Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Senin, 29 Febuari 2016
Cari Perumahan di Semarang? Yuk, Simak Ulasan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kota Atlas Semarang terus unjuk gigi di sektor properti. Sebagai kota kelima terbesar di Indonesia, jumlah penduduknya mencapai 2 juta jiwa.

Selain itu Semarang juga dikelilingi oleh sejumlah kota satelit Kedungsapur (Kendal, Demak, Ungaran, Salatiga dan Purwodadi) dengan jumlah penduduk 6 juta jiwa. Potensi yang besar itulah yang membuat banyak pengembang tertarik mendirikan proyek perumahan baru.

Pertumbuhan masyarakat menengah dan menengah atas yang cukup tinggi menjadi sasaran pengembang perumahan premium di Semarang. Tak heran pengembang sekelas grup Ciputra tertarik untuk mendirikan kompleks perumahan di kota ini.

Soal infrastruktur,  ada rencana pelebaran Jalan Kompol R. Sukanto sebagai jalan alternatif akan menghubungkan Semarang Timur ke daerah atas Semarang (Tembalang). Saat ini lebar jalan hanya 10 meter, dan ada perencanaan pelebaran hingga 30 meter dari bahu jalan.

Bagi Anda yang hendak melirik Semarang sebagai kota hunian yang pas, coba pilih beberapa perumahan dengan harga di bawah Rp 1 miliar, rekomendasi Rumah.com, berikut ini:

CitraSun Garden

CitraSun Garden menjadi salah satu proyek residensial milik pengembang nasional grup Ciputra yang ada di Semarang. Sesuai dengan slogan “Serenity at the Hill”, perumahan ini terletak di atas perbukitan kota Semarang dengan masterplan di atas lahan seluas 20 hektar.

Tiap klasternya dilengkapi oleh konsep tanpa pagar, infrastruktur bawah tanah dan sistem keamanan 24 jam. Untuk memenuhi kebutuhan hiburan, disediakan fasilitas Triple Play (Telepon – TV- Internet) dari vendor Telkom. Soal harga, dibanderol mulai dari Rp800 jutaan untuk tipe terkecil, Akihiro.

Grand Semesta

Perumahan garapan Pancanaka Green Semesta ini terletak di kawasan Ngaliyan, area dataran tinggi Semarang yang sejuk dan bebas banjir. Lokasinya terbilang strategis karena berada di daerah penghubung Semarang dan Kendal. Tidak heran jika lokasi ini dinilai memiliki investasi tinggi. Untuk mempermudah kebutuhan sehari-hari, Grand Semesta dekat dengan pasar tradisional, pasar modern, serta pusat pendidikan.

Klaster Grand Semesta menawarkan model bangunan minimalis dengan one gate system dan sistem drainase bawah tanah. Selain ada sekuriti 24 jam, perumahan seluas 5 hektar ini juga memiliki taman bermain, areal fasilitas umum/sosial, serta sarana Ibadah. Unit ini menawarkan beberapa tipe dan luasan tanah bervariasi.

Mulai dari klaster tipe 69/180, 69/210, 48/120 sampai dengan 50/120. Harga jualnya pun relatif terjangkau mulai dari Rp 350 juta sampai dengan Rp 800 juta.

CitraGrand Semarang

Selain CitraSun, Ciputra Group juga mendirikan kota mandiri seluas 60 hektar di area Tembalang. Dikembangkan dengan konsep “City of Festival”, CitraGrand Semarang menghadirkan kombinasi antara area bisnis dan komersial, theme park, serta 6 private cluster eksklusif ditengah lansekap hijau. Yang menarik dari perumahan ini adalah kehadiran giant ferris wheel, sebuah wahana bianglala setinggi 30 meter yang terdiri dari 18 kotak.

Kehadiran ferris wheel ini menjadi salah satu ikon dari Grandwalk CitraGrand yang kerap ramai disambangi warga setempat. Mengenai harga jual, unit rumah CitraGrand dibanderol mulai dari Rp600 juta sampai dengan Rp4 milyar tergantung tipe perumahan mana yang Anda inginkan. Pilihannya terdiri dari luas bangunan mulai 69 meter persegi sampai 261 meter persegi.

Puri Bimasakti Cluster

Perumahan yang berada di kawasan Gayamsari ini menawarkan banyak kelebihan bagi para penghuninya. Mulai dari letak strategis, hanya 500 meter dari Jalan Raya Semarang-Purwodadi, selain itu juga hanya lima menit dari Simpanglima. Puri Bimasakti Cluster menawarkan enam tipe hunian.

Denica, yang memiliki luas bangunan 70 meter persegi dan luas tanah 105 meter persegi, ditawarkan dengan harga Rp 800 juta. Tipe Aurora dengan luas bangunan 80 meter persegi dan luas tanah 144 meter persegi, ditawarkan dengan harga Rp 920 juta. Sedangkan untuk tipe Ilona I ditawarkan dengan harga Rp 1,1 miliar karena memiliki luas bangunan 105 meter persegi dan luas tanah 133 meter persegi. (Isnaini K/Ahm)


Source: liputan6.com
Riset: Pakai Barang Bermerek Bisa Pacu Produktivitas Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak faktor yang dapat membuat orang bahagia ketika bekerja. Rekan kerja yang mendukung, kondisi kantor yang menyenangkan, hingga bos yang baik.

Namun tahukah Anda kalau pakaian sehari-hari yang Anda pakai selama bekerja pun mampu memberi pengaruh pada produktivitas dan kebahagiaan saat bekerja.

Hal ini dibuktikan oleh beberapa riset yang dilakukan oleh ilmuwan dari universitas ternama dunia. Menurut penelitian yang dilakukan di Penn State, Notre Dame dan University of Kentucky mereka yang memilih menggunakan barang bermerek ketika bekerja mampu menghasilkan pekerjaan lebih baik.

 

Baca Juga

  • 7 Cara Agar Lebih Percaya Diri Saat di Kantor
  • Riset: Pakai Baju Berwarna Picu Kenaikan Gaji dan Promosi
  • 5 Trik Sulap Baju Kerja Jadi Tampak Mahal

Source: liputan6.com
UANGPEDIA: Kapan Sebaiknya Anak Mandiri soal Keuangan?

Liputan6.com, Jakarta - Gempuran iklan dan teknologi semakin berkembang dapat mendorong kegiatan konsumtif seseorang bahkan anak-anak. Karena itu, anak juga perlu mulai diajarkan mengelola keuangan sejak dini.

Perencana keuangan One Shildt Financial Consulting Budi Raharjo menuturkan, ada satu hal yang menghambat orangtua mengajarkan mengelola keuangan kepada anak yaitu persepsi orangtua membicarakan uang kepada anak karena itu hal yang tabu. 

Padahal dengan berdiskusi soal keuangan kepada anak sejak dini dapat menjadi bekal bagi anak untuk mengelola keuangan ketika sudah dewasa.

Nah ingin tahu bagaimana mengajarkan keuangan kepada anak sejak dini? Sejak kapan mengajarkan anak untuk mandiri soal keuangan? Berikut wawancara Liputan6.com dengan perencana keuangan One Shildt Consulting Budi Raharjo:

Kapan Sebaiknya Anak Mandiri Soal Keuangan?


Source: liputan6.com
Tak Mau Dimarahi Bos? Lakukan 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Dalam perjalanan karier, bukan tidak mungkin Anda akan dihadapkan pada beberapa rintangan. Termasuk diantaranya adalah mendapat teguran dari atasan. Seringkali banyak pegawai yang tidak tahan dan tidak tahu bagaimana cara menghadapinya.

Namun ternyata, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Teguran dari atasan sebenarnya merupakan masukan yang dapat Anda gunakan untuk perbaikan diri ke arah yang lebih baik.

Berikut 5 hal yang yang harus Anda ketahui kalau tak mau dimarahi bos seperti dilansir dari Forbes, Senin (29/2/2016):

1. Selalu datang tepat waktu

Datang tepat waktu merupakan salah satu kebiasaan karyawan sukses. Sayangnya, kebiasaan baik ini sulit dimiliki oleh sejumlah karyawan.

Jika Anda selama ini memiliki kebiasaan datang terlambat baik ketika masuk kerja, menghadiri rapat, atau bertemu orang cobalah ubah kebiasaan tersebut. Anda pun akan terhindar dari ocehan bos.

2. Berpakaian dengan baik dan benar

Penampilan merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan ketika pergi ke kantor. Berpakaian kerja yang tidak tepat, dapat membuat Anda merasa canggung. Oleh karena itu semakin baik penampilan, maka Anda juga akan semakin percaya diri.

3. Tahu cara berkomunikasi lewat tulisan

Banyak orang yang tidak mengetahui kaidah baik yang dilakukan ketika menulis. Akibatnya, email ataupun surat yang dikirim ke perusahaan pun kadang tidak mengandung kaidah penulisan yang baik. Penulisan yang salah dapat memberi kesan yang salah pula bagi orang yang membacanya

4. Memegang teguh komitmen

Memegang teguh komitmen berarti bertanggung jawab penuh dengan apa yang ia kerjakan. Banyak karyawan yang belum paham betul akan hal ini. AKhirnya mereka pun sering menjadi omelan bos.

5. Berinteraksi dengan rekan kerja

Berkomunikasi dengan rekan kerja adalah aktifitas yang mau tidak mau harus Anda kerjakan. Bahkan setiap hari.

Satu hal yang harus Andaperhatikan adalah bagaimana berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja. Komunikasi yang baik akan menciptakan suasana yang nyaman bagi Anda dalam meniti karier. (Vna/Ndw)


Source: liputan6.com
Cara Sisihkan Gaji Jika Mau Ajukan Pensiun Dini

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki waktu luang untuk menikmati kehidupan memang menjadi salah satu impian bagi setiap orang saat berada di masa tua nanti.

Dibandingkan dengan terus bekerja untuk mengumpulkan uang di masa-masa tua, pensiun dini bisa menjadi alternatif terbaik dalam menghabiskan masa tua.

Tetapi, untuk memasuki masa pensiun, Anda juga perlu mempersiapkan segala sesuatunya termasuk jumlah tabungan, aset, dan investasi yang dapat Anda gunakan nanti.

Bagaimana cara menyiapkannya?

Tentu Anda tidak ingin terus bekerja sepanjang waktu sampai menghabiskan masa-masa tua Anda dengan berada di depan komputer, laptop, atau meja kantor, jadi sudah saatnya bagi Anda untuk mempersiapkan diri untuk masa pensiun Anda agar Anda tidak lagi bekerja untuk uang, tetapi uang yang bekerja untuk Anda.

Simak caranya seperti dikutip dari CekAja.com, Senin (29/2/2016):

Terlambat menabung, sisihkan lebih besar

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Liberty Investments mengungkapkan bahwa untuk mempersiapkan diri pensiun di umur 40 tahun, setidaknya Anda harus menabung sebesar 62,44 persen dari gaji Anda.

Sementara jika Anda memutuskan untuk pensiun di usia yang lebih tua yaitu 70 tahun, Anda hanya perlu menabung sebesar 5,27 persen dari gaji bulanan Anda.

(Baca juga: 5 Alasan Kenapa Anda Masih Sulit Membeli Rumah di Usia 30-an)

Hitung masa menabung dari sekarang

Sebaliknya, apabila Anda mulai menabung di umur 25 tahun sampai 40 tahun Anda akan mendapatkan tabungan 50 persen lebih banyak dibandingkan jika Anda mulai menabung di umur 40 tahun dan berhenti melakukannya pada umur 65 tahun.

Untuk itu, Anda disarankan untuk menabung sejak mulai Anda pertama kali bekerja secara konsisten apabila Anda menginginkan untuk pensiun lebih dini dan menikmati masa tua Anda dengan kebahagiaan.

Gunakan jasa perencana keuangan

Agar bisa konsisten dalam menabung, rekomendasinya Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan.

Dengan segala data mengenai keuangan yang diberikan, sang konsultan nantinya bisa memberikan arahan yang jelas dan membantu Anda untuk mengatur keuangan dengan ketat dan mempersiapkan masa pensiun dini Anda dengan baik.

(Baca juga: Bedanya Saat Memulai Investasi di Usia 25 dan 35?)

Atau, gunakan saja aplikasi keuangan untuk mengantur urusan finansialmu dengan tujuan untuk mempersiapkan masa pensiunmu. Setelah memiliki dana yang cukup di usia pensiunmu, maka gunakanlah uang tersebut untuk berinvestasi dan biarkan uang yang bekerja. (Ndw/Gdn)


Source: liputan6.com
Tips Jual Mobil Bekas Agar Dapat Untung Berlipat

Liputan6.com, Jakarta Berencana jual mobil? Mau alasannya butuh uang atau ingin menggantinya dengan mobil lain, sebaiknya Anda harus baca artikel ini. Kenapa? Karena ada beberapa tips yang bisa membuat Anda dapat keuntungan berlipat saat ingin jual mobil bekas.

Dengan melakukan beberapa tips tersebut, menjual mobil bekas tidak hanya cepat tapi bikin laku lebih mahal. Tidak usah lama-lama, langsung saja, simak 5 tips jual mobil bekas berikut ini seperti dikutip dari CekAja.com Senin (29/2/2016):

Coba jual online

Menjual mobil secara online akan memberikan Anda lebih banyak keuntungan. Jika menitipkannya di-dealer mobil terdekat,  praktis ada komisi sekian persen dari hasil penjualan yang harus Anda bagi pada pemilik showroom.

Selain itu, ketika menjualnya secara online, kemungkinan besar pembeli merupakan orang yang memang ingin memakainya dan bukan penjual mobil bekas. Sehingga harga yang Anda tawarkan bisa lebih tinggi dibandingkan menjualnya kepada dealer.

(Baca juga: Lebih Untung Mana? Kredit Mobil Bekas atau Mobil Baru?)

Manfaatkan sosial media

Guna menciptakan peluang jual yang lebih besar, selain menjualnya secara online juga cobalah untuk memanfaatkan sosial media yang memiliki banyak fungsi saat ini.

Dibanding harus membayar iklan di koran, atau mencetak brosur dan sebagainya cobalah memanfaatkan sosial media secara cuma-cuma untuk mengiklankan mobil yang ingin dijual.

Jangan lupa lengkapi surat-surat

Kalau saat ini mobil yang ingin dijual tidak memiliki kelengkapan surat-surat yang komplit, sebaiknya tahanlah keinginan untuk menjualnya selama beberapa saat. Mengapa? Karena penjualan mobil tanpa surat-surat rentan dengan pandangan yang negatif, dan pastinya dapat membuat harga penjualan menukik tajam.

Untuk itu, sebaiknya lengkapilah surat-surat terlebih dahulu sampai dengan komplet. Tidak apa-apa mengorbankan sejumlah uang untuk mengurusnya. Dan, setelah surat-surat lengkap, barulah jual mobil tersebut.

(Baca juga: Lima Penyebab Anda Tidak Pernah Bisa Beli Mobil Mewah)

Pastinya harga yang akan Anda dapatkan menjadi lebih tinggi, sehingga biaya untuk mengurus surat-surat dapat tercover dan justru menjadi lebih untung.

Ada baiknya perbaiki mobil terlebih dahulu

Hal lain yang perlu dilakukan adalah memperbaiki kondisi mobil terlebih dahulu agar kondisinya menjadi gres dan layak pakai. Memang pada awalnya membutuhkan biaya lebih, tetapi apabila mobil bekas dijual dengan kondisi yang baik, maka harga jualnya pun akan lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi seadanya.

Punya mobil unik? lelang saja

Tips satu ini berlaku bagi Anda yang ingin menjual mobil unik, misalnya, mobil-mobil antik tapi sangat layak pakai. Biasanya, mobil antik memiliki peminat yang cukup royal, terkadang mereka tidak mementingkan soal harga apabila memang sudah menyukai mobil tersebut.

(Baca juga: Gaji Rp 3 Juta Bisa Beli Mobil Dalam Setahun Jika Ikuti Tips Ini)

Agar mendapatkan keuntungan berlipat, cobalah dengan melelangnya. Tetapkan harga minimum yang akan Anda jual apabila lelang tidak berjalan sesuai rencana. (Ndw/Gdn)


Source: liputan6.com
Intip Ramalan Karier dan Keuangan Zodiak Gemini dan Cancer

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentunya selalu berharap mendapatkan keberuntungan saat menjalankan pekerjaan, bisnis dan dalam masalah keuangannya. Namun ibarat roda, terkadang nasib seseorang sedang berada di atas dan kadang berada di bawah

Peramal Suhu Naga mencoba menerawang kondisi keuangan dan karier pada pekan ini bagi para pemiliki zodiak Gemini dan Cancer, berikut ulasannya:

1. Gemini (21 Mei-20 Juni)

Karier:

Pemilik zodiak ini sedang banyak bepergian keluar kota atau keluar negeri sesuai dengan pekerjaannya. Tapi harus atur sesuai dengan mana yang dijadikan prioritas, jangan semuanya diambil. Karena terkadang pemilik zodiak ini ingin semua pekerjaan itu diambil.

Baca Juga

  • Ramalan Karier dan Keuangan 2016 Menurut Zodiak Anda
  • Pemilik Shio Ini Bakal Ketiban Hoki di Tahun Monyet Api
  • 3 Shio yang Perlu Waspada di Tahun Monyet Api

Source: liputan6.com
Top 3: Daftar Terbaru Orang Terkaya Dunia

Liputan6.com, Jakarta Wealth-X, sebuah situs yang melacak kekayaan orang-orang di dunia, bekerja sama dengan Business Insider, mengeluarkan angka terbaru jumlah aset yang dimiliki oleh orang-orang terkaya di dunia. Dalam penelitian ini, Wealth-X mengumpulkan informasi lebih dari 110 ribu orang kaya di dunia.

Menurut BusinessInsider, metode yang dilakukan dalam menghitung aset yang dimiliki oleh orang-orang kaya dunia ini dengan mempertimbangkan banyak hal.

Contohnya adalah nilai tukar, pajak di daerah orang kaya tersebut tinggal dan jumlah simpanan, kinerja investasi dan beberapa faktor lainnya. Siapa saja yang masuk daftar itu?

Informasi mengenai jajaran orang terkaya di dunia menjadi artikel paling diburu pembaca. Lengkapnya, berikut tiga artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com:

1. Daftar Terbaru Miliarder Dunia, Siapa Pertama?

Daftar terbaru orang terkaya di dunia telah keluar, apakah ada kejutan baru dalam peringkat orang terkaya di dunia tersebut?

BillGates, pendiri Microsoft dan merupakan salah satu orang terkaya dalam sejarah manusia, sekali lagi menduduki peringkat teratas dengan kekayaan bersih mencapai US$ 87,4 miliar atau Rp 1.177 triliun (estimasi kurs: 13.467 per dolar AS).

Selain Bill Gates siapa lagi yang masuk dalam daftar bergensi itu? Simak ulasannya di sini.

2. 10 Kota dengan Jumlah Miliarder Paling Banyak

Beijing sukses menyalip New York City sebagai kota dengan jumlah miliarder terbanyak dunia. Menurut firma analis Hurun asal Shanghai, pada tahun 2016 miliarder yang tinggal di Beijing, China, mampu mencapai angka 100 orang. Sementara NewYork hanya memiliki 95 orang miliarder.

Selain itu kota-kota besar dunia seperti Paris, Hangzhou dan Mumbai juga masuk ke dalam 10 besar kota dengan miliarder paling banyak dunia. Baca selengkapnya di sini.

3. Jurus Jadi Miliarder di Usia Muda

Menjadi miliarder di usia 30 tahun bukan hal yang mustahil. Anda bisa melakukan itu tanpa harus menjadi pendiri Facebook dan sosial media lainnya. Banyak orang yang melakukannya. Berikut caranya!


Source: liputan6.com
Konsultasi Pajak: Bikin E-Fin Bisa Diwakilkan?

Liputan6.com, Jakarta - Dear Tim Liputan6.com

Saya mau menanyakan tata cara pembuatan e-Fin untuk wajib pajak orang pribadi, apakah bisa diwakilkan orang lain dengan melampirkan surat kuasa?

Thank`s

Email: Johnie.XXXX@yahoo.co.id

Jawaban:
 
Berdasarkan Pasal 4 ayat 3 dari Peraturan Direktur Jenderal (Perdirjen) Pajak Nomor PER-41PJ/2015 tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online, permohonan aktivasi e-Fin harus dilakukan oleh Wajib Pajak sendiri tidak diperkenankan untuk dikuasakan kepada pihak lain.

Wajib Pajak mengisi, menandatangani dan menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi e-FIN dengan mendatangi secara langsung Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dan menunjukkan asli dan menyerahkan fotokopi dokumen berupa KTP dan Kartu NPWP serta menyampaikan alamat email yang aktif.

Demikian penjelasan kami. Semoga membantu.

Salam,

Fitrah Purnama Megawati, S.Sos
Citas Konsultan Global


www.citasco.com

Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan


Source: liputan6.com
‎Lokomotif Pertama Buatan RI Akhirnya Dikirim

Liputan6.com, Jakarta - PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA telah mengirimkan produk lokomotif untuk pertama kalinya. Lokomotif tersebut merupakan lokomotif pesanan dari Kementerian Perhubungan. 

General Manager Perencanaan dan Afffair INKA, I Ketut Astika menjelaskan, produk lokomotif pertama INKA ini telah dikirimkan dan siap untuk beroperasi di jalur kereta Sumatera.

Baca Juga

  • Pemerintah Minta PT Inka dan Asing Bikin Kereta Cepat Sulawesi
  • Jonan Pernah Kesal dengan PT Inka Karena Toilet Kereta
  • SMI dan ICBC Dukung INKA Siapkan KRL Bandara

Source: liputan6.com
Jokowi: 30 Tahun Lagi Terjadi Perebutan Sumber Energi

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dalam 20 hingga 30 tahun ke depan akan terjadi perebutan sumber energi dan pangan. Oleh karena itu Indonesia memerlukan strategi khusus untuk memenangkan perebutan tersebut. 

"20 sampai 30 tahun ke depan kita akan dihadapkan kompetisi memperebutkan sumber energi dan pangan. Karena itu kita harus membuat strategi ke depan, bagaimana pangan kita, energi kita," kata Jokowi, di Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Senin (29/2/2016).

Indonesia memiliki potensi energi dan pangan yang sangat besar. Oleh karena itu yang perlu dilakukan saat ini adalah menyiapkan strategi untuk memanfaatkan strategi sejak dini agar tidak terlambat.

Baca Juga

  • Dana Ketahanan Energi untuk Terangi Wilayah yang Gelap Gulita
  • Menteri ESDM: Dana Ketahanan Energi Tak Akan Bebani Rakyat
  • RI Kalah dari Timor Leste Soal Dana Ketahanan Energi

Source: liputan6.com
Konsorsium Wika Garap Proyek Jaringan Gas Prabumulih

Liputan6.com, Jakarta - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika menandatangani kontrak kerjasama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kontrak yang ditandatangani adalah kontrak proyek-proyek strategis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk tahun anggaran 2016. 

Penandatanganan kontrak dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen Kementerian ESDM dan Direksi WIKA di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (29/2/2016). Turut hadir dalam penandatanganan kerjasama tersebut antara lain Presiden Joko Widodo, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri ESDM Sudirman Said, Jaksa Agung Prasetyo, para pemimpin dan direksi Wika. 

Baca Juga

  • Wika Ingin Garap Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya
  • Wika Pastikan Modal Negara Tak Dipakai Bangun Kereta Cepat
  • Wika Ditugaskan Bangun Jembatan ke Pulau Buatan di Pluit

Source: liputan6.com
BKPM Bakal Bentuk Desk Khusus bagi Investor Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Guna mempermudah dan menarik lebih banyak investor asal Tiongkok, Badan Koordinasi Penanaman Modal ‎(BKPM)‎ akan membentuk layanan desk investasi khusus untuk para investor asal Negeri Tirai Bambu tersebut. Desk khusus ini menyusul desk serupa yang telah dibentuk BKPM untuk investor Korea Selatan dan Jepang.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, pada tahun lalu investasi asal Tiongkok mendominasi rencana investasi asing di Indonesia. Sepanjang 2015 tercatat rencana investasi Tiongkok sebesar Rp 277,59 triliun atau 22,96 persen dari total izin prinsip penanaman modal asing (PMA) yang mencapai Rp 1.208,8 triliun.

Baca Juga

  • BKPM Incar 215 Investor Potensial dari China
  • Investor China Bangun Kawasan Wisata Rp 400 Triliun di Bintan
  • Perusahaan China Akuisisi Bursa Efek Chicago

Source: liputan6.com
Presiden Ingin Pertamina Borong Minyak Saat Harga Anjlok

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada PT Pertamina (Persero) untuk memanfaatkan penurunan harga minyak dunia dengan memborong minyak . Instruksi tersebut guna menjaga ketahanan energi nasional.

‎Jokowi mengatakan, langkah memborong minyak perlu dilakukan untuk mengantisipasi kebangkitan harga minyak dunia. Dengan membeli saat harga rendah seperti saat ini maka Indonesia tidak akan dibebani jika harga naik di kemudian hari karena telah memiliki stok. 

"Seperti sekarang, waktu harga minyak murah, mestinya dipikirkan BUMN Pertamina bagaimana bisa membeli stok sebanyak-banyaknya," kataJokowi, di Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), diJakarta, Senin (29/2/2016).

Baca Juga

  • Dana Ketahanan Energi untuk Terangi Wilayah yang Gelap Gulita
  • Harga Minyak Turun ke US$ 32,78 per Barel
  • Sulitnya Pungut Dana Ketahanan Energi

Source: liputan6.com
Gubernur Aher Minta BPS Perbaiki Data Ekonomi Jawa Barat

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meminta Badan Pusat Statistik (BPS) untuk memperbaiki data kegiatan ekonomi di provinsi yang dipimpinnya. Data yang dimaksud seperti jumlah dunia usaha, produktivitas, jumlah tenaga kerja, hingga kegiatan ekspor industri pengolahan nasional yang setengahnya berada di Jawa Barat.

Sebab, menurut dia, apabila terjadi kesalahan dalam pendataan, akan berdampak luas pada catatan ekonomi di Jawa Barat. Serta, berimbas pada kesalahan hitung angka pendapatan per kapita, pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, hingga pengangguran.

"Sangat dibutuhkan informasi yang mampu menggambarkan secara lengkap, valid, dan mutakhir tentang level, struktur, karakteristik, serta daya saing dari semua skala usaha atau kegiatan ekonomi non-pertanian di Jawa Barat, sebagai pondasi perencanaan yang lebih terarah dan kebijakan yang lebih tepat sasaran," kata dia di Bandung, seperti dikutip Senin (29/2/2016).

Baca Juga

  • BPS Sensus PKL Hingga Pengusaha Kantoran Tahun Depan
  • BPS Minta Pengusaha Jangan Beri Data Bodong dalam Sensus Ekonomi
  • Anggaran Sensus Ekonomi 2016 Terancam Dipotong

Source: liputan6.com
Menakar Harta Pemenang Oscar Leonardo DiCaprio

Liputan6.com, Jakarta - Terlahir dengan nama Leonardo Wilhelm DiCaprio pada 11 November 1974, aktor sekaligus produser film, Leonardo Di Caprio, adalah anak tunggal dari pasangan Irmelin dan George DiCaprio.

Saat berumur setahun, orangtua Leonardo bercerai dan dia tinggal bersama ibunya. Meski demikian, Leonardo kecil juga kerap menghabiskan waktu bersama ayahnya. Selain komik dan kartu baseball, kegemaran Leonardo adalah pergi ke museum bersama sang ayah.

Tahun 1995 hingga 1997 merupakan masa-masa keemasan bagi aktor pengagum serial TV Twilight Zone ini. Hanya dalam kurun waktu dua tahun, Leonardo berhasil mendapatkan peran di beberapa film terkenal, seperti The Quick and the Dead (1995), The Basketball Diaries (1995), Romeo and Juliet (1996) dan perannya sebagai Jack Dawson di film Titanic (1997), yang membuat namanya sebagai aktor semakin melejit.

Seperti dilansir dari Forbes, Senin (29/2/2016), pria berusia 41 tahun ini memiliki kekayaan hingga US$ 29 juta atau setara dengan Rp 386 miliar. Kekayaannya sebagian besar didapat dari kiprahnya selama berkecimpung di dunia perfilman

Di perhelatan Academy Awards 2016, Leo mampu mendulang prestasi. Ia berhasil mendapat piala Oscar pertamanya setelah enam kali hanya bertengger sebagai nomine. (Vna/Gdn)


Source: liputan6.com
Kementerian PUPR Minta Pemda Prioritaskan Program Perumahan

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR mengajak Pemda untuk memprioritaskan pembangunan perumahan untuk masyarakat dan PNS sebagai program utama dalam membangun daerah.

Adanya anggaran yang memadai serta kemudahan perijinan untuk perumahan akan semakin mendorong peningkatan pembangunan rumah di daerah.

"Masih banyak Pemda yang belum menjadikan program perumahan sebagai program utama dalam pembangunan didaerahnya masing-masing. Padahal kebutuhan rumah di daerah untuk masyarakat jumlahnya masih cukup besar," ujar Sekretaris Ditjen Penyediaan Perumahan, Eko Heripoerwanto dalam keterangannya, Senin (29/2/2016).

Baca Juga

  • KemenPU-Pera: Iuran Tapera Masih Bisa Dinego
  • Tapera Bikin Masyarakat Cepat Miliki Rumah
  • Pengusaha Tak Yakin Tapera Bisa Atasi Defisit Rumah di RI

Source: liputan6.com
Bahasa Jadi Kendala Investor China Tanamkan Investasi ke RI

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan membentuk meja (desk) khusus bagi investor China. Keberadaan desk ini diharapkan bisa mendorong‎ realisasi investasi China di Indonesia.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, komitmen investasi China di Indonesia melonjak pada tahun lalu. Jika pada periode 2010-2014 komitmen investasi China hanya US$ 11 miliar, pada 2015 meningkat dua kali lipat menjadi US$ 22 miliar.

Melihat peningkatan komitmen investasi tersebut, menurut Franky, sangat penting untuk ‎mengawal komitmen investasi China ini hingga benar-benar terealisasi. Itu karena selama ini realisasi investasi China termasuk rendah.

Pada periode 2010-2014 realisasi investasi China hanya sebesar 7 persen, sedangkan pada 2015 sebesar 14 persen.

"Rata-rata dari 5 tahun ini sudah double. Makanya ini merupakan tanggungjawab kita untuk mendukung komitmen investasinya.‎ Kita dorong lebih cepat realisasinya dengan dukungan berbagai pihak," ujar dia di Jakarta, Senin (‎29/2/20216).

Baca Juga

  • BKPM Bakal Bentuk Desk Khusus bagi Investor Tiongkok
  • BKPM Incar 215 Investor Potensial dari China
  • Investor China Bangun Kawasan Wisata Rp 400 Triliun di Bintan

Source: liputan6.com
Daftar Tol yang Sedang Dibangun di Jabodetabek

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa proyek tol di Jabodetabek tengah dikembangkan perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sejumlah priyek sudah masuk dalam tahap konstruksi, sementara lainnya masih dalam tahap pembebasan lahan.

Dari data yang didapat Liputan6.com dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), ada sekitar 10 ruas tol yang bakal dibangun di Jabodetabek itu. Total panjangnya mencapai 232,9 kilometer (km).

Ke-10 ruas tol tersebut antara lain:

Pertama, tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,19 km dengan biaya investasi sekitar Rp 3,5 triliun, Ruas tol tersebut kini masuk dalam tahap kesiapan lahan. Tol ini ditargetkan akan beroperasi secara keseluruhan pada 2019.

Kedua adalah tol Kunciran-Serpong yang akan tersambung langsung dengan tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran. Tol sepanjang 11,19 km ini menelan biaya investasi hingga Rp 2,6 triliun.

Tol ini belum masuk tahap konstruksi karena masih menunggu kesiapan lahan. Targetnya, tol ini bisa dilintasi kendaraan pada 2015.

Ketiga adalah tol Serpong-Cinere sepanjang 10,14 km yang terdiri dari 2 seksi. Tol senilai Rp 2,219 km ini pun tengah menunggu kesiapan lahan hingga kemudian masuk tahap konstruksi. 2 tahun yang akan datang ditargetkan tol ini bisa fungsional.

Keempat adalah Cinere-Jagorawi sepanjang 14,6 km yang terdiri dari 3 seksi. Tol senilai Rp 2,6 triliun ini sudah 42 persen tersambung. Di 2012 lalu, seksi 1 dan seksi 3 sudah beroperasi. Sementara seluruhnya ditargetkan akan kelar pada 2018.

Kelima adalah tol yang menghubungkan Cimanggis-Cibitung. sepanjang 25,3 km. Perkembangan konstruksi dari tol senilai Rp 4,5 triliun ini baru mencapai 0,85 persen. Seluruhnya tol ini akan tersambung pada 2019.

Keenam adalah Cibitung-Cilincing yang membentang sepanjang 34 km dan terdiri dari 4 seksi. Tol yang menelan investasi sampai Rp 4,2 triliun ini tengah menunggu kesiapan lahan dan akan beroperasi pada 2019.

Ketujuh adalah Depok-Antasari yang ditargetkan bakal beroperasi pada 2019. Tol sepanjang 21,5 km ini baru selesai sekitar 6,34 persen.

Kedelapan adalah Bekasi-Cawang-Kampung Melayu yang tengah masuk dalam tahap konstruksi. Tol yang mayoritas dibangun melayang ini menelan investasi sekitar Rp 7,2 triliun. Ditargetkan tol yang baru rampung 12,623 persen ini bisa beroperasi pada 2019.

Kesembilan adalah tol Bogor Ring Road sepanjang 11 km dan terbagi dari 3 seksi. Seksi 1 dan 2 A telah beroperasi. Tol ini ditargetkan seluruhnya akan tersambung pada 2019.

Kesepuluh adalah proyek 6 ruas tol dalam kota Jakarta. Tol dengan total panjang 69,77 km ini masih menunggu kesiapan lahan dan ditargetkan akan selesai pada 2021.

Sekitar 6 ruas tersebut akan menyambungkan titik Selatan dan Utara Jakarta melalui tol yang dibangun melayang.

6 ruas tol tersebut mencakup Semanan-Sunter (20,23 km), Sunter-Pulogebang (9,44 km), Duripulo-Kampung Melayu (12,65 km), Kemayoran-Kampung Melayu (9,60 km), Ulujami-Tanah Abang 8,7 km, Pasar Minggu-Casablanca (9,16 km). (Zul/Ndw)


Source: liputan6.com
Produsen Ban Asal China Bangun Pabrik Senilai US$ 500 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Produsen ban asal China, Shandong O`Green Tyre Co Ltd tengah merampungkan pembangunan pabriknya di Indonesia. Pabrik tersebut merupakan hasil kerjasama dengan perusahaan lokal PT Vorich Wealth Indo. Kerjasama ini membentuk perusahaan baru bernama PT Eastern O`Green yang nantinya akan menjalankan operasional pabrik tersebut.

General Manager ‎(GM) Eastern O`Green, Fitri Zenitia mengatakan pabrik dengan nilai investasi sebesar US$ 501 juta tersebut tengah dibangun di Cikampek, Jawa Barat. Jika telah beroperasi nantinya, kapasitas produksi pabrik tersebut ditargetkan mencapai 20 ribu-30 ribu ban per hari.

"Itu ban untuk truk, bus dan kendaraan jenis sedan. Saat ini kita sudah melakukan tes pasar untuk mengetahui pangsapasarnya. Tapiinvestasinya terus jalan," ujarnya diJakarta, Senin (29/2/2016).

Baca Juga

  • BKPM Bakal Bentuk Desk Khusus bagi Investor Tiongkok
  • BKPM Incar 215 Investor Potensial dari China
  • Investor China Bangun Kawasan Wisata Rp 400 Triliun di Bintan

Source: liputan6.com
Tanpa APBN, Proyek Palapa Ring Paket Barat Telan Rp 1,28 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah serius mengembangkan proyek kerjasama dengan Badan Usaha (KPBU) untuk pembangunan jaringan serat optik dalam proyek Palapa Ring Paket Barat senilai Rp 1,28 triliun. Proyek tersebut murni tanpa menyedot Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dalam KPBU atau nama lain Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara bertindak selaku Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK).

Kolaborasi ini ditunjukkan melalui penandatanganan perjanjian kerjasama untuk proyek Palapa Ring Paket Barat dengan PT Palapa Ring Barat (konsorsium Moratel-Ketrosden Triasmitra). Seremoni tersebut diselenggarakan di Aula Mezzanine Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (29/2/2016).

 

Baca Juga

  • Menkominfo: Palapa Ring Paket Timur Tunggu `Sinyal` Trans Papua
  • Pemerintah Umumkan Pemenang 2 Paket Tender Proyek Palapa Ring
  • Pemerintah Umumkan Pemenang Tender Palapa Ring Paket Barat

Source: liputan6.com
Puluhan Tahun, Indonesia Baru Punya Jalan Tol 948 Km

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan proyek jalan tol di Indonesia dinilai masih lambat. Hingga pertengahan 2015, panjang tol yang beroperasi di Indonesia belum mencapai 1.000 km. Dibanding negara lain, Indonesia tertinggal.

Ketua Asosiasi Tol Indonesia Fatchurahman mengatakan, bukan rahasia lagi jika Indonesia tertinggal dari negara seperti Malaysia yang sudah membangun jaringan jalan tol hingga ribuan kilometer.

"Sudah sering dibicarakan ini, kita belum ada 1.000 km, Malaysia suda 3.500 km. Kita padahal lebih dulu bekerja dari mereka," kata Fatchurahman saat dihubungi Liputan6.com, Senin (29/2/2016).

Baca Juga

  • Lewati Garut, Nama Tol Cileunyi-Tasikmalaya Diubah Jadi Cigatas
  • Gerbang Tol Kebon Bawang Akan Segera Beroperasi
  • Ini Daftar 30 Proyek Prioritas Pemerintah hingga 2019

Source: liputan6.com
OJK: Aku Cinta Keuangan Syariah

Liputan6.com, Jakarta Otoritas Jasa Keuangan semakin giat mengkampanyekan ‘Aku Cinta Keuangan Syariah’. Kampanye ini bertujuan agar masyarakat bisa semakin mengenal dan terus merasa dekat dengan produk dan jasa layanan keuangan syariah. Selain itu, kampanye ini juga bertujuan untuk menggenjot pertumbuhan Industri syariah secara umum.

Dalam rangka kampanye Aku Cinta Keuangan Syariah (ACKS), OJK bersama industri keuangan syariah memiliki berbagai perencanaan program sosialisasi dan komunikasi keuangan syariah yang akan dilaksanakan selama tahun 2016. 

Program sosialisasi tersebut akan dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia melalui program Expo /pameran, program training of trainers, dan workshop yang bersifat pelatihan kepada elemen masyarakat. Bahkan, OJK turut berencana untuk menyelenggarakan Keuangan Syariah Fair 2016 (KSF) di berbagai kota di Indonesia untuk mendekatkan masyarakat dengan industri keuangan syariah.

“Industri perbankan dan keuangan syariah nasional perlu terus melakukan sosialisasi dan edukasi publik (campaign) agar produk serta jasa layanan syariah yang semakin beragam dan berdaya saing dapat dikenal dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Disamping itu juga agar dapat berkontribusi secara nyata dan optimal dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian nasional yang berkesinambungan,” kata Deputi Komisioner OJK Pengawas Bank I Mulya E Siregar.

Nantinya, Program ACKS juga akan berfungsi sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang keunggulan produk dan jasa keuangan syariah, Serta memberikan pengalaman langsung kepada masyarakat untuk berinteraksi dengan lembaga-lembaga keuangan syariah terkemuka di Indonesia.

Keuangan Syariah Fair akan dibuat dengan format pameran (expo) industri keuangan syariah, dengan peserta dari industri keuangan syariah antara lain: Bank Syariah, Pasar Modal Syariah, lndusti Keuangan Non—Bank (IKNB) Syariah dan sektor riil yang akan memberikan edukasi langsung kepada masyarakat tentang keunggulan produk dan jasa Keuangan syariah yang sudah sama bagusnya, sama lengkapnya, dan sama modernnya layaknya produk jasa keuangan konvensional.

Pembukaan rangkaian Kampanye ACKS 2016 akan digelar di mall Gandaria City Jakarta pada tanggal 3-6 Maret 2016. Kegiatan KSF Jakarta tersebut akan dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang didampingi oleh Anggota Dewan Komisioner OJK Merangkap Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan, Nelson Tampubolon.

Pada pembukaan acara tersebut juga akan dilakukan acara ceremony, sebagai bentuk dukungan terhadap industri keuangan syariah, antara lain:

1. Launching Buku Standar Produk Perbankan Syariah (Produk Murabahah dan Produk Musyarakah termasuk Musyarakah Mutanaqisah)
2. Launching Working Group SiKOMPAK SYARIAH (Sinergi Komunikasi dan Pemasaran Keuangan Syariah)
3. Soft Launching Kerjasama OJK dengan Ikatan Sarjana Ekonom Indonesia (ISEI), Asbisindo dan UIN melalui pendirian laboratorium Bank Syariah Mini di kampus.
4. Pernyataan Komitmen dukungan ATM Prima dan ATM Bersama dengan ASBISI NDO untuk peningkatan layanan perbankan syariah di Indonesia.
5. Layanan Terpadu Konsumen Keuangan Syariah oleh Departemen Perlindungan Konsumen OJK

Rangkaian KSF Jakarta akan diikuti oleh 36 perusahaan keuangan syariah yang terdiri dari 16 perbankan syariah, 10 industri pasar modal syariah dan 10 IKNB syariah. Selain itu, juga akan ada acara iB Goes To School “Tabungan SimPel iB”, Talkshow Produk dan Jasa Keuangan Syariah, Talkshow Perencanaan Keuangan bersama Aidil Akbar, Workshop Perbankan Syariah kepada Guru, Talkshow “Investasi dan Kebebasan Finansial Keluarga”, Workshop kepada netizen “iB Blogger Meet Up” bersama Kompasiana serta berbagai panduan acara edukasi dan entertainment mengenai Keuangan Syariah, seperti Dongeng Syariah untuk anak dan senam santai SKJ Section.

Masih belum cukup? Tenang, karena juga akan ada kemeriahan rangkaian perlombaan, diantaranya Lomba Mewarnai, Ranking 1 Syariah, Lomba Marawis, Lomba Make Over Hijab dan Lomba Healthy Food Creation dengan nilai total hadiah puluhan juta rupiah.

(Adv)


Source: liputan6.com
5 Investor Tiongkok Manfaatkan Layanan Izin Investasi 3 Jam

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Mo‎dal (BKPM) menyatakan sejak resmi diluncurkan pada Januari 2016, sebanyak lima investor asal Tiongkok telah memanfaatkan layanan izin investasi tiga jam. Hingga saat ini, investor asal Tiongkok bahkan menjadi salah satu yang paling banyak memanfaatkan layanan tersebut.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan ‎selain pertumbuhan realisasi investasi, langkah pemerintah untuk menawarkan kemudahan layanan izin investasi tiga jam direspons positif oleh investor Tiongkok. Hingga 18 Februari 2016 tercatat lima perusahaan asal Tiongkok telah memanfaatkan layanan investasi tersebut.

"Dari jumlah tersebut tercatat nilai investasi yang berhasil difasilitasi mencapai US$ 2,34 miliar atau setara dengan Rp 32,5 triliun (kurs Rp 13.900)," ujarnya di Jakarta, Senin (29/2/2016).

Menurut dia, nilai investasi sebesar Rp 32,5 triliun tersebut setara dengan 60 persen total nilai investasi yang melalui layanan izin investasi tiga jam yang mencapai Rp 54 triliun. Saat ini tercatat ada 20 perusahaan yang memanfaatkan layanan tersebut.

 

Baca Juga

  • BKPM Bakal Bentuk Desk Khusus bagi Investor Tiongkok
  • BKPM Incar 215 Investor Potensial dari China
  • Perwakilan BKPM Korsel Jaring Minat Investasi US$ 490 Juta

Source: liputan6.com
10 Alasan Anda Masih Terlibat Utang

Liputan6.com, New York - Jika Anda masih muda, baru lulus kuliah, baru memulai bisnis, atau bahkan baru saja membina rumah tangga, ada kemungkinan kondisi keuangan Anda belum stabil. Pendidikan memang menyita banyak uang, sama halnya dengan saat Anda membangun bisnis.

Mengelola keuangan tidak selalu mengenai berapa uang yang masuk dan berapa banyak yang keluar. Pengelolaan keuangan adalah bagaimana cara Anda menabung dan membelanjakan uang dan juga berbagi dengan sesama.

Seperti yang dikutip dari laman Lifehack.org, Senin (29/2/2016), berikut beberapa alasan yang tetap membuat Anda berada dalam lilitan hutang:

1.Tidak terbiasa menabung

Menabung adalah bagaimana Anda belajar berperilaku terhadap diri sendiri. Banyak cara dilakukan untuk belajar menabung salah satunya dengan menyisihkan uang dan disimpan tiap bulan di bank.

2. Belanja berlebihan

Jika Anda tetap membelanjakan secara berlebihan uang yang Anda punya, maka Anda akan berakhir dengan menggunakan uang yang Anda simpan setiap bulan. 

3. Tidak menghargai uang

Anda belum mengetahui apa yang benar-benar penting dalam hidup Anda. Uang adalah sumber penghasilan, yang juga bisa disalahgunakan, dibuang, atau bahkan diubah menjadi sesuatu yang lebih berharga.

4. Belum bisa mengatur keuangan dengan baik

Bayangkan saat ini Anda melihat barang yang sangat amat Anda inginkan. Anda dapat memperkirakan apa uang yang ada di bank cukup untuk membeli barang tersebut.

Gunakan alat pengecek budget Anda yang mudah digunakan, aplikasi atau pena dan kertas mungkin bisa jadi alternatif termudah, jangan gunakan kartu kredit terlalu sering karena utang bagaimanapun juga tidak bisa terbayar dengan sendirinya.

5. Sering tergoda membeli barang

Ada kalanya Anda membeli barang ketika seharusnya barang tersebut bisa disewa atau dipinjam. Contohnya,
Ketika Anda ingin bercocok tanam, kenapa harus membeli sekop dan cangkul ketika Anda bisa meminjam nya dari tetangga Anda. Adakalanya meminjam lebih baik daripada terlalu sering membeli.

6. Mudah terbujuk cepat kaya

Anda terlalu mudah terbujuk pada ide "kaya dengan cepat". Kaya dengan sangat cepat terjadi mungkin pada 1 persen orang di dunia ini, dari memenangkan lotere misalnya, jadi jangan terlalu mudah terpaku pada ide ide "kaya instan" seperti itu.

Gunakan waktu Anda untuk membangun sebuah usaha yang bisa bertahan lama atau meniti karir sampai benar benar mendapat hasil yang sesungguhnya yang memang perlu proses tapi kemungkinan tercapai lebih mudah.

7. Boros

Cara Anda menghabiskan uang banyak caranya, yang memang secara rutin dilakukan seperti membeli bahan bakar, keperluan dapur atau sekolah anak. Namun bisa uang Anda habis karena merokok, judi,minum minuman keras, mungkin Anda harus berpikir untuk merubah gaya hidup Anda.

Banyak cara untuk menghindari segala hal negatif yang Anda klaim dapat melepaskan penat, dan jika Anda benar benar sulit untuk melepaskan kebiasaan buruk ini, Anda harus mencari pertolongan.

8. Sering menggesek kartu kredit

Anda menggunakan kartu kredit untuk hal yang bahkan uangnya tidak Anda miliki sekarang. Jika Anda saat ini membayar secara tunia saja tidak bisa, jangan gunakan kartu kredit.

Untuk hal semacam perbaikan mobil, membayar dana pendidikan, atau yang lain. Usahakan mencari dana atau menabung sehingga Anda bisa benar benar membayar hal tersebut.

Jangan meminjam uang kepada bank bila tidak benar benar terdesak, ingat dana dari bank ada bunga nya dan pihak bank akan selalu berusaha agar Anda meminjam lebih banyak uang.

9. Terpaku dengan barang bermerek

Membayar mahal untuk sekedar merek atau status sering dilakukan. Untuk sehelai kaos berwarna sama dan berbahan sama, kenapa Anda harus mebayar 4 kali lipat lebih mahal? Selama ini kita dibutakan oleh sesuatu yang bernama merek, industri fashion menghasilkan sangat banyak uang dari hal tersebut.

Ingat, Anda tetap menjadi orang yang dicintai oleh keluarga dan rekan rekan Anda tanpa harus memiliki embel embel label tertentu. Jadi mengapa bersusah payah memukau orang dengan tampilan luar yang sebenarnya bisa jauh lebih murah Anda dapatkan dari merk yang lain.

10. Tidak memikirkan masa depan

Ingat kehidupan Anda tidak berhenti ketika Anda juga berhenti kerja, kehidupan akan jalan terus, biaya yang dikeluarkan pun tetap ada dan miungkin lebih banyak. Maka dari itu persiapkanlah masa depan dan masa pensiun Anda, menabunglah dan gunakan tabungan tersebut untuk menikmati hari tua Anda nanti bersama keluarga tercinta. Jangan sampai terlalu memikirkan keadaan saat ini membuat Anda lupa akan kehidupan di masa mendatang. (Tia/Gdn)


Source: liputan6.com
Tolak Reklamasi Teluk Benoa, Masyarakat Bali Datangi Menteri Susi

Liputan6.com, - Sejumlah pemuka masyarakat Bali mendatangi kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) siang ini. Kedatangan mereka terkait penolakannya reklamasi Teluk Benoa, Bali.

Kepala Desa Pemogan,‎ Denpasar, Bali mengatakan reklamasi Teluk Benoa akan menciderai kegiatan spiritual umat Hindu. Pasalnya, 5 aliran sungai bertemu di Teluk Benua dan dianggap suci. Menurutnya, hal itu tak boleh dirusak.

"‎Aliran sungai, pertemuan sungai kawasan suci karena untuk aktivitas adat. Teluk pertemuan 5 aliran sungai, teluk Benoa aliran suci sehingga harus dijaga dan tak boleh dirusak," katanya, Jakarta, Senin (29/2/2016).

 

Baca Juga

  • Aksi Bersih Pulau Pudut demi Tolak Reklamasi Teluk Benoa
  • Jika Amdal Bagus, Ketua MPR Dukung Reklamasi Teluk Benoa Bali
  • Teluk Benoa Bali Masih `Panas`

Source: liputan6.com
Menkeu Ingin Ada Tax Amnesty Agar Tak Perlu Pangkas Belanja

Liputan6.com, Jakarta - DPR dikabarkan menunda Pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Tax Amnesty atau Pengampunan Pajak.

Padahal, tanpa kebijakan tersebut, penerimaan negara dari sektor pajak dipastikan semakin seret dan mengancam pemotongan belanja pemerintah.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, pemerintah masih menunggu proses pembahasan di DPR mengenai RUU Tax Amnesty.

Dia meyakini parlemen hanya menunda pengesahan RUU menjadi UU sebagai payung hukum pelaksanaan program pengampunan pajak yang ditaksir bisa mendatangkan penerimaan pajak hingga Rp 100 triliun di 2016.

"DPR tidak bilang menolak, paling menunda. Kita menunggu proses di DPR. Kita masih berharap sesegera mungkin ada tax amnesty, jika tidak kita harus potong belanja," ujar Bambang di kantornya, Jakarta, Senin (29/2/2016).

Baca Juga

  • Ini Dampak Bila DPR Tolak RUU Tax Amnesty
  • Wakil Ketua DPR: RUU Tax Amnesty Dibahas Usai Reses
  • Pemerintah Diminta Terus Dorong Pelaksanaan Pengampunan Pajak

Source: liputan6.com
PLTS Berkapasitas 2 MW Bakal Dibangun di Manokwari

Liputan6.com, Jakarta - BUMN PT LEN Industri bakal membangun pe,bangkit listrik tenaga surya ({TS) di Indonesia Timur berkapasitas 2 megawatt (mw). PLTS tersebut bakal dibangun di Manokwari, Papua Barat.

Proyek tersebut masuk ke dalam 24 proyek strategis yang hari ini dilakukan penandatanganan kontraknya. Presiden Joko Widodo dalam kesempatan itu turut hadir menyaksikan prosesi penandatanganan di Kementerian ESDM ini.

Dirut PT LEN Industri Abraham Mose yang ditemui usai acara tersebut mengatakan bahwa proyek pembangunan PLTS 2 MW Manokwari yang ditandatangani di depan Presiden Jokowi tersebut merupakan Proyek Strategis yang mempunyai nilai kontrak sebesar 57,6 Miliar Rupiah.

Baca Juga

  • Kementerian ESDM Tanda Tangani Kontrak Proyek Rp 3,04 Triliun
  • Filipina Dapat Resep Metode Promosi UKM Desa dari Indonesia
  • PGE Unit Kamojang Pasok Uap ke Pembangkit BPPT

Source: liputan6.com
Dana Celengan Sawit Nyaris Tembus Rp 1 Triliun dalam Sebulan

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit mengaku telah menghimpun tabungan sawit atau CPO Fund sebesar hampir Rp 1 triliun hanya dalam kurun waktu sebulan, tepatnya di Januari 2016. Sementara target pengumpulan dana ini sebesar Rp 9,5 triliun sepanjang tahun ini.

"Januari ini cukup surprise bagi kami, ternyata dalam sebulan terkumpul dana pungutan sawit hampir Rp 1 triliun," kata Direktur Utama BPDP Kelapa Sawit, Bayu Krisnamurthi di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (29/2/2016).

Sedangkan penghimpunan dana pungutan sawit untuk periode Februari 2016, Bayu mengaku belum mempunyai datanya.

Dirinya mengaku, pencapaian tersebut tidak terlepas dari kegiatan ekspor minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) yang tinggi di bulan pertama 2016. Pengusaha sawit, sambung Bayu, mempercepat penyerapan CPO ke negara-negara tujuan ekspor.

Baca Juga

  • Perjuangan RI Gagalkan Prancis Terapkan Pajak Tinggi Sawit
  • Mendag Minta Pemerintah Prancis Batalkan Pajak CPO
  • Produk Turunan Sawit Dapat Jadikan RI Negara Maju

Source: liputan6.com
Pemerintah Siapkan Strategi Hadapi Pajak Sawit Prancis

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia sedang menyiapkan strategi untuk menggagalkan upaya Prancis menerapkan pajak super tinggi kepada produk sawit mulai 2017. Pasalnya, Negara ini menjadi salah satu korban jika pemerintah Prancis memberlakukan kebijakan tersebut, mengingat Indonesia adalah produsen minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sedang membahas strategi ini bersama Kementerian terkait. Sebab, dari sisi internal pun, produk maupun pengelolaan kelapa sawit Indonesia perlu mendapat perhatian untuk diperbaiki sebagai komoditas ekspor.

"Kami memang sedang membicarakan dan menyiapkan langkah-langkah di eksternal, seperti Prancis, Eropa dan lainnya. Tapi saya tidak mau menjelaskan dulu apa yang mau dilakukan, karena kita masih perlu memperbaiki standar pengelolaan kelapa sawit, dan lainnya," ucap Darmin diJakarta, Senin (29/2/2016).

Baca Juga

  • Perjuangan RI Gagalkan Prancis Terapkan Pajak Tinggi Sawit
  • ‎Rizal Ramli: Ingat, Prancis Punya Banyak Kepentingan di RI
  • Prancis Bakal Kenakan Pajak Impor CPO, Ini Tanggapan Rizal Ramli

Source: liputan6.com
Siapa yang Jadi Induk Usaha Holding BUMN Jalan Tol?

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah merencanakan akan membentuk holding perusahaan di sektor pembangunan jalan tol di tahun ini. Ini dilakukan untuk memperkuat pendanaan dan percepatan pembangunan jalan tol di RI.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono mengungkapkan dari rapat terbatas yang dilakukan, semua menteri yang hadir mayoritas mendukung.

Basuki menyebutkan memang belum ada perusahaan yang ditunjuk menjadi induk holding perusahaan jalan tol ini. Hanya saja dia menggarisbawahi yang akan menjadi induk holding adalah perusahaan yang sahamnya belum tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca Juga

  • Puluhan Tahun, Indonesia Baru Punya Jalan Tol 948 Km
  • Daftar Tol yang Sedang Dibangun di Jabodetabek
  • Kementerian BUMN Bakal Bentuk Holding Perusahaan Jalan Tol

Source: liputan6.com
Ini 6 Sektor BUMN yang Jadi Prioritas Pembentukan Holding

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo memerintahkan untuk melakukan efisiensi BUMN dalam meningkatkan daya saingnya di pasar internasional. Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan pembentukan holding.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan, dalam rapat terbatas yang dilakukan hari ini, ‎ada enam sektor yang diusulkan Menteri BUMN Rini Soemarno untuk menjadi prioritas holding dalam jangka menengah.

"‎Ada 6 holding yang tadi disampaikan dan diminta Presiden dan Wapres untuk dikaji lebih mendalam," kata Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/2/2016).

 

Baca Juga

  • Kementerian BUMN Bakal Bentuk Holding Perusahaan Jalan Tol
  • Tanggapan BI Soal Holding Bank BUMN
  • Pemerintah Bentuk Holding Bank BUMN pada 2018

Source: liputan6.com
Jokowi Larang Pembangunan Gedung Kantor Kementerian/Lembaga

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo melarang pembangunan gedung kantor untuk Kementerian dan Lembaga (K/L). Kebijakan tersebut bukan merupakan prioritas dan tidak menyentuh rakyat.

Deimikian keterangan dari Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana yang diterima Liputan6.com, Senin (29/2/2016).

Dalam arahan pembuka ratas terbatas (ratas) dengan topik Pembangunan Sarana dan Prasarana Kementerian/Lembaga (K/L) sore ini, Senin 29 Februari 2016, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pemerintah telah menetapkan kebijakan moratorium bagi pembangunan gedung kantor K/L.

 

Baca Juga

  • Jokowi Tentukan Nasib Proyek Gas Blok Masela di 2018
  • Pemerintah Jeddah Berencana Bangun Gedung Tertinggi di Dunia
  • Presiden Jokowi: BUMN Jangan Hanya Jago Kandang

Source: liputan6.com
Menteri PUPR Sebut UU Tapera Sudah Libatkan Pengusaha

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono mengaku perumusan Undang-Undang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) sudah melibatkan pengusaha.

Hal ini, dibuktikan dengan digelarnya Forum Group Discussion (FGD) yang antara lain dihadiri para pengusaha dan pekerja.

"Iya sudah (melibatkan pengusaha). Kan semua sudah FGD, para buruh juga mendukung," kata Basuki di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/2/2016).

Menanggapi penolakan yang dilakukan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) maupun Kamar Dagang dan Industri (Kadin) terkait Tapera, Basuki mengaku hal ini hanya bentuk komunikasi yang kurang intens, yang dilakukan pihaknya dengan para pengusaha tersebut.

Baca Juga

  • Pemerintah Siap Hadapi Gugatan Uji Materi UU Tapera
  • Ini Tipe Rumah yang Bisa Didapat dari Program Tapera
  • Tapera Bikin Masyarakat Cepat Miliki Rumah

Source: liputan6.com