Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 09 Maret 2016
Ini Dia Mentor Para Miliarder Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang selalu membutuhkan masukan agar mampu berkembang ke arah yang lebih baik. Tidak terkecuali para miliarder dunia.

Kesuksesannya ternyata tidak terlepas dari peran pembimbing yang dapat terus memberikan masukan di setiap keputusan yang ingin diambilnya.

Miliarder bahkan rela mengeluarkan banyak uang untuk membayar seorang mentor. Mereka dibayar untuk membantu menganalisa usaha yang dijalankan dan setiap langkah bisnis dan keputusan yang berdampak besar bagi perusahaan.

Baca Juga

  • 6 Hobi Unik Miliarder Dunia
  • Miliarder Ini Dihukum Mati karena Kasus Korupsi
  • Begini Kehidupan Miliarder Termuda di Dunia

Source: liputan6.com
5 Manfaat Berhenti Belanja Barang Tak Diperlukan

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda pernah menghabiskan banyak waktu dan uang hanya untuk berbelanja dari toko ke toko demi barang yang tidak diperlukan?

Tergiur hanya karena harga murah, diskon dengan batas waktu tertentu, dan tawaran-tawaran menarik lainnya. Seketika Anda merasa barang tersebut diperlukan, padahal tidak demikian.

Jika Anda mengalami hal tersebut, berarti Anda sudah menjadi korban nafsu belanja yang tak terpuaskan. Anda membeli barang hanya karena sebuah nafsu belanja saja, bukan karena benar-benar membutuhkan barang tersebut.

Padahal jika Anda mengurungkan niat untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan tersebut, banyak manfaat menakjubkan yang bisa diperoleh. Apa sajakah itu?

Berikut ini merupakan lima manfaat berhenti berbelanja barang-barang yang tidak diperlukan seperti dikutip dari www.cermati.com, Rabu (9/3/2016):

1. Anda Bisa Mendapatkan Hubungan yang Lebih Baik di Dalam Hidup

Jika Anda bisa berhenti membeli barang-barang yang tidak diperlukan, maka Anda bisa memberikan kontribusi yang lebih untuk menciptakan hubungan lebih baik di dalam hidup.

Misalnya saja, Anda bisa memiliki lebih banyak waktu serta uang untuk jalan-jalan bersama keluarga dan teman-teman. Anda juga tidak akan melihat banyak tagihan utang yang menumpuk, sehingga stres juga akan berkurang.

2. Anda Bisa Memiliki Lebih Banyak Uang ‘Penyelamat’

Uang ‘penyelamat’ merupakan salah satu cara terbaik untuk berjaga-jaga pada kondisi mendesak tidak diinginkan yang bisa saja terjadi kapanpun.

Misalnya saja, kecelakaan, cedera, atau penyakit yang membutuhkan perawatan medis, kehilangan pekerjaan, hingga perbaikan kendaraan yang sama sekali tidak terduga.

Tentu saja dengan tidak membelanjakan uang untuk barang-barang yang tidak penting, Anda bisa menyisihkan lebih banyak uang ‘penyelamat’ ini. Akan muncul perasaan lebih aman serta lega mengenai keuangan Anda.


Source: liputan6.com
5 Cara Baca Brosur Pengembang agar Tak Terkecoh

Liputan6.com, Jakarta - Umumnya, calon pembeli yang hendak membeli hunian baru akan mencari informasi selengkap-lengkapnya.

Mulai dari perbandingan lokasi, harga, sampai dengan fasilitas yang tersedia di sekitarnya. Salah satu cara paling lazim dilakukan ketika hendak berburu proyek residensial baru seperti apartemen atau perumahan adalah melalui brosur.

Media cetak atau online yang berupa soft copy ini memang paling praktis menjelaskan sebuah produk. Brosur bisa dalam bentuk cetak kertas atau file digital untuk disebarkan di internet. Brosur bagus tentu akan lebih menarik pembaca untuk melakukan pembelian.

Sayangnya, media promosi yang satu ini sering menawarkan bahasa marketing yang kerap kali mengecoh.

Nah, agar Anda memahami cara membaca brosur yang benar, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda perhatikan, seperti dikutip dari Rumah.com yang ditulis Rabu (9/3/2016):

Promo Uang Muka

Ada banyak strategi pemasaran yang ditawarkan oleh developer untuk menarik konsumen dalam membeli rumah atau apartemen baru.

Salah satunya ialah dengan menawarkan keringanan dalam membayar uang muka. Seperti yang telah diketahui, sebelum mengajukan KPR, pembeli wajib menyerahkan uang muka sekitar 20 sampai dengan 30 persen.

Untuk meringankan bobot pembayaran tersebut, pengembang sering menawarkan promo uang muka mulai dari 10 persen sampai dengan promo “tanpa DP”.

Dalam memahami skema keringanan uang muka ini, Anda harus bertanya langsung dengan bagian staf marketing. Terlebih untuk promo tanpa DP. Bentuk promosi seperti ini terbilang jarang ditemukan dan memerlukan beberapa syarat tertentu.

Memahami NUP

Mungkin beberapa dari Anda masih asing dengan kata NUP (Nomor Urut Pembelian) yang sering dicantumkan pada headline brosur. NUP adalah urutan pembelian yang didapat dari pembeli potensial dengan membayar sejumlah uang.

Biasanya, seminggu atau tiga hari menjelang peluncuran, pembeli potensial sudah mendapatkan NUP tersebut. Berbeda dengan booking fee, NUP biasanya bersifat refundable atau bisa dikembalikan jika batal membeli.

Jumlahnya juga ringan mulai dari Rp 1 juta sesuai dengan kebijakan pengembang. Nah, nominal yang ringan ini sering menjadi iming-iming yang ditampilkan dengan ukuran font besar di bagian brosur. Seperti contoh tagline "Bayar 1 juta dapat apartemen Rp 250juta".

Cicilan dan Harga

Banderol angka yang berkaitan dengan harga dan cicilan seringkali mengecoh calon pembeli. Hal pertama yang harus Anda waspadai adalah penulisan kata berakhiran –an yang menjelaskan nominal harga. Semisal "Apartemen strategis harga Rp 200 jutaan", atau "Cicilan per bulan hanya Rp 2 jutaan"

Faktanya, apartemen tersebut bisa jadi memiliki harga Rp 295 juta atau cicilan per bulannya mencapai Rp 2,9 juta. Walaupun terkesan mengecoh, Anda tidak bisa menyalahkan pengembang karena imbuhan berakhiran –an memang bermaksud untuk menjelaskan kisaran angka yang tidak spesifik.

Kritis Soal Lokasi

Semua orang tentu mencari lokasi strategis ketika hendak membeli properti. Untuk itu, pengembang sering mencantumkan jarak tempuh yang kurang akurat demi menarik perhatian konsumen.

Sebagai contoh, jika terdapat tulisan "Hanya 5 menit dari pintu tol", maka Anda harus melakukan double check untuk memastikan kebenarannya.

Pelajari apakah daerah tersebut kerap mengalami kepadatan lalu lintas di jam-jam sibuk, atau selalu lengang dan lancar? Jika tidak memungkinkan untuk datang ke lokasi atau bertanya kepada warga lokal di sekitarnya, Anda juga bisa mengecek jarak dan waktu tempuh melalui Google Maps.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih akurat mengenai lokasi proyek developer, coba tengok Resensi proyek dari Rumah.com. Disana akan dijelaskan waktu tempuh atau kondisi lalu lintas secara lebih mendetail.

Jangan Mudah Percaya

Sebagai salah satu alat pemasaran, brosur tidak menjelaskan banyak hal yang terperinci. Beberapa di antaranya ada yang mencantumkan promo atau gratis namun luput dari penjelasan syarat dan ketentuan.

Ilustrasi artistik juga tidak selalu persis dengan aslinya. Oleh karena itu, sebelum kecewa, ada baiknya Anda aktif bertanya kepada staf bagian pemasaran secara langsung. Jika tertera jaminan ROI (Return of Investment) atau kembali modal, Anda juga perlu meminta perhitungan yang rinci. (Isnaini K/Ahm)


Source: liputan6.com
10 Keluarga Terkaya Sepanjang Masa, Berapa Hartanya?

Liputan6.com, Jakarta - Harta tidak habis sampai tujuh turunan. Mungkin bagi sebagian orang, ungkapan tersebut bisa saja benar.

Banyak orang kaya di dunia mendapatkan hartanya secara turun temurun, karena keluarganya sudah kaya raya. Biasanya harta yang mereka dapatkan adalah dari perusahaan keluarga yang dijalankan secara turun temurun juga.

Dilansir dari Love Money, Rabu (9/3/2016), ini dia 10 keluarga paling kaya sepanjang masa:

10. Keluarga Cox

Keluarga Cox dikenal sebagai pemain besar di media dan industri komunikasi, dan sekarang melebar ke arena otomotif. Kekayaan keluarga ini mencapai US$ 34,5 miliar

9. Bernard Arnault dan Keluarga

Keluarga yang berasal dari Perancis ini punya kekayaan bersih yang diperkirakan mencapai US$ 37,7 miliar. Bernard adalah CEO dan Chaiman Moet Hennessy Louis Vuitton (LMVH).

Tak hanya itu, keluarga ini juga punya saham di merek fashion Christian Dior, juga punya bisnis di retail, kapal pesiar juga perusahaan internet. Putrinya, Delphine adalah Executive Vice President di LVMH dan anaknya Antoine adalah CEO Berluti, anak usaha dari LMVH.

8. Keluarga Bettencourt

Lilliane Bettencourt adalah salah satu wanita terkaya di dunia. pewaris dan pemegang saham di L`Oreal, perusahaan kosmetik yang didirikan oleh ayahnya Eugen di 1907.

Liliane menjalankan perusahaan hingga 2011. Di 2012, cucunya Jean VictorMeyers menggantikan posisi dia di dewan perusahaan. Kekayaannya mencapai US$ 42,7 miliar.

7. Keluarga Cargill - Macmillan

Perusahaan terbesar di Amerika Serikat, Cargill Inc, 88 persen sahamnya masih dimiliki anggota keluarga yang sama. Anggota keluarga itu banyak yang menjadi miliarder, bahkan paling banyak di antara keluarga yang lain yakni berjumlah 14 orang.

William Wallace memulainya di 1865 di bisnis penyimpanan gandum. Dia meninggal di 1909 dan bisnisnya diwariskan ke keempat anaknya, yang melanjutkan bisnisnya di sektor makanan, perkebunan, dan komoditas perdagangan. Kekayaan mereka mencapai US$ 45 miliar

6. Keluarga Carlos Slim Helu

Dia dikenal sebagai Warren Buffet dari Mexico. Carlos Slim adalah orang terkaya kedua sejagad. Dia adalah magnet bisnis yang bergerak di industri telekomunikasi. 4 anaknya memerankan peran aktif di perusahaan, termasuk anak laki-lakinya Carlos, yang menjadi chairman di Grupo Carso.


Source: liputan6.com
8 Tips Hemat Uang yang Bebas Stres

Liputan6.com, Jakarta - Baru juga gajian, tapi belum masih pertengahan bulan angkanya sudah mau habis. Padahal belum sempat membeli barang-barang yang diinginkan.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Apa sebenarnya yang salah hingga menyebabkan uang begitu cepat habis?

Tidak perlu banyak bertanya, karena jawabannya jelas, Anda menggunakan uang tersebut tanpa perencanaan yang jelas. Terkadang, Anda sadar kalau sudah menggunakan uang tanpa memikirkan baik dan buruknya, yang penting senang saja. Kalau sudah begitu, hanya satu hal yang mesti dilakukan, yaitu berhemat.

Akan tetapi berhemat tidak selalu identik dengan hal yang membosankan kok. Berhemat juga bisa dilakukan tanpa perlu membuat stres diri sendiri. Bagaimana caranya? Ini dia pembahasannya seperti dikutip dari www.cermati.com, Rabu (9/3/2016):

1. Bawa bekal

Untung kalau Anda masih tinggal dengan orang tua. Urusan makanan masih terjamin. Lebih baik lagi bila Anda membawa bekal dari rumah untuk mengurangi pengeluaran makan. Selain hemat, makanan rumah juga lebih sehat dan cocok di lidah.

2. Menu sharing

Kalau bosan dengan makanan yang itu-itu saja dari rumah, Anda tidak perlu khawatir. Ajak teman membawa bekal juga, dan ajak dia untuk share makanan dengan Anda. Alhasil, Anda bisa mendapatkan menu makanan yang lebih bervariatif dan tentu bisa belajar cara membuatnya dari teman.

3. Pilih transportasi murah

Kalau Anda terbiasa naik taksi, coba ganti dengan kendaraan lain yang lebih murah seperti naik ojek. Apalagi sekarang sudah ada ojek online yang murah dan nyaman. Banyak pilihan dan harganya pun kompetitif.

Kalau mau lebih hemat lagi, Anda bisa naik bus. Harganya yang ekonomis dipastikan bisa membantu Anda menghemat uang bulanan. Ada pula kereta commuter, harga tiketnya tidak mahal maksimal Rp 5.000.

4. Perawatan di rumah

Ini lagi tren dilakukan warga di ibu kota. Sekarang banyak masyarakat terutama wanita yang rela membeli beragam alat kecantikan agar tidak perlu lagi ke salon untuk melakukan beberapa perawatan yang bisa dilakukan sendiri.

Dengan begitu, pengeluaran ke salon hanya perlu dilakukan untuk perawatan yang sifatnya mesti dibantu orang lain saja. Memang, modal awalnya cukup besar, tapi efek ke depannya bisa membuat Anda berhemat cukup besar.


Source: liputan6.com
Devisa RI Bertambah Berkat Gerhana Matahari Total

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi satu-satunya negara di dunia yang mengalami gerhana matahari total (GMT). Ini merupakan fenomena alam yang langka, sebab hanya terjadi setiap 350 tahun sekali.

Tidak heran, langkanya momen ini dimanfaatkan Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan Indonesia ke wisatawan internasional. Diperkirakan wisatawan asing bakal membludak gara-gara fenomena GMT ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya‎ mengungkapkan setidaknya ada 12 kota di Indonesia yang menawarkan fenomena GMT. Ke-12 kota tersebut semuanya wilayah yang berada di garis khatulistiwa dan masing-masing kota memiliki beberapa spot khusus untuk melihat GMT.

Baca Juga

  • Jayapura Jadi Kota Terlama Mengalami Gerhana Matahari Total
  • Nikmati Sensasi Nonton Gerhana di Udara Pakai Garuda
  • Mengamati Langit Gerhana Matahari

Source: liputan6.com
Demam Gerhana Matahari, Hotel Sampai Rumah Warga Disewa Turis

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana matahari total 2016 membawa berkah tersendiri bagi warga yang wilayahnya dilalui fenomena langka itu. Salah satunya, ribuan wisatawan menyerbu Palu, Sulawesi Tengah untuk menyaksikan gerhana matahari total. Akibatnya, hotel dan homestay telah ludes di-booking.

Tak mau kehilangan akal dan memanfaatkan momen ini, sebagian warga Palu menawarkan ke beberapa wisatawan untuk menginap di rumah-rumah mereka. Penawaran ini dilakukan kepada para turis yang sudah tiba di Palu, ataupun yang bekerjasama dengan pihak hotel.‎

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Pariwisata, diperkirakan 10 ribu pengunjung dari dalam dan luar negeri akan menyaksikan GMT di Sulawesi Tengah pada hari ini. Bahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla juga menikmati GMT di kota tersebut.

 

Baca Juga

  • Mengamati Langit Gerhana Matahari
  • Berkat Gerhana Matahari Total, Kota Palu Mendunia Tanpa Iklan
  • Astronot dan Astronom Asing Saksikan Gerhana Matahari di Palu

Source: liputan6.com
Wall Street Melemah Imbas Rontoknya Saham Energi

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham AS jatuh pada hari Selasa waktu setempat atau Rabu (9/3/2016) WIB.

Penurunan dipicu data perdagangan China yang lembut menghidupkan kembali kekhawatiran bahwa ekonomi global lebih lemah daripada yang diantisipasi, juga karena penurunan harga minyak mentah yang membawa turun saham energi.

Kinerja perdagangan Februari China jauh lebih buruk dari yang diharapkan ekonom. Ekspor jatuh paling besar dalam lebih dari enam tahun. Penurunan impor bulanan 16 kali berturut-turut membebani saham di sektor bahan dasar, yang turun 1,7 persen.

 

Baca Juga

  • Saham Teknologi Merosot Bebani Wall Street
  • Data Tenaga Kerja AS Angkat Wall Street
  • Wall Street Menguat Ditopang Saham Energi

Source: liputan6.com
Produksi Diramal Naik, Harga Minyak Turun

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak Amerika Serikat (AS) merosot 3,7 persen pada Selasa atau Rabu (9/3/2016) WIB setelah Goldman Sachs menilai reli yang terjadi belakangan, tidak berkelanjutan, serta analis memproyeksi akan kelebihan pasokan lagi di AS.

Komentar dari Goldman Sachs pada prosepek reli itu juga menambah tekanan pada harga.

Perbedaan pandangan pada rencana untuk membatasi produksi juga membuat pasar defensif. Kuwait, yang memproduksi 3 juta barel per hari, mengatakan akan membekukan produksi, hanya jika produsen kebanyakan berpartisipasi, termasuk Iran yang melihat rencana tersebut.

 

Baca Juga

  • Pemerintah Jajaki Perpanjangan Impor Minyak dari Azerbaijan
  • Harga Minyak Sentuh Level US$ 40 per Barel
  • Harga Minyak Angkat Sektor Saham Tambang di Awal Pekan

Source: liputan6.com
Harga Emas Turun Dipicu Data Perdagangan China

Source: liputan6.com
Gerhana Matahari Total Jadi Ajang Promosi Wisata RI

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena gerhana matahari total membawa keuntungan bagi sejumlah daerah di Indonesia. Banyaknya kunjungan wisatawan ke daerah-daerah yang dilintasi oleh gerhana ini dapat menjadi ajang untuk mempromosikan potensi wisata di daerah tersebut.

Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didien Junaedy mengatakan, fenomena gerhana matahari ini telah mendorong promosi sektor wisata di daerah. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya event-event pariwisata yang digelar di masing-masing daerah dengan fenomena gerhana sebagai daya tariknya.

 

Baca Juga

  • Gerhana Matahari Sebagian Sedang Berlangsung di Jakarta
  • Devisa RI Bertambah Berkat Gerhana Matahari Total
  • Begini Pergerakan Bulan di Langit Indonesia Saat Gerhana Matahari

Source: liputan6.com
Ikuti Wall Street, Bursa Asia Kompak Melemah

Liputan6.com, Tokyo - Saham Asia kembali melemah dan melangkah lebih jauh dari level tertinggi selama dua bulan pada perdagangan Rabu (9/3/2016). Hal ini dipicu data perdagangan China yang mengkhawatirkan investor dan turunnya harga minyak dunia.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,2 persen pada awal perdagangan, menumpahkan 1,4 persen dari dua bulan yang menyentuh level tinggi pada hari Senin. Nikkei Jepang turun 1,0 persen pada perdagangan pagi.

"Meskipun harga minyak telah meningkat tajam dari palung, banyak investor yang belum yakin dan saya menduga mereka dihakimi sekarang adalah saat yang tepat untuk menjual," kata Tatsushi Maeno, managing director PineBridge Investasi dilansir dari CNBC, Rabu (9/3/2016).

 

Baca Juga

  • Harga Komoditas Melonjak Topang Penguatan Bursa Saham Asia
  • Data Ekonomi AS Bikin Bursa Saham Asia Menguat
  • Harga Minyak Dorong Penguatan Bursa Asia

Source: liputan6.com
Ini PR Pemerintah Usai Gerhana Matahari Total

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana matahari total (GMT) sudah berakhir. Untuk menikmatinya kembali, setidaknya butuh waktu 30-40‎ tahun lagi. Sementara di titik yang sama memerlukan waktu setidaknya 350 tahun.
 
Menteri Pariwisata RI Arief Yahya menilai berakhirnya gerhana matahari total justru menjadi awal bagi RI untuk terus meningkatkan promosi dan membangun lokasi-lokasi wisata yang ada. Ini menurut dia yang menjadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah Indonesia.

‎"Kebetulan lagi, fenomena itu melintasi Belitung, yang sedang diproyeksikan sebagai salah satu dari 10 top destinasi prioritas. Maka serba kebetulan ini harus dimaknai sebagai salah satu tanda zaman, bahwa saatnya pariwisata menjadi andalan di masa depan," kata Arief Yahya dalam keterangannya, Rabu (9/3/2016).

Baca Juga

  • Demam Gerhana Matahari, Hotel Sampai Rumah Warga Disewa Turis
  • Devisa RI Bertambah Berkat Gerhana Matahari Total
  • Garuda Indonesia Tetap Terbangi Langit Indonesia Saat Gerhana

Source: liputan6.com
Seleksi CPNS Tak Akan Dilakukan di Daerah Ini

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandy‎ menyatakan tidak akan memberikan kuota bagi pemerintah daerah untuk menambah jumlah Pegawai Negeri Sipilnya (PNS) jika anggaran belanja aparatur melebihi 50 persen.

Terkait dengan belanja pegawai, Kementerian PAN-RB per Desember 2015 mencatat ada 244 kabupaten/kota yang mengalokasikan belanja pegawai di atas 50 persen. Yuddy mengungkapkan, saat ini terdapat sejumlah daerah dengan belanja pegawai hingga mencapai 70 persen dari APBD.

Menurut Yuddy, daerah tersebut masuk dalam kategori darurat PNS atau tidak aman karena akan mengalami kesulitan dalam mendanai kebutuhan pembangunan. "Pasti untuk mengangkut sampah saja tidak mampu, pasti carut-marut kotanya," kata Yuddy, Rabu (9/3/2016).

 

Baca Juga

  • Pemerintah Diminta Menaikkan Gaji dan Tunjangan PNS
  • Menteri Yuddy Undang PNS Daerah Berguru di Kementerian PAN-RB
  • Belanja Pegawai Dominan, Pemda Diimbau Tak Rekrut PNS

Source: liputan6.com
Belitung Jadi Tempat Favorit Saksikan Gerhana Matahari Total

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana matahari total yang melewati sejumlah daerah di Indonesia banyak dimanfaatkan oleh masyarakat berwisata. Daerah yang paling banyak dituju adalah Bangka Belitung.

Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket Penerbangan (Astindo) mengatakan, indikasi Bangka menjadi tempat yang paling banyak dituju salah satunya karena tiket penerbangan ke daerah tersebut habis terjual. Bangka Belitung menjadi daerah tujuan utama para wisatawan untuk melihat fenomena langka ini.

"Kalau dilihat yang paling banyak ke Bangka Belitung. Ke sana kan penerbangan Garuda Indonesia sehari ada 2 kali, Citilink 2 kali, Sriwijaya 3-4 kali, itu rata-rata penuh. Dari teman-teman hotel juga bilang penuh, sewa kendaraan juga penuh," ujarnya di Jakarta, Rabu (9/3/2016).

 

Baca Juga

  • Gerhana Matahari Total Jadi Ajang Promosi Wisata RI
  • Devisa RI Bertambah Berkat Gerhana Matahari Total
  • Demam Gerhana Matahari, Hotel Sampai Rumah Warga Disewa Turis

Source: liputan6.com
Bersaing di MEA, Pekerja RI Tak Kalah dari Negara Lain

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri meminta masyarakat untuk optimistis menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Meskipun persaingan dunia ketenagakerjaan akan lebih ketat, dia menilai tenaga kerja Indonesia memiliki peluang yang besar untuk dapat bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain.

"MEA kita lihat secara optimistis. Kita tetap melihat ini sebagai peluang dalam rangka meningkatkan daya saing tenaga kerja kita," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (9/3/2016).

Menurut Hanif, implementasi MEA sejak akhir 2015 merupakan salah satu bentuk keterbukaan arus keluar masuk  barang, jasa, dan investasi di kawasan Negara-negara anggota ASEAN.

Era pasar bebas ini melibatkan 10 negara anggota ASEAN, yaitu Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

 

Baca Juga

  • MEA Berlaku Tak Bikin Orang Asing Bisa Bebas Kerja di RI
  • Menaker: Hadapi MEA, Pekerja Harus Dilatih Keterampilan
  • Menteri Puan: Era MEA, Jangan Sampai Dinikmati Pekerja Asing

Source: liputan6.com
Pangkas Jumlah PNS, RI Tiru Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) tetap melanjutkan moratorium pegawai negeri sipil (PNS) tahun ini. Tak hanya itu, bahkan jumlah PNS yang di Indonesia mencapai 4,5 juta orang, juga akan dikurangi.

‎Deputi bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengungkapkan, apa yang dilakukan ini disebut sebagai rasionalisasi PNS. Jumlah PNS sebanyak 4,5 juta dianggapnya terlalu banyak.

Setiawan menyatakan apa yang akan dilakukan ini pernah diterapkan di Tiongkok. Negeri Tirai Bambu itu telah berhasil menurunkan jumlah pegawai dalam tiga tahun, dari 1997 sampai 2000. Penurunan ini dimulai dengan penataan kelembagaan, yakni pengurangan sekitar 30 persen lembaga di tingkat pusat dan 20 persen lembaga di tingkat provinsi.

"Tiongkok berhasil mengurangi 47 persen jumlah pegawai negerinya, dari sekitar 8 juta menjadi 4 juta pada 2000," kata Setiawan dalam keterangannya, Rabu (9/3/2016).

Baca Juga

  • Menteri Yuddy Undang PNS Daerah Berguru di Kementerian PAN-RB
  • Belanja Pegawai Dominan, Pemda Diimbau Tak Rekrut PNS
  • PNS Bakal Otomatis Jadi Peserta Tapera

Source: liputan6.com
Ada Gerhana Matahari, Penjualan Tiket Ancol Bidik Rp 1,25 Miliar

Liputan6.com, Jakarta Adanya fenomena gerhana matahari total (GMT) dimanfaatkan PT Pembangunan Jaya Ancol untuk menarik banyak wisatawan. Ancol targetkan penjualan tiket masuk pada hari ini mencapai Rp 1,25 miliar. 

Manager Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol, Rika Lestari mengatakan, pihaknya menargetkan jumlah penunjung yang datang ke Ancol pada hari ini mencapai 50 ribu orang. Jumlah tersebut sama seperti rata-rata jumlah pengunjung pada Sabtu dan Minggu setiap pekannya.

"Jumlah penunjung hari ini kita targetkan sama seperti saat weekend, yaitu sekitar 50 ribuan orang. Karena ini kan liburannya tidak berbarengan dengan long weekend, jadi di tengah-tengah hari kerja. Makanya kita targetkan sama seperti Sabtu-Minggu," ujarnya di Jakarta, Rabu (9/3/2016).

Baca Juga

  • Gerhana Matahari Total Jadi Ajang Promosi Wisata RI
  • Demam Gerhana Matahari, Hotel Sampai Rumah Warga Disewa Turis
  • Belitung Jadi Tempat Favorit Saksikan Gerhana Matahari Total

Source: liputan6.com
Konsultasi Pajak: Resign dari Pekerjaan, NPWP Harus Dihapus?

Liputan6.com, Jakarta - Mohon infonya, saat ini saya sudah resign dari pekerjaan saya dan tidak memiliki penghasilan tetap. saat saya resign tidak diberikan surat keterangan pemberhentian kerja dari kantor.

Lalu bagaimana dengan pelaporan pajak saya selanjutnya? apakah NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) saya masih bisa dihapuskan atau bagaimana?

Terima kasih

Email: nur.rizkiXXXX@gmail.com

Jawaban:

Dalam keadaan Saudari berhenti kerja atau menganggur dan tidak ada kegiatan usaha maka tentunya Saudari tidak mempunyai penghasilan.

Sesuai ketentuan perpajakan apabila Saudari tidak mempunyai penghasilan atau penghasilan Saudari tidak melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), maka Saudari tidak diwajibkan untuk menyampaikan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi dan juga tidak ada kewajiban untuk memiliki NPWP.

Berdasarkan hal tersebut, atas NPWP yang Saudari miliki sekarang dapat diajukan permohonan untuk ditetapkan sebagai Wajib Pajak non-efektif ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP)di mana Saudara terdaftar.

Status sebagai Wajib Pajak non efektif dapat ditetapkan oleh KPP apabila memenuhi salah satu dari kriteria sebagai berikut:

a. Wajib Pajak orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas tetapi secara nyata tidak lagi menjalankan kegiatan usaha atau tidak lagi melakukan pekerjaan bebas;

b. Wajib Pajak orang pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas dan penghasilannya di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak;

c. Wajib Pajak orang pribadi yang bertempat tinggal atau berada di luar negeri lebih dari 183 hari dalam jangka waktu 12 bulan dan tidak bermaksud meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya;

d. Wajib Pajak yang mengajukan permohonan penghapusan dan belum diterbitkan keputusan; atau

e. Wajib Pajak yang tidak lagi memenuhi persyaratan subjektif dan/atau objektif tetapi belum dilakukan penghapusan NPWP.

Berhubung Saudari tidak memiliki penghasilan maka Saudari termasuk dalam salah satu kriteria Wajib Pajak yang dapat ditetapkan sebagai Wajib Pajak non efektif.

Wajib Pajak yang telah ditetapkan sebagai Wajib Pajak non efektif, tidak wajib menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) dan tidak akan dikenai sanksi administrasi berupa denda.

Apabila suatu saat Saudari mendapatkan pekerjaan dan melakukan pembayaran pajak atau pelaporan SPT maka NPWP Saudara secara otomatis akan aktif kembali.

Semoga membantu.

Salam,

Fitrah Purnama Megawati, S.Sos

Citas Konsultan Global


www.citasco.com
Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

 

 


Source: liputan6.com
Hari Raya Nyepi, Garuda Indonesia Stop 54 Penerbangan di Bali

Liputan6.com, Jakarta Garuda Indonesia hari ini tidak mengoperasikan penerbangan menuju atau keberangkatan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengungkapkan tal terbangnya pesawat dari bandara tersebut dikarenakan Bandara ‎I Gusti Ngurahrai ditutup selama 24 jam terkait perayaan Nyepi yang dilakukan warga Bali.

"Semua sudah direncanakan dari awal, kalau Nyepi itu hal yang biasa kok," kata Arif saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (9/3/2016).

 

Baca Juga

  • Hari Raya Nyepi, Bandara Ngurah Rai Ditutup 24 Jam
  • Meski Nyepi, Warga Bali Tetap Saksikan Gerhana Matahari
  • 5 Fakta Unik Nyepi di Bali

Source: liputan6.com
Mengenal Maria Sharapova, Atlet Wanita Terkaya Dunia
Petenis asal Rusia Maria Sharapova didapuk menjadi atlet dengan pendapatan terbesar di dunia. Selama sebelas tahun lamanya dara cantik ini berhasil menduduki peringkat nomor satu atlet wanita terkaya dunia.
Source: liputan6.com