Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Jumat, 04 Maret 2016
5 Lansia Ini Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Usia bukanlah hambatan untuk selalu berkarya. Hal ini dibuktikan lima miliarder ini. Di usianya yang sudah lanjut, mereka masih mampu untuk bertengger di daftar orang terkaya dunia. Siapa saja?

Berikut daftarnya melansir laman Forbes, Jumat (4/3/2016):

5. Chang Yun Chung (97 tahun)

Total aset Rp 1,4 triliun

Miliarder asal Singapura ini merupakan pemilik dari Pacific International Lines, sebuah perusahaan pelayaran terbesar di dunia dengan armada lebih dari 180 kapal.

Selain membawahi Pacific International Lines, Chung juga membawahi Singamas Container Holdings. Perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur.

4. C.F. Chan (97 tahun)

Total aset Rp 17,3 triliun

Pria berusia 97 tahun ini adalah seorang miliarder asal Hong Kong yang mampu meraup kekayaannya setelah berkiprah industri pariwisata. Ia adalah pemegang saham dari Park Lane Hotel di Causeway Bay, Hong Kong. Hotel tersebut kini berganti nama menjadi Pullman Hotel dibawah bendera AccorHotels Group.

Baca Juga

  • Harta 20 Orang Terkaya Dunia Berkurang Rp 929 Triliun
  • Daftar Terbaru Orang Terkaya Indonesia 2016
  • 500 Orang Terkaya Dunia Punya Harta Rp 55.224 Triliun

Source: liputan6.com
6 Hal yang Dilakukan Miliarder Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta - Kalau mendengar kata miliarder, pasti pikiran kita akan menjurus kepada Bill Gates, Steve Jobs, Mark Zuckerberg, dan yang lainnya.

Itu adalah beberapa orang yang masuk dalam daftar manusia terkaya di dunia. Mereka adalah orang yang sukses sehingga bisa mendapatkan uang meskipun di rumah, sangat kaya dan bisa membeli apa saja yang mereka mau.

Jika menjadi kaya pasti sudah bisa melakukan apa saja yang diinginkan. Akan tetapi, kekayaan yang didapat tidak serta merta datang begitu saja, ada usaha dan kebiasaan baik yang selalu mereka lakukan.

Bagi Anda yang ingin mengetahuinya, berikut ini kebiasaan yang dilakukan miliarder setiap hari seperti dikutip dari cermati.com, Jumat (4/3/2016):

1. Membaca

Kebiasaan yang satu ini menjadi nomor satu kebiasaan yang di lakukan oleh para miliarder. Membaca adalah salah satu kebiasaan setiap hari yang dilakukan mereka.  

Contohnya saja Mark Zuckerberg, anak muda yang  telah menciptakan media sosial  facebook. Mark menghabiskan 70-80 persen aktivitas hariannya untuk membaca artikel-artikel dan apapun yang berkaitan dengan produktivitas sehingga tidak heran kalau Mark benar-benar telah menjadi orang yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.

Ada pepatah yang mengatakan membaca adalah kunci dunia. Itu menunjukkan betapa luar biasanya kekuatan dan dampak dari membaca.

2. Bangun Pagi

Kebiasaan bangun pagi adalah kebiasaan orang-orang hebat yang ada di dunia. Kita bisa menengok Presiden Barack Obama atau pun yang lainnya. Mereka berusaha untuk bangun lebih awal untuk menghirup udara sehat di pagi hari sebelum terbitnya matahari.

Udara pagi akan memberikan kita semangat untuk menghadapi hari kita. Coba Anda bangun di pagi hari dan keluarlah ke jalan atau pun ke lantai 2 rumah dan nikmati kesegaran udara pagi.

Akan tetapi, untuk hal ini hanya bisa dilakukan di tempat seperti pedesaan dan tempat yang jauh dari metropolitan, karena kota-kota besar pada pagi hari sudah begitu ramai dengan hiruk pikuk kehidupan orang-orang kota.

3. Mengikuti Seminar

Kebiasaan ini adalah kebiasaan yang dilakukan oleh Thomas Alfa Edison, penemu bola lampu ini mempunyai kebiasannya tiap hari untuk mendengarkan seminar ataupun menjadi pembicara dalam suatu seminar.

Tercatat Thomas selama hidup pernah mengikuti seminar sebanyak 400 kali. Seminar dapat memberikan kita wawasan yang luas juga karena melalui seminar dapat mengetahui penemuan-penemuan orang lain atau pun mengetahui pemikiran hebat dari orang lain.

Oleh karena itu, ini alasan seorang hebat seperti Thomas Alfa Edison yang mempunyai lebih dari 100 hak paten.


Source: liputan6.com
Sisihkan Rp 30 Ribu per Hari, Bisa Cicil Rumah di Bogor

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang penghasilan minim tak bisa memiliki rumah tinggal pribadi?. Bogor yang terkenal dengan keasrian alam dan udaranya yang sejuk, hingga kini masih menyimpan beberapa daftar perumahan dengan penawaran harga menggiurkan.

Menariknya lagi, rumah-rumah berikut ini rupanya bisa dicicil dengan menyisihkan pendapatan Anda kurang dari Rp 30 ribu per hari (di luar bunga bank).

Bagaimana perhitungannya dan apa saja pilihan perumahannya? Simak ulasan yang telah dirangkum Rumah.com khusus untuk Anda, Jumat (4/3/2016).

Panorama Bali Residence

Tipe Singaraja dengan luas bangunan 30 meter persegi (M2) dan luas tanah 60 M2, dipasarkan pengembang PT Arya Lingga Manik seharga Rp 200 juta. Meski relatif terjangkau, namun fasilitas yang akan ditemui penghuni serasa berada di klaster Rp 500 jutaan ke atas.

Hal ini karena Panorama Bali Residence dilengkapi dengan kolam renang, sport centre, dan sarana ibadah. Dan berikut simulasi perhitungan cicilan KPR nya;

Harga Rp 200 juta

DP 20% = Rp 40 juta

Plafon KPR = Rp 160 juta, tenor 15 tahun (180 bulan)

Angsuran KPR per bulan = Rp 160 juta : 180 bulan = Rp 888.888

Tabungan per hari = Rp 888.888 : 30 hari = Rp 29.629

Grand Kahuripan

Dibangun di atas lahan seluas 60 hektare, Grand Kahuripan merupakan sebuah perumahan baru yang berlokasi di Jalan Raya Klapanunggal, Bogor. Bagi Anda yang memiliki dana terbatas, unit tipe Pinus senilai Rp 209 juta sangat pas menjadi target utama.

Bagaimana tidak, dengan harga sebesar itu Anda hanya perlu menyisihkan uang Rp 30 ribu per hari untuk angsuran KPR bulanan.

Harga Rp209 juta

DP 20% = Rp 41,8 juta

Plafon KPR = Rp 167,2 juta, tenor 15 tahun (180 bulan)

Angsuran KPR per bulan = Rp 167,2 juta : 180 bulan = Rp928.888

Tabungan per hari = Rp 928.888 : 30 hari = Rp 30.962


Source: liputan6.com
Realisasi Program Sejuta Rumah Capai 28.288 Unit

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim realisasi program Pembangunan Sejuta Rumah (PSR) sudah mencapai 28.288 unit hingga akhir Februari 2016.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin optimistis angka tersebut akan terus bertambah mengingat masih banyak data pembangunan rumah yang belum masuk  dalam tim pendataan sejuta rumah.

"Apalagi tentu juga masih ada rumah-rumah yang masih dalam tahap proses pembangunan pada awal tahun ini, baik oleh pengembang maupun pemerintah daerah," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (3/3/2016).

Baca Juga

  • Angsuran Cicilan Rumah Ini Rp 3 Juta per Bulan di Tangerang
  • Ini Tipe Rumah yang Bisa Didapat dari Program Tapera
  • Cari Rumah Harga Rp 400 Jutaan? Temukan di Depok

Source: liputan6.com
IHSG Naik Terbatas, 4 Saham Ini Jadi Pilihan

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menguat terbatas pada perdagangan saham Jumat pekan ini.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG sedang berjuang untuk meneruskan kenaikannya. Saat ini level support terlihat di level 4.760 dan resistance 4.876. William menilai, IHSG berpotensi memasuki fase konsolidasi di masa mendatang.

"Kenaikan IHSG akan ditunjang oleh aliran dana investor asing, kondisi nilai tukar rupiah stabil karena minimnya kebutuhan akan dolar Amerika Serikat," kata William dalam ulasannya, Jumat (4/3/2016).

Baca Juga

  • Penguatan Bursa Global Angkat IHSG 12 Poin
  • IHSG Berpeluang Naik, Simak 7 Saham Pilihan Ini
  • Aksi Beli Investor Asing Rp 800 Miliar, IHSG Naik Tipis

Source: liputan6.com
Wall Street Menguat Ditopang Saham Energi

Liputan6.com, New York - Saham AS ditutup lebih tinggi pada perdagangan Kamis waktu setempat, membangun pemulihan baru-baru ini menyusul reli di saham energi, dan mengimbangi penurunan di saham kesehatan dan teknologi.

Peningkatan tipis di indeks S&P 500 diikuti empat minggu dari keuntungan sebagian besar stabil yang telah meninggalkan indeks turun 3 persen pada 2016.

Meskipun ada keuntungan tersebut, banyak investor tetap berada di pinggir karena khawatir pasar melanjutkan penurunannya.

 

Baca Juga

  • Sektor Saham Energi dan Bank Angkat Wall Street
  • Mengekor Wall Street, Bursa Asia Dibuka Menguat
  • Wall Street Menguat Dipimpin Saham Keuangan dan Teknologi

Source: liputan6.com
Harga Emas Naik, Sentuh Level Tertinggi Dalam Setahun

Liputan6.com, Jakarta Harga emas berjangka kembali mendaki ke level US$ 1.250 per ounce pada perdagangan Kamis atau Jumat waktu Indonesia, menghasilkan harga yang paling tinggi hingga lebih dari satu tahun. Hal ini ditopang oleh kemungkinan data ekonomi AS yang masih terlihat rapuh

The Federal Reserve melaporkan pada Rabu lalu, menawarkan nada lebih pesimistis tentang aktivitas ekonomi pada akhir Februari. Laporan ekonomi Kamis menunjukkan kelemahan, mengangkat daya tarik investasi logam mulia ini.

Emas untuk pengiriman April naik US$ 16,40 atau 1,3 persen untuk menetap di level US$ 1.258,20 per ounce. Harga ini adalah yang tertinggi sejak Februari 2015, berdasarkan data dari Dow Jones.

 

Baca Juga

  • Data Tenaga Kerja AS Dukung Penguatan Harga Emas
  • Harga Emas Antam Naik Rp 2.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Lebih Murah Rp 5.000 per Gram

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Naik Lagi Rp 4.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) kembali naik Rp 4.000 per gram pada perdagangan Jumat (4/3/2016) menjadi Rp 574 ribu per gram. Pada perdagangan kemarin, harga emas Antam naik Rp 2.000 per gram.

Begitu pula harga pembelian kembali (buyback) menguat Rp 4.000 menjadi Rp 525 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 525 ribu per gram.

Adapun pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kilogram (kg) akan dilakukan maksimal dua hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi.

 

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Naik Lagi Rp 4.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Naik Rp 2.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Lebih Murah Rp 5.000 per Gram

Source: liputan6.com
Dibayangi Aksi Ambil Untung, IHSG Menguat Terbatas

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menguat pada perdagangan saham Jumat (4/3/2016) mengikuti gerak bursa saham Asia dan global.

IHSG cenderung terbatas karena dibayangi aksi ambil untung (profit taking) yang dilakukan investor.

Pada pra pembukaan perdagangan saham,IHSG naik 0,44 poin atau 0,01 persen kelevel 4.844,48. PenguatanIHSG berlanjut pada pukul 09.00 WIB,IHSG naik tipis sekitar 5,546 poin atau 0,12 persen menjadi 4.849,63.

Baca Juga

  • Penguatan Rupiah Dorong Laju IHSG
  • IHSG Naik Terbatas, 4 Saham Ini Jadi Pilihan
  • Aksi Beli Investor Asing Rp 800 Miliar, IHSG Naik Tipis

Source: liputan6.com
25 Investor Korea Selatan Jajaki Investasi di RI

Liputan6.com, Jakarta - Terobosan Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) yang diluncurkan pemerintah 22 Februari yang lalu mulai mendapat perhatian investor. Setelah sebelumnya dua investor Australia menyatakan minatnya, giliran 25 perusahaan asal Korea Selatan menjajaki peluang untuk memanfaatkan fasilitas KLIK.

Badan Koordinasi Penanaman Modal melalui perwakilannya di Korea Selatan memfasilitasi investor asal negeri Ginseng. Mereka bertemu pengelola salah satu kawasan industri yang termasuk dalam 14 kawasan industri yang ditetapkan oleh pemerintah untuk melaksanakan KLIK.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyampaikan bahwa kantor perwakilan BKPM di delapan negara siap mempromosikan kemudahan investasi langsung konstruksi untuk mempercepat realisasi investasi.

 

Baca Juga

  • 59 Proyek Investasi Segera Beroperasi Tahun Ini
  • BKPM: 141 Proyek Investasi Sedang Rampungkan Proses Konstruksi
  • BKPM: Investasi Luar Jawa Meningkat Dua Kali Lipat

Source: liputan6.com
Pengusaha Ini Khawatir Tol Trans Sumatera Matikan Pelabuhan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus menggenjot penyelesaian proyek pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Namun proyek ini dikeluhkan oleh pengusaha logistik.

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita mengatakan, pengoperasian tol Trans Sumatera ini nantinya justru dikhawatirkan akan mematikan pelabuhan-pelabuhan di sekitarnya. Sebab, orang akan memilih menggunakan jalur darat ketimbang jalur laut dalam mendistribusikan barang.

"Tol Trans Sumatera berjalan akan membuat pelabuhan-pelabuhan di sepanjang pantai timur dan barat Sumatera akan mengalami penurunan volume yang signifikan. Dan akhirnya membuat pelabuhan-tersebut merana dan merugi," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

 

Baca Juga

  • Tol Trans Sumatera Dikebut untuk Sambut Asian Games 2018
  • Menengok Proyek Infrastruktur di Aceh dan Sumatera
  • Presiden Jokowi Akan Inspeksi Tol Palembang-Indralaya

Source: liputan6.com
Ini Biang Kerok Setoran Bea Cukai Amblas

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan (DJBC Kemenkeu) membeberkan beberapa faktor utama penyebab anjloknya penerimaan negara dari sektor bea cukai hingga akhir Februari 2016. Setoran bea cukai kepada negara turun signifikan menjadi Rp 8,11 triliun dibanding pencapaian 1 Januari-28 Februari 2015 sebesar Rp 22,55 triliun.

Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi saat berbincang dengan wartawan mengungkapkan, penurunan penerimaan bea cukai sampai dengan 29 Februari ini dipicu kenaikan tarif cukai rokok sebesar 11,3 persen pada 2016.

"Itulah yang kemudian mendorong pabrikan rokok membeli (pita cukai) di 2015, sehingga dia punya stok di 2016. Jadi misalnya harga bakal naik 1 Januari 2016, sebelumnya buru-buru beli," ujarnya di Jakarta, seperti ditulis Jumat (4/3/2016).

Baca Juga

  • Hingga Februari 2016, Setoran Bea Cukai Meleset dari Target
  • Penjelasan Bea Cukai soal Tingginya Bea Masuk Motor Besar
  • Izin Ekspor Freeport Tak Keluar, Penerimaan Negara Berkurang

Source: liputan6.com
Dengan Aplikasi Ini, Pinjam Uang Bisa Lewat Ponsel

Liputan6.com, Jakarta - Penyedia layanan pinjaman online mikro jangka pendek UangTeman, baru meluncurkan aplikasi mobile atau ponsel. Ini dimaksudkan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan akses pembiayaan dengan cepat.

CEO UangTeman Aidil Zulkifli mengatakan, aplikasi ini adalah inovasi yang tak hanya tersedia di Indonesia, melainkan juga di Asia Tenggara.

"Kami hadir dengan inovasi yang dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan dana pinjaman cepat dengan meluncurkan layanan aplikasi mobile untuk layanan pinjaman online mikro jangka pendek," kata Aidil di Jakarta ditulis Jumat (4/3/2016).

 

Baca Juga

  • Yuk, Pinjam Uang Cepat dengan Aplikasi Digital
  • Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Pinjam Uang
  • 5 Cara Cepat Dapatkan Pinjaman Modal Usaha dari Bank

Source: liputan6.com
Pembangunan Jalan Tol Tak Boleh Gunakan Lahan Pertanian

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak akan menggunakan lahan pertanian yang produktif untuk digunakan sebagai lintasan jalan tol. Langkah tersebut dilakukan agar tidak mengganggu produksi pangan.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hediyanto Husaini,‎ ‎mengatakan, untuk membangun jalan tol, kementerian lebih memilih untuk menggunakan lahan yang tidak produktif. Alasannya, selain memiliki program pembangunan infrastruktur, pemerintah juga memiliki program swasembada pangan.

Diharapkan, dengan tidak digunakannya lahan pertanian yang produktif maka tidak akan mengganggu program swasembada pangan. "Makanya kami pilih daerah-daerah rawa. Agar tidak mengganggu. Kami juga mempertimbangkan swasembada pangan. Selama ini terlalu banyak kawasan-kawasan sehingga lahan subur terpakai," kata Hediyanto, seperti yang dikutip di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Menurut Hediyanto, selain menghindari penggunaan lahan produktif untuk tol. Kementerian PUPR juga ‎memikirkan kawasan yang akan muncul pasca beroperasinya jalan tol. Kawasan tersebut seharusnya juga tidak menggunakan lahan produktif pertanian. 

"Pembangun jalan tol harus berpikir memanfaatkan lahan tidak produktif, karena di pinggir jalan itu akan berdiri juga kawasan industri baru. Mungkin jalan tol kalau kita jalankan tidak seberapa tapi kawasan industri yang tumbuh di sekitar jalan tol juga mengurangi lahan produktif,"terang‎ dia. 

Baca Juga

  • Puluhan Tahun, Indonesia Baru Punya Jalan Tol 948 Km
  • Kementerian BUMN Bakal Bentuk Holding Perusahaan Jalan Tol
  • Siapa yang Jadi Induk Usaha Holding BUMN Jalan Tol?

Source: liputan6.com
Hujan, Harga Cabai dan Bawang Merah Melonjak

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang merah dan cabai naik menjelang akhir pekan ini. Kenaikan tersebut disebabkan musim hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Ibu Kota sehingga menghambat pasokan barang.

Sarti, salah satu pedagang sayuran d‎i PD Pasar Jaya Pasar Buncit, Jakarta Selatan, mengatakan, kenaikan tersebut telah terjadi sejak 25 Februari lalu. Sebagai contoh, harga bawang merah yang sebelumnya dipatok Rp 25 ribu per kg, kini dijual dengan harga Rp 45 ribu per kg.

"Bawang merah bulan lalu itu sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu, sekarang Rp 45 ribu per kg. Naiknya sejak tanggal 25 kemarin, terus naik sampai sekarang," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

 

Baca Juga

  • Masuk Musim Hujan, Harga Bawang Tembus Rp 40 Ribu per Kg
  • Harga Kebutuhan Pangan Masih Tinggi
  • Minim Pasokan, Harga Cabai di Jambi Melonjak Tajam

Source: liputan6.com
Slovenia Minati Tanamkan Investasi di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar pertemuan dengan Kementerian Pembangunan Ekonomi dan Teknologi Slovenia. Dalam pertemuan tersebut, Slovenia menyatakan ketertarikan untuk berinvestasi di Indonesia, seperti di sektor pariwisata, energi dan pertanian.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Nus Nuzulia Ishak mengatakan, ketertarikan para investor Slovenia untuk berinvestasi lantaran besarnya pasar di Indonesia.

Terlebih, saat ini Indonesia memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sehingga peluang pasar semakin besar dan terbuka.

"Indonesia punya daya tarik tersendiri bagi investor asing untuk mengembangkan usahanya di Indonesia. Terbukanya pasar ASEAN membuat negara di Eropa dan Amerika berlomba melebarkan sayap usaha di pasar Asia Tenggara, tidak terkecuali Slovenia," ujar dia di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Baca Juga

  • 59 Proyek Investasi Segera Beroperasi Tahun Ini
  • BKPM: 141 Proyek Investasi Sedang Rampungkan Proses Konstruksi
  • BKPM: Investasi Luar Jawa Meningkat Dua Kali Lipat

Source: liputan6.com
Simak Cara Orang Kaya Habiskan Uangnya

Liputan6.com, Jakarta - Walaupun perekonomian dunia masih bergejolak, jumlah orang terkaya dunia masih tetap banyak. Bahkan cenderung bertambah setiap tahunnya.

Demikian pula, gaya hidup mereka pun tak terhalangi dengan kondisi ekonomi dunia. Laporan yang dikeluarkan Knight Frank Wealth mengungkap, bagaimana orang-orang terkaya dunia menghabiskan uangnya.

Ternyata sebagian dari mereka menyalurkan uang, antara lain untuk membeli barang-barang super mahal. Ingin tahu apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir dalam Business Insider, Jumat (4/3/2016):

Mobil Mewah

Miliarder dunia senang sekali menghabiskan uang untuk membeli mobil mewah. Laporan Knight Frank mengungkap, kenaikan pembelian mobil mewah mampu mencapai 490 persen pada 10 tahun terakhir.

Wine

Orang dengan harta berlimpah bukan hanya senang meminum wine, mereka juga senang berinvestasi di dalamnya. Daftar tersebut mengungkap bahwa pembelian wine meningkat 241 persen dalam 10 tahun terakhir.


Source: liputan6.com
6 Kota dengan Kualitas Hidup Terburuk di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, perusahaan konsultan global Mercer mengeluarkan Quality of Living Index. Ini sebuah daftar yang menunjukkan negara mana yang memiliki kualitas hidup paling baik.

Namun di antara beberapa kota tersebut, terdapat beberapa negara yang memiliki kualitas hidup terburuk.

Melansir laman Business Insider, Jumat (4/3/2016) berikut adalah 6 kota dengan kualitas hidup terburuk:

6. N’Djamena, Chad

Kota di salah satu negara termiskin di dunia ini telah menderita di tangan kelompok Islam militan Boko Haram. Kelompok ekstrem Islam ini sering melakukan bom bunuh diri di kota.

5. Khartoum, Sudan

Kota ini merupakan kota terbesar kedua di Sudan. Warga di Khartoum sering ditarik sebagai anggota militan ISIS.

4. Port Au Prince, Haiti

Tingkat kriminalitas di Port Au Prince sangat tinggi. Pemerkosaan dan penculikan merupakan hal yang lumrah di kota ini.


Source: liputan6.com
Investor Asing Buru Saham di Pasar Modal RI

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali tahun 2016, kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu menorehkan hasil positif. Hal itu juga didukung dari aliran dana investor asing masuk ke pasar modal Indonesia.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 5,47 persen ke level 4.844,04 secara year to date (Ytd). Penguatan IHSG ini juga didukung sejumlah sektor saham.

Kinerja IHSG ini pun berada di posisi kedua, di bawah bursa saham Thailand. Indeks saham Thailand (SET Index) mencatatkan kinerja di posisi pertama dengan kenaikan 6,79 persen di antara bursa saham global.

Posisi ketiga ditempati bursa saham Filipina dengan menguat 0,16 persen. Sementara itu, bursa saham lainnya cenderung tertekan. Bursa saham China alami penurunan terbesar dengan turun 19,20 persen hingga perdagangan saham kemarin. Disusul bursa saham Jepang merosot 10,89 persen.

Hingga perdagangan saham kemarin, sektor saham barang konsumsi mencatatkan kenaikan tertinggi mencapai 17,79 persen. Kemudian disusul sektor saham manufaktur sebesar 13,96 persen dan sektor saham aneka industri sebesar 10,24 persen.

Aliran dana investor asing pun mencapai Rp 3,48 triliun sepanjang 2016. Aksi beli investor asing cukup besar mencapai Rp 980,7 miliar pada perdagangan saham kemarin.

Baca Juga

  • Kejar Pertumbuhan Ekonomi 5,2%, BI Siap Beri Stimulus?
  • Bursa Saham RI Mampu Positif di Awal 2016
  • Menkeu: RI Kebanjiran Modal Asing

Source: liputan6.com
‎Inggris dan Belanda Incar Investasi Energi Terbarukan RI

Liputan6.com, Jakarta - Investor asal Inggris dan Belanda menyatakan minat untuk menanamkan modal di Indonesia dengan nilai mencapai US$ 370 juta atau setara dengan Rp 5,1 triliun (kurs dolar AS Rp 13.900). 

Adapun sektor investasi yang dibidik adalah pembangkit listrik tenaga surya, yang akan mengambil tempat di beberapa lokasi di Indonesia. Khususnya di kawasan Indonesia bagian timur serta proyek waste-to-energy di Jawa Barat.
Source: liputan6.com
Rupiah Sentuh 13.100 per Dolar AS Jelang Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) semakin menguat menjelang akhir pekan ini. Faktor ketidakpastian soal suku bunga AS sudah mereda ditambah kebijakan bank sentral Jepang soal suku bunga negatif mendukung pergerakan rupiah.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka naik 80 poin atau 0,6 persen ke level 13.152 per dolar AS dari penutupan perdagangan kemarin di kisaran 13.232 per dolar AS. Rupiah bergerak di kisaran 13.081-13.187 per dolar AS hingga Jumat siang.

Sementara itu, kurs referensi jakarta interbank spot dollar rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) menyentuh level 13.159 per dolar AS pada Jumat 4 Maret 2016 dari posisi 3 Maret 2016 di level 13.260 per dolar AS.

Baca Juga

  • Menperin dan Gubernur BI Koordinasi Penggunaan Rupiah di Industri
  • Harga Minyak Dunia Naik, Rupiah Menguat ke 13.277 per Dolar AS
  • BI Waspadai Penguatan Rupiah

Source: liputan6.com
Pemerintah Bangun Jalan Akses Truk ke Pelabuhan di Palembang

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat akan membangun jalan khusus angkutan dari Palembang ke Pelabuhan ‎Tanjung Apiapi. Jalan sepanjang 70 Kilo meter (km) itu untuk memudahkan akses logistik di wilayah tersebut.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Hediyanto Husaini,‎ ‎mengatakan,‎ pembangunan jalan tersebut saat ini baru akan dilelangkan untuk mencari kontraktor. Rencananya, pe,enang lelang akan diumumkan tahun ini.

"Ini baru desainnya baru kita mau lelangkan juga, tahapannya masih pengadaan investor, kita usahakan tahun ini sudah ada kepastian banyak option-nya mau bangun di mana," kata Hediyanto, seperti yang dikutip di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

 

Baca Juga

  • Utang RI Buat Bangun Jalan, Pelabuhan sampai Sekolah
  • Kereta Pelabuhan Masih Mahal Dibanding Angkutan Darat
  • Pelindo II Mulai Uji Coba Operasi Terminal Petikemas Kalibaru

Source: liputan6.com
Menko Darmin: Hapus Ego Sektoral untuk Bantu Rakyat

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sedang menyiapkan program jangka pendek untuk membantu para petani karet, khususnya di Sumatera dan Kalimantan. Perekonomian kedua wilayah tersebut anjlok karena paling terkena dampak dari penurunan harga komoditas di pasar dunia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution meminta agar Kementerian/Lembaga menyingkirkan ego sektoral demi memperjuangkan nasib petani.

"Kita harus bekerjasama, antar Kementerian/Lembaga, untuk membantu rakyat yang sedang terpuruk. Lupakan ego dan kesombongan sektoral karena yang sedang kita pikirkan adalah nasib rakyat kecil," kata Darmin, usai Rapat Koordinasi Upaya Peningkatan Perekonomian Rakyat di Sumatera dan Kalimantan, di kantornya,  Jumat (4/3/2016).

Rakor terbatas ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Sumatera awal Maret ini.

Hadir dalam rakor, Menteri Perdagangan Thomas Lembong dan para pejabat dari Kementerian Pertanian, Kementerian Desa, Kementerian Perindustrian, Kepala Pusat Penelitian Karet Indonesia, Dewan Karet Indonesia, dan asosiasi industri ban nasional.

Baca Juga

  • Menko Darmin Minta ‎PNS Punya Ambisi
  • BPDP Sawit Siapkan Dana Rp 15 Triliun Dukung Program B20
  • Program Transmigrasi Perbatasan Bakal Bangun Perkebunan

Source: liputan6.com
3 Biaya yang Sering Dilupakan oleh Para Turis

Liputan6.com, Jakarta - Liburan bersama keluarga, pasangan, bahkan teman-teman menjadi agenda yang wajib ada, paling tidak dua kali setiap tahun.

Selain untuk me-refresh kembali pikiran yang telah letih karena terus bekerja, liburan atau traveling juga sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas Anda di kemudian hari.

Nah, apabila Anda ingin berlibur maka Anda harus menyiapkan beberapa hal penting, terutama masalah uang.

Ya, Anda harus mempersiapkan uang untuk hal-hal seperti tiket pesawat, kereta, bus, atau transportasi lainnya untuk mencapai tempat tujuan dan kembali pulang ke daerah asal. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan uang untuk biaya menginap Anda selama berlibur, dan lainnya.

Namun, tanpa disadari sebenarnya ada beberapa biaya yang sering lupa dimasukkan ke dalam rencana keuangan liburan.

Tanpa sadar, biaya itu juga akhirnya membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak daripada sebelumnya. Apa saja sih biaya yang dimaksud? Berikut daftarnya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Jumat (4/3/2016).

1. Uang Tip

Bagi Anda yang bepergian dan menginap di hotel atau menggunakan jasa tour guide dan sebagainya, sebaiknya Anda menyisihkan uang lebih untuk liburan Anda untuk uang tip.

Tidak perlu terlalu besar jumlahnya, Anda cukup menyediakan misalnya sebesar Rp 100 ribu - 200 ribu yang terdiri dari uang 10 ribuan dan 20 ribuan.

Jangan sampai Anda tidak memberikan uang kepada pegawai hotel yang membersihkan kamar Anda hanya karena Anda tidak memiliki uang kecil.

(Baca juga: Tips Liburan Akhir Tahun ke Luar Negeri Tanpa Kuras Kantong)

2. Recehan untuk Pengamen

Bagi Anda para backpacker yang liburan dengan budget minim, pastinya Anda mengincar kuliner di pinggiran jalan yang memiliki harga murah dengan rasa yang meriah.

Di tempat-tempat tersebut biasanya akan ada banyak pengamen yang akan menghibur waktu Anda selama menyantap makanan. Untuk itu sediakan uang receh agar Anda bisa memberi lebih banyak pengamen.

Dibandingkan Anda memberi uang Rp 5 ribu atau Rp 10 ribu kepada seorang pengamen, lebih baik Anda memberikan uang Rp 1.000 kepada 10 pengamen bukan?

3. Oleh-oleh Tambahan

Kalau yang satu ini sih sebenarnya pintar-pintarnya Anda saja saat berada di tempat belanja buah tangan atau oleh-oleh untuk orang-orang terdekat.

Akan tetapi, sering sekali saat Anda membeli oleh-oleh Anda mengeluarkan uang lebih banyak dibandingkan dengan perkiraan Anda yang sebelumnya. 

Untuk itu, mulai sekarang sisihkan uang lebih yang bisa Anda pakai saat ingin membeli oleh-oleh tambahan. (Baca juga: 5 Hal yang Bikin Anda Jatuh Miskin Setelah Pulang Liburan)   (Ahm)


Source: liputan6.com
Lippo Karawaci Bukukan Pendapatan Rp 8,9 Triliun pada 2015

Liputan6.com, Jakarta - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) membukukan pendapatan Rp 8,9 triliun untuk tahun buku 2015. Pendapatan tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan 2014. Penurunan tersebut dilatarbelakangi oleh perekonomian Indonesia yang tertekan. 

Presiden Direktur Lippo Karawaci Ketut Budi Wijaya menyatakan, tahun 2015 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi sektor properti. Kondisi makro ekonomi global yang lemah yang terutama disebabkan oleh merosotnya harga minyak dan komoditas, telah memperlemah nilai tukar rupiah. Hal tersebut mempengaruhi laju perekonomian Indonesia, serta pada tahap selanjutnya mengurangi laju permintaan terhadap properti. 

Ia melanjutkan, dengan kondisi perlambatan di bisnis properti, pendapatan recurring semakin memainkan peranan penting dalam menyeimbangkan pendapatan bisnis perseroan. "kami menjaga rasio kontribusi 50:50 dari pendapatan properti dan pendapatan recurring,"tuturnya seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (4/3/2016). 

Baca Juga

  • Lippo Optimistis Properti Cikarang Kian Menjanjikan
  • Lippo Topping Off Proyek Apartemen The New Ambassador Tower
  • Jual Unit Glendale Park, Lippo Group Dapat Dana Rp 530 Miliar

Source: liputan6.com
Nasib Pelabuhan Pengganti Cilamaya Ditentukan Bulan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih menunggu jawaban pemerintah Jepang perihal tawaran kelanjutan proyek Pelabuhan Cilamaya, Jawa Barat.

Tawaran baru diajukan pemerintah Indonesia kepada Jepang karena adanya perubahan lokasi Pelabuhan Cilamaya. Rencananya pelabuhan akan berpindah ke Subang, Jawa Barat.

Tawaran disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan saat menggelar kunjungan kerja ke Jepang di akhir 2015. Jepang, merupakan negara yang menyatakan minat untuk menggarap Pelabuhan Cilamaya.

Plt Dirjen Perhubungan LautUmar Aris mengungkapkan, selain menggelar kunjungan langsung ke Jepang, MenteriJonan juga telah melayangkan surat ke Pemerintah Jepang perihal keputusan Indonesia untuk menggeser lokasi PelabuhanCilamaya.

"Sudah bersurat ke pemerintah Jepang, lebih tepatnya ke Menteri Transportasi di sana. Kami mencoba tawarkan proyek, jadi kita sedang menunggu jawabannya, maksimal akhir bulan ini sudah ada kepastiannya," kata Umar di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Sudah Tentukan Lokasi Pengganti Pelabuhan Cilamaya
  • Usai Digeser, Belum Ada Investor Tertarik Proyek Cilamaya
  • Pergeseran Cilamaya Bukti Komitmen Pemerintah ke Sektor Migas

Source: liputan6.com
Menhub Jonan Minta Pelayanan Pelabuhan Ditingkatkan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menutup Rapat Kerja Direkrorat Je‎ndral Perhubungan Laut yang diadakan di Hotel Merlyn Park, Jakarta pada Jumat (4/3/2016). Ada beberapa hal yang disampaikan Jonan dalam acara itu, salah satunya peningkatan pelayanan pelabuhan di seluruh Indonesia.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut‎ Umar Aris mengungkapkan dalam arahannya, Jonan memerintahkan kepada seluruh pekerja di lingkup Dirjen Perhubungan Laut dan beberapa pihak terkait di pelabuhan untuk meningkatkan pelayanannya.

Hal tersebut dilakukan karena ke depan, pelabuhan menjadi gerbang utama masuknya masyarakat, turis dan beberapa barang seiring semakin terealisasinya program‎ tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga

  • Ini Cara Menhub Jonan Tingkatkan Pelayanan Pelabuhan
  • Jokowi Sebut Kapal Angkut Ternak Sebagai Bentuk Tol Laut
  • Dukung Tol Laut, Kemenhub Bangun 53 Kapal

Source: liputan6.com
Proyek Palapa Ring Rp 8,5 Triliun, Prestasi Baru bagi RI

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah kembali menorehkan prestasi dengan mengeksekusi perjanjian kerja sama proyek Palapa Ring Paket Tengah senilai Rp 1,38 triliun. Pembangunan jaringan serat optik menjangkau seluruh wilayah Indonesia ini ditaksir memakan investasi sekitar Rp 8,5 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, saat acara Penandatanganan Kerja Sama Palapa Ring Paket Tengah, mengungkapkan, jaringan pita lebar (broadband) merupakan masa depan bangsa ini guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

Menariknya, pembangunan proyek Palapa Ring Paket Barat, Tengah, dan Timur ini menggunakan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sehingga murni tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Proyek tersebut juga mendapat jaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero).

"Skema pembiayaan KPBU belum terbiasa digunakan di RI, tapi proyek Palapa Ring ini yang tercepat perkembangannya sampai saat ini. Ini jadi prestasi baru, dan membawa manfaat bagi kesejahteraan bangsa kita," ujar Darmin di kantornya, Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Resmikan Proyek Palapa Ring untuk Paket Barat
  • Tanpa APBN, Proyek Palapa Ring Paket Barat Telan Rp 1,28 Triliun
  • Pemerintah Diminta Percepat Penerapan Program Broadband

Source: liputan6.com
Lion Air Gandeng Angkasa Pura II Kelola Bandara Halim

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia menolak permohonan peninjauan kembali PT Angkasa Pura II dalam sengketa pengelolaan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Dengan begitu, Lion Air Group memenangkan sengketa ini. Selanjutnya, Lion Air Group dan PT Angkasa Pura II akan bekerja sama mengelola bandara ini.

Lion Air Group melalui anak usahanya PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS) berhak atas pengelolaan bandara yang terletak di Jakarta Timur tersebut.

‎Presiden Direktur Lion Air Group, Edward Sirait mengungkapkan, pihaknya akan menggandeng partner untuk mengelola bandara tersebut. Lion mengaku tak ada keinginan untuk mengambil alih seutuhnya.

 

Baca Juga

  • Menteri Jonan Tak Izinkan Garuda Terbang dari Bandara Pondok Cabe
  • Ini Pertimbangan Jalur Kereta Bandara Soetta-Halim Berubah Haluan
  • Rute Kereta Ekspres Bandara Soetta-Halim Ubah Haluan

Source: liputan6.com
Aksi Beli Investor Asing Dorong IHSG Naik Tipis

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak variasi pada perdagangan saham menjelang akhir pekan ini di tengah minim sentimen di pasar modal.

Pada penutupan perdagangan saham, Jumat (4/3/2016), IHSG melemah tipis 6,84 poin atau 0,14 persen ke level 4.850,88. Indeks saham LQ45 melemah 0,11 persen ke level 848,61. Sebagian besar indeks saham acuan berimbang untuk menguat dan melemah.

Ada sebanyak 171 saham menguat sehingga mampu mengangkat IHSG ke zona hijau. Sedangkan 108 saham melemah sehingga menahan penguatan IHSG. Akan tetapi, 92 saham diam di tempat.

Menjelang akhir pekan ini, IHSG sempat berada di level tertinggi 4.860,63 dan terendah 4.802,37. Transaksi perdagangan saham hari ini cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 242.345 kali dengan volume perdagangan 5,6 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 5,2 triliun.

Baca Juga

  • Dibayangi Aksi Ambil Untung, IHSG Menguat Terbatas
  • IHSG Naik Terbatas, 4 Saham Ini Jadi Pilihan
  • Penguatan Rupiah Dorong Laju IHSG

Source: liputan6.com
Proyek Palapa Ring Dijamin oleh PT PII

Liputan6.com, Jakarta - PT PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) dan PT LEN menandatangani perjanjian penjaminan untuk proyek Palapa Ring Tengah. PII merupakan pelaksana single window policy penyediaan penjaminan pemerintah untuk proyek infrastruktur yang dikerjasamakan dengan swasta, perjanjian regres antara PII dan Menkominfo selaku PJPK.

Direktur Utama PT PII Sinthya Roesly mengatakan, dalam Palapa Ring Tengah ini pihaknya menjamin berbagai risiko yang dialokasikan kepada penanggung jawab proyek kerjasama sebagaimana diatur dalam perjanjian kerjasama. Perseroan menjamin kelangsungan pembayaran dari PJPK kepada badan usaha.

"Misalnya kegagalan PJPK dalam melakukan pembayaran AP dan dalam membayar biaya terminasi," ujarnya.

Dijelaskannya, berdasarkan peraturan presiden nomor 38 tahun 2015 terdapat 19 sektor infrastruktur ekonomi dan infrastruktur sosial yang dapat dikerjasamakan dan dapat diberikan penjaminan, salahsatunya adalah sektor telekomunikasi seperti proyek palapa ring ini.

"PTPII sebagai satu-satunya badan usaha penjaminan infrastruktur di bawah pembinaan kementerian keuangan yang memberikan penjaminan atas proyekpalapa ring," kataShintya, Jumat (4/3/2016).

Baca Juga

  • Pemerintah Resmikan Proyek Palapa Ring untuk Paket Barat
  • Tanpa APBN, Proyek Palapa Ring Paket Barat Telan Rp 1,28 Triliun
  • Menkominfo: Palapa Ring Paket Timur Tunggu `Sinyal` Trans Papua

Source: liputan6.com
Menko Darmin Harap Gerak Rupiah Sesuai Fundamental

Liputan6.com, Jakarta - Tren penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus berlanjut. Mata uang Garuda ini perlahan tapi pasti bergerak ke level Rp 13.100 per dolar AS.

Pemerintah tentu tidak berharap rupiah semakin perkasa karena harga produk dalam negeri kian mahal dan dampaknya tidak bisa bersaing dengan produk negara lain.

"Tentu kita tidak ingin terlalu kuat di atas ‎fundamentalnya," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Meski tak menyebut level fundamental rupiah, Darmin mengaku, penguatan kurs rupiah dipicu derasnya aliran modal masuk (capital inflow) dari para investor yang menilai Indonesia sebagai negara tujuan investasi yang menjanjikan.

Baca Juga

  • Rupiah Sentuh 13.100 per Dolar AS Jelang Akhir Pekan
  • Penguatan Rupiah Dorong Laju IHSG
  • Rupiah Terus Menguat hingga Sentuh Level 13.275 per Dolar AS

Source: liputan6.com
Tanggapan Menhub Jonan Soal Permintaan Adhi Jadi Operator LRT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menolak secara tegas permintaan PT Adhi Karya (Persero) Tbk bergabung bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) ‎menjadi operator proyek kereta ringan  (Light Rail Transit)/LRT.

Emiten berkode ADHI ini sebelumnya tertarik menjadi penyedia dan operasi sarana LRT Jabodetabek.

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan usai Rapat Koordinasi LRT menegaskan operator LRT dalam Peraturan Presiden (Perpres) adalah ‎PT KAI. Sementara Adhi Karya hanya bertindak sebagai kontraktor pembangunan LRT.

"Wong sudah ada Perpres-nya kok, operatornya tetap KAI. Adhi Karya kontraktor saja dari dulu," tegas Jonan saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Baca Juga

  • Adhi Karya Targetkan Kontrak 2016 Capai Rp 25,1 Triliun 
  • Presiden Jokowi Akan Tinjau Proyek LRT di Sumatera Selatan
  • Adhi Karya Tak Masalah Jalur LRT Tergusur Demi Kereta Cepat

Source: liputan6.com
Bangun Jembatan Gantung, Kementerian PUPR Anggarkan Rp 150 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan 70 jembatan gantung pada tahun ini. Untuk proyek tersebut, kementerian telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 150 miliar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, proyek pembangunan jembatan gantung ini telah dimulai di Banten. Di provinsi tersebut telah dibangun 20 jembatan gantung.

"Di 2016 kami ada 70 jembatan gantung yang akan dibangun, yang dipasang kemarin di Banten ada 20 jembatan," ujar Basuki di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Baca Juga

  • Jembatan `Indiana Jones` untuk Pelajar di Banten
  • Pemerintah Bangun 100 Jembatan Gantung Atasi Keterbatasan Akses
  • Takut Terisolasi, Warga Gotong-Royong Bangun Jembatan Gantung

Source: liputan6.com
Upaya Atasi Defisit Listrik Lampung Terganjal Pembebasan Lahan

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) berupaya mengatasi defisit listrik yang terjadi di Provinsi Lampung dengan membangun jaringan kelistrikan dari provinsi Sumatera Selatan ke wilayah tersebut. Namun sayang, pembangunan jaringan tersebut masih terkendala pembebasan lahan.

Manajer Senior PLN Agung Murdifi mengatakan, ‎pasokan listrik yang tersedia untuk wilayah Sumatera Selatan mencapai 1.150 Mega Watt (MW), sementara beban puncaknya hanya 714 MW. Ini artinya ada kelebihan daya listrik sebesar 436 MW.

"Saat ini sistem kelistrikan di Sumatera Selatan mengalami kelebihan pasokan," kata Agung, di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Agung menambahkan, kelebihan pasokan tersebut diharapkan bisa segera tersalurkan jika sistem interkoneksi Sumatera Selatan-Lampung tersambung. Hal ini dapat menutup defisit daya yang terjadi di Lampung yang mencapai 130 MW.

‎Namun upaya PLN membangun sistem interkoneksi kelistrikan antara Sumatera Selatan dengan Provinsi Lampung sejak 2007 hingga kontrak pembangunan di perbaharui yakni pada 2012 masih terkendala. PLN masih kesulitan menyelesaikan pembangunan tower transmisi.

Baca Juga

  • Program Indonesia Terang Butuh Dana Rp 40 Triliun
  • Kementerian ESDM Luncurkan Program Percepatan Sambungan Listrik
  • Menteri ESDM: Dana Ketahanan Energi Tak Akan Bebani Rakyat

Source: liputan6.com
Penguatan Rupiah Untungkan Produk Makanan RI

Liputan6.com, Jakarta - Menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dinilai akan membawa dampak positif bagi produk makanan olahan Indonesia. Penguatan tersebut dinilai akan membuat harga baku impor menurun sehinggga berdampak pada daya saing produk.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Nus Nuzulia Ishak mengatakan, selama ini industri makanan olahan dalam negeri masih bergantung pada bahan baku impor. Jika rupiah menguat, maka biaya produksi industri akan mengalami penurunan.

"Saya kira dengan menguatnya rupiah untuk beberapa komoditi ekspor, misalnya saja adalah process food di mana kebergantungan kontenimpornya cukup tinggi," ujarnya diJakarta, Jumat (4/3/2016).

Baca Juga

  • Rupiah Sentuh 13.100 per Dolar AS Jelang Akhir Pekan
  • Industri Minta Penangguhan Penggunaan Rupiah dalam Transaksi
  • BI Waspadai Penguatan Rupiah

Source: liputan6.com
MEA Berlaku Tak Bikin Orang Asing Bisa Bebas Kerja di RI

Liputan6.com, Jakarta - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tidak membuat orang asing bebas bekerja di Indonesia.

Direktur Perdagangan, Investasi dan Kerjasama Ekonomi Internasional Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, meski perdagangan bebas Asean berlaku, tetap ada syarat untuk orang asing bekerja di Indonesia. Ini agar lapangan kerja Indonesia tidak bisa sembarangan menerima orang asing.

"Tidak semua orang bekerja di sini, ada persyaratannya," kata Amalia di Kantor Bappenas, Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Menurut Amelia, syarat tersebut telah disepakati negara-negara anggota Asean yang melaksanakan MEA. Syarat itu antara lain harus memiliki ‎sertifikasi yang telah ditetapkan masing-masing negara. Dengan demikian, orang asing tidak bebas bekerja di negara lain.

Baca Juga

  • Pengusaha: Tenaga Kerja RI Hanya Dicetak Jadi Pemikir
  • Menteri Puan: Era MEA, Jangan Sampai Dinikmati Pekerja Asing
  • SDM Berpendidikan Tinggi Dorong Daya Saing RI

Source: liputan6.com
Menperin: Pengembangan Mobil Listrik Butuh Persiapan Matang

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan pengembangan mobil listrik di Indonesia membutuhkan biaya besar dan persiapan yang matang.

Meski demikian, Saleh Husin mengaku, pemerintah telah mengimbau kepada ATPM di Indonesia untuk memproduksi mobil beremisi rendah, termasuk mobil berbahan bakar listrik. ‎Ini seperti yang dilakukan Toyota di Jepang.

"Mobil listrik di Jepang, sekali charge listrik, bisa untuk jarak tempuh 800 km, pembuangannya cuma kayak tetesan AC," jelas dia di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Menurut dia, pengembangan mobil listrik di Indonesia membutuhkan persiapan yang matang‎. Mulai dari riset, investasi, infrastruktur pendukung mobil listrik. Sementara dari sisi regulasi, pemerintah telah menyiapkan aturan untuk mendukung pengembangan mobil listrik.

Baca Juga

  • Korsel Siap Gandeng Mitra Lokal Kembangkan Mobil Listrik RI
  • Ini Kendala Pengembangan Mobil Listrik Nasional
  • RI Tak Perlu Risau Mobil Listrik Direbut Malaysia

Source: liputan6.com
Untung Rugi Penguatan Rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus menunjukkan penguatan pada tahun ini. Penguatan rupiah tersebut memberikan dampak positif, namun juga perlu diwaspadai. 

Mengutip Bloomberg, Jumat (4/3/2016), rupiah ditutup di level 13.132 per dolar AS, menguat 20 poin jika dibandingkan dengan pembukaan yang ada di level 13.152 per dolar AS.

Pada perdagangan hari ini, rupiah bergerak di kisaran 13.052 per dolar AS hingga 13.187 per dolar AS. Jika dihitung sejak awal tahun, rupiah menguat hampir 5 persen atau tepatnya 4,76 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) rupiah pada perdagangan hari ini dipatok di angka 13.159 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 13.260 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, penguatan rupiah menurut Jisdor BI mencapai 5,32 persen.

Penguatan rupiah ini terjadi setelah Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Penurunan suku bunga acuan atau BI Rate tersebut memberikan dampak positif kepada ekonomi nasional.

Pada Januari 2016, BI menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin. Pada Februari penurunan tersebut diulangi dengan level yang sama. Saat ini suku bunga acuan atau BI Rate berada di level 7 persen.

"Selama inflasi terkendali, ada potensi bagi suku bunga acuan untuk kembali turun," jelas head of balance-sheet trading at PT Bank ANZ Indonesia Wiling Bolung.

Analis PT Bank Woori Saudara Indonesia Tbk, Rully Nova menuturkan faktor ketidakpastian kenaikan suku bunga AS sudah hilang. Hal ini membuat pergerakan rupiah semakin menguat.

"Tidak ada isu lagi. Isu terbesar di Amerika Serikat sudah reda. Sekarang tergantung fundamental ekonomi. Jadi masih ada ruang rupiah untuk menguat," ujar Rully saat dihubungi Liputan6.com.

Dampak Positif
Petugas menunjukkan uang pecahan US$100 di penukaran uang, Jakarta, Rabu (23/9/2015). Mata uang Rupiah  sempat melemah ke level 14.655 per dolar AS pada perdagangan pukul 09.50 waktu Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dinilai akan membawa dampak positif bagi produk makanan olahan Indonesia. Penguatan tersebut dinilai akan membuat harga baku impor menurun sehinggga berdampak pada daya saing produk.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Nus Nuzulia Ishak mengatakan, selama ini industri makanan olahan dalam negeri masih bergantung pada bahan baku impor. Jika rupiah menguat, maka biaya produksi industri akan mengalami penurunan.

"Saya kira dengan menguatnya rupiah untuk beberapa komoditi ekspor, misalnya saja adalah process food di mana kebergantungan konten impornya cukup tinggi," ujar Nus di Jakarta, Jumat 4 Maret 2016.

Menurut Nus, jika biaya produksi turun maka harga jual produk makanan bisa lebih murah. Dengan demikian, maka produk makanan lokal bisa bersaing dengan produk sejenis dari negara lain.

"Ini akan memberikan peningkatan daya saing. Dengan menguatnya rupiah, sudah tentu kita akan lebih murah lagi harga dari makanan olahan ekspor sendiri," lanjutnya.

Prediksi
Petugas merapikan uang di Kantor Kas Bank Mandiri, Jakarta, Senin (4/1/2016). Nasib rupiah di tahun 2016 sulit menguat di tengah tingginya permintaan dollar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengamat valuta asing (valas) Farial Anwar memperkirakan tren penguatan rupiah bakal berlanjut seiring meredanya sentimen negatif yang datang dari negara lain. Nilai tukar rupiah diramalkan berpeluang menguat hingga ke bawah level 13.000 per dolar Amerika Serikat (AS).

"Penguatan Rupiah sangat terbuka sampai ke bawah 13.000 per dolar AS sepanjang tidak ditahan oleh Bank Indonesia (BI)," ujar Farial saat dihubungi Liputan6.com.

Menurut Farial, faktor eksternal yang semula menghantam hampir seluruh mata uang dunia, termasuk rupiah perlahan sudah berakhir, di antaranya ketidakpastian penyesuaian suku bunga The Fed dan devaluasi mata uang yuan China untuk mendorong ekspor.

"Faktor eksternal yang selama ini mengganggu pasar dunia, termasuk kurs rupiah. Ketidakpastian suku bunga AS sudah berakhir," ucap Farial.

BI Waspadai
Petugas merapikan uang di Kantor Kas Bank Mandiri, Jakarta, Senin (4/1/2016). Nasib rupiah di tahun 2016 sulit menguat di tengah tingginya permintaan dollar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Penguatan rupiah ini menjadi perhatian BI. Alasannya, penguatan yang terjadi sejak awal 2016 disokong oleh aliran dana asing (capital inflow) yang masuk ke Indonesia. BI tentu saja mewaspadai aliran dana masuk tersebut karena ada kemungkinan jika dana-dana tersebut tiba-tiba keluar bakal menyeret rupiah kembali ke dalam tren pelemahan.

Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung mengatakan, Indonesia dihadapkan pada dua situasi ekonomi global yang bertolak belakang. Amerika Serikat (AS) mengetatkan kebijakan moneter, tetapi negara lain justru melonggarkan kebijakan moneter.

"Dengan pengetatan moneter ini, uang akan lari ke AS. Tapi statement dari AS sendiri kelihatannya mulai ragu terhadap kondisi ekonominya, inflasi juga masih rendah. Jadi ini yang membuat kebijakan melebar dan menyempit tahun ini," ia menerangkan.

Imbasnya, menurut Juda, aliran dana asing kembali menyerbu negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Tak heran bila capital inflow masuk pada Januari-Februari ini, sehingga mendorong penguatan rupiah. 

"Saya rasa peluang penguatan rupiah masih akan ada, karena kita masih cukup otimistis inflow akan masuk," kata Juda.

Meskipun demikian, Juda mengingatkan agar Indonesia tetap waspada terhadap kemungkinan dana asing itu `pulang kampung` ke AS apabila Negeri Paman Sam itu kembali mengambil langkah pengetatan moneter.

Sesuai fundamental
Petugas menghitung uang pecahan US$100 di Jakarta, Jumat (9/10/2015). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (9/10/2015) mengalami penguatan, bahkan bergerak ke level Rp 13.400. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pemerintah tidak berharap rupiah semakin perkasa. Alasannya, penguatan rupiah membuat produk dalam negeri kian mahal dan dampaknya tidak bisa bersaing dengan produk negara lain. "Tentu kita tidak ingin terlalu kuat di atas ‎fundamentalnya," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.

Meski tak menyebut level fundamental rupiah, Darmin mengaku, penguatan kurs Rupiah dipicu derasnya aliran modal masuk (capital inflow) dari para investor yang menilai Indonesia sebagai negara tujuan investasi yang menjanjikan.

"Secara global, kecenderungan negara maju menurunkan tingkat bunga. Kita walaupun turun, masih relatif tinggi, tapi pertumbuhan ekonomi kita dianggap tidak turun malah membaik. Sehingga para pemilik dana menganggap investasi di Indonesia menjanjikan, uangnya masuk ke sini dan Rupiah menguat," jelasnya.

Pemerintah, kata Darmin berusaha untuk meneruskan implementasi kebijakan stabilisasi Rupiah dari sisi fiskal, berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) sebagai otoritas moneter agar dana asing yang sudah masuk tidak buru-buru kabur atau pulang kampung. (Gdn/Ahm)


Source: liputan6.com