Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Sabtu, 05 Maret 2016
5 Cara Atur Waktu Usai Bekerja Agar Produktif

Liputan6.com, Jakarta - Selama hidup, kita pasti ingin memiliki prestasi dalam berkarier. Menjadi sukses di bidang yang kita cintai pasti sangat membahagiakan dan membanggakan, dengan begitu Anda akan memiliki kehidupan yang baik.

Seperti dilansir dari lifehack.org, Sabtu (5/3/2016) Dalam kehidupan ini kita sibuk dengan kegiatan yang akan membuat Anda menjadi sukses. Namun, Anda harus memiliki waktu luang untuk orang terdekat. Karena itu terdapat lima panduan untuk membantu Anda lebih memanfaatkan waktu luang.

1. Pulang tepat waktu

Kadang bekerja lembur tidak akan memberikan hasil apa-apa. Jika Anda sering bekerja lembur dan tidak memiliki waktu untuk keluarga, Anda harus dapat mengatur jadwal lebih baik. Agar memiliki waktu yang cukup untuk karir dan kehidupan lainnya.

2.Istirahat selama 30 menit

Anda harus memiliki waktu istirahat selama 30 menit sehari untuk meringankan stres yang dihadapi setiap hari. Anda juga perlu belajar untuk mengevaluasi diri dan berpikir tentang segala sesuatu yang terjadi. Dengan cara ini, pastikan Anda akan beristirahat dan menyelesaikan masalah yang ada di kepala Anda.

3. Rencana liburan akhir pekan

Kita sering mempunyai rencana untuk berlibur di akhir pekan, tetapi sering gagal. Karena itu Anda harus mengambil waktu satu jam untuk mengatur liburan agar jadi berlibur di akhir pekan.

4. Tahu prioritas

Untuk lebih memanfaatkan waktu, Anda harus tahu prioritas untuk melakukan hal-hal yang penting dalam hidup. Jika benar-benar menginginkan sesuatu, Anda harus bisa mewujudkannya dengan berbagai cara untuk mewujudkannya.

5. Olah raga sebelum bekerja

Dengan berolahraga sebelum bekerja Anda akan merasa lebih segar dan lebih siap untuk bekerja. Anda pasti ingin meningkatkan produktif kerja agar tetap fokus dan tenang. Maka dari itu sebelum bekerja Anda harus melakukan olah raga di pagi hari. (Adinda R/Ahm)


Source: liputan6.com
Upaya Atasi Sampah Perumahan di Depok

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai kota yang terbilang padat di Indonesia, Kota Depok berusaha menjadi pioner dalam mengatasi persoalan sampah perumahan.

Masalah sampah yang dihasilkan dari 2,033 juta jiwa ini kian menjadi polemik yang kerap dialami oleh beberapa kota satelit, di tengah sedikitnya lahan untuk pembuangan sampah.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Daerah Kota Depok melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) mematenkan Program Pemilihan Sampah dengan label "Partai Ember".

Program sosialisasi ini merupakan lanjutan dari program bank sampah yang sudah berlangsung sejak 2011.

Seperti dinukil dari www.rumah.com yang ditulis Sabtu (5/3/2016) Burhanudin, Kepala Seksi Operasional DKP Kota Depok menerangkan program partai ember ini merupakan bentuk nyata pemerintah Kota Depok, sebagai kota pertama pencetus program bank sampah setingkat nasional.

"Kemudian, setelah itu banyak kota lain seperti Bogor, Tangerang, DKI Jakarta, Cimahi, dan sebagian kota di Kalimantan, akhirnya mengikuti program kami. Untuk itu, dengan kata lain Partai Ember ini adalah simbol paten bahwa program pilih sampah dengan teknik ember adalah buah pemikiran dari Kota Depok," tambah Burhanudin.

Program partai ember diyakini dapat menyadarkan masyarakat Depok, terutama yang tinggal di bantaran sungai atau kali, untuk lebih disiplin dalam menjaga kebersihan. Burhan menyadari mengubah kebiasaan masyarakat tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Kendati sudah dilakukan sosialisasi sebanyak 500 kali selama 2015, DKP Kota Depok belum melihat adanya perubahan yang signifikan. Untuk itu, pihaknya akan menambah sosialisasi sehingga mencapai 600 kali yang akan disebar ke seluruh kecamatan kota Depok pada 2016.

Burhanudin menambahkan, Pemda Kota Depok menganggarkan dana sebesar Rp 200 juta untuk menyelenggarakan program ember pada 2016.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk menyediakan ember-ember sebagai wadah pilih sampah organik dan non-organik yang akan mewadahi 25 kepala keluarga dengan ember berukuran kecil.

Bentuk sosialisasi "partai ember" yang dilakukan oleh Pemda Kota Depok diwujudkan dengan simulasi peraga kepada ibu-ibu rumah tangga yang sudah dilakukan pada Januari 2016.

Selain dilakukan peraga juga dilakukan penobatan Indra Bekti sebagai Duta Partai Ember oleh Wakil Walikota Depok, Nur Mahmudi.

Program Bank Sampah sendiri memiliki metode pilah sampah rumah tangga yang nantinya setiap warga ikut memilah sampah yang terbagi menjadi organik dan non-organik pada sebuah ember besar.

Ada pun ember-ember tersebut disediakan oleh DKP Kota Depok dan Kelurahan setempat. Pada akhirnya sebagian sampah akan diangkut oleh DKP Kota Depok ke TPA Cipayung, dan sebagian lagi akan dijadikan pupuk kompos dan olahan sampah yang bisa didaur ulang.

Mengenai penamaan partai ember lebih lanjut, Burhanudin juga menjelaskan nama tersebut diambil dari singkatan Efisiensi, Mudah, dan Bersih. Selain itu bertujuan juga agar mudah diingat oleh masyarakat dan mengurangi stigma negatif dari istilah partai.

"Meskipun masyarakat apatis terhadap partai politik, atau selama ini masyarakat cukup sensitif dengan kepartaian, setidaknya Partai Ember tidak menyebalkan dan bahkan sangat menguntungkan," ujar Burhanudin.

Pemda Kota Depok berharap, dengan adanya program ini akan memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk bergerak bersama mewujudkan Kota Depok yang bersih, nyaman, dan sehat. (Kantri M/Ahm)

foto: depok.go.id


Source: liputan6.com
Ragam Jenis Rumput untuk Taman Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu bagian penting dari estetika hunian, taman kerap menghiasi tampilan depan rumah Anda.

Rata-rata rumah dengan tipe 36/72 memiliki tanah sisa sekitar 300cm × 300cm. Luas yang terbatas ini semestinya Anda manfaatkan untuk menghijaukan hunian. Setelah diberi tanaman pot dan pijakan kaki, hamparan rumput hias tentunya wajib masuk daftar "berkebun" Anda.

Merawat rumput hias bukan pekerjaan yang rumit, Anda cukup melakukan pemangkasan dan pemupukan secara berkala tanpa harus mengubah lanskap yang telah ada.

Setelah disemai oleh tukang kebun, benih rumput biasanya memerlukan waktu antara 5 sampai dengan 10 hari.

Soal pencahayaan dan kelembaban udara, hal ini bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan rumah Anda. Untuk memahami lebih lanjut mengenai jenis rumput yang pas untuk rumah Anda, simak artikel yang dikutip dari Rumah.com berikut ini seperti ditulis Sabtu (5/3/2016).

Rumput Gajah Lokal

Rumput Gajah sangat mudah ditanam dan harganya paling murah. Namun karena teksturnya yang kurang bagus karena ukuran helai daunnya yang besar dan kasar, rumput ini jarang digunakan untuk menghias taman. Kelebihannya, rumput gajah tahan pijakan kaki manusia dan dapat bertahan meskipun kekurangan air.

Rumput Gajah Mini

Gajah mini menjadi jenis rumput yang paling banyak dipilih untuk taman. Selain harganya yang terjangkau, perawatannya juga relatif mudah. Yang membedakanya dengan rumput gajah biasa adalah teksturnya lebih bagus dan lebih kecil.

Rumput ini mudah tumbuh dengan penyinaran matahari 50 persen, hanya memerlukan sedikit pupuk dan dipangkas sebulan sekali. Oh iya, rumput ini juga tahan terhadap pijakan kaki manusia, sehingga cocok di aplikasikan pada taman bermain anak-anak.

Rumput Gajah Mini Variegata

Berbeda dengan gajah mini, jenis Variegata memiliki campuran warna putih yang cukup banyak pada setiap helai daunnya. Dari sisi harga, Variegata sedikit lebih mahal daripada rumput gajah mini. Kelebihannya hampir mirip dengan gajah mini karena daunnya yang tidak cepat panjang sehingga perawatannya cukup mudah dan tidak perlu dipotong setiap bulan.

Rumput Jepang


Rumput Jepang menjadi pilihan favorit selanjutnya yang banyak dipilih oleh para developer menghias taman hijaunya. Rumput jenis ini memiliki bentuk yang rapi, helai daunnya kurus dan tumbuh rapat.

Meski begitu, memerlukan perawatan yang lebih banyak dibanding gajah mini. Seperti pemupukan urea dua kali sebulan, penyiraman secara rutin, pemangkasan sebulan sekali, sampai dengan pencahayaan yang cukup.

Rumput Peking

Jenis rumput yang satu ini hampir mirip dengan rumput Jepang. Yang berbeda, helai daunnya tumbuh lebih jarang dan teksturnya lebih lembut.

Tampilan yang rapi dan terkesan mewah membuat harganya relatif mahal. Soal perawatan, rumput Peking memiliki ketahanan cuaca yang baik di musim hujan. Rumput ini sempat menjadi idola sebelum tahun 2000.

Rumput Swiss

Rumput Swiss merupakan rumput paling halus dari semua jenis rumput. Tidak heran jika harganya paling mahal dan memerlukan perawatan ekstra.

Jika ingin memelihara rumput Swiss di pekarangan rumah, pastikan pencahayaannya minimal 80 persen, dipotong minimal sebulan sekali, dan diberikan pupuk urea.

Pastikan rumput ini berada di area kering, sebab di iklim lembab, rumput jenis ini tidak bisa tumbuh maksimal.

Rumput Golf


Rumput golf memang jarang digunakan untuk menghias taman di perumahan. Selain harganya yang mahal, perawatannya juga cukup rumit.

Rumput ini memerlukan penyinaran matahari 100 persen, dipotong minimal dua minggu sekali, serta tidak tahan diinjak.

Akan tetapi dibalik itu semua, rumput golf memiliki ukuran pendek yang menawan, sehingga sangat cantik untuk lansekap padang luas. (Isnaini K/Ahm)

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 


Source: liputan6.com
Cara Mendesain Dapur Sempit

Liputan6.com, Jakarta - Luas dapur yang terbatas kerap menjadi kemelut bagi pemilik rumah tipe sederhana. Biasanya kategori dapur sempit memiliki luas sekitar 2 meter x 1,5 meter.

Kondisi ini mudah Anda temui saat mencari rumah baru dengan tipe 36, 40, atau 42, seperti yang ada di perumahan Nirwana Golden Park, Griya Pondok Rajeg, dan Cahaya Garuda Residence.

Kepada Rumah.com, seperti ditulis Sabtu (5/3/2016), pakar desain interior dari Aradesliving.com, Indra Ellington Saputra, mengungkapkan beberapa faktor yang perlu dicermati saat mendesain area dapur yang minim.

Pertama, dalam mendesain dapur ada istilah teknis yang disebut dengan golden triangle principle. Istilah ini yaitu posisi tiga fungsi alat dapur menyerupai sudut atau ujung segitiga, yang bertujuan agar kegiatan di dapur berjalan secara efisien.

Ketiga fungsi tersebut meliputi kompor (fungsi pengolahan makanan), sink (fungsi kebersihan), dan lemari es (fungsi penyimpanan).

Pada dapur sempit, cara menyiasati tatanan ini adalah menyusun ketiga fungsi tersebut sejajar atau linear. Idealnya lemari es tidak dekat sumber panas (kompor dan udara luar), sehingga kinerjanya tidak terlalu keras dan jadi lebih awet. Usahakan juga terdapat celah sirkulasi udara yang memadai.

(Sumber: dk2kitchens.co.uk)

Kedua, sediakan preparation space untuk mengakomodasi kegiatan pendukung. Misalnya area memotong sayur mayur, blender, menanak nasi, meletakkan bahan makanan yang akan diolah atau memindahkan hasil masakan ke piring.

Ketiga, budget dan material. Beberapa pengembang perumahan baru biasanya membekali dapur dengan counter dari beton yang dilapisi ubin keramik.

Perlu diperhatikan untuk Anda yang berencana membuat counter sendiri, sebaiknya ketinggian work space dari lantai hanya 85 cm. Dak beton juga tidak perlu terlalu tebal cukup 8-10 cm saja.

Material keramik biasanya digunakan sebagai alasnya. Apabila memungkinkan, Anda bisa memakai homogenous tile agar tampak rapi, rata, dan nat yang lebih rapat.

Sebagai catatan, jangan gunakan material bangunan dan furnitur yang sensitif terhadap panas, seperti PVC sheet untuk finishing kabinet dapur.

Keempat, penerangan yang cukup. Lampu jangan terlalu banyak dipasang di plafon karena biasanya akan menghasilkan bayangan pada counter. Oleh karena itu berilah penerangan ekstra di dekat counter.

Kelima, sirkulasi udara memadai. Dapur yang terlalu panas bisa menimbulkan kesan tidak nyaman serta merusak peralatan dapur. Bila dapur Anda tak dilengkapi jendela, alternatifnya adalah memasang exhaust fan di plafond.

Penempatan jendela di dapur sebaiknya tidak dekat kompor walau banyak yang mempraktekkan sebaliknya. (Sumber: hgtv.com)

Keenam, warna. Cat dinding berwarna terang seperti putih, krem, beige, sebaiknya diaplikasikan pada dapur, supaya bisa memantulkan cahaya guna menunjang aktivitas di sana. Mengingat, kegiatan di dapur tergolong cukup berbahaya.

Ketujuh, gunakan perabot multifungsi. Contohnya, kabinet penyimpanan yang bisa ditarik keluar untuk dijadikan alas tambahan saat mempersiapkan bahan masakan.

Terakhir, dapur biasanya memerlukan storage space, sehingga dinding kosong bagian atas biasanya dipasangkan kabinet gantung. Agar tak terlihat sesak, perhatikan warna cat kabinet dan arah pencahayaannya. (Fathia A/Ahm)

Foto: Pixabay


Source: liputan6.com
Mau Menikah tapi Masih Bekerja? Ini Cara Aturnya

Liputan6.com, Jakarta - Menikah dan mampu menempuh kehidupan bersama pasangan merupakan impian banyak orang. Namun seringkali banyak orang yang sulit untuk mengatur keperluan mereka untuk menikah karena masih bekerja.

Lalu bagaimana cara mensiasatinya? Berikut cara yang dapat ditempuh seperti dilansir dari laman themuse.com, Sabtu (5/3/2016):

1. Tahu kondisi saat ini

Sebelum membuat keputusan, cobalah renungkan kondisi Anda saat ini. Hal apa saja yang Anda perlukan agar mampu mengurus seluruh keperluan dengan baik.

2. Membuat to do list

To do list ini berfungsi sebagai bahan yang dapat membantu Anda untuk mengingat hal apa saja yang harus dilakukan. Dengan membuat to-do-list Anda pun dapat dengan lebih mudah mengorganisir pekerjaan yang ingin dilakukan.


Source: liputan6.com
Mau Jadi Pengusaha Sukses? Lakukan 3 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Banyak contoh pengusaha di dunia yang mampu meraih sukses tanpa jenjang pendidikan yang tinggi. Bill Gates dan Steve Jobs misalnya. Duo miliarder ini berhasil membangun perusahaan teknologi terbesar di dunia, Microsoft dan Apple.

Mereka berdua membuktikan bahwa sukses sebenarnya tidak ditentukan dari seberapa tinggi pendidikan Anda melainkan sekeras apa keinginan untuk selalu belajar.

Selain belajar, kemampuan apa lagi yang dapat kuasai Anda kuasai agar mampu sukses? Berikut ulasannya seperti dilansir dari entrepreneur.com, Sabtu (5/3/2016):

1. Bisa berkomunikasi dengan baik

Pengusaha yang hebat merupakan mereka yang mampu mengkomunikasikan apa yang ada di pikiran dengan baik. Dengan menguasai teknik komunikasi ini maka Anda akan pun mampu untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

2. Multitasking

Banyak sumber yang mengungkap bahwa multitasking merupakan kegiatan yang tidak sepatutnya untuk dilakukan. Namun, hal tersebut bukan berarti tidak bisa dilakukan. Anda dapat melakukan kegiatan multitasking ini dengan terlebih dahulu membuat daftar pekerjaan apa saja yang harus dilakukan.

3. Perhatikan detil

Mengecek ulang pekerjaan yang sudah selesai adalah yang wajar. Namun, orang yang sangat memperhatikan detail akan melihat ulang dan memastikan tidak ada yang salah dalam pekerjaannya. Dia akan melakukan pengecekan berulang-ulang sampai merasa bahwa pekerjaannya benar-benar tepat dan sempurna. (vna/nrm)

 


Source: liputan6.com
Ini Rumah Berlibur Para Miliarder

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang miliarder berarti Anda memiliki segudang harta yang dapat dihabiskan. Selain menggunakannya untuk keperluan bisnis, para miliarder ini juga sering berinvestasi untuk membeli properti.

Rumah tersebut biasanya mereka gunakan untuk menikmati waktu senggang bersama keluarga. Melansir Forbes, Sabtu (5/3/2016) berikut 5 rumah miliarder yang biasanya digunakan untuk berlibur.

Bill Gates

Orang terkaya di dunia ini menghabiskan sebagian besar waktunya di sebuah rumah yang terletak di Washington DC. Ia juga memiliki beberapa properti lain yang tersebar di beberapa negara bagian Amerika Serikat.Kabarnya, ia juga memiliki lapangan pacuan kuda di belakang rumahnya.

Mark Zuckerberg

Bos Facebook ini membeli rumah seluas 350 hektar pada 2014. Rumah yang terletak di kepulauan Hawaii tersebut dibanderol seharga US$ 100 juta atau setara dengan Rp 1,3 triliun.

Michael Bloomberg

Bos media ini rela merogoh koceknya hingga US$ 26 juta atau Rp 342,1 miliar untuk membeli sebuah rumah mewah di kota London.

Rumah tersebut bukanlah rumah pertamanya di Inggris. Ia juga memiliki sebuah rumah lain di Cadogan Square, Inggris.

Eric Schmidt

Bos dari Alphabet ini membeli sebuah rumah pada 2007 seharga US$ 20 juta atau sekitar Rp 261,78 miliar. Rumah ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas lain seperti empat kamar tidur, halaman belakang yang luas serta kamar tidur utama seluas 1.300 kaki persegi.

Roman Abramovich

Bos dari klub bola Chelsea ini membeli sebuah rumah di kepulauan Karibia pada 2009. Rumah tersebut dibeli dengan harga US$ 90 juta atau Rp 1,18 triliun.

(Vna/Ahm)


Source: liputan6.com
Korsel dan Taiwan Bakal Bangun Ratusan Bioskop di RI

Liputan6.com, Jakarta - Investor merespons positif keseriusan pemerintah mendorong berkembangnya industri film nasional melalui jumlah bioskop makin diperbanyak.

Badan Koordinasi Penanaman Modal/BKPM mengidentifikasi minat dua investor dari Korea Selatan dan Taiwan untuk masuk dalam bidang usaha di sektor ekonomi kreatif ini. Pasar Indonesia yang besar dengan populasi 255 juta penduduk menjadi salah satu daya tarik utama industri hiburan ini.

Investor asal Korea Selatan yang cukup serius telah mengalokasikan US$ 200 juta (setara dengan Rp 2,78 triliun dengan kurs dolar AS Rp 13.900) untuk membangun 80-100 titik layar baru di Indonesia.

Sementara Perusahaan asal Taiwan yang telah lama bergerak di bidang industri sinema telah menyiapkan dana US$ 5 juta (sekitar Rp 69,5 miliar dengan kurs dolar AS Rp 13.900) sebagai investasi awal di Indonesia.

Baca Juga

  • Cineplex Siap Bersaing dengan Bioskop Asing
  • Investor Asing Didorong Buka Bioskop di Daerah
  • Bioskop Boleh Dimiliki Asing Asal Tayangkan 60% Film Indonesia

Source: liputan6.com
Top 3: Biang Kerok Setoran Bea Cukai Amblas Bikin Penasaran

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan (DJBC Kemenkeu) membeberkan beberapa faktor utama penyebab anjloknya penerimaan negara dari sektor bea cukai hingga akhir Februari 2016.

Setoran bea cukai kepada negara turun signifikan menjadi Rp 8,11 triliun dibanding pencapaian 1 Januari-28 Februari 2015 sebesar Rp 22,55 triliun.

Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi saat berbincang dengan wartawan mengungkapkan, penurunan penerimaan bea cukai sampai dengan 29 Februari ini dipicu kenaikan tarif cukai rokok sebesar 11,3 persen pada 2016.

Artikel ini biang kerok setoran bea cukai amblas telah menyita perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com. Tak hanya itu saja, daftar negara memiliki kualitas hidup terburuk juga membuat penasaran pembaca.

Penasaran dengan artikel terpopuler lainnya? Berikut daftar artikel terpopuler yang dirangkum pada Sabtu (5/3/2016):

1. Ini Biang Kerok Setoran Bea Cukai Amblas

Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan (DJBC Kemenkeu) membeberkan beberapa faktor utama penyebab anjloknya penerimaan negara dari sektor bea cukai hingga akhir Februari 2016. Setoran bea cukai kepada negara turun signifikan menjadi Rp 8,11 triliun dibanding pencapaian 1 Januari-28 Februari 2015 sebesar Rp 22,55 triliun.

Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi saat berbincang dengan wartawan mengungkapkan, penurunan penerimaan bea cukai sampai dengan 29 Februari ini dipicu kenaikan tarif cukai rokok sebesar 11,3 persen pada 2016. Selengkapnya baca di sini

2. 6 Kota dengan Kualitas Hidup Terburuk di Dunia

Setiap tahun, perusahaan konsultan global Mercer mengeluarkan Quality of Living Index. Ini sebuah daftar yang menunjukkan negara mana yang memiliki kualitas hidup paling baik.

Namun di antara beberapa kota tersebut, terdapat beberapa negara yang memiliki kualitas hidup terburuk. Salah satunya N`Djamena, Chad.

Kota di salah satu negara termiskin di dunia ini telah menderita di tangan kelompok Islam militan Boko Haram. Kelompok ekstrem Islam ini sering melakukan bom bunuh diri di kota. Selengkapnya baca di sini

3. Simak Cara Orang Kaya Habiskan Uangnya

Walaupun perekonomian dunia masih bergejolak, jumlah orang terkaya dunia masih tetap banyak. Bahkan cenderung bertambah setiap tahunnya.

Demikian pula, gaya hidup mereka pun tak terhalangi dengan kondisi ekonomi dunia. Laporan yang dikeluarkan Knight Frank Wealth mengungkap, bagaimana orang-orang terkaya dunia menghabiskan uangnya.

Ternyata sebagian dari mereka menyalurkan uang, antara lain untuk membeli barang-barang super mahal. Ingin tahu apa saja?. Selengkapnya baca di sini

 

Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 


Source: liputan6.com
Data Tenaga Kerja AS Angkat Wall Street

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Amerika Serikat (AS) melanjutkan penguatan menjelang akhir pekan ini setelah data tenaga kerja mengurangi kekhawatiran investor terhadap ekonomi lesu.

Untuk pertama kalinya sejak awal Januari, indeks saham Dow Jones naik di atas 17.000. Ini menunjukkan pelaku pasar melihat sejumlah level psikologis yang signifikan.

Selain itu, reli bursa saham AS juga menyusul data tenaga kerja non sektor pertanian bertambah 242 ribu pada Februari 2016. Namun, inflasi menjadi faktor kunci keputusan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga AS.

"Angka ini menunjukkan ekonomi kuat, dan the Federal Reserve punya waktu, tidak harus lari tergesa-gesa untuk menaikkan suku bunga," kata John Brady, Direktur R.J O`Brien and Associates seperti dikutip dari laman Reuters, Sabtu (5/3/2016).

Baca Juga

  • Wall Street Menguat Ditopang Saham Energi
  • Sektor Saham Energi dan Bank Angkat Wall Street
  • Mengekor Wall Street, Bursa Asia Dibuka Menguat

Source: liputan6.com
Sinyal Produksi AS Turun Picu Harga Minyak Menguat

Liputan6.com, New York - Harga minyak patokan Amerika Serikat (AS) mampu naik ke level tertinggi pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini seiring fokus pelaku pasar beralih terhadap tanda-tanda menurunnya produksi AS.

Pelaku pasar juga melihat potensial pembekuan produksi minyak oleh produsen utama. Penurunan jumlah rig pengeboran yang aktif di AS untuk 11 minggu berturut-turut juga membantu kenaikan harga minyak.

Pada penutupan perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), di New York Mercantile Exchange, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 3,9 persen menjadi US$ 35,92 per barel. Angka tersebut merupakan level tertinggi sejak 5 Januari 2016. Selama sepekan, harga minyak WTI menguat 9,6 persen.

Harga minyak Brent bertambah US$ 1,65 atau 4,5 persen menjadi US$ 38,72 per barel di London`s ICE Future Exchange. Angka itu merupakan level tertinggi sejak 10 Desember 2016. Harga minyak Brent telah menguat 9,3 persen selama sepekan.

Baca Juga

  • Harga Minyak Dorong Penguatan Bursa Asia
  • Harga Minyak Dunia Naik Tipis Jelang Akhir Pekan
  • Harga Minyak RI Naik Jadi US$ 28,92 per Barel

Source: liputan6.com
Data Ekonomi AS Dorong Harga Emas Naik

Liputan6.com, New York - Harga emas kembali menguat pada perdagangan menjelang akhir pekan, dan menyentuh level tertinggi dalam 13 bulan. Penguatan harga emas didukung dari rilis data tenaga kerja Amerika Serikat (AS) pada Februari yang sehat.

Harga emas untuk pengiriman April naik 1 persen ke level US$ 1.270,70 per ounce. Penutupan harga emas ini tertinggi sejak 2 Februari 2015. Emas telah mencatatkan penguatan 4,1 persen selama sepekan.

Selain itu, harga emas juga diikuti kenaikan harga perak sekitar 3,6 persen menjadi US$ 15.694 per ounce. Harga perak telah menguat 6 persen selama seminggu.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Naik Lagi Rp 4.000 per Gram
  • Harga Emas Naik, Sentuh Level Tertinggi Dalam Setahun
  • Data Tenaga Kerja AS Dukung Penguatan Harga Emas

Source: liputan6.com
Inalum Bakal Jadi Induk Holding BUMN Tambang

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah menegaskan akan ada pembentukan holding BUMN pada 2016, yaitu holding BUMN di sektor jalan tol dan sektor tambang.

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) / Inalum akan menjadi induk holding di sektor tambang. Inalum akan membawahi PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, PT Bukit Asam (Persero)‎ Tbk dan PT Timah (Persero) Tbk.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media‎ Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno menjelaskan meski Inalum akan jadi induk holding, namun hal itu hanya bersifat sementara.

"Karena saat ini hanya Inalum yang sahamnya 100 persen dimiliki pemerintah, jadi mudah dikontrol oleh pemerintah, nanti tahap selanjutnya akan ada New Co, inalum turun sejajar dengan yang lain," kata Fajar saat berbincang dengan wartawan seperti ditulis, Sabtu (5/3/2016).

Baca Juga

  • Kementerian BUMN Bakal Bentuk Holding Perusahaan Jalan Tol
  • Ini 6 Sektor BUMN yang Jadi Prioritas Pembentukan Holding
  • 17 BUMN Ini Tekan MoU Kerja Sama di Sektor Maritim

Source: liputan6.com
Belanja Pegawai Dominan, Pemda Diimbau Tak Rekrut PNS

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah daerah (Pemda) yang mengalokasikan anggaran belanja pegawainya lebih besar dari pada anggaran pembangunan, tidak boleh merekrut pegawai negeri sipil (PNS) baru.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tidak akan menyetujui pengajuan tambahan PNS.

"Kalau belanja pegawai di APBD sudah lewat 50 persen, kemungkinan tidak akan dipenuhi permintaan pengajuan formasi CPNS," kata Asisten Deputi bidang Perumusan Kebijakan  Pengadaan  SDM dan Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Arizal, di Jakarta, Sabtu (5/3/2016).

Dia mengatakan masyarakat harus mendapat manfaat lebih besar lewat anggaran pembangunan. Jika kebutuhan jumlah pegawai terus dipenuhi, anggaran yang dipakai untuk pembangunan bagi kepentingan masyarakat semakin berkurang.

"Nanti masyarakat akan bertanya-tanya, APBD tidak dipakai bangun jalan atau jembatan, tetapi hanya dipakai untuk bayar gaji pegawai Pemda saja," kata dia.

Baca Juga

  • Tunjangan Kinerja PNS Naik, Anggaran Negara Jebol
  • Pemerintah Anggarkan Gaji PNS Rp 347 Triliun Tahun Ini
  • Jumlah PNS Bakal Dipangkas karena Belanja Pegawai Tinggi

Source: liputan6.com
Industri Perawatan Pesawat RI Miliki Daya Saing di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Saleh Husin menegaskan paket kebijakan ekonomi efektif menggairahkan industri perbaikan dan perawatan pesawat (maintenance, repair and overhaul/ MRO).

Daya saing yang menguat memberi peluang lebih besar bagi perusahaan di industri ini berkompetisi dengan perusahaan sejenis di luar negeri.

Pemerintah, melalui paket kebijakan ke-8 telah membebaskan bea masuk 21 pos tarif komponen pesawat udara, menyusul empat pos tarif komponen pesawat udara yang diusulkan Kementerian Perindustrian telah dibebaskan pada 2013.

"Industri penerbangan menjadi lebih efisien dan memiliki daya saing, sehingga dalam menghadapi persaingan usaha industri dalam negeri mempunyai daya saing, utamanya dalam menghadapi MEA," ujar Saleh dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/3/2016).

Perhitungan Saleh, saat ini sebanyak 70 persen di antaranya melakukan perbaikan serta perawatan di perusahaan MRO luar negeri. Hal ini menurut Saleh harus diakui namun dari sisi lain merupakan peta peluang yang dapat dimanfaatkan MRO Indonesia.

Baca Juga

  • Grup Lion Gandeng Triumph Aviation untuk Perawatan Mesin Pesawat
  • Menperin: Perusahaan Jasa Perawatan Pesawat Siap Ekspansi
  • Jurus GMF AeroAsia Perkuat Pasar Perawatan Pesawat

Source: liputan6.com
Nasib Holding BUMN Ada di Tangan 3 Perusahaan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN telah menetapkan enam sektor perusahaan yang akan dijadikan prioritas holding‎ di masa pemerintahan Presiden RI Joko Widodo.

Enam sektor tersebut yaitu sektor jalan tol, pertambangan, minyak dan gas, perbankan, perumahan serta jasa konstruksi ‎dan rekayasa.

Untuk mengkaji rencana pembentukan holding BUMN tersebut layak atau tidak, dan jika layak, bagaimana mekanismenya, Menteri BUMN Rini Soemarno telah menunjuk PT Danareksa (Persero), PT Mandiri Sekuritas dan PT Bahana Securities (Persero).

"Mereka ditunjuk untuk mengkaji enam BUMN, kajiannya kita kasih waktu satu bulan," kata ‎Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah, Sabtu (5/3/2016).

Baca Juga

  • 17 BUMN Ini Tekan MoU Kerja Sama di Sektor Maritim
  • Ini 6 Sektor BUMN yang Jadi Prioritas Pembentukan Holding
  • Pemerintah Bakal Bentuk Perusahaan Holding Pelindo I hingga IV 

Source: liputan6.com
China Targetkan Pertumbuhan Ekonomi di Atas 6,5%

Liputan6.com, Hong Kong - Pemerintah China menargetkan pertumbuhan ekonomi antara 6,5 persen-7 persen pada 2016. Pertumbuhan ekonomi China diharapkan mencapai 7 persen untuk lima tahun ke depan.

Penetapan target ekonomi itu di tengah pemerintah pusat berjuang untuk mengatasi perlambatan ekonomi. Target pertumbuhan ekonomi itu dimuat dalam laporan kerja Perdana Menteri Li Keqiang dalam pertemuan tahunan legislatif di Beijing.

China mencatatkan pertumbuhan ekonomi 6,9 persen pada 2015. Pertumbuhan ekonomi China itu paling lambat dalam 25 tahun. Ekonomi melambat seiring penurunan permintaan dalam negeri dan global, ditambah kelebihan kapasitas industri dan investasi yang goyah.

Sejumlah ekonom pun mengharapkan, pertumbuhan ekonomi China sekitar 6,5 persen pada 2016. Setelah puluhan tahun melakukan ekspansi, pemerintah pun berusaha menggeser mesin pertumbuhan ekonomi dari manufaktur dan investasi menjadi mendorong sektor jasa dan belanja konsumen.

Baca Juga

  • Demo Buruh di China Lebih Banyak Dibanding Indonesia
  • Belanja di Luar Negeri, Warga China Habiskan Rp 2.449 Triliun
  • PBOC: Ekonomi China Akan Segera Pulih

Source: liputan6.com
Jurus PLN dan Swasta Wujudkan Pemerataan Listrik di RI

Liputan6.com, Jakarta - Pengembang swasta mengharapkan komitmen terkait seluruh persyaratan proyek listrik 35 ribu mega watt (MW). Hal itu sesuai dengan berita acara yang disepakati oleh perwakilan PLN dan pengembang swasta.

Dengan kesepakatan itu diharapkan tidak ada alasan bagi PLN untuk mempersulit dan menunda kontrak dengan harga beli yang sudah diatur dalam peraturan berlaku agar pembangunan pembangkit listrik untuk kepentingan nasional dapat segera direalisasikan.

Sebelum pertemuan antara pengembang swasta, kementerian ESDM dan PLN telah menyepakati dan menuntaskan seluruh persyaratan (teknis, legal dan finansial) untuk memastikan target penyelesaian keuangan dan proyek sesuai tepat waktu.

Pengembang swasta siap merealisasikan program 35.000 MW untuk Indonesia. PLN pun siap melaksanakan kesepakatan tersebut, dan berkomitmen untuk melaksanakan perjanjian jual beli tenaga listrik dengan pengembang listrik swasta sesuai aturan berlaku.

Baca Juga

  • Pengembang Mulai Ragukan Lagi Proyek Listrik 35.000 MW
  • Menteri ESDM: Proyek 35 Ribu MW Bukan Target tapi Kebutuhan
  • BKPM Tengah Kawal 22 Proyek Pembangunan Pembangkit Listrik

Source: liputan6.com
Begini Risiko Pengembangan Blok Masela di Lepas Pantai

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan rencana pengembangan blok Masela yang merupakan blok gas terbesar di dunia, apakah akan dibangun di lepas pantai (offshore) atau di darat‎ (onshore).

Engelina Pattasiana, Direktur Archipelago Solidarity foundation‎ yang juga mewakili masyarakat Maluku mengusulkan untuk pengembangan blok Masela harus dilakukan di darat. Setidaknya ada beberapa alasan yang diungkapkannya mengapa harus dibangun di darat.

Pertama, jika pengembangan blok dilakukan di lepas pantai, akan memicu berbagai konflik antara Indonesia dengan Australia.

"Ini karena kalau mau dibangun di lepas pantai, akan berada di perbatasan Indonesia-Australia, padahal di sana juga ada blok gas yang sama, tapi milik Australia," kata dia di Jakarta, Sabtu (5/3/2016).

Baca Juga

  • Blok Masela Bakal Jadi Proyek Gas Terbesar di Dunia
  • Keputusan Pengelolaan Blok Masela ke Pertamina Ada di Pemerintah 
  • Kadin Usul Pengolahan Gas Blok Masela Dibangun di Darat

Source: liputan6.com
Top 3: Kemampuan yang Dikuasai Agar Jadi Pengusaha Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Banyak contoh pengusaha di dunia yang mampu meraih sukses tanpa jenjang pendidikan yang tinggi. Bill Gates dan Steve Jobs misalnya. Duo miliarder ini berhasil membangun perusahaan teknologi terbesar di dunia, Microsoft dan Apple.

Mereka berdua membuktikan bahwa sukses sebenarnya tidak ditentukan dari seberapa tinggi pendidikan Anda melainkan sekeras apa keinginan untuk selalu belajar.

Artikel mau jadi pengusaha sukses? lakukan tiga hal ini telah menyedot perhatian pembaca pada Sabtu (5/3/2016).

Selain itu, artikel rumah milik miliarder juga membuat penasaran pembaca di kanal bisnis Liputan6.com.

Penasaran dengan artikel terpopuler di kanal bisnis? Berikut tiga artikel terpopuler yang telah dirangkum:

1. Mau Jadi Pengusaha Sukses? Lakukan 3 Hal Ini

Banyak contoh pengusaha di dunia yang mampu meraih sukses tanpa jenjang pendidikan yang tinggi. Bill Gates dan Steve Jobs misalnya. Duo miliarder ini berhasil membangun perusahaan teknologi terbesar di dunia, Microsoft dan Apple.

Mereka berdua membuktikan bahwa sukses sebenarnya tidak ditentukan dari seberapa tinggi pendidikan Anda melainkan sekeras apa keinginan untuk selalu belajar. Selain belajar, kemampuan apa lagi yang dapat kuasai Anda kuasai agar mampu sukses? Selengkapnya baca di sini

2. Ini Rumah Berlibur Para Miliarder

Menjadi seorang miliarder berarti Anda memiliki segudang harta yang dapat dihabiskan. Selain menggunakannya untuk keperluan bisnis, para miliarder ini juga sering berinvestasi untuk membeli properti.

Rumah tersebut biasanya mereka gunakan untuk menikmati waktu senggang bersama keluarga. Melansir Forbes, Sabtu 5 Maret 2016, berikut 5 rumah miliarder yang biasanya digunakan untuk berlibur. Selengkapnya baca di sini

3. Cara Mendesain Dapur Sempit

Luas dapur yang terbatas kerap menjadi kemelut bagi pemilik rumah tipe sederhana. Biasanya kategori dapur sempit memiliki luas sekitar 2 meter x 1,5 meter.

Kondisi ini mudah Anda temui saat mencari rumah baru dengan tipe 36, 40, atau 42, seperti yang ada di perumahan Nirwana Golden Park, Griya Pondok Rajeg, dan Cahaya Garuda Residence. Selengkapnya baca di sini


Source: liputan6.com