Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Kamis, 07 April 2016
5 Alasan Bisnis Harus Go Mobile

Liputan6.com, Jakarta - Di mana pun dan kapan pun Anda berada, smartphone selalu terlihat digunakan di mana pun. Saat Anda di kendaraan umum, kedai kopi, bahkan saat sedang konser, selalu ada saja seseorang yang menggunakan smartphone.

Sekitar 20 tahun yang lalu, ponsel hanya digunakan untuk sekedar membuat panggilan ataupun mengirim pesan. Namun perkembangan teknologi telah mengubah ponsel menjadi alat elektronik dengan banyak kelebihan maupun fitur.

Seolah seluruh hidup berada dalam genggaman, Anda hampir melibatkan semua kegiatan menggunakan smartphone Anda.

Baca Juga

  • Ini 8 Pekerjaan Unik yang Jarang Diketahui Publik
  • Mau Dapat Kerja di Perusahaan Besar? Ini 4 Triknya
  • Mau Kerja dari Rumah? Lakukan 5 Hal Ini Biar Makin Produktif

Source: liputan6.com
Cara Bijak Pakai Kredit dari Bank

Liputan6.com, Jakarta - Mengajukan kredit ke bank dewasa ini adalah sesuatu yang sering dilakukan oleh orang-orang, termasuk juga orang Indonesia.

Banyak motif dibalik pengajuan kredit ini, entah itu karena memang butuh dana cepat dan segar untuk pemenuhan sebuah kebutuhan, atau juga butuh dana cepat dan segar hanya untuk memenuhi keinginan konsumtif terhadap suatu barang.

Hal ini juga ternyata didukung oleh bank yang sudah mulai mengeluarkan produk kredit yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan dana cepat. Salah satu yang cukup dikenal tentu saja kredit tanpa agunan, kredit yang tidak membutuhkan jaminan.

Baca Juga

  • Maksimalkan Kredit Motor dengan 3 Langkah Pintar Ini
  • 8 Tips Hemat Uang yang Bebas Stres
  • 5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Bayar Tagihan Kartu Kredit

Source: liputan6.com
Ingin Jadi Miliarder, Ubah Sikap Sok Tahu Anda

Liputan6.com, Jakarta - ‘Padi yang berisi semakin merunduk’ begitulah sikap yang sebaiknya dimiliki oleh para miliarder. Menjadi miliarder adalah keistimewaan tersendiri yang tidak bisa dialami semua orang. Tentunya melihat miliarder yang sok tahu akan sangat menyebalkan. 

Pendiri sekaligus CEO Fertitta Entertainment, pembangkit tenaga listrik di belakang restoran Giant Landry dan Golden Nugget Casino, Tilman J. Fertitta mengatakan, bila ingin sukses, Anda harus berhenti bersikap tahu segalanya.

Bahkan, sebagai miliarder,Fertitta mengaku banyak hal yang tidak dirinya ketahui.

Baca Juga

  • Lakukan 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Jika Ingin Karier Sukses
  • Tengok yang Dilakukan 7 Orang Sukses Ini Saat Berumur 25 Tahun
  • Punya Mimpi Jadi Orang Sukses? Terapkan 5 Hal Ini Agar Terwujud

Source: liputan6.com
Ini Kebiasaan Hemat Orang Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang pasti membayangkan sosok miliarder sebagai orang yang berlimpah uang dan bebas membeli apapun yang diinginkan.

Bayangan ini diperkuat karena kebanyakan orang kaya seperti selebritas Hollywood gemar pamer kekayaan dan berfoya-foya. Ternyata dugaan itu salah. Pada kenyataannya, miliarder yang bijaksana tahu bagaimana menggunakan uang secara bijak.

Mereka tak perlu menunjukkan kekayaan mereka karena semua orang sudah tahu siapa mereka sebenarnya.

Baca Juga

  •  Ini Cara Aneh Orang-orang Kaya di Dunia Menghabiskan Uang
  •  Cerita Orang-orang yang Berhasil Kaya Mendadak Karena Investasi
  •  Trik Berhemat agar Lebih Kaya Sepanjang Tahun

Source: liputan6.com
Anda Telah Gagal Jadi Bos Bila Lakukan 3 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi pimpinan bukanlah hal yang mudah. Demi menjaga kualitas perusahaan, maka Anda juga harus memiliki para pekerja yang tepat, dimulai dari proses perekrutan, hingga memperhatikan kinerja untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Perekrutan adalah salah satu bagian yang paling menantang dalam membangun dan menumbuhkan perusahaan. Dengan semua penawaran dari mereka yang memiliki bakat luar biasa maka Anda harus benar-benar melakukan seleksi yang tepat.

Baca Juga

  • Ini Kebiasaan Hemat Orang Sukses
  • 7 Orang Terkenal Ini Dipenjara karena Tak Bayar Pajak
  • Anak Pamer Harta di Instagram, Rahasia Keluarga Terbongkar

Source: liputan6.com
Ingin Coba Taksi Udara? Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Jika sudah bosan dengan kemacetan di Jakarta, tidak ada salahnya Anda mencoba layanan taksi udara yang disediakan oleh PT Whitesky Aviation. Dengan layanan ini, Anda menikmati transportasi udara dengan helikopter.

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan, jika ingin menikmati layanan ini, calon penumpang bisa memesan dengan menelepon call center ke nomor 08119331111.

Nantinya, petugas call center akan meminta calon penumpang untuk menyebutkan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan. "Telepon ke call center kami, nanti dilayani dari mana mau ke mana," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (7/4/2016).

 

Baca Juga

  • Begini Kecanggihan Helikopter yang Jadi Taksi Udara di RI
  • Bisnis Taksi Udara di Kota Besar Menggiurkan untuk Jangka Panjang
  • Kelola Taksi Udara, White Sky Minta Helikopter Bisa Terbang Malam

Source: liputan6.com
Begini Cara Perusahaan Asing Tak Bayar Pajak di RI

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan asing di Indonesia terbukti mengemplang pajak yakni PT RMI. Anak usaha dari RMG yang berbasis di Singapura ini melanggar ketentuan perpajakan dengan modus selalu rugi.

RMI adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa konsultasi kesehatan, pemasaran produk kesehatan dan membantu pasien yang mau berobat ke rumah sakit yang telah perusahaan sediakan.

RMI berstatus badan usaha sebagai perseroan terbatas dengan status modal usaha Penanaman Modal Asing (PMA). Cabang RMI di Indonesia berada di Solo, Surabaya, dan Semarang.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, banyak orang asing atau perusahaan asing yang datang ke Indonesia untuk jangka waktu tertentu sebagai turis dan tidak boleh bekerja untuk mendapatkan penghasilan.

 

Baca Juga

  • Dirjen Pajak Diminta Usut Dugaan 2.000 PMA Mangkir Bayar Pajak
  • Jurus BNI Ikut Dorong Kenaikan Penerimaan Pajak
  • Kontribusi 24 Wajib Pajak Ini Terbesar Sepanjang 2015

Source: liputan6.com
IHSG Bakal Naik Terbatas, Simak 8 Saham Pilihan

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berpeluang menguat terbatas pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Pelaku pasar menanti rilis cadangan devisa.

Analis PT Investa Saran Mandiri, Hans Kwee menuturkan IHSG telah menguat dalam tujuh hari sehingga mendorong IHSG naik terbatas. Apalagi IHSG terus mendekati level resistance. Hans memperkirakan, IHSG akan bergerak di kisaran 4.883-4.900 pada Kamis pekan ini.

Hans menuturkan, sentimen yang pengaruhi IHSG antara lain rilis cadangan devisa Indonesia. Cadangan devisa diperkirakan naik. Dari eksternal, Hans menilai rilis notulensi pertemuan bank sentral Amerika Serikat (AS) dan cadangan devisa China juga bayangi laju IHSG.

 

Baca Juga

  • 8 Sektor Saham Hijau, IHSG Naik 10 Poin
  • Aksi Beli Asing Dorong Penguatan IHSG ke 4.858,07
  • Rupiah Bakal Bawa IHSG ke Zona Hijau

Source: liputan6.com
Laju IHSG Menanti Rilis Cadangan Devisa

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal bergerak variasi pada perdagangan saham Kamis (7/4/2016). Laju IHSG akan dipengaruhi rilis data cadangan devisa.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG berusaha menggapai resistance 4.909. Peluang IHSG dapat menembus level resistance akan terliha membesar jika level support 4.837 dapat dipertahankan dengan baik.

"Rilis data cadangan devisa akan stabil, dan menjadi sentimen positif yang akan kembali mendorong kenaikan IHSG," ujar William dalam ulasannya.

Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi menerangkan, ‎IHSG ditutup menguat pada perdagangan saham kemarin ke level 4.868,23 atau meningkat 10,16 poin.

Baca Juga

  • 8 Sektor Saham Hijau, IHSG Naik 10 Poin
  • Aksi Beli Asing Dorong Penguatan IHSG ke 4.858,07
  • Rupiah Bakal Bawa IHSG ke Zona Hijau

Source: liputan6.com
Alasan Gaji Rp 4,5 Juta per Bulan Bebas Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan memberlakukan kenaikan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari Rp 3 juta per bulan menjadi Rp 4,5 juta per bulan yang berlaku surut Januari 2016. Ada beberapa alasan yang mendasari kebijakan tersebut.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, tujuan utama menaikkan PTKP pada tahun ini untuk meningkatkan konsumsi rumah tangga dan pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah mematok pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

"Efeknya yang penting bisa menambah pertumbuhan ekonomi 0,16 persen, termasuk dari sumber konsumsi rumah tangga dan investasinya," ujar dia saat ditemui di kantor Ditjen Pajak, Jakarta, seperti ditulis Kamis (7/4/2016).

 

Baca Juga

  • Gaji Rp 4,5 Juta per Bulan Bakal Bebas Pajak
  • Jurus BNI Ikut Dorong Kenaikan Penerimaan Pajak
  • Bankir Tak Takut Ditjen Pajak Intip Data Kartu Kredit Nasabah

Source: liputan6.com
Laporan Stok Angkat Harga Minyak Dunia

Liputan6.com, New York - Harga minyak mentah dunia naik 5 persen, menjadi yang terbesar dalam 3 minggu. Kenaikan terjadi seusai pemerintah Amerika Serikat (AS) melaporkan gambaran mengejutkan antara stok minyak mentah domestik dibandingkan ekspektasi pasar.

Melansir laman Reuters, Kamis (7/4/2016), harga minyak mentah AS untuk kontrak Mei ditutup naik US$ 1,86 menjadi US$ 37,75 per barel. Kenaikan sebesar 5,2 persen merupakan yang terbesar dalam satu hari sejak 16 Maret.

Sementara harga minyak mentah Brent, yang menjadi patokan global, ditutup naik US$ 1,97 ke posisi US$ 39,84 per barel.

Baca Juga

  • Harapan Pembekuan Produksi Memudar, Harga Minyak Merosot
  • Tak Ingin Bergantung pada Minyak, Arab Siapkan Rp 26 Ribu Triliun
  • Benahi Pengadaan Minyak, Pertamina Hemat Rp 8,5 Triliun

Source: liputan6.com
Lonjakan Harga Minyak Angkat Bursa AS

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) ditutup menguat pada perdagangan rabu (kamis pagi waktu Jakarta), didorong kenaikan harga minyak yang terjadi seusai Federal Reserve mengisyaratkan keengganan untuk menaikkan kembali suku bunga acuannya pada awal bulan ini.

Melansir laman Marketwatch, indeks S&P 500 naik 21,49 poin atau 1,1 persen ke posisi 2.066,66, menutup semua kerugian dari sesi sebelumnya. Kenaikan dipimpin saham kesehatan yang naik 2,7 persen dan sektor energi yang bertambah 2,1 persen.

Adapun indeks Dow Jones Industrial Average menambahkan 112,73 poin atau 0,6 persen menjadi berakhir 17.716,05.

Kemudian indeks Nasdaq Composite naik 76,78 poin atau 1,6 persen ke posisi 4.920,72. Ini menjadi penutupan tertinggi tahun ini, dengan saham biotek memimpin perdagangan.

Baca Juga

  • Harga Komoditas Bebani Wall Street
  • Data Ekonomi Dorong Penguatan Wall Street
  • Wall Street Catatkan Kinerja Terbaik Sejak Oktober 2015

Source: liputan6.com
Harga Emas Susut Jelang Rilis Hasil Pertemuan The Fed

Liputan6.com, New York - Harga emas turun menjelang rilis risalah pertemuan Federal Reserve (the Fed), yang mengindikasikan beberapa pejabat bank sentral ini sedang mempertimbangkan kemungkinan kenaikan suku bunga acuan pada April.

Emas untuk pengiriman Juni turun 0,4 persen menjadi US$ 1.224,90 per troy ounce pada perdagangan elektronik pada Kamis (7/4/2016) ini. Namun harga emas ditutup turun 0,5 persen menjadi US$ 1.223,80 per troy ounce dalam perdagangan reguler.

Menjelang rilis hasil pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) The Fed menunjukkan, sebagian besar pejabat menentang rencana kenaikan suku bunga jangka pendek pada April ini.

Beberapa pejabat mengatakan mereka kemungkinan akan memperketat kebijakan moneter pada bulan ini, jika data ekonomi menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan yang kuat.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Turun Rp 3.000 per Gram
  • Kebijakan The Fed Tekan Harga Emas
  • Cara Aman Cicil Emas di Pegadaian

Source: liputan6.com
Bursa Asia Menguat Dipicu Lonjakan Harga Minyak

Liputan6.com, Tokyo - Pasar saham Asia bergerak naik dipicu lonjakan harga minyak mentah dunia dan Federal Reserve (the Fed) yang menegaskan kembali untuk tidak terburu-buru menaikkan kembali suku bunga acuannya.

Melansir laman Bloomberg, Kamis (7/4/2016), Indeks MSCI Asia Pacific menguat 0,3 persen ke 124,95 waktu Tokyo. Kenaikan dipimpin kinerja sektor energi yang terdorong harga minyak.

Namun indeks Topix Jepang justru turun 0,3 persen setelah sempat naik 0,2 persen. Indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,5 persen.

Baca Juga

  • IHSG Berpotensi Naik, Cermati 8 Saham Pilihan Ini
  • Investor Berhati-hati, Bursa Asia Naik Tipis
  • Harga Minyak Kembali Tekan Wall Street

Source: liputan6.com
Sepekan di Eropa, Ini Agenda Rini Soemarno

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha milik Negara (BUMN) Rini Soemarno tengah berada di Eropa sejak Senin kemarin. Di sana, Rini bakal mengunjungi beberapa negara seperti diantaranya London, Inggris untuk menjajaki kerja sama.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam A Putro mengungkapkan ada beberapa hal yang tengah dijajaki Rini untuk bisa dilakukan kerja sama dengan BUMN di Eropa.

‎Salah satunya, Rini bersama rombongan mengunjungi Pelabuhan London Gateway. Ini merupakan salah satu pelabuhan tersibuk dan terbesar di dunia yang dikelola oleh DP World.

 

Baca Juga

  • Harapan Menteri Rini Kepada Bos Baru Bank Mandiri
  • Menteri Rini Rombak Jajaran Direksi PT KAI
  • Menteri Rini Ingin RI Dapat Bangun Kereta Cepat di Negara ASEAN

Source: liputan6.com
Asing Borong Saham, IHSG Kian Menguat

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatannya dipicu aksi borong investor asing pada perdagangan Kamis pekan ini. Penguatan IHSG kompak dengan Wall Street dan Bursa Asia yang menghijau.

Pada pra pembukaan perdagangan saham Kamis (7/4/2016), IHSG naik tipis 16,6 poin atau 0,34 persen ke level 4.884,835. Pada pembukaan perdagangan saham pukul 09.01, IHSG terus menguat 23,49 poin atau 0,46 persen ke level 4.891,381.

Indeks saham LQ45 ikut menguat 0,61 persen ke level 851,13. IHSG sempat berada di level tertinggi 4.893,60 dan terendah 4.884,83.

Ada sebanyak 99 saham menguat sehingga menopang IHSG ke zona hijau. Sementara itu, 51 saham melemah sehingga menahan penguatan IHSG. Sekitar 13 saham lainnya diam di tempat.

Baca Juga

  • Ikuti Bursa Asia, IHSG Menguat Tipis
  • IHSG Bakal Naik Terbatas, Simak 8 Saham Pilihan
  • 8 Sektor Saham Hijau, IHSG Naik 10 Poin

Source: liputan6.com
Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak Berlaku Surut di Januari 2016

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menaikkan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari Rp 3 juta per bulan menjadi Rp 4,5 juta per bulan. Aturan tersebut dijanjikan terbit pada Juni 2016 dan berlaku surut mulai Januari 2016.
 
Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menjelaskan, pemerintah akan menaikkan PTKP dari semula Rp 36 juta setahun atau Rp 3 juta sebulan ke Rp 54 juta setahun atau Rp 4,5 juta sebulan.

Batas PTKP tersebut untuk pekerja lajang. Sedangkan untuk pekerja yang telah memiliki suami atau istri dan anak akan ada hitungan tersendiri. Untuk melaksanakan rencana tersebut pemerintah telah melapor ke DPR.

"Aturannya baru dikeluarkan Juni nanti, tapi berlaku untuk tahun pajak ini. Berlaku mundur dihitung dari Januari 2016," tegas Bambang di kantor Ditjen Pajak, Jakarta, seperti ditulis Kamis (6/4/2016).

Dalam hitungan pemerintah, dengan kenaikan PTKP tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi sekitar 0,16 persen. Pemerintah mematok pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

Baca Juga

  • Gaji Rp 4,5 Juta per Bulan Bakal Bebas Pajak
  • Jurus BNI Ikut Dorong Kenaikan Penerimaan Pajak
  • Bankir Tak Takut Ditjen Pajak Intip Data Kartu Kredit Nasabah

Source: liputan6.com
Pesan Taksi Udara Bisa Lewat Aplikasi di Ponsel

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan penyedia jasa charter helicopter, PT Whitesky Aviation akan meluncurkan aplikasi taksi udara yang tersedia di ponsel pintar. Perusahaan ini ingin menyediakan layanan taksi udara.

CEO White Sky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan, aplikasi ini serupa dengan yang telah diluncurkan oleh transportasi online yang ada saat ini. Salah satu fitur yang disediakan yaitu peta untuk memudahkan pengguna jasa transportasi ini menentukan titik penjemputan dan lokasi tujuan.

"Kalau ada aplikasi nanti gampang, ada petanya, tinggal tunjuk dari mana mau ke mana," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (7/4/2016).

 

Baca Juga

  • Ingin Coba Taksi Udara? Begini Caranya
  • Mau Naik Taksi Udara di Jakarta? Ini Tarifnya
  • Taksi Udara, Jalan Pintas Terobos Kemacetan

Source: liputan6.com
Jokowi Kumpulkan Pejabat Tinggi Negara, Ini yang Dibahas

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pagi ini mengumpulkan seluruh pejabat tinggi negara seperti Menteri dan Kepala Lembaga pemerintahan di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta. Ada apa?

Selama memimpin negara, ini kali pertama Presiden Jokowi mengadakan Sidang Kabinet Paripurna di Gedung Sesneg. Dalam paripurna‎ kali ini, setidaknya ada empat hal yang ingin disampaikan Jokowi ke para pembantunya.

Pertama, Jokowi akan membahas RAPBNP TH 2016 dan Penghematan Pagu Anggaran TH 2016. Kedua, terkait rencana kerja pemerintah 2017. Keti‎ga, implementasi kemudahan berbisnis (Ease of Doing Business/EODB). Kemudian keempat, pelaksanaan kebijakan satu peta (One Map Policy)‎.

 

Baca Juga

  • Ini Lima Pelabuhan yang Diresmikan Jokowi untuk Tol Laut
  • Sidak ke PLTS di Morotai, Jokowi Temukan Banyak Alat yang Rusak
  • 8 Pembangkit Energi Baru Terbarukan Diresmikan Presiden Jokowi

Source: liputan6.com
Pemerintah Diminta Ikut Terlibat dalam Proses Akuisisi Newmont

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah diminta ikut terlibat dalam proses akuisisi saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT), yang rencananya dilakukan pengusaha nasional Arifin Panigoro melalui Medco Energi Internasional. Keterlibatan pemerintah bertujuan mengawasi proses akuisisi perusahaan tambang tersebut.

Direktur Eksekutif ‎Indonesian Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara mengatakan, sebagai pemangku kebijakan yang berperan sebagai pengatur dan pengawas kegiatan bisnis, pemerintah harus terlibat dalam proses akuisisi Newmont.

"Pemerintah harus dilibatkan," tegas Marwan saat berbincang dengan Liputan.com di Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Menurut Marwan, pemerintah juga berhak menolak proses akuisisi tersebut jika ditemukan kejanggalan. Itu sebabnya pemerintah harus jeli menyikapi pelepasan saham tersebut."Jangan sekedar mengikuti keinginan Medco saja," ungkap dia.

Baca Juga

  • Rencana Akuisisi Newmont Angkat Saham Medco
  • Medco Pastikan Bakal Akuisisi Saham Newmont
  • Menakar Prospek Saham Medco Energi Saat Harga Minyak Tertekan

Source: liputan6.com
Jembatan Mahal Ini Ternyata untuk Tupai

Liputan6.com, Jakarta - Jembatan ini terbilang unik karena ditujukan bukan untuk manusia, tapi tupai. Semua berawal ketika seekor tupai tertabrak mobil ketika ingin menyeberang jalan tol di Den Haag, Belanda.

Pada 2012 dibangun jembatan khusus itu dengan harga terbilang fantastis, 120 ribu poundsterling atau sekitar Rp 2,23 miliar (asumsi kurs Rp 18.626,63 per poundsterling).

Selain desainnya yang unik, di jembatan ini pun terpasang kamera pengawas untuk memantau pergerakan binatang itu.

Lalu, setelah empat tahun ada berapa tupai yang menggunakannya? Hanya lima. Jadi ongkos perpindahan satu tupai untuk menyeberang jalan sekitar 23.400 poundsterling.

 

Baca Juga

  • Jokowi Resmikan Jembatan Terpanjang Se-Indonesia Timur
  • Presiden Jokowi Bakal Resmikan Jembatan Merah Putih
  • Pak Kasih Kalimantan, Jembatan Panjang Menuju Negeri Seberang 

Source: liputan6.com
Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak, Negara Kehilangan Rp 18 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menaikkan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari Rp 3 juta per bulan menjadi Rp 4,5 juta per bulan. Namun dari kebijakan tersebut, penerimaan pajak dipastikan melayang hingga Rp 18 triliun pada 2016.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah akan menaikkan PTKP dari semula Rp 36 juta setahun atau Rp 3 juta sebulan ke Rp 54 juta setahun atau Rp 4,5 juta sebulan.

Batas PTKP tersebut untuk pekerja lajang. Sedangkan untuk pekerja yang telah memiliki suami atau istri dan anak akan ada hitungan tersendiri. Untuk melaksanakan rencana tersebut pemerintah telah melapor ke DPR lantaran akan berimbas pada penerimaan pajak.
 
"Loss penerimaan sekitar Rp 18 triliun," tegas Bambang saat ditemui di kantor pusat Ditjen Pajak, Jakarta, seperti ditulis Kamis (7/4/2016).

Aturan penyesuaian PTKP ini, diakui Bambang akan terbit pada Juni 2016. Sementara pemberlakuannya berlaku surut dihitung pada Januari tahun ini.

 

Baca Juga

  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak Berlaku Surut di Januari 2016
  • Alasan Gaji Rp 4,5 Juta per Bulan Bebas Pajak
  • Gaji Rp 4,5 Juta per Bulan Bakal Bebas Pajak

Source: liputan6.com
PLN Sediakan Listrik Gratis untuk Masyarakat Nias

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero)  Area Nias  telah mendirikan dua posko informasi dan pelayanan yang terletak di Lapangan Merdeka dan kantor PLN Area Nias untuk mengurangi penderitaan masyarakat.

Manajer Senior Public Relation PLN Agung Murdifi mengatakan‎, posko yang didirikan berfungsi untuk melayani masyarakat  dengan fasilitas listrik gratis,  mengikuti jadwal pemadaman bergilir dan informasi terkini terkait upaya yang dilakukan PLN dalam mengatasi pemadaman di Nias.

"Posko informasi dan pelayanan ini sengaja dibentuk untuk dapat memenuhi kebutuhan warga pada saat pemadaman tengah terjadi," kata Agung, di Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Selain itu posko juga diharapkan bisa menjadi wadah kegiatan masyarakat pada saat pemadaman berlangsung, sehingga masyarakat bisa tetap menikmati listrik meski dalam jumlah terbatas.

 

Baca Juga

  • PLN Tambah Cadangan BBM Untuk Terangi Pulau Nias
  • PLN Gandeng Kejaksaan untuk Mudahkan Pembebasan Lahan
  • Pertamina Jual Gas ke PLN untuk PLTG di Bali

Source: liputan6.com
7 Hal yang Lebih Berharga Ketimbang Uang

Liputan6.com, Jakarta - Membiarkan uang menjadi hal paling penting dalam hidup Anda ternyata dapat menjadi bumerang dan berdampak negatif bagi hidup Anda.

Tak hanya itu, menjadikan uang sebagai hal terpenting juga dapat berpengaruh buruk pada kepribadian dan sikap pribadi.

Dilansir dari Huffington Post, Kamis (7/4/2016), Pada kenyatannya, ada berbagai hal baik lain yang justru harus dilakukan untuk mendapatkan uang. Itulah mengapa uang bukanlah yang terpenting dalam hidup.

Baca Juga

  • Ingin Coba Taksi Udara? Begini Caranya
  • Ini Kebiasaan Hemat Orang Sukses
  • 5 Alasan Bisnis Harus Go Mobile

Source: liputan6.com
Peruri Cetak 9,3 Miliar Bilyet Uang Kertas pada 2015

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Umum (Perum) Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) telah mencetak uang kertas rupiah sebanyak 9,3 miliar bilyet pada 2015 kemarin. Jumlah tersebut meningkat jika dibanding dengan realisasi di 2014.

Direktur Utama Peruri Prasetio mengatakan, pada 2014 jumlah uang kertas yang dicetak oleh Peruri mencapai 7,1 miliar bilyet. Dengan demikian, jika dibandingkan uang kertas yang dicetak pada 2014 dengan 2015 mengalami kenaikan 31,1 persen.

Jumlah uang kertas yang dicetak pada tahun lalu telah memenuhi target yang tertera dalam Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP). Bahkan waktu pengerjaannya lebih cepat satu setengah bulan jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca Juga

  • Gandeng BPN, Peruri Ingin Tekan Pemalsuan Sertifikat Tanah
  • Langkah Peruri Lebarkan Sayap
  • Peruri Cetak 8,5 Miliar Bilyet Uang di 2016

Source: liputan6.com
Angka Kemiskinan Naik karena UMKM Tak Siap Hadapi MEA

Liputan6.com, Jakarta - ‎Era perdagangan bebas ASEAN atau yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah berjalan sejak akhir 2015. Sayangnya, banyak pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang belum siap bersaing dengan negara-negara di Asia Tenggara. Ketidaksiapan tersebut dapat menimbulkan ancaman besar kepada angka kemiskinan.

Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Indonesia zaman Orde Baru, Subiakto Tjakrawerdaya saat diskusi dengan Komite Industri dan Ekonomi Nasional (KEIN) mengungkapkan keprihatinannya atas ketidaksiapan pengusaha UMKM nasional di era perdagangan bebas ASEAN ini.

"UMKM saja yang belum siap menghadapi MEA. Prihatinnya lagi belum ada konsep atau jalan keluar untuk menolong UMKM itu," kata Subiakto di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (6/4/2016).

Baca Juga

  • Kementerian Koperasi Bakal Kembangkan Model Desa Wisata
  • Koperasi Punya Peran Penting Kembangkan Industri di Daerah
  • Saran Dino Patti Djalal Supaya Indonesia Berhasil di MEA

Source: liputan6.com
Pelindo IV Buka Rute Langsung dari Papua Barat ke Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV bersama Gubernur Papua Barat‎ Abraham Octavianus Atururi‎ bersepakat untuk merealisasikan rute pengapalan langsung dari Papua Barat ke beberapa negara di Asia seperti Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan.

Abraham mengungkapkan, dengan dibukanya simpul perdagangan ekspor langsung ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua Barat dan menggairahkan pengusaha Papua Barat dalam rangka era MEA.

Dengan pengapalan langsung (direct call) ke negara tujuan dari Papua Barat akan memangkas waktu pengapalan sedikitnya 10 hari. Selain itu, biaya logistik juga turun mencapai hampir US$ 600 hingga US$ 800.

"Sebelumnya komoditas ekspor Papua Barat harus beberapa kali bongkar muat atau double handling di pelabuhan Surabaya, Jakarta dan transit di Singapura sebelum akhirnya mencapai 3 negara tujuan utama itu," kata Abraham melalui keterangannya, Kamis (7/4/2016).

Baca Juga

  • Kemenhub Rampungkan Pembangunan Pelabuhan Wasior
  • Biaya Ekspor-Impor RI 2 Kali Lebih Mahal Dibanding Singapura
  • Cara Pelindo II Perlancar Arus Ekspor Impor Barang

Source: liputan6.com
Pengusaha: Gaji di Bawah Rp 6 Juta Harusnya Bebas Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Langkah pemerintah menaikkan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari Rp 3 juta menjadi Rp 4,5 juta per bulan diapresiasi oleh pengusaha. Hanya saja pengusaha meminta gaji yang dibebaskan dari pajak harusnya lebih besar di batas minimum Rp 6 juta per bulan.

Chairman Garuda Food Group, Sudhamek AWS, saat ditemui saat diskusi Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), ‎mengungkapkan, kebijakan pemerintah dalam menyesuaikan batas PTKP tahun ini sangat bijaksana. Pengusaha dan karyawan akan sama-sama merasakan untung dari kenaikan PTKP tersebut.

"Buat pengusaha tidak ada masalah, itu malah baik. Karena selama ini kan Pajak Penghasilan (PPh) yang memikul pengusaha, jadi kalau PTKP dinaikkan beban pengusaha tidak bertambah, dan buat karyawan bagus untuk meningkatkan daya beli," kata anggota KEIN itu di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (6/4/2016).

Baca Juga

  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak, Negara Kehilangan Rp 18 Triliun
  • Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak Berlaku Surut di Januari 2016
  • Alasan Gaji Rp 4,5 Juta per Bulan Bebas Pajak

Source: liputan6.com
Konsultasi Pajak: Punya NPWP Namun Gaji Nihil Apakah Harus Lapor?

Liputan6.com, Jakarta - Selamat siang,
Saya mau tanya, saya sudah mempunyai NPWP tapi pendapatan saya masih di bawah PTKP (tidak dipotong pph 21/Nihil). Dengan memiliki NPWP tersebut apakah saya tetap memiliki kewajiban untuk melaporkan pajak meski penghasilan di bawah ketentuan pelaporan? Lalu dokumen apa saja yang harus dilengkapi?

Terimakasih
Ditunggu segera balasannya

Salam,
Ike

Pengirim: ikkeagusxxxxx@gmail.com

Jawaban:

Yth. Saudari Ikke

Sesuai ketentuan perpajakan Wajib Pajak yang memperoleh penghasilan neto tidak melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dikecualikan dari kewajiban untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi. Jadi meskipun Saudari mempunyai NPWP, tetapi jika penghasilan neto Saudara tidak melebihi PTKP maka Saudari tidak wajib menyampaikan SPT.

Demikian penjelasan kami. Semoga membantu.


Salam,

Fitrah Purnama Megawati, S.Sos

Citas Konsultan Global

 Logo Citasco

www.citasco.com
Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan


Source: liputan6.com
BNP Paribas Siapkan 2 Produk Reksa Dana Baru

Liputan6.com, Jakarta - PT BNP Paribas Investment Partners berencana untuk mengeluarkan dua produk baru reksa dana pada 2016 ini. Perseroan yakin produk baru tersebut bakal laku karena membaiknya kondisi perekonomian di Indonesia. 

Direktur BN‎P Paribas Investment Partners Maya Kamdani Siboe menjelaskan, kinerja industri reksa dana pada 2015 kemarin memang di bawah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Namun, ia yakin bahwa di tahun ini kinerja industri reksa dana bakal lebih baik.

"Proyeksi industri reksa dana menurut Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) cukup positif untuk tahun ini apalagi dengan banyak regulasi untuk perkembangan industri," jelas dia, di Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Baca Juga

  • Suku Bunga Turun Untungkan Reksa Dana Global
  • Perusahaan Teknologi Ini Dapat Lisensi Jual Reksa Dana dari OJK
  • Mau Untung Investasi Reksa Dana? Ini Caranya

Source: liputan6.com
Perusahaan Listrik Jepang Incar Bahan Baku dari RI

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Jepang yang bergerak di bidang pembangkit energi listrik mulai berburu minyak kelapa sawit, wood pellet, dan palm  kernel shell (PKS) dari Indonesia.

Sejumlah permintaan (inquiry) sudah dilayangkan ke Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka. Kepala ITPC Osaka Hotmida Purba mengatakan, inquiry tersebut berasal dari sejumlah perusahaan, antara lain dari ORIX, DMM.com, dan Sankei Energy.

"Ini dampak dari kebijakan baru Pemerintah Jepang yang  membebaskan pengelolaan listrik dan penjualan listrik tidak lagi dimonopoli oleh Pemerintah Jepang. Ketentuan ini berlaku sejak 1 April 2016," ujar dia di Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Hotmida melihat aturan baru ini sebagai  momentum  penting  untuk  menggairahkan  kinerja ekspor  non migas  bagi  Indonesia.  Apalagi  sejak  diberlakukan  aturan  tersebut,  pembangunan pembangkit listrik di negeri sakura itu makin marak.  

 

Baca Juga

  • Dell Bakal Jual Unit Layanan IT ke Perusahaan Jepang?
  • Tak Garap Kereta Cepat, Jepang Masih Minati Investasi di RI
  • Ini Penyebab Produk Jepang Kian Tergusur China

Source: liputan6.com
Dapat Kucuran Dana dari AS, PLTB Sidrap Dibangun April Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan pembangkit listrik tenaga Bayu (angin) (PLTB) berkapasitas 70 Mega Watt (MW) di Sidrap, Sulawesi Selatan segera berlangsung. Ini setelah proyek tersebut mendapatkan kucuran dana dari lembaga keuangan pembangunan pemerintah Amerika Serikat.

Dana pembiayaan segera mengalir seiring penandatanganan Letter of Cooperation pembiayaan proyek Sidrap antara Presiden dan CEO Overseas Private Investment Corporation (OPIC) Elizabeth L Littlefield ‎ dengan Presiden Direktur PT UPC Sidrap Bayu Energy Brian Caffyn.

Overseas Private Investment Corporation (OPIC) merupakan lembaga keuangan pembangunan pemerintah Amerika Serikat yang membiayai proyek. Sedangkan PT UPC Sidrap Bayu Energy, sebagai perusahaan pembangunan PLTB Sidrap.

Pada Maret 2016, Dewan Direksi OPIC menyetujui proposal untuk menyediakan dana hingga US$ 120 juta guna pembiayaan pembangunan, konstruksi dan operasi pembangkit berkapasitas 70 Mega Watt tersebut.

Brian Caffyn mengatakan, dengan ditandatanganinya Financing Letter ini, maka pembangunan proyek pembangkit listrik yang menggunakan tenaga angin atau bayu (PLTB) ini bisa dimulai pada April 2016 ini.

Baca Juga

  • 8 Pembangkit Energi Baru Terbarukan Diresmikan Presiden Jokowi
  • Investor AS Siap Kembangkan Pembangkit Listrik di RI
  • Siemens Ingin Terlibat di Proyek Listrik 35 Ribu MW

Source: liputan6.com
Mau Industri Maju, RI Harus Bangun 2.000 Pabrik per Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Industri manufaktur nasional terperosok selama 10 tahun terakhir lantaran terlena pada ekspor komoditas atau bahan mentah. Untuk kembali meningkatkan peranan industri manufaktur terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), Indonesia harus membangun lebih dari 2.000 pabrik.

Menteri Perindustrian era Orde Baru, Hartarto Sastrosoenarto usai Diskusi bersama Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), menyarankan agar pemerintah saat ini mengejar ketertinggalan dengan membangun industri manufaktur dan industri hilirisasi untuk mengolah sumber daya alam yang berlimpah.

"Pemerintah sekarang harus bisa membangun lebih dari 2.000 pabrik setiap tahun. Kalau tidak, resources kita mau diapain, kan harus diolah baru diekspor. Negara ini besar lho," ujarnya saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (6/4/2016).

 

Baca Juga

  • Buruh Manufaktur AS Perlahan Rontok
  • Makanan Dominasi Rencana Investasi Manufaktur di 2015
  • Pameran Mesin Manufaktur Terbesar di Indonesia Kembali Digelar

Source: liputan6.com
Ini Revisi Asumsi Makro dalam RAPBNP 2016

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan tengah membahas Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional Perubahan (RAPBNP) 2016. Ada beberapa asumsi makro yang diubah dalam RAPBNP 2016. 

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, dalam asumsi makro tersebut, terjadi perubahan pada angka inflasi, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan harga minyak dunia. Angka inflasi perkiraan turun dari 4,7 persen menjadi 4 persen.

Untuk nilai tukar rupiah kemungkinan akan berada di kisaran 13.400 per dolar AS  dari sebelumnya yang ada di kisaran 13.900 per dolar AS. "Harga minyak juga otomatis turun dari US$ 50 per barel menjadi sekitar US$ 35 per barel," kata Bambang di Gedung Sekretaris Kabinet, Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Baca Juga

  • Penurunan Target Asumsi Makro Pengaruhi Pendapatan Negara
  • Pengusaha Nilai Asumsi Makro Ekonomi Pemerintah Kurang Optimistis
  • Rapat Tiga Jam, Ini Hasil Kesepakatan Asumsi Makro 2016

Source: liputan6.com
Cadangan Devisa Naik Jadi US$ 107,5 Miliar pada Maret

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyatakan posisi cadangan devisa Indonesia naik menjadi US$ 107,5 miliar pada akhir Maret 2016.

Cadangan devisa Indonesia naik sekitar US$ 3 miliar dibandingkan posisi akhir Februari 2016 sebesar US$ 104,5 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara menuturkan, peningkatan itu dipengaruhi penerimaan cadangan devisa, terutama berasal dari hasil penerbitan sukuk global pemerintah dan lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas.

Baca Juga

  • Cadangan Devisa RI Naik Jadi US$ 104,5 Miliar
  • Penurunan Cadangan Devisa China Terparah Sejak Mei 2012
  • Cadangan Devisa RI Turun Jadi US$ 102,1 Miliar di Januari

Source: liputan6.com
KEIN: Terapkan Tax Amnesty, RI Harus Tiru Italia

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan pengusaha dan politikus asal Indonesia masuk dalam daftar Panama Papers. Mereka mempunyai perusahaan cangkang (shell companies) di Panama yang merupakan salah satu negara surga pajak (tax haven) dengan motif berbeda-beda, termasuk menyembunyikan aset untuk menghindari pajak.

Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Hariyadi Sukamdani meminta kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan untuk menelusuri nama-nama pengusaha Indonesia yang masuk dalam deretan bocoran Panama Papers.

"Masih harus melihat lagi apakah memang mereka mau menggelapkan pajak dengan mendirikan shell company. Ini kan baru nama-nama. Melihat bukan cuma motifnya, tapi berapa asetnya. Ini yang bisa di follow up (Ditjen Pajak)," ujarnya di Jakarta, Kamis (6/4/2016).

Baca Juga

  • Menkeu: Nama di Panama Papers Ada yang Sesuai Data Ditjen Pajak
  • Tax Amnesty Jadi Cara Ampuh Tarik Uang Orang RI di Luar Negeri
  • Kepala Bappenas: Tax Amnesty Tarik Dana Orang RI di Luar Negeri

Source: liputan6.com
Subsidi BBM dan Elpiji Bakal Dipangkas Rp 23,8 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana memangkas anggaran subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Elpiji hingga Rp 23,8 triliun.‎

Anggaran subsidi untuk sektor ini sekitar Rp 63,7 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengungkapkan hal itu usai Sidang Kabinet Paripurna bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta‎.

Bambang menuturkan, pemangkasan anggaran subsidi BBM dan elpiji menjadi salah satu rencana penghematan oleh pemerintah yang mencapai Rp 45,5 triliun dalam RAPBN-P 2016.

"Nah tentunya juga ada penghematan atau di sisi lain, subsidi BBM dan elpiji itu bisa berkurang sampai Rp 23,8 triliun," kata Bambang, Kamis (7/4/2016).

 

Baca Juga

  • Menkeu Tak Akan Hapus Subsidi Solar
  • Pemerintah Perlu Ubah Pengalihan Subsidi Solar
  • Ini Cara Pemerintah Potong Subsidi Pangan

Source: liputan6.com
Pemerintah Pangkas Anggaran Belanja K/L Rp 50 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memutuskan untuk memangkas anggaran belanja kementerian dan lembaga (K/L) dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) 2016.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah akan memangkas anggaran dalam RAPBNP 2016 sebesar Rp 50 triliun. Nantinya K/L yang memiliki anggaran paling besar akan mendapatkan pemotongan yang paling besar pula.

"Ada pengurangan budget Rp 50 triliun dan itu sudah ada ketentuannya. Semakin besar budget-nya, semakin besar pemotongan," ujar dia di Jakarta, Kamis (7/4/2016).

 

Baca Juga

  • Ini Revisi Asumsi Makro dalam RAPBNP 2016
  • Cegah Krisis, Pemerintah Bisa Gunakan APBN buat Selamatkan Bank
  • Harga Minyak Jatuh, Menkeu Siap Revisi APBN 2016

Source: liputan6.com
Anggaran Kementerian PUPR Dipangkas Rp 8 triliun

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memangkas alokasi anggaran untuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk tahun anggaran 2016 sebesar Rp 8 triliun. Pemangkasan tersebut untuk mengikuti amanat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan efisiensi. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono menjelaskan, pemangkasan ini bentuk bagian dari penghematan anggaran yang diarahkan Presiden RI Joko Widodo dalam Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta, yang berlangsung Kamis (7/4/2016) ini. "Kementerian PUPR mendapat rencana penghematan Rp 8 triliun. Jadi sebelumnya Rp 104 triliun, nanti dikurangi Rp 8 triliun," kata Basuki, Kamis (7/4/2016).

Penghematan anggaran ini akan diambil dari sisa hasil lelang, dimana saat ini sudah ada anggaran yang dimaksud sebesar Rp 2,5 triliun. Selain itu, dirinya juga merencanakan akan memotong anggaran operasional seperti perjalanan dinas dan rapat-rapat.

Baca Juga

  • Presiden Jokowi Pangkas Anggaran di 60 Kementerian dan Lembaga
  • Ahok Banyak Potong Anggaran Dinas, Dialihkan ke Mana?
  • Komentar Menteri ESDM Soal Pemangkasan Anggaran

Source: liputan6.com
Top 3: Lowongan Pekerjaan di Pertamina

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan nasional yang bergerak di sektor energi, PT Pertamina (Persero) terus mengembangkan lini bisnis untuk mewujudkan cita-cita sebagai perusahaan skala global. Untuk itu, beberapa ekspansi proyek bakal terus dilakukan sepanjang tahun ini.

Tentu saja, pengembangan lini bisnis tersebut mendorong Pertamina untuk menambah tenaga kerja alias sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, hingga pekan depan perusahaan tersebut membuka lebar-lebar bagi putra-putri bangsa untuk bergabung.

Artikel mengenai dibukanya lowongan di Pertamina tersebut menjadi artikel yang banyak dibaca. Selain itu ada beberapa artikel lain yang juga layak untuk disimak seperti kenaikan batas gaji yang dikenai pajak dan juga tips kepemimpinan.

Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Kamis (7/4/2016) sore:

1. Ingin Bekerja? Cek Saja Lowongan Kerja di Pertamina Ini
Petugas PT. Pertamina (Persero) melintas Refinery Unit (RU) atau kilang VI Balongan di Indramayu, Jawa Barat, (14/1). RU VI Balongan merupakan tumpuan produksi BBM jenis Pertamax Series milik PT. Pertamina (Persero). (Liputan6.com/Helmi Afandi)
Perusahaan minyak dan gas nasional, PT Pertamina (Persero) terus meningkatkan lini bisnisnya demi menjadikan perusahaan sebagai pemain global. Untuk itu, beberapa ekspansi proyek bakal terus dilakukan.

Upaya mendukung peningkatan kinerja perusahaan‎, salah satu yang dilakukan Pertamina adalah meningkatkan kualitas dan jumlah sumber daya manusia (SDM). Untuk itu Pertamina membuka kesempatan kerja bagi seluruh warga negara Indonesia untuk mengisi beberapa lowongan di perusahaan ini.

Melalui program rekrutmen ini, Pertamina ingin menjadikan para pelamar untuk memajukan bisnis perusahaan di bidang energi baru terbarukan yang terus dikembangkan setiap tahunnya. Selengkapnya baca di sini.

2. Gaji Rp 4,5 Juta Bebas Pajak Berlaku Surut di Januari 2016
Suasana kantor pajak di Kebon Jeruk, , Jakarta, Kamis (19/11/2015). Ditjen pajak akan menghapus atau mengurangi sanksi administrasi atas keterlambatan pembayaran dan pelaporan pajak.(Liputan6.com/Gempur M Surya)
Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menaikkan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari Rp 3 juta per bulan menjadi Rp 4,5 juta per bulan. Aturan tersebut dijanjikan terbit pada Juni 2016 dan berlaku surut mulai Januari 2016.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menjelaskan, pemerintah akan menaikkan PTKP dari semula Rp 36 juta setahun atau Rp 3 juta sebulan ke Rp 54 juta setahun atau Rp 4,5 juta sebulan.

Batas PTKP tersebut untuk pekerja lajang. Sedangkan untuk pekerja yang telah memiliki suami atau istri dan anak akan ada hitungan tersendiri. Untuk melaksanakan rencana tersebut pemerintah telah melapor ke DPR. Selengkapnya baca di sini.

3. Anda Telah Gagal Jadi Bos Bila Lakukan 3 Hal Ini
Foto: www.emirates247.com
Menjadi pimpinan bukanlah hal yang mudah. Demi menjaga kualitas perusahaan, maka Anda juga harus memiliki para pekerja yang tepat. Hal ini dapat dimulai dari proses perekrutan, hingga memperhatikan kinerja untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Perekrutan adalah salah satu bagian yang paling menantang dalam membangun dan menumbuhkan perusahaan. Dengan semua penawaran dari mereka yang memiliki bakat luar biasa, maka Anda harus benar-benar melakukan seleksi yang tepat.

Anda harus benar-benar selektif atau Anda akan gagal menjadi pimpinan. Terdapat beberapa tips yang harus Anda hindari sebagai pimpinan agar tidak disebut gagal. Selengkapnya baca di sini.


Source: liputan6.com
Jonan Lantik Pudji Hartanto Sebagai Dirjen Perhubungan Darat Baru

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan melantik Pudji Hartanto Iskandar sebagai Dirjen Perhubungan Darat di Kantor Kemenhub Kamis (7/4/2016) sore. Pudji Hartanto Iskandar sebelumnya bertugas sebagai Kapolda Sulawesi Selatan dan Barat dan pernah menjabat sebagai Kakorlantas Polri tahun 2012-2014.

Menhub Jonan yang ditemui usai pelantikan mengatakan dengan sistem seleksi dan rekrutmen untuk pejabat di Kemenhub bersifat terbuka yang memungkinkan pejabat eselon I di lingkungan Kemenhub berasal dari instansi lain. "Oleh sebab itu, Kemenhub mengusulkan kepada Presiden untuk Dirjen Hubdat salah satunya Pak Pudji," jelas Jonan, Kamis (7/4/2016).

Dalam sambutannya, Menhub Jonan menyampaikan pesan yang menjadi tugas besar Dirjen Perhubungan Darat, Pudji Hartanto dalam waktu dekat ini antara lain melakukan revisi anggaran tahun 2016, menyelesaikan hal-hal yang terkait dengan isu sarana angkutan umum berbasis online. 

Baca Juga

  • Gagal Atasi Macet, Dirjen Perhubungan Darat Mundur
  • Dirjen Perhubungan Darat Mundur, YLKI Acungi Jempol
  • Organda Duga Anak Buah Menhub Jonan Mundur karena Tertekan

Source: liputan6.com