Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Selasa, 15 Maret 2016
Pahami 5 Hal Tentang Uang Ini

Liputan6.com, Jakarta - Uang merupakan alat tukar yang dapat diterima secara umum. Hampir semua orang di dunia bekerja demi mendapatkan uang sehingga mampu mencukupi kebutuhan yang dimiliki.

Namun, banyak orang yang belum paham betul mengenai bagaimana cara mengatur keuangan yang baik. Apabila mampu mengatur keuangan yang dimiliki maka Anda pun akan memiliki catatan keuangan yang baik. Melansir Business Insider, Senin (14/3/2016) berikut ulasannya:

1. Simpan 10 persen pengeluaran

Apabila Anda ingin memiliki tabungan yang cukup, maka harus mampu menyisihkan sebagian pengeluaran yang dimiliki. Sedikit demi sedikit hal ini nantinya berguna untuk mendukung keperluan di masa depan.

2. Bayar tagihan kartu kredit secara penuh

Adanya fasilitas bayar minimum tagihan kartu kredit bisa menguntungkan, tapi juga bisa membuat celaka. Bank menawarkan fasilitas bayar minimum tagihan kartu kredit per bulan bukan tanpa syarat.

Jika kita terlena oleh fasilitas ini dan terbiasa membayar jumlah minimal tagihan yang tertera pada lembar tagihan setiap bulan, bisa-bisa kita terjerat utang berjibun. Soalnya, bunga yang dikenakan bakal berlipat-lipat, dari bulan ke bulan, bergantung pada nilai transaksi yang belum dilunasi.


Source: liputan6.com
Resep Sukses Broker Properti Menangkan Penghargaan

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang broker properti atau agen properti adalah profesi yang menarik. Selain pendapatannya yang tidak terbatas layaknya wirausaha. Keberhasilan mereka tidak hanya menghasilkan manfaat ekonomi bagi diri sendiri, tetapi juga menjadi inspirasi bagi yang lain.

Broker adalah profesi yang cukup menjanjikan. Besar-kecilnya pemasukan Anda tergantung seberapa gigih Anda dalam berusaha. Untuk mengapresiasi kinerja para agen tersebut, Era mengadakan seremonial pemberian penghargaan.

Lisa Kuntjoro contohnya, di acara Era National Business Conference XXIV Ia meraih penghargaan sebagai Runner Up Top Producer Associate. Kepada Rumah.com, Lisa membagikan resep menjadi broker sukses seperti ditulis Selasa (15/3/2016).


Para pemenang Top Producer Associate Overall

  1. Spesialisasi Lokasi
    Hal pertama yang penting untuk mengembangkan profesi sebagai agen (properti) adalah fokus pada spesialisasi lokasi.
    "Sejak awal menjadi agen (properti), Saya fokus di spesialis area Pondok Indah. Dengan begitu saya bisa memahami lokasi dan potensi investasinya secara rinci. Kebetulan juga rumah saya ada di bilangan Pondok Indah jadi dalam sehari bisa bertemu dengan dua atau tiga klien karena lokasi yang dekat," jelas dia.
  2. Tentukan Pasar Potensial
    Selain itu, penting juga untuk broker properti menentukan target pasar yang potensial, misalnya kalangan menengah ke atas. "Dengan begitu, secara otomatis income nya juga lebih besar. Sebagai contoh, harga perumahan di Pondok Indah dibanderol mulai dari Rp 4 miliar sampai Rp100 miliar," Ia menambahkan.
    Rata-rata fee seorang agen berkisar pada satu persen untuk rumah-rumah kelas atas. Jadi bisa dibayangkan, sekali menjual rumah, Anda bisa mendapatkan pemasukan sekitar Rp 40 juta hingga Rp 100 juta.
  3. Mempromosikan Diri
    Faktor ketiga, penting untuk mempromosikan diri. "Saya mempunyai kebiasaan untuk selalu mempromosikan diri melalui brosur atau kartu nama. Personal promosi seperti ini sangat penting agar lebih dikenal oleh orang banyak," imbuh Lisa.
  4. Menjaga Hubungan dengan Klien
    Meskipun terlihat klasik, namun menjaga hubungan dengan klien adalah kunci penting dalam membawa broker ke pintu kesuksesan.
    "Buat saya, hubungan dengan klien lama harus tetap dibina, sembari menambah klien baru. Biasanya klien baru ditemukan ketika Saya memasarkan produk baru," kata dia.
    Menurut Lisa, seorang broker pastinya bisa mencapai kesuksesan jika ia mau mengembangkan pengetahuan dan personal dirinya sendiri. Ia membuktikannya sendiri setelah berprofesi sebagai broker Era Indonesia dalam 23 tahun terakhir. Penghargaan yang diraihnya pada 2 Februari 2016 adalah bentuk apresiasi atas pencapaian Marketing Associate & Member Broker Era Indonesia.


Para pemenang top 15 Winner Circle

Acara ERA National Business Conference XXIV (NBC XXIV) ini bertempat di Grand Ballroom Sheraton Hotel Gandaria City, Jakarta. Acara tahunan ERA kali ini mengusung tema Transform Tomorrow yang diartikan sebagai suatu gerakan perubahan menuju pencapaian dan prestasi yang lebih baik lagi pada 2016.

Di samping apresiasi penghargaan, acara pun dimeriahkan dengan sesi motivasi oleh Financial Revolutioner, Tung Desem Waringin, dan dihibur oleh grup band Indonesia, GIGI. Total 800 orang yang memenuhi tempat acara yang merupakan Member Broker (MB), Marketing Associates (MA) ERA, pihak bank, rekanan developer, dan delegasi internasional dari Singapore, Korea Selatan dan Thailand.

Dalam sambutannya, President Director ERA Indonesia, Darmadi Darmawangsa memaparkan ERA Indonesia mempertahankan pencapaian di tahun 2015. Kinerja ERA di pasar primary masih terbilang cukup bagus walau harus diakui pasar sekunder lebih mendominasi pada 2015 lalu. ERA lebih optimistis pada 2016 dibandingkan tahun sebelumnya.

Menutup sambutannya, Darmadi tak lupa menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak yang turut mendukung kesuksesan ERA.

"Pada kesempatan ini, saya atas nama ERA Indonesia ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pelanggan, para developer, rekan-rekan bank, kontraktor, rekanan bisnis lainnya, serta secara khusus Member Broker dan Marketing Associate ERA atas kepercayaan serta masukan yang tiada henti untuk kemajuan ERA Indonesia. Berkat peran serta Anda semua, ERA Indonesia dapat menjadi the number one property agent in Indonesia," ujar dia. (Isnaini K/Ahm)


Source: liputan6.com
Prospek Properti Makassar Cerah pada 2016

Liputan6.com, Jakarta - Ketua REI Makassar, Arief Mone menuturkan awal 2016 telah memberikan angin segar terhadap pasar properti di Sulawesi Selatan. Diperkirakan pertumbuhan properti mencapai 10 persen.

"Saya kira tahun ini (2016) akan jauh lebih bagus. Tahun lalu perkembangan properti hanya sekitar empat persen, sedangkan tahun ini bisa mencapai 10 persen untuk pangsa pasar menengah atas," ujar dia, ketika di wawancarai Rumah.com seperti ditulis Selasa (15/3/2016).

Namun ternyata perumahan untuk kelas menengah bawah juga mengalami perbaikan serupa. "Untuk rumah subsidi (kenaikannya) bisa tiga kali lipat akan lebih baik, khususnya untuk rumah tapak bagi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah)," ujar Arief.

Arief menjelaskan, ada beberapa faktor yang mendorong pasar properti Sulawesi Selatan bergerak positif. Pertama, ekonomi Sulawesi Selatan terbilang stabil. "Kemudian Pemerintah kini lebih banyak bergerak ke pertumbuhan infrastruktur, dan terakhir regulasi untuk perumahan MBR sudah siap di awal tahun, sehingga tak heran kalau pengaruhnya sudah terlihat di kuartal awal tahun," kata dia.

Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan relatif tinggi dibandingkan dengan provinsi lain, yakni mencapai tujuh persen. Hal ini mengindikasikan peredaran uang cukup tinggi di provinsi ini.

Berbicara masalah perumahan untuk kelompok MBR, perlambatan yang terjadi di tahun lalu ternyata memberi pengaruh positif terhadap suplai MBR tahun ini. Didukung penyalurnya lebih banyak, tidak hanya Bank Tabungan Negara (BTN) saja, tapi juga didukung oleh Bank Artha Graha. Di sisi lain, subsektor apartemen tidak bisa dilepaskan perannya sebagai salah satu berpengaruh di kota Bunaken tersebut.

"Apartemen kini sudah mulai banyak terlihat di Makassar, vertical housing tahun ini perkembangannya terbilang pesat. Untuk awal tahun sudah ada tiga apartemen yang diluncurkan, yaitu Royal, Saint Moritz dan Vida View," ujar dia.

Sejumlah lokasi strategis untuk membangun apartemen nampak di pusat kota seperti Panakukang, Seputaran Perintis dan Brombong. Tidak heran, karena harga tanah di kawasan ini hampir menyamai rata-rata ibukota Jakarta. Misalnya di Sudirman, kisaran harganya sudah mencapai Rp 20 juta-Rp 25 juta per meter persegi.

Melihat pertumbuhan Makassar yang semakin berkembang tersebut, tidak ada salahnya melirik kota ini untuk berinvestasi. Untuk Anda yang sedang mencari perumahan tapak di bawah Rp500jutaan ada beberapa rekomendasi pilihan seperti perumahan Bumi Aroepala, Villa Arung Teko, dan Ilma D’Mansion. (Isnaini K/Ahm)


Source: liputan6.com
Rumah Penyanyi Ini Dijual Seharga Rp 18,8 Miliar, Berminat?

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas dari masalah hukum yang dialaminya dengan sang produser musik, Dr Luke, Kesha tengah berupaya menemukan pembeli rumah kesayangannya yang terletak di kawasan Nashville, Tennessee.

Penyanyi bergenre elektro – pop yang terkenal dengan lagu single "Tik Tok" dan "Die Young" ini menawarkan rumahnya senilai US$ 1,449 juta atau sekitar Rp 18,8 miliar (asumsi kurs Rp 13.010 per dolar Amerika Serikat).

Penasaran seperti apa rumah yang sempat ditempati Kesha? Yuk intip isi rumahnya, dikutip dari Rumah.com yang ditulis Senin (14/3/2016):

Rumah ini memiliki luas sekitar 4.800 meter kaki, dengan dilengkapi sebuah kolam spa di belakang rumah. Hunian cantik ini memiliki langit-langit berkubah dan lantai cherry Brasil.

Hunian ini begitu dekat dengan unsur kontemporer Oasis yang lembut. Bagian luar rumahnya menyatu dengan unsur alami lingkungan, begitu pula dengan bagian interior, yang terdapat aksen bambu dan lantai kayu.

Dari jendela Anda bisa melihat pemandangan keluar yang begitu indah, taman hutan yang hijau yang menenangkan. Sementara itu di lantai bawah suite terdapat lantai beton, dan kabinet laci untuk menyimpan buku serta koleksi seni.

Rumah ini memiliki empat kamar tidur dengan empat setengah kamar mandi yang dibangun sejak 2003. Total terdapat enam ruangan dan dua lantai yang dilengkapi oleh material eksterior batu bata.

Kesha menjual rumah ini beserta beberapa perabot di dalamnya, mulai dari wastafel dan mesin pencuci piring, oven, kulkas, dan mesin cuci.

Tiba di kamar tidur utama, ruangan ini juga memiliki langit-langit berbentuk kubah. Kamar ini dikelilingi oleh tiga pintu yang mengarah ke dek balkon, serta kamar mandi yang dilengkapi bath tub yang begitu luas.

Sementara itu di bagian kolam renang terdapat air mancur yang menggelegak yang memberi nuansa musim semi di halaman belakang rumah. Ditambah lagi dengan kehadiran kolam koi, perapian, dan cahaya yang begitu cerah.

Rumah ini memang diuntungkan dengan lokasinya yang berada di area Radnor Lake State Natural Area. Jadi jangan heran dengan pepohonan rimbun serta satwa liar yang terdengar di sekitar hunian.

Rumah ini dipasarkan melalui media online Sotheby’s International Realty melalui broker Katerina Tate dari The Lipman Group. Sebagai tambahan informasi, Kesha juga baru melepas rumahnya yang terletak dekat Pantai Venice seharga US$ 1,81 juta (hanya satu tahun setelah membelinya). (Isnaini K/Ahm)

Artikel ini dikutip dari Variety dan Zillow.


Source: liputan6.com
3 Strategi Sukses Berbisnis

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang menghabiskan waktu untuk menyusun strategi bisnis, dan mungkin juga beberapa dari Anda.

Pertanyaannya sekarang, sudah kah Anda melakukan eksekusi terhadap strategi tersebut? Bagaimana hasil yang Anda dapatkan?

Seringkali hasil eksekusi yang kita lakukan tidak sesuai dengan harapan kita. Roger Martin dari Harvard Business Review telah membuat sebuah studi kasus.

Dia menyatakan tidak ada strategi yang baik tanpa eksekusi, dan begitu pula sebaliknya. Di mana tidak ada eksekusi yang sempurna tanpa adanya strategi yang matang. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa strategi sama dengan eksekusi.

Pada dasarnya, strategi yang digunakan di dalam sebuah bisnis bukan hanya sebatas kerangka ide saja, namun hal tersebut sangat penting untuk ditindaklanjuti.

Bila strategi hanya berdasarkan mimpi dan angan-angan saja, maka bisa dipastikan bahwa Anda akan kesulitan untuk memulainya.

Tanpa sebuah rencana yang tepat sasaran, maka seindah dan sesempurna apapun visi Anda di atas kertas, akan menjadi gagal jika melakukan sebuah eksekusi yang gagal. Cobalah mengubah pola strategi dan menyesuaikannya dengan kondisi Anda.


Source: liputan6.com
10 Infrastruktur Megah yang Kini Terbengkalai

Liputan6.com, Jakarta - Membangun sebuah infrastruktur, bangunan, bahkan kota perlu perawatan, agar bisa tumbuh berkembang dengan baik. Umurnya pun akan panjang jika dirawat dengan benar.

Tak sedikit, bangunan-bangunan ditinggalkan terbengkalai tak terawat. Tak ada orang mau tinggal atau menetap di sana. Alhasil, bangunan atau kota itu menjadi mati, sepi, kotor dan tak jarang menimbulkan nuansa mistis. Biaya mahal pun jadi mubazir jika tempat yang dibangun itu jadi  teronggok tak berguna.

Sejumlah tempat yang kini terbengkalai juga dijadikan sebuah warisan sejarah oleh pemerintah setempat. Dilansir dari My First Class Life, Senin (14/3/2016), berikut daftar tempat terbengkalai yang paling parah di dunia.


1. Lawndale Theatre - Chicago AS

10 Tempat Paling Terabaikan (My First Class Life)

Di tahun 1926, warga Chicago terkejut karena dikabarkan akan ada teater baru bernama Lawndale Theatre. Teater itu kemudian dibuka setahun setelahnya dengan eksterior dibuat mirip gereja katedral.

Bioskop tersebut bisa menampung 2.200 orang. Seiring dengan pengoperasiannya, kepemilikan Lawndale beberapa kali berpindah tangan, dan digunakan untuk produksi film hingga 1961, setelah pemimpin gang jahat di Chicago tewas dibunuh di tangga gedung teater ini.

Dibuka kembali di 1964 sebagai gereja, Lawndale kembali dibuka hingga 40 tahun kemudian dan ditutup lagi pada awal milenium.

Meski banyak rumor akan dibuka kembali, teater kenyataannya menjadi terbengkalai tak terjamah dengan jendela yang berlubang karena peluru bekas pembunuhan gangster. Akhirnya, teater tersebut dihancurkan di 2014.

2. Taman Hiburan Wonderland - Beijing, China

10 Tempat Paling Terabaikan (My First Class Life)

China pernah punya taman hiburan paling menyedihkan di dunia. Bermaksud ingin membangun taman hiburan terbesar se-Asia. Dengan menambah luas hingga 120 acre, perusahaan Thailand Reignwood Group punya maksud baik namun dana yang terbatas.

Alhasil, pembangunan Wonderland mangkrak dan terhenti pada 1998 menyisakan istana utama dan lusinan bangunan yang ditinggalkan karena belum selesai dibangun.

Banyak harapan dan rencana kalau pembangunan akan dilanjutkan, namun tak juga terealisasi. Malah, lahannya diklaim petani lokal untuk bercocok tanam. Sekarang, tak ada lagi harapan ada taman hiburan terbesar di Asia di China setelah struktur terakhir dihancurkan di 2013.


Source: liputan6.com
5 Pekerjaan Freelance Bergaji Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Bekerja freelance atau paruh waktu seringkali masih dipandang sebelah mata. Walaupun pekerjaan ini tidak menghasilkan uang sebanyak bekerja full time, namun ternyata hal ini memiliki keuntungan tersendiri.

Selain waktu kerja yang lebih fleksibel, di sejumlah negara salah satunya di Amerika Serikat, beberapa pekerjaan freelance ternyata mampu mendulang uang yang tidak sedikit. Apa saja? Berikut beberapa pekerjaan freelance dengan upah tinggi seperti dilansir dari laman Business Insider, Senin (14/3/2016):

Penulis atau Copy writer

Menjadi seorang penulis freelance ternyata dapat menjadi pekerjaan paruh waktu yang menguntungkan. Rata-rata penulis paruh waktu dapat mendapat gaji Rp 250 ribu per jam.

Fotografer

Bagi Anda yang menyukai dunia seni, menjadi fotografer mungkin bisa Anda coba sebagai pekerjaan paruh waktu. Gaji yang dihasilkan dapat mencapai Rp 259 ribu per jam.

Translator

Apabila Anda memiliki kemampuan bahasa yang bagus, menjadi translator merupakan sebuah pekerjaan yang dapat Anda pertimbangkan. Seorang translator dapat meraup upah hingga Rp 272 ribu.


Source: liputan6.com
Bos Perjudian Makau Bangun Taman Hiburan `Avatar` Rp 143 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Tidak puas menjalankan bisnis judi yang booming selama satu dekade di Makau, Lui Che-Woo, seorang multi-miliarder, ingin membangun usaha lain. Mengepalai The Galaxy Entertainment Group Ltd., Lui Che-Woo ingin beralih ke bisnis yang lebih ramah keluarga, yaitu taman hiburan.

Dilansir dari bloomberg, Senin (15/3/2016), proyek yang terdiri dari dua fase dengan dana senilai HK$ 86 miliar atau setara Rp 143.95 triliun (estimasi kurs Rp 1.673 per dollar Hong Kong) dari proyek Galaxy Macau, Lui akan membawa sesuatu yang istimewa dan berteknologi tinggi, mirip film Avatar.

Lui menjelaskan, walaupun taman wisata garapannya akan lebih kecil dibandingkan dengan Walt Disney Co, taman hiburannya akan dibuat unik.

“Saat ini Anda sering melihat banyak taman wisata yang memiliki ide unik”, ujar Lui yang berumur 86 tahun ini.

Kekayaan pertamanya dihasilkan dari konstruksi sebelum memasuki industri kasino pada umur 70. “Kita berpikir untuk bersaing dengan mereka,” lanjut Lui.

Para pemilik kasino di Makau sedang berada di bawah tekanan dalam usaha untuk menarik wisatawan dua tahun setelah Presiden Xi Jinping memerintahkan agar perjudian divariasikan. Sama seperti ketika kampanye Tiongkok terhadap korupsi terus menakut-nakuti banyak pelanggan di Makau.

Langkah untuk menarik lebih banyak wisatawan Tiongkok disebabkan meningkatnya upah rata-rata lebih dari tiga dekade. Hal ini membuat para pemilik penghasilan menengah ingin menghabiskan uang di waktu luangnya dengan hal yang menyenangkan.

The Galaxy Macau Phase Two dan proyek Broadway Macau mulai beroperasi Mei lalu menggabungkan teater dengan 3.000 kursi yang dimaksudkan untuk memperluas daya tariknya untuk keluarga dan wisatawan. (Shabrina Aulia Rahmah)


Source: liputan6.com
Menanti BI Rate, Simak 7 Saham Pilihan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Penguatan IHSG akan ditopang dari harapan pelaku pasar terhadap penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia/BI Rate.

Kepala Riset PT Universal Broker Securities, Satrio Utomo menuturkan IHSG dapat menembus level 5.000 seiring sentimen positif menjelang pengumuman BI Rate.

Pelaku pasar mengharapkan BI Rate dapat kembali turun. Satrio menilai, ada ruang BI menurunkan BI Rate mengingat bank sentral Amerika Serikat (AS) the Federal Reserve belum akan menaikkan suku bunga. Satrio memperkirakan, BI Rate dapat turun sekitar 25 basis poin.

"Penguatan IHSG kemarin didukung BI Rate turun. Level 4.780 juga berhasil ditembus jadi ada potensi kenaikan IHSG. Level IHSG dapat bergerak di kisaran 4.825-5.100," ujar Satrio saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (15/3/2016).

Baca Juga

  • Aksi Beli Investor Asing Picu IHSG Naik 63 Poin
  • IHSG Naik 25 Poin Didorong Bursa Saham Global
  • Bursa Global Bakal Topang Penguatan IHSG di Awal Pekan

Source: liputan6.com
3 Waktu Tepat Ajarkan Anak Soal Uang

Liputan6.com, Jakarta - Anak merupakan investasi masa depan. Orang tua yang baik merupakan mereka yang mampu untuk mengajarkan anak mengenai banyak hal, termasuk soal keuangan.

Sebenarnya, tidak ada waktu yang terlalu dini untuk mengajarkan bagaimana mengatur keuangan pada anak. Semakin dini Anda memberikan pengajaran, maka semakin baik pula hasil yang dapat dirasakan.

Berikut tips tentang waktu terbaik untuk mengajarkan Anak mengenai dunia keuangan melansir laman Parents.com, Selasa (15/3/2016):

Saat belanja

Buatlah daftar belanja bersama si kecil di rumah dan ajaklah ia berbelanja. Sambil memilih-milih belanjaan jelaskan kepadanya kenapa Anda memilih produk lokal. Utamakan berbelanja bahan-bahan yang menjadi kebutuhan sehari-hari baru kemudian si kecil boleh memilih produk yang ia inginkan.

Saat makan di luar

Bacalah menu restoran bersama si kecil. Bandingkan harga makanan dan minuman di menu. Setelah makan, perlihatkan tagihan restoran pada anak Anda, jelaskan soal pajak. Periksa lagi tagihan tersebut bersamanya, jelaskan padanya bahwa dengan begitu Anda tahu persis ke mana saja uang dibelanjakan.

Saat ambil uang di ATM

Jelaskan soal ‘mesin yang mengeluarkan uang’ alias ATM saat Anda menarik uang. Mesin tersebut tidak membuat uang dan memberikannya pada Anda. Sebelumnya Anda harus punya uang dan menyimpannya di bank dan mesin itu terhubung dengan bank tempat menabung. Jadi kalau Anda mengambil uang dari ATM, mesin sebenarnya mengambil dari tabungan Anda.(vna/Nrm)


Source: liputan6.com
Top 3: Zodiak Ini Bakal Ketiban Untung Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta - Pada pekan ini, para pemilik zodiak Libra tampaknya menjadi orang paling beruntung. Pasalnya kondisi keuangan para pemilik zodiak Libra sedang baik karena akan mendapatkan bonus yang sebelumnya tidak pernah diduga.

Meski demikian, bukan berarti pemilik zodiak lain tidak dinaungi oleh bintang keberuntungan. Lantas bagaimana ulasan karier dan keuangan masing-masing zodiak pada pekan ini?

Artikel ini zodiak yang bakal ketiban untung pada pekan ini telah bikin penasaran pembaca di Liputan6.com pada edisi Senin kemarin. Penasaran dengan artikel terpopuler lainnya di kanal bisnis? Berikut rangkuman tiga artikel terpopuler yang dirangkum pada Selasa pagi (15/3/2016):

1. Ini Zodiak yang Bakal Ketiban Untung Pekan Ini

Pada pekan ini, para pemilik zodiak Libra tampaknya menjadi orang paling beruntung. Pasalnya kondisi keuangan para pemilik zodiak Libra sedang baik karena akan mendapatkan bonus yang sebelumnya tidak pernah diduga.

Meski demikian, bukan berarti pemilik zodiak lain tidak dinaungi oleh bintang keberuntungan. Lantas bagaimana ulasan karier dan keuangan masing-masing zodiak pada pekan ini? Selengkapnya baca di sini

2. Berapa Penurunan Harga BBM pada April Nanti?

Penurunan harga minyak dunia harus direfleksi dengan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar Subsidi pada April mendatang. Jika dihitung, berapa harga BBM Premium dan Solar Subsidi jika harga minyak dunia berada di kisaran US$ 30 per barel?

Pengamat energi Pri Agung Rakhmanto mengatakan, harga Premium dan Solar subsidi untuk April mengacu pada harga minyak tiga bulan sebelumnya. Jika melihat harga minyak pada jejang waktu tersebut berada di bawah lever US$ 30 per barel dengan begitu harga dua jenis BBM tersebut seharusnya turun.

Menurut ‎Pri Agung, penurunan harga Premium berada di bawah Rp 6.000 per liter dari harga saat ini khusus wilayah non penugasan Jawa, Madura dan Bali (Jamali) Rp 7.050 per liter, sedangkan untuk Solar, dirinya belum bisa memprediksi karena harga Solar masih disubsidi Rp 1.000 per liter. Selengkapnya baca di sini

3. Menhub Minta Menkominfo Blokir GrabCar dan Uber Taxi

Ribuan sopir angkutan umum dan taksi berdemo pada Senin 14 Maret 2016. Mereka menolak hadirnya layanan Uber Taxi dan GrabCar. Pemerintah langsung mengambil langkah cepat menyelesaikan tuntutan ribuan sopir tersebut.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata mengatakan, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah memberikan rekomendasi ke Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memblokir dua layanan transportasi berbasis aplikasi tersebut.

Barata mengatakan, pihaknya telah menyerahkan salinan dari surat yang telah diteken Jonan tersebut ke Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com
Wall Street Bervariasi Antisipasi Pertemuan The Fed

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) sedikit berubah pada perdagangan saham awal pekan ini. Kenaikan sektor saham konsumsi dapat mengimbangi sektor saham energi tertekan sehingga pengaruhi laju indeks saham acuan.

Selain itu, pelaku pasar juga mengantisipasi pertemuan bank sentral Amerika Serikat (AS). Pada penutupan perdagangan saham Senin (Selasa pagi WIB), indeks saham Dow Jones naik 15,69 poin atau 0,09 persen ke level 17.229. Level tersebut tertinggi pada 2016.

Indeks saham S&P 500 melemah tipis 2,61 poin atau 0,13 persen ke level 2.019,58 dan indeks saham Nasdaq menguat tipis 1,81 poin atau 0,04 persen ke level 4.750,28.

Mengutip laman Marketwatch, Selasa (15/3/2016), saham-saham unggulan menguat lebih dari satu persen mendorong kenaikan indeks saham acuan. Saham Boeing Co naik 137 persen dan saham McDonald`s Corp menguat 1,11 persen.

Baca Juga

  • Bursa Saham Asia Positif Tersengat Wall Street
  • Bank Sentral Eropa Umumkan Stimulus Bikin Bursa AS Menguat
  • Saham Teknologi Merosot Bebani Wall Street

Source: liputan6.com
Harga Minyak Turun 3% Dipicu Kekhawatiran Pasokan

Liputan6.com, New York - Harga minyak dunia turun sekitar tiga persen pada awal pekan ini di tengah kekhawatiran pemulihan pasar dalam enam minggu untuk stok minyak mentah Amerika Serikat (AS).

Di sisi lain, Iran sedikit tertarik untuk bergabung dengan produsen utama minyak untuk membekukan produksi.

Persediaan minyak mentah di AS kemungkinan mencapai rekor tertinggi dalam minggu kelima dengan naik 3,3 juta per barel. Persediaan minyak di Cushing, Oklahoma tumbuh hampir 850 ribu barel menjadi 69,6 juta pada pertengahan Maret. Hal itu membuat persediaan minyak mendekati kapasitas.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) menyatakan kalau permintaan global dari anggotanya termasuk Arab Saudi dan Iran akan berkurang pada 2016.

Baca Juga

  • Berapa Penurunan Harga BBM pada April Nanti?
  • Harga Minyak Terus Anjlok, Harga BBM Diminta Ikut Turun
  • Harga Minyak Naik di Akhir Pekan

Source: liputan6.com
Harga Batu Bara Naik Tipis pada Maret 2016

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan Harga Batu bara Acuan (HBA) mengalami kenaikan 1,13 persen untuk Maret 2016 dari HBA Februari 2016.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Bambang Gatot mengatakan,HBA untuk periode Meret 2016 sebesar US$ 51,62 per ton naik dari HBA Februari kemarin sebesar US$ 50,92 per ton.

"Harga batu bara bulan Maret mengalami kenaikan," kata Bambang, seperti dikutip di Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Bambang menuturkan, sedikit kenaikan harga batu bara tersebut disebabkan oleh penyerapan batu bara di dalam negeri yang meningkat. Hal itu didukung kenaikan konsumsi listrik sehingga Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang membutuhkan lebih banyak batu bara sebagai sumber energi. "Penyerapan domestik lebih banyak lagi. Pasar sudah mulai bagus," ujar Bambang.

Terkait dengan harga batu bara untuk kelistrikan, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan pemerintah tidak akan mensubsidi batu bara untuk bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

 

Baca Juga

  • Harga Batu Bara Harus Bisa Menguntungkan Pengusaha dan PLTU
  • Tetapkan Harga Batu Bara, ESDM Panggil Pengusaha hingga PLN
  • Intip Kinerja 2 Emiten BUMN Tambang

Source: liputan6.com
Kementerian BUMN Segera Realisasikan Holding Perbankan

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah menyelesaikan berbagai kajian mengenai holding beberapa sektor bisnis perusahaan pelat merah, seperti holding BUMN di sektor perbankan.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam A. Putro mengungkapkan tahapan kajian hampir rampung hingga kini. Berbagai pihak dilibatkan oleh Kementerian BUMN dalam memfinalisasi kajian holding ini.

"Ini sedang mau difinalisasi. Kita akan bahas juga dengan Kementerian Keuangan," ucap Imam saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (15/3/2016).

Imam menargetkan finalisasi kajian pembentukan selesai secepatnya karena penting dan komitmen pembentukan holding oleh beberapa perbankan BUMN dapat dilakukan pada akhir bulan ini. "Iya (bulan ini), untuk kajiannya kita selesaikan minggu ini," ucap Imam.

Namun sayangnya Imam belum‎ dapat memastikan siapa perusahaan perbankan yang nantinya menjadi induk holding-nya.

Baca Juga

  • Nasib Holding BUMN Ada di Tangan 3 Perusahaan Ini
  • Inalum Bakal Jadi Induk Holding BUMN Tambang
  • 17 BUMN Ini Tekan MoU Kerja Sama di Sektor Maritim

Source: liputan6.com
Pertamina Turunkan Harga Pertamax Cs Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex dan Pertalite masing-masing sebesar Rp 200 per liter terhitung hari ini. Penurunan harga BBM tersebut mengikuti tren harga minyak mentah dunia.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, penurunan ini sejalan dengan terus menurunnya harga minyak mentah dunia yang berpengaruh pada harga indeks pasar produk-produk BBM tersebut.

"Harga bahan bakar tersebut umumnya turun sebesar Rp 200 per liter dari harga yang berlaku pada periode 1 Maret 2016 lalu," kata Wianda di Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Baca Juga

  • Harga Minyak Terus Anjlok, Harga BBM Diminta Ikut Turun
  • Pemerintah Bakal Evaluasi Harga BBM di Akhir Maret Ini
  • Pertamina Disarankan Bangun Kilang Ketimbang Turunkan Harga BBM

Source: liputan6.com
5 Cara Mudah Kenali Persoalan Keuangan

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang mungkin mengalami hal sama, tetapi cara mereka memperbaikinya berbeda. Tidak jarang orang mengalami stress yang disebabkan oleh faktor keuangan.

Berbagai tagihan setiap bulan membuat mereka akhirnya meminjam dari pihak lain untuk menutupnya. Bisa juga dikatakan, buka lubang tutup lubang. Kasus seperti itu tentu membuat keuangan menjadi kacau.

Belum lagi kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Dalam kasus seperti itu, kecerdasan finansial memang perlu dimiliki terutama wanita, karena wanita merupakan orang yang akan mengatur keuangan keluarga.

Namun, tidak semua wanita juga mengerti bagaimana mengatur pengeluaran dengan menyesuaikan pendapatan per bulannya. Banyak persoalan yang timbul dalam mengatur keuangan, faktor-faktor tersebut mungkin juga sering dialami setiap orang.

Karena itu, Anda perlu lebih teliti dalam mengenali persoalan yang membuat keuangan menjadi kacau. Berikut enam cara mudah kenali persoalan keuangan yang dapat Anda lakukan, seperti dikutip dari www.cermati.com, Selasa (15/3/2016):

1. Buat daftar masalah

Sempatkan diri Anda untuk duduk dan menulis mengenai masalah keuangan yang dialami dalam satu bulan lalu. Untuk mengenali lebih detail lagi, Anda bisa membuat daftar persoalan satu minggu sekali. Rincikan semua persoalan keuangan dengan detail agar Anda mengetahui kesalahan terkecil.

Buat daftar kesalahan dari mulai kesalahan kecil hingga besar. Anda juga bisa membuat daftar pengeluaran setiap harinya, seperti mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan setiap hari.

Tidak ada salahnya jika Anda juga menyimpan bon hasil belanja untuk mengetahui harga yang tertera. Hal ini bisa membantu mendapatkan harga pasti pada setiap pengeluaran harian.
Dengan begitu, Anda akan mengetahui kesalahan keuangan yang terjadi dengan melihat daftar pengeluaran tersebut.

2. Cek Saldo Rekening Secara Berkala

Saat ini, melakukan transaksi melalui kartu kredit atau debit merupakan kemudahan yang banyak dipilih. Tidak perlu memegang uang tunai sudah bisa melakukan pembayaran maupun transaksi.

Namun, cara ini justru akan membuat pengeluaran tidak terlihat. Bahkan, biasanya tidak tahu saldo rekening berkurang untuk membeli apa, ujungnya Anda akan bingung sendiri dengan pengeluaran dari saldo rekening tersebut, inilah kesalahan yang sering terjadi.

Untuk melihat kesalahan transaksi, Anda bisa memanfaatkan aplikasi online dari bank yang Anda gunakan. Cek secara berkala saldo dan hasil transaksi Anda. Dengan begitu Anda akan tahu apa saja pengeluaran setiap bulan dari rekening.


Source: liputan6.com
DPR Minta Holding Perbankan Tak Timbulkan PHK

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN tengah melakukan finalisasi kajian rencana pembentukan holding perusahaan BUMN di beberapa sektor, salah satunya perbankan.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi VI DPR Hafiz Tohir mengaku belum ada gambaran dan konsep apapun mengenai rencana holding perbankan ini. Hanya saja ada satu permintaan dewan kepada Kementerian BUMN dan perusahaan plat merah terkait rencana holding tersebut. Yaitu tidak adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) jika rencana bisnis ini terlaksana.

"Nanti pasti akan ada efisiensi. Namun sedapat mungkin kita akan minta kepada holding perbankan untuk tidak lakukan PHK," kata Hafiz saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (15/3/2016).

Sebab, dia khawatir, rencana holding ini akan mendapatkan respons yang sama saat pemerintah menggulirkan rencana penggabungan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, beberapa waktu lalu. Para pekerja protes terkait rencana itu karena khawatir akan ada pengurangan pegawai.

Baca Juga

  • Kementerian BUMN Segera Realisasikan Holding Perbankan
  • Nasib Holding BUMN Ada di Tangan 3 Perusahaan Ini
  • Inalum Bakal Jadi Induk Holding BUMN Tambang

Source: liputan6.com
Produsen Yogurt Ternama AS Minat Investasi ke RI
Upaya diversifikasi sektor investasi dari Amerika Serikat terus dilakukan. Setelah tiga sektor non pertambangan berhasil diidentifikasi kantor perwakilan BKPM di New York, kini giliran produsen makanan dan minuman, lebih tepatnya produsen yogurt yang menyampaikan minat menanamkan modal di Indonesia.
Source: liputan6.com
Neraca Perdagangan RI Surplus US$ 1,14 Miliar di Februari

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan neraca perdagangan pada Februari 2016 surplus sebesar US$ 1,14 miliar. Dengan komposisi nilai ekspor sebesar US$ 11,3 miliar sementara impor US$ 10,16 miliar.

"Pada Februari, selama 5 tahun terakhir surplus paling tinggi. Tahun 2015 surplus US$ 6,62 juta dan di 2016 sebesar US$ 1,14 miliar," jelas Kepala BPS Suryamin di kantornya, Selasa (15/3/2016).

Sementara secara kumulatif (Januari-Februari), surplus neraca perdagangan mencapai US$ 1,15 miliar.

Adapun nilai ekspor nasional pada Februari 2016 mencapai US$ 11,3 miliar, naik bila dibandingkan Januari sebesar US$ 10,50 miliar. Namun bila dibandingkan Februari 2015, nilai ekspor bulan ini turun 7,18 persen.

Ekspor migas pada Februari naik 4,7 persen, sementara non migas 8,97 persen. "Karena harga komoditas internasional, yang potensi ekspor kita masih belum menunjukkan peningkatan pada posisi 2015," tambah dia.

Baca Juga

  • BPS: Inflasi Januari Mencapai 0,51%
  • Ekspor Kopi RI Diprediksi Naik 20% di 2016
  • BKPM Siapkan Insentif untuk Industri Berorientasi Ekspor

Source: liputan6.com
Pengembang Ini Bebaskan Konsumen Pilih Model Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Wiraland Property Group, pengembang yang berbasis di Medan dan Jakarta, membuat gebrakan dengan menawarkan 10 model rumah contoh untuk dipilih konsumen di salah satu proyek residensial mewahnya, Givency One, yang berlokasi di Jalan Gaperta Ujung, Medan.

Chief Executive Officer (CEO) Wiraland Property Group, Michael Wirawan mengatakan proyek perumahan tersebut menyasar segmen menengah atas. Dikembangkan di atas lahan seluas 25 hektare, dengan lokasi dekat pusat perbelanjaan, akses tol serta dekat dengan inti Kota Medan.

"Kami hadirkan beberapa model hunian yang dapat dipilih konsumen dengan desain arsitektur bergaya modern kontemporer," ungkap Michael kepada Liputan6.com, Selasa (15/3/2016).

Ke-10 model rumah yang bisa dipilih konsumen sesuai keinginan antara lain Tipe Vuitton ukuran 11×16 meter persegi (m2), Armani ukuran 9×16 m2, Versace ukuran 8×16 m2, Salvatore ukuran 6×16 m2, Chelsea ukuran 6×15 m2 dan tipe San Jose ukuran 6×16 m2, dengan harga jual mulai Rp 500 jutaan hingga Rp 2 miliar per unit.

Baca Juga

  • Prospek Properti Makassar Cerah pada 2016
  • Perusahaan Arab Saudi Jajaki Investasi Sektor Properti di RI
  • Sentul City Kerja Sama Pemasaran dengan 6 Agen Properti

Source: liputan6.com
JK: Usaha Kecil Harus Dapat Bunga Rendah

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyoroti kebijakan perbankan Indonesia yang justru berpihak kepada pengusaha besar. Padahal yang membutuhkan dana besar dengan bunga rendah adalah usaha mikro yang ada di berbagai daerah. JK ingin kebijakan tersebut diibalik, pengusaha besar mendapat bunga besar sementara usaha kecil dapat bunga rendah

Usaha kecil saat ini dinilai sebagai penggerak ekonomi. JK mengatakan, jika bunga kredit tinggi, dikhawatirkan usaha kecil sulit berkembang.

"Kalau begitu ada masalah yang timbul akibat tidak punya sistem yang baik, bunga tinggi jadi malah ada ketidakadilan baru," kata JK dalam sambutan Peluncuran Pusat Pengembangan Keuangan Mikro dan Inklusi OJK di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (15/3/2016).

 

Baca Juga

  • Upaya Pemerintah Dorong Penurunan Suku Bunga Kredit
  • OJK Sebut Bunga Kredit Turun Tak Bakal Ganggu Kinerja Bank
  • Kemenkeu, BI dan OJK Dorong Penurunan Suku Bunga Deposito

Source: liputan6.com
Dibayangi Data Ekonomi, Rupiah Turun Tipis ke 13.085 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini seiring pelaku pasar mengantisipasi kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) dan rilis neraca perdagangan Indonesia.

Mengutip laman Bloomberg, Selasa (15/3/2016), dolar Amerika Serikat (AS) menguat 14 poin menjadi Rp 13.071 dari penutupan perdagangan kemarin di level Rp 13.057. Kini posisi dolar AS di kisaran Rp 13.085. Dolar AS bergerak di kisaran Rp 13.065-Rp 13.101 pada perdagangan Selasa siang ini.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) rupiah melemah 67 poin ke level 13.087 per dolar AS pada Selasa pekan ini dari posisi kemarin di kisaran 13.020

Baca Juga

  • Rupiah Kembali Menguat ke Level 12.993 per Dolar AS
  • Keputusan Bank Sentral Eropa Picu Rupiah ke 13.037 per Dolar AS
  • Rupiah Terus Menguat, Presiden Jokowi Semringah

Source: liputan6.com
JK Sebut Negara Akan Jatuh Bila Tak Ada Pemerataan Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai seluruh lembaga keuangan di Indonesia harus memiliki kebijakan yang mendukung pemerataan ekonomi. Dengan cara ini, seluruh lapisan masyarakat hingga ke daerah terpencil dapat menikmati dari perbaikan ekonomi.

Pasalnya, menurut JK pemerataan ekonomi jauh lebih penting dibanding pertumbuhan itu sendiri.

"Tidak ada negara jatuh kalau pertumbuhannya kurang, tapi bisa jatuh kalau tidak ada pemerataan," ujar JK pada sambutan Peluncuran Pusat Pengembangan Keuangan Mikro dan Inklusi OJK di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (15/3/2016).

 

Baca Juga

  • Bappenas Andalkan 3 Hal Jadi Pendorong Ekonomi di 2017
  • Kekuatan Ekonomi RI Mampu Tangkal Krisis
  • Realisasi Investasi Capai Rp 545,4 Triliun pada 2015

Source: liputan6.com
Bank Dunia: Ekonomi RI Bakal Tumbuh 5,1%

Liputan6.com, Jakarta - Bank dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 5,1 persen pada tahun ini. Hal tersebut diungkapkan dalam laporan terbarunya di Indonesia Economic Quarterly edisi Maret 2016. Angka tersebut lebih baik dari tahun sebelumnya yang mencapai 4,6 persen.

Ekonom Utama Bank Dunia untuk Indonesia Ndiame Diop mengungkapkan kemajuan ekonomi juga harus didukung lewat investasi pihak swasta.

"Lebih banyak investasi sektor swasta diperlukan, mengingat hambatan yang dihadapi pendapatan negara akibat penurunan pendapatan minyak dan gas yang pada tahun 2015 hanya 1,2 persen dari PDB dibandingkan 3,4 persen pada 2012," ungkap Ndiame.

Bank Dunia juga menempatkan beberapa langkah yang dapat diambil pemerintah. Langkah tersebut antara lain adalah memperkuat manajemen pajak, reformasi kebijakan perpajakan, dan investasi pada sistem teknologi informasi dan manajemen data. 

Baca Juga

  • Bappenas Andalkan 3 Hal Jadi Pendorong Ekonomi di 2017
  • Kekuatan Ekonomi RI Mampu Tangkal Krisis
  • Dibayangi Data Ekonomi, Rupiah Turun Tipis ke 13.085 per Dolar AS

Source: liputan6.com
Tanggapan KEIN soal Rencana Pencabutan Subsidi Solar

Liputan6.com, Jakarta - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) memberikan pandangan untuk dipertimbangkan pemerintah terkait rencana pencabutan subsidi solar. Rencana tersebut muncul guna memanfaatkan momen penurunan harga minyak dunia.

Wakil Ketua KEIN Arif Budimanta mengatakan, pemerintah harus menghitung secara menyeluruh dampak pencabutan subsidi solar tersebut terhadap kondisi perekonomian.

"Jadi jangan hanya dilihat sebuah momentum harga minyak sedang turun," kata Arif, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Arif mengatakan, dampak yang perlu diperhitungkan adalah kemampuan beli masyarakat. Lantaran solar merupakan bahan bakar yang digunakan oleh angkutan umum dan logistik. Dengan dicabutnya subsidi akan berpengaruh pada peningkatan harga kebutuhan dan berujung pada inflasi.

‎"Kita tahu khusus solar banyak digunakan untuk transportasi publik dan logistik. Kalau kita bicara masalah logistik, bicara masalah distribusi barang. Kita tahu biaya distribusi salah satu soal masalah inflasi jadi harus diperhitungkan masalah aspek inflasinya, itu berpengaruh terhadap daya beli masyarakat," tutur Arif.

 

Baca Juga

  • Ini Tugas yang Bakal Dijalankan KEIN
  • Pemerintah Akan Cabut Subsidi Solar
  • Pengusaha Minta Pemerintah Cabut Subsidi pada Solar

Source: liputan6.com
DPR Sebut Sudah Tak Ada Subsidi pada Harga Solar

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi VII DPR Kurtubi menilai saat ini pemerintah sudah tak lagi memberikan subsidi pada harga solar. Ini karena harga bahan bakar minyak (BBM) tersebut sudah di atas‎ harga pokok.

Kurtubi menyebutkan biaya pokok solar antara lain terdiri harga di pasar, biaya angkut minyak mentah, biaya pengolahan prosesi minyak dan distribusi sampai di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

"Sama termasuk biaya bank, bunga, overhead dan seterusnya, plus impor. Plus impor ini mengacu pada harga pasar dan ongkos angkut ke Indonesia. Kombinasi ini melahirkan konsep biaya pokok BBM," kata Kurtubi di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (15/3/2016).

‎Menurut dia, ‎saat ini harga solar yang ditetapkan pemerintah sudah di atas harga pokok tersebut, sehingga sudah tidak ada lagi subsidi pada solar yang dipatok Rp 1.000 per liter.

Baca Juga

  • Pemerintah Akan Cabut Subsidi Solar
  • Berapa Harga Solar Jenis Baru Pertamina?
  • Intip Produk Solar Terbaru Pertamina

Source: liputan6.com
Ekspor Kapal RI Naik 300% pada 2016

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis ekspor Indonesia pada Februari 2016 mencapai US$ 11,3 miliar. Angka ini meningkat 7,8 persen jika dibandingkan ekspor pada Januari 2016. Namun mengalami penurunan jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Kepala BPS Suryamin mengatakan, peningkatan ekspor ini disebabkan oleh melonjaknya ekspor non-migas sebesar 8,67 persen dari US$ 9,3 miliar menjadi US$ 10,1 miliar. Demikian juga ekspor migas naik sebesar 0,47 persen dari US$ 1,1 miliar menjadi US$ 1,1 miliar.

"Peningkatan ekspor migas disebabkan oleh meningkatnya ekspor minyak mentah 33,31 persen menjadi US$ 476,6 juta. Sebaliknya, ekspor hasil minyak turun 35,2 persen menjadi US$ 55,4 juta. Dan ekspor gas turun 12,59 persen menjadi US$ 581,3 juta," ujar dia di Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Sementara dari sisi non-migas, peningkatan ekspor terbesar pada Februari terhadap Januari 2016 terjadi pada komoditas perhiasan/permata. Pada Februari, nilai ekspor komoditas ini sebesar US$ 979,8 juta meningkat 153,8 persen jika dibandingkan Januari 2016 yang hanya sebesar US$ 386,1 juta.

Baca Juga

  • Kapal Produksi RI Diekspor ke Filipina
  • Industri Galangan Kapal Bakal Serap Banyak Tenaga Kerja
  • RI Makin Banyak Ekspor Kapal Laut dan Alas Kaki

Source: liputan6.com
Pengusaha Minta Industri Kreatif Dibebaskan Bayar PPN

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha‎ mengusulkan kepada pemerintah untuk meringankan pajak dari para pelaku industri kreatif. Ini dilakukan guna meningkatkan daya saing industri kreatif di Indonesia.

‎Owner Trusmi Group Ibnu Riyanto mengatakan, sebagai pelaku industri kreatif, Pajak Penghasilan Nilai (PPN) yang harus disetor para pelaku industri kreatif menjadi salah satu poin yang memberatkan.

"Alangkah bagusnya industri kreatif diperlakukan seperti ekspor, didukung pemerintahan penuh, jadi misalnya zero PPN," tegas dia dalam Forum Dialog Hipmi di Menara Bidakara, Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Baca Juga

  • OJK Dorong Bank Syariah Dukung Sektor Industri Kreatif
  • Wapres JK: Kena PPN, Harga Sapi Hanya Naik Sedikit
  • Kena PPN 10%, Harga Daging Sapi Dijamin Naik Tajam

Source: liputan6.com
7 Artis Remaja Terkaya di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Orang kaya yang memiliki banyak uang biasanya diidentikkan dengan umur yang sudah tua. Namun berbeda halnya dengan tujuh remaja ini. Walaupun usianya masih muda, mereka mampu memiliki harta yang tidak sedikit.

Melansir myfirstclasslife.com, Selasa (15/3/2016) berikut ulasannya:

7. Cody Simpson

Cody Simpson adalah penyanyi dan penulis lagu asal Gold Coast, Australia. Ia saat ini menandatangani kontrak dengan label rekaman Amerika Serikat, Atlantic Records. Kekayaan remaja berusia 19 tahun ini mencapai US$ 4,5 juta atau setara dengan Rp 59,2 miliar.

6. Elle Fanning

Remaja cantik dengan nama panjang Mary Elle Fanning ini merupakan adik dari artis terkenal Dakota Fanning. Seperti kakaknya, ia mampu sukses di dunia film.

Kiprah perfilmannya ia mulai sejak usianya masih menginjak tiga tahun. Kini ia mampu memiliki aset kekayaan sebesar US$ 5 juta atau setara dengan Rp Rp 65,7 miliar.

5. Rico Rodriguez

Rico Rodriguez adalah aktor asal Amerika Serikat yang terkenal akan perannya sebagai Manny Delgado dalam sitkom Modern Family yang ditayangkan oleh stasiun TV Amerika Serikat, ABC.

Kekayaannya mampu mencapai angka fantastis hingga US$ 7 juta atau setara dengan Rp 92,1 miliar.


Source: liputan6.com
Jurus Tingkatkan Pariwisata di Bangka Belitung

Liputan6.com, Jakarta - Dengan memanfaatkan momentum kegiatan Gerhana Matahari Total (GMT) di Belitung, Duta Besar RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra melakukan pertemuan dengan Gubernur Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendy dan berbagai pihak.

Langkah itu untuk membahas potensi peningkatan hubungan kerja sama di berbagai bidang dengan Jepang, terutama Prefektur Ehime.

"Pertemuan ini merupakan tindak lanjut pertemuan dengan Gubernur Prefektur Ehime sebelumnya yang berkeinginan untuk meningkatkan kerja sama melalui pembentukan Sister Province atau pun Sister City," ujar Yusron dalam keterangan tertulis Selasa (15/3/2016).

Baca Juga

  • Demi Lihat Gerhana Matahari, Pevita Pearce Terbang Ke Belitung
  • Libur Nasional Pilkada, Hotel di Daerah Wisata Banjir Pengunjung
  • Menikmati Eksotisme Hutan Pelawan, Sisi Lain Bangka

Source: liputan6.com
Sepanjang Februari, Rupiah Menguat Terhadap Tiga Mata Uang

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan sepanjang Februari 2016, nilai tukar rupiah menguat terhadap tiga mata uang negara lain. Mata uang tersebut diantaranya dolar Amerika Serikat (AS), dolar Australia dan euro.

Kepala BPS Suryamin mengatakan, pada Februari 2016 rupiah terapresiasi sebesar 3,06 persen terhadap dolar AS. Level tertinggi rata-rata nasional kurs tengah tengah terhadap dolar AS pada minggu keempat Februari 2016 yaitu Rp 13.431,32 per dolar AS.

"Sedangkan menurut provinsi, level tertinggi kurs tengah terjadi pada Provinsi Sumatera Selatan sebesar Rp 13.311,25 per dolar Amerika pada minggu keempat Februari 2016," ujar dia di Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Pada Februari, rupiah juga terapresiasi terhadap euro sebesar 1,71 persen. Level tertinggi rata-rata nasional kurs tengah eceran rupiah terhadap euro terjadi pada minggu keempat yang mencapai Rp 14.789,51 per euro.

Baca Juga

  • Rupiah Kembali Menguat ke Level 12.993 per Dolar AS
  • Keputusan Bank Sentral Eropa Picu Rupiah ke 13.037 per Dolar AS
  • Rupiah Terus Menguat, Presiden Jokowi Semringah

Source: liputan6.com
9 Sektor Saham Melemah, IHSG Turun 27 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona merah pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Rilis data ekonomi seperti neraca perdagangan surplus US$ 1,1 miliar pada Februari 2016 belum mampu mengangkat IHSG.

Pada penutupan perdagangan saham, Selasa (15/3/2017), IHSG turun 27,75 poin atau 0,57 persen ke level 4.849,78. Indeks saham LQ45 susut 0,67 persen ke level 846,41. Sebagian besar indeks saham acuan tertekan pada Selasa pekan ini.

Ada sebanyak 178 saham melemah sehingga menekan IHSG. Sedangkan 128 saham menguat sehingga menahan pelemahan IHSG. 103 saham lainnya diam di tempat. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 264.348 kali dengan volume perdagangan saham sekitar 5,7 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 4,8 triliun.

Pada Selasa pagi ini, IHSG sempat berada di level tertinggi 4.884,27 dan terendah 4.843,92. Meski IHSG melemah, investor asing mencatatkan aksi beli sekitar Rp 100 miliar. Sedangkan pemodal lokal jual saham sekitar Rp 100 miliar.

Baca Juga

  • RI Catat Surplus pada Februari, IHSG Turun 28 Poin
  • IHSG Bergerak di Dua Zona pada Awal Sesi
  • BI Rate dan Neraca Perdagangan Bakal Dongkrak Laju IHSG

Source: liputan6.com
Jokowi Ingin Dongkrak Posisi RI soal Kemudahan Investasi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas dengan sejumlah menteri untuk membahas harmonisasi peraturan perizinan, khususnya terkait izin mendirikan bangunan (IMB), izin Lingkungan dan izin gangguan. Harmonisasi izin itu dibutuhkan untuk meningkatkan iklim kemudahan berinvestasi.

"‎Kita sudah terus menerus mencari langkah-langkah terobosan dalam rangka regulasi perizinan untuk meningkatkan iklim usaha, Iklim kemudahan berinvestasi," kata Jokowi, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Hingga kini, lanjut Jokowi, Indonesia menempati peringkat 109 dari 189 negara yang disurvei pada 2016 terkait kemudahan berusaha. Urutan pertama ditempati oleh Singapura, Malaysia di urutan 18, Thailand di urutan 49, Brunei di urutan 84, Vietnam di urutan 90, dan Filipina 103.

Baca Juga

  •  Ini 3 Penghambat Realisasi Investasi Tiongkok
  • Korsel Bakal Bangun 2 Pabrik Makanan dan Minuman US$ 600 Juta
  • Australia Minati Investasi di Kawasan Industri KLIK

Source: liputan6.com
Ini Fokus KEIN Kembangkan Industri Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menyatakan bakal menyusun roadmap reindustrialisasi dalam enam bulan ke depan. Hal tersebut sesuai tugas KEIN, yakni melakukan kajian strategis ekonomi dan industri, serta memberi saran strategis kepada pemerintah.

Ketua KEIN Soetrisno Bachir mengatakan pemerin‎tahan Joko Widodo (Jokowi) memberi perhatian khusus pada industri nasional. Pasalnya, industri nasional cenderung tertinggal bahkan melambat sejak Orde Baru.

‎"Kita minta waktu mungkin enam bulan untuk membuat roadmap reindustrialisasi," kata dia saat berkunjung di kantor Liputan6, SCTV Tower, Jakarta, Selasa (15/3/2016).

 

Baca Juga

  • Menperin Bahas Kompetensi SDM Industri dengan Investor Jepang
  • Presiden Jokowi Minta KEIN Benahi Industri Nasional
  • KEIN Harus Bawa RI Seperti Jepang dan Korsel

Source: liputan6.com
BPS: Boikot Produk Israel Tak Ganggu Ekspor-Impor RI

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan hingga saat ini Indonesia masih mempunyai hubungan dagang dengan Israel.

Hubungan dagang ini tidak terpengaruh soal seruan boikot terhadap produk-produk Israel terkait dengan Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Deputi Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadiwibowo mengatakan, selama ini Indonesia masih rutin menjalin kerja sama Israel. Indonesia telah melakukan ekspor ke Israel pada 2014 dengan nilai US$ 138,87 juta. 

Baca Juga

  • Di Balik Seruan Jokowi Boikot Produk Israel
  • Langkah Jokowi Boikot Produk Israel Didukung DPR
  • Ekonomi RI Tak Terganggu Walau Boikot Produk Israel

Source: liputan6.com
Menkominfo Rudiantara Tak Mau Langsung Blokir GrabCar dan Uber

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menyatakan belum akan melakukan pemblokiran terhadap situs aplikasi GrabCar dan Uber. Kementerian akan menjembatani agar kedua aplikasi transportasi ini mengikuti aturan-aturan yang ada di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mengatakan, perkembangan teknologi akan sulit dibendung, seperti dengan munculnya aplikasi-aplikasi semacam ini. Namun yang bisa pemerintah lakukan yaitu bagaimana menata alat transportasinya agar sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Teknologi atau aplikasi itu netral. Akar permasalahannya bukan memblokir atau tidak memblokir. Tapi kita menstrukturisasi bisnis transportasi ini," ujarnya di Jakarta, Selasa (15/3/2016).

 

Baca Juga

  • Menkominfo Dipanggil Jokowi di Tengah Rapat Uber dan GrabCar
  • Menhub Minta Menkominfo Blokir GrabCar dan Uber Taxi
  • Uber dan GrabCar Terancam Tak Beroperasi di Indonesia

Source: liputan6.com
Rudiantara: Mau Operasi di RI, Uber Harus Buat Badan Usaha

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah akan mendorong Uber untuk membentuk badan usaha tetap (BUT) di Indonesia. Tujuannya adalah agar Uber ikut aturan di Indonesia di mana setiap lini bisnis harus memiliki badan hukum yang bisa dipertanggungjawabkan.

Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mengatakan, sebenarnya jika melihat dari sisi aplikasi, pihaknya tidak mengeluarkan aturan khusus soal aplikasi transportasi ini. Namun karena aplikasi ini terkait dengan bisnis transportasi, maka harus memiliki badan usaha resmi di Indonesia.

"Dari sisi aplikasinya, tidak ada aturan khusus yang dikeluarkan oleh Kominfo. Tapi kalau ada PSE (penyelenggara sistem elektronik) dari luar (asing) harus membentuk badan usaha tetap. Aturan ini pada akhir bulan ini akan dikeluarkan," ujarnya di Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Baca Juga

  • Polemik GrabCar dan Uber, Menkominfo: Teknologi Itu Netral
  • Soal GrabCar dan Uber, Ini Maunya Jokowi
  • Menkominfo Rudiantara Tak Mau Langsung Blokir GrabCar dan Uber

Source: liputan6.com