Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Rabu, 23 Maret 2016
Kelas Gratis Ini Bisa Bikin Anda Jadi Pengusaha

Liputan6.com, Jakarta - Komunitas sekaligus pendidik wirausaha muda The Accelerator kembali membuka kelas khusus yang ditunjukkan bagi calon pengusaha di bawah usia 40 tahun. Kelas ini nantinya dapat bermanfaat agar pengusaha dapat mengembangkan kemampuan yang mereka miliki.

Melalui program BEST Class (Business Entrepreneurship Skills and Training Class) calon pengusaha muda Indonesia diajak untuk dapat mengakselerasikan bisnis yang dimilikinya. Acara ini akan digelar hari Minggu, 27 Maret 2016 pukul 08.30-17.00 WIB .

Di acara ini, peserta akan diajak untuk mendapat materi dari beberapa pembicara seperti Hendra Suryakusuma (Founder & CEO Of Elitery PT Data Sinergitama Jaya), M Faisal (Founder & CEO Of Acacia Octrooibureau) dan Reiner Rahardja (Founder & Executive Director The Accelerator).

Sebanyak 120 usahawan yang terpilih akan mendapatkan kesempatan masuk dalam kelas eksklusif ini secara gratis.

The Accelerator merupakan komunitas sekaligus pendidik wirausaha muda di Indonesia yang diinisiasi Reiner Rahardja. Pria berusia 26 tahun ini berhasil menorehkan prestasi di bidang kewirausahaan dengan mampu menorehkan angka penjualan sebesar seperempat triliun di usianya yang masih tergolong muda.

Reiner pun juga berhasil membangun beberapa perusahaan besar diantaranya PT Reitech Solusindo, PT Reitech Internasional dan PT Nanohair Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik mengikuti kelas ini dapat melakukan reservasi di link berikut.


Source: liputan6.com
10 Kota dengan Lalu Lintas Terburuk di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Hampir sebagian besar orang di dunia bangun di pagi hari dan melakukan perjalanan ke kantor setiap harinya.

Tentunya jalan yang macet akan menghambat produktivitas seseorang. Bahkan Jakarta dan Surabaya masuk ke dalam posisi kota paling macet di dunia.

Beberapa tempat punya akses jalan yang lebar, namun tetap saja tidak dapat menampung banyaknya mobil dan kendaraan umum. Jalanan macet menjadi salah satu ketakutan lalu lintas bagi beberapa masyarakat.

Melansir dari wonderslist.com, Rabu (23/3/2016), berikut adalah 10 tempat dengan masalah lalu lintas terburuk di dunia:

1. Jakarta, Indonesia

Jakarta adalah kota pertama di dunia yang memiliki masalah lalu lintas terburuk. Tiga puluh juta penduduknya sudah cukup menderita karena lalu lintas harian yang terjadi setiap harinya.

Masalah yang terjadi di Jakarta adalah pemerintah yang masih gagal dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk.Dengan infrastruktur lokal dan sistem utilitas publik yang masih terbelakang, pertumbuhan yang berkelanjutan dari membawa dilema untuk negara.

Sekitar 1.000 mobil akan memadati jalan setiap pagi dan masih belum ada solusi untuk hal tersebut. Banyak yang meyakini sistem transportasi massal yang besar bisa memecahkan atau setidaknya meringankan situasi lalu lintas saat ini.

2. Istanbul, Turki

Salah satu masalah dari lalu lintas di Istanbul, Turki adalah mobil pribadi yang memadati jalan utama maupun jalan tol. Setidaknya 100.000 kendaraan terus bertambah hingga jumlahnya memperburuk situasi lalu lintas saat ini.

Pembangunan Big Istanbul Tunnel diyakini menjadi solusi untuk masalah lalu lintas di kota tersebut.

Menurut penelitian, hal terbaik dari Big Istanbul Tunnel adalah, dia dapat berkontribusi untuk memperbaiki situasi lalu lintas, memberikan rute yang berbeda untuk wisatawan melintasi perkotaan.

Jika jalan raya baru akan terhubung dengan sistem rel yang ada di kota besar, persentase komuter di daerah akan dialihkan ke rute baru untuk mengurangi lalu lintas dalam sistem jalan utama Istanbul.

3. Mexico City, Meksiko

Dengan 20 juta orang lebih dan 4 juta mobil yang berkeliling, jelas hal ini membuat jalan-jalan Mexico City menjadi masalah lalu lintas. Kota tersebut juga termasuk wilayah metropolitan terbesar di belahan bumi barat. 

Jadi kota tersebut tempat untuk perdagangan, industri dan pendidikan. Kota ini memiliki layanan transportasi terbesar di Amerika Latin. Baru-baru ini, Meksiko merencanakan akan membuka sistem transportasi kereta api yang pertama.

Dengan hal tersebut diharapkan akan mengurangi masalah situasi lalu lintas di daerah tersebut. Link transportasi tersebut akan menghubungkan Brownsville Texas dan Matamoros.

Langkah ini akan menjadi langkah awal untuk perbaikan sistem transportasi umum di Meksiko secara keseluruhan. Jika tidak, meningkatnya jumlah mobil pribadi di kota akan terus melumpuhkan kemajuan di daerah tersebut.

4. Surabaya, Indonesia

Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Castrol, Surabaya menempati urutan ke empat antara kota-kota dengan jumlah tertinggi yang mengalami masalah kemacetan.

Angka kemacetan telah mencapai 29.880 mobil berhenti dan maju per tahun, menampilkan betapa buruknya lalu lintas di kota tersebut. Sebagian besar angkutan umum di negara Indonesia terdiri dari minibus dan mini van yang sembarangan berhenti di tengah jalan untuk menunggu dan menurunkan penumpang.

Provinsi Jawa Timur merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dengan lebih dari 3 juta orang memadati lalu lintas. Surabaya juga merupakan pusat bisnis, industri dan pendidikan di Indonesia Timur yang memungkinkan sejumlah besar pejalan kaki bepergian sepanjang jalan tersebut setiap hari.

5. St. Petersburg, Russia

Meski pun St Petersburg merupakan salah satu kota terindah di Rusia sayangnya masalah lalu lintas mengurangi daya tariknya.

Bahkan pada 2012, St. Petersburg pernah menyebabkan kemacetan selama tiga hari akibat badai salju terbesar pertama selama tahun itu. Dari 400 mil bentangan jalan Moskow dan St Petersburg meninggalkan 100 mil kemacetan selama tiga hari.

Di sisi lain, jam sibuk juga membuat perjalanan dua kali lebih lama. Pihak berwenang di sisi lain, mengelola lalu lintas dengan mendorong penumpang untuk menggunakan transportasi umum. Mereka juga memasang parkir ilegal untuk mengurangi masalah.


Source: liputan6.com
3 Tips Sukses yang Sering Diabaikan Pengusaha

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seorang pengusaha, sudah seharusnya memiliki impian untuk masa depannya. Hal tersebut akan memotivasi Anda dalam menjalankan usaha saat ini.

Hal yang hebat dibangun dengan mimpi yang sederhana, kemudian memacu Anda untuk menemukan pelanggan hingga memiliki bayaran yang besar.

Entrepreneur Insiders merupakan komunitas online di mana orang-orang yang paling bijaksana dan berpengaruh dalam startup berkontribusi atas jawaban dari pertanyaan mengenai kewirausahaan dan karir.

Menurut mereka, tiga tips ini akan membantu Anda, yang berkarir sebagai pengusaha untuk menjadi lebih sukses. Melansir dari Fortune.com, Rabu (23/3/2016). Berikut ulasannya:

1. Bermimpi

Dengan memiliki impian, maka Anda sudah menapaki satu langkah untuk menjadi pengusaha yang sukses. Misalnya, Anda bisa membayangkan mengenai bagaimana bisa mengubah industri ritel atau bagaimana membeli pakaian namun tidak harus ke toko.

Dari hal tersebut, maka Anda memiliki tujuan untuk menciptakan sebuah perusahaan besar dalam menjual pakaian dengan inovasi baru.

Pengusaha umumnya memiliki impian dengan gambaran besar, namun Anda harus ingat bahwa semua itu tidak akan terjadi bila tidak melakukan apa-apa. Oleh karena itu, mulai lakukan sesuatu secara bertahap, agar Anda semakin dekat dengan tujuan.

2. Pelanggan

Ketika memulai bisnis, ada motivasi awal yang penting, yaitu pelanggan yang mau membayar Anda. Setelah tahun pertama berbisnis, maka Anda akan memiliki pendapatan. Jangan puas sampai disitu, Anda harus coba mengembangkan bisnis. Anda harus bisa mengantisipasi, ke arah mana bisnis akan berkembang.

Sering kali hal itu kembali menjadi titik awal, dan tidak semua pelanggan akan menyukai model baru dari usaha Anda. Oleh karena itu, penting menemukan pelanggan yang benar-benar setia kepada bisnis Anda. Pelanggan tidak muncul secara tiba-tiba, tetapi Anda yang harus mencarinya.

3. Motivasi uang

Semua pengusaha tentunya termotivasi oleh uang. Semangat untuk terus melakukan usaha akan terus datang ketika Anda mencapai kesuksesan. Teruslah lakukan usaha yang memungkinkan untuk menghasilkan lebih, bukan pendapatan yang itu-itu saja dari tempat yang sama.

Tingkatkan penjualan, dan kembangkan produk Anda agar bisa terus di gunakan di masa depan. Bila memiliki karyawan, maka buat kinerja karyawan Anda jadi produktif agar penjualan meningkat. Dengan begitu, kesuksesan menjadi seorang pengusaha berada di tangan Anda. (Shabrina Aulia Rahmah/Nrm)

 


Source: liputan6.com
7 Tips Betah di Kantor Walaupun Kerjaan Menumpuk

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan yang menumpuk, tenggat waktu proyek yang semakin dekat, serta tekanan besar dari atasan seringkali membuat Anda kelelahan bekerja. Akibatnya, Anda pun jadi sulit berkonsentrasi dan tidak bahagia melakukan pekerjaan yang ada.

Hal ini memang sering dialami terutama bagi para pegawai di kantor. Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar semangat kerja tetap terjaga.

Apa saja? Melansir monster.com, Selasa (22/3/2016) berikut ulasannya:

1. Jangan bawa urusan pribadi

Membawa urusan pribadi dan mencampurinya dengan tanggung jawab di kantor hanya akan menyulitkan diri Anda sendiri. Apabila hal ini dilakukan, Anda akan sulit untuk membagi konsentrasi dengan baik.

2. Rapikan meja kerja

Meja kerja yang rapi akan membuat Anda lebih bersemangat dalam bekerja. Bila perlu, tambahan aksesoris meja pun dapat membuat Anda merasa lebih semangat untuk bekerja.

3. Jalin hubungan baik

Jangan lupa untuk menjalin hubungan baik dengan rekan kerja Anda di kantor. Hubungan yang baik dengan rekan kerja akan membuat Anda betah untuk bekerja di kantor tersebut.


Source: liputan6.com
Ini yang Dilakukan 5 Orang Sukses di Usia 25 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Jalan setiap orang menuju kesuksesan berbeda-beda. Satu hal yang pasti, Anda akan menemukan berbagai tantangan untuk dapat mewujudkan tujuan yang diinginkan.

Melansir Business Insider, Rabu (23/3/2016) orang-orang sukses dunia seperti Steve Jobs, Richard Branson atau Larry Ellison ternyata memiliki rahasianya tersendiri. Dibalik kesuksesan seperti sekarang, mereka ternyata harus memulai semuanya dari bawah.

Ingin tahu seperti apa, berikut hal-hal yang dilakukan orang sukses ketika berumur 25 tahun:

Steve Jobs

Pendiri perusahaan Apple ini sudah mampu mendapuk dirinya sebagai miliarder. Saat umurnya menginjak 25 di tahun 1980, perusahaan miliknya mampu mendapat nilai valuasi mencapai US$ 1,2 miliar atau Rp 15,7 triliun.

Larry Ellison

Lawrence Joseph Ellison adalah salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation. Ellison memiliki bakat dalam matematika, dan pada masa mudanya bekerja untuk Perusahaan Ampex.

Di usia 25 tahun, pria ini ternyata masih bekerja sebagai seorang programmer. Ia memulai kerja di bidang tersebut setelah memutuskan berhenti kuliah.


Source: liputan6.com
Ingin Jadi Pemimpin Hebat, Gunakan 8 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi pemimpin yang bisa membuat karyawan semangat bekerja, merupakan suatu prestasi yang bagus.

Selain membangun kinerja yang baik, menjadi pemimpin yang menginspirasi juga bisa membangun relasi yang baik antara Anda dengan pegawai. 

Melansir Michaelpage.co.id, Rabu (23/3/2016), berikut adalah 8 cara yang harus Anda lakukan agar menjadi bos yang menginspirasi. Apa saja?

1. Tulus

Pikirkanlah lagi, Anda berada dalam posisi dengan pemilik kekuasaan tertinggi. Jelas Anda harus memproyeksikan citra sempurna. Namun kesempurnaan menurut Anda, belum tentu dianggap hal yang sah untuk beberapa orang.

Sementara itu Anda tidak bisa memaksakan setiap orang bisa memahami. Oleh karena itu, bersikap lah tulus pada karyawan dan jadi apa adanya.

Bagaimanapun sikap buruk Anda, bila bersikap tulus, maka akan timbul koneksi pribadi yang akan membuat karyawan mengakui Anda.

2. Dengar dan belajar

Pastikan Anda meluangkan waktu untuk menjalin hubungan dengan tim. Lakukan upaya agar Anda mendengarkan setiap masalah yang dimiliki setiap individu.

Banyak orang menyukai pemimpin yang peduli pada karyawannya. Dengan begitu mereka akan merasa dihargai sehingga melakukan pekerjaan dengan lebih baik.

Untuk memberikan bimbingan pada karyawan Anda, lupakan segala teknologi. Sebaliknya, lakukan tutor dengan bertatap mata.

3. Beri dan terima saran

Ini adalah salah satu faktor yang penting karena tanpa umpan balik, Anda akan mengalami gangguan komunikasi. Biarkan anggota tim mengetahui bagaimana kinerja mereka dengan cara yang jujur dan membangun.

Orang umumnya bersedia menerima dan bertindak atas umpan balik yang membangun. Sehingga kebaikan akan datang secara teratur. Jangan menunggu penilaian tahunan untuk meningkatkan produktivitas tim Anda. Jangan lupa untuk meminta umpan balik tentang Anda juga sehingga akan terjalin relasi yang positif.

4. Akui kesalahan

Anda harus sadar, sebagai manusia juga memiliki kelemahan sekalipun seorang pemimpin. Akui kesalahan yang Anda lakukan dan ingatkan pekerja. Seringkali sebagai pemimpin, seseorang akan bersikap pura-pura tidak tahu karena takut dinilai negatif. Mintalah umpan balik agar Anda tahu apa yang harus dilakukan lain kali.


Source: liputan6.com
Sering Lelah Kerja di Depan Komputer? Ini Cara Siasatinya

Liputan6.com, Jakarta - Pada masa ini, komputer layaknya gadget, sudah tak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Banyak orang menjadikan komputer sebagai fasilitas utama saat bekerja dan melakukan kegiatan lainnya.

Namun tahukan Anda? terlalu banyak menggunakan komputer dapat membuat mata mengalami kelelahan. Jika terus dibiarkan, maka hal ini dapat mengancam kesehatan. Lalu apa yang dapat Anda lakukan?

Melansir Visionsource.com, Rabu (23/3/2016) berikut cara menyiasati kelelahan saat bekerja di depan komputer:

Berolahraga ringan

Untuk menghindari dari kram pada tangan, leher dan kaki, sebaiknya sesekali memutar leher dengan searah atau berlawanan dengan jarum jam. Selain itu, ikut merenggangkan jemari kaki dan tangan saat sudah agak lama di depan layar laptop maupun komputer.

Atur posisi tubuh

Saat berada di depan layar laptop maupun komputer, usahakan duduk dengan posisi yang benar yaitu jaga jarak mata dengan layar. Usahakan bahu tetap rileks dan posisi punggung yang tegak dan jangan membungkuk serta mengistirahatkan jemari tangan setelah sekian lama mengetik di depan komputer maupun laptop.

Sering kedipkan mata

Usahakan mengedipkan mata anda di depan layar komputer maupun laptop dengan intensitas yang sering. Ini berguna agar mata tidak perih karena kering dan juga menghindari dari berbagai bahaya penyakit mata yang mungkin timbul, dikarenakan terlalu sering berada berlama-lama di depan komputer maupun laptop.

Gunakan keyboard dan mouse eksternal

Jika Anda sering menggunakan laptop di rumah dengan durasi waktu lama, maka tidak ada salahnya menaruh laptop di meja yang didesain khusus untuk menyambungkan keyboard dan mouse eksternal di laptop Anda.

Batasi waktu penggunaan laptop

Biasakan untuk menggunakan laptop dengan jeda waktu. Akan lebih baik jika Anda mengistirahatkan tubuh selama 15 menit secara rutin setelah menggunakannya selama 45 menit.

(vna/nrm)

 


Source: liputan6.com
Laju IHSG Diperkirakan Bergerak Melemah

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan melemah pada perdagangan Rabu ini (23/3/2016).

Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi menerangkan, pada perdagangan saham kemarin Bursa Asia bergerak variatif. Dengan penguatan yang terjadi di Bursa Jepang yang ditopang penguatan dolar Amerika Serikat (AS).

"Penguatan dolar menjadi faktor positif bagi bursa saham Jepang dimana Bank of Japan sedang berupaya melemahkan mata uangnya guna mendorong pertumbuhan ekspor pasca menetapkan suku bunga negatif. Sedangkan Bursa China terlihat terkoreksi menanti hasil National People`s Congress dan pembuat kebijakan atas pinjaman marjin," kata dia dalam ulasannya.

Baca Juga

  • Bursa Asia Tertekan, IHSG Susut 14 Poin
  • Laju IHSG Akan Bervariasi, Cermati Saham Pilihan Ini
  • IHSG Bakal Variatif dengan Kecenderungan Melemah

Source: liputan6.com
OJK Bantu BRI Buka Cabang di Timor Leste pada Kuartal II 2016

Liputan6.com, Dili - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) untuk membuka cabang di Timor Leste pada pertengahan 2016. Langkah ekspansi ini mengikuti jejak keberhasilan PT Bank Mandiri Tbk yang telah menguasai pangsa pasar sektor keuangan perbankan di Timor Leste.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengungkapkan, ‎pihaknya menandatangani perjanjian kerjasama dengan Bank Sentral Timor Leste, Banco Central de Timor-Leste (BCTL) guna membuka jalan bagi industri jasa keuangan Indonesia melebarkan sayap bisnisnya di Timor Leste.

“Potensi bisnis di Timor Leste sangat besar karena Indonesia adalah mitra dagang paling besar. Jadi kita harapkan akan banyak industri keuangan kita masuk ke Timor Leste,” kata Muliaman di Plaza Timor Hotel, Dili, Timor Leste, Rabu (23/3/2016).

Lebih jauh Muliaman mengungkapkan, BRI akan mengekor Bank Mandiri masuk ke Timor Leste. Saat ini, ada 14 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) nasional termasuk Bank Mandiri telah beroperasi di Timor Leste.

Sementara perusahaan asuransi yang sudah ikut menjajaki pasar Timor Leste adalah Sinar Mas.‎ Selain itu, lebih dari 400 perusahaan swasta Indonesia berbisnis dan berinvestasi di sektor usaha kecil di Timor Leste.

Baca Juga

  • OJK Teken Perjanjian dengan Bank Sentral Timor Leste, Ini Isinya
  • OJK Segera Keluarkan Regulasi Usai Pengesahan RUU PPKSK
  • OJK Minta BI Kembali Pangkas Suku Bunga

Source: liputan6.com
Gaji Pegawai Bank di Timor Leste Bisa Sampai Rp 100 Juta

Liputan6.com, Dili - Timor Leste memberi angin surga bagi para pemburu kerja, khususnya di bidang perbankan. Gaji pegawai bank di PT Bank Mandiri Tbk Cabang Dili, Timor Leste bisa mencapai US$ 8.000 per bulan atau sekitar Rp 104 juta (kurs Rp 13.000 per dolar AS).

Hal ini disampaikan Head of Business and Treasury Bank Mandiri Cabang Dili Tommy E.S. Utomo. Dia mengungkapkan, standar gaji take home pay untuk pegawai bank, jabatan teller, front liner, maupun customer service sebesar US$ 300-US$ 400 setiap bulan. Jika dikonversi dalam rupiah, gaji tersebut sekitar Rp 3,9 juta sampai Rp 5,2 juta.

"Di sini tidak ada klasifikasi harus S1 atau D3. Lulusan SMA pun diterima asal lolos seleksi. Kemarin kita sudah buka pendaftaran, lalu dari 26 orang yang terpilih dan diseleksi, tapi tidak ada yang lolos. Makanya kita mau cari orang lagi," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Plaza Timur Hotel, Dili, Timor Leste, Rabu (23/3/2016).

Baca Juga

  • Inikah Pekerjaan Bergaji Paling Tinggi di Indonesia?
  • Berapa Gaji 340 Ribu Petugas Sensus Ekonomi 2016?
  • 5 Tips Keuangan Aman Saat Ambil Cuti Tanpa Gaji

Source: liputan6.com
Saham Industri Pimpin Pelemahan Bursa Asia

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Asia turn setelah indeks acuan regional menutup perdagangan pada level tertingi sejak Januari. Penurunan juga dipicu oleh serangan yang terjadi di Brussels yang memberikan sentimen ke pasar.

Dilansir dari Bloomberg, Kamis (23/3/2016) penurunan ini juga ditopang saham industri dan material.

MSCI Asia Pacific Index turun 0,4 persen menjadi 129,37 pada 09:49 waktu Tokyo. Dua bom meledak di bandara Brussels dan ledakan satu jam kemudian memukul stasiun kereta bawah tanah dekat kantor pusat Uni Eropa. insiden teroris termasuk satu di Paris November lalu serta pemboman London pada tahun 2005 mendorong aksi jual ekuitas yang terhapus pada hari-hari dan minggu-minggu berikutnya.

 

Baca Juga

  • Harga Minyak Tekan Bursa Saham Asia
  • Bursa Asia Tertekan, IHSG Susut 14 Poin
  • IHSG Melemah 14 Poin Tersengat Bursa Asia

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Naik Rp 2.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) naik Rp 2.000 menjadi Rp 567 ribu per gram pada Rabu (23/3/2016) jika dibandingkan dengan perdagangan sebelumnya yang ada di angka Rp 565 ribu per gram.

Harga pembelian kembali (buyback) emas Antam juga naik Rp 2.000 menjadi Rp 519 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 519 ribu per gram.

Adapun pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kilogram (kg) akan dilakukan maksimal dua hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi.

 

Baca Juga

  • Harga Emas Naik Pasca Serangan Brussels
  • Suku Bunga AS Bakal Naik Tekan Harga Emas
  • Emas Antam Dijual Rp 565 Ribu per Gram

Source: liputan6.com
Sambut Libur Panjang Tiket KA Ludes, Ini yang Masih Tersisa

Liputan6.com, Jakarta Menjelang libur panjang (long weekend) yang jatuh pada tanggal 25-27 Maret 2016 ini sejumlah KA tujuan Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah mayoritas habis terjual.

Berdasarkan data yang diperoleh sampai Selasa (22/3), KA untuk keberangkatan pada tanggal 24 Maret hanya tinggal KA Argo Jati dan Cirebon Ekspress (Jakarta - Cirebon), serta Argo Parahyangan (Jakarta - Bandung) - keberangkatan dari Stasiun Gambir - yang masih tersisa.

Sedangkan untuk KA keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pada tanggal 24 Maret hanya tinggal KA Menoreh (Jakarta - Semarang) dan Tegal Ekspress (Jakarta - Tegal) yang masih tersisa.

 

Baca Juga

  • Tarif Kereta Ekonomi Jarak Jauh Turun per 1 April 2016
  • PT KCJ Sebar Kartu Khusus Imlek Seharga Rp 50 Ribu
  • 5 Tiket Kereta Termahal di Dunia, Berapa Harganya?

Source: liputan6.com
Mengekor Bursa Asia dan Wall Street, IHSG Kompak Melemah

Liputan6.com, Jakarta Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona merah pada perdagangan saham Rabu pekan ini.

Pada pembukaan perdagangan saham, Rabu (23/3/2016), IHSG melemah 12,7 poin atau 0,26 persen ke level 4.841,94.

Indeks saham LQ45 melemah 0,39 persen ke level 842,37. Sebagian besar indeks saham acuan tertekan pada Selasa pagi ini.

 

Baca Juga

  • IHSG Akan Konsolidasi, Simak Saham Pilihan Ini
  • Laju IHSG Diperkirakan Bergerak Melemah
  • Minim Sentimen, IHSG Koreksi 29 Poin

Source: liputan6.com
Menpar Bakal Buat Kabupaten Selayar Jadi Bali Kedua di RI

Liputan6.com, Jakarta Salah satu daerah di Indonesia yang punya potensi wisata besar adalah Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.
Dengan sumber daya alamnya, kabupaten ini berharap segera memiliki sebuah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, dengan 132 pulau yang dimilikinya, kabupaten di ujung Sulawesi Selatan ini memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu destinasi wisata utama di Indonesia. Bukan hanya mengandalkan Taman Nasional Taka Bonerate yang merupakan pulau karang (atol) terbesar ketiga di dunia, selayar juga punya sejumlah objek wisata menarik. Termasuk wisata sejarah sebagai salah satu pusat pusat perdagangan di masa lalu.

“Melihat potensinya, Selayar sangat layak memiliki KEK," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (23/3/2016).

 

Baca Juga

  • Jurus Tingkatkan Pariwisata di Bangka Belitung
  • Pulau Selayar, Surga Kecil Tersembunyi dari Sulawesi Selatan
  • Sektor Pariwisata RI Jadi Incaran Investor Timur Tengah

Source: liputan6.com
‎Negara Ini Punya 2 Mata Uang, Dolar AS dan Centavos

Liputan6.com, Dili - Selain menggunakan 4 bahasa berbeda yaitu Tetun, Portugis, Indonesia dan Inggris, Timor Leste juga mempunyai dua mata uang, yakni dolar Amerika Serikat (AS) dan mata uang lokal dengan nama Centavos. Mata uang tersebut digunakan dalam transaksi keseharian masyarakat di negara tersebut.

Head of Business & Treasury PT Bank Mandiri Tbk Cabang Dili, Tommy E.S. Utomo mengungkapkan, Bank Sentral Timor Leste, Banco Central de Timor-Leste (BCTL) memperoleh pasokan dolar AS dari Bank Sentral AS (The Federal Reserve/The Fed). Sementara uang koin Centavos dicetak di Portugis.

"Kalau mata uang lokal Centavos di‎cetak langsung di Portugis. Tapi kalau dolar AS dapat pasokan dari Bank Sentral AS," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Dili, Timor Leste, Rabu (23/3/2016).

Baca Juga

  • Gaji Pegawai Bank di Timor Leste Bisa Sampai Rp 100 Juta
  • OJK Bantu BRI Buka Cabang di Timor Leste pada Kuartal II 2016
  • ‎OJK Teken Perjanjian dengan Bank Sentral Timor Leste, Ini Isinya

Source: liputan6.com
Kebijakan Impor Pangan Bakal Disesuaikan Masa Panen

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berusaha melindungi para petani dalam negeri agar terhindar dari risiko gagal panen dan penurunan harga pangan. Salah satu cara yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian dengan mengatur mekanisme impor

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Pending Dadih Permana menjelaskan, pemerintah sebenarnya telah memiliki aturan yang memberikan perlindungan kepada petani. Aturan tersebut adalah Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2013 Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. 

Latar belakang terbitnya UU Nomor 19 Tahun 2013 dikarenakan UU yang ada selama ini masih bersifat parsial dan belum mengatur upaya perlindungan dan pemberdayaan secara jelas, tegas, dan lengkap. “Sehingga, kurang memberikan jaminan kepastian hukum serta keadilan bagi petani dan pelaksana usaha,” kata Pending seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (23/3/2016).

Menurut Pending, petani sebagai pelaku pembangunan pertanian perlu diberi perlindungan dan pemberdayaan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pangan yang merupakan hak dasar setiap orang. Perlindungan tersebut untuk mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan secara berkelanjutan.

Baca Juga

  • Cara Menteri Pertanian Cegah Harga Jual Gabah Turun
  • Kementan Tak Bisa Tindak Pedagang yang Permainkan Harga Cabai
  • Kementan: Ada Permainan di Balik Kenaikan Harga Cabai

Source: liputan6.com
Pengusaha SPBU: Pemerintah Sudah Informasikan Harga BBM Turun

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tergabung dalam Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas)‎ telah mendapatkan informasi terkait rencana penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar dan Premium di April dari pemerintah dan Pertamina.

Namun, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hiswana Migas wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, Juan Tarigan, mengaku belum memperoleh detail terkait besaran penurunan harga BBM tersebut.

"Secara informal sudah diinformasikan. Dua-tiga minggu lalu sudah diinformasikan. Formal minggu depan besaran dan skema teknisnya," kata dia di Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Dia menjelaskan pengusaha saat ini sudah tidak kaget lagi dengan kebijakan pemerintah yang menyesuaikan harga BBM setiap beberapa bulan dengan mempertimbangkan beberapa hal. Sehingga mereka sudah mengerti pola yang terjadi pada harga BBM.

Baca Juga

  • Berapa Penurunan Harga BBM pada April Nanti?
  • Harga Minyak Terus Anjlok, Harga BBM Diminta Ikut Turun
  • Pertamina Disarankan Bangun Kilang Ketimbang Turunkan Harga BBM

Source: liputan6.com
Banyak Angkutan Berbasis Kereta, Penumpang Taksi Bakal Bergeser

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar sopir taksi konvensional diramal bakal kehilangan pekerjaan bila tidak bisa beradaptasi. Selain kalah saing dengan angkutan berbasis online, hilangnya pekerjaannya mereka masyarakat beralih ke transprotasi massal.

Pakar Manajemen Universitas Indonesia Rhenald Kasali mengatakan, ‎angkutan umum massal berbasis kereta bakal menjadi raja di ibu kota. Sebut saja, kemunculan light rail transit (LRT), kereta bandara, serta mass rapid transit (MRT).

"‎Tidak bisa diabaikan mereka harus memangkas 50 persen dari kendaraannya karena over capacity. Ini hanya persoalan awal, dalam setahun ke depan akan lebih banyak menganggur karena kereta api ‎akan merajai Jakarta, LRT dari Cibubur-Jakarta, dari Jakarta rail link ke bandara, MRT dari selatan," kata dia di Silangit, Sumatera, Utara, seperti ditulis Rabu (23/3/2016).

 

Baca Juga

  • Menko Luhut: Jokowi Perintahkan Bahas Polemik Transportasi Online
  • Dukung atau Tolak Taksi Online?
  • Menteri Jonan: Transportasi Online Belum Pernah Uji KIR

Source: liputan6.com
6 Hal yang Bikin Uang Miliarder Makin Melimpah

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia lagi jika para miliarder memiliki kebiasaan, kualitas, dan cara berpikir yang berbeda dari kebanyakan orang biasa. Kebiasaan unik para miliarder semakin menonjol saat mereka harus membuat keputusan finansial atau dalam mengelola keuangan.

Melansir laman Enterpreneur.com, Rabu (23/3/2016) sebagian besar miliarder memiliki cara unik yang dapat membantunya menghasilkan lebih banyak uang. Tentu saja berbagai keputusan yang berkaitan dengan keuangan harus dilakukan secara hati-hati dan bijaksana.

Bahkan sebelum membeli satu barang saja, orang kaya seringkali membutuhkan waktu lama untuk mempertimbangkan kepentingannya. Berikut enam hal yang membuat uang miliarder semakin berlimpah:

1. Memahami perbedaan antara keinginan dan kebutuhan

Para miliarder senantiasa mampu membedakan apa yang diinginkan dan kebutuhan. Semua pasti pernah mengalami saat di merasa ingin membeli baju, sepatu bahkan kendaraan baru. Namun kebanyakan orang akhirnya lupa bahwa tak semua keinginan merupakan kebutuhannya.

Sementara para orang kaya lebih sering menempatkan uang pada item yang dapat meningkatkan kekayaannya.

2. Membuat catatan pengeluaran

Tahukah Anda berapa banyak uang yang dikeluarkan setiap harinya? Pernahkah Anda mencatat setiap detilnya?

Jika belum pernah, mulailah mencatat setiap pengeluaran harian, mingguan hingga bulanan Anda, seperti yang dilakukan para miliarder.

Dengan begitu, Anda akan menyadari betapa banyaknya uang yang keluar untuk hal yang tak perlu.


Source: liputan6.com
Bank Mandiri Tambah Layanan di Timor Leste

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk menambah layanan untuk para nasabah di Timor Leste. Masyarakat Timor Leste, kini dapat menggunakan layanan Mandiri Mobil dan EDC untuk memudahkan transaksi keuangan, baik melakukan setoran, tarik uang tunai maupun membayar di toko atau merchant.

Direktur Bank Mandiri Tardi menjelaskan, Mandiri Mobil adalah mobil yang berisi sarana untuk mendapatkan layanan perbankan, termasuk ATM, dan dapat ditemui di mana saja tanpa harus pergi ke cabang. Sedangkan Mandiri EDC (Electronic Data Capture) adalah mesin gesek yang dapat menerima transaksi kartu pada merchant atau outlet.

Menurut Tardi, pada tahap awal jumlah Mandiri Mobil dan mesin Mandiri EDC yang akan ditempatkan di Timor Leste masing-masing sebanyak 1 unit dan 50 unit. Adapun lokasi penempatan EDC Bank Mandiri diantaranya di Hotel Novo Turismo, Restoran Gion, Bioskop Cineplex, serta Supermarket Lita dan Leader.

"Layanan tersebut akan memperkuat keberadaan dua kantor cabang perseroan yang telah melayani 45 ribu nasabah aktif di Dili, Timor Leste," jelas Tardi, di Dili, Rabu (23/3/2016).

Baca Juga

  • Bank Mandiri Sebar Dividen Rp 261,4 per Saham
  • Jadi Bos Baru, Kartika Ingin Bank Mandiri Naik Kelas
  • BI Rate Turun, Bank Mandiri Bakal Sesuaikan Bunga Deposito

Source: liputan6.com
Menengok Indahnya Jembatan Terpanjang di Kalimantan

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi), kemarin meresmikan Jembatan Pak Kasih Tayan di Sanggau Kalimantan Barat. Jembatan indah ini merupakan yang terpanjang di Kalimantan.

Jokowi mengingatkan bahwa tujuan dari berbagai pembangunan infrastruktur adalah untuk menghadirkan manfaat nyata bagi rakyat. Semua infrastruktur perhubungan diharapkan akan membuat pergerakan barang dan manusia menjadi lebih lancar.

“Ujungnya rakyat akan mendapat harga barang dan jasa yang lebih murah," tutur Jokowi dikutip dari situs Sekretaris Kabinet, Rabu (23/3/2016).

Baca Juga

  • Ini 3 Jembatan Air Paling Menakjubkan di Dunia
  • Ini Sejarah Jembatan Ampera, Tempat Orang Palembang Lihat Gerhana
  • Bangun Jembatan Gantung, Kementerian PUPR Anggarkan Rp 150 Miliar

Source: liputan6.com
Rupiah Masih Melemah, Sempat Sentuh 13.206 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah melemah pada perdagangan Rabu pekan ini. Pelemahan rupiah tak sendiri. Beberapa mata uang di kawasan Asia lainnya juga tertekan karena penguatan dolar Amerika Serikat (AS).

Mengutip Bloomberg, Rabu (23/3/2016), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di level 13.188 pada pukul 11.50 WIB. Level tersebut melemah jika dibandingkan dengan pembukaan yang ada di angka 13.167 per dolar AS maupun jika dibandingkan dengan penutupan pada perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.184 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah berada di kisaran 13.152 per dolar AS hingga 13.206 per dolar AS. Jika dihitung sejak awal tahun, rupiah masih menguat 4,34 persen.

Baca Juga

  • BI: Rupiah Terlalu Kuat Bisa Membuat Ekonomi Rentan
  • Ekonom Sebut BI Ingin Rupiah Sesuai Fundamental
  • Awal Pekan, Rupiah Sempat Menguat ke 13.117 per Dolar AS

Source: liputan6.com
Ini Langkah Grab agar Bisa Beroperasi Legal di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Penyedia aplikasi transportasi online, Grab Indonesia, menyatakan akan mendorong armada yang menjadi mitranya untuk mendapatkan izin. Hal ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2016 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Legal Manager Grab Indonesia Teddy Antono mengatakan, sejak awal pihaknya telah menegaskan Grab bukan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi. Dia menegaskan, Grab merupakan penyedia aplikasi yang bermitra dengan pemilik kendaraan.

"Kita sudah jelaskan, kami bukan operator jasa transportasi, tapi kami adalah penyedia aplikasi. Sehingga sesuai arahan Kementerian Perhubungan, kami akan bekerja sama dengan mitra yang mempunyai izin," ujarnya di Jakarta, Rabu (23/3/2016).

 

Baca Juga

  • Soal GrabCar dan Uber, Ini Maunya Jokowi
  • Blue Bird Siap Bersaing dengan GrabCar dan Uber Taxi
  • Peserta Demo Taksi Minta Uber dan GrabCar Diblokir

Source: liputan6.com
Jokowi: Proyek LNG Masela Dibangun di Darat

Liputan6.com, Jakarta Keputusan mengenai mengenai Plan of Development (POD) akhirnya menemui kejelasan. Presiden Joko Widodo memutuskan eksplorasi Blok Masela akan dilakukan di darat (onshore).

Keputusan tersebut, menurut Jokowi ditentukan setelah mendengar berbagai masukan dari berbagai pihak.

"Te‎rkait dengan Blok Masela, setelah melalui banyak pertimbangan, setelah melalui banyak sekali masukan-masukan dan input yang diberikan pada saya. Kita putuskan dibangun di darat (onshore)," ujar Jokowi di ruang tunggu Keberangkatan Bandar Udara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu, (22/3/2016).

 

Baca Juga

  • Pemerintah Diminta Hati-hati Putuskan Pengelolaan Blok Masela
  • Shell dan Inpex Tetap Kembangkan Blok Masela
  • Soal Blok Masela, SKK Migas Dinilai Tekan Pemerintah

Source: liputan6.com
Manfaat Gas PGN untuk RSPAD Gatot Subroto

Liputan6.com, Jakarta - Pasokan gas bumi dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) telah dimanfaatkan di berbagai sektor salah satunya di sektor kesehatan. Gas bumi tersebut dimanfaatkan oleh Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot ‎Subroto, Jakarta.

Kepala Seksi Distribusi Makanan RSPAD Gatot Subroto Noviati mengatakan, pasokan gas bumi PGN dimanfaatkan sebagai bahan bakar memasak makan pasien rawat inap rumah sakit tersebut sejak 1972.

"Sejak 1972 kami menggunakan gas negara, sejak dari awal kami belum pernah menggunakan gas jenis lain," kata Noviati, di dapur RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Wanita berpangkat Kapten TNI AD tersebut mengungkapkan, menggunakan gas PGN sangat membantu kegiatan memasak di rumah sakit tersebut.  PGN selalu siap mengalirkan gasnya yang berada dalam pipa berwarna kuning, pipa tersebut langsung tersambung pada kompor-kompor.

Baca Juga

  • Lebih Murah, Pengusaha Restoran Senang Pakai Gas Bumi
  • PGN Pasok Gas 24 Jam bagi Pelanggan Rumah Tangga
  • Pelanggan Tak Kesulitan Soal Perawatan Jaringan Pipa Gas PGN

Source: liputan6.com
Mau Cicil Mobil dengan Gaji Pokok Rp 3 Juta? Cek di Sini

Liputan6.com, Jakarta - Kebutuhan akan mobil, semakin hari semakin meningkat. Hal ini jelas terbukti dalam perhitungan jumlah pembelian dari tahun ke tahunnya.

Saat ini, produsen mobil pun makin gencar untuk memasarkan produknya. Salah satunya dengan memberikan berbagai jenis promo kepada para pelanggannya.

Salah satu promo yang mereka berikan adalah dengan cicilan mobil murah untuk mendapatkan sebuah mobil. Hal ini ditujukan untuk para calon konsumen dengan penghasilan menengah ke bawah.

Dengan cicilan sekitar Rp 3 juta-5 juta, para produsen kini berharap agar bisa menambahkan jumlah pembelinya, dengan mulai mencakup para konsumen dari kelas menengah ke bawah.

Namun, apakah para calon konsumen dari kelas menengah ke bawah itu akan sanggup? Dalam artikel ini akan terdapat pembahasan dan juga uraian beberapa alasan mengapa Anda tidak direkomendasikan untuk mengajukan cicilan mobil pada sebuah perusahaan produsen mobil ketika masih memiliki gaji sekitar Rp 3 jutaan, seperti dikutip dari www.cermati.com, Rabu (23/3/2016).

1. Tenor yang Panjang

Untuk masalah pembelian sebuah mobil dengan cicilan yang murah, tentu saja hal ini akan berakibat pada tenor yang sangat panjang. Dengan tenor yang panjang ini, tentu saja akan ada beberapa kerugian yang Anda dapatkan.

Dengan cicilan yang berkisar Rp 3 juta-5 juta per bulan, terhitung kurang lebih bisa mencapai tahun ke 8 agar Anda bisa melunaskan segala cicilan. Namun, faktanya menunjukkan mobil baru yang akan Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari hanya bisa berusia paling lama sekitar lima tahun.

Setelah itu biasanya mobil akan mengalami kerusakan atau hal lainnya yang tentu saja akan mengorek banyak uang Anda. Dengan penghasilan Anda yang hanya sekitar Rp 5 jutaan, ditambah dengan cicilan yang lumayan besar, bukannya tidak mungkin Anda akan kewalahan pada akhirnya. Hal inilah yang menjadi sebuah kelemahan pada pengajuan mobil dengan cicilan yang kecil.


Source: liputan6.com
Bank Mandiri Targetkan 3.000 Nasabah Baru di Dili

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk Cabang Dili meluncurkan 3 layanan terbaru bagi nasabah dan masyarakat Timor Leste. Layanan tersebut diharapkan dapat menambah 3.000 nasabah baru sehingga total nasabah Bank Mandiri di Negeri Xanana Gusmao ini menjadi 51.000 nasabah.

Managing Director PT Bank Mandiri Tbk Pusat, Tardi mengungkapkan, penetrasi akses keuangan Indonesia dan Timor Leste masih sangat rendah dibanding negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, China, bahkan Jepang. Hal tersebut menjadi kesempatan bagi perbankan pelat merah nasional itu untuk agresif menggarap ceruk pasar yang masih lebar di Timor Leste.

"Kami akan luncurkan 3 inisiatif baru di Timor Leste, yakni Mandiri mobil atau layanan kas keliling, menyebar mesin EDC Bank Mandiri di toko maupun merchant, serta menjalankan program branchless banking atau layanan tanpa kantor cabang. Layanan ini sebelumnya belum ada di Timor Leste," ujarnya saat Peluncuran 3 Layanan Bank Mandiri di Plaza Timor Hotel, Dili, Timor Leste, Rabu (23/3/2016).

Ia menjelaskan, ‎masyarakat bisa melakukan pembukaan rekening, sementara nasabah Bank Mandiri dapat dengan mudah bertransaksi tarik tunai, setor tunai, serta layanan lainnya.

Baca Juga

  • Bank Mandiri Tambah Layanan di Timor Leste
  • Bank Mandiri Sebar Dividen Rp 261,4 per Saham
  • Jadi Bos Baru, Kartika Ingin Bank Mandiri Naik Kelas

Source: liputan6.com
Pemerintah Incar 3 Pelabuhan di Banten Jadi Solusi Dwelling Time

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah bekerja keras untuk menurunkan lama waktu bongkar muat (dwelling time) di Pelabuhan Tanjung Priok dari saat ini 3,6 hari menjadi di bawah 3 hari. Ini sesuai keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka menunjang program tol laut.

Tenaga Ahli Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Abdul Rohim mengatakan, selain memperbaiki manajemen pengelolaan Pelabuhan Tanjung Priok, pihaknya juga tengah menilai tiga pelabuhan di Provinsi Banten.

Tiga pelabuhan itu saat ini sudah terbangun dan memiliki fasilitas infrastruktur yang memadai, hanya saja pengelolaannya masih bersifat pribadi oleh satu perusahaan.

"Tiga pelabuhan itu bagus semua. Ada Pelabuhan Merak Mas, Pelabuhan Cigading yang ini milik Krakatau Steel dan satunya Pelabuhan Ciwandan," kata Abdul saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Rabu (23/3/2016).

Dia menuturkan, sebenarnya tiga pelabuhan itu memiliki tingkat kedalaman lebih jika dibandingkan dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Sebab itu, kapal-kapal berukuran besar dapat bersandar di pelabuhan-pelabuhan tersebut.

Baca Juga

  • Kereta Api dan Pelabuhan Jadi Cara Atasi Dwelling Time
  • Kadin: Tarif Timbun Kontainer Naik Kian Turunkan Daya Saing RI
  • Naik 900%, Tarif Timbun Kontainer RI Termahal di ASEAN

Source: liputan6.com
Inpex Tunggu Keputusan Resmi Pemerintah soal Blok Masela

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo akhirnya telah memutuskan pembangunan proyek kilang LNG dilakukan di darat. Salah satu investor Inpex mengaku masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah.

Inpex juga mengaku menghormati keputusan Presiden Jokowi.

"Kami belum bisa komentar banyak, kami masih menunggu keputusan resminya dari SKK Migas dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral," tutur Senior Manager Communication and Relation Inpex, Usman Slamet saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (23/3/2016).

 

Baca Juga

  • Jokowi: Proyek LNG Masela Dibangun di Darat
  • Pemerintah Diminta Hati-hati Putuskan Pengelolaan Blok Masela
  • Shell dan Inpex Tetap Kembangkan Blok Masela

Source: liputan6.com
Orang Terkaya di Dunia yang Alergi ke Kantor

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini banyak sekali orang terkaya di dunia yang memiliki kekayaan hingga miliaran dolar Amerika Serikat.

Sumber pundi kekayaan mereka antara lain dari investasi saham, berbisnis dan sebagainya. Menariknya, ternyata sedikit dari mereka yang tidak pernah merasakan kehidupan bekerja di kantor.

Karena itu, sekarang tim CekAja.com bakalan memberikan Anda daftar orang-orang terkaya di dunia yang tidak pernah bekerja di kantor. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Rabu (23/3/2016):

1. Richard Branson

Siapa tidak kenal pria yang satu ini. Richard Branson merupakan orang yang memimpin 400 perusahaan di seluruh dunia di bawah naungan grup Virgin.

Ketika memasuki usia dua puluhan, Branson muda mendirikan sebuah perusahaan recording yaitu Virgin Records dan di menjuallnya pada tahun 1992 dengan harga yang fantastis yaitu US$ 1 miliar.(Baca juga: Tujuh Ketakutan yang Tidak Pernah Dimiliki Orang Kaya dan Sukses)

Dibalik kekayaannya tersebut, seumur hidup Branson memutuskan untuk tidak pernah bekerja di kantor. Apabila ada pekerjaan yang harus dilakukan dirinya lebih memilih untuk bekerja di luar kantor.

"Setidaknya aku punya lima tempat yang aku sukai untuk bekerja, dan kantor tidak akan pernah ada dalam daftar tersebut," ungkap Branson kepada media.

Pada saat awal-awal kariernya dalam mendirikan perusahaan, Branson ternyata memiliki ruangan kerja sendiri di sebuah rumah kapal.

Gilanya lagi, kapal tersebut berada di tengah-tengah kanal kota London. Bagi dia, ide-ide cemerlang justru datang dari luar kantor seperti saat dia menikmati keindahan pulau pribadi miliknya di Karibia.

2. Jack Ma

Anda tahu situs jual beli terkenal dari China, Alibaba? Pastinya kalau Anda tahu situs tersebut, Anda mengenal tokoh di balik kesuksesan Alibaba, Jack Ma.

Pendiri sekaligus CEO Alibaba Group ini dinobatkan sebagai orang paling kaya di Asia, bahkan masuk jajaran orang-orang terkaya di dunia.

Jack Ma bahkan diisukan memiliki kekayaan jauh lebih banyak dibandingkan Warren Bufffet, dan miliarder terkenal, Bill Gates. Tapi tahukah Anda kalau ternyata Jack Ma seakan alergi terhadap kantor?

Ya, dirinya bisa dibilang memiliki kenangan pahit dengan kantor. Lantaran, pria yang mendirikan Alibaba pada1998 tersebut pernah ditolak untuk melamar pekerjaan sebanyak 30 kali. Semuanya terjadi ketika dia lulus kuliah Mulai dari lamaran ke KFC hingga kantor polisi semuanya ditolak.

"Saya mencoba kerja di kantor polisi; mereka bilang, ‘Anda tidak bisa’. Saya bahkan melamar ke KFC. Ada 24 orang pelamar. 23 diterima. Saya satu-satunya yang ditolak," ujar Jack Ma dalam satu pengakuannya.

Namun, hal tersebut justru membuatnya terpacu untuk bangkit hingga mendirikan Alibaba sampai saat ini dan lihatlah betapa kaya dan sukses dirinya saat ini.
(Baca juga: Inilah Daftar Terbaru Orang Terkaya di Dunia)


Source: liputan6.com
Pengusaha Batu Bara Minta Menkeu Jalankan Rekomendasi BPK

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) meminta Kementerian Keuangan menindaklanjuti rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada pengusaha batu bara. Saat ini ada perlakuan yang berbeda-beda terkait restitusi PPN. 

Direktur Eksekutif APBI Supriatna Suhala mengatakan, ‎ ada ketidaksamaan dalam penerapan pungutan PPN pada perusahaan pemegang perjanjian karya pengusahaan pertambangan batubara (PKP2B), khususnya pada PKP2B generasi ketiga. Hal tersebut telah menjadi  temuan BPK dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2014.

"Di PKP2B generasi I tidak dikenakan PPN, Generasi II prevailing, Generasi III kembali berubah lagi, di situ sudah ada PPN karena lahir 1997-2000 batu bara barang kena pajak," kata Supriatna, dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Baca Juga

  • Pengusaha Batu Bara Ingin Kesamaan Restitusi PPN
  • Harga Batu Bara Turun, Untung Adaro Tergerus 17%
  • Harga Batu Bara Naik Tipis pada Maret 2016

Source: liputan6.com
Akhir Tarik Ulur Lokasi Eksplorasi Blok Masela

Liputan6.com, Jakarta - Blok Masela, dengan luas area lebih kurang 4.291,35 kilometer persegi (km2), terletak di Laut Arafuru Maluku. Lokasinya sekitar 800 km sebelah timur Kupang Nusa Tenggara Timur atau lebih kurang 400 km di utara kota Darwin Australia, dengan kedalaman laut 300–1.000 meter.

Sumber gas ini beberapa waktu terakhir, menjadi topik perbincangan hangat di Indonesia. Akar utamanya, bukan soal besarnya cadangan gas dan minyak yang dimiliki. Namun terkait penetapan lokasi kilang liquefied natural gas (LNG) Blok Masela.

Dua menteri di Kabinet Kerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berseberangan pendapat perihal lokasi blok tersebut.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menginginkan kilang LNG Blok Masela dikembangkan di lepas pantai (offshore) atau floating liquefied natural gas (FLNG).

Keinginan Sudirman Said seiring rekomendasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Berbeda, Menteri Koordinator bidang Maritim Rizal Ramli ingin proyek tersebut dibangun di darat (onshore).

Sesuai POD, Blok Masela direncanakan memproduksi gas sebanyak 355 MMSCFD dan kondensat 8.400 barel per hari (bph).

Rencananya, Blok Masela akan dikelola Royal Dutch Shell dan Inpex Corporation. Saat ini, hak partisipasi Masela dimiliki Inpex Masela Ltd yang sekaligus bertindak sebagai operator sebesar 65 persen dan sisanya Shell. 

Dibangun di Darat

Bukan dari Jakarta, di ruang tunggu Keberangkatan Bandar Udara Supadio Pontianak Kalimantan Barat, Rabu (23/3/2016), Presiden Joko Widodo memutuskan eksplorasi Blok Masela akan dilakukan di darat. Ini memperjelas keputusan akhir pemerintah tentang Plan of Development (POD) blok tersebut.

Keputusan tersebut, menurut Jokowi ditentukan setelah mendengar berbagai masukan dari berbagai pihak. "Te‎rkait dengan Blok Masela, setelah melalui banyak pertimbangan, setelah melalui banyak sekali masukan-masukan dan input yang diberikan pada saya. Kita putuskan dibangun di darat (onshore)," ujar dia.

Eksplorasi di darat diputuskan melihat besarnya dampak pelaksanaan proyek tersebut dan biaya yang dikeluarkan.

"Ini proyek jangka panjang, tidak hanya setahun, dua tahun, tidak hanya 10 tahun 15 tahun tetapi proyek yang sangat panjang, yang menyangkut ratusan triliun rupiah," jelas Presiden.

Jokowi juga menjelaskan keputusan tersebut diambil berdasarkan pertimbangan besar, yaitu pengaruhnya yang cukup besar bagi perekonomian didaerah sekitar wilayah eksplorasi dan wilayah regional di sekitarnya.

"Dengan pertimbangan yang pertama, kita ingin ekonomi daerah juga ekonomi nasional, itu terimbas dari adanya pembangunan Blok Masela. Kedua, juga pembangunan wilayah regional development juga kita ingin agar juga terkena dampak dari pembangunan besar, Proyek Masela ini," tutur dia.

Jokowi mengatakan setelah keputusan tersebut dibuat, tindak lanjut pelaksanaan proyek tersebut akan ditangani Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). ‎"Nanti akan ditindaklanjuti oleh Menteri ESDM dan SKK migas. Itu yang bisa saya sampaikan siang ini. Silakan nanti, selanjutnya Menteri ESDM dan SKK Migas yang menyampaikan," kata dia. ‎

Investasi Bakal Tertunda

Keputusan pemerintah membangun blok gas Masela di darat (onshore) memberikan konsekuensi tersendiri. Dengan keputusan ini, maka investasi‎ Royal Dutch Shell  dan Inpex Corporation di blok tersebut‎ dipastikan mundur.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan selama ini kajian yang dilakukan kedua investor itu pengembangan (Plan Of Development/POD) dilakukan di lepas pantai.

‎"Sudah itu kita berikan kesempatan untuk mengkaji ulang, dan kemungkinan saja karena memang harus diulang pengkajiannya akan ada penundaan sedikit‎," kata Sudirman.

‎Namun begitu, dirinya memerintahkan Kepala SKK Migas untuk duduk dan bertemu dengan kedua investor demi memastikan penundaan keputusan investasi blok gas abadi di perairan selatan Indonesia.

"Bagaimanapun keputusan bapak Presiden, bagaimana proyek ini memberi manfaat kepada masyarakat dalam pembangunan regional maupun pembangunan ekonomi nasional," tegas dia.

‎Sebelumnya, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi meminta secara khusus kesabaran dari warga Maluku‎. Dengan terpaksa rakyat menjadi tertunda menerima manfaat dari proyek ini.

Amien menambahkan, sebenarnya Inpex Indonesia masih sangat mengharapkan keputusan persetujuan revisi POD dapat segera diberikan dan sesuai keinginannya, yaitu di lepas pantai.

Akan tetapi, Inpex Indonesia juga menyatakan seandainya keputusan tersebut diberikan saat ini dan yang diputuskan tersebut adalah pilihan yang sesuai dengan rekomendasi SKK Migas yaitu Offshore, maka jadwal Final Investment Decision proyek blok Masela mundur hingga 2020.

FID yang direncanakan para investor ini untuk pengembangan ladang gas di lepas pantai, mengingat Inpex dan Shell menginginkan hal itu. Namun, jika keputusan pengembangan di darat, maka FID bakal lebih lama, di atas 2020.

Keuntungan Dibangun di Darat

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menjamin pembebasan lahan untuk‎ fasilitas pengolahan gas Blok Masela di darat (on shore) tidak sulit karena membawa dampak positif bagi perekonomian.

Tenaga Ahli bidang Energi‎ Kemenko bidang Kemaritiman Haposan Napitupulu mengatakan, pembebasan lahan untuk fasilitas pengolahan gas bumi menjadi gas alam cair (Liquid Natural Gas/LNG) tersebut jauh lebih mudah ketimbang pembebasan lahan untuk sumur gas.

"Ada orang yang mengatakan pembebasan tanahnya sulit, nggak. Yang susah membebaskan tanahnya itu kalau kita bangun sumur," kata Haposan.

Dia menilai, untuk membangun pengolahan gas blok Masela di darat akan menciptakan peluang perekonomian baru, sehingga masyarakat bersedia menyerahkan lahan dibangun fasilitas tersebut.

"Pasti mereka berlomba menawarkan. Karena tahu, begitu ada LNG bangun kilang pasti nanti berkembang. Bisa jadi tempat kos, atau jual warung. Jadi mereka menawarkan. Jadi tidak akan bisa ditekan spekulan tanah," ujar dia.

Haposan menuturkan, selain membuka peluang usaha, pembangunan‎ pengolahan gas di darat juga menumbuhkan sektor industri karena fasilitas tersebut menghasilkan produk turunan yang bisa langsung di salurkan.

"Mana yang paling memberikan manfaat untuk wilayah. Kalau FLNG hanya jadi LNG saja itu barang. Kalau darat bisa CNG, dan bisa didistribusikan di wilayah sekitarnya. Kalau di laut tidak bisa, FLNG tidak bisa didistribusikan ke lapangan kecil," tutur dia.

Haposan mengungkapkan, meski pembangunan fasilitas di darat akan terlambat karena harus melakukan kajian ulang, tetapi investor akan tetap menjalankan proyek tersebut, karena kandungan gas yang menjanjikan.

Rasa Syukur Menko Rizal 

Menko Kemaritiman Rizal Ramli merupakan orang yang ngotot agar kilang LNG Masela dibangun di darat. Alasannya, biaya pengembangan proyek itu lebih murah jika dibangun di laut.

Sebab itu, dia sangat menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo yang memutuskan Masela dibangun di darat. "Alhamdulillah, akhirnya Presiden putuskan kilang Masela dibangun di darat," kata Rizal dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com.

Dia berpendapat, seandainya pembangunan kilang dilaksanakan di laut, maka Indonesia hanya akan menerima pemasukan US$ 2,52 miliar setiap tahun dari penjualan LNG. Angka itu pun diperoleh dengan asumsi harga minyak US$ 60 per barel.

Sebaliknya dengan membangun kilang di darat, gas LNG itu sebagian bisa dimanfaatkan untuk industri pupuk dan petrokimia. Dengan cara ini, negara bisa mengantongi pendapatan mencapai US$ 6,5 miliar per tahun.

Untuk itu, dia menilai dalam kasus Masela, Presiden Jokowi telah menjalankan amanah konstitusi yang sebenar-benarnya agar sumber daya alam digunakan sebesar-besarnya untuk rakyat Indonesia.(Nrm/Ahm)


Source: liputan6.com
Menteri ESDM Minta Investor Kaji Ulang Pengembangan Blok Masela

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said akan mengikuti keputusan Presiden Joko Widodo tentang Pembangunan fasilitas pengolahan gas Blok Masela, Maluku di darat (onshore).

Sudirman mengatakan, sebelum mengambil keputusan Presiden telah meminta masukan berbagai pihak, karena itu keputusan tersebut merupakan hal yang terbaik.

"‎Tentu saja Presiden sudah mendengar banyak masukan, seperti tadi sudah dikatakan, dan kita menyerahkan sepenuhnya keputusan pada kebijakan presiden," kata Sudirman, seperti yang dikutip di Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Setelah keputusan tersebut dikeluarkan, sebagai penanggung jawab yang membawahi sektor minyak dan gas bumi‎, Sudirman akan meneruskan kabar tersebut ke investor yang mengoperatori Blok Masela.

 

Baca Juga

  • Inpex Tunggu Keputusan Resmi Pemerintah Soal Blok Masela
  • Jokowi: Proyek LNG Masela Dibangun di Darat
  • DPR Minta Pemerintah Segera Selesaikan Kegaduhan Blok Masela

Source: liputan6.com
Kilang LNG Blok Masela Dibangun di Darat, Ini Komentar SKK Migas

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat menuai kontroversi, akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan proyek kilang gas alam cair (LNG) Blok Masela dibangun di darat (onshore). Keputusan tersebut, menurut Jokowi ditentukan setelah mendengar berbagai masukan dari berbagai pihak.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Elan Biantoro menyatakan SKK Migas siap menjalankan keputusan Presiden.

"Kami menghargai keputusan Presiden Jokowi. Kami akan jalankan sebaik-baiknya," tutur Elan saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (23/3/2016).

Awalnya SKK Migas memang mengusulkan agar kilang LNG Blok Masela di laut (offshore). Sebab menurut Elan, hal itu sebenarnya sudah diputuskan pemerintahan SBY bersama INPEX Corporation sebagai operator blok itu Cekungan Laut Timo sejak 2010.

"Pertimbangannya dulu pemerintah pernah setujui kalau itu (kilang LNG) floating jadi kami pertahankan," jelasnya.

 

Baca Juga

  • Inpex Tunggu Keputusan Resmi Pemerintah Soal Blok Masela
  • Pemerintah Diminta Hati-hati Putuskan Pengelolaan Blok Masela
  • Jokowi: Proyek LNG Masela Dibangun di Darat

Source: liputan6.com
Badan Otoritas Candi Borobudur Bakal Terbentuk Akhir Bulan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman tengah menyusun masterplan pengembangan kawasan Candi Borobudur‎, Magelang, Jawa Tengah. Masterplan ini perlu dibuat untuk meningkatkan jumlah wisatawan manca negara yang berkunjung ke obyek wisata tersebut.

Tenaga Ahli Bidang Regional Development‎ Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Bambang Susanto Priohadi mengungkapkan, secara garis besar, masterplan tersebut telah dibuat oleh tim khusus dari kementerian. Langkah selanjutnya, garis besar dari masterplan tersebut akan dibuat secara detil oleh Badan Otoritas Candi Borobudur.

Saat ini, Bambang masih menunggu Peraturan Presiden (Perpres) mengenai pembentukan Badan Otoritas Candi Borobudur. "Saat ini sedang dalam proses di Kementerian Hukum dan HAM, nanti tanggal 31 Maret ini akan keluar," kata Bambang saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Rabu (23/3/2016).

Setelah Perpres ini keluar, Badan Otoritas ini yang melakukan eksekusi dan duduk bersama Pemerintah Daerah terkait rencana pengembangan Candi Borobudur. Namun dalam eksekusi konstruksinya, akan diterbitkan kembali Peraturan Presiden (Perpres).

"Kenapa kok kita bermain di perpres, perpres dan perpres, karena sekarang banyak yang dinilai kalau tidak ada itu tidak kuat, ini fakta lho," tegas dia.

Baca Juga

  • 4 Pengunjung Pertama Borobudur di 2016 Diarak Naik Gajah
  • Jurus Rizal Ramli Sulap Borobudur Jadi Kiblat Umat Buddha Dunia
  • Fakta Menarik di Balik Candi Borobudur

Source: liputan6.com
Kronologi Perjalanan Blok Masela

Liputan6.com, Jakarta - Blok Masela merupakan kawasan kilang minyak dan gas yang terletak di  laut Arafura, Maluku. Pada Rabu (23/3/2016) ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan lokasi eksplorasi Blok Masela akan dilakukan di darat (onshore).

"Te‎rkait dengan Blok Masela, setelah melalui banyak pertimbangan, setelah melalui banyak sekali masukan-masukan dan input yang diberikan pada saya. Kita putuskan dibangun di darat (onshore)," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan eksplorasi di darat diputuskan setelah melihat besarnya dampak pelaksanaan proyek tersebut dan biaya yang dikeluarkan.

"Ini proyek jangka panjang, tidak hanya setahun, dua tahun, tidak hanya 10 tahun 15 tahun, tetapi proyek yang sangat panjang, yang menyangkut ratusan triliun rupiah," kata dia.

Keputusan ini muncul setelah sebelumnya terjadi silang pendapat perihal keberadaan lokasi eksplorasi Blok Masela antara di darat atau laut (offshore).

Keinginan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, blok ini akan dibangun di laut. Sementara Menko Kemaritiman Rizal Ramli meminta di darat.

Rencananya, blok ini akan dikelola dua perusahaan yakni Inpex dan Shell. Pembangunan kilang LNG terapung adalah konsep teknologi yang ingin diterapkan keduanya.

Bagaimana perjalanan pengembangan blok gas yang berada di cekungan Laut Timor ini? Berikut ulasannya:

Kegiatan ekplorasi gas

Inpex, perusahaan asal Jepang, mendapatkan hak melakukan kegiatan eksplorasi di Blok Masela melalui penandatanganan kontrak Masela PSC pada 16 November 1998. Sejak saat itu Inpex melalui Inpex Masela Ltd melakukan kegiatan eksplorasi hidrokarbon di Blok ini, dengan kepemilikan saham 100 persen.

Cadangan gas Blok Masela secara resmi ditemukan tahun 2000. Saat itu Inpex Masela Ltd telah mengebor sumur eksplorasi pertama yaitu sumur Abadi-1 yang  terletak di tengah-tengah struktur Abadi dengan kedalaman laut 457 meter dan total kedalaman 4.230 meter. 

Kemudian perusahaan pada 30 Desember 2008 memiliki persetujuan sementara POD 1 dari Menteri ESDM di bawah kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY).

Untuk pengembangan lapangan gas abadi ini, Inpex Masela Ltd melakukan beberapa studi detail yang meliputi penghitungan cadangan (reserve calculation), skenario pengembangan (development scenario) dan studi pemasaran gas (gas marketing study) untuk pengembangan blok ini.

Inpex berencana meningkatkan kapasitas FLNG di Blok Masela, menyusul temuan cadangan gas baru. Perusahaan akan menambah train dari satu unit menjadi tiga unit, dengan estimasi investasi mencapai US$ 14 miliar.  

Blok Masela terletak di lepas pantai Laut Arafura sekitar 155 kilometer (km) arah barat daya Kota Saumlaki yang berbatasan langsung dengan Australia dan Timor Leste.

Produksi gas

Saat ini, hak partisipasi Masela, dimiliki Inpex Masela Ltd yang sekaligus bertindak sebagai operator sebesar 65 persen dan sisanya punya Shell Corporation sebesar 35 persen.

Blok Masela ditargetkan dapat memproduksi gas 421 juta kaki kubik per hari (mmscfd) dan minyak 8.400 barel per hari.

Kegaduhan Blok Masela

Kegaduhan pengembangan Blok Masela muncul mengenai posisi kilang pengembangan Blok Masela. Apakah itu dibangun di darat atau di laut.

Pada Desember 2010 atau di era pemerintahan SBY sebenarnya posisi kilang sudah diputuskan di laut atau terapung. Hal ini tertuang pada rencana pengembangan pengembangan (Plan of Development/POD) Masela yang disetujui pemerintah pada Desember 2010 atau 12 tahun setelah kontrak ditandatangani pada November 1998.

Lalu muncul keinginan agar dibangun di darat. Tarik ulur kembali terjadi.

Silang pendapat muncul dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said dan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli. Keduanya berpendapat pilihan lokasi berdasarkan biaya pembangunan.

Sudirman Said berpegang pada hitungan SKK Migas. Sementara Rizal Ramli pada hitungan kementeriannya sendiri.

Berdasarkan kajian Kemenko Maritim dan Sumber Daya menyebutkan, biaya pembangunan kilang darat sekitar US$ 16 miliar. Sedangkan jika dibangun kilang apung di laut, nilai investasi lebih mahal mencapai US$ 22 miliar. Dengan demikian, kilang di darat lebih murah US$ 6 miliar dibandingkan dengan kilang di laut.

Sementara berdasarkan hitungan SKK Migas, biaya yang diperlukan jika infrastruktur gas menggunakan pipa disalurkan kedaratan sebesar US$ 19,3 miliar. Sedangkan jika fasilitas dilakukan di atas laut menggunakan fasilitas pengolahan terapung (FLNG), hanya membutuhkan biaya US$ 14,8 miliar.

Penyaluran gas dengan pipa juga lebih rumit dan memakan waktu lebih lama sekitar 1,5 tahun untuk mengkajinya, belum termasuk pembebasan lahan.

"Kalau di darat investasinya US$ 19,3 miliar, sedangkan offshore US$ 14,8 miliar dari sisi angka jauh lebih murah FLNG," jelas Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi.

Demikian pula, Inpex dan Shell memiliki hitungan sendiri. Keduanya kompak menyatakan, pembangunan kilang offshore hanya menelan dana US$ 14,8 miliar. Sedangkan pembangunan kilang di darat mencapai US$ 19,3 miliar. (Nrm/Ndw)


Source: liputan6.com
Libur Paskah, BNI Tetap Operasikan 111 Outlet

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) memastikan akan tetap memberikan layanan kepada masyarakat sepanjang masa libur panjang minggu ini. Sebanyak 111 outlet BNI di seluruh Indonesia akan tetap melayani masyarakat pada tanggal 25 Maret 2016 atau saat libur Peringatan Wafat Isa Al-Masih atau yang biasa disebut dengan Paskah.

Senior Eksekutif Vice President (SEVP) Jaringan dan Layanan BNI Disril Revolyn Putra mengungkapkan, karena operasional 111 outlet tersebut terbatas, maka tak semua transaksi bisa dilakukan. Hanya beberapa layanan saja yang bisa dilakukan di outlet tersebut. 

Operasional terbatas di 111 outlet BNI di seluruh Indonesia dikhususkan untuk pelayanan setoran atau penarikan rekening, pemindahbukuan antar rekening BNI dan setoran penerimaan BBM atau Non BBM.

Baca Juga

  • Bayar Tol Sumo, Pengendara Bisa Gunakan BNI TapCash
  • BNI Gandeng Sisfo Salurkankan KUR Mikro ke Nelayan
  • BNI Tebar Dividen Rp 2,26 Triliun ke Pemegang Saham

Source: liputan6.com
Menhub Jonan Sebut Taksi Online Ilegal, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menegaskan setiap moda transportasi umum yang beroperasi di Indonesia harus mengikuti aturan sesuai ‎Undang-Undang (UU) yang berlaku. Sebab jika tidak, transportasi tersebut dianggap ilegal karena tidak mengantongi izin resmi dari pemerintah.

Jonan menjelaskan, syarat pertama yang harus dipenuhi agar bisa jadi transportasi legal yaitu memiliki badan hukum. Pemerintah memberikan pilihan dalam pembentukan badan hukum ini, antara lain yayasan, koperasi atau perseroan terbatas (PT).

Syarat lain yang harus diwajibkan adalah uji KIR. Sejauh ini, Jonan belum mendapat informasi bahwa transportasi online yang ada saat ini telah melakukan uji KIR. "Mungkin akan dilakukan," kata dia seperti ditulis pada Rabu (23/3/2016).

Baca Juga

  • Jonan: Angkutan Umum Boleh Pelat Hitam, Asal Terdaftar
  • Menteri Perhubungan Ignasius Jonan - INSPIRATO
  • Syarat Menhub Jonan untuk Angkutan Umum yang Beroperasi di RI

Source: liputan6.com
Investasi Inpex dan Shell di Blok Masela Bakal Tertunda

Liputan6.com, Pontianak - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan pembangunan blok gas Masela di darat (onshore). Dengan keputusan ini, maka investasi‎ Royal Dutch Shell  dan Inpex Corporation di blok tersebut‎ dipastikan mundur.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan selama ini kajian yang dilakukan kedua investor itu pengembangan (Plan Of Development/POD) dilakukan di lepas pantai (offshore).

‎"Sudah itu kita berikan kesempatan untuk mengkaji ulang, dan kemungkinan saja karena memang harus diulang pengkajiannya akan ada penundaan sedikit‎," kata Sudirman di Pontianak, Rabu (23/3/2016).

‎Namun begitu, dirinya memerintahkan Kepala SKK Migas untuk duduk dan bertemu dengan kedua investor demi memastikan penundaan keputusan investasi blok gas abadi di perairan selatan Indonesia.

 

Baca Juga

  • Inpex Tunggu Keputusan Resmi Pemerintah soal Blok Masela
  • Menteri ESDM Minta Investor Kaji Ulang Pengembangan Blok Masela
  • Kilang LNG Blok Masela Dibangun di Darat, Ini Komentar SKK Migas

Source: liputan6.com
Bahas Keputusan Masela, Shell Ingin Segera Bertemu Pemerintah

Liputan6.com, Jakarta -  

Royal Dutch Shell yang merupakan ‎rekanan Inpex Corporation untuk mengelola Blok gas abadi Masela, Maluku, ingin segera bertemu dengan pemerintah. Pertemuan tersebut untuk membahas lebih lanjut dari keputusan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar fasilitas pengolahan Blok Masela berada di darat (onshore). 

General Manager Eksternal Relation Royal Dutch Shell Haviez Gautama ‎menjelaskan,  pihak Shell belum bisa berkomentar banyak mengenai keputusan yang telah diambil oleh Presiden Jokowi. Shell ingin bertemu dahulu dengan pemerintah untuk mendapat penjelasan resmi dari keputusan tersebut.

"Kami berharap untuk bisa membahas situasi ini lebih lanjut dengan perwakilan pemerintah terkait," kata Haviez, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Baca Juga

  • Jokowi: Proyek LNG Masela Dibangun di Darat
  • Kilang LNG Blok Masela Dibangun di Darat, Ini Komentar SKK Migas
  • Menteri ESDM Minta Investor Kaji Ulang Pengembangan Blok Masela

Source: liputan6.com
Kilang Dibangun Didarat, Proyek Blok Masela Hemat Rp 79,4 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Polemik pengelolaan proyek gas Blok Masela akhirnya berakhir. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk proyek kilang pengolahan gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Blok Masela dibangun di darat.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Maritim Rizal Ramli menyambut baik keputusan tersebut. "Alhamdulillah, akhirnya Presiden putuskan kilang Masela dibangun di darat," kata Rizal dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Rabu (23/3/2016).

RizalRamli sebelumnya memang ngotot agar kilang LNG Masela dibangun di darat. Sebab biaya pengembangan proyek itu lebih murah jika dibangun di laut.

Baca Juga

  • Kegaduhan di Blok Masela
  • Kilang LNG Blok Masela Dibangun di Darat, Ini Komentar SKK Migas
  • Jokowi: Proyek LNG Masela Dibangun di Darat

Source: liputan6.com
RNI Gandeng Brantas Abipraya Kembangkan Pembangkit Hidro Mini

Liputan6.com, Jakarta - PT Mitra Kerinci yang merupakan anak perusahaan dari PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) menjalin kerja sama dengan PT Brantas Energi, yang merupakan anak perusahaan dari PT Brantas Abipraya. Dalam kerja sama ini, kedua belah pihak sepakat untuk mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH), di Solok Selatan, Sumatera Barat.

Direktur Utama RNI B Didik Prasetyo mengatakan, langkah kerja sama yang dilakukan antara kedua belah pihak merupakan langkah mewujudkan program percepatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk memenuhi target pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW sampai tahun 2019.

"Selain itu juga untuk mewujudkan program pemerintah dalam pengembangan energi terbarukan yang ditargetkan mampu memenuhi pasokan 25 persen dari kebutuhan listrik nasional," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (23/3/2016).

Baca Juga

  • RNI Kini Punya Pabrik Teh Hijau Terbesar di Asia Tenggara
  • Ke Cirebon, Menteri Rini Tutup Giling Tebu di Pabrik Milik RNI
  • DPR Pertanyakan Pengajuan Kembali Dana PMN ke RNI

Source: liputan6.com
300 Ribu Sopir Angkutan Online Bakal Jadi Pelaku UKM

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan mendaftarkan 300 ribu pengemudi angkutan online seperti Go-Jek, Grab dan Uber untuk masuk memjadi pelaku usaha kecil menengah (UKM).  Nantinya seluruh pengemudi tersebut digabungkan satu wadah koperasi.

Hal ini merupakan jalan tengah yang akan diambil terkait polemik mengenai legalitas aplikasi pemesanan layanan transportasi online.

"Sekitar 300 ribu pengemudi difasilitasi Kadin untuk terdaftar menjadi pelaku UKM," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM, Koperasi dan Industri Kreatif, Sandiaga S. Uno saat berkunjung ke kantor Liputan6.com, SCTV Tower, Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Baca Juga

  • Rudiantara: Mau Operasi di RI, Uber Harus Buat Badan Usaha
  • Blue Bird Siap Bersaing dengan GrabCar dan Uber Taxi
  • Menteri Jonan Tantang Ahok Setop Sementara Uber dan Grab

Source: liputan6.com