Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Selasa, 22 Maret 2016
Kendaraan Pakai BBG Jauh Lebih Efisien Ketimbang BBM

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan bahan bakar gas (BBG) untuk kendaraan dinilai jauh lebih efisien ketimbang menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Salah satu sebabnya, harga gas jauh lebih murah ketimbang harga BBM.

Seperti diungkapkan Mahmud (51) salah satu supir bajaj BBG di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Dia mengatakan, dalam sehari biasanya mengisi BBG di Mobile Refueling Unit (MRU) sebesar Rp 32 ribu.

Dengan harga BBG yang dijual PGN sebesar Rp 3.100 per liter setara premium (LSP), per hari Mahmud bisa mengisi sekitar 10 LSP.

"Sekali isi paling Rp 16 ribu, itu dari pagi sampai siang. Kalau sehari bisa dua kali mengisi," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Baca Juga

  • Gunakan Gas PGN, Penghuni Rusun Kebon Kacang Merasa Aman
  • Pakai Jaringan Gas Pipa Untungkan Pedagang Skala Rumah Tangga
  • Pertamina Mulai Bangun Jaringan Gas Terbesar di RI

Source: liputan6.com
Ini 10 Perusahaan Paling Dikagumi di Seluruh Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak ingin bekerja di perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Apple atau Nike? Pasti sebagian besar orang ingin. Alasannya, ketiga perusahaan tersebut memiliki nama besar yang bisa menjamin kesejahteraan kepada karyawan.

Maka tak heran, tiga perusahaan itu masuk dalam daftar 10 besar perusahaan paling diminati di dunia atau The World`s Most Admired Companies 2016 versi majalah Fortune.

Nama-nama perusahaan besar muncul dalam daftar dan kebanyakan adalah perusahaan yang bergerak di sektor teknologi. Berikut daftar perusahaan paling diminati di 2016 seperti dikutip dari Fortune, Selasa (22/3/2016):

1. Apple

(iphoneincanada.ca)

Apple dikenal dengan produk gawai atau gadget dan ponsel seperti iPhone. Nama Apple melejit kala Steve Jobs menjadi bos di perusahaan asal California ini.

2. Alphabet

(v3.co.uk)

Alphabet adalah induk usaha dari Google, situs pencarian terbesar di dunia. Bos Alphabet adalah Larry Page yang dulu merupakan pendiri Google. 

3. Berkshire Hathaway

(money.cnn.com)

Ini adalah perusahaan investasi yang didirikan oleh salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffet.


Source: liputan6.com
Surat Cinta Ini Dilelang dengan Nilai Rp 1,02 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Surat cinta buatan mantan suami aktris Hollywood Marylin Monroe , Joe DiMaggio dilelang dengan harga yang fantastis. Bukan hanya berisikan kata-kata penuh cinta, surat ini juga mampu memikat hati seorang kolektor barang antik.

Melansir CNNMoney, Selasa (22/3/2016), surat tersebut mampu dilelang dengan harga US$ 78.000 atau setara dengan Rp 1,02 miliar (Kurs: Rp 13.155/dolar AS).

Surat itu dikirim DiMaggio yang merupakan bintang klub baseball New York Yankees kepada istrinya, Marilyn Monroe, beberapa saat sebelum keduanya bercerai.

"Sayangku, aku tidak tahu apa yang kamu pikir tentang aku. Namun, aku katakan, aku sangat mencintaimu dari lubuk hatiku," tulis DiMaggio. Surat itu dikirim DiMaggio sebelum keduanya kemudian mengumumkan perpisahan.

Kisah cinta DiMaggio-Marilyn memang menjadi salah satu legenda di dunia hiburan Hollywood.

Pada awalnya Marilyn menolak bertemu DiMaggio saat pemain Yankees tersebut masih merupakan pemain yang dipuja semua wanita di Amerika pada 1930-1940-an. Akhirnya keduanya menikah pada Januari 1954 dan bercerai pada tahun yang sama.

Meski kemudian bertemu beberapa wanita, cinta DiMaggio kepada Monroe tak pernah lekang. Keduanya kembali dekat dan berencana menikah kembali beberapa saat sebelum Monroe ditemukan tewas pada 1962.

Selain surat dari DiMaggio, surat cinta Marylin Monroe untuk Arthur Miller juga ikut dilelang. Surat ini dilelang dengan harga US$ 44 ribu atau Rp 540 juta. (vna)


Source: liputan6.com
Orang Sukses Gunakan 10 Menit Sebelum Bekerja untuk 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Ketika bekerja, maka Anda akan dituntut untuk melakukan pekerjaan Anda sebaik mungkin. Oleh karena itu, waktu yang Anda gunakan sebelum memulai pekerjaan akan menentukan seberapa produktif dan efektif diri Anda.

Tidak hanya untuk mempersiapkan diri, namun juga hal tersebut diperlukan untuk membangun suasana yang menyenangkan di tempat kerja. Dengan begitu, hubungan dengan rekan kerja Anda juga semakin baik.

Dilansir dari Business Insider, Senin (21/3/2016) berikut adalah hal-hal yang dilakukan orang sukses pada 10 menit waktunya sebelum mereka bekerja.

1. Datang tepat waktu

Salah satu hal yang biasa dilakukan oleh orang sukses adalah datang tepat waktu, atau lebih awal. Dengan begitu dia akan memiliki lebih banyak waktu untuk bersiap sebelum melakukan pekerjaannya. Lagipula, Anda akan merasa tertekan apabila muncul di kantor dengan terburu-buru dan kemudian harus langsung bekerja. Bila hal itu terjadi, produktivitas Anda tidak akan baik. Usahakan agar Anda memiliki waktu, bahkan untuk sarapan. Dengan begitu Anda akan mengurangi resiko stress.

2. Merenung untuk perbaikan diri

Hal ini dilakukan demi mencapai hasil terbaik. Orang-orang sukses memanfaatkan waktunya untuk menyendiri dan melakukan refleksi. Mereka bisa memulainya dengan membuat daftar prioritas atau ha-hal apa saja yang akan dilakukan pada hari tersebut. Selain itu, mereka juga bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk memikirkan kembali mengenai tujuan hidup mereka. Dengan begitu, apa yang Anda lakukan agar lebih teratur.


Source: liputan6.com
Kerja Malam Hari? Perhatikan Hal-hal Ini Agar Tetap Bugar

Liputan6.com, Jakarta - Rutinitas kerja tidak hanya terjadi pada pagi hari. Dunia yang semakin dinamis seperti sekarang ini memungkinkan banyak pekerja harus bekerja hingga malam hari. Walaupun sulit dan terkadang memiliki efek buruk pada kesehatan, bukan berarti kerja malam tidak bisa Anda lakukan.

Apa saja yang dapat lakukan ketika bekerja pada malam hari? Melansir lifehacker.com, Selasa (22/3/2016), berikut ulasannya:

Mengurangi kafein

Disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kafein walaupun mungkin ini merupakan senjata yang Anda gunakan untuk melawan kantuk. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat mengakibatkan dehidrasi.

Menjaga makan

Bagi orang yang sering bekerja pada malam hari sangat dianjurkan untuk menjaga makanan yang dikonsumsi. Usahakan makanan yang dikonsumsi hanya makanan sehat seperti bayam, brokoli, buah dan lain sebagainya yang tinggi nutrisi.


Source: liputan6.com
Pemerintah Perlu Ubah Pengalihan Subsidi Solar

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk, Anton Gunawan mendukung penuh rencana Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencabut subsidi bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar Rp 1.000 per liter.

Alasannya, anggaran negara selama ini habis percuma untuk mensubsidi moda transportasi darat dan hanya terpusat di Jakarta maupun Jawa.

"Subsidi Solar memang harus dicabut, karena subsidi Solar lebih banyak untuk transportasi darat. Penggunanya pun sangat besar di Jakarta dan Jawa. Padahal wilayah kita bukan hanya itu saja," tegas Anton saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Selasa (22/3/2016).

 

Baca Juga

  • Pencabutan Subsidi Solar Sedang Dikaji
  • Harga Minyak Anjlok Jadi Momentum Pencabutan Subsidi Solar
  • Intip Produk Terbaru Solar Pertamina

Source: liputan6.com
Sektor Saham Telekomunikasi Picu Wall Street Naik Tipis

Liputan6.com, New York - Bursa saham Amerika Serikat (AS) sedikit berubah pada perdagangan saham di awal pekan ini. Sektor saham sektor telekomunikasi dan perawatan kesehatan dukung penguatan bursa saham AS.

Pada penutupan perdagangan saham, Senin (Selasa pagi WIB), indeks saham Dow Jones naik 21,57 poin atau 0,12 persen ke level 17.623,87. Indeks saham S&P 500 menguat tipis 2,02 poin atau 0,1 persen ke level 2.051,6 dan indeks saham Nasdaq naik 13,23 poin atau 0,28 persen ke level 4.808,87.

Pada awal pekan ini, investor sedang mencari katalis baru untuk menyeimbangkan sentimen pernyataan bank sentral AS pada pekan lalu. Hal itu juga membuat indeks saham Dow Jones dan S&P 500 berada di teritori positif pada tahun ini.

Baca Juga

  • Investor Asing Beli Saham, IHSG Turun Tipis ke 4.885
  • Suku Bunga Diputuskan Tetap Bikin Bursa AS Menguat
  • Bursa Saham Asia Menghijau Sambut Putusan The Fed

Source: liputan6.com
Pasokan AS Turun Angkat Harga Minyak

Liputan6.com, New York - Harga minyak menguat satu persen di awal pekan ini setelah data menunjukkan pasokan minyak di Cushing, Oklahoma turun untuk pertama kali sejak Januari.

Akan tetapi, analis menilai penguatan harga minyak terbatas lantaran perusahaan energi Amerika Serikat (AS) dapat mendongkrak kembali produksi setelah pemulihan harga minyak panjang dalam dua bulan.

Harga minyak Brent untuk pengiriman Mei naik 34 sen atau 0,8 persen menjadi US$ 41,54 per barel. Harga minyak Brent telah naik 53 persen dari level terendah dalam 12 tahun di kisaran US$ 27,10. Harga minyak mentah Amerika Serikat (AS) naik 47 sen atau 1,2 persen menjadi US$ 39,91.

 

Baca Juga

  • Subsidi Solar Dicabut, Pemerintah Diminta Lakukan Ini
  • Harga Minyak Jatuh dari Level Tertinggi di 2016
  • The Fed Tahan Suku Bunga, Harga Minyak Lanjutkan Reli

Source: liputan6.com
Suku Bunga AS Bakal Naik Tekan Harga Emas

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas turun pada perdagangan awal pekan ini di bawah level psikologis US$ 1.250. Bank sentral Amerika Serikat (AS)/the Federal Reserve kemungkinan naikkan suku bunga pada awal April memberikan tekanan terhadap harga emas.

Harga emas untuk pengiriman April turun 0,8 persen menjadi US$ 1.244 per ounce. Penurunan itu melanjutkan tekanan yang terjadi pada Jumat pekan lalu.

Harga emas turun 0,4 persen pada pekan lalu. Sementara itu, harga perak naik 0,2 persen menjadi US$ 15,847 per ounce.

Sentimen pernyataan pejabat the Fed picu harga emas tertekan. Presiden the Federal Reserve San Francisco John William mengatakan pihaknya akan mendukung kenaikan suku bunga pada April jika ekonomi AS terus membaik.

Baca Juga

  • Harga Emas Bersinar Pekan Ini
  • Dolar Melemah, Harga Emas Lanjutkan Penguatan
  • Harga Jual Emas Antam Susut Rp 4.000 per Gram

Source: liputan6.com
Alasan 10 Ribu Sopir Angkutan Umum Gelar Demo Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Setelah batal menggelar aksi unjuk rasa pada Senin kemarin, hari ini puluhan ribu pengemudi angkutan umum akan menggelar aksi demonstrasi di sejumlah titik di Jakarta.

Aksi demostrasi ini sebagai penolakan terhadap layanan jasa transportasi online yang dianggap ilegal.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta, Shafruhan Sinungan mengatakan, dirinya mendapatkan laporan akan ada 10 ribu pengemudi angkutan umum yang akan menggelar aksi unjuk rasa hari ini. Puluhan ribu pengemudi tersebut terdiri dari berbagai macam moda transportasi, seperti taksi, bajaj dan angkutan kota (angkot).

"Itu ada dari taksi, angling (angkutan lingkungan/bajaj) dan mikrolet. Di surat mereka total 10 ribu pengemudi. Itu Jakarta bisa stuck," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Baca Juga

  • Ribuan Sopir Angkutan Umum Gelar Demo Hari Ini
  • Ada Demo Ribuan Sopir Angkutan Umum, Hindari Ruas Jalan Ini
  • Koperasi Akan Jadi Jalan Tengah Bagi Layanan Transportasi Online

Source: liputan6.com
Jumlah Akuntan RI Kalah Dibandingkan Thailand

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mulai berlaku 1 Januari 2016 merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh Indonesia di berbagai sektor. Salah satunya, tantangan di bidang jasa profesi akuntansi.

Sekretaris DPP Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) Jawa Timur, Adi Prawito mengatakan saat ini jumlah akuntan di Indonesia masih minim jika dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya.

Dengan mengacu data INKINDO, di Thailand, jumlah akuntan sebanyak 56.125 orang, Malaysia berjumlah 30.236 orang. Di Singapura sebanyak 27.394 orang. Di Filipina sebanyak 19.573 akuntan. Sedangkan di Indonesia hanya 15.940 orang.

Baca Juga

  • Di Era Pasar Bebas ASEAN, RI Jadi Pasar Menggiurkan Jasa Akuntan
  • Pensiunan Akuntan Baik Hati `Sulap` Rumah Jadi Perpustakaan
  • Akuntan Profesional RI Wajib Daftar Ulang di Kemenkeu

Source: liputan6.com
Kembangkan Bandara Silangit, AP II Anggarkan Rp 100 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (AP II)  menganggarkan dana sekitar Rp 100 miliar untuk pengembangan Bandara Silangit Sumatera Utara. Pengembangan tersebut ditujukan untuk melayani penerbangan langsung Bandara Soekarno Hatta Banten-Silangit Sumatera Utara.

Public Relation Manager Angkasa Pura II Haerul Anwar mengatakan, alokasi dana itu untuk pengembangan bandara meliputi perpanjangan landas pacu (runway), pemagaran serta pengembangan terminal.

"Dari AP‎ II infrastruktur sudah siap. Kita gelontorkan Rp 100 miliar," kata dia di Silangit, Sumatera Utara, Selasa (22/3/2016).

Baca Juga

  • Rute Perdana Penerbangan Jakarta-Silangit Dibuka 22 Maret
  • Garuda Buka Rute Penerbangan Soetta-Bandara Silangit 
  • Majukan Wisata Danau Toba, Jokowi Kembangkan Bandara Silangit

Source: liputan6.com
Sentimen The Fed Bebani Bursa Saham Asia

Liputan6.com, Tokyo - Bursa saham Asia melemah pada perdagangan saham Selasa pekan ini seiring komentar agresif dari pejabat bank sentral Amerika Serikat (AS). Hal itu memicu ketidakpastian terhadap kebijakan moneter setelah pimpinan bank sentral AS Janet Yellen mempertahankan suku bunga.

Indeks saham MSCI Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,1 persen. Indeks saham Jepang Nikkei menguat dua persen usai libur.

Penguatan indeks saham juga diikuti indeks saham Korea Selatan Kospi dan indeks saham Selandia Baru/NZX 50 masing-masing naik 0,1 persen. Indeks saham Australia bergerak fluktuaktif seiring sektor saham tambang tergelincir.

Dolar AS pun menguat seiring kebijakan moneter AS dapat diperketat lebih awal. Dolar AS naik 0,2 persen terhadap yen ke 112,11. Sedangkan euro turun tipis sekitar 0,1 persen menjadi US$ 1,1235.

Baca Juga

  • IHSG Menguat Mengikuti Bursa Asia dan Global
  • Harga Minyak Tekan Bursa Saham Asia
  • IHSG Melemah 14 Poin Tersengat Bursa Asia

Source: liputan6.com
Kenapa Tiongkok Lebih Cepat Cetak Miliarder Meski Ekonomi Lesu?

Liputan6.com, Jakarta - Tiongkok merupakan negara paling cepat mencetak para miliarder. Bahkan Negeri Tirai Bambu ini berhasil melahirkan miliarder baru setiap minggunya walaupun ekonomi Tiongkok melambat.

Dalam catatan majalah Forbes, Tiongkok menyumbang 70 miliarder baru sepanjang 2016. Pantaslah bila Tiongkok mendapat predikat rumah kedua bagi kelompok tajir setelah Amerika Serikat (AS).

Menurut Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk, Anton Gunawan, fenomena ini tidak terlepas dari perbedaan kondisi dan situasi perekonomian dulu dengan sekarang. Ia menggambarkan mengenai perlambatan ekonomi ketika krisis keuangan Asia 1997 dengan saat ini.

"Kita lihat perlambatan ekonomi ini lebih kepada apa. Krisis 1997-1998, ekonomi memang melambat, tapi siapa yang utamanya terkena dampak? Orang yang kaya dan sektor keuangan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Baca Juga

  • 10 Kota dengan Jumlah Miliarder Paling Banyak
  • Para Miliarder Dunia Jadi Lebih Miskin di 2015
  • Ribuan Orang Kaya China Pilih Menetap di Luar Negeri

Source: liputan6.com
Emas Antam Dijual Rp 565 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 2.000 menjadi Rp 565 ribu per gram pada Selasa (22/3/2016) jika dibandingkan dengan perdagangan sebelumnya yang ada di angka Rp 567 ribu per gram. Dalam dua hari ini, harga emas antam telah susut Rp 6.000 per gram.

Harga pembelian kembali (buyback) emas Antam juga susut Rp 1.000 menjadi Rp 517 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 517 ribu per gram.

Baca Juga

  • Suku Bunga AS Bakal Naik Tekan Harga Emas
  • Harga Jual Emas Antam Susut Rp 4.000 per Gram
  • Harga Emas Bersinar Pekan Ini

Source: liputan6.com
JK: 1,5 Tahun Jadi Wakil Presiden, Baru Kali Ini Kena Macet

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka pertemuan antara Presiden dan Wakil Presiden dengan para pejabat Eselon I Kementerian/Lembaga di Auditorium Kementerian pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (22/3/2016).

Seharusnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pertemuan itu. Namun dari informasi yang disampaikan JK, Presiden Jokowi juga terjebak macet.

Dalam pembukaannya, tanpa menyampaikan pokok tema arahan yang akan dikatakan, J‎K langsung menceritakan perjalanannya menuju lokasi.

"Selama 1,5 tahun jadi wakil presiden, baru kali ini kena macet, ada aksi dari sopir taksi," kata JK, Selasa (22/3/2016).

Baca Juga

  • Jalan Gatot Subroto Jadi Lautan Taksi, Akses ke Semanggi Mampet
  • Sopir Taksi Serang Metro Mini dan Kopaja di Semanggi
  • Protes Demo Sopir Taksi, Pengendara Sepeda Motor Kena Bogem

Source: liputan6.com
Demo Taksi Rusuh: Saham Blue Bird Turun, Express Melejit

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok sopir angkutan umum menggelar aksi demo pada Selasa (22/3/2016). Aksi demo tersebut sebagai penolakan terhadap layanan jasa transportasi online yang dianggap ilegal.

Lalu bagaimana pergerakan saham transportasi di pasar modal Indonesia terutama operator taksi?

Berdasarkan data RTI, saham PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) naik sekitar 3,86 persen ke level Rp 242 per saham pada pukul 09.35. Saham TAXI terus menguat usai penghentian perdagangan saham (suspensi) dicabut pada Kamis 17 Maret 2016.

Pada Selasa pagi ini, saham TAXI sempat berada di level tertinggi Rp 248 per saham dan terendah Rp 235 per saham. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 2.342 kali dengan nilai transaksi harian saham sekitar Rp 22,7 miliar.

Sementara itu, saham PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) naik 5,26 persen ke level harga Rp 120 per saham. Saham PT Eka Sari Lorena Transport Tbk sempat di level tertinggi Rp 120 per saham dan terendah Rp 110 per saham. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 13 kali dengan nilai transaksi Rp 7 juta.

Baca Juga

  • Demo Sopir Taksi, Semanggi, Senayan Sampai Cawang Mampet
  • Perusahaan Taksi Bebaskan Setoran Para Sopir Ikut Demo
  • JK: 1,5 Tahun Jadi Wakil Presiden, Baru Kali Ini Kena Macet

Source: liputan6.com
Demo Taksi Ganggu Distribusi Logistik Ibu Kota

Liputan6.com, Jakarta - Aksi unjuk rasa yang digelar ribuan pengemudi angkutan umum di Jakarta mengganggu kelancaran arus logistik di dalam kota. Pasalnya, aksi demonstrasi ini menimbulkan kemacetan di sejumlah titik di ibu kota.

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita mengatakan, saat ini proses pengiriman barang di dalam kota terhambat akibat kemacetan di sejumlah ruas jalan. Akibatnya, pengiriman barang dari produsen ke konsumen diperkirakan akan terlambat.

"Dampak dari demo angkutan umum terutama pada pengiriman kurir dalam kota. Dampak pada pengiriman kurir, terlambatnya pengiriman ke konsumen," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (22/3/2016).

 

Baca Juga

  • Video Mobil Taksi Melawan Saat Dicegat Pedemo
  • Perusahaan Taksi Bebaskan Setoran Para Sopir Ikut Demo
  • Sopir Taksi Demo, Penumpang Menumpuk di Sudut-sudut Jakarta

Source: liputan6.com
Wapres JK: Pemerintah Bakal Potong Anggaran Kementerian

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla‎ memastikan akan memotong dana yang dialokasikan kepada kementerian dan lembaga pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2016. Pemotongan anggaran ini untuk mengurangi defisit anggaran.

Adapun pemotongan anggaran yang dilakukan untuk pengeluaran pemerintah di sektor-sektor non produktif, seperti salah satunya belanja pegawai. Namun memang, Jusuf Kalla belum bisa memastikan berapa besaran pemotongan yang direncanakan. 

"Ada pemotongan anggaran dalam APBNP, ini yang tentu harus dipahami. Jadi kami bicara bagaimana anggaran itu bisa efektif," kata JK saat memberikan arahan kepada seluruh Eselon I Kementerian dan Lembaga di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Baca Juga

  • Jokowi Minta Menteri Kendalikan Penuh Anggaran
  • Ingin Berhemat, Pemerintah Akan Lakukan Efisiensi Anggaran
  • Kontrak Belanja Kementerian ESDM Diteken di Depan Jokowi

Source: liputan6.com
Ada Demo, Pengusaha Minta Bisnis Transportasi Lebih Adil

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan pengemudi angkutan umum melakukan aksi unjuk rasa di Jakarta pada Selasa (22/3/2016). Aksi tersebut sebagai bentuk penolakan terhadap beroperasinya layanan transportasi online yang dianggap ilegal.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta Shafruhan Sinungan mengatakan pihak pengusaha dan operator angkutan darat memahami alasan para pengemudi menggelar aksi unjuk rasa.

Ia menuturkan pendapatan para sopir angkutan turun signifikan sejak ada layanan jasa transportasi online.

Baca Juga

  • Demo Sopir Taksi, Semanggi, Senayan Sampai Cawang Mampet
  • Demo Taksi Rusuh, Media Sosial Gaduh
  • JK: 1,5 Tahun Jadi Wakil Presiden, Baru Kali Ini Kena Macet

Source: liputan6.com
Rute Penerbangan Silangit Dorong Danau Toba Jadi Ikon Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Tapanuli Utara menyambut positif peresmian penerbangan langsung dari Bandara Soekarno Hatta Banten ke Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Dengan penerbangan tersebut mendukung pembangunan khususnya di wilayah Tapanuli Utara.

Tokoh Masyarakat Tapanuli Utara‎ Opu Garuda Purba mengatakan, pembukaan rute tersebut sudah ditunggu-tunggu masyarakat.

Dia mengatakan hal tersebut juga menunjukan komitmen pemerintah dalam mewujudkan Danau Toba sebagai ikon pariwisata nasional maupun internasional.

"Kami sangat senang di Tapanuli Utara dan Tapanuli pada umumnya. Kami memaklumi dibukanya rute Garuda Indonesia Jakarta- Silangit mendukung rencana Danau Toba  ikon wisata nasional dan internasional," kata dia di Silangit, Sumatera Utara, Selasa (22/3/2016).

Baca Juga

  • Kembangkan Bandara Silangit, AP II Anggarkan Rp 100 Miliar
  • Wujudkan Monaco Asia, AP II Fasilitasi Penerbangan ke Silangit
  • Rute Perdana Penerbangan Jakarta-Silangit Dibuka 22 Maret

Source: liputan6.com
Pengusaha Taksi Konvensional Harus Ikuti Perkembangan Zaman

Liputan6.com, Jakarta - Konflik antara moda transportasi berbasis teknologi informatika (online) dengan taksi konvesional terus terjadi. Bahkan untuk menentang keberadaan taksi online, para sopir taksi konvesional ‎melakukan aksi demo yang berlangsung Selasa (22/3/2016). Di beberapa wilayah, demo taksi tersebut berlangsung rusuh. 

Pengamat transportasi Djoko Stijowarno menjelaskan, badan usaha taksi konvensional perlu mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal dengan moda transportasi yang berbasis aplikasi atau online. Caranya, taksi konvensional perlu ikut terjun dan bermain dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis internet dan menggunakan aplikasi yang terintegrasi dengan telepon pintar  (smartphone).

"Mengingat perkembangan teknologi informasi terkini yang dapat mempermudah pengguna jasa angkutan taksi, tidak ada salahnya perlu tambahan aturan yang tidak mengikat untuk angkutan taksi agar mulai melengkapi teknologi informasi," kataDjoko diJakarta, Selasa (22/3/2016).

Baca Juga

  • Demo Taksi Ganggu Distribusi Logistik Ibu Kota
  • Demo Taksi Rusuh: Saham Blue Bird Turun, Express Melejit
  • Temui Sopir Taksi, Kombes Krishna Murti Diajak Foto Bareng

Source: liputan6.com
10 Rumah Termahal di Dunia dan Sang Pemilik

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu rumah termahal di dunia saat ini adalah Istana Buckingham di Inggris. Banyak orang pasti tahu siapa pemiliknya.

Namun mungkin tak semua orang tahu jika ada miliarder India yang mendirikan apartemen 27 lantai untuk dirinya sendiri. Rumahnya ini juga menjadi salah satu yang termahal di dunia.

Selain keduanya, masih ada beberapa rumah termahal di dunia. Seperti melansir laman Money, Selasa (22/3/2016), dengan mengutip CompareCamp.com, berikut 10 rumah termahal di dunia beserta pemiliknya:

10. 7 Upper Phillimore Gardens

Lokasi: London
Harga: US$ 128 juta setara Rp 1,69 triliun (US$ 1=Rp 13.241)

Awalnya rumah ini merupakan kamar asrama. Kemudian berubah menjadi rumah mewah lengkap dengan kolam renang, sauna, bioskop, dan ruang panik untuk kondisi darurat. Interior rumah ini terbuat dari marmer, emas, beserta dengan barang seni mewah lainnya.

Pemilik: Olena Pinchuk, anak perempuan presiden kedua Ukraina, Leonid Kuchma. Pinchuk terkenal sebagai pendiri ANTIAIDS Foundation dan berteman dengan Elton John.

9. Kensington Palace Garden

Lokasi: London
Harga: US$ 140 juta setara Rp 1,85 triliun

Lokasi rumah di kawasan elit para miliarder di London. Dengan fasilitas lapangan tenis, pusat kesehatan, dan museum.

Pemilik: Roman Abramovich, seorang miliarder asal Rusia dan pemilik perusahaan investasi Millhouse LLC. Namanya sangat lekat sebagai pemilik klub sepak bola Chelsea.

8. Seven The Pinnacle

Lokasi: Big Sky, Montana
Harga: US$ 155 juta setara Rp 2,05 triliun

Properti ini yang terbesar di Yellowstone Club, sebuah komunitas ski dan golf elit di Amerika Serikat. Fasilitas yang ada di rumah tersebut, antara lain lantai yang bisa menjadi pemanas, gym, tempat penyimpanan anggur, dan lift ski pribadi.

Pemilik: Edra and Tim Blixseth, sebuah perusahaan properti dan kayu milik Tim Blixseth. Pria ini juga pendiri Yellowstone Club.


Source: liputan6.com
Tol Surabaya-Mojokerto Seksi IV Bakal Kurangi Macet 30%

Liputan6.com, Jakarta - Peran ganda PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) sebagai kontraktor mau pun investor mulai menampakkan hasil.

Hal itu sejalan dengan peresmian tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) seksi IV, Krian-Mojokerto sepanjang 18,47 KM oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu 19 Maret 2016.

"Diharapkan melalui pengoperasian ruas jalan tol Sumo ini akan memberikan andil cukup signifikan dalam melayani pergerakan manusia, barang dan jasa di Jawa secara keseluruhan dan khususnya di Jawa Timur," ujar Direktur Utama PT Wijaya Karya Tbk Bintang Perbowo seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (22/3/2016).

Tol Sumo terdiri dari empat seksi yaitu seksi IA, Waru-sepanjang seksi IB, sepanjang-western Ring Road (WRR), seksi II, WRR-Driyorejo. Kemudian seksi III yaitu Driyorejo-Kriyan, dan seksi IV Krian-Mojokerto.

Ruas jalan tol Sumo seksi IA telah beroperasi lebih dahulu pada 2011. Sementara untuk seksi IB, II dan III sepanjang 16 kilometer sedang dalam tahap pengadaan tanah yang paralel dengan pelaksanaan konstruksi.

Baca Juga

  • Jokowi Resmikan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Seksi IV 
  • Wika Bukukan Kontrak Baru Rp 4,6 Triliun di Pekan Kedua Maret
  • Wika Ingin Garap Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Source: liputan6.com
Martha Tilaar Ingin Petani RI Sejahtera seperti di Prancis

Liputan6.com, Jakarta - Meski telah menjadi pengusaha sukses, pendiri Martha Tilaar Group, Martha Tilaar, tetap memiliki perhatian besar terhadap para petani Indonesia.

Ini bisa dilihat dari cita-citanya, untuk meningkatkan kesejahteraan petani lokal sama dengan petani di Paris, Prancis.

Cita-cita Martha muncul usai ia mengunjungi Prancis. Di negara ini, dia berkesempatan mendatangi perkebunan bunga lavender yang dimiliki seorang petani.

Hal yang membuatnya terkejut, meski hanya berprofesi sebagai petani, orang tersebut mampu memiliki mobil mewah jenis Limosin.

Baca Juga

  • Tips Meraih Sukses dan Bersinar dari Martha Tilaar
  • Wulan Tilaar, Rasa Cinta Indonesia di Keluarga dan Perusahaan
  • Wulan Tilaar dan Bisnis Grup Sari Ayu

Source: liputan6.com
Antisipasi Dampak Demo, KA Jarak Jauh Berhenti di Jatinegara

Liputan6.com, Jakarta - Aksi demo sopir angkutan dan taksi di sekitar Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, membuat PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mengambil langkah antisipasi bagi para penumpang kereta api jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta.

KAI membuka sementara Stasiun Jatinegara sebagai lokasi Berhenti Luar Biasa (BLB) untuk melayani penumpang KA jarak jauh tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Senior Manajer Humas Daop 1 Jakarta Bambang S. Prayitno mengatakan hal ini dilakukan agar pengguna jasa KA tidak terjebak kemacetan menuju Stasiun Gambir dan kemudian membuat mereka tertinggal.

"Hal ini kami lakukan untuk menghindari calon penumpang tertinggal perjalanan KA, maka penumpang bisa naik dari Stasiun Jatinegara karena diprediksikan akan berdampak kemacetan akses menuju Stasiun Gambir. Namun tetap agar diperhatikan estimasi waktu tempuh menuju Stasiun Jatinegara,"‎ kata Bambang di Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Baca Juga

  • Demo Taksi Ganggu Distribusi Logistik Ibu Kota
  • JK: 1,5 Tahun Jadi Wakil Presiden, Baru Kali Ini Kena Macet
  • Alasan 10 Ribu Sopir Angkutan Umum Gelar Demo Hari Ini

Source: liputan6.com
Berapa Lama Jam Tidur Orang Sukses di Dunia?

Liputan6.com, Jakarta - Tidur merupakan istirahat yang paling baik. Setiap orang membutuhkan waktu tidur berkualitas 6-8 jam sehari agar tubuh bisa berfungsi maksimal keesokan harinya.

Kurang tidur dapat menyebabkan penurunan daya konsentrasi hingga memicu munculnya beragam penyakit.

Namun tidak semua orang punya waktu cukup untuk bisa tidur 6-8 jam sehari. Orang sukses yang super sibuk acapkali hanya bisa tidur beberapa jam saja dalam sehari.  

Meski hanya tidur sebentar, mereka bisa fokus dalam bekerja. Menurut penelitian, populasi mereka yang bisa tetap fokus meski hanya tidur sebentar, jumlahnya hanya 1-3 persen di dunia.

Siapa saja orang sukses yang hanya hanya memiliki waktu jam tidur sedikit, seperti dikutip dari www.cekaja.com, Selasa (22/3/2016)?

1. Marissa Mayer, CEO Yahoo

Marissa Mayer terbiasa bekerja  130 jam dalam seminggu alias 18 jam sehari (jika satu minggu dihitung tujuh hari bekerja).

Berdasarkan laporan The Guardian, dia hanya tidur empat sampai enam jam sehari. Agar tidak jenuh, dia selalu mengambil liburan panjang setiap empat bulan sekali. (Baca juga: 5 Hal yang Bisa Bikin Bisnis Anda Sukses dan Anti-Bangkrut)

2. Donald Trump

Bagaimana seseorang yang tidur 12 sampai 14 jam sehari dapat bersaing dengan orang yang hanya tidur tiga sampai empat jam? Berdasarkan laporan The Daily News, inilah cara agar Donald Trump tetap beberapa langkah lebih maju dari para pesaingnya.

Trump mengklaim, sedikit tidur (bermimpi) dan lebih banyak beraksi nyata untuk mewujudkannya merupakan salah satu kunci sukses sebagai pebisnis.


Source: liputan6.com
Menhub Jonan: Angkutan Online Termasuk Kendaraan Rental

Liputan6.com, Jakarta Beberapa layanan transportasi online menawarkan tarif lebih murah dibanding taksi konvensional. Pemerintah tidak mengatur penetapan tarif tersebut, karena transportasi online itu diklasifikasikan sebagai kendaraan rental.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, sebagai regulator, Kementerian Perhubungan hanya mengatur penetapan tarif batas atas dan tarif batas bawah untuk seluruh angkutan umum. Menurutnya, transportasi online bukan termasuk kategori angkutan umum, melainkan angkutan rental.

‎"Tapi kalau kendaraan rental itu tidak ada ketentuan tarif, nah kalau ini plat hitam. Itu diklasifikasikan sebagai kendaraan rental," kata Jonan di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (22/3/2016).

 

Baca Juga

  • Antisipasi Dampak Demo, KA Jarak Jauh Berhenti di Jatinegara
  • Demo Sopir Taksi Jakarta Disorot Dunia
  • Ribuan Go-Jek Konvoi Menuju Senayan Tempat Sopir Taksi Demo

Source: liputan6.com
Kadin Minta Regulasi Transportasi Sesuai Perkembangan Zaman

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung langkah pemerintah untuk menegakkan regulasi terkait permasalahan transportasi konvensional dan berbasis aplikasi.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto meminta, pemerintah untuk menyelesaikan persoalan ini secara komprehensif.

“Kita jangan terjebak pada pilihan transportasi konvensional atau berbasis aplikasi. Menurut saya ini tidak perlu dipertentangkan. Perlu harus menegakkan peraturan yang ada dan terbuka pada peningkatan regulasi sesuai perkembangan zaman,” ujar Carmelita Hartoto di Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Disampaikan Carmelita, langkah yang diambil Kementerian Perhubungan untuk menegakkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas merupakan hal yang tepat. Sebab, moda transportasi publik harus memenuhi aspek-aspek keselamatan dan keamanan yang sudah diatur dalam regulasi.

 

Baca Juga

  • Menhub Jonan: Angkutan Online Termasuk Kendaraan Rental
  • Transportasi Online Berkembang, Aturan Perlu Penyesuaian
  • Pengusaha Taksi Konvensional Harus Ikuti Perkembangan Zaman

Source: liputan6.com
Solusi GE Ciptakan Kehandalan Pasokan Listrik untuk Industri

Liputan6.com, Jakarta - General Electric‎ (GE) dan PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia menyelesaikan penelitian terkait ketahanan listrik bagi industri di Indonesia, dengan cara memiliki dan mengelola sumber daya listrik sendiri.

Country Leader For GE Gas Power Systems George Djohan mengatakan, kawasan industri yang memiliki dan mengelola listrik mandiri akan mendapat manfaat kehandalan pasokan listrik. Jadi manfaat yang didapat dengan tidak mengganggu kegiatan produksi yang diakibatkan pemadaman listrik tiba-tiba.

"‎Apabila memiliki pembangkit handal meminimalkan frekuensi pemadaman listrik," kata George, saat mengumumkan hasil penelitian di Jakarta, Selasa (22/3/2016).

George melanjutkan, memiliki pemasok listrik sendiri juga dapat menghemat biaya operasional hingga 0,9 sen per kilo Watt hour (kWh). Hal itu karena berkurangnya biaya penggunaan diesel untuk memasok listrik saat pasokan listrik dari PLN mengalami gangguan dan meningkatnya produktivitas.

Baca Juga

  • PLN Operasikan SUTT 150 KV di Pesisir Selatan Padang
  • PLN Berhasil Pasok Listrik ke Pulau Ngenang
  • PLN Mulai Alirkan Pasokan Listrik ke KEK Sei Mangkei 

Source: liputan6.com
Sektor Pariwisata RI Jadi Incaran Investor Timur Tengah

Liputan6.com, Jakarta - Investor Timur Tengah berminat menanamkan modal di sektor pariwisata Indonesia. Pilihan investasi jatuh di dua lokasi yaitu Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan,  pariwisata merupakan salah satu sektor yang diharapkan bisa mendorong pencapaian target investasi nasional tahun ini sebesar Rp 594,8 triliun. ‎Karena itu, minat investasi calon penanam modal asal Timur Tengah sangat diharapkan terealisasi.

“Dengan masuknya minat investasi dari Timur Tengah ini diharapkan dapat berkontribusi secara positif terhadap upaya pemerintah mendorong investasi di sektor pariwisata,” kata Franky di Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Menurut dia, adanya minat investasi dari investor Timur Tengah pada sektor pariwisata menunjukkan  pengembangan potensi pariwisata di Indonesia masih terbuka sangat lebar. Investor Timur Tengah juga memiliki kapasitas untuk melakukan investasi yang ditandai dengan keberadaan satu-satunya aliansi global investor real estate dan perhotelan yang memiliki 78 anggota.

Baca Juga

  • Tingkatkan Investasi, BKPM Bakal Buat Desk Khusus‎ Tiongkok
  • BKPM Akui Hanya Keluarkan Izin Portal Website untuk Uber
  • BKPM: Investasi Luar Jawa Meningkat Dua Kali Lipat

Source: liputan6.com
Menteri Jonan: Sistem Online Pada Transportasi Bukan Hal Baru

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan pengemudi kendaraan umum terutama pengemudi taksi menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta pada Selasa (22/3/2016). Aksi tersebut merupakan bentuk penolakan para pengemudi terhadap ‎layanan transportasi online yang dianggap ilegal.

Menanggapi aksi tersebut, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, aksi unjuk rasa sebenarnya menjadi hak setiap orang. Hal ini telah diatur dalam Undang-Undang (UU).

"Yang saya tahu, orang‎ melakukan demo kan hak yang diatur juga dalam konstitusi, yang tidak boleh melakukan tindak anarkis. Itu harus diproses pidana karena ada perusakan dan sebagainya. Kalau demonya sendiri tidak masalah. Hampir setiap hari juga di Jakarta ada demo," ujarnya di studio Liputan6,SCTV Tower, Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Baca Juga

  • Tak Ada Keputusan di Istana, Sopir Taksi Temui Menko Polhukam
  • Demo Sopir Taksi di Depan DPR Bubar, Ini Imbauan Polisi
  • Perwakilan Sopir Taksi Diterima Istana

Source: liputan6.com
‎OJK Teken Perjanjian dengan Bank Sentral Timor Leste, Ini Isinya

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Bank Sentral Timor Leste atau Banco Central de Timor-Leste (BCTL) terkait beberapa hal, salah satunya mengawal rencana ekspansi bank-bank nasional masuk ke negara yang dulunya dikenal dengan nama Timor Timur itu. Kerja sama ini dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad dan Gubernur BCTL Abraao de Vasconselos di Plaza Timor Hotel Dili, Timor Leste, Selasa (22/3/2016). ‎Dihadiri seluruh jajaran petinggi Bank Sentral Timor Leste dan pejabat OJK.

Dalam sambutannya, Muliaman mengatakan kerja sama ini meliputi, pertukaran informasi dan peningkatan kapasitas pengawasan di bidang sektor jasa keuangan, pengawasan operasional lintas batas serta pengembangan inklusi keuangan. Yang tak kalah penting, sambungnya, kerjasama tersebut diharapkan membuka jalan bagi industri jasa keuangan Indonesia melebarkan sayap bisnisnya di Timor Leste.

“Potensi bisnis di Timor Leste sangat besar karena Indonesia adalah mitra dagang paling besar. Jadi kita harapkan akan banyak industri keuangan kita masuk ke Timor Leste,” katanya.

Baca Juga

  • OJK Segera Keluarkan Regulasi Usai Pengesahan RUU PPKSK
  • OJK Minta BI Kembali Pangkas Suku Bunga
  • OJK Dorong Perbankan Terapkan Digital Banking

Source: liputan6.com
Dukung atau Tolak Taksi Online?

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan pengemudi kendaraan umum terutama pengemudi taksi kembali turun ke jalan pada Selasa (22/3/2016) ini setelah pada pekan kemarin juga melakukan aksi unjuk rasa. Tuntutan yang mereka inginkan tetap sama. Pemerintah diminta untuk menindak taksi ilegal yang layanannya berbasis aplikasi seperti Uber dan Grab.

Para sopir taksi berunjuk rasa menuntut pemerintah untuk memberi tindakan tegas dengan membekukan operasional angkutan umum yang menggunakan mobil berpelat hitam. Mereka menilai operasional kendaraan itu melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Angkutan Jalan.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai keberadaan layanan transportasi online membawa kerugian bukan hanya bagi para pengemudi taksi. Adanya layanan ini juga merugikan pengemudi moda transportasi lain seperti bus kota hingga bajaj.

"Permasalahan ini bukan hanya antar taksi saja. Ini juga masuk ke mikrolet, mungkin juga bus kecil dan bajaj," ujar Wakil Ketua Kadin Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto di Jakarta, Selasa (22/3/2016).
Ribuan Supir Taksi melakukan demo di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (22/3). Selain melakukan demo, supir taksi tersebut melakukan sweeping ke supir taksi yang beroperasi di dalam tol dan membakar ban. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Dia menjelaskan, Kadin telah menerima laporan terkait keluhan dari para pengemudi ini. Sejak adanya layanan transportasi online, pendapatan supir taksi dan pengemudi moda transportasi lain menurun.

"Mereka-mereka ini merasa mereka juga kerja cari makan. Ada angkutan yang punya sendiri, ada yang punya operator atau perusahaan. Ini mereka harus kejar target. Ujung-ujungnya terbebani sopir-sopir itu. Ditambah lagi mereka tidak bisa mendapatkan apa-apa," jelas dia.

Sementara dari sisi pengusaha, lanjut Carmelita, bukan keberatan dengan penggunaan aplikasi dalam layanan transportasi. Yang disayangkan pengusaha yaitu layanan tersebut bisa berkembang di Indonesia padahal tidak memiliki izin resmi dari pemerintah.

"Bukan aplikasinya, aplikasi semua orang mendukung. Kita tidak mau meredam apa yang dikerjakan dan sudah zamannya gunakan aplikasi seperti ini. Tidak mungkin dibendung. Hanya caranya bagaimana supaya terjadi persaingan yang sehat," tandas dia.

Dukung aplikasi online
Agen dari Inspektorat Lingkungan dan Transportasi negara menyita catatan administrasi dari perusahaan Uber.
Berbeda pandangan dengan para supir taksi dan juga Kadin Indonesia, pengamat transportasi Djoko Stijowarno menjelaskan, badan usaha taksi konvensional yang menaungi para sopir taksi yang berdemo tersebut perlu mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal dengan moda transportasi yang berbasis aplikasi atau online.

Caranya, taksi konvensional perlu ikut terjun dan bermain dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis internet dan menggunakan aplikasi yang terintegrasi dengan telepon pintar (smartphone).

"Mengingat perkembangan teknologi informasi terkini yang dapat mempermudah pengguna jasa angkutan taksi, tidak ada salahnya perlu tambahan aturan yang tidak mengikat untuk angkutan taksi agar mulai melengkapi teknologi informasi," kata Djoko.
Uber dan GrabTaxi (chrisadas.com)
Penggunaan teknologi tersebut untuk memudahkan masyarakat mengakses. Karena, saat ini masyarakat mengidamkan transportasi yang aman dan mudah. "Yang didambakan masyarakat agar selamat, aman dan nyaman adalah taksi konvensional yang beraplikasi," ungkap Djoko.

Penerapan taksi beraplikasi ‎sebaiknya bersifat fleksibel, sehingga dapat melayani penumpang dengan cara konvensional.

"Namun tidak wajib, karena beberapa daerah masih dapat dioperasikan secara konvensional," tutur Djoko.


Model berpose di taxi mewah lamborghini saat peluncuran GrabCar, Jakarta, Rabu (21/10/2015). GrabCar menyediakan layanan gratis 10 supercar mewah pada 24-25 Oktober 2015 dan 31 Oktober–1 November 2015.. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Senada dengan Djoko, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga meminta kepada para pengelola moda transportasi untuk lebih bisa mengaplikasikan teknologi. "Teknologi tidak bisa ditantang, tinggal diatur saja bagaimana, tapi tidak bisa ditantang. Kalau teknologi kita tantang, tidak kita pakai, maka kita akan ketinggalan," kata JK.‎

JK menilai aksi demonstrasi yang dilakukan para sopir taksi ini satu hal wajar mengingat Indonesia sebagai negara demonstrasi. Namun dirinya meminta kepada pelaku usaha untuk menjadikan hal ini sebagai bentuk persaingan usaha.

Dampak Demo
Armada sopir taksi saat melakukan demo di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (22/3). Selain melakukan demo supir taxi tersebut melakukan sweeping ke sopir taksi yang beroperasi di dalam tol, dan membakar ban.(Liputan6.com/Johan Tallo)
Dalam demo tersebut, sejumlah sopir taksi melakukan sweeping ke sopir taksi yang masih mengangkut penumpang. Selain itu, para sopir yang berdemo tersebut juga memarkir kendaraan mereka di badan jalan. Alhasil beberapa ruas jalan macet total.

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita mengatakan, akibat demo tersebut proses pengiriman barang di dalam kota terhambat akibat kemacetan di sejumlah ruas jalan. Akibatnya, pengiriman barang dari produsen ke konsumen diperkirakan akan terlambat.

"Dampak dari demo angkutan umum terutama pada pengiriman kurir dalam kota. Dampak pada pengiriman kurir, terlambatnya pengiriman ke konsumen," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com.

Namun demikian, berdasarkan pantauan ALI, hal ini hanya terjadi di wilayah ibu kota saja. Sedangkan arus logistik di daerah-daerah yang menjadi satelit Jakarta masih terhitung lancar. "Kalau angkutan logistik di luar Jakarta belum terganggu karena sebagian besar truk lewat tol," kata dia.(Gdn/Nrm)

 


Source: liputan6.com
BI: Rupiah Terlalu Kuat Bisa Membuat Ekonomi Rentan

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) terus memberikan kesempatan bagi nilai tukar rupiah bergerak secara fleksibel terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Namun demikian, BI tidak berkeinginan agar nilai tukar rupiah mengalami penguatan terlalu tajam. 

Hal ini disampaikan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Ia mengingatkan agar penguatan rupiah harus dicermati. Kenaikan secara tajam yang tidak sesuai dengan nilai fundamental justru berpotensi membuat ekonomi rentan. 

“Kalau mata uang rupiah terlalu kuat, di luar fundamentalnya, pasti akan membuat ketidakcapaian ekuilibrium dan akhirnya membuat ekonomi Indonesia rentan,” kata Agus usai menghadiri Indonesia Investment Forum di Hotel Mandarin, Jakarta, Selasa, (22/3/2016). 

Baca Juga

  • Emiten Harap Gerak Rupiah Stabil pada 2016
  • Pengusaha Lebih Untung Jika Rupiah Stabil
  • Sepanjang Februari, Rupiah Menguat Terhadap Tiga Mata Uang

Source: liputan6.com
Pembebasan Lahan Jadi Kendala Penyaluran Listrik PLTMG Bangkanai

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) mengalami kendala pembebasan lahan untuk membangun jaringan transmisi yang mengalirkan listrik dari Pusat Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai berkapasitas 155 Mega Watt (MW) ke Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng‎).

Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi mengatakan, ‎ meski pembangunan PLTMG Bangkanai telah rampung, listrik yang dihasilkan belum bisa disalurkan dengan optimal. Itu karena saat ini, pembangunan jaringan masih terhambat. Beberapa titik lokasi tower transmisi belum dapat digunakan akibat pembebasan lahan dan ganti rugi tanam tumbuh yang belum selesai.

"Pembangunan transmisi yang saat ini masih dibangun mulai dari Muara Teweh ke Buntok, dan Buntok ke Tanjung hingga masuk ke sistem Kalimantan Selatan dan Tengah," kata Agung, di Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Baca Juga

  • PLTMG Riau Beroperasi, Pasokan Listrik Bertambah
  • PLTMG Milik PLN Beroperasi, Pasokan Listrik RI Bertambah 335 MW
  • Dapat Pasokan Gas, PLTMG Purwodadi Mulai Beroperasi

Source: liputan6.com
Menaker: Bonus Demografi Jadi Peluang Sekaligus Tantangan buat RI

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengajak generasi muda Indonesia untuk meningkatkan daya saing. Hal ini diperlukan agar mampu memenangkan kompetisi di dunia kerja serta mampu berkontribusi dalam membangun bangsa.

Dalam acara Inspirato yang digelar Liputan6.com, Hanif mengatakan saat ini Indonesia tengah masuk dalam masa bonus demografi. Di mana jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dibandingkan usia muda dan lanjut usia. Hasil proyeksi penduduk pada 2010-2035 menunjukkan, Indonesia kini memasuki era bonus demografi yang  puncaknya diperkirakan terjadi pada 2028-2030.

"Angkatan kerja usia produktif setiap tahun naik. Bahkan nanti Indonesia akan didominasi anak muda. Oleh karena itu, anak muda harus memiliki daya saing agar tidak menjadi beban bangsa," ujar dia di Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Baca Juga

  • Inikah Pekerjaan Bergaji Paling Tinggi di Indonesia?
  • Buruh di Timor Leste Dapat Upah Minimum Rp 1,5 Juta per Bulan
  • Orang Sukses Gunakan 10 Menit Sebelum Bekerja untuk 5 Hal Ini

Source: liputan6.com
Jurus Menaker Atasi Pengangguran di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaaan (Menaker) Hanif Dhakiri menyatakan Indonesia masih dihadapkan pada sejumlah tantangan besar di bidang ketenagakerjaan. Salah satunya jumlah pengangguran pada usia produktif di dalam negeri yang mencapai 7,5 juta orang.

Dia menjelaskan, saat ini jumlah angkatan kerja di Indonesia mencapai 122,4 juta orang. Dari angka tersebut, 114 juta diantaranya telah memiliki pekerjaan. Sedangkan sisanya masih menganggur.

"Saat ini Indonesia mempunyai 122,4 juta angkatan kerja, 114 juta diantaranya telah bekerja, dan 7,5 juta belum memiliki pekerjaan," ujar dia di Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Sementara dari sisi pendidikan formal, dari 122,4 juta angkatan kerja, 90 persen hanya lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) ke bawah. Atau jika dirinci, 40 persen diantaranya merupakan hanya lulusan Sekolah Dasar (SD) dan tidak lulus SD.

Baca Juga

  • Inikah Pekerjaan Bergaji Paling Tinggi di Indonesia?
  • Buruh di Timor Leste Dapat Upah Minimum Rp 1,5 Juta per Bulan
  • Orang Sukses Gunakan 10 Menit Sebelum Bekerja untuk 5 Hal Ini

Source: liputan6.com