Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 16 Maret 2016
Bak Hotel Bintang 5, Ini Gym Termahal se-Asia

Liputan6.com, Jakarta Jaman yang berkembang pesat membuat gaya hidup menjadi semakin dinamis. Menjadi sehat dan bugar kini telah menjadi tujuan banyak orang.

Demi menjaga kebugaran tetap maksimal, banyak orang yang rela menghabiskan waktu mereka untuk berlatih di arena pusat kebugaran atau gym. Di sana, mereka dapat mencoba berbagai alat kebugaran yang dapat membuat tubuh mereka lebih bugar.

Arena kebugaran atau gym biasanya dilengkapi dengan berbagai perlengkapan olahraga. Namun berbeda hal nya dengan pusat kebugaran satu ini. Melansir Business Insider, Senin (14/2/2016) pusat kebugaran satu ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah.

Diberi nama Centuryon, pengunjung disana dapat merasakan fasilitas sarana olahraga layaknya hotel bintang lima. Anggota pusat kebugaran ini juga dipungut biaya tidak sedikit. Anda harus rela merogoh kocek hingga US$ 24 ribu atau setara dengan Rp 311, 6 juta.

Pusat kebugaran ini juga menawarkan berbagai kelas olahraga yang dapat Anda coba. Kelas Yoga dan Thaiboxing merupakan dua kelas yang paling banyak diminati.

Sentuhan elegan selalu menghiasi dekorasi di Centuryon. Pusat kebugaran ini merupakan milik California Management Group di bawah pimpinan Randy Dobson. (Vna/Zul)


Source: liputan6.com
6 Tanda Bisnis yang Dimiliki Terancam Gagal

Liputan6.com, Jakarta - Risiko sebuah bisnis menemui kegagalan memang besar sekali, bahkan bisa mencapai 90 persen. Menakutkan, tentu saja. Apalagi bagi seseorang yang baru pertama kali menjajal sebagai entrepreneur.

Nekat keluar kerja dan mempertaruhkan semua tabungan sebagai modal. Minim pengalaman bukan satu-satunya alasan bisnis gagal. Sebab ada tanda-tanda kegagalan dalam bisnis yang perlu Anda ketahui. Catat, dan lakukan penyelamatan sebelum terlambat, seperti dikutip dari www.cekaja.com, Rabu (16/3/2016):

1. Tidak memahami keinginan konsumen

Memang terdengar basi, tapi kesalahan ini paling fatal dan paling sering dilakukan. Sangat penting untuk mengetahui apa yang ada di kepala para pembeli dan apa yang membuat mereka tertarik pada produk buatanmu.

Gali pendapat mereka dan cintai mereka. Banyak entrepreneur gagal karena mereka terlalu terobsesi menjadi besar tanpa peduli hal-hal mendasar, seperti pelayanan pirima untuk konsumen. Bisnismu tidak akan bertahan tanpa konsumen, karena merekalah yang akan membeli produkmu.

2. Terlalu kaku terhadap rencana

Anda harus fleksibel terhadap segala kemungkinan yang terjadi. Punya rencana memang harus, tapi jangan terlalu kaku. Apa yang Anda pikir terbaik belum tentu benar-benar baik saat diterapkan.

Tantang dirimu dengan mengambil risiko, mencoba hal baru, atau menerapkan ide-ide gila dari timmu. Ingat, tujuanmu adalah untuk sukses, bukan selali jadi yang paling benar. (Baca juga: Inilah Daftar Terbaru Orang Terkaya di Dunia)

3. Tidak fokus pada perubahan pasar

Pasar tidak dapat ditebak,  kadang-kadang menjengkelkan, bahkan membuat frustrasi. Akan tetapi, kalau Anda menganggap  kekuatan pasar tidak mempengaruhi bisnis yang sedang Anda jalankan, Anda sebenarnya sedang membuka pintu lebar-lebar pada kegagalan.
Industri Anda dapat menetapkan diri untuk kegagalan besar.

Lihatlah, "pasar" adalah impersonal . Tidak peduli tentang perasaan Anda atau rencana Anda. Anda harus menyesuaikan diri dengan itu, karena itu tidak akan membuat ruang untuk Anda .

4. Tidak mengeksekusi

Anda bisa bermimpi punya kantor sekeren Google atau go-internasional seperti Facebook, tapi jika tidak mewujudkannya dari langkah terkecil, tidak akan ada yang terwujud. Entrepreneur terbaik bukanlah mereka yang bermimpi besar atau visioner, tapi mereka yang mengeksekusi. (Baca juga: Ciri Pasangan yang Harus Anda Cari Agar Urusan Finansial Selalu Bahagia)

5. Sibuk mengerjakan hal yang salah

Sibuk bukanlah tanda kalau Anda akan sukses. Sibuk juga bukan tanda kalau Anda produktif. Kesibukan baru tepat kalau Anda melakukan hal yang benar. Akan tetapi seringnya, entrepreneur belagak sibuk padahal mereka mengerjakan hal yang salah.
Sebelum sibuk, tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda melakukan itu? Kalau alasannya benar, baru Anda diperbolehkan untuk sok sibuk.

6. Tidak fokus pada keuntungan

Tujuan dari bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Jika Anda tidak memperhatikan keuntungan, maka bisnismu tamat. Keuntungan adalah goal, alasan bisa tidaknya bisnismu bertahan.

Entrepreneurship memang bukan perkara mudah. Ibarat sebuah permainan, banyak sekali peluang untuk kalah. Saat kalah, bukan hanya finansial saja yang merugi, tapi juga waktu dan mental.

Namun selama Anda tidak mengalami tanda-tanda yang disebutkan di atas, percayalah bisnismu masih berada di posisi aman dengan  tingkat keberhasilan tertinggi. (Ahm/Ndw)

 


Source: liputan6.com
Mau Jadi Miliarder? Pilih Jurusan Kuliah Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pendidikan merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap orang. Selain mampu memperbaiki perilaku, pendidikan adalah sarana yang tepat untuk mengubah nasib seseorang.

Daftar orang terkaya yang dirilis Forbes mengumumkan beberapa nama yang berhasil menjadi jawara dalam daftar bergengsi tersebut. Melansir Telegraph, Rabu (16/3/2016), beberapa miliarder dunia tersebut memiliki jurusan kuliah yang hampir sama satu dengan yang lain.

Jurusan teknik ternyata mmenjadi jurusan favorit orang-orang terkaya di dunia tahun 2016. Di peringkat sepuluh besar, 4 di antaranya kuliah di jurusan teknik.

Meski kesimpulannya sedikit mencengangkan, namun jurusan kuliah dan universitas ternyata sangat mempengaruhi perjalanan karir seseorang.

Namun ada beberapa miliarder lain yang mengambil jurusan selain teknik. Apa saja jurusan yang diambil miliarder dunia saat berkuliah? Berikut ulasannya:

1. Bill Gates



Kekayaan: US$ 75 miliar

Harvard University

Jurusan Hukum

 

2. Amancio Ortega

Kekayaan: US$ 67 miliar
Kampus: tidak kuliah

3. Warren Buffet

Kekayaan: US$ 60,8 miliar
Columbia Business School
Jurusan Science

4. Carlos Slim Helu


Kekayaan: US$ 50 miliar
National Autonomous University of Mexico
Jurusan Teknik Sipil


Source: liputan6.com
Laju IHSG Bervariasi, Simak 7 Saham Pilihan

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan bervariasi pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Pelaku pasar menanti hasil keputusan sejumlah bank sentral.

Kepala Riset PT Universal Broker Securities, Satrio Utomo menuturkan penutupan IHSG pada perdagangan saham kemarin tidak terlalu baik. IHSG ditutup di bawah level 4.850.

IHSG melemah 27 poin ke level 4.849. Tekanan terhadap IHSG didorong harga minyak melemah ditambah tekanan di bursa saham Asia.

Melihat kondisi itu, Satrio melihat IHSG akan bervariasi dengan kisaran 4.825-4.950 pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Laju IHSG akan dipengaruhi fokus pelaku pasar terhadap hasil pertemuan bank sentral. Selain itu, harga minyak juga akan mempengaruhi laju IHSG.

Baca Juga

  • 9 Sektor Saham Melemah, IHSG Turun 27 Poin
  • IHSG Bergerak di Dua Zona pada Awal Sesi
  • BI Rate dan Neraca Perdagangan Bakal Dongkrak Laju IHSG

Source: liputan6.com
IHSG Bakal Naik Antisipasi Rilis BI Rate

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan saham Rabu (16/3/2016). Penguatan IHSG dipengaruhi oleh rilis suku bunga acuan Bank Indonesia (BI)/BI Rate.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya mengatakan, data perekonomian yakni neraca perdagangan yang baru saja dirilis cukup baik. Hal tersebut juga mendorong penguatan IHSG. Tercatat surplus sekitar US$ 1,1 miliar pada Februari 2016.

"Rilis data perekonomian yang dilansir cukup stabil disertai masih dalam rana menyongsong keputusan BI rate pekan ini," kata dia dalam ulasannya.

Dia mengatakan, IHSG bakal bergerak pada support 4.801 kemudian resistance pada level 4.915.
PT Bahana Securities memperkirakan IHSG bergerak variatif dengan kecenderungan melemah. IHSG diperkirakan di level support 4.825 dan resistance pada level 4.880.

Baca Juga

  • 9 Sektor Saham Melemah, IHSG Turun 27 Poin
  • IHSG Bergerak di Dua Zona pada Awal Sesi
  • BI Rate dan Neraca Perdagangan Bakal Dongkrak Laju IHSG

Source: liputan6.com
Mau Cabut Subsidi Solar, ‎ESDM Belum Lapor Kemenkeu

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menanggapi rencana mencabut subsidi bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar sebesar Rp 1.000 per liter saat ini. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum mendiskusikan rencana penghapusan subsidi Solar kepada Bendahara Negara tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu, Suahasil Nazara menegaskan, subsidi Solar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 sampai sekarang ini masih tetap Rp 1.000 per liter. Itulah kebijakan pemerintah yang sudah disepakati bersama anggota DPR RI.

"(Penghapusan) subsidi Solar belum dibicarakan. Di APBN 2016, ya tetap subsidi Solar Rp 1.000 per liter," ucap Suahasil saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Rabu (16/3/2016).

 

Baca Juga

  • DPR Sebut Sudah Tak Ada Subsidi pada Harga Solar
  • Tanggapan KEIN soal Rencana Pencabutan Subsidi Solar
  • Pemerintah Akan Cabut Subsidi Solar

Source: liputan6.com
Jelang Pengumuman The Fed, Wall Street Bergerak di 2 Arah

Liputan6.com, New York - Wall Street atau bursa saham di Amerika Serikat (AS) ditutup di dua sisi karena investor berhati-hati di tengah pertemuan yang dilakukan oleh para Gubernur Bank Sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) yang berlangsung selama dua hari ini.

Sejauh ini pelaku pasar di Wall Street berharap tidak ada perubahan kebijakan moneter yang dilakukan oleh The Fed. Namun pelaku pasar tetap memperhatikan dengan seksama proyeksi ekonomi yang akan diungkapkan oleh Gubernur The Fed Jannet Yellen pada Rabu waktu setempat.

Baca Juga

  • Wall Street Bervariasi Antisipasi Pertemuan The Fed
  • Bursa Saham Asia Positif Tersengat Wall Street
  • Bank Sentral Eropa Umumkan Stimulus Bikin Bursa AS Menguat

Source: liputan6.com
Kelebihan Pasokan Kembali Dorong Penurunan Harga Minyak

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak kembali turun pada perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta) setelah dalam satu bulan sebelumnya sempat stabil. Pendorong penurunan harga minyak karena pelaku pasar kembali fokus kepada jumlah pasokan yang ada.

Mengutip Wall Street Journal, Rabu (16/3/2016), harga minyak mentah jenis Light Sweet untuk pengiriman April turun 84 sen, atau 2,3 persen ke level US$ 36,34 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak Brent, yang merupakan patokan global, turun 79 sen atau 2 persen, ke US$ 38,74 per barel di ICE Futures Europe.

Baca Juga

  • Minyak Dunia Tergelincir, SPBU Kompak Turunkan Harga
  • Harga Minyak Turun 3% Dipicu Kekhawatiran Pasokan
  • Harga Minyak Terus Anjlok, Harga BBM Diminta Ikut Turun

Source: liputan6.com
Top 3: Bangunan Megah yang Terbengkalai

Liputan6.com, Jakarta - Mendirikan sebuah infrastruktur, bangunan, bahkan kota perlu perawatan, agar bisa tumbuh berkembang dengan baik. Umurnya pun akan panjang jika dirawat dengan benar.

Tak sedikit, bangunan-bangunan justru ditinggalkan terbengkalai tak terawat. Tak ada orang mau tinggal atau menetap di sana. Bahkan yak jarang bangunan yang terbengkalai tersebut tak hanya satu atau dua tapi hingga satu kota.

Alhasil, bangunan atau kota itu menjadi mati, sepi, kotor dan tak jarang menimbulkan nuansa mistis. Biaya mahal pun jadi mubazir jika tempat yang dibangun itu jadi teronggok tak berguna. Sejumlah tempat yang kini terbengkalai juga dijadikan sebuah warisan sejarah oleh pemerintah setempat.

Artikel mengenai bangunan dan kota yang terbengkalai tersebut menjadi artikel yang banyak dibaca. Di luar itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk Anda simak.

Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Rabu (16/3/2016) pagi:

1. 10 Infrastruktur Megah yang Kini Terbengkalai

10 Tempat Paling Terabaikan (My First Class Life)
Di tahun 1926, warga Chicago terkejut karena dikabarkan akan ada teater baru bernama Lawndale Theatre. Teater itu kemudian dibuka setahun setelahnya dengan eksterior dibuat mirip gereja katedral.

Bioskop tersebut bisa menampung 2.200 orang. Seiring dengan pengoperasiannya, kepemilikan Lawndale beberapa kali berpindah tangan, dan digunakan untuk produksi film hingga 1961, setelah pemimpin gang jahat di Chicago tewas dibunuh di tangga gedung teater ini.

Dibuka kembali di 1964 sebagai gereja, Lawndale kembali dibuka hingga 40 tahun kemudian dan ditutup lagi pada awal milenium.

Kisah bangunan lain bisa Anda simak di sini.

2. Minyak Dunia Tergelincir, SPBU Kompak Turunkan Harga
Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Harga minyak dunia kembali mengalami penurunan. Penurunan harga minyak tersebut berimbas pada penurunan harga bahan bakar minyak (BBM).

Penurunan harga minyak dunia kali ini mencapai 3 persen. Spontan penurunan harga tersebut langsung direspons perusahaan penjual BBM, baik BUMN ataupun asing.

PT Pertamina (Persero) kembali menyesuaikan harga BBM per dua pekan sekali. Harga BBM non subsidi baru berlaku efektif mulai hari ini.

Tak hanya Pertamina, perusahaan asing yang juga menjadi operator stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) kompak menurunkan harga BBM.

Rincian selengkapnya bisa Anda baca di sini.

3. 7 Artis Remaja Terkaya di Dunia
codysimpson.com
Orang kaya yang memiliki banyak uang biasanya diidentikkan dengan umur yang sudah tua. Namun berbeda halnya dengan tujuh remaja ini. Walaupun usianya masih muda, mereka mampu memiliki harta yang tidak sedikit.

Salah satuya adalah Cody Simpson. Ia adalah penyanyi dan penulis lagu asal Gold Coast, Australia. Ia saat ini menandatangani kontrak dengan label rekaman Amerika Serikat, Atlantic Records. Kekayaan remaja berusia 19 tahun ini mencapai US$ 4,5 juta atau setara dengan Rp 59,2 miliar.

Kisah anak lainnya bisa Anda lihat di sini.


Source: liputan6.com
Mengekor Wall Street, Bursa Asia Bergerak Variatif

Liputan6.com, Jakarta Bursa saham Asia bergerak variatif pada perdagangan Rabu (16/3/2016), karena investor menunggu dengan cemas Federal Reserve untuk memberikan bimbingan dari kenaikan bunga AS tahun ini.

Investor menempatkan kebijaksanaan sebelum keberanian dan menyikut indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang .MIAPJ0000PUS turun 0,1 persen.

Indeks Jepang Nikkei N225 imbas penguatan yen melemah 0,8 persen, sementara indeks Australia bergerak mendatar.

 

Baca Juga

  • Indeks Saham Jepang Tekan Bursa Asia
  • Bursa Saham Asia Positif Tersengat Wall Street
  • Ikuti Bursa Asia, IHSG Naik 20 Poin

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 559 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 1.000 per gram pada Rabu (16/3/2016) menjadi Rp 559 ribu per gram dari sebelumnya yang dipatok di angka Rp 560 ribu per gram.

Sedangkan harga pembelian kembali (buyback) emas tetap di Rp 510 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 510 ribu per gram.

Baca Juga

  • Harga Emas Terjatuh Jelang Rapat The Fed
  • Harga Emas Antam Turun Rp 5.000 per Gram
  • Antisipasi Pertemuan The Fed, Harga Emas Merosot

Source: liputan6.com
IHSG Kembali Tertekan di Awal Perdagangan

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali melemah pada pembukaan perdagangan Rabu (16/3/2016). Sentimen dari luar masih menjadi penekan IHSG.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Rabu (16/3/2016), IHSG turun tipis 1,174 poin atau 0,02 persen ke level 4.848,60. Pada pembukaan perdagangan pukul 09.00, IHSG masih turun 2,88 poin atau 0,07 persen ke level 4.846,38. Indeks saham LQ45 ikut melemah 0,10 persen ke level 445,48. Seluruh indeks saham acuan tertekan.

Ada sebanyak 37 saham melemah sehingga membuat IHSG tertekan. Namun 87 saham menghijau sehingga menahan pelemahan IHSG. Di luar itu, terdapat 55 saham lainnya diam di tempat.

IHSG sempat berada di level tertinggi 4.850,86 dan terendah 4.842,28 pada Rabu pagi ini. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 8.448 kali dengan volume perdagangan 210 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 186 miliar.

Secara sektoral, sebagian besar sektor saham tertekan kecuali sektor saham perkebunan naik 0,25 persen, sektor saham pertambangan menguat 0,37 persen dan sektor saham konstruksi naik ,018 persen.

Baca Juga

  • Laju IHSG Bervariasi, Simak 7 Saham Pilihan
  • IHSG Bakal Naik Antisipasi Rilis BI Rate
  • 9 Sektor Saham Melemah, IHSG Turun 27 Poin

Source: liputan6.com
Punya Rasa Unik, Pepes Ikan RI Diserbu Masyarakat Denmark

Liputan6.com, Jakarta - Produk pepes ikan dan pepes ayam asal Indonesia rupanya mendapat tanggapan positif dari masyarakat Denmark. Pepes ikan dianggap menu baru yang mempunyai rasa unik dan tidak pernah ditemui sebelumnya.

Atase Perdagangan Copenhagen Denmark Ima Siti Fatimah mengatakan, tanggapan positif tersebut berawal dari ajang pameran produk makanan dan minuman Foodexpo 2016 yang berlangsung di Herning, Denmark, pada 6-8 Maret 2016 lalu.

"Pepes dianggap sebagai produk kejutan bagi pengunjung karena pepes termasuk produk makanan yang benar-benar baru mereka lihat dan rasakan," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Baca Juga

  • 6 Makanan Termahal di Dunia
  • Industri Makanan dan Minuman RI Mulai Ekspansi ke ASEAN
  • RI Genjot Ekspor Kopi ke Amerika Serikat

Source: liputan6.com
Konsultasi Pajak: Wajibkah Punya NPWP Jika Mau Bikin Usaha?

Liputan6.com, Jakarta - Saya mau tanya masalah NPWP. Saya berpenghasilan di bawah Rp 2 juta per bulan. Profesi saya freelance photographer. Apakah saya wajib harus membuat kartu NPWP?

Saat ini saya sedang merintis usaha studio photo kecil-kecilan. Usaha tersebut harus mempunyai nomor NPWP untuk mendapatkan SIUP. Apakah saya harus membuatnya?

Email: rizky_yxxxx@yahoo.co.id

Jawaban:

Yth. Saudara Rizky,

Sepanjang penghasilan yang Saudara peroleh dalam satu tahun belum melebihi batasan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) sebagai berikut :

a. Rp 36 juta untuk diri Wajib Pajak orang pribadi;

b. Rp 3 juta tambahan untuk Wajib Pajak yang kawin;

c. Rp 36 juta tambahan untuk seorang isteri yang penghasilannya digabung dengan penghasilan suami sebagaimana

d. Rp3 juta tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat, yang menjadi tanggungan sepenuhnya, paling banyak 3 (tiga) orang untuk setiap keluarga.

Maka Saudara tidak wajib mempunyai NPWP dan tidak wajib menyampaikan SPT.

Terkait dengan persyaratan untuk memperoleh SIUP atas usaha studio foto Saudara adalah memiliki NPWP maka Saudara diwajibkan memiliki NPWP karena kepentingan tertentu.

Mengacu kepada pasal 3 ayat (8) Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 183/PMK.03/2007, Wajib Pajak yang dikecualikan dari kewajiban untuk menyampaikan SPT adalah Wajib Pajak yang memperoleh penghasilan di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), tetapi karena kepentingan tertentu diwajibkan untuk memiliki NPWP.

Berhubung penghasilan Saudara masih belum melebihi batasan PTKP, meskipun memiliki NPWP maka tidak ada kewajiban bagi Saudara untuk menyampaikan SPT PPh Wajib Pajak Orang Pribadi.

Demikian penjelasan kami. Semoga membantu.

Salam,

Fitrah Purnama Megawati, S.Sos
Citas Konsultan Global
Logo Citasco|
www.citasco.com
Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan


Source: liputan6.com
Arab Saudi Tingkatkan Impor Vaksin Produksi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Produk kesehatan Indonesia mulai dilirik negara lain. Arab Saudi meningkatkan impor vaksin dari Indonesia secara bertahap. Hal ini menyusul kesuksesan Bio Farma dalam memproduksi vaksin yang berhasil lulus kualifikasi Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

"Bio Farma merupakan satu-satunya perusahaan dari Indonesia, negeri muslim terbesar di Asia, yang mendapatkan predikat tersebut," ujar Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah, Gunawan, di Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Menurut Gunawan, berdasarkan data trade statistics for international business development tahun 2014, Indonesia telah berhasil mengekspor produk vaksin ke seluruh dunia senilai lebih dari US$ 114 juta. Sedangkan Arab Saudi mengimpor vaksin dari seluruh dunia senilai lebih dari US$ 270 juta.

“Pemerintah akan bersinergi mencari terobosan baru untuk dapat membantu peningkatan ekspor vaksin," ucap Gunawan.

Baca Juga

  • Di Balik Seruan Jokowi Boikot Produk Israel
  • Kapal Produksi RI Diekspor ke Filipina
  • Industri Galangan Kapal Bakal Serap Banyak Tenaga Kerja

Source: liputan6.com
Persepsi Internasional Soal Bisnis di Indonesia Kian Membaik

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mengklaim kepercayaan dan minat investasi dari berbagai negara ke Indonesia kembali menanjak. Prestasi tersebut didorong realisasi kebijakan pemerintah untuk memperbaiki iklim investasi maupun kondisi makro Indonesia setelah sebelumnya sempat merosot akibat faktor eksternal maupun internal.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli mengatakan, Indonesia saat ini diserbu kedatangan pelaku bisnis dari negara-negara besar dan dalam jumlah banyak. Sebagai contoh Putri Astrid yang memimpin delegasi 300 pebisnis asal Belgia ke Indonesia.

"Jujur saja di awal-awal, ekspektasi dan optimisme tinggi (investasi), kemudian merosot. Nah sekarang sudah mulai naik lagi. Jadi persepsi internasional dari kalangan bisnis dan lainnya mulai membaik terhadap Indonesia," ujarnya di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (16/3/2016).

 

Baca Juga

  • Demi Genjot Investasi, Jokowi Bakal Pangkas 5 Izin Ini
  • Jokowi Ingin Dongkrak Posisi RI soal Kemudahan Investasi
  • BKPM: Terobosan Kemudahan Investasi Harus Disebarluaskan

Source: liputan6.com
Tarif Listrik Bagi 18 Juta Pelanggan PLN Ini Bakal Naik

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) telah selesai mendata pelanggan rumah tangga miskin yang masuk golongan 900 ‎Volt Ampere (VA). Dari pendataan tersebut terdapat 18 juta pelanggan PLN yang sebelumnya masuk sebagai pelanggan rumah tangga miskin yang akan dicabut subsidinya.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengatakan, PLN telah melakukan pendataan kepada seluruh pelanggan golongan 900 VA. Pendapataan tersebut dilakukan untuk menjalankan program pemerintah penyaluran subsidi listirk ‎ tepat sasaran.

Baca Juga

  • Subsidi untuk 18 Juta Pelanggan PLN Bakal Dicabut Juli 2016
  • PLN Mulai Data Pelanggan Miskin untuk Salurkan Subsidi Listrik
  • 18,6 Juta Rumah Tangga Terancam Tak Dapat Subsidi Listrik Lagi

Source: liputan6.com
Program Sejuta Rumah Topang Kinerja BTN

Liputan6.com, Jakarta - Kinerja PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) berpotensi tetap mencatatkan kinerja cemerlang pada tahun ini. Pemerintah berupaya memenuhi kebutuhan hunian masyarakat lewat program satu juta rumah akan mendukung kinerja perseroan.

PT Bank Tabungan Negara Tbk pun salah satu pemain yang fokus terhadap kredit perumahan terutama segmen menengah bawah.

Pemerintah mengalokasikan dana Rp 12,5 triliun untuk subsidi perumahan. Salah satunya digunakan untuk program satu juta rumah yang bertujuan memenuhi kebutuhan hunian di Indonesia. Sekitar Rp 9,23 triliun akan digunakan untuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Analis PT BNI Securities, Richard Jerry mengatakan, program satu juta rumah akan mendorong penyaluran kredit PT Bank Tabungan Negara Tbk pada 2016. Perseroan menargetkan dapat mensubsidi sekitar 300 ribu rumah pada tahun ini, atau sekitar 60 persen dari total target pemerintah untuk subsidi perumahan.

Baca Juga

  • Bank BTN Diminta Jadi Pelopor Penurunan Bunga KPR
  • BTN Gelontorkan Dana untuk Rusun Cipinang Besar
  • BTN Berikan KPR dengan Bunga 6,6%

Source: liputan6.com
Rizal Ramli Ajari Pengusaha Belgia Cara Investasi di RI

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Belgia dan Eropa harus mampu bersaing dengan pebisnis asal China dalam investasi membangun infrastruktur di Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli memberikan saran kepada pengusaha Belgia guna memenangkan persaingan, terutama dari sisi harga.

Proyek pembangunan infrastruktur, seperti pembangkit listrik begitu didominasi pengusaha asal China. Perusahaan China mampu menawarkan harga murah dalam tender proyek sehingga dapat berkompetisi dengan pesaing dari negara lain.

"Persaingan kan ketat sekali. Perusahaan Eropa termasuk Belgia kalau kompetisi di proyek infrastruktur, seperti power station, kalah sama China karena lebih murah," tegas Rizal Ramli usai Belgium-Indonesia Maritime Summit di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Rizal menyarankan beberapa hal kepada para pengusaha Belgia khususnya agar dapat berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan China yang meminati investasi di sektor infrastruktur, terutama pembangkit listrik.

Saran pertama, kata Mantan Menko Bidang Perekonomian itu, perusahaan Belgia harus menggandeng mitra kerja perusahaan asal Indonesia supaya biaya-biaya dapat dipangkas dan lebih kompetitif.

Baca Juga

  • Bertandang ke Indonesia, Putri Belgia Boyong 300 Pengusaha
  • Sektor Pariwisata RI Jadi Incaran Investor Belgia
  • Jawa Barat Jadi Incaran Investor Belgia

Source: liputan6.com
PGN Bakal Tambah 110 Ribu Sambungan Rumah Tangga Tanpa APBN

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menargetkan penambahan 110 ribu sambungan gas bumi untuk rumah tangga di berbagai daerah dari 2016 hingga 2019.

Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso mengatakan, pembangunan infrastruktur gas bumi tersebut murni dibiayai dana perusahaan tanpa mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Kami akan menambah 110 ribu sambungan gas rumah tangga pada 2016-2019. Semuanya dibangun dengan dana sendiri," kata Hendi di Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Hendi mengungkapkan tambahan 110 ribu sambungan gas bumi rumah tangga ini akan menambah jumlah pelanggan PGN di segmen rumah tangga yang saat ini lebih dari 107 ribu sambungan rumah. Dengan demikian, total pelanggan rumah tangga PGN menjadi sebanyak 217.000 rumah, yang dibangun dengan biaya PGN sendiri.

"Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk menyebarluaskan manfaat energi, baik gas bumi yang efisien, bersih, dan ramah lingkungan," ujar Hendi.

Baca Juga

  • PGN Mampu Bangun Jaringan Pipa Gas 825 Km dalam Setahun
  • 3.898 Rumah di Sorong Nikmati Gas PGN
  • Kementerian BUMN: PGN Bukan Milik Asing

Source: liputan6.com
Naik 130%, Otoritas Bursa Suspensi Saham Express

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) pada perdagangan saham Rabu (16/3/2016).

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Irvan Susandy menuturkan suspensi dilakukan seiring peningkatan harga saham yang signifikan sebesar Rp 127 atau 130,93 persen dari harga penutupan Rp 97 pada 18 Februari 2016 menjadi Rp 224 pada 15 Maret 2016.

Manajemen BEI pun perlu melakukan penghentian sementara perdagangan saham PT Express Transindo Utama Tbk dalam rangka cooling down.

"Penghentian sementara perdagangan saham PT Express Transindo Utama Tbk dilakukan di pasar reguler dan tunai dengan tujuan memberikan waktu memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di saham PT Express Transindo Utama Tbk," ujar dia.

Baca Juga

  • Uber Terancam Diblokir, Saham Express Melonjak
  • Langkah Operator Taksi Hadapi Layanan Kendaraan Online
  • Ojek Online Kembali Diizinkan, Saham Operator Taksi Naik Terbatas

Source: liputan6.com
Mau Cepat Kaya? Berhenti Belanja 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kebutuhan sehari-hari yang semakin bertambah seringkali membuat kita lupa dan rela menghabiskan banyak waktu untuk berbelanja. Padahal belum tentu barang yang kita beli tersebut berguna dan mampu bertahan lama.

Hal ini juga seringkali menjadi masalah yang besar yang membuat banyak orang sulit untuk mengontrol kondisi keuangan.

Melansir cheatsheet.com, Rabu (16/3/2016), berikut beberapa barang yang seharusnya berhenti Anda beli agar mampu menabung lebih banyak.

1. Kopi

Sebagian besar pekerja sering meminum kopi di pagi hari agar mampu menjaga daya tubuhnya. Namun terlalu sering membeli kopi di kedai kopi mahal justru akan membuat kondisi finansial Anda semakin buruk.

Contohnya, Anda mungkin sering membeli kopi latte seharga Rp 45 ribu setiap hari sebelum berangkat ke kantor. Kalau hari aktif kerja anda 20 hari dalam sebulan maka anda menghabiskan 900 ribuan hanya untuk secangkir latte. Ini merupakan pengeluaran yang cukup besar.

2. Tiket lotre

Membeli tiket lotre hanya akan membuang pendapatan Anda. Walaupun Anda berkesempatan untuk memenangkan hadiah segudang, namun kesempatan menang pun hanya sedikit.

3. Air minum kemasan

Dibanding harus membeli air minum kemasan setiap kali Anda pergi keluar rumah, Anda dapat menghemat dengan membawa botol minuman sendiri.

Selain lebih mampu menghemat pendapatan, Anda pun berkontribusi dalam pelestarian lingkungan.


Source: liputan6.com
Menko Darmin: Saling Boikot Bukan Solusi Pengembangan Produk CPO

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sebagai produsen minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) terbesar harus memiliki pemikiran maju. Indonesia harus bisa mengidentifikasi cara baru atau unik untuk memecahkan tantangan ke depan dalam pengembangan produk berkelanjutan, di antaranya bio diesel.

Langkah ini dilakukan guna mendukung komitmen dunia terhadap lingkungan. "Saya ingin menegaskan negara-negara maju juga harus membantu negara-negara berkembang untuk mendukung upaya ini," tegas Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution ‎dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Darmin menuturkan, dalam jangka panjang, negara dengan produk yang kompetitif akan lebih berhasil mengurangi kemiskinan, serta menempatkan sumber daya tambahan untuk melindungi rakyatnya, lingkungan, dan kepentingan ekonomi dibandingkan dengan negara-negara tanpa produk kompetitif.

Baca Juga

  • Menko Darmin: Hapus Ego Sektoral untuk Bantu Rakyat
  • Kebijakan The Fed Masih Pengaruhi Gerak Rupiah
  • Menko Darmin Minta ‎PNS Punya Ambisi

Source: liputan6.com
5 Kota dengan Biaya Hidup Paling Murah

Liputan6.com, Jakarta - Setiap kota di dunia pasti memiliki penduduk dan gaya hidupnya tersendiri. Namun ternyata tidak semua kota di dunia identik dengan gedung tinggi dan orang-orang bergaya metropolitan.

Beberapa kota ini contohnya. Walaupun terletak di negara adidaya, biaya hidup yang harus dikeluarkan kota ini ternyata tidaklah besar. Kota apa sajakah itu? Melansir cbsnews.com, Rabu (16/3/2016) berikut ulasannya:

Harlingten, Texas

Kota di Amerika Serikat yang memiliki biaya hidup paling murah adalah Harlingten, Texas. Dengan populasi mencapai 74.950 orang, penduduk di kota ini dapat menikmati hidup berkecukupan dengan gaji 17 persen di bawah pendapatan masyarakat pada umumnya.

Memphis, Tennese

Apabila Anda ingin menyewa apartemen di Memphis, Anda harus merogoh kocek US$ 726 atau setara dengan Rp 9,5 juta per bulan. Angka ini di bawah rata-rata harga sewa apartemen di Amerika Serikat.

McAllen, Texas

Kota yang berada di negara bagian Texas ini memiliki biaya hidup 16 persen lebih rendah dari rata-rata biaya di Amerika Serikat. Walaupun memiliki biaya hidup yang cukup murah, harga kebutuhan pokok di kota ini masih cukup mahal.

Fayetteville, Arkansas

Majalah Forbes baru saja menamakan Fayetteville sebagai kota terbaik untuk meniti karir. Satu keuntungan lainnya adalah biaya hidup di kota ini masih tergolong cukup murah.

Ardmore, Oklahoma

Dengan populasi penduduk mencapai 35 ribu orang, Ardmore merupakan kota dengan toko ritel terbanyak di Amerika Serikat. Biaya hidup di kota ini 14 persen lebih rendah dibandingkan kota lainnya di Amerika Serikat. (Vna/Ahm)


Source: liputan6.com
BKPM: Komitmen Investasi Februari Capai Rp 355 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat nilai komitmen investasi di Februari 2016 mencapai Rp 355 triliun. Angka ini naik jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, kenaikan tersebut diperoleh dari izin prinsip penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp 75 triliun yang naik 66 persen. Serta izin prinsip penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp 281 triliun yang juga meningkat 218 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Dia mengungkapkan, komitmen investasi yang masuk melalui izin prinsip tersebut menunjukkan daya tarik untuk berinvestasi di Indonesia masih tinggi.

Baca Juga

  • BKPM: Investasi Luar Jawa Meningkat Dua Kali Lipat
  • BKPM: 141 Proyek Investasi Sedang Rampungkan Proses Konstruksi
  • Kepala BKPM akan Promosikan Perubahan DNI ke Investor AS

Source: liputan6.com
Izin Konsensi Proyek Kereta Cepat Siap Dikeluarkan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyepakati izin konsesi pembangunan kereta cepat, Jakarta-Bandung. Hal ini karena PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) telah melakukan revisi Feasibility Study (FS).

"Hari ini Kementerian Perhubungan sudah siap, tinggal nunggu PT KCIC nya untuk siap tanda tangan. Hari ini sudah oke, tidak ada masalah," kata Jonan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Jonan menuturkan konsesi yang disepakati dengan KCIC mencapai 50 tahun. Sementara untuk memulai konsesi, Jonan meminta kepada KCIC untuk tidak menegosiasikan ulang.

"Jangka waktu konsesinya 50 tahun sejak pengoperasian, pengoperasiannya kita yang tentukan. Kalau tidak salah pertengahan 2019," tegas Jonan.

Baca Juga

  • Demi Keselamatan, Kemenhub Minta Desain Rel Kereta Cepat Diubah
  • Izin Konsensi Proyek Kereta Cepat Temui Titik Terang
  • China Tidak Minta Jaminan RI Atas Proyek Kereta Cepat

Source: liputan6.com
Bos Baru Bank Mandiri Tunggu Keputusan Presiden Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah melakukan finalisasi hasil uji kelayakan dan kepatutan kepada para calon Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Direktur Utama Bank Mandiri saat ini, yaitu Budi Gunadi Sadikin, bakal selesai masa jabatannya pada 21 Maret 2016 nanti.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam A. Putro menjelaskan, proses fit and proper test setidaknya sudah mengarah ke tiga nama. Tiga nama ini nanti akan dilaporkan ke Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo. "Jadi tim bisa melampirkan ke Bu Menteri (BUMN) yang selanjutnya minimal tiga nama itu disampaikan ke TPA‎," kata Imam kepada Liputan6.com, Rabu (16/3/2016).

Dijelaskan Imam, acara Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Mandiri sendiri bakal diadakan pada hari Senin (21/3/2016). Sehingga minggu ini pihak Kementerian BUMN akan menyelesaikan proses seleksi. Hanya saja, Imam belum bisa mengungkapkan siapa saja yang sudah lolos dalam uji kelayakan dan kepatutan bos Bank Mandiri ini.

Baca Juga

  • Masa Jabatan Segera Habis, Bos Bank Mandiri Pamitan
  • Inikah Sosok yang Bakal Gantikan Budi Gunadi Jadi Dirut Mandiri?
  • Bos Bank Mandiri Pamit ke Anggota DPR

Source: liputan6.com
Pelanggan Listrik 900 Va Boleh Minta Kembali Disubsidi

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menyatakan masyarakat miskin golongan 900 Volt amper (Va) yang tidak terima pencabutan subsidi listrik, bisa mengajukan usulan untuk kembali mendapatkan subsidi oleh pemerintah.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengatakan, perseroan telah selesai mendata golongan pelanggan 900 ‎Va, yang tercatat mencapai 22 juta golongan pelanggan.

Namun berdasarkan, data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) hanya 4,1 juta yang berhak mendapatkan subsidi. Sedangkan sisanya sekitar 18 juta pelanggan subsidi harus mengalami pencabutan subsidi listrik.

Data ini yang nantinya akan dilaporkan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk ditindaklanjuti penerapan pencabutan subsidi.

Baca Juga

  • Subsidi untuk 18 Juta Pelanggan PLN Bakal Dicabut Juli 2016
  • PLN Mulai Data Pelanggan Miskin untuk Salurkan Subsidi Listrik
  • 18,6 Juta Rumah Tangga Terancam Tak Dapat Subsidi Listrik Lagi

Source: liputan6.com
Optimalkan Layanan Listrik, PLN Siapkan 2 Kebijakan Baru

Liputan6.com, Surabaya - PT PLN Distribusi Jawa Timur‎ menerapkan dua kebijakan baru guna memaksimalkan layanan listrik di Jawa Timur.

Kebijakan baru tersebut antara lain penambahan daya dan penyambungan 900 Volt Ampere (VA) ke 1.300 VA, kepada pelanggan. 

Kemudian memberi diskon sebesar 20 persen untuk tarif standar pemasangan baru dan perubahan daya (PB/PD), bagi konsumen bisnis dan industri dengan daya 100-200 Kilo Volt Ampere (KVA).‎

Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT ‎PLN Distribusi Jawa Timur, Pinto Raharjo mengatakan kebijakan baru tersebut sebagai upaya layanan dan kemudahan kepada para pelanggan listrik di Jawa Timur, yang juga merupakan kebijakan PLN pusat.

Baca Juga

  • Tarif Listrik Bagi 18 Juta Pelanggan PLN Ini Bakal Naik
  • PLN Gaet Pemda DKI untuk Perkuat Listrik Jakarta
  • PLN Operasikan SUTT 150 KV di Pesisir Selatan Padang

Source: liputan6.com
Harga Komoditas Tertekan Kurangi Pendapatan Negara

Liputan6.com, Jakarta - Harga komoditas tambang yang merosot tidak hanya menjadi tekanan bagi pengusaha, tetapi juga pemerintah karena berpengaruh pada pendapatan negara.

Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot mengatakan, ‎saat evaluasi sektor mineral dan batu bara pada 2015, harga komoditas menurun akibat dampak dari ekonomi global melambat.

"Kalau kita melihat tahun 2015 memang semuanya mengalami penurunan daripada dampak penerimaan global," kata Bambang, di Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Baca Juga

  • JK Sebut Negara Akan Jatuh Bila Tak Ada Pemerataan Ekonomi
  • 2 Negara yang Rugi Bila RI Terapkan Pengampunan Pajak
  • Negara Berhemat, Kemenperin Kurangi Perjalanan Dinas

Source: liputan6.com
Tarif Tol Cipali Diskon 30% Mulai Bulan Depan

Liputan6.com, Jakarta - PT Lintas Marga Sedaya (LMS) memberikan potongan tarif (diskon) sebesar 30 persen pada rute Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Potongan tarif tol tersebut diberikan untuk kendaraan golongan II sampai V.

Wakil Direktur Utama LMS Hudaya Aryanto mengatakan, program itu untuk mendukung pertumbuhan bisnis logistik serta mendorong perekonomian daerah yang dihubungkan keberadaan Tol Cipali.

"Program ini merupakan inisiatif dan peran aktif LMS dalam meningkatkan layanan kepada pengguna jalan tol, terutama kendaraan Golongan II–V. Program ini diharapkan dapat ikut mendorong peningkatan arus logistik antar daerah, yang akan berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi lokal," kata dia di Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Baca Juga

  • Tarif Baru Tol Suramadu Bikin Pendapatan ASDP Turun 10%
  • Mulai Hari Ini Tarif Tol Suramadu Turun 50%
  • Penurunan 50% Tarif Jembatan Suramadu Ancam Dermaga Ujung-Kamal

Source: liputan6.com
Dibayangi Hasil Pertemuan Bank Sentral, IHSG Naik 11 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak konsolidasi pada perdagangan saham Rabu pekan ini. Namun, IHSG mampu dapat berbalik arah sehingga ditutup di zona hijau.

Pada penutupan perdagangan saham, Rabu (16/3/2016), IHSG naik 11,66 poin atau 0,24 persen ke level 4.861,44. Indeks saham LQ45 naik 0,31 persen ke level 849,07. Sebagian besar indeks saham acuan menghijau.

Ada sebanyak 189 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. Sedangkan 110 saham melemah sehingga menahan penguatan IHSG. 101 saham lainnya diam di tempat.

IHSG sempat berada di level tertinggi 4.861,44 dan terendah 4.837,58 pada Rabu pekan ini. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 262.230 kali dengan volume perdagangan 4,9 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 4,9 triliun.

 

Baca Juga

  • Laju IHSG Bervariasi, Simak 7 Saham Pilihan
  • IHSG Bakal Naik Antisipasi Rilis BI Rate
  • 9 Sektor Saham Melemah, IHSG Turun 27 Poin

Source: liputan6.com
Pengusaha Protes Tarif Timbun Kontainer Naik hingga 900 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia serta para asosiasi pengguna jasa pelabuhan menolak pengenaan tarif progresif penimbunan kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, sebesar 900 persen terhitung 1 Maret 2016.

Pengusaha bahkan mengancam akan mengadukan hal tersebut kepada Presiden Jo‎ko Widodo (Jokowi) dan parlemen.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasokan Rico Rustombi mendesak manajemen PT Pelindo II (Persero) mencabut surat keputusan direksi Nomor HK.568/23/2/1/PI.II tentang tarif pelayanan jasa peti kemas pada terminal peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok.

Protes keras itu dilayangkan setelah mendengar keluhan dan konsolidasi serta kajian mendalam dengan 15 asosiasi pengguna jasa impor pelabuhan‎. Ke-15 asosiasi itu meliputi AISI, GAIKINDO, APBI-BAN, APRISINDO, API, GPEI, HKI, APINDO, GB-Elektronika, APJP, ALI, APSYFI, AMKRI dan Gakeslab.

Baca Juga

  • Tarif Progresif Inap Kontainer Bisa Perbaiki Dwelling Time
  • Jokowi: Jangan Sampai Ada `Korban` Lagi karena Dwelling Time
  • Kereta Pelabuhan Pangkas Dwelling Time Jadi 2 Hari

Source: liputan6.com
BKPM Akui Hanya Keluarkan Izin Portal Website untuk Uber

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) menyatakan telah mengeluarkan izin portal website bagi Uber. Meski demikian, aplikasi layanan transportasi asal Amerika Serikat ini tetap harus mengikuti aturan yang berlaku jika ingin tetap beroperasi di Indonesia.

Deputi Bidang Pengendalian, Pelaksanaan dan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis mengatakan, jika Uber tetap ingin beroperasi di Indonesia, maka harus bekerjasama dengan perusahaan transportasi atau menggunakan kendaraan umum.

"Sekarang kan mereka sudah dapat izin untuk portal web dari BKPM. PMA kan izinnya dari BKPM. Ini portal Web loh. Jadi kalau kami sudah jelas-jelas menjelaskan bahwa kalau mereka mengadakan kerjasama dengan perusahaan transportasi itu harus transportasi umum," ujar dia di Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Baca Juga

  • Polemik GrabCar dan Uber, Menkominfo: Teknologi Itu Netral
  • Soal GrabCar dan Uber, Ini Maunya Jokowi
  • Menkominfo Rudiantara Tak Mau Langsung Blokir GrabCar dan Uber

Source: liputan6.com
Begini Langkah Agar Transportasi Online Penuhi Aturan

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melunak terkait polemik sarana transportasi berbasis online. Sebelumnya transportasi berbasis online seperti Go Jek, Uber Taxi dan Grab Car dianggap menyalahi Undang-Undang (UU).

Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Perhubungan Darat Sugihardjo menyatakan jika penyedia aplikasi tidak ingin menyalahi aturan, maka dapat bekerjasama dengan operator angkutan umum yang memiliki izin resmi.

"Seperti antara lain operator taksi maupun angkutan sewa," kata Sugihardjo dalam keterangan tertulis, Rabu (16/3/2016).

Selain itu, Sugihardjo menegaskan ‎pihaknya mewajibkan peningkatan kualitas layanan angkutan umum secara menyeluruh dan mendorong penggunaan teknologi informasi dan komunikasi‎.

 

Baca Juga

  • Uber dan GrabCar Terancam Tak Beroperasi di Indonesia 
  • Soal GrabCar dan Uber, Ini Maunya Jokowi
  • Rudiantara: Mau Operasi di RI, Uber Harus Buat Badan Usaha

Source: liputan6.com
PLN Beri Diskon Penyambungan Listrik

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) ‎memberikan insentif berupa diskon biaya penyambungan sebesar 20 persen dari tarif yang ditetapkan pemerintah untuk pelanggan industri  dengan daya 100-200 kilo Volt Ampere (kVA),

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengatakan, insentif tersebut  merupakan inisiatif PLN, berlaku khusus untuk permintaan sambungan baru dan penambahan daya konsumen Bisnis dan Industri yang ingin memiliki daya 100 hingga 200 kVA,‎ berlaku mulai Maret 2016 hingga 31 Desember 2016.

"Pada Maret ini, PLN inisiatif memberikan insentif untuk industri dan bisnis dengan tarif I 2 dengan daya 100-200 Kva, menengah kecil," kata Benny, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Benny menuturkan, insentif tersebut diberikan PLN setelah memperhatikan kebanyakan konsumen golongan Bisnis dan Industri merupakan jenis usaha pemula yang secara aktif mampu menggerakkan perekonomian, sehingga dengan adanya insentif tersebut diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan industri.

Baca Juga

  • Optimalkan Layanan Listrik, PLN Siapkan 2 Kebijakan Baru
  • Siapa Minat, PLN Gratiskan Biaya Tambah Daya Listrik ke 1.300 Va
  • PLN Gaet Pemda DKI untuk Perkuat Listrik Jakarta

Source: liputan6.com
Kapal Buruan Menteri Susi Jadi Incaran Interpol
Satgas 115 menyatakan sembilan kapal eks asing asal Tiongkok berukuran sekitar 300 gross tonnage (GT) kini menjadi incaran Interpol.
Source: liputan6.com