Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 06 April 2016
Studi: Bisnis Start-Up Ancam Karyawan Bank

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 30 persen karyawan dari industri perbankan terancam kehilangan pekerjaan mereka. Citigroup memperkirakan perkembangan teknologi baru akan memegang sebagian besar kegiatan keuangan dalam 10 tahun ke depan.

Melansir dari cnbc.com, Rabu (6/4/2016), laporan yang ditulis oleh tim analis dan strategi Citigroup mengatakan pekerjaan akan beralih ke start-up karena tujuannya yang berkonsentrasi pada banyak bagian dari industri keuangan. Para analis Citigroup menunjukkan bahaya yang akan dialami industri keuangan. 

Laporan lain dari "Digital Disruption" yang dirilis memprediksikan jumlah karyawan di bank-bank Amerika Serikat akan turun menjadi 1,8 juta orang pada 2025. Penurunan lebih tajam, dari 37 persen, diprediksi untuk bank-bank Eropa.

Perubahan besar untuk industri keuangan akibat gelombang keuangan start-up baru, dikenal dengan istilah "fintech".

Baca Juga

  • OJK: Tak Benar Ada Pemberhentian Karyawan Bank
  • 14.000 Karyawan di Bank Ini Bakal Jadi Pengangguran
  • Ini 8 Pekerjaan Unik yang Jarang Diketahui Publik

Source: liputan6.com
5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Bayar Tagihan Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah sebuah sistem kredit yang diajukan kepada pihak bank, demi mendapatkan sejumlah uang yang Anda butuhkan.

Dalam hal ini, Anda harus membayar cicilan pinjaman uang tersebut secara berkala setiap bulan beserta dengan bunganya. Dalam kasus seperti ini, kerap kali ditemukan permasalahan, misalkan pihak peminjam tidak sanggup membayar cicilan per bulan di tengah jalan.

Hal ini bisa berakibat sangat fatal, karena seperti yang kita ketahui, biasanya telat satu hari saja pihak peminjam bisa dikenakan denda yang lumayan besar.

Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi masalah yang sangat besar bagi Anda yang seringkali mengalami kemacetan di masa pengembalian uang.

Selain Anda akan kewalahan dalam mengembalikan uang tersebut ke pihak bank, Anda pun bisa saja mendapatkan black list dari Bank Indonesia, Anda akan kesulitan untuk mengajukan kredit di masa yang akan mendatang.

Selain itu, masih ada banyak hal lain yang jangan Anda lakukan ketika membayar tagihan kredit, apa saja?, demikian mengutip dari www.cermati.com, Rabu (6/4/2016).

1. Hindari Pinjaman Kredit Kedua

Satu hal yang perlu dicamkan di dalam kepala Anda adalah meminjam kredit dengan dua jenis peminjaman secara bersamaan adalah kesalahan yang sangat fatal.

Biasanya orang yang merasa kewalahan dalam peminjaman uang dengan jangka pendek, akan mengajukan peminjaman dengan jangka panjang, yang di mana proses pembayaran cicilan per bulan jauh lebih kecil.

Namun, apabila Anda teliti lebih dalam, proses dengan cicilan dan tenor panjang, pihak peminjam akan mengambil keuntungan dari bunga yang jauh lebih banyak.

Dalam hal ini, sebenarnya Anda akan mendapatkan penderitaan yang sama, bahkan dalam waktu yang jauh lebih lama. Jadi, apabila Anda memiliki masalah dengan peminjaman jangka pendek, jangan sampai mengajukan jenis peminjaman lainnya.

Cobalah untuk mencari jalan keluar lainnya, tetapi bukan dengan meminjam kredit baru lainnya. Hal bisa saja berdampak jauh lebih berbahaya dari pada peminjaman pertama.

2. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Selain itu, Anda pun dilarang keras untuk membayar cicilan dengan menggunakan banyak kartu kredit. Biasanya, penggunaan kartu kredit hanya digunakan untuk mempermudah transaksi ketika belanja.

Namun, nyatanya, saat ini banyak pihak yang tidak betah dengan cicilan bulanan yang cukup besar, mencoba melunasi dengan cara yang lebih cepat yaitu dengan menggunakan kartu kredit.

Faktanya, apabila Anda melakukan ini dengan cara yang berlebihan, bukannya tidak mungkin Anda akan dikenakan denda dengan bunga setiap bulan, bahkan ada yang mencapai tagihan setiap harinya. Pada akhirnya, hal ini malah akan menambah beban Anda dalam membayar utang-utang.


Source: liputan6.com
IHSG Berpotensi Naik, Cermati 8 Saham Pilihan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan bergerak menguat pada perdagangan saham Rabu pekan ini.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG sedang berusaha meninggalkan fase konsolidasi dalam jangka pendek. Karena itu, IHSG mesti menembus level resistance 4.909, dan dapat bertahan di atas level resistance itu.

"Level resistance itu untuk dapat konfirmasi penguatan jangka pendek. Level support saat ini berada di level 4.835 yang akan terjaga cukup kuat. Rilis data ekonomi dalam pekan ini akan menjadi salah satu faktor yang pengaruhi gerak IHSG," ujar dia dalam ulasannya, Rabu (6/4/2016).

 

Baca Juga

  • Aksi Beli Asing Dorong Penguatan IHSG ke 4.858,07
  • Rupiah Sentuh 13.214 per Dolar AS, IHSG Turun Tipis
  • Laju IHSG Diprediksi Bervariasi

Source: liputan6.com
Harga Minyak Kembali Tekan Wall Street

Liputan6.com, New York - Wall Street melanjutkan pelemahan pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta) karena pelaku pasar sangat berhati-hati dalam bertransaksi. Prospek ekonomi global yang masih belum stabil menjadi alasan investor menahan aksi beli.

Mengutip Wall Street Journal, Rabu (6/4/2016), Dow Jones Industrial Averange (DJIA) turun 134 poin atau 0,8 persen ke 17.603. The S&P 500 turun 1 persen ke 2.045 dan merupakan penurunan terbesar harian dalam empat pekan terakhir. Sedangkan Nasdaq juga melemah 1 persen ke ke 4.843.

Seluruh sektor pembentuk saham di indeks S&P 500 melemah. Sementara itu, aset-aset yang dianggap sebagai tempat berlindung seperti emas, obligasi pemerintah AS dan juga mata uang Yen Jepang naik.

Baca Juga

  • Harga Komoditas Bebani Wall Street
  • Data Ekonomi Dorong Penguatan Wall Street
  • Wall Street Catatkan Kinerja Terbaik Sejak Oktober 2015

Source: liputan6.com
Harga Minyak Melonjak Jelang Penutupan Perdagangan

Liputan6.com, New York - Harga minyak Amerika Serikat (AS) dan dunia mampu menguat di detik-detik terakhir jelang penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta). Penurunan yang cukup dalam menjadi salah satu alasan reli yang terjadi pada harga minyak.

Mengutip Wall Street Journal, Rabu (6/4/2016), minyak light sweet yang menjadi patokan harga minyak di AS melonjak 0,5 persen dan berakhir pada level US$ 35,89 di New York Mercantile Exchange. Sepanjang perdagangan harga minyak AS dalam tekanan namun jelang penutupan mampu reli. Sedangkan harga minyak Brent yang merupakan patokan global naik 0,5 persen ke US$ 37,87 per barel di ICE Futures Europe.

Baca Juga

  • Harapan Pembekuan Produksi Memudar, Harga Minyak Merosot
  • Tak Ingin Bergantung pada Minyak, Arab Siapkan Rp 26 Ribu Triliun
  • Benahi Pengadaan Minyak, Pertamina Hemat Rp 8,5 Triliun

Source: liputan6.com
Bos Pertamina Rutin Minta Surat Miskin Demi Bisa Sekolah

Liputan6.com, Jakarta - Di balik kesuksesannya memimpin PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto ternyata pernah menjalani masa lalu yang sulit. Lahir dari keluarga kurang mampu, Dwi kecil selalu berurusan dengan surat miskin supaya bisa terus mengecap pendidikan hingga lulus menyabet gelar doktor di Universitas Indonesia (UI)

"Namanya dari keluarga yang ekonominya kurang mampu, setiap tahun harus urus surat izin miskin agar dapat potongan 50 persen iuran sekolah. Saat masuk kuliah pun, saya harus dapat beasiswa, dan itu bisa," katanya saat menjadi pembicara di Inspirato Liputan6.com, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Meski hidup susah, tekadnya untuk terus bersekolah sangat besar. Pria kelahiran Surabaya, 10 November 1955 itu membuktikan dirinya mampu menembus universitas bergengsi, Institut Teknologi Surabaya (ITS) di tanah kelahirannya. Berkat beasiswa, Dwi meraih gelar insinyur dari jurusan Teknik Kimia ITS.

Baca Juga

  • Begini Cara Dwi Soetjipto Ubah Citra Buruk BUMN
  • Cerita Dwi Soetjipto Didemo 4 Bulan Saat Jadi Bos BUMN
  • Sisi Lain Bos Pertamina, Belajar Silat Buat Kelola Perusahaan

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Lebih Mahal Rp 7.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang dijual oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) naik Rp 7.000 per gram menjadi Rp 566 ribu per gram pada perdagangan Rabu (6/4/2016) ini. Kemarin, harga emas Antam berada di angka Rp 559 ribu per gram.

Demikian pula harga pembelian kembali (buyback) emas Antam bertambah Rp 7.000 menjadi Rp 517 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 517 ribu per gram.

Baca Juga

  • Kebijakan The Fed Tekan Harga Emas
  • Awal Pekan, Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 562 Ribu per Gram
  • Cara Aman Cicil Emas di Pegadaian

Source: liputan6.com
Industri Ingin Pemerintah Perbanyak Saluran Distribusi Gas Alam

Liputan6.com, Jakarta - Industri makanan dan minuman lokal berharap pemerintah berinisiatif untuk mendorong pengembangan jaringan gas di dalam negeri. Hal itu karena gas menjadi salah satu sumber energi yang dibutuhkan industri.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman mengatakan, ‎saat ini baru sebagian kecil industri yang memanfaatkan gas sebagai sumber energi.

Selain gas, industri memanfaatkan batu bara dan bahan bakar minyak (BBM) sebagai penggerak mesin-mesin industri. "Pemanfaatan gas masih lebih kecil dibandingkan batu bara dan BBM," ujar dia di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Dia menjelaskan, masih minimnya pemanfaatan gas dalam proses produksi di industri lantaran keterbatasan saluran distribusi yang menghubungkan sumber gas dan industri. Hal ini yang dinilai harus menjadi perhatian pemerintah.

Baca Juga

  • Pasokan Gas dari Jaringan Pipa Diakui Lebih Pasti
  • Biaya Produksi Pembangkit Berbahan Bakar Gas Lebih Murah dari BBM
  • Pondok Pesantren Ini Memasak Pakai Gas Bumi karena Lebih Aman

Source: liputan6.com
Ikuti Bursa Asia, IHSG Menguat Tipis

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada pembukaan perdagangan Rabu pekan ini. Penguatan IHSG cukup tipis mengikuti bursa Asia.

Pada pra pembukaan perdagangan saham Rabu (6/4/2016), IHSG naik tipis 4,98 poin atau 0,10 persen ke level 4.863,06. Pada pembukaan perdagangan saham pukul 09.01, IHSG maish menguat tipis 9,80 poin atau 0,22 persen ke level 4.869,11. Indeks saham LQ45 ikut menguat 0,26 persen ke level 848,39.

Sebagian besar indeks saham acuan kompak menguat pada Selasa pagi ini. Hanya ada dua indeks acuan yang melemah yaitu indeks JII dan indeks ISSI.

IHSG sempat berada di level tertinggi 4.863,06 dan terendah 4.861,57.  Di Asia, Indeks MSCI Asia Pasifik di luar jelang menguat 0,1 persen di awal perdagangan. Sebelumnya, indeks acuan di kawasan Asia Pasifik tersebut turun 1,6 persen. Penurunan tersebut dalam 2 bulan terakhir.

Baca Juga

  • IHSG Berpotensi Naik, Cermati 8 Saham Pilihan Ini
  • Investor Berhati-hati, Bursa Asia Naik Tipis
  • Harga Minyak Kembali Tekan Wall Street

Source: liputan6.com
Pertamina Masuk Daftar Penyetor Pajak Terbesar Nasional

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) masuk dalam daftar penyumbang pajak terbesar pada 2015 kemarin. Sumbangan pajak dari perusahaan pelat merah yang bergerak di sektor energi tersebut mencapai Rp71,62 triliun.

Direk­tur Keuangan Pertamina Arief Budiman mengatakan, meski kondisi ekonomi global saat ini masih belum stabil dan mempengaruhi pendapatan perusahaan, Pertamina tetap kon­sisten memenuhi ke­wajiban dalam membayar pajak.

“Ini menjadi salah satu bukti komitmen kami dalam berkontribusi maksimal bagi pembangunan bangsa melalui pembayaran pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Arief, di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Baca Juga

  • Jumlah Wajib Pajak yang Melapor SPT Capai 8,9 Juta
  • Penerimaan Pajak Kuartal I Turun dari Tahun Lalu
  • Dirjen Pajak: Kami Punya Data Lebih Akurat dari Panama Papers

Source: liputan6.com
Kementerian Perhubungan Berencana Pindahkan Bandara Wasior

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pelabuhan Wasior di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat pada Selasa, 5 April 2016 kemarin. Pelabuhan yang masuk dalam kategori pelabuhan pengumpul ini telah selesai dibangun Kementerian Perhubungan pada 2015 dengan dana APBN sebesar Rp 79 miliar.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dalam laporannya menyampaikan, Pelabuhan Wasior dibangun setelah bencana banjir bandang yang menghantam Wasior pada tahun 2010.

Pembangunan fasilitas pelabuhan ini, kata Jonan, meliputi dermaga seluas 174 x 10 meter persegi.Trestle I seluas 48x8 meter persegi,trestle II seluas 47x8 meter persegi,causeway I seluas 160x6 meter persegi dancauseway II seluas 127x8meter persegi serta reklamasi 12500 meter persegi.

Baca Juga

  • Jokowi Resmikan Pelabuhan Wasior, Titik Terluar Tol Laut
  • Kemenhub Rampungkan Pembangunan Pelabuhan Wasior
  • ASDP Siapkan Rp 2,3 Triliun untuk Lancarkan Tol Laut

Source: liputan6.com
Krisis Listrik Nias, YLKI Minta Pemerintah Beri Sanksi PLN

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta pemerintah untuk memberikan sanksi kepada PT PLN (Persero) terkait krisis listrik di Pulau Nias.

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi melalui keterangan tertulisnya, Rabu (6/4/2016), mengatakan sebagai perusahaan plat merah, seharusnya PLN bisa menjaga pasokan listrik di Nias‎. Bahkan perusahaan ini seharusnya menambah pasokan listrik, bukan malah mengurangi.

"Oleh karena itu hal ini jelas merupakan keteledoran dan miss management PT PLN, baik di level cabang, dan bahkan di level direksi‎," jelas Tulus.

Tulus menyatakan ada tiga hal yang harus dilakukan agar kejadian tersebut tidak terulang lagi. Pertama, YLKI mendesak Kementerian ESDM agar memberikan sanksi tegas kepada manajemen PT PLN, baik di tingkat cabang dan atau direksi.

Baca Juga

  • Mahasiswa Nias Galang Pengumpulan Koin Untuk Listrik
  • PLN Janji Listrik Nias Pulih 5 Hari ke Depan
  • Begini Penjelasan PLN Soal Krisis Listrik di Nias

Source: liputan6.com
Kementerian ESDM: Belum Ada Laporan Soal Medco Akuisisi Newmont

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum mendapat laporan resmi terkait akuisisi PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) oleh ‎PT Medco Energi yang dimiliki oleh pengusaha nasional Arifin Panigoro.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDMSujatmiko mengatakan, sampai saat ini perusahaan tambang asal Amerika Serikat tersebut belum melaporkan rencana pele‎pasan saham. "Dari Newmont belum ada informasi resmi," kata Sujatmiko, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Selasa (6/4/2016).

Menurut Jatmiko, sebagai perusahaan yang berkontrak dengan Kementerian ESDM‎, seharusnya Newmont melaporkan segala sesuatu terkait perkembangan perusahaan termasuk rencana pelepasan saham Newmont ke Medco ke Kementerian ESDM. "Harusnya menyampaikan, begitu mau melepas saham wajib melaporkan," tegas Sujatmiko.

Baca Juga

  • Medco Caplok Saham Newmont
  • Rencana Akuisisi Newmont Angkat Saham Medco
  • Ini Alasan Arifin Panigoro Ingin Akuisisi Newmont

Source: liputan6.com
Menhub Terbitkan 5 Aturan soal Angkutan Penyeberangan

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan lima peraturan baru tentang angkutan penyeberangan. Keluarnya aturan ini dalam rangka meningkatkan keselamatan dan keamanan penyelenggaraan angkutan penyeberangan.

Kelima peraturan tersebut mengatur secara jelas kewajiban empat pihak terkait yaitu Operator Pelabuhan, Operator Kapal, Penumpang sebagai pengguna jasa, dan Pemerintah sebagai regulator. Pengaturan agar penyelenggaraan angkutan penyeberangan dapat berjalan selamat, aman, nyaman, tertib, dan lancar.

“Salah satu fokus kerja Menteri Perhubungan Ignasius Jonan adalah untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi. Dengan adanya lima Peraturan Menteri baru ini diharapkan keselamatan dan keamanan penyelenggaraan angkutan penyeberangan semakin meningkat,” jelas Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan J. A. Barata, Rabu (6/4/2016).

Kelima peraturan tersebut yaitu, Pertama, Peraturan Menteri (PM) Nomor 25 Tahun 2016 tentang Daftar Penumpang dan Kendaraan Angkutan Penyeberangan. Kedua, PM 27 Tahun 2016 tentang Pengaturan Dan Pengendalian Kendaraan Yang Menggunakan Jasa Angkutan Penyeberangan.

Ketiga, PM 28 Tahun 2016 tentang Kewajiban Penumpang Angkutan Penyeberangan Memiliki Tiket. Keempat, PM 29 Tahun 2016 tentang Sterilisasi Pelabuhan Penyeberangan, dan Kelima PM 30 Tahun 2016 tentang Kewajiban Pengikatan Kendaraan Pada Kapal Angkutan Penyeberangan.

Baca Juga

  • Seberangi Pulau, Menteri Jonan Ingin Kapal Hanya Angkut Barang
  • Pengusaha Ingin Ada Pusat Logistik Berikat untuk Bahan Baku Mamin
  • Penurunan Harga BBM Turunkan Biaya Logistik 2%

Source: liputan6.com
Harga Minyak Indonesia Naik US$ 5,27 per Barel

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat harga rata-rata minyak mentah Indonesia Indonesia atau Crude Price (ICP) pada Maret 2016 di angka US$ 34,19 per barel, naik US$ 5,27 per barel dari US$ 28,92 per barel pada Februari 2016.

Seperti yang dikutip dari keterangan tertulis Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, di Jakarta Rabu (6/4/2016), harga Minas/SLC mencapai US$ 33,82 per barel, naik sebesar US$ 5,16 per barel dari US$ 28, 66 per barel pada bulan sebelumnya.

Peningkatan harga minyak mentah Indonesia tersebut, sejalan dengan perkembangan harga beberapa minyak mentah utama di pasar Internasional.

Diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu, berdasarkan publikasiOPEC Maret 2016, terjadi penurunan suplai minyak mentah dunia sebesar 0,21 juta barel per hari menjadi 95,73 juta barel per hari.

Baca Juga

  • 25 Negara dengan Harga Bensin Termurah, Indonesia Urutan Berapa?
  • Harga BBM Murah, Industri Diminta Tingkatkan Produksi
  • Pengusaha: Harga BBM Dapat Turun Lebih Besar

Source: liputan6.com
PGN Operasikan 76 Persen Pipa Gas Bumi di RI

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) adalah salah satu operator infrastruktur pipa gas bumi nasional. Saat ini total panjang pipa yang dimiliki dan dioperasikan PGN telah mencapai lebih dari 7 ribu kilo meter (km). Angka itu setara 76 persen total pipa gas di Indonesia

Sekretaris Perusahaan PGN, Heri Yusup, mengatakan dengan panjang pipa transmisi dan distribusi gas bumi mencapai lebih dari 7 ribu, maka PGN mengoperasikan lebih dari 76 persen pipa gas bumi hilir di seluruh Indonesia.

"Sampai saat ini total panjang pipa yang kami bangun dan operasikan mencapai 7.026 km. Adapun pada akhir 2014, total panjang pipa PGN adalah 6.161 km," kata Heri, di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

 

Baca Juga

  • FSRU Lampung Terima 1 Kargo LNG dari Tangguh
  • Pakai Energi Murah, RS PMI Bogor Bisa Hemat
  • Industri Ingin Pemerintah Perbanyak Saluran Distribusi Gas Alam

Source: liputan6.com
Kepala Bappenas: Tax Amnesty Tarik Dana Orang RI di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Sofyan Djalil angkat bicara terkait bocornya nama-nama pemimpin negara, pengusaha dan perusahaan di seluruh dunia yang diduga merekayasa pajak dalam kasus Panama Papers.

Ia meminta Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menelusuri dan mengusut skandal tersebut apabila pengusaha-pengusaha Indonesia terbukti sengaja menghindari pajak.

Sofyan menuturkan, ada tiga motivasi seorang pengusaha mendirikan perusahaan papan nama (paper companies) di British Virgin Islands, Panama. Negara yang selama ini menjadi surga bebas pajak (tax haven).

"Yang namanya paper company itu adalah praktik yang umum dan legal," ujar dia saat ditemui usai menghadiri acara Islamic Finance News di Hotel Shangrila, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

 

Baca Juga

  • Investor Jepang Punya Masalah di RI? Temui Saja Sofyan Djalil
  • Pemerintah Diminta Yakinkan DPR Soal Pengampunan Pajak
  • Presiden Jokowi: Target Pajak Tak Tergantung Tax Amnesty

Source: liputan6.com
Mandiri Berikan Fasilitas Bank Garansi kepada Nasabah Jasindo

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk memberikan fasilitas perbankan dengan skema commercial line kontra garansi senilai Rp 2,7 triliun kepada Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) untuk mendukung Jasindo dalam memberikan penjaminan proyek.

Penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut dilakukan oleh oleh Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Royke Tumilaar dan Direktur Teknik & Luar Negeri Jasindo Syarifudin di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Dalam kerja sama ini, kontraktor nasabah Jasindo akan dapat menerbitkan bank garansi dari Bank Mandiri tanpa harus menempatkan dana sebesar 100 persen di bank. Selanjutnya bank garansi tersebut dapat digunakan kontraktor untuk diberikan kepada pemilik proyek agar proyek dapat segera dilaksanakan.

Baca Juga

  • Bank Mandiri Pangkas Bunga Kredit Hingga 0,50%
  • Bank Mandiri Targetkan 3.000 Nasabah Baru di Dili
  • Bank Mandiri Tambah Layanan di Timor Leste

Source: liputan6.com
Bankir Tak Takut Ditjen Pajak Intip Data Kartu Kredit Nasabah

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah siap menyerahkan data transaksi kartu kredit nasabah kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak. 

Anak usaha PT BNI Tbk itu tidak khawatir pelaporan tersebut akan berimbas negatif terhadap bisnis perusahaan.

Plt Direktur Utama Bank BNI Syariah Imam Teguh Saptono menyatakan, sangat siap mendukung permintaan Ditjen Pajak untuk melaporkan data transaksi kartu kredit nasabahnya hingga batas waktu 31 Mei 2016. Hanya saja, pihaknya masih harus berkoordinasi dengan Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI).

"Intinya kita sudah siap melaksanakannya. Kalau induk usaha siap, kita siap. Ini akan dijalankan sesuai kesepakatan dengan Asosiasi. Jadi kita akan berkoordinasi dengan AKKI dulu untuk memenuhi kewajiban itu," ujar dia saat ditemui usai menghadiri acara Islamic Finance News di Hotel Shangrila, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

 

Baca Juga

  • OJK dan BI Diminta Bikin Aturan DJP Intip Transaksi Kartu Kredit
  • Buka Data ke Pajak, Bank Harus Taat UU Kerahasiaan Nasabah
  • Data Diintip, Nasabah Dapat Puasa Belanja Pakai Kartu Kredit

Source: liputan6.com
Krisis Listrik, Pemuda Nias Protes ke Kementerian ESDM

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) kedatangan sekelompok Forum Pemuda Nias. Kelompok tersebut mengungkapkan kekecewaan dan menyuarakan tuntutan atas pemada‎man listrik di Pulau Nias.

Perwakilan Forum Pemuda Peduli Nias Se-Jabodetabek Bruno Adolf Richard Telaumbanua mengatakan, ‎masyarakat Nias belum merasakan manfaat kesejahteraan dari negara. Padahal, negara harus menjamin fasilitas publik dan pelayanan publik untuk kesejahteraan rakyat.

"Secara tegas, kami‎ masyarakat Nias melalui forum Pemuda Peduli Nias mengatakan belum dirasakan penuh manfaat listrik oleh masyarakat Nias," kata Bruno saat berunjuk rasa di Kantor Kementerian ESDM, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Bruno mengungkapkan, atas dasar tersebut Forum Pemuda Nias menyampaikan petisi sekaligus protes keras atas pelayanan publik dan pemenuhan fasilitas publik yang sangat buruk di Pulau Nias.

 

Baca Juga

  • Kementerian ESDM: Belum Ada Laporan Soal Medco Akuisisi Newmont
  • Kementerian ESDM Apresiasi PLN Tangani Pemadaman Listrik di Nias
  • Arus Selat Gonsalu Flores Bisa Hasilkan Energi Listrik Besar

Source: liputan6.com
Ini Tanggapan Kadin Indonesia soal Panama Papers

Liputan6.com, Jakarta - Panama Papers, bocoran 11,5 juta dokumen dari pusat data firma hukum Mossack Fonseca yang bermarkas di Panama diyakini bakal memicu skandal besar. Bocoran tersebut didapatkan surat kabar Jerman, Süddeutsche Zeitung, yang membagikan data-data tersebut dengan International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ). 

Dokumen tersebut menyebutkan sejumlah nama tokoh dunia yang diduga mendirikan perusahaan offshore di luar negeri. Tak hanya itu, para tokoh itu juga diduga telah melakukan tindakan penghindaran pajak. 

Menanggapi hal itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengaku tak mau ambil pusing‎. Dia menilai apa yang disebutkan dalam dokumen tersebut hal yang wajar.

Baca Juga

  • Begini Proses Pengungkapan Skandal Panama Papers
  • Menkeu Minta Dirjen Pajak Telusuri Data dalam Panama Papers
  • 10 Nama `Mengejutkan` dalam Skandal Panama Papers

Source: liputan6.com
Saingi Malaysia, RI Bakal Canangkan Aceh Jadi Tujuan Wisata Halal

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata akan mencanangkan Daerah Istimewa Aceh dan Sumatera Barat menjadi tujuan wisata halal pada 2016. Pencanangan ini menyusul Lombok yang telah ditunjuk menjadi destinasi wisata halal di Indonesia.

Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Pariwisata Oneng Setya Harini mengatakan, keberadaan destinasi wisata halal di Indonesia perlu ditingkatkan.

Lantaran mayoritas penduduk beragama Islam, Indonesia punya potensi besar menjadi daerah wisata yang ramah bagi wisatawan muslim dunia.

"Kita sedang mendorong Aceh dan Sumatera Barat. Kalau kita mau itu kan harus optimistis. Apalagi kalau melihat dari daya tariknya, kan jauh lebih bagus dan beragam," ujar dia di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Baca Juga

  • Panduan Wisata Halal di Jepang
  • Wisata Halal Lombok, MUI Sertifikasi 600 Kuliner dan Suvenir
  • Bandung Ramaikan Wisata Halal Indonesia

Source: liputan6.com
Mimpi Dirut Angkasa Pura II Bangun Beranda Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) sedang getol mengembangkan dan membenahi 13 bandara yang dikelola demi mewujudkan visi ke depan menjadi perusahaan berkelas dunia (World Class Company). Salah satu target dalam mewujudkan visi tersebut adalah mengantar Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menyaingi Bandara Changi, Singapura.

Visi Angkasa Pura II tersebut seirama dengan mimpi Budi Karya Sumadi yang baru setahun dipercaya menjabat Direktur Utama Angkasa Pura II. Arsitek jebolan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta ini ingin mengubah wajah Bandara Soetta dan menjadi tolak ukur bagi bandara lain di Indonesia.

"Kondisi bandara kita memang terpuruk, tapi kita ingin bangkit. Membuat beranda kita, yakni bandara punyai citra baik di mata dunia. Ini sejalan dengan cita-cita kita menjadi World Class Company," ujar Budi saat menjadi pembicara di Inspirato Liputan6.com,Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Baca Juga

  • Bos AP II: Keselamatan Penerbangan RI Selalu Diledek
  • Terminal 3 Ultimate Bisa Bikin Bandara Soetta Saingi Changi
  • Ada Kereta Bandara, Check In Pesawat Bisa di Dukuh Atas

Source: liputan6.com
Mampu Berhemat US$ 600 Juta, Pertamina Tak PHK Pegawai

Liputan6.com, Jakarta - Dwi Soetjipto telah memimpin PT Pertamina (Persero) setahun lebih, cukup banyak prestasi yang ditorehkan.

Mulai dari membubarkan PT Pertamina Energi Trading (Petral) sampai mampu menghemat triliunan rupiah dari sebagai bentuk strategi efisiensi di tubuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Migas itu.

Dwi menuturkan , banyak orang memiliki persepsi negatif soal Pertamina. Terutama dengan Pertamina yang disebut-sebut sarang mafia migas.

"Pertamina sarang mafia, tidak efisien, dan lainnya termasuk soal Petral. Ada yang bilang semua rekomendasi Petral tidak betul. Tapi setelah saya masuk, kita benahi," ujar dia saat menjadi pembicara di acara Inspirato di Jakarta, seperti ditulis Rabu (6/4/2016).  

 

Baca Juga

  • Pertamina Jual Gas ke PLN untuk PLTG di Bali
  • Pertamina Masuk Daftar Penyetor Pajak Terbesar Nasional
  • Pertamina Salurkan Pertalite ke Palu

Source: liputan6.com
Mau Akuisisi Newmont, Berapa Harta Arifin Panigoro?

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) Arifin Panigoro bersiap mengakuisisi saham Perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS), PT Newmont Nusa Tenggara.

Dalam waktu dekat, Arifin mengaku bakal segera mengumumkan pernyataan resminya terkait rencana pembelian saham perusahaan tambang tembaga dan emas yang berada di Nusa Tenggara Barat tersebut.

Arifin menyebut akan membeli seluruh saham Newmont melalui Medco Energi, perusahaan minyak dan gas (migas) nasional miliknya. Namun dia tidak menyebut secara pasti, berapa nilai dana yang bakal dikeluarkan perusahaan untuk mencaplok Newmont.

Baca Juga

  • Rencana Akuisisi Newmont Angkat Saham Medco
  • Medco Pastikan Bakal Akuisisi Saham Newmont
  • Menakar Prospek Saham Medco Energi Saat Harga Minyak Tertekan

Source: liputan6.com
7 Orang Terkenal Ini Dipenjara karena Tak Bayar Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Negara mewajibkan warganya membayar pajak bagi yang sudah berpenghasilan. Sasaran wajib pajak di sebuah negara merata di semua lapisan, tak terkecuali mereka yang para publik figur.

Sayangnya, tak semua para wajib itu taat membayar pajak. Banyak juga orang terkenal yang sengaja menghindari pajak sehingga mereka tersandung kasus hukum.

Dilansir dari Time, Rabu (6/4/2016), di Amerika Serikat, pajak biasanya disebut sebagai tagihan IRS atau Internal Revenue Service, atau bisa juga disebut pendapatan negara yang salah satunya berasal dari pajak.

Pertama adalah Willie Nelson. Penyanyi, produser musik dan penulis puisi ini berutang pajak US$ 16,7 juta pada 1990.

Richard Hatch, yang namanya beken karena serial reality show The Survivor juga pernah tersandung masalah pajak, Dia memenangkan hadiah the Survivor senilai US$ 1 juta dan lupa membayar pajak atas hadiah itu. Akhirnya dia dipenjara selama tiga tahun, keluar dan kembali dipenjara.

Baca Juga

  • Kontribusi 24 Wajib Pajak Ini Terbesar Sepanjang 2015
  • Dirjen Pajak Diminta Usut Dugaan 2.000 PMA Mangkir Bayar Pajak
  • Citi Indonesia Kumpulkan Setoran Pajak Hingga Rp 60 Triliun

Source: liputan6.com
PLN Gandeng Kejaksaan untuk Mudahkan Pembebasan Lahan

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menggandeng Kejasaan Agung guna mem‎udahkan pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur kelistrikan di Sumatera yang masuk dalam program kelistrikan 35 ribu Mega Watt (MW).

Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin mengatakan, pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan memiliki risiko yang mungkin timbul. Salah satunya adalah kendala pembebasan lahan.

"Mohon sekali dukungan dari kejaksaan supaya kendala ini bisa diselesaikan bersama," kata Amir, di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Ia menuturkan, penyelesaian pembangunan infrastruktur kelistrikan untuk mendukung program 35 ribu Megawatt (MW) di regional Sumatera harus didukung oleh seluruh pihak, baik pemerintah pusat maupun daerah. Itu karena besarnya program 35.000 MW menjadikannya rentan akan berbagai hal. Jadi diperlukan pengawalan dan pengamanan, termasuk dari sisi hukum.

 

Baca Juga

  • Pertamina Jual Gas ke PLN untuk PLTG di Bali
  • PLN, Polri dan KLHK Sepakat Amankan Objek Vital Kelistrikan
  • Jurus PLN Salurkan Subsidi Listrik Tepat Sasaran

Source: liputan6.com
Korsel Minat Bangun Pabrik Komponen Listrik Pulau Jawa

Liputan6.com, Jakarta Investor asal Korea Selatan berminat membangunan pabrik komponen listrik dengan nilai investasi sekitar US$ 12 juta atau sekitar Rp 150 miliar (asumsi kurs 12.500 per dolar AS). Saat ini, investor tersebut sedang mempertimbangkan dua tempat yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk invetasinya.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan, BKPM sedang mengarahkan investor supaya memanfaatkan fasilitas kemudahan investasi langsung konstruksi (KLIK). Dengan fasilitas ini, investor bisa melakukan konstruksi sementara izin yang lain bisa dilakukan secara paralel.

"Untuk provinsi Jawa Barat maupun provinsi Jawa Tengah kami akan arahkan ke kawasan industri KLIK yang prospektif,” kata dia dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

 

Baca Juga

  • Investor Korea Ingin Tanam Modal di Sektor Farmasi
  • Investor Korsel Siap Kucurkan Rp 1 Triliun di Sektor Perkapalan
  • Investor Korea Selatan Bakal Bangun PLTP di Jatim dan NTT

Source: liputan6.com
Mau Naik Taksi Udara di Jakarta? Ini Tarifnya

Liputan6.com, Jakarta Taksi udara digadang-gadang bakal menjadi salah satu alternatif transportasi di kota besar di Indonesia. Dengan menumpang helikopter, penumpang bakal diantar ke tempat tujuan tanpa harus khawatir macet. 

Lantas berapa tarif yang dikenalkan untuk bisa menikmati layanan taksi udara ini?

CEO White Sky Aviation, salah satu penyedia layanan ini, Denon Prawiraatmadja mengatakan, penumpang yang akan menggunakan jasa taksi udara ini cukup membayar US$ 500 atau sekitar Rp 6,5 juta (kurs Rp 13.000) untuk 30 menit pertama.

Sebagai contoh, jika penumpang ingin pergi dari Jakarta ke Bekasi yang hanya memakan waktu sekitar 10 menit, maka penumpang harus merogoh kocek sebesar Rp 6,5 juta.

"Kalau biasanya estimasi per jam US$ 1.000 atau Rp 13 jutaan. Tapi ini minimum 30 menit. Misalnya Jakarta ke Bekasi atau Cikarang cuma 10 menit ya charternya yang minimum 30 menit, itu berarti US$ 500," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Sedangkan untuk jarak yang lebih jauh, lanjut Denon, akan dikenakan biaya sekitar US$ 160 per 10 menit. Sebagai gambaran, jika penumpang menggunakan taksi udara selama 40 menit, maka biaya yang dikenakan US$ 500 (30 menit pertama) ditambah US$ 160 (per 10 menit berikutnya). Dia menjamin perhitungan biaya ini akan dilakukan secara proporsional.

"Nanti perhitungan biayanya proporsional. (Setelah 30 menit pertama) biayanya US$ 1.000 dibagi 6 yaitu sebesar US$ 160. Tapi ini baru estimasi," ungkapnya.

Jika tidak membawa uang tunai, White Sky juga menyediakan pembayaran dengan kartu kredit. Dengan demikian diharapkan pengguna layanan ini bisa dengan nyaman menikmati perjalanannya.

"Pembayarannya, bisa pakai kredit card atau cash juga bisa," tandasnya.


Source: liputan6.com
Tax Amnesty Bisa Bikin Uang Orang RI `Pulang Kampung`

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengakui ada orang Indonesia yang menyimpan uangnya di luar negeri. Kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) dinilai bisa menjadi solusi agar dana tersebut kembali masuk ke Indonesia.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung angkat bicara mengenai isu Panama Papers yang ramai diperbincangkan. Dia mengatakan dengan adanya daftar tersebut, keberadaan tax amnesty bisa menjadi jalan keluar.

"Bagi pemerintah Indonesia, ini kita lihat dari perspektif positif. Ada data, data kita validasi, apalagi kita akan keluarkan tax amnesty, sehingga jadi klop," tegas Pramono, di Gedung Setneg, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

 

Baca Juga

  • Kepala Bappenas: Tax Amnesty Tarik Dana Orang RI di Luar Negeri
  • Tax Amnesty Jadi Cara Ampuh Tarik Uang Orang RI di Luar Negeri
  • RI Bisa Contek Program Pengampunan Pajak dari 3 Negara Ini

Source: liputan6.com
Gaji Rp 4,5 Juta per Bulan Bakal Bebas Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana menaikkan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) di tahun ini. Rencana tersebut disambut positif oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menjelaskan, pemerintah akan menaikkan PTKP dari semula Rp 36 juta setahun atau Rp 3 juta sebulan ke Rp 54 juta setahun atau Rp 4,5 juta sebulan.

Batas PTKP tersebut untuk pekerja lajang. Sedangkan untuk pekerja yang telah memiliki suami atau istri dan anak akan ada hitungan tersendiri. Untuk melaksanakan rencana tersebut pemerintah telah melapor ke DPR.

"Disambut baik karena mempunyai dampak makro yang bagus, menambah konsumsi rumah tangga, investasi dan ujungnya pertumbuhan PDB," jelas dia di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Baca Juga

  • 2.000 Perusahaan Asing Gelapkan Pajak Selama 10 Tahun
  • Penghasilan Tak Kena Pajak Naik Jadi Rp 3 Juta Mulai 1 Juli
  • Tarif PPh Badan Dipangkas, RI Tetap Kalah dari Singapura

Source: liputan6.com
Top 3: Negara dengan Konsumsi Air Minum Botol Terbanyak di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Data yang dikeluarkan Beverage Marketing Corporation and International Bottled Water Association mengungkap, terdapat beberapa negara di dunia yang mengkonsumsi air minum botolan dalam jumlah yang besar.

Populasi yang besar membuat negara tersebut membutuhkan air bersih terutama air minum dalam jumlah yang besar. Satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyiapkan air tersebut ke dalam botol.

Artikel tujuh negara dengan konsumsi air minum botol terbanyak di dunia telah menyedot perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com.

Tak hanya itu, bos Pertamina rutin minta surat miskin demi bisa sekolah juga telah menyita perhatian pembaca. Ingin tahu artikel mana saja yang telah menyedot perhatian pembaca? Berikut rangkuman tiga artikel terpopuler seperti ditulis Rabu (6/4/2016).

1. 7 Negara dengan Konsumsi Air Minum Botol Terbanyak di Dunia

Data yang dikeluarkan Beverage Marketing Corporation and International Bottled Water Association mengungkap, terdapat beberapa negara di dunia yang mengkonsumsi air minum botolan dalam jumlah yang besar.

Populasi yang besar membuat negara tersebut membutuhkan air bersih terutama air minum dalam jumlah yang besar. Satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyiapkan air tersebut ke dalam botol. Selengkapnya baca di sini

2. Bos Pertamina Rutin Minta Surat Miskin Demi Bisa Sekolah

Di balik kesuksesannya memimpin PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto ternyata pernah menjalani masa lalu yang sulit. Lahir dari keluarga kurang mampu, Dwi kecil selalu berurusan dengan surat miskin supaya bisa terus mengecap pendidikan hingga lulus menyabet gelar doktor di Universitas Indonesia (UI)

"Namanya dari keluarga yang ekonominya kurang mampu, setiap tahun harus urus surat izin miskin agar dapat potongan 50 persen iuran sekolah. Saat masuk kuliah pun, saya harus dapat beasiswa, dan itu bisa," kata dia saat menjadi pembicara di Inspirato Liputan6.com.

Meski hidup susah, tekadnya untuk terus bersekolah sangat besar. Pria kelahiran Surabaya, 10 November 1955 itu membuktikan dirinya mampu menembus universitas bergengsi, Institut Teknologi Surabaya (ITS) di tanah kelahirannya. Berkat beasiswa, Dwi meraih gelar insinyur dari jurusan Teknik Kimia ITS. Selengkapnya baca di sini

3. Harga Minyak Melonjak Jelang Penutupan Perdagangan

Harga minyak Amerika Serikat (AS) dan dunia mampu menguat di detik-detik terakhir jelang penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta). Penurunan yang cukup dalam menjadi salah satu alasan reli yang terjadi pada harga minyak.

Mengutip Wall Street Journal, Rabu 6 April 2016, minyak light sweet yang menjadi patokan harga minyak di AS melonjak 0,5 persen dan berakhir pada level US$ 35,89 di New York Mercantile Exchange.

Sepanjang perdagangan harga minyak AS dalam tekanan namun jelang penutupan mampu reli. Sedangkan harga minyak Brent yang merupakan patokan global naik 0,5 persen ke US$ 37,87 per barel di ICE Futures Europe. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
PLN Tambah Cadangan BBM Untuk Terangi Pulau Nias

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) meningkatkan cadangan bahan bakar minyak (BBM) untuk menggerakkan genset di Pulau Nias. Saat ini PLN telah mengirimkan 23 kontainer genset untuk menormalkan pasokan listrik di wilayah tersebut.

Manajer Senior Public Relation Agung Murdifi mengatakan, cadangan BBM PLN bertambah dari 5 hari menjadi 10 hari. Hal ini untuk memastikan ketersediaan bahan bakar untuk mesin diesel yang didatangkan.
 
‎"PLN saat ini juga telah menambah cadangan bahan bakar jenis BBM dari 5 hari menjadi 10 Hari," kata Agung, di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Agung mengungkapkan, upaya mengatasi pemadaman yangtejadi di Pulau Nias, terus dilakukan dengan mendatangkan genset dari sejumlah wilayah. Diantaranya dari Langsa, Aceh, sebanyak 23 kontainer yang membawa mesingenset berukuran besar dengan kapasitas total 12 megawatt (MW) telah diberangkatkan.

Baca Juga

  • Krisis Listrik Nias, YLKI Minta Pemerintah Beri Sanksi PLN
  • PLN Janji Listrik Nias Pulih 5 Hari ke Depan
  • Begini Penjelasan PLN Soal Krisis Listrik di Nias

Source: liputan6.com