Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Minggu, 03 April 2016
BERANI BEDA: Ide Bisnis Perempuan Ini Muncul dari Rumah Kotor

Liputan6.com, Jakarta - Padatnya aktivitas membuat banyak orang tidak memiliki waktu untuk membersihkan rumah. Di saat seperti itu, muncul keinginan untuk mempekerjakan seorang Asisten Rumah Tangga (ART).

Namun, kini banyak kesulitan untuk mencari asisten rumah tangga yang cocok. Belum lagi banyaknya kasus kejahatan yang melibatkan asisten rumah tangga, tentu membuat sebagian orang berpikir dua kali sebelum memilih mana asisten rumah tangga yang tepat.

Inilah yang  menjadi alasan Jessica Neviana Giovanni mulai mencoba bisnis jasa membersihkan rumah secara online sejak 2015.

Apalagi, dia melihat perkembangan pasar dan fenomena masyarakat yang mulai kerepotan membersihkan rumah tanpa dibantu. Bersama beberapa rekannya, Jessica mendirikan Go-Maid, Jasa pembersih hunian.

Dengan modal awal ratusan juta rupiah, Jessica kerap mendapatkan pesanan setiap harinya. Kini meski belum berjalan setahun, pelanggan jasa Go Maid sudah mulai cukup banyak. Ingin tahu cerita lengkapnya, simak video Berani Beda berikut!


Source: liputan6.com
Mau Kerja dari Rumah? Lakukan 5 Hal Ini Biar Makin Produktif

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi yang semakin cepat membuat banyak orang akhirnya memilih untuk bekerja dari rumah. Selain dapat mengatur waktu dengan lebih fleksibel, bekerja di rumah pun dapat membuat Anda menghemat energi lebih banyak.

Walaupun memiliki keuntungan yang banyak, bukan berarti bekerja di rumah tidak memiliki konsekuensinya tersendiri. Lalu bagaimana agar Anda tetap produktif? Melansir huffingtionpost, Minggu (3/4/2016) berikut tipsnya:

1. Tentukan jam kerja

Meskipun Anda sedang berada di rumah namun upayakan untuk mengatur waktu kerja Anda layaknya pegawai yang bekerja di kantor. Dengan memakai cara ini maka suasana kerja dan mind set Anda pun akan tercipta seakan Anda sedang berada di kantor menyelesaikan tugas yang ada.

2. Tentukan target kerja

Bekerja di rumah bukan berarti Anda bisa bersantai dan menghabiskan waktu lebih lama untuk beristirahat. Agar pekerjaan Anda bisa selesai setiap harinya coba buat target dan tujuan akhir setiap akhirnya untuk semua pekerjaan yang Anda kerjakan. Dengan demikian Anda pun akan terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu setiap harinya.


Source: liputan6.com
4 Cara Agar Cepat Naik Gaji

Liputan6.com, Jakarta - Sudahkah Anda menerima bayaran sesuai dengan beban kerja yang ditanggung? Jangan-jangan, selama ini sebenarnya Anda dapat memperoleh gaji lebih tinggi.

Pasalnya, melansir laman CNBC, Minggu(3/4/2016), sejumlah ahli finansial menemukan terdapat selisih gaji yang cukup besar bagi sejumlah orang dengan jabatan setara di perusahaan.

Seringkali perbedaan usia, pengalaman kerja dan pendidikan menjadi faktor utama melebarnya selisih pembayaran gaji tersebut.

Baca Juga

  • Inikah Pekerjaan Bergaji Paling Tinggi di Indonesia?
  • Mau Cicil Mobil dengan Gaji Pokok Rp 3 Juta? Cek di Sini
  • Profesi ini Memberikan Gaji Lebih Tinggi kepada Karyawan Wanita

Source: liputan6.com
Miliarder Ini Undang J-Lo ke Pernikahan Mewah Sang Anak

Liputan6.com, Jakarta - Harta yang melimpah membuat salah satu miliarder terkaya di dunia, Mikhail Gusteriv tak ragu menghabiskan banyak uang demi menggelar pernikahan mewah bagi puteranya.

Tak tanggung-tanggung, pengusaha sukses asal Rusia tersebut menghabiskan uang puluhan miliar rupiah termasuk mengundang penyanyi papan atas Jennifer Lopez untuk menghibur para tamu undangan.

Tak hanya itu, melansir laman 9News, Minggu (3/4/2016), kemewahan pernikahan sang putra, Said Gusteriv dapat dilihat dari gaun mempelai wanita yang dibanderol seharga US$ 480 ribu atau Rp 6,3 miliar (estimasi kurs: Rp 13.283 per dolar AS). Said menikahi mahasiswi jurusan kedokteran, Khadiza Uzakov yang telah menemaninya selama empat tahun.

Pernikahan megah itu tak hanya memanjakan para pengantin juga tentu saja para tamu undangan. Seluruh tamu undangan dijemput menggunakan mobil mewah ke tempat acara berlangsung di Moscow. Bunga-bunga besar menutupi sebagian besar dinding gedung tempat pernikahan keduanya.

Baca Juga

  • Pesta Pernikahan Mewah, Bertabur iPad dan iPhone 6S
  • Pernikahan Hewan Peliharaan Termahal di Dunia
  • 5 Pesta Pernikahan Termahal Sepanjang Sejarah

Source: liputan6.com
Punya Mimpi Jadi Orang Sukses? Terapkan 5 Hal Ini Agar Terwujud

Liputan6.com, Jakarta - Sukses merupakan satu hal yang diimpikan oleh banyak orang. Tapi tidak semua orang mampu mewujudkannya. Jalan menuju kesuksesan tidaklah mudah, namun dengan usaha yang tepat Anda pun mampu mewujudkannya.

Lalu bagaimana caranya agar sukses yang Anda inginkan dapat terwujud dengan nyata? Melansir inc.com, Senin (2/4/2016), berikut ulasannya:

1. Selalu belajar

Orang sukses akan selalu memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk belajar hal-hal baru. Mereka mengerti betul bahwa ilmu yang bermanfaat akan selalu mampu membantunya mencapai kesuksesan nantinya.

2. Tidak mengeluh

Mengeluh itu adalah kebiasaan yang dianggap benar. Jika dilihat, sebenarnya mengeluh adalah salah satu tanda tidak bersyukur. Apabila Anda ingin sukses dalam hidup, maka Anda harus menghentikan kebiasaan ini.

3. Memanfaatkan waktu dengan maksimal

Waktu adalah satu hal paling bernilai dalam hidup. Mulailah memanfaatkan waktu 24 jam yang tersedia menjadi lebih efektif dan efisien. Lihat perbedaannya dalam produktivitas dan kebahagiaan hidup Anda. Dengan kualitas hari yang lebih baik, maka tingkat kepuasan hidup Anda pun bisa semakin bertambah.

4. Waktu istirahat cukup

Banyaknya kegiatan dalam sehari terkadang membuat banyak orang sulit untuk beristirahat. Padahal, waktu untuk istirahat adalah satu hal yang harus Anda sisihkan.

5. Berani ambil resiko

Risiko, satu kalimat yang seringkali menakutkan bagi sebagian besar orang. Namun jika anda ingin hidup yang lebih baik, maka anda harus berani mengambil resiko. Dengan mengambil resiko, Anda pun dapat melihat kesempatan besar yang mungkin saja terlewatkan. (Vna/Gdn)


Source: liputan6.com
Indonesia butuh Ribuan Analis Finansial Bersertifikat CFA

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan industri pasar modal nasional dan jumlah penduduk Indonesia yang besar masih belum diimbangi dengan penetrasi dan kesadaran masyarakat akan investasi dalam pasar modal. Untuk itu dibutuhkan banyak analis finansial yang mendapat sertifikasi CFA (Chartered Financial Analyst) untuk mengembangkan pasar modal di Tanah Air di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

President CFA Society Indonesia Pahala N Mansury mengatakan, pasar modal Indonesia sangat potensial untuk berkembang. Untuk itu sangat diperlukan analis pemegang sertifikat CFA untuk memajukan pasar modal, namun jumlahnya saat ini di Indonesia masih sangat kurang.

“CFA sangat diperlukan untuk membantu menganalisa dalam pengambilan keputusan keuangan. Namun, jumlah pemegang sertifikat di Indonesia masih sangat kecil bahkan relatif sama dengan Srilanka yang market cap-nya lebih kecil dari Indonesia,” kata Pahala diJakarta, Sabtu (2/4/2016).

Baca Juga

  • BEI dan OJK Sepakat Soal Perubahan Fraksi Harga Saham
  • Dorong Pasar Modal Syariah, BEI Rangkul Investor Rumah Tangga
  • Aliran Modal Asing Serbu RI, BEI Siapkan Produk Terbaru

Source: liputan6.com
25 Negara dengan Harga Bensin Termurah, Indonesia Urutan Berapa?

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia telah mengalami tekanan dalam dua tahun terakhir. Di pertengahan 2014 lalu, harga minyak mentah berada di atas US$ 100 per barel. Namun saat ini, harga tersebut terdiskon banyak sehingga hanya berada di kisaran US$ 40 per barel.

Tentu saja, murahnya harga minyak mentah tersebut akan sangat berdampak terhadap harga bensin. Bensin merupakan produk olahan yang dihasilkan minyak mentah.

Baca Juga

  • Cuma Bensin yang Berharga Murah di Venezuela, Susu Tak Terbeli
  • Harga Pertamax Cs Turun Hari Ini, Cek Daftarnya
  • Harga Premium dan Solar Turun Rp 500 per Liter

Source: liputan6.com
RI Akan Bangun Pembangkit Nuklir Torium Pertama di ASEAN

Liputan6.com, Jakarta - Era penggunaan energi fosil seperti bahan bakar minyak (BBM) perlahan akan sirna tergantikan energi yang ramah lingkungan. Indonesia mulai melirik membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) non uranium, melainkan berbasis unsur torium atau nuklir hijau.

Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) untuk Pokja Energi, Zulnahar Usman mengungkapkan,  pihaknya telah mempresentasikan arah kebijakan energi ke depan dengan membangun pembangkit listrik berbahan bakar torium kepada Presiden Joko Widodo. Sebuah energi nuklir yang mengandung unsur reaktif lebih aman dibanding uranium.

"Sudah dipresentasikan ke Presiden. Presiden sudah  mempelajarinya beberapa kali dan dianggap bagus, juga bisa dilaksanakan. KEIN akan terus mengawalnya  melalui Pokja Energi dan Sumber Daya Mineral mendukung penggunaan energi alternatif torium," jelas Zulnahar saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Minggu (3/4/2016).

 

Baca Juga

  • DEN Siapkan Skenario Pengembangan Energi Nuklir
  • Kapan RI Punya PLTN? Ini Kata Menristekdikti
  • Wacana Pembangunan PLTN di RI Sejak 1960

Source: liputan6.com
Omzet Triliunan Rupiah, Setoran Pajak Pedagang Tanah Abang Seret

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan mengungkapkan banyaknya pedagang di pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat yang belum patuh memenuhi kewajibannya menyetor pajak penghasilan (PPh). Padahal perputaran uang di pasar terbesar se-Asia Tenggara itu mencapai triliunan rupiah.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanah Abang Dua, Dwi Astuti mencatat ada lebih dari 20 ribu Wajib Pajak (WP) di pasar Tanah Abang. Namun yang terdaftar dan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) hanya 4 ribu orang. Ironisnya lagi dari 4 ribu yang punya NPWP, yang membayar pajak cuma separuhnya.

Lanjutnya, kondisi serupa juga terjadi di Thamrin City (Thamcit). Dari 1.500 pedagang, tercatat hanya 250 pedagang di Thamcit yang menggenggam NPWP.

Baca Juga

  • Buka Data ke Pajak, Bank Harus Taat UU Kerahasiaan Nasabah
  •   Ini Alasan Ditjen Pajak Intip Data Kartu Kredit Nasabah
  • RI Bisa Contek Program Pengampunan Pajak dari 3 Negara Ini

Source: liputan6.com
Seminggu Lagi, Paket Kebijakan Jilid XII Bakal Dirilis

Liputan6.com, Jakarta - Setelah merilis paket kebijakan XI soal Kredit Usaha Rakyat Berorientasi Ekspor (KURBE), pemerintah akan kembali mengumumkan paket kebijakan lanjutan paling cepat satu minggu ke depan. Paket kebijakan jilid XII ini akan berfokus pada kemudahan berbisnis (ease of doing business), terutama di daerah.

"Kita akan ada paket besar yang keluar seminggu atau 10 hari lagi terkait ease of doing business," tegas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, seperti ditulis Minggu (3/4/2016).

Ia membocorkan sedikit mengenai isi paket kebijakan XII yang bertujuan untuk menyederhanakan perizinan di daerah, khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

 

Baca Juga

  • Pengusaha Yakin Paket Kebijakan XI Bisa Jadi Stimulus
  • Menanti Dampak Penyempurnaan Paket Kebijakan Ekonomi
  • Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XI Atur Kembali Soal Dwelling Time

Source: liputan6.com
Top 3: Jajaran Pemimpin Terbaik di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Majalah Fortune baru saja mengeluarkan daftar World’s Greatest Leader atau Pemimpin Terbaik di Dunia pada 24 Maret kemarin.

Dalam daftar tersebut memuat beberapa nama yang mampu memakai kemampuannya untuk mengubah dunia dan menginspirasi orang lain untuk berbuat hal yang sama.

Nama-nama besar seperti CEO Amazon, Jeff Bezos dan CEO Apple Tim Cook, masuk e dalam daftar tersebut. Jajaran pemimpin terbaik di dunia menjadi artikel yang paling dicari pembaca.

Lengkapnya berikut tiga berita paling populer di kanal bisnis Liputan6.com:

1. Ini Dia 5 Pemimpin Terbaik Dunia

Timothy D. Cook adalah chief executive officer di perusahaan multimedia Apple Inc. Ia sudah bekerja di Apple sejak tahun 1988. Tugas utamanya adalah mengelola operasi harian di perusahaan tersebut.

Tim Cook menggantikan posisi CEO Apple yang sebelumnya dipegang oleh Steve Jobs. Ia naik menjadi CEO sejak Steve Jobs mundur dari jabatannya pada 24 Agustus 2011.

CEO Apple hanya satu dari sejumlah pemimpin terbaik di dunia. Siapa lagi yang masuk daftar itu? Temukan jawabannya di sini

2. Mau Makin Sukses? Jalani 7 Kebiasaan Ini

Setiap orang memiliki keinginan yang besar untuk sukses dalam hidup. Itulah mengapa sebagian besar dari kita terus berjuang untuk menggapai mimpi yang selama ini dimiliki.

Walaupun jalan kesuksesan yang ditempuh oleh setiap orang berbeda-beda, beberapa perilaku sehari-hari ternyata dapat menjadi pengaruh besar.  Apa saja kebiasaan itu? Simak selengkapnya di sini!

3. 6 Cara Dapat Uang Tanpa Bekerja

Demi mendapat pekerjaan banyak orang rela melakukan apa saja. Padahal untuk memperoleh penghasilan, Anda tak melulu harus bekerja.

Selalu fokus pada kemampuan yang dimiliki atau pada kegiatan favorit dapat menjadi jalan untuk mendapatkan uang.

Lagipula, memanfaatkan keahlian tak selalu berarti Anda harus bekerja dan menghabiskan waktu berjam-jam di kantor.  Bagaimana caranya? Baca selengkapnya di sini!

(Ndw/Gdn)


Source: liputan6.com
Konsultasi Pajak: Kenapa NPWP Tidak Valid Saat Aktifkan e-FIN?

Liputan6.com, Jakarta - NPWP saya tidak valid saat saya ingin mengaktifkan e-FIN, dan saya mencoba beberapa kalau namun muncul pesan: NPWP tidak terdaftar.

Padahal saya melakukan penginputan NPWP sesuai dengan Kartu NPWP yang saya pegang.

1. Apa yang harus saya lakukan utk klarifikasi masalah tidak terdaftarnya NPWP saya ?

2. Saat saya informasi ke pengaduan Pajak, saya lupa menyertakan e-FIN beserta NPWP Apakah ada dampak yang timbul dengan saya menyertakan e-FIN saya, apakah mungkin disalahgunakan oleh oknum pajak?

Apa yang harus saya lakukan, apakah perlu minta perubahan e-FIN baru ?

Mohon arahan dan penjelasannya

Terimakasih

Pengirim: Setiawan

Jawaban:

Yth. Sdr. Setiawan,

Kami sarankan agar Saudara untuk datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat Saudara terdaftar dengan membawa asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk membuktikan bahwa Saudara adalah pemilik kartu NPWP yang sah sehingga NPWP saudara dapat segera divalidasi.

Untuk menjaga kerahasiaan data, kami sarankan Saudara untuk tidak pernah memberikan informasi password DJP Online kepada pihak-pihak lain yang tidak berkepentingan.

 

Demikian penjelasan kami. Semoga membantu. 

Salam, 

Aldonius, S.E.

Konsultan Pajak – Citas Konsultan Global

 

www.citasco.com

Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan


Source: liputan6.com
Pedagang Pasar Tradisional Tuding 50% Toko Modern Bodong

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (IKAPPI) menyebut ritel modern telah menggurita hingga mencapai lebih dari 36 ribu gerai di seluruh Indonesia. Ironisnya, dari jumlah tersebut, hampir 50 persennya terindikasi bodong atau tidak mengantongi kelengkapan izin.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP IKAPPI, Mohammad Ainun Najib dalam keterangan resminya menilai, jumlah toko modern di Indonesia yang mencapai lebih dari 36 ribu gerai sudah pada level mengkhawatirkan. Sebab basis pasar tradisional saja hanya sekitar 12 ribu pasar. 

Baca Juga

  • Pengusaha Curhat Toko Ritel Modern Dilarang Masuk Padang
  • Pinta Pengusaha Jika Kepemilikan Minimarket Dibuka Buat Asing
  • Pasar Tradisional Ini Disebut Sudah Berkelas Dunia

Source: liputan6.com
Begini Wajah Baru Bandara Husein Sastranegara Bandung

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Husein Sastranegara, Bandung yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) kini tampil dengan wajah baru, nyaman, berkapasitas besar dalam menampung arus penumpang mulai April 2016. Penumpang akan dimanjakan dengan sentuhan nuansa art gallery di bandara tersebut.

Menurut Director of Airport Service & Facility Angkasa Pura II, Ituk Herarindri, penampilan baru di Bandara Husein Sastranegara merupakan hasil pembangunan yang dimulai sejak 29 September 2014. Dengan keberhasilan proyek tersebut, bandara yang menjadi kebanggaan warga Jawa Barat ini sudah bisa dinikmati mulai April 2016. 

Baca Juga

  • AP II Minta Lion Air Kembalikan Investasi di Bandara Halim
  • Ini Cara Bandara Soetta Kalahkan Changi Singapura
  • Angkasa Pura II Kembangkan Bandara Silangit di Tapanuli Utara

Source: liputan6.com
Regasifikasi Bali, Mini LNG Pertama di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menandatangani perjanjian pembelian perdana LNG (gas alam cair) dengan PT Pertamina (Persero), Total E&P Indonesie, Inpex Corporation untuk pasokan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Gas di Pesanggrahan, Benoa, Bali. Pembangkit ini akan dialirkan gas rata-rata 30 juta kaki kubik per hari (mmscfd) dan beroperasi pada April 2016.

Penandatanganan Master Sales and Purchase Agreement (MSPA) dan Confirmation Notice (CN) terkait pembelian perdana LNG dari Bontang ini disaksikan langsung Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said. 

Baca Juga

  • Akhir Tarik Ulur Lokasi Kilang LNG Masela
  • PGN Siap Salurkan 8 Kargo LNG di Tahun Ini
  • FSRU Lampung Siap Pasok Gas ke Pembangkit di Program 35 Ribu MW

Source: liputan6.com
Jonan Batal Pangkas Frekuensi Penerbangan di Bandara Soetta

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan membatalkan rencana pemangkasan frekuensi penerbangan per jam di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng dari 72 menjadi 60 frekuensi. Awalnya aturan tersebut bakal mulai berlaku Senin (4/4/2016).

Hal ini diakui Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Budi Karya Sumadi. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut merupakan pengelola dari Bandara internasional Soetta. 

Baca Juga

  • Kemenhub Rampungkan Pembangunan Bandara‎ di Kalimantan Utara
  • Kemenhub: Transportasi di Bandara Akan Pakai Kendaraan Listrik
  • Tarif Airport Tax di Bandara Kelolaan AP II Naik Mulai 1 April

Source: liputan6.com
Jokowi Siap Resmikan 6 Pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menuntaskan pembangunan enam pelabuhan yang tersebar di Provinsi Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat. Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan enam pelabuhan tersebut pada 5 dan 6 April 2016 di Maluku dan Papua Barat.

"Seluruh pelabuhan ini dibangun melalui sumber dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kemenhub periode 2015," ucap Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, J.A Barata dala, keterangan resminya di Jakarta, Minggu (3/4/2016). 

Baca Juga

  • Kemenhub Rampungkan Pembangunan Pelabuhan Wasior
  • Kemenhub Rampungkan Pembangunan 5 Pelabuhan di Sulawesi Tenggara
  • Pelabuhan Sunda Kelapa Bakal Jadi Tempat Parkir Tamu Luar Negeri

Source: liputan6.com
Alasan Menhub Jonan Batal Kurangi Frekuensi Penerbangan di Soetta

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membatalkan keputusan untuk mengalihkan frekuensi penerbangan pada jam-jam sibuk ke waktu yang lebih longgar dari 72 menjadi 60 frekuensi per jam. Alasan kuat yang mendasarinya karena maskapai penerbangan sudah terlanjur menjual tiket dalam beberapa bulan ke depan.

Direktur Operasi AirNav Indonesia, Wisnu Darjono mengungkapkan, Kemenhub melihat adanya ketidakseimbangan pelaksanaan jadwal frekuensi penerbangan.

Frekuensi penerbangan dari dan menuju Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Cengkareng ramai di jam-jam tertentu yang disebutnya sebagai golden time. Namun ternyata jadwal penerbangan bisa dalam kondisi sepi di waktu-waktu tertentu pula. 

Baca Juga

  • Jonan Batal Pangkas Frekuensi Penerbangan di Bandara Soetta
  • Begini Wajah Baru Bandara Husein Sastranegara Bandung
  • Kemenhub: Transportasi di Bandara Akan Pakai Kendaraan Listrik

Source: liputan6.com
Top 3: Daftar Negara Paling Kaya di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Daftar terbaru yang dikeluarkan oleh Global Finance Magazine mengungkap sejumlah negara di dunia dengan pendapatan per kapita terbesar. Beberapa negara ini pun sukses menjadikan diri sebagai negara terkaya di dunia.

Analisis tersebut didasarkan dari data yang didapat oleh World Bank dan International Monetary Fund (IMF). Dari data tersebut dapat dilihat bahwa negara dengan luas wilayah kecil masih mampu mendapuk peringkat atas.

Daftar negara terkaya di dunia menjadi artikel yang paling bikin penasaran pembaca. Lengkapnya, berikut tiga  berita terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com, Minggu (3/4/2016)

1. 7 Negara Paling Kaya di Dunia, Mana Saja?

Dengan PDB per kapita sekitar US$ 67.201, Uni Emirat Arab masuk dalam daftar negara terkaya dunia.  Uni Emirat Arab adalah sebuah negara federasi dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi.

Jabatan Presiden dan Wakil Presiden negara ini dilantik oleh Majelis Tertinggi setiap lima tahun sekali. Majelis Tertinggi juga melantik barisan kabinet sementara Majelis Federasi Kebangsaan yang mempunyai anggota sebanyak 40 orang dari ketujuh negara bagian meneliti dan membincangkan Undang-undang (UU) yang dicadangkan.

Mau tahu negara mana lagi yang masuk dalam daftar prestius tersebut? Baca selengkapnya di sini!

2. 25 Negara dengan Harga Bensin Termurah, Indonesia Urutan Berapa?

 Harga minyak dunia telah mengalami tekanan dalam dua tahun terakhir. Di pertengahan 2014 lalu, harga minyak mentah berada di atas US$ 100 per barel. Namun saat ini, harga tersebut terdiskon banyak sehingga hanya berada di kisaran US$ 40 per barel.

Tentu saja, murahnya harga minyak mentah tersebut akan sangat berdampak terhadap harga bensin. Bensin merupakan produk olahan yang dihasilkan minyak mentah.

Mengutip msn.com, rata-rata harga jual bensin di dunia adalah US$ 1,04 per liter atau kurang lebih Rp 13.796 per liter (estimasi kurs: 13.266 per dolar AS). Harga tersebut merupakan harga jual ke konsumen dari produsen.

Namun memang, setiap negara memiliki harga yang berbeda-beda. Ada negara yang menerapkan harga yang cukup tinggi karena tidak memberikan subsidi, namun juga ada negara yang memberikan harga sangat rendah karena diberikan subsidi.

Negara saja yang harga bensinnya paling murah di dunia? Temukan jawabannya di sini!

3. RI Akan Bangun Pembangkit Nuklir Torium Pertama di ASEAN

Era penggunaan energi fosil seperti bahan bakar minyak (BBM) perlahan akan sirna tergantikan energi yang ramah lingkungan. Indonesia mulai melirik membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) non uranium, melainkan berbasis unsur torium atau nuklir hijau.

Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) untuk Pokja Energi, Zulnahar Usman mengungkapkan,  pihaknya telah mempresentasikan arah kebijakan energi ke depan dengan membangun pembangkit listrik berbahan bakar torium kepada Presiden Joko Widodo. Sebuah energi nuklir yang mengandung unsur reaktif lebih aman dibanding uranium. Baca selengkapnya di sini!

(Ndw/Nrm)


Source: liputan6.com