Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Sabtu, 27 Febuari 2016
UANGPEDIA: Kesalahan Investor Ketika Berinvestasi

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia dikenal lebih suka menyimpan dana untuk menabung. Padahal untuk mencapai tujuan keuangan bukan hanya perlu menabung. Investasi juga perlu dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan.

Saat ini portofolio investasi beragam mulai dari di sektor riil dan keuangan. Agar investasi berhasil perlu sejumlah cara untuk menggapainya. Akan tetapi, masyarakat juga kadang salah ketika berinvestasi. Ada sejumlah kesalahan umum yang dilakukan berinvestasi.

Ingin tahu apa saja kesalahan yang biasa dilakukan masyarakat ketika berinvestasi? Bagaimana cara agar menentukan tujuan investasi? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Direktur PT Manulife Asset Management Putut Andanawarih. (Ahm/Igw)

 


Source: liputan6.com
Ini Dia 5 Kebiasaan Pebisnis Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda melihat bagaimana seseorang mencapai titik tertinggi dalam pencapaian karirnya?. Atau bagaimana cara seorang investor seperti Warren Buffet bisa menjadi miliarder, sementara yang lain tetap terpaku dengan gaji bulanannya yang biasa-biasa saja?.

Pencapaian para miliarder itu tidak didapat dengan instan. Ada proses dan perjuangan sejak usia muda. Selain itu mereka juga memiliki kebiasaan dan etos kerja yang baik.

Seperti melansir laman Lifehack.org, Sabtu (26/2/2016), berikut 5 kebiasaan yang dilakukan para pebisnis sukses:

1. Lakukan riset sebelum berinvestasi

Ada banyak kajian, observasi, dan analisis yang tersedia di mana saja, seperti televisi, internet, dan tulisan mengenai investasi.

Baca Juga

  • 6 Kebiasaan Buruk Kelola Uang di Usia Muda
  • 5 Cara Didik Anak Supaya Tidak BorosPertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Pinjam Uang

Source: liputan6.com
Begini Proses Balik Nama Sertifikat Tanah Warisan

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian orang masih ada yang belum paham tata cara mengurus sertifikat tanah hibah atau warisan.

Memang yang sedikit menyulitkan adalah jika nama yang tercantum dalam sertifikat bukan atas nama orang tua atau keluarga melainkan orang lain (penjual).

Sedangkan kelengkapan dokumen otentik lain yang dipegang adalah Akta Jual Beli atau AJB, yang ditandatangani oleh orang tua.

Pertanyaannya, bagaimana tahap yang benar dalam mengurus balik nama sertifikat? Dikutip dari berbagai sumber inilah jawabannya.

Pertama, buat SKW

Berhubung sertifikat tanah masih atas nama penjual, maka sebaiknya ahli waris perlu mengurus balik nama sertifikat.

Tahap awal, pemohon harus membuat Surat Keterangan Waris (SKW) yang menerangkan bahwa yang bersangkutan adalah ahli waris dari orang tua.

Surat Keterangan Waris harus dibuat oleh ahli waris, dan disaksikan oleh dua orang saksi dan dikuatkan oleh Kepala Desa tempat tinggal pewaris.

Sedangkan syarat lainnya dan prosedur diatur dalam Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 1 Tahun 2010, dan biaya diatur dalam PP No. 14 Tahun 2010.

Kedua, lengkapi persyaratan

Sebelum bertandang ke kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional setempat, jangan lupa mempersiapkan persyaratan mengurus Peralihan Hak Atas Tanah. Berikut syarat utamanya dikutip dari bpn.go.id:

Mengisi formulir permohonan dan ditandatangani diatas materai. Formulir pemohonan ini memuat :

  1. Identitas diri
  2. Luas, letak dan penggunaan tanah yang dimohon
  3. Pernyataan tanah tidak sengketa
  4. Pernyataan tanah dikuasai secara fisik
  5. Fotocopy identitas pemohon/para ahli waris (KTP, KK) dan kuasa apabila dikuasakan, yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket
  6. Sertifikat asli
  7. Surat Keterangan Waris sesuai peraturan perundang-undangan
  8. Akte Wasiat Notariel
  9. Foto copy SPPT PBB tahun berjalan yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket
  10. Penyerahan bukti SSB (BPHTB), bukti SSP/PPH untuk perolehan tanah lebih dari 60 Juta Rupiah bukti bayar uang pemasukan (pada saat pendaftaran hak)

Ketiga, siapkan biaya pengurusan

Proses pengurusan balik nama sertifikat di BPN seperti yang tercantum di atas, biasanya hanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari. Hanya saja, sertifikat baru akan keluar setelah lima hari berikutnya.

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk layanan ini tergantung pada nilai tanahnya. Sebagai contoh, jika sertifikat tanah yang hendak dibalik nama berada di kawasan Jagakarsa, maka biaya pengurusannya adalah Rp 52.925.

Hal ini karena NJOP kawasan tersebut pada tahun ini adalah Rp 2.925.000. Sedangkan untuk ongkos layanan balik nama yang NJOP-nya Rp 3,5 juta seperti Kecamatan Pakansari, Cibinong, pemohon akan dikenakan uang sebesar Rp 53.500.

(Anto/Ndw)

 


Source: liputan6.com
BERANI BEDA: Cinta Alam Lewat Bisnis Tas Ramah Lingkungan

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda berapa sampah yang dihasilkan penduduk di Indonesia setiap tahunnya?. Tak tanggung-tanggung, kita ternyata bisa membangun 1 Candi Borobudur dari 2 hari tumpukan sampah di Jakarta saja. Besar sekali bukan?

Inilah yang mendasari Mohamad Bijaksana Junerosano atau kerap disapa Sano, bersama rekan-rekannya mendirikan yayasan dan perusahaan yang peduli terhadap lingkungan, di bawah bendera Greeneration Indonesia.

Dimulai saat di bangku kuliah, Sano kini sukse membangun perusahaan pengolahan sampah Waste For Change. Selain itu di bawah Greenerations Indonesia, dia mulai memproduksi produk ramah lingkungan berupa tas bermerek Bagoes.

Produk tas Sano pun mulai dikenal masyarakat. Sejak tahun 2010, sebanyak 20 ribu tas  diproduksi setiap bulan.

Tas Bagoes dijual mulai dari Rp 35 ribu sampai Rp 185 ribu. Tak hanya di Indonesia, kantong Bagoes sukses melanglang ke negara tetangga Singapura dan Malaysia.

Dari idealisme keprihatinan banyaknya sampah plastik yang sulit didaur ulang, membawa Sano mampu membuka lapangan kerja bagi 40 staf dengan omzet hingga mencapai ratusan juta rupiah per bulan.

Simak ulasan lengkapnya dalam video Berani Beda:



Source: liputan6.com
7 Jurus Jadi Miliarder di Usia Muda

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi miliarder di usia 30 tahun bukan hal yang mustahil. Anda bisa melakukan itu tanpa harus menjadi pendiri Facebook dan sosial media lainnya.

Banyak orang yang melakukannya. Seperti ditulis Business Insider, Sabtu (27/2/2016), ada 7 cara menjadi miliarder di usia muda. Berikut caranya:

1. Fokus pada pendapatan

Anda harus fokus untuk menaikkan pendapatan per bulan. Hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Namun sebenarnya banyak cara supaya pendapatan Anda bisa bertambah dari mulai bekerja sambilan sampai menyewakan barang dan properti yang Anda miliki.

Baca Juga

  • 7 Fakta Unik tentang Kekayaan Miliarder Warren Buffet
  • 5 Kata Ini Sangat Dipahami Para Miliarder 
  • 7 Miliarder Muda Terkaya di Dunia, Siapa Saja?

Source: liputan6.com
Tips Mudah Booking Hotel dengan Harga Murah

Liputan6.com, Jakarta - Pergi jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri dapat membuat pikiran menjadi lebih segar. Apalagi kalau Anda punya budget yang banyak untuk traveling, pastinya gak usah pusing mikirin masalah uang.

Tetapi sayangnya, terkadang bujet traveling yang Anda miliki pas-pasan jadi sebisa mungkin harus menekan pengeluaran ketika berwisata nanti. Salah satu caranya adalah dengan mendapatkan hotel yang murah.

Mendapatkan hotel yang murah ternyata perlu berbagai cara, berikut 5 tips mudah yang bisa dilakukan seperti dikutip dari CekAja.com, Sabtu (26/2/2016):

Pakai program metasearch

Apa yang dimaksud program metasearch untuk hotel? Maksudnya adalah program yang membandingkan harga hotel di sebuah situs web dengan situs web yang lain.

Sebenarnya program metasearch ini disediakan di sebuah web yang dapat melakukan pencarian beberapa situs pemesanan hotel sekaligus.

Misalnya, Anda bisa mencari hotel dengan perbandingan harga di booking.com, hotels.com, agoda.com dan sebagainya sekaligus lewat website tripadvisor, atau website trivago yang menggunakan program metasearch hotel.

Manfaatkan promo kartu kredit

Di beberapa website dan beberapa hotel tertentu, biasanya ada program kerja sama yang dilakukan dengan beberapa penyedia layanan kartu kredit.

Nah, kalau Anda sudah memiliki kartu kredit yang bekerja sama dengan hotel atau website tersebut maka sebaiknya booking menggunakan kartu kredit agar mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan yang lainnya.

(Baca juga: 5 Alasan Anda Harus Miliki Asuransi Perjalanan Saat Lakukan Travelling)


Source: liputan6.com
Kisah Daymond John, Pramuniaga yang Sukses Jadi Miliarder

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha dan investor sukses Daymond John selalu bermimpi untuk menjadi pengusaha sepanjang hidupnya. Namun sebelum sukses dengan lini fashionFUBU (For Us By Us), jiwa wirausahanya sudah hadir sejak bangku sekolah.

Di usianya yang menginjak 10 tahun, kedua orang tuanya bercerai. Sejak saat itu, ia diasuh oleh ibunya seorang diri.

Tantangan yang harus ia hadapi pun tidak hanya sampai disitu. Setelah harus berjuang membiayai keluarganya, John juga menghabiskan bertahun-tahun agar mampu membaca dan menulis.

Ia pun didiagnosis terkena disleksia, sebuah gangguan dalam perkembangan baca-tulis yang umumnya terjadi pada anak menginjak usia 7 hingga 8 tahun.

 

Baca Juga

  • 7 Fakta Unik tentang Kekayaan Miliarder Warren Buffet
  • Kisah Sukses Petani Kentang Ubah Nasib Jadi Miliarder
  • 7 Miliarder Muda Terkaya di Dunia, Siapa Saja?

Source: liputan6.com
Ada Tapera, Pengusaha Dibebani Banyak Pungutan

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan keberatan atas disahkannya Undang-undang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Pasalnya, dengan UU Tapera berarti beban pengusaha bertambah karena harus membayar iuran Tapera. Sebelumnya, pengusaha harus membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani mengatakan, baik Tapera dan BPJS Ketenagakerjaan merupakan penggalangan dana jangka panjang. Dia menilai, sebenarnya BPJS Ketenagakerjaan sudah memiliki peluang untuk program perumahan sehingga tidak perlu lagi Tapera.

"Kalau menarik benang merahnya tujuannya bagaimana menggalang dana yang relatif jangka panjang .BPJS Ketenagakerjaan punya pandangan seperti itu,Tapera juga. Program iniTapera nggak perlu ada karena penggalangan dana sudah di Jaminan Hari Tua (JHT), JHT sudah terkumpul Rp 180 triliun yang dikumpulkan 23 tahun dan untuk pemanfaatannya masih tebuka untuk program perumahan," kata dia, Jakarta, Jumat (26/2/2016).

Baca Juga

  • Besaran Pungutan Tapera Belum Diputuskan
  • Buruh Geram Pengusaha Tolak UU Tapera
  • Ini Alasan Pekerja Bergaji Besar Tetap Wajib Ikut Tapera

Source: liputan6.com
6 Perseteruan Bisnis Terseru di Dunia

Liputan6.com, New York - Perseteruan antara penyanyi Taylor Swift dan Kanye West baru-baru ini bukanlah yang pertama kali muncul ke publik. Ketika menerima anugerah album terbaik pada Grammy 2016, Swift memberikan pidato ucapan terima kasihnya sambil menyinggung West.

Dalam dunia bisnis, masalah seperti ini sering terjadi. Kompetisi bisa sangat mengerikan dan berlangsung lama.

Seperti dikutip dari Entrepreneur, Sabtu (27/2/2016), tidak ada masalah personal dalam hal itu, semua hanya karena bisnis.

Berikut adalah enam perseteruan bisnis terseru di dunia:

1. Uber vs Lyft

Kedua perusahaan aplikasi transportasi ini memulai debutnya di pasar pada waktu yang bersamaan. Persaingan dimulai ketika keduanya membuat model bisnis yang sama. Tentu saja, keduanya juga mendapat penolakan keras dari entitas bisnis yang lebih besar.

2. Wendy`s vs Burger King

Burger King sebenarnya bersaing ketat dengan McDonald`s. Tapi dari segi pemasaran, perusahaan asal Amerika Serikat itu banyak bertarung dengan Wendy`s. Pertarungan teranyarnya ketika di sosial media masing-masing mengklaim promosi 4-for-$4.

3. Coca-Cola vs Pepsi

Awalnya, menonton secara streaming seperti hal yang mustahil dilakukan. Tapi kenyataannya, yang terjadi malah sebaliknya.

Bahkan mungkin generasi milenium sekarang tidak tahu dahulu pernah ada perusahaan rental film dan game, seperti Blockbuster.


Source: liputan6.com
Dihantui The Fed, Wall Street Ditutup Bervariasi

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham Amerika Serikat (AS) ditutup bervariasi pada Jumat (Sabtu pagi WIB) di tengah kekhawatiran investor soal kenaikan suku bunga Bank Sentral AS (The Fed) di masa depan. Hal ini mengimbangi keuntungan di sektor energi dan material.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (27/2/2016), Indeks Dow Jones industrial average turun 0,09 persen menjadi 16.681,75 poin dan indeks S&P 500 naik 0,04 persen menjadi 1.952,39. Indeks Nasdaq Composite naik  0,29 persen menjadi 4.595,7.

Saham J.C. Penney (JCP.N) melonjak 14 persen setelah pendapatan operator department store itu dilaporkan lebih baik dari perkiraan.

Baca Juga

  • Bursa AS Menguat Dipimpin Sektor Keuangan
  • Pergerakan Bursa Asia Bervariasi Mengekor Wall Street
  • Wall Street Bergerak Variatif

Source: liputan6.com
Ini Tipe Rumah yang Bisa Didapat dari Program Tapera

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dan DPR telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) menjadi Undang-Undang dalam Rapat Paripurna pada Selasa 23 Februari 2016. Dengan UU ini diharapkan mampu mengurangi backlog perumahan yang mencapai 15 juta unit.

Lantas tipe rumah seperti apa yang bisa didapatkan oleh masyarakat yang ikut dalam program tabungan tersebut?

Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Maurin Sitorus mengatakan, program Tapera ini ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Jika dilihat dari sisi pendapatan, yaitu masyarakat dengan gaji antara Rp 2,1 juta hingga Rp 5,2 juta per bulan.

Baca Juga

  • Ada Tapera, Pengusaha Dibebani Banyak Pungutan
  • Tapera Dapat Digunakan untuk Renovasi RumahPeserta MBR Bisa Langsung Dapat Rumah dengan 2 Syarat

Source: liputan6.com
Kemenkop UKM Bakal Merevitalisasi 85 Pasar Tradisional

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) ‎akan melakukan perbaikan dan revitalisasi 85 pasar tradisional pada tahun ini. Revitalisasi ini dilakukan agar pertumbuhan pasar tradisional tidak kalah dengan pasar modern.

Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM I Wayan Dipta mengatakan, berdasarkan hasil studi AC Nielsen, pasar modern di Indonesia tumbuh 31,4 persen per tahun.

Sedangkan pasar tradisional justru mengalami penyusutan sebesar 8 persen tiap tahunnya. Padahal saat ini jumlah pasar tradisional mencapai 13.450 unit yang menampung sekitar 12,6 juta pedagang kecil.‎

"Jika kondisi tersebut dibiarkan, ribuan bahkan jutaan pedagang kecil akan kehilangan mata pencahariannya. Pasar tradisional mungkin akan tenggelam," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (27/2/2016).

 

Baca Juga

  • Mendag Lembong Sebut Pasar Tradisional Perlu Dipertahankan
  • Revitalisasi Pasar Bakal Genjot Penyerapan Anggaran
  • Bangun 1.000 Pasar Rakyat, Jokowi Gelontorkan Rp 2,3 Triliun

Source: liputan6.com
Perpres Terbit, Proyek 35 Ribu MW Ditargetkan Selesai 2019

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mendorong peningkatan infrastruktur kelistrikan di dalam negeri. Salah satunya dengan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 4 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan.

Melalui Perpres ini ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada akhir Januari 2016 ini, diharapkan dapat mendorong mega proyek pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 35 ribu megawatt (MW).

Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN (Persero) Amir Rosidin mengatakan, pemerintah pusat telah menugaskan PLN untuk mengawal proyek ini dengan memberikan berbagai macam dukungan.

Dukungan tersebut mulai dari penjaminan, percepatan perizinan dan non perizinan, penyediaan energi primer, tata ruang, penyediaan tanah, dan penyelesaian hambatan dan permasalahan, serta penyelesaian masalah hukum yang dihadapi dalam keseluruhan Proyek 35 ribu MW.

Baca Juga

  • PLN Rampungkan Pembangkit Listrik Pertama Proyek 35 Ribu MW
  • Ini Perkembangan Terakhir Proyek Pembangkit Listrik 35 Ribu MW
  • Bangun Pembangkit 35 Ribu MW, Ini Jaminan Negara ke PLN

Source: liputan6.com
Harga Minyak Turun ke US$ 32,78 per Barel

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak ditutup turun akibat adanya gangguan pasokan di Irak dan Nigeria. Meski turun, harga minyak masih mencatat keuntungan mingguan.

Dilansir dari CNBC, Sabtu (27/2/2016), pemadaman pipa di Irak dan Nigeria telah membuat lebih dari 800.000 barel minyak mentah per hari menghilang dari pasar untuk setidaknya dua minggu ke depan. Gangguan pasokan ini mengimbangi kenaikan pasokan yang baru-baru ini dari Iran, kata para analis.

Perusahaan jasa minyak Baker Hughes dilaporkan jumlah rig pengeboran minyak mentah di Amerika Serikat (AS) turun 13 unit ke 400 rig pada pekan lalu. Pada tahun lalu, ada 986 rig pengeboran di Negeri Paman Sam.

Wall Street ditutup bervariasi di tengah kekhawatiran investor soal kenaikan suku bunga Bank Sentral AS (The Fed).

Baca Juga

  • Berapa Harga Minyak RI yang Realistis?
  • Harga Minyak Naik Dipicu Harapan Pengurangan Pasokan
  • Begini Potret Muram Industri Migas Saat Ini

Source: liputan6.com
Harga Emas Anjlok Gara-gara Dolar AS Perkasa

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas turun lebih dari 1 persen pada hari Jumat (Sabtu pagi WIB) karena dolar Amerika Serikat (AS) menguat. Namun aksi beli diharapkan terjadi di tengah perlambatan ekonomi dunia.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (27/2/2016), para pemimpin keuangan dari negara-negara G20 berkumpul di Shanghai untuk mencari solusi agar terlepas dari kondisi ekonomi yang memburuk.

Harga emas di pasar spot turun 1 persen menjadi US$ 1.221,61 per ounce usai jatuh sebanyak 1,9 persen. Meski begitu, sepanjang bulan ihttp://www.liputan6.com/dashboard/articles/2446394/editni harga emas mencetak keuntungan lebih dari 9 persen, terbesar sejak Januari 2012.

Harga emas di pasar berjangka untuk pengiriman April turun 1,5 persen menjadi US$ 1.220,4 perounce.

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Lebih Mahal Rp 4.000 per Gram
  • Harga Emas Susut Didorong Penguatan Pasar Saham
  • Investor Lepas Saham, Harga Emas Naik

Source: liputan6.com
Top 3: Kota dengan Tingkat Kualitas Hidup Terbaik di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahunnya, firma konsultan HR ternama Mercer merilis hasil survei yang dinamakan Quality of Living Index. Survei tersebut melansir fakta mengenai kualitas hidup di beberapa kota dunia.

Mercer menggunakan beberapa faktor dalam menilai tingkat kualitas hidup. Faktor tersebut diantaranya stabilitas politik, keadaan ekonomi, serta kualitas kesehatan.

Ranking yang dikeluarkan oleh survei ini merupakan salah satu acuan komprehensif yang biasa digunakan oleh perusahaan multinasional dunia.

1. 7 Kota dengan Tingkat Kualitas Hidup Terbaik di Dunia

Dusseldorf adalah kota yang mampu berkembang dengan industri seni dan fesyennya. Kota yang berada di Jerman ini didapuk sebagai salah satu  kota dengan tingkat kualitas hidup terbaik di dunia.

Selain Dusseldorf, kota mana lagi yang masuk daftar itu? Simak ulasannya di sini!

2. Tak Punya NPWP, Wajib Pajak Bisa Kena Pidana

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan masyarakat yang telah masuk kategori wajib pajak (WP) harus memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP). Jika tidak memilikinya, wajib pajak tersebut bisa terancam hukum pidana.

Direktur Pemeriksaan dan Penagihan DJP Kemenkeu Edi Slamet Irianto mengatakan, wajib pajak yang bisa dikenakan pidana yaitu mereka yang telah mengetahui kewajiban untuk membayar pajak namun tidak juga memiliki NPWP. Hal ini dinilai sebagai bentuk ketidakpatuhan terhadap aturan yang berlaku di Indonesia. Baca selengkapnya di sini!

3. Demi Hemat, Orang-orang Ini Rela Tinggal di Mobil

Pernahkah Anda merasa gaji Anda banyak terpotong untuk membayar sewa kontrakan atau apartemen? Jika Anda merasakan hal seperti itu, mungkin cara yang dilakukan oleh orang-orang ini bisa dijadikan inspirasi.

Mobil biasanya digunakan sebagai alat transportasi yang dapat memudahkan Anda untuk bepergian. Namun tidak bagi mereka.

Selain sebagai alat tranportasi, mereka ternyata mengubah kendaraan roda empat tersebut sebagai tempat tinggal. Mereka melakukan hal tersebut demi sebuah alasan yang cukup mencengangkan. Apa saja? Temukan jawabannya di sini!

(Ndw/Nrm)


Source: liputan6.com
Cari Rumah di Bawah 400 Juta di Bandung? Temukan di Sini

Liputan6.com, Jakarta - Kota Bandung kini identik sebagai gateway atau tempat liburan singkat, khususnya bagi warga Jabodetabek. Karena itu, tak heran jika Kota Bandung kini berkembang sebagai kawasan komersial untuk menunjang sektor pariwisata.

Sektor pariwisata alam banyak berada di Kabupaten Bandung, sementara di Kota Bandung lebih banyak menawarkan pariwisata belanja. Di Kota Bandung, Anda bisa menemukan banyak sekali factory outlet.

Untuk mengoptimalkan potensi pariwisata tersebut, pengusaha di Kota Bandung akhirnya banyak membangun hotel dan area komersil penunjang lainnya, seperti rumah makan dan lain-lain. Alhasil, harga tanah di Kota Bandung pun melambung kian tinggi.

Terutama jika dibandingkan dengan kondisi Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Kota Bandung, yang ditetapkan sebesar Rp 2.626.940. Sedangkan harga rumah di Bandung Kota dibanderol mulai dari Rp  600 juta-Rp 100 miliar.

Dikutip dari www.rumah.com, Harga yang fantastis itu disebabkan kondisi harga tanah di Bandung Kota yang tinggi. Daerah Dago misalnya, harga tanah sudah dipatok sebesar Rp 5 juta-Rp 20 juta meter persegi.

Berikut daftar rumah dengan harga di bawah Rp 400 juta-an di daerah Bandung yang bisa Anda pilih sebagai rumah idaman masa depan Anda.

1.Victory Land, Ujung Berung Kota Bandung


Perumahan Grand Cinunuk merupakan rumah minimalis. Meskipun minimalis, konsep perumahan juga masih menyediakan lahan hijau untuk resapan air.

Satu perumahan yang bisa Anda bidik adalah Victory Land yang ada di Jalan Cijambe Ujung Berung, Kota Bandung. Perumahan yang sudah siap pakai ini menawarkan dua tipe rumah yakni Tipe 38/75 dan Tipe 48/90.

Daerah Ujung Berung yang asri pun memiliki daya tarik tersendiri. Udara yang masih sejuk, dan pemandangan sekitar perumahan yang bersentuhan dengan alam, seperti pegunungan dan persawahan sangat tepat untuk Anda yang ingin tinggal dengan nyaman.

Lokasi perumahan pun cukup strategis. Apabila Anda ingin ke pusat keramaian Kota Bandung, Anda bisa menempuh jarak sekitar 9,1 kilometer (km) atau setara dengan 36 menit. Kondisi jalan utama menuju Ujung Berung pun sudah bagus. Dan yang paling penting akses transportasi menuju perumahan pun tersedia 20 jam.


Peta jarak antara Perumahan Victory Land menuju Bandung Kota yang hanya terpaut 9,1 kilometer.

Untuk memiliki rumah di Victory Land, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 300 juta untuk setiap unitnya. Tentu saja harga akan akan disesuaikan dengan kedua tipe yang sudah disediakan oleh pengembang.

2. Perumahan Grand Cinunuk, Cijambe


Perumahan Grand Cinunuk ini sudah memiliki carport dan taman depan yang beguna sebagai resapan air.

Perumahan selanjutnya masih berada di perbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Adalah Perumahan Grand Cinunuk yang ada di daerah Cijambe ini cukup dekat dengan akses tol Cileunyi.

Perumahan ini menawarkan empat tipe rumah antara lain: Tipe 36/72, Tipe 45/84, Tipe 68/72 (2 lantai), dan Tipe 80/91 (2 lantai). Perumahan ini mengusung konsep lingkungan hijau yang bebas dari banjir dan lokasi yang strategis.

Akses jalan Tol Cileunyi memberikan nilai lebih untuk perumahan ini. Jarak dari perumahan menuju pintu keluar Tol Cileunyi terpaut 4,6 kilometer atau sekitar 12 menit waktu tempuh perjalanan.


Jarak antara Perumahan Grand Cinunuk dengan pintu keluar Tol Cileunyi.

Kondisi jalan menuju perumahan cukup baik. Namun untuk kondisi jalan, memang sedikit padat di waktu pagi dan siang hari. Sebab, di sekitar perumahan terdapat beberapa kawasan pendidikan, seperti Unpad, ITB, IPDN, dan IKOPIN.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 331 juta. Fasilitas yang ditawarkan di dalam perumahan juga terbilang lengkap seperti: arena bermain, CCTV, Internet Akses, Fibre Optic, Jogging Track, dan Area Komersil.

3. Bumi Panyawangan, Cileunyi.


Perumahan Bumi Panyawangan ini memiliki konsep desain minimalis yang dipadukan dengan konsep perumahan Bali Natural. Sekilas tampak fasad depan seperti menunjukkan rumah Bali.

Perumahan terakhir yang bisa Anda bidik sebagai rumah idaman adalah Bumi Panyawangan. Perumahan ini berada di Jalan Percobaan Cileunyi, Bandung.

Sama seperti perumahan Grand Cinunuk, perumahan ini juga memiliki kelebihan dalam hal akses jalan Tol Cileunyi. Jarak antara perumahan dengan pintu keluar Tol Cileunyi berkisar 4,6 km.

Apabila Anda ingin menuju pusat Kota Bandung, akses Jalan Tol Cileunyi bisa menjadi akses utama Anda. Transportasi yang disediakan adalah Bus Damri yang memiliki pangkalan di kawasan Jatinangor. Waktu tempuh untuk sampai di Bandung Kota menggunakan Damri sekitar 45 menit.

Tetapi apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan tol, Anda bisa lebih cepat, yakni sekitar 30 menit.


Peta jarak lokasi antara akses pintu Tol Cileunyi dengan pintu keluar Tol Pateur.

Ada keunikan yang dimiliki Bumi Penyawangan Cileunyi, terutama dalam hal desain rumah yang menggabungkan konsep minimalis dengan tiga konsep desain luar negeri. Ketiga konsep lain antara lain: Bali Naturalis, Mediterania Modern, dan Tropical Modern.

Harga yang ditawarkan untuk perumahan ini dimulai dari Rp 400 juta. Fasilitas yang disediakan di dalam perumahan juga cukup lengkap. Bagi Anda yang beragama Islam, terdapat Masjid yang ada di dalam perumahan. Selain itu, juga ada fasilitas olahraga seperti lapangan tenis dan water park.

Feat picture: pixabay.com

(Kantri/Ndw)


Source: liputan6.com
Investor China Bangun Kawasan Wisata Rp 400 Triliun di Bintan

Liputan6.com, Bintan - Investor China TH Group melalui anak usahanya PT Sun Resort bakal membangun kawasan wisata terpadu di Bintan, Kepulauan Riau. Perusahaan itu bakal merogoh kocek hingga US$ 30 miliar atau sekitar Rp 401 triliun (kurs Rp 13.390 per dolar) untuk menggarap proyek itu.

Proyek ini terletak di kawasan Batu Licin, Bintan, Kepulauan Riau. General Manager PT Sun Resort Wahyudi mengatakan, di proyek besar tersebut nantinya akan dikembangkan kawasan wisata terpadu mencakup residensial seperti apartemen, vila dan resort.

Selain itu, perusahaan milik pengusaha Indonesia Sunny Sukardi ini juga bakal membangun proyek seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah dan proyek lainnya.

 

Baca Juga

  • Ini Penyebab Sektor Wisata Indonesia Tak Pernah Maju
  • 6 Lokasi Wisata di Indonesia yang Bikin Ogah ke Luar Negeri
  • Bupati Ini Sukses Sulap WC Terpanjang di Dunia Jadi Daerah Wisata

Source: liputan6.com
RI Kalah dari Timor Leste Soal Dana Ketahanan Energi

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah masih terus menggodok ketentuan pungutan dana ketahanan energi (DKE). Pungutan yang harusnya akan diterapkan mulai awal tahun ini ditunda atas instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, rencana pemerintah untuk melakukan pengutan ini terus berjalan. Sebab, payung hukum terkait DKE sebenarnya sudah ada dalam Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi.

"Secara sederhana, dalam UU sudah diamanatkan untuk dana energi fosil. Jadi ini bukan suatu yang baru, tetapi selama ini diabaikan," ujarnya di Jakarta, Sabtu (27/2/2016).

Dia menjelaskan, melalui dana ini nantinya akan digunakan untuk membangun energi baru dan terbarukan di dalam negeri. Sejumlah negara terbukti berhasil membangun energi baru terbarukan dari keberadaan dana ini.

Baca Juga

  • Sulitnya Pungut Dana Ketahanan Energi
  • Pungutan Dana Ketahanan Energi Tetap Berlaku
  • Cadangan Minyak RI Hanya 0,7% dari Total Dunia

Source: liputan6.com
Sriwijaya Air Buka Rute Tanjung Pinang-China

Liputan6.com, Tanjung Pinang - Sebuah proyek kawasan wisata terpadu senilai Rp 401 triliun tengah dikembangkan oleh investor China, Sun Resort. Berkaitan dengan proyek itu, Sriwijaya Air bakal membuka rute penerbangan langsung dari Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang ke beberapa kota di China.

Latar belakang dibukanya rute baru karena proyek tersebut menyasar wisatawan China yang datang ke Tanjung Pinang, Bintan.

"Kita ingin kembangkan ini untuk buka rute langsung ke China," kata Direktur Pemasaran Sriwijaya Air Toto Nursatyo.

Toto mengatakan, untuk tahap awal maskapainya bakal terbang dari Tanjung Pinang ke Guang Zhou, Macau, dan Hong Kong, begitu juga sebaliknya. Dia menargetkan April tahun ini, pesawat Sriwijaya Air sudah bisa menerbangkan pesawat ke rute-rute tersebut.

"Kita pertama charter dulu. Kalau feedback-nya bagus, kita akan reguler," katanya.

Baca Juga

  • Sriwijaya Air Datangkan Dua Pesawat Baru
  • Maskapai Indonesia Harus Miliki Rute Terbang ke Arab Saudi
  • Rambah Rute Internasional, Sriwijaya Air Tambah 2 Pesawat

Source: liputan6.com
Pertamina Resmikan SPBU COCO Pertama di Manado

Liputan6.com, Manado - Pertamina kembali menambah SPBU yang dimiliki dan dikelola sendiri (Company Own Company Operate) di Manado. Pertamina menugaskan anak perusahaannya PT Pertamina Retail untuk mengelola SPBU COCO 71.951.03 yang terletak di Jalan Boulevard, Manado itu.

GM Pertamina MOR VII Sulawesi, Tengku Badarsyah menuturkan, dengan bertambahnya SPBU COCO di wilayah timur Indonesia, Pertamina berharap standar pelayanan SPBU semakin merata di seluruh Indonesia

"SPBU COCO dapat menjadi standar pelayanan bagi SPBU Pertamina lain yg dikelola oleh pengusaha (franchise)," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/2/2016).

Saat ini di antara lebih dari 5.000 SPBU Pertamina yang ada di Indonesia, 129 di antaranya adalah SPBU COCO dan mayoritas terletak di Indonesia bagian Barat terutama Pulau Jawa dan Sumatera.

SPBU COCO Manado menjadi SPBU KE 16 di wilayah Timur Indonesia yang tersebar 1 SPBU di Bali, 3 SPBU di Kalimantan Barat (Kalbar), 5 SPBU Kalimantan Tengah (Kalteng), 3 SPBU di Kalimantan Selatan (Kalsel), 2 SPBU di Sulawesi dan 1 SPBU di Papua.

Peresmian SPBU COCO Manado ditandai dengan pengisian BBM secara simbolis oleh Tengku Badarsyah bersama Asisten II Kota Manado, Rum Usulu Asisten II Kota Manado yang mewakili Plt. Walikota Manado dan Dandim 1309/Manado Letkol Inf Johanis Toar Piyoh.

Di Manado, SPBU ini merupakan SPBU COCO pertama yang akan beroperasi. SPBU ini akan menjadi standar bagi SPBU Pertamina lainnya di Wilayah Suluttenggo (Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo) yang berjumlah 130. Di antaranya, 50 SPBU yang terdapat di Sulawesi Utara. Khusus Kota Manado, terdapat 16 SPBU.

"Kawasan Boulevard adalah salah satu titik strategis di kota Manado. Fasilitas yang lengkap di SPBU COCO ini diharapkan memberikan konsumen kenyamanan dalam memenuhi berbagai kebutuhannya." lanjut Tengku.

SPBU COCO No.71.951.03 menyediakan bahan bakar Premium, Pertamax dan Bio Solar. Dalam waktu dekat SPBU ini jg akan menyediakan produk Pertalite.

Di samping menjual produk BBM yang lengkap, SPBU juga menyediakan fasilitas pengisian angin, air. Menyusul, saat ini juga sedang dipersiapkan ATM center, Olimart serta convinient store Bringht Store. (Ndw/Gdn)

Pertamina resmikan SPBU COCO pertama di Manado (Foto: Humas Pertamina)


Source: liputan6.com
Menteri ESDM: Dana Ketahanan Energi Tak Akan Bebani Rakyat

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah masih terus menggodok ketentuan dan mekanisme dari pungutan Dana Ketahanan Energi. Nantinya mekanisme tersebut akan dibahas bersama dengan Komisi VII DPR RI sebelum secara resmi diberlakukan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, sebenarnya saat ini hampir semua pihak telah sepakat DKE ini harus ada dan dilaksanakan. Dana tersebut akan diambil dari eksplorasi energi fosil untuk pembangunan energi baru dan terbarukan (EBT).

"Jadi DKE itu, nomor 1 harus dibentuk. Sumbernya dari pengurasan energi fosil. Itu artinya bisa dari batubara, minyak," ujarnya di Jakarta, Sabtu (27/2/2016).

Menurut Sudirman, saat ini bersama dengan DPR masih mencari mekanisme pemungutan yang cocok. Namun dia memastikan pungutan DKE ini tidak akan membebani masyarakat, tetapi dilakukan dengan mekanisme lain seperti memungut dari perusahaan-perusahaan tambang yang melakukan eksplorasi energi fosil di Indonesia.

Baca Juga

  • RI Kalah dari Timor Leste Soal Dana Ketahanan Energi
  • Sulitnya Pungut Dana Ketahanan Energi
  • Cadangan Minyak RI Hanya 0,7% dari Total Dunia

Source: liputan6.com
Top 3: Anak Muda Ini Raup Omzet Rp 200 Juta Tanpa Modal

Liputan6.com, Jakarta - Yasa Paramita Singgih merupakan salah satu pengusaha muda asal Indonesia yang sukses menorehkan prestasi. Pengusaha berusia 20 tahun ini merupakan pemilik dari Mens Republic. Bisnis lini fashion-nya mampu sukses mendulang omzet yang sangat besar.

Selain sebagai pebisnis andal, Yasa juga merupakan sosok yang inspiratif. Tak heran apabila ia mampu masuk ke dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia.

Ketika ditemui oleh tim Liputan6.com, Yasa bercerita bahwa bisnis yang ia jalankan tidaklah mudah. Niat awal berbisnis muncul ketika usianya menginjak 15 tahun. Sepulang sekolah, ia mendengar ayahnya sakit. Hatinya terketuk ketika tahu ayahnya lebih memilih untuk memakai uang yang dimiliki untuk kepentingan pendidikannya ketimbang berobat.

"Jadi saya masih ingat kalimat papa saya yang menampar saya. Katanya begini, `tidak  usah dioperasi, lebih baik uangnya dipakai untuk uang sekolah anak-anak`," ujarnya seperti ditulis Jumat (26/2/2016).

Dari situlah Yasa bertekad bahwa ia tidak boleh hanya diam dan bergantung pada keadaan. Di usianya yang baru menginjak 15 tahun itu, ia memutar otak mencari cara agar tidak merepotkan kedua orangtuanya.

"Akhirnya saya bilang ke orangtua saya, saya tidak bisa bantu banyak karena saya masih kelas 3 SMP setidaknya saya tidak minta uang jajan lagi," ia melanjutkan.


1.Tanpa Modal, Pengusaha Ini Cetak Omzet Rp 200 Juta per Bulan

Yasa Singgih memulai bisnis fashion dengan nekat pergi ke salah satu pusat grosir di Jakarta. Jangan salah, pemuda satu ini tidak memiliki modal sepeser pun.

Ia hanya berusaha meyakinkan pedagang di pusat grosir untuk meminjamkan beberapa potong pakaian padanya yang nantinya akan ia jual kembali. Simak kisah perjuangan Yasa Singgih di sini!

2. Begini Cara Dapatkan Bantuan Bedah Rumah dari Pemerintah

Untuk membantu masyarakat mendapatkan rumah layak huni, pemerintah meluncurkan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal sebagai Program Bedah Rumah.

Selama 2015, pemerintah berhasil memperbaiki sebanyak 82.245 unit rumah dengan total anggaran Rp 1,116 triliun. Lantas bagaimana cara mendapatkan bantuan tersebut? Temukan caranya dengan klik tautan ini!

3. Ini Tipe Rumah yang Bisa Didapat dari Program Tapera

Pemerintah dan DPR telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) menjadi Undang-Undang dalam Rapat Paripurna pada Selasa 23 Februari 2016. Dengan UU ini diharapkan mampu mengurangi backlog perumahan yang mencapai 15 juta unit.

Lalu tipe rumah seperti apa yang bisa didapatkan oleh masyarakat yang ikut dalam program tabungan tersebut? Baca selengkapnya di sini!


Source: liputan6.com
Pengusaha: Tenaga Kerja RI Hanya Dicetak Jadi Pemikir

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai sebagian besar sumber daya manusia (SDM) Indonesia merupakan lulusan ilmu murni. Hanya sebagian kecil yang memiliki keterampilan.

Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani mengatakan, sejak tahun 90-an, sebagian besar tenaga kerja Indonesia minim keterampilan. Hal ini bahkan dinilai tidak mengalami banyak perubahan hingga saat ini.

"Belum banyak perubahan dari tahun 1992 sampai saat ini. Kita belum punya tujuan dari tenaga kerja kita akan dibawa ke mana. Sebagian besar kualitas SDM kita masih di bawah SMA," ujarnya di Jakarta, Sabtu (27/2/2016).

Baca Juga

  • SDM Berpendidikan Tinggi Dorong Daya Saing RI
  • Sektor Ini Paling Banyak Diburu Tenaga Kerja Indonesia
  • BPS Bakal Rekrut 300 Ribu Pekerja untuk Sensus Ekonomi

Source: liputan6.com