Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Sabtu, 12 Maret 2016
Penggemar K-Pop, Anak Miliarder Ini Danai Band Korsel

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai penggemar, anak miliarder ini tak setengah hati. Adalah Wang Sicong, putra dari miliarder Tiongkok Wang Jianlin, yang bersedia menggelontorkan sejumlah dana untuk membantu manajemen artis K-Pop asal Korea Selatan.

Bantuan diberikan agar manajemen artis K-Pop mampu meningkatkan eksistensinya di Tiongkok. Melansir Korea Herald, Sabtu (12/3/2016), Wang Sicong diketahui telah berdiskusi dengan dua grup asal Korea yakni T-ara dan EXID. Ia telah setuju untuk menggelontorkan sejumlah dana sebagai investasi.

Wang memang menyukai musik K-Pop. Saat ulang tahun ke-27 tahun lalu, ia mengundang salah satu grup idol Korea untuk menghibur di pestanya.

Pria berusia 28 tahun tersebut merupakan putra dari Wang Jianlin, pemilik dari Dalian Wanda Group, developer real estate terbesar di China.

Lewat data yang dihimpun Bloomberg, kekayaan Wang sebelumnya bernilai US$ 9 miliar (Rp 99,52 triliun) meningkat menjadi US$ 14,2 miliar (Rp 157,02 triliun) saat ini.

Berbeda dengan sang ayah, Wang memang lebih tertarik pada bisnis konten musik digital. Namun tidak banyak informasi yang tersedia tentang kekayaannya. Hanya diketahui, ia telah membangun bisnis sendiri di sektor hiburan dengan dukungan ayahnya.(vna/nrm)

 


Source: liputan6.com
Ciptakan Roket, Miliarder Ini Ingin Bawa Turis ke Luar Angkasa

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu miliarder dunia yang merupakan CEO Amazon.com, Jeff Bezos yakin akan mampu mengirim turis ke luar angkasa pada 2018. Perusahaan antariksa miliknya, Blue Origin, telah menjalankan riset selama sepuluh tahun terakhir untuk mewujudkan hal ini.

Melansir CNNMoney, Sabtu (12/3/2016) Blue Origin mampu mengalahkan perusahaan rivalnya dengan meluncurkan roket ke luar angkasa dan mengembalikannya ke Bumi.

Kini Bezos yakin bahwa ia mampu untuk membawa orang lebih banyak di dalam roket buatannya. Rencananya pada 2017 nanti, Bezos akan mencoba untuk mengirim pilot di misi uji coba roketnya.

Minggu lalu, Bezos mengajak beberapa wartawan untuk melihat isi dari markas Blue Origin. Nantinya Bezos bercita-cita akan mampu membawa turis untuk melihat keindahan luar angkasa. Setiap penumpang akan disuguhkan pengalaman menarik dan ketika pulang mereka akan mendapat video rekaman sebagai cinderamata.

Bezos merupakan salah satu miliarder dunia yang telah mencurahkan harta kekayaannya untuk mengembangkan teknologi luar angkasa. Selain Bezos, miliarder lain seperti Elon Musk dan Richard Branson juga sangat tertarik untuk berinvestasi di pengembangan teknologi luar angkasa. (vna/nrm)


Source: liputan6.com
Petuah Cerdas Cara Raih Sukses dari 5 Wanita Hebat

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan tak memandang jenis kelamin. Siapapun boleh sukses dan punya hak yang sama untuk mengalami hal itu, termasuk wanita.

Kini, tak sedikit wanita yang mencapai kesuksesan. Di sebuah perusahaan, wanita juga banyak memegang jabatan penting. Seperti beberapa wanita ini. Mereka sukses dan punya jabatan tinggi berkarir di perusahaan layanan keuangan kelas dunia, Morgan Stanley.

Mereka berbagi tips bagaimana untuk mencapai kesuksesan. Dilansir dari Business Insider, Sabtu (12/3/2016), berikut petuah sukses dari para wanita hebat itu.

1. Jangan Selalu Berkata "Iya" Meski untuk Sebuah Peluang

"Jangan lewatkan peran atau pekerjaan potensial yang fantastis dengan berpikir bahwa Anda harus mengikuti jalur karir tertentu. Tapi tak harus selalu berkata iya untuk setiap peluang yang ditawarkan. Pastikan Anda punya seseorang yang dipercaya, yang bisa membantu berpikir lewat peluang-peluang itu saat datang."

Celeste Mellet Brown - Managing Director Corporate Treasurer

2. Berhenti Meminta Maaf

Saat saya memulai karir saya. Biasanya saya sering khawatir dalam menyuarakan pendapat saya. Bos saya mengatakan kalau saya tak usah meminta maaf untuk jadi diri sendiri, dan petuah tersebut mengubah saya

Katy Zhao — Vice President, Investment Products & Services, Wealth Management

3. Tiga Hal yang Dibutuhkan

"Pertama, Anda harus punya mimpi, kedua adakah ide dan tujuan, kemudian ketiga adalah gairah. Memang jelas, memiliki keterampilan dan bekerja keras adalah hal penting, tapi tidak jika Anda tak punya mimpi dan tujuan, dan jangan kaget jika Anda tak juga sampai di sana. Dan jika Anda tidak melengkapi mimpi dengan gairah, maka akan kecewa akan pilihan karir yang dijalani. Juga ada waktu yang sulit pada siklus bisnis seperti keuangan"

Wei Sun Christianson — CEO Morgan Stanley China, Co-CEO Morgan Stanley Asia Pacific

4. Jujur

"Saat pertama kali saya mendapatkan posisi manajemen hampir 15 tahun lalu, Global Manager saya meminta saya untuk selalu ingat bahwa transparansi dan kejujuran adalah kunci untuk menjaga hubungan dan mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Dan ini jauh lebih sulit dari yang dibayangkan. Ini benar."

Yuki Hashimoto — Managing Director, Head of Fixed Income, Japan

5. Buat Jaringan dengan Orang di Luar Lingkungan

"Sangat menguntungkan untuk karir Anda jika Anda bisa memperluas jaringan ke luar. Jika Anda membangun hubungan dengan kolega di tim atau divisi lain, itu akan memberi dukungan jaringan yang bisa bermanfaat untuk karir. Saya pikir memiliki jaringan yang baik juga bisa membantu Anda mengerjakan pekerjaan dengan lebih efektif. Karena lebih baik terhubung dengan bisnis yang lebih luar. "

Jessica Alsford, Executive Director, Head of Sustainable+Responsible Investment, Equity Research


Source: liputan6.com
5 Tips Keuangan Aman Saat Ambil Cuti Tanpa Gaji

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani masa cuti dan segera menyambut kelahiran si kecil, tentu menjadi sebuah momen yang menyenangkan dan telah Anda tunggu-tunggu kedatangannya.

Namun bagaimana bila hal tersebut akan Anda jalani dengan kebijakan dari perusahaan yang menerapkan masa cuti melahirkan tanpa gaji bagi karyawannya?

Cuti melahirkan tanpa gaji, hal ini tentu saja bukan hal yang menyenangkan untuk dijalani, mengingat ada banyak hal yang harus Anda persiapkan dalam menyambut kelahiran si kecil.

Meski tidak semua perusahaan memiliki kebijakan ini, namun ada banyak sekali perusahaan yang menerapkan hal tersebut di dalam kebijakan yang mereka gunakan.

Tidak mudah memang, namun Anda tentu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi hal tersebut.

Bagi Anda yang telah mempersiapkan segala sesuatunya sejak lama, kebijakan ini tentu bukanlah menjadi sebuah masalah besar yang akan membuat Anda gusar.

Sebagian besar orang biasanya telah melakukan banyak persiapan sejak masa awal kehamilan, hal tersebut juga tentu menyangkut masalah persiapan keuangan, karena hal tersebut merupakan salah satu hal yang sangat membutuhkan persiapan yang matang.

Untuk membantu Anda, lakukan lima tips di bawah ini yang bisa Anda terapkan dalam mengelola keuangan dengan aman di masa cuti melahirkan tanpa gaji seperti dikutip dari www.cermati.com, Sabtu (12/3/2016):

1. Siapkan Dana Darurat Sejak Awal

Ini merupakan hal penting yang harus Anda persiapkan sejak lama atau setidaknya pada masa-masa awal kehamilan.

Anda harus mampu menyisihkan sebagian dari penghasilan bulanan sebagai dana darurat yang penggunaannya khusus di masa melahirkan, mengingat Anda tidak akan memiliki penghasilan di masa tiga bulan cuti tersebut.

Pastikan Anda telah menyiapkan dana darurat setidaknya tiga kali pengeluaran rutin bulanan yang Anda dan keluarga butuhkan. Sebaiknya, siapkan ini secara rutin sejak awal kehamilan, agar Anda tidak kerepotan di masa akan melahirkan.

2. Alokasikan Gaji dengan Tepat

Anda juga harus berhemat selama masa cuti kehamilan berjalan, alokasikan setengah dari penghasilan untuk menambah jumlah saldo dana darurat. Ini akan lebih berguna dan sewaktu-waktu dapat membantu, daripada penghasilan tersebut Anda gunakan untuk berbagai hal yang kurang bermanfaat.


Source: liputan6.com
Kini PKL Bisa Miliki Sertifikat Hak Guna Bangunan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) terus mengupayakan pemberian sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) bagi pedagang kaki lima (PKL).

Program kerja sama dengan pemerintah daerah ini ditujukan bagi PKL yang membuka usaha di kawasan penataan Pemda setempat.

"Sertifikat ini memberi kepastian hukum bagi pedagang kaki lima untuk berdagang di tempat yang disiapkan oleh pemerintah," ujar Menteri ATR/Kepala BPN Ferry Musyidan Baldan seperti dikutip dari Rumah.com, Sabtu (12/3/2016).

Dia memberi contoh, kawasan Taman Suryokusumo merupakan salah satu lokasi penataan PKL Pemerintah Kota Semarang. Rencananya sekitar 250 lapak disiapkan bagi para PKL.

Baca Juga

  • Dorong Pertumbuhan Properti, Menkeu Ingin BPHTB Dihapus
  • Jenis Pajak Properti yang Harus Diketahui
  • Memahami Jenis Sertifikat Rumah

Source: liputan6.com
Mau Bebas Utang? Lakukan 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada orang yang ingin menghabiskan sisa hidupnya terlilit hutang. Agar mampu menangani hal ini, maka Anda pun harus menyusun strategi agar mampu keluar dari jeratan tagihan. Apa saja yang dapat dilakukan?

Melansir Business Insider, Sabtu (12/3/2016) berikut ulasan trik keluar dari jeratan utang:

1. Buat daftar tagihan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat daftar mengenai utang yang dimiliki. Daftar utang harus diurutkan dari yang terbesar ke yang terkecil. Jangan lupa mencantumkan suku bunga yang berlaku untuk tiap tiap hutang.

2. Prioritaskan pembayaran

Apabila Anda bingung untuk membayar tagihan yang menumpuk, cobalah bayar dari yang paling kecil terlebih dahulu. Lunasi sehingga tidak menjadi beban lanjutan bagi kita.

Sementara bayar minimal buat utang yang lebih besar. Jika utang kecil dapat diselesaikan lanjutkan ke utang yang lebih besar. Kita juga dapat menyelesaikan utang dengan bunga tinggi terlebih dahulu, baru yang berbunga rendah.


Source: liputan6.com
Bank Sentral Eropa Umumkan Stimulus Bikin Bursa AS Menguat

Liputan6.com, New York - Bursa Amerika Serikat (AS) menghijau pada penutupan perdagangan di akhir pekan ini dipicu Bank Sentral Eropa yang mengumumkan rencana pemberian stimulus pada Kamis kemarin. Ini juga didorong kenaikan harga minyak yang membuat saham energi melaju.

Melansir laman Reuters, indeks S&P 500 ditutup pada level tertinggi tahun ini dan di atas rata-rata pergerakan 200 hari untuk pertama kalinya sejak 30 Desember.

Adapun indeks Dow Jones industrial average ditutup naik 218,18 poin atau 1,28 persen ke posisi 17.213,31. Indeks S&P 500 naik 32,62 poin atau 1,64 persen menjadi 2.022,19 dan Nasdaq Composite menambahkan 86,31 poin atau 1,85 persen ke posisi 4.748,47.

Investor mengambil pandangan positif dari paket stimulus baru Bank Sentral Eropa yang resmi dirilis pada Kamis, meskipun Presiden ECB Mario Draghi mengisyaratkan untuk mengakhiri kebijakan pemotongan suku bunga lebih lanjut.

Baca Juga

  • Wall Street Menguat Didorong Harga Minyak
  • Ikuti Wall Street, Bursa Asia Kompak Melemah
  • Wall Street Melemah Imbas Rontoknya Saham Energi

Source: liputan6.com
Harga Minyak Naik di Akhir Pekan

Liputan6.com, New York - Harga minyak mentah Amerika Serikat (AS) menetapkan posisi tinggi terbarunya di akhir pekan ini, seusai lembaga energi internasional mengatakan kekalahan pasar selama dua tahun terakhir ini telah selesai.

Ini dikatakan terlihat dari pasokan minyak dunia yang tengah mengalami penurunan produksi dan adanya pembicaraan negara-negara produsen utama minyak untuk membekukan produksi secara  terkoordinasi.

Mengutip Wall Street Journal, Sabtu (12/3/2016), harga patokan minyak AS naik 1,7 persen menjadi US$ 38,50 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara kontrak minyak global Brent naik 0,9 persen menjadi US$ 40,39 per barel di bursa ICE Futures Europe.

Badan Energi Internasional yang berbasis di Paris mengatakan penghentian pasokan di Irak, Nigeria dan Uni Emirat Arab mengurangi output minyak dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) sebesar 90 ribu barel per hari. 

Baca Juga

  • Pemerintah Jajaki Perpanjangan Impor Minyak dari Azerbaijan
  • Harga Minyak Sentuh Level US$ 40 per Barel
  • Harga Minyak Angkat Sektor Saham Tambang di Awal Pekan

Source: liputan6.com
Harga Emas Meredup Terdorong Penguatan Dolar

Liputan6.com, New York - Harga emas turun di akhir pekan ini dipicu penguatan dolar dan kenaikan harga minyak serta pasar saham. Ini memperpanjang kenaikan sesi sebelumnya ke posisi tertinggi dalam 13 bulan setelah Bank Sentral Eropa mengumumkan kebijakan stimulus.

Harga emas di pasar spot naik US$ 1.282,51 per ounce, terkuat sejak 3 Februari 2015. Namun kemudian jatuh 1 persen menjadi US$ 1.259,01 per ounce, seusai dolar yang mengalami rebound terhadap euro.

Sementara harga emas AS untuk pengiriman April menetap 1,1 persen menjadi US$ 1.259,40 per ounce, setelah mencapai di posisi US$ 1.287,80 per ounce.

Presiden ECB Mario Draghi mengatakan, peluncuran langkah-langkah stimulus pada kamis kemarin, termasuk peningkatan pembelian aset dan deposit tarif. Namun ia mengisyaratkan tidak akan ada pemotongan suku bunga lebih lanjut.

Baca Juga

  • Harga Emas Turun Dipicu Kenaikan Harga Minyak dan Saham
  • Harga Emas Turun dari Level Tertinggi dalam 13 Bulan
  • Harga Emas Turun Dipicu Data Perdagangan Tiongkok

Source: liputan6.com
Menperin Bakal Fasilitasi Investor Mebel Tiongkok Bangun Pabrik

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah investor asal Tiongkok yang bergerak di sektor mebel dan kerajinan tertarik untuk memindahkan pabriknya ke Indonesia. Rencana pemindahan fasilitas produksi tersebut dipicu semakin tinggi standar upah minimum di negara tersebut.

Hal ini pun mendapat sambutan baik dari Menteri Perindustrian Saleh Husin. Menurut dia, masuknya investor asal Tiongkok akan meningkatkan kapasitas industri mebel nasional.

"Keberadaan industri pendukung akan memperkuat kapabilitas industri mebel nasional," ujarnya di Jakarta, seperti ditulis Sabtu (12/3/2016).

Saleh menjelaskan, pemerintah bersama asosiasi telah menetapkan target ekspor mebel dan kerajinan sebesar US$ 5 miliar dalam 5 tahun. Untuk mencapai target tersebut dibutuhkan banyak industri di dalam negeri.

Baca Juga

  • Pencabutan Kewajiban SVLK Ganggu Ekspor Furnitur RI ke Eropa
  • Menperin Yakin Ekspor Furnitur RI Tembus Rp 67 Triliun
  • Furnitur Kelas Premium Diminta Pakai Bahan Baku Lokal

Source: liputan6.com
Buruh Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan penolakannya terhadap kenaikan iuran BPJS Kesehatan. Kenaikan iuran ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Jaminan Kesehatan.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, salah satu isi dalam Perpres tersebut menyatakan iuran bagi peserta BPJS Kesehatan, yaitu pekerja penerima upah (PPU) mengalami kenaikan menjadi 2 persen untuk pekerja dan 3 persen untuk pengusaha.

"Buruh menolak keras kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang dibayar buruh menjadi 2 persen. Sedangkan pengusaha menjadi 3 persen," ujar dia di Jakarta, Sabtu (11/3/2016).

Said menilai, di tengah rendah daya beli masyarakat dan kenaikan upah yang dinilai belum mencukupi kebutuhan pekerja sehari-hari, maka kenaikan iuran ini menjadi beban tambahan bagi para pekerja.

Baca Juga

  • Iuran BPJS Resmi Rp 80 Ribu Per 1 April 2016
  • Dirut BPJS : BPJS Tidak Kolaps
  • BPJS Jadi Lembaga yang Paling Banyak Manfaatkan Nomor e-KTP

Source: liputan6.com
Penjualan Listrik PLN Meningkat pada Februari

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan pertumbuhan penjualan listrik (holding) pada Februari 2016 meningkat. Hal ini melanjutkan pertumbuhan penjualan pada bulan sebelumnya.

"Pertumbuhan ini diharapkan menjadi pertanda pulihnya perekonomian Indonesia," ujar Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (12/3/2016).

Dia mengungkapkan, pertumbuhan penjualan listrik pada Februari 2016 mencapai 16,52 terra watt hour (TWh), atau tumbuh 10,41 persen dibanding Februari 2015. Secara kumulatif, penjualan sampai dengan Februari sebesar 34,09 TWh, atau tumbuh 8,91 persen (year on year).

"Penjualan bulan Februari 2016 sebesar 10,41 persen sangat menggembirakan karena jauh lebih tinggi dari penjualan Januari 2016 yang tumbuh 7,54 persen. Padahal angka pertumbuhan 7,54 persen pada Januari 2016 lalu sebenarnya sudah menggembirakan bila memperhatikan sepanjang tahun 2015 tidak ada pertumbuhan listrik bulanan di atas 5 persen," jelas dia.

Pertumbuhan tertinggi Februari 2016 dibanding Februari 2015 terjadi di region Sulawesi dan Nusa Tenggara, sebesar 13,0 persen. Namun, pengaruh terbesar yang menentukan angka pertumbuhan penjualan se-Indonesia (holding) pada Februari yaitu untuk region Jawa-Bali.

Ini karena penjualan se-Jawa Bali memberi kontribusi 75 persen terhadap seluruh penjualan seluruh Indonesia. "Pertumbuhan penjualan listrik region Jawa-Bali yaitu 10,6 persen," kata dia.
 

Baca Juga

  • Tetapkan Harga Batu Bara, ESDM Panggil Pengusaha hingga PLN
  • Ini Cara PLN Deteksi Pencurian Listrik
  • Jurus PLN dan Swasta Wujudkan Pemerataan Listrik di RI

Source: liputan6.com
Pemerintah Yakin Penanganan Kebakaran Hutan di 2016 Lebih Baik

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah meyakini tahun ini Indonesia akan jauh lebih aman dari ancaman kebakaran lahan dan hutan dibanding dengan tahun lalu. Hal itu terjadi karena upaya optimal pemerintah dalam mencegah berulangnya kebakaran lahan dan hutan.
 
Menteri Koordinator Hukum dan Keamananan Luhut B Panjaitan mengatakan, kebakaran lahan dan hutan berdampak pada semua segi kehidupan masyarakat di Indonesia sehingga perlu diantisipasi agar tidak berulang kembali.

Untuk itu, pemerintah sudah menempuh berbagai upaya untuk mencegah kebakaran lahan dan hutan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan sudah menginstruksikan agar TNI dan Kepolisian siap siaga terhadap ancaman tahunan ini.

"Terjadinya kebakaran masih sulit dikontrol. Tetapi kondisi saat ini akan lebih baik dari tahun lalu," kata Luhut di Jakarta, ditulis Sabtu (12/3/2016).
 
Dia menjelaskan, saat ini berbagai pihak sudah berpastisipasi mencegah lahan dan hutan (karlahut). Salah satunya adalah Fire Free Alliance (FFA) yang diinisiasi lima pihak, yaitu oleh APRIL Group, Asian Agri, IDH, Musim Mas, PM Haze, Rumah Pohon, dan Wilmar. Peran FFA, adalah untuk membantu memastikan pencegahan kebakaran lahan dan hutan.
 
Dikatakan Luhut, beberapa pihak dari perusahaan kehutanan dan perkebunan, NGO dan pihak lainnya mengumumkan formasi FFA sebagai sebuah wadah multi stakeholder yang secara sukarela membantu memberikan solusi untuk pencegahan kebakaran lahan dan hutan di Indonesia.

Baca Juga

  • Baru 1 Perusahaan di Riau Jadi Tersangka Pembakar Lahan
  • Lantik Sejumlah Kapolda, Kapolri Ingatkan Soal Kebakaran Hutan
  • Ratusan Personel Brimob Diterjunkan Buru Pembakar Lahan

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Susut Rp 9.000 per Gram di Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun di akhir pekan ini sebesar Rp 9.000 per gram menjadi Rp 566 ribu per gram, dari harga kemarin Rp 575 ribu per gram.

Sementara harga pembelian kembali (buyback) hanya turun Rp 2.000 per gram menjadi Rp 518 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 518 ribu per gram.

Adapun pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kilogram (kg) akan dilakukan maksimal dua hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi.

Baca Juga

  • Harga Jual dan Buyback Emas Antam Turun
  • Harga Emas Antam Kembali Turun Jadi Rp 570 Ribu per Gram
  • Harga Emas Antam Naik Lagi Rp 4.000 per Gram

Source: liputan6.com
Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Ini Pinta Buruh

Liputan6.com, Jakarta - Kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang mulai berlaku pada 1 April 2016 mendapat penolakan dari buruh. Kenaikan ini dianggap tidak sesuai dengan layanan yang didapatkan peserta BPJS Kesehatan saat melakukan pengobatan di rumah sakit yang ditunjuk lembaga tersebut.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, kenaikan iuran tersebut belum layak dilakukan. Alasannya, sejauh ini pelaksanaan program BPJS Kesehatan masih menemui sejumlah masalah.

Said mencontohkan, masih ada peserta BPJS Kesehatan yang mendapatkan penolakan saat akan berobat ke rumah sakit. Padahal, dengan adanya iuran seharusnya peserta mendapatkan pelayanan yang baik sesuai dengan harapan.

"Selain itu pelayanan BPJS Kesehatan belum optimal seperti masih ada orang sakit ditolak rumah sakit, antrian panjang, pemberian obat terbatas yang mengakibatkan buruh menambah biaya obat. Selain itu, provider rumah sakit dan klinik swasta yang terbatas. Jadi belum layak iuran BPJS dinaikkan," ujar dia di Jakarta, Sabtu (12/3/2016).

Baca Juga

  • Buruh Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan
  • Iuran BPJS Resmi Rp 80 Ribu Per 1 April 2016
  • Dirut BPJS : BPJS Tidak Kolaps

Source: liputan6.com
Investor Korsel Siap Kucurkan Rp 1 Triliun di Sektor Perkapalan

Liputan6.com, Jakarta - Investor asal Korea Selatan kembali menyampaikan minat berinvestasi di Indonesia. Kali ini investor Negeri Ginseng itu membidik sektor perkapalan untuk menanamkan sekitar US$ 80 juta atau setara Rp 1,04 triliun (kurs Rp 13.000 per dolar AS) sebagai dana menyediakan dua kapal transportasi gas.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan, untuk merealisasikan hal ini, investor Korsel segera melakukan site visit ke Indonesia untuk mencari mitra lokal.

Untuk merealisasikan minat ini investor akan mengirimkan dua kapal pengangkut komoditas gas bumi dan terbukanya peluang untuk pembangunan terminal gas sebagai storage.

"Saat ini tidak hanya besarnya investasi saja yang dicari, tapi adanya nilai tambah bagi Indonesia. Melalui minat investasi tersebut, menunjukkan adanya peluang yang cukup besar dan berkelanjutan di industri transportasi laut. Investor juga menyinggung program Presiden tentang tol laut yang akan memberikan dampak positif bagi Indonesia. Selain itu, terbuka peluang untuk pembangunan terminal gas sebagai storage," ujarnya di Jakarta, Sabtu (12/3/2016).

Menurut Franky, Korea Selatan merupakan salah satu negara yang aktif berinvestasi di Indonesia. Realisasi investasi Korea Selatan selama 2015 tercatat mencapai Rp 15,1 triliun terdiri dari 2.329 proyek. Sedangkan pada periode 2010-2015, investasi yang telah direalisasikan mencapai angka Rp 79,6 triliun.

"Investasi dari Korea Selatan selama lima tahun terakhir selalu berada di peringkat lima teratas, sehingga menjadikan Korea Selatan sebagai salah satu sumber utama investasi di Indonesia. Sementara dari sisi komitmen investasi dari Korea Selatan sepanjang tahun lalu, BKPM mencatat sebesar US$ 4,8 miliar dengan pertumbuhan mencapai 86 persen dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya," dia menuturkan.

Baca Juga

  • BKPM Tawarkan Ini kepada Investor Slovenia
  • BKPM: Investasi Luar Jawa Meningkat Dua Kali Lipat
  • Menperin Bakal Fasilitasi Investor Mebel Tiongkok Bangun Pabrik 

Source: liputan6.com
Adhi Karya Raih Kontrak Rp 1,7 Triliun Sampai Februari

Liputan6.com, Jakarta - PT Adhi Karya (Persero) Tbk mencatat pencapaian kontrak baru sepanjang Februari 2016 sebesar Rp 1,7 triliun. Realisasi kontrak baru tersebut tumbuh 25,5 persen dari periode sama tahun lalu sebesar Rp1,3 triliun.

Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Ki Syahgolang Permata mengatakan, kontribusi per lini bisnis pada perolehan kontrak baru sepanjang Februari 2015 didominasi bisnis konstruksi sebesar 86,6 persen dan sisanya merupakan lini bisnis lainnya.

"Pada tipe pekerjaan, perolehan kontrak baru terdiri dari pekerjaan gedung sebesar 66,7 persen dan jembatan sebesar 11,4 persen, sedangkan dermaga serta infrastruktur lainnya sebesar 21,9 persen," ujarnya di Jakarta, Sabtu (12/3/2016).

Baca Juga

  • Adhi Karya Bukukan Laba Rp 463,7 Miliar pada 2015
  • Adhi Karya Tak Masalah Jalur LRT Tergusur Demi Kereta Cepat
  • Adhi Karya Raih Kontrak Rp 13,9 Triliun pada 2016

Source: liputan6.com
Di Pameran Pariwisata Dunia Ini, RI Raih Transaksi Rp 6 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia ternyata masih diperhitungkan sebagai salah satu negara yang memiliki potensi destinasi wisata dunia pada ajang pameran pariwisata terbesar dunia Internationale Tourismus Borse (ITB) di Messe Berlin yang berlangsung 9-13 Maret 2016.

Ini terlihat dari nilai transaksi yang diperoleh Indonesia pada pameran itu, di bawah koordinasi Kementerian Pariwisata hampir mencapai Rp 6 Triliun. Pameran ini diikuti 185 negara dan melibatkan sekitar 10 ribu peserta.

"Pak Arief Yahya menyampaikan angka transaksi senilai itu sampai hari ketiga 11 Maret waktu Berlin, dan kemungkinan masih bisa bertambah lagi," ujar Michael Umbas, Komisaris PT Hotel Indonesia Natour yang juga menjadi delegasi Indonesia dalam forum tersebut, Sabtu (12/3/2016).

Pada ajang ini, jajaran PT HIN sempat menggelar audiensi tertutup dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya di ruang meeting Paviliun Indonesia, setelah pertemuan dengan Sekjen UNWTO. Pertemuan membahas berbagai hal terkait peran BUMN pariwisata untuk menunjang program pemerintah menggaet 20 juta wisatawan hingga 2019.

"Kita menyampaikan proses sinergi BUMN Pariwisata yang siap all out mendukung program pemerintah, termasuk menjadikan Wonderful Indonesia sebagai bagian promosi bersama," kata Umbas yang didampingi Direktur Utama HIN, Iswandi Said.

Indonesia mengikuti pameran pariwisata terbesar dunia Internationale Tourismus Borse (ITB) di Messe Berlin yang berlangsung 9-13 Maret 2016.

Dalam pertemuan selama kurang lebih satu jam itu, lanjut Umbas, Menpar Arief Yahya menyampaikan bahwa Indonesia sudah mulai diperhitungkan dunia. Apalagi negara ini dinilai sukses menggelar berbagai acara atraktif menyambut gerhana matahari total beberapa hari lalu.

"Sekitar 100 ribu wisatawan hadir meramaikan acara itu. Para turis mancanegara bahkan sudah sejak tahun lalu membidik dengan antusias acara ini. Ini lompatan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke depan," tambah dia.

Dengan capaian di ajang ITB Berlin, Menpar berharap semua pelaku pariwisata dalam negeri semakin meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan kemajuan teknologi. "Lifestyle pariwisata sudah berubah, kita tidak bisa lagi hanya sepenuhnya bersandar pada keunggulan alam dan budaya, tetapi harus menyiapkan infrastukur teknologi," kata Arief Yahya sebagaimana dikutip Umbas.

Pameran ITB Berlin merupakan ajang yang cukup spektakuler dalam mempertemukan semua pelaku pariwisata dunia. Ini dihadiri 1.000 top buyer, 23.000 convention visitor, 50.000 private visitor dan 115.000 trade visitor. Dengan lokasi pameran mencapai 160 ribu meter persegi dan dengan total nilai transaksi 6,7 miliar euro. (Nrm/Ndw)


Source: liputan6.com
Pameran Pariwisata ITB Berlin, RI Raih Transaksi Rp 6 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia ternyata masih diperhitungkan sebagai salah satu negara yang memiliki potensi destinasi wisata dunia pada ajang pameran pariwisata terbesar dunia Internationale Tourismus Borse (ITB) di Messe Berlin yang berlangsung 9-13 Maret 2016.

Ini terlihat dari nilai transaksi yang diperoleh Indonesia pada pameran itu, di bawah koordinasi Kementerian Pariwisata hampir mencapai Rp 6 Triliun. Pameran ini diikuti 185 negara dan melibatkan sekitar 10 ribu peserta.

"Pak Arief Yahya menyampaikan angka transaksi senilai itu sampai hari ketiga 11 Maret waktu Berlin, dan kemungkinan masih bisa bertambah lagi," ujar Michael Umbas, Komisaris PT Hotel Indonesia Natour yang juga menjadi delegasi Indonesia dalam forum tersebut, Sabtu (12/3/2016).

Pada ajang ini, jajaran PT HIN sempat menggelar audiensi tertutup dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya di ruang meeting Paviliun Indonesia, setelah pertemuan dengan Sekjen UNWTO. Pertemuan membahas berbagai hal terkait peran BUMN pariwisata untuk menunjang program pemerintah menggaet 20 juta wisatawan hingga 2019.

"Kita menyampaikan proses sinergi BUMN Pariwisata yang siap all out mendukung program pemerintah, termasuk menjadikan Wonderful Indonesia sebagai bagian promosi bersama," kata Umbas yang didampingi Direktur Utama HIN, Iswandi Said.

Indonesia mengikuti pameran pariwisata terbesar dunia Internationale Tourismus Borse (ITB) di Messe Berlin yang berlangsung 9-13 Maret 2016.

Dalam pertemuan selama kurang lebih satu jam itu, lanjut Umbas, Menpar Arief Yahya menyampaikan bahwa Indonesia sudah mulai diperhitungkan dunia. Apalagi negara ini dinilai sukses menggelar berbagai acara atraktif menyambut gerhana matahari total beberapa hari lalu.

"Sekitar 100 ribu wisatawan hadir meramaikan acara itu. Para turis mancanegara bahkan sudah sejak tahun lalu membidik dengan antusias acara ini. Ini lompatan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke depan," tambah dia.

Dengan capaian di ajang ITB Berlin, Menpar berharap semua pelaku pariwisata dalam negeri semakin meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan kemajuan teknologi. "Lifestyle pariwisata sudah berubah, kita tidak bisa lagi hanya sepenuhnya bersandar pada keunggulan alam dan budaya, tetapi harus menyiapkan infrastukur teknologi," kata Arief Yahya sebagaimana dikutip Umbas.

Pameran ITB Berlin merupakan ajang yang cukup spektakuler dalam mempertemukan semua pelaku pariwisata dunia. Ini dihadiri 1.000 top buyer, 23.000 convention visitor, 50.000 private visitor dan 115.000 trade visitor. Dengan lokasi pameran mencapai 160 ribu meter persegi dan dengan total nilai transaksi 6,7 miliar euro. (Nrm/Ndw)


Source: liputan6.com
Sertifikat Legalitas Kayu Bakal Permudah Furnitur RI Masuk Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Sertifikat Legalitas Kayu (SLK) yang diterbitkan berdasarkan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) milik Indonesia, dalam waktu dekat akan diakui sebagai lisensi Forest Law Enforcement, Governance and Trade (FLEGT) oleh Uni Eropa. SAebab itu, SLK dinilai menjadi peluang bagi Indonesia untuk mendominasi pasar produk kayu tropis di benua biru tersebut.

Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Ida Bagus Putera Parthama mengatakan, dengan diakuinya SLK oleh dunia internasional maka akan memberikan banyak keuntungan bagi Indonesia. Salah satunya, produk olahan kayu Indonesia mendapat kemudahan untuk masuk ke pasar Eropa.

"Pengakuan SLK sebagai lisensi FLEGT akan memberikan keuntungan bagi Indonesia untuk masuk ke pasar Eropa," ujar dia di Jakarta, Sabtu (12/3/2016).

Dia menjelaskan, saat ini Indonesia menguasai sekitar 40 persen pangsa pasar kayu tropis di Eropa. Menurut data sistem informasi legalitas kayu, ekspor Indonesia ke Uni Eropa sejak Januari 2013-Desember 2015 mencapai US$ 211,9 juta.

Baca Juga

  • Pencabutan Kewajiban SVLK Ganggu Ekspor Furnitur RI ke Eropa
  • Pengusaha Mebel Nilai Aturan SVLK Menghambat Ekspor
  • Pemerintah Diminta Bantu Pengrajin Mebel Penuhi SVLK

Source: liputan6.com
LRT Bikin Jarak Tempuh Jakarta-Bekasi Hanya 30 Menit

Liputan6.com, Jakarta - PT Adhi Karya Tbk optimis proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) bisa rampung sesuai target, yaitu pada 2018. Keberadaan alat transportasi massal ini akan mengintegrasikan sejumlah wilayah seperti Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi.

Direktur III Adhi Karya Joko Prabowo mengatakan, beradaan LRT akan menghidupkan kegiatan ekonomi di sekitar wilayah yang memiliki stasiun transit LRT. Mulai dari bisnis properti hingga perdagangan diyakini akan bergeliat dengan adanya moda transportasi ini.

"Tadi ada bisnis TOD (transit oriented development) yang kalau LRT berjalan. Akan jadi sumber baru bagi Adhi Karya, seperti realty, property yang ada di sekitar trase LRT. Dan baru pertama di Indonesia ada properti di sekitarnya," ujar dia di Jakarta, Sabtu (12/3/2016).

Dengan adanya LRT, lanjut Joko, maka para pekerja di ibukota tidak perlu lagi mencari tempat tinggal di tengah kota Jakarta. Para pekerja bisa mencari tempat tinggal di kota-kota satelit Jakarta yang harganya lebih terjangkau ketimbang di Jakarta.

Baca Juga

  • Adhi Karya Targetkan Kontrak 2016 Capai Rp 25,1 Triliun 
  • Presiden Jokowi Akan Tinjau Proyek LRT di Sumatera Selatan
  • Adhi Karya Tak Masalah Jalur LRT Tergusur Demi Kereta Cepat

Source: liputan6.com
Pertamina Bangun Pipa BBM Sepanjang 956 km di Jawa

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) melakukan finalisasi Front End Engineering Design (FEED) proyek pembangunan pipa bahan bakar minyak (BBM) di Pulau Jawa. Pembangunan ini akan berlangsung pada periode 2016-2019 dengan panjang mencapai 956 kilometer (km).

Vice President Technical Services Direktorat Pemasaran Pertamina Sofyan Yusuf mengatakan, pada tahap awal, pihaknya akan membangun pipa sepanjang 401 km. Dengan rute Lomanis-Rewulu sepanjang 180 km, Lomanis-Tasikmalaya 128 km, dan Cikampek-Plumpang II sepanjang 93 km.

"Saat ini FEED dalam proses penyelesaian. Diharapkan akhir tahun ini konstruksi sudah bisa dimulai," ujar dia di Jakarta, Sabtu (12/3/2016).

Sofyan menjelaskan, nilai investasi dari pembangunan pipa BBM pada tiga jalur tersebut masih dalam perhitungan. Lahan untuk jalur pipa menurut rencana menggunakan lahan eksisting Cirebon-Bandung dan Cilacap-Yogyakarta.

Baca Juga

  • Pertamina Targetkan US$ 100 Juta dari Efisiensi Pengadaan Minyak 
  • Ini Peran Serta Pertamina dalam Program 35 Ribu MW
  • Petral Dibubarkan, Pertamina Klaim Hemat Rp 2,87 Triliun di 2015

Source: liputan6.com
Punya Potensi Besar, Produk Rotan RI Masih Kalah Saing

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah diminta untuk memberikan dukungan terhadap pengembangan produk kerajinan rotan dalam negeri. Selama ini produk tersebut dinilai kurang mendapat perhatian dibandingkan produk dari bahan baku lain seperti jati dan mahoni.

Product Designer dari Studio Hiji Abie Abdillah mengatakan, Indonesia memiliki bahan baku rotan yang melimpah. Namun sayangnya produk hasil kerajinan ini masih terbatas dan hampir semuanya diekspor ke negara lain.

"Dalam arti mebel, di Indonesia diproduksi dengan material secara alam dan juga dengan perajin. Dengan material alam yang melimpah macem jati dan mahoni, salah satu yang penting adalah rotan. Rotan itu 90 persen diekspor," ujarnya di Jakarta, Sabtu (12/3/2016).

Abie menjelaskan, saat ini potensi ekspor produk mebel dan kerajinan Indonesia mencapai US$ 10 miliar. Namun sayangnya porsi rotan kurang dari 20 persen.

Baca Juga

  • Mendag Lembong Pede RI Siap Hadapi MEA, Ini Alasannya
  • Usaha Kecil Menengah RI Bakal Gigit Jari Saat MEA Berlangsung
  • Pekerja RI Tak Siap Hadapi MEA

Source: liputan6.com