Prev Febuari 2016 Next
Ming Sen Sel Rab Kam Jum Sab
31 01 02 03 04 05 06
07 08 09 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 01 02 03 04 05
06 07 08 09 10 11 12
Berita Kurs Dollar pada hari Kamis, 25 Febuari 2016
IPO Jadi Alternatif Pendanaan bagi BUMN

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sedang mendorong percepatan infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Tentu saja, peran BUMN diperlukan untuk menggapai ‎itu semua.

Sayangnya, untuk mendorong kinerja BUMN membutuhkan modal yang besar. BUMN perlu mencari pembiyaan untuk melancarkan aksi korporasinya.

Direktur Penil‎aian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Samsul Hidayat mengungkapkan, BUMN bisa mencari pendanaan lewat mekanisme penawaran saham atau initial public offering (IPO).

Mekanisme tersebut menjadi alternatif dari pendanaan lain seperti pinjaman bank, suntikan dana pemerintah, dan lain sebagainya.

Baca Juga

  • Melantai di Bursa, Ini Untungnya Buat BUMN
  • Melantai di Bursa, BUMN Jadi Milik Asing?
  • Saham BUMN Jadi Pilihan Investor

Source: liputan6.com
Cara Cerdas Pakai Kartu Kredit Agar Utang Tak Menumpuk

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit dapat menjadi alat yang memudahkan pembayaran, namun penggunaannya miliki tanggung jawab. Sebab jika tidak hati-hati, Anda bisa terjerat utang yang tiada habisnya.

Berikut adalah 5 prinsip aman yang harus Anda pahami saat menggunakan kartu kredit seperti dikutip dari www.cekaja.com, Kamis (25/2/2016):

1. Gunakan sesuai kebutuhan

Kartu kredit memang memudahkan Anda dalam setiap kegiatan pembayaran, namun kartu kredit bukanlah kartu utang. Jadi, gunakan kartu kredit Anda sebagai alat bantu pembayaran dalam membeli barang sesuai kebutuhan Anda.

Jangan tergoda dengan promo dan diskon yang nantinya malah membuat kewajban pembayaran kartu kredit melonjak.

2. Pilih cicilan

Saat ini, banyak promo yang ditawarkan kartu kredit, terutama untuk program cicilan 0 persen. Namun, walau cicilan yang ditawarkan 0 persen, hitunglah berapa jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Misal, Anda memiliki limit kartu kredit sebesar Rp 15 juta. Kemudian, Anda membeli barang seharga Rp 12 juta dengan bunga 0 persen untuk cicilan selama setahun. Artinya, Anda memiliki kewajiban untuk membayar cicilan kredit sebesar Rp 1 juta perbulan.

Ingatlah kewajiban kredit lain yang masih harus Anda bayarkan. Untuk cicilan 0 persen Anda akan bebas bunga, namun diluar dari itu ada beban bunga yang harus Anda bayar. (Baca juga: Jangan Ambil Cicilan Kartu Kredit untuk Keperluan Ini!)


Source: liputan6.com
7 Fakta Unik tentang Kekayaan Miliarder Warren Buffet

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang ingin jadi orang kaya seperti salah satu miliarder dunia Warren Buffett. Untuk menjadi seperti saat ini, pria 85 tahun ini ternyata memulai usahanya sejak dini. Dari langkah yang diambil itulah, Buffet kini masuk di deretan orang paling kaya di dunia.

Namun ternyata, di balik kekayaannya yang melimpah Buffet ternyata menyimpan segudang fakta unik akan kesuksesannya.

Berikut 7 fakta unik tentang kekayaan Warren Buffet seperti dilansir dalam Business Insider, Rabu (24/2/2016):

1. Di usia 10 tahun, Warren Buffet telah menghabiskan waktu bersama pegawai bursa saham New York.

Ketika anak-anak seusianya sibuk bermain, si kecil Buffet ternyata telah memikirkan jauh-jauh akan rencana hidup yang ingin dijalani.

Di usia 10 tahun, ayahnya mengajak Buffet untuk bertemu dengan salah satu kolega yang bekerja di bursa saham New York. Sang pegawai itulah yang memberi masukan sangat baik bagi Buffet untuk selalu mengorganisir uang di hidupnya dengan baik.

2. Buffet membeli saham pertamanya di usia 11 tahun

Dalam wawancaranya dengan sebuah media terkemuka, Buffet mengungkap bahwa ia sudah membeli saham pertamanya di usia 11 tahun. Ia membeli beberapa saham Cities Service Preferred sebesar US$ 38.

Ketika beranjak remaja, ia sudah mampu mendulang pendapatan US$ 175 per bulan. Lebih besar dibanding dengan kebanyakan orang dewasa.

3. Di usia 16 tahun, Buffet mampu mendulang aset sebesar US$ 53 ribu

Walaupun usianya masih beranjak remaja, Buffet telah menjalankan bisnisnya di beberapa bidang. Ia menjual bola golf bekas, mobil bekas, hingga merubah lapangan pacuan kuda menjadi sebuah taman bermain.


Source: liputan6.com
RUMAH DAN KITA: Ingin Beli Rumah? Yuk Simak Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rumah merupakan impian seseorang. Dengan memiliki rumah ada tempat nyaman dan aman bagi keluarga.
Untuk membeli rumah membutuhkan biaya tak sedikit.

Karena itu, seseorang juga perlu usaha untuk membeli rumah. Nah bagi Anda yang sudah menyiapkan dana untuk beli rumah, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan ketika akan membeli rumah.

Sales Manager Kebagusan Terrace Stephanie Cassandra menuturkan, ada beberapa hal yang harus diketahui konsumen ketika akan membeli sebuah rumah. Pertama, anggaran sesuai dengan kemampuan.

"Rumahnya sudah bagus tetapi juga harus budget. Sebagai tips tambahan perlu diperhatikan lokasi perumahan berada. Apakah lokasi perumahan dekat dengan jalan raya ataukah dekat dengan jalan tol. Itu satu poin penting," jelas Stephanie, seperti dikutip dari www.rumah.com, seperti ditulis Kamis (25/2/2016).

Ia menambahkan, konsumen juga perlu memperhatikan kondisi wilayah perumahan apakah daerah banjir. Bila daerah perumahan itu bebas banjir maka rumah tersebut baik untuk dibeli. "Cek sekelilingnya tanya-tanya dulu. Kalau misal bebas dari banjir maka rumah itu baik untuk dibeli," kata dia.

Selain itu, konsumen juga perlu memperhatikan fasilitas yang ditawarkan. Fasilitas itu perlu diketahui terutama taman bermain, pusat olah raga, dan juga taman.

"Itu juga perlu diperhatikan fasilitas di sekitar lingkungan apakah dengan rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah anak. Itu juga penting diperhatikan yang menjadi salah satu poin membeli rumah," ujar dia.

Stephanie menegaskan, hal lain yang perlu diketahui yaitu metode pembayaran. Developer biasa memberikan sistem pembayaran terdiri atas cash bertahap, cash keras dan KPR.

"Anda bisa memilih yang nyaman dan tanyakan juga syaratnya dengan pilih yang nyaman dan mudah dijalani," kata Stephanie.

Ingin mengetahui hal lain yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli rumah? Yuk simak wawancara berikut:

6 Hal yang Harus Diketahui Konsumen Sebelum Beli Rumah


Source: liputan6.com
Melantai di Bursa, BUMN Bisa Kurangi Intervensi

Liputan6.com, Jakarta - Saham-saham perusahaan yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagian telah tercatat dan di transaksikan di Bursa Efek Indonesia. Bukan hanya untuk menambah permodalan, keuntungan BUMN yang melantai di bursa ini juga mengurangi intervensi dari berbagai pihak.

Mantan Sekretaris Kementerian BUMNSaidDidu menceritakan sebagai perusahaan yang sahamnya dimiliki pemerintah dan melibatkan dana APBN, terkadang ada pihak-pihak yang mencoba memanfaatkan perusahaan pelat merah ini untuk kepentingan-kepentingan tertentu.

Baca Juga

  • BUMN Lebih Transparan Usai Lepas Saham ke Publik
  • IPO Jadi Alternatif BUMN Cari Dana Murah
  • Melantai di Bursa, BUMN Dapat Keringanan Pajak

Source: liputan6.com
Ciptakan Rumah yang Aman untuk Anak

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai tempat pertama tumbuh kembang anak, setiap sudut rumah semestinya menjadi tempat yang nyaman untuk ditempati. Lindungi anak-anak Anda dari kecelakaan atau cedera yang mungkin terjadi di dalam rumah.

Coba ikuti beberapa tips berikut untuk mengubah rumah Anda menjadi zona yang aman untuk anak. Dikutip dari Parents.com dan Rumah.com, seperti ditulis Kamis (25/2/2016), tips ini menjelaskan secara rinci untuk mengurangi kecelakaan di setiap ruangan.

1. Kamar tidur

Sebagai ruangan yang paling sering ditempati oleh si anak, keamanan menjadi poin utama yang harus diperhatikan di kamar tidur. Untuk itu, pastikan ranjang tempat tidur memiliki matras yang kuat dan tidak memiliki ukiran dekoratif di bagian sudutnya. Boks bayi juga menjadi perhatian penting.

Empat sampai enam bulan pertama, jauhkan bantal, selimut atau boneka binatang yang menggunakan material berbulu dari boks bayi. Ketika mereka cukup besar, jauhkan juga mainan atau bantal yang bisa mereka manfaatkan untuk merangkak keluar. Terakhir, hiasi ruangan dengan karpet lembut untuk mencegah cedera berat jika mereka jatuh.

2. Kamar mandi

Ruangan yang satu ini kerap menjadi lokasi terjadinya cedera, akibat lantai yang licin. Oleh karena itu, letakkan tikar atau karpet non-slip plastik di lantai untuk mencegah jatuh terpeleset. Selain itu, untuk mencegah luka bakar akibat panas yang terlalu tinggi di bak kamar mandi, selalu periksa pengaturan suhu pemanas air Anda.

3. Dapur

Kehadiran beberapa elektronik rumah tangga di dapur membuat anak rentan terluka. Untuk itu orang tua bisa mencegah dengan beberapa cara. Misalnya dengan menjauhkan peralatan masak berukuran kecil dari meja dan pastikan kabel tidak menjuntai ke tepian.
Segala sesuatu yang menjuntai akan menjadi pusat perhatian mereka. Oleh karena itu, hindari gunakan taplak meja.

Ketika hendak menyimpan garpu dan pisau di wadah, letakkan dengan posisi menunjuk ke bawah. Jauhkan kursi jinjit dari meja dapur atau kompor agar mereka tidak memanjat ke atas. Terakhir, ada baiknya tidak memasang magnet kulkas agar tidak digigit atau bahkan ditelan oleh balita.

4. Ruang tamu

Ruangan yang satu ini juga tidak luput dari kemungkinan cedera anak. Oleh karena itu coba pasang bantalan di tepi dan sudut meja untuk mencegah anak terbentur. Jika ingin meletakkan tanaman atau rak buku, pastikan ketinggiannya tidak dijangkau oleh balita Anda.

5. Sekitar rumah

Area lainnya di rumah juga memerlukan perhatian khusus. Misalnya di tangga, pasang karpet untuk mencegah anak terpeleset. Kemudian simpan barang-barang kecil dari setiap sudut ruangan agar tidak ditelan oleh anak. Jika perlu, Anda mungkin harus memasang alat detektor asap di sekitar rumah untuk mencegah kebakaran.

Terakhir, yang tak kalah pentingnya, anak-anak juga harus selalu didampingi oleh orangtua atau kerabat terdekat setiap saat ada di rumah. (Isnaini K/Ahm)

Foto: Apartementtherapy.com


Source: liputan6.com
5 Hal Ini Bisa Bikin Kerja Selalu Bahagia

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan seseorang ketika bekerja ditentukan oleh banyak faktor. Bukan hanya lingkungan kantor yang mendukung, faktor kenyamanan saat bekerja juga mampu meningkatkan level kebahagiaan.

Akan tetapi rutinitas pekerjaan seringkali menimbulkan rasa bosan. Akibatnya, semangat kerja bisa berkurang dan pekerjaan pun terbengkalai. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda menjadi benci dengan pekerjaan yang sedang dijalani.

Apa saja sebenarnya hal yang dapat membuat Anda selalu bahagia di tempat kerja? Melansir Fortune, Kamis (25/2/2016) ini ulasannya:

1. Pekerjaan yang menantang

Pekerjaan yang membutuhkan ketelitian serta mampu mengelevasi kemampuan yang dimiliki ternyata mampu memberikan kebahagiaan tersendiri.

Menurut penelitian, orang dengan tingkat kebahagiaan tinggi merupakan mereka yang mampu menghalau aktivitas sulit dan mampu mendapat pelajaran dari apa yang sudah dikerjakan.

2. Mampu menelurkan kemajuan

Terus menerus menunjukkan kemajuan kerja ternyata bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia terhadap pekerjaannya. Hal ini disebabkan karena pekerjaan sejatinya merupakan sebuah pencapaian hidup yang harus dipenuhi.


Source: liputan6.com
6 Kebiasaan Buruk Kelola Uang di Usia Muda

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang di usia 20an yang terlalu terlena dengan hidup yang dimiliki. Mereka menganggap hidupnya mampu sukses dengan mudah mengingat masih bayak jatah umur yang dapat dimanfaatkan.

Kondisi ini akhirnya berimbas pada kebiasaan buruk mengelola keuangan.Tahukan Anda bahwa tidak terbiasa mengelola keuangan dengan baik hanya akan membuat masalah semakin besar.

Baca Juga

  • 5 Cara Didik Anak Supaya Tidak Boros
  • Siap-siap Gagal Menabung Jika Masih Percaya 4 Mitos Ini
  • 5 Alasan Uang Bisa Rusak Hubungan Asmara Anda

Source: liputan6.com
Perumnas Telah Bangun 10 Ribu Unit Rumah di Karawang

Liputan6.com,Karawang - Perum Perumnas telah membangun sedikitnya 10 ribu unit rumah di Karawang, Jawa Barat. Perusahaan properti pelat merah itu sudah mengembangkan proyek perumahan menengah bawah di daerah itu sejak tahun 1990-an, dengan total luas areal 200 hektare (ha).

"Menjamurnya industri di Karawang membuat kebutuhan hunian di kawasan ini sangat tinggi, sehingga perumahan milik Perumnas di Karawang cukup diminati masyarakat," ujar Direktur Utama Perum Perumnas, Himawan Arief Sugoto di Karawang, Kamis (25/2/2016).

Didukung kemudahan akses menuju gerbang tol Karawang Barat menjadikan proyek Perumnas di Karawang semakin strategis. Jaraknya pun tidak jauh dengan beberapa kawasan industri seperti KIM dan KIIC.

Setelah membangun ribuan rumah tapak di lokasi yang berlokasi di Teluk Jambe, Perumnas pada tahun ini mulai memperkenalkan pengembangan hunian vertikal di kawasan Sentraland-Karawang, diawali dengan pengembangan empat tower rumah susun sederhana milik/rusunami yang menyasar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 

Baca Juga

  • Pemda Didorong Mudahkan Izin Pembangunan Rusunami
  • Mengupas Rekam Jejak Properti di Karawang
  • 7 Hal Penting Ketika Survei Rumah

Source: liputan6.com
Sektor Keuangan Bakal Angkat IHSG

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan/IHSG diperkirakan menguat pada perdagangan saham Kamis (25/2/2016). IHSG didorong oleh penguatan sektor keuangan yang berbalik arah usai alami tekanan.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya mengatakan, meski IHSG berpeluang menguat namun dibayangi oleh fluktuasi harga minyak.

"‎Kenaikan IHSG juga terdorong oleh kenaikan sektor keuangan terutama emiten perbankan berkapitalisasi besar. Namun kewaspadaan tetap diperlukan terkait fluktuasi harga komoditas minyak yang akan berpengaruh terhadap pergerakan IHSG," kata dia dalam ulasannya.

William menyebut, IHSG akan bergerak pada support 4.627 dan resistance 4.722 pada perdagangan saham Kamis pekan ini.
‎Dalam Riset PT Bahana Securities mengatakan IHSG bergerak variatif pada perdagangan saham hari ini. IHSG diperkirakan akan bergerak pada 4.595 dan resistance pada 4.680.

Baca Juga

  • Sektor Saham Keuangan Picu IHSG Naik Tipis
  • IHSG Berpotensi Turun, Simak Delapan Saham Pilihan
  • Aksi Beli Asing Dukung Penguatan IHSG

Source: liputan6.com
Tak Semua BUMN Harus IPO

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) berpendapat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menguasai hajat hidup orang sebaiknya tak melepas sahamnya ke publik terlebih dulu.

Direktur Eksekutif AEI Isakayoga mengatakan, sektor yang menguasai hajat hidup orang banyak tersebut seperti pengelolaan listrik dan bahan bakar minyak (BBM). Sebagaimana diketahui, BUMN yang menaungi listrik dipegang oleh PT PLN (Persero) sedangkan BBM di bawah kendali PT Pertamina (Persero). Dia mengatakan, karena menguasai hajat hidup orang banyak peran pemerintah mesti 100 persen. 

"Bensin, BBM itu harus menguasai saat ini, kalau go public belum waktunya peran pemerintah tidak jadi 100 persen dan harus tunduk peraturan-peraturan OJK," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (24/2/2016).

Memang dia mengatakan dengan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan memperoleh banyak manfaat. Antara lain, mendapat pembiayaan murah karena tak membayar bunga seperti meminjam di lembaga keuangan tertentu.

Baca Juga

  • IPO BUMN Dongkrak Kenaikan Aset Perusahaan
  • BUMN Lebih Transparan Usai Lepas Saham ke Publik
  • Sektor Usaha Jadi Pertimbangan Menariknya IPO BUMN

Source: liputan6.com
Investor Lepas Saham, Harga Emas Naik

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas berjangka menandai level tertingginya dalam sepekan terakhir pada perdagangan Rabu waktu setempat. Kondisi ini dipicu laporan penjualan rumah AS yang membuat kegelisahan di pasar keuangan.

Kegelisahan itu juga mengendalikan investor keluar dari aset beresiko seperti saham dan beralih ke aset seperti emas.

Dilansir dari Marketwatch, Kamis (25/2/2016) harga emas berjangka untuk pengiriman April naik US$ 16,5 atau sekitar 1,4 persen ke lecel US$ 1.239 per ounce. Harga yang naik 1 persen pada selasa menyentuh harga intraday di level US$ 1.254,30 per ounce.

 

Baca Juga

  • Harga Emas Pulih Akibat Penurunan Pasar Saham
  • Harga Emas Antam Turun Rp 11 Ribu per Gram
  • Emas Antam Naik Rp 4 Ribu/Gram

Source: liputan6.com
Singapura hingga Meksiko Sudah Lama Punya Tabungan Perumahan

Liputan6.com, Jakarta Pengesahan Undang-undang Tabungan Perumahan Rakyat (UU Tapera) oleh DPR RI menjadi babak baru bagi Indonesia mulai menghimpun dana jangka panjang guna menunjang pembiayaan rumah. Meski tertinggal, upaya ini mengekor kesuksesan negara lain yang sudah lebih dulu menerapkan kebijakan tersebut.

Direktur Jenderal Pembiayaan Rumah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Maurin Sitorus mengakui bahwa Indonesia tertinggal jauh dengan negara lain, termasuk negara tetangga dalam memungut iuran tabungan perumahan dari pekerja dan pengusaha.

"Kita memang baru memulai, tapi China, Malaysia, Brazil dan Meksiko sejak tahun 1990-an sudah punya tabungan perumahan rakyat," ungkapnya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (25/2/2016).

 

Baca Juga

  • Dana Tapera Bakal Tembus Rp 113 Triliun per Tahun
  • UU Tapera: Buruh Girang, Pengusaha Meradang
  • Dana Rp 2 Triliun Bakal Dialokasikan untuk Operasional Tapera

Source: liputan6.com
Harga Emas Antam Masih Dijual Rp 567 Ribu per Gram

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) masih dijual Rp 567 ribu per gram pada perdagangan Kamis (25/2/2016).

Sementara harga pembelian kembali (buyback) naik Rp 1.000 menjadi Rp 517 ribu per gram. Harga pembelian kembali ini artinya jika Anda menjual emas yang dimiliki,Antam akan membelinya di harga Rp 517 ribu per gram.

Pembayaran buyback dengan volume di atas 1 kg akan dilakukan makaimal 2 hari setelah transaksi dengan mengacu kepada harga buyback hari transaksi.

 

Baca Juga

  • Harga Emas Antam Naik Rp 4.000 per Gram
  • Harga Emas Antam Turun Rp 11 Ribu per Gram
  • Harga Jual Emas Antam Naik Rp 1.000 per Gram

Source: liputan6.com
Gaji Dipotong 2,5% Buat Tapera, Uang Cair Saat Pensiun

Liputan6.com, Jakarta - Undang-undang Tabungan Perumahan Rakyat (UU Tapera) sudah resmi disahkan. Pemerintah menjanjikan manfaat tabungan ini bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) maupun non MBR, diantaranya sebagai dana jaminan hari tua, selain membiayai perumahan.

Direktur Jenderal Pembiayaan Rumah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Maurin Sitorus mengungkapkan, dua fungsi paling menonjol dalam UU Tapera ini adalah sebagai sumber pembiayaan perumahan dan jaminan hari tua.

"Tapera bisa sebagai jaminan hari tua lho. Kalau saat pensiun, kita akan memperoleh semua dana yang kita simpan, plus hasil investasinya," ujarnya ketika dihubungi Liputan6.com,Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Baca Juga

  • REI Bantah Tudingan UU Tapera Untungkan Pengembang
  • Ada Tapera, Gaji 180,3 Juta Karyawan dan PNS Dipotong 2,5%
  • UU Tapera: Buruh Girang, Pengusaha Meradang

Source: liputan6.com
Ini Mekanisme Pungutan Iuran Tabungan Perumahan

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan Undang Undang Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Dalam UU tersebut disebutkan bahwa yang berhak membayar iuran adalah pemberi kerja dan pekerja.

Dalam Rancangan Undang Undang yang didapat Liputan6.com, Kamis (25/2/2016), dalam Paragraf 3 Pasal 17 ayat 1 disebutkan, simpanan tapera dibayar oleh pemberi kerja dan pekerja. Sementara ketentuan besaran simpanan Tapera selanjutnya akan diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) seperti yang ditulis di pasal 2.

Lebih lanjut di Pasal 18 ayat 1 disebutkan dalam hal ini pemberi kerja wajib membayar simpanan yang menjadi kewajibannya dan memungut simpanan yang menjadi kewajiban pekerja yang menjadi peserta.

Baca Juga

  • Ada Tapera, Gaji 180,3 Juta Karyawan dan PNS Dipotong 2,5%
  • Gaji Karyawan Bakal Dipotong 2,5% buat Tabungan Perumahan
  • Ada Tapera, 2 Juta Rumah Murah Bisa Terbangun

Source: liputan6.com
Siapa Saja yang Wajib Jadi Peserta Tabungan Perumahan?

Liputan6.com, Jakarta - Tabungan perumahan mengharuskan gaji karyawan dipungut sekitar 2,5 persen. Hasilnya, tabungan tersebut untuk menyediakan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Ada beberapa kriteria peserta program tabungan perumahan. Siapa saja?

Dalam Rancangan Undang-Undang Tapera yang sudah disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) disebutkan secara rinci mengenai kepesertaan Tapera.

 

Baca Juga

  • Gaji Dipotong 2,5% Buat Tapera, Uang Cair Saat Pensiun
  • Ada Tapera, 2 Juta Rumah Murah Bisa Terbangun
  • Dana Rp 2 Triliun Bakal Dialokasikan untuk Operasional Tapera

Source: liputan6.com
2 Negara ASEAN Ini Akan Jadi Sasaran Ekspansi Pasar RI

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyiapkan strategi pemasaran investasi khusus untuk negara-negara anggota ASEAN. Hal ini bertujuan meningkatkan realisasi investasi dari ASEAN, yang naik 15 persen pada 2015 menjadi US$ 9,1 miliar dari sebelumnya US$ 7,93 miliar.

Dari sisi komitmen investasi, negara-negara anggota ASEAN mencatatkan kenaikan 79 persen mencapai US$ 22 miliar dari posisi tahun sebelumnya US$ 12,3 miliar.
 
Kepala BKPM Franky Sibarani menjelaskan, ada dua negara yang menjadi fokus untuk menarik inward investment, yaitu Malaysia dan Singapura. Kedua negara tersebut dipilih menjadi fokus pemasaran karena proporsinya mencapai 97 persen dari keseluruhan realisasi investasi negara-negara ASEAN.

Franky mengemukakan, Malaysia menjadi fokus pemasaran investasi Indonesia ke ASEAN karena melihat tren realisasi dan komitmen negara tersebut yang cenderung meningkat. BKPM mencatat realisasi investasi Malaysia pada 2015 sebanyak 913 proyek dengan nilai investasi US$ 3 miliar, tumbuh 73 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Demikian pula dengan nilai komitmen investasi dari Malaysia mencapai US$ 5,5 miliar dari sebelumnya US$ 2,2 miliar atau naik 148 persen.
 
“Sementara Singapura telah lama merupakan sumber investasi Indonesia. Untuk itu kantor perwakilan BKPM di Singapura akan fokus untuk mengawal strategi pemasaran ini. Jadi selain melakukan pemasaran investasi untuk Singapura, juga secara lebih fokus untuk menarik minat investasi dari Malaysia. Selain itu, BKPM juga telah memiliki tim marketing officer yang khusus menangani Malaysia,” kata dia  di Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Baca Juga

  • BKPM: Terobosan Kemudahan Investasi Harus Disebarluaskan
  • BKPM Minta Kebijakan Daerah Pro-Investasi
  • BKPM Siap Terapkan Investasi Langsung Konstruksi di Kawasan Ini

Source: liputan6.com
Aturan Bungkus Rokok Polos Diskriminasi Terhadap Produk Tembakau

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) mengapresiasi sikap mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy yang mengkritik rencana pemberlakuan kebijakan kemasan polos tanpa merek (plain packaging) bagi rokok di negaranya.

Ketua APTI Soeseno mengatakan, kritik tersebut diharapkan membukakan mata para pengambil kebijakan di Prancis agar segera membatalkan rencana tersebut.

“Kami menyambut baik pernyataan yang diberikan Sarkozy yang telah mendengarkan aspirasi para petani tembakau di Indonesia yang menentang keras rencana pemberlakuan kebijakan kemasan polos oleh negara manapun, termasuk Prancis,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Soeseno menilai, pemberlakuan kebijakan kemasan polos terhadap rokok akan memicu tindakan realisasi dari negara-negara pengekspor industri hasil tembakau terhadap produk unggulan Perancis, seperti wine karena produk tersebut merupakan unggulan di pasar ekspor. Pada tahun 2014, Perancis mengekspor wine yang nilainya mencapai US$ 9,3 miliar.

Baca Juga

  • RI Desak Australia Cabut Kebijakan Bungkus Rokok Polos
  • Kemendag Keberatan dengan Aturan Kemasan Polos Rokok di Singapura
  • Aturan Kemasan Polos Picu Peredaran Rokok Palsu

Source: liputan6.com
PNS Dapat Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dan PT Taspen (Persero) melakukan sosialisasi program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada hari ini.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan, JKK dan JKM merupakan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah selain gaji dan tunjangan. Fasilitas tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan ASN serta memberikan proteksi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

"‎Ini akan mendapatkan jaminan lebih besar karena melakukan tugasnya. Berlaku untuk TNI, ABRi tapi itu di Asabri. Ini PNS yang sipil," katanya, Jakarta, Kamis (25/2/2016).

JKK sendiri memberikan manfaat antara lain, perawatan, santunan, dan tunjangan cacat. Untuk perawatan, ada pemeriksaan dasar dan penunjang, perawatan tingkat pertama dan lanjutan, dan rawat inap kelas 1 rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta setara.

 

Baca Juga

  • Ada Tapera, Gaji 180,3 Juta Karyawan dan PNS Dipotong 2,5%
  • PNS, TNI Sampai Polri Wajib Lapor Pajak Pakai e-Filing
  • Begini Gambaran Baju Dinas Teranyar PNS

Source: liputan6.com
BI Waspadai Penguatan Rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Penguatan nilai tukar rupiah yang terjadi sejak awal 2016 disokong oleh aliran dana asing (capital inflow) yang masuk ke Indonesia. Bank Indonesia (BI) tentu saja mewaspadai aliran dana masuk tersebut karena ada kemungkinan jika dana-dana tersebut tiba-tiba keluar bakal menyeret rupiah kembali ke dalam tren pelemahan.

Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung mengatakan, Indonesia dihadapkan pada dua situasi ekonomi global yang bertolakbelakang. Amerika Serikat (AS) mengetatkan kebijakan moneter, tetapi negara lain justru melonggarkan kebijakan moneter.

"Dengan pengetatan moneter ini, uang akan lari ke AS. Tapi statement dari AS sendiri kelihatannya mulai ragu terhadap kondisi ekonominya, inflasi juga masih rendah. Jadi ini yang membuat kebijakan melebar dan menyempit tahun ini," terangnya diJakarta, Kamis (25/2/2016).

Baca Juga

  • Di awal Pekan, Rupiah Menguat ke 13.479 per Dolar AS
  • Menunggu Rapat BI, Rupiah Melemah ke 13.455 per Dolar AS
  • Pemerintah Rilis Kebijakan, Rupiah Kian Membaik

Source: liputan6.com
‎Pemerintah Bakal Rampingkan Jumlah PNS

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berencana merampingkan jumlah pegawai negara sipil (PNS) sampai batas ideal. Pemerintah menyatakan, jumlah ideal PNS atau yang saat ini disebut juga dengan aparatur sipil negara sebesar 1,5 persen dari jumlah penduduk.

Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi mengatakan, perampingan dilakukan untuk meningkatkan kualitas ASN. "Sementara ini dalam kajian Kementerian PANRB, rasio jumlah pegawai pemerintah terhadap penduduk yang ideal 1,5 persen saat ini posisinya 1,77 persen," katanya, Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Pendekatan yang bakal dipakai antara lain moratorium serta pertumbuhan jumlah pegawai yang negatif. Dia mencontohkan, jika saat ini jumlah pegawai 4,5 juta orang dengan jumlah pensiun 500 ribu orang, maka pemerintah tak akan merekrut melampaui jumlah 500 ribu orang itu.

"Dari angka 4,5 juta begitu ada yang pensiun 500 ribu yang masuk tidak akan melampaui itu. Itu kan zero growth itu kan negatif," jelas dia.

Yuddy menargetkan perampingan PNS hingga 2019. Itu berarti, moratorium tetap akan berlangsung sampai 2019. "Iya, sementara itu kalau tidak ada itu moratorium akan berlanjut sampai 2019. Pendekatan pegawai negatif to zero growth itu di ranah paling ideal," jelasnya.

Baca Juga

  • Pengurangan Jumlah PNS Incar Pegawai Tak Kompeten
  • Baju Dinas Baru Diperlukan PNS dengan Profesi Tertentu
  • PNS, TNI Sampai Polri Wajib Lapor Pajak Pakai e-Filing

Source: liputan6.com
‎Simak Cara Pencairan Jaminan Kecelakaan Kerja untuk PNS

Liputan6.com, Jakarta - Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi pegawai negeri sipil (PNS) atau saat ini disebut dengan aparatur sipil negara (ASN) mulai berlaku 1 Juli 2015. Apa manfaat dari JKK dan JKM dan bagaimana cara bagi ASN agar bisa mendapatkan jaminan tersebut?

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Liputan6.com terkait JKK, bila terjadi kecelakaan kerja terhadap peserta program JKK, maka peserta sendiri atau ahli waris atau instansi di mana peserta bekerja wajib melaporkannya kepada PT Taspen (Persero) selaku pengelola JKK.

Pelaporan yang dilakukan ahli waris atau instansi tersebut paling lambat 3x24 jam kerja. Saat melaporkan, ahli waris atau instansi wajib melengkapinya dengan formulir kecelakaan kerja tahap I (form Taspen-1) diketahui oleh kepala unit kerja atau instansi.

Baca Juga

  • Taspen Gandeng BPD DIY Bayar Jaminan Sosial
  • Taspen Kerja Sama dengan Rumah Sakit Berikan Jamsos untuk PNS
  • Menteri Yuddy Acungi Jempol Program Jaminan Sosial Taspen

Source: liputan6.com
Pakaian PNS Baru Tidak ‎Memakai Pangkat

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) menyatakan tetap memberlakukan seragam baru kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam waktu dekat.

Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi mengatakan, dengan seragam yang baru tersebut maka PNS akan terlihat sama. Artinya, tidak ada terlihat lagi sistem kepangkatan.

"Jadi. Enggak boleh lagi ada seragam kaya militer, enggak boleh ada  pangkat. Lihat Pak Tjahjo (Menteri Dalam Negeri) dia enggak pakai pangkat," ujarnya, Kamis (25/2/2016).

Yuddy mengatakan, seragam seperti itu merupakan seragam yang layak bagi PNS. Dia menuturkan, seragam yang dikenakan Menteri Dalam Negeri Tjaho Kumolo sebagai seragam yang ideal.

"Contoh Menteri yang menggunakan seragam yang sesuai," tuturnya.

 

Baca Juga

  • Baju Dinas Baru Diperlukan PNS dengan Profesi Tertentu
  • Begini Gambaran Baju Dinas Teranyar PNS
  • Ini Alasan PNS Punya Pakaian Dinas Baru

Source: liputan6.com
Sulitnya Pungut Dana Ketahanan Energi

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mencari celah agar kebijakan pemungutan dana ketahanan energi dapat direstui DPR. Pemerintah berharap realisasi dana ketahanan energi dapat berjalan mulus di tahun ini.

Staf khusus Menteri ESDM Widyawan Prawiraatmaja mengungkapkan, pemerintah perlu mempunyai landasan hukum yang kuat agar bisa menjalankan kebijakan tersebut dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres). Saat ini, Kementerian ESDM terus berkonsultasi dengan seluruh stakeholder termasuk DPR, khususnya Komisi VII.

"Hampir seluruh kelompok bicara dana ketahanan energi baik. Tujuannya menstabilkan harga minyak ke depan, mendorong penggunaan energi terbarukan, cadangan energi. Jadi Indonesia sangat membutuhkan itu," jelasnya diJakarta, Kamis (25/2/2016).

Baca Juga

  • Cadangan Minyak RI Hanya 0,7% dari Total Dunia
  • Pungutan Dana Ketahanan Energi Tetap Berlaku
  • Dana Ketahanan Energi Akan Diusulkan Masuk APBNP 2016

Source: liputan6.com
Pertamina Tambah Terminal BBM dan Elpiji di Indonesia Timur

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan menambah terminal penyimpanan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Elpiji untuk mencegah kelangkaan di wilayah Indonesia Timur. Pembangunan terminal tersebut menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, ‎terminal penyimpanan BBM yang akan dibangun berjumlah 21 unit tangki pada 15 lokasi. Totalkapasitas tangki tersebut mencapai 69.500 kiloliter (KL).

Untuk membangun terminal tersebut, membutuhkan anggaran sebesar US$ 212 miliar. "Anggarannya berasal dari APBN tahun 2016," kataWianda di Kantor Pusat Pertamina,Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Baca Juga

  • Pertamina Ingin Bentuk Unit Usaha Guna Kelola Terminal BBM Sambu
  • Proyek Besar Pertamina Buat Go International
  • Begini Cara Pertamina Amankan Stok BBM saat Natal dan Tahun Baru

Source: liputan6.com
Moratorium PNS Masih Tetap Jalan di 2016

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah masih melanjutkan moratorium penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun ini. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengejar target ideal PNS sebanyak 1,5 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, untuk merampingkan PNS, Kementerian PANRB akan melakukan pendekatan moratorium dan negatif to zero growth.

Namun, penerimaan PNS tetap dibuka untuk sektor-sektor tertentu. ‎"Moratorium kecuali pendidik, tenaga kesehatan, penegak hukum, penyuluh ekonomi ada pertanian, peternakan, perikanan," ujarnya, Kamis (25/2/2016).

Yuddy mengatakan, perampingan jumlah PNS juga dilakukan sedari sekolah kedinasan. Misalnya, jika Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang biasanya merekrut sebanyak 1.000 orang, sekarang menjadi 900 orang.

"‎Tetap penerimaan PNS tapi dilakukan dengan pendekatan moratorium dan negatif to zero growth. Seperti di sekolah kedinasan, seperti IPDN buka hanya jumlah tidak seperti dulu. Hanya kami batasi tidak sampai 1.000 orang hanya 900 orang. STAN itu juga kita batasi tapi kan total kedinasan nggak sampai 10. 000. Itu masih ada untuk memenuhi kebutuhan teknis pemerintah," jelasnya.

Meski terjadi perampingan, pemerintah menegaskan akan memperbaiki kinerja PNS. "Yang sesuai UU itu yang berintegritas, berdisiplin, berpendidikan, profesional, kompeten, inovatif. Bisa mengakses komputer, cakap berbahasa dan komunikasi, disiplin tinggi, harus dibenahi dan dirasionalisasi," jelas dia. 

Baca Juga

  • ‎Simak Cara Pencairan Jaminan Kecelakaan Kerja untuk PNS
  • PNS Dapat Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian
  • ‎Pemerintah Bakal Rampingkan Jumlah PNS

Source: liputan6.com
Menteri Jonan Beberkan Alasan Kereta Cepat Belum Dibangun

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI pada Kamis (25/2/2016) siang. Dalam RDP tersebut Jonan dan Komisi V membahas mengenai kereta cepat Jakarta-Bandung.

Dalam RDP tersebut, Jonan dicecar banyak pertanyaan dari anggota DPR yang sebagian besar mempertanyakan mengapa Kementerian Perhubungan tidak segera mengeluarkan perjanjian konsesi, izin usaha, dan izin konstruksi.

Jonan pun menjawab, ada dua hal utama yang sampai saat ini masih didiskusikan antara Kementerian Perhubungan dengan kontraktor kereta cepat tersebut, yaitu PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Baca Juga

  • Dampak Positif Kereta Cepat Menurut Kepala Bappenas
  • Gagal di Proyek Kereta Cepat, Jokowi Diminta Tetap Rangkul Jepang
  • Perbedaan Proposal Proyek Kereta Cepat China dan Jepang

Source: liputan6.com
Kementerian BUMN: PGN Bukan Milik Asing

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk kerap dituding sejumlah kalangan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh asing. Hal ini tentu dibantah langsung oleh Kementerian BUMN sebagai pemegang saham mayoritasnya.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Edwin Hidayat Abdullah mengungkapkan ada beberapa fakta yang bisa membuktikan bahwa PGN bukanlah BUMN milik asing. Pertama, dalam hal kepemilikan saham.

"Sudah jelas mayoritas saham dipegang pemerintah, yang mengendalikan tetap pemerintah, 56,9 persen itu," kata Edwin saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (25/2/2016).

Dari laman Bursa Efek Indonesia, tercatat sebanyak 13.809.038.756 lembar saham atau sekitar 56,964 persen menjadi hak pemerintah. Sedangkan yang menjadi milik publik sebanyak 10.432.469.440 lembar saham atau setara dengan 43,036 persen. 

Baca Juga

  • ‎Melantai di Bursa, BUMN Jadi Milik Asing?
  • Ini Alasan Mengapa Emiten BUMN Tak Bisa Dikuasai Asing
  • BUMN Lebih Transparan Usai Lepas Saham ke Publik

Source: liputan6.com
Ingin Ikut Program Bedah Rumah Kementerian PUPR? Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan memberikan kesempatan kepada masyarakat miskin yang menginginkan rumahnya dibedah oleh kementerian. Pengajuan bedah rumah tersebut bisa diajukan melalui Kepala Desa dan Bupati. Pengajuan melalui kepada desa dan bupati ini agar pendataan rumah tidak layak huni dapat terkoordinir dengan baik.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin menjelaskan, program bedah rumah ini mendapat dukungan dari berbagai pihak. Ia mengatakan, bedah rumah ini diharapkan dapat mengurangi angka rumah tidak layak huni di daerah.

“Bagi masyarakat yang ingin mengusulkan rumah masyarakat yang ingin di bedah rumahnya bisa mengajukan melalui Kepala Desa dandiikoordinir oleh Bupati untukselanjutkan di data secara keseluruhan untuk mendapatkan bantuan bedah rumah dari KementerianPUPR,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (25/2/2016).

Baca Juga

  • Pemda Diminta Alokasikan APBD untuk Program Bedah Rumah
  • Realisasi Program Sejuta Rumah Capai 667.668 Unit di 2015
  • 2 BUMN Energi Kompak Beri Bantuan ke Veteran Saat HUT RI

Source: liputan6.com
10 Model Seksi Majalah Olah Raga Terkaya

Liputan6.com, Jakarta - Setiap wanita yang tampil sebagai model pada sampul muka majalah Sports Illustrated selalu terlihat sempurna. Dengan muka cantik dan ditunjang fisik seksi, mereka seolah memiliki senjata terbaik untuk menghasilkan uang.

Sports Illustrated adalah salah satu majalah yang paling berpengaruh di dunia olahraga asal Amerika Serikat (AS). Majalah ini telah berdiri sekitar 60 tahun lamanya. Deretan nama beken telah muncul sebagai cover majalah tersebut.

Berikut daftar 10 model terkaya yang pernah muncul dalam sampul majalah olah raga tersebut, seperti ditulis Entrepreneur, Kamis (25/2/2016):

1. Kathy Ireland (debut Sports Illustrated: 1986)

Ia memiliki perusahaan Kathy Ireland Worldwide yang memproduksi baju untuk bayi, tas, furnitur, resort pernikahan, penerbitan, dan label musik. Dengan total kekayaan mencapai US$ 420 juta.

2. Gisele Bunchen (debut Sports Illustrated: 2001)

Model asal Brasil ini memiliki bisnis perusahaan sandal jepit terkenal bernama Ipanema. Selain itu ia tampil sebagai model untuk Victoria`s Secret, C&A, Pantene, H&M, dan Chanel No. 5. Dengan total kekayaan mencapai US$ 360 juta.

3. Cindy Crawford (debut Sports Illustrated: 1988)

Crawford terkenal sebagai model untuk Omega Watches, Meaningful Beauty, Cindy Crawford Home Collection, dan furnitur Cindy Crawford di Raymour & Flanigan. Adapun nilai total kekayaannya sekitar US$ 100 juta.

4. Tyra Banks (debut Sports Illustrated: 1996)

Ia memiliki franchise acara televisi Next Top Model. Selain itu menjadi model untuk Victoria`s Secret. Pemilik Tyra Beauty, serta pembawa acara The Tyra Banks Show and FABLife. Dengan total kekayaan sekitar US$ 90 juta.

5. Christie Brinkley (debut Sports Illustrated: 1979)

Ia bekerja sebagai model di Hair2Wear extensions, Christie Brinkley Eyewear, Christie Brinkley Authentic Skincare, dan menjadi juru bicara untuk Total Gym. Dengan total kekayaan sekitar US$ 80 juta.


Source: liputan6.com
Ini Permintaan Ridwan Kamil ke Jokowi Soal Kereta Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota Bandung tengah menunggu realisasi pembangunan kereta cepat (High Speed Transit/HST) rute Jakarta-Bandung. Ada permintaan Walikota Bandung Ridwan Kamil kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) dikerjakan perusahaan konsorsium kereta cepat, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Ridwan dalam acara Indonesia Summit 2016 mengharapkan agar koneksi transportasi publik kereta cepat rute Bandung dengan LRT digarap sekaligus oleh KCIC.

"Saya sudah minta ke PakJokowi untuk menyambungkan koneksimoda transportasi di kota Bandung dikerjakan konsorsium (kereta cepat). Karena kalau kereta cepat beres di stasiun, masa turun di sawah, lalu naik ojek. Biar canggih naikLRT dong," ujarnya saat ditemui diJakarta, Kamis (25/2/2016).

Baca Juga

  • Gagal di Proyek Kereta Cepat, Jokowi Diminta Tetap Rangkul Jepang
  • Perbedaan Proposal Proyek Kereta Cepat China dan Jepang
  • KCIC Bakal Bentuk Anak Usaha Bangun Pabrik Gerbong Kereta

Source: liputan6.com
Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian Bagi PNS

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira bagi insan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Mulai Juli 2016, para aparatur negara akan mendapat jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM).

Namun pemberi jaminan bagi PNS ini berbeda dengan pemberi jaminan bagi pegawai swasta. Jika para pegawai swasta mendapat jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian dari Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, maka para ASN mendapat jaminan dari PT Taspen (Persero).

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo mengatakan, JKK dan JKM merupakan fasilitas yang diberikan pemerintah selain gaji dan tunjangan. Fasilitas tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan ASN serta memberikan proteksi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

"‎Ini akan mendapatkan jaminan lebih besar karena melakukan tugasnya. Berlaku untuk TNI, ABRI tapi itu di Asabri. Ini PNS yang sipil," jelas dia di Jakarta, Kamis (25/2/2016).

JKK memberikan manfaat antara lain, perawatan, santunan, dan tunjangan cacat. Untuk perawatan, ada pemeriksaan dasar dan penunjang, perawatan tingkat pertama dan lanjutan, dan rawat inap kelas 1 rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta setara.

Sedangkan santunan yang diberikan pada JKK seperti penggantian biaya pengangkatan peserta yang mengalami kecelakaan kerja ke rumah sakit dan atau ke rumahnya termasuk biaya pertolongan pada kecelakaan.

Untuk tunjangan cacat, akan diberikan kepada peserta yang mengalami catat, diberhentikan dengan hormat sebagai PNS atau diputus hubungan kerja karena cacat. 

Kemudian pada JKM manfaat yang bisa diterima antara lain santunan sekaligus, uang duka wafat, biaya pemakaman dan bantuan beasiswa.

Iuran
Seorang karyawan saat melayani nasabahnya di Taspen, Jakarta, Senin (22/2). PT Taspen (Persero) mencatatkan laba bersih sebesar Rp577,9 miliar di sepanjang 2015. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Mardiasmo melanjutkan, iuran JKK dan JKM dibayarkan pemerintah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). "Yang membiayai negara melalui APBN melalui bendahara negara," tutur dia.

Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro mengatakan, iuran yang dibayarkan untuk JKK dan JKM oleh pemerintah sebesar 0,53 persen dari gaji pokok. ‎"Sumber premi dari negara melalui departemen keuangan. Sehingga premi total JKK dan JKM 0,53 persen dari gaji pokok dibayarkan negara," ungkap dia.

Dia mengatakan, kondisi keuangan Taspen baik, lantaran dana yang masuk tidak hanya dikelola namun juga diinvestasikan ke berbagai portofolio seperti SUN, deposito.

"Dana kelolaan saya sampaikan aset Taspen Rp 172 triliun kurang lebih Rp 142 triliun adalah dana kelolaan, dana kelolaan yang kita kelola dan investasikan‎ untuk memberi hasil," jelas dia.

Cara klaim
Seorang karyawan saat melayani nasabahnya di Taspen, Jakarta, Senin (22/2). PT Taspen (Persero) mencatatkan laba bersih sebesar Rp577,9 miliar di sepanjang 2015. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi PNS ini tentu saja sangat menguntungkan bagi PNS. Lalu, bagaimana cara bagi ASN agar bisa mendapatkan jaminan tersebut?

Berdasarkan data yang dihimpun Liputan6.com terkait JKK, bila terjadi kecelakaan kerja terhadap peserta program JKK, maka peserta sendiri atau ahli waris atau instansi di mana peserta bekerja wajib melaporkannya kepada PT Taspen (Persero) selaku pengelola JKK.

Pelaporan tersebut paling lambat 3x24 jam kerja. Saat melaporkan, peserta, ahli waris atau instansi wajib melengkapi dengan formulir kecelakaan kerja tahap I yang diketahui oleh kepala unit kerja atau instansi.

Selanjutnya, peserta atau ahli waris atau instansi wajib menyampaikan laporan kecelakaan tahap II kepada PT Taspen berdasarkan surat keterangan dokter.

Sedangkan untuk JKM, ahli waris mengajukan klaim atas jaminan kematian bersamaan dengan klaim jaminan hari tua bagi peserta meninggal dunia sebagaimana ketentuan persyaratan yang berlaku pada klaim peserta yang wafat.

Manfaat bagi PNS
Ilustrasi (Istimewa)
‎Baik jaminan keselamatan kerja dan jaminan kematian memberikan manfaat masing-masing kepada PNS. Untuk JKK, PNS mendapat manfaat seperti perawatan, santunan dan tunjangan cacat. Perawatan berupa pemeriksaan dasar dan penunjang, perawatan tingkat pertama dan lanjutan, rawat inap kelas I rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta setara.

Kemudian santunan JKK berupa biaya pengangkutan peserta maksimal untuk darat sebesar Rp 1,3 juta, laut Rp 1,9 juta, dan udara Rp 3,2 juta. Ada pula gigi tiruan maksimal Rp 3,9 juta, uang duka 6 kali terakhir, dan beasiswa kepada anak peserta sebesar Rp 45 juta untuk SD, Rp 35 juta SMP, Rp 25 juta SMA, dan Rp 15 juta S1 sederajat.

Untuk tunjangan cacat, berdasarkan persentase gaji atas berkurangnya anggota tubuh yang hilang. Kemudian diberikan on-top dari hak pensiun.

Lalu, kepada JKM diberikan santunan sekaligus Rp 15 juta, uang duka wafat 3 kali gaji terakhir, biaya pemakaman Rp 15 juta, beasiswa Rp 15 juta. (Amd/Gdn/Nrm)


Source: liputan6.com