Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Minggu, 28 Febuari 2016
Daftar Gamer Paling Kaya di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, bermain game mungkin hanya dijadikan sebagai kegiatan pelepas penat. Tapi tidak sama halnya dengan beberapa pemuda ini. Berawal dari hobi, mereka pun menjelma menjadi gamers handal dan mampu meraup pendapatan yang tidak sedikit.

Siapa saja mereka? Mengutip laman Business Insider, Minggu (28/2/2016) berikut ulasannya:

7. Chen ‘Hao’ Zhihao
Penghasilan: Rp 20,8 miliar

Dari 47 turnamen yang diikuti, pemuda ini mampu meraup penghasilan mencapai US$ 1,56 juta atau setara dengan Rp 20,8 miliar (estimasi kurs 13.400 per dolar AS). Kiprah Chen di dunia game berawal dari keikutsertaannya dalam permainan DotA: Allstars. Kini, ia pun bermain Dota 2 di bawah tim newbee.

6. Sumail Hassan
Penghasilan Rp 21,8 miliar

Pemuda asal Pakistan ini merupakan seorang gamer yang sudah memulai kiprah bermain game profesionalnya di usia 15 tahun. Di usianya kini yang menginjak 16 tahun, ia mampu memenangkan 3 turnamen dan meraup penghasilan mencapai US$ 1,64 juta atau Rp 21,8 miliar.


Source: liputan6.com
Ini Dia Rahasia Sumber Pendapatan Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Facebook dan salah satu miliarder dunia, Marck Zuckerberg kini mampu masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia. Tak lain dan tidak bukan hal ini merupakan buah dari kesuksesan perusahaan teknologinya tersebut.

Apa sebenarnya yang dilakukan Mark Zuckerberg hingga perusahaannya tersebut bisa sukses besar?

Melansir venturesafrica.com, Minggu (28/2/2016), kontribusi terbesar pendapatan Facebook berasal dari iklan serta perkembangan teknologi anak perusahaanya yang semakin canggih seperti Instagram dan Whatsapp.

Perusahaan media sosial tersebut terus menerus memperbaharui fiturnya yang mampu melayani keinginan pengguna. Fitur baru seperti aplikasi video langsung, kolase foto, serta tombol notifikasi yang bisa diatur sesuai keinginan membuat Facebook semakin digandrungi oleh masyarakat dari berbagai golongan.

Selain fitur, iklan juga meyumbang porsi besar dalam pemasukan Facebook sehari-hari. Menurut analis, pemasukan Facebook dari iklan ini mampu mencapai 80 persen dari total pemasukan Facebook dibanding kuartal lalu.

Fitur iklan di Facebook diprediksi akan terus diperbaharui. Pelanggan nantinya dapat menyampaikan iklan serta promosinya lewat video langsung dan dapat dipromosikan lewat berbagai format.

Bersama dengan perusahaan yang didirikannya, Zuckerberg nampaknya mampu untuk terus membawa Facebook sebagai salah satu perusahaan teknologi terbaik dunia.

Tingkat penggunaan iklan di Facebook menunjukkan bahwa perusahaan ini mampu memanfaatkan investasi yang dimiliki untuk tumbuh bersama pelanggan yang makin dinamis. (Vna/Gdn)


Source: liputan6.com
Mau Bangun Rumah Pintar, Cek Syaratnya!

Liputan6.com, Jakarta - Bosan dengan konsep rumah modern tanpa adanya sesuatu yang berbeda dan canggih di dalamnya? Mungkin rumah berbasis teknologi atau yang lebih dikenal dengan sebutan smart home, dapat menjadi inspirasi baru untuk Anda.

Konsep smart home merupakan konsep otomatisasi perangkat dan pengendalian perangkat dari jarak jauh. Saat ini bisa menggunakan jaringan internet, bluetooth, dan wifi.

Konsep ini pada dasarnya terbagi dua, yaitu untuk otomatisasi dan pengoperasian perangkat dari jarak jauh, misalnya menyalakan lampu, televisi, memanaskan air dan sebagainya, serta untuk keamanan. Misalnya penggunaan password atau kode-kode khusus untuk membuka pintu.

Di Indonesia, konsep rumah pintar sejak beberapa tahun silam mulai ditawarkan oleh beberapa pengembang.

Hal ini dilakukan untuk menarik minat pasar yang terus menginginkan inovasi pada tempat huniannya. Namun, bisakah rumah yang sudah ada saat ini diubah menjadi smart home? Jawabannya, tentu bisa.

Sebelum mengembangkan konsep smart home, ingat, bahwa ada beberapa langkah yang harus dipikirkan secara matang. Berikut empat syarat wajib yang dipaparkan oleh Arsitek Arades Living, Astrid Hapsari Raharjo, seperti ditulis Rumah.com, Minggu (28/2/2016);

Kenali siapa yang akan tinggal di rumah tersebut dan apa saja kebiasaannya.

  1. Perhatikan lokasi rumah. Apakah sudah ditunjang oleh infrastruktur dan teknologi yang baik untuk menerapkan smart home.

  2. Buat rancangan bujetnya. Tentukan produk mana yang akan dipakai, tipe smart home apa, dan seberapa banyak aspek yang akan terintegrasi dengan teknologi tersebut.

  3. Tentukan prioritas. Apa saja yang akan diutamakan, misalnya security system, electrical usages, dan lain sebagainya.

  4. Kendati konsep smart home sangat canggih dan mampu menunjang aktivitas penghuni di dalam rumah, namun teknologi ini juga mempunyai beberapa sisi plus-minus.

Sisi positif

  1. Menjadikan hidup lebih mudah, praktis, aman, dan nyaman. Mau menyalakan lampu ruang tamu tapi Anda malas beranjak dari tempat tidur? Atau mau mengaktifkan AC saat masih berada di jalan menuju pulang? Semua bisa Anda lakukan hanya dalam satu genggaman.

  2. Penggunaan sumber daya dan infrastruktur lebih efisien dan tepat guna. Konsep rumah pintar ini memang didominasi oleh aplikasi teknologi. Misalnya, lampu akan otomatis mati saat cahaya yang masuk ke ruangan dianggap cukup. Hal ini bisa menghemat penggunaan listrik.

  3. Pengaturan dan monitor yang dapat dilakukan dari jauh. Meskipun Anda harus meninggalkan rumah selama berhari-hari, Anda tak perlu risau. Seperti namanya, rumah pintar, maka kemampuan untuk memproteksi isi ruangan tak perlu diragukan.

  4. Sistem smart home dapat memberikan peringatan kepada pemilik rumah apabila terdapat hal-hal yang mengganggu seperti dalam hal keamanan dari pencurian, kebocoran gas, dan sebagainya.

    Di samping itu, Anda bisa melihat wajah tamu secara yang berkunjung ke rumah secara close up melalui tablet yang terkoneksi dengan kamera. Bukan cuma itu, Anda pun bisa melakukan interaksi dengan mereka.

Sisi negatif

  1. Mahal teknologinya. Namun seiring waktu harga sebuah teknologi biasanya akan semakin murah. Sehingga diharapkan kedepannya makin banyak masyarakat Indonesia, yang mendapatkan manfaat dari smart home technology.

  2. Kondisi listrik di Indonesia yang belum stabil. Bagaimanapun, teknologi smart home menggunakan jaringan listrik untuk dinyalakan pertama kalinya. Bila jaringan listrik mati, diharapkan pengguna memiliki back-up dan safety system.

    Hal ini bertujuan agar penghuni tidak terjebak di dalam rumah atau merusak sistem keamanan. Karena jika kejadian ini menimpa rumah, maka akan sangat membahayakan pemilik yang sedang tidur atau bepergian.


Foto: Flickr

(Fathia/Ndw)


Source: liputan6.com
10 Kota dengan Jumlah Miliarder Paling Banyak

Liputan6.com, Jakarta - Beijing sukses menyalip New York City sebagai kota dengan jumlah miliarder terbanyak dunia. Menurut firma analis Hurun asal Shanghai, pada tahun 2016 miliarder yang tinggal di Beijing, China, mampu mencapai angka 100 orang. Sementara NewYork hanya memiliki 95 orang miliarder.

Selain itu kota-kota besar dunia seperti Paris, Hangzhou dan Mumbai juga masuk ke dalam 10 besar kota dengan miliarder paling banyak dunia.

Berikut adalah 10 kota dengan jumlah miliarder terbesar melansir laman Business Insider, Minggu (28/2/2016):

10. Paris, Prancis
Jumlah miliarder tahun 2015: 30
Jumlah miliarder tahun 2016: 30

9. Hangzhou, China
Jumlah miliarder tahun 2015: 22
Jumlah miliarder tahun 2016: 32

8. Mumbai, India
Jumlah miliarder tahun 2015: 40
Jumlah miliarder tahun 2016: 45


Source: liputan6.com
Gubernur Sulteng Ajak Swasta Tanam Duit di KEK Palu

Liputan6.com, Palu - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yakin mampu mempercepat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu. Upaya tersebut diwujudkan dengan melibatkan peran swasta untuk aktif mendukung percepatan KEK Palu.

“Bahkan saya sangat optimistis bahwa tahun 2017, Presiden Jokowi akan hadir di Sulteng untuk meresmikan KEK Palu,” ujar Gubernur Sulteng Longki Djanggola dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/02/2016).

Ia mengatakan, bentuk optimistis tersebut dilaksanakan dengan memberikan dukungan penuh kepada Dewan Kawasan KEK Sulteng untuk menjalankan tugasnya secara optimal.

Diantaranya, mengalokasikan anggaran daerah selama 2 tahun untuk membangun beberapa gedung dan jalan serta infrastruktur dalam kawasan KEK Palu.

Baca Juga

  • Pertamina Siap Pasok Energi Bersih ke KEK Palu
  • BKPM Usul Izin Kawasan Ekonomi Khusus Berkonsep Satu Pintu
  • Pembangunan KEK Bitung Masih Terganjal Rumah Liar

Source: liputan6.com
Bangun Infrastruktur Daerah Tak Bisa Hanya Andalkan APBD

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menyiapkan beberapa skema untuk pendanaan infrastruktur di daerah. Setidaknya ada tiga cara yang dapat digunakan, pertama sepenuhnya dibiayain oleh APBD, melakukan kerja sama dengan swasta atau melalui pinjaman.

Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Sinthya Roesly mengatakan, ketiga skema pendanaan ini dibutuhkan karena anggaran di pemerintah daerah habis digunakan untuk pembiayaan kesehatan, pendidikan dan gaji pegawai.‬

Sedangkan kebanyakan pembangunan infrastruktur di daerah memerlukan waktu yang cukup panjang, mengingat anggaran yang tersedia terbatas.

"Sehingga pemerintah memberikan peluang bagi badan usaha atau swasta untuk masuk dan menjadi penyedia dana pembangunan infrastruktur," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (27/2/2016).

 

Baca Juga

  • Pemerintah Perlu Pinjaman untuk Bangun Infrastruktur
  • Pemerintah Akan Permudah Layanan Investasi Proyek Infrastruktur 
  • 7 Negara dengan Proyek Infrastruktur Terbesar di Dunia

Source: liputan6.com
Menaker: Hadapi MEA, Pekerja Harus Dilatih Keterampilan

Liputan6.com, Bogor - Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dakhiri mengatakan tenaga kerja di Indonesia tidak perlu khawatir dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Karena tenaga kerja asing yang masuk harus mempunyai kompetensi sesuai dengan jabatan yang ditawarkan.

Menurutnya, ada asumsi yang salah soal MEA, terutama terkait isu bakal maraknya tenaga kerja asing yang masuk Indonesia setelah berlakunya MEA. Sehingga pemerintah harus mengendalikan tenaga asing.

 

Baca Juga

  • Pengusaha: Tenaga Kerja RI Hanya Dicetak Jadi Pemikir
  • Menteri Puan: Era MEA, Jangan Sampai Dinikmati Pekerja Asing
  • SDM Berpendidikan Tinggi Dorong Daya Saing RI

Source: liputan6.com
Pertemuan G20 Beri Dampak Positif untuk RI

Liputan6.com, Jakarta - Komitmen negara-negara yang tergabung dalam G20 untuk menanggulangi perlambatan ekonomi global akan berdampak positif kepada Indonesia. Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 berkumpul di Shanghai, China, 26-27 Februari 2016 untuk membahas mengenai permasalahan ekonomi dunia. 

Analis PT Investa Saran Mandiri Hans Kwee menjelaskan, kondisi Eropa saat ini memiliki likuiditas yang cukup. Dengan adanya komitmen penanggulangan ekonomi global, besar kemungkinan Bank Sentral Eropa (ECB) akan memperpanjang stimulus. Itu berarti, akan terjadi aliran dana masuk (capital inflow) ke negara berkembang salah satunya ke Indonesia.

"Eropa cenderung provide likuiditas sekarang. Kalau G20 sepakat mengatasi perlambatan ekonomi dunia hampir pasti menambah stimulus di Eropa sama Jepang karena dua negara tersebut memang melambat. China tak berkembang dan , Amerika Serikat (AS) ekspansi. Jadi kemungkinan akan menambah stimulus, stimulus ini provide dana yang masuk emerging market termasuk Indonesia," tutur dia kepada Liputan6.com, Minggu (28/2/2016).

Hans mengatakan, aliran dana tersebut tidak terlalu besar. Namun demikian, aliran dana tersebut positif untuk Indonesia. "Belum tahu persis tapi kemungkinan biasa dilakukan memperpanjang stimulus tapi kalau menambah tidak banyak, tapi tetap menambah, ekspektasi pasar berubah," jelas dia.

Baca Juga

  • BI Waspadai Penguatan Rupiah
  • JK Akui Proteksi Masuknya Dana Asing Mencurigakan Masih Lemah
  • Bos BI Yakin Ekonomi RI Mampu Bertahan di Tengah Gejolak Global

Source: liputan6.com
Pelindo III Kenalkan Dunia Maritim ke Generasi Muda

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menggandeng perguruan tinggi untuk mengenalkan dunia kepelabuhanan dan maritim kepada generasi muda. Diharapkan para generasi muda nantinya bisa turut membantu program tol laut yang digagas oleh Presiden Joko Widodo.

Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto mengatakan, BUMN kepelabuhanan tersebut memilih perguruan tinggi dan mahasiswa sebagai sasaran penyampaian informasi melalui kegiatan bertajuk Pelindo III Goes to Campus.

"Pelindo III Goes to Campus merupakan tindak lanjut dari program Pelindo III Youth Camp yang juga melibatkan mahasiswa," kata Toto, di Jakarta, Minggu (28/2/2016).

Baca Juga

  • Ini Cara Menhub Jonan Tingkatkan Pelayanan Pelabuhan
  • Dukung Tol Laut, Pelindo IV Terapkan Sistem Tarif Baru
  • Jokowi Sebut Kapal Angkut Ternak Sebagai Bentuk Tol Laut

Source: liputan6.com
Top 3: Kebiasaan Pebisnis Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda melihat bagaimana seseorang mencapai titik tertinggi dalam pencapaian karir? Atau bagaimana cara seorang investor seperti Warren Buffet bisa menjadi miliarder, sementara yang lain tetap terpaku dengan gaji bulanan?

Pencapaian para miliarder itu tidak didapat dengan instan. Ada proses dan perjuangan sejak usia muda. Selain itu mereka juga memiliki kebiasaan dan etos kerja yang baik.

Artikel mengenai kebiasaan para miliarder dan juga pebisnis sukses menjadi artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini 3 artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Minggu (28/2/2015):

1. Ini Dia 5 Kebiasaan Pebisnis Sukses

Berikut 5 kebiasaan yang dilakukan para pebisnis sukses.
Saat berinvestasi, miliarder dan pebisnis sukses pasti mengetahui seluk beli produk yang akan disuntikkan dana tersebut. Ada banyak kajian, observasi, dan analisis yang tersedia di mana saja, seperti televisi, internet, dan tulisan mengenai investasi.

Sebelum menyuntikkan dana ke sebuah perusahaan atau investasi, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tentang apa atau siapa yang akan diinvestasikan.

Jika memungkinkan, pakai produknya kemudian pelajari bisnisnya. Semakin banyak atau semakin baik Anda mengerti tentang produk atau perusahaan itu, Anda semakin yakin untuk berinvestasi di perusahaan tersebut. Baca selengkapnya di sini.

2. 6 Perseteruan Bisnis Terseru di Dunia
(Foto: Business Insider)
Perseteruan antara penyanyi Taylor Swift dan Kanye West baru-baru ini bukanlah yang pertama kali muncul ke publik. Ketika menerima anugerah album terbaik pada Grammy 2016, Swift memberikan pidato ucapan terima kasihnya sambil menyinggung West.

Dalam dunia bisnis, masalah seperti ini sering terjadi. Kompetisi bisa sangat mengerikan dan berlangsung lama.

Tidak ada masalah personal dalam hal itu, semua hanya karena bisnis. Baca selengkapnya di sini.

3. 5 Kebiasaan Sepele yang Bisa Bikin Boros Listrik
Hemat listrik ternyata semudah ini, lho, dan tagihan mama kamu gak membengkak.
Setidaknya, sekali dalam seumur hidup Anda pasti pernah mendapatkan tagihan listrik yang tidak wajar. Atau bagi pengguna token listrik, pulsa yang Anda beli habis lebih cepat dari biasanya.

Kalau pernah mengalami, kesalahannya mungkin bukan pada meteran listrik melainkan pada penggunaan listrik yang salah. Lantas mengapa meski merasa sudah sangat hemat, tagihan listrik lebih besar dari biasanya?

Penyebabnya mungkin kebiasaan yang salah. Nah, agar tagihan listrik tidak mencekik leher, sebaiknya perhatikan kebiasaan penggunaan listrik. Baca selengkapnya di sini.


Source: liputan6.com
Daftar Terbaru Miliarder Dunia, Siapa Pertama?

Liputan6.com, New York - Daftar terbaru orang terkaya di dunia telah keluar, apakah ada kejutan baru dalam peringkat orang terkaya di dunia tersebut? Bill Gates, pendiri Microsoft dan merupakan salah satu orang terkaya dalam sejarah manusia, sekali lagi menduduki peringkat teratas dengan kekayaan bersih mencapai US$ 87,4 miliar atau Rp 1.177 triliun (estimasi kurs: 13.467 per dolar AS).

Dikutip dari time.com, Minggu (28/2/2016), Wealth-X, sebuah situs yang melacak kekayaan orang-orang di dunia, bekerja sama dengan Business Insider, mengeluarkan angka terbaru jumlah aset yang dimiliki oleh orang-orang terkaya di dunia. Dalam penelitian ini, Wealth-X mengumpulkan informasi lebih dari 110 ribu orang kaya di dunia.

MenurutBusinessInsider, metode yang dilakukan dalam menghitung aset yang dimiliki oleh orang-orang kaya dunia ini dengan mempertimbangkan banyak hal. Contohnya adalah nilai tukar, pajak di daerah orang kaya tersebut tinggal dan jumlah simpanan, kinerja investasi dan beberapa faktor lainnya.

Baca Juga

  • Mengenal Mansa Musa, Orang Terkaya Sepanjang Sejarah
  • Ini Kota dengan Jumlah Miliarder Terbanyak di Dunia
  • 7 Fakta Unik tentang Kekayaan Miliarder Warren Buffet

Source: liputan6.com
Anak Usaha Bank Mandiri Patok Target Pembiayaan Rp 18 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - PT Mandiri Tunas Finance yang merupakan anak usaha PT Bank Mandiri Tbk yakin mampu meraih target pembiayaan sebesar Rp 18 triliun pada tahun ini. Keyakinan tersebut muncul setelah perusahaan melihat kinerja di awal bulan yang cukup positif.

Direktur Utama Mandiri Tunas Finance Ignatius Susatyo Wijoyo mengatakan, total pembiayaan pada Januari dan Februari 2016 mencapai Rp 3,2 triliun.

"Kami harapkan target pembiayaan Rp 18 triliun bisa terpenuhi sebelum Desember. Dua bulan awal ini sudah Rp 3,2 triliun. Jadi bisa dihitung berapa penjualan kami nanti di akhir tahun kalau semester pertama terealisasi 45 persen dari target, dan sisanya 55 persen di semester kedua," katanya dalam keterangan pers, Jakarta, Minggu (28/2/2016).

Ignatius melanjutkan, untuk Januari 2016, perseroan telah mengantungi laba Rp 28,2 miliar. Kemudian, di Februari 2016 telah meraih laba Rp 29 miliar.

Hingga akhir tahun, perseroan menargetkan bisa mendapat laba bersih Rp 333 miliar. Menurutnya, perseroan memiliki kinerja positif pada tahun lalu, di mana target laba sebesar Rp 295 miliar justruterealiasi Rp 306 miliar.

Baca Juga

  • Siapa Anak Usaha Penyumbang Laba Terbesar Bank Mandiri?
  • Banyak yang Beli Mobil, Tunas Mandiri Finance Ketiban Untung
  • Mandiri Tunas Finance Terbitkan Obligasi Rp 1,5 Triliun

Source: liputan6.com
Bertahan Saat Krisis, UKM Jadi Tulang Punggung Ekonomi RI

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM)‎ akan menjadikan UKM sebagai tulang punggung perekonomian. Alasannya, sektor UKM terbukti bisa bertahan dari terpaan krisis.

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengatakan, pada saat krisis 1998, perbankan banyak mengalami kebangkrutan karena kredit macet hingga 30 persen. Kredit juga tidak bertumbuh bahkan angkanya minus 13 persen.

Namun, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mampu menyelamatkan perekonomian Indonesia sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, sektor ini akan terus menjadi perhatian pemerintah agar ke depan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

"Untung ada koperasi dan UKM yang menyelamatkan perekonomian Indonesia," kata Puspayoga dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu (28/2/2016).

Baca Juga

  • Menteri Koperasi dan UKM Usul Subsidi Pupuk Dihapus
  • Kemenkop UKM Bakal Merevitalisasi 85 Pasar Tradisional
  • PNM Diminta Fokus Dukung UKM Hadapi Pasar Global

Source: liputan6.com
Kereta Perintis Dorong Perkembangan Pariwisata Daerah

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan akan mengoperasikan kereta perintis untuk menunjang pemerataan transportasi. Selain untuk mengembangkan pembangunan di wilayah, kereta perintis juga menciptakan peluang pariwisata di daerah.

Pengamat Transportasi Djoko Stijowarno mengatakan, angkutan kereta perintis adalah penyelenggaraan perkeretaapian yang dioperasikan dalam waktu tertentu untuk melayani daerah baru atau daerah yang sudah ada jalur kereta api. Pengaktifan kereta perintis ini dalam rangka menunjang pemerataan, pertumbuhan, dan stabilitas pembangunan nasional, tetapi secara komersial belum menguntungkan.

"Penyelenggaraan subsidi angkutan perintis orang dengan kereta api diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 51 Tahun 2012," kataDjoko, diJakarta, seperti dikutip Minggu (28/2/2016).

Baca Juga

  • Jonan Resmikan Kereta Api Perintis Jenggala
  • KA Perintis Pertama Indonesia Bakal Beroperasi di Aceh
  • Atasi Macet, Kereta Api Cianjur-Sukabumi Kembali Beroperasi

Source: liputan6.com
Pesan 8 Tanker, Pertamina Tantang Industri Galangan Kapal RI

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mendukung sektor kemaritiman Indonesia dengan berkomitmen memberdayakan industri galangan kapal nasional. Salah satu langkah nyata yang dilakukan oleh Pertamina adalah memesan delapan kapal tanker dari galangan dalam negeri.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, Pertamina bersama mitra galangan dalam negeri saat ini sedang dalam proses penuntasan delapan proyek kapal tanker tipe GP dengan bobot mati 17.500 DWT.

Proyek dengan nilai total sekitar US$200 juta tersebut ditargetkan tuntas pada tahun ini. "Pertamina selalu memberikan tantangan kepada industri dalam negeri baik dalam hal besaran kapal maupun standard kapal," kata Wianda, di Jakarta, Minggu (28/2/2016).

Galangan kapal nasional harus bisa membangun kapal berstandar Internasional yang dapat diterima berlayar ke negara manapun di dunia. Kapal tanker Pertamina juga dituntut untuk ramah lingkungan dan tingkat keamanan tinggi dan taat terhadap ketentuan-ketentuan Internasional lainnya.

Kedelapan proyek tersebut meliputi MTParigi dan MTPattimura oleh PTAngrek HitamShipyard, MTPanderman, MTPapandayan, dan MT Putri oleh PT Daya Radar Utama, serta MTPasaman, MT Panjang, dan MTPangrango oleh PT MultiOceanShipyard.

Baca Juga

  • Pertamina Pesan 8 Kapal dari Perusahaan Galangan Nasional
  • RI Bakal Punya Galangan Kapal Terbesar Jika FLNG Terwujud
  • Korea Selatan Minat Investasi di Industri Galangan Kapal RI

Source: liputan6.com
Banyak Miliarder yang Tak Mampu Pertahankan Kekayaannya

Liputan6.com, New York - Anda tak pernah tahu betapa kerasnya perjuangan seorang miliarder dunia. Perjuangan itu bukan soal mengambil keputusan apakah akan berlibur ke St Moritz atau Bora Bora. Namun perjuangan yang sulit tersebut lebih kepada apakah miliarder bisa tetap bertahan dalam daftar orang terkaya di dunia.

Menengok ke belakang di tahun 1995, dalam laporan yang dibuat oleh UBSGroup AG dan PricewaterhouseCoopers, saat itu terdapat 289 miliarder yang masuk ke dalam daftar orang kaya dunia. Sayangnya, saat ini jumlah tersebut susut. Pada 2015, hanya tertinggal 126 orang yang masuk ke dalam daftar orang kaya dunia.

Baca Juga

  • Daftar Terbaru Miliarder Dunia, Siapa Pertama?
  • Kisah Daymond John, Pramuniaga yang Sukses Jadi Miliarder
  • 7 Jurus Jadi Miliarder di Usia Muda

Source: liputan6.com
Sertifikasi Legalitas Kayu Cukup di Hulu

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Mebel Kerajinan Indonesia (AMKRI) menilai sertifikasi legalitas kayu atau biasa dikenal dengan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) cukup dikenakan pada industri hulu saja. Pasalnya, jika dikenakan juga hilir maka akan mubazir.

Sekretaris Jenderal AMKRI Abdul Sobur mengatakan, jika pada hulunya sudah legal maka sudah pasti kayu di hilirnya juga legal. "Prinsip SVLK itu bagus, tapi dalam pelaksanaanya cukup di hulu saja karena substansinya ketika kayu legal di hulu maka di hilir sudah tak perlu lagi SVLK. Maksudnya agar tidak dua kali SVLK diberlakukan untuk kasus yang sama dari asal kayu yang dimaksud," ujarnya kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (28/2/2016).

Apalagi, dia menuturkan, di beberapa negara ASEAN seperti Vietnam dan Malaysia tidak menerapkan aturan SVLK. "Artinya di Uni Eropa sendiri SVLK belum merupakan dokumen costum yang wajib sebab Vietnam tidak memakai SVLK. China, Malaysia dan lain-lain di ASEAN hanya Indonesia yang meminta. Ini dianggap persaingan tidak cerdas dalam konteks persaingan makro," ujarnya.

Abdul melanjutkan, untuk mendapatkan SVLK cukup berat bagi pelaku usaha karena membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dengan 5.000 anggota, maka asosiasi harus mengeluarkan sekitar Rp 200 miliar dengan perhitungan setiapSVLK Rp 40 juta.

Baca Juga

  • Pencabutan Kewajiban SVLK Ganggu Ekspor Furnitur RI ke Eropa
  • Pengusaha Mebel Nilai Aturan SVLK Menghambat Ekspor
  • Pemerintah Diminta Bantu Pengrajin Mebel Penuhi SVLK

Source: liputan6.com
Tapera Bikin Masyarakat Cepat Miliki Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Asoasi pengembang tergabung dalam Realestate Indonesia (REI) menyambut positif disahkannya Undang-undang (UU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Dengan Tapera maka harapan masyarakat untuk membeli rumah akan semakin besar terealisasi.

Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Pengembangan Usaha REI Theresia Rustandi mengatakan, selama ini tantangan para pengembang salah satunya karena calon pemilik rumah tidak layak dapat kredit (bankable). Dia mencontohkan, misal jika pengembang menyediakan 100 rumah untuk 100 konsumen, dari situ kemungkinan hanya 50 persen yang lolos dari seleksi bank.

"Tapera kan masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP) detilnya, ini akan membantu masyarakat untuk membeli rumah itu. Sehingga tidak pusing lagi," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (28/2/2016).

Baca Juga

  • Pengusaha Tak Yakin Tapera Bisa Atasi Defisit Rumah di RI
  • Pemerintah Siap Hadapi Uji Materi UU Tapera
  • Ini Alasan Pekerja Bergaji Besar Tetap Wajib Ikut Tapera

Source: liputan6.com
Program Indonesia Terang Butuh Dana Rp 40 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Dana yang dibutuhkan untuk menyambungkan listrik ke 10.300 desa sesuai dengan target peningkatan rasio elektrifikasi nasional 97 persen pada 2019 mencapai Rp 40 triliun. Dana tersebut berasal dari berbagai sumber. 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, saat ini ada 12.659 desa tertinggal yang belum‎ menikmati jaringan listrik PT PLN (Persero). Pemerintah menargetkan dari total desa tertinggal tersebut akan ada 10.300 desa yang akan menikmati listrik sampai dengan 2019 nanti. Untuk mengawal target tersebut, Kementerian ESDM menjalankan Program Indonesia Terang.

Baca Juga

  • 10.300 Desa Terpencil Bakal Nikmati Listrik
  • Kementerian ESDM Luncurkan Program Percepatan Sambungan Listrik
  • Perkuat Pasokan Listrik Jakarta-Banten, PLN Tambah Jaringan

Source: liputan6.com