Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Senin, 14 Maret 2016
Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Menerima Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta - Saat diterima bekerja di sebuah perusahaan, perasaan senang, jantung berdebar dan bingung dipastikan akan menyelimuti siapa pun yang telah lama menganggur. Namun jangan sampai hal ini membuat Anda melupakan beberapa hal sebelum menerima pekerjaan itu. Anda tetap harus selektif saat menerima tawaran pekerjaan.

Seperti dikutip dari Forbes.com, Senin (14/3/2016), terdapat pertanyaan penting yang harus Anda dapat jawabannya dari manajemen kantor baru sebelum menerima tawaran pekerjaan. Apa saja itu?

1. Jam kerja dalam sepekan atau sehari

Pertanyaan ini diajukan agar Anda tahu berapa waktu bekerja dalam sehari. Karena dengan begitu Anda dapat mengatur jadwal dan kegiatan lain di luar jam kerja.

2. Libur di akhir pekan

Anda harus mengajukan pertanyaan ini karena jika pada saat libur akhir pekan Anda diminta untuk datang ke kantor. Jika ada lembur, berarti Anda mempunyai hak untuk membuat perjanjian dengan meminta uang lembur.

3. Budaya kerja di tempat baru

Anda harus dapat mempertimbangkan jam kerja. Indonesia memiliki jam kerja maksimal 9 jam. Apakah jam kerja tersebut sama dengan di tempat kerja Anda.

4. Cara berkomunikasi dengan rekan kerja

Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui jika pekerjaan itu dilakukan individu atau sebuah tim. Selain itu, komunikasi dengan rekan kerja ikut andil dalam menyiapkan kelancaran kerja Anda.

5. Dukungan rekan kerja

Pertanyaan tersebut diajukan agar Anda tahu di dalam perusahaan tersebut apakah terjadi komunikasi yang senioritas atau tidak. Sebab, kenyamanan dalam bekerja menjadi hal penting untuk membuat Anda betah berada di dalam kantor. (Apr/Gdn)


Source: liputan6.com
3 Trik Hadapi Orang yang Tak Rasional dalam Bisnis

Liputan6.com, Jakarta - Ketika menghadapi dunia bisnis maka Anda akan mengenal banyak orang dengan sifat yang bermacam-macam. Beberapa memiliki karakter yang ambisius, sementara ada yang harus dimotivasi terlebih dahulu.

Ketika Anda mampu mengakrabkan diri dengan kolega, maka kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dengan lebih mudah akan terbuka.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki sifat yang masuk akal. Mengutip dari Frosbes, Senin (14/3/2016), terdapat ulasan untuk menghadapinya.

1. Bersikap Empati

Penting bagi Anda untuk menyadari bahwa setiap orang, bahkan Anda sendiri, bisa bersikap tidak rasional dan menyebalkan. Banyak faktor yang mendasarinya, misalnya masalah pribadi, stres, dan pengaruh dari luar bisa mempengaruhi sikap Anda tersebut.

Dengan bersikap empati, maka Anda akan bisa saling mengerti perasaan satu sama lain dan menenangkan lawan bicara Anda maupun Anda sendiri.

2. Identifikasi pemicunya

Sangat mudah melabeli orang lain dengan julukan yang negatif. Namun kebiasaan tersebut sangat tidak baik dan akan memicu emosi satu sama lain. Oleh karena itu, Anda bisa memulai mendekatinya dengan mencari pemicu yang membuat seseorang menjadi tidak rasional.

Apabila julukan tersebut ditujukan pada Anda, maka Anda harus coba evaluasi diri Anda. Dengan memperbaiki diri, perlahan Anda akan membangun kepercayaan orang lain.

3. Jangan melawan dan buat koneksi

Kesalahan terbesar ketika meladeni orang yang tidak masuk akal adalah melawannya. Melawan dan bersikeras menunjukkan bahwa Anda benar hanya akan memperkeruh suasana.

Jangan melawan balik, bahkan ketika Anda mengetahui bahwa dia salah. Sebaliknya, bangun koneksi yang baik dengannya. Walaupun Anda tidak akan menang dalam situasi tersebut, namun Anda akan belajar menjadi pribadi yang kuat. (Vna/Gdn)


Source: liputan6.com
7 Cara Cerdas Hemat Kebutuhan untuk Bayi

Liputan6.com, Jakarta - Menanti kelahiran si kecil tentu akan menjadi sebuah momen menyenangkan bagi semua orang, terutama bagi Anda yang baru akan mengalami hal tersebut untuk pertama kalinya.

Beragam persiapan terkait dengan kebutuhan si kecil akan menjadi perhatian khusus bagi Anda, banyak peralatan dan kebutuhan bayi yang selalu ingin Anda beli, bahkan seringkali keinginan ini menjadi hal yang sulit untuk dihindari.

Namun, Anda tetap harus memikirkan kondisi keuangan dan mengatur segala sesuatunya dengan cermat dan jangan berbelanja untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Simak tujuh cara cerdas untuk berhemat kebutuhan bayi di bawah ini seperti dikutip dari www.cermati.com, Minggu (13/3/2016):

1. Susun Daftar Belanja

Akan sangat wajar bila sebagai orangtua baru Anda akan sedikit kebingungan dalam membeli berbagai macam kebutuhan bayi.

Namun hal ini tentu berisiko bagi keuangan, bila mana Anda mendatangi toko perlengkapan bayi tanpa sebuah perencanaan belanja yang matang. Anda bisa saja tergoda untuk membeli "semuanya".

Susun sebuah daftar belanja mengenai berbagai macam kebutuhan bayi Anda, tanyakan hal ini pada keluarga atau teman yang telah memiliki bayi sebelum Anda. Dengan begitu Anda tidak akan membeli berbagai macam barang yang tidak dibutuhkan.

2. Belanja dengan Cerdas

Jangan terlalu boros dalam membelanjakan uang, terutama untuk membeli berbagai macam perlengkapan bayi yang hanya akan digunakan sesaat saja.

Pikirkan kembali sebelum memutuskan untuk membeli beragam keperluan bayi yang tidak maksimal penggunaannya.

Anda juga harus menghindari berbelanja pakaian bayi dalam jumlah yang banyak, belilah secukupnya karena bayi juga akan tumbuh besar dan berbagai macam pakaian tersebut akan kekecilan saat digunakan nanti.


Source: liputan6.com
6 Alasan Mengapa Anda Tidak Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang di dunia bisa jadi kaya. Berdasarkan pengakuan para miliarder, memiliki kekayaan hingga puluhan atau ratusan miliar bukanlah karena keberuntungan semata, tetapi tergantung pada diri Anda sendiri.

Anda harus mengubah pemikiran Anda dan melakukan perubahan untuk mencapai hidup yang lebih baik. Ubah pola pikir Anda dari “mengapa saya tidak bisa kaya?” menjadi “Mengapa saya belum kaya?”

Melansir dari Lifehack, Minggu (13/3/2016) berikut adalah sederet alasan mengapa Anda belum juga kaya:

1. Anda berpikir menjadi kaya bukan hak anda, melainkan hak orang lain

Kita hidup dalam masyarakat yang kapitalis. Hal tersebut memberikan setiap kesempatan pada setiap individu untuk menjadi kaya. Hanya saja dibutuhkan kemauan untuk berusaha memberikan yang terbaik untuk diri Anda.

2. Anda tak merasa pintar

Kurangnya pendidikan formal tidak menahan kesuksesan pada orang lain. Para penemu Microsoft, Facebook IKEA, ALDI, Luxottica, dan Dell tidak pernah merasakan bangku kuliah, bahkan merupakan mahasiswa dropout.

3. Anda berpikir tidak mampu menjadi kaya karena Anda tak berambisi

Orang yang kaya tidak memiliki ambisi untuk menjadi kaya seperti Anda. Hanya saja mereka memiliki keyakinan di dalam diri mereka untuk membuat mimpi mereka jadi kenyataan. Untuk menjadi kaya, Anda harus memiliki kepercayaan lebih di dalam diri Anda.

4. Anda terlalu fokus menyimpan uang

Bukan berarti orang kaya tidak menyimpan uang mereka, tetapi mereka lebih tertarik untuk menabung dengan jumlah bunga yang tinggi. Ketika menyimpan uang mereka, Mereka menyimpan uang mereka secara bijak dengan tujuan investasi dan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

5. Anda berprinsip mendapatkan uang harus dengan kerja keras

Bila Anda dibayar per jam dalam kerjaan Anda, dan Anda lembur, jelas saja Anda akan mendapatkan bayaran lebih. Lagipula hal tersebut bukanlah cara untuk memperoleh kekayaan. Orang kaya justru menyelesaikan pekerjaan yang akan menambah upah mereka, dan hal tersebut tidak menyangkut waktu.

6. Anda Takut Gagal

Para Individu yang mencapai kekayaannya secara mandiri pernah jatuh sesekali sebelum mereka mencapai kesuksesan. Jangan pernah takut untuk melakukan kesalahan. Anggap saja kesalahan tersebut sebagai pembelajaran untuk mencapai keberhasilan. Kegagalan adalah guru dan bukanlah akhir dari segalanya. (Shabrina Aulia Rahmah/Gdn)


Source: liputan6.com
‎IHSG Bakal Menguat Dipengaruhi Pengumuman BI Rate

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat dalam sepekan ini. Pergerakan IHSG dipengaruhi oleh pengumuman suku bunga acuan oleh Bank Indonesia (BI rate).

"Minggu ini BI rate, juga ada The Fed kemungkinan tidak akan menaikan suku bunga. Peluang untuk menurunkan BI rate masih ada," kata Kepala Riset PT Universal Broker Securities Satrio Utomo kepada Liputan6.com, Senin (14/3/2016).

Dia mengatakan tren penguatan bakal terjadi. Pasalnya, tren penurunan sudah berhasil ditutup pada Jumat lalu. Satrio memprediksi IHSG bergerak pada support 4.750-4.775 dan resistance 4.850-4.875 selama sepekan.‎

Analis PT NHKorindoSecuritiesRezaPriyambada mengatakan, IHSG cenderung menguat pada perdagangan saham sepekan. Dia mengatakan, pelaku pasar kini mengamati Rapat Dewan Gubernur (RDP) BI terkait dengan penetapan suku bunga acuan. Begitu pula dengan pertemuanFOMC Bank Sentral Amerika Serikat (AS) terkait suku bunga acuan.

Baca Juga

  • Ikuti Bursa Asia, IHSG Naik 20 Poin
  • Sambut Akhir Pekan, IHSG Lanjutkan Pelemahan
  • IHSG Berpeluang Melemah, Cermati 8 Saham Pilihan

Source: liputan6.com
Bursa Global Bakal Topang Penguatan IHSG di Awal Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat terbatas pada perdagangan saham Senin pekan ini. Hal itu didukung dari penguatan bursa saham global pada pekan lalu.

Analis PT Investa Saran Mandiri, Hans Kwee menuturkan IHSG berpeluang menguat seiring penguatan bursa saham global. Penguatan IHSG akan terbatas lantaran data industri produksi China menurun. Pelaku pasar juga menanti pernyataan kebijakan moneter bank sentral Jepang.

Sedangkan dari sentimen internal, Hans mengatakan, pelaku pasar mencermati pertumbuhan penyaluran kredit dan neraca perdagangan yang diperkirakan melambat.

"Sentimen masih didominasi global. IHSG akan bergerak di level support 4.739-4.761 dan resistance 4.842-4.870," kata Hans saat dihubungi Liputan6.com, Senin (14/3/2016).

Baca Juga

  • Ikuti Bursa Asia, IHSG Naik 20 Poin
  • Sambut Akhir Pekan, IHSG Lanjutkan Pelemahan
  • IHSG Berpeluang Melemah, Cermati 8 Saham Pilihan

Source: liputan6.com
4 Bandara Terpencil Ini Disulap Menhub Jonan Jadi Kinclong

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan terus membangun infrastruktur transportasi di Indonesia. Pembangunan ini memang menjadi salah satu program dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Di awal tahun lalu saat menyaksikan penandatanganan 12 paket kontrak untuk pembangunan infrastruktur transportasi di beberapa wilayah, Presiden Jokowi berpesan kepada Menteri Perhubungan Ignasius Jonan untuk memperhatikan dan mempercepat pembangunan infrastruktur transportasi di daerah-daerah terpencil (perintis).

 

Baca Juga

  • Akhir Sengketa Bandara Halim Perdanakusuma
  • Butuh Rp 3,1 Triliun Dandani Bandara Hang Nadim
  • Majukan Wisata Danau Toba, Jokowi Kembangkan Bandara Silangit

Source: liputan6.com
Zhou Qunfei, Bekas Peternak yang Sukses Jadi Wanita Terkaya Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Sulit menemukan wanita terkaya dunia yang berhasil dari hasil usahanya sendiri. Dari 190 perempuan, hanya 33 orang yang mampu melakukan hal itu. Zhou Qunfei adalah salah satunya.

Seperti ditulis The Guardian, Senin (14/3/2016), Zhou berada di peringkat 205 orang terkaya dunia versi Forbes, dengan kekayaan US$ 5,9 miliar. atau setara Rp 76,6 triliun (kurs: Rp 12.985 per dolar AS).

Ia mendirikan perusahaan yang membuat layar sentuh berkualitas tinggi bernama Lens Technology. Klien terbesarnya adalah Apple dan Samsung.

Baca Juga

  • 5 Pewaris Harta Terkaya di Dunia
  • 6 Alasan Mengapa Anda Tidak Kaya
  • Ucapkan 3 Kata Ini Bisa Bikin Anda Tambah Kaya

Source: liputan6.com
8 Cara Kelola Waktu yang Hanya Dikuasai Orang Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Anda bekerja untuk menghidupi diri Anda dan keluarga Anda maupun memuaskan atasan Anda. Menjadi orang sukses, tidak harus selalu dengan bekerja keras, melainkan juga kerja dengan pintar.

Ketika melakukan pekerjaan, Anda harus bisa memilih pekerjan yang terpenting untuk dijadikan prioritas. Dengan begitu, Anda bisa mengelola waktu Anda dengan baik dan menggunakan sisa waktu anda untuk hal lain di luar pekerjaan Anda.

Dilansir dari Lifehacks, Senin (14/3/2016) berikut ulasan mengenai teknik pengelolaan waktu yang dikuasai orang sukses:

1. Jangan hanya terlihat sibuk

Ketika manajer suatu perusahaan sedang melakukan pengawasan, mendadak semua orang berpura-pura sibuk dengan teleponnya, sibuk melakukan meeting, atau melakukan sesuatu.

Kegiatan tersebut menunjukkan produktivitas yang tidak berarti. Hal tersebut tidak akan menaikkan jabatan anda.

2. Bekerja dengan cerdas

Hindari gaya monoton dan carilah perspektif baru dalam menyelesaikan suatu tugas. Kelola waktu dengan baik dan manfaatkan handphone Anda untuk mencatat waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

3. Memiliki prioritas

Hal ini menyelesaikan pekerjaan Anda yang paling penting. Dengan mengerjakan prioritas, Anda akan puas dengan kesuksesan pada hari tersebut. Jangan biarkan hal-hal detail menurunkan produktifitas Anda. Fokus pada penyelesaian pekerjaan terbesar, lalu cek kembali hasilnya.

4. Ubah pekerjaan Anda jadi menyenangkan

Seperti sebuah permainan, ketika satu pekerjaan selesai beri penghargaan pada diri Anda sendiri. Penghargaan tersebut dapat berbentuk apa saja yang Anda inginkan, selama hal tersebut dapat dilakukan dalam waktu singkat.

Anda akan lebih menghargai diri sendiri atas apa yang Anda telah lakukan, dan membuat anda lebih termotivasi agar lebih fokus.

5. Kerjakan tugas berkelompok

Ketika Anda melakukan beberapa pekerjaan yang berbeda-beda, Anda harus menggunakan beberapa bagian dalam otak Anda. Bila Anda melakukan tugas tersebut dengan grup, Anda yang berpikir kreatif tidak harus berpikir secara analitis.

Anda tinggal menyerahkan bagian tersebut pada ahlinya. Dengan begitu, Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah.

6. Terorganisir

Salah satu pengelolaan terbaik dalam waktu adalah organisir. Saat anda terorganisir,
anda tidak membiarkan waktu kosong dalam pekerjaan Anda. Buat sistem anda sendiri dan terapkan sesegera mungkin.

Anda akan menyadari besarnya perbedaan bagaimana laporan Anda sebaiknya dibandingkan menghabiskan 30 menit untuk mencari mengenai laporan tersebut.

7. Belajar menolak pekerjaan.

Terkadang, anda harus mengatakan tidak pada pekerjaan yang Anda terima. Terlalu banyak pekerjaan akan membuat Anda kewalahan. Orang yang sukses akan memilih dan memilah pekerjaannya, dan mengutamakan yang paling penting terlebih dahulu.

8. Mengetahui kapan harus istirahat

Pekerjaan yang Anda lakukan tidak akan pernah ada habisnya. Ketika Anda sudah merasa terlalu banyak melakukan pekerjaan dengan pengelolaan waktu di atas, saatnya Anda pulang dan beristirahat.

Setelah mengerjakan tugas penting yang menjadi prioritas Anda, berarti sudah saatnya bagi anda untuk rileks. (Shabrina Aulia Rahmah/Ndw)


Source: liputan6.com
Konsultasi Pajak: Cara Lapor SPT Badan

Liputan6.com, Jakarta - Mau tanya terkait dengan SPT tahunan wajib pajak badan. Kami adalah CV yang bergerak di bidang jasa konsultan. Bagaimana cara membuat SPT Tahunannya? Terimakasih sebelumnya..

Email: fatimah.sXXX@gmail.com

Jawaban:

Langkah pertama dalam menyusun SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Badan, Saudari harus terlebih dahulu menyusun pembukuan dan laporan keuangan komersial untuk tahun pajak yang bersangkutan.

Berdasarkan pembukuan dan laporan keuangan tersebut, kemudian Saudari harus melakukan penyesuaian fiskal baik pada pos-pos pendapatan maupun pos-pos beban yang ada laporan keuangan.

Penyesuaian fiskal harus dilakukan karena pendapatan, beban dan pengenaan PPh yang diatur dalam ketentuan pajak memiliki beberapa perbedaan dengan yang diatur dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK).

Penyesuaian fiskal dilakukan juga untuk mengidentifikasi pendapatan yang dikenakan PPh final dan PPh tidak final serta beban-beban yang terkait dengan masing-masing pendapatan tersebut.

Dalam rangka menghitung penghasilan neto fiskal, beban-beban yang terkait dengan PPh Final tidak boleh dijadikan pengurang (non-deductible expenses) untuk menghitung penghasilan neto yang dikenakan PPh Tidak Final.

Penghasilan-penghasilan yang dikenakan PPh final antara lain adalah penghasilan dari jasa konsultan perencanaan atau pengawasan konstruksi dan penghasilan WP Tertentu yang jumlah peredaran usahanya selama satu tahun pajak tidak melebihi Rp 4,8 miliar yang pengenaan pajaknya adalah 1 persen dari peredaran bruto (PP 46 Tahun 2013).

Setelah dilakukan penyesuaian fiskal, maka diperoleh keuntungan (kerugian) neto fiskal. Dalam hal diperoleh rugi neto fiskal, maka tidak ada PPh yang terhutang pada tahun pajak tersebut.

Dalam hal diperoleh keuntungan neto fiskal, maka rumus menghitung PPh Badan yang terhutang pada tahun pajak tersebut adalah keuntungan fiskal dikalikan dengan tarif PPh Badan.

Selanjutnya apabila CV Saudara memiliki pembayaran pajak penghasilan di muka (kredit pajak penghasilan) antara lain berupa bukti potong PPh pasal 23, bukti pungut PPh pasal 22 dan bukti penyetoran sendiri PPh pasal 25, maka kredit pajak penghasilan tersebut dapat digunakan sebagai bukti pelunasan PPh Badan yang terutang.

Apabila jumlah kredit pajak penghasilan lebih kecil daripada jumlah PPh Badan yang terhutang, maka Saudari harus membayarkan selisihnya ke kas negara.

Sebaliknya apabila jumlah kredit pajak lebih besar daripada jumlah PPh Badan yang terutang, maka Saudari dapat mengajukan permohonan pengembalian kelebihan pembayaran pajak.

Kelebihan pembayaran pajak akan dikembalikan oleh negara setelah dilakukan pemeriksaan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat CV Saudari terdaftar.

Setelah menyelesaikan proses-proses tersebut di atas, Saudari dapat mulai menyusun SPT Tahunan PPh Badan dengan mengisi formulir isian 1771 dengan membaca petunjuk pengisian yang dapat diminta dari Kantor Pelayanan Pajak tempat CV Saudari terdaftar.

Adapun formulir 1771 terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut:

1. Formulir Induk (1771 atau 1771/$)

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan penghasilan neto fiskal, kompensasi kerugian fiskal, besaran PPh terhutang, kredit pajak penghasilan, besaran PPh kurang lebih bayar, besaran angsuran PPh pasal 25 untuk tahun pajak berikutnya dan jumlah PPh final dan jumlah penghasilan yang tidak termasuk objek pajak selama tahun pajak berjalan.

2. Formulir Lampiran I (1771-I atau 1771-I/$)

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan laporan keuangan komersial dan penghitungan penghasilan neto fiskal.

3. Formulir Lampiran II (1771-II  atau 1771-II/$)

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan breakdown biaya-biaya termasuk harga pokok penjualan (HPP), biaya umum dan administrasi dan biaya luar usaha lainnya.

 4. Formulir Lampiran III (1771-III atau 1771-III/$)

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan rincian bukti kredit PPh pasal 23 dan PPh pasal 22 yang diterima perusahaan selama tahun pajak yang bersangkutan.

5. Formulir Lampiran IV (1771-IV atau 1771-IV/$)

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan jumlah penghasilan yang dikenakan PPh Final, jumlah PPh final yang dibayarkan dan jumlah penghasilan yang bukan merupakan objek PPh selama tahun pajak yang bersangkutan.

6. Formulir Lampiran V (1771-V atau 1771-V/$)

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan daftar pemegang saham / pemilik modal dan jumlah dividen yang dibagikan serta daftar susunan pengurus dan komisaris.

7. Formulir Lampiran VI (1771-VI atau 1771-VI/$)

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan daftar penyertaan modal pada perusahaan afiliasi, daftar utang dari pemegang saham dan/atau perusahan afiliasi, daftar piutang kepada pemegang saham dan/atau perusahaan afiliasi.

8. Formulir Lampiran Khusus 1A/1B

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan daftar aktiva tetap yang dimiliki oleh perusahaan dan penyusutan fiskalnya untuk tahun yang bersangkutan.

Formulir ini harus disampaikan apabila terdapat data yang harus diisikan. Apabila tidak ada, maka tidak perlu dilampirkan pada saat penyampaikan SPT Tahunan PPh Badan.

9. Formulir Lampiran Khusus 2A/2B

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan perhitungan kompensasi kerugian fiskal perusahaan. Formulir ini harus disampaikan apabila terdapat data yang harus diisikan. Apabila tidak ada, maka tidak perlu dilampirkan pada saat penyampaikan SPT Tahunan PPh Badan.

10.  Formulir Lampiran Khusus 3A/3B; 3A-1/3B-1; 3A-2/3B-2

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa, transaksi-transaksi yang dilakukan dengan mereka dan transaksi dengan pihak-pihak yang merupakan penduduk dari tax heaven country.

Formulir ini harus disampaikan WP memiliki transaksi dengan pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa dan penduduk tax heaven country. Apabila tidak ada, maka tidak perlu dilampirkan pada saat penyampaikan SPT Tahunan PPh Badan.

11.  Formulir Lampiran Khusus 4A/4B (1771-4A atau 1771-4B)

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan daftar fasilitas penanaman modal yang dimiliki Wajib Pajak. Formulir ini harus disampaikan apabila WP memiliki fasilitas penanaman modal. Apabila tidak ada, maka tidak perlu dilampirkan pada saat penyampaikan SPT Tahunan PPh Badan.

12.  Formulir Lampiran Khusus 5A/5B (1771-5A atau 1771-5B)

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan daftar cabang utama Wajib Pajak.

Formulir ini harus disampaikan apabila WP memiliki cabang. Apabila tidak ada, maka tidak perlu dilampirkan pada saat penyampaikan SPT Tahunan PPh Badan.

13.  Formulir Lampiran Khusus 6A/6B (1771-6A atau 1771-6B)

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan perhitungan PPh Pasal 26 ayat (4) bagi BUT. Formulir ini hanya disampaikan oleh BUT.

14.  Formulir Lampiran Khusus 7A/7B (1771-7A atau 1771-7B)

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan kredit pajak luar negeri. Formulir ini harus disampaikan apabila WP memiliki kredit pajak dari luar negeri. Apabila tidak ada, maka tidak perlu dilampirkan pada saat penyampaikan SPT Tahunan PPh Badan.

15.  Formulir Lampiran Khusus 8A/8B (1771-7A atau 1771-8B)

Merupakan formulir isian untuk memberitahukan transkrip kutipan elemen-elemen dari laporan keuangan.

Setelah mengisi formulir SPT Tahunan PPh Badan secara benar, jelas dan lengkap, maka Saudari dapat melaporkannya ke KPP tempat CV Saudari terdaftar paling lambat akhir bulan ke-4 setelah berakhirnya tahun pajak setelah terlebih dahulu menyetorkan PPh apabila hasil perhitungan PPh menunjukkan kurang bayar.

Demikian penjelasan kami. Semoga membantu.

Salam,

 

Aldonius, S.E.

Konsultan Pajak – Citas Konsultan Global

www.citasco.com

 

Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

(Ndw)


Source: liputan6.com
YLKI Desak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Dibatalkan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memutuskan untuk menaikkan iuran BPJS Kesehatan per 1 April 2016. Kenaikan ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Prepres Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan.

Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan kenaikan iuran ini dilakukan demi menutup defisit operasional yang mencapai lebih dari Rp 7 triliun sejak 2014.

 

Baca Juga

  • Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Ini Pinta Buruh
  • Buruh Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan
  • Peserta BPJS Dengan Gaji di Atas Rp 4 Juta Kini Masuk Kelas 1

Source: liputan6.com
Iuran Naik, YLKI Sebut BPJS Kesehatan Mirip Asuransi Komersial

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta pemerintah membatalkan kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2016.

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan, kenaikan iuran BPJS Kesehatan untuk peserta mandiri merupakan kebijakan yang kontra produktif serta tidak mempunyai empati ditengah lesunya perekonomian.

Dia juga mengatakan kenaikan iuran juga membuat BPJS Kesehatan tak ada bedanya dengan asuransi komersial.

 

Baca Juga

  • Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Ini Pinta Buruh
  • Buruh Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan
  • Peserta BPJS Dengan Gaji di Atas Rp 4 Juta Kini Masuk Kelas 1

Source: liputan6.com
Bursa Saham Asia Positif Tersengat Wall Street

Liputan6.com, Tokyo - Bursa saham Asia bergerak menguat di awal pekan ini didorong bursa saham Amerika Serikat (AS) positif pada akhir pekan lalu. Sementara itu, pelaku pasar juga berharap terhadap data ekonomi China mingguan dan harga minyak.

Indeks saham MSCI di luar Asia Pasifik naik 0,4 persen. Indeks saham Jepang Topix menguat 1,3 persen. Diikuti indeks saham Korea Selatan Kospi mendaki 0,1 persen. Indeks saham Australia menanjak 0,8 persen. Indeks saham Selandia Baru 50 menguat 0,9 persen.

Sejumlah sentimen mempengaruhi laju bursa saham Asia. Bank sentral Jepang akan mulai melakukan pertemuan pada Senin pekan ini. Berdasarkan sumber Reuters, ada pun kebijakan yang ditetapkan untuk dibahas seperti membebaskan US$ 90 miliar untuk dana jangka pendek dan pemberlakuan tingkat suku bunga negatif.

Bank sentral Jepang diperkirakan tetap pada kebijakannya setelah mengadopsi suku bunga negatif pada pertemuan akhir Januari. Selain itu, bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve dan Bank of England juga akan melakukan pertemuan pada akhir pekan ini.

 

Baca Juga

  • Bank Sentral Eropa Umumkan Stimulus Bikin Bursa AS Menguat
  • Wall Street Mendatar Dipicu Aksi Bank Sentral Eropa
  • Wall Street Menguat Didorong Harga Minyak

Source: liputan6.com
Pertamina Bakal Gunakan Jasa Pengolahan Minyak di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) melalui ‎Integrated Supply Chain (ISC) berencana menggunakan jasa pengolahan minyak mentah di luar negeri untuk meningkatkan produksi produksi Bahan Bakar Minyak (BBM).

VP Marketing Development ISC Pertamina Hasto Wibowo‎ mengatakan,‎ ‎ISC memiliki program mengolah minyak mentah yang telah dibeli dari luar negeri dengan menumpang pada fasilitas pengolahan minyak mentah luar negeri. Kemudian hasil olahannya akan dibawa ke dalam negeri.

"Proses minyak mentah di kilang luar negeri, kita punya minyak mentah diproses di kilang luar negeri hasilnya kita bawa kembali. Kita masak di luar," kata Hasto, seperti yang dikutip di Jakarta, Senin (‎14/3/2016).

Hasto mengatakan, hal tersebut merupakan usaha ISC untuk memenuhi kebutuhan BBM di dalam negeri. Lantaran saat ini kilang yang ada kapasitasnya terbatas sehingga untuk memenuhi kebutuhan Pertamina harus melakukan impor BBM. "Delapan kilang yang kita ‎punya kapasitasnya penuh semua," ujar Hasto.

Baca Juga

  • Harga Minyak Naik di Akhir Pekan
  • Pertamina Incar Gas Murah dari Iran
  • Incar Proyek PLTG Jawa 1, Pertamina Gunakan Teknologi GE

Source: liputan6.com
IHSG Naik 25 Poin Didorong Bursa Saham Global

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona hijau mengikuti gerak bursa saham global pada awal pekan ini.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Senin (14/3/2016), IHSG naik 25 poin atau 0,52 persen ke level 4.839,03. Penguatan IHSG berlanjut pada pukul 09.03 WIB. IHSG naik 31 poin atau 0,65 persen ke level 4.845,38. Indeks saham LQ45 menanjak 0,77 persen ke level 845,09. Seluruh indeks saham acuan kompak menghijau pada Senin pagi ini.

Di awal sesi, IHSG sempat berada di level tertinggi 4.847,10 dan terendah 4.838,17. Sebanyak 128 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau.

Sedangkan 22 saham melemah dan 51 saham lainnya diam di tempat. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 13.546 kali dengan volume perdagangan 242,6 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 308,7 miliar.

Baca Juga

  • Bursa Global Bakal Topang Penguatan IHSG di Awal Pekan
  • IHSG Bakal Menguat Dipengaruhi Pengumuman BI Rate
  • Ikuti Bursa Asia, IHSG Naik 20 Poin

Source: liputan6.com
6 Tanda Sudah Mandiri Secara Keuangan

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang akan menyukai posisi ketika mereka tidak perlu khawatir soal uang, punya banyak aset, dan mandiri secara finansial.

Tanda-tanda itu kebanyakan dimiliki oleh miliarder. Sayangnya, tidak semua orang di dunia ini mampu mewujudkan dan memiliki hal tersebut. Kesalahan apa yang sebenarnya terjadi?

Meskipun begitu, sebenarnya hanya ada sedikit korelasi dari total kekayaan dan mandiri secara finansial. Sebab kalau Anda kaya, belum tentu sebenarnya sudah mandiri secara finansial.

Lalu bagaimana cara agar mencapai kemandirian finansial? Ikuti enam tips berikut seperti dikutip dari www.cekaja.com, Senin (14/3/2016):

1. Bebas Utang

Tidak ada yang salah dengan utang atau cicilan. Bahkan, sekarang mencicil menjadi cara yang wajar untuk membeli sesuatu, misalnya rumah atau kendaraan. Mungkin ada juga saat-saat bijaksana meminjam uang.

Misalnya untuk membeli unit apartemen dalam rangka investasi. Sebenarnya bukan utang atau cicilan yang menjadi masalah. Akan tetapi bagaimana utang atau cicilan tersebut harus dibayar tepat waktu apapun yang terjadi.

Banyak pengeluaran? Tiba-tiba kehilangan pekerjaan? Utang atau cicilan tetap harus dibayar. Jika tidak, jangan harap Anda mencapai kemandirian finansial.

2. Gaya Hidup Sederhana

Gaya hidup high class tidak menjamin kebahagiaan. Banyak orang yang punya banyak rumah dan pesawat jet pribadi tetap merasa belum mandiri secara finansial. Mereka justru khawatir jika suatu hari nanti mereka tidak mampu membiayai gaya hidup mewah tersebut.

Sebaliknya, orang dengan gaya hidup sederhana merasa lebih bebas. Ketakutan tentang krisis global tidak menghantui karena mereka memang tidak menghabiskan hingga puluhan juta rupiah setiap bulan. (Baca juga: Ciri Pasangan yang Harus Anda Cari Agar Urusan Finansial Selalu Bahagia)

3. Punya Diversifikasi Portofolio

Setiap penasihat keuangan pasti merekomendasikan setiap orang untuk punya diversifikasi portofolio. Mengapa? Jawabannya bukan untuk membangun kekayaan, melainkan untuk melindungi kekayaan.

Jika selama ini Anda hanya sedikit berinvestasi, Anda akan terlalu bergantung pada saat itu saja. Akan tetapi jika kemandirian finansial adalah tujuanmu, Anda harus punya beragam jenis investasi.

4. Membelanjakan Uang Lebih Sedikit Meski Mampu

Ini merupakan nasihat klasik. Berhemat dengan membelanjakan sedikit uang sehingga sisanya bisa ditabung. Ini juga berlaku meskipun Anda sudah tidak lagi bekerja.

Orang yang mandiri secara finansial tidak bergantung pada hasil pasar saham besar atau nilai penjualan properti yang tinggi. Sebaliknya, mereka menentukan rencana belanja lebih sedikit dari jumlah tabungan di rekening. (Baca juga: Inilah Daftar Terbaru Orang Terkaya di Dunia)

5. Secara Mental Siap untuk Hidup Prihatin

Mandiri secara finansial berarti sebuah posisi ketika terjadi apa-apa dengan kondisi finansialmu, kedamaian dan kebahagiaan Anda tidak terganggu. Ini merupakan kesiapan mental di mana Anda siap hidup prihatin karena uang tidak membuatmu khawatir.

6. Memberi

Ketika Anda memberi, apakah itu memberi waktu, bakat, atau harta, dan Anda merasa semakin bertambah bukannya kekurangan, tandanya Anda telah mencapai kemandirian finansial.
(Baca juga:Ternyata Tiga Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Untung Secara Finansial Lho!)

Kemandirian finansial tidak akan terjadi tanpa perencanaan dan disiplin. Tapi yang pasti, untuk mencapainya Anda tidak perlu menjadi kaya raya. 

Fokus pada enam kunci di atas, dan Anda akan menemukan diri Anda berada di antara sebagian kecil orang-orang yang benar-benar mandiri secara finansial. (Ahm/Gdn)


Source: liputan6.com
‎Pemerintah Ubah Batam Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan mengubah status Batam dari kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (PBPB) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, langkah tersebut diperlukan untuk mengejar ketertinggalan RI dibanding negara lain. "Kami ingin penyelesaian yang tuntas soal Batam. Banyak negara belajar dari Batam mereka berhasil tapi Batam malah ketinggalan," katanya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (14/3/2016).

Saat ini pemerintah sedang melakukan sosialisasi pengembangan kawasan Batam. Langkah tersebut merupakan transformasi Batam yang akan diubah menjadi KEK.

Baca Juga

  • Dewan Kawasan Batam Emban Misi Tarik Investor
  • Pemerintah Segera Selesaikan Masalah Investasi di Batam
  • BP Batam Bubar, Pemerintah Cari Solusi Nasib Para Pekerja

Source: liputan6.com
Investor Australia Incar Sektor Pertanian RI

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan minat investasi dari Australia terus bermunculan. Saat ini sektor pertanian, yaitu perkebunan dan peternakan terintegrasi‎ sedang diincar.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani  mengatakan,‎ setelah berminat menanamkan modal di sektor pariwisata sebesar US$ 10 juta, investor dari Negeri Kanguru tersebut menyiapkan dana US$ 130 juta atau setara dengan Rp 1,6 triliun (kurs Rp 12.500 per dolar AS), untuk menanamkan modal di sektor pertanian di dua provinsi utama, yakni Lampung dan Papua.

"Jadi investor Australia akan bekerja sama dengan investor dari negara lain. Untuk di Lampung, mereka akan bekerja sama dengan investor Tiongkok. Sedangkan di Merauke, Papua, mereka telah menjalin komunikasi dengan investor asal Korea Selatan," kata Franky, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (14/3/2016).

Franky menuturkan, perusahaan telah melakukan pendekatan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Lampung dan Pemda setempat yang tengah mengupayakan ketersediaan lahan seluas 500-600 hektare (ha) di Lampung Tengah.

Baca Juga

  • BKPM Tawarkan Ini kepada Investor Slovenia
  • BKPM: Investasi Luar Jawa Meningkat Dua Kali Lipat
  • BKPM Tengah Kawal 22 Proyek Pembangunan Pembangkit Listrik

Source: liputan6.com
PGN Mampu Bangun Jaringan Pipa Gas 825 Km dalam Setahun

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus memperluas jaringan pipa gas. Dalam setahun terakhir, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang fokus dalam sektor gas tersebut telah membangun pipa gas sepanjang 825 kilometer (km).

Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso‎ mengatakan, pipa gas yang dibangun terdiri dari pipa transmisi open access dan pipa distribusi gas bumi. Pada akhir 2014 total panjang pipa gas bumi PGN mencapai 6.161 km. sedangkan saat ini saat ini pipa PGN bertambah menjadi 6.986 km.

"Pipa gas bumi PGN ini merepresentasikan 76 persen pipa gas bumi nasional," kata Hendi, di Jakarta, Senin (14/3/2016).‎

Hendi menambahkan, PGN juga merencanakan pembangunan infrastruktur gas untuk peningkatan pemanfaatan gas domestik. Penambahan panjang pipa gas yang akan dibangun oleh PGN mulai tahun ini sampai 2019 lebih dari 1.680 km

‎"Dari 2016 hingga 2019,PGN akan menambah jaringan pipa gas baik transmisi maupundistribusinya sepanjang lebih dari 1.650 Km,"ungkapnya.

Baca Juga

  • 3.898 Rumah di Sorong Nikmati Gas PGN
  • Kementerian BUMN: PGN Bukan Milik Asing
  • Warteg, Mal hingga Hotel Pakai Gas PGN

Source: liputan6.com
Jawa Barat Jadi Incaran Investor Belgia

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Belgia tertarik menanamkan modal di Jawa Barat. Para pengusaha tersebut tengah mempersiapkan investasi pada sejumlah daerah seperti Bandung, Bogor dan Karawang.‬

"Kami telah mengincar dan sedang mempersiapkannya di Bandung, Bogor, dan Karawang pada Maret 2016," ujar Sekretaris Negara Belgia Pieter De Crem di Jakarta, Senin (14/3/2016).

Pieter menjelaskan, para pengusaha Belgia tertarik akan konsep smart city yang diusung oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Terlebih lagi, sejumlah sarana transportasi dan teknologi informasi tengah dikembangkan di wilayah tersebut, seperti pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. "Di Bandung kami tertarik dengan konsep smart city-nya," lanjut dia.

Baca Juga

  • Indonesia-Belgia Jajaki Kerja Sama Investasi dan Perdagangan
  • Pererat Kerja Sama, Belgia Gelar Misi Ekonomi ke RI 
  • Datang ke Indonesia, Putri Belgia Akan Bawa Banyak Cokelat

Source: liputan6.com
Rupiah Kembali Menguat ke Level 12.993 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali menguat pada perdagangan di awal pekan ini. Kekhawatiran akan penguatan yang berlebih menahan rupiah ke level yang lebih tinggi.

Mengutip Bloomberg, Senin (14/3/2016), rupiah dibuka di level 12.993 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan pada pekan lalu yang ada di angka 13.074 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang ini, rupiah berada di kisaran 12.993 per dolar AS hingga 13.037 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah mampu menguat 5,66 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) rupiah dipatok di angka 13.020 per dolar AS. Menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 13.087 per dolar AS.

Baca Juga

  • Keputusan Bank Sentral Eropa Picu Rupiah ke 13.037 per Dolar AS
  • Rupiah Terus Menguat, Presiden Jokowi Semringah
  • Rupiah Akhirnya Tumbang ke 13.130 per Dolar AS

Source: liputan6.com
Rugi Krakatau Steel Bertambah pada 2015

Liputan6.com, Jakarta - PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) mencatatkan kenaikan rugi pada 2015. Perseroan membukukan rugi tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik 117,53 persen menjadi US$ 320,02 juta pada 2015 dari periode sama tahun sebelumnya US$ 147,11 juta.

Pendapatan turun 29,2 persen menjadi US$ 1,32 miliar pada 2015 dari periode sama tahun sebelumnya US$ 1,86 miliar. Beban pokok pendapatan turun menjadi US$ 1,35 miliar. Perseroan pun mencatatkan rugi kotor sekitar US$ 36,43 juta pada 2015 dari periode sama tahun sebelumnya untung US$ 41,33 juta.

Perseroan mencatatkan laba pelepasan aset tetap turun menjadi US$ 76.000 dari periode sama tahun sebelumnya US$ 20,83 juta. Perseroan membukukan pendapatan lain-lain turun menjadi US$ 18,94 juta. Beban lain-lain naik menjadi US$ 20,65 juta pada 2015.

Baca Juga

  • Krakatau Steel Lakukan Revaluasi Aset
  • PMN Rp 1,5 Triliun Dijamin Bukan Tambal Rugi Krakatau Steel
  • Perkuat Industri Baja, DPR Dukung Krakatau Steel Tambah Modal

Source: liputan6.com
9 Gedung Pencakar Langit Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Bukan sebuah kejutan apabila bangunan menarik di dunia juga memiliki nilai yang sangat mahal. Dilihat dari ukuran maupun desain, pasti akan memakan banyak biaya untuk membangunnya.

Tidak hanya jumlah uang yang diperhitungkan. Jumlah bahan material yang digunakan untuk mendirikan bangunan-bangunan tersebut juga diperhitungkan untuk menambah daya tariknya.

Dilansir dari theurbandeveloper.com, Senin (14/3/2016) berikut adalah bangunan di dunia yang memiliki nilai paling mahal.

1. Abraj Al Bait (Mekkah, Arab Saudi)

Abraj Al bait

Dengan nilai US$ 15 miliar atau setara dengan Rp 194,80 triliun (asumsi kurs Rp 12.987 per dolar Amerika Serikat) bangunan ini memiliki nilai yang paling mahal dan besar. Bangunan ini dimiliki oleh pemerintah Arab Saudi. Dengan total 120 lantai, ini memiliki gelar gedung tertinggi ketiga di dunia dengan struktur berdiri tertinggi keempat. Disana juga terdapat empat jam yang merupakan jam wajah terbesar dan tertinggi di dunia.

2. Marina Bay Sands (Singapura)

Marina Bay Sands

Merupakan salah satu atraksi wisata paling populer di Singapura, Marina Bay Resort. Tempat ini terdiri dari tiga bagian yang berisi 55 gedung bertingkat, kemudian dihubungkan oleh sebuah taman langit yang terletak di atas bangunan. Sebuah resor terpadu yang memberikan fasilitas restoran, hotel, pusat pameran, teater, ritel maupun tempat hiburan itu dibangun oleh Nevada Las Vegas Sands Corporation. Situs bangunan terdiri dari 15,5 hektar dan bernilai US$ 8 miliar atau setara dengan Rp 103,8 triliun

3. Resorts World Sentosa (Singapura) 

Sentosa Resort

Resor lainnya yang berada di Singapura, terdiri dari 6 hotel, oceanarium dan kasino ini dibangun oleh Genting Group Malaysia. Terletak di pulau Sentosa Singapura, bangunan ini memiliki nilai US$ 4.93 miliar atau setara dengan Rp 64,02 triliun . Resor ini juga termasuk taman bermain Universal Studios. Hotelnya menawarkan 1.840 kamar, juga pertunjukan produksi.


Source: liputan6.com
Menhub Minta Menkominfo Blokir GrabCar dan Uber Taxi

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan sopir angkutan umum dan taksi berdemo pada Senin (14/3/2016). Mereka menolak hadirnya layanan Uber Taxi dan GrabCar. Pemerintah langsung mengambil langkah cepat menyelesaikan tuntutan ribuan sopir tersebut.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata mengatakan, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah memberikan rekomendasi ke Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memblokir dua layanan transportasi berbasis aplikasi tersebut.

"Sudah dibuat surat dari Menhub untuk Menkominfo untuk pemblokiran aplikasi pemesanan GrabCar dan Uber Taxi," tutur Barata kepada Liputan6.com, Senin (14/3/2016).

Baca Juga

  • Tol Bandara Soetta Macet Diserbu Ratusan Taksi Demo ke Istana
  • Ahok: Kami Sudah Beberapa Kali Larang Angkutan Online
  • Demo Sopir Bus dan Taksi, Jalan Depan Istana Masih Bisa Dilewati

Source: liputan6.com
Layanan Kepabeanan Capai 0,4 Hari di Pelabuhan Tanjung Priok

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menyatakan terus berupaya memangkas waktu tunggu bongkar muat atau dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri‎ menargetkan dwelling time menjadi tiga hari.

Deputi II bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Maritim Agung Kuswandono mengatakan, untuk memangkas waktu tersebut terus mengupayakan efisiensi dari semua aspek baik tahapan pre customs clearance atau sebelum layanan kepabeanan.

Kemudian ‎customs clearance (prosedur impor barang). Customs clearance ini merupakan proses administrasi pengiriman dan atau pengeluaran barang ke/dari pelabuhan muat/bongkar yang berhubungan dengan kepabeanan dan administrasi pemerintahan. Kemudian tahap selanjutnya post customs clearance (setelah layanan kepabeanan).

Dari segi pre clearance, pihaknya mengapresiasi langkah-langkah Kementerian dan Lembaga (KL) yang ‎memangkas berbagai bentuk perizinan. Terlebih lagi Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang memangkas sampai tersisa 20 izin.

Baca Juga

  • Jokowi: Jangan Sampai Ada `Korban` Lagi karena Dwelling Time
  • Kereta Pelabuhan Pangkas Dwelling Time Jadi 2 Hari
  • Salip Malaysia, Pemerintah Targetkan Dwelling Time Hanya 1,5 Hari

Source: liputan6.com
Harga Minyak Terus Anjlok, Harga BBM Diminta Ikut Turun

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan meninjau kembali harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar pada April 2016, setelah tiga bulan tidak melakukan perubahan harga. Lalu bagaimana seharusnya besaran harga BBM pada April?

Direktur Eksekutif Refomainer Institute Komaidi Notonegoro menilai, jika mengacu pada penurunan harga minyak dunia dalam beberapa bulan terakhir, harga Premium dan solar seharusnya turun pada April 2016.

"Jika hanya melihat aspek biaya pengadaan, seharusnya ada potensi turun," kata Komaidi, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Senin (14/3/2016).

Namun menurut Komaidi, pemerintah perlu mempertimbangkan besaran penurunan harga Premium dan solar bersubsidi tersebut agar tidak terlalu dekat dengan harga keekonomian. Dengan begitu, akan ada dana yang disimpan dari penurunan harga. "Namun untuk harga BBM, saya kira banyak variabel yang dipertimbangkan," ungkap dia.

Baca Juga

  • Pertamina Bakal Luncurkan Solar Jenis Baru
  • Subsidi Tetap Bikin Konsumsi Solar Turun
  • Berapa Harga Solar Jenis Baru Pertamina?

Source: liputan6.com
Trik Mudah Membaca Denah Saat Minat Membeli Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Ketika ingin membeli rumah baru, Anda mungkin sudah mengumpulkan beberapa lembar brosur proyek, yang dilengkapi beberapa gambar denah area rumah.

Namun, tidak semua orang memahami cara terbaik untuk membayangkan luas dan tata letak ruang secara benar. Membaca denah proyek memang bukan hal yang mudah.

Berikut ini Rumah.com, yang melansir dari Newhomesource.com akan menyajikan beberapa tips mudah membaca denah dengan benar.

Steve Moore, Partner Senior BSB Design Inc di West Des Moines Lowa memberikan trik, di mana Anda disarankan untuk membayangkan dalam pikiran bagaimana model rumah tersebut dengan beberapa cara seperti berikut:

Membayangkan masuk ke area rumah

Sebagai seorang tamu, bayangkan visual yang terlihat ketika Anda memasuki pintu depan rumah. Apakah pemandangannya terlihat bagus dari sisi pintu masuk ke dalam?.

Denah rumah yang baik seharusnya memberikan pandangan pertama yang praktis dan rapih. Pada beberapa rumah baru, ruang pertama yang menyambut adalah foyer atau ruang tunggu tamu.

Selanjutnya perhatikan apakah celah dinding menuju ruang selanjutnya menampilkan ruang yang cukup luas atau malah menghadap langsung ke ruang pribadi seperti dapur atau kamar mandi.

Berjalan di sekitar denah

Gunakan kedua jari (telunjuk dan tengah) Anda untuk menelusuri denah rencana. Visualisasikan bagaimana Anda akan menjalani aktivitas sehari-hari di dalam rumah. Rumah yang baik seharusnya memiliki pemisah antara ruang publik, ruang privat dan ruang intim. Sebagai contoh, kalau ruang kamar tidur utama terletak di lantai pertama, maka pintu masuknya tidak boleh terletak di ruang tamu, ruang makan atau pintu masuk.

Bayangkan langit-langit yang tinggi, garis pandang dan koridor di dalam ruangan. Apakah jendelanya cukup untuk memperluas tampilan dari luar dan memberi ruang masuk bagi cahaya matahari?

Rumah Anda akan terlihat bagus jika pandangan dari dalam ruangan terlihat lebar sehingga terasa lebih luas dari aslinya.


Denah rumah Platara @Pondok Pinang

Periksa sirkulasi gerak

Coba bayangkan apakah rumah Anda memiliki jalur gerak yang nyaman? Apakah mudah mengambil bahan makanan dari garasi ke dapur? Apakah ruang makan nyaman diletakkan di sebelah dapur? Dan apakah ada akses yang mudah dari ruang sarapan ke ruang tidur?

Pastikan alur denahnya tidak terkesan sempit dengan adanya lorong yang menghabiskan luas bangunan. Perhatikan lokasi tangga. Tangga yang berada di depan dapat mengesankan desain yang impresif. Sementara kalau letaknya ada di belakang, maka Anda dengan mudah bisa mengakses kamar tidur ke ruang keluarga.

Fokus pada ruang keluarga

Menurut Moore, ruang keluarga kini telah berubah trennya sebagai ruang aktivitas sehari-hari. Karena di ruangan ini sering menjadi area bersantai dan hiburan bagi keluarga dan lokasinya juga relatif dekat dari dapur. Jadi sangat penting bagi Anda membuat ruang keluarga menjadi terkesan luas, sehingga Anda dan keluarga akan merasa nyaman berkumpul bersama.

Anda juga harus mengetahui selera desain dan gaya furnitur yang disukai. Apakah tergolong desain kontemporer, formal atau bahkan desain denah tradisional? Tren yang sedang berkembang belakangan ini adalah ruangan yang diisi oleh perabot kasual dan sekat dinding rendah untuk membatasi satu ruang ke ruangan yang lain. Akan tetapi, desain tetap dikembalikan dengan selera Anda.

Misalnya, Anda harus tahu persis bagaimana letak dapur dari area aktivitas sehari-hari. Apakah ingin dibatasi oleh sekat pembatas, atau justru, dibiarkan terbuka?


Denah rumah Pasadenia Residence Pulomas

Jangan abaikan kamar tidur

Jika Anda memiliki anak kecil, mungkin Anda berencana membuat ruangan tidur khusus bagi mereka, namun letaknya dekat dengan kamar tidur utama. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan letak kamar tidur. Kemudian jika terdapat kamar mandi di dalam kamar tidur utama, perhatikan apakah pintunya di desain tertutup atau terbuka setengah. Ini sangat penting bagi Anda yang membutuhkan privasi.

Periksa dimensi setiap ruangan

Biasanya denah dilengkapi dengan dimensi ruang yang skalanya diperkecil. Anda harus membayangkan dengan jelas bagaimana perabot kesayangan bisa muat di setiap ruangan. Misalnya Anda ingin mengisi kamar tidur dengan lemari besar, atau ruang keluarga dengan televisi 32-40 inchi. Pastikan semua perabot tersebut bisa diletakkan dan terlihat proporsional.

Perhatikan area penting

Selain dapur, dua area yang paling banyak diperhatikan oleh para pembeli rumah baru adalah ruang jemur dan pintu masuk dari garasi. Beberapa orang ada yang menyukai ruang jemur di lantai satu. Namun ada juga yang lebih suka di lantai atas, bersebelahan dengan mesin cuci dan tempat pakaian kotor disimpan. Mana yang Anda sukai?

Kemudian, apakah dari garasi atau carport terdapat akses mudah menuju dapur. Tentunya setelah berbelanja banyak barang groceries Anda ingin memindahkan barang-barang dengan mudah dan cepat.

Foto Feature: Denah rumah Panorama Bintaro


Source: liputan6.com
Uber Terancam Diblokir, Harga Saham Express Melonjak

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi layanan ride-sharing berbasis online Uber dan GrabCar yang terancam diblokir memberikan sentimen positif untuk pergerakan saham operator taksi.

Berdasarkan data RTI, saham PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) naik 27,33 persen ke level Rp 206 per saham pada sesi kedua perdagangan saham Senin (14/3/2016).

Saham PT Express Transindo Utama Tbk sempat berada di level tertinggi Rp 208 dan terendah Rp 161 per saham. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 6.537 kali dengan nilai transaksi harian saham Rp 56,6 miliar.

Kondisi tersebut berbeda dengan pergerakan saham PT Blue Bird Tbk (BIRD). Saham PT Blue Bird Tbk bergerak stabil di kisaran Rp 6.125 per saham. Saham PT Blue Bird Tbk sempat melemah tipis ke level Rp 6.025 per saham.

Baca Juga

  • Uber dan GrabCar Terancam Diblokir 
  • Menhub Minta Menkominfo Blokir Grab Car dan Uber Taxi
  • Langkah Operator Taksi Hadapi Layanan Kendaraan Online

Source: liputan6.com
Berapa Penurunan Harga BBM pada April Nanti?

Liputan6.com, Jakarta - Penurunan harga minyak dunia harus direfleksi dengan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar Subsidi pada April mendatang. Jika dihitung, berapa harga BBM Premium dan Solar Subsidi jika harga minyak dunia berada di kisaran US$ 30 per barel? 

Pengamat energi dari Reforminer Institute Pri Agung Rakhmanto mengatakan, harga Premium dan Solar subsidi untuk April mengacu pada harga minyak tiga bulan sebelumnya. Jika melihat harga minyak pada jejang waktu tersebut berada di bawah lever US$ 30 per barel dengan begitu harga dua jenis BBM tersebut seharusnya turun.

"Ya harga April sebetulnya ditentukan 3 bulan pertama rata-rata ICP nya rendah di bawah US$ 30 tentunnya harus turun," kata Pri Agung, saat berbincang dengan Liputan6.com, diJakarta, Senin (14/3/2016).

Baca Juga

  • Harga Minyak Terus Anjlok, Harga BBM Diminta Ikut Turun
  • Pemerintah Bakal Evaluasi Harga BBM di Akhir Maret Ini
  • Pertamina Disarankan Bangun Kilang Ketimbang Turunkan Harga BBM

Source: liputan6.com
Menperin Belum Tahu Rencana Pembangunan Pabrik Mobil Esemka

Liputan6.com, Jakarta - Produsen mobil Esemka dikabarkan tengah membangun pabriknya di Boyolali, Jawa Timur. Mobil ini sempat digadang-gadang akan menjadi mobil nasional.

Namun, kabar pembangunan pabrik ini tampaknya belum sampai ke telinga pemerintah. Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengaku belum mendapatkan laporan secara resmi terkait pembangunan pabrik mobil ini. "Saya sempat dengar tapi belum dapat laporan resmi," ujar dia di Jakarta, Senin (14/3/2016).

Meski demikian, Saleh memastikan tetap akan mendukung jika Esemka serius mengembangkan industri mobil di dalam negeri. Esemka dinilai cocok untuk dikembangkan sebagai angkutan pedesaan.

Baca Juga

  • Jokowi Tetap Ingin Esemka Jadi Mobil Nasional RI
  • Mobil Pelat Hitam Dirusak Sopir Angkutan Saat Demo di Patung Kuda
  • Walikota Solo Harap Jokowi Kembangkan Mobil Esemka

Source: liputan6.com
Satelit BRI Bakal Menjelajah Angkasa pada 8 Juni 2016

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) akan meluncurkan satelit pada 8 Juni 2016. Dengan adanya satelit tersebut, BRI dapat memberikan layanan perbankan lebih maksimal ke pelosok negeri.

Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengatakan, BRI merupakan bank pertama di dunia yang memiliki satelit. Oleh karena itu, satelit tersebut bisa menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

"Sengaja tampilan cover di laporan keuangan adalah satelit. Insya Allah pada 8 Juni tahun ini kami akan luncurkan satelit BRI. Kami mohon doa restu mudah-mudahan bisa menjadi kebanggaan Indonesia dan memanfaatkan untuk kepentingan nasabah," katanya saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (14/3/2016).

Baca Juga

  • Pertengahan 2016, BRI Jadi Bank Pertama yang Luncurkan Satelit
  • Ngaku Tak Jago, BRI Tetap Nekad Operasikan Satelit
  • Satelit BRI Bakal Diluncurkan di Karibia

Source: liputan6.com
Aksi Beli Investor Asing Picu IHSG Naik 63 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu bertahan di zona hijau pada perdagangan saham di awal pekan ini. Penguatan IHSG itu ditopang dari kenaikan bursa saham global.

Pada penutupan perdagangan saham, Senin (14/3/2016), IHSG naik 63,75 poin atau 1,32 persen ke level 4.877,53. Indeks saham LQ45 menguat 1,61 persen ke level 852,14.

Sebagian besar indeks saham menguat kecuali indeks saham DBX melemah 0,04 persen ke level 670,09.

Ada sebanyak 206 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. Sedangkan 90 saham melemah dan 84 saham lainnya diam di tempat. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 286.516 kali dengan volume perdagangan 5,6 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 5,3 triliun.

Secara sektoral, sebagian besar sektor saham menguat kecuali sektor saham perkebunan melemah 0,25 persen. Sektor saham infrastruktur naik 2,28 persen, dan mencatatkan penguatan terbesar pada hari ini. Disusul sektor saham barang konsumsi naik 2 persen dan sektor saham aneka industri mendaki 1,93 persen.

Baca Juga

  • IHSG Naik 25 Poin Didorong Bursa Saham Global
  • Bursa Global Bakal Topang Penguatan IHSG di Awal Pekan
  • IHSG Bakal Menguat Dipengaruhi Pengumuman BI Rate

Source: liputan6.com
Ini Tanggapan Pengusaha soal Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memutuskan untuk menaikkan iuran BPJS Kesehatan per 1 April 2016. Kenaikan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Perpres Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan. Langkah yang dilakukan oleh pemerintah tersebut mendapat sambutan positif dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan, pada prinsipnya para pengusaha akan mengikuti apa yang telah diatur oleh pemerintah. Asalnya aturan tersebut memberikan dampak positif bagi sektor usaha di dalam negeri. "Pertama, kalau itu peraturan yang berlaku, kami ikuti ya," ujarnya di Jakarta, Senin (14/3/2016).

Menurut Rosan, yang terpenting dari setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, yaitu kebijakan tersebut mampu mengurangi pengangguran dan membuat roda perekonomian di dalam negeri tetap berjalan. "Kami harapkan dari kebijakan ini, tujuannya satu, penciptaan lapangan kerja. Kalau suatu kebijakan penciptaan lapangan kerja baru itu oke. Kalau tidak menciptakan lapangan kerja baru itu mesti di-review kembali," kata dia.

Jika kebijakan kenaikan iuran ini pada ujungnya akan memberatkan pengusaha, harus ada kompensasi yang diberikan pemerintah. Hal ini penting untuk menjaga kegiatan bisnis di Indonesia tetap berjalan.

"Mau menambah pajak, kasarnya, kalau ujungnya penciptaan lapangan kerja baru kami dukung. Ada beban ke pengusaha, kalau untuk lapangan kerja baru kita dukung. Ujungnya itu saja. Ada kebijakan pembuatan rumah murah untuk rakyat nggak mampu. Kebijakannya bagus, kalau bisa ciptakan lapangan kerja," tandas dia.

Baca Juga

  • Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Ini Pinta Buruh
  • YLKI Desak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Dibatalkan
  • Iuran BPJS Resmi Rp 80 Ribu Per 1 April 2016

Source: liputan6.com
Ini Zodiak yang Bakal Ketiban Untung Pekan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pada pekan ini, para pemilik zodiak Libra tampaknya menjadi orang paling beruntung. Pasalnya kondisi keuangan para pemilik zodiak Libra sedang baik karena akan mendapatkan bonus yang sebelumnya tidak pernah diduga.

Meski demikian, bukan berarti pemilik zodiak lain tidak dinaungi oleh bintang keberuntungan. Lantas bagaimana ulasan karier dan keuangan masing-masing zodiak pada pekan ini? Berikut ulasan Peramal Suhu Naga:

1. Capricorn (23 Desember-20 Januari)

- Karier: Jaga stamina, karena pekerjaan sedang menurun tetapi akan ada peluang besar yang tidak terduga yang bisa bawa keuntungan.
- Keuangan: sedang tidak bagus.
- Saran: harus pintar-pintar mengatur keuangan.

2. Aquarius (21 Januari-19 Februari)

- Karier: harus yakin bahwa apa yang telah dilakukan pasti akan berbuah manis. Tetapi segala kemungkinan bisa saja terjadi
- Keuangan: harus bekerja lebih keras dan kencangkan ikat pinggang.
- Saran: tetap berpikir positif

3. Pisces (20 Februari-20 Maret)

- Karier: harus banyak luangkan waktu untuk refreshing. Jangan memikirkan pekerjaan terlalu dalam.
- Keuangan: mulai merubah manajemen keuangan karena prioritas keuangan masih kacau.
- Saran: coba untuk lebih santai.


Source: liputan6.com
Bos Bank Mandiri Pamit ke Anggota DPR

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Budi Gunadi Sadikin ‎berpamitan kepada anggota Komisi XI DPR RI. Rapat Kerja antara Direksi bank pelat merah dan anggota Komisi XI DPR RI yang digelar pada Senin (14/3/2016) ini merupakan pertemuan terakhir Budi sebagai Direktur Utama Bank Mandiri dengan para wakil rakyat tersebut.

"Saya mohon izin mungkin ini merupakan kesempatan terakhir. Senin depan akan ada Rapat Umum pemegang Saham (RUPS). Saya sudah 10 tahun di Bank Mandiri," katanya saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Jakarta, Senin (14/3/2016).

Hari ini, Komisi XI menggelar rapat kerja dengan tiga bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara lain PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).

Pemimpin rapat Ketua Komisi XI‎ Ahmadi Noor Supit mengatakan rapat kali ini membicarakan kinerja bank tiga bank pelat merah. Selain itu, rapat ini juga membicarakan pinjaman bank terutama dari China Development Bank (CDB). "Agenda terdiri dua, pertama kinerja keuangan tiga bank. Kedua menyangkut pinjaman CDB," tuturnya.

Dia mengatakan, ‎bank BUMN mesti menjadi ujung tombak negara. Maka dari itu, DPR turut memantau perkembangan bank-bank tersebut. "Bank BUMN harus menjadi ujung tombak Indonesia tercermin kredit di sektor riil namun dalam penyaluran kredit harus berpegang pada prinsip kehati-hatian supaya NPL terjaga waktu ke waktu," tukas dia.

Sebelumnya, Budi Gunadi Sadikin juga telah berpamitan kepada para wartawan saat Bank Mandiri menggelar papara kinerja 2015. "Di kesempatan ini saya sekalian pamit, nanti 21 Maret 2016 saya selesaikan tugas, Alhamdulilah menutup dengan kinerja yang bagus," kata Budi.

Baca Juga

  • Dirut Mandiri: Rupiah 13.300/US$, Perbankan Masih Aman
  • Cerita Bos Mandiri Soal Dua Wanita Dalam Hidupnya
  • Kisah Nasabah Kaya Sekejap Gara-gara Kesalahan Bank

Source: liputan6.com
Tanggapan ANZ soal Kabar Penjualan Saham Bank Panin

Liputan6.com, Jakarta - Australian & New Zealand Banking (ANZ) Group Ltd dikabarkan akan menjual kepemilikan sahamnya di PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN). Jumlah kepemilikan sahamnya yang akan dijual mencapai sekitar 39 persen.

Saat ditanya mengenai kabar tersebut, manajemen ANZ enggan berkomentar. "Kami tidak mengomentari aksi merger dan akuisisi. Jadi menolak untuk berkomentar," ujar Head of Media Relations grup ANZ Stephen Ries saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Senin (14/3/2016).

Hal senada dikatakan manajemen Bank Panin. Penjualan kepemilikan saham bank Panin milik ANZ merupakan wewenang dari pemegang saham. "Manajemen tidak terlibat urusan shareholder. Kami juga public company," tutur Wakil Direktur Utama PT Bank Pan Indonesia Tbk, Roosniati Salihin.

Baca Juga

  • IFC dan ANZ Beri Pinjaman ke Indonesia Infrastructure Finance
  • ANZ Beri Sinyal Jual Sahamnya di Panin Bank
  • Wawancara Ekonom ANZ: Di Tangan Jokowi, Ekonomi RI Terus Tumbuh

Source: liputan6.com
Transformasi Batam Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Liputan6.com, Jakarta - Batam, telah lama digadang-gadang sebagai lokasi menjanjikan bagi investasi di Tanah Air. Lokasinya yang strategis karena berbatasan dengan negara tetangga Singapura, yang selama ini menjadi pintu ke pasar dunia, diharapkan ikut membuat wilayah ini berkembang. Itu sebabnya, pemerintah menetapkan Batam sebagai ‎kawasan Free Trade Zone (FTZ) beberapa tahun lalu.

Sayang, kini iklim investasi di kota tersebut dinilai mulai kurang menjanjikan. Ini seiring konflik perburuhan dan dualisme kewenangan antara Badan Pengelolaan (BP) Batam serta Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Manager of Admin dan General Affair PT Batamindo Investment Cakrawala, pengelola kawasan industri Batamindo, Tjaw Hioeng membenarkan masih adanya dualisme kewenangan perizinan antara BP Batam dan Pemko Batam, saat dihubungi Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Pemerintah pusat, memberikan wewenang BP Batam dalam hal perizinan pusat. Sementara Pemkot Batam berwenang mengeluarkan izin daerah meskipun proses perizinan ada di bawah Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). 

"Kewenangan BP Batam seperti menerbitkan izin prinsip Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), angka pengenal impor dari Kementerian Perdagangan dan izin dari Kementerian lain. Sedangkan Pemkot Batam menangani izin daerah, seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), domisili, tanda daftar perusahaan dan izin-izin lingkungan," ujar Tjaw.

Tugas dan tanggungjawab serta wewenang yang diberikan kepada BP Batam dan Pemko Batam inilah, yang diakui sangat membingungkan investor. Alhasil, dikabarkan ada investor yang kemudian memindahkan usahanya ke negara lain. Apalagi, aksi demo buruh di Batam oleh investor dinilai terlalu banyak.

Investor Pindah ke Negara Lain

Sebanyak 30 persen dari ratusan perusahaan di Batam berencana memindahkan pabriknya ke negara lain karena kondisi yang terjadi di Batam. Negara tujuan kepindahan perusahaan tersebut antara lain, Malaysia dan Vietnam.

Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga Nuryanto membenarkan hal ini. "Yang jelas faktanya 30 persen dari total ratusan pabrik di Batam punya keinginan keluar. Kebanyakan adalah pabrik otomotif, elektronik, dan lainnya. Kemarin saja sudah banyak yang pindah," kata Nuryanto.  

Dia mengatakan, perusahaan atau pabrik tersebut berniat pindah karena berbagai alasan. Mulai dari tidak kompetitif, dualisme kewenangan, ketidakpastian berusaha sampai demo buruh yang marak terjadi di Batam. 

"Mereka merasa tidak kompetitif lagi, karena ada negara lain yang lebih baik manajemen, seperti di Malaysia dan Vietnam. Yang paling mempengaruhi memang demo buruh, orang mau dapatkan lebih baik dengan cara seperti itu," dia menjelaskan. 

Dia menuturkan, perusahaan tersebut berniat pindah ke negara seperti Vietnam dan Malaysia karena dinilai lebih menjanjikan kemudahan dan kepastian berusaha.

Namun dia mengaku tidak mengetahui seberapa banyak pekerja yang akan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) jika perusahaan di Batam tersebut jadi memindahkan usahanya.

"Belum tahu berapa karyawannya. Tapi dari berbagai diskusi, sebanyak 30 persen dari pabrik mau pindah. Itu niat mereka," tegasnya.

Ubah Status Batam jadi KEK

Kondisi tersebut kemudian membuat pemerintah pusat harus turun tangan.  Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengubah status Batam dari kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (PBPB) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, langkah tersebut diperlukan untuk mengejar ketertinggalan RI dibanding negara lain. "Kami ingin penyelesaian yang tuntas soal Batam. Banyak negara belajar dari Batam mereka berhasil tapi Batam malah ketinggalan," kata Darmin, Senin (14/3/2016).

Ini dilakukan setelah sebelumnya pemerintah memutuskan untuk membentuk Dewan Kawasan Batam guna memperbaiki tata kelola kota ini. Dewan kawasan tersebut ‎dikepalai langsung Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan beranggotakan perwakilan dari 11 lembaga.

Saat ini pemerintah sedang melakukan sosialisasi pengembangan kawasan Batam. Langkah tersebut merupakan transformasi Batam yang akan diubah menjadi KEK.

Darmin mengatakan bahwa Batam akan mengarah kawasan investasi. Meski begitu pemerintah juga mempertimbangkan adanya kawasan pemukiman di sana.

"Di kawasan pemukiman tidak akan mengubah atau mengurangi fasilitas yang sudah ada, baik fasilitas kepada investasi maupun fasilitas kepada penduduk. Cuma kita ingin daerah pemukiman tidak masuk lebih luas ke kawasan investasi," tandas dia.

Bentuk Dewan Kawasan PBPB Batam

Batam Jadi Kawasan Ekonomi Khusus
Sebelum mengubah Status Batam menjadi KEK, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Dewan Kawasan PBPB Batam pada tanggal 29 Februari 2016. Dalam ketentuan tersebut ditetapkan Dewan Kawasan PBPB Batam diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Adapun anggota Dewan Kawasa‎n PBPB Batam antara lain Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Keuangan, Menteri Perdagangan, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Panglima Tentara Nasional Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Sekretaris Kabinet, Gubernur Kepulauan Riau, Walikota Batam, dan Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau.

Ketentuan itu sekaligus mencabut Keppres Nomor 18 Tahun 2013 mengenai pembentukan Dewan Kawasan PBPB Batam.

"Oleh sebab itu, penyelesaian dengan pola business as usual tidak akan dapat meningkatkan daya saing Batam sebagai pusat perekonomian yang pernah unggul di kawasan regional," tutur Menko Darmin.

Dewan Emban Misi Tarik Investor

Menko Darmin Nasution memimpin langsung Dewan Kawasan Batam. Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, dewan kawasan memiliki tugas untuk membenahi, mengatur serta membuat Batam lebih menarik bagi investor.

"Dewan kawasan yang akan membenahi mengatur dan juga membuat Batam lebih menarik bagi investor. Hal-hal secara prinsip selama ini menjadi keluhan investor akan dilakukan pembenahan," jelas dia.

Melalui dewan kawasan akan membentuk badan pengusahaan yang bertugas menjalankan fungsi operasional Batam. Badan pengusahaan tersebut juga bertugas menjalankan audit terhadap BP Batam.

"Dewan kawasan ini akan membentuk badan pengusahaan supaya di lapangan mereka bisa secara oprasional melakukan pembenahan itu. Tentunya dewan kawasan akan melakukan audit BP Batam yang selama ini ada. Kita minta untuk karena pembenahan sampai dengan proses transisi tidak mengambil kebijakan apapun yang akan merugikan siapapun," jelasnya.

Dia mengatakan, bagi dunia usaha tetap mendapatkan keistimewaan. Pihaknya menegaskan adanya dewan kawasan untuk membuat investasi lebih menarik.

"Namanya dewan kawasan, dewan kawasan diatur undang-undang, sebenarnya mengembalikan roh utama untuk mengatur dewan kawasan. Dalam kawasan itu ada bagian free trade zone (FTZ) diatur lebih lanjut. ‎Secara teknis akan dilakukan badan pengusaha," tandas dia. (Nrm/Gdn)


Source: liputan6.com
Landmark Group Buka Lowongan Kerja Bagi 5.000 WNI

Liputan6.com, Jakarta - Landmark Group, kelompok konglomerasi dari Dubai, Uni Emirat Arab, membuka peluang kerja bagi 5.000 Warga Negara Indonesia (WNI). Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) akan memfasilitasi proses penempatan bagi WNI yang berminat.

Landmark Group yang merupakan merupakan perusahaan yang memiliki ribuan toko eceran di seluruh Timur Tengah, termasuk Arab Saudi, Kuwait dan Dubai tersebut memberikan syarat kepada pelamar yang ingin bekerja untuk harus mampu bicara dalam bahasa Inggris dan memiliki kemampuan komunikasi yang tinggi.

Menurut tenaga profesional BNP2TKIAnjaniAmityaKirana, permintaan tenaga kerja dalam jumlah yang besar ini agak unik. Mengingat Timur Tengah sedang dilanda ketidakstabilan politik dan keamanan. Selain itu, Timur Tengah juga sedang di tengah kelesuan bisnis minyak bumi dan gas. 

Baca Juga

  • Menteri Puan Minta BNP2TKI Benahi Masalah TKI Ilegal
  • Mutasi dan Rotasi Diharapkan Bisa Dorong BNP2TKI Jadi Lebih Kuat
  • KPK Minta BNP2TKI Rawat Semangat Pencegahan Korupsi

Source: liputan6.com
Keuntungan Bangun Blok Masela di Laut

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan fasilitas pengolahan gas terapung (floating liquified natural gas/FLNG) Blok Masela akan menegaskan kehadiran dan kekuasaan Indonesia di wilayah berbatasan dengan Australia.

"Dari aspek presence atau kehadiran, termasuk aspek pengembangan pertahanan baik militer (TNI) dan nonmiliter yaitu tumbuhnya lalu lintas kapal di area Masela, maka pilihannya memang harus `offshore` (FLNG)," kata Direktur Eksekutif Institute for Defense and Security Studies Connie Rahakundini Bakrie, ‎di Jakarta, Senin (14/3/2016).

Connie mengatakan, jika  FLNG dipilih sebagai fasilitas pengolahan gas Blok Abadi tersebut maka Indonesia akan lebih cepat menancapkan eksistensi di wilayah zona ekonomi eksklusif/ZEE itu dibandingkan skema darat (onshore LNG/ONLG).

Ia menuturkan, Indonesia mesti cepat mengembangkan blok Masela. Hal itu karena berkejaran dengan Australia yang juga tengah memperkuat wilayah perbatasannya dengan membangun sejumlah FLNG.

Baca Juga

  • Begini Keuntungan Pengelolaan Blok Masela di Darat
  • Sudirman Said: Keputusan Blok Masela di Tangan Presiden
  • Cara Agar Blok Masela Tak Bebani Negara

Source: liputan6.com
Diskon Tarif Listrik Dorong Pertumbuhan Industri

Liputan6.com, Jakarta - Paket kebijakan ekonomi jilid III yang diluncurkan pemerintah pada September 2015, dalam bentuk diskon tarif listrik, pada saat Luar Waktu Beban Puncak (LWBP) dan penurunan tarif listrik untuk golongan I3 dan I4 memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan industri di Indonesia.

Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun mengungkapkan, hal tersebut ditandai dengan tumbuhnya penjualan listrik untuk industri skala besar (I4) dengan daya 30 Mega Volt Amper (MVA) ke atas sebesar 10,74 persen. Angka ini meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan industri Januari 2016 yang hanya sebesar 6,21 persen.

“Pertumbuhan industri skala besar ini dipengaruhi adanya promo diskon tarif untuk tambahan pemakaian listrik pukul 23.00 hingga 08.00 WIB. Industri skala besar yang tumbuh menggembirakan ini antara lain industri kimia, semen, baja, kertas/pulp,” kata Benny di Jakarta, Senin (14/3/2016).

Sementara itu, untuk penjualan industri skala menengah (I3) dengan daya di atas 200 kilo Volt Amper (kVA) juga naik cukup signifikan meskipun tidak sebesar pertumbuhan konsumsi listrik pelanggan industri besar. Kenaikan mencapai 3,53 persen, sedangkan pertumbuhan pada Januari 2016 hanya sebesar 0,9 persen.

Baca Juga

  • Tetapkan Harga Batu Bara, ESDM Panggil Pengusaha hingga PLN
  • Ini Cara PLN Deteksi Pencurian Listrik
  • Jurus PLN dan Swasta Wujudkan Pemerataan Listrik di RI

Source: liputan6.com