantai Losari yang merupakan ikon Kota Makassar. Harga jual satu unit di klaster ini berkisar antara Rp 400 juta hingga Rp 500 juta. Relatif terjangkau untuk Anda yang ingin mencicip nikmatnya bisnis properti.

Salah satu jenis properti lain yang juga potensial adalah apartemen. Hunian vertikal dinilai menjadi pilihan paling menarik untuk berinvestasi di Kota Makassar di tengah fluktuasi ekonomi saat ini. Sebab, menjanjikan imbal hasil yang relatif tinggi seiring dengan pertumbuhan ekonomi Ibu Kota Sulawesi Selatan itu.

Kini pembangunan Kota Makassar lambat laun terlihat semakin kencang dan banyak orang berdatangan untuk urusan bisnis. Tak ayal jika apartemen akan menjadi akomodasi favorit bagi pebisnis tersebut. Dan tak menutup kemungkinan, apartemen bisa menjadi alternatif menginap bagi para traveler selain hotel atau vila.

Coba pikirkan, jika Anda memiliki satu unit apartemen di Makassar, Anda dan keluarga bisa menempati selagi berlibur tanpa perlu menyewa kamar hotel. Karena tak menutup kemungkinan, daya pikat yang dimiliki Makassar membuat siapapun rindu untuk bertandang lagi dan lagi.

Nah, saat tak digunakan, ruang apartemen Anda bisa disewakan kepada wisatawan lokal maupun mancanegara dengan sistem harian. Bisa menjadi income tambahan yang menarik, kan?

Foto: Pixabay


Source: liputan6.com
5 Pewaris Harta Terkaya di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua orang mampu untuk membangun kekayaannya dari nol. Ada beberapa orang yang beruntung dan mampu mendapat harta yang banyak dari warisan orang tuanya.

Di daftar miliarder dunia, masih ada beberapa nama yang mampu memiliki kekayaan berlimpah hasil dari warisan leluhurnya. Siapa saja mereka? Melansir Bankrate.com, Minggu (13/3/2016), berikut ulasannya:

1. John Mars

Sumber kekayaan: Mars Inc
Industri: makanan ringan dan permen
Total aset: US$ 29,8 miliar atau Rp 390,3 triliun

2. Jacqueline Mars

Sumber kekayaan: Mars Inc
Industri: makanan ringan dan permen
Total aset: US$ 29,8 miliar atau Rp 390,3 triliun

3. Forrest Mars Jr.

Sumber kekayaan: Mars Inc
Industri: makanan ringan dan permen
Total aset: US$ 29,8 miliar atau Rp 390,3 triliun


Source: liputan6.com
LRT Bikin Waktu Tempuh Jakarta-Bekasi Hanya 30 Menit

Liputan6.com, Jakarta - PT Adhi Karya Tbk optimis proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) bisa rampung sesuai target, yaitu pada 2018. Keberadaan alat transportasi massal ini akan mengintegrasikan sejumlah wilayah seperti Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi.

Direktur III Adhi Karya Joko Prabowo mengatakan, beradaan LRT akan menghidupkan kegiatan ekonomi di sekitar wilayah yang memiliki stasiun transit LRT. Mulai dari bisnis properti hingga perdagangan diyakini akan bergeliat dengan adanya moda transportasi ini.

"Tadi ada bisnis TOD (transit oriented development) yang kalau LRT berjalan. Akan jadi sumber baru bagi Adhi Karya, seperti realty, property yang ada di sekitar trase LRT. Dan baru pertama di Indonesia ada properti di sekitarnya," ujar dia di Jakarta, Sabtu (12/3/2016).

Dengan adanya LRT, lanjut Joko, maka para pekerja di ibukota tidak perlu lagi mencari tempat tinggal di tengah kota Jakarta. Para pekerja bisa mencari tempat tinggal di kota-kota satelit Jakarta yang harganya lebih terjangkau ketimbang di Jakarta.

Baca Juga

  • Adhi Karya Targetkan Kontrak 2016 Capai Rp 25,1 Triliun 
  • Presiden Jokowi Akan Tinjau Proyek LRT di Sumatera Selatan
  • Adhi Karya Tak Masalah Jalur LRT Tergusur Demi Kereta Cepat

Source: liputan6.com
Wika Bukukan Kontrak Baru Rp 4,6 Triliun di Pekan Kedua Maret

Liputan6.com, Jakarta - PT Wijaya Karya (Wika) hingga pekan kedua Maret 2016 mencatat perolehan kontrak baru sebesar Rp 4,67 triliun. Capaian ini sebesar 8,94 persen dari target kontrak baru 2016 sebesar Rp 52,26 triliun.

Direktur Utama Wika Bintang Perbowo mengatakan, pada 2016 perseroan akan memperoleh total kontrak sebesar Rp 86 triliun. Ini terdiri dari target kontrak baru sebesar Rp 52,26 triliun dan carry over dari 2015 sebesar Rp 33,74 triliun.

"Komposisi perolehan kontrak baru Wika tahun 2016 ditargetkan berasal dari pemerintah sebesar 20,73 persen, BUMN 15,85 persen dan swasta 63,42 persen," ujarnya di Jakarta, Sabtu (12/3/2016).

Baca Juga

  • Wika Ingin Garap Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya
  • Wika Pastikan Modal Negara Tak Dipakai Bangun Kereta Cepat
  • Wika Ditugaskan Bangun Jembatan ke Pulau Buatan di Pluit

Source: liputan6.com
BRI Siap Kucurkan Kredit ke Warung Jamu Sido Muncul

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menjalin kerja sama dengan perusahaan jamu PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) dalam layanan perbankan. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan yang dilakukan Senior Executive Vice President Bank BRI Agus Noorsanto dan Direktur Utama Sido Muncul Irwan Hidayat.

Corporate Secretary‎ Bank BRI Hari Siaga Amijarso mengatakan, dalam kerja sama tersebut BRI akan memberikan layanan jasa perbankan kepada Sido Muncul. Menariknya, kerja sama tersebut tak hanya ditujukan kepada Sido Muncul saja namun juga kepada kegiatan pendukung perusahaan. 

Ia mencontohkan, salah satu yang menjadi target adalah suplier bahan baku bagi Sido Muncul yaitu para petani.  Dengan kerja sama itu para petani dapat memanfaatkan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca Juga

  • BRI Kantongi Laba Rp 25,3 Triliun pada 2015
  • Begini Cara BRI Syariah Hilangkan Praktik Rentenir
  • Ini Target Penyaluran KUR BRI di 2016

Source: liputan6.com
Top 3: Kisah Miliarder Pelit

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu miliarder terkaya dunia, Ingvar Kamprad jarang membeli pakaian baru di pusat belanja. Dia lebih memilih untuk memakai pakaian bekas lantaran ingin menghemat uang.

Pendiri perusahaan furnitur dunia, Ikea ini membeli pakaian di tempat pakaian bekas agar bisa menabung. Hal itu diakuinya kala diwawancara salah satu televisi di Swedia, tempat asalnya.

Kisah miliarder pelit ini menjadi salah salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Minggu (13/3/2016):

1. Lantaran Pelit, Miliarder Ini Pilih Beli Baju Bekas

Pendiri perusahaan IKEA ini memilih terbang dengan pesawat kelas ekonomi
Salah satu miliarder terkaya dunia, Ingvar Kamprad jarang membeli pakaian baru di pusat belanja. Dia lebih memilih untuk memakai pakaian bekas lantaran ingin menghemat uang.

Kamprad, yang akan menginjak umur 90 pada 30 Maret nanti, dikenal pelit dan irit, yang menurutnya itu membantu Ikea menjadi salah satu merek terbesar di dunia.

"Saya kira saya tidak memakai pakaian yang tidak saya beli dari pasar barang bekas. Artinya saya ingin membuat contoh," ujar Kamprad. Simak cerita selengkapnya di sini.

2. Kolam Renang Alami, Unik dan Ramah Lingkungan
Salah satu permasalahan mendasar dalam merawat kolam renang, tentu saja, adalah menjaga kualitas airnya.
Salah satu permasalahan mendasar dalam merawat kolam renang, tentu saja, adalah menjaga kualitas airnya. Menambahkan bahan-bahan kimia seperti klorin merupakan cara yang umum digunakan.

Cara ini efektif, tapi jika dosis tidak tepat atau berlebihan, pastinya ada efek samping yang perlu diwaspadai, misalnya iritasi kulit dan mata. Di sisi lain, bahan-bahan kimia juga berpotensi merusak konstruksi kolam dan mengurangi usianya.

Jika Anda berencana membangun kolam renang atau meng-upgrade yang sudah ada, konsep kolam renang alami (natural swimming pool/NSP) bisa menjadi alternatif untuk dicoba. Berita selengkapnya bisa disimak di sini.

3. Indonesia Timur, Target Baru Berlibur dan Berinvestasi Properti
Gili Trawangan merupakan destinasi wisata di Lombok yang tak pernahs epi dari pengunjung.
Orang tua yang gemar berpetualang, entah itu ke pantai atau ke gunung, biasanya menularkan hobi yang sama kepada anak-anaknya. Alhasil, dari minat selaras inilah tercipta suatu misi bersama yakni melakukan liburan keluarga minimal dua kali dalam setahun.

Tak heran jika pada akhirnya daftar libur panjang yang tertera pada kalender diberi lingkaran dari spidol merah serta catatan berupa destinasi wisata tahun ini. Kemudian, masing-masing anggota keluarga mulai mempersiapkan bujet untuk berlibur, dan orang tua mulai mengajukan cuti tahunan ke kantor tempat mereka bekerja.

Sebelum menentukan tujuan wisata, keluarga terlebih dahulu bermusyawarah dan memberi suara tentang target liburan. Jika Bali, Yogya dan Lombok sudah terlampau sering dijelajahi, mengapa tak menyasar objek wisata di belahan timur Indonesia? Simak berita selengkapnya di sini.


Source: liputan6.com
Realisasi Penerbitan SBN di Awal 2016 Capai Rp 102,2 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan telah menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) senilai Rp 102,2 triliun sejak awal tahun hingga akhir Februari 2016. Dana dari utang tersebut akan digunakan untuk membiayai pembangunan proyek-proyek infrastruktur.

Seperti dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Keuangan, Minggu (13/3/2016), untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pada 2016, pemerintah melakukan percepatan belanja untuk pembangunan infrastruktur. Percepatan belanja tersebut dapat dimulai sejak awal 2016.

Pendanaan untuk membiayai percepatan belanja ini bersumber dari pendapatan negara, dan utang. Terkait dengan pendanaan yang berasal dari utang, pemerintah telah menerapkan strategi front loading dengan penerbitan Surat Berharga Negara (SBN)

Baca Juga

  • Percepat Infrastruktur, Pemerintah Tambah Utang Luar Negeri
  • Sampai 18 Februari, Kemenkeu Telah Tarik Utang Rp 135,9 Triliun
  • Sentuh Rp 3.220,98 Triliun, Utang Pemerintah Masih Aman

Source: liputan6.com
Investor Asing Catatkan Jual Bersih Rp 27 Miliar pada Pekan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak cukup fluktuatif pada pekan kedua Maret 2016 ini. Namun di akhir perdagangan, IHSG mampu ditutup di zona positif. Sepanjang pekan ini, investor asing mencatatkan aksi jual bersih dengan nilai Rp 27 miliar. 

Kepala Komunikasi Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Dwi Shara Soekarno menjelaskan, di awal pekan,IHSG ditutup berada pada posisi 4.831,575, atau terkoreksi 0,40 persen. Namun di hari terakhir pekan ini,IHSG berhasil ditutup menguat 0,43 persen pada posisi 4.813,779. "Jika dibanding dengan pekan lalu, IHSG masih tercatat melemah 0,76 persen," jelasnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (13/3/2016). 

Baca Juga

  • Ikuti Bursa Asia, IHSG Naik 20 Poin
  • BEI: Asing Tak Pernah Bisa Kuasai Saham Emiten BUMN
  • Investor Asing Jual Saham, IHSG Susut 17 Poin

Source: liputan6.com
Kendalikan Harga Gabah, Kementan Bentuk Tim Penyerapan

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) membentuk Tim Penyerapan Gabah yang beranggotakan kementerian, Perum Bulog, TNI, BRI dan Pemerintah Daerah (Pemda). Tim Penyerapan Gabah bertugas untuk penyerapan gabah di seluruh daerah agar harga gabah kering tidak berada di bawah pasar. 

Kepala Biro Humas da Informasi Publik Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan, pencanangan program penyerapan gabah nasional perdana telah dilakukan di Desa Babakan, Kecamatan Cisaat, Sukabumi pada tanggal 12 Maret 2016. 

Pencanangan dilakukan di Sukabumi karena daerah tersebut merupakan satu dari sentra padi yang masih didapati harga kotor gabah kering panen di bawah Rp. 3.700 per kilogram (HPP).

Agung melanjutkan, perkiraan panen raya di KabupatenSukabumi dengan areal tanam 90.000 hektare dari luas baku lahan 64.000 hektare akan dilaksanakan pada akhir Maret hingga awal April 2016. Provinsi yang merupakan salah satu sentra padi nasional ini, mempunyai angka produktifitas 6,6 ton per hektare.

Baca Juga

  • Bulog Disarankan Serap Beras Raskin dalam Bentuk Gabah
  • Anggaran Bukan Kendala Kementan Genjot Produksi Gabah
  • Harga Gabah Naik, Pemerintah Mesti Waspada Inflasi Juni

Source: liputan6.com
Incar Proyek PLTG Jawa 1, Pertamina Gunakan Teknologi GE

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) bersama Marubeni konsorsium (Independet Power Producer/IPP) menyepakati kerjasama eksklusif dengan General Electric (GE) untuk penyediaan teknologi Combined Cycle Gas Turbine IPP Jawa 1 berkapasitas 1.600 Mega Watt (MW).

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, dipilihnya General Electric sebagai penyedia teknologi pada proyek IPP Jawa 1, menandai masuknya konsorsium Pertamina-Marubeni pada tahapan penting untuk mempersiapkan diri dalam tender IPP Jawa 1 oleh PT PLN (Persero).

"Kami optimistis dengan kesepakatan kerjasama eksklusif yang sudah terjalin antara konsorsium Pertamina-Marubeni dan General Electric," kata Wianda, di Jakarta, Minggu (13/3/2016).‎

Baca Juga

  • Listrik Mengalir dari PLTG, Sulut dan Gorontalo Bebas Mati Lampu
  • PLTG Beroperasi, Sulut dan Gorontalo akan Bebas Pemadaman Listrik
  • Ini Peran Serta Pertamina dalam Program 35 Ribu MW

Source: liputan6.com
Produk Batik Indonesia Jadi Incaran Pengusaha Jerman

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Jerman paling bersemangat memborong batik buatan Indonesia dalam pameran Bangkok International Fashion Fair & Bangkok International Leather Fair (BIFF & BIL) 2016. Pameran tersebut digelar pada 9 hingga 13 Maret 2016 di Bangkok, Thailand.

BIFF&BIL merupakan pameran tahunan yang diadakan oleh Departemen of International Trade Promotion (DITP) Ministry of Commerce Thailand. Tujuannya mempromosikan pusat fashion di antara negara-negara ASEAN.

Selain Jerman, pengusaha Australia dan China juga turut membeli produk-produkfashion dan kulit dari Indonesia.

Baca Juga

  • Kunjungi Yogyakarta, Ratu Denmark Tertarik pada Batik
  • Pertama Kali, Batik RI Dijual di Pusat Belanja Tertua di Jepang
  • Agar Lebih Dikenal, Batik Asli RI Harus Punya Logo

Source: liputan6.com
PLN Operasikan SUTT 150 KV di Pesisir Selatan Padang

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) telah menyelesaikan transmisi Saluran Udaran Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) dari Bungus hingga Kambang, Kabupaten Pesisir Selatan, Padang, Sumatera Barat. Dengan selesainya transmisi SUTT tersebut akan meningkatkan pasokan listrik di wilayah tersebut.

Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi mengatakan, SUTT Bungus – Kambang mengalirkan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Sirih ke Gardu Induk (GI) Kambang.

"Listrik dari Gardu Induk Kambang mencapai 21 Mega Watt (MW) digunakan untuk memasok kebutuhan listrik pelanggan PLN di daerah Pesisir Selatan dan sekitarnya," kata Agung, di Jakarta, Minggu (13/3/2016).

Baca Juga

  • PLN Berhasil Pasok Listrik ke Pulau Ngenang
  • Terjadi Ganguan SUTT, Sebagian Wilayah Jakarta Mati Lampu
  • PLN Tertibkan Kabel Ilegal di Tiang Listrik Wilayah Jakarta

Source: liputan6.com
Kementan: Ada Permainan di Balik Kenaikan Harga Cabai

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian menduga melonjaknya harga cabai dan bawang merah di pasar tradisional disebabkan karena adanya permainan dari pihak-pihak tertentu. Dugaan tersebut muncul karena stok kedua komoditas tersebut saat ini masih cukup banyak dan bisa mencukupi kebutuhan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Yasid Taufik mengatakan, harga cabai dan bawang merah di tingkat petani hingga grosir masih normal atau tidak ada kenaikan signifikan. Namun di tinggal pengecer, kenaikannya harga komoditas tersebut cukup besar. 

"Kalau grosir di pasar induk dari bulan ke bulan aman. Cabai untuk berbagai jenis di kisaran Rp 27 per kilogram (kg) dan hingga Rp 40 per kg. tapi di eceran naik hampir 100 persen.Sedanhkan dari petani cuma Rp 18 ribu per kg,‎" kata Yasid, di Kantor Direktorat Jederal Holtikultura Kementerian Pertanian,Jakarta, Minggu (13/3/2016).

Baca Juga

  • Harga Cabai Rawit Tembus Rp 100 Ribu per Kg
  • Ini Pemicu Harga Cabai Rawit Merah Melonjak
  • Musim Hujan Tiba, Harga Bawang dan Cabai Melejit

Source: liputan6.com
Pegawai Pajak yang Jadi Tersangka KPK Telah Dipecat Sejak 2014

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mengeluarkan klarifikasi terkait penetapan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas tiga pegawai Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak yang bekerja di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kebayoran Baru Tiga, Jakarta. 

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak Mekar Satria Utama menjelaskan, ketiga oknum yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait kasus pemerasan kepada wajib pajak, dengan inisial HES, ICN dan SR saat ini bukan merupakan pegawai DJP. "Ketiganya sudah diberhentikan Tidak Dengan Hormat sejak 1 Agustus 2014," jelasnya dalam keterangan tertulis, Minggu (13/3/2016). 

Mekar menjelaskan, kasus tersebut didahului dari hasil kerja sama antara Internal DJP dan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Keuangan yang selanjutnya diserahkan keKPK.

Baca Juga

  • Diduga Memeras, 3 Pegawai Pajak Jadi Tersangka di KPK
  • Diringkus Polisi, Ini Sasaran Pemerasan 3 Pegawai Pajak DKI
  • Polda Metro Buru Kelompok Pegawai Pajak DKI Korup

Source: liputan6.com
Investor Australia Ingin Kembangkan Danau Toba

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengidentifikasi minat investasi dari Australia di bidang pariwisata. ‎BKPM menyatakan, investor Australia mengincar pengembangan pariwisata Danau Toba dengan nilai investasi sebesar US$ 10 juta atau setara dengan Rp 125 miliar (dengan kurs 12.500 per dolar AS).

Kepala BKPM Franky Sibarani mengapresiasi hal tersebut. Dia mengatakan, itu menunjukan jika investor Australia mulai melakukan diversifikasi investasi.

"Ini menunjukkan diversifikasi sektor investasi dari Australia, terlebih pemerintah memfokuskan pembangunan sektor pariwisata," katanya, Jakarta, Minggu (13/3/2016).

Baca Juga

  • Australia Lirik Investasi Budidaya Lobster di RI
  • Investor Australia Jajaki Investasi Kapal Rp 164 Miliar
  • Investor Australia Bakal Bangun Marina di Gili Trawangan

Source: liputan6.com
Kementan Tak Bisa Tindak Pedagang yang Permainkan Harga Cabai

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian mengaku tidak bisa menindak oknum yang membuat harga cabai dan bawang merah melambung beberapa waktu belakangan ini. Kewenangan penindakan ada di instansi lain. 

Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Yasid Taufik mengatakan, melambungnya harga cabai dan bawang merah bukan disebabkan oleh masalah produksi pada tingkat petani. Pasalnya saat ini kegiatan produksi cabai dan bawang merah masih berjalan normal.

Pemicu kenaikan harga cabai dan bawang merah disebabkan permainan pasokan di tingkat pengecer, sehingga menciptakan tata niaga cabai dan bawang merah tidak sehat.

"Lompatan harga ini karena ada bias dalam tata niaga yang tidak sehat. Mekanisme pasar tidak mengambarkan suplay dan demand yang sebenarnya,"‎ kataYasid, di Kantor Direktorat Jenderal Hortikultura,Jakarta, Minggu (13/3/2016).

Baca Juga

  • Kementan: Ada Permainan di Balik Kenaikan Harga Cabai
  • Ini Pemicu Harga Cabai Rawit Merah Melonjak
  • Harga Cabai Rawit Tembus Rp 100 Ribu per Kg

Source: liputan6.com
Menhub Jonan Minta Bandara Paling Selatan di RI Disempurnakan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Igantius Jonan, melakukan inspeksi ke Bandar Udara D.C Saudele Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Bandara tersebut merupakan bandara yang lokasinya paling selatan di Indonesia.

Kedatangan Jonan ke pulau tersebut disambut oleh Bupati Rote Lens Haning. Dalam lawatannya ke bandara tersebut, Jonan menyampaikan sejumlah hal penting. Dia mengatakan, meski sudah direnovasi tahun lalu, harus ada penyempurnaan di beberapa bagian bandara.

"Bandara Saudale sudah di renovasi sampai tahun lalu ada pelapisan runway pembangunan taxiway, apron diperbaiki," kata Jonan di Pulau Rote, Minggu (13/3/2016).

"Menurut saya perlu disempurnakan terutama terminal dirapikan lagi apron dan perkeras landasan diperbaiki sehingga pesawat fully loaded naik turun di sini dari Kupang atau dari tempat lain," tambah dia.

Baca Juga

  • Menteri Jonan Beberkan Alasan Kereta Cepat Belum Dibangun
  • Gelar Rakor, Menteri Jonan Satukan Pandangan Pusat dan Daerah
  • Menhub Ignasius Jonan: Keamanan Kereta Cepat Jadi Prioritas

Source: liputan6.com
Bank Mandiri Beri Hadiah Nasabah Mikro 6 Unit Mobil

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk terus mengembangkan program Tabungan Mitra Usaha (TabunganMU) guna membantu pelaku usaha mikro mengembangkan bisnis. Salah satunya melalui program undian berhadiah Mandiri Sumber Rezeki.

SVP Micro Banking Bank Mandiri Wawan Setiawan menjelaskan, program undian berhadiah tersebut merupakan bentuk apresiasi perseroan atas kepercayaan nasabah mikro yang telah menjadikan Bank Mandiri sebagai mitra perbankan.

Kepercayaan tersebut terlihat melalui penghimpunan dana pelaku mikro melalui TabunganMu yang terus tumbuh. Hingga akhir 2015, tercatat jumlah dana dalam TabunganMu mencapai Rp 8,75 triliun, tumbuh 30 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 6,75 triliun.

“Keberadaan produk tabungan yang spesifik bagi nasabah usaha mikro ini secara tidak langsung telah membantu mereka dalam mengelola keuangan sehingga pada akhirnya dapat digunakan untuk meningkatkan skala usaha mereka,” jelasWawan seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (13/3/2016). 

Baca Juga

  • Kisah Nasabah Kaya Sekejap Gara-gara Kesalahan Bank
  • Insiden Saldo Rp 100 Triliun, Bank Mandiri Perketat Sistem IT
  • Pacu Bisnis KPR, Bank Mandiri Bidik Nasabah Lama

Source: liputan6.com
Menhub Jonan: Penyempurnaan Pelabuhan Rote Tak Perlu Anggaran

Liputan6.com, Jakarta - Usai melakukan inspeksi ke bandar udara D.C Saudele, Nusa Tenggara Timur, kunjungan Menteri Perhubungan Ignatius Jonan di Pulau Rote berlanjut. Kali ini Menteri Jonan menginjakan kaki di Pelabuhan Ba`a.

Di tempat itu, Jonan menyampaikan apresiasi atas upaya perbaikan yang dilakukan di pelabuhan tersebut. Bahkan, dia melihat pelabuhan Ba`a sudah jauh lebih dari lawatannya yang pertama.

"Kalau pelabuhan Ba`a ini gedung ini waktu tahun lalu saya ke sini belum ada jadi ini baru untuk pelayanan antar penumpang dari PulauRote ke pulau lain," ucap Jonan di pelabuhan Ba`a, Minggu (13/3/2016).

Baca Juga

  • Menhub Jonan Minta Pelayanan Pelabuhan Ditingkatkan
  • Menteri Jonan Beberkan Alasan Kereta Cepat Belum Dibangun
  • Gelar Rakor, Menteri Jonan Satukan Pandangan Pusat dan Daerah

Source: liputan6.com
Pertamina Incar Gas Murah dari Iran

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) melalui integrated supply chain (ISC) sedang mencari sumber pasokan baru untuk bahan baku gas Elpiji yang lebih murah dari harga sebelumnya. Salah satu penjual gas yang sedang diincar oleh Pertamina adalah Iran.

Vice President Marketing Development ISC Pertamina Hasto Wibowo‎ mengatakan,‎ pencarian sumber baru yang lebih murah tersebut merupakan bagian dari kegiatan efisiensi pengadaan bahan bakar yang dilakukan ISC pada 2016 ini.

‎"Apa yang dilakukan ISC saat ini adalah mencari sumber energi seperti gas Elpiji yang lebih murah ketimbang kemarin," kata Hasto seperti yang dikutip di Jakarta, Minggu (13/3/2016).

Baca Juga

  • Ini Rincian Proyek Penambahan Terminal BBM dan Elpiji Pertamina
  • Pertamina Tambah Terminal BBM dan Elpiji di Indonesia Timur
  • Benarkah Harga Elpiji di RI Lebih Murah dari Negara Tetangga?

Source: liputan6.com
Top 3: Pewaris Harta Para Miliarder

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua orang mampu untuk membangun kekayaannya dari nol. Ada beberapa orang yang beruntung dan mampu mendapat harta yang banyak dari warisan orang tuanya.

Di daftar miliarder dunia, masih ada beberapa nama yang mampu memiliki kekayaan berlimpah hasil dari warisan leluhurnya.

Artikel mengenai miliarder yang mendapat kekayaannya dari warisan tersebut menjadi artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Minggu (13/3/2016):

1. 5 Pewaris Harta Terkaya di Dunia
(foto: star-telegram.com)
Di daftar miliarder dunia, masih ada beberapa nama yang mampu memiliki kekayaan berlimpah hasil dari warisan leluhurnya. Siapa saja mereka?

Salah satunya adalah John Mars. Pria ini mendapat kekayaannya dari warisan orang tua yang membangun bisnis di sektor makanan ringan dan permen. Saat ini, total aset yang dimiliki oleh Mars mencapai US$ 28,8 miliar atau mencapai Rp 390,3 triliun.

Selengkapnya baca di sini.

2. Mau Bebas Utang? Lakukan 5 Hal Ini
Jangan tutup hutang dengan hutang, agar keuangan Anda menjadi lancar.
Tidak ada orang yang ingin menghabiskan sisa hidupnya terlilit hutang. Agar mampu menangani hal ini, maka Anda pun harus menyusun strategi agar mampu keluar dari jeratan tagihan. Apa saja yang dapat dilakukan?

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat daftar mengenai utang yang dimiliki. Daftar utang harus diurutkan dari yang terbesar ke yang terkecil. Jangan lupa mencantumkan suku bunga yang berlaku untuk tiap tiap hutang.

Selengkapnya baca di sini.

3. Produk Batik Indonesia Jadi Incaran Pengusaha Jerman
Pengrajin memperagakan keterampilannya membuat batik tulis dalam Peringatan Hari Batik Nasional di Museum Tekstil, Jakarta, Jumat (2/10/2015). Perayaan tersebut juga menampilkan produk batik dari berbagai daerah di Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengusaha Jerman paling bersemangat memborong batik buatan Indonesia dalam pameran Bangkok International Fashion Fair & Bangkok International Leather Fair (BIFF & BIL) 2016. Pameran tersebut digelar pada 9 hingga 13 Maret 2016 di Bangkok, Thailand.

BIFF & BIL merupakan pameran tahunan yang diadakan oleh Departemen of International Trade Promotion (DITP) Ministry of Commerce Thailand. Tujuannya mempromosikan pusat fashion di antara negara-negara ASEAN.

Selengkapnya baca di sini.


Source: liputan6.com
Kementerian LHK Minta Kemendag Revisi Aturan Produk Kehutanan

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) akan terus berkomunikasi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk merevisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 89/M-DAG/PER/10/2015 tentang Ketentuan Ekspor Produk Industri Kehutanan. Pasalnya, regulasi tersebut menghapus kewajiban Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) pada 15 pos tarif (Harmonized System/HS Code).

Staf Ahli Menteri LHK bidang Ekonomi Sumber Daya Alam Agus Justianto mengatakan, SVLK merupakan salah satu perjanjian kemitraan sukarela untuk penegakan dan perbaikan tata kelola perdagangan sektor kehutanan (Voluntary Partnership Agreement Forest Law Enforcement Governance and Trade/VPA FLEGT) antara Indonesia dan Uni Eropa pada 2013 silam.

Lebih lanjut, dokumen legalitas kayu (v-legal) yang diterbitkan berdasarkan SVLK nantinya akan disetarakan sebagai lisensi FLEGT sehingga produk kayu Indonesia bisa masuk Eropa tanpa uji tuntas (due dilligence).

Baca Juga

  • Pencabutan Kewajiban SVLK Ganggu Ekspor Furnitur RI ke Eropa
  • Pengusaha Mebel Nilai Aturan SVLK Menghambat Ekspor
  • Pemerintah Diminta Bantu Pengrajin Mebel Penuhi SVLK

Source: liputan6.com