Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Kamis, 10 Maret 2016
Tips Jual Rumah yang Diisi Penyewa

Liputan6.com, Jakarta - Aspek investasi sebuah properti, terutama rumah, terdiri dari capital gain atau nilai jual kembali dan juga sewa.

Nah, ada kala seorang calon pembeli berminat dengan rumah Anda tetapi pada saat yang sama rumah tersebut masih dalam status disewa.

Kalau sudah begitu, ini langkah yang bisa Anda lakukan agar kedua kesempatan tersebut tidak hilang.

Mengusir penyewa karena rumah akan dijual adalah hal yang nyaris mustahil, kecuali sang penyewa melakukan pelanggaran kontrak. Sementara tawaran yang bagus tidak datang dua kali.

Seperti dinukil dari Zillow dan Rumah.com, berikut ini dua hal yang bisa Anda lakukan seperti ditulis Rabu (9/3/2016).

Pilihan pertama: Tunggu sampai masa sewa berakhir

Kebanyakan broker real estate memberi saran agar penjual rumah menunggu sampai habisnya masa kontrak sebelum menjualnya ke orang lain.

Sesuai pengalaman mereka, para penyewa tidak jarang meninggalkan beberapa kerusakan selama menempati hunian Anda.

Oleh karena itu, langkah terbaik adalah membiarkan mereka pergi dahulu, baru kemudian lakukan renovasi untuk membersihkan rumah sebelum dijual ke pihak kedua.

Penantian ini bisa menjadi hal penting jika Anda mendapati penyewa yang merasa "diusir" dari rumah sewanya.

Bisa saja, mereka meninggalkan rumah Anda dengan meninggalkan bercak cat di dinding atau bekas kotoran yang dibiarkan berserakan di rumah. Hasilnya, rumah Anda akan nampak kurang menarik di mata calon pembeli.

Namun di sisi lain, Anda juga harus mempertimbangkan keseimbangan keuangan pribadi. Jangan sampai setelah penyewa pergi, Anda terpaksa menunggu berbulan-bulan untuk mendapatkan calon pembeli yang pas.

Jadi, pastikan sebelum menghabiskan kontrak sewa, Anda telah memegang uang yang cukup untuk keperluan bulanan Anda.

Pilihan kedua: Ajak penyewa untuk bekerjasama

Anda bisa berkomunikasi dengan penyewa. Kebanyakan penyewa, ketika mendengar rumah sewanya akan dijual memilih untuk mencari tempat pindah yang baru.

Kasus lain, kalau mereka menolak untuk pindah, Anda bisa ajak mereka bekerjasama. Penyewa bisa memberikan opini yang objektif mengenai rumah yang mereka tempati. Minta agar mereka memberikan opini positif agar calon pembeli tertarik untuk membeli rumah Anda.

Jika mereka setuju untuk bekerjasama, Anda bisa beri bonus menarik. Sebagai contoh, memberi diskon harga sewa dalam dua atau tiga bulan ke depan. Jika rumah siap terjual, beri ucapakan terimakasih dengan membayar ongkos pindahannya.

Lalu, bagaimana jika penyewa Anda tidak bisa diajak bekerjasama? Anda terpaksa harus menjual rumah setelah masa sewa berakhir, atau menawarkan rumah kepada calon pembeli dengan nilai investasi tertentu karena terdapat penyewa di dalamnya.

Pilihan tetap ada di tangan Anda, karena Anda adalah pemilik sah rumah tersebut. (Isnaini/Ahm)


Source: liputan6.com
Trik Mengakali CV Jika Tak Punya Pengalaman Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Tak mudah mencari pekerjaan apalagi bagi mereka yang belum punya pengalaman. Sayangnya, sekarang banyak perusahaan yang memprioritaskan mereka yang sudah punya banyak pengalaman kerja. Alhasil, peluang bagi mereka yang belum punya pengalaman semakin sempit.

Namun jangan khawatir, ada beberapa tips dan trik agar surat lamaran atau curriculum vitae (CV) tetap menarik dan atraktif meski pun tak memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Berikut tips mengakali CV meski pun tak memiliki pengalaman pekerjaan seperti dilansir dari The Muse, Kamis (10/3/2016)

Keterampilan yang relevan

Mencari kerja lewat situs online menjadi lebih mudah dengan tiga cara ini. Pasti setelah `apply` CV, langsung dipanggil wawancara.

Rata-rata resume Anda akan dilihat berdasarkan keahlian Anda. Akan menjadi masalah apabila pekerjaan Anda tidak sesuai dengan karir pilihan.

Ketika Anda memilih karir sesuai keinginan, sewajarnya Anda memiliki kemampuan dalam melakukan bidang tersebut. Coba ingat kembali apakah Anda memiliki keterampilan yang berkembang berkat tugas-tugas dari kampus Anda.

Pengalaman proyek dalam dan luar akademis yang berkaitan

Ilustrasi CV

Tugas utama maupun sampingan Anda bisa dimasukkan ke dalam CV Anda sebagai kelebihan Anda. Termasuk proyek yang dikerjakan di luar bidang akademi, selama masih bersangkutan dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan yang Anda incar.

Hindari asumsi hanya pengalaman dari pekerjaan full-time dan berbayar yang hanya diakui.

Tunjukkan antusiasme

Sebenarnya ini merupakan bagian tambahan dari CV Anda. Surat tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan, dan menjadi penting apabila Anda tidak memiliki pengalaman karir yang sangat relevan dengan pekerjaan Anda.

Sebagai ahli dalam masalah karier, Ryan Kahn menjelaskan bahwa Anda harus menemukan cara agar pengalaman hidup Anda dapat terhubung dengan karir Anda, kemudian jelaskan bagaimana Anda akan berusaha keras untuk memberikan yang terbaik. (Shabrina Aulia Rahmah/Zul)


Source: liputan6.com
Tukang Sampah Ini Digaji Hingga Rp 1,47 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Noel Molina dan Tony Sankar telah menjadi tukang sampah selama bertahun-tahun. Mereka menjadi tukang sampah di New York City dan mampu mereguk untung yang tidak sedikit.

Melansir laman money.cnn.com, Jumat (11/3/2016), Molina mampu mendapat penghasilan US$ 112.000 atau setara dengan Rp 1,47 miliar setahun. Sementara Sankar menerima upah hingga US$ 100.000 atau Rp 1,31 miliar.

Pendidikan terakhir Molina dan Sankar adalah SMA. Satu fakta menarik di Amerika Serikat adalah ternyata tukang sampah lulusan SMA mampu mereguk gaji lebih banyak dibanding lulusan sarjana.

Secara keseluruhan, upah yang diterima bagi petugas kebersihan di Amerika Serikat beragam tergantung pekerjaan yang dikerjakan. Rata-rata petugas kebersihan Amerika Serikat bisa mengantongi upah US$ 40.000 atau setara dengan Rp 526,3 juta per tahun.

Tidak hanya mendapat upah yang cukup besar, upah yang diterima oleh Noel dan Tony juga mendapat tingkatan yang cukup besar.

Secara keseluruhan, upah mereka pun mengalami peningkatan cukup signifikan. Sepanjang tahun mereka berhasil mendapat tambahan pemasukan 18% dari pemasukan awal. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
CIA Cari Penjaga Perpustakaan, Gaji Rp 1,3 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Badan Intelijen Pemerintah Federal Amerika Serikat atau yang sering dikenal dengan nama U.S. Central Intelligence Agency (CIA) membuka sebuah lowongan pekerjaan.

Melansir money.cnn.com, Kamis (9/3/2016), CIA membuka lowongan untuk bekerja sebagai seorang penjaga perpustakaan. Namun yang menjadi daya tarik tersendiri adalah gaji yang ditawarkan dalam pekerjaaan ini mencapai US$ 100.000 atau setara dengan Rp 1,3 miliar per tahun.

 

Baca Juga

  • 6 Hobi Unik Miliarder Dunia
  • 6 Perusahaan dengan Miliarder Terbanyak Dunia
  • Kisah Sukses Miliarder, dari Nol hingga Kaya Raya

Source: liputan6.com
Plus Minus Investasi Properti VS Saham

Liputan6.com, Jakarta - Dalam dunia keuangan, investor adalah orang perorangan atau lembaga baik domestik atau non-domestik, yang melakukan suatu investasi (bentuk penanaman modal sesuai dengan jenis investasi yang dipilihnya) baik dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Terkadang istilah “investor” juga digunakan untuk menyebutkan seseorang yang melakukan pembelian properti, mata uang, komoditas, derivatif, saham perusahaan, atau aset lainnya. Tujuannya, untuk memperoleh keuntungan dan bukan merupakan profesinya serta hanya untuk jangka pendek saja.

Sebagai seorang investor, ketelitian dan kecerdikan dalam melihat peluang merupakan tuntutan utama. Investor juga perlu membuat perencanaan secara matang saat hendak memilih jenis investasi terbaik. Antara properti dan jenis investasi lainnya seperti saham, tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Income

Seperti dikutip dari laman Rumah.com, Kamis (10/3/2016), pendapatan potensial properti didapat dari hasil menyewakan properti tersebut kepada pihak lain. Nilai sewa bergantung pada harga pasar dan kemampuan penghuni untuk membayar sewa pada waktu tertentu.

Di sisi lain, berinvestasi dalam bentuk saham akan mendapat deviden (pembagian keuntungan) setiap tahun.

Kenaikan harga sewa properti tentu saja lebih pasti dari kenaikan hasil saham dan lain-lain. Itu karena pada dasarnya semua orang membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal dan ruko atau kios sebagai tempat berusaha.

Tentu saja, dalam setiap investasi pasti ada risiko. Seperti property bubble yang terjadi di Amerika Serikat beberapa tahun lalu.

Namun dalam bidang properti, tidak ada istilah "bonus", berbeda dengan investasi saham. Saham bonus ini merupakan saham yang dibagikan oleh perusahaan kepada investor yang diambil dari agio saham.

Agio saham merupakan selisih antara harga jual terhadap harga normal saham, pada saat perusahaan melakukan penawaran umum di pasar perdana. Saham bonus bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para investor.

Increase

Karena memiliki sifat langka, harga tanah dan bangunan sudah pasti akan naik relatif terhadap harga-harga barang lain. Pasalnya, faktor kelangkaan menciptakan nilai ekonomi tersendiri.

Hal ini tentu saja berbeda dengan investasi di sektor bursa saham. Harga selembar saham akan naik jika kinerja perusahaan baik, sebaliknya harga akan turun jika kinerja perusahaan menurun atau memburuk. Sementara itu, pemilik saham tidak bisa mengubah kenaikan harga saham sekehendak hati.

Inflation Hedge

Dinukil dari buku Menjadi kaya Melalui Properti tulisan Panangian Simanungkalit, kenaikan harga tanah dan bangunan setiap tahunnya sudah terbukti lebih tinggi dari laju inflasi.

Kenaikan harga tanah di lokasi yang berkembang minimal 15 persen, sementara tingkat inflasi berada di bawah angka 10 persen.

Di sisi lain, harga semen, baja, dan besi selalu naik di atas tingkat inflasi, yakni rata-rata 10-12 persen. Inilah yang menyebabkan tanah dan bangunan berupa rumah, ruko, dan apartemen merupakan aset yang paling tahan terhadap gerusan inflasi.

Sebaliknya, sektor saham sangat sulit menghadang inflasi, karena investasi berupa uang (kertas), nilainya bisa termakan inflasi. Kondisi ini menyebabkan investor di sektor finansial tidak bisa memelihara daya beli mereka.

Management and Maintenance

Investor properti harus mengeluarkan sejumlah uang serta disiplin dalam mengatur dan memelihara properti miliknya. Di samping itu, investor juga harus memiliki asuransi guna melindungi properti miliknya dari kerugian yang bisa disebabkan oleh kebakaran atau bencana alam lainnya.

Sementara, investor di sektor finansial, seperti saham, tidak memerlukan pemeliharaan karena ia hanya akan menerima surat pertanggungjawaban penyimpanan.

Legislation

Di sektor properti, terdapat banyak sekali aturan-aturan yang mengikat, baik bagi pengembang maupun pembeli. Di sektor riil ini, campur tangan dan kontrol pemerintah sangat signifikan, sehingga terkadang terasa begitu kompleks.

Sebaliknya, hal serupa tidak terjadi di pasar saham yang mengatur diri sendiri (self regulatory market). Di sini, pengawasan pemerintah sangat terbatas.

Foto: Pixabay

(Fathia/Ndw)


Source: liputan6.com
5 Alasan Wanita Lebih Jago Urus Uang Dibanding Pria

Liputan6.com, Jakarta - Banyak penelitian mengungkap bahwa wanita ternyata memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan lebih baik dibanding pria.

Wakil presiden dari badan analisis Experian Michele Raneri mengatakan walaupun pendapatan wanita 23 persen lebih rendah dibanding pria, mereka mampu mengurus keuangannya lebih baik.

Melansir Business Insider, Kamis (10/3/2016), berikut lima alasannya:

1. Punya utang kartu kredit lebih sedikit

Menurut penelitian dari Value Penguin, hutang kartu kredit yang dimiliki wanita 22 persen lebih sedikit dibanding pria. Selain itu wanita juga cenderung lebih jarang menggunakan kartu kredit dibanding pria.

2. Lebih mandiri secara finansial

Wanita mampu lebih mandiri secara finansial dibanding pria. Survei yang dilakukan Business Insider menyebut bahwa pria berusia 35–44 tahun cenderung lebih membutuhkan bantuan uang dari kerabat dibanding dengan wanita.


Source: liputan6.com
IHSG Rawan Koreksi, Simak Saham Pilihan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi variasi pada perdagangan saham Kamis pekan ini.

Kepala Riset PT Universal Global Securities, Satrio Utomo menuturkan gerak IHSG akan variasi dengan kecenderungan rawan koreksi.

Sentimen global akan mendominasi pergerakan laju IHSG terutama kondisi bursa saham Amerika Serikat (AS) dan bursa saham regional. Sedangkan dari dalam negeri, Satrio menilai ada kekhawatiran tekanan di sektor saham barang konsumsi.

Hal itu mengingat ada tekanan di sektor saham bank dan barang konsumsi pada perdagangan Selasa 8 Maret 2016. Rilis laporan kinerja keuangan pun akan mempengaruhi laju IHSG.

Baca Juga

  • Laju IHSG Bakal Bervariasi Amati 8 Saham Pilihan Ini
  • IHSG Bergerak di Dua Zona pada Awal Sesi
  • Sentimen Eksternal Dorong IHSG Turun ke 4.811,04

Source: liputan6.com
Data Ekonomi Topang Penguatan IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan saham Kamis (10/3/2016). Data ekonomi dalam negeri yang positif menjadi pendorong laju IHSG.

Analis PT Investa Saran Mandiri Kiswoyo Adi Joe mangatakan‎, data  inflasi yang rendah menciptakan optimisme pelaku pasar. "Kemarin inflasi rendah, cadangan devisa juga bagus," kata dia kepada Liputan6.com.

Dia mengatakan, saat ini pelaku pasar sedang menunggu penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate). Ia menuturkan, pelaku pasar melihat potensi penurunan suku bunga besar lantaran rupiah terus menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

"Kalau lihat peluangnya besar, karena rupiah terlalu tinggi. Kalau terlalu besar impor jebol," ujar dia.

Baca Juga

  • Sentimen Eksternal Dorong IHSG Turun ke 4.811,04
  • IHSG Bergerak di Dua Zona pada Awal Sesi
  • Laju IHSG Bakal Bervariasi, Amati 8 Saham Pilihan

Source: liputan6.com
Harga Minyak AS Meningkat 5%

Liputan6.com, New York - Harga minyak mentah Amerika Serikat (AS) melonjak hampir 5 persen setelah terjadi keseimbangan pada persediaan bensin di negara ini pada pekan lalu. Kondisi ini meyakinkan pasar bahwa permintaan energi telah meningkat meskipun stok minyak mentah mencapai rekor tertinggi untuk minggu keempat.

Harga minyak mentah juga mendapat dukungan dari spekulasi tentang kemungkinan negara-negara produsen minyak bersepakat mengurangi produksinya.

Melansir laman Reuters, Kamis (10/3/2016), harga minyak mentah berjangka AS naik US$ 1,79 atau 4,9 persen menjadi US$ 38,29 per barel. Sementara minyak mentah berjangka Brent naik US$ 1,29 menjadi US$ 40,94 per barel, setelah menyentuh posisi tertinggi dalam  tiga bulan pada Selasa kemarin di atas US$ 41 per barel.

Lembaga Administrasi Informasi Energi AS mengatakan, stok minyak mentah naik 3,9 juta barel menjadi hampir 522 juta barel, seperti perkiraan analis dalam jajak pendapat Reuters. Namun, persediaan bensin turun 4,5 juta barel, lebih dari jumlah yang disurvei sebesar 1,4 juta barel.

Baca Juga

  • Pemerintah Jajaki Perpanjangan Impor Minyak dari Azerbaijan
  • Harga Minyak Sentuh Level US$ 40 per Barel
  • Harga Minyak Angkat Sektor Saham Tambang di Awal Pekan

Source: liputan6.com
Harga Emas Turun Dipicu Kenaikan Harga Minyak dan Saham

Liputan6.com, New York - Harga emas jatuh dipicu kenaikan harga minyak dan pasar saham dunia serta harapan tentang langkah pelonggaran moneter lebih lanjut oleh Bank Sentral Eropa. Ini mendorong beberapa investor mengambil keuntungan, setelah harga logam mulia ini naik ke posisi tertinggi dalam 13 bulan pada pekan lalu.

Melansir laman Reuters, harga spot emas turun 0,6 persen menjadi US$ 1.252,68 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman April susut 0,4 persen pada posisi US$ 1.257,40 per ounce.

Baca Juga

  • Harga Emas Turun dari Level Tertinggi dalam 13 Bulan
  • Harga Emas Antam Kembali Turun Jadi Rp 570 Ribu per Gram
  • Harga Emas Antam Turun Rp 1.000 per Gram

Source: liputan6.com
Harga Jual dan Buyback Emas Antam Turun

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 3.000 per gram pada perdagangan Kamis (10/3/2016) menjadi Rp 568 ribu per gram.

Sementara harga pembelian kembali (buyback) turun Rp 4.000 per gram menjadi Rp 519 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 519 ribu per gram.

Adapun pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kilogram (kg) akan dilakukan maksimal dua hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Kembali Turun Jadi Rp 570 Ribu per Gram
  • Harga Emas Antam Naik Lagi Rp 4.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Turun Rp 1.000 per Gram

Source: liputan6.com
Penjualan Tiket Pesawat Kuartal I 2016 Diproyeksi Naik 10%

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan (Astindo) optimistis penjualan tiket pesawat pada kuartal I tahun ini naik dibandingkan periode yang sama di 2015. Salah satu indikasinya yaitu adanya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara sejak awal tahun ini.

Wakil Sekretaris Jenderal Astindo Pauline Suharno memperkirakan terjadi peningkatan penjualan tiket pesawat sebesar 5 persen-10 persen pada periode Januari-Maret ini. Meski belum begitu signifikan, namun peningkatan penjualan di awal tahun menjadi sinyal positif bagi penjualan tiket sepanjang tahun ini.

"Sepertinya agak membaik dibanding periode yang sama tahun lalu. Memang cuma meningkat kira-kira 5 persen sampai 10 persen, tapi sudah kelihatan membaik," ujarnya di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

 

Baca Juga

  • Penjualan Tiket Pesawat ke Tujuan Ini Laris Saat Libur Imlek
  • 5 Tips dan Trik untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah
  • Pemerintah Turunkan Tarif Batas ‎Tiket Pesawat

Source: liputan6.com
Presiden Resmikan Pusat Logistik Berikat di Cakung

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan pengoperasian Pusat Logistik Berikat (PLB) di kawasan industri Cipta Krida Bahari (CKB), Cakung, Jakarta Utara pada Kamis pagi (10/3/2016) ini. Pembentukan PLB ini merupakan realisasi dari Paket Kebijakan Jilid II yang diluncurkan pada akhir 2015.

Dikutip dari jadwal Presiden, rencananya Presiden Jokowi akan meresmikan PLB pada pukul 09.00 WIB. Turut hadir mendampingi presiden, diantaranya Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan beberapa pejabat lainnya.

PLB ini tersebar di seluruh Indonesia. Dengan produk seperti kapas serta produk susu dan turunannya di Cikarang, spare part automotif di Karawang, peralatan penunjang industri hulu migas di Balikpapan, produk pertanian dan alat berat di Marunda dan penimbunan BBM di Merak, Banten.

Baca Juga

  • Tekan Biaya Logistik, Pemda Diminta Hapus Pungutan Daerah
  • Indonesia Jadi Tuan Rumah Pameran Logistik Terbesar di ASEAN
  • Pemerintah Diminta Bangun Pusat Logistik Berikat Bahan Baku

Source: liputan6.com
IHSG Tertekan Aksi Jual Investor

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah. Gerak IHSG tersebut ditopang banyak aksi jual dari investor asing.

Pada pembukaan perdagangan saham, Kamis (10/3/2016), pukul 09.00 WIB. IHSG melemah 20,17 poin atau 0,42 persen ke level 4.790,86. Indeks saham LQ45 pun ikut melemah 0,92 persen ke level 829,99.

Ada sebanyak 66 saham menguat namun tak sanggup mengangkat IHSG ke zona hijau. Kemudian 36 saham melemah dan 53 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan saham pada pagi ini sebanyak 9.367 kali dengan volume 180 juta dan nilainya mencapai Rp 335,1 miliar.

 

Baca Juga

  • IHSG Rawan Koreksi, Simak Saham Pilihan Ini
  • IHSG Bergerak di Dua Zona pada Awal Sesi
  • Rupiah Sentuh 13.036 per Dolar AS, IHSG Naik Tipis

Source: liputan6.com
Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia, PNS Siap-siap Bertugas di Daerah

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia ditargetkan memiliki pemerintahan kelas dunia (World Class Government) pada 2025. Untuk itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandy mengatakan, birokrasi Indonesia membutuhkan kerja keras yang saling bersinergi dan berkelanjutan.  

Reformasi birokrasi yang sudah berjalan selama ini dikatakan belum signifikan sehingga diperlukan percepatan, seiring kompetisi global yang tak bisa ditawar-tawar lagi. "Peningkatan profesionalisme ASN sudah tidak dapat ditawar lagi, tidak bisa lagi menoleransi PNS yang asal kerja saja," kata dia di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Menurut Yuddy, setiap PNS dituntut untuk memberikan kontribusi kinerja yang jelas dan terukur kepada organisasinya. Dengan profesionalisme yang baik ini, akan terwujud standardisasi kompetensi sehingga untuk jabatan yang sama di berbagai daerah akan memiliki kualitas dan kapasitas yang setara.

“Kondisi ini memungkinkan setiap ASN ditugaskan di berbagai wilayah sesuai dengan kebutuhan sehingga pada akhirnya ASN mampu menjadi perekat pemersatu bangsa,” ungkap dia.

Dia menambahkan, tahun ini Indonesia memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Hal itu menuntut birokrasi pemerintahan yang lebih adaptif dan antisipatif terhadap berbagai perubahan yang akan terjadi.

Baca Juga

  • Menteri Yuddy Undang PNS Daerah Berguru di Kementerian PAN-RB
  • Belanja Pegawai Dominan, Pemda Diimbau Tak Rekrut PNS
  • PNS Bakal Otomatis Jadi Peserta Tapera

Source: liputan6.com
Jadi Bos 2 Perusahaan Besar, Jack Dorsey Kerja 18 Jam Sehari

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang merasa kewalahan ketika memimpin satu perusahaan, tetapi tidak dengan Jack Dorsey. Dia merupakan CEO dari dua perusahaan terkenal, yaitu Twitter dan Square, Inc. Baginya meminpin kedua perusahaan tersebut bukanlah masalah.

“Saya mendapatkan manfaat dari jadwal yang konsisten dan terstruktur,” kata Dorsey seperti yang dilansir dari Business Insider, Kamis (10/3/2016). Tetapi tidak seperti pekerja pada umumnya, Dorsey memiliki jam kerja yang panjang yaitu 18 jam sehari.

Dorsey mengaku menghabiskan 4 jam pada masing-masing perusahaan setiap hari Senin. Pada hari tersebut Dorsey rapat dengan tim untuk memastikan apakah semuanya terkendali. Berikutnya Dorsey berfokus kepada tinjauan tim produk dan merekrut pekerja. Selain itu dia juga melakukan pertemuan pada hari Rabu dan Jumat untuk melihat perkembangannya dalam seminggu.

Beruntung kedua perusahaannya sama-sama terletak di pusat Kota San Fransisco. Dengan begitu Dorsey tidak akan membuang waktu ketika ingin menghampiri salah satunya.

“Letak kedua perusahaan saling berseberangan, jadi mudah bagi saya untuk mendatangi kedua perusahaan dalam sehari”, ungkap Dorsey.

Performa Dorsey juga tidak memberikan dampak buruk pada Square, Inc. Penghasilannya dilaporkan mencapai US$ 374 juta atau setara dengan Rp 4,91 triliun (Kurs Rp 13.130 per dolar AS) dan selalu bertambah 49 persen setiap tahun.

Seluruh penghasilan yang ditotal dari transaksi yang dilakukan Square, Inc bisa mencapai 47 persen, yaitu US$ 10,2 juta atau setara dengan Rp 134,2 miliar.

Angka tersebut cukup untuk mendorong naik saham Square ke 2,5 persen pada after hour trading.

Sementara saham Twitter sendiri menetap dengan angka 66 persen dalam 52 minggu, mengingat pertambahan angka pengguna Twitter yang terhenti. Meskipun begitu perusahaan tersebut tetap bertahan, sehingga angkanya naik lebih dari 20 persen dalam 3 minggu.

Perjalanan Dorsey masih panjang untuk mampu memenangkan Wall Street. Tetapi sementara ini Dorsey masih berusaha untuk menyamaratakan pekerjaannya sebagai CEO untuk dua perusahaan tersebut.

(Shabrina Aulia Rahmah)


Source: liputan6.com
Genjot Stok Cadangan Energi, RI Rayu Negara OPEC

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang mendekati negara-negara produsen minyak untuk meningkatkan cadangan strategis energi, terutama minyak. Diharapkan, hal ini dapat memperkuat ketahanan energi nasional.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu memerintahkan peningkatan ketahanan energi dengan memperkuat cadangan strategis.

‎"Perlu membangun strategic petroleum reserve. Pak presiden memerintahkan bangun cadangan," kata Sudirman, seperti dikutip di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Dia mengaku langsung merespons perintah tersebut. Saat ini, ia sedang melakukan penjajakan ke sejumlah negara pengekspor minyak yang tergabung dalam OPEC ‎agar bisa membeli minyak dengan harga saat ini, tapi untuk penggunaan jangka waktu ke depan.

"Ini sedang melakukan pendekatan ke negara OPEC. Apakah bisa membangun cadangan strategis. Apakah bisa beli dengan harga saat ini untuk ke depan, mumpung kebanjiran stok," tutur dia.

Baca Juga

  • Menteri ESDM Ungkap Penyebab Kacaunya Industri Gas Hilir RI
  • Kementerian ESDM Dorong Pertamina Cari Minyak di Azerbaijan
  • Kementerian ESDM Ungkap Penyebab SPBU Asing Tutup

Source: liputan6.com
Jokowi: Jangan Sampai Ada `Korban` Lagi karena Dwelling Time

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo kembali menegaskan kepada para pejabatnya untuk terus melakukan efisiensi logistik. Salah satunya mengenai penurunan aktivitas bongkar muat di pelabuhan (dwelling time).

Jokowi menilai, Indonesia seharusnya bisa bersaing dengan negara-negara lain di Asean mengenai dwelling time. Dia berharap minimal proses dwelling time RI bisa setara dengan Malaysia dan Singapura, yang tidak lebih dari 2 hari.

"Mereka saja bisa, kenapa kita tidak bisa, kita itu pasti bisa, masalahnya itu cuma mau atau tidak mau saja," kata Jokowi di kawasan industri Cakung, Jakarta Utara, Kamis (10/3/2016).

 

Baca Juga

  • Kereta Pelabuhan Pangkas Dwelling Time Jadi 2 Hari
  • Salip Malaysia, Pemerintah Targetkan Dwelling Time Hanya 1,5 Hari
  • Kereta Logistik Beroperasi, Dwelling Time Bisa Kurang 2 Hari

Source: liputan6.com
Taiwan Jajaki Investasi Sektor Petrokimia Rp 32 Triliun di RI

Liputan6.com, Jakarta - Investor asal Taiwan berminta untuk berinvestasi di sektor petrokimia di Indonesia. Rencana investasi Taiwan nilainya ditaksir mencapai US$ 2,5 miliar setara Rp 32,8 triliun (kurs Rp 13.120/dolar AS).

Sektor yang diminati kali ini adalah industri petrokimia dengan produk ammonia dan mega-methanol. Investor saat ini masih mencari lokasi yang tepat dengan mempertimbangkan ketersediaan bahan baku gas bumi yang dibutuhkan sebagai

"Nilai investasi yang disampaikan cukup besar. Oleh karena itu, BKPM akan terus mengawal sampai tuntas realisasinya, termasuk masalah lokasi proyek dengan ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan” ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani dalam keterangan resmi kepada Kamis (10/3/2016).

 

Baca Juga

  • Perusahaan Arab Saudi Jajaki Investasi Sektor Properti di RI
  • Tiga Sektor Ini Jadi Incaran Investasi AS di RI
  • Australia Lirik Investasi Budidaya Lobster di RI

Source: liputan6.com
Punya Masalah Sengketa Keuangan, Adukan Saja ke Lembaga Ini

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperbaharui Daftar Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa di sektor jasa keuangan. Ini tertuang dalam keputusan OJK dengan nomor KEP-01/D.07/2016 tertanggal 21 Januari 2016.

"Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa tersebut merupakan wadah penyelesaian sengketa antara konsumen dengan lembaga jasa keuangan di sektor perasuransian, pasar modal, dana pensiun, perbankan, penjaminan, pembiayaan dan pergadaian yang memenuhi prinsip aksesibilitas, independensi, keadilan, efisiensi dan efektifitas serta diawasi OJK," ujar Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Soetiono dalam keterangannya, Kamis (10/3/2016).

Baca Juga

  • Lembaga Jasa Keuangan Kini Bisa Proses Izin ke OJK Lewat Online
  • OJK Belum Restui BCA Pungut Biaya Cek Saldo di ATM
  • OJK Targetkan Pangsa Pasar Industri Keuangan Syariah Capai 5%

Source: liputan6.com
Waskita Karya Dirikan Anak Usaha di Bidang Energi

Liputan6.com, Jakarta - PT Waskita Karya Tbk (WSKT) kembali mendirikan anak usaha baru. Perseroan mendirikan PT Waskita Karya Energi pada 4 Maret lalu.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Kamis (10/3/2016), PT Waskita Karya Energi berkedudukan di Jakarta Timur. Modal dasar pendirian anak usaha ini sebesar Rp 40 miliar.Untuk modal ditempatkan dan disetor sebanyak 10.001 saham atau sekitar Rp 10 miliar.

Kepemilikan saham perseroan di PT Waskita Karya Energi sebanyak 99 persen saham. Adapun pendirian anak usaha ini menambah jumlah anak usaha perseroan yang mencapai sembilan anak usaha. Anak usaha itu beragam bidang usahanya mulai dari properti, jalan tol hingga precast beton.

Baca Juga

  • Bisnis Jalan Tol Penopang Kinerja Waskita Karya
  • Perusahaan Patungan Waskita Raih Modal Rp 900 Miliar
  • Pemerintah Tunjuk Waskita Karya Bangun LRT di Palembang

Source: liputan6.com
Berantas Korupsi, OJK dan KPK Sepakati Pertukaran Data Informasi

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyepakati kerja sama pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi di sektor jasa keuangan.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dan Ketua KPK Agus Rahardjo di Kantor OJK, Jakarta pada Kamis ini (10/3/2016).

Kerja sama tersebut meliputi tiga poin penting. Pertama, adanya pertukaran data antara OJK dan KPK. "Pertama terkait pertukaran data dan informasi yang selama ini sudah berjalan, artinya kalau KPK perlu data minta OJK," kata Muliaman.

Kedua, adanya kesepakatan pencegahan tindak pidana korupsi melalui edukasi dan sosialisasi. Muliaman mengatakan, bakal merancang program edukasi yang ditujukan kepada sektor jasa keuangan.

Baca Juga

  • Lembaga Jasa Keuangan Kini Bisa Proses Izin ke OJK Lewat Online
  • OJK Belum Restui BCA Pungut Biaya Cek Saldo di ATM
  • OJK Targetkan Pangsa Pasar Industri Keuangan Syariah Capai 5%

Source: liputan6.com
4 Alasan Sulit Naik Gaji

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak jengkel kalau setelah bekerja lama di sebuah perusahaan, namun kenaikan gaji tidak kunjung datang.

Bahkan, mengetahui gaji yang diterima Anda ternyata jauh di bawah standar. Walau ternyata saat ini masih banyak orang yang bekerja dengan gaji di bawah standar.

Akan tetapi, tahukah Anda, sebagian besar penyebab rendahnya gaji adalah diri Anda sendiri. Berikut adalah empat alasan yang jadi penyebabnya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Kamis (10/3/2016)

1. Anda terlalu sungkan meminta kenaikan gaji

Di sini Anda sudah bekerja cukup lama untuk perusahaan, atau memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kinerja perusahaan. Maka, tidak ada salahnya meminta kenaikan gaji. Sayangnya, ternyata tidak semua orang berani meminta kenaikan gaji pada atasan. Nah, mungkin hal ini juga terjadi kepada diri Anda.

Maka cobalah untuk sedikit lebih berani dalam memperjuangkan hak Anda. Terlebih bila kinerja dan performa yang Anda berikan memiliki kontribusi besar terhadap perusahaan. (Baca juga: Artis Vs Atlet, Gaji Siapa yang Lebih Tinggi? )

2. Tidak memaksimalkan dan kurang menjual potensi

Penyebab lain yang membuat Anda masih di gaji di bawah rata-rata adalah kurang memaksimalkan dan kurang menjual potensi yang dimiliki. Dalam wawancara kerja pertama kali pun, saat tiba saatnya berbicara tentang gaji, banyak orang yang masih melakukan pembicaraan atau negosiasi gaji yang datar.

Padahal, potensi yang dimiliki sangatlah besar, karena kemampuan yang dimiliki sangat berguna dalam dunia kerja. Untuk itu, mulai memberanikan diri melakukan negosiasi gaji.


Source: liputan6.com
7 Strategi Cermat Atur Pemakaian Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat modern semakin terbuai dengan daya magis dari kartu kredit. Tanpa perlu membawa uang tunai dalam nominal besar, si pemilik kartu tinggal `gesek` untuk membeli barang impian.

Tidak cuma mudah, tawaran diskon dan berbagai promo juga turut andil membuat transaksi dengan kartu kredit menjadi begitu besar. Tak heran jika semakin lama para penerbit kartu kredit menjadi semakin agresif dalam menawarkan produknya ini.

Akan tetapi tanpa disadari dibalik kemudahan itu, keberadaan kartu kredit ibaratnya seperti pisau bermata dua, di satu sisi bisa jadi penyelamat saat kita tidak memiliki uang tunai, tapi di sisi lain bisa juga menjadi pembunuh finansial jika penggunaannya tidak terkontrol.

Lalu, langkah bijaksana apa saja yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan penggunaan kartu kredit? Simak uraian lengkapnya berikut ini seperti dikutip dari www.cermati.com, Kamis (10/3/2016):

1. Kurangi Jumlah Kartu Kredit di Dompet

Apakah tumpukan kartu kredit di dompet Anda merupakan sebuah kebanggaan akan sebuah prestise status sosial tertentu? Mungkin dulu iya, kini banyak orang mulai sadar dampak negatifnya.

Satu atau dua kartu kredit dengan limit sesuai penghasilan sudah lebih dari cukup. Ingat, bunga kartu kredit sangat mahal sehingga Anda harus cermat menghitung tagihan atas pemakaian.

Jika masih belum bisa mengurangi hasrat menggesek kartu maka jalan terbaik adalah berhenti dulu sementara. Cukup bawa kartu debit dan uang tunai saat bepergian. Kalau perlu, tinggalkan kartu kredit di rumah. Hal ini akan memaksa Anda untuk berhemat.

2. Hitung dan Catat Jumlah Pemakaian Kartu Kredit

Usahakan setiap bulan selalu mengecek limit kartu kredit. Kumpulkan semua struk belanja untuk mempermudah penghitungan jumlah pemakaian. Segera hentikan pemakaian jika sudah mencapai 40 persen-30 persen batas limit kredit.

Lunasi tagihan terlebih dahulu sebelum dipakai kembali. Ada kalanya Anda harus melakukan pembayaran ekstra jika pemakaian Anda sudah telanjur banyak dan susah untuk dikurangi.

Pembayaran ekstra akan mengurangi jumlah bunga yang dibayar tiap bulan. Semakin besar jumlah yang dibayarkan, maka tagihan akan cepat lunas.

3. Tahan Godaan, Fokus, dan Segera Lunasi Tagihan Kartu Kredit

Sikap bijaksana merupakan kunci penting agar terbebas dari godaan kartu kredit. Pemilik jangan gampang terpengaruh promo cicilan 0 persen sehingga membeli barang-barang tak penting yang justru berujung pada pembengkakan tagihan dan sulit melunasinya.

Oleh karena itu, susun daftar belanja bulanan yang perlu dibayar via kartu kredit. Jika Anda harus berbelanja dengan nominal tidak terlalu besar, usahakan bayar langsung dengan uang tunai, jangan membiasakan berutang jika memang tak perlu.


Source: liputan6.com
Berobat ke Luar Negeri, Orang RI Habiskan Rp 18,2 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Industri jasa di Indonesia harus terus ditingkatkan terutama di sektor kesehatan sehingga masyarakat tak perlu lagi ke luar negeri dan menghabiskan uang dalam jumlah besar.

Ketua Dewan Penasihat Indonesia Services Dialog (ISD) Mari Elka Pangestu mencatat jumlah orang Indonesia yang berobat ke luar negeri terus meningkat, dari 350 ribu orang pada 2006 menjadi 600 ribu orang sepanjang 2015.

"Uang yang dikeluarkan pun membengkak dari US$ 500 juta menjadi US$ 1,4 miliar (setara Rp 18,2 triliun),” kata Mari yang pernah menjadi Menteri Pariwisata di era SBY.

Menurut dia, ada tiga negara yang unggul dalam health care tourism, yakni Malaysia, Singapura dan Thailand, di mana 2/3 orang Indonesia yang berobat ke luar negeri memilih Malaysia sebagai negara tujuan.

Baca Juga

  • Kenapa Orang Kaya RI Doyan Berobat ke Luar Negeri?
  • Paket Kebijakan VI Dinilai Tidak Dukung Subtitusi Impor Obat
  • Kemkes Kembangkan Obat Malaria

Source: liputan6.com
OJK Rayu Bank Beraset Kecil untuk Lebih Efisien

Liputan6.com, Jakarta - ‎Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal melakukan pendekatan persuasif kepada bank-bank yang masuk ke dalam kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) I dan BUKU II agar bisa menjalankan bisnis dengan efisien. OJK memilih bank yang masuk kategori BUKU I dan BUKU II karena memang bank-bank yang masuk golongan tersebut tidak terikat dengan batas atas atau capping bunga deposito.

"BUKU I dan BUKU II didekati dengan cara persuasif karena tidak ada batasan buat mereka," katanya, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

OJK meyakini jika bank yang masuk kategori BUKU I dan II bakal melakukan penyesuaian. Apalagi, OJK akan menurunkan capping suku bunga deposito. "Tapi kan harus sejalan. Pada dasarnya BUKUIII dan IV itu menguasai pasar atau merupakan mayoritas, sekitar 80 persen industri keuangan nasional sudah BUKU III dan IV," katanya.

Baca Juga

  • Berantas Korupsi, OJK dan KPK Sepakati Pertukaran Data Informasi
  • Bantu Kebijakan Fiskal, OJK Siap Lahirkan Tabungan Pos
  • Lembaga Jasa Keuangan Kini Bisa Proses Izin ke OJK Lewat Online

Source: liputan6.com
Rupiah Terus Menguat, Presiden Jokowi Semringah

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menunjukkan penguatan sejak awal tahun. Bahkan pada awal pekan, rupiah sempat menyentuh level 12.984 per dolar AS.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) semringah dengan penguatan rupiah tersebut. Menurutnya, apa yang terjadi dengan rupiah tersebut merupakan respons positif dari investor terhadap ekonomi dalam negeri.

"‎Kalau berbicara rupiah yang semakin menguat, itu baik. Itu artinya adalah kebijakan-kebijakan kita, paket deregulasi, juga kebijakan di BI dan OJK itu direspons positif oleh dunia usaha. Sehingga ada arus uang masuk, arus modal masuk. Itu otomatis," kata Jokowi di Pusat Logistik Berikat, Cakung, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Baca Juga

  • Untung Rugi Penguatan Rupiah
  • Awal Pekan, Rupiah Sempat Sentuh 12.984 per Dolar AS
  • Kebijakan The Fed Masih Pengaruhi Gerak Rupiah

Source: liputan6.com
Cegah Hukuman Mati, Orang Kaya Ini Harus Bayar Rp 35,2 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder Iran yang tersandung kasus korupsi, Babak Zanjani bisa terbebas dari hukuman mati yang didapatnya. Zanjani harus membayar tunai uang setara dengan korupsi yang ia lakukan.

Mengutip laman NDTV, Kamis (10/3/2016), Menteri Keadilan Iran Mostafa Pour Mohammadi mengatakan, Zanjani bisa mencegah hukuman tersebut jika dia mau bekerjasama.

"Kapanpun kita melihat uang itu kembali di rekening bank, mita mengatakan kalau dia sudah kooperatif. Sejauh ini, kita tidak melihat dia kooperatif," ujar Pour Mohammadi menurut laporan dari Iranian Students News Agency.

Pengadilan Iran menvonis hukuman mati untuk Zanjani pada Minggu setelah menyatakan miliarder ini bersalah. Dia bersalah karena kasus penipuan dalam hal perdagangan minyak.

Baca Juga

  • Miliarder Ini Tolak Dukung Donald Trump Jadi Presiden AS
  • Ini Dia Mentor Para Miliarder Dunia
  • 6 Hobi Unik Miliarder Dunia

Source: liputan6.com
Menperin Buka Pameran Furnitur dan Kerajinan IFFINA 2016

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Saleh Husin membuka Pameran International Furniture & Craft Fair Indonesia (IFFINA 2016). Pameran ini berlangsung pada 10-13 Maret 2016 di Hall B, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Dalam sambutannya, Saleh Husin mengatakan, dalam pengembangan industri nasional, industri furnitur dan kerajinan merupakan salah satu industri prioritas yang menghasilkan produk bernilai tambah tinggi, berdaya saing global sebagai penghasil devisa negara.

"Daya saing industri furnitur dan kerajinan Indonesia di pasar global terletak pada sumber bahan baku alami yang melimpah dan berkelanjutan serta didukung oleh keragaman corak dan desain yang berciri khas lokal serta ditunjang oleh SDM yang cukup kompeten," ujarnya diJakarta, Kamis (10/3/2016).

Baca Juga

  • Pencabutan Kewajiban SVLK Ganggu Ekspor Furnitur RI ke Eropa
  • Menperin Yakin Ekspor Furnitur RI Tembus Rp 67 Triliun
  • Furnitur Kelas Premium Diminta Pakai Bahan Baku Lokal

Source: liputan6.com
Pameran Furnitur IFFINA 2016 Bidik Transaksi US$ 700 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) menggelar Pameran Furniture Indonesia 2016 di Jakarta Convention Center (JCC). Pameran ini merupakan transformasi dari Indonesia International Furniture and Craft Fair (IFFINA) yang telah diselenggarakan sebanyak delapan kali pada periode 2008-2015.

Ketua Umum Asmindo Taufik Gani mengatakan, industri kreatif telah berkontribusi besar terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia, dengan rata-rata sekitar 7,1 persen. Selain itu itu, industri ini juga menyerap tenaga kerja sebesar 11,7 juta orang atau sekitar 10,65 persen total jumlah tenaga kerja nasional per tahun.

"Kami mencatat, rata-rata nilai ekspor mebel mencapai US$ 1,7 miliar-US$ 1,9 miliar per tahun," ujarnya di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

 

Baca Juga

  • Menperin Buka Pameran Furnitur dan Kerajinan IFFINA 2016
  • Pengusaha Takut Ekspor Mebel Turun karena Aturan Ini
  • Kala Dubes Inggris Mengukir Mebel Kayu di Jepara

Source: liputan6.com
Pacu Bisnis KPR, Bank Mandiri Bidik Nasabah Lama

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk terus memperkuat lini bisnis kredit Kepemilikan rumah (KPR). Salah satu cara yang dilakukan adalah menyisir nasabah eksisiting Bank Mandiri. Harapannya, langkah ini akan berkontribusi lebih dari 50 persen pencapaian target tahun ini. 

Untuk diketahui, pada 2016 ini, Bank Mandiri berharap dapat membukukan pertumbuhan di atas 5 persen dari penyaluran KPR tahun lalu yang mencapai Rp 30,5 triliun.

Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan, perseroan memiliki basis nasabah yang potensial untuk digarap, khususnya nasabah prioritas, pemilik serta pegawai perusahaan nasabah utama Bank Mandiri.

Hal ini mengingat Bank Mandiri merupakan salah satu market leader di segmen korporasi dan di segmenretail. Untuk itu, Bank Mandiri bekerja sama pengembang dan agen properti dalam menawarkan produk-produk terbaik kepada nasabah tersebut.

Baca Juga

  • Garap Pertanian, Bank Mandiri Gandeng NongHyup Financial Group
  • Anak Usaha Bank Mandiri Patok Target Pembiayaan Rp 18 Triliun
  • Bank Mandiri Jaring Technopreneur Melalui Kompetisi Hackathon

Source: liputan6.com
Cara 5 Perusahaan Multinasional Ini Dukung Efisiensi Logistik

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar jajarannya di kementerian dan lembaga, khususnya di bidang perekonomian, untuk melakukan efisiensi logistik. Salah satunya dengan menurunkan waktu aktivitas bongkar muat ‎(dwelling time) di pelabuhan-pelabuhan.

Menanggapi perintah tersebut, kalangan dunia usaha menyatakan siap  membantu pemerintah menekan biaya logistik  serta mengurangi dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok.

Caranya dengan menarik perusahaan-perusahaan yang selama ini menyimpan berbagai jenis barang kebutuhan industri di gudang-gudang yang tersebar di Singapura dan Malaysia.

"Saat ini, biaya logistik di dalam negeri mencapai 24 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Kami siap. Itu komitmen kami kepada pemerintah. Saat ini, sudah ada lima perusahaan multinasional yang akan kami pindahkan gudangnya dari luar negeri ke Indonesia. Gudang-gudangnya ada di Malaysia dan Singapura," ujar Deputy Chief Executive Officer (CEO) PT Kamadjaja Logistics Ivy Kamadjaja pada peresmian Pusat Logistik Berikat (PLB) di Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (10/3/2016).

 

Baca Juga

  • Jokowi Bikin Tol Laut, Investasi Logistik Bakal Naik 20%
  • Pemerintah Bangun Pusat Logistik Berikat di Gresik
  • Tekan Biaya Logistik, Pemda Diminta Hapus Pungutan Daerah 

Source: liputan6.com
BNI Tebar Dividen Rp 2,26 Triliun ke Pemegang Saham

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) memutuskan untuk membagikan dividen Rp 2,26 triliun kepada pemegang sahamnya. Dividen ini 25 persen dari perolehan laba perseroan yang mencapai Rp 9,067 triliun di 2015.

Rencananya pembagian dividen akan dilakukan pada 13 April 2016. "Sisanya akan digunakan sebagai laba ditahan," kata Direktur Utama BNI Achmad Baiquni di Kantor Pusat BNI, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Perseroan juga mengalokasikan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar 1 persen, yang setara Rp 90,6 miliar dari perolehan laba bersih.

Baca Juga

  • Sinarmas Land Gandeng BNI untuk Pembiayaan Apartemen Mewah
  • BI Rate Turun, BNI Masih Pertimbangkan Pangkas Bunga Kredit
  • Target Penyaluran KUR BNI Capai 2500 Debitur

Source: liputan6.com
Ini Peran Serta Pertamina dalam Program 35 Ribu MW

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) menunjukkan keseriusannya dalam percepatan pembangunan pembangkitan listrik 35 ribu Mega Watt (MW). Melalui PGE, Pertamina membangun pembangkit dengan memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy Irfan mengatakan, salah satu Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) PGE yang turut berperan dalam program 35 Ribu MW adalah PLTP Ulubelu. Pembangkit tersebut akan meyumbang 220 MW atau setara 9.570 barel setara minyak (Barel Oil Equvalent Per Day/ BOEPD) pada 2017.

"Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP)Ulubelu yang dioperasikan PT PGEmemanfaatan energi panas bumi di daerah KabupatenTanggamus-Lampung," kataIrfan, diJakarta Kamis (10/3/2016).

Baca Juga

  • Presiden Jokowi Akan Resmikan Pembangkit Panas Bumi Kamojang V
  • Ini Proyek Panas Bumi Milik Pertamina
  • Anak Usaha Pertamina Kerjakan 4 PLTP Sekaligus

Source: liputan6.com
Menperin Ajak Anak Muda Promosikan Kopi RI

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Saleh Husin menilai peluang pengembangan industri pengolahan kopi di dalam negeri masih terbuka lebar. Pasalnya, potensi konsumsi kopi di dalam negeri masih besar dan permintaan kopi dunia terus menanjak.

Dia menjelaskan, pertumbuhan kelas menengah dan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia turut mendorong konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7 persen per tahun. Terlebih lagi, Indonesia juga menjadi negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brasil dan Vietnam.

"Rata-rata produksi kopi Indonesia saat ini sebesar 685 ribu ton per tahun atau 8,9 persen dari produksi kopi dunia," ujarnya di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Baca Juga

  • 7 Kopi Termahal di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia
  • Ini Alasan Kopi RI Layak Mejeng di Ajang Internasional
  • RI Genjot Ekspor Kopi ke Amerika Serikat

Source: liputan6.com
Bergerak Tak Wajar, Otoritas Bursa Cermati Saham Indika Energy

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memasukkan saham PT Indika Energy Tbk (INDY) di unusual market activity (UMA) karena terjadi peningkatan harga dan aktivitas saham yang di luar kebiasaan.

Irvan Susandy, Kepala Divisi Pengawas Transaksi BEI menuturkan adanya UMA atas saham PT Indika Energy Tbk tersebut, bursa sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini.

Karena itu, para investor diharapkan untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa, mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya.

 

Baca Juga

  • Bisnis Batu Bara Lesu, Indika Energy Tak Bagi Dividen
  • Anak Usaha Indika Energy Berniat Buyback Obligasi
  • Bergerak Tak Wajar, Otoritas Bursa Cermati 3 Saham Ini

Source: liputan6.com
Ini 3 Penghambat Realisasi Investasi Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta -  Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani melakukan langkah proaktif dengan memaparkan berbagai kemudahan layanan investasi di 250 pengusaha Tiongkok di Beijing, Tiongkok, hari ini. Franky menyebut ada 3 persoalan penting penghambat investasi Tiongkok.

Dalam kesempatan tersebut, dia menyampaikan beberapa kemudahan investasi seperti Layanan Izin Investasi 3 Jam, Layanan Jalur Hijau, Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK), dan regulasi investasi yang akan lebih terbuka melalui perbaikan DNI.

Franky menjelaskan bahwa ada tiga hal yang diidentifikasi sebagai penghambat realisasi investasi dari Tiongkok.

 

Baca Juga

  • Taiwan Jajaki Investasi Sektor Petrokimia Rp 32 Triliun di RI
  • Plus Minus Investasi Properti Vs Saham
  • Perusahaan Arab Saudi Jajaki Investasi Sektor Properti di RI

Source: liputan6.com
Pemerintah Sederhanakan Izin Buka Usaha Mikro

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menyatakan akan mempermudah usaha mikro dan kecil dengan mengubah skema izin. Jadi pelaku usaha hanya cukup mendaftar untuk usaha mikro dan kecil.

Menteri Koperasi dan UMKM AA Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, pemerintah akan merevisi Perpres Nomor 98 Tahun 2014 tentang izin usaha mikro kecil.

"Rapat tadi mengenai Perpres Nomor 98 tahun 2014 yang isinya  izin usaha mikro kecil pelimpahan kewenangan dari Bupati Walikota  ke Camat untuk mengeluarkan izin usaha mikro kecil. Sekarang disederhanakan lagi, tidak izin lagi cukup didaftar, beda karena daftar sama izin beda," kata dia, di Kantor Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Dia menuturkan, ‎langkah tersebut mengikuti langkah yang sudah ditempuh lebih dahulu oleh pemerintah kota Bandung.

Baca Juga

  • Pelaku UKM Rentan Terjebak Investasi Bodong
  • Bertahan Saat Krisis, UKM Jadi Tulang Punggung Ekonomi RI
  • Kemenkop UKM Bakal Merevitalisasi 85 Pasar Tradisional

Source: liputan6.com
Tetapkan Harga Batu Bara, ESDM Panggil Pengusaha hingga PLN

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mencari solusi harga batu bara yang sesuai dengan ke‎untungan pengusaha dan kemampuan pembangkit listrik. Ini dimaksudkan agar produksi batubara mencukupi saat program kelistrikan 35 ribu Mega Watt (MW) berjalan.

Menteri ESDM Sudirman Said mengaku telah mendapat informasi dari Asosiasi P‎ertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) tentang kondisi harga batu bara yang dibeli Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Dengan harga saat ini dikhawatirkan pasokan batu bara tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan pembangkit.

‎"Apabila keadaan batu bara seperti ini, dikhawatirkan kita tidak cukup pasokan," kata Sudirman, di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Baca Juga

  • Proyek Listrik 35 Ribu Mw Bisa Angkat Harga Batu Bara
  • Limbah Batu Bara PLTU Akan Dimanfaatkan Jadi Bahan Bangunan Rumah
  • Jambi Bidik Produksi 11,2 Juta Ton Batu Bara di 2016

Source: liputan6.com
Dua Koperasi Diusulkan Jadi Penyalur Kredit Usaha Rakyat

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UMKM mengusulkan dua koperasi yakni Koperasi Sidogiri di Pasuruhan dan Koperasi Kospin Jasa Pekalongan untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Langkah tersebut untuk mempercepat serapan KUR yang ditargetkan Rp 100 triliun pada tahun ini. Menteri Koperasi dan UMKM AA Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, pemilihan dua koperasi tersebut menimbang beberapa aspek antara lain manajemen, anggota serta omzetnya.

"Koperasinya sehat, kita bina, awasi. Omzet di Pekalongan Rp 4,5 triliun, kalau Sidogiri (Pasuruhan) Rp 16 triliun," kata dia di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Baca Juga

  • Alasan Menkop UKM Siapkan Koperasi Jadi Penyalur KUR
  • Jamkrindo Jamin KUR Rp 8 Triliun Hingga Februari
  • Perbankan Tak Wajib Hilangkan Agunan dalam Penyaluran KUR

Source: liputan6.com
Kadin Ingin Pelarangan Ekspor Mineral Mentah Tetap Berjalan

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menginginkan pelarangan eskpor mineral mentah tetap konsisten dijalankan oleh Pemerintah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan batu bara (minerba). Namun memang, perlu ada keringanan agar para pengusaha bisa melaksanakannya.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani mengatakan, penerapan pelarangan ekspor mineral mentah dan kewajiban pengolahan dan pemurnian mineral di‎ dalam negeri memang bukan kebijakan yang bisa diwujudkan dalam jangka pendek. membutuhkan waktu yang panjang untuk menerapkannya. 

Oleh karena itu, jika ada perusahaan tambang yang merasa sulit untukwewujudkannya, Rosan menganggap hal tersebut adalah wajar dan kebijakan tersebut harus tetap berjalan sesuai dengan Undang-Undang.

Baca Juga

  • 7 Perusahaan Tambang Besar di RI Harus Bangun Smelter
  • Menperin Dorong Smelter Kembangkan Industri Pemasok Otomotif
  • Freeport Dapat Izin Ekspor Tanpa Setor Jaminan Smelter

Source: liputan6.com
Top 3: Tips Hemat Agar Bebas Stres

Liputan6.com, Jakarta - Baru juga gajian, tapi tabungan sudah mau habis. Padahal belum sempat membeli barang-barang yang diinginkan. Kenapa hal itu bisa terjadi? Apa sebenarnya yang salah hingga menyebabkan uang begitu cepat habis?

Tidak perlu banyak bertanya, karena jawabannya jelas, Anda menggunakan uang tersebut tanpa perencanaan yang jelas. Nah, agar tak kehabisan uang dipertengahan bulan. ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Artikel mengenai tips mengenai pengelolaan keuangan ini agar terbebas dari stres menjadi artikel yang banyak dibaca. Selain itu ada juga beberapa artikel lain yang juga layak untuk dibaca.

Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Kamis, (10/3/2016):

1. 8 Tips Hemat Uang yang Bebas Stres
Begini caranya supaya tak kehabisan uang saat belanja.
Ada cara berhemat agar uang Anda tidak habis di pertengahan bulan. Salah satunya adalah membawa bekal. Untung kalau Anda masih tinggal dengan orang tua. Urusan makanan masih terjamin. Lebih baik lagi bila Anda membawa bekal dari rumah untuk mengurangi pengeluaran makan. Selain hemat, makanan rumah juga lebih sehat dan cocok di lidah.

Selain itu, kalau bosan dengan makanan yang itu-itu saja dari rumah, Anda tidak perlu khawatir. Ajak teman membawa bekal juga, dan ajak dia untuk share makanan dengan Anda. Alhasil, Anda bisa mendapatkan menu makanan yang lebih bervariatif dan tentu bisa belajar cara membuatnya dari teman. Simak berita selengkapnya di sini.

2. Tips Sukses Bisnis ala Bella Shofie
Bella Shofie [Foto: Gempur Muhammad Surya/Liputan6.com]
Artis cantik Bella Shofie ternyata memiliki pekerjaan selain menjadi artis. Dara kelahiran 5 Februari 1992 ternyata juga memiliki bisnis yang sedang ditekuni.

Ditemui oleh Liputan6.com beberapa waktu yang lalu,Bella mengaku memiliki beraneka ragam bisnis. Diantaranya adalah memiliki label musik, menjual mukena hingga beberapa produk kecantikan.

Melalui berbisnis, Bella merasa menjadi pribadi yang lebih mandiri. "Ya haruslah, namanya perempuan kan harus mandiri. Di samping punya suami, kita juga harus bisa menyimpan uang" tuturnya. Simak berita selengkapnya di sini.

3. Ingin Keliling Dunia Saat Pensiun? Lakukan Hal Ini di Usia 20
Forum Liputan6
Banyak momen-momen terpenting dalam hidup terjadi di usia 20-an. Seperti lulus dari universitas, mendapatkan pekerjaan pertama, hidup mandiri, menikah, membeli rumah, atau bahkan memiliki anak pertama.

Setiap pencapaian biasanya diiringi dengan kekhawatiran tentang uang. Usia 20-an adalah ketika hal-hal serius mulai terjadi, dan cara Anda menghadapinya menentukan sisa hidupmu sampai tua.

Dengan menabung dan berinvestasi sejak muda, Anda ibarat mengamankan masa tuamu. Jadi, jangan tunggu sampai berusia 30 apalagi 40-an. Simak berita selengkapnya di sini.


Source: liputan6.com