Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Senin, 15 Febuari 2016
Hindari 6 Hal Ini Jika Tak Mau Reputasi Jelek di Kantor

Liputan6.com, Jakarta - Setiap pegawai pasti tidak ingin untuk memiliki citra diri yang buruk di tempat kerja. Bagaimanapun juga, Anda harus bisa bersosialisasi dengan rekan kerja lainnya agar suasana di kantor lebih menyenangkan.

Selain itu, citra yang baik juga harus diciptakan agar Anda bisa dihargai dan selalu dipercaya oleh rekan kerja. Lalu, bagaimananya caranya mempertahankan citra yang baik di kantor? Mengutip themuse.com, Senin (14/2/2016) berikut ulasannya:

1. Setengah-setengah melakukan pekerjaan

Akan lebih baik Anda untuk mengaku di awal apabila memang tidak sanggup untuk memenuhi pekerjaan tertentu. Mengerjakan pekerjaan secara tidak maksimal malah akan memperburuk citra Anda di kantor.

2. Tidak Jujur

Pegawai atau karyawan merupakan tulang punggung penggerak dan penentu keberhasilan sebuah perusahaan. Karyawan yang jujur dan dapat menguntungkan bagi perusahaan jauh lebih besar.

3. Tidak mengakui kesalahan

Banyak pegawai yang tidak ingin mengakui kesalahan yang mereka lakukan karena takut menanggung konsekuensi dari perbuatannya tersebut. Padahal, hal ini justru akan membuat mereka semakin tidak dipercaya


Source: liputan6.com
Ingin Punya Rumah dari Ciputra? Yuk Simak Ulasan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak ingin mendapatkan rumah dari pengembang ternama dan sudah memiliki rekam jejak yang mumpuni seperti Ciputra Group?.

Kualitas bangunan yang apik serta konsep hunian yang terintegrasi lengkap dengan beberapa fasilitas menarik di dalamnya menjadi bukti nyata grup Ciputra yang dinobatkan sebagai Top Property Award 2016.

Konsep perumahan yang dimiliki Ciputra Group cukup beragam. Mulai dari perumahan elite hingga perumahan bersubsidi, ditawarkan dengan harga yang kompetitif. Sebagai contoh perumahan untuk kalangan elite terdapat di Semarang seperti: Citra Grand Semarang dan Citra Sun Garden.

Perumahan untuk kalangan menengah dengan harga yang terjangkau berkisar Rp 600 juta-Rp 650 juta ada di daerah Tangerang yakni Citra Raya. Sedangkan perumahan dengan jenis bersubsidi tersebar ratusan di kawasan Bogor dan Maja-Banten.

Rumah bersubsidi di Bogor, Ciputra Group menawarkan Perumahan Ebony dengan kisaran harga Rp 149 juta-Rp 321 juta. Untuk kawasan Maja-Tangerang, grup Ciputra menawarkan Perumahan Citra Maja Raya dengan kisaran harga Rp 133 juta – Rp 241 juta.

Semuan perumahan tersebut tidak hanya dapat memberikan kenyaman hunian, tetapi juga memiliki daya tarik investasi di masa depan.

Kesempatan "emas" ini bisa Anda peroleh dengan pelayanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari Bank Mandiri yang tentu sangat menggiurkan. Pelayanan tersebut berupa promo bunga cicilan yang rendah dengan jangka waktu yang dapat diterima.

KPR Bank Mandiri memberikan dua jenis bungan cicilan yakni promo bunga 9,25 persen dengan cicilan selama tiga tahun dan promo kedua dengan bunga 9,75 persen fixed selama lima tahun.

Faruq Abilah, Marketing KPR Bank Mandiri Cabang Depok menerangkan bunga spesial ini berlaku bagi masyarakat berdomisili atau bekerja di Jabodetabek yang ingin memiliki rumah dari pengembang nasional ternama, seperti grup Ciputra.

"Calon pembeli bisa membeli rumah baru maupun rumah second, asal memenuhi syarat yang ditentukan. Misalnya, bila ingin membeli rumah baru, kondisi rumah harus ready stock dan sertifikat rumah sudah dalam kondisi dipecah. Artinya, bukan lagi atas nama perusahaan pengembang," ujar Faruq dinukil dari www.rumah.com, Senin (15/2/2016).

Faruq menambahkan, bila hendak membeli rumah second calon pembeli harus melalui broker yang sudah bekerja sama dengan KPR Mandiri, seperti Century 21 dan Era White.

Ada pun cara untuk mendapatkan bunga spesial yang ditawarkan KPR Bank Mandiri, Anda bisa langsung menyambangi KPR Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Jabodetabek. Sejumlah hal yang perlu dibawa terdiri atas surat pernyataan sebagai karyawan sudah tetap terhitung selama dua tahun, keterangan KTP, buku nikah (bagi yang sudah menikah), NPWP, dan rekening koran.

Promo bunga spesial ini akan berlaku dari periode Februari- akhir Maret 2016. Pilihan promo bunga spesial tentunya akan ditentukan dengan tahap screening oleh pihak KPR bank untuk melihat kesanggupan pembayaran oleh pihak calon pembeli. (Kantri/Ahm)

Foto: bankmandiri.co.id


Source: liputan6.com
Begini Rumah Ratusan Miliar Dr. Oz

Liputan6.com, Jakarta - Setelah memiliki rumah di Cliffside Park, New Jersey, Amerika Serikat (AS) dengan kisaran harga Rp 202miliar, dokter ahli jantung ternama Dr. Oz kini kembali membeli rumah seharga Rp 243miliar di Palm Beach, Florida.


Mansion milik Dr. Oz.

Rumah berbentuk mansion dengan luas 1.028 meter persegi (m2) ini merupakan karya desain arsitek terkenal, Addison Mizner. Karena begitu luasnya, rumah ini memiliki 12 kamar tidur, 13 kamar mandi, satu kolam renang, lapangan tenis, dan empat tempat untuk ruang hangat.

Seperti dilansir dari www.rumah.com, mansion ini berada pada kawasan terkenal Louwana estate yang cukup prestisius. Lokasi yang berdekatan dengan pantai Florida dengan pemandangan yang indah.

 
Pemandangan dekat mansion yang berdekatan dengan Pantai Florida

Desain interior mansion Dr. Oz ini memiliki ciri khas sang pemilik yang selalu terlihat rapi. Sejumlah ruang tamu menunjukkan kesan formal dan elegan. Langit-langit ruangan yang terbuat dari kayu memperkuat kesan tradisional.

Sensasi lain yang dimiliki pada mansion mewah ini adalah pemandangan laut yang bisa dinikmati dari ruang makan. Lantai berwarna tanah liat yang dipercantik dengan french door menambah hangat ruang makan ini.
Ruang makan yang memiliki pemandangan laut yang biru


Ruang pemanas yang didesain sangat klasik dan terlihat formal.


Kamar tidur yang memiliki pemandangan indah langsung ke pantai.

Keunikan yang lain dari mansion ini adalah ruang pemanas api yang antik, dengan lantai parket yang tentu akan memberikan suasana hangat bila musim dingin tiba.

Untuk memberikan kesan laut yang lebih kuat, fasilitas kolam renang didesain hampir serupa dengan pantai. Hal itu, terlihat kondisi air kolam renang yang memiliki rasa asin. Sehingga, pemilik rumah akan lebih merasakan suasana pantai meski berada di dalam rumah.

Dr. Oz, yang memiliki nama lengkap Mahmet Cengiz Oz merupakan dokter ternama yang sukses setelah tampil di program Oprah Winfrey. Namanya kian tenar setelah akhirnya menjadi pembawa acara sekaligus pakar kesehatan pada program Dr. Oz.

Palm Beach, Florida memang menjadi primadona para tokoh Amerika untuk membeli rumah. Yoko Ono, misalnya sudah membeli rumah di kawasan ini sejak tahun 1980. Dilansir dari Torontosun.com, istri dari mendiang John Lennon ini membeli rumah seharga Rp 716miliar.


Rumah milik Yoko Ono, Istri mendingan John Lennon.

Meskipun berada di Amerika, desain bangunan rumah di Palm Beach, Florida kebanyakan mengadopsi gaya arsitektur bergaya Spanyol. Selain itu, kawasan ini kian prestis sebab terdapat kolam renang yang kerap dikunjungi para selebritis hollywood.

Kolam renang tersebut berada di dalam Hotel Polo Lounge yang cukup dekat dengan mansion milik Dr. Oz. Jarah kedua rumah tersebut hanya terpaut tiga kilometer saja. Harga untuk menginap satu malam di hotel ini dibanderol sebesar Rp 3,39 juta.

Feature picture: variety.com

 


Source: liputan6.com
Mengenal DIRE, Dana Investasi Real Estate

Liputan6.com, Jakarta - DIRE (Dana Investasi Real Estate), atau juga disebut dengan REIT (Real Estate Investment Trust), merupakan sarana investasi yang memungkinkan penghimpunan dana dari masyarakat pemodal yang dikelola oleh sebuah perusahaan investasi untuk diinvestasikan pada aset real estate (properti), seperti tanah, bangunan, gedung, pusat belanja, dan lain-lain.

Jadi, dengan modal yang sedikit, para investor bisa berinvestasi di sektor properti. Investasi ini dilakukan secara langsung, yakni dengan membeli sebuah gedung kemudian menyewakannya atau tidak langsung, yakni dengan membeli saham atau obligasi perusahaan properti.

DIRE diwajibkan menginvestasikan setidaknya 80 persen dari dana yang dikelolanya ke sektor properti, di mana minimal 50 persen harus berbentuk aset properti langsung.

Dikutip dari Rumah.com, sebagai sarana investasi, DIRE juga memiliki risiko. Lantaran bermain di sektor properti, maka kinerjanya sangat bergantung pada sektor properti.

Baca Juga

  • Jurus Pemerintah Dongkrak Penerbitan DIRE
  • Pajak Berganda Dihapus, Emiten Properti Minati Terbitkan DIRE
  • Proyek LRT Pacu Pembangunan Apartemen di Pinggiran Kota

Source: liputan6.com
Suka Pindah Kerja? Siap Menanggung 4 Kerugian Ini

Liputan6.com, New York - Salah satu cara yang sering dilakukan pegawai untuk meningkatkan karier adalah dengan berpindah kerja ke tempat lain. Di tempat baru biasanya pegawai mampu mendapatkan posisi yang lebih baik serta gaji yang lebih tinggi.

Namun, terlalu sering berpindah kerja juga akan berdampak buruk pada keberlangsungan karier Anda. Apa saja kerugian yang dapat Anda hadapi apabila terlalu sering berpindah-pindah kerja? Berikut ulasannya melansir laman Forbes, Senin (15/2/2016):

1. Susah Dapat Promosi

Menurut studi yang dilakukan oleh Profesor Matthew Bidwell dari Wharton Management, kandidat yang ditarik dari luar perusahaan biasanya memiliki performa yang kurang baik dibanding pegawai yang sudah bekerja di perusahaan untuk jangka waktu tertentu.

Untuk itu, sebagian besar perusahaan lebih memilih untuk mengangkat karyawannya dibanding harus menggaet pegawai baru untuk ditempatkan pada posisi yang lebih tinggi.

2. Sulit Dipercaya

Riwayat pekerjaan Anda yang suka berpindah-pindah pekerjaan bisa menjadi bumerang buruk bagi citra Anda di kantor. Rekan kerja bahkan atasan akan sulit mempercayai kredibilitas yang Anda miliki pada perusahaan.

Mereka segan untuk menginvestasikan waktu dan tenaga untuk mengajarkan Anda akan hal baru karena takut Anda tidak akan kembali pindah kerja di waktu yang singkat.


Source: liputan6.com
4 Fakta Penting Soal Wawancara Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi kalau proses wawancara kerja merupakan faktor paling kritikal yang harus Anda lalui sebelum mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar mengerti bagaimana cara mempersiapkan diri semaksimal mungkin.

Namun ternyata ada beberapa hal yang belum banyak orang ketahui tentang proses wawancara kerja. Mengetahui 4 hal ini bukan hanya dapat memberikan gambaran baru bagi Anda, namun juga akan memberikan manfaat tersendiri apabila Anda tahu bagaimana mengakalinya.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang wawancara kerja seperti dilansir dari themuse.com, Senin (14/2/2016):

1. Anda bukan satu-satunya kandidat yang diwawancara

Walaupun Anda melamar ke posisi yang hanya mampu diisi oleh segelintir orang, bukan berarti Anda merupakan satu-satunya kandidat yang harus diwawancara pihak HRD pada hari itu.

Nyatanya, banyak pegawai HRD yang menuturkan bahwa rata-rata mereka bisa bertemu lebih dari 10 kandidat sehari dengan posisi yang berbeda-beda.

Terbayang kan betapa penatnya hari pegawai HRD apabila mereka harus bertemu dengan banyaknya calon pegawai dan menentukan mana sekiranya calon yang paling pas untuk mengisi jabatan.

Untuk menghindari hal ini, maka pastikan Anda harus benar-benar siap dan datang tepat waktu saat jadwal wawancara tiba. Jangan lupa untuk menciptakan suasana wawancara yang menyenangkan ketika sudah masuk ruangan.

2. HRD takj benar-benar mengerti akan jobdesk jabatan tertentu

Hal ini sangat mungkin terjadi apalagi ketika jabatan yang Anda incar merupakan posisi yang baru. Jika hal ini terjadi, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bertanya tentang arahan yang bisa Anda dapat ketika Anda masuk ke dalam pekerjaan tersebut.

Setidaknya itu dapat menjadi gambaran tersendiri tentang pekerjaan yang nantinya Anda lakukan.


Source: liputan6.com
Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memiliki Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Membeli rumah merupakan salah satu keputusan terbesar dalam hidup lantaran rumah tersebut bakal menjadi hunian selamanya. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya dalam membeli rumah dilakukan secara hati-hati dan tidak ceroboh.

Banyak hal yang mesti diperhatikan dalam membeli rumah, di antaranya dari segi harga maupun kemampuan keuangan untuk memiliki rumah itu.

Nyatanya, membeli rumah tidak hanya mempertimbangkan aspek itu saja. Ada aspek penting lain seperti kondisi lingkungan supaya penghuni rumah menjadi kerasan.

Dikutip dari Asian Correspondent, Senin (15/2/2016) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membeli rumah:

1. Cari Agen yang Baik

Banyak pencari rumah mencari rumah baru dengan memanfaatkan agen layanan penyedia rumah. Untuk memilih agen yang tepat, tak ada salahnya Anda meminta rekomendasi dengan orang-orang yang ada di sekitar Anda.

2. Percaya pada Naluri

Bila sudah menemukan rumah yang akan dibeli, gunakan perasaan atau intuisi Anda. Tentu dalam hal ini cuma Anda yang tahu rumah seperti apa yang dinginkan. Percayalah pada naluri Anda.

3. Perhatikan Lingkungan Sekitar Rumah

Ketika membeli rumah, aspek lingkungan menjadi salah satu pertimbangan utama. Pastikan lingkungan yang ada di sekitar rumah tepat bagi Anda. Anda mesti melihat apakah rumah itu dekat dengan tempat belanja, makan serta sekolah.

4. Pilih yang Dibutuhkan

Sebaiknya calon pembeli rumah mesti tahu apa yang dibutuhkan. Maka dari itu Anda mesti melihat secara detil desain rumah yang ingin ditempati. Misalnya, jika Anda suka memasak maka carilah rumah dengan dapur yang luas.

5. Melihat desain rumah

Saat akan membeli rumah bayangkan Anda benar-benar akan tinggal di situ. Dari situ Anda bisa merancang furnitur apa saja yang akan dipasang.

6. Periksa Anggaran

Anggaran menjadi hal terpenting dalam memiliki rumah. Pembelian rumah tidak hanya menimbang aspek uang muka namun cicilan yang akan Anda bayarkan ke depannya. Dalam memiliki rumah, Anda mesti mengingat jika punya rumah harus membayar hal lain-lain seperti pajak. (Amd/Gdn)


Source: liputan6.com
Menanti Data Ekonomi, IHSG Berpeluang Naik

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan saham Senin pekan ini. Sentimen pelaku pasar menanti rilis suku bunga acuan atau BI Rate dan global akan membayangi laju IHSG.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan IHSG sedang berusaha menguji level support 4.710. Selama support tersebut lulus uji maka pergerakan IHSG menuju level resistance 4.821.

"Potensi kenaikan IHSG masih terlihat jika mencermati sisi aliran dana yang masih terus terjadi, dan kondisi ekonomi yang masih stabil turut menunjang hal tersebut," ujar William dalam ulasannya Senin (15/2/2016).

William menambahkan, rilis suku bunga acuan atau BI Rate juga dinantikan oleh pelaku pasar. Akan tetapi, pelaku pasar mesti menjaga kewaspadaan terhadap fluktuaktif harga minyak.

Hal senada dikatakan Analis PT Investa Saran Mandiri Hans Kwee. Ia menuturkan, rilis BI Rate dinantikan oleh pelaku pasar pada pekan ini. Hal itu menjadi sentimen dalam negeri yang pengaruhi IHSG.

Baca Juga

  • IHSG Bergerak ke Zona Merah di Awal Sesi
  • Investor Asing Jual Saham, IHSG Turun 61 Poin
  • Paket Kebijakan Ekonomi Jilid 10 Diprediksi Dorong IHSG

Source: liputan6.com
Melantai di Bursa, Ini Untungnya Buat BUMN

Liputan6.com, Jakarta - ‎Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong perusahaan BUMN untuk menawarkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (Initial Public Offering/IPO)

Bukan tanpa alasan Kementerian BUMN mendorong hal itu. Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro mengaku ada beberapa keuntungan jika saham perusahaan bisa ditawarkan ke publik.

"Jelas banyak keuntungan, seperti salah satunya perusahaan lebih transparan‎," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (15/2/2016).

Usai go public, saham BUMN tidak hanya dikuasai pemerintah, tapi juga dimiliki masyarakat, sehingga perusahaan harus transparan dan mengumumkan pencapaian kinerjanya secara rutin.

Dikutip dari dokumen resmi PT Bursa Efek Indonesia, disebutkan cukup banyak manfaat yang dapat diperoleh perusahaan ketika menjadi perusahaan yang go public melalui pencatatan perdana saham.

Baca Juga

  • JK Harap Banyak BUMN yang Melantai di Bursa
  • Setahun, Waktu Ideal Perusahaan BUMN Masuk Pasar Modal
  • Menteri Rini Siapkan IPO Anak Usaha BUMN pada 2016

Source: liputan6.com
Tol Cikampek Banjir, YLKI Usul Konsumen Dapat Ganti Rugi

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)  mendesak PT Jasa Marga Tbk (JMSR)memberikan ganti rugi kepada konsumen. Sebab, banyak kendaraan yang rusak karena kebanjiran di Tol Cikampek.

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi menerangkan, akibat hujan deras kemarin tol Cikampek dilanda banjir yang cukup tinggi. Hujan yang deras juga membuat gardu tol pintul Tol Cikunir ke arah Pondok Indah roboh.

"Bagaimanapun banjir di TolCikampek merupakan kejadian yang tragis. Ini menandakan sistem drainase di TolCikampek tidak berfungsi optimal, bahkan mungkin tidak ada," kata dia dalam keterangan pers,Jakarta, Senin (15/2/2016).

Baca Juga

  • ‎Tol Cikampek Km 34 Banjir 30 Cm, Lalu Lintas Macet
  • Atap Pintu Tol Cikunir yang Roboh Dipindahkan dengan Alat Berat 
  • Jasa Marga: Perbaikan Pintu Tol Cikunir II Rampung 1-2 Hari

Source: liputan6.com
Ramalan Zodiak Soal Karier dan Keuangan Pekan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentunya berharap masalah keuangan dan kariernya selalu dalam keadaan baik. Namun hal tersebut tidak dapat selalu terjadi.

Bisa dibilang hidup seseorang, baik dalam urusan keuangan maupun karier ada saatnya berada di atas dan ada saatnya berada di bawah.

Peramal Suhu Naga mencoba menerawang kondisi keuangan dan karier pada minggu ini berdasarkan zodiak, berikut ulasannya.

1. Capricorn (23 Desember-20 Januari)

- Karier: di posisi yang sedang-sedang saja. ‎Tetapi disarankan untuk selalu meningkatkan karier keberuntungan, harus banyak meningkatkan keterampilan dan harus belajar lebih luwes
- Keuangan: stabil-stabil saja.

2. Aquarius (21 Januari-19 Februari)

- Karier: ada deal-deal bisnis yang bagus, hanya saja diharapkan tidak cepat puasa diri dan memiliki strategis yang baru untuk menghadapi deal bisnis tersebut.
- Keuangan: sedang bagus.‎

3. Pisces (20 Februari-20 Maret)

- Karier:  ambisi dan pencapaian belum seimbang. Harus menata kembali managemennya, lihat antara keuntungan di depan mata dan keuntungan jangka panjang dan jangan banyak spekulasi.
‎- Keuangan: pengeluaran cenderung boros‎.

4. Aries (21 Maret-20 April)

- Karier: pada satu sisi ambisinya lebih besar dari kemampuan, sehingga ada sisi yang membuat jadi salah sasaran, atau tidak fokus.
- Keuangan: harus kencangkan ikat pinggang dan hemat.


Source: liputan6.com
Konsultasi Pajak: Penghasilan Tak Jelas Wajib Bayar Pajak?

Liputan6.com, Jakarta - Selamat siang, nama saya Grace. Saya terakhir bekerja adalah Desember 2014. Sepanjang tahun 2015 saya sama sekali tidak bekerja hanya mengandalkan tabungan & penghasilan tidak tetap (di bawah Rp 3 juta).

Bagaimana untuk pembayaran pajak tahun 2015 saya? Karena saya tidak memiliki surat pemotongan pajak dari perusahaan manapun. Formulir mana yang harus saya gunakan? Bagaimana dengan surat pemotongan pajaknya? Mohon bantuannya. Terimakasih.

Pengirim: yume_cutXXXX@yahoo.com>

Jawaban:

Berhubung Saudari tidak menjelaskan sumber penghasilan tidak tetap yang Saudari peroleh dan Saudari tidak memperoleh bukti potong PPh dari perusahaan mana pun, kami mengasumsikan bahwa penghasilan Saudari berasal dari pekerjaan bebas, misalnya pengajar, pemain musik, perantara konsultan dan kegiatan sejenis.

Dalam hal melakukan pekerjaan bebas, maka Saudari harus melaporkan penghasilan Saudari dengan menggunakan formulir 1770. Selain itu, berhubung penghasilan bruto Saudari selama tahun 2015 tidak melebihi Rp 4,8 miliar maka Saudari tidak diwajibkan untuk menyelenggarakan pembukuan.

Wajib Pajak Orang Pribadi pekerja bebas yang tidak menyelenggarakan pembukuan, menghitung penghasilan neto dengan menggunakan Norma Penghasilan Neto dengan cara mengalikan angka presentase Norma Penghitungan Penghasilan Neto (diatur di dalam PER-17/PJ/2015) dengan penghasilan bruto dari pekerjaan bebas dalam 1 (satu) Tahun Pajak.

Dalam menghitung besarnya PPh yang terutang, terlebih dahulu dihitung Penghasilan Kena Pajak dengan mengurangkan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari penghasilan neto lalu dikalikan dengan tarif umum PPh Pasal 17 UU PPh.

Misalkan penghasilan Saudari berasal dari Jasa Fotografi sebesar Rp. 3 juta per bulan. Persentase Norma Perhitungan Penghasilan Neto untuk Jasa Fotografi sesuai dengan norma KLU 74201 adalah 50%. Perhitungan PPh terutang adalah:

Penghasilan Neto dari Jasa Fotografi : 50% x (12 x Rp 3.000.000) = Rp.18.000.000

PTKP setahun untuk diri Wajib Pajak Sendiri (status single)           = Rp 36.000.000

Penghasilan Kena Pajak                                                                        Nihil

 
Penghasilan Kena Pajak adalah Nihil karena penghasilan neto masih dibawah PTKP.

Berdasarkan perhitungan tersebut maka atas penghasilan Saudari selama tahun 2015 tidak dikenakan pajak karena masih di bawah PTKP. Sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku Saudari tidak diwajibkan untuk menyampaikan SPT PPh Orang Pribadi untuk tahun 2015.

Namun jika penghasilan Saudari diperoleh dari usaha dagang tetapi bukan dari usaha semacam warung tenda, dagang keliling (asongan), maka penghasilan Saudari yang dibawah Rp. 3 juta tiap bulan akan dikenakan PPh Final 1% dari peredaran bruto (omset) sesuai Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2013 yang wajib disetorkan paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya. Saudara wajib melaporkan penghasilan final ini dengan mengisi SPT Tahunan WP Orang Pribadi menggunakan Form 1770.

Semoga membantu.

Salam,
Fitrah Purnama Megawati, S.Sos
Citas Konsultan Global
Logo Citasco
www.citasco.com
Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

 


Source: liputan6.com
Harga Minyak Turun Jadi Momen Tingkatkan Ketahanan Energi

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah disarankan memanfaatkan harga minyak dunia yang merosot. Hal itu dengan membuat langkah-langkah yang berguna untuk ketahanan energi di masa depan.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, ketika harga minyak rendah, seharusnya pemerintah membeli minyak dengan volume lebih besar dari biasanya. Minyak tersebut disimpam setelah dikurangi volume konsumsi.

"Dengan selisih harga itu, kenapa kita tidak beli sebanyak itu untuk nimbun‎," kata Tulus, di Jakarta, Senin (15/2/2016).

Tulus menambahkan, cadangan akan bertambah seiring minyak yang disimpan tersebut‎ sehingga akan meningkatkan ketahanan energi yang saat ini hanya sekitar 20 hari. Tabungan juga berguna mengurangi pengeluaran ketika harga minyak kembali tinggi.

Baca Juga

  • Harga Anjlok, Perusahaan Minyak Mulai Berguguran
  • Harga Minyak Dunia Meroket Sambut Rencana OPEC
  • Menteri ESDM Sebut RI Bisa Terperangkap Energi Murah

Source: liputan6.com
Industri E-Commerce Minta Fasilitas KUR

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) menyambut positif langkah pemerintah untuk mengeluarkan peta jalan bagi industri e-commerce. Langkah tersebut dianggap menjadi landasan pembangunan ekonomi Indonesia ke depannya.

Sekretaris Jenderal idEA Ayu Indirawanty mengatakan, asosiasi memberi apresiasi langkah pemerintah karena mengeluarkan industri e-commerce dari Daftar Negatif Investasi (DNI) seperti market place dan iklan baris. Dia berharap, juga diterapkan kepada peritel online.

idEA juga meminta supaya ke depan industri perintis e-commerce mendapat fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) supaya industri tersebut dapat jauh berkembang.

"Pilihan akses pendanaan yang tidak semata didominasi konglomerat lokal, serta yang terpenting adalah knowledge transfer dan teknologi dari para pemain asing yang sudah berkecimpung di industri," ujar dia dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (15/2/2016).

Asosiasi juga ingin perusahaan digital memiliki kesempatan melakukan penawaran saham ke publik. Menurutnya, langkah itu sebagai pemerataan pendapatan sehingga tak hanya dinikmati oleh segelintir perusahaan dan investor besar.

Baca Juga

  • DNI Baru demi Lindungi Pelaku UMKM
  • RI Jadi Pasar Potensial Alasan E-commerce Ini Diluncurkan
  • ‎Pemerintah Sepakati Panduan Pengembangan E-Commerce

Source: liputan6.com
Pengusaha Minta Revisi Aturan Ekspor Industri Hasil Hutan

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha meminta Kementerian Perdagangan merevisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 89 Tahun 2015 tentang Ekspor Industri Hasil Kehutanan. Aturan ini dinilai bertentangan dengan ratifikasi yang sudah ditandatangani dengan Uni Eropa. Dampaknya produk ekspor hasil hutan RI ke Eropa menjadi terhambat.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) Liana Bratasida mengatakan salah satu isi dalam Permendag tersebut yaitu menghapuskan kebijakan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) bagi produk furnitur.

Ketentuan ini bertentangan dengan perjanjian Forest Law Enforcement Governance and Trade Voluntary Partnership Agreement (FLEGT VPA) yang sudah ditandatangani Indonesia dengan Uni Eropa.

"Dampaknya kita ekspor ke Eropa harus diperiksa dan kena biaya US$ 2.000-US$ 2.500 per invoice. Kita jadi rugi waktu dan biaya," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (15/2/2016).

Baca Juga

  • Penghentian Izin HTI Bikin Pasokan Bahan Baku Kertas Turun 48%
  • Pemerintah Janji Konsisten untuk Tambah Nilai Produk Ekspor
  • Pengusaha Keluhkan Pembekuan Izin Usaha Kehutanan

Source: liputan6.com
RI Punya Koperasi Berkelas Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Koperasi di dalam negeri rupanya berhasil masuk dalam daftar 300 koperasi berkelas dunia. Rating ini dibuat oleh organisasi koperasi internasional, yaitu International Co-operative Alliance (ICA).

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, koperasi Indonesia yang berhasil menembus 300 koperasi kelas dunia yaitu Koperasi Telkomsel (Kisel) Jakarta. Koperasi ini menjadi satu-satunya wakil Indonesia dalam rating tersebut.

"Koperasi di Indonesia sudah ada yang berhasil menembus koperasi dunia, yaitu Koperasi Telkomsel yang berada di peringkat 123 dari 300 koperasi berkelas dunia," ujar dia di Jakarta, Senin (15/2/2016).

Dia menjelaskan, negara yang mempunyai perwakilan dalam daftar tersebut justru Amerika Serikat (AS). Negeri Paman Sam menyumbang 100 koperasi yang masuk dalam daftar koperasi berkelas dunia versi ICA ini.

Baca Juga

  • Alasan Menkop UKM Siapkan Koperasi Jadi Penyalur KUR
  • Kemenkop Targetkan 10 Koperasi Jadi Penyalur KUR di 2016
  • Koperasi Diusulkan Bisa Kuasai Saham BUMN

Source: liputan6.com
Pertamina, Shell dan Total, Mana yang Turunkan Harga BBM?

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero), PT Shell Indonesia, dan PT Total Indonesia, tiga perusahaan yang mendapat izin mendirikan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Indonesia, saling berlomba menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi. Penurunan tersebut dilakukan karena harga minyak dunia juga turun.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com pada SPBU 34-12510 milik Pertamina di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (15/2/2016), Pertamax 92 dibanderol pada angka Rp 8.150 per liter. Harga Pertamax turun dari harga pada 1 Februari 2016 lalu yang ada di level Rp 8.350 per liter.

Baca Juga

  • Pertamina, Total dan Shell Turunkan Harga BBM, Ini Rinciannya
  • Total Turunkan Harga, Bagaimana Pertamina dan Shell?
  • Ini yang Terjadi Jika Premium Hilang di Jakarta

Source: liputan6.com
Cara Sederhana Hindari Masalah Keuangan

Liputan6.com, Jakarta - Hobi belanja seringkali menjadi kambing hitam ketika keuangan porak-poranda. Ya, memang sisi finansial bukanlah segalanya. Namun, kemapanan finansial akan membuat hidup terasa lebih nyaman.

Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan bekerja. Saat mulai bekerja, Anda akan memiliki penghasilan sendiri.

Namun memiliki penghasilan sendiri bukanlah titik akhir dari perjalanan keuangan. Anda harus bisa mengaturnya pula.

Bila gagal melakukannya, sudah pasti Anda akan mengalami masalah keuangan pelik di kemudian hari.

Nah, untuk membantu agar bisa terhindar dari masalah keuangan yang saat ini sering terjadi, alangkah lebih baik bila Anda melakukan beberapa hal di bawah ini seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (15/2/2016):

1. Lakukan Cek Situasi Keuangan Secara Rutin

Bila Anda sadar kalau kondisi finansial sehat itu penting. Hal ini akan membuat Anda mau mencari tahu persis kondisi keuangan sendiri.

Untuk bisa mengetahui keuangan finansial sendiri, maka alangkah lebih baik bila Anda mencatat laporan keuangan bulanan, seperti pendapatan dan pengeluaran.

Nah, untuk masalah neraca yang mencakup aset dan utang, Anda bisa memantaunya secara berkala. Bisa setiap tiga atau enam bulan sekali, tergantung seberapa banyak jumlah harta yang dimiliki.

2. Atur Alokasi Pendapatan Setiap Bulan

Ini yang sering kali menjadi batu sandungan. Menggunakan pendapatan secara sembarangan bisa menyebabkan situasi dan kondisi keuangan menjadi tidak stabil.

Secara umum, ada ketentuan khusus mengenai ini, yaitu 35 persen untuk bayar cicilan, 10 persen untuk investasi, 5 persen untuk sedekah, dan 10 persen untuk premi asuransi.

Sisanya 40 persen bisa Anda gunakan untuk biaya hidup sehari-hari. Entah itu berbelanja kebutuhan atau bahkan gaya hidup. Akan lebih baik lagi bila Anda mampu menyisihkan dari 40 persen itu untuk dana investasi dan tabungan.

3. Buat Beberapa Akun Bank

Lebih baik memang seperti itu. Biasakan diri untuk membuat alokasi budget berdasarkan tujuan penggunaan. Setiap Anda mendapat penghasilan, langsung pisahkan berdasarkan urgensinya. Misalnya, dana darurat, operasional harian, dan tahunan.

Cara tergolong efektif untuk mengontrol pemakaian dana. Selain itu, hal ini pun kemungkinan tidak akan mengganggu atau tumpang tindih dengan pos dana yang lainnya.


Source: liputan6.com
‎Melantai di Bursa, BUMN Jadi Milik Asing?

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali mendorong perusahaan plat merah untuk melantai di bursa atau initial public offering (IPO). Hal ini diyakini bakal membawa banyak keuntungan bagi BUMN, mengingat tugasnya sebagai penggerak ekonomi nasional.

Namun, banyak opini yang timbul di masyarakat bahwa dengan melepas saham ke masyarakat, maka hal itu sebagai cara lain untuk menjual perusahaan ke asing. Benarkah demikian?

Dikutip dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), meski saham perusahaan BUMN melantai di bursa dan masyarakat memiliki kesempatan untuk membeli sahamnya, namun pemerintah masih menjadi pemegang saham mayoritas perusahaan, dengan jumlah lebih dari 50 persen.

Dengan porsi saham yang masih dominan tersebut, pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN memiliki kemampuan untuk menentukan pengelolaan atau kebijaksanaan perusahaan itu sendiri.

"Kalau kepemilikan saham pemerintah mayoritas itu sudah kewajiban karena aturannya memang begitu," Kepala Bidang Komunikasi Publik Kementerian BUMN, Teddy Purnama saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (15/2/2016).

Baca Juga

  • Saham BUMN Jadi Pilihan Investor
  • Melantai di Bursa, Ini Untungnya Buat BUMN
  • Koperasi Diusulkan Bisa Kuasai Saham BUMN

Source: liputan6.com
RI Cetak Surplus US$ 50 Juta, IHSG Naik 23 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada sesi pertama perdagangan saham di awal pekan ini. Penguatan IHSG ini juga ditopang dari surplus neraca perdagangan sekitar US$ 50,6 juta pada Januari 2016.

Pada penutupan sesi pertama perdagangan, Senin (15/2/2016), IHSG naik 23,17 poin atau 0,49 persen ke level 4.737,56. Indeks saham LQ45 naik 0,60 persen ke level 830,32. Seluruh indeks saham acuan kompak menghijau pada hari ini.

Ada sebanyak 149 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. Sedangkan 93 saham lainnya melemah dan 71 saham diam di tempat. Di sesi pertama perdagangan saham hari ini, IHSG berada di level tertinggi 4.761,70 dan terendah 4.732,68.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 112.083 kali dengan volume perdagangan saham 2 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 2,8 triliun.

Baca Juga

  • RI Cetak Surplus Perdagangan US$ 50,6 Juta pada Januari 2016
  • Bursa Saham Asia Angkat IHSG 35 Poin
  • Menanti Data Ekonomi, IHSG Berpeluang Naik

Source: liputan6.com
Fakta Menarik Seputar Negara Terkorup dan Terbersih di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Kasus korupsi menjadi salah satu masalah yang serius dalam sebuah negara. Salah satunya Indonesia. Namun, Indonesia bukan satu-satunya negara yang punya masalah korupsi.

Menurut Transparency.org, 68 persen negara di seluruh dunia punya masalah korupsi yang serius. Separuh dari jumlah itu adalah negara yang masuk dalam negara G20.

Transparency.org itu juga menyebutkan, tak ada satu negara di belahan dunia yang terbebas dari masalah ini. Yang membedakannya adalah separah apa kasus tersebut.

Corruption Perception Index jelas menunjukkan bahwa korupsi jadi kutukan di seluruh dunia. Tapi di 2015 juga terjadi banyak protes perlawanan terhadap korupsi. Orang di seluruh dunia mengirim sinyal yang kuat untuk melawan itu," ujar kepala Transparency International Jose Ugaz.

 

Baca Juga

  • 25 Negara dengan Pemerintahan Terburuk Sedunia
  • 10 Negara Paling Korup di Dunia, Mana Saja?
  • Ini Negara-negara yang Paling Dibenci

Source: liputan6.com
Uni Eropa Siap Sediakan Pekerjaan Bagi 1,1 Juta Orang

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi ekonomi yang kurang sehat membuat Panasonic dan Toshiba harus restrukturisasi. Ribuan orang diperkirakan bakal terkenak gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK). Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Guerend mengatakan Uni Eropa siap untuk membuka lapangan kerja baru dan dapat menampung mereka yang kena PHK.

"Saya baru saja ingat, Perusahaan-perusahaan Eropa siap untuk menyediakan lapangan kerja yang dapat menampung 1,1 juta orang di Indonesia," kata Guerend, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (15/2/2016).

Baca Juga

  • Angin Segar di Tengah Kabar PHK
  • Menaker: Penyerapan Tenaga Kerja Lebih Banyak dibanding PHK
  • BKPM: Isu PHK Karyawan Terlalu Berlebihan

Source: liputan6.com
Kepala BKPM akan Promosikan Perubahan DNI ke Investor AS

Liputan6.com, Jakarta- Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani dijadwalkan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggelar kunjungan kerja ke San Fransisco, Amerika Serikat pada pekan ini.

Rencananya, kunjungan kerja tersebut akan dimanfaatkan untuk mempromosikan Daftar Negatif Investasi (DNI). Pekan lalu, pemerintah mengumumkan perubahan DNI, terutama di empat bidang usaha yakni perfilman, e-commerce, farmasi, dan market place.

Kepala BKPM Franky Sibarani menyampaikan, potensi investasi dari Amerika Serikat di ketiga  bidang usaha tersebut cukup besar. Fokus untuk menarik investasi juga dapat mendorong diversifikasi investasi dari Amerika Serikat yang selama ini lebih banyak di sektor pertambangan.

“Dalam DNI baru, sektor-sektor unggulan yakni perfilman, e-commerce, market place dan farmasi akan menjadi daya tarik utama untuk menarik minat investasi investor Amerika Serikat,” jelas dia dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (15/2/2016).

Franky mengaku, pemerintah telah menerima minat perusahaan perfilman ternama AS untuk melakukan ekspansi usaha di Indonesia.

“Untuk bidang usaha perfilman terbuka 100 persen mulai dari sektor produksi, distribusi dan pertunjukan film. Tujuan utama pemerintah adalah menumbuh kembangkan pemain-pemain usaha baru di bidang ini,” dia menuturkan.

Baca Juga

  • Kepala BKPM Apresiasi Peningkatan Investasi Jepang di Banten
  • Kepala BKPM Dapat Keluhan Soal Pasokan Listrik
  • Begini Cara BKPM Kurangi PHK dan Pengangguran

Source: liputan6.com
Tingkat Persetujuan Visa Kunjungan ke Eropa Capai 99%

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Guerend mengatakan, tingkat persetujuan Visa Schengen atau visa kunjungan singkat di Benua Eropa oleh warga negara Indonesia (WNI) ke wilayah tersebut mencapai 99 persen.

"Di saat bersamaan, kami ingat hingga saat ini hampir 99 persen pengajuan visa ke Eropa selalu diterima. Prosesnya pun berjalan sangat cepat," kata Guerend, di Kantor Wakil Presiden,Jakarta, Senin (15/2/2016).

Baca Juga

  • 170 Negara Bakal Bebas Visa di 2016
  • Bebas Visa Demi Genjot Pariwisata
  • Ini Daftar Sementara 84 Negara Bebas Visa ke RI

Source: liputan6.com
Impor Gandum Melonjak pada 2016

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan impor barang konsumsi naik 47,68 persen pada Januari 2016. Lonjakan impor tersebut disebabkan karena kenaikan pengiriman gandum dan amunisi dari luar negeri ke Indonesia ketika harga sedang mengalami penurunan tajam untuk gandum.

Kepala BPS, Suryamin mengatakan meski impor Indonesia di Januari 2016 menurun 13,48 persen dengan nilai US$ 10,45 ‎miliar dibanding Desember 2015 dan merosot 17,15 persen secara tahunan, namun impor golongan barang konsumsi naik 47,68 persen di bulan pertama ini.

"Impor barang konsumsi memang cukup besar, diantaranya karena peningkatan signifikan dari impor gandum untuk bahan baku mie dan roti, serta impor senjata atau amunisi yang naik drastis," ujar Suryamin di kantor BPS, Jakarta, Senin (15/2/2016).

Suryamin mencatat, nilai impor gandum di Januari 2016 tercatat senilai US$ 443,4 juta atau melonjak tajam 86,35 persen. Sementara impor senjata atau amunisi, berdasarkan data BPS mencapai US$ 184,98 juta pada periode Januari tahun ini atau naik signifikan dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 9,18 juta.

Baca Juga

  • RI Defisit untuk Perdagangan Gandum Sampai Beras
  • Pertamina Kurangi Impor Elpiji di 2016
  • RI Bakal Impor Gas dari Papua Nugini

Source: liputan6.com
BPS Bakal Rekrut 300 Ribu Pekerja untuk Sensus Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta - Persiapan Sensus Ekonomi 2016 yang berlangsung pada 1-31 Mei 2016 terus dilakukan. Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai penyelenggara bakal merekrut 300 ribu petugas lapangan untuk menjalankan amanah Undang-Undang (UU) Statistik. Penyerapan tenaga kerja ini diyakini akan mengurangi pengangguran di Indonesia.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo mengungkapkan, penyelenggaraan Sensus Ekonomi 2016 akan membuka lapangan kerja baru sebanyak 300 ribu orang sebagai pekerja paruh waktu. Tenaga mereka dibutuhkan untuk menjadi petugas sensus yang akan mendata puluhan juta responden dari kalangan pebisnis.

"Sensus Ekonomi membutuhkan 300 ribu orang untuk bekerja paruh waktu. Itu artinya 10 persen dari total lapangan kerja yang diperlukan setiap tahun sekitar 3 juta orang," kata Sasmito saat berbincang di kantornya, Jakarta, Senin (15/2/2016).

 

Baca Juga

  • BPS Sensus PKL Hingga Pengusaha Kantoran Tahun Depan
  • BPS Minta Pengusaha Jangan Beri Data Bodong dalam Sensus Ekonomi
  • Anggaran Sensus Ekonomi 2016 Terancam Dipotong

Source: liputan6.com
BNI Buka Cabang di Seoul

Liputan6.com, Jakarta - PT BNI Tbk melebarkan sayap dengan membuka cabang di Seoul Korea Selatan. Cabang ini diharapkan bisa menjembatani perdagangan antara pengusaha di Korea Selatan dengan di Indonesia dan sebaliknya. 

Manager GM BNI Cabang Seoul Wan Andi Aryati menjelaskan, pendirian cabang di Seoul ini bukan sekedar latah ingin tampil di luar negeri. Meski industri perbankan di Korsel sudah begitu saling berdesakan, namun BNI mengaku masih melihat celung-celung pasar yang bisa digarap.

Sebagaimana bank lainnya, target pasar yang disasar adalah bidang perdagangan. BNI Seoul ingin menjadi jembatan kerja sama perdagangan Indonesia - Korsel dengan menyediakan pinjaman dan aneka jasa perbakan terkait. Bukan hanya itu, BNI juga akan memberikan layanan bagi pengusaha Korea Selatan yang ingin investasi di Indonesia.

"Jujur saja, kami juga menyasar pasar tenaga kerja di Korsel yang jumlahnya mencapai 40 ribu orang. Kami berjanji untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi para pahlawan devisa Indonesia," ujarnya seperti keterangan tertulis, Senin (15/2/2016).

Sementara itu, Dubes RI John Prasetio menyatakan bahwa gonjang ganjing ekonomi dunia masih terus terjadi. Pasar saham dan mata uang di beberapa negara terpantau mengalami penurunan. Ini menunjukkan bahwa sentimen ekonomi global belum menggembirakan.

Uniknya, ekonomi Indonesia masih relatif cukup kokoh di tengah guncangan ketidakpastian. Kerjasama perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Korea Selatan masih positif. Permintaan produk Indonesia dan investasi ke tanah air juga bergairah.

"Mereka merespon positif kebijakan ekonomi Presiden Jokowi. itulah mengapa saya ikut yakin bahwa keberadaan BNI di Korea Ini sangat penting untuk menjembatani kerjasama ekonomi kedua belah pihak," ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh BKPM, Investasi langsung Korsel dalam 5 tahun terakhir berada di rangking 4 dengan jumlah lebih dari 7 milyar dolar. Selain itu, saat ini terdapat lebih dari 2700 perusahaan Korea beroperasi di Indonesia. (Gerry/Gdn)


Source: liputan6.com
Angkasa Pura II Kembangkan Bandara Silangit di Tapanuli Utara

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara menandatangani kerjasama pengembangan Bandara Silangit. Kerjasama ini dalam bentuk pemanfaatan lahan di sekitar bandara tersebut.

Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi menuturkan, dalam kerjasama ini pihaknya mendapatkan tugas untuk memanfaatkan lahan seluas 100 hektare (ha) yang berlokasi di Silangit Parik Sabungan, Kecamatan Siborong-Borong.

"Bandara Silangit ini sangat penting. Kita lihat bagaimana strateginya Danau Toba. Kadang kita lupa banyak potensi Nusantara yang membanggakan tapi kita tidak konsisten mengembangkannya‎. Kita sepakat jadikan Bandara Silangit salah satu bandara terkemuka di Sumatera Utara," ujar dia di Jakarta, Senin (15/2/2016).

Baca Juga

  • Pemanfaatan Bandara Pondok Cabe Optimalkan Aset BUMN
  • Beroperasi 30 Januari, Ini Tarif Penerbangan di Bandara Bawean
  • Jepang Ingin Bangun Terminal Bandara Rp 2,7 Triliun di NTB

Source: liputan6.com
Pengusaha Keberatan Restoran Dibuka 100% untuk Asing

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha restoran mengeluhkan kebijakan pemerintah yang membuka peluang lebih besar bagi investor asing pada bisnis restoran dan kafe. Hal tersebut tertuang dalam Paket Kebijakan Ekonomi Jilid 10 yang resmi dirilis pekan lalu.

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Haryadi Sukamdani mengaku, pengusaha sebenarnya tidak keberatan jika pemerintah ingin membuka investasi di sektor tersebut bagi asing sepenuhnya. Namun, harus ada batasan yakni nilai investasi yang ditanamkan harus lebih dari Rp 100 miliar.

"(Dibuka) 100 persen oke, tapi modalnya jangan Rp 10 miliar, tapi US$ 10 juta dolar. Kalau Rp 10 miliar, semua orang bisa. Anak-anak muda kumpul-kumpul bikin kafe bisa (kumpulkan modal usaha Rp 10 miliar)," ujar dia di Jakarta, Senin (15/2/2016).

Baca Juga

  • Orang Asing Kini Bisa Miliki Restoran di Indonesia
  • Rilis Paket Ekonomi 10, Pemerintah Ubah Daftar Negatif Investasi
  • Paket Kebijakan 10 Tarik Minat Uni Eropa Berinvestasi di RI

Source: liputan6.com
Pemodal Lokal Beli Saham, IHSG Naik 26 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu bertahan di zona hijau pada perdagangan saham awal pekan ini. Penguatan IHSG ditopang oleh bursa saham Asia yang positif dan data ekonomi.

Pada penutupan perdagangan saham, Senin (15/2/2016), IHSG naik 26,33 poin atau 0,56 persen ke level 4.740,72. Indeks saham LQ45 menguat 0,69 persen ke level 831,05. Seluruh indeks saham acuan kompak menghijau pada hari ini.

Ada sebanyak 164 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Sedangkan 119 saham melemah sehingga menahan penguatan IHSG. 73 saham lainnya diam di tempat.

Transaksi perdagangan saham pada hari ini cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 230.965 kali dengan volume perdagangan saham 4,1 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 5,2 triliun.

Pada awal pekan ini, IHSG sempat sentuh level tertinggi 4.761,70 dan terendah 4.729,82. Investor lokal mencatatkan aksi beli bersih sekitar Rp 100 miliar. Sedangkan pemodal asing melakukan aksi jual. Nilai tukar rupiah cenderung menguat di kisaran 13.372 per dolar Amerika Serikat (AS).

Baca Juga

  • RI Cetak Surplus US$ 50 Juta, IHSG Naik 23 Poin
  • Bursa Saham Asia Angkat IHSG 35 Poin
  • Bursa Saham Asia Bangkit di Awal Pekan

Source: liputan6.com
PTDI Serahkan Pesawat NC212-200 ke TNI AU

Liputan6.com, Jakarta - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) menyerahkan Pesawat NC212-200 kepada TNI Angkatan Udara di Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur pada Senin (15/2/2016). Pesawat tersebut akan digunakan untuk operasional Skadron Udara 4 Wing 2 Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Direktur umum dan SDM PTDI Sukatwikanto menjelaskan, pesawat yang diserahterimakan tersebut merupakan realisasi dari kontrak kerjasama antara PTDI dan Kementerian Pertahanan RI yang ditandatangani pada tanggal 18 Juli 2012.

Baca Juga

  • Ingin Produksi Jet Tempur, PTDI Kirim Pegawai ke Korea
  • Saran Menteri Yuddy agar PTDI Kembali Berjaya
  • Direktur PTDI Sedih Merpati Tak Bisa Terbang Lagi

Source: liputan6.com
Membawa Koperasi RI Kembali Jadi Soko Guru Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta - Sejak lama, koperasi di Indonesia dikenal sebagai soko guru perekonomian nasional. Sayangnya, saat ini peran koperasi terhadap ekonomi Indonesia justru semakin tergerus. Kontribusi koperasi terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional kurang dari 2 persen.

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, jika sejak dulu koperasi menjadi salah satu dari tiga pilar perekonomian di Indonesia, selain Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta.

Namun dia mengakui jika saat ini peran koperasi semakin mengecil. Kontribusi koperasi terhadap PDB hanya sebesar 1,7 persen. Kontribusi paling besar justru berada di swasta, dalam hal ini usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Padahal, jumlah koperasi di Indonesia menjadi yang paling banyak jika dibandingkan dengan negara lain.

Kementerian Koperasi dan UKM mencatat, saat ini jumlah koperasi mencapai 209.488 unit. Dari jumlah itu, 147.249 unit koperasi masih aktif, sementara 62.239 unit sisanya tidak aktif dan telah dikeluarkan dari database kementerian.

Dia pun ingin agar koperasi di Indonesia kembali bangkit. Salah satunya dengan melakukan reformasi total dengan berbagai cara.

Siap Cetak 44 Ribu SDM Baru 

Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang perkoperasian dan UKM mencapai 44.427 orang pada tahun ini. Peningkatan tersebut dilakukan dengan berbagai program pelatihan dan pembinaan di daerah.

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso Budi Susetyo mengatakan, ada 14 program pelatihan yang akan dilaksanakan kementerian.

Pelatihan tersebut antara lain pemasyarakatan kewirausahaan yang menyasar 4.000 orang, pelatihan kewirausahaan‎ untuk 5.000 orang, pelatihan technopreneur yang diharapkan bisa diikuti 400 orang dan pelatihan perkoperasian bagi 2.000 orang.

Selain itu, melakukan pelatihan perkoperasian berbasis syariah kepada 420 orang, pelatihan vocational untuk 2.100 orang, pelatihan melalui magang bagi 500 orang dan pelatihan melalui beasiswa kepada 100 orang.

Di luar itu, kementerian juga akan melakukan pelatihan bagi PPKL dan pendamping 1.050 orang, pelatihan bagi aparatur 660 orang, pelatihan TOT bagi fasilitator 1.500 orang, pelatihan kewirausahaan sosial 1.000 orang, pelatihan usaha mikro 1.200 orang dan pelatihan bagi UMKM sebanyak 24.497 orang.

Selain program pelatihan, Kementerian Koperasi dan UKM juga melaksanakan program standardisasi dan sertifikasi SDM koperasi dan UKM. Pada tahun ini ditargetkan sebanyak 3.900 orang di bidang koperasi dan UKM telah tersertifikasi.

Diusulkan Bisa Kuasai Saham BUMN

Selain SDM, Kementerian Koperasi dan UKM juga mengusulkan kemungkinan koperasi membeli saham di perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal ini bertujuan untuk kembali menghidupkan koperasi.

Menteri Puspayoga‎ mengaku untuk mengkaji lebih dalam mengenai hal ini, pihaknya akan membentuk tim dari deputi Kementerian Koperasi dan UKM.

"Ini baru sebuah lontaran pemikiran, yang kami bentuk tim kedeputian. ‎Bagaimana bisa bermain di pembelian saham tentunya perusahaan-perusahaan BUMN yang rigid ya," ujar dia.

Dia menjelaskan, jika nanti kemungkinan bagi koperasi untuk memiliki saham di BUMN dibuka, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi koperasi. Salah satunya harus sehat secara keuangan.

Namun sebelum rencana ini terlaksana, lanjut Puspayoga, kementerian masih akan mengkaji dan mengajak sejumlah pengurus koperasi berbicara untuk melihat respons dari koperasi-koperasi tersebut. 

Layanan Izin Koperasi Online

Upaya mendorong pertumbuhan koperasi di Indonesia lainnya, Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan Sistem Administrasi Layanan Badan Hukum Koperasi (Sisminbhkop) secara online.

Sisminbhkop ini akan melayani pengesahan badan hukum koperasi secara online yang diharapkan akan mempermudah dan mempercepat pendirian koperasi.

Sebelumnya pengesahan badan hukum koperasi itu makan waktu 90 hari. Dengan sistem ini pengesahan dilakukan dalam waktu kurang lebih 5 hari kerja.

Selain lebih cepat dalam pengesahan pendirian badan hukum koperasi, proses pengecekan duplikasi nama koperasi, penolakan dan perbaikan yang sebelumnya memerlukan waktu karena dilakukan secara manual juga berlangsung lebih cepat. Ini karena pengecekan nama koperasi bisa dilakukan via notaris.

Dengan sistem ini, pendiri koperasi dapat melakukan pengecekan dan persetujuan nama koperasi dengan instan via notaris. Dan bila keseluruhan syarat dokumen terpenuhi dan telah diunggah secara online, maka dokumen bahan hukum online yang sah dan legal bisa didapatkan dari notaris dalam hitungan hari.

Sistem ini, juga akan membantu proses penyiapan AD/ART koperasi dengan menyediakan contoh AD/ART yang sesuai dengan jenis koperasi yang diinginkan.

Koperasi RI Masuk Daftar Kelas Dunia

Kendati peran koperasi terhadap perekonomian nasional kian tergerus. Koperasi di Indonesia rupanya masih berhasil masuk dalam daftar 300 koperasi berkelas dunia. Rating ini dibuat organisasi koperasi internasional, yaitu International Co-operative Alliance (ICA).

Adapun koperasi Indonesia yang berhasil menembus 300 koperasi kelas dunia yaitu Koperasi Telkomsel (Kisel) Jakarta. Koperasi ini menjadi satu-satunya wakil Indonesia dalam rating tersebut.

"Koperasi di Indonesia sudah ada yang berhasil menembus koperasi dunia, yaitu Koperasi Telkomsel yang berada di peringkat 123 dari 300 koperasi berkelas dunia," ujar Menteri Puspayoga.

Negara yang mempunyai perwakilan terbanyak dalam daftar tersebut adalah Amerika Serikat (AS). Negeri Paman Sam menyumbang 100 koperasi yang masuk dalam daftar koperasi berkelas dunia versi ICA ini.

"Dari 300 itu, 100 koperasi di dunia justru ada di Amerika. Dan sisanya tersebar di dunia. Indonesia hanya punya satu perwakilan," kata dia.

Meski hanya ‎punya satu perwakilan, lanjut Puspayoga, dirinya tetap yakin ke depan akan lebih banyak koperasi Indonesia yang bisa menembus rating tersebut.

Saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan, penataan dan rehabilitasi terhadap koperasi-koperasi di Indonesia.

Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar peran koperasi kembali dirasakan secara luas oleh masyarakat.

"Ada arahan dari Presiden untuk merehabilitasi koperasi-koperasi yang ada. Hingga saat ini, sudah 62 ribu koperasi yang kami bubarkan karena sudah tidak aktif dan tidak masuk data base kita. Tetapi ada 142 ribu koperasi yang kini sudah punya nomor induk dan kami masukan ke dalam data base," kata dia. (Nrm/Zul)

 

 


Source: liputan6.com
Gubernur Papua: Kami Minta Saham Freeport Gratis

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Papua ‎ingin memiliki saham PT Freeport Indonesia tanpa mengeluarkan uang. Sekitar 10,64 persen saham PT Freeport Indonesia yang ditawarkan ke pemerintah Indonesia senilai US$ 1,7 miliar.

Gubernur Papua Lukas Enembe menuturkan alasan Provinsi Papua ingin memiliki saham PT Freeport Indonesia tanpa membayar, karena produksi tembaga perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut berasal kekayaan alam Papua.

"Kami justru minta gratis. Tidak usah bayar-bayar karena dia sudah mengambil kekayaan," kata Lukas, di Kantor KPK, Jakarta, Senin (15/2/2016).

Lukas menuturkan, keinginan untuk memiliki saham PT Freeport Indonesia sedang didiskusikan dengan pihak terkait, termasuk besaran porsi saham yang ingin dimiliki Pemerintah Papua.

Baca Juga

  • Freeport Dapat Izin Ekspor Tanpa Setor Jaminan Smelter
  • Pemda Papua Ingin Dapat Jatah Saham Freeport
  • Freeport Minta Keringanan Pembayaran Tambahan Jaminan Smelter

Source: liputan6.com
Plus Minus Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Liputan6.com, Jakarta - Sekretariat Nasional ‎Forum Indonesia untuk Transapransi Anggaran (Fitra) meminta pemerintah tidak gegabah dalam memutuskan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Alasannya, proyek tersebut memakan biaya investasi yang cukup besar, yaitu mencapai US$ 5,5 miliar atau kurang lebih Rp 77 triliun.

Peneliti Junior Fitra Gulfino Guevarrato mengaku, proyek tersebut memiliki nilai lebih. Salah satunya memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. "Positifnya ada ini keterlibatan 28 ribu tenaga kerja," kata dia dikantornya,Jakarta, Senin (15/2/2016).

Baca Juga

  • Ini Tanggapan Fitra Soal Proyek Kereta Cepat
  • Menhub Jonan: Kemenhub Tak Hambat Proyek Kereta Cepat
  • Tanggapan Bappenas Soal Proyek Kereta Cepat

Source: liputan6.com
AP II Siap Operasikan Pondok Cabe Jadi Bandara Komersial

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan kesiapannya untuk mengelola lapangan terbang Pondok Cabe, menjadi bandara komersial. Saat ini lapangan terbang yang berlokasi di Pamulang, Tangerang tersebut digunakan untuk pesawat latih dan merupakan aset dari Pertamina.

Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan, jika sudah dikelola, lapangan terbang tersebut bisa disinggahi oleh berjenis ATR dan Bombardier. Nantinya, lapangan terbang ini bisa menjadi bandara untuk penerbangan perintis.

"Kita sebagai bagian operator siap. Saya belum meneliti kualifikasi bandara, tapi dipastikan ATR dan Bombardier bisa disana. Dalam waktu dekat ini Kemehub akan memanggil kita dengan Pertamina. Itu untuk penerbangan perintis," ujarnya di Jakarta, Senin (15/2/2016).

 

Baca Juga

  • Operator Pondok Cabe Harus Punya Modal Minimal Rp 500 Miliar
  • Pemanfaatan Bandara Pondok Cabe Optimalkan Aset BUMN
  • Menteri Jonan Tak Izinkan Garuda Terbang dari Bandara Pondok Cabe

Source: liputan6.com
Pengusaha Takut Ekspor Mebel Turun karena Aturan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha menilai Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 89 Tahun 2015 tentang Ekspor Industri Hasil Kehutanan menganggu kinerja ekspor mebel dan kerajinan Indonesia. Aturan tersebut dinilai bertentangan dengan ratifikasi yang sudah ditandatangi dengan Uni Eropa.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Industri Permebelan Dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) Rudy Luwea adanya Permendag ini malah menimbulkan inkonsisten dalam pemberlakukan sertifikasi Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) yang mulai berlaku pada 2014 lalu.

Rudi menilai, adanya SVLK justru sangat membantu produk hasil hutan Indonesia diterima di Eropa. SVLK ini sebagai wujud komitmen pengusaha dalam tata kelola kehutanan, memberantas illegal logging dan meningkatkan daya saing produk serta meningkatkan penerimaan produk Indonesia di pasar luar negeri.

 

Baca Juga

  • Pemerintah Buka Keran Ekspor Kayu Log, Ini Ancaman Pengusaha
  • Industri Mebel China Maju Berkat Selundupan Bahan Baku RI
  • Pemerintah Diminta Bantu Pengrajin Mebel Penuhi SVLK

Source: liputan6.com
Holcim Beli Saham Lafarge Cement Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) telah membeli sekitar 1,94 juta saham PT Lafarge Cement Indonesia (LCI) sebesar Rp 2,13 triliun.

Berdasarkan keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Senin (15/2/2016), saham LCI tersebut merupakan milik Financiere Lafarge SA. Transaksi itu dilakukan pada 10 Februari 2016.

Transaksi pembelian saham itu dilakukan untuk mengembangkan dan mendorong pertumbuhan usaha perseroan sehingga setelah transaksi diselesaikan diharapkan dapat terjadi peningkatan daya saing dan kualitas perseroan.

Selain itu juga memberikan efisiensi pembelian barang modal untuk tujuan peningkatan pendapatan Perseroan, dan lebih memperkuat posisi Perseroan di industri semen terutama di Sumatera.

Baca Juga

  • Holcim Resmikan Pabrik Baru di Tuban
  • Ekonomi Melambat, Holcim Pikir Ulang untuk Bangun Terminal Semen
  • Pemintaan Dalam Negeri Turun, Holcim Mulai Pikirkan Ekspor

Source: liputan6.com