Prev April 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
01 02 03 04 05 06 07
Berita Kurs Dollar pada hari Minggu, 10 April 2016
3 Wanita Pengusaha Indonesia Paling Berpengaruh di Asia

Liputan6.com, Jakarta - Wanita pebisnis Indonesia diakui di dunia internasional. Buktinya, beberapa nama wanita pebisnis asal Tanah Air mendapatkan predikat sebagai wanita pebisnis paling berpengaruh di Asia.

Majalah Forbes merilis sejumlah nama wanita pebisnis yang di Asia peran mereka cukup berpengaruh. Yang membanggakan ada beberapa nama dari Indonesia. Meski tak banyak, itu cukup membuktikan bahwa wanita pengusaha Indonesia pun bisa sukses dan tak bisa dipandang sebelah mata.

Dari 50 orang wanita pebisnis paling berpengaruh tersebut, ada tiga nama yang berasal dari Indonesia. berikut nama mereka seperti dilansir dari Forbes, Sabtu (9/4/2016).

1. Shinta Widjaja Kamdani - CEO Sintesa Group

Wanita berumur 49 tahun ini lahir dari keluarga pengusaha. Shinta belajar berbisnis dari sang Ayah Johnny Widjaja dan kakeknya Oey Kim Tjiang. Sintesa adalah perusahaan yang dimulai dari bisnis perkebunan karet yang dinamai Tigaraksa di 1919 dan sekarang menjadi distributor terbesar dari produk konsumsi.

Melalui Sintesa, Shinta mengendalikan 17 perusahaan yang bergerak di bermacam-macam industri, mulai dari properti, manufaktur energi, dan produk konsumsi.


2. Parwati Surjaudaja - Presdir dan CEO Bank OCBC NISP

Parwati Surjaudaja (Foto: Forbes)

Parwati adalah satu dari sedikit bankir sukses di Indonesia. Wanita ini telah mengepalai bank NISP sejak Desember 2008 setelah bergabung di 1990 sebagai direktur. Bank tersebut didirikan pada 75 tahun lalu di Bandung dan dimiliki oleh kakeknya.

Ayahnya, Karmaka, mengubah bank ini menjadi salah satu bank terbesar dan sekarang berada di peringkat 12 dengan aset mencapai US$ 9,2 miliar.


3. Wendy Sui Cheng Yap - Co-founder, President Director & CEO Nippon Indosari

Wendy Sui Cheng Yap  (Foto: Forbes)

Wendy adalah CEO dari produsen roti Nippon Indosari atau yang lebih terkenal dengan merek Sari Roti. pada Februari lalu, perusahaannya melakukan kerja sama joint venture untuk membuka pabrik di Filipina. Nippon akan berinvestasi sekitar US$ 6,8 juta dan menjadi pemegang saham terbesar di kerja sama tersebut.

Perusahaannya terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan memiliki pendapatan US$ 121,9 juta pada sembilan bulan pertama di 2015. Yap adalah anak dari Piet Yap, mantan eksekutif Salim Group.


Source: liputan6.com
Kalimat Ini Tak Pernah Diucapkan Orang yang Paham Uang

Liputan6.com, Jakarta - Pengetahuan soal mengelola keuangan memang penting. Karena pengetahuan ini bisa menentukan apakah Anda bisa tetap kaya atau sebaliknya.

Misalnya meski Anda punya uang Rp 1 miliar tapi tidak tahu cara mengelola, uang Anda bisa habis dengan cepat tanpa Anda sadari.

Sudah banyak selebritas Hollywood yang bangkrut gara-gara tidak bisa manajemen uang yang buruk atau terlilit utang.

Baca Juga

  • Boleh Ditiru, Inilah Kebiasaan Hemat Para Tokoh Dunia
  • 7 Kalimat “Sakti” Saat Teman Mau Pinjam Uang Tapi Tidak Dikembalikan
  • Trik Pakai Kartu Kredit Tapi Bebas Utang

Source: liputan6.com
Pria Ini Konsumsi 4.000 Kalori per Hari Demi Bisnis

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang mengkonsumsi sekitar 2.000 kalori per hari. Uniknya, bos sebuah restoran di Amerika Serikat, Sam Fox justru mengkonsumsi dua kali lipatnya, atau sekitar 4.000 kalori per hari. Bahkan 4.000 kalori tersebut bisa dikonsumsi sebelum makan siang. Alasannya satu, dia melakukan itu karena bisnis yang dijalankannya.

Melansir laman Business Insider, Minggu (10/4/2016), sebagai CEO sekaligus pendiri Fox Restaurant Concepts, Sam Fox berkeliling ke berbagai negara dan mengunjungi 50 restoran untuk mencicipi berbagai menu setiap harinya. Fox mengaku, dirinya tak keberatan menelan begitu banyak kalori demi bisnis yang dijalaninya.

Sejak kecil, Fox memang telah banyak bersentuhan dengan dunia restoran.

"Orangtua saya memiliki sejumlah restoran yang buka selama sepekan penuh dan itu benar-benar mata pencaharian utama keluarga. Jadi selama masih usia sekolah, saya selalu pulang ke restoran dan jarang langsung pulang ke rumah," terang Fox.

Dia mengaku sangat senang bekerja di restoran. Setelah mengerjakan seluruh tugas sekolah, dia lantas membantu orangtuanya di dapur atau melayani pelanggan sebagai pelayan.

Ketertarikannya pada bisnis restoran bahkan membuatnya mengambil langkah berani untuk berhenti kuliah.

"Saya belajar keuangan di University of Arizona. Saat orangtua memutuskan untuk pindah ke Florida, saya berhenti kuliah di usia 20 tahun dan menggunakan sisa uang sekolah untuk mendirikan perusahaan," terangnya.

Sambil menjalani bisnis restoran, Fox menjelaskan dirinya selalu mencicipi berbagai cita rasa makanan lain. Kantornya selalu mengutamakan uji kelayakan dapur. Para koki juga selalu membawakan tiga hingga empat menu dalam satu waktu ke meja kerjanya.

"Mencicipi makanan mencakup 25 persen dari seluruh pekerjaan saya sebagai pemilik usaha restoran. Kami selalu mencicipi guna membuat inovasi masakan baru dan mencoba berbagai hal baru," tuturnya.

Dalam sehari, ia juga mengaku dapat mencicipi sekitar 20 menu makanan berbeda guna mendapatkan sensasi rasa terbaik. Bahkan saat melakukan perjalanan ke luar negeri dirinya tak pernah lupa mengunjungi berbagai restoran untuk sekadar mendapatkan sensasi rasa berbeda.


Source: liputan6.com
Kebiasaan Sederhana yang Bisa Dilakukan Siapapun Agar Jadi Kaya

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi, orang-orang kaya memiliki sikap dan kebiasaan yang seringkali berbeda dengan masyarakat biasa. Para miliarder senang memanfaatkan berbagai ketidakpastian, mengejar tekad, dan mendedikasikan paling sedikit 15 menit dari waktunya untuk benar-benar berpikir setiap hari.

Melalui penelitian yang dilakukan selama 5 tahun pada 177 orang terkaya dunia, penulis Thomas C. Corley menemukan satu kebiasaan penting para miliarder yang sederhana dan dapat ditiru siapapun. Para miliarder bangun sangat pagi, tiga jam sebelum hari kerja dimulai.

Melansir laman Business Insider, Minggu (10/4/2016), bangun lebih pagi merupakan strategi para miliarder untuk mencegah berbagai gangguan yang mungkin timbul di jam kerja seperti rapat yang terlalu lama atau lalu lintas terlalu padat. Tentu saja, waktu di pagi hari juga dimanfaatkan untuk menyusun agenda harian.

"Selalu saja ada kendala di hari kerja yang harus dihadapi. Lihat saja seberapa banyak orang yang merasa frustasi di akhir hari kerja karena masih ada beberapa hal yang tak terselesaikan," tutur Corley.

Gangguan-gangguan itu menunjukkan Anda kurang lihai mengendalikan dan mengatur waktu sendiri. Hal itu membuat Anda kesulitan menuntaskan seluruh pekerjaan dengan baik.

Untung saja, solusinya sangat sederhana, yaitu bangun pagi.

"Bangun lebih awal dapat memberikan keleluasaan waktu dalam bekerja, membuat Anda lebih percaya diri dan memberikan kekuatan tersendiri dalam menghadapi berbagai tantangan di hari kerja," terangnya.

Beberapa miliarder yang tercatat gemar bangun pagi di antaranya pendiri Virgin Group Richard Branson. Ia bangun pukul 5.00 untuk olahraga sebelum bekerja. Selain itu CEO Square Jack Dorsey yang bangun pukul 5.30 untuk meditasi dan lari-lari kecil.`

Keduanya bukan satu-satunya miliarder yang gemar bangun pagi. Masih ada 175 orang terkaya dunia lain dengan kebiasaan serupa.


Source: liputan6.com
Punya Layanan Taksi Udara, Perusahaan Ini Beri Jaminan Keamanan

Liputan6.com, Jakarta - PT Whitesky Aviation kini tengah mengembangkan moda transportasi taksi udara di Indonesia dengan menggunakan helicopter. Lantas bagaimana jaminan keamanan dan keselamatan dari transportasi tersebut?

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengakui, alat transportasi sejenis helicopter memang memiliki resiko kecelakaan lebih besar jika dibandingkan dengan pesawat terbang.

"Kalau lihat beberapa kecelakaan helicopter, memang ada beberapa room untuk melakukan kesalahan lebih besar potensinya. Karena itu, hampir most of the time pilot helicopter dibutuhkan tingkat awareness-nya dibanding pilot jet. Kalau pilot jet selain take off dan landing, sisanya dilaksanakan mesin," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Minggu (10/4/2016).

 

Baca Juga

  • Di Indonesia Naik Taksi Udara Rp 13 Juta/Jam, Berapa Tarif di AS?
  • Pesan Taksi Udara Bisa Lewat Aplikasi di Ponsel
  • Ingin Coba Taksi Udara? Begini Caranya

Source: liputan6.com
Negara ASEAN Takut dengan Serbuan Tenaga Kerja RI

Liputan6.com, Jakarta - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menampik tenaga kerja asing, terutama negara-negara ASEAN telah menyerbu masuk ke Indonesia setelah pemberlakuan era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhir 2015. Indonesia dengan basis penduduk besar justru ditakuti negara di kawasan Asia Tenggara.

Anggota KEIN, Hariyadi Sukamdani membantah Indonesia sudah dibanjiri pembantu rumah tangga (PRT) asal Filipina. Alasannya, pemerintah telah melakukan berbagai usaha untuk membendung serbuan tenaga kerja asing. Salah satunya adalah sertifikasi, yaitu dengan menetapkan standar dan kompetensi yang diperlukan di kancah ASEAN.

"Tidak benar itu, PRT unskill, sedangkan yang boleh beredar hanya skill labour, seperti perawat, arsitek, dan lainnya. Unskill labour tidak bisa," kata Hariyadi saat berbincang dengan beberapa wartawan di acara diskusi KEIN, Jakarta, seperti ditulis Minggu (10/4/2016).

Baca Juga

  • Angka Kemiskinan Naik karena UMKM Tak Siap Hadapi MEA
  • SDM Filipina Bakal Jadi Pesaing Ketat Saat MEA
  • MEA Berlaku Tak Bikin Orang Asing Bisa Bebas Kerja di RI

Source: liputan6.com
PLN Tambah 10 Genset untuk Perkuat Pasokan Listrik Nias

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menambah 10 genset dengan kapasitas total 1.296 kilo Watt (kW) untuk mempercepat pasokan listrik kembali normal di Pulau Nias. Dengan begitu total daya mampu Pulau Nias menjadi 8,648 Mega Watt (MW).

Senior Manager Public Relations Agung Murdifi mengatakan, 10 genset dengan total daya mampu sebesar 1.296 kW telah tiba di PLN Area Gunung Sitoli, Kepulauan Nias. Empat genset tiba Sabtu pagi 9 April 2016. Sedangkan enam lainnya telah tiba pada Jumat pagi 8 April 2016.

"Setelah melalui perjalanan darat dan laut, genset-genset ini akan diperiksa terlebih dahulu baru siap menyuplai kebutuhan pelanggan umum di Nias," kata Agung, di Jakarta, Minggu (10/4/2016).

Agung mengungkapkan, 10 genset ini berasal dari PLN Wilayah Sumatera Barat 4x80 kW, Gardu Induk Sidempuan 1x240 kW dan 1x88 kW, GI Binjai 1×240 kW, GI Payakumbuh 1×240 kW, GI Siantar 1×88kW, dan PLN Area Dumai 80 kW.

 

Baca Juga

  • PLN Tempuh Berbagai Cara untuk Terangi Nias
  • Bangun Jaringan Listrik, PLN Dapat Pinjaman Lahan di Cikarang 
  • PLN Sediakan Listrik Gratis untuk Masyarakat Nias

Source: liputan6.com
Ambisi AP II Bawa Bandara Soetta Berkelas Dunia

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero), operator Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menargetkan peringkat bandar udara ini melesat ke posisi 20 sebagai bandara terbaik di dunia.

Pada tahun lalu, posisinya sudah menanjak dari peringkat 60 menjadi 57 terbaik dunia.
Direktur Utama Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi berambisi membawa Bandara Soetta menjadi World Class Airport pada 2016.

"Kalau sekarang posisinya 60 besar, targetnya minimal masuk 20 besar," ujar dia usai menjadi pembicara di acara Inspirato Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Minggu (10/4/2016).

Perseroan, Budi mengakui terus membangun dan mengembangkan Bandara Soetta untuk mendukung bandara ini menjadi bandara berkelas dunia. Beberapa strategi di antaranya, meningkatkan kapasitas Bandara Soetta serta meningkatkan kemampuan dan keahlian sumber daya manusia.

 

Baca Juga

  • Terminal 3 Ultimate Bisa Bikin Bandara Soetta Saingi Changi
  • Bos AP II: Keselamatan Penerbangan RI Selalu Diledek
  • Jonan Batal Pangkas Frekuensi Penerbangan di Bandara Soetta

Source: liputan6.com
Top 3: Niat Mengemis, Gelandangan Ini Malah Diberi Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kafe di Minneapolis, Amerika Serikat berhasil membuat banyak orang berdecak kagum karena kebaikan pemiliknya, Ces Abi. Bagaimana tidak, Abi mempekerjakan gelandangan yang datang meminta belas kasih dan mengemis ke kafenya.

Melansir laman 9News.com, Sabtu 9 April 2016 kisahnya dimulai saat seorang gelandangan pria meminta uang pada Abi. Namun Abi tak lantas memberinya uang begitu saja.

"Kenapa Anda tak bekerja, saya tak pernah menerima apapun secara gratis, selalu ada yang harus dibayar," ucap Abi pada sang pengemis.

Pria tersebut menjelaskan dirinya juga sangat ingin bekerja, tapi tak pernah berhasil mendapatkan satu pun pekerjaan. Itu karena dulu dirinya pernah terbelit kasus kriminal. Artikel berniat mengemis, gelandangan ini malah diberi pekerjaan telah menyita perhatian pembaca pada akhir pekan di kanal bisnis Liputan6.com.

Tak hanya itu, pengusaha Indonesia yang berpengaruh di Asia juga membuat penasaran pembaca di kanal bisnis Liputan6.com. Ingin tahu apa saja artikel terpopuler di kanal bisnis? Berikut tiga artikelnya seperti dirangkum pada Minggu (10/4/2016):

1. Berniat Mengemis, Gelandangan Ini Malah Diberi Pekerjaan

Sebuah kafe di Minneapolis, Amerika Serikat berhasil membuat banyak orang berdecak kagum karena kebaikan pemiliknya, Ces Abi. Bagaimana tidak, Abi mempekerjakan gelandangan yang datang meminta belas kasih dan mengemis ke kafenya.

Melansir laman 9News.com, Sabtu 9 April 2016 kisahnya dimulai saat seorang gelandangan pria meminta uang pada Abi. Namun Abi tak lantas memberinya uang begitu saja.

"Kenapa Anda tak bekerja, saya tak pernah menerima apapun secara gratis, selalu ada yang harus dibayar," ucap Abi pada sang pengemis.

Pria tersebut menjelaskan bahwa dirinya juga sangat ingin bekerja, tapi tak pernah berhasil mendapatkan satu pun pekerjaan. Itu karena dulu dirinya pernah terbelit kasus kriminal. Selengkapnya baca di sini

2. 3 Wanita Pengusaha Indonesia Paling Berpengaruh di Asia

Wanita pebisnis Indonesia diakui di dunia internasional. Buktinya, beberapa nama wanita pebisnis asal Tanah Air mendapatkan predikat sebagai wanita pebisnis paling berpengaruh di Asia.

Majalah Forbes merilis sejumlah nama wanita pebisnis yang di Asia peran mereka cukup berpengaruh. Yang membanggakan ada beberapa nama dari Indonesia. Meski tak banyak, itu cukup membuktikan bahwa wanita pengusaha Indonesia pun bisa sukses dan tak bisa dipandang sebelah mata.

Dari 50 orang wanita pebisnis paling berpengaruh tersebut, ada tiga nama yang berasal dari Indonesia. Selengkapnya baca di sini

3. 4 Presiden Amerika Termiskin Sepanjang Sejarah

Profesi presiden biasanya diidentikkan sebagai pekerjaan prestisius dengan gaji selangit. Belum lagi pengawalan ketat dan barikade penjagaan yang sering mengikuti setiap kali mereka bepergian. Hal tersebut pasti membuat orang berdecak kagum dan memiliki cita-cita sebagai seorang presiden.

Namun ternyata, tidak semua presiden bisa menikmati fasilitas mewah seperti yang sering Anda lihat sekarang. Beberapa presiden Amerika Serikat bahkan ada yang hanya memiliki kekayaan dalam jumlah sedikit. Siapa saja mereka? Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
RI Jadi Contoh Uji Coba Gunakan Thorium untuk Pembangkit Listrik?

Liputan6.com, Jakarta - Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menyatakan belum ada negara yang berhasil mengembangkan thorium secara komersial sebagai sumber energi pembangkit listrik. Karena itu perlu hati-hati untuk menggunakan komoditas mineral tersebut.

Kepala BATAN Djarot Wisnubroto mengatakan, ‎untuk memanfaatkan thorium sebagai pembangkit tetap memerlukan peran uranium. Hingga kini belum ada negara yang mengembangkan thorium sebagai sumber energi pembangkit listrik secara komersial.

"Mungkin di dunia belum ada komersial. Thorium bukan bahan berdiri sendiri, butuh uranium untuk memicu jadi sumber energi pembangkit. Di Jepang pun belum gerak ke arah situ (thorium menjadi sumber energi listrik),"‎ kata Djarot, saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti yang dikutip di Jakarta, Minggu (10/4/2016).

Djarot menuturkan, meski thorium berasal dari alam, untuk mengubah reaktor yang saat ini berbasis uranium ke thorium tidak mudah, karena membutuhkan proses panjang.  Negara yang sudah mengembangkan nuklir sebagai sumber energi pembangkit ‎listrik pun masih mempertimbangkan beralih ke thorium.

 

Baca Juga

  • PLTN Thorium Dijamin Lebih Aman dan Ramah Lingkungan
  • Stok Thorium RI Ditaksir Cukup untuk Seribu Tahun
  • Perusahaan AS Ingin Bangun Pembangkit Listrik Thorium di Sumatera

Source: liputan6.com
Sudah Siapkah RI Sulap Thorium Jadi Energi Listrik?

Liputan6.com, Jakarta - Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) belum mendapat informasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) ‎dengan menggunakan bahan bakar thorium.

Kepala BATAN Djarot Wisnubroto mengatakan, ‎pembangunan PLTN dengan bahan bakar thorium perlu dilakukan studi kelayakan, jaminan kesiapan teknologi dan kajian yang matang.

"Perkembangan diskusi PLTN butuh pra studi kelayakan dulu,apakah teknologi ini sudah siap, apakah industri lain juga siap, artinya kalau sudah ada pembangkit bahan bakarnya dipabrikasi di mana, oleh siapa," kata Djarot, saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti yang dikutip di Jakarta, Minggu (10/4/2016).

Djarot menuturkan, saat ini belum ada negara yang berhasil mengembangkan thorium sebagai sumber pembangkit listrik secara komersial. Karena itu perlu kehati-hatian jika Indonesia ingin ‎menggunakan thorium sebagai sumber energi pembangkit.

 

Baca Juga

  • PLTN Thorium Dijamin Lebih Aman dan Ramah Lingkungan
  • Stok Thorium RI Ditaksir Cukup untuk Seribu Tahun
  • Perusahaan AS Ingin Bangun Pembangkit Listrik Thorium di Sumatera

Source: liputan6.com
Produsen Genting Hemat 60 Persen Pakai Gas PGN

Liputan6.com, Jakarta - Pasokan gas PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk/PGN membawa manfaat penghematan biaya bahan bakar pembakaran, bagi produsen genting di Cirebon, Jawa Barat.

Kepala‎ Area PGN Cirebon Ade Sutisna mengatakan ada dua produsen genting di Cirebon yang memanfaatkan gas bumi sebagai bahan bakar pembakaran, yaitu PT Genteng Mas Indonesia dan PT Genteng Terracota Industri‎.

"Pelanggan produksi genting menggunakan gas sebagai bahan bakar mesin Kiln (tungku Pemanas) sebagai mesin pengering genteng di mana suhu panas untuk mengeringkan genting dihasilkan dari panas api pembakaran gas," kata Ade, saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti yang dikutip di Jakarta, Minggu (10/4/2016).

 

Baca Juga

  • PGN Sepakat Salurkan Gas ke Pembangkit Muara Tawar
  • PGN Operasikan 76 Persen Pipa Gas Bumi di RI
  • Pengusaha Mie Nyaman Pakai Gas PGN

Source: liputan6.com
Peran Pegadaian Bangun Ekonomi dari Daerah Pinggiran

Liputan6.com, Jakarta - PT Pegadaian (Persero) menggandeng Kementerian Transmigrasi Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk mendukung visi misi Nawacita.

Direktur Utama Pegadaian Riswinandi mengatakan, Pegadaian ‎sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus mendukung program pemerintah salah satunya membangun dari pinggiran.

Karena itu Pegadaian ingin memperluas jaringan kantor cabang merambah wilayah pedesaan dengan melakukan kerja sama dengan Kementerian Transmigrasi Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

"‎Karena ini ada MoU (penandatanganan nota kesepahaman), dapat menggerakkan masyarakat pedesaan membangun sektor sesuai Nawacita membangun dari pinggiran," kata Riswinandi, dalam perayaan HUT 115 Tahun Pegadaian, di Kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (10/4/2016).

 

Baca Juga

  • Cara Aman Cicil Emas di Pegadaian
  • Sekarang, Bayar Iuran BPJS Kesehatan Bisa di Pegadaian
  • Simpan Emas di Pegadaian dengan Cara Mudah Ini

Source: liputan6.com
Peran Pegadaian Membangun Ekonomi dari Daerah Pinggiran

Liputan6.com, Jakarta - PT Pegadaian (Persero) menggandeng Kementerian Transmigrasi Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk mendukung visi misi Nawacita.

Direktur Utama Pegadaian Riswinandi mengatakan, Pegadaian ‎sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus mendukung program pemerintah salah satunya membangun dari pinggiran.

Karena itu Pegadaian ingin memperluas jaringan kantor cabang merambah wilayah pedesaan dengan melakukan kerja sama dengan Kementerian Transmigrasi Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

"‎Karena ini ada MoU (penandatanganan nota kesepahaman), dapat menggerakan masyarakat pedesaan membangun sektor sesuai Nawacita membangun dari pinggiran," kata Riswinandi, dalam perayaan HUT 115 Tahun Pegadaian, di Kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (10/4/2016).

 

Baca Juga

  • Cara Aman Cicil Emas di Pegadaian
  • Sekarang, Bayar Iuran BPJS Kesehatan Bisa di Pegadaian
  • Simpan Emas di Pegadaian dengan Cara Mudah Ini

Source: liputan6.com
Menteri BUMN Dorong Masyarakat Desa Miliki Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengimbau PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Persero) (BBTN) membantu meringankan masyarakat pedesaan dan wilayah terpencil untuk memiliki rumah.

Rini mengatakan, BTN sebagai bank yang memiliki sasaran pembangunan perumahan harus memberikan pemerataan pelayana‎n tidak hanya di perkotaan tapi juga masyarakat pedesaan.

"Tadi saya mengatakan, program BTN bagaimana bisa membuat pelayanan sehingga masyarakat desa memiliki rumah," kata Rini, ‎dalam perayaan HUT 115 Tahun Pegadaian, di Kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (10/4/2016).

Rini mengungkapkan, melalui kerja sama antara BTN dengan PT Pegadaian (Persero) dapat mewujudkan keinginannya, sehingga masyarakat pedesaan bisa menda‎patkan akses kredit perbankan untuk memiliki rumah.

"Ini kerja sama dengan Pegadaian, sehingga financial inclusion sesuai arahan Presiden, sehingga pelayanan perbankan mendapatkan rumah betul dirasakan masyarakat pedesaan daerah terpencil," tutur Rini.

Baca Juga

  • Pengusaha Mengeluh Tak Digandeng BUMN Garap Proyek Infrastruktur
  • Reaksi Kementerian Soal BUMN Tak Ikut Jaminan Pensiun BPJS 
  • Menteri Rini: BUMN Siap Kelola Blok Masela

Source: liputan6.com
Mahalnya Bangun Kilang Minyak di RI

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) terus berbenah diri memperbaiki struktur industri minyak dan gas (migas) yang menjadi bisnisnya.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini sedang membangun beberapa kilang minyak di Indonesia dengan nilai investasi ratusan triliun rupiah dalam kurun waktu 10 tahun.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengungkapkan, membenahi perusahaan ini tidak cukup setahun. Pertamina harus melakukan transformasi melalui pemetaan dari sisi struktur industri, antara suplai dan permintaan.

Sebagai contoh, Dwi mengatakan, produksi bahan bakar minyak (BBM) oleh Pertamina belum mampu memenuhi kebutuhan atau konsumsi BBM karena keterbatasan kilang.

Saat ini, lanjutnya, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia mencapai 1,6 juta barel per hari, tapi kilang hanya mampu men-suplai 50 persennya saja.

Baca Juga

  • Pertamina Dapat Prioritas Bangun Kilang Mini
  • Ini Manfaat Langsung Keberadaan Kilang Mini bagi Masyarakat
  • Kilang Mini Dapat Tingkatkan Ketahanan Energi RI Saat Perang

Source: liputan6.com
Ini Sepatu Kets Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Nama model sepatu kets ini, the Fire Monkey, untuk merayakan Tahun Baru Cina pada Februari. Desainnya dibuat khusus berdasarkan kolaborasi merek perhiasan Bicion dan desainer Dan Gamache dari Mache Custom Kicks.

Warna biru, putih, dan emas di bagian atas sepatu bertabur ribuan berlian putih, batu safir, dan emas putih 18 karat. Seperti ditulis GQ, Minggu (10/4/2016), kedua logo perusahaan pun berlapis emas.

Semua kemewahan tersebut membuat harga sepatu ini menjadi yang termahal yang pernah dibuat, yaitu US$ 4 juta atau sekitar Rp 52,46 miliar (asumsi kurs Rp 13.117 per dolar Amerika Serikat).

Baca Juga

  • 9 Fakta Menarik Tas Hermes Birkin yang Belum Banyak Diketahui
  • 7 Barang Lelang Termahal di Dunia
  • Daftar Barang Tak Berguna Tapi Sangat Mahal

Source: liputan6.com
Pegadaian Dapat Jaminan Pasokan Emas dari Antam

Liputan6.com, Jakarta - PT Pegadaian (Persero) mendapat jaminan pasokan emas dari PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Emas tersebut untuk menjalankan produk tabungan emas Pegadaian.

Direktur Utama Pegadaian Riswinandi ‎mengatakan, nasabah tabungan emas Pegadaian sudah mencapai 180 ribu sejak diluncurkan pada 5 Juli 2015. Angka tersebut melebihi target 100 ribu nasabah pada 1 April 2016.

"Produk tabungan emas pegadaian yang diluncurkan Presiden Jokowi 5 Juli 2015 di Garut sudah mencapai 100 ribu nasabah. Target sudah tercapai," kata Riswinandi, dalam perayaan HUT 115 Tahun Pegadaian, di Kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (10/4/2016).

Riswinandi menuturkan, produk tabungan emas tersebut sangat digemari, karena itu perlu jaminan pasokan emas dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memproduksi emas yaitu PT Aneka Tambang Tbk‎.

Baca Juga

  • Peran Pegadaian Bangun Ekonomi dari Daerah Pinggiran
  • Cara Aman Cicil Emas di Pegadaian
  • Sekarang, Bayar Iuran BPJS Kesehatan Bisa di Pegadaian

Source: liputan6.com
PLN Perkuat Pasokan Listrik di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) berhasil memperbesar daya Gardu Induk 150 kilo Volt Gas Insulation Switchgear (GIS) Pantai Indah Kapuk (PIK) dengan kapasitas trafo daya 2x60 mega Volt Ampere (MVA), sehingga dapat memperkuat kelistrikan Jakarta.

Manajer Senior Public Relations PLN, Agung Murdifi mengatakan sistem kelistrikan Jakarta secara umum akan semakin andal dengan berhasil meningkatkan kapasitas (energize) GIS PIK

"Tentunya kesiapan dan ketersediaan daya untuk pertambahan beban pelanggan eksisting dan pelanggan baru di wilayah Jakarta dan sekitarnya dapat terpenuhi," kata Agung, di Jakarta, Minggu (10/4/2016).

Agung mengungkapkan, sistem kelistrikan mempunyai alternatif manuver yang lebih fleksibel dengan GIS jika terjadi gangguan dengan kualitas tegangan yang lebih baik.

Baca Juga

  • PLN Tambah 10 Genset untuk Perkuat Pasokan Listrik Nias
  • Cara PLN Cukupi Pasokan Listrik Kota Palu
  • Bangun Jaringan Listrik, PLN Dapat Pinjaman Lahan di Cikarang 

Source: liputan6.com
PLN Bakal Dongkrak Diskon Tagihan Listrik

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) meningkatkan besaran potongan tagihan listrik hingga 35 persen mulai 2017, jika pelanggan mengalami gangguan pasokan listrik.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengatakan, kompensasi diberikan atas lebihnya waktu ‎pemadaman listrik dari yang dijanjikan PLN. Untuk diketahui setiap wilayah memiliki perbedaan batas waktu pemadaman untuk mendapatkan kompensasi.

"Setiap daerah ada kategorinya tingkat mutu pelayanan, sekian jam padam pelanggan per bulan,"‎ kata Benny, di Jakarta, Minggu (10/4/2016).

Benny mengungkapkan, pemotongan tagihan listrik tersebut akan mengalami kenaikan dari 20 persen menjadi 35 persen untuk 12 golongan yang sudah dicabut subsidinya mulai 2017. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) ‎Nomor 8 Tahun 2016‎.

Baca Juga

  • Bangun Jaringan Listrik, PLN Dapat Pinjaman Lahan di Cikarang 
  • Peminjaman Lahan Sinarmas Land untuk PLN Cetak Sejarah
  • Cara PLN Cukupi Pasokan Listrik Kota Palu

Source: liputan6.com
10 Negara dengan Aliran Uang Gelap, RI Urutan Berapa?

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tercatat dalam 10 besar negara yang memiliki aliran uang gelap (illicit financial flows/IFF) dengan nilai lebih dari Rp 2.400 triliun dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Koordinator Publish What You Pay Indonesia (PWYP), Maryati Abdullah mengutip dari data Global Financial Integrity (GFI) 2015, melaporkan Indonesia berada pada peringkat 7 besar dunia sebagai negara yang memiliki aliran uang gelap tertinggi ke negara tax havens atau negara surga pajak.  

Dalam rentang waktu 2003-2012, ia menyebut, Indonesia tercatat mengalirkan dana gelap sebesar US$ 187,84 miliar atau sekitar Rp 2.442 triliun (kurs Rp 13.000 per dolar AS). Itu artinya, rata-rata per tahun total aliran uang haram di Indonesia sebesar Rp 244,20 triliun.

"Negara-negara atau aktivitas di tax havens atau negara yang masuk dalam 10 besar aliran uang haram tertinggi itu rata-rata negara yang kaya sumber daya alam, karena industri ini lahan empuk terjadinya aliran uang haram, pencucian uang, korupsi pajak, pengaburan dokumen perusahaan," kata Maryati di kantor Transparancy International Indonesia (TII), Jakarta, Minggu (10/4/2016).  

 

Baca Juga

  • Suku Bunga Tinggi Jadi Penyebab Aliran Dana Gelap di RI
  • RI Perlu Waspadai Aliran Dana Gelap Makin Besar
  • Berapa Kerugian RI dari Peredaran Produk Palsu?

Source: liputan6.com
Komentar Menteri Marwan soal Kontrak PNPM Mandiri

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi‎ Marwan Jafar membantah telah memutus kontrak fasilitator atau pendamping desa Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)‎ Mandiri. Lantaran program tersebut memang sudah habis masa kontraknya.

Marwan mengatakan, PNPM Mandiri berlaku pada masa pemerintahan Mantan Presiden Susilo Bambang Y‎udhoyono mulai 2007 dan berakhir Desember 2014. Setelah itu, kontrak program tersebut tidak dilanjutkan.

"Ini resmi berakhir memang dengan sendirinya. Kontraknya berakhir. Tidak ada kementerian desa mengakhiri kontrak mereka," kata Marwan, di Kantor‎ Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi‎, Jakarta, Minggu (10/4/2016).

Marwan melanjutkan, berita acara program tersebut pun telah diserahterimakan antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi‎ serta Kementerian Dalam Negeri.

Baca Juga

  • Kontrak Fasilitator PNPM Mandiri Pedesaan Bakal Diperpanjang
  • Pendamping Dana Desa Bisa Direkrut dari PNPM Mandiri
  • Menteri Marwan Tolak Tudingan Pendamping Dana Desa Harus dari PKB

Source: liputan6.com
Warga Nias Bakal Dapat Potongan Pembayaran Listrik 20%

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Pulau Nias akan mendapat kompensasi atas gangguan pasokan listrik yang disebabkan penghentian operasi ‎ Pembangkit Listrik Tenaga Diesel ( PLTD) Sewa 2 x 10 MW di Moawo.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengatakan, kompensasi diberikan PLN berupa potongan biaya pembayaran listrik untuk ‎ rekening listrik pada April.

"Pasti ada kompensasi 20 persen (untuk masyarakat Nias) dari abodemennya. Semua pelanggan untuk tagihan April," kata Benny, di Jakarta, Minggu (10/4/2016).

Benny menuturkan, pelanggan PLN berhak mendapat kompensasi sebesar 20 persen jika waktu  pemadaman listrik melebihi dari yang dijanjikan PLN. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor  33 Tahun 2014‎.

"Peraturan menterinya seperti itu (kompensasi 20 persen), dari yang dijanjikan PLN kami bayar 20 persen," tutur Benny.

Baca Juga

  • Cara PLN Cukupi Pasokan Listrik Kota Palu
  • Peminjaman Lahan Sinarmas Land untuk PLN Cetak Sejarah
  • Bangun Jaringan Listrik, PLN Dapat Pinjaman Lahan di Cikarang 

Source: liputan6.com