Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Jumat, 18 Maret 2016
Ini yang Dilakukan Orang Sukses Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa pekerja full-time, pekerja sukarelawan, pemilik blog yang sukses, masih memiliki waktu untuk belanja, meniru resep makanan dari Instagram, membangun hubungan, mengajak peliharaannya jalan-jalan, dan bahkan berolahraga.

Mereka dengan prestasi yang super ini memiliki waktu yang sama dalam sehari dengan kebanyakan orang. Tetapi mereka selalu bisa melakukan hal yang lebih. Bagaimana caranya? 

Dilansir dari The Muse, Jumat (18/3/2016), seorang psikolog yang telah menjalani hidupnya selama 28 tahun dengan beberapa klien, Suzanne Gelb membagikan ulasannya:

Berkomitmen penuh

Apa yang Anda lakukan sekarang? Berkomitmenlah dengan sungguh-sungguh.

Ketika Anda melihat pelari halang rintang olimpiade yang melompati barikade dengan kecepatan tinggi, apakah dia terlihat terditraksi? Tidak. Dia 100 persen fokus pada apa yang dilakukannya. Dalam kesuksesan, komitmen memberikan kejayaan.

Jadi, apa yang Anda lakukan ketika pikiran Anda sedang tidak fokus? Josh Pais, pembuat Commited Impulse (pelatihan performa tinggi untuk para aktor), seorang public speakers, dan seorang pengusaha, menyarankan untuk mengatakan “Aku Kembali!” dengan lantang kapanpun pikiran Anda mulai menyimpang. Mungkin akan terlihat aneh untuk orang yang melihat Anda, tetapi hal tersebut berhasil.

Hindari pekerjaan multitasking

Email, Instagram, Facebook, video kucing lucu, dan diskon besar-besaran di website favorit Anda, mungkin hal-hal tersebut yang terbuka pada halaman browser Anda. Hal tersebut menyita perhatian Anda ketika Anda seharusnya menyelesaikan suatu pekerjaan. Hal ini normal dilakukan.

Akan tetapi pikiran manusia tidak diolah untuk melakukan multitasking. Kenyataannya, penelitian telah membuktikan bahwa melakukan multitasking justru membuat Anda tidak fokus dan sering membuat kesalahan, membuat satu pekerjaan menjadi tambah lama. Agar Anda tetap fokus, berusahalah untuk menutup segala distraksi, meskipun ketika Anda harus mengunci handphone Anda di laci.


Source: liputan6.com
Harga Minyak Jatuh, Kampus Ini Pangkas Pegawai

Liputan6.com, Jakarta - University of Alaska akan membenahi kampus dengan mengeluarkan lebih dari 8 persen dari staf mereka bahkan tenaga pengajarnya juga sudah berancang untuk keluar.

Distrik sekolah terbesar di daerah Anchorage ini, memotong 49 posisi pengajar dan memperluas ukuran kelas.

Sementara sekolah di pedesaan kecil seperti di Nightmute, yang memiliki 80 siswa dari 300 penduduk, sudah hampir mencapai titik kelumpuhan, lima dari enam guru berhenti pada akhir tahun ajaran.

Dilansir dari cnbc.com, Kamis (17/3/2016) sejumlah dosen, guru dan administrator menilai kondisi pun dapat bertambah buruk seiring anggaran defisit negara mencapai US$ 3,5 miliar atau sekitar Rp 45,45 triliun (asumsi kurs Rp 12.987 per dolar Amerika Serikat).

Baca Juga

  • Harga Minyak Sentuh Level US$ 40 per Barel
  • Harga Emas Turun Dipicu Kenaikan Harga Minyak dan Saham
  • Jurus Total Hadapi Harga Minyak Dunia Tertekan

Source: liputan6.com
5 Cara Lebih Produktif Usai Bangun Tidur
Apa yang Anda lakukan pertama kali saat bangun tidur? Ada yang langsung memeriksa telepon genggam. Ada juga yang berpikir atau berkeluh kesah tentang harinya.
Source: liputan6.com
Tutorial Pajak: Lapor SPT Pajak Lewat e-Filing

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang akhir Maret, para wajib pajak biasanya menyerbu Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di seluruh Indonesia guna melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak. Maklum, batas akhir pelaporan SPT Tahunan Penghasilan orang pribadi paling lambat 31 Maret 2016.

Bagi ingin Anda yang mengisi dan melaporkan SPT Pajak, sebenarnya Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor pajak. Sekarang sudah tersedia metode online yang dikenal dengan nama e-Filing. Metode e-filing ini mempunyai beberapa keunggulan, antara lain:

Mudah, karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.
Cepat, karena dapat diisi via online dan anda tidak perlu mengantre.
Aman, karena kita menggunakan email pribadi dan tidak dapat diakses orang lain.

Untuk melakukan pengisian SPT lewat e-Filing, Anda terlebih dahulu harus mempunyai e-Fin (electronic filing identity number) yang bisa didapatkan dengan datang ke kantor pelayanan pajak terdekat. Setelah itu melakukan aktivasi dengan registrasi melalui situs www.pajak.go.id.

E-Fin ini nantinya dapat dipakai untuk pelaporan SPT secara online seumur hidup, jadi Anda tidak perlu lagi datang ke kantor pajak setiap tahunnya.

Mau tau cara isi SPT pajak via e-filing? Yuk, simak tutorialnya berikut ini:


Source: liputan6.com
BI Rate Turun, Simak Saham Pilihan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga acuan/BI Rate jadi 6,75 persen diperkirakan mengangkat laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan saham Jumat pekan ini.

Kepala Riset PT Universal Broker Securities, Satrio Utomo menuturkan laju IHSG masih berpotensi menguat. Sentimen BI Rate menjadi pendorong utama laju IHSG. Akan tetapi, BI Rate itu akan berdampak terbatas untuk sejumlah saham.

"BI Rate turun berdampak negatif ke saham bank lantaran bank juga harus menurunkan suku bunga kreditnya," ujar Satrio saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (18/3/2016).

Lebih lanjut ia mengatakan, BI Rate turun dapat mengangkat saham otomotif dan properti. Dengan BI Rate turun diharapkan bank juga menurunkan suku bunga sehingga dapat mendorong konsumsi masyarakat untuk beli rumah dan mobil. Ditambah angsuran kredit juga susut.

Baca Juga

  • Investor Asing Buru Saham, IHSG Naik 24 Poin
  • IHSG Dibuka Menguat Dibayangi The Fed
  • Dua Sentimen Ini Bayangi Laju IHSG

Source: liputan6.com
Penurunan Bunga Acuan BI Dorong Penguatan IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan menguat pada perdagangan saham menuju akhir pekan ini. IHSG menguat didorong oleh penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). BI menurunkan suku bunga menjadi 6,75 persen pada Kamis, 17 Maret 2016 kemarin.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya mengatakan, IHSG sedang menuju pada tren penguatan. "‎Secara umum IHSG sedang membentuk pola uptrend jangka menengah. Hari ini IHSG berpotensi menguat," kata dia, Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Baca Juga

  • Investor Asing Buru Saham, IHSG Naik 24 Poin
  • IHSG Dibuka Menguat Dibayangi The Fed
  • Dua Sentimen Ini Bayangi Laju IHSG

Source: liputan6.com
Wall Street Positif Ditopang Harga Komoditas

Liputan6.com, Jakarta Wall Street bergerak lebih tinggi pada perdagangan Kamis waktu AS, mendorong Dow Jones industrial average ke wilayah positif untuk tahun ini. Kenaikan ini ditopang harga komoditas naik di belakang dolar AS yang lebih lemah dan meningkatkan saham di sektor energi dan material.

Langkah ini mendorong indeks Dow ke wilayah positif setelah The Fed menahan suku bunga acuan dan menyebabkan dolar yang lemah.

"Itu adalah reli dolar yang lemah," kata John Augustine, kepala investasi di Huntington National Bank dilansir dari Reuters, Jumat (18/3/2016).

"Ini mengambil kelompok yang sesuai dengan melemahnya dolar." imbuhnya.

Sektor berkinerja terbaik di S&P 500 yang material, industri dan energi.

The Fed pada Rabu menunjuk pada pertumbuhan ekonomi moderat dan kuatnya keuntungan pada bursa pekerjaan tetapi memperingatkan tentang risiko dari ekonomi global yang tidak menentu.

Bank sentral menunjuk kemungkinan dua kenaikan suku bunga lagi sebelum akhir tahun ini, setelah ditata empat kenaikan pada 2016 ketika menaikkan suku pada bulan Desember.

Dow Jones industrial average ditutup naik 155,73 poin, atau 0,9 persen, di 17.481.49. The S & P 500 naik 13,37 poin, atau 0,66 persen, ke 2.040.59 dan Nasdaq Composite .IXIC menambahkan 11,02 poin, atau 0,23 persen, ke 4.774.99.


Source: liputan6.com
Top 3: Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Setiap kota di dunia pasti memiliki penduduk dan gaya hidupnya tersendiri. Namun ternyata tidak semua kota di dunia identik dengan gedung tinggi dan orang-orang bergaya metropolitan.

Beberapa kota ini contohnya. Walaupun terletak di negara adidaya, biaya hidup yang harus dikeluarkan kota ini ternyata tidaklah besar. Kota apa sajakah itu?

Kota dengan biaya hidup palng murah jadi berita paling dibaca pada kanal Bisnis Liputan6.com, Jumat (18/3/2016). Selain itu ada dua artikel lain yang menjadi sorotan. Berikut daftarnya seperti dirangkum dalam Top 3:

1. 5 Kota dengan Biaya Hidup Paling Murah

Setiap kota di dunia pasti memiliki penduduk dan gaya hidupnya tersendiri. Namun ternyata tidak semua kota di dunia identik dengan gedung tinggi dan orang-orang bergaya metropolitan.

Beberapa kota ini contohnya. Walaupun terletak di negara adidaya, biaya hidup yang harus dikeluarkan kota ini ternyata tidaklah besar. Kota apa sajakah itu?

Kota mana saja, berikut daftarnya

 

2. RI Jadi Salah Satu Negara Incaran Investor Eropa dan AS

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Anton Supit menyatakan saat ini pangsa pasar di Asia menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Maka tidak heran jika banyak investor asal Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS) yang ingin membangun basis produksinya di kawasan Asia, termasuk di Indonesia.

"Negara-negara Eropa, AS, dan lain-lain tentu ingin memanfaatkan pasar Asia ini. Dia ingin mencari basis," ujarnya di Jakarta.

Saat ini, kata Anton, para investor asal Eropa dan AS tengah mencari negara di Asia yang paling kompetitif untuk membangun basis produksinya. Indonesia, bersama Vietnam dan Myanmar dinilai memiliki potensi yang besar dalam hal ini.

Berita selengkapnya, baca di sini

3. Investasi yang Cocok untuk Pensiunan

Orang tidak hanya butuh investasi untuk menjamin kehidupan masa pensiun yang sejahtera.
Saat sudah pensiun sekalipun, orang butuh memiliki investasi karena tidak ada yang dapat menebak kapan seseorang akan meninggal dunia.

Namun, jenis investasi bagi pensiunan tidak sekadar memberi imbal hasil yang menarik. Namun, memberikan syarat lain yakni bisa dikelola sendiri untuk menghilangkan kebosanan saat tidak lagi memiliki pekerjaan tetap. Kalau begitu, apa saja sih jenis investasi yang ideal.

Cek di sini untuk melihat daftar selengkapnya

 


Source: liputan6.com
Dolar Melemah, Harga Emas Lanjutkan Penguatan

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas berjangka kembali naik setelah kebijakan The Federal Reserve menahan suku bunga acuan.

Bank sentral AS mengisyaratkan dua kenaikan tahun ini dibanding emat, yang akan dilakukan pada Desember. Pembuat kebijakan terus melihat resiko pada perekonomian.

Pengumuman Fed datang 30 menit setelah emas berjangka diselesaikan pada hari Rabu.

 

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Melonjak Rp 14 Ribu per Gram
  • Suku Bunga AS Tetap Bikin Harga Emas Berkilau
  • Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 559 Ribu per Gram

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Turun Rp 2.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut akhir pekan, harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 2.000 menjadi Rp 571 ribu per gram pada Jumat (18/3/2016).

Sementara harga pembelian kembali (buyback) emas naik Rp 2.000 menjadi Rp 520 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 520 ribu per gram.

Adapun pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kilogram (kg) akan dilakukan maksimal dua hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi.

Antam menjual emas dengan ukuram mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.15 WIB, seluruh ukuran emas Antam masih tersedia.

Mengingat tingginya animo masyarakat, transaksi pembelian emas batangan yang datang langsung ke Antam dibatasi hingga maksimal 150 nomor antrean per hari.

Untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram tercatat Rp 5.820.000 per batang atau Rp 582.000 per gram. Sedangkan untuk ukuran 20 gram tercatat Rp 11.245.000 per batang atau Rp 562.250 per gram.

Selain itu, Antam juga mengeluarkan emas batangan edisi Natal dengan ukuran 2 gram dan 5 gram. Untuk ukuran 2 gram Antam menjualnya di harga Rp 1.127.000 sedangkan untuk 5 gram dijual di harga Rp 2.735.000.

Berikut daftar harga emas yang dijual Antam:

* Pecahan 1 gram Rp 571.000
* Pecahan 5 gram Rp 2.710.000
* Pecahan 10 gram Rp 5.370.000
* Pecahan 25 gram Rp 13.350.000
* Pecahan 50 gram Rp 26.650.000
* Pecahan 100 gram Rp 53.250.000
* Pecahan 250 gram Rp 133.000.000
* Pecahan 500 gram Rp 265.800.000.

(Ndw/Zul)


Source: liputan6.com
Harga Minyak Angkat Bursa Asia ke Zona Positif

Liputan6.com, Jakarta Bursa saham Asia di luar Jepang naik ke level tertingi pada tahun ini menyusul harga minyak yang naik ke level US$ 40 per barel, dan pasca The Fed menahan suku bunga acuan.

MSCI Asia Pasifik kecuali Jepang Indeks kembali tempatnya sebelum gelombang volatilitas global mengirim ukuran saham ke level terendah sejak 2011 pada akhir Januari. Minyak mentah AS berada di atas US$ 40 per barel, dekat titik tertinggi tahun ini, dan tembaga berjangka stabil menyusul lonjakan 2,6 persen.

Indeks Topix Jepang jatuh untuk hari keempat, dipimpin rendahnya ekspor karena yen menuju minggu terbaik dalam sebulan. The Bloomberg Dollar Spot Index menuju level terendah delapan bulan karena mata uang emerging-market memperpanjang keuntungan.

 

Baca Juga

  • Bursa Saham Asia Menghijau Sambut Putusan The Fed
  • Indeks Saham Jepang Tekan Bursa Asia
  • Mengekor Wall Street, Bursa Asia Bergerak Variatif

Source: liputan6.com
Jumlah PNS Dikurangi Mulai 2017

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) merencanakan akan melakukan rasionalisasi atau pengurangan jumlah pegawai negeri sipil (PNS) mulai 2017.

Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi mengaku tengah menyusun mekanisme pengurangan PNS yang saat ini mencapai 4,5 juta orang.

‎Untuk memperlancar hal itu, Yuddy meminta kepada seluruh pemerintah daerah di Indonesia untuk memahami rencana rasionalisasi pegawai secara rasional, bukan justru ditanggapi secara emosional.

 

Baca Juga

  • Alasan di Balik Rencana Pengurangan Jumlah PNS
  • Pemangkasan Jumlah PNS Bisa Kurangi Belanja Negara
  • Pengurangan Jumlah PNS Incar Pegawai Tak Kompeten

Source: liputan6.com
Blue Bird Siap Bersaing dengan GrabCar dan Uber Taxi

Liputan6.com, Jakarta PT Blue Bird Tbk selaku penyedia jasa transportasi mengaku siap bersaing dengan ‎pelaku industri transportasi lainnya seperti Uber Taxi dan GrabCar, atau penyedia jasa transportasi lainnya yang mengandalkan sistem aplikasi.

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Purnomo Prawiro mengungkapkan Blue Bird terbukti selalu mampu menghadapi dinamika persaingan bisnis dengan menerapkan berbagai inovasi. Soal transportasi berbasis ap;ikasi, diakui Purnomo Bllue Bird telah menerapkannya sejak 2011 di sistem Blackberry, menyusul di sejumlah platform lain hingga sekarang.

"Dengan perkembangan dan kompetisi industri yang terjadi dewasa ini, Blue Bird siap berkompetisi dan pengalaman kami bertahun-tahun membuktikan bahwa perusahaan justru tumbuh signifikan ketika ada kompetitor baru," kata dia dalam keterangannya, Jumat (18/3/2016).

 

Baca Juga

  • Rudiantara: Mau Operasi di RI, Uber Harus Buat Badan Usaha
  • Soal GrabCar dan Uber, Ini Maunya Jokowi
  • Polemik GrabCar dan Uber, Menkominfo: Teknologi Itu Netral

Source: liputan6.com
Ini Cara Bandara Soetta Kalahkan Changi Singapura

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II melakukan banyak pembenahan di bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Bandara ini dinilai bakal tak kalah hebat dengan Bandara Changi Singapura.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi mengatakan, Angkasa Pura II melakukan beberapa langkah pembenahan di Bandara Soetta. Salah satunya adalah penyelesaian Terminal 3 Ultimate. Terminal 3 Ultimate ini direncanakan akan beroperasi pada Mei 2016.

"Kita akan membangun terminal 3 ultimate dengan kapasitas 25 juta," kata Budi kala berbincang dengan Liputan6.com, SCTV dan Indonesia, ditulis Jumat (18/3/2016).

 

Baca Juga

  • Bos AP II Ingin Bandara Soetta Jadi Smile Airport
  • Angkasa Pura II Kembangkan Bandara Silangit di Tapanuli Utara
  • Menteri Rini Ingin Terminal 3 Soetta Dapat Bintang 5 Skytrax

Source: liputan6.com
Perusahaan Ini Gelontorkan US$ 20 Juta untuk Cegah Karhutla

Liputan6.com, Jakarta - Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas memperkuat upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun ini. Salah satunya dengan menganggarkan dana senilai US$ 20 juta untuk berbagai program pencegahan karlahut.

"Tahun ini kami menginvestasikan dana sebesar US$ 20 juta untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran," ujar Direktur Sinar Mas Forestry Elim Sritaba dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Dia menjelaskan, ada berbagai program yang diluncurkan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya karlahut ini. Di antaranya program peningkatan ekonomi daerah melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA), peningkatan skill regu pemadam kebakaran, modernisasi peralatan pemadaman, serta mengembangkan sistem pemadaman terintegrasi.

 

Baca Juga

  • Begini Cara Industri Antisipasi Kebakaran Hutan Kembali Terulang
  • Hutan Terbakar 1.264 Hektare, Puntung Rokok Penyulut Terbesar
  • Pemerintah Yakin Penanganan Kebakaran Hutan di 2016 Lebih Baik

Source: liputan6.com
Tak Ada Lagi Drop Box SPT, Masyarakat Bisa Lapor Pajak di POC

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen) Kementerian Keuangan mulai tahun ini meniadakan layanan drop box untuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Tahunan Orang Pribadi. Keberadaannya sudah digantikan oleh layanan baru Point of Collection (POC) yang dapat dijumpai di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) maupun pusat perbelanjaan.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP, Mekar Satria Utama mengungkapkan, fungsi drop box dan POC tidak berbeda jauh. Sama-sama menjadi wadah atau tempat bagi masyarakat yang ingin melapor pajak baik secara elektronik maupun konvensional.

Katanya, sedikit perbedaan hanya terdapat di mekanisme penyampaian SPT. DJP, sambung Mekar, lebih banyak membantu pelaporan pajak menggunakan SPT elektronik atau e-Filing. Sementara drop box fokus melayani penyerahan SPT secara konvensional tanpa proses pengecekan.
"Jadi bukan lagi yang mekanismenya datang, masukkan

 

Baca Juga

  • Tutorial Pajak: Lapor SPT Pajak Lewat e-Filing
  • Konsultasi Pajak: Haruskah Membuat NPWP Sesuai Tempat Tinggal?
  • Konsultasi Pajak: Wajibkah Punya NPWP Jika Mau Bikin Usaha?

Source: liputan6.com
Jamkrindo Beri Penjaminan untuk KTA Bank Mandiri

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk menjalin kerja sama dengan Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo)  untuk meningkatkan kualitas kredit khususnya untuk kredit tanpa agunan (KTA). Dalam kerja sama ini, Jamkrindo akan memberikan jaminan kepada KTA yang diterbitkan oleh Bank Mandiri.

Penandatanganan perjanjian kerja sama penjaminan tersebut diwakili oleh Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi dan Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo Bakti Prasetyo di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Hery Gunardi menjelaskan, kerja sama dengan Jamkrindo ini sejalan dengan strategi perseroan untuk dapat mendorong pertumbuhan bisnis retail secara berkualitas dan sehat. Khusus diKTA, Bank Mandiri berharap dapat membukukan pertumbuhan bisnis sebesar 22 persen pada tahun ini.

Baca Juga

  • Kisah Nasabah Kaya Sekejap Gara-gara Kesalahan Bank
  • Jamkrindo Jamin KUR Rp 8 Triliun Hingga Februari
  • Insiden Saldo Rp 100 Triliun, Bank Mandiri Perketat Sistem IT

Source: liputan6.com
Berapa Gaji 340 Ribu Petugas Sensus Ekonomi 2016?

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menggelontorkan anggaran Rp 2,4 triliun untuk melaksanakan Sensus Ekonomi (SE) 2016. Mayoritas dari dana tersebut dialokasikan untuk membayar upah 340 ribu petugas lapangan maksimal Rp 3 juta per bulan.

Kepala BPS, Suryamin mengatakan, pihaknya merekrut sekitar 340 ribu petugas. Petugas BPS tersebut merupakan hasil seleksi terbuka dari ribuan pendaftar.

BPS mencatat, jumlah pendaftar petugas SE 2016 menembus 10 kali lipatnya. Sementara jumlah pegawai BPS di seluruh Indonesia hanya sebanyak lebih dari 16 ribu pegawai.

 

Baca Juga

  • BPS Bakal Rekrut 300 Ribu Pekerja untuk Sensus Ekonomi
  • BPS Sensus PKL Hingga Pengusaha Kantoran Tahun Depan
  • BPS Minta Pengusaha Jangan Beri Data Bodong dalam Sensus Ekonomi

Source: liputan6.com
BI Rate Turun, Bank Mandiri Bakal Sesuaikan Bunga Deposito

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk bakal menyesuaikan tingkat bunga deposito seiring dengan penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) yang saat ini menjadi 6,75 persen. 

‎Direktur Konsumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi mengungkapkan, bunga deposito maksimal yang diberikan Bank Mandiri saat ini mencapai 7,75 persen. Hal ini berlaku untuk kategori simpanan yang di atas Rp 2 miliar  atau sering disebut dengan special rate.

"Dengan adanya penurunan BI Rate nanti kita akan adjust ke 7,5 persen, karena untuk special rate bisa di atas BI Rate 75 basis poin," kata Hery di Plaza Mandiri, Jumat (18/3/2016).

Hery menambahkan rencana penurunan ini masih dalam perhitungan dan diperkirakan akan mulai diterapkan antara dua hingga tiga bulan ke depan. Penyesuaian ini dilakukan sesuai tenor masing-masing deposito.

Namun,Hery mengaku bahwa penurunan BI Rate belum langsung diikuti dengan penurunan bunga kredit. Hery mengaku untuk menurunkan bunga kredit tidak semudah itu, banyak komponen yang mempengaruhi tingkat bunga kredit.

Baca Juga

  • Menggapai Mimpi Penurunan Suku Bunga Kredit
  • BI Rate Turun, Menkeu Harap Bunga Kredit Bank Susut
  • BI Rate Kembali Turun Jadi 6,75%

Source: liputan6.com
Harga Bawang, Cabai dan Tomat Kompak Naik

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan membuat para pedagang kebingungan karena hasil panen yang kurang bagus membuat harga sayur naik-turun. Harga bawang, cabai dan tomat mengalami kenaikan dalam seminggu ini.

Pedagang di pasar Anyar Bogor, Ato (35) mengaku bahwa kenaikan harga di luar kendalinya. Meskipun begitu kenaikan harga tidak mempengaruhi daya penjualan sayurnya.

"Yang komplain banyak. Tapi kalau memang dari sana naik, ya saya ikut naik," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (18/3/2016).

Hal yang sama juga diungkapkan Herlan (32). Harga cabai yang kerap naik-turun membuat banyak pembeli komplain. Meskipun harga cabai, bawang dan tomat naik, harga sayuran lain tetap stabil sehingga tidak mempengaruhi pendapatannya.

Baca Juga

  • Harga Sayur di Pasar Tradisional Masih Terpantau Tinggi
  • Harga Cabai dan Bawang Naik Tajam dalam Sepekan
  • Pasokan Minim, Harga Cabai Rawit Merah Dijual Rp 70 Ribu/Kg

Source: liputan6.com
BPS: RI Impor Senjata dari Brasil, Bukan Israel

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) membantah Indonesia selama ini telah mengimpor senjata dari Israel. Lembaga ini menegaskan negara pemasok senjata ke Indonesia adalah Brasil yang tengah mengobral peralatan alutsista dengan harga murah.

Pernyataan ini sekaligus menjawab kabar yang beredar bahwa BPS tidak mencatat transaksi impor senjata dari Israel yang masuk ke Indonesia. Itu karena Indonesia selama ini tidak mempunyai hubungan bilateral dengan Israel. Namun kedua negara rajin melakukan kegiatan ekspor impor setiap bulan.  

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo mengungkapkan, pihaknya dan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan pasti mencatat arus impor barang yang turun di pelabuhan wilayah Indonesia.

"Impor senjata kita bukan dari Israel, tapi Brasil. Lagipula tidak mungkin kita tidak catat. Impor US$ 2 dolar saja kita catat. Apalagi barang impor kan turun di pelabuhan, pasti tercatat di Bea Cukai," kata dia di Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Kata Sasmito, pasokan senjata di Indonesia banyak berasal dari Brasil. Negeri Samba ini sedang menawarkan harga murah untuk produk senjatanya. Indonesia merupakan salah satu negara yang doyan membeli alat alutsista itu.

Baca Juga

  • Menlu Retno: Tidak Ada Pertemuan Rahasia dengan Israel
  • BPS: Boikot Produk Israel Tak Ganggu Ekspor-Impor RI
  • Di Balik Seruan Jokowi Boikot Produk Israel

Source: liputan6.com
Pemerintah Beri Sinyal Penurunan Harga BBM pada April Nanti

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan sinyal penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar subsidi akan dolakukan pada 1 April 2016.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, jika melihat parameter pembentukan harga Premium dan Solar dalam tiga bulan terakhir, ada kemungkinan harga BBM tersebut akan turun. Parameter tersebut antara lain harga minyak dunia yang terus berada di kisaran US$ 30 per barel dan nilai tukar rupiah yang stabil di kisaran US$ 13.000 per dolar AS.

"Kalau kami melihat dari seluruh aspek yang ada maka akan mengalami penurunan‎," kata Sudirman, di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Terkait dengan besaran penurunan harga Premium dan Solar, Sudirman melanjutkan, saat ini Kementerian ESDM sedang melakukan pembahasan. Kementerian sedang menghitung besaran harga sesuai dengan parameter yang ada. "Penurunannya berapa, sedang kami bahas,"tegas Sudirman.

Baca Juga

  • Berapa Penurunan Harga BBM pada April Nanti?
  • Harga Minyak Terus Anjlok, Harga BBM Diminta Ikut Turun
  • Pertamina Disarankan Bangun Kilang Ketimbang Turunkan Harga BBM

Source: liputan6.com
Di Hadapan Putri Belgia, Deddy Mizwar Promosi Investasi Jabar

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Astrid asal Belgia menggelar kunjungan peresmian pabrik papan fiber semen PT Eternit Gresik di Karawang Jawa Barat. Kunju‎ngan ini ditujukan sebagai Misi Ekonomi Belgia ke Indonesia.

Pada kesempatan ini, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar ‎mengajak para investor untuk membenamkan modalnya di Jawa Barat. Pasalnya, provinsi ini menjadi primadona investor.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi investasi di Jawa Barat tahun 2015 mencapai Rp 98 triliun atau tertinggi di Indonesia.

"‎BKPM mencatat Provinsi Jawa Barat masih jadi tujuan investasi fav‎orit," kata dia di Karawang, Jawa Barat, Jumat (18/3/2016).

Dia mengatakan, investasi diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Barat. Realisasi investasi mampu menyerap tenaga kerja sebesar 301 ribu atau sekitar 21 persen. ‎"Kami undang calon investor untuk tanam modalnya di Jawa Barat," jelas dia.

Baca Juga

  • Bertandang ke Indonesia, Putri Belgia Boyong 300 Pengusaha
  • Sektor Pariwisata RI Jadi Incaran Investor Belgia
  • Jawa Barat Jadi Incaran Investor Belgia

Source: liputan6.com
RI Bebaskan Visa ke-169 Negara, Simak Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta - Upaya meningkatkan hubungan Indonesia dengan negara-negara lainnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan 169 negara bebas visa untuk mengunjungi Indonesia. Hal ini juga demi menggaet jumlah wisatawan mancanegara (wisman).

Pembebasan visa itu diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 21 Tahun 2016 tentang Bebas Visa Kunjungan, tertanggal 2 Maret 2016.

Melansir laman resmi Setkab.go.id, Jumat (18/3/2016),‎ dalam perpres menyebutkan bebas visa kunjungan hanya berlaku selama 30 hari dan tidak dapat dialihstatuskan menjadi izin tinggal. ‎

Bebas visa ini berlaku untuk turis yang termasuk dalam 169 negara. Namun, bebas visa ini tidak berlaku bagi mereka yang berprofesi sebagai wartawan.

Kemudian, diatur juga bahwa dalam hal yang berkaitan dengan keamanan negara dan kesehatan masyarakat maka Menteri Hukum dan HAM dapat menghentikan sementara bebas visa kunjungan untuk negara, pemerintah wilayah administratif tertentu atau entitas tertentu.

Baca Juga

  • Kemlu: RI Tak Mungkin Bebaskan Visa bagi Turis Australia
  • RI Bebaskan Lagi Visa 20 Negara Hingga Akhir 2015
  • 170 Negara Bakal Bebas Visa di 2016

Source: liputan6.com
BI Rate Turun Diprediksi Dorong Konsumsi dan Investasi

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mengapresiasi langkah Bank Indonesia (BI) yang menurunkan kembali suku bunga acuan (BI Rate) menjadi 6,75 persen. Kebijakan tersebut diyakini bakal mendongkrak konsumsi dan investasi sehingga pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo mengungkapkan, penurunan BI Rate sebesar 25 basis poin dari 7 persen menjadi 6,75 persen sangat menolong perekonomian Indonesia. Roda perekonomian mampu bergerak lebih cepat di saat banyak pihak memprediksi pesimis pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dengan strategi ini, dana-dana yang berada di perbankan keluar untuk kepentingan investasi dan konsumsi. Demand meningkat, dan mendorong produksi lebih tinggi," ujar Sasmito di kantornya, Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Lebih jauh dia menjelaskan, dampak penurunan BI Rate akan dirasakan dunia usaha untuk bergeliat ekspansi maupun menanamkan investasi baru di dalam maupun luar negeri. Masyarakat, akan meningkatkan konsumsi karena harga barang bisa lebih murah. Sebagai contoh, untuk beli motor, dan lainnya.

Baca Juga

  • Menggapai Mimpi Penurunan Suku Bunga Kredit
  • BI Rate Turun, Menkeu Harap Bunga Kredit Bank Susut
  • BI Rate Kembali Turun Jadi 6,75%

Source: liputan6.com
Tanggapan Wagub Jabar Deddy Mizwar soal Proyek Kereta Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Deddy Mizwar ‎mengaku belum mendapat informasi mengenai keinginan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terlibat dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Pihaknya mengaku baru mendengar informasi tersebut.

"Belum dengar saya, tanya Pak Gubernur," ujar dia kepada Liputan6.com, di Karawang Jawa Barat, Jumat (18/3/2016).

Namun begitu, dia mengatakan pihaknya tak mempermasalahkan jika pemerintah Jawa Barat untuk masuk ke proyek itu.

"Saya kira ‎kalau ingin boleh-boleh saja. Bisa-bisa saja tapi berapa persen relatif tergantung kemampuan," tambahnya.

Baca Juga

  • Biaya Bangun Kereta Cepat Kini Lebih Murah US$ 400 Juta
  • Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 30 Mei 2019
  • Perjanjian Konsesi Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Disepakati

Source: liputan6.com
Kepala Staf Presiden Ajak Masyarakat Lapor Pajak dengan e-Filing

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Presiden Teten Masduki mengajak masyarakat untuk mengisi laporan pajak pribadi dengan e-Filing. Pengisian secara online itu juga memperkuat anti korupsi.

"Melaporkan pajak merupakan bagian dari kewajiban kita sebagai wajib pajak dan warga negara. Mengoptimalkan pendapatan pajak seluruhnya untuk pembangunan negara yang menyejahterahkan rakyat. E-Filing adalah bagian dari upaya mempermudah para wajib pajak melaporkan pajaknya," kata Teten, di kantornya, Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Teten menjelaskan dirinya baru saja mengisi laporan pajak pribadi dengan e-Filing. Ia juga memperlihatkan tanda terima yang dikirim padanya via email.

Baca Juga

  • Pengampunan Pajak Incar 120 Juta Wajib Pajak Baru
  • Jokowi Ingin Tiap Tahun Ada Rekor Penerimaan Pajak
  • Strategi Dirjen Pajak Baru Dongkrak Setoran Pajak

Source: liputan6.com
Pria Ini Raup Rp 17 Triliun Hanya dalam Semalam

Liputan6.com, Jakarta - CEO Oracle Larry Ellison kekayaannya meningkat US$ 1,3 miliar atau setara dengan Rp 17 triliun lebih (Kurs: Rp 13.100/dolar AS) hanya dalam satu malam.

Kekayaan tersebut didapat Larry setelah laporan keuangan kuartal tiga perusahaan membuat harga saham Oracle naik hingga 3 persen. Tentu saja hal itu membuat Larry kebanjiran untung.

Larry diketahui memiliki 1,2 miliar saham di Oracle atau sekitar 27 persen dari total seluruh saham Oracle. Dengan kenaikan keuntungan tersebut, Larry menyalip Mark Zuckerberg menjadi orang terkaya keenam di dunia.

Baik Zukcerberg atau Larry memiliki kekayaan berupa saham di perusahaan. Berarti, saat pasar berfluktuasi, kekayaan mereka juga bisa berubah kapan saja.

Dilansir dari Breitbart, Jumat (18/3/2016), Zuckerberg pada penutupan perdagangan Selasa lalu meraup US$ 100 juta, dan kekayaan senilai US$ 48,3 miliar. Sementara Elison kekayaannya naik menjadi US$ 49,4 miliar dan menggeser posisi dari Zuckerberg.

Oracle, yang merupakan perusahaan perangkat lunak kedua terbesar di dunia setelah Microsoft, fokus pada teknologi database dan cloud solusi sistem penyimpanan atau bisnis. Meski pendapatan turun 3 persen pada kuartal ketiga, penjualan mereka naik 40 persen, yang kemungkinan besar faktor dari timbulnya respons positif di pasar tersebut.

Larry Elison dan Mark Zuckerberg juga masuk dalam anggota Giving Pledge, perkumpulan para orang terkaya dunia yang secara sukarela menyumbangkan hartanya untuk yayasan yang bergerak di bidang sosial, kesehatan, pendidikan di dunia ini.(Zul/Nrm)


Source: liputan6.com
Mau Lapor SPT? Ini Lokasi dan Jam Operasional Pojok Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memfasilitasi masyarakat yang akan melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Tahunan Orang Pribadi, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menyediakan layanan Pojok Pajak atau Point of Collection (POC). Fungsi dari Pojok Pajak ini tak berbeda jauh dengan Drop Box.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak Mekar Satria Utama mengungkapkan, Pojok Pajak memang baru dikenalkan pada tahun ini. Fungsi dari Pojok Pajak ini menggantikan drop box. Pojok Pajak menjadi wadah atau tempat bagi masyarakat yang ingin melapor pajak baik secara elektronik maupun konvensional.

Perbedaan antara Pojok Pajak dengan Drop Box adalah di Pojok Pajak lebih membantu pelaporan pajak menggunakan SPT elektronik atau e-Filing. Sementara drop box fokus melayani penyerahan SPT secara konvensional dan tanpa proses pengecekan.

"Di POC, kita melayani e-Filing tapi juga menerima pelaporan SPT konvensional dengan proses pengecekan dari petugas. Jadi antrean mungkin bisa lebih panjang daripada dropbox," jelas Mekar di Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Baca Juga

  • Kepala Staf Presiden Ajak Masyarakat Lapor Pajak dengan e-Filing
  • Tak Ada Lagi Drop Box SPT, Masyarakat Bisa Lapor Pajak di POC
  • Jangan Lupa Lapor SPT Pajak, Batas Akhir 31 Maret

Source: liputan6.com
Waspadai 7 Tanda Gagal Atur Uang

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang bisa saja membuat perencanaan keuangan, tetapi tidak semua orang sukses mengatur uang mereka. Dari pandangan masyarakat, orang yang sudah bisa mengatur keuangan dengan baik dianggap sudah dewasa.

Padahal, orang dewasa sendiri terkadang juga masih sulit mengatur keuangan. Banyak di antara mereka yang gagal mengatur keuangan dengan baik. Meskipun mudah dalam mengucapkan dan membuat perencanaan, tetapi sulit dilakukan.

Membuat perencanaan untuk mengatur keuangan tidak salah. Hal itu bisa menunjukkan  Anda merupakan seseorang yang mempunyai persiapan dalam merencanakan masa depan agar lebih baik.

Namun, Anda juga harus memegang komitmen yang kuat untuk mewujudkan perencanaan tersebut. Meskipun kegagalan terkadang lebih cepat terjadi, apalagi kegagalan dalam mengatur keuangan.

Anda perlu mengurangi kesalahan perencanaan keuangan dengan mewaspadai tujuh tanda gagal atur uang berikut ini seperti dikutip dari www.cermati.com seperti ditulis Jumat (18/3/2016):

1. Memutuskan menikah pada saat keuangan belum stabil

Menikah memang dianjurkan dan harus dilakukan, tetapi memutuskan menuju ke jenjang lebih jauh ini juga memerlukan keputusan yang tepat.

Bukan hanya memikirkan kondisi kesiapan saja, tetapi kondisi keuangan. Ketika masih dalam masa lajang, meskipun Anda sudah mempunyai tabungan cukup untuk modal menikah, tetapi apakah pekerjaan Anda sudah bisa membawa keadaan perekonomian yang baik.

Memiliki pekerjaan yang mapan merupakan hal utama mendapatkan gaji untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ketika sudah berumah tangga tentu kebutuhan akan lebih besar, termasuk kebutuhan ketika mempunyai anak, seperti makanan, kesehatan, dan kebutuhan bulanan lainnya. Karena itu, pekerjaan dengan gaji stabil akan membuat perekonomian keluarga juga baik.

2. Bergantung Kepada Orang Lain

Sifat seperti ini perlu Anda hindari untuk membuat keuangan Anda terencana lebih baik. Meskipun Anda memiliki keluarga atau teman yang bisa membantu, tetapi itu bukan cara untuk hidup.

Mereka mempunyai kebutuhan sendiri dan tidak setiap waktu mempunyai keuangan yang baik juga. Sikap bergantung kepada orang lain bisa membuat perencanaan keuangan Anda kacau, pasti ada anggapan ada orang yang bisa membantu di saat keuangan buruk, sehingga tidak ada semangat untuk mengatur anggaran.


Source: liputan6.com
Blue Bird: Kami Moda Transportasi Berbasis Aplikasi Pertama di RI

Liputan6.com, Jakarta - Blue Bird Group mengklaim menjadi moda transportasi yang memiliki fasilitas pemesanan berbasis aplikasi pertama di Indonesia. Blue Bird memiliki aplikasi online yang sudah dikeluarkannya sejak 2011.

Direktur Blue Bird Group Sigit‎ Priawan Djokosoetono‎ menjelaskan, Blue Bird telah menawarkan layanan melalui aplikasi jauh sebelum adanya beberapa moda transportasi berbasis aplikasi yang lain. Aplikasi yang dimiliki oleh Blue Bird bisa diunduh di BlackBerry ataupun Android.

"Kami ini sebenarnya yang punya aplikasi pertama di Indonesia, bisa di BlackBerry dan kemudian di Android, antisipasi ya kita sebenarnya sudah ada," kata Sigit di Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Baca Juga

  • Uber Terancam Diblokir, Saham Express Melonjak
  • Blue Bird Kantongi Pinjaman Rp 1,6 Triliun
  • Layanan Ojek Online Dilarang, Saham Operator Taksi Melesat

Source: liputan6.com
Emiten Harap Gerak Rupiah Stabil pada 2016

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen perusahaan mengharapkan pergerakan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) stabil. Hal itu agar dapat memudahkan perhitungan untuk usaha.

Nilai tukar rupiah cenderung menguat di kuartal I 2016. Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), Kamis 17 Maret 2016, nilai tukar rupiah menguat 5,26 persen dari level 13.898 per dolar AS pada 4 Januari 2016 menjadi 13.166 per dolar AS pada Kamis 17 Maret 2016.

Nilai tukar rupiah pun bergerak di kisaran 13.006-13.136 per dolar Amerika Serikat (AS) menjelang akhir pekan ini. Berdasarkan data Bloomberg, penguatan rupiah sekitar 4,85 persen secara year to date (Ytd).

Analis PT First Asia Capital David Sutyanto menuturkan penguatan rupiah masih wajar sepanjang 2016. Penguatan rupiah tersebut, David menilai didorong dari aliran dana investor asing masuk ke Indonesia.

Baca Juga

  • Pengusaha Lebih Untung Jika Rupiah Stabil
  • Menperin dan Gubernur BI Koordinasi Penggunaan Rupiah di Industri
  • Rupiah Stabil, IHSG Berpeluang Menguat

Source: liputan6.com
Pencabutan Subsidi Solar Sedang Dikaji

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya (ESDM) masih mengkaji penghapusan subsidi pada solar. Rencana tersebut muncul ‎untuk menghemat Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) ketika harga minyak sedang murah.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, instansinya akan meninjau seluruh aspek, untuk menjadi bahan pertimbangan sebelum penghapusan subsidi solar diberlakukan.

"Pandangan itu dengan melihat seluruh aspek, kondisi ekonomi masyarakat, dan lain-lain," kata Sudirman, di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Sudirman mengungkapkan, rencana penghapusan subsidi solar berasal dari berbagai pihak. Mengingat harga minyak dunia tertekan. "Mengenai solar kita mendengar banyak masukan, kita apresiasi," tutur Sudirman.

Baca Juga

  • Harga Minyak Anjlok Jadi Momentum Pencabutan Subsidi Solar
  • Mau Cabut Subsidi Solar, ‎ESDM Belum Lapor Kemenkeu
  • DPR Sebut Sudah Tak Ada Subsidi pada Harga Solar

Source: liputan6.com
DEN Siapkan Skenario Pengembangan Energi Nuklir

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Energi Nasional (DEN) sedang menyiapkan pengembangan pembangkit listrik yang menggunakan energi nuklir. Langkah yang dilakukan oleh DEN ini untuk mengantisipasi kekurangan pasokan energi untuk pembangkit listrik pada 2025 nanti. Namun memang, energi nuklir menjadi pilihan terakhir jika energi lain sudah tidak bisa diandalkan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang juga Ketua Harian DEN Sudirman Said mengatakan, dalam Kebijakan Energi Nasional (KEN), ada beberapa sumber energi yang akan dikembangkan. Contohnya panas bumi, matahari, angin, dan nuklir. Di antara sumber energi tersebut, nuklir memang menjadi pilihan terakhir. 

Artinya, jika dalam bauran energi masih kekurangan maka akan diisi oleh energi nuklir. "Mengenai nuklir, ini masih dalam payung KEN, di mana KEN mengatakan nuklir merupakan opsi terakhir. Terjemahannya, dalam Rencana Umum Energi nasional (RUEN) bagaimana energi sampai 2025 itu energi mix sudah cukup atau masih memerlukan tambahan nuklir," kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Baca Juga

  • Ini Masalah Pembangkit Nuklir di Luar Negeri
  • Teknologi Diperketat supaya RI Tak Bisa Bikin Senjata Nuklir
  • China Punya Pembangkit Nuklir Terbesar Dunia, Indonesia Kapan?

Source: liputan6.com
Saingi Uber dan Grab, Blue Bird Bakal Rombak Layanan

Liputan6.com, Jakarta - Blue Bird Group bakal merombak sistem pemesanan melalui aplikasi agar bisa bersaing dengan moda transportasi lain yang menggunakan basis aplikasi yang memang marak belakangan ini seperti Uber Taxi dan Grab Car. Langkah perombakan tersebut diperkirakan bisa segera diluncurkan dalam waktu dekat ini.

Direktur Blue Bird Group, Sigit‎ Priawan Djokosoetono mengaku, perbaikan aplikasi ini sebagai merupakan konsekuensi yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk menghadapi kemajuan teknologi dan meningkatkan kemudahan bagi para pelanggan. ‎"Kami akui, seiring perkembangan zaman, aplikasi kami perlu ada perbaikan, paling tidak lebih mudah, sama seperti yang ada saat ini,‎" kata Sigit di Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Selain merombak aplikasinya yang bernama `My Blue Bird`, dirinya juga bakal meningkatkan pelayanan dengan cara penambahan mobil jenis MPV, seperti Honda Mobilio yang saat ini digunakan.

Baca Juga

  • Blue Bird Siap Bersaing dengan GrabCar dan Uber Taxi
  • Uber Terancam Diblokir, Saham Express Melonjak
  • Blue Bird Kantongi Pinjaman Rp 1,6 Triliun

Source: liputan6.com
Aksi Beli Asing Capai Rp 800 Miliar, IHSG Stabil di 4.885

Liputan6.com, Jakarta - Minim sentimen di bursa saham membuat laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung bergerak stabil.

Pada penutupan perdagangan saham, Jumat (18/3/2016), IHSG mampu berbalik arah ke zona hijau. IHSG ditutup di level 4.885,70. Indeks saham LQ45 melemah 0,18 persen ke level 852,10. Sebagian besar indeks saham acuan menguat menjelang akhir pekan ini.

Ada sebanyak 162 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Sementara itu, 138 saham melemah. Sedangkan 92 saham lainnya diam di tempat.

IHSG sempat berada di level tertinggi 4.908,26 dan terendah 4.858,58. Transaksi perdagangan saham cukup ramai pada hari ini. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 308.751 kali dengan volume perdagangan saham 5,8 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 7,8 triliun.

Baca Juga

  • IHSG Menguat Mengikuti Bursa Asia dan Global
  • Penurunan Bunga Acuan BI Dorong Penguatan IHSG
  • Investor Asing Buru Saham, IHSG Naik 24 Poin

Source: liputan6.com
Ada Beda Harga di Rak dan Kasir, Aprindo Minta Ini ke Peretail

Liputan6.com, Jakarta Kasus perbedaan harga antara di rak dan kasir yang terjadi di retail modern Indomaret sempat menghebohkan beberapa media Tanah Air.

Laporan dari konsumen yang menjadi korban pun ramai menghiasi sosial media, sehingga Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) angkat bicara atas insiden tersebut.

Ketua Umum APRINDO, Roy N Mande, mengaku pihaknya sudah mendengar laporan tersebut. Ia menegaskan, perbedaan harga di rak dan kasir Indomaret murni kesalahan manusia (human error) dalam proses pemasukan harga.

"Kami sudah dengar itu, tapi ini karena faktor human error. Yang input data kan manusia, pakai sistem komputerisasi semua. Harga yang seharusnya 0 menjadi 1, ini cukup signifikan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Roy menampik jika pelaku usaha retail sengaja melakukan pembedaan harga demi mencari keuntungan. Pengusaha retail, katanya, tidak akan mencari untung lewat cara kotor seperti itu. Keuntungan dapat diraup dari hasil penjualan dan strategi pemasaran yang apik.

Baca Juga

  • Aprindo Siap Uji Coba Kantong Plastik Berbayar 
  • Aprindo Usul Harga Kantong Plastik Berbayar Rp 200 per Lembar
  • 4 Lokasi Menumpuknya Bakteri di Supermarket

Source: liputan6.com
Kemenhub Rampungkan Pembangunan Bandara‎ di Kalimantan Utara

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas Bandara Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara, dinilai setara dengan bandara komersil di kota-kota besar Indonesia. Bandara yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 22 Maret 2016 tersebut telah memenuhi aspek kenyamanan bandara internasional seperti kebersihan yang baik, suhu ruangan yang sejuk, serta fasilitas lain yang memadai.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, hal itu saat berkunjung untuk mengecek kesiapan peresmian Bandara Juwata, Tarakan di Kalimantan Utara. "Secara kualitas dan fasilitas Bandara Juwata sama dengan bandara di kota-kota besar seperti Medan, Surabaya, Makassar walau ukurannya lebih kecil. Semua memadai, hanya perlu ditambah penerangannya di ruang tunggu penumpang. Saya sengaja datang malam hari agar bisa melihat penerangannya" jelas Menhub, Jumat (18/3/2016).

Menteri Perhubungan juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara yang sangat mendukung transportasi di wilayahnya. Dukungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara tersebut antara lain mengalokasikan anggaran daerah untuk integrasi sektor transportasi.

Baca Juga

  • Ini Cara Bandara Soetta Kalahkan Changi Singapura
  • 4 Bandara Terpencil Ini Disulap Menhub Jonan Jadi Kinclong
  • Menhub Jonan Minta Bandara Paling Selatan di RI Disempurnakan

Source: liputan6.com
‎Utang Luar Negeri RI Capai Rp 4.004 Triliun pada Januari 2016

Liputan6.com, Jakarta - Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Januari 2016 tumbuh 2,2 persen (yoy), menjadi US$ 308 miliar, atau setara dengan Rp 4.004 triliun (estimasi kurs 13.000 per Dolar AS). Pertumbuhan utang ini melambat dibandingkan dengan pertumbuhan pada Desember 2015 sebesar 5,8 persen (yoy).

Dikutip dari laporan Bank Indonesia (BI), perlambatan pertumbuhan ini terutama didorong oleh perlambatan ULN sektor publik dan penurunan ULN sektor swasta. ULN berjangka panjang tumbuh 4,8 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan Desember 2015 sebesar 8,6 persen (yoy). Sementara itu, ULN berjangka pendek masih mengalami penurunan 12,7 persen (yoy).

Berdasarkan kelompok peminjam, perlambatan pertumbuhan ULN pada Januari 2016 terjadi pada ULN sektor publik maupun ULN sektor swasta. ULN sektor publik tumbuh melambat menjadi 5,7 persen (yoy) dari 10,2 persen (yoy) pada bulan Desember 2015 dan ULN sektor swasta turun 0,7 persen (yoy) setelah pada Desember 2015 tumbuh sebesar 2,2 persen (yoy).

Dengan perkembangan tersebut, posisi ULN sektor publik dan swasta masing-masing tercatat sebesar US$ 143,4 miliar atau 46,6 persen dari total ULN dan US$ 164,6 miliar atau 53,4 persen dari total ULN.

Berdasarkan jangka waktu asal, posisi ULN Indonesia didominasi oleh ULN berjangka panjang  dengan porsi 87,4 persen dari total ULN. ULN berjangka panjang pada Januari 2016 mencapai US$ 269,1 miliar, terdiri dari ULN sektor publik sebesar US$ 140,7 miliar dengan porsi 52,3 persen dari total ULN jangka panjang dan ULN sektor swasta sebesar US$ 128,4 miliar  dengan porsi 47,7 persen dari total ULN jangka panjang.

Baca Juga

  • Mayoritas Perusahaan Kelas Kakap RI Sudah Jalankan Lindung Nilai
  • Utang Luar Negeri RI Capai US$ 310,7 Miliar di Kuartal IV 2015
  • Sampai 18 Februari, Kemenkeu Telah Tarik Utang Rp 135,9 Triliun

Source: liputan6.com
Earth Hour Pangkas Konsumsi Listrik Jakarta Hingga 40%

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang memperkirakan konsumsi listrik berkurang hingga 40 persen saat berlangsungnya kampanye Global Earth Hour (EH) atau Satu Jam Mematikan Listrik yang berlangsung pada Sabtu (19/3/2016).

Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Disjaya Mambang Hartadi mengatakan, rata-rata beban puncak listrik Jakarta mencapai 6.068 Mega Watt (MW). Diperkirakan, saat pelaksanaan kampanye global tersebut, konsumsi listrik pada beban puncak turun menjadi 3.400 hingga 3.500 mega watt (MW).

‎"Rata-rata beban puncak  6.068 MW. Untuk Earth Hour tahun ini hanya berkisar di 3.400-3.500 MW, lebih kurang hampir 40 persen dari beban puncak," kata Mambang, saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Menurut dia, PLN Disjaya mendukung kampanye yang digagas organisasi non pemerintah yang menangani ekosistem makhluk hidup World Wide Fund for Nature(WWF). Pasalnya, hal tersebut berpengaruh pada penghematan energi.

Baca Juga

  • Pengembang Ini Ajak Pelaku Industri Properti Dukung Earth Hour
  • Diskon Tarif Listrik Dorong Pertumbuhan Industri
  • Penjualan Listrik PLN Meningkat pada Februari 

Source: liputan6.com
PLN Ajak Masyarakat Matikan Listrik Saat Earth Hour‎

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) mengajak masyarakat berpartisipasi dalam kampanye Global Earth Hour‎, yang akan berlangsung pada Sabtu (19/3/2016). Jika seluruh pelanggan PLN ikut berpartisipasi dalam kapanye tersebut akan berdampak besar dalam penghematan konsumsi listrik.

Manajer Senior Public Relations‎ PLN Agung Murdifi mengatakan,‎ sebagai Perusahaan Listrik Negara, Earth Hour merupakan momentum strategis untuk mengingatkan masyarakat agar lebih menghemat listrik guna berperan serta dalam meminimalisir perubahan iklim.

"Selain itu, diharapkan juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk melakukan perubahan haya hidup menjadi lebih ramah lingkungan," kata Agung, di Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Agung menambahkan, Earth Hour juga merupakan sebuah kampanye global guna mengajak semua penduduk bumi baik individu, komunitas, pelaku bisnis, maupun pemerintah untuk bersama-sama peduli pada upaya penurunan emisi karbon dioksida yang memicu pemanasan global dan perubahan iklim.

Baca Juga

  • Pengembang Ini Ajak Pelaku Industri Properti Dukung Earth Hour
  • Cuaca Panas Bikin Warga Ogah Matikan AC Saat Earth Hour 2015
  • Ragam Kreasi Mahasiswa UNS Peringati Earth Hour

Source: liputan6.com
Pemerintah Bakal Revisi Pungutan Tarif Progresif Kontainer

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan merevisi mekanisme pungutan tarif progresif penumpukan petikemas kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta yang saat ini bisa mencapai 900 persen. Sikap melunak tersebut dilakukan setelah adanya protes dari pengusaha yang menolak pemberlakuan tarif fantastis itu.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bay M. Hasani mengungkapkan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Otoritas Pelabuhan untuk menindaklanjuti protes pengusaha atas pengenaan tarif progresif penimbunan petikemas sebesar 900 persen.

"Kami akan perbaiki skemanya. Untuk hari sekarang ini berdasarkan kalender atau tanggal, misalnya kapal dibongkar jam 10 malam, tinggal 2 jam masuk hari berikutnya, dan ini sudah diitung hari kedua, jadi tidak bisa merasakan free charge. Ini akan kita ubah, biarpun 2 jam atau 6 jam diitungnya 24 jam bukan hari kalender," jelasnya saat Konferensi Pers di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (18/3/2016).

Pengubahan mekanisme pengenaan tarif, sambung Bay, berlaku untuk hari libur. Sebagai contoh, bongkar muat kapal seandainya terjadi di hari Jumat malam, maka hari Sabtu-Minggu diperhitungkan bukan dua hari tapi hanya sehari dalam pentarifannya.

Baca Juga

  • Kadin Minta Pelindo II Cabut Kenaikan Tarif Progresif Kontainer
  • Pengusaha Protes Tarif Timbun Kontainer Naik hingga 900 Persen
  • Tarif Progresif Inap Kontainer Bisa Perbaiki Dwelling Time

Source: liputan6.com