Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Senin, 01 Febuari 2016
Lebarkan Sayap Karier Anda Pakai 3 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang baru mulai meniti karier ataupun yang baru ingin mengembangkan keahlian dalam dunia kerja, Anda tentunya ingin terus memiliki karier yang berkembang. Untuk itu Anda perlu tahu bagaimana cara menghadapi persaingan.

Apalagi di zaman sekarang ini semakin sulit saja untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat karena banyaknya persaingan.

Seperti dikutip dari Careerealism, Senin (1/2/2106) berikut ini cara menghadapinya:

1. Tentukan tujuan karier yang jelas

Agar bisa berkompetisi dalam karier, Anda perlu mengetahui tujuan karier yang diinginkan. Apabila Anda belum juga menemukan bayangan karier seperti apa yang diinginkan, janganlah cepat menyerah. Tetap terus berusaha untuk menemukan passion Anda.

Baca Juga

  • 4 Percakapan Soal Kantor yang Tak Boleh Disampaikan via SMS
  • Pelajari 4 Budaya Kerja Ini Kalau Mau Sukses di Kantor Baru
  • 7 Cara Agar Lebih Percaya Diri Saat di Kantor

Source: liputan6.com
Perempuan Ini Sempat Tak Nyaman Jadi Jutawan

Liputan6.com, Jakarta - Lisa Nichols tidak hidup dari keluarga kaya. Di usia 27 tahun, sekitar 20 tahun lalu, ia sempat hanya punya uang US$ 12 di rekening tabungannya.

Tapi itu masa lalu karena sekarang kekayaannya mencapai US$ 1 juta. Semua berkat kesuksesannya membangun bisnis pelatihan dan pengembangan profesional untuk pemilik usaha kecil bernama Motivating the Masses.

Perjalanannya menuju jutawan bukanlah proses yang mudah. Seperti ditulis Business Insider, Senin (1/2/2016), ia mengatakan banyak hal terjadi ketika ia membangun bisnis.

Ketika perusahaannya untung US$ 975 ribu, Nichols malah memilih memperlambat langkahnya. "Saya tidak ingin terlihat terlalu berbeda dan kelihatan," kata dia.

Baca Juga

  • 4 Wanita Paling Kaya Sedunia di 2016
  • 5 Orang Terkaya Dunia di 2016
  • Resep Jadi Orang Kaya ala Warren Buffett

Source: liputan6.com
Data Ekonomi Topang Penguatan IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih memiliki peluang untuk menguat secara terbatas pada perdagangan saham sepekan.

Analis PT Waterfront Securities Oktavianus Marbun mengatakan kondisi saat ini masih sepi sentimen. Jadi, kemungkinan IHSG digerakan oleh sentimen dalam negeri berupa laporan data ekonomi RI.

"Pekan kemarin posisinya naik 3,5 persen nggak ada koreksi. Paling besok naik total 1,5 persen, paling ada koreksinya dulu," ujar dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (1/2/2016).

Baca Juga

  • Asing Borong Saham, IHSG Kembali Menguat
  • IHSG akan Lanjutkan Kenaikan, Amati Tujuh Saham Ini
  • Tunggu Data Ekonomi, IHSG Berpeluang Menguat

Source: liputan6.com
IHSG Berpotensi Naik Terbatas di Awal Pekan

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi naik terbatas pada perdagangan saham awal pekan ini. Sejumlah rilis data ekonomi seperti inflasi akan mempengaruhi laju IHSG.

Kepala Riset PT NH Korindo Securities, Reza Priyambada menuturkan IHSG berpotensi naik terbatas. Rilis inflasi Januari akan mempengaruhi laju IHSG. Reza mengatakan, inflasi Januari akan cenderung turun mengingat harga bahan pokok masih stabil.

Selain itu, bursa saham global kembali menguat dan dampak bank sentral Jepang menerapkan suku bunga negatif juga akan memberikan tenaga untuk IHSG. "IHSG akan bergerak di level support 4.593-4.608 dan resistance 4.625-4.644," ujar dia dalam ulasannya, Senin (1/2/2016).

Baca Juga

  • Wall Street Menguat Dipicu Keputusan Bank Sentral Jepang
  • Awal 2016, Aksi Jual Investor Asing Capai Rp 2 Triliun
  • Investor Asing Akumulasi Saham Jelang Akhir Pekan

Source: liputan6.com
Pasar E-Commerce RI Makin Cerah

Liputan6.com, Jakarta - Di saat industri minyak dan gas (migas) terpuruk, masa depan pasar belanja online atau dikenal dengan e-commerce di Tanah Air diprediksi kian cerah pada tahun Monyet Api ini. Alasannya, penetrasi internet di Indonesia makin melaju kencang dan dapat menjangkau seluruh masyarakat.

CEO Wardour and Oxford, Wempy Dyocta Koto mengutip data CIMB ASEAN Research Institute (CARI), menyebut, pada beberapa tahun mendatang, nilai transaksi pasar e-commerce Indonesia diprediksi mencapai lebih dari US$ 25 miliar sampai US$ 30 miliar atau sekitar Rp 320,8 triliun.

Wardour and Oxford merupakan agensi yang membantu perusahaan untuk memasarkan produknya secara global dari nasional menjadi go international.

"Penetrasi internet di Indonesia dapat mencapai 250 juta pengguna beberapa tahun mendatang. Jumlah tersebut setara dengan jumlah pengguna di Amerika Serikat (AS) saat ini," kata Wempy dalam keterangan resminya yang diterima Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Senin (1/2/2016).

Wempy menuturkan, saat ini nilai pasar e-commerce di Indonesia termasuk rendah dibanding negara tetangga lain, senilai US$ 1,3 miliar atau sekitar Rp 16,7 triliun.

Baca Juga

  • Bisnis E-Commerce Fastpay Siap Hadapi Persaingan MEA
  • Thomas Lembong: E-Commerce Makin Bersinar di 2016
  • 5 Trik yang Wajib Diketahui Penggila Belanja Online

Source: liputan6.com
5 Tanda Anda Harus Berhenti Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh sebenarnya paling tahu kapan Anda harus berhenti kerja. Ketika Anda mulai merasa stres, marah, sakit-sakitan itu semua bisa menjadi pertanda yang tepat.

Tapi untuk memutuskan resign tentu tidak mudah. Banyak pikiran dan hal menakutkan pasti menghantui Anda yang sedang memikirkannya saat ini.

Seperti ditulis Forbes, Senin(1/2/2016), berikut adalah lima tanda dari tubuh yang mengatakan sebaiknya Anda resign dan mencari pekerjaan baru:

1. Anda sering lupa harus mengerjakan apa di kantor.

Ini pertanda sudah tidak ada gairah lagi dengan pekerjaan Anda. Ketika Anda bergairah tentu mudah untuk mengingat semuanya. Tanpa rasa senang dan tertantang maka pekerjaan itu menjadi sia-sia.

2. Anda punya banyak alasan untuk izin sakit, telat masuk kantor, dan pulang cepat.

Kalau Anda tidak masuk kantor hanya karena penerbangan tertunda maka itu jadi tanda Anda tidak menyukai lagi pekerjaan tersebut. Semua alasan yang Anda pikir bagus untuk bolos atau telat hanya menuju pada kata resign.

3.  Anda semakin sulit mentolerir pekerjaan dan bos.

Senyum palsu, bergosip negatif soal pekerjaan dan kantor, serta bersikap pasif saat rapat, semua itu bukan cara baik untuk menjalani hidup. Anda harus mencari pekerjaan yang memberi energi positif dan membangkitkan semangat hidup.

4. Anda merasa sakit, sedih, dan marah pada hari Minggu ketika berpikir harus bekerja esok harinya.

Mood Anda mungkin positif ketika masuk hari Sabtu. Tapi semua berubah menjadi abu-abu jelang Minggu pagi. Ini juga tanda dari alam. Anda bisa mendapat pekerjaan yang menyenangkan sehingga di hari apapun terasa bahagia.

5. Anda sakit-sakitan dan tidak bisa sembuh

Semua orang pernah sakit batuk dan pilek. Namun, kalau Anda terus-terusan sakit seperti itu mungkin inilah tanda dari virus dan bakteri.

Imunitas tubuh Anda melemah karena kualitas hidup yang tidak baik. Anda harus segera mencari kerja yang lebih baik ketimbang terus-menerus sakit. (Elsa/Ndw)


Source: liputan6.com
Tarif Listrik Turun Lagi per 1 Februari, Cek di Sini Daftarnya!

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menurunkan tarif tenaga listrik untuk 12 golongan pelanggan yang sudah tidak disubsidi mulai 1 Februari 2016.

Menurut Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun, faktor kuat yang mempengaruhi penurunan tarif listrik Februari 2016 adalah penurunan harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) pada Desember 2015 menjadi US$ 39 per barel dari sebelumnya US$ 41,44 per barel.

Sedangkan parameter lain pembentuk tarif listrik, yaitu kurs dolar Amerika Serikat (AS), mengalami kenaikan dari Rp 13.767 per US$ menjadi Rp 13.796 per US$ dan inflasi naik dari 0,21 persen ke 0,‎21 ke 0,96 persen.

"Lebih besar dampak penurunan harga minyaknya," kata Benny ditulis Senin (1/2/2016).

Dikutip Liputan6.com dari data PLN, tarif listrik untuk tegangan rendah Februari sekitar Rp 1392 per kilowatthour (kWh) atau turun Rp 17 per kWh dari tarif Januari 2016 Rp 1409 per kWh. Golongan pelangan tegangan rendah meliputi:

- Rumah Tangga R-1 daya 1300
‎- Rumah Tangga R-1/TR daya 2200
‎- Rumah Tangga R-2/TR daya 3500 VAs.d5.500 V
‎- Rumah Tangga R-3/TR daya 6600 VAke atas
‎- Bisnis B-2/TR daya 6600VA s.d 200 kVA
‎- Kantor Pemerintah P-1/TR daya 6600 VAs.d 200 kVA
‎- Penerangan Jalan Umum P-3/TR‎.

Tarif tegangan menengah per Februari 2016 berkisar Rp 1071 per kWh, turun Rp 13 per kWh dari tarif Januari 2016‎ Rp 1.084 per kWh. Golongan tegangan menengah meliputi:

- Bisnis B-3/Tegangan Menengah (TM) daya di atas 200 kVA
‎- Industri I-3/TM daya diatas 200 kVA
- Kantor Pemerintah P-2/TM daya di atas 200 kVA.

Tarif tegangan tinggi pada Februari yaitu Rp 959 per kWh, turun Rp 11 per kWh dari Januari 2016 Rp 9.70 per kWh. Golongan tegangan tinggi meliputi:‎ Industri I-4/Tegangan Tinggi (TT) daya 30.000 kVA ke atas. (Pew/Ndw)


Source: liputan6.com
Top 3: Daftar Mainan Termahal di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang tua tidak membelanjakan lebih dari US$ 100 untuk membeli mainan anak-anak. Alasan paling umum karena anak cenderung lupa dan bosen dengan mainannya sehingga tidak perlu membeli yang mahal.

Tapi hal itu tidak berlaku untuk para orang terkaya dunia. Mereka bisa membeli mainan dengan harga fantastis untuk anak-anaknya. Daftar mainan termahal di dunia menjadi artikel paling bikin penasaran pembaca.

Lengkapnya, berikut tiga artikel paling populer di kanal bisnis Liputan6.com:

1. 6 Mainan Termahal di dunia

Kalau Anda pikir boneka Barbie sangat mahal, maka yang satu ini bisa membuat Anda lebih kaget. Boneka Madame Alexander Eloise ini begitu trendi karena memakai baju dari Christian Dior, jaket bulu Oscar de la Renta dan aksesoris dengan kristal Svarowski plus berlian sembilan karat dari Bauman.

Ada lima versi dari boneka ini dengan aksesoris dan binatang peliharaan yang berbeda-beda. Selain boneka Madame Alexander Eloise, mainan apa lagi yang masuk jajaran termahal? Simak daftar lengkapnya di sini!

2. Serikat Pekerja Laporkan Ribuan Buruh Terancam PHK

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan ribuan buruh bakal kehilangan pekerjaannya terhitung mulai Januari-Maret 2016. Buruh-buruh tersebut berasal dari berbagai sektor seperti tekstil, otomotif sampai tambang.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, beberapa perusahaan akan melakukan PHK dengan tidak memperpanjang kontrak ribuan karyawannya.

Adapun perusahaan tersebut antara lain PT Panasonic, PT Toshiba, PT Shamoin, PT Starlink, PT Jaba Garmindo, PT Ford Indonesia. Kemudian PT Yamaha, PT Astra Honda Motor, PT Hino, PT AWP, PT Aishin,PT Mushashi, PT Sunstar. Baca selengkapnya di sini!

3. Tips agar Gaji Cukup sampai Akhir Bulan

Gaji 10 koma kok tidak mencukupi kebutuhan. Jangan salah, itu merupakan seloroh yang maksudnya setelah tanggal 10 sudah koma isi dompetnya.

Tak sedikit yang mengeluhkan gaji sudah menipis bahkan tak bersisa jauh sebelum waktu gajian berikutnya tiba. Sebenarnya besaran gaji yang memang tidak mencukupi biaya hidup selama satu bulan atau manajemen pengelolaannya yang kurang baik?

Sifat dasar manusia yang tak pernah puas agaknya ikut mengambil peran, karena berapa pun besaran gaji yang diterima seakan tidak akan pernah cukup.

Semakin besar gaji, semakin besar pula pengeluaran. Lantas, bagaimana menyiasati agar pengalokasian gaji tidak mengakibatkan defisit anggaran? Temukan caranya di sini!



Source: liputan6.com
Awal Pekan, Harga Emas Antam Turun Rp 2.000 per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga jual emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 2.000 menjadi Rp 548 ribu per gram pada perdagangan Senin (1/2/2016).

Begitu pula harga pembelian kembali (buyback) emas Antam turun Rp 2.000 menjadi Rp 492 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki, Antam akan membelinya di harga Rp 492 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.24 WIB, seluruh ukuran emas Antam masih tersedia.

Mengingat tingginya animo masyarakat, transaksi pembelian emas batangan yang datang langsung ke Antam dibatasi hingga maksimal 150 nomor antrean per hari.

Antam juga menjual emas batangan dengan corak batik dengan ukuran 10 gram dan 20 gram. Harga emas bercorak batik ini berbeda dengan emas batangan biasa.

Harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram tercatat Rp 5.590.000 per batang atau Rp 559.000 per gram. Sedangkan untuk ukuran 20 gram tercatat Rp 10.8785.000 per batang atau Rp 539.250 per gram.

Selain itu, Antam juga mengeluarkan emas batangan edisi Natal dengan ukuran 2 gram dan 5 gram. Untuk ukuran 2 gram Antam menjualnya di harga Rp 1.081.000 sedangkan untuk 5 gram dijual di harga Rp 2.620.000.

Berikut daftar harga emas yang dijual Antam:

* Pecahan 1 gram Rp 548.000
* Pecahan 5 gram Rp 2.595.000
* Pecahan 10 gram Rp 5.140.000
* Pecahan 25 gram Rp 12.775.000
* Pecahan 50 gram Rp 25.500.000
* Pecahan 100 gram Rp 50.950.000
* Pecahan 250 gram Rp 127.250.000
* Pecahan 500 gram Rp 254.300.000

(Ndw/Ahm)*


Source: liputan6.com
PHK Karyawan, Chevron Lapor ke Kemnaker

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan telah mendapatkan laporan dari Chevron terkait kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) para karyawan perusahaan minyak dan gas (migas) asal Amerika Serikat (AS) tersebut.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) Kemenaker ‎Haiyani Rumondang mengatakan, Chevron telah berbicara dengan pihaknya ‎terkait PHK tersebut. Namun dia membantah jika jumlah pekerja yang akan diberhentikan mencapai 1.000 orang seperti kabar yang beredar selama ini.

‎"Chevron sudah mengkomunikasikannya kepada kami. Tapi enggak ada pernyataan yang bilang akan PHK 1.000 orang‎," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Baca Juga

  • Begini Tanggapan SKK Migas soal PHK Pekerja Chevron
  • Dikabarkan PHK Ribuan Karyawan, Ini Penjelasan Chevron Indonesia
  • Ribuan Karyawan Chevron Kena PHK, Begini Respons Menperin

Source: liputan6.com
Rupiah Menguat ke 13.657 per Dolar AS di Awal Februari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah mampu menguat tajam di awal Februari 2016 ini hingga menyentuh level 13.600 per dolar AS. Pendorong penguatan rupiah karena performanya yang cukup atraktif jika dibandingkan mata uang lainnya.

Mengutip Bloomberg, Senin (1/2/2016), rupiah berada di level 13.662 per dolar AS pada pukul 10.00 WIB. level tersebut menguat jika dibandingkan dengan pembukaan yang ada di angka 13.775 per dolar AS maupuan dibandingkan penutupan pada pekan lalu yang ada di angka 13.778 per dolar AS.

Sejak pagi, rupiah berada di kisaran 13.657 per dolar AS hingga 13.780 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah telah menguat 0,87 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) rupiah ada di level 13.699 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan perdagangan sebelumnya yang ada di level 13.846 per dolar AS.

Baca Juga

  • Jelang Akhir Januari, Rupiah Terus Menguat ke 13.811 per Dolar AS
  • The Fed Tahan Suku Bunga, Rupiah Stabil di 13.871 per Dolar AS
  • Rupiah Masih Naik Turun, Ini Penjelasan BI

Source: liputan6.com
Inikah Sosok yang Bakal Gantikan Budi Gunadi Jadi Dirut Mandiri?

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah selaku pemegang saham pengendali dari PT Bank Mandiri Tbk tengah sibuk menyaring nama-nama untuk yang akan dicalonkan untuk menjadi kandidat direktur Utama bank dengan aset terbesar di Indonesia tersebut. Penyaringan nama calon-calon tersebut untuk menggantikan posisi Budi Gunadi Sadikin yang masa jabatannya akan berakhir pada Maret 2016 nanti.

Dari informasi yang diterima Liputan6.com, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menyiapkan 8 nama sebagai kandidat pengganti Budi yang berasal dari dalam Bank Mandiri maupun dari luar.

Kandidat dari luar antara lain Direktur Utama PT Bank Bank Tabungan Negara Tbk Maryono dan Dirut PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Asmawi Syam. Sementara dari internal, ada tiga nama yang beredar, yakni Pahala N Mansyuri dan Kartiko Wirjoatmodjo.

Baca Juga

  • Bank Mandiri Salurkan Kredit Mikro Rp 42,4 Triliun
  • Mandiri Operasikan Anak Usaha Baru
  • Bank Mandiri Bidik Pengguna e-Cash Capai 50 Juta di 2020

Source: liputan6.com
AP II Bakal Gratiskan Monorel Bandara Soetta

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) tengah melakukan tender untuk pengerjaan proyek people mover atau monorel yang akan‎ dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

People mover ini nantinya menjadi sarana transportasi antar terminal dan akan terkoneksi di titik konekstivitas yang menghubungkannya dengan kereta bandara dan halte bus.

Direktur Utama AP II Budi Karya mengatakan pengoperasian people mover ini nantinya seperti shuttle yang saat ini sudah dioperasikan dengan tidak dikenakan biaya.

"‎People mover juga kita minta Railink yang operasikan, tapi kalau people mover pengoperasian saja, tidak ada tarif," kata Budi di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (1/2/2016).

Baca Juga

  • Saingi Singapura, Terminal 3 Bandara Soetta Dilengkapi Monorel
  • Ini Kecanggihan Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta
  • Bandara Soetta Ditargetkan Layani 120 Pergerakan Pesawat per Jam

Source: liputan6.com
Mengenal Lebih Dekat Alice Walton, Wanita Terkaya di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Dengan aset mencapai US$ 33,2 miliar, putri pemilik Walmart ini sukses didapuk menjadi wanita terkaya di dunia.

Selain memiliki kekayaan yang luar biasa, Alice Walton juga merupakan salah satu ahli waris perusahaan ritel terbesar, Walmart.

Bersama dengan dua saudaranya Jim dan Rob Walton, mereka mampu memiliki aset mencapai US$ 101,5 miliar.

Melansir laman Business Insider, Senin (1/2/2016), wanita berusia 66 tahun ini tidak pernah menduduki singgasana pimpinan Walmart ataupun berkontribusi secara penuh dalam kemajuan perusahaan tersebut.

Ia lebih memilih untuk menekuni hobinya di bidang seni. Dari usia 10 tahun, Walton telah menyisihkan sebagian uang sakunya agar dapat membeli sebuah lukisan Picasso dengan judul ‘Blue Nude’

Sejak tahun 1970, ia sudah menghiasi dindingnya dengan berbagai lukisan karya pelukis ternama seperti Andy Warhol, Norman Rockwell dan Georia O’Keefe. Pada 2011, ia juga telah membuka sebuah Museum di Arkansas, AS dengan Nama ‘Crystal Bridges Museum’ yang nantinya dapat menjadi rumah bagi koleksi seninya yang bernilai US$ 500 juta.

Sebelum menggeluti dunia seni, Walton juga pernah bekerja sebagai analis dan pernah membuka bank investasi sendiri bernama Llama Company di tahun 1988. Namun sayang usaha tersebut harus tutup 10 tahun kemudian.

Alice Walton merupakan wanita terkaya versi daftar yang dilansir Business Insider. Di posisi kedua adalah Liliane Bettencourt, seorang pewaris lini kosmetik ternama L’Oreal dengan kekayaan mencapai US$29 miliar. (Vna/Nrm)


Source: liputan6.com
Pertamina, Total dan Shell Turunkan Harga BBM, Ini Rinciannya

Liputan6.com, Jakarta - Tiga perusahaan penjual bahan bakar minyak (BBM) yang beroperasi di Indonesia kompak menurunkan harga BBM non-subsidi pada awal Februari 2016.

Seperti di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina 34-12806 di Jalan Dr. Soepomo, Tebet, Jakarta Selatan, pantauan Liputan6.com, harga Pertamax turun dari sebelumnya Rp 8.500 per liter menjadi Rp 8.350 per liter.

Demikian juga dengan Pe‎rtamax Plus yang turun sebesar Rp 350 dari sebelumnya Rp 9.400 per liter menjadi Rp 9.050 per liter.  untuk jenis solar nonsubsidi, yaitu Pertamina Dex, turun dari Rp 9.600 per liter menjadi Rp 9.000 per liter.

"Turunnya per hari ini, tadi mulai jam 00.00 WIB. Kita kan ikuti dari pusatnya," ujar Desi R, salah satu petugas SPBU Pertamina, saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Selain Pertamina, perusahaan minyak asal Prancis, PT Total Oil Indonesia, juga menurunkan ketiga jenis BBM yang dijualnya. Untuk Performance 92 mengalami penurunan dari Rp 8.550 per liter menjadi Rp 8.350 per liter, Performance 95 turun dari Rp 9.750 menjadi Rp 9.350, dan‎ Performance Diesel turun sebesar Rp 200 dari Rp 9.650 per liter menjadi Rp 9.450 per liter.

Tidak mau kalah dengan kedua kompetitornya, Shell juga menurunkan harga BBM. Dari pantauan Liputan6.com di SPBU Shell di Jalan Soepomo, untuk BBM jenis Super yang setara dengan Pertamax milik Pertamina, Shell menurunkan harganya dari Rp 8.550 menjadi Rp 8.350. Jenis V-Power dengan RON 95 turun dari Rp 9.550 per liter menjadi Rp 9.350 per liter. Dan Diesel juga turun dari Rp 9.650 per liter menjadi Rp 9.250 per liter.

Berikut daftar harga BBM non-subsidi di SBPU Pertamina, Total dan Shell:

Pertamina:
Pertamax Rp 8.350‎ per liter
Pertamax Plus Rp 9.050‎ per liter
Pertamina Dex Rp 9.000‎ per liter

Total:
Performance 92 Rp 8.350 per liter
Performance 95 Rp 9.350 per liter
Performance Diesel Rp 9.450‎ per liter

Shell‎:
Super Rp 8.350‎ per liter
V-Power Rp 9.350‎ per liter
Diesel Rp 9.250‎ per liter. 

(Dny/Gdn)


Source: liputan6.com
BPS: Inflasi Januari Mencapai 0,51%

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan laju inflasi pada Januari 2016 sebesar 0,51 persen atau lebih rendah dibanding Desember 2015 yang sebesar 0,96 persen dengan inflasi tahun kalender mencapai‎ 0,51 persen.

Tingkat inflasi tahun ke tahun (Januari 2016 terhadap Januari 2015) sebesar 4,14 persen. Komponen inti inflasi mencapai 0,29 persen dan inti tahun ke tahun 3,62 persen.

"Dari 7 tahun lalu dari 2010 inflasi Januari ini paling kecil. Ini mudah-mudahan awal yang baik. Pada Januari 2010 inflasi 0,4 persen, 2011 sebesar 0,89 persen, di 2012 sebesar 0,76 persen, 2013 sebesar 1,03 persen, dan 2014 sebesar 1,07 persen," ujar Kepala BPS Suryamin di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Dia menyebutkan dari 82 kota, 75 kota di antaranya mencatatkan inflasi dan 7 kota deflasi. Inflasi tertinggi adalah di Sibolga sebesar 1,82 persen dan terendah 0,02 di Padang. Sedangkan deflasi tertinggi di Gorontalo sebesar 0,02 persen.

Baca Juga

  • Inflasi Desember Diramalkan Meroket Akibat Harga Pangan
  • Inflasi Tahun Ini Diprediksi Meleset dari Target
  • ‎Rapat Dua Jam, Lima Menteri Siap Kendalikan Inflasi Tahun Depan

Source: liputan6.com
Dalam 1 Tahun, ‎Turis yang Datang ke RI Tembus 10,41 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia menembus 10,41 juta turis selama 2015 kemarin. Sedangkan khusus realisasinya di Desember 2015, jumlah pelancong yang berplesir ke Negara ini sebanyak 913,8 ribu kunjungan.

"Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia selama setahun lalu sebanyak 10,41 juta kunjungan," ucap Kepala BPS Suryamin‎ saat Konferensi Pers Inflasi Januari 2016 di kantornya, Jakarta, Senin (1/2/2016).

Rinciannya, kata Suryamin, terdiri dari jumlah kunjungan wisman reguler 9,73 juta kunjungan. Warga Negara Asing (WNA) Pos Lintas Batas Darat sebanyak 370,87 ribu kunjungan, WNA kunjungan khusus lainnya kurang dari setahun mencapai 306,54 ribu kunjungan. Meliputi WNA tidak bekerja 130,55 ribu kunjungan dan bekerja paruh waktu 175,98 ribu kunjungan.

Baca Juga

  • Usul Pengusaha Agar Tarik Lebih Besar Turis Asing pada 2016
  • Incar 20 Juta Turis, Badan Otoritas Danau Toba Dibentuk
  • Gara-gara Asap, Turis Malaysia dan Singapura yang ke RI Turun

Source: liputan6.com
Garuda Datangkan Pesawat Super Diamond Seat Pertama di Indonesia

Liputan6.com, Cengkareng - Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia Tbk mengoperasikan dua pesawat baru untuk melayani rute penerbangan internasional.

Salah satunya, pesawat Airbus A330-300 yang dilengkapi kursi penumpang mewah di kelas bisnis yang digadang-gadang sebagai Super Diamond seat Business Class pertama di Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan, fasilitas Super Diamond ini khusus diperuntukan bagi kelas bisnis sebanyak 24 kursi. Dan ini merupakan pesawat Airbus pertama di Indonesia yang menggunakan fasilitas mewah di kelas bisnis.

"Garuda Indonesia merupakan maskapai pertama yang mengimplementasikan Super Diamond Seat pada Airbus A330-300," ujar Arif di Cengkareng, Jakarta, Senin (1/2/2016).

Arif menuturkan, pada tahun ini Garuda Indonesia memesan empat unit pesawat Airbus A330-300 dengan fasilitas yang sama. Tiga sisa pesawat lain, direncanakan datang sampai akhir tahun ini.

Baca Juga

  • Soetta Bakal Jadi Bandara Transit Penerbangan Internasional
  • Garuda Indonesia Incar Penerbangan dari Bandara Wirasaba
  • Garuda Siap Pindah ke Terminal 3 Ultimate Bandara Soetta

Source: liputan6.com
Garuda Hadirkan Pesawat Super Diamond Seat Pertama di Indonesia

Source: liputan6.com
Ini Keunggulan Produk LQ45 Futures

Liputan6.com, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa produk derivatif Kontrak Berjangka Berbasis Indeks Efek (KBIE) berupa Kontrak Berjangka Indeks Efek LQ45 (LQ45 Futures) memiliki beberapa manfaat. BEI telah memiliki sistem untuk mengawasi transaksi derivatif.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Alpino Kianjaya menuturkan, produk ini bisa sebagai sarana lindung nilai. "Keunggulan produk ini sangat banyak bagi investor terutama, khususnya bagi investor yang sudah memiliki underlaying saham LQ54 di pasar spot. Di mana produk ini bisa di gunakan untukk lindung nilai bagi protofolio investor yang pada saat bersamaan market sedang bearish. Untuk menjaga nilainya investor bisa melakukan headging melallui produk ini," kata dia Jakarta, Senin (1/2/2016).

Baca Juga

  • BEI Aktifkan Kembali LQ45 Futures pada Pekan Depan
  • BEI Usul 5 Kelompok Fraksi Saham, Ini Rinciannya
  • Cita-Cita BEI Jadi Pasar Modal Terbesar se-ASEAN

Source: liputan6.com
Inflasi Januari 0,51%, IHSG Merosot 26 Poin

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak variasi dengan kecenderungan melemah pada perdagangan saham sesi pertama awal pekan ini. Laju IHSG ini tertekan di tengah data inflasi Januari 2016 sebesar 0,51 persen atau lebih rendah dibanding Desember 2015 sebesar 0,96 persen.

Pada penutupan perdagangan saham sesi pertama, IHSG turun 0,58 persen atau 26,95 poin ke level 4.588,20. Indeks saham L45 merosot 0,77 persen ke level 793,86. Sebagian besar indeks saham acuan melemah kecuali indeks saham Pefindo25 naik 0,07 persen ke level 328,80.

Ada sebanyak 115 saham melemah sehingga mendorong IHSG ke zona merah. Sementara itu, 106 saham menguat sehingga menahan pelemahan IHSG. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 123.362 kali dengan volume perdagangan 2,3 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 2,5 triliun.

Berdasarkan data RTI, investor asing melakukan aksi jual sekitar Rp 35 miliar. Pemodal lokal melakukan aksi jual dan beli masing-masing sekitar Rp 1,2 triliun. Secara sektoral, sepuluh sektor saham tertekan. Sektor saham aneka industri turun 1,57 persen, disusul sektor saham perkebunan merosot 0,99 persen dan sektor saham pertambangan turun 0,88 persen.

Baca Juga

  • BPS: Inflasi Januari Mencapai 0,51%
  • Rupiah Menguat ke 13.674 per Dolar AS, IHSG Naik Terbatas
  • Data Ekonomi Topang Penguatan IHSG

Source: liputan6.com
XL Axiata Rights Issue untuk Bayar Utang

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (EXCL) berencana menambah modal dengan mekanisme Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue. Jumlah saham yang akan dikeluarkan sebanyak-banyak 2,75 miliar saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham.

Dana hasil rights issue itu antara lain digunakan untuk pembayaran kembali utang perseroan kepada pemegang saham senilai US$ 500 juta. Dalam pelaksanaan rights issue ini, Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd, sebagai pemegag saham akan melaksanakan haknya sesuai porsi bagian kepemilikan sahamnya dalam rights issue. Akan tetapi, perseroan belum menentukan harga saham untuk rights issue.

"Harga saham belum ditetapkan. Target dana US$ 500 juta. Credit Suisse dan PT Mandiri Sekuritas bertindak sebagai pembeli siaga," ujar VP Corporate Communication PT XL Axiata Tbk Turina F saat dihubungi Liputan6.com.

Mengutip keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (1/2/2016) bila pemegang saham perseroan, Axiata tidak melaksanakan rights issue yang dimiliki olehnya dalam rights issue maka kepemilikan pemegang saham perseroan akan dilusi dengan jumlah maksimum 8,2 persen.

Baca Juga

  • XL Axiata Percepat Pelunasan Utang ke Dua Bank
  • XL Lunasi Utang US$ 100 Juta
  • Balon Internet Google Masuk Indonesia, Ini Komentar XL

Source: liputan6.com
DPR Targetkan Revisi UU Minerba Selesai Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan mengatakan pihaknya akan mempercepat pembahasan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara (Minerba).

Keberadaan revisi aturan ini diharapkan mampu mendorong peningkatan pendapatan negara dari sektor tersebut.

Irawan menyebutkan, pada tahun lalu perolehan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dari sektor minerba turun jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Jika tidak ada perbaikan pada UU Minerba, dia khawatir PNBP ini akan terus menurun pada tahun ini dan berikutnya.

"Ini bicara tentang minerba dan memang pada muaranya kita sudah masuk prolegnas untuk revisi UU Minerba. Kan banyak soal terjadi di sektor minerba, salah satunya PNBP 2015 yang menurun dan kalau nggak ada terobosan, ya 2016 ini menurun," jelas dia di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Baca Juga

  • Ditanya soal Freeport, Ini Jawaban Dirjen Minerba ESDM
  • Dinilai Mendesak, Revisi UU Minerba Masuk Prolegnas 2016
  • Kemelut Freeport Terjadi Karena Tak Patuh UU Minerba

Source: liputan6.com
Mentan Ajak Hongaria Investasi di Pertanian Gandum

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, Indonesia dan Hongaria bersepakat untuk melakukan kerja sama dalam peningkatan ketahanan pangan dan perdagangan produk pertanian kedua negara.

Ia menyampaikan hal tersebut setelah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pertanian Hongaria, Sandor Fazekas.

Pertemuan tersebut membahas sejumlah potensi kerja sama antara kedua negara di sektor pertanian dan pangan.Dia mengundang investor dari Hongaria untuk berinvestasi pada pengembangan komoditi strategis, khususnya jagung, gula, dan peternakan sapi.

Melihat potensi produksi dan produktivitas gandum Hongaria yang sangat besar serta keahlian yang dimiliki oleh negara tersebut, Amran menawarkan peluang investasi pengembangan gandum di Indonesia.

Baca Juga

  • RI Tak Impor Bikin Thailand Bingung Jual Bawang Merah
  • Ini Alasan Generasi Muda Enggan Terjun ke Sektor Pertanian
  • Mentan Amran: Puncak Panen Jagung di Februari-Maret

Source: liputan6.com
Catat, Ini Industri dengan Gaji Karyawan Terbesar

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja di tempat dengan gaji besar adalah keinginan semua orang. Namun banyak juga yang tidak tahu, industri apa yang menyerap tenaga kerja dan mengganjar mereka dengan gaji yang tinggi.

Dilansir dari laman china daily, Senin (1/2/2016), ada 7 industri yang pekerjanya digaji dengan bayaran tertinggi. Berikut daftarnya:

1. Perbankan

Sektor industri ini adalah salah satu pekerjaan yang banyak dicari dan menyerap tenaga kerja baru. Setiap tahun, bank pasti membuka rekrutmen untuk pekerja baru, berbagai posisi.

2. Properti

Harga properti yang kadang dijadikan instrumen investasi akan terus naik, kemungkinan kecil untuk turun, tak seperti investasi lain seperi emas dan lainnya.

Bisa jadi itu yang membuat sektor properti adalah salah satu jenis pekerjaan yang memberikan gaji tinggi.

3. Perangkat Lunak Komputer

Tak diragukan lagi jika bekerja di industri perangkat lunak komputer memberikan jaminan finansial yang besar.

Tengok saja orang terkaya dunia, Bill Gates yang besar karena menciptakan Microsoft, sistem kendali komputer. Banyak orang kaya dunia lain yang bergerak di industri teknologi.


Source: liputan6.com
DPR Pertanyakan Rendahnya Pendapatan Negara dari Sektor Minerba

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi VII DPR Fadel Muhammad mempertanyakan penurunan pendapatan negara dari sektor pertambangan mineral dan batubara (minerba).

Hal ini disampaikan saat Komisi VII melakukan kunjungan dan menggelar rapat di Kantor Direktorat Jenderal Minerba Kementerian ESDM.

Fadel mengungkapkan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) di sektor minerba pada 2014 hanya mencapai Rp 35 triliun.

Sedangkan hingga November 2015, PNBP minerba baru mencapai Rp 27 triliun. Hal ini dinilai masih sangat kecil dan perlu didorong peningkatannya.

"Pendapatan itu dari minerba ini kecil sekali. PNBP mereka cuma Rp 35 triliun. Menurut saya terlalu kecil. Maka saya pikir ada sesuatu yang salah di sini, untuk itu kita bikin kunjungan ini untuk melihat lebih detail. Apa-apa yang harus mereka perbaiki sehingga pendapatan negara lebih besar," ujarnya di Jakarta, Senin (1/2/2015).

Baca Juga

  • Ditanya soal Freeport, Ini Jawaban Dirjen Minerba ESDM
  • Dinilai Mendesak, Revisi UU Minerba Masuk Prolegnas 2016
  • Kemelut Freeport Terjadi Karena Tak Patuh UU Minerba

Source: liputan6.com
Harga Daging Ras Dongkrak Angka Inflasi pada Januari 2016

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan angka inflasi pada Januari 2016 di angka 0,51 persen. ‎Realisasi inflasi paling tinggi disumbang dari bahan makanan dengan andil mencapai 2,20 persen, disusul kelompok  perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,53 persen dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau dengan andil 0,51 persen.

"Daging ayam ras, telur ayam ras, bawang merah, bawang putih‎, dan beras menyumbang inflasi besar," ucap Kepala BPS, Suryamin, saat konferensi pers di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Baca Juga

  • Inflasi Januari 0,51%, IHSG Merosot 26 Poin
  • BPS: Inflasi Januari Mencapai 0,51%
  • OJK: RI Harus Bisa Manfaatkan Rendahnya Tingkat Inflasi

Source: liputan6.com
Ini Faktor Bikin Harga Pangan Naik Tapi Inflasi Tetap Rendah

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi sebesar 0,51 persen di Januari 2016.Pencapaian inflasi tersebut merupakan yang terendah sepanjang 5 tahun terakhir karena tertolong penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai 5 Januari 2016.

Kepala BPS Suryamin, menegaskan inflasi Januari 2016 yang terendah sejak periode yang sama di 2010-2014, selain di Januari 2015 yang mengecap deflasi 0,24 persen karena kebijakan penurunan harga BBM.

"Dari 2010, inflasi Januari 2016 yang paling kecil. Januari 2010 inflasi 0,4 persen, 2011 sebesar 0,89 persen, inflasi Januari 2012 sebesar 0,76 persen, dan masing-masing 1,03 persen dan 1,07 persen di periode 2013 dan 2014," ucap dia di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Baca Juga

  • BPS: Inflasi Januari Mencapai 0,51%
  • Inflasi Januari 0,51%, IHSG Merosot 26 Poin
  • Lonjakan Harga Pangan Diprediksi Picu Inflasi Januari 0,7%

Source: liputan6.com
Menteri Rini Buka Pintu bagi BPK Audit Proyek Kereta Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan pihaknya dan beberapa BUMN siap dipidanakan bila pengerjaan proyek kereta cepat menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Hal ini karena dalam Peraturan Presiden sudah jelas dinyatakan tidak adanya jaminan pendanaan dari APBN.

"Kalau saya melanggar, saya kena pidana. BUMN-BUMN yang terlibat kena pidana. Keppresnya itu jelas, tidak ada jaminan pemerintah sehubungan dengan pinjaman maupun anggaran pemerintah, tidak ada dalam APBN‎," tegas Rini, di Hotel Borobudur, Senin (1/2/2016).

Untuk memastikan hal itu, Rini membuka pintu lebar-lebar kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk masuk dan mengaudit segala bentuk pendanaan dari proyek yang nilainya lebih dari Rp 70 triliun itu.

Baca Juga

  • Kejar Untung, KCIC Bakal Bangun Properti di Stasiun Kereta Cepat
  • Kereta Cepat Jakarta-Bandung Didesain Tahan Gempa
  • Garap Kereta Cepat, KCIC Minta Jaminan Kepastian Hukum

Source: liputan6.com
BJ Habibie, Satu-satunya Orang Asia yang Dapat Penghargaan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo mengaku kagum atas prestasi yang ditorehkan Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie. Bukan tanpa alasan, mantan orang nomor 1 di Indonesia tersebut diakui kehebatannya di dunia penerbangan.

Dalam kunjungannya ke kantor International Civil Aviation Organization (ICAO) Montreal, Kanada, Indroyono mendapat bukti kehebatan dari Habibie. Pembangun pesawat N-250 ini ternyata pernah menerima penghargaan Edward Warner Award. Hebatnya, dari 39 orang yang menerima penghargaan tersebut, hanya Habibie yang merupakan orang Asia.

Baca Juga

  • Menko Maritim Bangga Numpang Kerja di Ruang Bekas BJ Habibie
  • Nasihat BJ Habibie untuk Pemerintahan Jokowi-JK
  • SBY dan Habibie Dampingi Jokowi Resmikan Gedung Baru KPK

Source: liputan6.com
Data Tak Lengkap, DPR Jadwalkan Ulang Rapat dengan Pertamina

Liputan6.com, Jakarta - Komisi VII DPR menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas), Ketua SKK Migas dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Dalam RDP ini, Pertamina diminta memaparkan Wilayah Kerja (WK) secara rinci.

Namun baru sekitar 1 jam rapat berjalan, Komisi VII sepakat untuk menjadwal ulang RDP dengan Pertamina. Salah satu penyebabnya, sejumlah anggota dewan merasa data yang dipaparkan oleh Pertamina masih kurang detil.

Sedangkan Pertamina belum bisa menyiapkan data-data yang diinginkan oleh anggota Komisi VII dengan cepat. Oleh sebab itu sesuai kesepakatan, keikutsertaan Pertamina dalam RDP ini pun dipercepat.

Baca Juga

  • Bos Pertamina: Banyak Perusahaan Kolaps Imbas Harga Minyak Jeblok
  • Pertamina Direkomendasikan Kelola Blok East Kalimantan
  • Pertamina Pesan 8 Kapal dari Perusahaan Galangan Nasional

Source: liputan6.com
Bank Mandiri Fasilitasi Transaksi Global Repo Buat BPD

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri memfasilitasi transaksi Global Master Repo Agreement (GMRA) Indonesia untuk Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Penandatanganan kerjasama fasilitas tersebut dilakukan oleh Direktur Treasury and Markets Bank Mandiri Pahala N. Mansury dan Direksi BPD seluruh Indonesia di Bali, Senin (1/2/2016).

Pahala bercerita, pemberian fasilitas ini merupakan implementasi dari Peraturan OJK Nomor 9/POJK.04/2015 tanggal 25 Juni 2015 dan Surat Edaran OJK Nomor 33/SEOJK.04/2015 tanggal 23 November 2015 mengenai transaksi repo.

Pada regulasi yang berlaku sejak 1 Januari 2016 itu, seluruh transaksi repo yang dilakukan oleh lembaga keuangan dengan menggunakan Surat Berharga yang diawasi oleh OJK, wajib menggunakan GMRA Indonesia.

Baca Juga

  • Dorong Transaksi Repo, OJK Ingin Stimulus Pajak
  • OJK Atur Transaksi Repo untuk Beri Kepastian Hukum
  • Kembangkan Pasar Repo, Mandiri Gandeng Tiga Bank Asing

Source: liputan6.com
Jokowi Bakal Putuskan Blok Masela Setelah Bertemu Investor

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memanggil beberapa menteri dan pejabat terkait untuk membahas keputusan pengelolaan blok gas Masela yang terletak di Maluku, Nusa Tenggara Timur pada Senin (1/2/2016) sore. 

Jokowi menekankan kepada para menteri dan pejabat lainnya untuk tetap mengutamakan manfaat untuk wilayah dan masyarakat di daerah dalam pemberdayaan gas alam di Masela tersebut.

"Saya ingin tekankan, amanat konstitusi yang menyatakan secara tegas dan jelas bahwa pemanfaatan sumber daya alam itu harus untuk rakyat dan semua orang, bukan segelintir orang," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/2/2016).

Baca Juga

  • Kadin Usul Pengolahan Gas Blok Masela Dibangun di Darat
  • Rizal Ramli: Blok Masela Harus Dorong Pertumbuhan Ekonomi RI
  • Jika Dapat Bagian, Pertamina Cuma Mampu Kelola 25% Blok Masela

Source: liputan6.com
Pertamina Belum akan Turunkan Harga Premium dan Solar

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memastikan belum akan melakukan penyesuaian BBM jenis Premium dan Solar dalam waktu dekat meski harga minyak dunia saat ini masih stabil pada level rendah.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan pihaknya masih melakukan monitoring terhadap perkembangan harga minyak dunia. Sesuai dengan instruksi pemerintah, harga BBM akan mengalami penyesuaian setiap tiga bulan sekali.

"Kita masih harus memonitor per tiga bulan ya. Karena harga naik dan turun lihat per tiga bulan sesuai kesepakatan," ujar dia di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Baca Juga

  • Pertamina Tahan Penurunan Harga BBM
  • Langkah Pertamina Hadapi Harga Minyak Dunia Merosot
  • Tingkatkan Pendapatan, Pertamina Sinergikan Anak Usaha

Source: liputan6.com
Jangan Lakukan Ini Jika Tak Mau Tagihan Kartu Kredit Membengkak

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dipungkiri kartu kredit memang memiliki banyak manfaat, karena mudah dan praktis untuk melakukan berbagai transaksi.

Namun, seolah banyak yang tidak menyadari di balik segala fasilitas yang ditawarkan kartu kredit tersembunyi dampak yang kurang baik pada kesehatan finansial.

Kartu kredit bukanlah kartu ‘ajaib’ yang menyimpan dana pribadi, melainkan kartu utang yang penggunaannya tentu memiliki konsekuensi pengembalian, itu pun masih ditambah dengan bunga yang cukup tinggi.

Keasyikan menggunakan kartu kredit tanpa disadari menjerumuskan ‘sang pemilik’ ke lubang utang.

Syukur bisa membayar semua tagihan, bagaimana kalau tidak? Jangan heran jika harus berurusan dengan debt collector yang siap mengejar meski ke ujung dunia sekalipun.

Nah, Anda tentu tidak menginginkan hal itu terjadi bukan? Untuk itu, jangan lakukan 4 hal ini, jika tak mau tagihan kartu kredit membengkak seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (1/2/2016):

1. Belanja Hingga Habis Limit

Limit kartu kredit merupakan batas maksimum dana tersedia untuk bisa digunakan. Setiap kartu kredit memiliki limit yang besarannya tergantung pada gaji atau penghasilan Anda, biasanya 3x gaji atau penghasilan.

Besarnya dana limit yang tersimpan di kartu kredit sering kali menggoda untuk sering-sering digunakan. Saking asyiknya, Anda tidak menyadari belanja yang dilakukan telah menghabiskan limit.

Akibatnya, tagihan kartu kredit melambung tinggi dan membuat Anda gigit jari. Mau tidak mau Anda wajib membayar tagihan tersebut dan tentu saja plus bunganya.

Jika bisa langsung melunasi tagihan tentu bukanlah masalah. Lantas, bagaimana jika sebaliknya? Di sinilah masalah dimulai. Anda harus membayar tagihan dengan cara mencicil.

Dengan dalih untuk memudahkan dan meringankan pembayaran tagihan kartu kredit, bank menyediakan fasilitas minimum payment yang besarnya 10 persen dari total tagihan.

Jangan salah, hal ini juga wajib untuk disadari bahwa pembayaran minimum bukan langkah bijak dalam membayar tagihan kartu kredit. Bukannya meringankan justru memberatkan karena Anda bisa dikenai bunga berbunga.

2. Selalu Menggesek Kartu Kredit untuk Segala Keperluan

Tagihan kartu kredit yang membengkak salah satunya disebabkan oleh frekuensi penggunaan yang tinggi, alias sering-sering digeser untuk melakukan segala macam transaksi.

Diakui atau tidak, banyak pemegang kartu kredit yang masih belum bisa menggunakannya secara bijaksana. Kurang mampu mengontrol diri bahkan justru makin konsumtif.

Membawa kartu kredit ketika berbelanja memang riskan. Siapa yang bisa memastikan kalau Anda tidak akan tergoda untuk menggunakannya? Kebanyakan pemegang kartu kredit lebih memilih menggesek kartu untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan atau sekadar diinginkannya, ketimbang membayar tunai.

Seolah tak peduli dengan harga, jenis barang, maupun merchant yang didatangi, asal tersedia mesin penggesek kartu, pastilah lebih tertarik untuk menggesek saja. Semakin sering menggesek kartu kredit, tagihan yang membengkak tak lagi bisa dihindari.


Source: liputan6.com
Otoritas Bursa Lanjutkan Suspensi 4 Saham

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melanjutkan penghentian sementara perdagangan saham (suspensi) untuk sejumlah saham lantaran belum menyampaikan laporan keuangan yang tidak diaudit per 30 September 2015 hingga 29 Januari 2016.

BEI kembali melanjutkan suspensi untuk saham PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU), PT Borneo Lumbung Energy Tbk (BORN), PT Inovisi Infracom Tbk (INVS), dan PT Permata Prima Sakti Tbk (TKGA).Otoritas bursa telah mensuspensi empat saham tersebut sejak 2015.

Emiten tersebut seharusnya menyampaikan laporan keuangan interim per 30 September 2015 hingga 4 Januari 2016.

Baca Juga

  • BEI Usul 5 Kelompok Fraksi Saham, Ini Rinciannya
  • Otoritas Bursa Suspensi Saham Trikomsel
  • Belum Bayar Denda, BEI Suspensi Lima Saham

Source: liputan6.com
Harga Minyak Jatuh, Pengusaha Migas Tak Perlu Insentif

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan harga minyak dunia bakal terangkat naik pada semester II 2016. Dengan naiknya harga minyak dunia tersebut maka industri ataupun pengusaha minyak dan gas (migas) nasional maupun internasional diyakini dapat kembali bangkit.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo menjelaskan, harga minyak dunia berpeluang besar untuk kembali naik setelah sekian lama terperosok hingga menembus level terendah dalam 11 tahun terakhir atau hingga tertekan di bawah US$ 30 per barel.

"Harga minyak dunia tidak akan turun terus, karena seluruh dunia butuh minyak di saat energi alternatif belum memadai. Apalagi harga minyak sudah lama tiarap, ekonomi dunia bertumbuh sehingga tetap perlu energi fosil ini," jelasnya di kantor BPS, Jakarta, Senin (1/2/2016).

Baca Juga

  • BPS: Kekhawatiran PHK Massal Berlebihan
  • PHK Karyawan, Chevron Lapor ke Kemnaker
  • Serikat Pekerja Laporkan Ribuan Buruh Terancam PHK

Source: liputan6.com
Mengukur Gerak Laju Inflasi

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sumringah. Seusai Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jika angka inflasi pada Januari 2016 menyentuh 0,51 persen, lebih rendah dari perolehan Desember 2015.

Bahkan, Kepala BPS Suryamin menyebut, angka inflasi pada Januari merupakan yang terendah dalam 7 tahun sejak 2010.

Bagi pemerintah, laporan inflasi menjadi penting. Maklum inflasi merupakan tolak ukur kondisi harga-harga barang di dalam negeri sekaligus pengukur perekonomian nasional.

Dalam ilmu ekonomi, inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Faktor itu antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat ketidaklancaran distribusi barang.

Inflasi Januari Mencapai 0,51%

BPS melaporkan laju inflasi pada Januari 2016 sebesar 0,51 persen atau lebih rendah dibanding Desember 2015 yang sebesar 0,96 persen dengan inflasi tahun kalender sebesar 0,51 persen.

Tingkat inflasi tahun ke tahun (Januari 2016 terhadap Januari 2015) sebesar 4,14 persen. Komponen inti inflasi mencapai 0,29 persen dan inti tahun ke tahun 3,62 persen.

Kepala BPS Suryamin menyebutkan dari 82 kota, 75 kota di antaranya mencatatkan inflasi dan 7 kota deflasi. Inflasi tertinggi adalah di Sibolga sebesar 1,82 persen dan terendah 0,02 di Padang. Sedangkan deflasi tertinggi di Gorontalo sebesar 0,02 persen.

Pengamat ekonomi, Agustar Radjali, juga meramalkan tren inflasi di awal tahun cenderung lebih rendah karena tidak ada perayaan hari besar seperti di Desember, terdapat momen Natal dan tahun baru. Apalagi, terjadi penurunan harga BBM di Januari 2016.

"Di awal tahun tidak ada perayaan istimewa, jadi pembengkakan harga jual tidak terjadi. Berbeda dengan Desember di mana harga semua bahan pangan dan kebutuhan pokok melonjak," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com.

Ia melihat lonjakan harga daging ayam dan daging sapi belum membuat dampak yang besar meskipun ada masyarakat yang mengeluhkannya.

Harga Daging Ras Pendongkrak Inflasi

Inflasi Januari 2016 di angka 0,51 persen tercatat tertinggi disumbang dari bahan makanan dengan andil mencapai 2,20 persen. Disusul kelompok  perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,53 persen dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau dengan andil 0,51 persen.

"Daging ayam ras, telur ayam ras, bawang merah, bawang putih‎, dan beras menyumbang inflasi besar," ucap Suryamin.

Tercatat, daging ayam ras dengan perubahan harga dari Desember 2015 terhadap Januari 2016 sebesar 7,32 persen. Andil inflasinya 0,09 persen karena kurangnya pasokan. Kenaikan terjadi di 68 kota IHK, tertinggi di Tarakan 25 persen.

Kelompok lain yang ikut mengalami inflasi adalah makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,51 persen, kelompok kesehatan 0,36 persen, kelompok sandang 0,26 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga 0,15 persen.

Sementara, satu-satunya kelompok yang menyumbang deflasi pada Januari adalah transportasi, komunikasi dan jasa keuangan yaitu 1,11 persen karena turunnya tarif angkutan udara sebagai dampak dari rendahnya harga bahan bakar minyak.


Source: liputan6.com
Keputusan Pengelolaan Blok Masela ke Pertamina Ada di Pemerintah

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) terus berupaya untuk mendapatkan jatah pengelolaan Blok Masela. Setelah tawarannya mendapatkan respons negatif dari Inpex Corporation yang saat ini menjadi pengelola blok tersebut, Pertamina berharap adanya campur tangan pemerintah untuk membantu perseroan masuk dalam pengelolaan blok yang berlokasi di wilayah Maluku ini.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengaku pihaknya tengah mengajukan persetujuan dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ‎untuk turut dalam pengelolaan Blok Masela paska kontrak pengelolaan yang dimiliki Inpex dan Shell habis pada 2028.

"Sudah kita ajukan ke Kementerian. Ke Inpex juga sudah pernah. Waktu itu respons dari Inpex adalah dia tiak melepas harganya," ujar Dwi di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Dwi menyatakan, dengan demikian Pertamina kini tinggal menunggu keputusan dari pemerintah soal pengelolaan lapangan gas abadi tersebut.

"Jadi tinggal ke pemerintah. Kita lihat saat perpanjangan (kontrak). Mungkin saat itu‎ Pertamina bisa memperoleh sesuai ketentuan, minimum 10 persen (porsi pengelolaan) dari domestik," tandasnya.

Baca Juga

  • Kadin Usul Pengolahan Gas Blok Masela Dibangun di Darat
  • Rizal Ramli: Blok Masela Harus Dorong Pertumbuhan Ekonomi RI
  • Jika Dapat Bagian, Pertamina Cuma Mampu Kelola 25% Blok Masela

Source: liputan6.com
Harga Beras Naik, Menko Darmin Sebut Ada Spekulan

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi pada Januari 2016 di angka 0,51 persen. Realisasi inflasi ini disumbang paling tinggi oleh bahan makanan dengan andil mencapai 2,2 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan salah satu penyumbang inflasi yang perlu diwaspadai saat ini adalah untuk jenis pangan beras.

"Saya belum lihat berapa persen naiknya harga beras, tapi itu lebih banyak karena kekeringan yang muncul belakangan. Biasalah ada orang spekulasi, nyoba-nyoba," kata Darmin di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/2/2016).

 

Baca Juga

  • 13.800 Ton Beras untuk Hari Raya Galungan dan Kuningan
  • Top 3: Negara Pengimpor Beras Terbesar Dunia, RI Posisi Berapa?
  • Negara Pengimpor Beras Terbesar di Dunia, RI Posisi Berapa?

Source: liputan6.com
Kemenperin Ingin Bangun Pabrik Es di Kupang

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perindustrian Saleh Husin menyatakan pihaknya akan terus meningkatkan penyediaan fasilitas produksi ikan bagi nelayan di Indonesia. Setelah membangun 12 pabrik es di beberapa daerah, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga akan membangun sarana yang sama di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Dari sekian banyak kebutuhan fasilitas pendukung, dua di antaranya adalah pabrik es dan industri garam yang menyokong pengawetan hasil laut mereka," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Dia menjelaskan, pembangunan pabrik es ini akan diintegrasikan dengan lokasi aktivitas nelayan seperti berdekatan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Nantinya pengelola pabrik es bisa dilakukan oleh koperasi, TPI atau kelompok usaha bersama (KUB) setempat.

 

Baca Juga

  • Jepang Minat Investasi Cold Storage
  • Usaha Ruang Pendingin Kini Dibuka Buat Asing
  • Kemenperin Pastikan Roadmap IHT Dibahas Lintas Instansi

Source: liputan6.com
Blok Masela Bakal Jadi Proyek Gas Terbesar di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo telah merampungkan rapat terbatas membahas ladang gas Blok Masela‎. Ratas ini diwarnai banyak perbedaan pendapat. Proyek ini bakal jadi proyek gas terbesar di dunia.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan ratas diwarnai beberapa perdebatan di masing-masing pada menteri, SKK Migas, pejabat daerah dan pihak terkait lainnya. Setiap argumen diakui Pramono memiliki dasar dan manfaat yang berbeda-beda.

"Jadi di dalam ratas tadi memang ada perbedaan dan sangat meriah selama sidang kabinet yang ada," kata Pramono di Istana Negara, Senin (1/2/2016).

 

Baca Juga

  • Jokowi Bakal Putuskan Blok Masela Setelah Bertemu Investor
  • Kadin Usul Pengolahan Gas Blok Masela Dibangun di Darat
  • Koalisi Masela Berharap Pengelolaan Blok Tak Timbulkan Konflik

Source: liputan6.com