Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 02 Maret 2016
Mau Buat Bisnis Tapi Masih Kerja Kantoran? Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang bermimpi untuk meninggalkan pekerjaan kantorannya dan menjadi seorang pengusaha. Akan tetapi banyak pengusaha sukses yang harus tetap mempertahankan pekerjaan hariannya hingga mampu cukup untuk membiayai bisnis yang diinginkan.

Lalu apa yang dapat Anda lakukan agar mampu menjalankan bisnis selagi masih menjadi pegawai? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Entrepreneur.com Rabu (2/3/2016):

1. Memiliki alasan yang jelas untuk memulai usaha

Temukan dengan jelas tujuan besar mengapa Anda ingin menjalankan sebuah bisnis. Mungkin motivasi tersebut muncul karena Anda ingin menjadi bos sendiri, ingin mandiri secara finansial, kebebasan waktu, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga

  • 5 Cara Menjalankan Bisnis di Usia Muda
  • 6 Perseteruan Bisnis Terseru di Dunia
  • 5 Cara Sukses Jadi Ibu Sambil Berbisnis

Source: liputan6.com
Ini Alasan Memilih Apartemen Jadi Hunian

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sedang bingung memilih antara apartemen atau rumah tapak untuk menjadi hunian pertama?. Jawabannya mungkin tergantung kepada kebutuhan masing-masing individu.

Beberapa orang yang tinggal di perkotaan lebih banyak memilih hunian vertikal karena dianggap lebih mudah diakses dari lokasi aktivitas seperti pusat bisnis dan komersial.

Akan tetapi di sisi lain, ada yang menganggap bahwa tinggal di apartemen hanya cocok bagi mereka yang workaholic atau individualis.

Di tengah perdebatan tersebut, pertumbuhan apartemen terus berkembang cepat bak jamur di musim hujan.

Tidak hanya di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung saja, namun kini penyebarannya mulai merata di sejumlah emerging cities seperti Bodetabek, Solo, Makassar, Semarang dan sebagainya.

Dengan ragam konsep dan penawaran harga yang bervariasi, Anda tinggal memilih unit yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya, faktor apa saja yang menjadi keunggulan apartemen agar dipilih si pembeli hunian pertama? Artikel berikut ini dinukil dari Domain.com.au dan Rumah.com, Rabu (2/3/2016):

Apartemen membuat biaya hidup lebih terjangkau

Jika Anda berniat mencari hunian yang dekat dengan kantor, maka apartemen adalah pilihan hunian pertama yang paling hemat biaya.

Faktanya, harga rumah tapak yang semakin melangit di beberapa pusat kota, contohnya di Jakarta Pusat yang mencapai Rp 40 juta per meter persegi.

Sementara itu, beberapa apartemen baru di areal Jakarta masih ada yang membanderol harga terjangkau. Sebagai contoh Titanium Square, Sentra Timur Residence, dan Green Pramuka City. Ketiga apartemen tersebut menawarkan harga jual mulai dari Rp 500 jutaan.

Biaya perawatannya rendah

Tinggal di apartemen, Anda tidak harus melakukan perawatan hunian yang banyak. Seperti contoh memotong rumput, membersihkan selokan depan rumah, atau kegiatan beres-beres jika tinggal di rumah tapak.

Meskipun nilai investasi rumah Anda bisa meningkat dalam beberapa tahun, namun hal ini sesuai dengan biaya perawatan yang dikeluarkan setiap tahunnya.

Di sisi lain, bila tinggal di apartemen Anda tinggal fokus melakukan perawatan di area interior dan balkon saja. Dengan waktu yang lebih longgar tanpa harus merawat bangunan, Anda bisa menghabiskan waktu di akhir pekan bersama keluarga atau menyelesaikan pekerjaan.

Renovasi sedikit untuk hasil maksimal

Ketika membeli properti untuk pertama kali, biasanya modelnya tidak persis seperti yang Anda bayangkan. Nah jika tinggal di apartemen, Anda bisa melakukan renovasi dengan bujet yang lebih sedikit.

Dengan luas bangunan yang terbatas, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Cukup membeli sebuah karpet atau seperangkat sofa berukuran sedang untuk menjadikan hunian Anda terasa lebih nyaman.

Potensi investasi yang menjanjikan

Hunian pertama tak selalu menjadi tempat tinggal yang ideal dalam jangka waktu lama. Ketika Anda sudah memiliki tabungan yang cukup dan kebutuhan hunian yang baru, tidak ada salahnya untuk menjual hunian lama.

Dengan memilih apartemen sebagai hunian pertama, selain biaya perawatannya yang murah, properti ini juga mudah dijual atau disewakan dengan cepat.

Bagi Anda yang masih bingung untuk mencari apartemen yang pas untuk menjadi hunian pertama, coba cek ragam pilihan apartemen baru yang ada di  Rumah.com.(Isnaini/Nrm)

Foto: Domain.com.au

 


Source: liputan6.com
7 Pelajaran Bisnis dari Film-Film Nominasi Oscar 2016

Liputan6.com, Jakarta - Para pengusaha pasti mengalami masa sulit. Tapi sesusahnya bisnis Anda, pasti tidak sama rasanya dengan dibiarkan sekarat atau tinggal seorang diri di Mars.

Semua itu memang ada dalam film-film nominasi Oscar tahun ini. Tapi tidak ada salahnya menjadi pelajaran bisnis yang berharga karena para tokoh utamanya mengalami masa sulit dan berjuang untuk mengatasinya.

Seperti ditulis Entreperneur, Selasa (1/3/2016), berikut tujuh tips bisnis yang terinspirasi dari film-film nominasi Oscar 2016:

1. Joy

Ini kisah nyata tentang seorang pengusaha bernamaJoyMangano. Ia orang tua tunggal yang berhasil menciptakan alatpengepel bernamaMiracle Mop. Produknya laku terjual di Amerika Serikat.

Baca Juga

  • Oscar 2016 Sebut Priyanka Chopra sebagai Artis Besar Bollywood
  • Perhiasan Mewah dan Mahal di Oscar 2016, Siapa Paling Memukau?
  • Pidato Pemenang Piala Oscar 2016 yang Menggetarkan

Source: liputan6.com
Ini 8 Lagu Kesukaan Bill Gates

Liputan6.com, Jakarta - Dengan kekayaaan sekitar US$ 77 miliar, pendiri Microsoft Bill Gates, sebenarnya bisa membeli semua lagu yang ia inginkan.

Namun, ketika ditanya oleh penyiar BBC Radio, Kirsty Young, beberapa waktu lalu soal lagu apa yang akan ia bawa kalau berada di pulau terpencil, Gates ternyata hanya membawa delapan lagu kesukaannya.

Dari delapan lagu itu, ada satu lagu yang mengingatkannya dengan kompetitornya dari Apple, Steve Jobs. Seperti ditulis Fortune, Selasa (1/3/2016), berikut delapan lagu tersebut:

1. Under Pressure dari David Bowie dan Queen

Menurut Gates, lagu ini mengingatkannya akan era disko ketika ia berusia 20an dan 30an tahun.

2. Blue Skies dari Willie Nelson

Gates danistrinya,Melinda, sangat menyukai penyanyi ini.Nelson pernah menyanyi khusus untuk pasangan tersebut sehari sebelum mereka melangsungkan pernikahan.

Baca Juga

  • 12 Rahasia Rumah Milik Bill Gates Super Mewah
  • Ini Perbedaan Kekayaan Bill Gates dan Steve Jobs Buku Termahal Milik Bill Gates, Harganya Rp 400 Miliar

Source: liputan6.com
Kerja Cuma 5 Jam per Hari, Karyawan Lebih Produktif

Liputan6.com, Jakarta - Waktu kerja yang selama lima jam ternyata dapat meningkatkan produktifitas dari sebuah perusahaan.  Menurut artikel yang dilansir dari laman Lifehack.org,  Rabu (2/3/2016), selain mengurangi tingkat stres, kerja hanya selama lima jam dalam sehari juga bisa membuat karyawan meningkatkan kualitas kerjanya.

Berikut beberapa alasan lainnya:

1. Lebih banyak waktu untuk istirahat

Energi adalah hal yang paling penting yang bisa dimiliki oleh para pekerja. Lima jam kerja adalah waktu yang pas untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa harus memforsir tenaga dan kelelahan.

2. Ada waktu untuk fokus ke hal lain

Fokus ke hal yang harus Anda kerjakan dan bukan hal yang Anda inginkan akan menjadi mindset yang lebih baik. Lima jam kerja akan membuat para karyawan fokus akan hal yang dikerjakan sehingga membuat mereka lebih produktif karena mereka hanya fokus akan satu hal yang memang harus diselesaikan.

3. Semua orang akan punya prioritas

Prioritas para pekerja adalah mengerjakan apa yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan bukan menyelesaikannya bersamaan.

Prioritas adalah kunci dari produktifitas sehingga sangat diperlukan di banyak hal. Kerjakan mana yang harus selesai terlebih dahulu dan buatlah list kalau perlu.

4. Lebih sedikit tekanan untuk pimpinan dan karyawan

Tekanan atau stres adalah sesuatu yang dapat membunuh kualitas dan produktifitas. Stres pada jumlah yang tepat dapat berakibat baik. Tapi jika terlalu banyak dampaknya akan sangat berbahaya untuk kesehatan baik tubuh atau dunia kerja Anda.

Bekerja dengan jumlah jam yang pas tentu akan sangat mengurangi tekanan, karena karyawan akan dituntut untuk bisa lebih menghargai waktu kerjanya sehingga bisa lebih produktif dan efisien, berkurangnya tekanan ini tidak pada karyawan saja melainkan juga pada level pimpinan.

5. Kualitas kerja yang lebih baik akan terbentuk

Lima jam kerja adalah waktu yang sangat sempurna. Pada level pimpinan atau karyawan, bisa menghasilkan hasil kerja yang lebih berkualitas sehingga lebih sedikit waktu yang dihabiskan di kantor atau di ruangan kerja.

6. Para karyawan akan lebih serius bekerja

Daripada menghabiskan waktu dalam sehari yang sangat panjang dengan bersenda gurau di tempat kerja, para pekerja ini akan lebih bisa serius dan bekerja fokus karena mereka tahu waktu nya tidaklah banyak.

Waktu kerja yang terlalu lama akan membuat para pekerja menunda pekerjaannya dan mencari alasan untuk bisa mengulur waktu lebih lama menyelesaikan pekerjaan dengan alasan masih banyak waktu.

7. Pekerja mengerjakan sesuatu sesuai tugasnya

Produktif dan efisien bisa dicapai dengan alokasi waktu kerja yang tepat, jadi daripada menyelesaikan semua bersamaan dengan resiko kesalahan lebih banyak, akan lebih baik jika menyelesaikan satu pekerjaan yang memang sudah seharusnya dikerjakan terlebih dahulu.

Dan hal ini terjadi di waktu lima jam kerja,dan efeknya juga menguntungkan buat karyawan atau pimpinan. Kenapa? Karena tidak ada waktu yang terbuang percuma dan para pekerja akan selalu fokus pada apa yang dibebankan kepadanya. (Tia/Ndw)


Source: liputan6.com
Jokowi Resmikan Pembangunan Jalur Kereta Ganda di Medan

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah membangun Jalur Ganda Layang KA relasi Stasiun Medan – Stasiun Bandar Khalipah. Kesiapan pembangunan. Groundbreaking akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (2/3/2016) di Km 2+800 antara Stasiun Medan – Stasiun Bandar Khalipah.

Dalam keterangan yang diterima dari Kementerian Perhubungan, Jokowi bakal didampingi Menteri Perhubungan Dirjen Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko dan Plt. Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Hermanto Dwiatmoko mengatakan, pembangunan Jalur Ganda KA relasi Stasiun Medan – Stasiun Bandar Khalipah sepanjang ± 8Km merupakan bagian dari pembangunan Jalur Ganda KA relasi Stasiun Medan – Stasiun Bandara Kualanamu sepanjang ± 27Km.

Pembangunan Jalur Ganda KA yang dibangun secara elevated (layang) tersebut dilakukan dalam rangka mendukung pengoperasian KA Bandara Kualanamu yang akan menghilangkan 9 (sembilan) perlintasan sebidang eksisting. Dengan beroperasinya jalur ganda layang KA, akan menambah kapasitas lintas, mempercepat waktu tempuh serta meningkatkan keselamatan perjalanan KA dan pengguna jalan raya.

Pembangunan Jalur Ganda KA at grade relasi Stasiun Araskabu – Stasiun Bandar Khalipah sepanjang ± 19Km telah dimulai pada tahun 2014. Kegiatan pembangunan tersebut meliputi pekerjaan pembangunan rel sepanjang ± 14 Km, pembangunan jembatan KA sebanyak 22 unit, serta pembangunan persinyalan elektrik di Stasiun Bandar Khalipah, Stasiun Araskabu, dan Stasiun Kualanamu sebanyak 3 unit. Pada 2016 direncanakan pekerjaan jalan rel tersisa sepanjang ± 5 Km dapat diselesaikan.

Pembiayaan terhadap kegiatan pembangunan yang dilakukan pada 2014-2015 tersebut dibebankan pada APBN dengan total anggaran sebesar Rp 366,1 Milyar yang terdiri dari pembangunan jalur ganda sebesar Rp 193 Milyar, pembangunan jembatan KA sebesar 98,7 Milyar dan pembangunan persinyalan elektrik sebesar Rp 74,4 Milyar.
Sedangkan pembiayaan pelaksanaan pekerejaan 2016 terdiri dari penyelesaian pembangunan jembatan KA dan penyelesaian pembangunan persinyalan elektrik sebesar Rp 80,5 Milyar.

Di 2016 ini, untuk dapat memenuhi target pengoperasian jalur ganda relasi Stasiun Bandar Khalipah – Stasiun Kualanamu, Kemenhub akan mengajukan usulan penambahan anggaran sebesar Rp 59,1 Milyar melalui APBN-P tahun 2016 untuk pembiayaan penyelesaian pekerjaan pembangunan jalur ganda KA at grade sepanjang ± 5 Km dan penataan emplasemen stasiun.

Selain meresmikan ground breaking Jalur Ganda Layang KA relasi Stasiun Medan – Stasiun Bandar Khalipah, Jokowi juga dijadwalkan akan melakukan peninjauan pekerjaan reaktivasi jalur KA relasi Stasiun Binjai – Stasiun Besitang sepanjang ± 80Km. Kondisi saat ini, jalur KA lintas Binjai – Besitang sebagian besar masih menggunakan rel R.25 bantalan kayu peninggalan Belanda.

Lintas ini sudah tidak aktif sejak Agustus 2013 dikarenakan kondisi konstruksi jalan rel dan bangunan lain (jembatan, stasiun dan fasilitas operasi) yang sudah tidak laik operasi. Direncanakan jalur KA ini akan siap untuk dioperasikan pada Tahun 2017.

 


Source: liputan6.com
Butuh Rp 3,1 Triliun Dandani Bandara Hang Nadim

Liputan6.com, Batam - Pemerintah Pusat mengucurkan dana Rp 3,1 Triliun Kepada Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk Pembangunan Terminal 2 berikut pembenahan fasilitas dan infrastruktur, Bandara Hang Nadim.

"Dana dari Pusat APBN sebesar Rp 3,1 triliun akan di kucurkan untuk penambahan terminal, Penambahan Hanggar, Apron," Ujar Swarso Kepala Bagian (kabag) Umum Bandara Hang Nadim Batam saat di temui di kantornya,Selasa (1/3/2016)

Dia mengatakan, pembangunan ini akan dilakukan pada 2018, di dekat terminal yang kini beroperasi.

 

Baca Juga

  • Lion Air Rute Jakarta-Pekanbaru Mendarat Darurat di Batam
  • Bandara Hang Nadim Buka Setelah Ditutup 13 Jam
  • Alat Navigasi Tersambar Petir, Bandara Batam Ditutup Sementara

Source: liputan6.com
Seberapa Penting Tax Amnesty Diterapkan di RI?

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menghitung potensi kehilangan penerimaan negara (shortfall) dari pajak maupun non pajak sebesar Rp 290 triliun tanpa program pengampunan pajak atau tax amnesty di tahun ini.

Tapi jika Rancangan Undang-undang (RUU) tax amnesty diloloskan, maka akan menguntungkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak di tahun mendatang.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah masih membahas RUU tax amnesty bersama DPR RI untuk meloloskan program tersebut.

Dia akan mengupayakan implementasi pengampunan pajak pada tahun ini sehingga dapat mengamankan penerimaan pajak yang ditargetkan Rp 1.360,2 triliun.

Baca Juga

  • Menunggu Lolosnya RUU Pengampunan Pajak
  • Menkeu Ingin Ada Tax Amnesty Agar Tak Perlu Pangkas Belanja
  • DPR Minta Pengampunan Pajak Tidak untuk Koruptor

Source: liputan6.com
4 Tips Cantik Tanpa Bikin Dompet Jebol

Liputan6.com, Jakarta - Pengalokasian dana pribadi yang sembarangan bisa membuat kondisi keuangan Anda menjadi berantakan. Alhasil, dana untuk kebutuhan sehari-hari menjadi terbengkalai.

Dampak yang lebih parah, yaitu Anda harus menanggung utang-utang konsumtif. Salah satu alokasi dana yang seringkali dilakukan secara berlebihan, yaitu dana kecantikan. Urusan perawatan wajah dan tubuh yang berlebihan membuat kesehatan keuangan Anda mudah terkuras habis.

Sebenarnya tidak ada masalah dengan hal ini. Apalagi bagi Anda yang bekerja di bagian front office. Penampilan yang sempurna merupakan salah satu prasyarat dari tugas rutin Anda. Jadi, kebutuhan untuk merawat diri sudah menjadi suatu hal yang wajar.

Di sini, perihal perawatan tubuh menjadi masalah ketika Anda tidak merencanakan atau bahkan mengalokasikan terlebih dahulu terkait anggarannya.

Bila Anda tidak merencanakan atau menganggarkan pos khusus untuk perawatan, maka bisa dipastikan pos keuangan Anda yang lain akan terganggu. Sehingga, selanjutnya keuangan bulanan akan membengkak dan bisa-bisa jadi minus.

Inilah kondisi yang harus bisa Anda hindari. Ketika kebutuhan tidak masuk ke dalam salah satu pos pengeluaran bulanan, maka kondisi keuangan Anda akan terganggu. Bahkan, masalah keuangan ini akan merembet ke mana-mana.

Sebelum Anda mengalami mimpi buruk seperti itu, ada baiknya untuk menyimak sedikit tips mengenai tata cara pengelolaan uang khusus untuk perawatan Anda terutama para wanita seperti dikutip dari Cermati.com, Rabu (2/3/2016):

1. Buat Perencanaan

Lagi-lagi mengenai perencanaan. Ya, itu karena dia berhubungan dengan angka, maka sebaiknya Anda menghitung benar pengeluaran. Mulai dari sesuatu yang simpel dan terkadang sering Anda lalaikan.

Misalnya, berapa biaya ke salon dalam sebulan, berapa anggaran membeli pakaian, berapa kali makan di luar, dan sebagainya. Catat secara teliti, jangan sampai ada pos-pos tertentu yang terlupa. Hitung beberapa hal tadi.

Apabila sudah mencatatnya, maka Anda bisa tahu berapa besaran dana yang dibutuhkan. Apabila ingin melakukan perawatan atau keperluan lain yang tidak ada dalam daftar catatan tersebut, maka Anda bisa melakukan di bulan berikutnya.

2. Jadi Member

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila menjadi member. Karena sifatnya rutin, perawatan tubuh atau wajah merupakan aktivitas yang bersifat konsisten. Anda pun biasanya hanya memilih satu tempat saja.

Tidak ada salahnya bila Anda mendaftarkan diri sebagai member di tempat tersebut. Kemungkinan, Anda akan mendapatkan banyak kemudahan. Salah satunya yaitu, potongan harga dan berbagai keuntungan lain.

Selain itu, Anda pun bisa menikmati paket perawatan. Promo yang menarik terkadang juga bisa anda dapatkan kok. Asalkan Anda sudah rutin dan sering berkunjung di sana, meski bukan member, suatu saat Anda pasti akan ditawari beberapa keuntungan tambahan yang tak biasa didapatkan pelanggan biasa.

3. Pastikan Semuanya Terpenuhi

Kembali pada diri sendiri. Tidak ada batasan minimal seberapa besar alokasi untuk mengurus kecantikan Anda. Semuanya tergantung diri Anda sendiri.

Namun, ada sedikit catatan. Alangkah lebih baik bila Anda mendahulukan kondisi tabungan yang cukup dan mampu membayar cicilan tepat waktu terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa mulai memasukkan kebutuhan bagi keperluan pribadi.

Salah satunya, merencanakan dana kecantikan. Meski sebagian orang menganggap keperluan  perawatan kecantikan sebagai sebuah kebutuhan tambahan, namun bila Anda bekerja pada bagian front office atau bagian lain yang menuntut untuk bertemu dengan klien atau pelanggan, maka Anda wajib membuat pos kecantikan di dalam rencana pengeluaran.

4. Cek Rincian

Sebenarnya, tanpa diberitahu pun Anda akan selalu melakukan hal ini. Namun, sekedar mengingatkan saja agar Anda tidak lalai dengan pengeluaran. Kalau terus-terusan tidak sadar, hasilnya bisa bahaya. Anda baru menyadari kerugian setelah melihat isi tabungan sudah terkuras habis.

Lebih Baik Anggarkan Sejak Awal

Apa yang disebutkan di atas merupakan beberapa cara agar pengeluaran Anda tidak membengkak akibat masalah perawatan. Berikan saja jatah dan kecantikan sebesar 5 pesen dari biaya bulanan per masing-masing pasangan. Oleh sebab itu, lebih mudah lagi bila Anda mencatat setiap pengeluaran.

Kemudian evaluasi kembali pengeluaran tersebut. Pastikan tidak ada anggaran yang melenceng dari besaran yang sudah ditentukan. (Ndw/Nrm)


Source: liputan6.com
Bos PLN Ancam Pidanakan Pegawai Jika Terlibat Pencurian Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian RI telah menangkap tokoh Kalijodo Daeng Azis terkait pencurian listrik yang menyebabkan PLN merugi hingga Rp 525 juta.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengungkapkan sebenarnya motif yang digunakan Daeng Aziz untuk melistriki kafe-kafenya tersebut juga banyak dilakukan warga lainnya. Hanya saja besarnya alat elektronik yang dilistriki menjadikan tagihan yang harus dibayar mencapai ratusan juta rupiah.

Sofyan menduga ada keterlibatan karyawannya terkait kasus pencurian listrik yang dilakukan Daeng Aziz selama ini. Mengingat beberapa waktu lalu PLN juga mendapati pencurian listrik yang tagihannya mencapai Rp 167 miliar dengan melibatkan orang dalam PLN.

 

Baca Juga

  • Daeng Azis Curi Listrik Rp 525 Juta, Ini Kata Bos PLN
  • Begini Cara PLN Ungkap Pencurian Listrik Daeng Azis di Kalijodo
  • Curi Listrik, Daeng Azis Rugikan PLN Rp 525 Juta

Source: liputan6.com
5 Negara Pemasok Beras Terbesar ke RI

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat impor beras Indonesia dari negara lain mencapai US$ 351,60 juta atau sekitar Rp 4,78 triliun sepanjang 2015. Ada lima negara penyuplai beras terbesar ke Indonesia, tertinggi berasal dari Vietnam.

Dari data yang diterima Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Nus Nuzulia Ishak, nilai impor tersebut mengalami penurunan sebesar 9,42 persen dibanding realisasi periode yang sama pada 2014 senilai US$ 388,18 juta.

Tren impor beras Indonesia dari dunia dalam kurun waktu 5 tahun terakhir (2011-2015) menunjukkan penurunan 31,68 persen dari US$ 1,51 miliar di 2011 menjadi tinggal US$ 351,60 juta pada tahun lalu.

Indonesia mengimpor beras paling banyak ke lima negara ini sepanjang 2015, antara lain dari Vietnam yang memasok US$ 202,56 juta (57,61 persen) ke Indonesia. Disusul Thailand dengan nilai impor beras US$ 66,77 juta (18,99 persen) dan Pakistan senilai US$ 62,95 juta (17,90 persen).

Baca Juga

  • Ini Alasan Harga Pangan Naik Versi Mendag
  • Negara Pengimpor Beras Terbesar di Dunia, RI Posisi Berapa?
  • JK: Kalau Stok Pangan Kurang, Harus Impor

Source: liputan6.com
Wall Street Menguat Dipimpin Saham Keuangan dan Teknologi

Liputan6.com, New York - Wall Street menguat pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta) ke posisi tertinggi sejak awal Januari. Penguatan dipimpin saham keuangan dan teknologi yang didorong laporan data pabrik dan konstruksi yang kembali mendapatkan momentum.

Melansir laman Reuters, indeks Dow Jones industrial average naik 1,79 persen menjadi 16.811,35 poin. Sedangkan indeks S&P 500 naik 1,9 persen menjadi 1.969,01 poin. Indeks Nasdaq Composite bertambah 2,34 persen menjadi 4.664,82.

Indeks S&P 500 dan Dow berada di jalur kenaikan satu hari terbaik mereka sejak 12 Februari. Di mana, indeks S&P sebagian pulih dari aksi jual yang tajam pada tahun ini.

Sembilan dari 10 sektor besar indeks S&P mengalami penguatan harga saham. Ini dipimpin sektor keuangan yang naik 2,92 persen.

Meski begitu, sektor ini masih menjadi pemain terburuk tahun ini. Sebab telah turun sekitar 9 persen akibat ketidakpastian suku bunga The Fed dan kekhawatiran kegagalan perusahaan-perusahaan energi membayar utangnya (default).

Baca Juga

  • Bursa Asia Tergelincir Mengekor Wall Street
  • Wall Street Kembali Melemah Akibat Tekanan Harga Minyak
  • Harga Minyak Dorong Penguatan Wall Street

Source: liputan6.com
Harga Minyak Naik ke Posisi Tertinggi dalam 2 Bulan

Liputan6.com, New York - Harga minyak mentah dunia naik ke posisi tertinggi dalam dua bulan, karena para pedagang fokus pada kemungkinan terjadinya kesepakatan antara negara-negara produsen minyak besar dunia soal produksi.

Melansir laman Wall Street Journal, Rabu (2/3/2016), harga  minyak Light Sweet ditutup naik 65 sen atau 1,9 persen menjadi US$ 34,40 per barel di New York Mercantile Exchange. Ini menjadi penutupan tertinggi sejak 5 Januari.

Sementara minyak Brent, patokan global, naik 24 sen atau 0,7 persen menjadi US$ 36,81 per barel di ICE Futures Europe. Ini juga menjadi level tertinggi sejak 4 Januari.

Harga minyak sempat jatuh di awal sesi, di tengah kekhawatiran tentang bertambahnya output setelah data AS menunjukkan penurunan produksi di dalam negeri.

Kondisi ini dipicu antara lain pernyataan Menteri Energi Rusia yang mengatakan, bahwa saat ini momen terakhir dari negara-negara penghasil minyak bersepakat untuk membekukan produksi minyak. Dan bahwa keputusan akhir tindakan ini akan diambil bulan ini.

Baca Juga

  • Harga Minyak Turun ke US$ 32,78 per Barel
  • Harga Minyak Naik Dipicu Harapan Pengurangan Pasokan
  • Minyak Dunia Naik ke Level US$ 34,48 per Barel

Source: liputan6.com
Harga Emas Susut Usai Cetak Posisi Tertinggi Bulanan

Liputan6.com, New York - Harga emas dunia turun dipicu penguatan dolar dan kenaikan pasar ekuitas global serta laporan data ekonomi Amerika Serikat yang lebih baik dari perkiraan. Sebab kondisi ini dikhawatirkan memicu spekulasi jika The Fed akan kembali menaikkan suku bunganya.

Harga spot emas turun 0,2 persen menjadi US$ 1.235,96 per ounce, setelah mencapai kenaikan bulanan terbesar dalam empat tahun. Pembelian logam mulia ini didorong oleh kekhawatiran ekonomi global.

Sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman April turun 0,3 persen menjadi US$ 1.230,80 per ounce, melansir laman Reuters, Rabu (2/3/2016).

Harga emas mencapai posisi lebih tinggi sebelumnya, didukung melemahnya data manufaktur China dan komentar Presiden Federal Reserve New York William Dudley, yang mengatakan jika ia melihat risiko penurunan prospek ekonomi AS.

Baca Juga

  • Harga Emas Anjlok Gara-gara Dolar AS Perkasa
  • Harga Emas Susut Didorong Penguatan Pasar Saham
  • Investor Lepas Saham, Harga Emas Naik

Source: liputan6.com
Mengekor Wall Street, Bursa Asia Dibuka Menguat

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Asia dibuka menguat pada perdagangan Rabu (2/3/2016) mengikuti bursa saham Wall Street.

Bursa acuan Jepang, Nikkei 225 diperdagangkan naik 2,58 persen dengan yen naik di level 113 terhadap dolar. Zetelah sebelumnya turun. Dolar diperdagangkan 113,9 yen pada pukul 8.49 waktu Hong Kong/Singapura.

Selain itu, indeks Korea, Kospi yang libur pada Selasa, membuka perdagangan naik 1,45 persen pada hari ini.

 

Baca Juga

  • Bursa Asia Naik Tipis Terdorong Stimulus Tiongkok
  • IHSG Dibuka Menguat Ikuti Bursa Asia
  • Komitmen G20 Dorong Bursa Asia Menguat

Source: liputan6.com
Tarif Tol Suramadu Turun Bikin Perusahaan Penyeberangan Terpuruk

Liputan6.com, Surabaya - Penurunan tarif tol Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) di Jawa Timur, per 1 Maret 2016 berimbas pada bisnis perusahaan penyedia jasa penyeberangan yang melayani rute Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Kamal Sampang Madura. Perusahaan penyedia jasa penyeberangan diprediksi segera gulung tikar karena kehilangan pelanggan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Jawa Timur Khoiri Sutomo yang mengatakan, penurunan tarif tol Suramadu semakin membuat para pengusaha pelayaran, khususnya yang selama ini melayani rute Tanjung Perak- Kamal terpuruk.

Sebab, sejak dibukanya Jembatan Suramadu, jumlah kapal yang melayani penyeberangan di tempat itu semakin menurun.

"Sebelum ada Jembatan Suramadu itu kapal yang melayani ada 14 unit. Tapi sejak ada Suramadu, sekarang hanya menjadi 4 unit saja. Saya yakin jumlah itu akan kembali berkurang dengan adanya penurunan tarif tersebut," kata Khoiri di Surabaya, seperti dikutip Rabu (2/3/2016).

Baca Juga

  • Mulai Hari Ini Tarif Tol Suramadu Turun 50%
  • Miris, Tak Ada Baja Lokal di Proyek Jembatan Suramadu
  • Penurunan 50% Tarif Jembatan Suramadu Ancam Dermaga Ujung-Kamal

Source: liputan6.com
PNS Bakal Otomatis Jadi Peserta Tapera

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan memasukan pegawai negeri sipil (PNS) sebagai peserta program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Hal ini bertujuan memberikan kemudahan para abdi negara tersebut untuk memiliki rumah.

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Maurin Sitorus mengatakan, saat ini jumlah PNS di Indonesia mencapai 4,5 juta orang.

"Jumlah pegawai negeri ada 4,5 juta, itu otomatis akan masuk ke Tapera," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Dia mengaku, sebenarnya saat ini telah ada program tabungan bagi PNS yang bisa digunakan untuk berbagai macam manfaat, salah satunya untuk kredit perumahan. Namun program tersebut rencananya akan dilebur dengan Tapera agar manfaatnya lebih terfokus.

Baca Juga

  • Pemerintah Siap Hadapi Gugatan Uji Materi UU Tapera
  • Ini Tipe Rumah yang Bisa Didapat dari Program Tapera
  • Tapera Bikin Masyarakat Cepat Miliki Rumah

Source: liputan6.com
Geser China dan Jepang, RI Bisa Jadi Raja Industri Kertas di Asia

Liputan6.com, Palembang - Menteri Perindustrian (Menperin), Saleh Husin mengunjungi pabrik Pulp and Paper di Desa Bukit Batu, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Pabrik yang akan beroperasi pada bulan Oktober 2016 ini ditargetkan Menperin bisa masuk enam besar di dunia. Saat ini kapasitas produksi pulp di Indonesia sebesar 12 juta ton pulp per tahun dari 81 perusahaan.

“Target ini sangat mungkin tercapai, karena saat ini Indonesia berada di peringkat sembilan terbesar di dunia untuk bisnis pulp. Dengan adanya 17 pabrik OKI Pulp, target kita bisa menembus enam besar. Bahkan di Asia, kita bisa berpeluang di peringkat pertama, menggeser Tiongkok dan Jepang," ujar Menperin, Saleh Husin kepada Liputan6.com, di sela peninjauan pembangunan 17 pabrik pulp di kawasan seluas 1.700 hektare, Selasa, (1/4/2016).

Menurutnya, Indonesia memiliki beberapa keunggulan dibandingkan negara lain, seperti iklim tropis yang mempermudah penanaman bahan baku kertas. Sedangkan negara pesaing seperti Amerika, Tiongkok dan Jepang berada di iklim sub tropis. Iklim tropis sendiri akan membuat pohon Akasia bisa dipanen pada usia tanam 5-6 tahun. Sementara, negara beriklim sub tropis diperkirakan bisa memanen bahan baku kertas dan tisu di atas usia tanam 10 tahun.

 

Baca Juga

  • Indonesia Bakal Punya Pabrik Bubur Kertas Terbesar di Asia
  • BUSINESS TALK: Nasib Industri Kertas di Era Digital
  • Jadi Andalan, 3 Menteri Bakal Diskusi dengan Industri Kertas

Source: liputan6.com
Pemerintah Akan Bangun 89 Ribu Jaringan Gas Rumah Tangga

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan jaringan pipa gas untuk bahan bakar rumah tangga mencapai 89 ribu sambungan pada 2016. Sambungan jaringan pipa tersebut bertujuan mengurangi konsumsi elpiji.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, pembangunan jaringan gas rumah tangga tahun ini dilakukan di 6 kota yaitu Tarakan, Surabaya, Balikpapan, Cilegon, Batam dan Prabumulih. Pembangunan jaringan gas terbesar, berlokasi di Prabumulih dengan nilai kontrak Rp 493 miliar.

"Dalam rangka meningkatkan pemanfaatan gas bumi untuk rumah tangga, pada tahun 2016 pemerintah akan membangun 89.000 SR jaringan distribusi gas bumi (jargas) untuk rumah tangga," kata Wirat, seperti dikutip dari Situs Resmi Ditjen Migas Kementerian ESDM, di Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Wirat menambahkan, pembangunan jaringan gas distribusi rumah tangga akan terus bertambah.  Pada 2017, akan dibangun sekitar 200 ribu SR.

Baca Juga

  • Konsorsium Wika Garap Proyek Jaringan Gas Prabumulih
  • BUMN‎ Korsel Bangun Infrastruktur Gas di Sumsel Rp 15 Triliun
  • Warga Bekasi Mulai Nikmati Fasilitas Jaringan Gas Kota

Source: liputan6.com
57 Kabupaten/Kota Jadi Percontohan Peningkatan Pelayanan Publik

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menjadi 57 kabupaten/kota menjadi contoh atau role model pelayanan publik. Ini sebagai upaya untuk meningkatkan rating kemudahan usaha atau ease of doing business Indonesia yang kini ada di peringkat 109 dari 189 negara.

"Ke 57 kabupaten/kota tersebut kami harapkan benar-benar dapat menjadi role model nasional, terutama dalam memacu kemudahan berusaha. Untuk memastikan keberhasilannya, akan kami lakukan monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan,” ujar Yuddy dalam keterangannya, Rabu (2/3/2016).

Menteri Yuddy menjelaskan sesuai dengan program Nawacita Pemerintahan Kabinet Kerja di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, jajaran birokrasi harus sejalan dengan semangat revolusi mental. Peringkat Indonesia dalam kemudahan berusaha memang membaik, tapi masih kalah dengan beberapa negara lain di kawasan ASEAN.

 

Baca Juga

  • 5 Investor Tiongkok Manfaatkan Layanan Izin Investasi 3 Jam
  • Pelayanan Publik Jadi Ujung Tombak Reformasi Birokrasi
  • Pemda Didorong Mudahkan Izin Pembangunan Rusunami

Source: liputan6.com
PLN Tertibkan Kabel Ilegal di Tiang Listrik Wilayah Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) mulai menertibkan kabel-kabel‎ ilegal yang menempel di tiang listrik sepanjang Jakarta Raya.

Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PT PLN Distribusi Jakarta Raya Leo M Basuki‎ mengungkapkan, penertiban ini dalam rangka perawatan aset dan meningkatkan keindahan Jakarta.

"‎Karena akhir-akhir ini banyak sekali kabel telematika yang ditumpahkan di jaringan listrik PLN, sehingga jaringan sangat kumuh. Tiang listirik banyak yang miring bahkan roboh karena terbebani dari batas kemampuannya," kata Leo di Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Leo menyebutkan, kabel-kabel yang sering menumpang di tiang listrik PLN, diantaranya kabel internet dan televisi kabel. Penertiban kabel listrik ini baru pertama kali dilakukan PLN Disjaya.

Baca Juga

  • Begini Cara PLN Ungkap Pencurian Listrik Daeng Azis di Kalijodo
  • Daeng Azis Curi Listrik Rp 525 Juta, Ini Kata Bos PLN
  • Darmin: PLN Wajib Beli Listrik dari Pembangkit Berbasis Sampah

Source: liputan6.com
Permen Karet Made In RI Laku Keras di Dubai

Liputan6.com, Jakarta Produk permen karet asal Indonesia berhasil memikat pengunjung Pameran Gulfood di World Trade Centre, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Pameran tersebut berlangsung pada 21-25 Februari 2016 lalu.

Kepala Indonesian Trade Promotion Center Dubai, Gusmalinda Sari mengatakan, dalam pameran ini, permen karet tersebut berhasil meraup transaksi sebesar US$ 2,7 juta. Permen ini merupakan produksi PT Yupi Indo Jelly Gum.

"Perusahaan Indonesia PT Yupi Indo Jelly Gum mendominasi transaksi yang dicapai pada Pameran Gulfood. Selama lima hari pameran berlangsung, perusahaan ini mencatat transaksi sebesar US$ 2,7 juta untuk produk gummy candy dari total transaksi US$ 3,33 juta," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (2/3/2016).

 

Baca Juga

  • Pencabutan Kewajiban SVLK Ganggu Ekspor Furnitur RI ke Eropa
  • Buka Pasar Sawit, Mendag Lembong Terus Lobi Uni Eropa
  • Mendag Minta Pemerintah Prancis Batalkan Pajak CPO

Source: liputan6.com
Demo Buruh di China Lebih Banyak Dibanding Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Ekonom dari Universitas Indonesia (UI), Faisal Basri menyoroti perekonomian dunia yang sedang tertekan, termasuk China. Pertumbuhan ekonomi di Negeri Tirai Bambu ini terus merosot sehingga memicu peningkatan jumlah demo buruh di tahun lalu.

Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi China sebesar 6,9 persen merupakan yang terendah dalam 25 tahun terakhir. Sedangkan ekonomi Amerika Serikat (AS) walaupun sedikit membaik, sulit menyentuh 3 persen dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

"Ekonomi dunia sedang tertekan. Ekonomi AS selalu di bawah 3 persen sehingga tidak bisa lagi jadi motor penggerak pertumbuhan dunia. Juga situasi China yang mengalami pertumbuhan ekonomi terendah dalam 25 tahun terakhir," ujar Faisal dalam Diskusi Strategi Investasi di Tahun Monyet oleh Asanusa Asset Management di Jakarta, Rabu (2/3/2016).

 

Baca Juga

  • Belanja di Luar Negeri, Warga China Habiskan Rp 2.449 Triliun
  • Data Ekonomi China Bikin Harga Minyak Tertekan
  • PBOC: Ekonomi China Akan Segera Pulih

Source: liputan6.com
Rumah Jokowi Digusur untuk Proyek Bandara

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meresmikan Bandara Rembele, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Dalam sambutannya, ia menjelaskan rumahnya pun tak luput kena gusur demi pengembangan bandara.

"Tadi saya bisik-bisik, rumah saya dulu kok hilang. Saya tanya ke menteri (Menteri Perhubungan Ignasius Jonan), mana rumah saya? Ternyata sudah digusur untuk pelebaran Bandara Rembele," kata Jokowi, Rabu (2/3/2016).

Jokowi yang mengenakan Topi Raja dan Kain Ulen-ulen pun berkelakar pada Jonan. Menurut dia, sang menteri harusnya minta izin dulu pada dirinya sebelum menggusur.

 

Baca Juga

  • Bandara Rembele Segera Diresmikan, Wisata ke Gayo Lebih Mudah
  • Butuh Rp 3,1 Triliun Dandani Bandara Hang Nadim
  • Majukan Wisata Danau Toba, Jokowi Kembangkan Bandara Silangit

Source: liputan6.com
Harga Minyak Dunia Naik, Rupiah Menguat ke 13.277 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat sepanjang pekan ini. Penguatan rupiah hampir menyentuh 4 persen jika dihitung dari awal tahun.

Mengutip Bloomberg, Rabu (2/3/2016), rupiah berada di level 13.277 per dolar AS pada pukul 12.15 WIB. Level tersebut menguat jika dibandingkan dengan pembukaan yang ada di level 13.295 per dolar AS dan juga jika dibandingkan dengan penutupan kemarin yang ada di level 13.346 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah berada di kisaran 13.257 per dolar AS hingga 13.325 per dolar AS. Jika dihitung sejak awal tahun, rupiah telah menguat 3,71 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, rupiah dipatok di 13.314 per dolar AS. Menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada dilevel 13.367 per dolar AS.

Baca Juga

  • Rupiah Terus Menguat ke 13.388 per Dolar AS
  • BI Waspadai Penguatan Rupiah
  • Menunggu Rapat BI, Rupiah Melemah ke 13.455 per Dolar AS

Source: liputan6.com
7 Kampus Ini Mampu Cetak CEO Paling Banyak

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hanya semangat serta kerja keras yang perlu Anda miliki, pengetahuan yang luas pun merupakan sebuah modal awal bagi Anda agar mampu sukses mencapai cita-cita yang diinginkan.

Pengetahuan dan wawasan yang luas dapat Anda dapatkan dengan terus belajar dan menempuh pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Berikut adalah daftar 7 universitas di Inggris yang mempu mencetak CEO atau pemimpin perusahaan paling banyak di dunia dilansir dari Business Insider, Rabu (2/3/2016)

7. Royal Holloway

Royal Holloway merupakan sebuah kampus di Inggris yang didirikan pada 1879. Sistem pengajaran yang baik membuat kampus ini mampu mencetak 2,6 persen dari sarjananya sukses menjadi bos dari sebuah perusahaan.

6. University of London

Universitas ini mampu menampung lebih dari 140 ribu siswa dan 2,9 persen diantaranya sukses menjadi bos perusahaan.

5. Leeds Beckett University

Tadinya, kampus ini dinamakan Metropolitan University. Namun pada 2014, namanya berubah menjadi Leeds Beckett University. Kampus ini mampu menampung 26 ribu siswa dan didapuk sebagai universitas terbesar di Inggris nomor urut 20.

4. Stratchlyde University

Berlokasi di Glasgow, Stratchlyde University merupakan universitas berumur 200 tahun dengan pelajar mencapai 21 ribu jiwa.


Source: liputan6.com
Kekuatan Ekonomi RI Mampu Tangkal Krisis

Liputan6.com, Jakarta Ekonom dari Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri menuturkan perekonomian Negara ini akan semakin membaik apabila Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih cepat konsolidasi dalam setiap kebijakan sehingga tidak menimbulkan kekecewaan publik. Pasalnya, Indonesia sudah bergerak melakukan transformasi, reformasi baik dari sisi fiskal maupun struktural.

"Indonesia semakin jauh dari negara gagal, indeks membaik, didukung banyak orang baik, kompeten, dan menghembuskan visi Indonesia. Tapi memang jalannya lambat," ucap Faisal dalam Diskusi Market & Economic Outlook 2016 `Strategi Investasi di Tahun Monyet` di Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Faisal mengatakan, ada optimisme bahwa Indonesia tidak akan kembali dihantam badai krisis parah seperti 1998 karena memiliki kekuatan ekonomi dan proses demokrasi yang berjalan di Indonesia.

 

Baca Juga

  • Demo Buruh di China Lebih Banyak Dibanding Indonesia
  • Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2016 Diprediksi Capai 5%
  • Kebakaran Lahan Koreksi Pertumbuhan Ekonomi Hingga 0,2%

Source: liputan6.com
Jokowi: Urus Izin di Aceh Harus Selesai dalam Hitungan Jam‎

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi berpesan pada Pemerintah Daerah Aceh agar proses pengurusan izin bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat, lebih tepatnya dalam hitungan jam.

"Saya titip ke Pemda Aceh, dalam kecepatan pelayanan pada masyarakat dan investor, pada arus modal, segera dicepatkan. Jangan ada lagi urus izin dari bulan sampai tahun. Hitungannya sekarang urus izin itu jam," tegas Jokowi, di sela-sela peresmian Bandara Rembele, Aceh, Rabu (2/3/2016).

Jokowi pun memamerkan di ibu kota, DKI Jakarta, untuk mengurus izin telah dilimpahkan semua di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan sistem pelayanan terpadu satu pintu (PTSP). Waktu yang dibutuhkan untuk 8 izin hanya 3 jam.

 

Baca Juga

  • Produsen Sepatu Taiwan Siap Tambah Investasi di RI
  • Genjot Investasi, BKPM Bakal Roadshow ke 10 Provinsi di China
  • 5 Investor Tiongkok Manfaatkan Layanan Izin Investasi 3 Jam

Source: liputan6.com
Pakar Feng Shui: Industri Perbankan RI Masih Penuh Tantangan

Liputan6.com, Jakarta - Industri perbankan di Indonesia diperkirakan masih akan mendapat tantangan yang besar sampai dengan pertengahan tahun ini. Tantangan tersebut karena unsur yang dibawa dalam sektor finansial terutama perbankan adalah unsur air.

Ahli Feng Shui, Mauro Rahardjo dalam diskusi "Strategi Investasi di Tahun Monyet" mengungkapkan, industri finansial terutama perbankan merupakan bisnis yang digolongkan unsur air. Sedangkan tahun ini adalah tahun monyet api dengan unsur api dan metal.

"Jadi perbankan dikhawatirkan gonjang-ganjing karena muncul unsur api di paruh pertama tahun ini. Jadi orang bingung, kalau percaya pada perbankan takut rugi," ujar Mauro di Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Namun setelah itu, di periode paruh kedua 2016, unsur metal yang dibawa monyet akan bekerja lebih kuat sehingga ikut mendongkrak kembali bisnis di sektor perbankan. Aliran uang atau likuiditas diperkirakan lebih lancar paska Agustus 2016.

Baca Juga

  • Data Perbankan Harus Dibuka Demi Penerimaan Pajak
  • GWM Primer Turun, Likuiditas Perbankan Bertambah Rp 34 Triliun
  • Ekonomi Dunia Lesu, Begini Kondisi Industri Perbankan RI

Source: liputan6.com
Alasan RI Belajar E-Government dari Korea Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) baru saja meresmikan pusat pengembangan e-government. Pusat pengembangan tersebut ‎merupakan kerjasama antara Pemerintah RI dan Korea Selatan.

Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi mengatakan, alasan memilih kerjasama dengan Korea Selatan lantaran negara yang terkenal dengan K-Pop-nya tersebut merupakan pemain lama e-government. Bahkan, Korea Selatan merupakan negara nomor satu yang mengimplementasikan e-government.

"Karena Korea Selatan e-government nomor 1 dunia, nomor 2 Singapura, nomor 3 Australia. Kita belajar negara memiliki pengalaman dan kemajuan ‎yang cukup tinggi dalam menyelenggarakan pemerintah berbasis elektronik," kata dia, Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Yuddy mengatakan, pemanfaatan e-government sendiri setidaknya memberikan tiga manfaat. Pertama, proses dokumentasi data pemerintah akan terlaksana lebih baik. Ke dua, tata kelola pemerintah akan lebih efisien karena memanfaatkan teknologi elektronik. Ketiga, penyelenggaraan pelayanan publik akan lebih transparan.

Baca Juga

  • Dewan Minta E-Government Digarap BUMN Nasional
  • Perbaiki Layanan, RI-Singapura Teken MoU e-Government
  • RI dan Korsel Perdalam Kerja Sama Birokrasi

Source: liputan6.com
Ini Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Majalah asal Amerika Serikat (AS) Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di dunia pada 2016. Daftar tersebut berisi miliarder dari 67 negara dan teritori.

Nama Bill Gates, Amancio Ortega, dan Warren Buffet masih merajai ranking tiga besar. Pendiri Amazon Jeff Bezos berada di peringkat lima, sementara pendiri Facebook, Mark Zuckerberg bertengger di posisi enam.

Melansir Forbes, Rabu (2/3/2016), berikut daftar 10 orang terkaya di dunia. Siapa saja?:

10. David Koch


David Koch adalah seorang pebisnis, filantropi dan aktivis politik asal Amerika. Ia bertengger di posisi 10 dengan aset mencapai US$ 39,6 miliar atau setara dengan Rp 526,1 triliun.

9. Charles Koch

Charles de Ganahl Koch adalah seorang Pengusaha Amerika dan filantropi. Dia adalah Pemilik, Ketua Dewan, dan CEO dari Koch Industries. Sementara saudaranya David H Koch menjabat sebagai Executive Vice President. Kekayaan pria ini mencapai US$ 39,6 miliar atau setara dengan Rp 526,1 triliun.

8. Michael Bloomberg


Michael Rubens Bloomberg adalah pendiri Bloomberg L.P., multi-miliarder dan wali kota New York City periode 2002-2014. Ia adalah mitra umum di Salomon Brothers sebelum mendirikan perusahaan layanan perangkat lunak finansial tahun 1981.

Bisnis medianya sukses menyumbang kekayaan hingga US$ 40 miliar atau setara dengan Rp 531,4 triliun.


Source: liputan6.com
Daftar Terbaru Orang Terkaya Indonesia 2016

Liputan6.com, Jakarta - Majalah Forbes baru saja merilis jajaran orang terkaya di 2016. Ada nama-nama baru yang masuk dalam daftar orang paling tajir sejagad ini.

Yang menarik, di Indonesia juga terdapat nama-nama baru yang mengisi daftar 10 besar orang terkaya, meski urutan teratas masih diisi adik kakak Michael dan Budi Hartono.

Berikut daftar lengkap orang-orang terkaya di Indonesia di 2016.

10. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Eddy merupakan pengusaha sukses yang bergerak di industri teknologi dan media. Salah satu perusahaannya yang terkenal adalah Elang Media Teknologi (Emtek). Kekayaannya mencapai US$ 1,6 miliar atau setara Rp 21,2 miliar. Di dunia, Eddy merupakan orang terkaya ke 1121

9. Peter Sondakh

 

Kekayaan Peter berasal dari investasi yang ia tanamkan. Kekayaan pria berumur 66 tahun ini mencapai US$ 1,8 miliar atau sekitar Rp 23,9 triliun. Di dunia, Peter merupakan orang terkaya ke 1011.

8. Murdaya Poo

Kiri ke kanan : Mike Mustapa (Business Unit Manager Enclosure & DIN rail), Murdaya Poo (Shareholder), Ferry Yahya (Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Pemasaran dan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri), Richard Ledgard (Contry Manager ABB in I

Murdaya Poo adalah orang terkaya ke-8 di Indonesia. Di dunia, Murdaya Poo orang terkaya ke 959 dengan kekayaan mencapai US$ 1,9 miliar atau setara Rp 25,2 triliun. Sumber kekayaan Murdaya berasal dari sektor energi, industri dan lainnya.

7. Tahir

Pemilik Mayapada Group ini juga merupakan orang terkaya de 906 di dunia. Tahir memiliki bisnis di sektor perbankan. Kekayaan Tahir mencapai US$ 2miliar atau setara Rp 26,5 triliun.


Source: liputan6.com
4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Tambah Miskin

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada orang yang mampu kaya dalam waktu singkat. Semua perlu proses dan tidak dapat dicapai dalam waktu lama. Untuk itu Anda harus benar-benar mengerti bagaimana Anda mengatur pengeluaran bulanan.

Tahukah Anda, bahwa kebiasaan sering menghambat Anda untuk mendapat kekayaan lebih besar. Lalu apa yang harus Anda rubah dari kebiasaan hingga mampu mendulang untung yang besar? Berikut ulasannya seperti dilansir dalam themuse.com, Rabu (2/3/2016):

1. Tidak punya uang untuk keadaan darurat

Idealnya, setiap orang atau keluarga memiliki dana darurat dengan jumlah paling tidak 3 – 6 bulan dari pendapatan atau pengeluaran pokok setiap bulannya.

Namun, dengan adanya inflasi yang terus meninggi dan mengakibatkan bahan-bahan pokok juga melambung, bisa jadi dana ini akan semakin sulit untuk didapatkan.

2. Hanya membayar minimum untuk kartu kredit

Buat pemegang kartu kredit, adanya fasilitas bayar minimum tagihan kartu kredit bisa menguntungkan, tapi juga bisa membuat celaka. Bank menawarkan fasilitas bayar minimum tagihan kartu kredit per bulan bukan tanpa syarat.

Jika kita terlena oleh fasilitas ini dan terbiasa membayar jumlah minimal tagihan yang tertera pada lembar tagihan setiap bulan, bisa-bisa kita terjerat utang berjibun.

Soalnya, bunga yang dikenakan bakal berlipat-lipat, dari bulan ke bulan, bergantung pada nilai transaksi yang belum dilunasi.

3. Mencatat pengeluaran

Penting bagi mama untuk mencatat pengeluaran ntuk mencatat segala pengeluaran, baik pengeluaran besar ataupun kecil.

Tidak hanya pengeluaran-pengeluaran besar, pengeluaran kecil pun sebaiknya tidak luput untuk dicatat. Hal ini penting agar Anda bisa mengetahui ke mana larinya uang. Dengan begitu, defisit anggaran untuk bulan berikutnya bisa terhindarkan.

4. Tidak punya gambaran jelas tentang pengeluaran

Apabila Anda masih belum mengerti betul mengenai kemana pengeluaran Anda sehari-hari berarti Anda belum paham akan uang yang Anda miliki.

5. Tidak punya rencana untuk bayar utang

Jika Anda memiliki utang maka Anda mungkin juga memiliki keinginan untuk melunasi utang tersebut. Jika Anda benar-benar memiliki keinginan untuk membayar utang-utang Anda, maka hal yang harus benar-benar Anda lakukan adalah mengambil tindakan yang tepat untuk melunasi semuanya.

Setelah melunasi hutang, barulah Anda akan benar-benar bisa menghabiskan hidup dalam keadaan tenang dan bebas utang.

(Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Pemerintah Diminta Menaikkan Gaji dan Tunjangan PNS

Liputan6.com, Jakarta Ekonom dari Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri meminta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaikkan gaji pokok (gapok) Pegawai Negeri Sipil (PNS) apabila anggaran rapat di hotel dan perjalanan dinas dipangkas. Pemerintah dinilai perlu meningkatkan kesejahteraan para aparatur sipil.

"Pak Jokowi janganlah bilang PNS boros, sakit hati para PNS tidak boleh rapat, seminar di hotel. Tambahan PNS itu kan di perjalanan dinas, kalau cuma ngandalin gaji, mati semua PNS. Empati sedikit lah," terang Faisal di Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Lebih jauh Faisal mengimbau agar pemerintah tidak memotong belanja atau pengeluaran rutin PNS. Aparatur sipil negara, sambungnya, sangat membutuhkan kenaikan gaji pokok (gapok), bukan sekadar Tunjangan Hari Raya (THR) yang masuk di gaji ke-14.

 

Baca Juga

  • GANTI DENGAN LINK

Source: liputan6.com
Jokowi Senang Proyek Tol Trans Sumatera Maju Pesat

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meninjau satu dari 3 ruas tol yang sedang dikerjakan, yakni ruas Medan-Kualanamu, di Sumatera Utara. Ia menggarisbawahi pentingnya konektivitas sebuah daerah, untuk memperkuat daya saing melalui ruas tol.

Ruas lainnya adalah Medan-Binjai dan Kualanamu-Tebing Tinggi. Rata-rata panjang tiap ruas tol adalah 17 km.

Dari hasil blusukan, Jokowi melihat pengerjaan sudah cepat dan baik. Selain itu, pengerjaan ini tidak terhalang masalah pembebasan lahan yang berarti.

"Semua pembebasan tanah sudah 97 persen, kurang dikit saja, mendekati Tebing Tinggi baru 40 persen, tapi ini progress sangat baik," ujar Jokowi, Rabu (2/3/2016).

‎Sekretaris Kabinet Pramono Anung menambahkan sejak 1984 hingga 2014, pembangunan ruas tol di Sumatera hanya 34,8 km. Angka itu langsung melonjak 2 kali lipat di tangan Jokowi.

"Sejak 1986 itu cuma dibangun 34,8 km jalan tol di Sumatera. Beliau (Jokowi) 1,5 tahun menjabat 70 km di Sumatera," tutur Pramono.

Pada akhir 2016 ini, ruas tol Medan-Binjai akan selesai dan bisa dilintasi. Sementara, ruas Medan-Kualanamu dan Kualanamu-Tebing Tinggi baru rampung pada pertengahan 2017 mendatang.

Selesainya 3 ruas tol tersebut pada 2017 akan memangkas setengah dari biaya distribusi logistik. Jokowi menegaskan biayanya tidak akan kalah dengan negara-negara tetangga. (Alvin/Zul)


Source: liputan6.com
PLN Berhasil Pasok Listrik ke Pulau Ngenang

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) telah memasok listrik ke Pulau Ngenang, Nongsa, Batam, berkapasitas 8,5 MegaWatt (MW) melalui jaringan interkoneksi bawah laut Batam–Bintan. Adanya listrik di pulau tersebut dapat meningkatkan taraf hidup penduduk pulau yang berada di antara Batam–Bintan tersebut.

“Pasokan listrik diharapkan dapat mendorong dunia industri dan resort di Pulau Ngenang untuk memajukan wilayah tersebut," kata Manajer Senior Public Relations PLN, Agung Murdifi, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu (2/3/2016).

Menurut Agung, saat ini pemanfaatan aliran listrik untuk rumah tangga di wilayah tersebut masih kecil, maka dari itu aliran listrik sebesar 8,5 MW ini merupakan peluang yang bagus untuk masuknya investasi. "Tentunyanantinya pasokan akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan yang meningkat," Agung.

Baca Juga

  • PLN Klaim Limbah Kabel Penyebab Banjir Jakarta Bukan Miliknya
  • PLN Tertibkan Kabel Ilegal di Tiang Listrik Wilayah Jakarta
  • Bos PLN Ancam Pidanakan Pegawai Jika Terlibat Pencurian Listrik

Source: liputan6.com
6 Wanita Terkaya di Dunia, Hartanya Berasal dari Warisan

Liputan6.com, Jakarta - Majalah Forbes baru saja melansir daftar orang terkaya di dunia. Peringkat 10 besar didominasi oleh pria.

Namun ternyata, daftar tersebut juga melansir nama-nama wanita yang memiliki kekayaan tidak sedikit. Siapa saja mereka?

Berikut daftarnya melansir Forbes, Rabu (2/3/2016):

6. Laurene Powell Jobs

Laurene Powell Jobs merupakan istri dari mendiang Steve Jobs. Wanita ini memiliki aset kekayaan US$ 16,7 miliar atau setara dengan Rp 222,6 triliun.

5. Susanne Klatten

 

Wanita usia 53 tahun ini merupakan putri Herbert dan Johanna Quandt. Di usia 53 tahun ia mampu memiliki aset hingga US$ 18,5 miliar atau setara dengan Rp 246,6 triliun.

4. Maria Franca Fissolo

 

Maria Franca Fissolo merupakan istri dari mendiang Michael Ferrero yang membuat Fererro Group. Wanita ini mampu menduduki peringkat tiga dengan total kekayaan mencapai US$ 22,1 miliar atau Rp 294,6 triliun.


Source: liputan6.com
Pakar Feng Shui: Ekonomi RI Makin Bersinar di Tangan Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Setelah terus mendapat tekanan pada 2014 dan 2015, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dapat bekerja dengan tenang sehingga dampaknya terhadap perekonomian Indonesia diprediksi semakin cerah di tahun Monyet Api. Keajaiban tersebut bisa terwujud karena unsur feng shui yang dibawa Presiden Jokowi pada 2016.

Pakar Feng Shui, Mauro Rahardjo menganalisis peruntungan Jokowi di tahun Monyet Api dalam mengelola perekonomian Indonesia. Dijelaskannya, Mantan Walikota Solo ini bershio sapi berdasarkan tanggal kelahirannya 26 Juni 1961. Jokowi lahir pada pukul 09.00 WIB.

"Jokowi beruntung sekali dari tukang mebel jadi Presiden. Ini karena ada kombinasi semua warna ada dalam unsur yang dimilikinya tanah, logam, kayu, cuma warna air (putih) yang tidak dimiliki," ujarnya diJakarta, Rabu (2/3/2016).

Baca Juga

  • Pakar Feng Shui: Industri Perbankan RI Masih Penuh Tantangan
  • Mau Hoki? Hindari Investasi di Bidang Ini
  • Ikuti 6 Tips Feng Shui Ini Agar Isi Kantong Selalu Terisi

Source: liputan6.com
Jokowi: Jakarta Macet karena Pembangunan Terlambat 25 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai kemacetan yang menjadi penyakit sehari-hari di kota-kota besar akibat keterlambatan pembangunan infrastruktur perhubungan. Oleh sebab itu pemerintah terus mendorong pembangunan infrastruktur agar kemacetan tidak terjadi di kota-kota yang sedang dikembangkan. 

"Jangka panjang itu harus, kalau tidak semua kota besar itu macet.Jakarta misalnya, terlambat 25 tahun tidak bangun transportasi massal," kata Jokowi, dalam‎ agenda Reaktivasi jalur Kereta Api Trans Sumatera, Medan-Aceh, di Stasiun Binjai, Sumatera Utara, Rabu (2/3/2016).

Baca Juga

  • Menkeu: Belum Ada Konglomerat Infrastruktur di RI
  • Bangun Infrastruktur Daerah Tak Bisa Hanya Andalkan APBD
  • Pemerintah Perlu Pinjaman untuk Bangun Infrastruktur

Source: liputan6.com
500 Orang Terkaya Dunia Punya Harta Rp 55.224 Triliun

Liputan6.com, New York - Majalah Forbes telah merilis daftar terbaru orang terkaya di dunia 2016. Sebanyak 1.810 orang masuk dalam daftar bergengsi itu dengan total kekayaan US$ 6,48 triliun atau setara Rp 86.022 triliun (kurs Rp 13.275 per dolar AS).

Namun dari total nilai kekayaan tersebut, terkonsentrasi pada 500 orang terkaya di dunia yang mengantongi US$ 4,16 triliun atau setara Rp 55.224 triliun.

 

Baca Juga

  • Daftar Terbaru Orang Terkaya Indonesia 2016
  • Ini Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Dunia
  • 6 Wanita Terkaya di Dunia, Hartanya Berasal dari Warisan

Source: liputan6.com
Baru 19 Tahun, Wanita Ini Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Majalah Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya di dunia 2016. Dalam daftar itu, terdapat 66 orang yang masih berusia di bawah 40 tahun.

Dilansir dari Forbes, Rabu (2/3/2016), angka ini meningkat tiga kali lipat dibandingkan empat tahun lalu, dan meningkat tujuh kali lipat sejak 2010.

Miliarder termuda di dunia adalah remaja Norwegia, Alexandra Andresen, yang menghabiskan sebagian besar waktu mengendarai kuda.

 

Baca Juga

  • 6 Wanita Terkaya di Dunia, Hartanya Berasal dari Warisan
  • Ini Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Dunia
  • Daftar Terbaru Orang Terkaya Indonesia 2016

Source: liputan6.com
Harta Raib Rp 359 Triliun, Pria Ini Telan Rugi Terbesar di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Kekayaan miliarder asal Meksiko Carlos Slim Helú turun US$ 27,1 miliar atau setara Rp 359,75 triliun (kurs: Rp 13.275 per dolar AS) menjadi US$ 50 miliar atau Rp 663,75 triliun pada tahun ini. Pengusaha di bidang telekomunikasi ini menjadi miliarder yang hartanya paling tergerus terbesar di daftar orang terkaya dunia.

Dilansir dari Forbes, Rabu  (2/3/2016), pemilik Teléfonos de México dan América Móvil kini harus turun peringkat dari orang terkaya ke-2 di dunia menjadi posisi ke-4. Pada tahun 2014, Slim kehilangan gelar orang terkaya sejagat digeser Pendiri Microsoft Bill Gates.

 

Baca Juga

  • 6 Wanita Terkaya di Dunia, Hartanya Berasal dari Warisan
  • 500 Orang Terkaya Dunia Punya Harta Rp 55.224 Triliun
  • Baru 19 Tahun, Wanita Ini Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia

Source: liputan6.com
Gempa 8,3 SR Guncang Mentawai, Pasokan Listrik Normal

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menyatakan kondisi listrik di Sumatera Barat masih normal pasca terjadinya gempa berkekuatan 8,3 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Direktur Bisnis PLN Regional Sumatera Amir Rasyidin mengatakan, meski gempa yang terjadi cukup besar, namun tidak terjadi pemadaman listrik di wilayah Sumatera Barat.

"Alhamdulillah di Sumatera Barat saat ini tidak ada pemadaman, terutama akibat gempa,"kata Amir, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (2/3/2016).

Amir menambahkan, untuk wilayahMentawai yang menjadi pusat gempa, juga tidak mengalami gangguan pasokan listrik. "Mentawai juga aman, semoga tidak ada kejadian lain," tegas Amir.

Baca Juga

  • Gempa Mentawai, Warga Padang Panik, Jalanan Macet
  • Diguncang Gempa 8,3 SR, Warga Mentawai Berlarian ke Bukit
  • Peneliti LIPI: Gempa Mentawai, Kecil Kemungkinan Tsunami

Source: liputan6.com
Gempa Mentawai, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) di wilayah Sumatera Barat masih normal pasca terjadinya gempa berkekuatan 8,3 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

"Layanan BBM ke sektor transportasi pasca gempa berjalan normal di Kota Padang," kata Area Manager Communication and Relation Sumatera Bagian Utara, Fitri Erika saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (2/3/2016).

Untuk itu, wanita yang akrab disapa Erika ini mengimbau masyarakat agar tidak perlu panik dan khawatir karena ketersediaan BBM di wilayah Sumatera Barat dalam jumlah yang cukup dan aman.

Baca Juga

  • Gempa 8,3 SR Guncang Mentawai, Pasokan Listrik Normal
  • Gempa 8,3 SR Guncang Mentawai, Alat Komunikasi Terputus
  • Diguncang Gempa 8,3 SR, Warga Mentawai Berlarian ke Bukit

Source: liputan6.com