Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Jumat, 01 April 2016
7 Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi ibu rumah tangga dan berhenti bekerja seringkali membuat keuangan keluarga menjadi sedikit berkurang, terutama bagi Anda yang sebelumnya memiliki pekerjaan dan sejumlah penghasilan tetap setiap bulannya.

Hal ini tentu saja menjadi sebuah keputusan yang berat, namun urusan rumah tangga dan keluarga seringkali menempatkan wanita pada pilihan yang sulit antara bekerja atau tinggal di rumah mengurus keluarga.

Jika ternyata Anda memilih untuk tinggal di rumah, maka sebenarnya anda tetap bisa memiliki sejumlah pemasukan dan sekaligus mengurus keluarga dengan baik.

Ada banyak jenis usaha yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, hal ini bahkan bisa menghasilkan banyak uang jika anda tekuni dengan sungguh-sungguh.

Beberapa poin di bawah ini adalah jenis usaha sampingan yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan seperti dikutip dari www.cermati.com, Jumat (1/4/2016):

1. Memulai Bisnis Kuliner atau Katering

Ini akan cukup mudah dan menyenangkan untuk dilakukan, terutama bagi Anda yang memiliki hobi memasak dan membuat kue.

Anda bisa memulainya dengan cara membuat sendiri untuk berbagai macam acara besar keluarga atau arisan di komplek Anda.

Dengan begitu, keluarga dan para tetangga bisa tahu mengenai keahlian Anda dan mulai berpikir untuk memesannya jika ada acara di rumah mereka. Anda juga bisa melakukan promosi secara online atau pada saat ada acara-acara tertentu di komplek anda.

2. Membuka Kursus atau Les Privat

Pintar dan memiliki keahlian dalam mengajar anak-anak, maka anda bisa membuka sebuah tempat les di rumah.

Anda bisa memulainya dengan cara mengajar anak-anak sekolah di dekat rumah dan jangan lupa untuk melakukan promosi agar semakin banyak yang tahu mengenali tempat les yang anda miliki. Jangan ambil anak didik terlalu banyak, hal ini bisa berakibat kurang efektif bagi mereka.

3. Membuka Laundry

Ini jenis usaha lainnya yang bisa anda lakukan di rumah, di mana anda hanya perlu memiliki kehati-hatian dalam mengurus cucian yang di laundry di tempat Anda.

Anda tidak harus membeli mesin cuci yang baru, cukup pergunakan mesin cuci yang ada dan lakukan promosi di sekitar tempat tinggal.

Anda juga bisa membuat sebuah banner di depan rumah, agar orang bisa mengetahui usaha yang sedang anda jalankan tersebut.

Meski tergolong sangat mudah, namun pekerjaan ini butuh ketelitian ekstra. Anda harus bisa menjamin kebersihan setiap pakaian dan yang tak kalah penting adalah Anda harus menjaga/ mengatur cucian sedemikian rupa agar tidak tertukar antara satu dengan yang lainnya.


Source: liputan6.com
4 Tipe Teman yang Bisa Anda Temukan di Kantor

Liputan6.com, Jakarta - Di kantor, Anda akan menemukan banyak keluhan mengenai jadwal yang begitu padat atau jam kerja yang mengganggu kehidupan sosial Anda. Sebenarnya, keluhan semacam itu tak akan banyak bermunculan jika Anda memiliki teman kerja yang menyenangkan di kantor.

Melansir laman Times of India, Jumat (1/4/2016) ada beberapa rekan kerja yang justru dapat menjadi sangat akrab dan membantu Anda mengurangi beban kerja di kantor. Berhasil memiliki teman di kantor dapat membuat dunia kerja menjadi lebih menyenangkan.

Baca Juga

  • 5 Cara Ampuh Lawan Malas Saat Kerja
  • 5 Tanda Anda Sudah Terlalu Jenuh Bekerja
  • Ingin Rekrut Pegawai dengan Tepat? Ajukan 2 Pertanyaan Ini

Source: liputan6.com
Harga Cabai dan Bawang Mahal, Maret Diperkirakan Inflasi 0,19%

Liputan6.com, Jakarta - Kenaikan beberapa bahan pangan diperkirakan akan menjadi komponen yang mendongkrak angka inflasi pada Maret. Realisasi ini berbeda dengan bulan sebelumnya yang mencatatkan deflasi.

Kepala Ekonom Danareksa Research Institute, Damhuri Nasution memperkirakan Indonesia sulit melanjutkan realisasi deflasi pada Maret 2016. Ia memproyeksikan terjadi inflasi rendah di bulan ketiga ini karena kenaikan harga cabai dan bawang akibat terhambatnya musim panen.

Baca Juga

  • Tren Deflasi Diramal Berlanjut hingga Mei
  • Ini Penyumbang Deflasi Februari 2016
  • BPS: Februari 2016 Deflasi 0,09%

Source: liputan6.com
Menutup Bulan Maret, Harga Minyak Naik Tipis

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak AS ditutup sedikit naik pada hari Kamis, dan mencatat kenaikan bulanan terbesar mereka dalam hampir satu tahun dan juga kenaikan kuartalan, dibantu oleh dolar yang lemah dan data yang menunjukkan penarikan stok minyak mentah di AS pengiriman berjangka hub.

Tapi kekhawatiran bahwa pembekuan produksi yang diusulkan hampir akan membuat perbedaan pada kelebihan stok minyak dan pasar akan terbalik beberapa pedagang dan analis mengatakan.

Minyak mentah berjangka juga tampaknya telah mendapatkan keuntungan berlebihan dengan reli 50 persen sejak pertengahan Februari pada prospek kesepakatan antara produsen terbesar di dunia untuk menjaga produksi minyak pada tingkat Januari, meskipun sedikit perbaikan dalam fundamental.

"Kelebihan pasokan masih tetap karena produksi AS tangguh, bahkan jika menurun cukup; OPEC output tinggi, dipimpin oleh Arab Saudi dan Irak, dan kembali secara bertahap dari Iran mulai Q1 2016," kata Mike Wittner, kepala global penelitian minyak di Societe Generale dilansir dari Reuters, Jumat (1/4/2016).

Minyak mentah acuan, Brent naik 31 sen ke level US$ 39,57 per barel. Bren untuk pengiriman Juni naik 1,3 persen.

Secara bulanan, harga Brent di Maret naik 10 persen, terbaik sejak April 2015 dan 6 persen naik di kuartal pertama.

Sementara untuk harga minyak mentah acuan AS, ditutup naik 2 sen ke level US$ 38,34 per barel setelah jatuh ke level US% 37,57 terendah sejak 16 Maret.


Source: liputan6.com
Harga BBM Hari Ini Turun Rp 500 per Liter

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah memutuskan untuk menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar subsidi sebesar Rp 500 per liter berlaku mulai 1 ‎April 2016.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM Sujatmiko mengatakan, sesuai Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perhitungan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM), sebagaimana telah dua kali diubah terakhir dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 39 Tahun 2015, Menteri menetapkan harga BBM setiap tiga bulan sekali.

"Hal ini dilakukan demi menjaga kestabilan sosial ekonomi, pengelolaan harga dan logistik serta menjamin penyediaan BBM Nasional," kata Jatmiko‎, di Jakarta, Jumat (1/4/2016).

 

Baca Juga

  • Harga BBM Turun, Pemda Bogor Belum Berencana Pangkas Tarif Angkot
  • Harga BBM Turun, Ini 5 Tuntutan Lembaga Konsumen
  • Alasan Harga Baru BBM Bakal Bertahan Hingga 6 Bulan

Source: liputan6.com
Triawan: Harus Ada Kemudahan Pajak bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

Liputan6.com, Jakarta - Malang Industri ekonomi kreatif berpotensi besar menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Harmonisasi antar kementerian bakal memudahkan perluasan produk kreatif Indonesia ke pasar domestik maupun luar negeri.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, mengatakan harmonisasi antar departemen dan kementerian harus ada agar tak menyulitkan pelaku ekonomi kreatif dalam negeri.

“Kementerian jangan jalan sendiri–sendiri. Serta harus ada kemudahan pajak untuk para pelaku ekonomi kreatif, terutama yang masih pemula dan butuh modal,” kata Triawan di Malang, Jawa Timur, ditulis Jumat (1/4/2016).

 

Baca Juga

  • Kontribusi Ekonomi Kreatif ke PDB Diprediksi Capai 8%
  • Bekraf: Riset Studi Media Online Harus Lebih Diperbanyak
  • Tiga Sektor Ini Jadi Incaran Investasi AS di RI

Source: liputan6.com
Tak Hanya Harga BBM, Tarif Listrik Juga Turun di Awal April

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menetapkan tarif listrik untuk 12 golongan pelanggan yang telah mengalami skema tarif penyesuaian (adjustment) mengalami penurunan untuk periode 1 April 2016‎ berkisar antara Rp 8 hingga Rp 12 per kilowatthour (kWh),

‎"Tarif listrik bulan April 2016 bagi 12 golongan tarif yang sudah mengikuti mekanisme tariff adjustment, kembali akan mengalami penurunan," kata Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun‎, di Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Benny mengungkapkan, ‎pembentukan TTL 12 golongan tarif yang sudah tidak disubsidi dipengaruhi oleh tiga variabel yaitu harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP), nilai tukar Rupiah terhadap kurs dolar Amerika Serikat (AS) dan inflasi.

Baca Juga

  • Tarif Listrik April Turun, Ini Daftarnya
  • Ini Alasan PLN Turunkan Tarif Listrik pada April 2016
  • Harga BBM Hari Ini Turun Rp 500 per Liter

Source: liputan6.com
Pertamina Turunkan Harga BBM, Bagaimana Shell dan Total?

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi pada di akhir Maret 2016 ini. Berbeda, PT Shell Indonesia dan PT Total Oil Indonesia belum melakukan perubahan harga. 

Untuk BBM Umum jenis Pertalite, Pertamina menurunkan harga sebesar Rp 200 per liter dari harga Rp 7.300 per liter, menjadi Rp 7.100 per liter. Sedangkan Solar atau Biosolar non subsidi mengalami penurunan dengan besaran yang sama dari Rp 7.150 liter menjadi Rp 6.950 per liter.

"Besaran penurunan harga Rp 200 per liter berlaku sama untuk seluruh daerah," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, seperti yang dikutip Jumat (1/3/2016). Ia melanjutkan, penurunan harga sebesar Rp 200 per liter tersebut terhitung mulai 30 Maret 2016 pukul 00.00 WIB.

Baca Juga

  • Harga BBM RI Disebut Mahal, Pertamina Angkat Bicara
  • Ini Antisipasi Pertamina Hadapi Kelangkaan BBM Saat Harga Turun
  • Pertamina Siapkan Solar Varian Baru, Ini Kisaran Harganya

Source: liputan6.com
Pabrik Alumina Terbesar RI Bakal Kurangi Pengangguran di Kalbar

Liputan6.com, Ketapang - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani melakukan kunjungan kerja ke PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (PT WHW) yang berlokasi di Ketapang, Kalimantan Barat.

WHW merupakan pabrik yang memproduksi alumina terbesar di Indonesia‎, dengan total kapasitas 2 juta ton alumina dengan nilai investasi mencapai Rp 12,5 triliun.

Franky mengungkapkan, perusahaan yang dibangun atas kerjasama Tiongkok (porsi 70 persen) dan Indonesia (30 persen) ini bakal membantu mengurangi jumlah pengangguran di Kalimantan Barat, terutama di Ketapang.

Setidaknya 2.435 tenaga kerja akan diperkerjakan di pabrik tersebut. Dari total itu, tenaga kerja yang diserap dari Ketapang mencapai 1.486 tenaga kerja atau setara dengan 61 persen dari total kebutuhan.

“Ini membuktikan bahwa kehadiran perusahaan akan membawa dampak langsung yang signifikan terhadap perekonomian masyarakat sekitarnya,” ujar Franky di Ketapang, Kalimantan Barat, Jumat (1/4/2016).

Baca Juga

  • Inalum Bakal Jadi Induk Holding BUMN Tambang
  • Kementerian BUMN Kaji Jual Saham Inalum
  • Inalum Tunjuk Konsultan untuk Akuisisi Saham Freeport Indonesia

Source: liputan6.com
Kisah Runtuhnya Industri Baja Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Industri baja dunia tengah di ambang krisis. Banyak perusahaan baja yang terpukul dan menyatakan bangkrut, imbas dari rendahnya harga dan turunnya permintaan karena kondisi ekonomi yang belum pulih betul.

Baru-baru ini, salah satu produsen baja terbesar di Eropa, Tata Steel menyatakan akan menutup pabrik dan menjual seluruh asetnya yang berada di Inggris. Belasan ribu pegawainya terpaksa harus kehilangan pekerjaan.

Mereka tak ingin bisnisnya runtuh karena krisis yang terjadi. Tata meminta pertolongan pemerintah Inggris untuk melakukan bailout. Semata-mata untuk menyelamatkan 15 ribu pekerja yang nasibnya kian tak jelas.

Seperti dilansir dari beberapa sumber, Pemerintah Inggris menyatakan bakal membantu sebisa mungkin untuk menyelamatkan pekerjaan mereka. Namun, perlu dicatat, pemerintah tak bisa menjamin akan berhasil.

Baca Juga

  • China akan Bangun Pabrik Baja Terintegrasi
  • Menperin Dorong Investasi Industri Baja Hulu
  • China Minat Tanamkan Rp 25 Triliun ke RI

Source: liputan6.com
BUMN: Jika Terbukti, Direksi PT Brantas Bakal Langsung Dipecat

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang melakukan konfirmasi mengenai kebenaran penangkapan salah satu direksi perusahaan BUMN oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jika terbukti secara hukum, kementerian akan langsung memberhentikan yang bersangkutan.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro menjelaskan, Kementerian BUMN sedang melakukan konfirmasi kebenaran kabar penangkapan direksi PT Brantas Abipraya (Persero) oleh KPK. PT Brantas Abipraya merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di sektor jasa konstruksi.

Jika memang benar atau dipastikan bahwa tersangka yang ditangkap oleh KPK merupakan direksi dari Brantas Abipraya, maka Kementerian BUMN akan langsung memberhentikan yang bersangkutan.

"Kalau sudah berstatus tersangka dari KPK, Kementerian BUMN memberhentikannya terhitung sejak status tersangka. Tentunya setelah jelas status hukum yang bersangkutan," jelasnya kepada Liputan6.com, Jumat (1/4/2016).

Baca Juga

  • KPK Periksa 2 Saksi Usai Tangkap Pejabat BUMN
  • Kronologi KPK Tangkap 2 Pejabat BUMN
  • Lagi, KPK Tangkap Tangan 2 Orang Malam Ini di Jakarta

Source: liputan6.com
Penurunan Harga BBM Pangkas Biaya Logistik 5%

Liputan6.com, Jakarta - Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar telah turun Rp 500 per liter mulai 1 April 2016 pukul 00.00 WIB. Penurunan tersebut dinilai akan memberikan dampak positif pada biaya logistik.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani mengatakan, penurunan harga BBM ini tidak memberikan dampak pada biaya produksi. Namun, penurunan tersebut akan berdampak kepada biaya logistik. Penurunan harga BBM akan mendorong penurunan biaya logistik.

"Biaya produksi tidak terpengaruh karena lebih banyak dipengaruhi oleh listrik. Tapi kalau ke distribusi pasti pengaruh," ujarnya diJakarta, Jumat (1/4/2016).

Baca Juga

  • Harga Premium dan Solar Turun Rp 500 per Liter
  • Pertamina Turunkan Harga BBM, Bagaimana Shell dan Total?
  • Tak Hanya Harga BBM, Tarif Listrik Juga Turun di Awal April

Source: liputan6.com
Pengusaha Sambut Baik Inflasi Maret 0,19%

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis laju inflasi pada Maret 2016 berada di angka 0,19 persen. Angka ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan Februari lalu yan justru mengalami deflasi sebesar 0,09 persen.

Melihat realisasi angka inflasi tersebut, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani mengatakan, inflasi yang relatif terkendali ini merupakan kontribusi dari kebijakan pemerintah yang beberapa kali melakukan penurunan harga BBM. Hal tersebut diyakini akan berdampak positif bagi inflasi tahunan yang ditargetkan berada di bawah 5 persen.

"Itu bagus, karena target kita menekan di bawah 5 persen inflasi tahunannya. Kemungkinan besar disumbang oleh penurunanBBM yang sudah efektif beberapa waktu lalu," ujarnya diJakarta, Jumat (1/4/2016).

Baca Juga

  • BPS: Laju Inflasi Maret di Angka 0,19%
  • Tren Deflasi Diramal Berlanjut hingga Mei
  • Ini Penyumbang Deflasi Februari 2016

Source: liputan6.com
Menteri Susi: Kebijakan Pemberantasan Illegal Fishing Tetap Jalan

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla memberi teguran terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melalui surat resmi. Dalam surat teguran tersebut, Jusuf Kalla menilai kebijakan pemberantasan illegal fishing menimbulkan masalah sosial. 

Susi bergeming. Ia tetap teguh untuk tetap menerapkan kebijakan pemberantasan illegal fishing. Ia pun meminta semua pihak agar tidak mengadu domba dirinya dengan JK. "Jangan adu saya sama Pak JK. Enggak boleh itu, kita satu kok," kata Susi, di Kompleks Istana Kepresidenan,Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Baca Juga

  • Menteri Susi Minta Tiongkok Tak Intervensi Penegakan Hukum RI
  • Satgas Illegal Fishing Bakal Tenggelamkan 50 Kapal di Akhir Tahun
  • Ment‎eri Susi Resmikan Kantor Satgas Illegal Fishing

Source: liputan6.com
Konsultasi Pajak: Ikut Suami, Istri Tak Perlu Lapor SPT Pajak?

Liputan6.com, Jakarta - Dear Admin,

saya seorang karyawati swasta, dari perusahan saya mendapatkan SPT tahunan, perusahaan telah mendaftarkan saya untuk registrasi online SPT tahunan, namun ID untuk registrasi yang ada itu milik suami saya. Waktu membuat NPWP saya menggunakan KTP status menikah.

Saya menanyakan kepada suami, kata suami saya sudah tertanggung pajak pada SPT-nya suami. Suami saya PNS.

Yang ingin saya tanyakan: apakah saya memang tertanggung di Pelaporan SPT-nya suami?

Lalu SPT tahunan dari perusahaan yang saya terima ini saya abaikan saja atau bagaimana?

Terima kasih.

Pengirim: faeyzaXXXX@gmail.com

Jawaban:

Seluruh penghasilan atau kerugian bagi wanita yang telah kawin pada awal tahun pajak dianggap sebagai penghasilan suaminya, kecuali apabila :

a. Suami-istri telah hidup berpisah berdasarkan putusan hakim;

b. Dikehendaki secara tertulis oleh suami-isteri berdasarkan perjanjian pemisahan harta dan penghasilan; atau

c. Dikehendaki oleh istri yang memilih untuk menjalankan hak dan kewajiban perpajakannya sendiri

Saudari tidak menjelaskan apakah Saudari menghendaki pelaporan tersendiri SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi (OP) terpisah dari SPT suami.

Jika Saudari tidak menghendaki menyampaikan sendiri SPT tetapi penghasilan Saudari digabungkan dalam SPT Tahunan PPh OP suami, maka Saudari dapat mengajukan penghapusan NPWP Saudari kepada KPP di mana Saudari terdaftar.

Kepada Saudari dapat diberikan NPWP sebagai NPWP cabang dari suami jika Saudari menghendaki. Meskipun mempunyai NPWP Cabang dari suami, kewajiban penyampaian SPT hanya ada pada suami Saudari saja.

Dalam hal Saudari hanya menerima penghasilan sebagai pegawai tetap dari satu pemberi kerja atau bekerja di satu perusahaan saja, maka penghasilan tersebut dilaporkan sebagai penghasilan yang telah dikenakan PPh Final dalam SPT Tahunan PPh WP OP suami.

Demikian penjelasan kami. Semoga membantu.

 Salam,

 
Aldonius, S.E.

Konsultan Pajak-Citas Konsultan Global

 

 

www.citasco.com

Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

 


Source: liputan6.com
5 Mobil Cepat Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Desain yang elegan, warna yang menarik serta dilengkapi dengan mesin berkecepatan super, merupakan segelintir keunggulan yang dimiliki oleh mobil sport. Tidak heran apabila mobil ini mampu dibandrol dengan harga yang sangat mahal.

Merek mobil seperti Porsche dan Rolls Royce seringkali mengeluarkan produk mobil jenis ini. Namun ternyata, ada beberapa merek mobil di dunia yang memiliki keunggulan yang sama dan juga membandrol produknya dengan harga yang mahal.

Melansir bgr.com, Jumat (1/4/2016) berikut ulasannya:

1. Lamborghini Veneno Roadster
Harga: Rp 59,2 miliar

Lamborghini Veneno Roadster

Mobil ini hanya diproduksi sembilan unit di seluruh dunia. Selain terbatas, mobil ini juga dijual dengan harga yang sangat mahal. Harganya mencapai US$ 4,5 juta atau setara dengan Rp 59,2 miliar.

2. Pagani Huayra BC
Harga: Rp 36,8 miliar

Mobil ini hanya diproduksi 20 unit di seluruh dunia. Selain emiliki desain yang elegan, mobil ini juga memiliki mesin yang mampu mencapai kecepatan 238 km/jam. Pagani Huayra BC juga ikut serta dalam pagelaran Geneva Motor Show.

3. Koenigsegg One: 1
Harga: Rp 36,8 miliar

Koenigsegg One-1

Layaknya Pagani Huayra, mobil mewah ini juga dibandrol dengan harga Rp 36,8 miliar. Hanya dalam waktu 20 detik, mobil ini mampu mencapai kecepatan hingga 250 km/jam. Selain didapuk sebagai salah satu mobil tercepat di dunia, mobil ini juga hanya diproduksi tujuh buah di seluruh dunia.


Source: liputan6.com
Ini Penampakan 7 Pencakar Langit Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Populasi dunia yang semakin banyak membuat lahan untuk tempat tinggal pun semakin meningkat. Tidak heran sekarang banyak dibangun gedung-gedung tinggi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Beberapa gedung pencakar langit di dunia pun ternyata banyak yang dibangun dengan biaya yang tidak sedikit. Sebagian besar dari gedung tersebut ternyata terletak di jantung kota London, Inggris.

Melansir laman Londonlovesbusiness.com, Jumat (1/4/2016), berikut daftar 7 gedung pencakar langit termahal:

7. Citypoint 

Biaya pembangunan: Rp 14,6 triliun

6. Leadenhall Building 

Biaya pembangunan: Rp 15,9 triliun


Source: liputan6.com
Buruh Minta Penegakan Hukum soal THR Lebih Tegas

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Dengan aturan ini, setiap pekerja dengan minimal masa kerja satu bulan berhak mendapatkan THR.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, sebenarnya tidak ada hal baru yang terdapat dalam ketentuan Permenaker ini. Itu karena selama ini para pekerja telah mendapatkan THR meski baru satu bulan bekerja.

Baca Juga

  • Kabar Gembira, Kini Buruh Baru Kerja 1 Bulan Dapat THR
  • Anggota DPR Belum Tahu Dapat THR
  • Menteri Dapat THR, Ini Tanggapan Sofyan Djalil

Source: liputan6.com
Pemerintah Jual Sukuk Global US$ 2,5 Miliar dengan 2 Seri

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiyaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan menerbitkan sukuk negara dalam valuta asing berdenominasi dolar Amerika Serikat (AS) atau Sukuk Global dalam dual-tranche.

Kedua seri sukuk global yang diterbitkan yaitu seri SNI21 dengan tenor 5 tahun dan SNI26 dengan tenor 10 tahun.

Dalam keterangan resmi yang dikutip dari laman Kemenkeu, Jakarta, Jumat (1/4/2016), DJPPR menyatakan pricing penerbitan sukuk global tersebut telah dilakukan pada 21 Maret 2016, sementara settlement dilakukan pada 29 Maret 2016.

Transaksi ini merupakan bagian dari Islamic Global Medium Term Notes (Islamic GMTN) Program sebesar US$ 10 miliar, dan akan dicatatkan di Singapore Stock Exchange dan NASDAQ Dubai.

 

Baca Juga

  • Garuda Indonesia Terbitkan Sukuk Global US$ 500 Juta
  • Jual US$ 1,5 Miliar, Yield Sukuk Terbaru RI Tertinggi Sejak 2009
  • Dana Investor Asing Masuk ke Pasar Keuangan RI

Source: liputan6.com
Rumah Makan Mie Mapan Ketagihan Pakai Gas PGN

Liputan6.com, Jakarta - Rumah makan Mie Mapan Surabaya, Jawa Timur ketagihan menggunakan gas PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk/PGN sebagai bahan bakar memasak mie.

Bagi para pecinta kuliner di Kota Surabaya, rumah makan Mie Mapan, sudah tak asing lagi di kalangan pecinta kuliner, karena menu mie yang khas tidak menyengatnya aroma MSG sehingga lebih alami, serta menu mie yang variatif.

"Pelanggan kita itu ada yang sejak dia masih SMP sampai berkeluarga dan punya anak, cari makannya di Mie Mapan Rungkut," kata Pemilik Mie Mapan, Steven Sanjaya, saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (1/3/2016).

Usaha Mie Mapan dimulai sekitar 1990 di Rungkut  oleh Ny Ting Yek Sin ibu Steven. Dengan kekhasan bumbu mie yang dibuat Ny Ting Yek Sin, mampu membuat para pelanggannya jatuh hati sehingga membuat usaha terus berkemba‎ng.

 

Baca Juga

  • Pengusaha Lontong Lebih Aman Pakai Gas PGN
  • Biaya Produksi Pembangkit Berbahan Bakar Gas Lebih Murah dari BBM
  • Gunakan Gas PGN, Pengusaha Lontong Ini Hemat Rp 1 juta/Bulan

Source: liputan6.com
Coca Cola Tambah Investasi US$ 63 Juta di RI

Liputan6.com, Jakarta - PT Coca-Cola Amatil Indonesia segera mengoperasikan pusat distribusi atau mega-distribution center ke-4 dan lini produksi ke-6 di Surabaya. Langkah ini sebagai upaya perusahaan mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Presiden Direktur Coca-Cola Amatil Indonesia Kadir Gunduz mengatakan, guna mewujudkan dua fasilitas tersebut, perseroan membelanjakan investasi US$ 63 juta atau setara Rp 835,7 miliar (kurs Rp 13.266/US$ 1=).

"Diharapkan, pusat distribusi itu mulai beroperasi pada kuartal keempat tahun ini," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Kadir mengakui, saat ini pangsa pasar Indonesia merupakan kontributor terbesar kedua bagi Coca-Cola Amatil Group. Oleh sebab itu, diyakini masih ada banyak peluang produksi serta pemasaran yang dapat dimaksimalkan.

Di Indonesia, The Coca-Cola Company telah menegaskan tambahan investasi senilai US$ 500 juta untuk mendukung akselerasi perluasan sistem produksi, penyimpanan (warehousing) dan infrastruktur untuk pengadaan minuman dingin. Sementara itu, Coca-Cola Amatil Indonesia telah berinvestasi total lebih dari US$ 1,5 miliar di Indonesia.

Baca Juga

  • Miliarder Ini Ekspansi Bisnis Minuman Soda di Afrika
  • Kampanye Coca Cola Memicu Insiden Diplomatis Ukraina-Rusia
  • Kisah Penemu Coca Cola yang Meninggal dalam Keadaan Miskin

Source: liputan6.com
Mendag Lembong: Aturan Jangan Sulitkan Ekonomi Kreatif

Liputan6.com, Malang - Menteri Perdagangan Thomas Lembong menekankan, fokus pemerintahan saat ini adalah deregulasi. Berbagai regulasi yang dinilai berbelit, termasuk menghambat pertumbuhan ekonomi kreatif, bakal dihapus.

"Pemerintah itu seharusnya menjadi wasit, bukan mengatur. Karena itu, biarkan para pelaku untuk berkreasi dan menentukan dirinya sendiri," kata Thomas Lembong saat di Malang, Jawa Timur, Jumat (1/4/2016).

Ia menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menyebutkan hasil inventarisasi ada 42 ribu regulasi mulai Undang-undang (UU), peraturan Presiden, SK Menteri dan sebagainya. Banyak peraturan itu yang dinilai menghambat pelaku ekonomi untuk tumbuh.

 

Baca Juga

  • Malang Tuan Rumah Konferensi Kota Kreatif, Arema Siap-siap
  • Tiga Sektor Ini Jadi Incaran Investasi AS di RI
  • Triawan: Harus Ada Kemudahan Pajak bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

Source: liputan6.com
Ini Alasan Ditjen Pajak Intip Data Kartu Kredit Nasabah

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 23 bank wajib menyerahkan data dan informasi kartu kredit nasabah kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak paling lambat 31 Mei 2016. Tujuannya untuk memperkaya basis data Unit Eselon I Kementerian Keuangan ini dalam mengejar penerimaan pajak.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro mengatakan, tujuan pemerintah mewajibkan bank menyerahkan data kartu kredit nasabah bukan untuk membatasi jumlah transaksi konsumsi atau belanja nasabah bank.

"Kita bukan ngecek limit-limitan, tapi kita cuma mau mencocokkan antara kartu kredit yang dimiliki seseorang dengan profile pajaknya," tegas Bambang saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (1/4/2016).

 

Baca Juga

  • Ini Bank yang Data Kartu Kreditnya Bisa Diintip Ditjen Pajak
  • 23 Bank Wajib Serahkan Data Kartu Kredit ke Ditjen Pajak
  • 4 Kesalahan yang Dilakukan Pengguna Kartu Kredit

Source: liputan6.com
Punya 5 Hal Ini? Siap-siap Jadi Sukses dan Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Rasanya tidak ada orang yang tidak ingin kaya. Semua orang pasti menginginkan diri mereka menjadi orang yang sukses dan bisa memiliki segalanya yang mereka inginkan.

Untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan tersebut, semua orang harus bekerja demi mendapatkan uang yang nanti menjadi alat tukar. Uang bukan lagi menjadi sebuah hal baru dan terkadang uang menjadi motivasi orang dalam bekerja.

Lantas, apa saja usaha yang dapat menjadi pertanda Anda bisa menjadi orang kaya dan sukses nantinya? Melansir themuse.com, Jumat (1/4/2016) ini ulasannya:

1. Rela berada di luar zona nyaman

Zona nyaman layaknya karet. Ketika Anda tak berbuat apa-apa untuk keluar dari zona tersebut, waktu akan membuatnya merenggang dan bertambah lebar. Inilah alasan mengapa Anda harus selalu bekerja keras melawan keinginan untuk tinggal di zona nyaman.

Semakin Anda mampu melawan, maka ini membuat diri Anda terpapar oleh berbagai kemungkinan dan hal baru yang menantang.

2. Dapat mentolerir konflik

Konflik merupakan sesuatu yang seringkali dapat terjadi dalam hidup. Orang kaya dan sukses merupakan mereka yang mampu mentolerir konflik dalam hidupnya. Daripada mencari kesalahan orang lain, mereka justru lebih memilih untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada.

3. Fokus

Walaupun sederhana, hal ini sulit untuk dilakukan. Agar mampu mencapai tujuan yang diinginkan, Anda harus mampu fokus dengan apa yang ada di depan mata.

Seringkali gangguan akan muncul dan membuat Anda sulit untuk kembali fokus pada pekerjaan yang ada. Namun orang sukses justru mampu menghalau hal ini sehingga mampu untuk menggapai apa yang diinginkan.

4. Berani mengemukakan pendapat

Banyak orang yang tidak suka untuk mengungkapkan pendapat. Mereka berpikir bahwa pendapat yang mereka ajukan belum tentu benar. Padahal, salah satu tanda orang sukses adalah mereka yang berani untuk mengemukakan pikiran yang mereka miliki. Dengan ini, mereka mampu memberikan masukan pada permasalahan yang ada.

5. Mampu mengontrol ego

Dalam keadaan tertentu, terkadang sulit untuk kita mengendalikan diri sendiri. Di sini kemampuan Anda untuk mengontrol diri sendiri sangat diperlukan.

Orang kaya bukan hanya mereka yang memiliki pikiran terbuka terhadap perubahan, mereka juga merupakan orang yang mampu mengontrol diri mereka di kondisi-kondisi tertentu. (Vna/Ahm)


Source: liputan6.com
Jelang Akhir Pekan, Rupiah Kembali Menguat ke 13.206 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Rupiah kembali menguat pada perdagangan di awal April 2016 ini. Pendorong penguatan rupiah masih dari luar yaitu pelemahan dolar Amerika Serikat (AS).

Mengutip Bloomberg, Jumat (1/4/2016), rupiah dibuka di level 13.206 per dolar AS. Level tersebut menguat jika dibanding dengan penutupan sehari sebelumnya yang ada di angka 13.239 per dolar AS.

Dari pagi hingga siang ini, rupiah berada di kisaran 13.172 per dolar AS hingga 13.212 per dolar AS. Jika dihitung sejak awal tahun, rupiah telah menguat 4,27 persen.

Baca Juga

  • Pernyataan Yellen Dorong Penguatan Rupiah
  • Rupiah Melemah ke 13.312 per Dolar AS di Awal Pekan Ini
  • Rupiah Sentuh 13.323 per Dolar AS, IHSG Susut 17 Poin

Source: liputan6.com
Trik Berhemat agar Lebih Kaya Sepanjang Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Berhemat ratusan ribu rupiah dalam sebulan tidak sulit untuk dilakukan. Pasti banyak dari Anda yang berpikir berhemat ratusan ribu itu artinya sama dengan makan mie instan setiap hari atau hanya makan dua kali sehari.

Nyatanya banyak cara yang bisa dilakukan untuk  berhemat. Mulai dari hal-hal besar sampai hal kecil, yang perlu dilakukan adalah tekun dan membiasakan diri.

Coba lakukan 30 trik berhemat berikut, maka Anda bisa menambah pundi-pundi keuangan lebih banyak dan lebih kaya sepanjang tahun, seperti dikutip dari www.cekaja.com, Jumat (1/4/2016):

1. Membayar tagihan tepat waktu. Tagihan ini termasuk tagihan listrik, air, telepon, dan kartu kartu kredit. Karena jika terlambat, itu artinya Anda harus membayar biaya denda atau bunga yang membuat pengeluarajadi makin boros.

2. Masak sendiri. Karena hanya dengan modal Rp10.000 untuk membeli dua ikat bayam dan kentang untuk dijadikan perkedel pun Anda sudah bisa makan sehat dan enak.

Baca Juga

  • Tiga Tips Agar Tidak Terjebak Gimmick Diskon Saat Belanja Online
  • Punya Rumah Dekat Kantor, Lebih Untung atau Rugi?
  • 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Dibeli dengan Uang Rokokmu (Bagian I)

Source: liputan6.com
BPS: Tol Laut Dapat Kendalikan Inflasi

Liputan6.com, Jakarta - Program tol laut yang dicanangkan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah membuahkan hasil. Jumlah penumpang dan barang yang diangkut menggunakan kapal laut melonjak signifikan sepanjang periode Januari-Februari 2016.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suryamin mengungkapkan, jumlah penumpang yang plesiran menggunakan moda transportasi laut pada dua bulan pertama ini mencapai 2,91 juta orang. Angka ini naik drastis 48,44 persen dari sebelumnya di periode Januari-Februari 2015 sebanyak 1,96 juta orang.

"Ini lonjakannya sangat spektakuler sekali hampir 50 persen dalam dua bulan. Padahal tahun lalu Januari-Februari 2015 dibanding Januari-Februari 2014 realisasi menurun 3 persen," ujar dia saat ditemui di kantor BPS, Jakarta, Jumat (1/4/2016).

Hal sama juga dicatatkan untuk pengangkutan barang dengan kapal laut. Dari data BPS, jumlah barang yang diangkut menggunakan kapal laut meningkat 9,01 persen dari 36,45 juta ton menjadi 39,73 juta ton di Januari-Februari 2016.

 

Baca Juga

  • Mendag Lembong Klaim Harga Pangan di Papua Turun Berkat Tol Laut
  • Pelni Tambah Operasional Kapal untuk Tol Laut
  • Dukung Tol Laut, Pelindo IV Terapkan Sistem Tarif Baru

Source: liputan6.com
AP II Tambah Fasilitas Usai Kenaikan Airport Tax

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Angkasa Pura II (AP II) menyatakan akan meningkatkan pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta  pasca kenaikan Passengger Service Charge (PSC) atau airport tax.

Airport tax sendiri merupakan penyesuaian pasca terbitnya surat Menteri Perhubungan Nomor PR 303/1/15 PHB 2016, pada 21 Januari 2016, Tentang Persetujuan tarif pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau yang lebih dikenal dengan Airport Tax.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II‎ Budi Karya Sumadi mengatakan, penyesuaian tarif sendiri bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas bandara.

"AP II selalu dan terus mensosialisasikan kepada penumpang bahwa penyesuaian PSC ini guna meningkatkan pelayanan dan fasilitas. Untuk kenyamanan pengguna jasa di Bandara Soekarno-Hatta," kata dia dalam keterangan pers, Jakarta, Jumat (1/4/2016).

 

Baca Juga

  • Tarif Airport Tax di Bandara Kelolaan AP II Naik Mulai 1 April
  • AP II Bakal Beri Diskon Pendaratan Pesawat dan Airport Tax
  • Sriwijaya Air Siap Terapkan Aturan Airport Tax

Source: liputan6.com
Pabrik Alumina Terbesar RI Pasok Bahan Baku ke Inalum

Liputan6.com, Ketapang - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memastikan akan mengawal realisasi investasi pabrik alumina terbesar di Indonesia yang dilakukan PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (PT WHW).

WHW tengah membangun pabrik pengolahan dan pemurnian (refinery) bauksit menjadi smelter-grade alumina dengan kapasitas mencapai 1 juta ton. Pabrik ini ditargetkan akan mulai produksi komersil pada akhir tahun ini.

Kepala BKPM Franky Sibarani memastikan akan terus memonitor, mengawal, dan memfasilitasi proyek-proyek investasi di bidang hilirisasi produk mineral.

“Pabrik PT WHW  ini memiliki arti yang strategis diantaranya dengan mendukung penyerapan tenaga kerja, meningkatkan nilai tambah, meningkatkan nilai ekspor, menghemat devisa. Dan juga yang tidak kalah penting adalah mempercepat pembangunan daerah-daerah di luar Jawa,” ujar dia di Ketapang, Kalimantan Barat, Jumat (1/4/2016).

Baca Juga

  • Pabrik Alumina Terbesar RI Bakal Kurangi Pengangguran di Kalbar
  • Antam dan Inalum Bikin Pabrik Alumina Berkapasitas 2 Juta Ton
  • Smelter Alumina Pertama di RI Segera Beroperasi

Source: liputan6.com
Wapres Swiss Minta Garuda Indonesia Buka Penerbangan ke Jenewa

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Swiss Doris Leuthard berharap maskapai nasional Indonesia, Garuda Indonesia bisa membuka penerbangan ke Jenewa, sehingga bisa meningkatkan kerjasama ekonomi dan pariwisata antar kedua negara.

Leuthard mengaku gembira bisa melihat fasilitas yang dimiliki Garuda Indonesia Group melalui anak usahanya Garuda Maintenance Facility (GMF). Dia berharap kerjasama yang sudah ada bisa terus ditingkatkan dan berlanjut di masa mendatang.

“Pertemuan pada hari ini sungguh memberikan wawasan yang baru kepada kami mengenai bentuk sinergi yang sangat positif antara Garuda dan GMF – selaku anak usahanya," kata Leuthard saat berkunjung ke kantor pusat Garuda Indonesia di Cengkareng, Banten, Jumat ‎ (1/4/2016).

Baca Juga

  • BNI dan Garuda Indonesia Luncurkan Kartu Debit Baru
  • Garuda Buka Rute Penerbangan Soetta-Bandara Silangit 
  • Garuda Indonesia Tak Lagi Jadi Sponsor Liverpool FC

Source: liputan6.com