Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Sabtu, 23 April 2016
Hati-hati! 4 Hal Ini Bisa Bikin Anda Tambah Miskin

Liputan6.com, Jakarta - Permasalahan keuangan merupakan satu hal yang paling sering dihadapi banyak orang. Mulai dari remaja hingga orang dewasa masih sulit untuk mengurus urusan finansial dengan benar.

Tidak heran kalau beberapa kebiasaan justru dapat membuat mereka semakin miskin. Alih-alih mampu untuk mengumpulkan uang yang banyak, banyak orang yang justru terhambat dengan kondisi yang itu-itu saja.

Lalu apa saja kebiasaan yang dapat membuat Anda tambah miskin? Melansir Cheatsheet.com, Sabtu (23/4/2016) berikut beberapa halnya:

1. Habiskan banyak uang untuk rumah

Memiliki rumah idaman merupakan impian banyak orang. Siapa yang tidak ingin untuk memiliki rumah bertingkat dengan berbagai fasilitas menarik di dalamnya.

Namun siapa sangka, mengeluarkan uang terlalu banyak untuk rumah ternyata dapat merugikan Anda. Daripada menghabiskan uang Anda untuk memoles rumah menjadi sangat bagus, Anda dapat memanfaatkan uang tersebut demi kebutuhan investasi yang lebih penting.

2. Menimbun utang

Utang merupakan permasalahan besar dalam urusan finansial. Banyak orang yang menghabiskan sebagian besar penghasilannya untuk membayar utang dan kartu kredit. Apabila Anda tidak mau terjebak miskin terus menerus, maka Anda harus menghindari hal ini.


Source: liputan6.com
Selain Soal Ekonomi, Ini Misi yang Dibawa Jokowi ke Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke beberapa negara di Eropa ternyata memiliki banyak agenda besar. Selain memiliki misi besar untuk mengajak kerja sama dalam bidang perekonomian negara-negara di Eropa, kunjungan Jokowi kali ini juga membahas satu isu yang juga tak kalah penting.

Mengutip CNBC, Sabtu (23/4/2016) pendiri organisasi think tank Australia Colin Chapman mengatakan bahwa Presiden Jokowi juga akan membahas isu terorisme.  Jokowi mengajak para kepala negara Eropa untuk memerangi terorisme.  “Kekhawatiran utama tentu masalah terorisme”ungkap dia.

Baca Juga

  • Jokowi Cerita Nasib Garuda Nyaris Bangkrut ke CEO Negara Nordik
  • Jokowi Presiden RI Pertama Kunjungi Belanda Setelah 16 Tahun
  • Presiden Jokowi Bangga, Karya Desainer Indonesia Hadir di London

Source: liputan6.com
Ingin Berhenti Kerja Lalu Keliling Dunia? Begini Strateginya

Liputan6.com, Jakarta - Anda punya mimpi keliling dunia? Jangan tunggu sampai umur 40an apalagi 50-an. Semakin tua, fisik semakin lemah.  Lagipula tidak ada yang bisa menjamin kesehatan akan tetap prima pada usia tua.

Namun rutinitas kerja yang padat, kebutuhan yang semakin bertambah seiring bertambahnya usia, ditambah jatah cuti yang sedikit membuat banyak orang mengubur dalam-dalam keinginan untuk keliling dunia.

Padahal beberapa orang telah membuktikan mereka benar-benar bisa mewujudkan mimpi keliling dunia. Lantas bagaimana strateginya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Sabtu (23/4/2016)?

1. Memiliki tabungan berjangka/rencana

Merasa kesulitan menabung untuk dana traveling? Cobalah membuat tabungan berjangka/rencana. Tabungan ini akan melakukan debet otomatis setiap bulan dan baru bisa diambil dalam jangka waktu 1-10 tahun sesuai kesepakatan awal dengan bunga 3-4 persen.

Baca Juga

  • Jumlah Tabungan yang Mesti Disiapkan Jika Ingin Berhenti Kerja dan Mulai Berbisnis
  • Dijamin Sejahtera Kalau Kamu Kerja di 5 Negara Termakmur di Dunia Ini
  • Kenapa Hemat Tidak Sama dengan Pelit? Ini Jawabannya

Source: liputan6.com
Berulang Tahun ke-90, Berapa Kekayaan Ratu Elizabeth II?

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ratu Elizabeth II pasti tidak asing di telinga masyarakat dunia. Selama 64 tahun, wanita ini telah diberi mandat untuk menjadi kepala negara di Inggris sejak dikukuhkan pada 6 Februari 1952.

Meski telah berkuasa di wilayah Inggris selama lebih dari 50 tahun, kekayaan Ratu Elizabeth ternyata tidaklah sebanyak para miliarder dunia. Sebagian besar kekayaan tersebut ternyata juga merupakan aset negara.

Melansir CNNMoney, Jumat (22/4/2016), kekayaan Ratu Elizabeth ternyata mencapai US$ 490 juta atau setara dengan Rp 6,44 triliun. Angka tersebut masih lebih kecil apabila dibandingkan dengan kekayaan dari orang-orang terkaya dunia.

Miliarder dunia seperti Liliane Bettencourt memiliki kekayaan yang lebih besar. Pendiri dari perusahaan kosmetik L’Oreal ini memiliki kekayaan hingga US$ 40 miliar atau Rp 526,3 triliun. Jauh lebih banyak dengan yang dimiliki Ratu Elizabeth.

Akan tetapi, Ratu Elizabeth tetap dapat mengandalkan hartanya dari sumber pendapatan yang lain. Wanita yang berulang tahun ke-90 ini dikabarkan memperoleh pendapatan dari tiga sumber utama yaitu Sovereign Grant, Privy Purse dan gaji bulanan.

Sovereign Grant merupakan akun bank yang dapat diberikan untuk menanggung beberapa keperluan ratu. Seperti kebutuhan perjalanan, keamanan dan barang-barang yang diperlukan selama bertugas. Besaran dari Sovereign Grant mencapai US$ 35,7 juta atau Rp 469,7 miliar.

Selain Sovereign Grant, Ratu Elizabeth juga dapat mendapat kekayaan tambahan dari Privy Purse. Berbeda dengan Sovereign Grant, keuntungan yang ia dapat dari Privy Purse biasanya digunakan untuk sesuatu yang jauh berbeda.

Uang yang digunakan di Privy Purse biasanya ia gunakan untuk membiayai kebutuhan pribadi. Termasuk diantaranya adalah biaya yang harus dibayarkan untuk para anggota keluarga kerajaan.

Besaran kekayaan yang dapat didapat dari Privy Purse mencapai US 22,6 juta atau setara dengan Rp 297 miliar.


Source: liputan6.com
Menengok Kebiasaan Nyentrik Para Miliarder

Liputan6.com, Jakarta - Bagi miliarder memiliki banyak uang dapat membeli apa saja yang diinginkan. Dengan memiliki banyak uang mereka juga dapat melakukan apa yang diinginkannya.

Akan tetapi, kadang mereka juga menghabiskan uangnya untuk sesuatu yang tidak perlu. Bahkan mereka juga mendapatkan sesuatu dengan cara lain meski sudah memiliki banyak uang.

Di sisi lain, miliarder itu juga memiliki hal aneh yang dilakukannya. Contohnya hal dilakukan CEO Amazon.com Jeff Besos.

Dia termasuk jajaran orang kaya di dunia dan sukses menghabiskan uang untuk membuat jam raksasa jutaan dolar Amerika Serikat (AS). Ia menilai, jam itu tak akan mati hingga ribuan tahun ke depan.

Ingin tahu hal aneh lainnya yang dilakukan miliarder? Yuk simak artikel ini yang dikutip dari My First Class Life pada Sabtu (23/4/2016):

1. Mark Zuckerberg

Senyum pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg saat akan memberikan sambutan pada ajang Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol, Senin (22/2). (REUTERS/Albert Gea)

Siapa yang tak kenal anak muda yang sukses ini. Penemu Facebook ini pada dasarnya adalah orang normal. Namun Zuckerberg punya kebiasaan aneh.

Anak muda yang tak lulus kuliah dari Harvard ini adalah seorang vegetarian sehari-harinya. Dia jarang sekali makan daging. Dia mengaku hanya akan makan daging jika dia sendiri yang membunuhnya dengan kedua tangannya.


Source: liputan6.com
Mau Jadi Orang Kaya? Lakukan 7 Hal Ini Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta - Harus ada usaha dan pengorbanan yang dijalankan apabila Anda ingin menjadi orang yang sukses dalam hidup.

Hampir semua miliarder sukses dunia memiliki perjalanan hidup yang tidak mudah. Mereka rela menerjang halangan yang datang demi mencapai tujuan yang mereka inginkan.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan agar mampu mencapai tujuan menjadi miliarder adalah dengan mengubah kebiasaan sehari-hari. Apa saja kebiasaan yang dapat dilakukan agar bisa menjadi miliarder?

Melansir Entrepreneur.com, Sabtu (23/4/2016) berikut ulasannya:

1. Terus belajar

Belajar bukan hanya didapat dari buku dan bangku pendidikan formal. Belajar juga dapat didapat dari berdiskusi dan bertukar pikiran dengan orang banyak. Mereka yang mampu sukses dalam hidup adalah mereka yang bisa memanfaatkan waktunya dengan bijak untuk senantiasa belajar.

 

Baca Juga

  • Punya Sifat Ini? Siap-siap Anak Anda Jadi Miliarder
  • Orang Berzodiak Ini Paling Banyak Jadi Miliarder
  • Gaji Rp 4 Juta Bisa Punya Rumah? Ini Caranya

Source: liputan6.com
Simak 7 Risiko yang Membayangi Pemilik Kendaraan Pribadi

Liputan6.com, Jakarta - Saat akan membeli mobil, kebanyakan orang hanya fokus memikirkan harganya saja.
Padahal, ada hal lain yang tidak kalah penting untuk dipikirkan seperti sejumlah risiko yang bisa saja Anda alami.

Karena risiko-risiko tersebut, Anda bisa saja harus mengeluarkan uang banyak agar mobil pribadi masih nyaman digunakan.

Nah, untuk mengalihkan sejumlah risiko itu dari tanggungan, ada baiknya melindungi mobil pribadi dengan asuransi kendaraan.

Anda pun bisa mengendarai mobil dengan nyaman tanpa dihantui pikiran tentang risiko yang mengancam. 

Baca Juga

  • Alasan Kenapa Kamu Harus Perpanjang Asuransi Kendaraan Meski Kredit Sudah Lunas
  • Salah Paham Mengenai Asuransi Kendaraan yang Sering Terjadi
  • Kena Begal, Apakah Asuransi Kendaraan Menanggung Klaimnya?

Source: liputan6.com
4 Tanda Anda Harus Pensiun Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki alasannya tersendiri ketika bekerja. Selain mencari penghasilan, mereka juga memanfaatkan pekerjaan tersebut untuk meningkatkan kemampuan yang mereka punya. Namun akan ada masa ketika seorang pegawai harus pensiun.

Banyak orang yang sibuk berkutat dengan pekerjaannya di selama bertahun-tahun hingga mereka lupa mempersiapkan diri untuk masa pensiun. Sebagian dari mereka pun tidak tahu apa yang menjadi tanda-tanda mereka harus pensiun.

Melansir ehow.com, Sabtu (23/4/2016) berikut ulasannya:

1. Gangguan kesehatan

Banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan di usia lanjut. Gangguan kesehatan tersebut pun akhirnya dapat mengganggu produktivitas.

Apabila hal ini sudah Anda rasakan, maka mungkin sudah saat yang tepat bagi Anda untuk memikirkan masa pensiun.

2. Rasa bosan

Bosan ketika bekerja merupakan hal yang biasa terjadi. Pekerjaan yang dikerjakan berulang-ulang pasti akan menimbulkan rasa bosan yang besar.

Satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati rasa bosan yang sangat besar adalah dengan beristirahat sejenak dari pekerjaan Anda.


Source: liputan6.com
Zodiak Mana yang Paling Bersinar Tahun Ini, Cek di Sini!

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang tentu ingin sukses baik dalam karier, keuangan dan asmara. Namun, hal itu tak dapat diraih dengan mudah.

Tak sedikit orang yang penasaran bagaimana nasibnya akan berputar sepanjang tahun ini.Tak jarang, ramalan zodiak kerap kali dipakai sebagai salah satu petunjuk.

Berikut ramalan karier dan keuangan Anda di 2016 seperti dilansir dari New York Daily News, Sabtu (23/4/2016):

1. Aries

Karier:

Ini merupakan tahun di mana Anda bisa merealisasikan berbagai mimpi Anda. Kerja keras dan dedikasi pada perusahaan akhirnya terbayar.

Baca Juga

  • Cek Pekerjaan yang Cocok dengan Zodiak Anda
  • Menerawang Peruntungan Zodiak Anda di April 2016
  • Orang Berzodiak Ini Paling Banyak Jadi Miliarder

Source: liputan6.com
Wall Street Ditutup Mendatar di Akhir Pekan

Liputan6.com, New York - Wall Street berakhir datar pada penutupan perdagangan di akhir pekan ini, setelah laporan kuartalan Microsoft dan Alphabet menunjukan kinerja yang mengecewakan dan mendorong turun saham teknologi. Di sisi lain, lonjakan harga minyak ikut mengangkat saham energi.

Melansir laman Reuters, indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,12 persen menjadi 18.003,75 poin. Sementara indeks S&P 500 ditutup flat di 2.091,58 poin. Indeks Nasdaq Composite turun 0,8 persen menjadi 4.906,23 poin, yang mencerminkan adanya aksi jual di saham teknologi.

Delapan dari 10 sektor besar pada indeks S&P naik, dengan kenaikan saham energi hingga 1,33 persen. Untuk minggu ini, indeks Dow naik 0,6 persen, S&P 500 naik 0,5 persen dan Nasdaq kehilangan 0,6 persen.

Penurunan indeks sektor energi S&P hingga 1,9 persen, merupakan penurunan terburuk sejak awal Februari. Di mana, saham Facebook turun 2,5 persen dan Intel jatuh 1,03 persen.

Baca Juga

  • Sentimen Global Positif Dorong IHSG Sentuh 4.903
  • IHSG Menguat Ikuti Bursa Asia dan Wall Street
  • Sepi Sentimen, IHSG Melemah Tipis

Source: liputan6.com
Keyakinan Soal Pasokan Picu Harga Minyak Naik

Liputan6.com, New York - Harga minyak mentah dunia naik di akhir pekan ini, dipicu sentimen pasar yang lebih optimis di tengah tanda-tanda kemungkinan berkurangnya kekenyangan pasokan minyak global.

Konsumsi bensin yang kuat di Amerika Serikat, meningkatkan tanda-tanda penurunan produksi di seluruh dunia dan pemadaman ladang minyak padam telah mendukung kembali investasi di sektor ini, menurut para pedagang.

Melansir laman Reuters, Sabtu (23/4/2016), minyak berjangka Brent mengakhiri sesi dengan naik 1,3 persen menjadi US$ 45,11 per barel. Sementara minyak mentah AS West Texas Intermediate ditutup naik 1,3 persen menjadi US$ 43,73 per barel.

Kedua kontrak minyak tersebut melonjak sebanyak 3 persen selama sesi perdagangan. Meski laju harga ini dibatasi aksi profit taking menjelang akhir pekan.

"Laju (harga minyak) saat ini didorong oleh sentimen pasar yang semakin yakin bahwa yang terburuk sudah berakhir dan proses rebalancing pasar minyak dunia sudah bermain," kata Dominick Chirichella, Partner Senior di Institut Manajemen Energi di New York.

Baca Juga

  • OPEC Gagal Sepakati Pembekuan Picu Harga Minyak Naik
  • Stabilnya Pasokan Minyak Tergantung Situasi Iran
  • Kesepakatan Doha Gagal, Harga Emas Naik Tipis

Source: liputan6.com
Harga Emas Meredup di Akhir Pekan

Liputan6.com, New York - Harga emas dunia turun lebih dari 1 persen di akhir pekan ini, dipicu penguatan dolar terhadap yen dan euro, yang menempatkan logam mulia berada pada jalur kerugian mingguan kedua berturut-turut.

Harga emas turun 1,3 persen menjadi US$ 1.232,66 per ounce, di bawah posisi tertinggi dalam lima minggu pada Kamis yang sebesar US$ 1.270,10 per ounce. Sementara harga kontrak emas berjangka AS untuk pengiriman Juni turun 1,6 persen menjadi US$ 1.230 per ounce.

Dolar menguat 2 persen terhadap yen dipicu spekulasi Bank of Japan yang sedang mempertimbangkan untuk menerapkan tarif negatif terkait program pinjaman untuk lembaga keuangan.

"Setelah lima minggu, harga emas pada kemarin dan hari ini mengalah pada kekuatan dolar terhadap yen dan euro," kata Kepala Analis ActivTrades Carlo Alberto de Casa melansir laman Reuters, Sabtu (23/4/2016).

Baca Juga

  • Pelemahan Dolar AS Angkat Harga Emas
  • 4 Cara Terbaik Untuk Investasi Emas
  • Kesepakatan Doha Gagal, Harga Emas Naik Tipis

Source: liputan6.com
Penumpang Bandara Megah di Sorong Diprediksi Naik 3 Kali Lipat

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Domine Eduard Osok (DEO) di Sorong, Papua Barat kini tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Kini bandara tersebut telah berubah menjadi megah dan modern serta didukung fasilitas yang yang tak kalah dengan bandara di kota-kota besar.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I DEO Paryono mengatakan, dengan adanya perubahan ini, dirinya memprediksi jumlah penumpang di bandara ini akan mengalami peningkatan 2-3 kali lipat. "Nanti bisa 2-3 kali lipatnya," ujar dia di Sorong, Papua Barat, seperti ditulis Sabtu (23/4/2016).

Paryono menjelaskan, saat ini rata-rata jumlah penumpang Bandara DEO sebesar 750 ribu per tahun. Meski angka tersebut kalah jauh dibandingkan dengan jumlah penumpang bandara di kota-kota besar. Namun dia optimis secara perlahan semakin banyak penumpang yang menuju atau transit di bandara ini.

Baca Juga

  • Punya Bandara Megah, Wisata Papua Makin Menggeliat
  • Pengembangan Bandara DEO Sorong Bikin Tiket Pesawat Makin Murah
  • Sempat Jadi Tempat Sapi Cari Rumput, Bandara Ini Kini Megah

Source: liputan6.com
Pengusaha Minta Kebijakan Tax Amnesty Dibuat Lebih Menggoda

Liputan6.com, Jakarta - Pembahasan kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) masih terus berlangsung di Badan Legislasi. Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jaya Rama Datau sangat mendukung pemberlakuan tax amnesty.

Namun, dia meminta pemerintah membuat kebijakan ini lebih menarik sehingga sukses pada akhirnya. “Bagaimana mau optimal, jika masih ada celah temuan ketidakadilan, maka orang-orang tak jadi minat ikut tax amnesty. Ibarat bikin menu itu ya harus menggoda dan menggugah selera kita agar orang tertarik untuk beli atau nyobain,” jelas dia dalam keterangannya, Sabtu (23/4/2016).

Selain itu, ia menekankan kalau aturan itu dibuat tak hanya mengkhususkan pemulangan dana (repatriasi) dari luar negeri semata lantaran besarnya potensi yang masuk. Melainkan juga terfokus potensi dana dalam negeri juga yang ada di depan mata.

“Jangan sampai terlalu terfokus dan terlalu memanjakan dana dari luar negeri semata lantas mengesampingkan dana dari dalam negeri. Bisa-bisa dana dalam negeri nilainya sebenarnya bisa dioptimalkan, tapi malah tak optimal atau minim perolehannya. Kan lumayan besar juga potensinya buat tambahan pemasukan pajak,” dia melanjutkan.

Baca Juga

  • Tax Amnesty Bisa Bikin RI Kalahkan Jepang dan Korea
  • Negara Surga Pajak Bisa Kolaps
  • Tax Amnesty Jadi Penopang Pembiayaan Pembangunan

Source: liputan6.com
Pemerintah Siap Buktikan RI Layak Dapat Rating Investment Grade

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mempunyai harapan besar agar lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor`s (S&P) mengganjar Indonesia dengan rating Investment Grade. Terakhir kali, outlook peringkat Indonesia dari S&P adalah positif dari sebelumnya stabil.

Harapan ini muncul saat Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo bertemu tiga lembaga rating internasional, yakni S&P, Fitch, dan Moody`s beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Suahasil Nazara mengatakan secara umum faktor kunci penilaian dari lembaga rating tersebut di antaranya meliputi risiko politik, struktur ekonomi, dan pendapatan.

Penilaian yang lainnya mencakup prospek pertumbuhan ekonomi, fleksibilitas fiskal, beban utang pemerintah, contingent liabilities, kebijakan moneter, likuiditas eksternal, dan beban utang.

Baca Juga

  • Menkeu Beberkan Alasan Moody`s Kukuhkan Peringkat Investasi RI
  • Moody`s Kembali Beri Peringkat RI Layak Investasi
  • Tingkat Investasi RI Diprediksi Naik

Source: liputan6.com
Dapat Kontrak Pengadaan 188 Kapal, Industri Kembali Bergairah

Liputan6.com, Jakarta - Kontrak pengadaan 188 unit kapal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diharapkan mampu kembali menggairahkan industri galangan kapal nasional. Kontrak berdurasi 3 tahun, yaitu 2015-2017 ini sebagai salah satu upaya pemerintah dalam rangka mempercepat kemandirian industri galangan kapal nasional.

Komisaris Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Soerjono menjelaskan, sejak akhir tahun lalu pemerintah melalui Kemenhub telah melakukan kontrak pengadaan kapal baru berjumlah 188 unit dengan nilai mencapai Rp 11,840 triliun. Proyek multi years ini dilakukan untuk mewujudkan tol laut dalam program Poros Maritim Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini sekaligus sebagai pembangunan kapal terbanyak dan bersejarah yang pernah dilakukan oleh bangsa Indonesia," ujar dia di Jakarta, Sabtu (23/4/2016).

Menurut Soerjono, langkah pemerintah tersebut perlu diapresiasi. Hal ini mengingat situasi perkapalan di dunia sedang terpuruk. Sedangkan di Indonesia tengah ada program untuk menggalakkan transportasi laut yang kompetitif.

Baca Juga

  • Menperin: Galangan Kapal RI Harus Dukung Sektor Migas
  • Antisipasi Mudik Lebaran, ASDP Bakal Operasikan Kapal Besar
  • Rizal Ramli Bakal Bagikan 3.500 Kapal Canggih Buat Nelayan

Source: liputan6.com
Bandara DEO Sorong Ditarget Jadi Tempat Transit Utama di Papua

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Domine Eduard Osok (DEO) di Sorong kini telah memiliki penampilan baru. Bandara yang sebelumnya sempit dan tidak tertata telah berubah menjadi lebih megah dan modern.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas I DEO Paryono mengatakan, dengan perubahan serta adanya penambahan fasilitas bandara, maka ke depannya sarana infrastruktur tersebut diharapkan tak hanya menjadi bandara tujuan saja, tetapi juga lokasi transit yang ramai.

Paryono menjelaskan, selama ini jika ingin menuju wilayah pedalaman Papua Barat dan Papua, kebanyakan maskapai transit di Bandara Hasanuddin, Makassar. Padahal jika transit di Bandara DEO, jarak ke wilayah pedalaman Papua akan lebih dekat.

Baca Juga

  • Punya Bandara Megah, Wisata Papua Makin Menggeliat
  • Pengembangan Bandara DEO Sorong Bikin Tiket Pesawat Makin Murah
  • Sempat Jadi Tempat Sapi Cari Rumput, Bandara Ini Kini Megah

Source: liputan6.com
Permintaan Kadin Terkait Perjanjian Kerjasama Ekonomi dengan UE

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha mendukung upaya pemerintah terkait perundingan Comprehensive Economic Partnership Agreement dengan Uni Eropa (IEU CEPA). Perjanjian kerjasama ekonomi ini dinilai akan akan membawa banyak dampak positif bagi Indonesia.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani mengaku berharap perjanjian kerjasama ini bisa diimplementasikan pada 2018. Indonesia pun telah siap untuk menjalankan perjanjian kerjasama ekonomi dengan Uni Eropa tersebut.

‪"Indonesia sangat siap menerapkan CEPA. Kesiapan ini menjadi sinyal  positif yang disampaikan kepada dunia internasional terkait peningkatan kompetensi dan keterbukaan ekonomi Indonesia," ujar dia di Jakarta, Sabtu (23/4/2016).

Menurut Rosan, Indonesia sebagai bagian dari ekonomi global tidak bisa menghindar dari perkembangan perjanjian kerjasama ekonomi dan kompetisi global. Indonesia justru harus memanfaatkan kerjasama semacam ini untuk mendorong kemajuan ekonomi nasional.

Baca Juga

  • Jadi Pusat Teknologi di Eropa, Kadin Rayu Belgia Investasi di RI
  • RI Bakal Mulai Negosiasi Kerja Sama Ekonomi dengan Uni Eropa
  • Jokowi: Reformasi Ekonomi Terus Berjalan

Source: liputan6.com
Reaksi Pengusaha Angkutan Soal Rencana Ojek untuk Dilegalkan

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha angkutan yang tergabung dalam Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta menyayangkan adanya rencana untuk melegalkan moda transportasi roda dua seperti ojek.

Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan mengingatkan jika pada hakikatnya kendaraan roda dua atau sepeda motor bukan kendaraan massal. Selain itu, tingkat keselamatan kendaraan jenis ini juga sangat rendah.

"Soalnya di samping cuma bisa mengangkut 1 orang, tingkat keselamatannya kan sangat rendah. Itu makanya tidak diakomodir menjadi angkutan umum," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (23/4/2016).

Selain itu, lanjut Shafruhan, sepeda motor merupakan kendaraan untuk jarak dekat. Oleh sebab itu tidak layak jika digunakan sebagai kendaraan umum untuk mengangkut penumpang.

Baca Juga

  • Pemerintah Bakal Legalkan Ojek?
  • Kementerian Perhubungan Bakal Atur Gojek dan Taksi Uber
  • GoJek Kini Layani Antar Produk BBM Pertamina

Source: liputan6.com
Presiden Banggakan Ekonomi RI di Depan Pengusaha Belanda

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Forum Bisnis Indonesia-Belanda di Grand Hotel Amrath Kurhaus, Den Haag, Belanda. Ini dilakukan usai melakukan blusukan di Port of Rotterdam pada Jumat (22/4/2016) waktu setempat.

Saat memberikan pidato kunci di forum ini, Presiden mengungkapkan di tengah goncangan yang melanda dunia, dengan hampir seluruh pasar kapital dunia mengalami kejatuhan serta pasar minyak mentah yang terganggu, Indonesia menunjukkan ketahanan melalui pertumbuhan ekonomi yang mengejutkan.

Presiden mengungkapkan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia tumbuh mencapai 5,03 persen di kuartal keempat di 2015.

Pertumbuhan ekonomi tersebut, menurut Presiden Jokowi, dapat dicapai karena Indonesia memiliki dua mesin pertumbuhan, yakni pembangunan infrastruktur dan investasi.

Baca Juga

  • Ke Rotterdam, Jokowi Kunjungi Pelabuhan Terbesar di Dunia
  • Jokowi: Reformasi Ekonomi Terus Berjalan
  • Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,1 Persen di 2016

Source: liputan6.com
RI-Belanda Sepakati Perjanjian Bisnis Senilai Rp 8 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dan Belanda menyepakati empat kesepakatan bisnis senilai total US$ 606 juta atau setara Rp 8,01 triliun. Penandatanganan kesepakatan tersebut digelar dalam forum bisnis kedua negara di Den Haag pada Jumat (22/4/2016).

Ini masuk dalam rangkaian kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Eropa. Salah satunya ke Belanda.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyambut positif empat kesepakatan tersebut. Hal ini lantaran terkait dengan investasi sehingga dapat memberikan dampak ganda terhadap perekonomian.

"Kesepakatan ini menguatkan posisi Belanda sebagai negara sumber investasi utama. Sekaligus hal ini sesuai dengan upaya pemerintah menjadikan investasi sebagai salah satu penggerak ekonomi," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (23/4/2016).

Baca Juga

  • Di Belgia, Kepala BKPM Temui 15 Pimpinan Perusahaan
  • Investasi Belgia Diharapkan Melesat di RI
  • Di Hadapan Putri Belgia, Deddy Mizwar Promosi Investasi Jabar

Source: liputan6.com
Beli Lazada, Pemain e-Commerce ASEAN Atur Strategi Hadapi Alibaba

Liputan6.com, Jakarta - Langkah Alibaba mengakuisisi Lazada dinilai sebagai salah satu upaya perusahaan e-commerce asal Tiongkok tersebut untuk masuk ke pasar ASEAN. Selama ini, pasar di kawasan Asia Tenggara memang dikenal sangat besar dan paling potensial untuk pengembangan e-commerce.

Juru Bicara Asosiasi e-Commerce Vietnam (VECOM) Nguyen Hoa Binh mengatakan, selama ini Lazada telah beroperasi di 6 negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Langkah Alibaba ini menjadi ancaman sekaligus tantangan baru bagi pemain e-commerce di ASEAN.

"Dengan strategi yang kami sebut People’s War, bila Jack Ma (CEO Alibaba) menganalogikan Alibaba sebagai seekor buaya di Sungai Yangtze, kami akan menjadi sekelompok piranha untuk berkompetisi dengan Alibaba secara imbang," ujar dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (23/4/2016).

Baca Juga

  • UANGPEDIA: Dongkrak Potensi UKM Lewat E-Commerce
  • Asosiasi E-Commerce Minta Kejelasan Aturan Pajak
  • Kemenkeu Gandeng Kominfo untuk Kejar Pajak E-Commerce

Source: liputan6.com
Pengusaha: Bila Ojek Dilegalkan Itu Kemunduran Bagi RI

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha yang tergabung dalam Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta menilai rencana untuk melegalkan moda transportasi roda dua atau yang disebut ojek, menjadi angkutan umum merupakan satu kemunduran bagi sektor transportasi di Indonesia.

"Kalau itu diatur, ini negara malah mengalami kemunduran, bukan justru maju. Di Afrika saja tidak mengatur seperti itu," ujar Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (23/4/2016).

Shafruhan menjelaskan, negara-negara di dunia tidak ada satu pun yang melegalkan sepeda motor menjadi angkutan umum. Jika pemerintah melegalkan, maka Indonesia menjadi negara pertama yang melakukan hal tersebut. Dan hal ini dinilai bukan sesuatu yang positif.

"Ada nggak di dunia ini yang mengatur sepeda motor jadi kendaraan umum?. Di dunia ini tidak ada satu negara pun yang melegalkan sepeda motor," kata dia.

Menurut dia, pemerintah seharusnya serius dalam membangun dan menyediakan angkutan massal bagi masyarakatnya. Bukan malah mengakomodir pihak-pihak yang ingin melegalkan moda transportasi ini.

Baca Juga

  • Reaksi Pengusaha Angkutan Soal Rencana Ojek untuk Dilegalkan
  • Pemerintah Bakal Legalkan Ojek?
  • Kementerian Perhubungan Bakal Atur Gojek dan Taksi Uber

Source: liputan6.com
Top 3: Zodiak yang Paling Bersinar Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang yang penasaran bagaimana nasibnya akan berputar sepanjang tahun ini.Tak jarang, ramalan zodiak kerap kali dipakai sebagai salah satu petunjuk.

Kali ini laman Liputan6.com mengeluarkan artikel tentang zodiak yang paling bersinar di kanal bisnis. Artikel ini pun menuai perhatian pembaca di kanal ini. Selain zodiak, simak 3 berita paling dicari, Sabtu (23/4/2016):

1. Zodiak Mana yang Paling Bersinar Tahun Ini, Cek di Sini!

Semua orang tentu ingin sukses baik dalam karier, keuangan dan asmara. Namun, hal itu tak dapat diraih dengan mudah.

Tak sedikit orang yang penasaran bagaimana nasibnya akan berputar sepanjang tahun ini.Tak jarang, ramalan zodiak kerap kali dipakai sebagai salah satu petunjuk.

Berikut ramalan karier dan keuangan Anda di 2016 seperti dilansir dari New York Daily News, Sabtu (23/4/2016). Simak berita selengkapnya di sini!

2. Sadis, Demi Duit ISIS Jual Organ Tubuh Anggotanya

Kondisi perekonomian dunia yang melemah dan harga minyak yang rendah membuat kelompok radikal ISIS makin tersudut. Laporan yang dikeluarkan  media lokal bahkan menyebut bahwa demi mendapatkan uang, ISIS diduga membunuh anggotanya sendiri dan mengambil organ tubuhnya.

Organ tubuh tersebut kemudian dijual di pasar gelap demi mendapat uang yang mereka butuhkan.

Melansir laman Ibtimes, Jumat (22/4/2016), pendapatan kelompok radikal ini menurun 30 persen ke angka US$ 56 juta pada 2015. Untuk mengatasi permasalahan finansial tersebut, ISIS pun membunuh tentara yang terluka di Kota Mosul dan mengambil organ tubuhnya. Simak berita selengkapnya di sini!

3. Hati-hati! 4 Hal Ini Bisa Bikin Anda Tambah Miskin

Permasalahan keuangan merupakan satu hal yang paling sering dihadapi banyak orang. Mulai dari remaja hingga orang dewasa masih sulit untuk mengurus urusan finansial dengan benar.

Tidak heran kalau beberapa kebiasaan justru dapat membuat mereka semakin miskin. Alih-alih mampu untuk mengumpulkan uang yang banyak, banyak orang yang justru terhambat dengan kondisi yang itu-itu saja.

Lalu apa saja kebiasaan yang dapat membuat Anda tambah miskin? Melansir Cheatsheet.com, Sabtu (23/4/2016) berikut beberapa halnya. Simak berita selengkapnya di sini!


Source: liputan6.com
Tips Memenangkan Persaingan Kerja Ala Dino Patti Djalal

Liputan6.com, Jakarta - Di era globalisasi seperti sekarang, tenaga kerja Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan dan persaingan yang datang bukan hanya dari dalam negeri tetapi juga dari tenaga kerja asing?. Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Dino Patti Djalal berbagi tips cara memenangkan persaingan di dunia kerja.

Pertama, anak muda Indonesia harus lebih terbuka terhadap segala hal. Termasuk pada pendidikan teknologi. Sebab, semakin banyak pendidikan dan teknologi yang bisa dipelajari, maka semakin banyak hal yang bisa dijadikan senjata dalam menghadapi persaingan tenaga kerja.

"Pertama kita harus open minded," ujar dia dalam Supermentor 11 dengan tema Can You Win in The Coming Jobs War di Djakarta Theater Building, Sabtu (23/4/2016).

Baca Juga

  • 4 CEO Berbagi Tips Meraih Kesuksesan Bekerja di Acara Ini
  • Kisah Sukses Pemuda Tunanetra Jadi CEO Perusahaan Industri
  • Jokowi Cerita Nasib Garuda Nyaris Bangkrut ke CEO Negara Nordik

Source: liputan6.com
Manipulasi Uji BBM Terkuak, Saham Mitsubishi Terjun Bebas

Liputan6.com, Jakarta - Mitsubishi jatuh ke dalam skandal besar pada pekan ini. Ini setelah produsen otomotif asal Jepang tersebut diketahui memanipulasi standar efisiensi bahan bakar pada sekitar 625 ribu kendaraan. Para peneliti dari Kementerian Perhubungan Jepang bahkan langsung menyerbu pabrik terbesar kedua di negara tersebut pada Rabu.

Berita itu juga menyebabkan kepanikan di pasar saham Jepang. Pemegang saham bergegas menjual saham mereka dengan harga berapa pun. Banjir penjualan membuat pasar saham kewalahan.

Mengutip laman Marketwatch, seperti ditulis Sabtu (23/4/2016), kolumnis Brett Arends menggambarkan satu situasi yang kacau. Dengan begitu banyak investor yang panik dan mencoba keluar dari perdagangan saham secepat mungkin. Banyak investor terpaksa menjual, tanpa alasan atau harga.

Alhasil, saham Mitsubishi telah anjlok sepertiganya, dari 870 yen menjadi 583 yen, dalam dua hari. Jadi, secara teori, nilai pasar perusahaan telah jatuh dari US$ 7,8 miliar menjadi US$ 5,2 miliar,  menurut FactSet.

Baca Juga

  • Mitsubishi Mengaku Curangi Hasil Uji Efisiensi BBM
  • Mitsubishi Sewa Tim Investigasi Independen
  • KTB Buka Suara Soal Kasus Mitsubishi Jepang

Source: liputan6.com
CEO Bukalapak: Ada e-Commerce, Pasar Produk UKM Semakin Luas

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis jual beli online (e-commerce) kini tengah naik daun. Ini terjadi seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi. Hal tersebut yang coba dimanfaatkan CEO Bukalapak.com, Achmad Zaky, dengan membuka situs e-commerce lokal.

Zaky mengatakan, dengan jumlah penduduk yang besar, Indonesia menjadi pasar yang sangat menggiurkan bagi para pemain e-commerce baik lokal maupun global.

Selain itu, jumlah pelaku usaha khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia juga sangat besar. Namun sayang baru sebagian kecil UMKM yang bisa memasarkan produknya via online.

"Jumlah UMKM kita kan katanya 55 juta, tetapi hanya 1 juta yang jualan online. Ini sisanya harusnya bisa jualan online," ujar dia dalam Supermentor 11 dengan tema Can You Win in The Coming Jobs War di Djakarta Theater Building, Sabtu (23/4/2016).

Baca Juga

  • Tips Memenangkan Persaingan Kerja Ala Dino Patti Djalal
  • 4 CEO Berbagi Tips Meraih Kesuksesan Bekerja di Acara Ini
  • Kisah Sukses Pemuda Tunanetra Jadi CEO Perusahaan Industri

Source: liputan6.com
Apakah China Akan Hadapi Krisis Keuangan Seperti AS?

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan ekonomi China pada kuartal I 2016 mengesankan analis sehingga dapat meningkatkan prediksi mereka. Akan tetapi hal itu tidak berlaku untuk George Soros.

Ia memperkirakan kalau ekonomi China akan sulit. Bahkan ia mengatakan China sedang menghadapi krisis keuangan serupa yang terjadi Amerika Serikat (AS) pada 2008.

Lembaga pemeringkat internasional antara lain S&P dan Moody`s bahkan telah memangkas prospek utang negara tersebut pada Maret. Peringatan terhadap pertumbuhan utang pun telah menjadi biasa. Namun China dinilai dapat mahir mengatasi hal itu.

Mengutip laman Marketwatch, seperti ditulis Sabtu (23/4/2016), kolumnis Craig Stephen pun menilai pernyataan investor George Soros juga perlu dipertimbangkan, tetapi apakah krisis tersebut mulai mendekat?

Baca Juga

  • IMF Ingatkan Potensi Krisis Keuangan Baru
  • Tiongkok Siapkan Kebijakan Guna Stabilkan Pasar Keuangan
  • Belanja di Luar Negeri, Warga China Habiskan Rp 2.449 Triliun

Source: liputan6.com