Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Minggu, 06 Maret 2016
Inspirasi Tradisi untuk Rumah Ramah Lingkungan

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia yang beriklim tropis memiliki banyak kelebihan. Matahari yang bersinar hampir sepanjang tahun menjadikannya sebagai sumber daya alam yang terbarukan.

Beberapa orang mungkin berpendapat sinar matahari melimpah ini sering membuat rumah terasa panas. Apalagi jika tinggal di wilayah pesisir pantai, hawa di dalam rumah bisa terasa gerah.

Akhirnya, orang-orang berupaya agar rumah tidak terlalu terekspos sinar matahari terlalu banyak dengan meminimalkan jumlah jendela atau dengan memakai lapisan pelindung kaca sehingga intensitas sinar matahari ke dalam rumah bisa berkurang.

Sebenarnya, sinar matahari merupakan aset daerah tropis yang dapat mengurangi pemakaian lampu yang berlebihan. Soal cuaca di daerah tropis yang cenderung panas, nenek moyang kita justru memiliki cara tersendiri untuk menyiasatinya. Hal ini terlihat dari rumah-rumah tradisional Indonesia.

Jika diperhatikan, rumah tradisional memiliki plafon tinggi dan jendela besar, yang terkadang bisa berfungsi sebagai pintu. Orang Eropa mengenal jendela jenis ini dengan nama french window.

Dikutip dari Rumah.com, seperti ditulis Minggu (6/3/2016), plafon tinggi memungkinkan sirkulasi udara berjalan baik. Sebagai penyeimbang, jendela besar memberi jalan bagi cahaya matahari masuk sebagai penerangan alami. Jendela pun akan menjadikan rumah lebih sejuk jika dibuka, sehingga pemakaian AC bisa dikurangi.

Rumah Tradisional Cocok untuk Daerah Tropis

Paul Rudolph, arsitek kenamaan Amerika sudah lama memberikan perhatian terhadap arsitektur rumah-rumah tradisional Indonesia. Ia menuturkan, rumah seperti itu yang cocok untuk daerah tropis, yang dibuktikan dengan menerapkannya pada beberapa desain bangunan yang diwujudkan di Indonesia.

Hasilnya adalah gedung dengan desain unik yang memadukan antara plafon tinggi untuk sirkulasi udara yang baik dan jendela lebar untuk memanfaatkan sinar matahari sebagai cahaya alami.

Pemakaian AC dan lampu dapat digunakan seminimal mungkin, sehingga penggunaan listrik tidak terlalu besar, dan tentunya rumah lebih ramah lingkungan.

Anda pun bisa menerapkan desain seperti ini untuk rumah tinggal. Alih-alih mengadopsi desain minimalis, mengapa tidak melirik arsitektur tradisional rumah Indonesia, yang memang diperuntukkan bagi daerah tropis.

Jika rumah memang harus dibuat bertingkat, karena alasan tanah yang tidak terlalu luas, pembuatan mezanin dapat dipilih agar rumah utama tetap memiliki plafon yang tinggi.

Sedangkan jendela yang tinggi dan luas, dapat dipasang pada  ruangan yang menghubungkan ruang tengah dengan ruang belakang atau taman.

Beberapa orang bahkan membuat kamar tidur dengan jendela lebar yang menghadap ke taman, agar dapat menikmati pemandangan seperti berada di kawasan resor.

(Juliana Harsianti)


Source: liputan6.com
Apa Saja Fasilitas Favorit Perumahan Baru?

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sedang mencari rumah baru untuk ditempati? Di antara banyaknya perumahan baru, biasanya developer menawarkan konsep yang berbeda antara satu dan lainnya.

Mulai dari bentuk arsitektur, sampai dengan tema dan slogan perumahan. Salah satu yang biasanya menarik calon pembeli adalah kehadiran fasilitas umum.

Fasilitas umum di dalam perumahan membuat penghuni merasa lebih nyaman di lingkungan tempat tinggalnya. Fasilitas umum ini bisa menjadi sarana bagi Anda membangun hubungan kekerabatan yang lebih akrab dengan tetangga di sekitar hunian.

Rumah di dalam klaster yang dilengkapi fasilitas juga memiliki nilai investasi yang lebih tinggi ketimbang perumahan biasa.

Lalu, fasilitas apa saja yang biasanya banyak terdapat di perumahan baru belakangan ini? Dikutip dari newhomesource.com dan Rumah.com, artikel ini akan mengulas beberapa pandangan dari ahli perumahan seperti ditulis Minggu (6/3/2016).

Fasilitas lingkungan favorit

Menurut studi dari perusahaan real estate Robert Charles Lesser & Co., pembeli rumah belakangan ini banyak yang mencari hunian yang memiliki area hijau dan jalur khusus untuk berjalan, berlari dan bersepeda (jogging track). J

adi, tidak mengherankan jika hampir semua perumahan baru menawarkan kedua fasilitas ini sebagai standar utama.

Faktanya, menurut studi tersebut, kedua fasilitas tersebut memang berada di urutan pertama dan kedua. Berikut ini urutannya:

  1. Taman dan ruang hijau
  2. Jalur khusus untuk berjalan, lari kecil (jogging) dan bersepeda
  3. Keberadaan sederet ruko dan kafe untuk berkumpul dan bersosialisasi
  4. Kolam renang outdoor yang didesain sebagai club house.
  5. Area olahraga seperti lapangan basket, lapangan futsal, atau bahkan pusat kebugaran


Taman hijau di perumahan Safira Town House Sukoharjo

Heather McCune, seorang arsitektur perencanaan dan desain interior menyampaikan tren perusahaan desain dan kontraktor kini tidak terbatas dalam membangun rumah saja, tetapi juga membangun lingkungan yang erat. Tidak heran jika beberapa fitur di atas banyak ditemui pada perumahan-perumahan baru kelas menengah dan atas.

Fasilitas ekstra


Kolam renang di Trevista Bekasi, perumahan seharga Rp500 jutaan.

Selain sejumlah fasilitas yang telah disebutkan di atas, Anda juga masih bisa menemukan fasilitas mewah lainnya untuk perumahan yang membidik rumah dari kalangan menengah atas.

"Belakangan ini fasilitas lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Salah satu yang tengah tren di Florida adalah taman untuk hewan peliharaan," ucap Marshall Gobuty, developer dari Bradenton Florida.

Sementara itu di Tanah Air, fasilitas yang disesuaikan dengan hobi berolahraga seperti fasilitas pusat olahraga menjadi favorit.

Selain itu instalasi internet dan smarthome (rumah pintar) juga menjadi nilai tambah sebuah perumahan. Sebagai contoh bisa Anda lihat di Pasadenia Residence dan Pancanaka Green Leaf.

Contoh perumahan dengan fasilitas unik lainnya adalah klaster seharga Rp600 jutaan dengan kolam renang. Beberapa perumahan bahkan memiliki waterpark.

Fasilitas lain yang dianggap penting oleh konsumen, terutama bagi perumahan yang letaknya cukup jauh dari pusat bisnis atau pusat kota, adalah perumahan yang menyediakan fasilitas shuttle bus.

Dapat memperkuat kekerabatan masyarakat

Hal terakhir yang tidak kalah penting dari fasilitas umum adalah dapat memperkuat rasa kekerabatan antar satu sama lainnya.

"Sebuah perumahan yang memiliki fasilitas lengkap tentunya akan meningkatkan harga jual kembali," ucap Gobuty.

"Tapi, yang tidak kalah penting, fasilitas ini meningkatkan aktivitas luar ruangan yang menyenangkan dan kualitas hubungan yang baik dengan tetangga sekitar," ujar dia.

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 


Source: liputan6.com
Intip Contoh Model Tirai untuk Jendela Dapur

Liputan6.com, Jakarta - Rumah baru bergaya modern maupun minimalis yang bermunculan saat ini biasanya dilengkapi jendela kecil pada dapur.

Tujuannya, untuk mengoptimalkan pasokan sinar matahari dan menyegarkan dapur dari bau tak sedap. Penempatan jendela pada dapur mutlak diperlukan, sebab proses memasak yang mengeluarkan asap yang bisa mengganggu pernafasan.

Namun sayangnya, jendela pada dapur seolah luput dari sentuhan estetika. Padahal hanya dengan sehelai tirai, nuansa dapur bisa tampil berbeda dan menawan.

Syaratnya, pilih tirai bermotif cantik plus warna yang senada dengan cat dinding dapur. Inilah contoh tirai yang bisa Anda pasang di jendela dapur, seperti ditulis Rumah.com, Minggu (6/3/2016)

Sekilas, motif tirai ini mirip dengan corak batik yang umum di Indonesia. Tips untuk Anda, jika nuansa dapur didominasi warna putih, maka pemilihan warna dan motif tirai bisa disesuaikan dengan selera pribadi.

Selain mampu menghias dapur, tirai juga berfungsi untuk menyaring sinar matahari serta melindungi perabot dan bahan makanan dari sinar UV. (Sumber: hgtv.com)

Motif yang lebih simpel dengan warna kain cerah cocok dipadukan dengan tampilan dapur yang kalem. Apalagi jika Anda mengaplikasikan warna cokelat pada bingkai jendela kayu dan krem pada dinding dapur. Tak pelak, kesan yang tercipta adalah hangat namun lembut. (Sumber: hgtv.com)

Kotak-kotak hitam-putih pada tirai juga layak dipasang sebagai pemanis jendela dapur. Agar tak terlalu polos, Anda bisa menambah kain berpola berbeda seperti bunga-bunga kecil pada sisi bawah tirai.

Proses menyambungnya pun cukup mudah, hanya membutuhkan kelihaian jari jemari saja. Tirai yang cara kerjanya digeser ini, bisa dipadukan dengan dapur bergaya apa saja. (Sumber: pinterest.com)

Siapa bilang konsep kafe atau restoran tak bisa dituang pada dapur? Lewat tirai kanopi ini, dapur Anda akan nampak seperti kedai makanan yang menawarkan aneka hidangan lezat. Bila Anda penyuka gaya vintage, maka corak garis-garis warna gelap bisa menjadi pilihan. (Sumber: houzz.com)

Tak hanya kain, tirai berbahan bambu (krey) juga dapat digunakan sebagai penutup jendela dapur Anda. Namun perlu diperhatikan dari segi perawatannya. Jangan sampai timbul jamur akibat malas membersihkan. (Sumber: centsationalgirl.com)

Vitrase bermotif juga bisa Anda gunakan sebagai pengganti tirai. Hanya saja, bahannya yang tipis tidak mampu menghalau sinar matahari secara maksimal. Vitrase dapat menahan akses visual orang luar ke dalam dapur sehingga privasi penghuni tetap terjaga. (Sumber: ikuzocurtain.com)

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 


Source: liputan6.com
5 Kebiasaan Hidup Untuk Jadi Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Ada sekitar 35 juta orang yang termasuk kategori miliarder di dunia. Jurnalis The Washington Post Robert J Samuelson menyebut, angka itu sekitar lima persen dari populasi orang dewasa di Amerika Serikat. "Langka, ya. Eksklusif, tidak," katanya seperti ditulis Inc.com, Minggu (6/2/2016).

Angka miliarder terus merangkak naik dari tahun ke tahun. Hal itu membuktikan kalau siapa saja bisa menjadi orang kaya, tergantung bagaimana melakukannya. Berikut lima cara menjadi kaya:

1. Hidup di bawah kebutuhan

Banyak barang mewah yang bisa dibeli hanya untuk membuktikan status seseorang. Akan tetapi semua itu hal percuma.

Investor Warren Buffet adalah contoh klasik. Ia membeli rumah seharga US$ 32 ribu pada 1958 dan masih menempati sampai saat ini. Ia juga tidak suka membeli barang mewah.

2. Jangan membayar penuh

Banyak orang kaya yang memilih membeli barang di supermarket biasa ketimbang toko yang eksklusif. Bahkan beberapa dari mereka tidak malu untuk membeli barang bekas melalui eBay.

3. Hapus pengeluaran yang tidak perlu

Buat anggaran pengeluaran bulanan dengan detail, lalu Anda perlu menganalisa semuanya. Pengeluaran tidak perlu harus dihapus. Dengan memantau terus pengeluaran ini maka Anda bisa melihat ke mana aset berada.

4. Sewa atau jual barang yang tidak dipakai

Baju, kamar, peralatan elektronik semua bisa menjadi uang saat ini. Banyak situs elektronik dagang membantu Anda untuk menjual atau menyewa barang-barang tersebut.

5. Tinggalkan uang tunai dan kartu kredit di rumah

Langkah ini membantu Anda untuk terhindar dari membeli barang mahal dan tidak perlu. Buat daftar belanja dengan benar dan bawa uang sesuai dengan nilai tersebut. Anda perlu tahu kalau tidak bisa membayar dengan uang tunai dan memilih kartu kredit maka sebenarnya Anda tidak mampu membeli barang tersebut.

(Elsa Analet/Ahm)

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 


Source: liputan6.com
Tak Ingin Liburan Berantakan? Perhatikan Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Saat kita merencanakan liburan, bisanya kita membayangkan hal-hal seru yang akan terjadi. Mulai dari tempat wisata keren, pemandangan indah, makanan enak, dan orang-orang lokal yang ramah. Karenanya, segala hal pun dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Akan tetapi, bagaimana jika yang terjadi justru sebaliknya? Perjalanan liburan menyenangkan yang dibayangkan dan dipersiapkan sejak jauh hari, malah menjadi liburan yang ingin segera diakhiri.

Mungkin, karena beberapa hal sepele inilah liburan Anda akhirnya bisa berantakan, seperti dikutip dari www.cekaja.com, seperti ditulis Minggu (6/3/2016):

1. Dapat Teman Perjalanan Nyusahin

Teman baik selama sekolah belum tentu jadi teman baik seperjalanan. Sahabatmu belum tentu satu visi denganmu dalam urusan jalan-jalan.

Dia mungkin lebih suka menginap di hotel sedangkan Anda lebih memilih hostel karena alasan menghemat biaya dan ingin bertemu traveler lain. Dia bisa saja lebih suka naik taksi karena tidak ingin ribet sedangkan Anda tertantang naik angkutan umum.

Masalah sepele ini selain bisa menghancurkan liburanmu juga bisa menghancurkan persahabatan. Sebelum memutuskan traveling bersama, coba gali kesukaan masing-masing.

Kemudian putuskan gaya traveling apa yang dipilih, backpacker atau koper? Kalau perjalanan kalian sukses, tentu akan jadi momen yang tak terlupakan bersama sahabatmu.

2. Tempat Tujuan Tak Seperti yang Dibayangkan

Ekspektasi tinggi adalah alasan utama seseorang kecewa. Adalah hal wajar punya ekspektasi tinggi terhadap destinasi yang akan dikunjungi.

Banyak orang bahkan harus menabung bertahun-tahun demi traveling ke destinasi impian. Namun jika kenyataan ternyata tidak seindah banyangan, jangan sampai hal ini mengacaukan liburan.
Paris misalnya. Banyak orang membayangkan Paris sebagai kota romantis, elegan, dan bergaya.

Akan tetapi kenyataannya, di sana banyak pengemis, sampah, dan pencopet. Tidak ada kota yang sempurna. Pengalaman bagus orang lain belum tentu terjadi padamu. Tapi akankah Anda membiarkan ekspektasi menghancurkan liburan?

(Baca juga: 10 Kondisi yang Bisa Terjadi Saat Lakukan Perjalanan Liburan)


Source: liputan6.com
Begini Kegiatan Orang Sukses di Waktu Santai

Liputan6.com, Jakarta - Sukses bagi setiap orang memiliki indikator yang berbeda-beda. Di usia muda sukses sering dihubungkan dengan senang-senang, memiliki tubuh yang sehat serta memiliki teman-teman yang mendukung.

Namun ternyata, untuk menggapai sukses ternyata tidaklah semudah dengan apa yang dibayangkan. Anda perlu melakukan kebiasaan tertentu agar mampu mendulang apa yang diinginkan.

Berikut beberapa hal yang biasanya dilakukan oleh orang sukses seperti dilansir dari laman Business Insider, Minggu (6/3/2016) :

1. Berolahraga

Berolahraga tidak hanya untuk mengencangkan otot dan meningkatkan stamina tubuh. Ada banyak manfaat lain seperti efek psikologi yang dapat ditimbulkan dari rutin berolahraga. Orang yang senang berolahraga akan lebih produktif dalam mengerjakan pekerjaannya.

2. Refleksi diri

Orang sukses cenderung merefleksikan pencapaian apa yang sudah terjadi di hidupnya. Mereka juga melihat sekiranya apa saja kekurangan yang mereka miliki sehingga mampu memanfaatkannya.

3. Belajar hal baru

Menambah wawasan dan kemampuan yang baru bukanlah hal yang sulit asal kita tahu bagaimana caranya. Di zaman yang semakin global ini, kita dituntut untuk bisa mempelajari hal-hal, kemampuan, teknik, serta informasi-informasi baru. Hal ini berguna agar nantinya Anda dapat terus mengembangkan diri.


Source: liputan6.com
Tarif Baru Tol Suramadu Bakal Angkat Ekonomi Madura

Liputan6.com, Surabaya - Warga Madura yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Madura (Ikama) Jawa Timur yakin dengan ada tarif baru jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) maka akan banyak pula para pengusaha yang datang ke Madura.

Ketua Ikama Jatim Buchori Imron mengaku optimistis investor mulai bersemangat masuk seiring diberlakukannya tarif melintas Jembatan Suramadu untuk kendaraan roda empat sejak awal Maret 2016.

"Kami yakin investor dan pengusaha semakin bersemangat membangun Madura yang imbasnya peningkatan perekonomian masyarakat setempat," kata Buchori kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (5/3/2016).

Buchori menambahkan, selama ini investor berpikir dua kali membangun Madura karena mahalnya biaya transportasi keluar masuk "Pulau Garam" tersebut.

Baca Juga

  • Tarif Baru Tol Suramadu Bikin Pendapatan ASDP Turun 10%
  • Mulai Hari Ini Tarif Tol Suramadu Turun 50%
  • Penurunan 50% Tarif Jembatan Suramadu Ancam Dermaga Ujung-Kamal

Source: liputan6.com
5.000 Turis Asing Serbu RI, Tonton Gerhana Matahari

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena alam gerhana matahari total (GMT) yang akan melintasi Indonesia pada 9 Maret 2016 diperkirakan mampu menyedot lebih dari 5.000 wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara. Para turis ini penasaran menonton peristiwa langka itu karena membutuhkan waktu selama 350 tahun bagi GMT kembali berlangsung di tempat yang sama.

Wakil Ketua Umum Destinasi Wisata Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI), Johnnie Sugiarto mengatakan, lebih dari 5.000 wisman akan memadati dan menyebar ke Provinsi atau daerah yang dilintasi GMT pada Rabu pekan depan (9/3/2016).

"Perkiraan kami total lebih dari 5.000 turis datang ke Indonesia hanya untuk event ini saja," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Minggu (6/3/2016).

 

Baca Juga

  • Mendulang Laba dari Gerhana Matahari Langka
  • Muncul Jelang Gerhana Matahari 2016, Asteroid Picu Isu `Kiamat`
  • Kondisi Cuaca 7 Provinsi Saat Gerhana Matahari Total

Source: liputan6.com
Cek Saldo di ATM BCA Bakal Dipungut Biaya

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) tengah mengkaji rencana pungutan biaya atas setiap transaksi pengecekan saldo tabungan serta membatasi minimal penarikan uang tunai di seluruh mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA. Pengenaan biaya ini berlaku bagi nasabah yang sering bolak balik melakukan cek saldo yang menyebabkan mahalnya biaya operasional ATM.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengungkapkan, perusahaan akan menentukan jumlah frekuensi pengecekan saldo yang dibebaskan dari biaya. Jika melebihi jumlah yang telah ditetapkan dalam periode tertentu, maka nasabah akan dikenakan biaya.

"Itu (biaya cek saldo) baru wacana. Itu pun ‎kalau melebihi suatu jumlah tertentu yang akan ditentukan kemudian. Misalnya (pengecekan saldo) sampai dengan 10 atau 20 kali gratis, selebihnya akan dikenakan biaya. Itu kalau di ATM," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Minggu (6/3/2016).

 

Baca Juga

  • Cek Saldo di ATM Himbara Gratis!
  • Ini Pendorong Laba BCA Naik Jadi Rp 18 Triliun
  • Mau Cek Saldo Iuran BPJS? Ini Caranya

Source: liputan6.com
TKI Diberi `Gelar` Duta Budaya Bangsa RI

Liputan6.com, Jakarta Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri selalu disebut sebagai pahlawan devisa. Kontribusi lain TKI ini berperan sebagai agen pariwisata Indonesia di mancanegara dan menjadi duta kebudayaan bangsa.

Istri Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri, Marifah Hanif Dhakiri, mengungkapkan, TKI bukan hanya pahlawan devisa, tapi juga berperan penting sebagai duta budaya yang mempromosikan adat serta tradisi nusantara kepada masyarakat dunia.

 

Baca Juga

  • 3 Cara BNP2TKI Benahi Masalah TKI
  • Menaker Hanif Ingin TKI Bisa Pilih Negara Tujuan Kerja
  • Kemenaker Tegaskan Masih Larang TKI Informal Ke Timur Tengah

Source: liputan6.com
Hotel di Daerah Lintasan Gerhana Matahari Penuh Dipesan Turis

Liputan6.com, Jakarta - Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) menyatakan, ribuan kamar hotel di daerah jalur lintasan gerhana matahari total (GMT) sudah penuh dipesan wisatawan mancanegara (wisman). Tak ada lagi kamar yang tersisa, baik itu di hotel bintang lima sampai hotel murah alias budget hotel.

Wakil Ketua Umum Destinasi Wisata PHRI Johnnie Sugiarto saat dihubungi Liputan6.com mengungkapkan, tingkat isian (okupansi) kamar hotel di semua daerah yang dilintasi GMT penuh 100 persen. Hotel berbintang lima sampai hotel murah pun tak dapat lagi menampung jumlah kunjungan turis yang datang.

Jalur GMT 2016 akan bermula di Palembang, Bangka Belitung, Sampit dan Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara), Sulawesi Barat, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat.

 

Baca Juga

  • 5.000 Turis Asing Serbu RI, Tonton Gerhana Matahari
  • 5 Daerah Ini Gelar Aksi Unik Kala Gerhana Matahari Total
  • Mendulang Laba dari Gerhana Matahari Langka

Source: liputan6.com
Grand Indonesia Bantah Rugikan Negara karena Pasang Sewa Murah

Liputan6.com, Jakarta - Kisruh adanya indikasi kerugian negara Rp 1,2 triliun akibat sewa murah dan pelanggaran kontrak pengelola Hotel Indonesia dan pusat perbelanjaan Grand Indonesia, yaitu PT Grand Indonesia (GI), anak usaha PT Cipta Karya Bumi Indah (CKBI) terus berlanjut.

Kejanggalan ini ditemukan Komisaris PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN, Michael Umbas dan melaporkan kasus tersebut kepada Menteri BUMN Rini Soemarno. Kasus ini pun telah ditelusuri Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Baca Juga

  • Sewa Lahan Hotel Indonesia Berpotensi Rugikan Negara
  • Eks Menteri BUMN: Tidak Ada Negosiasi Soal Menara BCA
  • `Menggali` Bangunan Menara BCA dan Apartemen Kempinski

Source: liputan6.com
Di Singapura, Menteri Susi Curhat Berantas Maling Ikan

Liputan6.com, Jakarta - Kisah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dalam pergulatannya memberantas tindak pencurian ikan ilegal (ilegal fishing) di perairan Indonesia begitu menginspirasi para peserta The Woman Leaders Forum 2016 di Singapura, baru-baru ini. Visinya sudah jelas mengembalikan kejayaan bangsa ini sebagai Negara kepulauan.

Dikutip dari keterangan resminya di Jakarta, Minggu (6/3/2016), dalam gelaran yang diselenggarakan The Economist itu, Susi runut bercerita perannya masuk di pemerintahan Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Ia merasa bangga dan bahagia karena Presiden Jokowi memercayakannya untuk mengelola sektor kelautan dan perikanan, posisi yang kerap melekat pada kaum laki-laki.

 

Baca Juga

  • Menteri Susi Sebut Angkatan Laut RI Diakui Dunia
  • Menteri Susi Tenggelamkan 31 Kapal Pencuri Ikan
  • Anak Menteri Susi Meninggal di Florida

Source: liputan6.com
Negara Berhemat, Kemenperin Kurangi Perjalanan Dinas

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah siap menghemat anggaran perjalanan dinas dan rapat di hotel karena perkiraan pendapatan negara yang meleset dari target sebesar Rp 1.822,54 triliun di APBN 2016. Salah satunya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang bakal mengurangi jadwal kunjungan kerja ke daerah mau pun luar negeri.

Menteri Perindustrian (Menperin), Saleh Husin akan menindaklanjuti arahan Presiden dan Wakil Presiden yang meminta seluruh Kementerian/Lembaga berhemat dalam penggunaan anggaran. Bahkan Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan larangan pembangunan gedung baru di lingkungan Kementerian/Lembaga.

 Baca Juga

  • Tanpa Tax Amnesty, Penerimaan Negara Kurang Rp 200 Triliun
  • Jokowi Larang Pembangunan Gedung Kantor Kementerian/Lembaga
  • Harga Minyak Dunia Ambruk, Pendapatan Negara Terancam

Source: liputan6.com
Cek Saldo di ATM BCA Bakal Dikenakan Biaya Rp 1.000

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berencana menarik biaya atas transaksi pengecekan saldo di seluruh mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA. Emiten berkode BBCA ini bakal mengenakan biaya Rp 1.000 per transaksi.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengungkapkan, perusahaan akan menentukan jumlah frekuensi pengecekan saldo yang dibebaskan dari biaya. Jika melebihi jumlah yang telah ditetapkan dalam periode tertentu, maka nasabah akan dikenakan biaya. 

Baca Juga

  • Cek Saldo di ATM BCA Bakal Dipungut Biaya
  • Ini Pendorong Laba BCA Naik Jadi Rp 18 Triliun
  • BCA Turunkan Bunga Kredit UKM Mulai 1 Februari

Source: liputan6.com
Garuda Buka Rute Penerbangan Soetta-Bandara Silangit

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memastikan akan membuka rute penerbangan Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Jakarta-Bandara Silangit, Sumatera Utara pulang pergi (PP). Rencananya, akses baru itu akan mulai melayani penerbangan pada 23 Maret 2016.

”Ini sebuah kabar yang menggembirakan. Impian kita terwujud, kita promosi dan dukung bersama karena ini merupakan upaya percepatan pengembangan Danau Toba sebagai Monaco Asia. Otomatis masyarakat di sekitar Danau Toba akan maju dan sejahtera,” ujar Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (6/3/2016). 

Baca Juga

  • Majukan Wisata Danau Toba, Jokowi Kembangkan Bandara Silangit
  • Danau Toba, Bali Baru dari Sumatera Utara
  • Jokowi Tekankan Perlunya Branding dan Promosi Danau Toba

Source: liputan6.com
Australia Lirik Investasi Budidaya Lobster di RI

Liputan6.com, Jakarta - Kantor perwakilan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Sydney, Australia telah mengidentifikasi minat investasi dari para investor asal Australia di sektor maritim. Sektor-sektor yang menjadi pilihan adalah jasa pesiar kapal wisata (cruise), industri galangan kapal, dan budidaya lobster dengan nilai US$ 172 juta  atau sekitar Rp 2,3 triliun. 

Kepala BKPM, Franky Sibarani menyebut, minat investasi dari Australia terdiri dari terminal pelabuhan US$ 30 juta, operator pelabuhan tanjung siapi-api dengan nilai investasi US$ 120 juta, rencana perluasan investasi di bidang jasa wisata kapal pesiar senilai US$ 7 juta, investasi baru di bidang galangan kapal senilai US$ 10 juta, dan minat investasi di bidang budidaya lobster senilai US$ 5 juta. 

Baca Juga

  • BKPM Incar 215 Investor Potensial dari China
  • Perwakilan BKPM Korsel Jaring Minat Investasi US$ 490 Juta
  • BKPM Siap Terapkan Investasi Langsung Konstruksi di Kawasan Ini

Source: liputan6.com
Top 3 Bisnis: 5.000 Wisatawan Asing Serbu RI untuk Nonton GMT

Liputan6.com, Jakarta Fenomena alam gerhana matahari total (GMT) yang akan melintasi Indonesia pada 9 Maret 2016 diperkirakan mampu menyedot lebih dari 5.000 wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara. Para turis ini penasaran menonton peristiwa langka itu karena membutuhkan waktu selama 350 tahun bagi GMT kembali berlangsung di tempat yang sama.

Wakil Ketua Umum Destinasi Wisata Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI), Johnnie Sugiarto mengatakan, lebih dari 5.000 wisman akan memadati dan menyebar ke Provinsi atau daerah yang dilintasi GMT pada Rabu pekan depan.

Demikian petikan artikel paling populer di kanal Bisnis Liputan6.com pada Minggu (6/3/2016). Selain itu ada beberapa artikel yang menjadi perhatian para pembaca. Berikut daftar artikel terpopuler seperti dirangkum dalam Top 3 kanal Bisnis.

1. 5.000 Turis Asing Serbu RO Tonton Gerhana Matahari

Fenomena alam gerhana matahari total (GMT) yang akan melintasi Indonesia pada 9 Maret 2016 diperkirakan mampu menyedot lebih dari 5.000 wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara. Para turis ini penasaran menonton peristiwa langka itu karena membutuhkan waktu selama 350 tahun bagi GMT kembali berlangsung di tempat yang sama.

Wakil Ketua Umum Destinasi Wisata Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI), Johnnie Sugiarto mengatakan, lebih dari 5.000 wisman akan memadati dan menyebar ke Provinsi atau daerah yang dilintasi GMT pada Rabu pekan depan (9/3/2016).

Berita selengkapnya baca di sini

2. Cek Saldo di ATM BCA Bakal Dipungut Biaya

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) tengah mengkaji rencana pungutan biaya atas setiap transaksi pengecekan saldo tabungan serta membatasi minimal penarikan uang tunai di seluruh mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA. Pengenaan biaya ini berlaku bagi nasabah yang sering bolak balik melakukan cek saldo yang menyebabkan mahalnya biaya operasional ATM.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengungkapkan, perusahaan akan menentukan jumlah frekuensi pengecekan saldo yang dibebaskan dari biaya. Jika melebihi jumlah yang telah ditetapkan dalam periode tertentu, maka nasabah akan dikenakan biaya.

Berita selengkapnya baca di sini

3. 5 Kebiasaan Hidup Untuk Jadi Kaya

Ada sekitar 35 juta orang yang termasuk kategori miliarder di dunia. Jurnalis The Washington Post Robert J Samuelson menyebut, angka itu sekitar lima persen dari populasi orang dewasa di Amerika Serikat. "Langka, ya. Eksklusif, tidak," katanya.

Angka miliarder terus merangkak naik dari tahun ke tahun. Hal itu membuktikan kalau siapa saja bisa menjadi orang kaya, tergantung bagaimana melakukannya. Berikut lima cara menjadi kaya

Daftar selengkapnya baca di sini

(Zul/Fik)


Source: liputan6.com
Mengintip Hotel Termahal di Dunia Bertarif Rp 1,3 Miliar/Malam

Liputan6.com, Jakarta - Macau, kota yang terkenal dengan perjudiannya bakal punya hotel mewah dan termahal di dunia. Hotel ini dibangun dengan investasi senilai US$ 1,4 miliar. Itu setara dengan Rp 18,2 triliun (kurs: Rp 13.000/dolar AS).

Seperti apa bentuknya?

Dilansir dari Shanghaiiist, Minggu (6/3/2016), hotel ini bernama the 13, dan dipercaya adalah hotel termahal di dunia karena nilai pembangunannya.

Hotel the 13 bakal dibuka komersial pada musim panas ini. Di hotel ini akan ada 200 suit mewah yang luasnya berkisar dari 2.000 hingga 30.000 kaki. Hotel ini adalah proyek teralhor dari miliarder China Stpehen Hung.

Meski namanya 13, yang secara mitos dipercaya sebagai angka sial, Stephen tidak terganggu dengan konotasi negatif tersebut.

the 13, Hotel Termahal di Dunia (Shanghaiist)

Layanan 24 jam bakal didapatkan tamu termasuk kendaraan mewah Rolls Royce Phantom yang akan mengantarkan tamu ke hotel, pusat perjudian, restoran juga ke bandara.

Stephen Hung pernah dimuat sebagai berita utama di 2014 saat dia menghabiskan uang US$ 20 juta untuk memborong 30 unit mobil tersebut untuk hotel.

Fitur di hotel ini dibuat mewah dengan berlapiskan emas dan menggunakan kolom neoclassical fitur. Setiap kamar dilaporkan memiliki kamar mandi bergaya romawi dengan marmer.

Meski tarif hotel ini belum dirilis, beberapa analis berspekulasi bahwa sehari menginap di hotel ini akan dikenakan tarif sekitar US$ 100 ribu atau sekitar Rp 1,3 miliar.


Source: liputan6.com