Prev Maret 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31 01 02
03 04 05 06 07 08 09
Berita Kurs Dollar pada hari Senin, 21 Maret 2016
Tips Memulai Bisnis E-Commerce Tanpa Pinjaman

Liputan6.com, Jakarta - Memulai bisnis daring atau e-commerce tidak bisa dianggap mudah. Apalagi jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis e-commerce tanpa pinjaman yang biasanya menjadi modal untuk menutup biaya usaha.

Jangan khawatir, dengan keputusan dan pengerjaan yang tepat, berbisnis e-commerce bisa menghasilkan keuntungan yang menggiurkan jika Anda sukses.

Berikut beberapa tips memulai bisnis e-commerce tanpa meminjam, seperti melansir laman Lifehacks.org, Senin (21/3/2016):

Pengembangan Ide

Meskipun Anda ingin menjual barang seperti keperluan kantor atau jasa seperti SEO, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengembangkan ide awal Anda menjadi sebuah rencana yang terorganisir.

Perlu diingat bahwa mengembangkan ide bukan terbatas pada membuat rencana bisnis yang menarik. Hal tersebut juga mencakup bagaimana mengambil resiko dan juga beberapa hal penting seperti, Untuk apa produk ini dikembangkan?. Bagaimana hal ini dapat mempengaruhi gaya hidup dari klien dan konsumen?. Seperti apa produk dan jasa tersebut, dan terbuat dari apa?

Kemudian Siapa yang akan bertanggung jawab dapat proses pembuatan? Bagaimana hal tersebut akan dipasarkan? dan Bagaimana akhirnya konsumen akan membeli produk dan jasa ini?

Pre Sales

Sebuah perusahaan baru dengan pre sale yang kuat dapat memimpin pasar dengan kemungkinan 40-50 persen. Bagaimana mereka melakukannya?

Dengan tingkat penjualan yang lebih tinggi dari rata rata, sudah jelas sangat penting peranan pre sales untuk untuk pertumbuhan keuntungan perusahaan Anda. Daripada harus menggunakan pinjaman untuk mengembangkan purwarupa produk dan mencari informasi dari konsumen Anda, akan lebih baik jika Anda melakukan pre sales dengan cara mengidentifikasi pasar, lalu buat riset mengenai produk dan jasa apa yang sempurna.

Gunakan timbal balik pendapat dari mereka dan riset pribadi Anda. Setelah itu uji coba ide Anda dengan rancangan sementara dengan komputer atau animasi tetapi dengan rencana bahan baku yang pas. Setelah Anda membuat semua hal ini, cobalah untuk meminta pendapat klien Anda agar lebih sempurna

Mengatasi Perasaan Takut Gagal

Memulai perusahaan tanpa dukungan finansial bisa jadi amat memusingkan. Tapi adalah hal yang biasa jika seorang wiraswasta punya perasaan takut gagal. Cobalah mengatasi perasaan ini karena jika Anda bisa mengatasinya dengan baik maka Anda bisa dibilang akan mencapai tahapan wiraswasta yang matang.

Perlu dingat bahwa kegagalan adalah hal yang sangat subyektif dan beberapa klien akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk bisa bangkit berdiri memperbaiki kesalahan. Dan perlu diingat juga bahwa sesungguhnya Anda harus mengalami kegagalan untuk bisa belajar. Coba tengok Sir Richard Branson sang pemilik Virgin Empire yang ternyata tidak selesai sekolah, atau Warren Buffet yang ditolak masuk Harvard University. Dengan beberapa contoh ini akan mudah mengatakan bahwa kegagalan adalah hal yang tidak dapat dihindari untuk menuju kesuksesan.

Pemasaran yang sesuai budget

Salah satu hal yang paling menantang saat memulai bisnis e-commerce adalah menemukan lahan dan alat untuk menyebarluaskan serta memasarkan tentang merk dagang anda. Kita hidup di jaman serba canggih di mana internet bisa digunakan untuk memasarkan produk anda dengan gratis seperti lewat situs perusahaan anda, sosial media, software e-commerce dan banyak lagi yang lainnya.

Karena konten marketing itu sendiri adalah hal penting dan bisa dibuat oleh sang pebisnis itu sendiri tanpa harus melakukan investasi, jadi hal tersebut telah membuat internet itu sendiri menjadi lahan untuk memasarkan produk paling utama saat ini. Dan yang tidak kalah penting adalah relasi dengan mitra lainnya untuk komunikasi, memberikan hadiah untuk orang yang mempromosikan produk Anda dan buatlah semacam kartu nama yang pas dengan anggaran anda. (Tia/Zul)

Reporter: Tria Dianti


Source: liputan6.com
Penghuni Rusun Kebon Kacang Tak Perlu Bayar Mahal untuk Gas Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan jaringan pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN) terbukti memberikan banyak manfaat bagi konsumennya, terutama bagi pelanggan di sektor rumah tangga.

Salah satu pelanggan rumah tangga yang selama ini menikmati manfaat dari jaringan gas tersebut yaitu para penghuni Rumah Susun (Rusun) Kebon Kacang, Jakarta Pusat.

Dedeh (34) salah satu penghuni di rusun tersebut mengungkapkan, salah satu kelebihan dari gas yang disalurkan PGN yaitu harga yang sangat murah.

Dia menjelaskan, untuk penghuni rumah tangga yang berprofesi sebagai pekerja, rata-rata tiap bulan hanya membayar tagihan gas sebesar Rp 28.500.

"Gas ini murah sekali. Kalau standar rumah tangga paling hanya Rp 28.500 per bulan," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (21/3/2016).

Baca Juga

  • RI Butuh Impor Gas Alam Cair pada 2019
  • Para Pengusaha Merapat Bahas Potensi Gas di Indonesia
  • Menteri ESDM Ungkap Penyebab Kacaunya Industri Gas Hilir RI

Source: liputan6.com
Gunakan Gas PGN, Penghuni Rusun Kebon Kacang Merasa Aman

Liputan6.com, Jakarta - Gas yang dijual PT Perusahaan Gas Negara (PGN) melalui jaringan pipa bawah tanahnya dinilai lebih aman bagi masyarakat. Hal tersebut dirasakan para penghuni Rumah Susun (Rusun) Kebon Kacang, Jakarta Pusat.

Seperti diungkapkan Dedeh (34), salah satu penghuni di rusun tersebut. Menurut dia, selama ini jaringan gas milik PGN terbukti aman dan belum pernah menimbulkan kecelakaan seperti terjadinya ledakan.

"Selama ini aman-aman saja. Untuk anak-anak juga aman, tidak ada bau gas juga. Kecuali kalau kelalaian sendiri, seperti kalau masak air tapi ditinggal. Tapi disini tidak pernah ada kejadian. Jadi kita juga tidak takut meledak," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (21/3/2016).

Baca Juga

  • Penghuni Rusun Kebon Kacang Tak Perlu Bayar Mahal untuk Gas Rumah
  • RI Butuh Impor Gas Alam Cair pada 2019
  • Para Pengusaha Merapat Bahas Potensi Gas di Indonesia

Source: liputan6.com
Pikirkan 5 Hal Ini Sebelum Menerima Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta Mendapat tawaran bekerja di sebuah perusahaan pasti sangat menyenangkan. Apalagi ketika Anda akan mendapat kesempatan baru untuk berkenalan dan merasakan dunia kerja baru.

Akan tetapi, Anda juga tidak boleh terburu-buru dalam menerima sebuah tawaran pekerjaan. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Apa saja? Melansir Carreerealism, Senin (21/3/2016) berikut ulasannya:

1. Apa saya akan nyaman bekerja dengan orang-orang di kantor ini?

Kenyamanan dan lingkungan kantor yang enak merupakan faktor utama yang dapat membuat Anda betah bekerja di sebuah perusahaan. Sebelum menerima pekerjaan, coba perhatikan baik-baik bagaimana lingkungan serta orang-orang yang bekerja di kantor tersebut.

2. Apa posisi ini dapat meningkatkan kemampuan saya?

Setiap orang dianugerahi kemampuannya masing-masing. Itulah mengapa tidak ada orang yang benar-benar mirip satu dengan lainnya. Sebelum menerima tawaran pekerjaan, cobalah untuk membahas dengan detail apa saja hal-hal yang akan Anda kerjakan nantinya. Ini dapat membantu Anda untuk membayangkan apakah pekerjaan tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda.


Source: liputan6.com
Mau Karir Sukses, Jangan Tanya 5 Hal Tabu Ini Ke Bos

Liputan6.com, Jakarta Setiap pegawai yang bekerja pasti ingin membentuk citra baik di kantor. Selain memiliki banyak manfaat, pegawai yang baik pun akan lebih mudah dikenal di kantor.

Namun tanpa disadari ternyata ada beberapa tindakan pegawai yang dapat berpengaruh pada citranya di kantor. Alih-alih mendapat penghargaan, rekan kerja malah memberinya cap negatif. Beberapa perilaku tersebut bisa saja datang dari cara berkomunikasi Anda ke bos.

Lalu pertanyaan apa saja yang harus Anda hindari apabila sedang berkomunikasi dengan bos? Melansir careerealism, MInggu (20/3/2016) berikut ulasannya:

1. Apa saya boleh liburan?

Melontarkan pertanyaan ini sama saja mengorbankan diri Anda sendiri. Anda harus tahu betul bahwa setiap pegawai memiliki hak untuk mengambil cuti dan berlibur. Pertanyaan seperti ini seharusnya tidak harus Anda tanyakan pada atasan.

2. Apa boleh minta tambahan gaji?

Walaupun bekerja di dunia profesional, Anda harus berpikir dua kali saat ingin meminta kenaikan gaji. Satu hal yang harus Anda ketahui dengan cermat, kenaikan gaji akan disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Jadi, jika Anda ingin mendapat kenaikan gaji, maka Anda harus menunjukkan performa kerja yang baik terlebih dahulu.

3. Menurut Anda, bagaimana tingkah saya di kantor?

Pertanyaan ini layaknya buah simalakama. Di satu sisi Anda dapat mengambil saran yang diberikan untuk introspeksi diri. Namun di sisi lain, ini juga dapat menggambarkan bahwa Anda tidak terlalu nyaman dengan posisi yang Anda tempati sekarang.


Source: liputan6.com
Pakai Jaringan Gas Pipa Untungkan Pedagang Skala Rumah Tangga

Liputan6.com, Jakarta - Para pedagang makanan skala rumah tangga sangat terbantu dengan adanya jaringan pipa gas yang dimiliki oleh PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Pasalnya, harga pasokan gas dari PGN ke rumah tangga lebih murah ketimbang harus membeli gas tabung.

Hal tersebut diungkapkan oleh Hermi (37), salah satu penghuni Rumah Susun Kebon Kacang yang juga berjualan makanan dan gorengan. Menurut dia, jika menggunakan gas dariPGN untuk kebutuhan memasak, rata-rata dirinya hanya harus membayar tagihan sebesar Rp 100 ribu per bulan.

Baca Juga

  • PGN Cetak Laba Rp 5,5 Triliun di 2015
  • PGN Bakal Tambah 110 Ribu Sambungan Rumah Tangga Tanpa APBN
  • PGN Mampu Bangun Jaringan Pipa Gas 825 Km dalam Setahun

Source: liputan6.com
Karena Langka, Koin Perak Ini Bernilai Rp 130 Miliar

Liputan6.com, Jakarta Sebuah koin perak bernilai US$ 10 juta sedang dipamerkan di London, Inggris. Diameternya hanya empat sentimeter dan harga aslinya sekitar US$ 12 jika mengacu pada harga perak sekarang.

Namun, koin ini sangat istimewa dan menjadi yang termahal di dunia ketika dibeli oleh seorang kolektor pada 2013 seharga US$ 10 juta atau sekitar Rp 130,9. Ia masuk dalam kategori benda mahal karena langka, kondisinya yang masih bagus, dan memiliki nilai budaya.

Banyak ahli percaya inilah salah satu uang dolar Amerika Serikat yang pertama dibuat. Hal itu berarti Presiden AS George Washington yang secara pribadi memeriksanya.

Baca Juga

  • Pekerja Nyicil Curi Duit Koin 25 Sen, Total `Keuntungan` Rp 2,6 M
  • Koin Kuno Ungkap Bukti Kedatangan UFO ke Bumi di Masa Lalu
  • Koin Kuno Berumur 122 Tahun Ini Laku Rp 27 Miliar

Source: liputan6.com
Lakukan Hal Ini Agar Waktu Kerja Seimbang dengan Kehidupan

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya pekerjaan yang harus kita selesaikan sehari-hari membuat kita sulit untuk menyeimbangkan waktu untuk kerja dan mengurus kehidupan.

Lalu apakah ada jalan keluar yang dapat dilakukan? Tentu saja. Melansir hongkiat.com, Minggu (20/3/2016), dalam dunia pekerjaan ada beberapa hal yang dapat kita sesuaikan. Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mendapat keseimbangan dalam kehidupan dan pekerjaan:

1. Berkata tidak

Setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing untuk menyelesaikan pekerjaan. Untuk itu, Anda harus mengerti betul kemampuan yang Anda miliki. Apabila memang tidak sanggup menyelesaikan pekerjaan yang ada, jangan ragu untuk menolak dan berkata tidak

2. Menerima kekurangan diri sendiri

Setiap orang dianugerahi kelebihan dan kekurangan. Hal pertama yang Anda dapat lakukan agar mampu sukses dalam karir adalah menerima kekurangan diri yang Anda miliki. Dengan begini, Anda pun dapat lebih mudah untuk melakukan penyesuaian dengan pekerjaan yang ada.


Source: liputan6.com
Minim Sentimen, IHSG Bakal Menguat

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan konsolidasi dengan kecenderungan menguat pada perdagangan saham awal pekan ini. Akan tetapi, bursa saham cenderung minim sentimen.

Analis PT Investa Saran Mandiri Hans Kwee menuturkan IHSG akan bergerak di level support 4.837-4.858 sedangkan level resistance di kisaran 4.908-4.973. Bursa saham cenderung minim sentimen di awal pekan ini.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG kembali terkonsolidasi dan sedang berusaha mencapai level resistance 4.915.William menilai, level resistance ini perlu ditembus untuk memperkuat pola kenaikan IHSG.

Baca Juga

  • Dua Sentimen Ini Bayangi Laju IHSG
  • Aksi Beli Asing Capai Rp 800 Miliar, IHSG Stabil di 4.885
  • IHSG Menguat Mengikuti Bursa Asia dan Global

Source: liputan6.com
Rupiah dan Minyak Topang Penguatan IHSG Sepekan

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat selama sepekan ke depan. Penguatan IHSG didorong oleh penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Analis PT Danareksa Sekuritas Lucky Bayu Purnomo menyebutkan, indeks global Dow Jones terus mengalami pe‎rtumbuhan. Hal tersebut menjadi indikator jika indeks dolar AS mengalami pelemahan sehingga jadi peluang rupiah untuk menguat. Dia mengatakan, rupiah bakal berada di level 12.900 per dolar AS.

"Akan mendorong perilaku pasar mengapresiasi IHSG. Dalam seminggu ke depan kita menilai IHSG akan berada di teritori positif," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Baca Juga

  • IHSG Berpeluang Naik Jelang Akhir Pekan
  • Investor Asing Jual Saham, IHSG Susut 17 Poin
  • Aksi Beli Asing Capai Rp 800 Miliar, IHSG Stabil di 4.885

Source: liputan6.com
Top 3: 7 Ciri Anda Calon Pengusaha Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya bekerja, menjadi pengusaha juga merupakan salah satu cara meraih kesuksesan dan kekayaan. Namun patut diingat, pengusaha sukses bukan hanya mereka yang mampu menjalankan bisnis dan mendulang untung yang berlimpah. 

Pengusaha sukses berarti mereka mampu untuk memberi manfaat dengan keuntungan bisnis yang dimilikinya. Artikel ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis.  Berikut 3 berita paling dicari, Senin (21/3/2016):

1. 7 Ciri Anda Calon Pengusaha Sukses

Pengusaha sukses bukan hanya mereka yang mampu menjalankan bisnis dan mendulang untung yang berlimpah. Pengusaha sukses berarti mereka mampu untuk memberi manfaat dengan keuntungan bisnis yang dimilikinya.

Apa saja ciri-ciri dari pengusaha sukses? Melansir laman Business Insider, Minggu (20/3/2016) berikut ulasannya:

1. Bertanggung jawab

Pengusaha yang baik akan selalu bertanggung jawab terhadap apa yang ia lakukan. Tanggung jawab yang besar merupakan modal awal untuk sukses di tempat kerja. Simak berita selengkapnya di sini!

2. Perhiasan RI Makin Berkilau di Negara-negara Ini

Indonesia mendulang surplus neraca perdagangan pada Februari 2016 sebesar Rp 1,15 miliar. Penopang utamanya peningkatan ekspor non migas dari komoditas perhiasan atau permata sebesar US$ 980 juta atau naik signifikan 153,8 persen dibanding Februari 2015.

Dari data yang diterima Liputan6.com dari Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Nus Nuzulia Ishak di Jakarta, Minggu 20/3/2016, ekspor perhiasan terus mengalami peningkatan sejak 2010.

Ekspor perhiasan atau permata Indonesia sepanjang tahun lalu menembus US$ 5,49 miliar. Realisasi ini naik 18,21 persen dibanding nilai ekspor 2014 sebesar US$ 4,65 miliar. Simak berita selengkapnya di sini!

3. Mau Anak Anda Kaya dan Sukses? Lakukan 6 Hal Ini

Melihat anak tumbuh dan berkembang merupakan kebanggaan tersendiri bagi setiap orang tua. Kebahagiaan itu pun bertambah ketika sang anak mampu sukses mampu menggapai cita-citanya.

Tidak ada resep khusus memang yang bisa menjamin anak Anda akan sukses nantinya. Namun beberapa tips ini ternyata mampu membantu untuk memperlihatkan faktor apa yang sebenarnya berpengaruh pada kesuksesan anak. Simak berita selengkapnya di sini!


Source: liputan6.com
Menteri Susi: Mengamankan Laut RI Butuh Kecanggihan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku awak kapal pengawas laut Indonesia kerap mendapat perlawanan dari para maling ikan. Keberanian mereka bertambah ketika ada kapal penjaga pantai dan laut (coast guard) yang melindungi pelaku illegal fishing tersebut.
 
Susi menyadari Kementerian Kelautan dan Perikanan, bersama aparat kepolisian, TNI Angkatan Laut, serta pihak terkait lain tidak mampu menjaga seluruh laut Indonesia yang membentang dari Sabang hingga Merauke.

"Kita sadar laut kita sangat luas, sementara kita tidak bisa mengamankan semuanya," ucap Susi saat ditemui di Jakarta, Senin (21/3/2016).

Baca Juga

  • Di Singapura, Menteri Susi Curhat Berantas Maling Ikan
  • Potensi Perikanan Tangkap RI Capai Rp 3.000 Triliun per Tahun
  • Perdana di 2016, Menteri Susi Tenggelamkan 23 Kapal Maling Ikan

Source: liputan6.com
Ini Sebab RI Gagal Tangkap Kapal Pencuri Ikan Tiongkok di Natuna

Liputan6.com, Jakarta - Aksi kejar-kejaran antara Kapal Perikanan (KP) Hiu 11 dan kapal pencuri ikan asal Tiongkok KM Kway Fey 10078 di perairan Natuna, meninggalkan kekecewaan bagi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Kapal pengawas memilih mundur dan melepaskan kapal berbobot lebih dari 200 Gross Ton (GT) itu karena dibekingi kapal penjaga pantai dan laut (coast guard).

Dalam kronologi yang disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dua kapal coast guard Tiongkok berusaha mati-matian melindungi kapal pencuri ikan Kway Fey yang sudah kedapatan berada di teritori laut Indonesia.

Satu kapal coast guard dengan kecepatan tinggi 25 knots, mengejar pengawalan KP Hiu 11 ketika mengamankan Kway Fey. Kapal berbobot lebih dari 1.000 GT itu Tiongkok itu dengan sengaja menabrak kapal Kway Fey dengan tujuan tertentu.

"Kapal coast guard Tiongkok menabrak kapal tangkapan supaya tidak ditenggelamkan Indonesia. Dan pemerintah Tiongkok tidak berkenan kapalnya ditenggelamkan," ujar Susi di Jakarta, Senin (21/3/2016).

Baca Juga

  • Marah pada Kapal Maling Ikan Tiongkok, Menteri Susi Lapor Jokowi
  • Kronologi Kapal Maling Ikan Asal Tiongkok Dilumpuhkan di Natuna
  • Menteri Susi Kembali Tangkap 5 Kapal Asing Pencuri Ikan

Source: liputan6.com
Pemerintah Sulit Tambah Wajib Pajak Tanpa Tax Amnesty

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang khawatir jika rencana pemerintah untuk melakukan pengampunan pajak (tax amnesty) sebagai fasilitas bagi para koruptor. Guru Besar Perpajakan Universitas Indonesia Gunadi menilai, pengampunan pajak bukanlah untuk mengampuni para koruptor.

Pengampunan pajak dinilai lebih ditujukan kepada para wajib pajak yang selama ini tidak patuh dalam melaporkan dan membayar pajaknya, serta tidak menghilangkan hukuman pidana korupsi.

"Ada persepsi yang tidak benar di masyarakat. Pengampunan pajak itu bukan untuk mengampuni koruptor. Pengampunan pajak tidak menghilangkan hukuman pidana seperti korupsi," kata Gunadi di Jakarta, Senin (21/3/2016).

Gunadi menjelaskan, aparat hukum tetap bisa melakukan penyelidikan dugaan korupsi kepada para wajib pajak yang mengikuti program pengampunan pajak. Hanya saja, para penegak hukum tidak bisa mengakses data-data seorang wajib pajak kepada Direktorat Jenderal Pajak. Aparat penyidik hukum harus mendapatkan sumber data dari sumber lain.

"Data wajib pajak sangat dirahasiakan Ditjen Pajak. Ditjen Pajak tidak bisa memberikan data itu kepada siapapun," ujar dia.

Baca Juga

  • Pengampunan Pajak Incar 120 Juta Wajib Pajak Baru
  • Kebijakan Pengampunan Pajak Dapat Ganjalan dari Negara Lain
  • Target Penerimaan Rp 60 Triliun dari Tax Amnesty Sulit Tercapai

Source: liputan6.com
Konsultasi Pajak: Gaji di Bawah UMR, Wajibkah Bayar Pajak?

Liputan6.com, Jakarta - Saya baru mempunyai NPWP untuk pembuatan rekening. Saya ingin bertanya kalau misalkan gaji saya di bawah UMR Jakarta, apakah harus membayar pajak?Sedangkan saya mempunyai tanggungan sehari-hari. Lalu apakah saya harus melapor setiap tahun dan bulannya?

Email: nabila_xxxxxx@yahoo.com

Jawaban:

Yth Saudari Nabila,


Berdasarkan pasal 18 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 243/PMK.03/2014, Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) dikecualikan dari kewajiban menyampaikan Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan (SPT PPh) apabila selama 1 (satu) tahun pajak menerima penghasilan neto tidak melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).

Batasan PTKP per tahun yang berlaku untuk tahun 2015 sampai dengan saat ini adalah:

a.   Rp 36.000.000 untuk diri Wajib Pajak orang pribadi;
b.   Rp 3.000.000 tambahan untuk Wajib Pajak yang kawin;
c.   Rp 36.000.000 tambahan untuk seorang isteri yang penghasilannya digabung dengan penghasilan suami;
d.   Rp 3.000.000 tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat, yang menjadi tanggungan sepenuhnya, paling banyak 3 (tiga) orang untuk setiap keluarga.

Sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 20 Tahun 2015, Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta untuk tahun 2015 adalah sebesar Rp 2.700.000 per bulan atau sebesar Rp 32.400.000 setahun.

Jumlah yang Saudari terima bahkan di bawah UMR Jakarta sehingga jelas masih lebih rendah dari batasan PTKP Rp 36.000.000 per tahun untuk WPOP dengan status  tidak menikah dan tidak mempunyai tanggungan.

Berhubung jumlah penghasilan Saudari selama satu tahun pajak tidak melebihi batasan PTKP, maka Saudari tidak berkewajiban untuk menyampaikan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi.

 

Demikian penjelasan kami. Semoga membantu.

 

Salam,

 

 

Aldonius, S.E.
Konsultan Pajak – Citas Konsultan Global

 

www.citasco.com

 

Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan


Source: liputan6.com
Bayar Tol Kini Bisa Pakai e-Payment dari 4 Bank BUMN

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) bersinergi dengan empat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) meluncurkan e-Payment Toll.

Empat bank tersebut antara lain Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Adityawarman mengatakan, pada tahap awal, pembayaran tol dengan e-Toll Card, kartu Bank BRI Brizzi, Mandiri e-money, kartu BNI Tapcash, kartu BTN Blink yang dapat digunakan di Ruas Toal JORR (Kebon Jeruk-TMII-Cilincing), ruas toal Ulujami-Pondok Aren, Ruas Tol Jakarta-Tangerang, dan Ruas Tol Bogor Outer Ring Road (BORR). Namun akan menyusul 14 ruas tol lain yang juga akan diimplemantasikan secara bertahap.

"Jika menggunakan pembayaran secara cash, itu memakan waktu 6-7 detik. Tapi kalau dengan e-payment ini hanya butuh waktu 3 detik. Ini bisa mempercepat waktu pembayaran tol," ujar dia di Bekasi, Jawa Barat, Senin (21/3/2016).

Dia menjelaskan, penetrasi pembayaran elektronik di seluruh ruas tol yang akan dioperasikan Jasa Marga adalah mencapai 15,6 persen dari total transaksi hingga Desember 2015.

Baca Juga

  • Lewat Tol Jakarta-Cikampek-Palimanan Cuma Bayar Sekali
  • Seluruh Jalan Tol Bakal Pakai E-Toll Card dari Bank BUMN di 2016
  • 4 Bank BUMN Kompak Satukan E-Toll Card

Source: liputan6.com
Titi DJ Ingin Jadi Duta Pajak

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak mengenal Titi DJ? Di tengah kesibukannya sebagai seorang musisi, pemilik nama lengkap Titi Dwijayati ini ternyata mempunyai keinginan untuk menjadi Duta Pajak.

Hal ini disampaikan langsung Titi DJ saat mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Pratama Pondok Aren, Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu. Diva Pop yang merupakan warga Bintaro, Tangerang, ini memang terdaftar di KPP tersebut.

Baca Juga

  • Mau Lapor SPT? Ini Lokasi dan Jam Operasional Pojok Pajak
  • Tak Ada Lagi Drop Box SPT, Masyarakat Bisa Lapor Pajak di POC
  • Jangan Lupa Lapor SPT Pajak, Batas Akhir 31 Maret

Source: liputan6.com
7 Rahasia Meraih Kekayaan di Usia Muda

Liputan6.com, Jakarta Tentunya semua orang ingin menjadi kaya. Sebagian dari Anda akan menganggap hal tersebut mustahil. Bahkan ada yang berpikir bahwa kekayaan merupakan takdir yang sudah ditetapkan pada diri seseorang.

Nyatanya, kekayaan hanya bisa diraih bila Anda pemilik keyakinan tersebut dan seorang pekerja keras. Tidak ada jalan yang mudah dalam meraih kekayaan. Anda harus merubah pola pikir dan kebiasaan Anda, bahkan saat umur Anda masih muda.

Tidak ada yang bisa menjamin bahwa Anda akan kaya di masa depan. Namun 7 strategi ini bisa membantu Anda untuk meraihnya, dimulai sejak usia Anda yang masih muda. Dilansir dari inc-asean.com, Senin (21/3/2016) berikut ulasannya:

1. Berhenti menunda-nunda

Kesalahan yang sering dilakukan seseorang di masa mudanya adalah menunda-nunda. Mereka memiliki keyakinan bahwa mereka merasa masih punya banyak waktu untuk melakukan hal yang menyangkut masa depan mereka. Hal-hal seperti membangun kekayaan ataupun masa pensiun, seringkali mereka pikirkan sebagai hal yang dilakukan saat sudah bekerja nanti. Setelah 10 tahun terlewat, maka mereka baru akan tersadar akan pentingnya memiliki tujuan di usia muda. Mulailah menjalankan pola pikir Anda ke arah yang positif, dan jangan menunda-nunda lagi.

2. Miliki keyakinan, tidak ada yang instan

Tidak ada hal yang instan di dunia ini. Semuanya membutuhkan proses. Bahkan tidak berarti dengan membaca artikel ini maka Anda akan sukses di kemudian hari. Anda harus menerapkannya dan tetap melakukan usaha dengan kerja keras. Anda harus menekan pengeluaran Anda agar bisa menabung. Anda juga bisa berinvestasi dengan bijak agar Anda memiliki jaminan di masa depan. Semua hal tersebut memerlukan pengorbanan yang tidak mudah.

3. Berinvestasi dalam diri Anda

Anda merupakan sumber daya terbaik yang untuk mengumpulkan kekayaan itu sendiri. Berinvestasi pada diri sendiri berarti menghabiskan lebih banyak waktu pada pendidikan, mengembangkan keterampilan yang Anda miliki, dan membangun relasi sebanyak-banyaknya, untuk membuka peluang berbisnis Anda di masa depan. Semakin banyak investasi positif yang Anda lakukan,maka akan semakin banyak peluang berharga yang Anda dapatkan. Anda akan memiliki banyak pilihan untuk membangun fondasi keuangan yang kuat.


Source: liputan6.com
Pertamina Mulai Bangun Jaringan Gas Terbesar di RI

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mulai membangun proyek jaringan gas bumi terbesar di Indonesia dengan 32 ribu sambungan rumah tangga di Prabumulih, Sumatera Selatan. Proyek tersebut didanai Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 543,8 miliar.

Direktur SDM dan Umum PT Pertamina (Persero) Dwi Wahyu Daryoto menyatakan proyek infrastruktur gas di Prabumulih ini adalah juga sebagai bentuk sinergi segala lini bisnis di Pertamina.

Gas bumi sebagai bahan bakar gas rumah tangga tersebut berasal dari lapangan Pertamina EP sedangkan infrastruktur pipa untuk mengalirkan gasnya dibangun PT Pertamina Gas (Pertagas).

"Gasnya nanti akan kami dapat dari Pertamina EP, pipanya dari Pertagas dan pengelolanya adalah Pertagas Niaga. Artinya ini bukti komitmen kami sebagai penyedia energi untuk negeri," ujar Dwi dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin (21/3/2016).‎

Proyek ini adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian ESDM melalui. Direktorat Jenderal  Minyak dan Gas guna mengoptimalkan penggunaan gas bumi sebagai bentuk diversifikasi energi.

Baca Juga

  • PGN Mampu Bangun Jaringan Pipa Gas 825 Km dalam Setahun
  • Pemerintah Akan Bangun 89 Ribu Jaringan Gas Rumah Tangga
  • Pemerintah Tunjuk PGN Kelola Jaringan Gas di Kota Tarakan

Source: liputan6.com
Investor Korea Selatan Bakal Bangun PLTP di Jatim dan NTT

Liputan6.com, Jakarta - Investor asal Korea Selatan bakal membangun pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP/geothermal) senilai US$ 400 juta. Investasi tersebut bakal berlokasi di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat dengan kapasitas masing-masing 160 Megawatt (Mw) 30 Mw.

"Pihak investor sangat serius terhadap proyek pembangkit listrik yang disampaikan mereka sedang melakukan komunikasi dengan berbagai pihak yang diharapkan dapat mendukung proses konstruksi proyek yang ada,” kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)Franky Sibarani dalam keterangan pers, Senin (21/3/2016).

Rencana investasi tersebut merupakan hasil kunjungan Franky ke Seoul Korea Selatan. Franky mengatakan pembangunan listrik dari sumber energi terbarukan perlu didorong untuk meningkatkan perekonomian.

Baca Juga

  • Di Hadapan Putri Belgia, Deddy Mizwar Promosi Investasi Jabar
  • RI Punya Potensi Besar Tarik Lebih Banyak Investasi
  • BKPM: Komitmen Investasi Februari Capai Rp 355 Triliun

Source: liputan6.com
Awal Pekan, Rupiah Sempat Menguat ke 13.117 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) stabil di kisaran 13.100 per dolar AS pada perdagangan di awal pekan ini. Rupiah berpotensi terus menguat pada perdagangan pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Senin (21/3/2016), rupiah dibuka di angka 13.165 per dolar AS. Melemah jika dibandingkan dengan penutupan pada perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.116 per dolar AS.

Di awal perdagangan, rupiah sempat menguat di kisaran 13.117 per dolar AS. Namun kemudian kembali melemah ke kisaran 13.182 per dolar AS.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, rupiah dipatok di angka 13.160 per dolar AS. turun jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 13.048 per dolar AS.

Baca Juga

  • Emiten Harap Gerak Rupiah Stabil pada 2016
  • Pengusaha Lebih Untung Jika Rupiah Stabil
  • Sepanjang Februari, Rupiah Menguat Terhadap Tiga Mata Uang

Source: liputan6.com
Bayar Tol Sumo, Pengendara Bisa Gunakan BNI TapCash

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) memastikan produk uang elektronik BNI TapCash dapat digunakan untuk bertransaksi di pintu Tol Penompo, Mojokerto, yang merupakan salah satu bagian dari ruas jalan tol Surabaya –-Mojokerto (Sumo). Untuk jalan tol ini, BNI menerbitkan varian khusus yaitu TapCash BNI-MNA. MNA atau PT Marga Nujyasumo Agung merupakan operator tunggal ruas jalan tol Sumo.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni menjelaskan, operasional Jalan tol Surabaya-Mojokerto dapat direalisasikan antara lain berkat kerja sama sinergis antara bank-bank yang berkolaborasi mendukung pembiayaan sindikasi, yaitu BNI, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Timur (Jatim), BPD Sumatera Utara (Sumut) dan Bank Bukopin. dalam sindikasi ini, BNI memposisikan diri sebagai Agen Fasilitas dan Agen Escrow.

Perjanjian kredit sindikasi dengan nilai Rp 2,65 triliun atau 70 persen dari kebutuhan pembiayaan jalan tol Surabaya-Mojokerto tersebut kini telah mulai menunjukkan hasilnya. "Dari rencana 5 seksi yang dibangun, 2 seksi diantaranya sudah selesai dibangun, yaitu ruas tol Waru sepanjang 2,3 kilometer (km) dan Ruas Tol Krian Mojokerto," jelasnya dalam keterangan tertulis, Senin (21/3/2016).

Baca Juga

  • BNI Gandeng Sisfo Salurkankan KUR Mikro ke Nelayan
  • BNI Tebar Dividen Rp 2,26 Triliun ke Pemegang Saham
  • BNI dan Garuda Indonesia Luncurkan Kartu Debit Baru

Source: liputan6.com
Sinergi BUMN Bakal Dongkrak Bayar Tol Pakai e-Payment

Liputan6.com, Jakarta - Lima Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) antara lain PT Jasa Marga Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk dan PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk bersinergi dalam program e-Payment Toll.

Melalui program ini, masyarakat dapat membayar tol dengan kartu e-payment dari empat bank BUMN tersebut.

Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Adityawarman mengatakan selama ini layanan e-payment toll baru dilakukan oleh Bank Mandiri dengan e-Money. Namun kini pembayaran tol bisa menggunakan Brizzi dari BRI, TapCash dari BNI dan BLink dari BTN.

"Kami mohon semua tim untuk bekerja keras dalam kerja sama ini karena penggunaan e-Money di tol itu sudah sangat banyak," ujar dia di Jakarta, Senin (21/3/2016).

Baca Juga

  • 4 Bank BUMN Kompak Satukan E-Toll Card
  • E-Toll Card Selamatkan Gardu Tol dari Perampokan
  • Seluruh Jalan Tol Bakal Pakai E-Toll Card dari Bank BUMN di 2016

Source: liputan6.com
Tenaga Kerja RI Disukai Negara Lain karena Pelayanannya

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mengakui pemerintah masih perlu meningkatkan soft skill maupun hard skill tenaga kerja Indonesia agar dapat bersaing di era perdagangan bebas ASEAN (Masyarakat Ekonomi ASEAN/MEA). Walaupun demikian, pekerja Indonesia dikatakan sebenarnya mulai dicari-cari perusahaan asing karena pelayanannya.

Sekjen Kemenaker Abdul Wahab Bangkona menceritakan pengalaman ketika bertemu dengan pemilik kapal pesiar asal Filipina serta pengusaha hotel dan restoran dari Abu Dhabi. Keduanya meminati tenaga kerja Indonesia, dibanding pekerja dari negara lain.

"Waktu itu saya ketemu dengan pemilik kapal pesiar Filipina, mereka minta orang Indonesia dipekerjakan di kapal pesiarnya. Saya bilang, bukannya awak kapal Filipina nomor satu, kenapa harus pekerja dari Indonesia. Pemilik kapal menjawab karena kliennya lebih senang dilayani orang Indonesia," ujar Wahab saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (21/3/2016). 

Baca Juga

  • BNP2TKI Minta Bank Permudah TKI Dapat KUR
  • Mutasi dan Rotasi Diharapkan Bisa Dorong BNP2TKI Jadi Lebih Kuat
  • KPK Minta BNP2TKI Rawat Semangat Pencegahan Korupsi

Source: liputan6.com
Ini Alasan Pemerintah Protes Keras Pada Tiongkok soal Maling Ikan

Liputan6.com, Jakarta Coast guard atau kapal penjaga pantai dan laut milik Tiongkok menghalangi upaya kapal otoritas Indonesia yang mau menangkap kapal pencuri ikan Tiongkok Kway Fey 10078. Karena aksi tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan pemerintah Indonesia menyampaikan protes keras pada Tiongkok.

"Dalam pertemuan itu, kami nyatakan protes keras dan sampaikan nota yang berisi 3 poin," kata Retno, di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Protes itu disampaikan pada Kuasa Usaha Sementara Tiongkok di Jakarta, Sun Wei Dei. Retno sebenarnya memanggil Dubes Tiongkok di Indonesia, tapi yang bersangkutan tidak bisa hadir karena sedang berada di Beijing.

Baca Juga

  • Marah pada Kapal Maling Ikan Tiongkok, Menteri Susi Lapor Jokowi
  • Kronologi Kapal Maling Ikan Asal Tiongkok Dilumpuhkan di Natuna
  • Ini Sebab RI Gagal Tangkap Kapal Pencuri Ikan Tiongkok di Natuna

Source: liputan6.com
Pemerintah Perlu Revitalisasi Balai Latihan Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas sumber daya manusia (SDM) atau tenaga kerja Indonesia merupakan masalah paling serius yang sedang dihadapi pemerintah Indonesia.

Dominasi pekerja Indonesia dengan pendidikan Sekolah Dasar (SD) ke bawah, menuntut pemerintah lebih meningkatkan soft skill maupun hard skill para tenaga kerja ini.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Abdul Wahab Bangkona mengungkapkan, pendidikan formal dan informal dengan dunia kerja sangat berbeda jauh.

Baca Juga

  • RI Kekurangan Tenaga Instruktur untuk Tingkatkan Kualitas SDM
  • Timor Leste Belajar Masalah TKI dari Indonesia
  • RI-Perancis Jajaki Kerja Sama Pelatihan Tenaga Kerja

Source: liputan6.com
Ini Kendala Penerapan e-Payment di Tol

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga bersama empat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) meluncurkan program e-Payment Toll. Dalam program ini, penggunakan jalan tol bisa bertransaksi menggunakan kartu prabayar (e-money) yang diterbitkan oleh bank BUMN. 

Sayangnya, belum banyak ruas tol yang menerapkan program e-Payment. Saat ini, ruas tol yang pembayarannya bisa menggunakan e-money baru untuk ruas tol JORR (Kebon Jeruk-TMII-Cilincing), ruas tol Ulujami-Pondok Aren, Ruas Tol Jakarta-Tangerang, dan Ruas Tol Bogor Outer Ring Road (BORR).

Baca Juga

  • Bayar Tol Kini Bisa Pakai e-Payment dari 4 Bank BUMN
  • [INFOGRAFIS] Uang Mulai Ketinggalan Zaman
  • Tol Atas Laut Bali Bisa Dibayar Pakai Kartu Elektronik Mandiri

Source: liputan6.com
Lepas dari Bank Mandiri, Budi Gunadi Bakal Pindah ke BUMN Lain?

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Budi Gunadi Sadikin akan melepaskan jabatan pada Senin (21/3/2016) ini. Budi melepas jabatan sebagai direktur Utama Bank mandiri karena telah menduduki jabatan tersebut selama 5 tahun yaitu sejak 23 Mei 2011.

Setelah tak menjabat sebagai direktur Utama Bank Mandiri, Budi tetap akan menjabat sebagai direksi di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain. Sinyal tersebut disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

menurut Rini, Budi akan kembali menduduki jabatan penting di perusahaan plat merah lain. "Terima kasih sekali Pak Budi, Selamat meninggalkan Mandiri dan di tempat yang baru, Insya Allah di BUMN juga dan tanggung jawabnya lebih besar lagi," ujarnya di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (21/3/2016).

Baca Juga

  • Bos Bank Mandiri Pamit ke Anggota DPR
  • Inikah Sosok yang Bakal Gantikan Budi Gunadi Jadi Dirut Mandiri?
  • Cerita Bos Mandiri Soal Dua Wanita Dalam Hidupnya

Source: liputan6.com
7 Kesalahan Pengelolaan Uang yang Sering Tak Disadari Orang

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sering merasa kekurangan uang dan sulit mengatur kondisi finansial yang dimiliki? Kalau ya, berarti bisa jadi Anda masih salah dalam mengelola keuangan.

Banyak orang bermimpi untuk menjadi kaya, namun hanya segelintir dari mereka yang mampu mewujudkannya. Kekayaan yang berlimpah ternyata tidak bersumber dari kerja keras saja, keahlian Anda mengatur keuangan juga satu hal yang perlu diperhatikan.

Banyak dari kita yang tidak sadar bahwa apa yang dilakukan sehari-hari sering berdampak buruk bagi kondisi finansial.

Melansir CNNMoney, Senin (21/3/2016), berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Tidak tahu kapan harus ajukan pinjaman uang

Banyak orang yang sering memilih pinjaman uang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Padahal, utang merupakan salah satu faktor yang dapat memperburuk kondisi finansial Anda. Banyak penelitian mengungkap bahwa orang lebih senang untuk menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting.

Tidak jujur masalah keuangan

Banyak pasangan yang menyembunyikan masalah keuangan pada pasangannya. Padahal, survey yang dilakukan di Amerika Serikat mengungkap bahwa kasus perceraian terbesar diakibatkan karena masalah keuangan.

Tidak ajarkan anak keuangan

Banyak orang tua yang seringkali tidak mengajarkan ilmu mengatur keuangan pada anak. Alhasil anak pun tidak paham terhadap uang yang dimilikinya dan cenderung boros dalam membeli barang-barang tertentu.


Source: liputan6.com
Ternyata Ini yang Bikin Bill Gates Jadi Orang Terkaya Dunia

Liputan6.com, Jakarta Daftar yang dilansir Majalah Forbes baru-baru ini menempatkan Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia. Ia mampu mengalahkan beberapa nama orang terkaya lain seperti Jeff Bezos atau Mark Zuckerberg.

Bill Gates menempati peringkat pertama orang terkaya dunia dengan harta mencapai US$ 80 miliar atau Rp 1.052 triliun. Banyak orang berpikir bahwa tidak mudah bagi Bill Gates untuk mendapatkan harta kekayaan yang dimilikinya sekarang. Namun ternyata, Bill Gates memiliki satu rahasia sederhana.

Melansir CNNMoney, Senin (21/3/2016), penulis buku Wealth Secrets of the One Percent Sam Wikin menjelaskan kunci kesuksesan Bill Gates.

Tidak jauh berbeda dengan pengusaha sukses lainnya, kunci kesuksesan Bill Gates ternyata terletak pada kemampuannya untuk memanfaatkan peluang yang ada.

Sam Wikin menjelaskan sejak awal kemunculan perangkat lunak di tahun 1970, banyak insinyur yang hanya membiarkan temuannya. Alhasil banyak dari temuan tersebut yang dicuri dan disalahgunakan.


Source: liputan6.com
Ini Kandidat Kuat yang Bakal Duduki Posisi Dirut Bank Mandiri

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin (21/3/2016). Dalam RUPSLB kali ini salah satu agenda yang akan diputuskan adalah pergantian posisi direktur utama yang saat ini diduduki oleh Budi Gunadi Sadikin (BGS).

Dari informasi yang dihimpun Liputan6.com, orang-orang internal perusahaan menjadi kandidat kuat untuk menjabat sebagai orang nomor 1 di Bank Mandiri. "Tunggu saja hasilnya, orang internal jadi kandidat kuatnya," kata salah satu sumber saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (21/3/2016).

Baca Juga

  • Bos Baru Bank Mandiri Tunggu Keputusan Presiden Jokowi
  • Bos Bank Mandiri Pamit ke Anggota DPR
  • Anak Usaha Bank Mandiri Patok Target Pembiayaan Rp 18 Triliun

Source: liputan6.com
3 Emiten Grup Astra Incar Dana Segar dari Pasar Modal

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah emiten grup Astra mengincar dana segar dari bursa saham lewat penawaran umum terbatas atau rights issue. Aksi korporasi ini dilakukan untuk memenuhi modal dan membayar utang perseroan.

Tiga emiten grup Astra yang akan menggelar aksi korporasi antara lain PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Bank Permata Tbk (BNLI), dan PT Acset Indonusa Tbk (ACST).

PT Astra Agro Lestari Tbk akan menambah modal dengan mekanisme Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD)/rights issue dengan menawarkan 450 juta saham baru.

Perseroan akan memperoleh dana sekitar Rp 4 triliun dari rights issue. Perseroan akan menggunakan dana hasil rights issue untuk melunasi utang. Sekitar 79,7 persen saham PT Astra Agro Lestari Tbk dimiliki oleh PT Astra International Tbk.

Baca Juga

  • Bank Permata Incar Modal Lewat Rights Issue
  • Astra Aviva Bidik Posisi 5 Besar Perusahaan Asuransi di RI
  • Dua Faktor Ini Bebani Kinerja Astra International

Source: liputan6.com
Tingkatkan Investasi, BKPM Bakal Buat Desk Khusus‎ Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penenanaman Modal (BKPM) tengah mempersiapkan desk khusus yang diperuntukkan para pengusaha asal Tiongkok. Desk khusus ini untuk menfasilitasi investor asal Tiongkok untuk menanamkan modalnya di Indonesia. 

Kepala BKPM Franky Sibarani menjelaskan, dengan adanya desk khusus ini akan meningkatkan realisasi investasi dari para investor Tiongkok. Menurut Franky, Tiongkok merupakan negara pemasaran utama investasi RI. "Awal April kami akan luncurkan desk khusus ini, sudah berbahasa Tiongkok, jadi akan memudahkan para investor di sana," kata Franky di kantornya, Senin (21/3/2016).

Franky menambahkan selama ini salah satu kendala yang dialami para investor Tiongkok dalam hal bahasa. Meski laman resmi BKPM sudah menggunakan bahasa Inggris, namun beberapa pengusaha Tiongkok lebih nyaman dan lebih paham dengan bahasa mereka sendiri.

Nantinya desk ini‎ akan menjembatani para investor Tiongkok dan membimbing dalam melakukan perizinan investasi melalui layanan izin investasi 3 jam. "Jadi nanti akan dioperasikan pihak ketiga, nanti mereka yang akan dampingi untuk mengajukan perizinan investasi," tegasnya.

Baca Juga

  • Genjot Investasi, BKPM Bakal Roadshow ke 10 Provinsi di China
  • BKPM: Komitmen Investasi Februari Capai Rp 355 Triliun
  • BKPM: 141 Proyek Investasi Sedang Rampungkan Proses Konstruksi

Source: liputan6.com
Pertamina Tambah Layanan SPBU Vigas di Jatim dan Bali

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menambah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) penjual Bahan Bakar Gas (BBG) untuk produk Vigas atau yang biasa disebut SPB-Vigas untuk memenuhi permintaan pasar‎. Langkah tersebut dijalankan oleh Pertamina karena sejak diluncurkan pada tahun lalu, peminat Vigas terus meningkat.

General Manager Marketing Operation Region V Pertamina Ageng Giriyondo mengatakan, penambahan SPB-Vigas merupakan bukti komitmen Pertamina untuk terus mengembangkan energi yang ramah lingkungan secara konsisten.

"Kami berusaha mendekatkan Vigas kepada masyarakat. Setidaknya dengan semakin mudah ditemui, maka konsumen lebih termotivasi untuk menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan ini," kata Ageng, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (21/3/2016).

Sementara itu Manager Domestic Gas Region V Pertamina CD Sasongko menjelaskan, penjualan Vigas pada satu tahun terakhir di Marketing Operation Region V terus mengalaman kenaikan. Bahkan di wilayah Bali, kenaikan penjualan mencapai 40 persen dalam setahun terakhir.

Baca Juga

  • Kendaraan Garuda Indonesia Berbahan Bakar Pertamina Vi-Gas
  • Jangan Takut Pakai Mobil Gas, Ini Cara Pengamanannya
  • Harga BBG Murah Bikin Pihak Swasta Ogah Bangun SPBG

Source: liputan6.com
Menteri Susi Bantah Satgas RI Tembaki Kapal Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membantah tuduhan Tiongkok yang menyatakan petugas pengawas dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan penembakan ke arah kapal dan warga negara Tiongkok.

Hal ini terkait penangkapan kapal nelayan Tiongkok yang oleh Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Ilegal Fishing KKP di Perairan Natuna, pada Sabtu 19 Maret 2016 malam.

Susi menjelaskan, kala itu satgas yang tengah melakukan patroli menemukan kapal asing yang sedang melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.

Namun saat hendak didekati, kapal pencuri ikan tersebut melarikan diri sehingga Satgas 115 memberikan tembakan peringatan ke udara.

"Dia melakukan IUU fishing di wilayah Indonesia, makanya kapal kita menghampiri untuk menginvestigasi. Tapi kapal itu lari, makanya kapal kita berikan tembakan peringatan. Itu sudah betul, di mana pun hal seperti itu (tembakan peringatan) sudah lumrah," ujar dia di Jakarta, Senin (21/3/2016).

Baca Juga

  • Menteri Susi: Mengamankan Laut RI Butuh Kecanggihan
  • 2 Menteri Ini Tawarkan Investasi Pelabuhan ke 300 Pebisnis Belgia
  • Kronologi Kapal Maling Ikan Asal Tiongkok Dilumpuhkan di Natuna

Source: liputan6.com
Menteri Susi: Dunia Tak Akui Traditional Fishing Zone Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Tiongkok meminta Pemerintah Indonesia untuk melepaskan delapan anak buah kapal (ABK) yang ditangkap oleh Satuan Tugas(Satgas) Pemberantasan Ilegal Fishing KKP.

Hal itu lantaran pihak Tiongkok menilai kapal yang ditumpangi oleh delapan ABK tersebut melakukan penangkapan ikan di wilayah penanggapan nelayan tradisional Tiongkok.

Menanggapi hal ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, setelah dirinya menggelar konferensi pers kemarin sore, pihak pemerintah Tiongkok langsung bereaksi. Namun, dia menilai reaksi yang ditunjukan Tiongkok justru menyudutkan Indonesia.

"Persoalan berkembang, tadi malam saya baca komentar dari pemerintah Tiongkok, pihak Tiongkok menganggap kejadian kemarin karena kapal ikan mereka didatangi kapal bersenjata KKP di traditional fishing zone Tiongkok. Dibilang petugas kita menodongkan senjata," ujar Susi di Jakarta, Senin (21/3/2016).

Baca Juga

  • Berantas Ilegal Fishing, Menteri Susi Dapat Dukungan AS
  • Prioritas Menteri Susi Berantas Ilegal Fishing
  • Menteri Susi: Mengamankan Laut RI Butuh Kecanggihan

Source: liputan6.com
Program Nawacita Harus Disesuaikan Perekonomian Terkini

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Ekonomi dari Universitas Atmajaya, A Prasetyantoko melihat bahwa program Nawa Cita dengan 9 agenda prioritas yang dijalankan oleh pemerintah sangat berat untuk dicapai dalam waktu dekat ini. Alasannya, visi misi tersebut sangat jauh berbeda dengan kondisi dan situasi perekonomian saat ini.

"Nawa Cita sangat berat, di mana dinamika situasi politik dan ekonomi dulu saat dirancang dengan sekarang berbeda sekali," ucapnya saat menggelar dialog dengan International Monetery Fund (IMF) di Ruang Rektorat Universitas Atmajaya, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Prasetyantoko menyoroti, target pemerintah Jokowi mencapai pertumbuhan ekonomi 7 persen pada 2019. Sementara situasi perekonomian global maupun Indonesia sekarang ini tengah mengalami perlambatan. Bahkan untuk menembus kembali pertumbuhan ekonomi 5 persen, Indonesia terseok-seok.

Baca Juga

  • Pemerintah Berkomitmen Wujudkan Pemerataan Pembangunan
  • MenPAN-RB Yuddy Sebut Birokrasi Jadi Kunci Program Nawa Cita
  • Rencana Pembangunan RI Memuat Program Nawa Cita Jokowi

Source: liputan6.com
Investor Asing Beli Saham, IHSG Turun Tipis ke 4.885

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bervariasi dengan kecenderungan melemah pada perdagangan saham Senin pekan ini.

Pada penutupan perdagangan saham, Senin (21/3/2016), IHSG turun tipis 0,54 poin atau 0,01 persen ke level 4.885,16. Indeks saham LQ45 naik 0,06 persen ke level 852,58. Sebagian besar indeks saham acuan cenderung menghijau.

Di awal pekan ini, IHSG sempat berada di level tertinggi 4.905,31 dan terendah 4.865,24. Ada sebanyak 144 saham menguat sehingga menahan pelemahan IHSG. Sedangkan 169 saham melemah sehingga menyeret IHSG ke zona merah.

Transaksi perdagangan saham pada hari ini cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 266.683 kali dengan volume perdagangan saham 6,2 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 6,1 triliun.

Baca Juga

  • IHSG Melemah 14 Poin Tersengat Bursa Asia
  • Rupiah dan Minyak Topang Penguatan IHSG Sepekan
  • Aksi Beli Asing Capai Rp 800 Miliar, IHSG Stabil di 4.885

Source: liputan6.com
Menteri Susi Minta Tiongkok Tak Intervensi Penegakan Hukum RI

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Tiongkok meminta Indonesia memulangkan delapan anak buah kapal (ABK) yang ditangkap Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Ilegal Fishing KKP atau Satgas 115. Pihak Indonesia menangkap delapan ABK tersebut lantaran telah melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesis di perairan Natuna.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menilai, permintaan pemerintah Tiongkok tersebut merupakan intervensi Tiongkok terhadap penegakan hukum di Indonesia. Terlebih lagi saat ini pemerintah tengah gencar melakukan pemberantasan terhadap illegal, unreported and unregulated (IUU) fishing.

Baca Juga

  • Ini Alasan Pemerintah Protes Keras Pada Tiongkok soal Maling Ikan
  • China Minta RI Bebaskan Tahanan 8 ABK Tiongkok
  • Ini Sebab RI Gagal Tangkap Kapal Pencuri Ikan Tiongkok di Natuna

Source: liputan6.com
Langkah BKPM Atasi Masalah Tenaga Kerja Asing

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tengah berdiskusi dengan Kementerian Tenaga Kerja mengenai kebijakan mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengungkapkan selama ini kebijakan TKA ini sering dikeluhkan para investor asing yang ingin menanamkan modalnya ke Indonesia. Kebijakan ini dinilai terlalu rumit.

"Soal tenaga kerja asing ini sering menjadi masalah bagi mereka yang ingin investasi di industri tertentu, seperti salah satunya di industri mebel," kata Franky di kantornya, Senin (21/3/2016).

Franky menjelaskan, industri mebel yang saat ini ada di Indonesia dan memiliki pasar ekspor masih mengandalkan beberapa tenaga ahli‎ dari Warga Negara Asing (WNA).

Baca Juga

  • Tingkatkan Investasi, BKPM Bakal Buat Desk Khusus‎ Tiongkok
  • BKPM Akui Hanya Keluarkan Izin Portal Website untuk Uber
  • BKPM: Investasi Luar Jawa Meningkat Dua Kali Lipat

Source: liputan6.com
5 Cara Nyaman Transaksi Kartu Kredit di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Berkunjung ke luar negeri bisa menjadi pengalaman dan kesempatan yang menyenangkan, apalagi jika tujuannya adalah untuk berlibur.

Menikmati masa istirahat ketika liburan  merupakan waktu yang memang harus Anda manfaatkan sebaik mungkin.

Karena pada saat ini Anda sejenak lepas dari beban sehari-hari untuk menyegarkan kembali fisik dan pikiran Anda sehingga pada saat kembali bekerja atau bisa lebih baik.

Ketika Anda berlibur atau melakukan aktivitas kunjungan kerja ke luar negeri, bukan tidak mungkin Anda akan melakukan transaksi untuk mendapatkan sesuatu di sana.

Mungkin Anda berpikir ada baiknya membeli cendera mata atau kenang-kenangan yang bisa dibawa pulang untuk dihadiahkan kepada keluarga dan rekan yang tinggal di Indonesia.

Sayangnya, Anda mungkin sedang tidak membawa uang tunai dalam mata uang setempat atau uang tunai yang Anda bawa kurang. Di saat seperti ini, kartu kredit bisa menjadi penolong Anda supaya tetap bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa ada kendala transaksi pembayaran.

Kehadiran kartu kredit bisa dianggap sebagai penyelamat yang cukup ampuh ketika berada di luar negeri tanpa Anda harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Namun, bukan berarti menggunakan kartu kredit menjadi satu-satunya jalan yang bisa Anda tempuh karena bisa jadi penjual setempat tidak memiliki fasilitas pendukung.

Nah, untuk tetap mendukung dan menunjang kegiatan Anda selama berada di luar negeri, terutama berkaitan dengan transaksi yang mewajibkan Anda menggunakan kartu kredit, perhatikan beberapa tips berikut yang akan membuat Anda lebih nyaman dalam menggunakan kartu kredit di luar negeri seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (21/3/2016):

1. Jaga Informasi PIN

Di mana pun lokasi Anda melakukan transaksi menggunakan kartu kredit (dan kartu debit), selalu simpan sendiri informasi penting seperti PIN dan tiga digit angka pada belakang kartu kredit Anda.

Tentunya hal ini akan menjaga Anda dari perilaku buruk yang mungkin dilakukan orang lain yang memegang kartu kredit Anda.

Selalu letakkan di tempat yang cukup aman. Selain posisi kartu harus paling aman ketika berada di dalam dompet, jangan sembarang menaruh dompet masuk ke dalam tas dan usahakan untuk menjaga tas Anda.

Sekarang kartu kredit dilengkapi dengan adanya PIN yang akan membantu Anda tetap mengamankan penggunaan kartu kredit ketika terjadi musibah kartu kredit Anda ditemukan orang – mungkin karena terjatuh.

2.  Jangan Belanja Barang yang Terlalu Mahal

Usahakan untuk menggunakan kartu kredit sebagai opsi transaksi yang bernilai cukup tinggi. Bayarlah secara tunai untuk barang-barang yang dipatok dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Hal ini akan meminimalkan jumlah tagihan yang dialamatkan pada Anda untuk segera dilunasi pada setiap akhir periode.


Source: liputan6.com
Kartika Wirjoatmodjo Jadi Bos Baru di Bank Mandiri?

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkapkan bahwa Kartika Wirjoatmodjo akan menjadi direktur utama PT Bank Mandiri Tbk. Posisi Kartika ini menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang selesai masa tugasnya. Penunjukkan Kartika dilakukan setelah melalui Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai Presiden RI Joko Widodo.

"Iya, Pak Tiko jadi Dirut Bank Mandiri. Benar, sekarang kan lagi RUPS," kata Rini di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Rini mengaku Kartika merupakan sosok yang paling tepat dan pantas menggantikan Budi Gunadi Sadikin. Pengalamannya yang cukup lama di industri perbankan menjadi salah satu alasan mengapa ia layak untuk menduduki posisi orang nomor satu di Bank mandiri.

Baca Juga

  • Ini Kandidat Kuat yang Bakal Duduki Posisi Dirut Bank Mandiri
  • Lepas dari Bank Mandiri, Budi Gunadi Bakal Pindah ke BUMN Lain?
  • Bos Baru Bank Mandiri Tunggu Keputusan Presiden Jokowi

Source: liputan6.com
Top 3: Uang Logam Bernilai Rp 130 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah koin perak sedang dipamerkan di London, Inggris. Keistimewaan koin tersebut sehingga dipamerkan adalah karena nilainya mencapai US$ 10 juta.

Jika dihitung dengan mengacu harga perak saat ini, koin yang berdiameter empat sentimeter tersebut seharusnya hanya dihargai sekitar US$ 12 saja. Namun, koin tersebut menjadi sangat istimewa karena memiliki nilai budaya.

Koin tersebut menjadi koin termahal saat dibeli oleh seorang kolektor pada 2013 dengan harga US$ 10 juta atau sekitar Rp 130 miliar. Banyak ahli percaya inilah salah satu uang dolar Amerika Serikat yang pertama dibuat.

Artikel mengenai koin termahal tersebut menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Senin (21/3/2016) sore:

1. Karena Langka, Koin Perak Ini Bernilai Rp 130 Miliar
koin perak
Sebuah koin perak bernilai US$ 10 juta sedang dipamerkan di London, Inggris. koin ini menjadi salah satu dari 1.758 koin yang dibuat pada 15 Oktober 1794 di Philadelphia Mint.

Satu sisi koin tersebut menampilkan wajah Liberty dalam rambut panjang dan dikelilingi 15 bintang mewakili jumlah negara bagian AS kala itu. Sisi sebaliknya merupakan gambar elang dengan sayap terbuka dan dikelilingin karangan bunga.

Penilai koin dari AS telah mengevaluasinya dan memberi nilai 66 dalan skala satu sampai 70. Hal ini berarti koin dalam kondisi terbaik dan kualitas tertinggi. Simak berita selengkapnya di sini.

2. Ini Kunci Sukses Dua Orang Terkaya Dunia
Bill Gates
Semua orang tahu, Bill Gates dan Warren Buffet bisa jadi adalah pengusaha tersukses di dunia. Miliarder tersebut masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Bahkan Bill Gates, merupakan orang paling kaya sejagad saat ini.

Keduanya punya kesamaan dalam pola pikir. Setidaknya mengenai kiat sukses yang mereka jalankan hingga menjadi seperti saat ini. Bill Gates dan Warren Buffet sependapat bahwa karir mereka bisa sukses karena mereka fokus.

Tak hanya mereka berdua, CEO Apple, Steve Jobs juga setuju bahwa fokus adalah kunci kesuksesan karirnya. Simak berita selengkapnya di sini.

3. Mau Karir Sukses, Jangan Tanya 5 Hal Tabu Ini Ke Bos
ada beberapa tindakan pegawai yang dapat berpengaruh pada citranya di kantor. Alih-alih mendapat penghargaan, ia malah di cap negatif
Setiap pegawai yang bekerja pasti ingin membentuk citra baik di kantor. Selain memiliki banyak manfaat, pegawai yang baik pun akan lebih mudah dikenal di kantor.

Namun tanpa disadari ternyata ada beberapa tindakan pegawai yang dapat berpengaruh pada citranya di kantor. Alih-alih mendapat penghargaan, rekan kerja malah memberinya cap negatif. Beberapa perilaku tersebut bisa saja datang dari cara berkomunikasi Anda ke bos.

Lalu pertanyaan apa saja yang harus Anda hindari apabila sedang berkomunikasi dengan bos? Simak berita selengkapnya di sini.


Source: liputan6.com
Harapan Menteri Rini Kepada Bos Baru Bank Mandiri

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum pemegang Saham (RUPS) PT Bank Mandiri Tbk telah memastikan Kartika Wirjoatmodjo sebagai Direktur Utama Bank Mandiri menggantikan Budi Gunadi Sadikin. Kartika sebelumnya menjabat‎ sebagai Direktur Finance dan Strategi‎ Bank Mandiri.

Menteri Badan Usaha Milik Negara BUMN) Rini Soemarno menuturkan, Tiko, panggilan akrab Kartiko merupakan sosok yang tepat dan memiliki pengalaman yang mumpuni di industri perbankan. Di Bank Mandiri, Tiko juga bukan orang baru.

"Beliau mempunyai visi yang jelas dan juga pengetahuan mengenai perbankan secara detail dengan pengalaman beliau di berbagai tempat termasuk juga menjadi anggota Dewan Komisioner LPS," kata Rini di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Baca Juga

  • Menteri Rini Ingin Terminal 3 Soetta Dapat Bintang 5 Skytrax
  • Menteri Rini Ingin RI Dapat Bangun Kereta Cepat di Negara ASEAN
  • Lepas dari Bank Mandiri, Budi Gunadi Bakal Pindah ke BUMN Lain?

Source: liputan6.com
Komentar JK Soal Kapal Pencuri Ikan dari Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Upaya Coast guard atau kapal penjaga pantai milik Tiongkok yang menghalangi petugas Indonesia menangkap kapal pencuri ikan Tiongkok Kway Fey 10078 membuat geram otoritas Indonesia. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung mengirim nota protes kepada Tiongkok.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mempercayakan masalah ini kepada para menteri yang berkaitan dengan pencurian ikan ini. Terlebih Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Badan Keamanan Laut (Bakamla) sedang gencar menangkap pencuri ikan. "Itu urusan Menteri Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan) lah," kata JK di Kantor Wakil PPresiden Jakarta, Senin (21/3/2016).

Sementara Retno mengatakan, Kementerian Luar Negeri secara tegas menyampaikan protes atas 3 pelanggaran yang dilakukan oleh Tiongkok. Pertama adalah pelanggaran terhadap hak berdaulat dan yuridiksi Indonesia di zona ekonomi eksklusif (ZEE) dan di landas kontinen.

"Yang kedua adalah pelanggaran terhadap upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh aparat Indonesia di wilayah ZEE dan di landas kontinen Indonesia. Dan yang ketiga pelanggaran terhadap kedaulatan laut teritorial Indonesia," jelas Retno di kantor Wapres, Jakarta.

Retno menegaskan, permasalahan ini bukanlah bagian dari konflik dan tidak ada hubungannya dengan konflik di Laut China Selatan. Nota diplomatik juga sudah disampaikan kepada kuasa usaha sementara dubes Tiongkok di Jakarta.

"Kami akan lihat (responnya). Ada beberapa apa namanya pembahasan disitu tetapi belum konklusif tetapi yang jelas adalah ini adalah upaya penegakan hukum yang dilakukan Indonesia di wilayah ZEE dan landas kontinen terkait dengan isu pencurian ikan," pungkas Retno.

Baca Juga

  • Ini Alasan Pemerintah Protes Keras Pada Tiongkok soal Maling Ikan
  • China Minta RI Bebaskan Tahanan 8 ABK Tiongkok
  • Ini Sebab RI Gagal Tangkap Kapal Pencuri Ikan Tiongkok di Natuna

Source: liputan6.com
Langkah Pemberantasan Pencurian Ikan Terganjal

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah geram, upaya yang selama ini dilakukan untuk memberantas pencurian ikan terganjal. Langkah penangkapan kapal maling ikan KM KWay Fey 10078 asal Tiongkok dihalang-halangi oleh kapal pengaman atau coast guard asal negeri Tirai Bambu itu.

Pemerintah, mulai dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kesal dan mengajukan protes keras pada pemerintah Tiongkok.

Duta besar China rencananya dipanggil terkait hal ini pada Senin (21/3/2016). Namun sayang, yang bersangkutan tengah berada di Beijing, sehingga pemanggilannya diwakilkan pihak lain.

Susi juga berencana bakal melaporkan hal ini kepada Presiden Joko Widodo. Menurut Susi, kejadian ini berulang dan terakhir kali pernah terjadi di 2013.

1. Kejar-kejaran dengan Satgas Illegal Fishing

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghadiri Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, (3/3). Raker tersebut membahas pendapat akhir mini sikap akhir fraksi dan presiden. (Liputan6.com/JohanTallo)

Susi menjelaskan, upaya penangkapan kapal pencuri ikan asal Tiongkok tersebut diwarnai aksi kejar-kejaran dengan satuan tugas anti illegal fishing pada Sabtu malam lalu.

Penangkapan dilakukan Kapal Perikanan (KP) Hiu 11. "Ini adalah pengulangan. Di 2013 sempat terjadi," ujar Susi kemarin.

Dalam kronologi yang disampaikan Susi, dua kapal coast guard Tiongkok berusaha mati-matian melindungi kapal pencuri ikan Kway Fey yang sudah kedapatan berada di teritori laut Indonesia.

Satu kapal coast guard dengan kecepatan tinggi 25 knots, mengejar pengawalan KP Hiu 11 ketika mengamankan Kway Fey. Kapal berbobot lebih dari 1.000 GT itu Tiongkok itu dengan sengaja menabrak kapal Kway Fey dengan tujuan tertentu.

"Kapal coast guard Tiongkok menabrak kapal tangkapan supaya tidak ditenggelamkan Indonesia. Dan pemerintah Tiongkok tidak berkenan kapalnya ditenggelamkan," ujar Susi.

Meskipun awak kapal pengawas Hiu 11 berhasil menangkap 8 Anak Buah Kapal (ABK) Kway Fey, namun harus menyerah pada kapal coast guard yang mempunyai bobot lebih besar dan persenjataan lengkap.‎

Lebih jauh dia menjelaskan, kapal coast guard China kerap kali membekingi kapal pencuri ikan di laut Indonesia. Hal ini membuat Susi geram atas perlakuan semena-mena China.

Pemerintah Marah

Kapal pencuri ikan asal Filipinan yang ditangkap (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Menteri Susi Pudjiastuti geram dengan upaya kapal coast guard Tiongkok berupaya melindungi kapal pencuri ikan yang berada di perairan Zona ekonomi Eksklusif milik Indonesia itu.

Susi menilai, pemerintah Tiongkok tidak rela jika kapal asal negara mereka ditenggelamkan pemerintah Indonesia karena kedapatan mencuri ikan di teritori tanah air.

"Kapal coast guard Tiongkok menabrak kapal tangkapan supaya tidak ditenggelamkan Indonesia. Dan pemerintah Tiongkok tidak berkenan kapalnya ditenggelamkan," ujar Susi.

Pemerintah kemudian memanggil Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia. Namun yang bersangkutan tengah berada di Beijing. Akhirnya, protes disampaikan pada Kuasa Usaha Sementara Tiongkok di Jakarta, Sun Wei Dei.

Selain Susi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga kesal dengan hal ini. Dia melancarkan portes keras pada Tiongkok.

Protes pertama, lanjut Retno, adalah Coast Guard Tiongkok terhadap hak berdaulat dan juridiksi Indonesia di wilayah zona ekonomi ekslusif (ZEE) dan landas kontingen.

"Protes kedua adalah pelanggaran Coast Guard Tiongkok terhadap penegakan hukum yang dilakukan terhadap aparat indonesia pada ZEE dan landas kontingen," tutur dia.

Retno juga menambahkan protes ketiga adalah pelanggaran yang juga dilakukan Coast Guard Tiongkok pada kedaulatan Laut Teritorial Indonesia.

Indonesia pun meminta klarifikasi atas pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh Coast Guard Tiongkok. Retno menegaskan hubungan bernegara yang baik harus mengedepankan prinsip hukum internasional termasuk United Nation Convention on The Law of The Sea (Unclos) 1982 yang harus dihormati.

"Terakhir saya sampaikan penekanan bahwa indonesia bukan merupakan claimant state di Laut Tiongkok State," tandas Retno.‎

Minta 8 ABK Dibebaskan

Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta angkat bicara terkait penangkapan 8 anak buah kapal asal negaranya oleh Otoritas Indonesia. Pemerintah Negeri Tirai Bambu meminta pemerintah segera membebaskan seluruh warganya tersebut.

"Delapan anak buah kapal Tiongkok ditangkap oleh pihak Indonesia. Segera setelah menerima informasi tersebut, pihak TiongkoK langsung mendesak pihak Indonesia agar membebaskan ABK Tiongkok," sebut keterangan resmi Kedutaan Besar Tiongkok.

Tidak hanya meminta pelepasan, pihak Tiongkok juga menuntut agar pemerintah menjamin keamanan seluruh ABK, tanpa terkecuali.

Menurut mereka penangkapan ABK Kway Fey 10078 tak sepatutnya dilakukan. Sebab kapal tersebut menjala ikan di perairan China bukan di Natuna.

"Pihak Tiongkok sudah mengetahui laporan bersangkutan. Tempat kejadian berada di perairan perikanan tradisional Tiongkok. Kapal ikan Tiongkok dikejar oleh kapal bersenjata Indonesia waktu beroperasi normal," sambung keterangan pers tersebut.

Terkait hal ini, China juga mendesak agar permasalahan beda persepsi di mana kapal tersebut menangkap ikan segera diselesaikan. Penyelesaian yang dinginkan China adalah lewat jalur diplomatik.

"Pihak Tiongkok mengharapkan pihak Indonesia menangani isu terkait secara seksama mengingat hubungan bilateral yang mesra antara Tiongkok dan Indonesia pada saat ini," jelas mereka.

"Dalam hal beda pendapat di bidang perikanan, diharapkan kedua pihak dapat mengadakan komunikasi melalui jalur diplomat," paparnya.

Dunia Tak Akui Traditional Fishing Zone Tiongkok

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti | Via: liputan6.com

Salah satu pembelaan yang disampaikan pihak Tiongkok melalui Kedutaan Besarnya di Indonesia adalah kapal mereka tengah beroperassi normal menjala ikan di perairan Traditional Fishing Zone Tiongkok, bukan di perairan Natuna.

Mereka mengaku saat beroperasi biasa, tiba-tiba kapalnya didatangi oleh kapak bersenjata Indonesia.

Menteri Susi kembali merespons apa yang dikemukakan oleh pihak Tiongkok tersebut. Menurutnya, traditional fishing zone yang diklaim Tiongkok tersebut tak diakui dunia.

Traditional fishing zone tidak di-recognize (diakui) di perjanjian apapun. Apa yang diklaim pemerintah Tiongkok sebagai traditional fishing zone itu hanya diakui sepihak, tidak diakui dunia. Yang diratifikasi oleh semua negara tradisional fishing right. Jadi traditional fishing zone itu tidak ada. International community hanya me-recognize traditional fishing right itu pun harus disetujui dua atau lebih negara," jelas dia.

Susi menyatakan, Indonesia hanya membuat perjanjian soal wilayah penangkapan ikan tersebut dengan Malaysia. Dengan demikian, apa yang diklaim oleh Tiongkok tersebut dianggap tidak memiliki dasar yang kuat.

"Indonesia hanya punya perjanjian dengan Malaysia. Itu pun hanya untuk one designated area. Zona ekonomi eksklusif (ZEE) itu mutlak dalam wilayah Indonesia. Tradisional fishing zone, tidak ada istilah itu. Jadi Tiongkok tidak betul dan tidak berdasar," ujar dia.

Susi juga membantah, satuan tuga illegal fishing menembaki kapal Tiongkok dalam upaya penangkapannya. (Zul/Gdn)


Source: liputan6.com
Ekonom Ini Minta BI Rate Jangan Turun Terlalu Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk, Anton Gunawan meminta Bank Indonesia (BI) untuk menahan penurunan suku bunga acuan (BI Rate). Penyesuaian BI Rate yang terlalu cepat akan berdampak buruk terhadap likuiditas perbankan.

"Penurunan suku bunga jangan kecepatan sekali kayak gini, karena kalau terlalu cepat akan punya dampak negatif," katanya saat Diskusi bersama International Monetary Fund (IMF) di Gedung Universitas Atmajaya, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Anton memperkirakan, dengan kebijakan ini bakal terjadi perebutan dana antara pemerintah dan perbankan atau crowding out sehingga likuiditas makin ketat.

Kebijakan lain yang diperkirakan berdampak buruk terhadap dana perbankan, antara lain Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) terkait aturan kewajiban Dana Pensiun dan Asuransi memegang Surat Utang Negara (SUN). "Perkiraan kami untuk aturan itu, dana perbankan yang akan shifting sampai Rp 63 triliun," jelasnya.

Baca Juga

  • BI Rate Turun Diprediksi Dorong Konsumsi dan Investasi
  • BI Rate Turun, Bank Mandiri Bakal Sesuaikan Bunga Deposito
  • Menggapai Mimpi Penurunan Suku Bunga Kredit

Source: liputan6.com
RUPS Bank Mandiri Tunjuk Kartika Wirjoatmodjo Jadi Dirut Baru

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum pemegang Saham (RUPS) PT Bank Mandiri Tbk memilih Kartika Wirjoatmodjo sebagai Direktur Utama Bank Mandiri menggantikan Budi Gunadi Sadikin. Selain itu, RUPS Bank Mandiri juga mengangkat kembali Royke Tumilaar sebagai direktur. 

Dalam RUPS Bank Mandiri yang digelar pada Senin (21/3/2016) sore, mengagendakan perubahan pengurus perseroan. Terdapat 3 direksi yang berakhir masa jabatannya.

Ketiga direksi tersebut adalah Budi Gunadi Sadikin yang menjabat sebagai direktur Utama. Budi Diangkat pada 23 Mei 2011 dan telah menjalani 2 periode jabatan. Oleh karena itu, sesuai dengan aturan yang ada Budi tak bisa dipilih kembali.

Baca Juga

  • Kartika Wirjoatmodjo Jadi Bos Baru di Bank Mandiri?
  • Ini Kandidat Kuat yang Bakal Duduki Posisi Dirut Bank Mandiri
  • Lepas dari Bank Mandiri, Budi Gunadi Bakal Pindah ke BUMN Lain?

Source: liputan6.com
Jadi Bos Baru, Kartika Ingin Bank Mandiri Naik Kelas

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Umum‎ Pemegang Saham (RUPS) PT Bank Mandiri Tbk telah menetapkan Kartika Wirjoatmodjo‎ menjadi Direktur Utama menggantikan Budi Gunadi Sadikin. Kartika mengungkapkan, sebagai pejabat baru ia memiliki cita-cita untuk mendorong Bank Mandiri naik kelas menjadi pemain regional.

Tiko, panggilan akrab Kartika menjelaskan, modal yang dimiliki Bank Mandiri yang saat ini berada di kisaran Rp 140 triliun mampu menjadi senjata utama mewujudkan mimpinya dalam jangka menengah. "Saya rasa kalau melihat untuk ke regional, dalam waktu 3 tahun sampai 5 tahun kita bisa lakukan hal itu," kata Tiko di Plaza Mandiri, Senin (21/3/2016).

Namun demikian, butuh beberapa dukungan yang harus dikantongi Tiko dalam menjalankan keinginannya itu, seperti dari Kementerian BUMN dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku otoritas keuangan di RI.

Dalam jangka pendek, Tiko mengungkapkan akan memperluas pasar Bank Mandiri di Malaysia dan Singapura dengan pembukaan kantor cabang dan peningkatan peran masing-masing kantor cabang tersebut.

Hanya saja diakui Tiko, langkahnya itu akan berjalan dengan mulus asal kondisi ekonomi global dan domestik berjalan sesuai dengan yang diharapkan, seperti salah satunya kondisi inflasi RI sangat terjaga.

Baca Juga

  • RUPS Bank Mandiri Tunjuk Kartika Wirjoatmodjo Jadi Dirut Baru
  • Lepas dari Bank Mandiri, Budi Gunadi Bakal Pindah ke BUMN Lain?
  • Bayar Tol Kini Bisa Pakai e-Payment dari 4 Bank BUMN

Source: liputan6.com
Ekonom Sebut BI Ingin Rupiah Sesuai Fundamental

Liputan6.com, Jakarta Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk, Anton Gunawan menyoroti langkah yang dilakukan Bank Indonesia (BI) menahan laju penguatan kurs rupiah ke level di bawah Rp 13.000 per dolar Amerika Serikat (AS). Langkah BI ini agar rupiah bergerak sesuai fundamental. Peluang mata uang ini diproyeksi Rp 12.700-Rp 12.800.

"Sekarang fenomena penguatan rupiah berlanjut karena ada inflow terus. Tapi BI menahan jangan sampai kecepatan di bawah Rp 13.000 sebab ketidakpastian di global masih tinggi. Ini good decision," tegas Anton di Jakarta, Senin (21/3/2016).

Lebih jauh ia mengatakan, level fundamental rupiah bergerak sangat dinamis. Ia memperkirakan penguatan rupiah bergerak pada rentang Rp 12.700-Rp 12.800 per dolar AS. Level rupiah yang stabil berada di angka Rp 13.300 per dolar AS pada 2015.

Baca Juga

  • Awal Pekan, Rupiah Sempat Menguat ke 13.117 per Dolar AS
  • Pengusaha Lebih Untung Jika Rupiah Stabil
  • Sepanjang Februari, Rupiah Menguat Terhadap Tiga Mata Uang

Source: liputan6.com
RI Tunggu Jawaban Tiongkok Soal Kasus Natuna

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengaku telah memanggil pihak Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia dan menyampaikan nota protes terkait tindakan ‎kapal penjaga pantai dan laut (coast guard) Tiongkok ‎yang melindungi kapal pencuri ikan KM Kway Fey 10078 yang telah melakukan pencurian ikan di Perairan Natuna, pada Sabtu 19 Maret 2016 malam.

"Jadi tadi pagi saya memanggil kuasa usaha sementara kedutaan besar Tiongkok di Jakarta karena duta besar sedang berada di Beijing dan kami menyampaikan fakta-fakta yang diperoleh dari lapangan," ujar Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, (21/3/2016).

Retno mengatakan, kepada pihak kedubes Tiongkok, ia mempertanyakan 3 hal mengenai insiden yang terjadi di wilayah laut Natuna. Pertama ‎mengenai masalah pelanggaran hak berdaulat dan yurisdiksi Indonesia di kawasan ZEE dan landas kontinen.

Kedua, mengenai tindakan yang dilakukan oleh Coast Guard Tiongkok mencegah upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh otoritas Indonesia di wilayah ZEE dan landas kontinen. 

Baca Juga

  • Komentar JK Soal Kapal Pencuri Ikan dari Tiongkok
  • Menteri Susi Minta Tiongkok Tak Intervensi Penegakan Hukum RI
  • Menteri Susi: Dunia Tak Akui Traditional Fishing Zone Tiongkok

Source: liputan6.com