Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Selasa, 19 April 2016
3 Tanda Anda Siap Jadi Orang Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang ingin menjadi kaya raya. Untuk membuatnya menjadi kenyataan, maka Anda memerlukan kemandirian secara finansial. Namun, memang ada sebagian orang yang tidak memiliki peluang untuk mengarah ke sana entah karena faktor pendidikan ataupun keterampilan kerja.

Untuk berada di barisan miliarder, Anda harus memiliki usaha lebih dan kemauan untuk belajar hal baru. Dengan begitu, akan terbuka banyak jalan yang mengantarkan Anda sebagai pemilik kekayaan.

Di bawah ini terdapat prediksi dari para ahli mengenai kepribadian seseorang yang memiliki potensi menjadi miliarder. Melansir dari The Motley Fool, Senin (18/4/2016) berikut ulasannya. 

1. Pandai Memanfaatkan Peluang

Pemilik situs EB Capital Market, Todd Campbell mengatakan, bila Anda adalah orang yang sering melihat kesempatan dan mengambil tindakan untuk mengambil keuntungan dari situ, maka Anda adalah seseorang yang memiliki orientasi untuk menjadi sukses.

Misalnya, Anda memilih untuk berinvestasi jangka panjang karena terbukti dapat menghasilkan kekayaan secara signifikan. Dengan begitu Anda akan terjaga dari kesulitan saat pensiun. Bila ingin menjadi kaya raya, maka Anda memiliki pemikiran jangka panjang.


Source: liputan6.com
Orang Beli Emas untuk Investasi Sejak 1970

Liputan6.com, Jakarta Setelah sempat mengalami penurunan selama beberapa kuartal, harga emas naik ke level US$ 1.200 dalam beberapa pekan terakhir di tempat perdagangan dan obligasi. Emas menjadi salah satu pillihan investasi karena rendah risiko. Tren investasi emas sudah mulai sejak 1970.

Melansir Forbes, Senin (18/4/2016) Saham SPDR jatuh 12,58 persen dalam lima tahun terakhir. Sementara S&P 500 (SPY) meningkat 38,85 persen. Pada kuartal pertama ekuitas dan emas telah bertukar tempat. Nilai emas memperoleh peningkatan 14,29 persen sementara ekuitas telah turun 7,82 persen.

Selama bertahun-tahun, emas telah dianggap sebagai investasi yang menguntungkan. Banyak orang menganggap bahwa berinvestasi emas akan terhindar dari bahaya inflasi. Tren berinvestasi emas bermula pada tahun 1970 ketika harga minyak dan beberapa kebijakan moneter banyak memicu inflasi.

Situasi yang sama juga terjadi setelah krisis keuangan yang terjadi pada tahun 2008 hingga 2009. Banyak orang beralih ke emas sebagai solusi investasi yang mereka pilih.

Hal ini dikarenakan emas mampu mengangkat permintaan untuk aset keuangan, dan mampu memicu inflasi aset daripada inflasi komoditas.

Inilah alasan utama mengapa harga emas anjlok sementara nilai ekuitas terus meningkat selama lima tahun terakhir.
Dalam beberapa pekan terakhir, harga emas meningkat akibat ketidakpastian inflasi.

Menurut penulis buku The New Case For Gold James Rickards, harga emas dapat mencapai US$ 10.000. Namun pertanyaan muncul, apakah mungkin? (Vna/Zul)


Source: liputan6.com
Alasan Mengapa Miliarder Selalu Tampak Sederhana

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin akan melihat kehidupan para selebriti yang begitu mewah. Untuk berjalan di atas karpet merah saja, mereka akan menggunakan pakaian dari desainer terkenal. Kehidupan mereka tampak begitu sempurna.

Namun hal ini tidak berlaku bila Anda mengamati para orang kaya yang tidak menekuni profesi di dunia dengan kamera dimana-mana. Bahkan, momen karpet merah pun tidak terjadi setiap hari, sehingga masyarakat tidak akan pernah tahu bagaimana keseharian mereka.

Misalnya, bila Anda melihat pada penemu Apple, Steve Jobs, dia jarang menggunakan pakaian selain kerah tinggi berwarna hitam. Anda tidak akan menemukan banyak pakaian dalam lemari orang-orang seperti mereka. Bahkan beberapa diantaranya memiliki selera biasa saja.

Baca Juga

  • Miliarder Ini Punya 5 Kebiasaan Unik
  • Tengok 10 Jurusan Kuliah yang Dipilih Para Miliarder
  • Studi: 52% Miliarder Dermawan Cemas Uangnya Disia-siakan

Source: liputan6.com
IHSG Berpotensi Menguat, Awasi Saham Pilihan Ini

Liputan6.com, Jakarta Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal konsolidasi pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Sentimen jelang pengumuman suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) masih membayangi IHSG.

Analis PT Investa Saran Mandiri, Hans Kwee menuturkan IHSG masih bergerak konsolidasi pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Pelaku pasar mengharapkan BI Rate turun mempengaruhi laju IHSG. Akan tetapi, sentimen global seperti harga minyak melemah juga akan menekan IHSG.

Hans mengatakan, pertemuan produsen minyak utama di Doha, Qatar tidak mencapai kata sepakat untuk mengatasi kelebihan pasokan masih akan menekan sektor saham energi.

"IHSG akan bergerak di kisaran resistance 4.873-4.900 dan support 4.800-4.825 pada Selasa pekan ini," ujar Hans saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (19/4/2016).

 

Baca Juga

  • Naik 41 Poin, IHSG Sendirian Menghijau di Bursa Asia
  • IHSG Melemah 10 Poin Tersengat Sentimen Global
  • IHSG Berpeluang Menguat di Awal Pekan

Source: liputan6.com
Baru Lulus dan Ingin Cepat Dapat Kerja? Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Mencari pekerjaan yang tepat memang butuh perjuangan. Apalagi bagi Anda yang baru saja lulus kuliah.

Selain harus bersaing dengan banyak kandidat, lapangan pekerjaan di zaman sekarang ini juga makin sedikit. Hal ini juga ditambah dengan orang-orang yang juga makin kompetitif.

Namun hal tersebut bukanlah halangan. Akan selalu ada jalan untuk kesuksesan apabila Anda mau terus berusaha. Melansir laman Time.com, Selasa (19/4/2016) berikut tipsnya:

1. Tonjolkan kemampuan di luar bidang akademik

Apakah Anda pernah memiliki pengalaman di luar bidang akademik? Jika ya, maka semua pengalaman tersebut bisa jadi nilai plus.

Menonjolkan kemampuan di luar bidang akademis dapat membuktikan bahwa Anda merupakan orang yang aktif semasa kuliah. Tidak hanya kuliah, tapi Anda juga praktik langsung belajar terjun di masyarakat.

2. Sebutkan prestasi paling gemilang

Kalau Anda pernah menjuarai kompetisi atau lomba tertentu, hal itu bisa jadi kelebihan tersendiri. Selain kompetisi, penghargaan seperti beasiswa juga bisa membuat kualifikasi diri Anda lebih menonjol dibandingkan orang lain. Prestasi sekecil apapun itu bisa jadi nilai tambah bagi dirimu.


Source: liputan6.com
IHSG Berpeluang Menguat

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak variatif dengan kecenderungan menguat.

Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi menerangkan, pada perdagangan saham kemarin IHSG menguat karena didorong oleh penguatan saham berkapitalisasi besar. IHSG menguat sebanyak 41,96 poin atau sebanyak 0,87 persen ke level 4865,53.

"Terlihat saham-saham bermarket kapitalisasi besar seperti beberapa emiten produsen rokok yang menjadi peran penguatan IHSG," kata dia dalam ulasannya,Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Baca Juga

  • Naik 41 Poin, IHSG Sendirian Menghijau di Bursa Asia
  • IHSG Melemah 10 Poin Tersengat Sentimen Global
  • IHSG Berpeluang Menguat di Awal Pekan

Source: liputan6.com
Isu Panama Papers Jadi Sorotan di Pertemuan Negara G20

Liputan6.com, Washington DC - Beredarnya bocoran informasi Panama Papers turut mengulik perhatian negara-negara G20. Dalam pertemuan internasional Spring Meetings IMF dan World Bank 2016 di Washington DC, negara-negara ini membuat kesepakatan pertukaran data atau informasi otomatis yang akan disahkan 2018 mendatang.

Pertemuan G20 dalam Spring Meetings IMF dan World Bank 2016 di Washington DC, Amerika Serikat, dimulai dengan pembahasan mengenai International Financial Architecture atau penguatan IMF dalam mengatasi krisis di berbagai Negara, serta bagaimana memperkuat permodalannya. Menkeu Bambang Brodjonegoro yang turut hadir juga bicara bahwa indonesia sudah memiliki UU Pencegahan dan Penanganan Krisis atau PPKSK.

Baca Juga

  • Ada Orang RI di Daftar Panama Papers yang Belum Lapor Pajak
  • OPINI: Panama Papers, Salahkah WNI Taruh Uang di Luar Negeri?
  • Menakar Keabsahan Data Panama Papers

Source: liputan6.com
Bali Jadi Tuan Rumah Pertemuan Tahunan World Bank dan IMF di 2018

Liputan6.com, Washington DC - Bali dipilih menjadi lokasi Annual Meeting World Bank dan IMF. Konferensi internasional ini akan berlangsung pada tahun 2018 mendatang.

Meski menjadi tuan rumah 2 tahun lagi, sejumlah persiapan sudah dikebut mulai sekarang.. Termasuk pengenalan Bali dan Indonesia dalam Forum Spring Meetings 2016 di Washington DC.

Sebuah posko bernuansa bali tampak cantik di tengah lalu lalang para peserta konferensi internasional Spring Meetings 2016. Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia dalam gelaran ini bersinergi mengenalkan Indonesia dan Bali ke mata dunia.

Baca Juga

  • Jurus Pemerintah agar Uang WNI Kembali ke RI
  • Menkeu: Belum Ada Konglomerat Infrastruktur di RI
  • Ini Isu yang Dibawa Menteri Bambang dalam Pertemuan G20

Source: liputan6.com
Saham Disney Angkat Wall Street

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) menguat di awal pekan dengan indeks saham Dow Jones mencatatkan kenaikan tertinggi dalam sembilan bulan. Saham Hasbro dan Disney menguat juga mendorong kenaikan bursa saham AS.

Pada penutupan perdagangan saham Senin (Selasa pagi WIB), indeks saham Dow Jones naik 0,6 persen ke level 18.004. Indeks saham S&P 500 menguat 0,65 persen menjadi 2.094,34. Indeks saham Nasdaq menanjak 0,44 persen ke level 4.960,02.

Investor fokus terhadap rilis laporan kinerja keuangan emiten pada kuartal I 2016 juga mempengaruhi laju bursa saham AS.

Selain itu, langkah bank sentral AS hati-hati menaikkan suku bunga juga menjadi katalis positif bagi indeks saham Dow Jones. Indeks saham acuan tersebut juga menyentuh level 18.000 pada awal pekan ini untuk pertama kali sejak 21 Juli.

 

Baca Juga

  • Wall Street Melemah Dipicu Anjloknya Harga Minyak
  • Saham Bank Dorong Wall Street Naik Tipis
  • Wall Street Menguat Dipimpin Saham Keuangan

Source: liputan6.com
Kesepakatan Doha Gagal, Harga Emas Naik Tipis

Liputan6.com, Chicago - Harga emas menguat pada awal pekan ini. Momentum harga komoditas membaik lantaran usai pertemuan produsen minyak utama di Doha gagal menyepakati untuk menstabilkan pasokan minyak.

Harga emas untuk pengiriman Juni menguat tipis 0,1 persen ke level US$ 1.235 per ounce. Harga perak untuk pengiriman Mei turun 0,4 persen ke level US$ 16.253 per ounce.

Penguatan harga komoditas terutama emas lantaran permintaan aset investasi lebih aman diikuti gagalnya kesepakatan di pertemuan Doha yang mereda. Di sisi lain, bursa saham pun berbalik arah ke zona hijau.

Sementara itu, kegagalan pertemuan negara produsen minyak utama untuk menstabilkan pasokan minyak membuat harga minyak West Texas Intermediate (WTI) melemah enam persen hingga akhirnya kembali pulih pada penutupan perdagangan di awal pekan ini.

 

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Naik Rp 1.000 per Gram
  • Harga Emas Perkasa di Akhir Pekan
  • Harga Emas Turun Imbas Penguatan Dolar

Source: liputan6.com
Top 3: Bocoran Formasi Seleksi CPNS Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan membuka kesempatan bagi para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengikuti tes seleksi di tahun ini.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman mengungkapkan instansinya saat ini tengah menggodok berapa formasi yang akan diseleksi.

Herman mengungkapkan proses seleksi tahun ini hanya untuk posisi-posisi tertentu, khususnya yang berhubungan dengan tenaga pendidik seperti salah satunya guru dan tenaga kesehatan layaknya perawat, dokter, dan lain sebagainya.

Artikel seleksi CPNS bakal dibuka, ini bocoran formasinya telah menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada awal pekan ini.

Penasaran dengan artikel terpopuler lainnya di kanal bisnis? Berikut tiga artikel terpopuler di kanal bisnis yang dirangkum pada Selasa (19/4/2016):

1. Seleksi CPNS Bakal Dibuka, ‎Ini Bocoran Formasinya

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan membuka kesempatan bagi para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengikuti tes seleksi di tahun ini.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman mengungkapkan instansinya saat ini tengah menggodok berapa formasi yang akan diseleksi.

Herman mengungkapkan proses seleksi tahun ini hanya untuk posisi-posisi tertentu, khususnya yang berhubungan dengan tenaga pendidik seperti salah satunya guru dan tenaga kesehatan layaknya perawat, dokter, dan lain sebagainya. Selengkapnya baca di sini

2. Berapa Uang yang Dihasilkan Keluarga Obama dalam Setahun?

Presiden Obama dan Michelle Obama baru saja mengeluarkan laporan pendapatan dan pajak yang mereka dapatkan sepanjang tahun 2015.

Melansir money.cnn.com, Senin 18 April 2016, dokumen tersebut mengungkap bahwa keluarga tersebut mampu mendapatkan pendapatan kotor sebanyak US$ 436.065 atau setara dengan Rp 5,7 miliar (Kurs: Rp 13.190/dolar AS).

Dari pendapatan tersebut, ia mengeluarkan US$ 81.472 atau setara dengan Rp 1,07 miliar untuk pajak. Selengkapnya baca di sini

3. Pendapatan Tergerus, Orang Kaya RI Lebih Irit

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan adanya penurunan pengeluaran para orang kaya di kota maupun desa. Secara angka, pengeluaran orang kaya turun dari 48,25 persen pada Maret menjadi 47,84 persen pada September 2015.

Penyebabnya, kondisi pelemahan ekonomi dunia yang mengakibatkan pendapatan orang-orang kaya di Tanah Air tergerus.

Deputi Bidang Statistik Sosial BPS M Sairi Hasbullah mengatakan, pengeluaran kategori kelompok orang kaya yang mencapai lebih dari Rp 2,3 juta. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Negara Ini Pemasok Terbesar Sayur dan Buah ke RI

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dikenal sebagai penghasil sayur dan buah, terutama buah-buah tropis yang berpotensi ekspor hingga mancanegara.

Sayangnya, pasar produk hortikultura di Indonesia harus dibanjiri buah dan sayur dari luar negeri. Ada beberapa negara yang ‎rajin mengimpor buah dan sayur ke Indonesia.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) ‎yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Selasa (19/4/2016), nilai impor sayuran Indonesia dari beberapa negara pada Maret ini mencapai US$ 33,93 juta dengan berat 44,33 juta kilogram (kg). Angka ini turun dari bulan sebelumnya yang senilai US$ 61,08 juta dan US$ 42,92 juta di periode Maret 2015.

 

Baca Juga

  • BPS Ingatkan Pemerintah soal Kenaikan Impor Sayur dan Buah
  • Ini Arti Kode Digit di Buah Impor yang Anda Beli
  • Jurus Jokowi Putus Ketergantungan Konsumsi Buah Impor

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Tetap di Rp 566 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang dijual oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada perdagangan Selasa (19/4/2016), tak berubah jika dibandingkan dengan harga sehari sebelumnya. Antam tetap mematok harga emas di angka Rp 566 ribu per gram.

Sedangkan harga pembelian kembali alias buyback emas Antam naik Rp 1.000 menjadi Rp 520 ribu per gram dari harga buyback sehari sebelumnya yang ada di angka Rp 519 ribu per gram. 

Harga buyback ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, maka Antam akan membelinya di harga Rp 520 ribu per gram.

Baca Juga

  • Kesepakatan Doha Gagal, Harga Emas Naik Tipis
  • Orang Beli Emas untuk Investasi Sejak 1970
  • Harga Emas Antam Naik Rp 1.000 per Gram

Source: liputan6.com
Hipmi Dukung BUMN Akuisisi Newmont

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) mendukung langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Sumarno mengakuisisi saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT).

Mengenai usulannya ini, Ketua Umum BPP Hipmi Bahlil Lahadalia telah melakukan pertemuan dengan Menteri BUMN kemarin.

"Posisi Hipmi sangat mendukung langkah Ibu Menteri. Sebab, sesuai konstitusi pengelolaan kekayaan alam negara ini harus melibatkan negara, agar benar-benar bermanfaat bagi kemakmuran rakyat," ujar Bahlil dalam keterangan tertulis, Selasa (19/4/2016).

Bahlil mengatakan, bila sebagian saham Newmont diambil alih oleh BUMN, negara tak hanya memperoleh manfaat dari pajak, namun juga meningkatkan aset BUMN dan pendapatan negara dari dividen.

Baca Juga

  • Kementerian ESDM Belum Restui Rencana Akuisisi Newmont
  • Pemerintah Diminta Ikut Terlibat dalam Proses Akuisisi Newmont
  • Sofyan Djalil: Perusahaan Lokal Akuisisi Newmont Itu Wajar

Source: liputan6.com
Produk Suku Cadang Otomotif RI Banyak Diminati di Thailand

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) optimistis produk suku cadang Indonesia mampu menguasai pasar otomotif Thailand. Selain itu, Indonesia akan mampu menjadi negara pusat suku cadang dan aksesoris kendaraan terbesar di Asia Tenggara.

Atase Perdagangan (Atdag) Bangkok Rita Tri Mutiawati mengatakan, hal ini terlihat dari antusiame pengunjung terhadap produk suku cadang Indonesia yang ikut serta pada pameran Thailand Auto Parts and Accessories (TAPA) 2016 di Bangkok International Trade Exhibition Center (BITEC), Bangkok, Thailand, pada 7-10 April 2016 lalu.

Dalam pameran ini, tujuh perusahaan yang dibawa Atase Perdagangan Bangkok mendapat permintaan dan kerja sama perdagangan secara signifikan.

Ketujuh perusahaan tersebut yaitu Sinar Agung Selalu Sukses (SASS),AstraOtoparts, SinarContinental,Deli Karet Indonesia (DeliumTires), Garuda Indonesia, KMMotors, Selatan Jadi Jaya, dan Bumi Buana Citra.

Baca Juga

  • Taiwan Siap Bangun Pabrik Komponen Otomotif di Cikarang
  • Prinsipal Otomotif Diminta Bangun Industri Komponen di Indonesia
  • Industri Komponen Lokal Ingin Terlibat dalam Proyek Kereta Cepat

Source: liputan6.com
Cara Allianz Melindungi Pemilik Unit Apartemen

Liputan6.com, Jakarta - Hunian masyarakat terutama di kota-kota besar banyak bergeser ke arah hunian vertikal atau apartemen. Ini dibuktikan dengan tingginya permintaan yang dipicu oleh semakin terbatasnya lahan dan kenaikan harga lahan.

Biasanya, gedung hunian vertikal sudah diasuransikan oleh pengelola gedung sesuai dengan pasal 70 Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988.

Namun, asuransi gedung ini tak secara spesifik melindungi pemilik unit dan tidak dilengkapi manfaat perlindungan unit yang disebabkan oleh bencana.

PT Asuransi Allianz Utama Indonesia pun menangkap peluang itu. Perseroan mengenalkan produk terbaru Allianz ApartemenKu, asuransi perlindungan diri pertama di Indonesia yang melengkapi kebutuhan pemilik unit apartemen.

Baca Juga

  • Astra Aviva Bidik Posisi 5 Besar Perusahaan Asuransi di RI
  • Pendapatan Premi Asuransi Mikro Allianz Capai Rp 63,12 Miliar
  • Muenchen akan Bangun Masjid di Dalam Stadion Allianz Arena

Source: liputan6.com
Butuh Kebijakan Fleksibel Guna Tangkal Krisis Finansial

Liputan6.com, Jakarta - Bank Dunia (World Bank) dan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) melihat bahwa pertumbuhan ekonomi dunia masih lesu. Oleh sebab itu, dalam Pertemuan Internasional Spring Meetings 2016 yang digelar oleh kedua lembaga keuangan internasional tersebut titik bahasan ditujukan kepada mencari cara agar dunia tidak terjatuh ke dalam krisis finansial.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menjelaskan, dalam pertemuan yang dihadiri oleh menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara-negara anggota World Bank dan IMF tersebut, digarisbawahi bahwa kondisi global saat ini masih sulit. Hal tersebut dibuktikan dengan penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia oleh IMF. 

Alasa yang mendasari IMF melakukan hal tersebut adalah harga komoditas yang masih rendah, pelemahan pertumbuhan ekonomi beberapa negara yang selama ini menjadi tumpuan dan beberapa lainnya.

Negara-negara anggota Bank Dunia dan IMF pun sepakat bahwa saat ini dibutuhkan kebijakan yang fleksibilitas dan harus lebih adaptif untuk menjaga pertumbuhan ekonomi global dan kondisi finansial.

Baca Juga

  • Isu Panama Papers Jadi Sorotan di Pertemuan Negara G20
  • Menkeu Bambang, Orang RI Pertama Jadi Ketua Komite Bank Dunia
  • Bali Jadi Tuan Rumah Pertemuan Tahunan World Bank dan IMF di 2018

Source: liputan6.com
LEN Industri Buka Lowongan Kerja, Berminat?

Liputan6.com, Jakarta - PT Len Industri (Persero) merupakan Badan Usaha M‎ilik Negara (BUMN) yang memiliki bisnis di bidang sistem informasi, teknologi persinyalan dan sistem elektronika.

Tahun ini, Len Industri akan terus mengembangkan lini bisnisnya untuk meningkatkan daya saing Indonesia di kancah internasional.

Salah satu produk yang dihasilkan Len Industri adalah sistem persinyalan kereta api yang terpasang di seluruh jaringan Jawa dan Sumatera. Selain itu, Len Industri juga sebagai pemain inti dalam hal pembangkit listrik tenaga surya di Indonesia.

Baca Juga

  • Ingin Ikut Produksi Senjata? PT Pindad Buka Lowongan Kerja
  • BUMN Perumahan Ini Buka Lowongan Kerja, Cek Syaratnya
  • Pertamina Cari 367 Karyawan Baru, Berminat?

Source: liputan6.com
Bulan Ini Batas Akhir Pengajuan Formasi CPNS 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan akan membuka beberapa formasi tertentu untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2016. Formasi tersebut seperti tenaga pengajar, tenaga medis dan beberapa lain. 

Sebagai langkah awal, Kementerian PANRB tengah melakukan proses pengumpulan formasi dari masing-masing daerah. Untuk itu, Kementerian PANRB mengajak pemerintah daerah (pemda) untuk secepatnya menyelesaikan pengisian e-formasi.

“Batas waktu pengisian e-formasi hingga akhir April 2016,” ujar Asisten Deputi Perencanaan dan Sistem Informasi SDM Aparatur Kementerian PANRB Subowo Djoko Widodo dalam keterangannya, Selasa (19/4/2016).

Baca Juga

  • Seleksi CPNS Bakal Dibuka, ‎Ini Bocoran Formasinya
  • Tak Lama Lagi, Pemerintah Bakal Umumkan Jadwal CPNS 2016
  • Menteri Yuddy Jamin Seleksi CPNS Bebas KKN

Source: liputan6.com
Bangun Gedung yang Bakal jadi Ikon Jakarta, BNI Gandeng PT PP

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) bersama PT Pembangunan Perumahan Tbk (PP) bersinergi mendirikan ikon baru Jakarta di kawasan strategis yang terletak di pusat kota, yaitu Menara BNI. Gedung baru ini akan menjadi pusat aktivitas consumer banking BNI. 

Peletakan batu pertama gedung baru BNI dilaksanakan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M Soemarno di lokasi proyek, Jalan Pejompongan Raya V Nomor 24, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, pada Selasa, (19/4/2016).

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni menjelaskan, menara BNI akan menjadi ikon baru di landscape kota Jakarta karena desain gedung yang distinctive dan lokasinya yang strategis di pusat kota. Gedung yang pembangunannya ditangani PT PP ini akan menempati lahan seluas 14.817 meter persegi dengan total konstruksi seluas 64.061 meter persegi.

Baca Juga

  • BNI Cetak Laba Rp 2,9 Triliun pada Kuartal I 2016
  • Jurus BNI Ikut Dorong Kenaikan Penerimaan Pajak
  • BNI Pertimbangkan Ekspansi ke Myanmar

Source: liputan6.com
Ketimpangan Ekonomi RI Membaik karena Kebijakan Pemerintah

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas mengklaim penurunan ketimpangan pengeluaran antara orang kaya dan orang miskin (gini ratio) pada September 2015 menjadi 0,40 karena kebijakan pemerintah. Pemerintah sejak tahun lalu jor-joran memberikan insentif dan bantuan sebagai bantalan masyarakat saat kondisi perekonomian nasional terpuruk.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofjan Djalil bersyukur atas membaiknya tingkat ketimpangan di Indonesia dari 0,41 pada Maret 2015 menjadi 0,40 pada September lalu. Pemerintah sangat konsisten dalam menjalankan program maupun kebijakan untuk menolong daya beli masyarakat.

"Gini ratio jadi lebih baik salah satunya karena program pemerintah sangat spesifik mengenai itu. Misalnya bantuan langsung tunai, BPJS Kesehatan, peningkatan anggaran pendidikan, dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga rendah," tegasnya saat ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Bantuan atau program tersebut, kata Sofyan, menguntungkan kelompok masyarakat kelas bawah sehingga pengeluaran orang-orang miskin meningkat. Sementara situasi perekonomian yang lesu tahun lalu menggerogoti pendapatan pengusaha maupun orang-orang berpenghasilan atas.

"Pihak kelas atas tidak terlalu tinggi dan cepat pengeluarannya karena pendapatan berkurang," tegas Sofyan.

Baca Juga

  • Kesenjangan Orang Kaya dan Miskin Turun, Ini Pemicunya
  • Ini Provinsi dengan Ketimpangan Paling Tinggi dan Paling Rendah
  • BPS: Ketimpangan Orang Kaya dan Miskin di RI Turun

Source: liputan6.com
Kunjungan Jokowi Diyakini Mampu Gaet Investor Jerman ke RI

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani meyakini kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Jerman pada Senin (18/4/2016) mampu mendorong pengusaha di negara tersebut, menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan investasinya.

Dia melihat beberapa hasil positif kunjungan Presiden dari sisi investasi. Pertama, pandangan positif Pemerintah Jerman terhadap potensi Indonesia sebagai destinasi investasi.

"Kanselir Jerman menyatakan Indonesia berpotensi sebagai pintu masuk investasi Jerman untuk masuk ke ASEAN. Terutama karena populasinya cukup besar," jelas Franky di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Poin kedua yang melandasi keyakinan Franky, adanya kesepakatan yang dicapai melalui penandatanganan kerjasama bisnis antara pengusaha Indonesia dan Jerman. Salah satunya, kerjasama investasi smelter di Sulawesi, senilai US$ 800 juta atau setara Rp 10,4 triliun (kurs US$1 = Rp 13.000).

Baca Juga

  • Indonesia-Jerman Teken Kerja Sama Bisnis Senilai Rp 11,55 Triliun
  • BKPM Rayu Investor Jerman Tanam Modal di Sektor Farmasi
  • Gaet Investor Jerman, BKPM Akan Fokus 6 Sektor

Source: liputan6.com
Tunggu Rapat BI, Rupiah Menguat Tipis ke 13.168 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mampu menguat tipis pada perdagangan selasa pekan ini. Pelaku pasar menunggu pengumuman BI Rate pada pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Selasa (19/4/2016) rupiah dibuka di level 13.168 per dolar AS, menguat tipis jika dibandingkan dengan penutupan pada perdagangan kemarin yang ada di angka 13.170 per dolar AS.

Rupiah sempat menguat ke 13.132 per dolar AS namun juga sempat melemah ke 13.173 per dolar AS. Jika dihitung sejak awal tahun, rupiah masih menguat 4,62 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) bank Indonesia (BI) rupiah dipatok di angka 13.150 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 13.204 per dolar AS.

Baca Juga

  • Pelonggaran Kebijakan Moneter Singapura Tekan Nilai Tukar Rupiah
  • Rupiah Lanjutkan Penguatan, Sempat Sentuh 13.077 per Dolar AS
  • Harga Komoditas Membaik Dorong Penguatan Rupiah

Source: liputan6.com
Abaikan Saran dari Pihak Lain, 5 Orang Ini Justru Dulang Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Kalau Anda seorang pengusaha, pasti sering mendapat saran tentang bagaimana menjalankan bisnis dari teman, keluarga, atau mentor. Namun sebaiknya Anda berhati-hati menerima dan menyerap saran itu.

Bahkan, tidak ada salahnya jika perlu Anda mengabaikan saran-saran tersebut. Sebab sebagian besar pengusaha sukses beranggapan sangat penting untuk menggunakan ide dan strategi sendiri, ketimbang dari orang lain.
Source: liputan6.com
Khawatirkan Hal Ini, Pengusaha Pikir-pikir Ikut Pengampunan Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Rencana kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) ‎terus menuai pro dan kontra. ‎Program penghapusan sanksi pidana pajak ini ternyata membuat pengusaha berpikir dua kali untuk ikut serta karena dikhawatirkan bisa menimbulkan sisi negatif.

Sisi negatif mulai dari pengumuman harta kekayaan maupun membawa pulang uang (repatriasi)  pengusaha di luar negeri ke Indonesia.

"Kalau saya disuruh mengembalikan uang, saya tidak mau tuh. Karena yang muncul negatifnya," kata Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Jakarta Utara Sungkono Ali saat RDPU Tax Amnesty di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Pengusaha memiliki kekhawatiran, kebijakan tersebut seperti jebakan yang menjadi bumerang bagi pengusaha. Sebab dengan tax amnesty ini, Direktorat Jenderal Pajak ‎akan mempunyai data lengkap orang-orang Indonesia yang memiliki rekening di luar negeri dan akhirnya menjadi target atau sasaran tingginya penerimaan pajak.

Baca Juga

  • Data Ditjen Pajak Lebih Lengkap Ketimbang Panama Papers
  • Ini 3 Modus Orang Simpan Harta di Surga Pajak
  • Perusahaan Masuk Panama Papers, Begini Komentar Ketua BPK

Source: liputan6.com
Nilai Barang KW Dunia Capai Rp 6.000 Triliun, Siapa Pembuatnya?

Liputan6.com, Jakarta - Saat orang tak mampu membeli barang bermerek yang harganya melambung, maka barang tiruan alias KW adalah pilihan selanjutnya. Saking banyaknya konsumsi barang KW, industri ini nilainya mencapai US$ 461 miliar.

Dilansir dari CNN Money, Selasa (19/4/2016), semakin lama bisnis barang KW semakin menjamur. Alasannya itu tadi, pasar barang tersebut terus berkembang. Karena tak semua orang bisa membeli barang branded.

Menurut laporan dari Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), industri tersebut punya nilai pasar hingga US$ 461 miliar atau sekitar Rp 6.059,8 triliun (kurs: Rp 13.145 per dolar AS).

Perdagangan barang KW nilainya mencapai 2,5 persen perdagangan dunia di 2013, naik dari sekitar 1,9 persen di 2008. Itu setara dengan ukuran ekonomi Austria.

Data global dari bea cukai mencatat beberapa merek dunia yang sering dipalsukan adalah Rolex, Nike, Ray Ban dan Louis Vuitton.

Baca Juga

  • Bos Alibaba Serukan Perang dengan Barang Palsu
  • Jurus Bea Cukai Lindungi Konsumen dari Barang Palsu
  • Temukan Uang Palsu di ATM? Ini Prosedur Pelaporannya

Source: liputan6.com
Pemerintah Siap Awasi Pelaksanaan Aturan Pemberian THR

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker‎) memastikan para pekerja dengan minimal masa kerja satu bulan bisa mendapat tunjangan hari raya (THR) dengan besaran proporsional pada Lebaran tahun ini.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan, pada prinsipnya setiap pekerja yang telah memiliki hubungan kerja berhak atas THR. "Harus diterapkan, harus dijalankan. Prinsipnya bahwa orang saat memiliki hubungan kerja berhak terhadap THR," kata dia, Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Dia mengatakan, sebelumnya pekerja yang berhak menerima THR adalah mereka yang telah bekerja minimal tiga bulan. "Perubahan menjadi satu bulan pada dasarnya secara hakikat, subtansi, orang memiliki hubungan kerja, maka pada saat itu pekerja berhak terhadap THR. Untuk memudahkan perhitungan diberi minimum satu bulan," jelas dia.

Hanif melanjutkan, pemerintah dan dinas-dinas di daerah melakukan pengawasan terhadap kebijakan baru ini. Bagi perusahaan yang tidak melaksanakan ketetapan yang baru akan ditindak sesuai peraturan yang berlaku. "Kan sudah ada mekanisme sanksinya sendiri," tukas dia.

Sebelumnya pada 2 April 2016, para pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) memprotes kebijakan Kementerian Ketenagakerjaan yang mengharuskan kepada pengusaha untuk memberikanTHR kepada para pekerja dengan masa kerja satu bulan.

Baca Juga

  • Pengusaha Protes Terkait Kebijakan Baru Pemberian THR
  • Buruh Minta Penegakan Hukum soal THR Lebih Tegas
  • Kabar Gembira, Kini Buruh Baru Kerja 1 Bulan Dapat THR

Source: liputan6.com
Blok Masela Bakal Serap 380 Ribu Tenaga Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan bahwa kebutuhan tenaga kerja untuk pengembangan Blok Masela, Maluku, mencapai 380 ribu pekerja. Kebutuhan tenaga kerja tersebut dengan perkiraan penggarapan Blok Masela di darat dan dilakukan secara terintegrasi.

Rizal mengatakan, pemerintah sedang menyiapkan tenaga kerja yang terampil untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja tersebut. Tak hanya itu, ia juga mengatakan akan melakukan kunjungan kerja ke Bintulu, Kalimantan, untuk melihat integrasi industri yang diharapkan dapat disesuaikan di Blok Masela.

Pemerintah tidak ingin industri yang dikembangkan bersifat tertutup seperti di Lhokseumawe. Lantaran hak tersebut tidak menimbulkan efek berkelanjutan pada masyarakat sekitarnya.

Baca Juga

  • Lokasi Kilang Blok Masela di Darat Jadi Rebutan Para Bupati?
  • Masyarakat Maluku Dapat Pendidikan Pengembangan Blok Masela
  • Cara Pemerintah Dorong Penyerapan Pekerja Lokal di Blok Masela

Source: liputan6.com
Butuh Rp 44 Triliun untuk Ciptakan Tenaga Kerja Terampil di RI

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyatakan, untuk mendorong penyediaan tenaga kerja terampil membutuhkan dana sekitar Rp 44 triliun dalam waktu 5 tahun. Angka tersebut hanya sekitar 10 persen anggaran pemerintah yang digelontorkan untuk pendidikan yang bersifat umum.

Rizal mengatakan, untuk mendorong tenaga kerja terampil perlu ada transformasi dari yang selama ini fokus pada pendidikan umum ke pendidikan khusus atau kejuruan. Langkah itu yang diterapkan pada negara maju seperti Jerman dan Swiss.

Dia bilang, anggaran tersebut digunakan salah satunya untuk penyediaan pelatih (trainer), kurikulum, dan infrastruktur. Lalu, pemerintah akan menggandeng mitra kerja dengan perusahaan negara lain.

Baca Juga

  • Cara Rizal Ramli Persingkat Waktu Tunggu Kapal di Tanjung Priok
  • Menko Rizal Tak Khawatir Investor Masela Bakal Hengkang
  • Rizal Ramli Ajari Pengusaha Belgia Cara Investasi di RI

Source: liputan6.com
RI Bakal Jadi Negara Pengguna Energi Panas Bumi Terbesar

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Panas Bumi Indonesia‎ melihat target listrik dari Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP), sebesar 7.000 Mega Watt (MW) pada 2025 sangat ambisius. Namun jika tercapai Indonesia menjadi negara pengguna energi panas bumi terbesar di dunia.

Ketua Asosiasi Panas Bumi Indonesia Abadi Purnomo mengatakan, target tersebut ditetapkan untuk memenuhi kebutuhan listrik pada 2025 sebesar 115 Giga Watt (GW) atas pertumbuhan ekonomi 6 persen per tahun dan pertumbuhan penduduk 1,5 persen per tahun.

"Target 7 ribu MW 2025 target ambisus. Ini bukan kemauan kita ini keperluan asumsi pertumbuhan 6 persen pertumbuhan penduduk 1,5 persen, kebutuhan listrik 115 Gw, saat ini PLN Baru 55 GW," ‎kata Abadi dalam acara Geothermal Community Gathering, di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Baca Juga

  • UU Disahkan, RI Kian Gencar Bangkitkan Listrik Panas Bumi
  • Anak Usaha Pertamina Kebut Proyek PLTP Lahendong
  • Ini Peran Serta Pertamina dalam Program 35 Ribu MW

Source: liputan6.com
Apindo: Singapura Pakai Banyak Cara untuk Gagalkan Tax Amnesty RI

Liputan6.com, Jakarta - Negara-negara surga pajak (tax havens), terutama Singapura dikatakan tengah menyiapkan kebijakan untuk melawan program Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) yang direncanakan Indonesia.

Negara tersebut melakukan berbagai upaya untuk menjegal repatriasi modal orang-orang Indonesia yang selama ini diparkir di Singapura.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) S‎uryadi Sasmito menilai, Singapura sangat agresif mempersiapkan strategi untuk menjegal implementasi pengampunan pajak oleh Indonesia.

Tujuannya untuk membentengi keluarnya  dana-dana orang Indonesia yang ditaksir mencapai lebih dari Rp 3.000 triliun di Singapura.

"Besar sekali upayanya, mereka mencari jalan apa saja untuk menggagalkan tax amnesty kita. Karena Singapura paling ketakutan, walaupun negara lain juga begitu," tutur dia di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Baca Juga

  • Khawatirkan Hal Ini, Pengusaha Pikir-pikir Ikut Pengampunan Pajak
  • Data Ditjen Pajak Lebih Lengkap Ketimbang Panama Papers
  • Ini 3 Modus Orang Simpan Harta di Surga Pajak

Source: liputan6.com
Kemenpar Gandeng OJK Kembangkan Pariwisata RI

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang dijadikan sebagai landasan kerja sama untuk meningkatkan peran Lembaga Jasa  Keuangan (LJK) mengembangkan destinasi dan industri pariwisata di Indonesia.

Perjanjian ini dilakukan dalam rangka mendukung pencapaian target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 275 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada 2019.

Penandatanganan  nota kesepahaman tersebut dilakukan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D.Hadad di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Selasa (19/4).

Muliaman mengungkapkan, industri pariwisata akan dapat memanfaatkan sumber dana dari industri pembiayaan yang selama ini ada di Indonesia dengan penandatanganan nota kesepahaman ini.

Baca Juga

  • Jurus OJK Dorong UKM Melantai di Bursa
  • OJK: BI Ubah Acuan Suku Bunga Jadi Sinyal Positif ke Ekonomi
  • 12 Juta Turis Asing Bakal Datang ke RI 

Source: liputan6.com
RI-Jepang Sepakat Tingkatkan Promosi Barang dan Jasa

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Nus Nuzulia Ishak bersama Gubernur Prefektur Wakayama, Yoshinobu Nisaka, menandatangani joint statement untuk saling mempromosikan ekspor produk/jasa Indonesia dan Jepang.

Nus mengatakan, kerjasama dan kesepakatan yang dicapai oleh Kemendag dan pemerintah Prefektur Wakayama ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dengan Jepang.

"Kami berkomitmen untuk mendukung setiap kegiatan promosi ekspor yang dilaksanakan oleh masing-masing pihak untuk meningkatkan perdagangan," ujar dia di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Baca Juga

  • Ini Tanggapan Kadin Indonesia soal Panama Papers
  • Pemerintah Diminta Beri Insentif ke Industri Ekonomi Digital
  • Kadin Minta Paket Kebijakan Lebih Fokus ke Pengentasan Kemiskinan

Source: liputan6.com
‎Data Kartu Kredit Diintip Pajak, Roda Bisnis Makin Suram

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mewajibkan industri perbankan untuk melaporkan data kartu kredit nasabah mulai akhir Mei 2016. Kebijakan tersebut akan semakin menyulitkan para pengusaha karena berdampak besar terhadap bisnis perusahaan.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Suryadi Sasmita mengungkapkan, saat ini kondisi dan iklim bisnis perusahaan sedang surut akibat perlambatan ekonomi dunia maupun nasional. Perusahaan atau industri besar mengalami penurunan pendapatan, bahkan kerugian.

"Industri besar ruginya makin besar. Kalau usaha kecil menengah stabil, tidak rugi. Yang berat ini industri besar, misalnya supermarket keuntungannya cuma satu persen sekarang. Kena gejolak sedikit saja, langsung turun," ujarnya di Gedung DPR RI,Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Baca Juga

  • Bankir Tak Takut Ditjen Pajak Intip Data Kartu Kredit Nasabah
  • OJK dan BI Diminta Bikin Aturan DJP Intip Transaksi Kartu Kredit
  • Buka Data ke Pajak, Bank Harus Taat UU Kerahasiaan Nasabah

Source: liputan6.com
Menperin: Galangan Kapal RI Harus Dukung Sektor Migas

Liputan6.com, Jakarta Industri galangan kapal di Indonesia tengah dikembangkan demi mendukung poros maritim. Selain itu, galangan kapal RI juga harus mendukung sektor minyak dan gas tanah air.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, industri galangan di dalam negeri telah mampu menangani kebutuhan pembangunan, perawatan dan pemeliharaan armada kapal operasional migas. Kemampuan itu terus diperkuat demi menunjang produktivitas mengingat produksi migas bernilai strategis yang sangat tinggi bagi perekonomian nasional.

"Kita optimistis, industri galangan kapal nasional mampu mendukung aktivitas produksi migas. Maka saya minta dan ingatkan lagi agar kapal yang melakukan aktivitas di sektor migas direparasi di galangan dalam negeri, mungkin di Batam atau lokasi lain," ujar dia di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Baca Juga

  • Kapal Produksi RI Diekspor ke Filipina
  • Industri Galangan Kapal Bakal Serap Banyak Tenaga Kerja
  • RI Makin Banyak Ekspor Kapal Laut dan Alas Kaki

Source: liputan6.com
Sektor Konstruksi Dorong Penguatan IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak menguat pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Pelemahan indeks kemarin tidak berlanjut pada perdagangan hari ini.

Pada penutupan perdagangan saham, Selasa (19/4/2016), IHSG naik 16,39 poin atau 0,34 persen ke level 4.881,93. Indeks saham LQ45 naik 0,32 persen ke level 847,64. Seluruh indeks saham acuan menghijau kecuali indeks saham Infobank15 melemah 0,59 persen ke level 513,06.

Ada sebanyak 159 saham menghijau sehingga mengangkat IHSG. Akan tetapi, 110 saham melemah sehingga menahan penguatan IHSG. 103 saham lainnya diam di tempat.

Transaksi perdagangan saham normal. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 243.400 kali dengan volume perdagangan saham 5,7 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 5,9 triliun.

Baca Juga

  • Bursa Saham Global Positif Angkat IHSG Naik Tipis
  • IHSG Berpotensi Menguat, Awasi Saham Pilihan Ini
  • IHSG Berpeluang Menguat

Source: liputan6.com
Dirjen Pajak: Tax Amnesty Bukan Hanya Soal Penerimaan Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Rancangan Undang-undang Pengampunan Pajak (RUU Tax Amnesty) masih menjadi polemik, terkait tujuannya untuk menarik harta kekayaan para konglomerat Indonesia di luar negeri. 

Pemerintah ingin pengampunan pajak berlaku karena melihat ribuan triliun rupiah uang orang Indonesia yang terparkir di negara lain dapat membawa berkah bagi perekonomian Indonesia bila berhasil ditarik.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi saat acara Diskusi Publik RUU Tax Amnesty bersama Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) menegaskan, pihaknya bukan melulu berpikir soal potensi penerimaan pajak yang dihasilkan dari tebusan tax amnesty.

Paling penting, menurut dia, program pengampunan pajak dapat menarik dana-dana orang-orang Indonesia di luar negeri.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro sebelumnya mengungkap, uang orang Indonesia yang disimpan di luar negeri mencapai lebih dari Rp 11.400 atau melampaui nilai Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2015.

Baca Juga

  • Apindo: Singapura Pakai Banyak Cara untuk Gagalkan Tax Amnesty RI
  • Khawatirkan Hal Ini, Pengusaha Pikir-pikir Ikut Pengampunan Pajak
  • Data Ditjen Pajak Lebih Lengkap Ketimbang Panama Papers

Source: liputan6.com
Di Markas PBB AS, Menkeu Bahas Pembiayaan Infrastruktur dan Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan International Moneter Fund (IMF) dan Bank Dunia, Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro selaku Chair of Joint World Bank/IMF Develompent Committee (DC Chair) menyampaikan dua hal penting. Fokusnya pada pembiayaan infrastruktur dan masalah perpajakan internasional.

Pembahasan tersebut disampaikan langsung di Sidang ECOSOC di Markas Besar PBB New York, Amerika Serikat. Sidang tersebut merupakan bentuk tindak lanjut dari pembahasan Addis Ababa Action Agenda (AAAA) khususnya di bidang pembiayaan pembangunan berkelanjutan.

Bambang mengatakan, posisi Asia Pasifik sangat penting mengambil peran dalam mendorong pembiayaan pembangunan berkelanjutan, yaitu pembiayaan infrastruktur dan kerja sama perpajakan internasional.

Baca Juga

  • Isu Panama Papers Jadi Sorotan di Pertemuan Negara G20
  • Menkeu Bambang, Orang RI Pertama Jadi Ketua Komite Bank Dunia
  • Bali Jadi Tuan Rumah Pertemuan Tahunan World Bank dan IMF di 2018

Source: liputan6.com
Asosiasi Industri Ramai-Ramai Tolak Pengenaan Cukai Botol Plastik

Liputan6.com, Jakarta - Rencana pemerintah mengenakan cukai pada kemasan botol plastik mendapat penolakan dari sejumlah asosiasi industri yang tergabung dalam Forum Lintas Asosiasi Industri Produsen dan Pengguna Plastik.

Juru Bicara Forum Lintas Asosiasi Industri Produsen dan Pengguna Plastik Rachmat Hidayat mengatakan, pengenaan cukai plastik berpotensi mendorong tingkat inflasi.

Itu karena harga jual produk dengan kemasan plastik akan semakin meningkat dan otomatis konsumen harus mengeluarkan uang lebih besar untuk membeli produk tersebut. Dengan demikian, pada akhirnya juga akan berdampak pada penurunan daya beli masyarakat.

Dia mengingatkan, berdasarkan kajian dari Lembaga Penelitian Ekonomi dan Manajemen Universitas Indonesia (UI), apabila harga minuman dinaikkan 1 persen maka akan terjadi penurunan permintaan sebesar 1,7 persen.

"Bagi industri pengguna plastik akan terjadi kenaikan biaya produksi dan pada akhirnya menurunkan permintaan. Pengenaan cukai akan membebani konsumen karena harga jual produknya naik, sehingga menurunkan daya beli," ujar dia di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Baca Juga

  • Botol Plastik Kena Cukai Bakal Picu Minuman Impor Marak
  • Pengusaha Tolak Rencana Pengenaan Cukai Botol Plastik
  • Komentar Bos Indofood soal Rencana Cukai untuk Kemasan Plastik

Source: liputan6.com
Pengusaha RI-Inggris Jalin Kerja Sama Senilai US$ 3,25 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Indonesia yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) bakal melakukan kerja sama dengan pengusaha Inggris di berbagai sektor. Nilai kerja sama keduanya mencapai US$ 3,25 miliar.

Kerja sama tersebut bakal tertuang dalam penandatanganan nota bisnis antara Kadin dengan para pelaku usaha di Inggris. Ini juga salah satu bagian dari rangkaian kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Eropa.

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani mengatakan, hal itu akan dilangsungkan pada gelaran Business Forum yang dilaksanakan di Mandarin Oriental Hotel Hyde Park,  London, Inggris pada Rabu waktu Inggris.

Baca Juga

  • Ini Tanggapan Kadin Indonesia soal Panama Papers
  • Pemerintah Diminta Beri Insentif ke Industri Ekonomi Digital
  • Kadin Minta Paket Kebijakan Lebih Fokus ke Pengentasan Kemiskinan

Source: liputan6.com
Saingi KFC, Menteri Rini Ingin Ada Restoran Puyuh di Sukabumi

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno terus mendorong BUMN untuk membantu menciptakan jumlah wirausaha di Indonesia.

Khususnya di Sukabumi, Jawa Barat, Rini ingin ada rumah makan cepat saji layaknya KFC.‎ Hanya saja bahan makanan yang digunakan bukan dari ayam, melainkan dari burung puyuh.

"Marilah kita bikin Sukabumi gerai yang tidak kalah dengan KFC, mencetak pengusaha puyuh yang baru dan tidak hanya di Sukabumi, bisa juga di Banten," kata Rini di Sukabumi, Selasa (19/4/2016).

Baca Juga

  • Bentuk Holding BUMN, Menteri Rini Tak Perlu Lapor DPR
  • PNM Diminta Fokus Dukung UKM Hadapi Pasar Global
  • BRI Kini Punya Susunan Direksi Baru

Source: liputan6.com
Data Orang Kaya RI yang Ikut Tax Amnesty Dijamin Aman
Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjamin keamanan data para orang kaya Indonesia yang bersedia ikut serta dalam program Pengampunan Pajak (tax amnesty). Data peserta tax amnesty akan menjadi rahasia petugas pajak, terutama dari tindak pidana lain.  
Source: liputan6.com
Jokowi: Reformasi Ekonomi Terus Berjalan

Liputan6.com, Jakarta - Pelemahan ekonomi global berdampak pada banyak negara termasuk Indonesia. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis kondisi ini bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk bangkit menggenjot pertumbuhan dan melakukan reformasi ekonomi.

Hal ini disampaikan Presiden ketika memberikan sambutan pada pertemuan dengan pimpinan lembaga keuangan internasional di Grosvenor House pada Selasa (19/4/2015).

"Pelemahan yang terjadi justru menjadi peluang bagi kami untuk melakukan reformasi ekonomi. Memang ada yang setuju dengan reformasi dan tidak sedikit yang menolaknya. Tapi kami tegaskan bahwa reformasi harus berjalan dan terus berjalan," kata Presiden yang akrab disapa Jokowi ini dalam keterangannya.

Baca Juga

  • Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,1 Persen di 2016
  • Bank Dunia: Tiongkok Jadi Penahan Pertumbuhan Ekonomi Asia Timur
  • Program Nawacita Harus Sesuaikan Perekonomian Terkini

Source: liputan6.com